kliping media tanggal 16 maret 2016

46
KTIPNGMEDIA nl/TrlN mnil0 finfi\l NInnlIlll/l/rI Df,UIJIII [UMru WUfi TUIDflITMruI BKKSMKDiminta Tinglcaflcan Koordinasi PURBALINGGA - Dinas Sosial TEnaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosna- kertrans) Purbalingga me- ngaku prihatin dengan mi- nimnya kordinasi sekolah menengah kejuruan (SMK) yang memiliki Bursa Keta Khusus (BKK). Padahal se, kolah itu kerap ikut me- nyalurkan tenaga kerja bagi para siswa dan lulusannya. "Kami sudah pernah me- ngumpulkan perwakilan SMK untuk minimal me- laporkan kegiatan mereka soal penyaluran kerja, Na- mun, koordinasi itu temyata belum maksimal. Harapan !u-r: &tq:q" ltttCC jSge berhak mengetahui, maka harus ada laporan kepada kami," jelas Kepala Din- sosnakertrans Purbalingga, Ngudiarto, kemadn. Memurutnya, koordinasi itu penting karena dinas akan memfasilitasi tenaga kerja -vang bersangkutan apabila terjadi persoaian di tempat keta, apalagi jika tetadi di luar negeri. "Jika tak ada laporan kepada ka- mi, susah untuk menin- daklanjutinya. Termasuk Tenaga Ker.ia Indonesia (TKI) yang tidak melalui kami. Jika ada persoalan, akan tersendat penanga- nannya,' tegasnya. Dia kembali mengingit- kan, pihaknya tidak ada maksud apapun terkair ha- rapan tersebut. Dia hanya berharap masing-masing lembaga menjalankan tu- poksi s e suai-bi dai€nya. Dinsosnakertrans menga- kur,penyaluran tenaga ke:ia oleh BKK itu batus untuk mengarairkaan siswa yang sudah lulus bisa bekerja dengan baik. Terpisah, mantan Ketua Musyawarah Guru Mata Pela.iaran (MGMP) Kabu- . patelPurbalingga, Kamson MPd membantah jika ada penyahiran kerja itu keluar negeri. Rata- rata, BKK me- nyalurkan pari sii*inva untuk b ekerj a di perus ahaan dalarn negeri. 'Ada memang yang di- berangkatkan magang ke lepang. Namun bukan ber- qrti ke4a dan menjadi kar- yawantetap disana. Setelah cukup waktu magang, maka akan kembali ke Indonesia. Jadi bukan penyaluran be, kei a layakn ya TKI," j etasnya, Selasa (15/3). Diakui; saat ini semua SMK wajib memiliki BKK. Karena sesuai arahan dan edaran kementerian, BKK dihadirkan untuk mengukur serapan lulusan SMK seiama ini. Tidak ada maksud me- nyalurkan tenaga kerja la- yaknya TKI atau ilegai. Kadindik Pulbalingga, Tri Gunawan Setyadi menga- takan, BKKyangada diSMK negeri dan swasta murni mendominasi ke arah per- usahaan di dalam negeri. Itupun sudah melalui seleksi dan h.rlusan yarg berkualitas yang diambil perusahaan nasional itu. "Saat ini ada tawaran ma- gang di Jepang, namun ma- sih kami pending dan be- lum saya setujui. Semua menjadi tolok ukur serapan lulusan SMK yang memang disiapkan untuk beker.la," tandasnya. (amr/bdg) r,, \{tI \N Ilt \1 \S Sf-.|I} \ KAP,{ llATI.S Pr. 'RD-\1.I\l(i(i -\

Upload: humas

Post on 26-Jul-2016

227 views

Category:

Documents


8 download

DESCRIPTION

Bagian Humas Setda Purbalingga

TRANSCRIPT

Page 1: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

KTIPNGMEDIAnl/TrlN mnil0 finfi\l NInnlIlll/l/rIDf,UIJIII [UMru WUfi TUIDflITMruI

BKKSMKDimintaTinglcaflcan Koordinasi

PURBALINGGA - DinasSosial TEnaga Kerja danTransmigrasi (Dinsosna-kertrans) Purbalingga me-ngaku prihatin dengan mi-nimnya kordinasi sekolahmenengah kejuruan (SMK)yang memiliki Bursa KetaKhusus (BKK). Padahal se,kolah itu kerap ikut me-nyalurkan tenaga kerja bagipara siswa dan lulusannya.

"Kami sudah pernah me-ngumpulkan perwakilanSMK untuk minimal me-laporkan kegiatan merekasoal penyaluran kerja, Na-mun, koordinasi itu temyatabelum maksimal. Harapan!u-r: &tq:q" ltttCC jSgeberhak mengetahui, makaharus ada laporan kepadakami," jelas Kepala Din-sosnakertrans Purbalingga,Ngudiarto, kemadn.

Memurutnya, koordinasiitu penting karena dinasakan memfasilitasi tenagakerja -vang bersangkutanapabila terjadi persoaian ditempat keta, apalagi jikatetadi di luar negeri. "Jikatak ada laporan kepada ka-mi, susah untuk menin-daklanjutinya. TermasukTenaga Ker.ia Indonesia(TKI) yang tidak melaluikami. Jika ada persoalan,akan tersendat penanga-nannya,' tegasnya.

Dia kembali mengingit-kan, pihaknya tidak adamaksud apapun terkair ha-rapan tersebut. Dia hanyaberharap masing-masinglembaga menjalankan tu-poksi s e suai-bi dai€nya.Dinsosnakertrans menga-kur,penyaluran tenaga ke:iaoleh BKK itu batus untukmengarairkaan siswa yangsudah lulus bisa bekerjadengan baik.Terpisah, mantan Ketua

Musyawarah Guru MataPela.iaran (MGMP) Kabu-

. patelPurbalingga, KamsonMPd membantah jika adapenyahiran kerja itu keluarnegeri. Rata- rata, BKK me-nyalurkan pari sii*invauntuk b ekerj a di perus ahaandalarn negeri.'Ada memang yang di-

berangkatkan magang kelepang. Namun bukan ber-qrti ke4a dan menjadi kar-yawantetap disana. Setelahcukup waktu magang, makaakan kembali ke Indonesia.Jadi bukan penyaluran be,kei a layakn ya TKI," j etasnya,Selasa (15/3).Diakui; saat ini semua

SMK wajib memiliki BKK.Karena sesuai arahan danedaran kementerian, BKKdihadirkan untuk mengukurserapan lulusan SMK seiamaini. Tidak ada maksud me-

nyalurkan tenaga kerja la-yaknya TKI atau ilegai.

Kadindik Pulbalingga, TriGunawan Setyadi menga-takan, BKKyangada diSMKnegeri dan swasta murnimendominasi ke arah per-usahaan di dalam negeri.Itupun sudah melalui seleksidan h.rlusan yarg berkualitasyang diambil perusahaannasional itu.

"Saat ini ada tawaran ma-gang di Jepang, namun ma-sih kami pending dan be-lum saya setujui. Semuamenjadi tolok ukur serapanlulusan SMK yang memangdisiapkan untuk beker.la,"tandasnya. (amr/bdg)

r,, \{tI \N Ilt \1 \S Sf-.|I} \ KAP,{ llATI.S Pr. 'RD-\1.I\l(i(i -\

Page 2: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

Yv'6

=

t6E.F()o

YEaI

-E

at'6

-g

E

ot

ttIDEE

zYEo

=fzIFJUJo"

zYo

Page 3: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

I{T IPTNC IfEnIA-ll,Ltrr 1r \ L., ltt-LrlrlJ \nlnilu rnnnn amnl ilnnll nrFniDltulff nulllfiJ ffilufl r[JllDllLlfitjljll

Radar Banyumas . Rabu Kliwon 16 Maret 2016

ABG Galau Dikecam lr{efizen 'Acungkan Jari Tengah

ke Gambar Jenderal

Soedirman

PURBALINGGA - Sejakdua hari terckhir, penggunamedia sosial atau netizendihebohkan dengan fotoremaja tanggung, yang me-ngacungkan jari tengah ke

Sambungan dari hal5

gambarlenderal Soedilmandi Kompleks Monumen La-hir Jenderal So edirrnzn,Desa Bantatbarant, Kecamatan Rembang. Kasustersebut, dilaporkan kepataKapolres Purbalingga AKBPAnom Setyadji, melalui alunmedia sosial Polres Purbalingga, Minggu (13/3).

Kasus tersebut akhirnyaberhasil diungkap PolsekKa

ligondang, Senin (14l3). pe-milik akun media sosial Go-peDrAlwell, yakni[ (14), war-ga Desa Penolih llT 2/RW I,Kecan1atan l(aligondang. Diatercatat sebagai siswa kelas VIIdi MTs swasta di Kejobong."Mendapatkan laporan

mas,varakat, kami (PolsekKaligondan€i) dan KoramiiKaligondang melakukan pe-nelusuran. > t<e hal g

Lasus tersebur, meniadi pem-belajaran bagi wargr pur,balingga lairLnl a.

Dalam pernyataan itu, JImenceritakan, hari Rabupagi, dia jalan-jalan samateman-teman ke Montrmentendsoed. "Pada saat itu savasama teman-teman naik mo_ror, saya mbonceng karenasavamerasaminderdan salau.Sampai di Monumen Ieisoedsava selfi foto-foto di depangambar Jensoed," tuljs JIdalam pernyataarnr a.

Pada hari minggu 13 maret2016 puLul 08.00 foro reGebutdiunggah ke facebook Diatasfoto itu, dia menulis kara Fu cl<Ternyata unggahan irumenyebar, terus dia dimaki-maki dan dimarahi samateman-teman, gunl- guJu, dankakaknya. Alhirnva padapukul t6,00 facebookIangsring diblokir oleh kakak

Setelah diketahui siapa oe-milik akun te.seb,tt, kJmimendatar-rgi rumah ya]rg ber-sangkuran," ujar KapolsekKalgondang AIG SS Udjono,Kemalrn [_tJ/3 ).

Dia menjela;kan, saat ditarya olehperugas, Tlmengakutidakada maksud melecehkanIenderal Soedirman. 'Dia (Il,redJ mengalcu saatitu, teneahkesal dengan o rang nranyajorena tidal< diberi uane saku.Sehingga, dia merasa itinderdengan teman-temannya,"Jelasnya.

Karena kesal, kemudian IImelakukan foto selfi tercebutdan mengunggaluva ke al:urtmedia sosial miliknya. JI takmenyadari, un&lahan foto dialun media sosialnva men

_ Dandim GencarkanFilm Jenderal Soedi-fman

r IBG Galau dapatan barlukkecaman dariseluruh maslaakar Indonesia.

Dia mengrurgkapkan lI ba:umengetahui hal iru, setelah disekolah dimarahi oleh teman-teman dan zurunya. KaJenakerakuran, milaluiLakaln\ a Ikemudian menurup akur media sosiainya.

Selarjutnya, dihadapan petugas Pols ek Kaligon dang danKoramil Kaligondang, IImembuat surat pernVataanbermaterai. "Intinva di srrrntpemvataantersebu i dia meneakui kesalahannva dan mi-minta maaf kepida seluruhba-ngsa Indonesia, vang telahmelihat posriDgan-nya ter-seb ut. Serta berjanji tida l< akanmengulang lagi kesalahannla," jelasnya.

Karena sudah ada perminraan maa f dan penyesalanterntLis, mal<a kasus rerseburdianggap selesai. Dia berharap

Page 4: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

JI-Saatitu, JI memsa takutdanbersalah."Untuk itu kami mohon

maaf ke semua teman danseluruh bangsa Indonesia danteman teman facebook yangtelah membaca facebookte$ebul Sekali lagi dari SayaPdbadi atas nama JI mohonmaaf untuk semuanya dansa}?beianjitidakakanmeng-ulangi hal tersebut atasperbuatan yang kemarin teiahterjadi," tambahnya.

Dia iuga mengaku sangatmenyesal di hati pribadi dankeluarganya. "Demikianmohon dimaklumi dandimaalkan oleh seluruhbangia Indonesia dan teman-teman facebook. Untukfacebooklangsungsaya blokirj'imbuhnya.

Ko.nrandan Kodim 0702/Purbalingga, Letnan KolonelKavaled Dedi Safrudin, me

nila, i mental pelajar inr sudahtidak baik Karenany4 pihak-

.nya kembali berupaya me-nhgkatkan wawasan keba-ngsaan dikalangari remaiaterutama di wilayahnya."Mental pelaiar harus kitabenahi," kata Dedi, semalam(15/3).

Dandim mengatakan mulai16 Maret ini sesuai rencanasebelumnya, Kodim akanmengagendakan pemutararrfllm perjuangan lenderal Soe-dinnal dan fiIm berwawasankebangsaan lainnya, di Ge-dung Sarwaguna Purbalingga.

"Mulai besok (hari ini, red)secara periodik kita akanputarkan fi Im-fi Im pe!uanganyang ditargetkan akan d\tonton 20 ribu pelajar sePurbalingga. Kami meng-gandeng pegiat filrn Purba-lingga," katanya. (arnr / ty6./bdg)

MINTA MAAF-(iiga dari kiri)

menandalanganisurat pernyataan

dan meminiamaat kepada

9eluruhmasyarakat dan

Bangsalndonesia atasperbuatannya.

Page 5: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

KTIPINGMEDIAnlflilrr mnilI nnmr I Nnnllnl^ntDIIUI]1fi IIUMJIT IEIUfi TufiDruffWfl

Radar Banyrmas . Rabu Kliwon 16 tugret 2016

Dr. Sulistyo, MPdKeluo Umum PGRI

Sempgo otwohnyd diterimo di sisi-Nyo ,ldon kelvorga yong-ditinggolkon diberi keioiol,orr'Jor k roboro.,

af,|, Soriono Spd, Mpd **

.:i . x"t,o eciiiobiffiEfJngso *,rr*$r[{

Page 6: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

KTIPINGMEDIA

BAilIAil TiJ[{A$ $HIDA ruA$ffift{ffOA

Radaf Banyumas . Rabu Kliwon 16 N4aret 2016

Dilengkapi Air MancurPURBALINGGA - Peme-

rhtah Kabupaten (Pemkab)Purbalingga berencana me-lakukan renovasi terhadaPkawasan Alun-alun Pu:ba-Iingga. RencananYa, sejum-lah pembenahan a&an dila-

. krrkan untuk menata Alun-alun agar lebih baik lagi.

"Saya sudah melakukanpemantauan dan melillatkondisi alun-alun. Ada se-

.iulr ah fasilitas dan saranayang hams diPerbaiki. Dian-taranya lampu dan juga

DIPERCANTIK: Alud-alun Purbalidggadengan penambahan seiumlah fasililas.

sarana pendukung lainnYai'kata Tasdi.

Ditambahkan olehnya,guna m.empercantik kawa-san alun-alun, pihalnya a-kan menambah sdjumlah '

sarana pendukung, Renca-nanya di san4 akan dibuathiasan berupa dua buah airmancul Agar kawasal alun-alun rapi, pihaknya jugamulai melakukan Penataanterhadap Pedagang KakiLima (PKL) di komPleksAlun-alun. > ke hal S

bakal lebih cantik

=2j'-

Page 7: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

Survei ke Surabayau,rAlun-alun 'iil;i""ilfJlk#f*

sambungan dad hal5 keinginan bupati, alun-alun Purbalingga akan

Sementara itu, Dinas dibuat mirip dengan alun-Pekerjaan Umuir (DPU) alun Kota Surabaya. yakniKabupaten Purbalingga, terdapat air mancur dimembenarkan adanya berbagai titik. Namun de-rencana renovasi alun- mikian perancangan di-alun Purbalingga. Namun said ini akan didislusikandemikian, proses kegiatan kembali untuk memper-renovasi tersebut belum timbangkan bagaimanabisa dilaksanakan pada bagusrya.tahun anggaran 2016 ini. "lika memang proses re-"Ini memang baru wa- novasi ditargiikan bisa

cana, Bupati menghen- dilaksanakan pada tahundaki demikian. Namun 2012. Maka setidaknya.pada APBD murni seka- tahun ini perlu meninjaurang ini belum diang- dan studi banding ke Su-garkan, termasuk peran- rabaya. pada APBD pe-cangaE disain dalam pe- rubahan bisa ditartetkanrencanaan teknis juga be- bisa mulai dirancang DED!'m dibuat,' kata kepala (Detaited EngineeringSeksi Pertamanan DPU Design, red),,, ujarnya.Purbalingga, Tri Nur- (tyalbdg)

Page 8: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

KLIPINGMEDIA

MOIA}'I Hl][{A$ $HI}A PIJNBilil{OOA

Radar Bangnrmas . Rabu Kliwon 16 Maret2016

Kegiatan Tahun Enaan. Pembangunan (Mus.renbang)

Aigsaran2olT $$i1ffH,"f"ffi6ff,*n*o*puRBnr.rNGGA - pemedntah "". #i#ffi?4fff,;:#tr"1tT t

!:l:j:ltl"S"Ol Purbalingga men- persen.Disusutbidangpertaniansplrsen,dapatkan l-343.usulan kegiatan pem_ usr:lan daiam lingkup"bi"as fesetratan ioangunan

-o-glgqitdayab untuktahun persen, .Dinas petdidikan dan Din_ACgaran 2p.l?. Sejurr ah kegiatan ter- budparpora 2 persen. Kemudian Din_seDurmellu o n ar anggaran mencapai nakan, Bappermasdes, DinsosnakerhanRp.671,4 milar . dan lainnj,i masin!_;;fi6;;;;;/_HaJ itu disampaikan.Kepala Badan jelasnya"

lj::::",liil,t"-.bangunan.Daerah' Dia'menambahkan, proyeksi pen_

!flpl,9o,"J kabupaten Purbalingga, Ir daparan Asli Daeral (nAO)kabupatensetlya(rl dalam acara Musyawamh peren_ t ubalingga 2017, Rp f,Ze tri[,_, aingan

proporsi belanja wajib periodik 68 pers€ndan belanja terikal Z persen. .,Se6ingga,

gnaTpqalt membiayai prograrnprioritasolruiu hal-ha] yang rutin dilakana_kanhan)" sebesar S.persenj' imbuhnva-

^-Dia mengungkdpkan, Musrenbang

2016 diselenggarakan dalam rangkiqenyulyan Rencala kerja pemerin-rahuaeral (RKPD) kabupaten purbalinggalahun 2012. Rangkaian proses penyu_sunan RI(PD 20l Z suAafi aimutii se-iat<November 20-15. Diawali dengan penyu_sunan arah kebijakan pemerin-uh riaerah,proses musrenbarg secara berjenjang dariungkat dusr.rn, tingkat desa,/kelura}tan

hingga tingkat kecamatan.

. "Rancargan RKPD yang akan didis_Kus*an dalam Musrenbang merupakanKompLlasi rancangan renja SKpD dansebagian hasil forum SKpD ierta masukandari wilayah kecanatan,,, iejasnva.

Semenrara inl, Kenra D'pRD iongat SHmengatakan, sumber daya di KabuoarenPubalingga masih sargar terbarai. Ke_mampuar ApBD kabupalen purbalingga20I6sebesarRp l,B triliurl, penerimaanlamasih didominasi oleh dana pusat danprcvinsi ]awa Tengall

. Sedangkar realisasi pAD purbalinggajuga mesih sangatl(ecilyaiqf 10,93 persen.

Sehingga perencanaan pembangunan dikabupaten Pubalingga mau tidal mauharus didasarkan pada skala prioritas."Dalam rangka menyusrur skali prioritasruah lif,ta berkurnpd di sinii katan".

Sementara itu, IGsubbid Keseiahreraanrakyar pada Bappeda provinsi Iawa'lengah, Eko Sri Dalminto memaDarkanpada 201 7 mendarang akarr dilakukan pro_gram integrasi sebagai upaya sinbrgipem D-angunan anmra pemerintal pro_vmsi dengan Pelrlkab.Program intervensi inr meliputi aspek

ekonorfti, infrastruktut sosial danlinelugar hidup. (qa/bds)

Page 9: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

KTIPINGMEDIA

BAOIful Hljil{A$ $glDA NJftBAItrOOA

Radaf BanyUmaS ' Rabu Kliwon 16 Maret 20'16

Tlak Pelit TraktirBawahan

MESKI menjabat sebagaiorang pertama di Dinas So-

sial, Tenaga Kerja dan Tran-smigrasi (Dinsosnakertrans )

Kabupaten Pufu alingga, Ke-Data Dinsosnakeft ans Ngu-bjarto, tetap aktif benosialisa-si dengan selun.rhPegarlainla,bahkan pegawai dad SatuanPemngkat Kerja Daerah (S-

KPD) lainnya. > b tat 8

r TAKPGIIT pahan PGOTyang berhasilrazia, meski yang meraziabukan pejabat di Satp olPP.

Tak hanya itu, Ngudiartojuga tak segan mentrattirqeluruh anggota Satpol PPtersebut, minum es dawetyang mangkal di KantorDinsosnakertrans. "Kitaharus dekat dengan se-mua," katanya. (tya)

Jalin Kedekatan

Sambungan dari hal5

Hal itu, dibuktikan olehNgudiarto saat menerimaPGOT yang berhasil di-razia oleh petugas SatuanPolisi Pamong Praja (Sat-pol PP) Purbalingga, be-berapa waktu lalu. Dianrenerima langsung lim-

Page 10: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

KIPINGMEDIAnittllll lllniln fln[nt ilIhnllnvi^iiltUITII\ IUMAJ JXIUfi TUTiI'JIITIIIruIi

Radar Banyum?S o Rabu Kliwon 16 Maret 2016

PURBAIII{GGATKSPRTS -Idap Kanker Serviks,

Nenek Nekat Gantung DiriPURBALINGGA- Aksi bunuh diri menggegerkan

waIea Desa Mert Kecamatan Kutasari, Selasa (15/3)'

Didiea karena divonis mengidap sakit keras beberapa

bulan" rerakhir, Nenek Surtlni (72), nekat mensaLhiri

hidupnya dengan gantung diri dikamarmandi depan

rumahnva.Peristiwa itu diketahui pertama kali oleh anak su-

lunsnva, Safiini(49)' sekitarpukl 05 30saat djahendak

maidi. lvanira itu dibual Laget karena menemukan

ibunya sudah kaku di dalam kamar mandi dengan kain

wama putih mengikat di leher. > ke hal I

I(orban Iuga Mengidap Asmar ldfl[

Sambungan da.i hal5

"Karena kaget, spontansaya bertedak minta tolong.Warga langsung mengham-pid saya dan kemungkinanada yang melaporkan keja-dian ini ke Polsek Kutasad,"ungkapnya, Selasa (r5/3).

Sartini menjelaskan, sejakbeberapa bulan belakaagan,ibunya sering mengeluhsakit perut yang hebat.Hingga akhirnya penyakititu diketahui adalah kankerserviks usai berobat l:e RS-UD dr Goeteng Taroena-dibrata Purbalingga.

"Sebenarnya sebelum be-robat ke rumah sakit, ibuhanya sakit asma dan seringsesak nafas, Tapi hampir

lebih dari dua rninggu sebe-Ium meninggal, ibu sayasudah tak pernahh menge-luhkan sesak nafas itu. Na-mun sakit perutnya masih/'ujam-va.Beberapa tetangga me-

ngaku jika belakangan kor-ban kelihatan segar dansehat. Biasanya keluhanhanya asma dan sesaknafbs.Balrkan kemarin sore masihsempat.duduk duduk ber-sama diwarulg. "Kami iugakaget dan tidak menyangkasaat mentetahui Nini Sur(korban, red) meninggalseperti itu. Karena sebe-lumnya segar bugar," ungkapMisdem, tetangga korban.

Hasil pemeriksaan petugasmedis dan polisi di lokasikejadian, tidak ditemukantanda-tanda kekerasan pada

tubuh Nini Sur. Petugasmedis dari Puskesmas Ku-tasari yang melakukan pe-meriksaan, hanya mene-mukan memar pada leherkorban bekas jeratan se-lendang. "Korban diper-kirakan meninggal pada 6-10 jam sebelumnya;" kata.petugas medis PuskesmasKutasari, dr Laras.

Kap olsek Kutasari, KompolMasturi mengatakan, darihasil pemeriksaan terhadapkorban, murni gantung diri.Dugaan sementara dariketerangal keluarga, karenadepresi dengan penyakityang dideritanya. "Keiuargasudah menerima dan je-nasah su<iah langsung di-makamkan dan tidak adamasalah," jelas Masturi.(amr/bdg)

Page 11: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

BAOIfu'i TIIt,lA$ $EIDA PI]NBilil{OOA

Radar Banyumas . Rabu Ktiwon 16 Maret 2016

KTIPINGMEDIA

IMPPurbalinggaTerusMelorotPURBAUNGGA - Indeks

Pembangunan Manusia (Ip-M) Kabupaten Purbatinggaterus merosot sejak enamtaiun teralhir. Pada Tahun2010 lalu, Purbalingga ber-hasil masuk ke posisi l? seProvinsi Jawa"Tengah. Na-mun, tahun ini, IPM Ka-buparen Purbalingga melororhingga ke posisi 26.

Bupati Purbalingga H TasdiSH MM mengaku prihatindengan kondisi tersebut.Karena, selama 10 tahunsebelurnnya, ya kni pada 2000hintga 2010, IPM KabupatenPubalingga melejit dari posisi33 ke posisi t7 se lawaTengah.

"Saya lemes bukar karena

ngantuk. Tapi hari ini sayamendengar raaking kira n'o-mor 20-an se Jawa Tengah,"ujar Bupati Tasdi saat mem-buka pelaksanaan Musva-warah Perencanaan pe'm-bangunan (Musren bang)ringkat Kabuparen purba-lingga di Pendapa Dipo-kusumb, Selasa (t5l3).

Sebelumnya dilaporkanoleh Kepaia Badan Peren-canaan Pembangruran Dae-rah (Bappeda) kabupatenPurbalingga, Seriyadi, IpMPurbalingga pada 20i4 se-besar 66,32 persen dan bertengger di posisi 26 dad 35kabupaten/kota se Jawa Te-ngah. > ke hat 8

Page 12: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

f

Ajak Evaluasir IMP

Sambungan dari hal5

Capaian tersebut masihberada di bawah capaianIPM Provinsi Jawa Tengah68,78 persen. Meski IPMPurbalingga terus menS-alami kenaikan dati tahunke tahun, nanun palalleldengan kenaikan yang di-capai Provinsi.

Dengan kondisi capaiantersebut, Tasdi b'erharapacara Musrenbang yangakan diselenggarakan duahari hingga Rabu (r613)diikuti seluruh peserta de-ngan serius. "Iadi janganberargkat'plead-pleod' ti-daljelas;' tandasnya.

Tasdi menegaska!, selamakepemimpinan dirinya de-

ngan Wakil Bupati DyahHayuning Pratiwi, iajaran-nya harus dapat merubahk€biasaan lama dan haruslebih disiplin dari padarakyat. Tasdi mencontoh-kan, acara Musrenbang yangdirencanakan dimulai jam09.00 harus bisa dimulaipada jam yang sudah di-tentukan.

"Harus serius dan lebihdisiplin. Kita bekerja bu&anhanya untuk Negara, taPijuga mengabdi untuk ma-syarakatj' katanya.

Tasdi menegaskat, selunrh

iajaran di Pemerintah Ka-bupaten (Pemkab) Purba-linSga, harus menge!'aluasidiri, agar bisa bekeda Iebihbaik lagi. Sehingga, ma-syarakat bisa mendapatlanhasil yang p ositif. (tla/bdg)

kemudiariKlRlM SMS

KE: 081-327-333-778

Pasang Stiker MiskinPasang setikersetiap gakin yg menerima raskin agartepatsasaran. lvlalu gak, orangg tergolong mampu dapatjatahraskin, rampas hak orang miskin.

NN 08564785145

Page 13: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

KIPINGMEDIA

Radar Banylumas . Rabu Kliwon 16 Maret2016

- PUNBflIIISGATISPRE$_-

Maksa Minta Ayam, 3 PemudaDibui5-SBulan

PTTRBAIINGGA-- Tiga pemuda Bobosariyang terbuktimemakaminta ayamdilokasipetemaka!ayarn diDulshiKarangklesem, Desa Ka&nttalun, Kecamatan Bobotsadakhimya diga:tjar hukumar lima sampai delapan bulanpenjara oleh malelis hakim PN Purbaiingga .

"Ada tiga terdakwa yang disidang bersama. Yaloiterdakwa AP (ts), MS (23), dan SA (19). Sedangkanterdakwa Af dan,in, masing-masing disidang da.tamberkas pe*ara terpisahj' kata Hurnas PN Itrbalingg4Ageng Priambodo Pamungkas sH, kemarin (r5l3).

Maielis hakim yang menyidangkan para terdakwadikehraiTotok Sapto Indrato SH MII, anggota BagusTrenggono SH, dan Ratna Damayanti Wisudha SH,didampingi Panitera Pengganti (PP) Kismoyo SH.

Menurut majelis hakim, ketig'aaya terbukti secara sahdarr meyakinkan bersalah melakukan tindak pidanadengan terang-terangan dan dengan tenaga beFamamenggunakan kekerasan terhadap orang, sebagaimanadal:w'dan pasal I70 ayat (l) KUHP.

: .,Yalg memberatkaa, perbuatan terdakim meresal*anmas!€rdkal Sebelummelakukanperbuatannya terdakwamengkonsumsi milas. Terdakrv"a AP dan MS perenahdihukum. Yang merhgankan, para terdakva bersikapsopan dan mengakui perbuatannya.

Majelis hakim menjatu}kan pidana terhadap terdakaraSA dan MS masing-masing delapan bulan panjar4 danlerdakwa SA lima bulan peniara. Sebelumnya jal<sapenunu umum (fPU) Nini.k Rahma Dwihastuti SH MHmenunhrtSA danMS nasing-masing satu tahun penjara,dan terdakwa SA l0 bularr penjara.TerdaknaAl MS, dan SA melakukan kekerasan kepada

saksi korbaa Gayu\ yang penjaga petemakan ayam, diDukuh Karargklesem, Desa Karangtalun, Kecamatan

.Bobotsad, Sedin 30 Novembs 2015 puki l?.00.

BA0lAil HIJ[,iA$ $EIDA ruf;[fiil{f,0A

PEMBACAANmembacakan

IGjadiarnylberawalierdds'aAP, Ms, dan SA, serta AJdar Iin (masing-masing dalam berkas perkara terpisah),bemiatminta a)runurtukdimakanbersanra.Ialu menujulokasi peterrlakan ayam di Dukuh lGrangkldsein, DesaKaranflalun, Bobosari.

Sesairpai di lokasi perernakan ayam, terdakwa APmendekati saksi Gayrh, lalu memaksa minta satu ekor"ayam. Namun tidak diberi oteh Ga''uh. Kemudian APmeninggalkan kandang ayam.

Tidal< lama kemudian AP mendatangi Gayuh lagi,bersama MS dan SA" Iw (DPO) dan Af. Kedatanganmereka memaksa mirta ayam lagi. Namun Sayuh tetaptidak memberi. Kemudian AP menantang Gayuh untukberkelahit. l,alu terjadi perkelahaian AP dengan Gayuh.Namun AP teiahrlL

Kemud.ian terdakwa MS dan SA, Iw (DPo), AI dan Fnbenarna.sama menyerang Gayuh. Diawali AP memukrlkepala bagian belakang Galuh dengan tangan kosongdua kaii. Disusul MS memukul pipi kiri Gayuh. (nis)

PUTUSAN:Netua maielis' hakim sedangputusan hukuman uniuk iiga terdakwa.

Page 14: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

KTIPING MEDIA

BA0lAil flI]il{A$ $IXDA runBfi,il{f'0A

Sarnr-rrPostRABU KLIWON,

ro unnrr zoro ]

I Dad halaman t

Catatan Kasus Cautung Oiriili Bany;rmas Raya

Utara gantung diri di kamar mandi kontra-kannya.

1 Juni 2015

,. Diduga karen€ ditinggal istri, warga Desa

Karangtengah, Kecamatan Baturrad;n, K.ar_sim (35), nekat gantung diri di rumahnya.

24 Juli 201s- Diduga. fruslasi karena sakit menahun,

Y9lglry"t (75), warga Desa Baniarsad RT4.RW 3 Kecamatan Alibarang, nekit gantungdrfl di rumahnya.

I 2 S:eptember 2O1 5Sumarso Ratim (S0) gantung diri di ru_

mahnya di. Gandatapa, Sumbang, Banyu-mas. Dia.diduga menyerah karenj sakit se_langkangan yang dideritanya.

17 Oktober 2015__Diduga depresi, warga Kelurahan KraniiIJ 1-RW 3.Kecamatan punvokerto Timui,lito Kusmeri (37) gantung diri di dapur rulmahnya.

20 November 2(rlSPensiunanPNS Lisun Siswo Sunarso (71)

gantung diri di rumahnya di Desa SumbdngiIe_Tr.nltan Sumbang, Kabupaten Banyri_mas. Lisun diduga putus asa karena sikitasmanya tak kunjung sembuh.

30 November mlsSitiMaemunah (56) gantung diri di rumah_

nya dt Pagedongan, Banjarnegara.

4 Januari 2016

^ Anjar (22) gantung diri di loteng rumah di

Semampir Banjamegara. Warga isli prabu_mutrh itu, putus asa iak bisa menemukanayahnya.( )

Page 15: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

KIPINGMEDIAfiAOIA},l HUII{A$ SEMA PINBilfiffiA

SATELITPSSTRABU KIIWON,

] 6 MARET 20 I6

Page 16: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

I Darl halaman I

Kardi Sempat

Pamitan

Warga menemukan se-orang lakiJaki yang sudahmeninggal dunia diduga ka-rma gantung diri di tengahmakam tersebut. Warga se-makin terkejut setelah me-ngetahui mayat tergantungitu adalah warga setempat.

"Temyata mayat yang ter-gantung itu Pak Kardi, wargasini juga," kata Dirno (43)yang pertama kali ikut mela-kukair pengecekan.

Beberapa warga segera me-laporkan ketadian teFebut kepemerintah desa, dan seba-gian lainnya melapor ke po-lisi.

Setelah polisi datang urtukmelakukan olah tempat keja-dian perkara, pemakamanyang berada di Jalar GunungSlamet, Kelurahan Grendengtersebut ramai didatangiwarta yang penasaran de-ngan pedstiwa yang terjadi.

Kapolres Ban''umat AKBPGidion Arif Setyawan mela-Iui Kapolsek PurwokertoUtara, Kompol Edhi Purwan-to usai melakukan olah tem-pat kejadian perkara menga-takan, dari pemeriksaan se-mentara, peristiwa tersebutmumi bunuh diri, karena ti-dak ditemukan adanya tandapenganiayaan.

"Korban gantung dirimenggunakan tambarg plas-tik jemuran wama merah danbiru separilng 1 ,5 meter, dandugaan sementara katenafaktor ekonomi," katanya.

Sebelumnya melakukanakshya korban yang keseha-riannya berdagang bakso ini

iuga sempal berpamitan danmeminta maaf kepada ke-luarganya.

Pihak keluarga juga sudahmene ma peristiwa tersebutsebagai musibah. Setelah je-nazah diserahkan ke pihakkeluarga, selaniutnya dima-kam.kan di TPU yang tak jauhdari rumahnya tersebut.

Gantung Diri di KamarMandi

Di Purbalingga, karena di-duga tidak'kuat menahansakit kanl<er yang sudah di-derita cukup lama, Surtini,nekat mengakhiri hidupnyadengar gantung diri.

Nenek 72 iahun yang alnbdisapa Nini Sur warga DesaMeri RT 09 RW 03 Kutasariitu, Selasa (15/3) sekitai pu-kul05.30 \MB, ditemulan ter-gantung dalam posisi duduldengan kain selendang putihdi kamar mandi rumahnya.

Peristiwa itu diketahuianal sulung korban, Sartini(49). Sekitar pukut 05.30 \lr'IB,Sartini hendak mandi. Betapaterkejutnya, Dia mendapatiibunya sudah kaku di dalamkamar mandi.

"Sayalaget dan langsungteriak minta tolong," ujar Sar-tini, usai prosesi pemakamandi kompleks pemakaman u-mum setempat, Selasa (15l3).

fu;ak beberapa bulan bela-kangan, kata Sartini, men-diang iburya memang seringmengelul sakit perut yanghebat Penyakit itu akhirnyadiketahui setelah dibawa keRSU dr Goeteng Taroeradi-brata beberapa bulan lalu.Dokter memvonis Nini Surmengidap kanker sewiks sta-dium larliut.

"Sebelumnya ibu sering se.sak napas karena asma. Tapidua minggu sebelum me-ninggal, ibu ora tau ngeluhsesek (Tidak pernah menge-luh sesak napas, red) danmungkin sengaja ru*upi nekIagi lara weteng (Pura-puratidak sakit perut, red)," kata-nva.

'Hal itu iuga diakui Misdem(52), tetangga Nini Sur. Me-nurutnya, belakangan te-tangganya itu iustru sedangterlihat sangat sehat dan bu-gaf.- "Kemarin sore, mdbih la-gongan bareng depah wa-rungku. Ora nyangka babarblas (Tidak disantka sama sekali, red)," ujar Misdem.

Dari hasil pemeriksaan pe-tugas di lokasi, tidak mene-mukan tanda-tanda kekera-san pada fubuh korban. Petugas medis dari PuskesmasKutasad yang melakukan pe-meriksaan, harya menemu-kan memar pada leher kor-ban bekas jeratan selendang.

"Diperkirakan korban su-dah meninggal G10 jam sebe-lum ditemukan," ujar dr La-ras, dokter dari PuskesmasKutasad.

Kapolsek Kutasari, Kom-pol Mastud mengataka& darihasil pemeriksaan semerrtara"korban meninggal murnigantung diri. Hal ini diper-kuat dengan keterangan ke-luarga yang menyebutkanadanya depresi dengan pe-nyakit yang diderita korban.

"Pihak keluarga sudahikhlas menerima kepergian-nya dan jasadnya sudahlangsung dimakamkan,"kata Kompol Masturi. (rar/enk)

Page 17: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

t Dari hataman i

KepedulianSosial Bisa

melakukan bunuh diri. Kare_na satu faktornya adalah ke_tidaktangguhan pribadi da_lam menghadapi kondisi ke_nrdupan.

Faktor agama meniadisuatu faktor yanq dasar iikamelihat suatu hal. Karena'bu_nuh dki jelas bukan perbua-tan yang diperbolehkan. ljn_

KLIPINGMEDIA

BAOIAI{ HIJ}IA$ $[MA fl]R$AIft{O$A

SarnurPoqrRABU KLIWON,I6 MARET 2OI6

tuk membentengi diri daripeDuatan seperti itu. Kurnia_sih menyebutkan beberaoacara. Satu di antaranva ada_lah dia punya c.ra c"ra mr_nyelesaikan hiduD

Selain itu juga menvedia_kan dukungan sosial (masva_rakat tebih saling peduti) de-ngan lingkunqan atau oianodi sekitarnya. ,,Relasi iuolsangat penting. Beroa-uldengan lingkungan sekitar..katanya.

. Menjalin relasi yang luasUejanng) menurutnva mem_buat seseorang mengetahuinarus bagaimana saat meno_hadapi sesuatu. Misal, sj_orang yang sakit bisa men_dapatkan akses kesehatandengan cepat dan mudah'Seka[ang juga sudah ba_nyak kok organisasi sosialyang peduli terhadap masva-rakat, tidak semata diripemerintah," katanya. (alfia_un)

Page 18: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

KLIPING MEDtdnlnr rrr mnnfi 0nrn I ilmnilnlrtfiiIlffUItll [Uru\) iltun fumflLlfiWl

Sat:st-rrposrRABU KI.IWON,

I6 MARET 20I6

Nantang Jenderal?

JI Didatangi T"rrtaraPIJRBALINGGA" SATELN-POST-JI, remaja tanggungasal Kaligondang, menga-cungkan iari tengah ke luki-san Panglima Besar JenderalSoedirman. Perbuatan itu iafoto dan up.load di halamanFacebook. Selain dimarahiguru, ia juga didatangi polisidan tentara.

"Sampai sekarang, masihjadi obrolan di warung-wa-rung," kata Sakir, tetanggapelaku yang beralamat dikawasan Kaligondang, Selasa(15 / 3\.

Kapolsek Kaligondang,AKP SS Udiyono mengata-kan, bersama Komandan Ko-ramil Kaligondang sudahmendatangi rumah JI. Jl me-ngaku tidak bermaksud me-lecehkan Sang Jenderal.

"Katanya cuma karena ke-sal tidak diberi sangu orangtuanya saat akan jalan-ialanbersama temannya. Dia tidakpaham kalau itu perbuatanyang tidak sepantasnya di-lakukan," kata AKP SS Udi-yono.

Gegara ulah JI itu, Ko-

mandan Kodim 0702/Put'balingga, letnan Kolonel Ka-valeri Dedi Safrudin, merasabertanggung tawab untukkembali meningkatkan wa-wasan kebangsaan di-kala-ngan remaja. Kodim lang-surtg mengagendakan Pemu-talan film perjuangan Jen.deral Soedirman di GedurgSarwaguna Purbalingga

"Mulai besok (hari ini-red)secara berkelanjutan kamiakan putarkan fiIm-film per-juangan yang ditargetkanakan ditonton 20 dbu Pelajarse-Purbalingga. Kami sudahgandent pegiat film Pur-balingga untuk agenda ini,"katanya.

JI sendiri sudah membuatpemyataan terbuka di balaidesa setempat, Senin (1413).

Dia berianji tidak akan me-ngulangi perbuatan itu danmengaku sangat menyesal.

Foto siswa kelas VII Ma-drasah Tsanawiyah di Kejo-bong itu diambil saat ber-kunjun8 ke Museum Pangli-ma Besar Jenderal Soedir-mary di Kompleks Monumen

Jenderal Soedirman, DesaBantarbarang, KecamatanRembang, Minggu (13l3)1alu.

"Saya menulis kata F*"ksebagaijudul foto itu. Setelahdr.upload di Facebook, tet

--"-.r GoDcnt All Wellfl

FACEBOOK

FOTO aksi Jl di depan loto Jenderal Soedirman ini dikecam

banyak orang. Foto ini menyebar melalui media sosial.

nyata menyebar dan saYa

langsung dimaki teman-te-man, guru-guru, dan banYakorang. Sore jam 16.00 WIB,Facebook saya langsung di-blokir kakak karena takut,"kata IL (enk)

Page 19: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

I1I TnTLTTI I'T:T\I Al\l,trllru wlfluiiiullltlil utlllli( lJu-l'lli llllUUll lRUlllt0nUIUl iluitlltr) 0HUn fUMJtlXruUn

SATELITP,e}STRABU KIIWON,I6 MARET 20I6

Program KUR Harus BisaKurangi Kemiskinan

PURBAUNGGA, SAlELrt-POST-Wakil Bupati Purba-lingga Dyah Hayuning Prati-wi berhanp program KreditUsaha Rakyat (KUR) daripemerintah membantu usahamasyarakat. KUR itu dapatmendorong pengembangansektor usaha kecil dan mene-.guh.

"Selain itu, dengan pro-gram tersebut, sekaligus bisamengurangi kemiskinan danmembula kesempatan beker-ja bagi masyarakat " ujar Tiwipada Rapat Koordinasi So.sialisasi Program KUR Tahun2016 di Ruang Ardilawet

Kompleks Setda Purbalingga,Selasa (15/3).

Saat ini, kata Tiwi, angkakemiskinan dan pengang-guran di Kabupaten Purba-lingga masih tinggi. Untukitu, pihaknya mendukungkegiatan KUR, karena haltersebut mampu membukakesempatan bekerja bagimasyarakat khususnyausaha kecil yang seringmemiliki permasalahan de-ngan keterbatasan moda1.

"Jadi bagaimanapun kitamendukung lembagaJem-baga keuangar di Purbaling-ga untuk bisa menyalurkan

KUR secara maksimaf " ujarTiwi.

Budi Susetyo Kepala Ba-gian Perekonomian SetdaPurbalingga mengatakan,tujuan KUR untuk memper-cepat pengembangan kegia-tan di sektor riil dalamrangka penanggulangankemiskinan serta perluasankesempatan kerja, Tujuanprogram tersebut adalahmeningkatkari dan mem-perluas penyaluran KURkepada usaha produktif,meningkatkan daya saingusaha mikro kecil dan me-nengah (UMKM) serta men-

dorong pertumbuhan eko-nomi dan penyerapan tena-ga kerja.

Sasarannya adalah indi-vidu atau perseoranganyang melakukan usaha pro-duktif termasuk di dalam-nya UMKM serta calon ataumantan tenata kerja Indo-nesia (TKI) dan calon pe-kerja magang di luar negeri.Sasaran lainnya adalah ang-gota keluarga dari karya-wan yant berpenghasilantetap atau bekerja sebagaiTKI dan pekerja yang ter-kena pemutusan hubungankerja (PHK). (gus)

WAKIL Bupali Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (tengah) memimpin Rapat Koordinasi Sosialjsasi

Prooram KURTahun 2016 di Ruano Ardilawet. kompleks Setda Purbalinqqa, Selasa (15/3).

Page 20: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

IZT II.Tf,TN I fNT\T Af,L,fll\t-r ffIEiJiA-utt:lf,Dnuuul

ut ttt ttIIUIIIJID

rl! t Ilt llltuutl ti J:lillullluN),tlllitwll

Sa,rnr-,rrP$s?RABU KLIWON,

I6 MARET 20I6

sasi yang jumlalnya luma-yan, hampir seluruh wargaRT menandatangani percetu-juan pendidannya.

"Saya dulu mmerima Rp850 ribu kalau tidal salah.Seingat saya, kontraknya 15tahun. Kalau kemudian be-lum habis kontrak faarer ituharus dibongkar, saya emolt(tidak mau, red) mengemba-likan uangnya," katarya.

Hal senada juga dikatakanwarga lain yang enggan na-manya disebutkan. Diakui-nya, dulu ada sosialisasi daripemilik loruer, yakni PT Sam-poerna Telekomunikasi In-donesia (STI). Dalam perte-muan itu, PT STI memberi-kar gararsi jika memang adadampak kerusakan barangelektronik yang diakibatkankeberadaan fozuer-nya.

"Saya pribadi sebetulnyabelum pernah merasakandampak apa-apa. Diroboh-kan atau tidak, sebetulnyagak ngaruh-ngaruh banget.Cuma kalau sekarang ke-hdr.r"^nvr .li.ndd^h mo-

langgarannya," ujamya.Sebelumnya, Kepala KPM-

PT, Mukodam berharappenggugat jangan rkepentingarutya tidakmodir pemerintah daerah.Sebab, banyak

tidak bisa ber-rasialtower,

Prof Hibnu NilaiTasdi Jadi Kunci Sengketa

PURBALINGGA, SATE-LITPOST-Ketegasan peme-rintah kabupaten Purbaiin€i-ga di bawah kendali BupatiTasdi, menjadi kunci penye-lesaian sengketa pendirianfo.re,' di kawasan Jalan len-deral Soedirman nomor 126di RT 02 RW 04, KelurahanPurbalingga Kidul. Hal..itudikatakan pakar hukum Uni-versitas ]enderal Soedirman(Unsoed) Profesor HibnuNugroho, Selasa (15,/3).

Menurutnya, hasil putu-san Pengadilan Negeri Pur-balingga bernomor 1llPid.-B /201,4/PN Pbg yarg telah

r.Dari halaman 1

Prof llibnuNilaiTasrti Jaili Kunci

mengakomodir dengan me-nginventarisir sejauh apakeberadaan tower itu mem-berikan dampak gangguanpada masyarakat di sekitar-nya. Harapannya nanti bisaditemukan kesamaan panda-ngan mau diapakan towerini,': kata pengamat hulumyang kerap tarnpil di layarkaca televisi nasional ini.

Warga setuiu dibongkarSutiono, warga RT 02 RW

04 yang tinggal sekitar 100meter dari toa{rel mengaku se.tulu apabila foruer dibongkar.Hanya saja dia memper-tanyakan, apakah denganadanya penolakkan ifu, war-ga yang dulu menyetujuipendiriannya diwajibkanmengembalikan kompensasiuang dari pemilik tourer?

Dulu warga lingkunganitu banyak yang tidak setuju.Tor-rni lzrrmr ede lznmnan-

)),laaijelas, fower itustatusnya ilegal. Pemdaharusnya tegas tegakkanaturan.sqPROFESOR HIBNU NUGROHOPakar Hukum Unsoed

memiliki kekuatan hukum nyebutkaibahwa,dalahpe-tetap (iltktncht itnn gewisde\ ngurusan Izin Mendirikanitu, semestinla sudah culup Bangunan (IMB) dan Izindijadikan dasar untukmeng- Gangguan (HO) atas fo?rerhentikan pengoperasian fozr- itu, menggurakan dokumensr tersebut. atau suratpalsu. Jadijelas, to-

"Putusan itu sudah me- aJer itu stah.rsnya ilegal. Pem-

langgar, kudune ya diborgkar,minimal dihentikan pengo-perasiannya," ujamya.

Langgar PerbupSementara itu, Hermiati;

warga pemilik lahan di sebe-lah petak tanah tempat ber-dirinya fozoe,, berharap soma-sinya segera mendapat tang-gapan pemerintah daerah.Sejak melayangkan somasi15 Desember 2015 lalu, hing-ga kini dia belum melihatadanya tindakan apa punterkait status ,o?rel itu.

Minimal kata Hermiati,Pemkab melalui Kantor Per-izinan dan Permodalan Ter-padu (KPMPT), Purbalingga,segera. mengkaji pelangga-ran paling mencolok dtastower telsebul.

Sesuai dokumen yang ma-sih dipegangnya, ada Perbupnomor 14 tahun 2008, tentangpembangunan menara tele-komunikasi yant menye-butkan bahwa, kawasan Pur-balingga Kidul itu termasukznne t hpnama 11 k:waqan

da harusnya tegas tegalkanaturan," kata Profesor Hib-nu.

Selain itu kata dia, ada ja-lan lain yang harus segera di-tempuh sebagai upaya pe-nyelesaiannya. Pemerintahdaerah harus hadir sebagaipenengah dengan memfasi-litasi mediasi antara wargayang setuiu, warga yang me-nolak, dan pemilik to?r'el ter-sebut.

"Dokumen yang dipalsu-kan itu termasuk izin gang-guan. Pemerintah harus bisa

t Bersambung ke hal 11

lain, di antaranya Purba-lingga Kulon, PurbalinggaLor, Purbalintta Wetan, Kan-dang Gampang hingga Bo-jong dan Wirasana.

"Da.lam zona 1 itu, mak-simat ketinggian tower diba-tasi 40 meter. Kenyataannya,fo{rsr itu tingginya sekitar 70meter, Dari situ saia ielas pe-

:i

dan kepentingan pihakyang juga harus diakomodir.

Selain harus didasari penq-kajian lebih mendalam,

ialan sendiri. Sebab, bagianoerizinan harus meliba&aninstansi terkait lah seperti

Page 21: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

rzl mtrTn I f,nT\r ARL,trlt\tr tvtDlriltItll'tttl lll ltl t!0nUil Ilu$at r)['lun IUNIJlllllWtl

Sarnr_,rrP0srI *oru rr,*roi--

I6 MARET 20]6

sudah ada di base camp,"kata Nuke, orahgtua Josep(16) saat dihubungi srt€lit'Post, Selasa (15/3). Josep ada-lah satu di antara enam pen-daki yang sempat tersesat.Josep mendaki bersama limakawannya, yakni Bowo, 5e-no, Riyan, Yulia, dan Ardi.

Nuke mengatakan, ke-

enam pendaki itu berangkatdari Demak pada'Minggu(1313) pagi. Kemudian, Se-nin (1413) dinihari merekamendaki Gunung Slametmelalui Purbalingga. "Tapisetelah itu saya hilang kon-tak sama Josep. Baru kemu-dian, Selasa (15 /3) dapatSMS. Saya ngga tahu itu no-

mor siapa, tapi intinya me-ngabarkan bahwa anak sayatersesat di sekitar GunungMalang," katanya.

Setelahnya, dia memintabantuan pada pihak terkaituntuk menemukan enampendaki tersebut. "syukur-lah, akhimya bisa diselamat-kar," katanva. 0il)

SAR Amank anlPendaki Gunung SlametI Mereka Sempat Tersesat

PURBAIINGGA, SATE-LITPOST-Enam pendakiGunung Slamet akhirnyabisa diselanatkan tim SAR,Selasa (15/3) malam: Sebe-lumnya, keenam pendakiasal Demak itu tersesat.

"Saya baru dapat kabar,anak saya sudah ditemukanoleh tim SAR. Ini malam ini

Page 22: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

ITT TnT}INl\trll f I ltl

n iiiiii',iinii i Sfiiii i,fi iiiE iT iili'.,iiDNUHII IIUIUru I)I,IUJI TUNruilIWN

SATELITPSST

RABU KLIWON,I6 MARET 20I6

IFNJABAT Sekda Purbalingga (kiri) memberikan "ind"r"r#t:;?HWakil Ketua Komisi DPRD Kabupaten Majalengka di Ruang Rapat Bupati

Purbalingga, Setasa (1 5/g).

Dewan $rzlajalengka StudiBanding ke Purbalingga

PURBAUNGGA. SATELFPOST-Komisi I Dewar Perwakilan Rak-yat Daerah (DPRD) KabupatenMajalengka Provinsi Jawa'Baratstudi banding ke Kabupaten pur-balingga, Rombongan diterimaIangsung Peniabat Sekretaris Dae-rah (Sekda) dan pimpinan SatuanKerja Perangkat Daerah (SKpD)Kabupaten Purbalingga di RuangRapat Bupati Purbalingga, Selasi(\s /3).

"Kami di dewan rencananyaakan menyusun regulasi desamandiri, konsepnva seDerti anakondisi tokal sqierh upu yung uhudi Purbalingga, sehingqa kamiperlu belajar ke sini, haripan kaminanti ada parameter atau konsepdesa mandiri yang dapat dite-rapkan di Majalengka," ujar WalilKetua Komisi I DP-RD KibupatenMajalengka Provinsi Jawa ilarat,Ali Surahman.

Kepala Badan PemberdavanMasyarakat Desa lBapermasdes)Kabupaten Purbalingga ImamWahyudi yang diwakili KepalaBidang (Kabid) PemberdavaanEkonomi dan Potensi AIi Sudirmornenielaskan, bahwa penvebutandesa mandiri di Jaiva ienqahdiganti meniadi desa berdikari.

Pela-ksanaan program desa ber-

dikari di Purbalingga merupakanrespon positif Pemerintah ProvinsiJawa Tengah terhadap target Ren-cana Pembangunan Jangka Me-nengah Nasional (RPIMNi untukmewujudkan 200 desa mandiri diIndonesia. Untuk tahun 2015 diJawa Tengah ditetapkan sebanvak45 desa yang didorong menjadidesa mandiri/ berdikari yangte$ebar di 15 kabupaten.

"Di Kabupaten Purbalinggatahun 2015 mmdapat alokasi tiAadesa yaitu Desa Kedarpan, Lang-gar dan Desa Kejobong Keca-matan Kejobong," ujar Ali. Se-dangkan tahun ini, tambah Ali,Purbalingga mendapat lima alo-kasi, selain tiga desa di KecamatanKejobong jugd dua lokasi di Keca-matan Bobotsa4 yaitu Desa Lim-basari dan Desa Tlagayasa. (gus)

Page 23: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

IZT IIlI}Trl } 'TT\I

Al\lrlI IIll I lllL)lrlt1

utlJtit utltttt r!rlli lltllruit tlllr-l-lDnuant ilu1ru10 Jllun luN],1t,lllwfl

SATELITPSSTlnnsu KLlwoN,

16 MARET 2OI6

Guru Agama Minim, BupatiCurhat ke Ulama

atural hukum."Misi pertama karni adalah ko-

mitmen menyelenggarakan pe-merintahan yang bersih. Kamikomitmen bersih dahulu yang se-suai atawan main. sesuai ahrranhulum dan sesuai prosedural," ka-ta Tasdi.

Menurut Tasdi, di Purbalinggaada 468 SD yang seharusnya ma-sing-masing memiliki satu guruagama Islam. Namun saat inisebanyak 196 SD tidak memitikiguru agama Islam. Sedangkanpada tahun ini yang pensiui 97orang, sehingga jaai tinggal 30persen dari 468.

Persoalan lainnya, kata Tasdi,adanya perkawinan usia dini, serta

tingginya angka perceraian. Untultahun 2015 perceraian di Purba-Iingga sebanyak 102 lr.asus per bu-lan. "Tahur ini sudahmendekati 2mper bulan. Hal tersebut satu akibatdari perkawinan usia dini," kata dia.

Takmir Masjid Agung Darussa-lam Purbalingga Mulnmmad NoorIsya berharap pemerintahan yangbaru dibangun berdasarkan danberpondasi dengan kebaikan Kare.na kebaikan rnenjadi awal datang-nya keberkahan.

PURBALINGGA,STajTELITPOST.Selasa (1513), Bupati PurbalinggaTasdi bersama Wakil Bupati Puibi-lingga Dyah Hay-uning Pratiwi danmasyarakat salat subuh berlemaahdi Masjid Darussalam Purbalingga.Usai Subul, Tasdi-Tiwi menggeiarpertemuan dengan ali.m ularnamembahas berbagai persoalanyang ada di Purbalingga.

Beberapa hal yang disampaikanbupati kepada ulama adalah tins-ginya angka perceraian, angk--akematian ibu dan anak, pemikahandini serta minimnva sur,l aeu-uIslam di sekolah disutlSeauo"gtanpnontas pertama pemerintahanyaadalah komitmen hmgembalikananggaran kepada rakyat sesuai

"Kalau sudal mengarah kepadakemaksiatan akan kami ingaikan,kami juga meminta agar bupatimenjadi pelopor kebaikan, baikdari sisi agama maupun pemedn-tahan " ujar Noor Isya. (gue)

Page 24: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

T/T MTTTTT I fNT\T Al\ lrl f llll, l lllll)ltll-l

lril]ltit utlnttl. lLttrr lllluull lillilll9nUrui nUlUJli) 0CtUn lurunirflluun

Sarnr_,rrp0sTRABU KI.IWON,

I6 MARET 20]6

Page 25: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

KIPINGMEDIAnlflIllt mn n flmln i ilnnDffUIflfi NUffiil ilIIUII fUItI'

SUARA MERDEKA

RABU, 16 MARET 2016

SMAManrifNU MilikiI-aboratorium Film

KARANGMONCOL.SMA Maarif NU Karangmon-col kini memiliki labordtoriumseni budaya dan film. Gedungsenilai Rp 700 juta yang bemm-ber dari bantuan KementerianPendidikan dirn Kebudayaan inidiresmikan pada Selasa ( 15/3).

Direktur Kesenian Direk-tomt Kebudayaan Kemdikbud,Endang Catuirvati saat meres-mikari mengatakan, SMA Maa-rif NU Kamngmoncol itu satu-satunya sekolah di Purbalinggayang . mendapat .bantuanbersama 16 sekolah lain diIndonesia.

"Saya minta, laboratoriumini tidak hanya difungsikanuntuk warga sekolah ini $ija tapijugaberbagi dengan sekolah laindan masyardkat sekitar,"katanya.

Dia berjanji, tahun depanada sekolah lain di Purbalinggayang mendapatkan bantuanserupa. Selain itu, di kementer-

ian ada program bantuan alatdan fasilitasi kegiatan seni, pro-gram seniman masuk sekolahdan beJajar benama maestro.Lahirkan Seniman

Kepala Dinas Pendidikan(Dindik) Purbalingga, Tri Guna-wan Setiadi yang membacakansambutan Bupati Tasdi ber-harap, laboratorium seni budayadan film itu mempunyai nilaimanfaatbagi sekolah khususnyaseni budaya dan film.

Dengan demikian, akanmuncul/lahir seniman yangmencintai seni dan budaya sefiamenjadi pemacu semangat un-tuk maju dan berpestasi.

"Kepada kementerian, saya

harapkan bantuan seperti initidak hanya saat ini saja, tapiberkelanjutan karena masihmbutuhkan untuk sekolah laindemi kemajuan pendidikan diPurbalingga," katanya. KepalaSMA Maarif Karangmoncol,Toyibah berterima kasih kepadapihak Kementerian Pendidikandan Kebudayaan yang telahmemberikan bantuan tersebut,Dia berharap, bantuan ini bisameningkatkan kemampuankreativitas siswa juga untukwarga sekitar dalam rangkamelestarikan kebudayaan.

Peresmian itu juga dihadirioleh Kenra PC Maarif NU Pur-balingga Ahmad Mudzir, para

kepala SMA/SMK diPurbalingga, Kepala SMP/}{Ts

di Karangmoncol dan sekitamya

dan muspika- (H8245)

Page 26: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

RESMIKAN IA,BORATONUM : Direktur KesenianDireloorat Kebudayaan Kemdikbud, Endang Caturwatididampingi Kepala Dindik Purbalingga Tri GunawanSetiadi dan Kepala SMA Maarif NU Karangmoncol,Toyibah meresmikan laboramium seni budnya dm flnSelasa ( I 5/3 ).(45 )

Page 27: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

IZ! !T!ITrT/*r l itrFn! Al\lrll lllf I Ittl./lrltl

nal Itatc nt L.t a.tI,Ilrj![I TIUIUIIU I VITU,i iIJiI I U UI I

SUARA MERDEKA

RABU, 16 MARET 2016

tlit

iitl

ii

ItLJRllAl,lN{iliA - lir:-mas*n plodul pirriwi ltil dilridesa-desit wisitiir hlr{n rttr'llrilikidayn pikal tedud{p \visirlalv.ur.

Meskipun sebapiau lx siu, dcsa

mempunyni kcsilllxran dctlganrnenjual kgunikur kclrifan bkr l.

Ketuar Kcl(n flrli. Saddr Wisilta(Pokdarrvis) Tirta KamttlyarrDe,sr Wisata Karangsalanr lla-hrffaden, Sisworu lnurlttthan.setiap desa bisa nlettjttal kcu-nikan berupa F)tcnsi llattt, rictri

budaya, kulincl, kttlrritlttarlla'han rvargn iliul st$slnr{ kshidu-pan warya trnsyar&itt pdcsun.Masing rnirriirtg rlcsa scbaiknyamemnjolkiut l,icnrasatt produkwisah yang rlilrlrsilkat.

'Jika krxrutll llifiel Prxlukwisata yalrg rlitarv;trkal rnc-narik, urtik dtn spr:silik akanbafyak lvirilltawnn yanl: herkun-jung. Produk lvisitt{ dari dfstl

DesaWisata DimintaTonjolkan Keunikan

wisutt di Kruflngialtm Kccl- rnudah dijangkau, memilikilratan Batunadcn Banyunus ttraksi yang dijual, kemudian

tiiltk bcrbedn.iaulr tlengal hr' wi'\atawan diajak rnelakukan

berapa clcsa wistlt{ di hlrbil- aktivilas tertentu, dukungan

linggr. Satna'sana ntcttjral rttrtotitl. sertit lirsililas ako-

potensi rllu enrug. kuli cr (li!l ln(xlnsi s{'Frl i /l(rr.'.rl.l)"iontonrn scni hurlayir." tr.iar Atraksidl tlc'sa wisata ltntus

Siswtxo paria trxlatihilr) manaJt ncnrilihi kcunikan. beg'ilu j{ga

nrn qrngcloliian tl:sa wiffita di thlarn hrd pnyaiim kulinertnis-

ruang aula t)irrts Kebudtyaan irlllyir' lika trc*xldr dcng{n t'un-

I'ariivisara Pernudt dan Olah pat xsnl \\'isattwnn atau lidttkRaga lDilbut\ralpora) Putba- rlijumpai di desa wisata.lainlinlga,Senin { l4/3). maka *'isatawan akan rindu

Dia mergatakan. antflra unruk dIIt rg kemtali.

PurtralinggatlanBanyumas Sisrvoromencoltohkan,rnemiliki rJaya pikat yang h$n- kcma.san malan yang disajikan

da. Semua itu tergantung dari dengan dibungkus daun Nyang-

cara mengemas pakct wisatn, ku (pohon di hntan) ternyataharga jual pakct dan segmen lebih menarik.

Jnmasaran yang bertreda Tingkat KunjunganSis\'r'oro lllent(ungkapkan, "Seb[ah desa wisata bisa

wisatarvan akan datang ke dikatatan sukses dapat terlihat

sebuah desa wisata jika di desa dari tingkat kunjungan wisa-

rvisata itu memiliki akses yang tarvan, lama tinggal rvisatarvan

di desa. banyaknya uang yangdibelanjakan, dan kedatalganulang wisatawan di dcsfl tenic-but." kata Sisworc.

Sem(:ntara itu, Kcpala l)in-hudpaqnn Pu$alingga Subenorrngatakal, selain ditentukanoleh grtensi sumberdaya di desa

tcrscbut, pongembangal desawisata tirJ:rk tcrlepirs dari peransumbcrdaya manusia. Pok-darwis sebagai lembaga pcn-gelola desa rvisata mernilikipsrun yang utana dalam men-gekrla dan menranaj setruahdesawisala.

"Potensi desa yang bagusjika tidak dikelola s€cffa prutb-sional maka bisa terjadi konflik.Konflik itu sebagian besarhersumber karena tidak tnns-

fra,\yarakat yang tetaP guyubrukun. satu visi dan misi dalammengelola desa rvisata, makaniseaya akan maju bersama,"tegas Sut eno.

Subeno menegaskan, pe-ngembangan desa<t:sa wisata diPurbalingga pada hlkekatnyauntuk rneningkatkan kesejahter-aan masyarakat. Pemkab tidakakan mengambil keuntungansepeserpun atas pendapatanmasyarakat desa rvisata

"Ukuran kcberhasilan pem-bangulan pariwisata, bukanPendapalar Asli Daerah (PAD).Pendapatan desa rvisata semuaurtuk masyarakat. Sitlus per-puUran uang di desa secara lang-sung akan menggerakkim pere-

konomian masyarakat di des4

Page 28: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

tr7T InIITri I 'T]T\I

Il\l-rll lf lt t llla)Ltll-l

ur rir rt, rL r lti lfllltutt ti lltf,fiutullt iliun I uN)/tllllwtl

SeorangWarya

$omasi PemTab

utlitntDnuuul

SUARA MERDEKA

RABU, 16MARET2O16

* Minta Tower DibongkarPURBAUNGGA - Warga Keturahan turbalinggaKidul, Kecamatan Purbalingg4 Hennryati

akan mensomasi Pemkab Purbalingga,

meminta agar tower di dekat Jalan Jenderal

Soedirman dibongkar.

Alasannya, sejumlah war-ga dipalsukan tanda tangannyauntuk proses izin pendiriantower itu. Dia merasa dirugi-kan lantaran pemalsuan tandatangan saat pengurusan IzinMendirikan Bangunan (IMB)dan Izin Gangguan (I{O) ataspendirian tower pada 200? itu.Somasi dilayangkan ke BupatiPurbalingga dan Kantor per-izinan Terpadu (KPMPT)Purbalingga pada 15 Desem-ber lalu.

Tapi hingga kemarin, so-masi itu belum ada tanggapanapa pun dari Pemkab.

Dalam somasi disebutkan,

nakan PT Sampoema Teleko-

munikasi Indonesia (STI) se-

bagai provider."Somasi sudah kami tedma

Desember lalu. Namun inisudah masuk ranah hukum,jadi penyelesaiannya jugaharus melalui tahapan sesuai

hukum yang berlaku. Meskisudah ada inkrah, taPi kamitidak bisa bras-bres. Butuhkajian yang sesuai ketentuan

pendirian tower tenebut ilegalkarena didasarkan atas doku-men palsu. Sebab dalam pen-gurusan IMB dan HO, diamerasa tidak pemah menandatangani peBetujuan pendirian.Bahkan hal itu diperkuardengan hasil putusan Peng-adilan Negeri (PN) Purba-lingga bemomor 130/Pid.B/-2014lPN Pbg. yang menye-butkan bahwa secara sah danmeyakinkan adanya pemal-suan tanda tangan dalam pen-gajuan HO tersebut.

"Yang memalsukan adalahorang yang diperintahkanpemitik tanah di dekat rumah

katanya.Namun demikian. dia

meyakinkan supaya penggugatjhngan merasa kepentingannYatidak diakomodir pemedntahdaerah. Sebab, banyak pertim-bangan dan kepentingan pihaklain yang juga harus diako-modasi. Pihaknya sudah me-

nbruskan permasalahan itu ke

PT STI dan meminta untukmemberikan tanggaPan

saya untuk mengurus IMB danHO atas toweritu. Di pengadil-an sudah tefuukti dan akhimyamemutuskan dia bersalah.

. Semestinya, dengan hasil itupendirian tower itu ilegal atauperizinannya batal demihukum," kata Hed Hadiyono,suaninya Selasa ( I 5/3).Perlindungan Hukum

Dengan adanya putusanPengadilan tersebut, merekameminta Pemkab Purbalinggasecara sadar dan taat hukumuntuk melakukan pembong-karan toweritu. Sebagai masya-rakat, Hermiati berharap perlin-dungan hukum yang samasepeni warga negara lainnyii.

Sementara itu, ' KepalaKPMPT Purbalingga, Muko-dam mengatakan, permasala-han tower te$ebut sebenarnyakonfl ik antarkeluarga. Namundemikian, pihaknya tidak akantinggal diam untuk menyele-saikan pe$oalan itu.

Menurutnya, tower yangberdiri di petak tersebut digu-

Page 29: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

l.i i'lit t

Page 30: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

uttJtlt utlltlr r!ttrr ulluutt tiltir-lDNUil [U][Nd DIIUfl TUN)JIIITWN

RABU,16 MARET2O16

Simpatik hingga Pelosoktiga orang rcwas seketika karena

kecelakaan nrnggal. KaiganYa dibawah umur yang berboncengtiga dan menabrak Pohon,"katanva

Dia mengatakan, dari hasil

kegiatan perimbangan OPerasi

Simpatik tersebut, polisi men-geluar*an 14 sqrat tilang.

Adapun barang bukti Yangdiamankan yainr sembilan STITIK

dan lima unit sepeda motor.

STNK yang ditalnn karcna Pen-gurdzu'atidakmembawaSMdanmengenakan helm.

Sedangkan mereka Yangtidak membawa STNK terPaksa

harus diahan moomya."Tidak hanya tilang saja,

kami juga memberikan teguran

kepada para pengendara Yangmelanggar. MisalnYa merekayang tidak menyalakan lamPu

utama 'katanya (H8245)

OperasiKARANGAI\YAR - Pelak-

sanaan Operasi Simpatik Candi

2016 tidak hanya dilakukan ditengah kota sajq namun juga diwilayah pelosok

Sepeni yang dilakukan olehPolsek Karanganyar, Selasa(15/3). Sejumlah kendaraanbermotoryangmelanggarlalu lin-tas yang rnelintas ruas Jalan RaYa

Karanganyar diberi tilang dan

Eguran.Kepala Polsek KaranganYar,

Ajun Komisaris Nursusalitmengatakan, banyak pengudarasepeda motu di wilayalmya Yangmelanggar lalu lintas. Keba-nyakan pelanggaran betuPa tidaknremakai helnr, bertonceng tiga

- dan pengendma di bawah umur.

Operasi dilakukan di dePan

Mapohek s€l€mpar"Sesuai instruksi KaPolres,

Operasi Simpatik juga dilahkandi jajaran Polsek. Tujuannyaunuk menekan terjadinya angka

k&rlakaan. Wilayah sini terma-

suk sering terjadi kecelakaankarena banyak pengendam yang

melanggar a$rarr lalin. Ti:rakhir,

S Vnyan Rdnff

OPERASI SIMPATIK: Polsek Karanganyar melalukat

Opemsi Sinpatik Candi 20 I 6 di depan Mapolsek setemryt'

Seksd(15/3).(45)

Page 31: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

f/T II.ITITN I fNI\I Al\r-rlI f lltl MlJl,t l l-l

urrrrir ulrnllN rJ!tttf, u UUtl ti J:lDflUUUI ilulYlft) r)llUil IUNflJfiWn

SUARA MERIIEKARABU, 16 MARET 2016

Penerima Penghargaan Bawaslu

Seberangkan Warga

dengan Perahu agar Bisa NYoblos

Panwas Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Pudodingga

merupakan satu daritiga lembaga pengawas pemilu di Jateng

yang meraih penghargaan dalam ajang Bawaslu Award 2016

di Balai Sarlcini, Jakada, baru-baru ini. Kineria yang tak kenal

lelah membuat mereka pantas menerima penghargaan itu'

SETIAP kali pesta demokrasi digelar, ngutan suara (fPs)tedekat sulit diiangkau.

banvak waroa Dusun Jomblanq, Keca- Mereka harus menyeberangl sungat

mitin Xatiq"onOang, Purbalingga tidak lebardengan arus yang deras Kalaupun

r"nggund;,n n"k pltihnya. Bukan karena lewat darat, warga harus memutar se-

tidatii,au, namun kat"ia lempal pemu- jauh'15 kilometer' Halitu membuat Ketua

TERTMA PENGHARGAAN : Ketua Panwaslu Purbalingga DewiPatupi (kananl, Ketua Panwascam Kaligondang Pmsetyo (tepah)'dan Himas Panwastu PufuatinggaThofikunahman mendapat peng-

hargaan dari Bawaslu Pusat. (88)

Panwas Kepamatan Kaligondang Prase-tyo dan PPK Kaligondang Merlin memu-tar otak.

lvlereka mencari cara untuk 'neme-cahkan permasalahan itu. PPK dan KPU

Purbalingga kemudian mengajak berba-gai pihak, terutama Pemkab dan Pokes,

Ljntuk meningkatkan partisipasi pemilih di

Jomblang."Kebetulan saat SMP saya sekelas

dengan Danrem Wiiayakusuma. Jadi beli-au saya 4ak ke Jomblang untuk melihatkondisi. Selain itu KPU, Pj Bupati. Kapol-

res, BPBD juga ke lokasi. Akhirnya di-carikan solusi untuk memfasilitasi warga,"kata Prasetyo.

. Adaduasolusi. Pertama, jikasungaiti-dak meluap, warga diseberangKan de-ngan perahu karet.

(Bersambulg hlm 7 kol I

Seberangkan....(Sambungan hlm 1)

Kedua, jika sungai meluap, wargadiantar menggunakan truk petugas. Disisi lain, PPL Desa Sidareja, Juwondodan Pengawas TPS 8 Dusun Mlayang,Chaerun terus melakukan sosialisasitentang pehgawasan sebagai upayapencegahan pelanggaran pill€da.

"Sebab di situ juga rawan mobilisasimassa oleh pasangan calon pesertapilkada. Bisa saja, jika tidak diatasj ber-sama, salah satu pasangan turun danmemobilisasi me{eka, " lanjd Prasetyo.

Akhirnya,saat pencoblosan, puluh-an warga diseberangkan mengguna-

Page 32: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

kan perahu karct. Sejarah pun tercipta.Untuk kali pertama, hampir seluruhwarga Dusun Jomblang bisa meng-gunakan hak suaranya untuk memilihpemjmpin daerah.

Mereka yang tidak datang ke TPSterkendala usia atau sedang sakh. Usaipilkada, Pemkab pun bedindak untukmengatasi agar dalam pesta demo-krasiyang akan datang warga Dusun I

Jomblang bisa mencoblos lagi.Ada dua jalan keluar. Pertama, di-

buat jembatan dengan cara memindahjembatan Gatot Subroto yang lama kelokasi baru. Kedua, memisahkanadministrasi wilayah Jomblang dariDesa Sidareja ke desa tetangga yanglebih dekat.

:'Dari situ, kami diminta ikut Ba-waslu Award. Kamimengangkat kasusJomblang. Tadinya biasa saja, namunbisa jadi perhatian semua pihak.Alhamdulillah, Purbalingga meraihprestasitingkat nasional ini untuk kate-gori pengawas yang memiliki jainganluas sebagai upaya pencegahanpelanggaran pilkada," papar KetuaPanwaslu Purbalingga, Dewi PalupiCahyaning Wiyati.Tekanan

Menurut dia, ini bukan hanya hasilkerja Panwascam, Panwaslu, PPK,PPS, PPt, tapijuga Polri,]Nl, BPBD,dan Pernkab. Selama ffrengawasi Filka-da, imbuh Dewi, anggota Panwaslu,Panwascam, PPL, dan petuqas TPS

mengalami banyak td€nan dad pihak-pihak tertentu. Namun, mereka cu€k,tetap tegas dalam mengawa-si pelal€a-naan pilkada

"Jadi bisa dibilang, bupati terpilihsaat ini adalah bupati hebat karenamenang dalam pilkada dengan pen-gawasan kami yang galak. Biar dibencisaat pilkada, pdnsjp saya, tidakadaden-dam politik. Pilkada selesai ya sudah,kebencian jwa hilang," uiamya"

Dengan p€stasi itu, De\ivi berharapPanwaslu Purbalingga tjdak lagi dipan-dang sebelah mata dalam peqelaranpestademokasj. Pengha€aan lain diterima Bawaslu Jateng untuk kategoripengelolaan dana hibah terbaik senasupervisi, monitoring, dan evaluasi ter-

baik. Menurut Ketua Bawaslu JatenoAbhan Misbah, ini bukan hanva hasiikeria ke'as para pegawai.

Kesadaran politik masyarakatJateng yang makin baik ikut beIperan.Kondisi Jateng relatif kondusif biladibandingkan daerah lain dalamPilkada Serentak 2015. Tidak adahuru-hara atau kekerasan terhadappenyelenggara pilkada

Untuk menggelar pilkada pada 9Desember 2015, para penyetenggarabersiap sejak 11 bulan sebelumnva.Dalam mengelola dana hibah sekitarRp 63 miliar yang dibagikan ke 21kabupaten/kota peserta pilkada diprovinsi ini, personel Bawaslu Jatengharus turun untuk memberikan

bimbingan teknis pengelolaan danpertanggungjawaban dana.

"lGmijuga melibatkan Eladan peng-awasan Keuangan dan Pembangunan(BPKP) kabupaten/kota untuk men-dampingi para personel panwas. lni

, salah satu kunci," papamyaSoal pengawasan pelanggaran,

pihaknya terus melakukan supervisidan advokasi, hingga bimbinqan tek-nis ke tiap panwas kabupaten/kota.Meskimasih ada pelanggaran, namunyang berujung ke pengadilan tergo-Iong sedikit.

"Hanya ada empat kabupaten/kotayang meng4ukan gugatan ke Mahka-mah Konstitusi," jelasnya. (RyanBachman, Fani Awdea-sg)

Page 33: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

triT mTlTn l rnnr Il\lrfl lltll l1'll

'a ta n

niiiiiii ffiiiii0nulnfi ll!tul!)

SunnA

N!',t tlf, lll llru I I lt ]t:iJIUN TUIDJIIIilWN

MERDEKARABU,16MARET 2016

Nenek DitemukanGantung Diri

Kt TASAR| - Surrini (72)wa€a RT g RW 3 Desa Meri,Kecamatan Kutasari, dite-mukan tak bemyawa dengankeadaan tergantung dikamar mandi rumah, Selasa(15/3). Diduqa nenek inimengakhiri hidupnya karenatak tahan sakit kanker.

Korban diketahui kali per-tama oleh adiknya, Sartini(49) kira-kira pukut 05.00.Saat itu saksi hendak buangair besar. Namun terkejuhyakarena melihat sosok tubuhyang menggantung dalamposisi setengah duduk dikamar mandi. Setelahdidekati temyata kakaknya.

Saksi lalu berteriak mintatolong. Warga yang mende-ngar teriakan itu berdatan-gan. Begitu mengetahui kor-ban tewas, mereka mela-porkan ke perangkat desadan Polsek Kutasari. Polisidan lim media dad puskes-mas Kutasari datang ke

lokasi. Polisi melakukan olahTKP dan meminta ketera-ngan dari saksi, sedangkantim medis melakukan visumluar.

Kepala Polsek Kutasari,Komisaris Masturi menoata-kan, dari hasit visuri di-pastikan tidak ada tanda-tanda penganiayaan, terdap-at bekas ierat di leher korban.Polisi mengamankan barangbuKi berupa selendang putihyang digunakan korbanuntuk mengakhiri hidup.

"Menurut pihak keluarga,korban menderita penyakitkanker serviks menahun

. yang tak kunjung sembuh.Mungkin korban tidak sang-gup lagi menahan sakit yangdiderita sehingga nekatmengakhiri hidup dengancara gantung diri. Setelahdilakukan pemeriksaan,jenazah korban diserahkanke pihak keluarga untukdimakamkan," kahnya. (4S)

e;n*ffiiy2---?;Keluarga Besar ll|KKS SlfpXabupaten purbalingga

lutat gatduQaAftaAtas Meninggalnya

Dr.H.suLlsffiffi"Semoga Khusaut Khotrrnah',

f e$4+SKlsMleisdsjiogs!

Page 34: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

f,rT mllTnNLlrii\tl

RABU, 16 MARET 2016

jangan berangkat p I ead-ple odtidakjelas," katanya.

Bupati menegaskan, sela-ma kepemimpinan. denganWakil Bupati Tiwi, jajarannyaharus dapat merubah kebi-asaan lama dan harus lebihdisiplin daripada rakyat.

"Contohnya, acara Mus-renbang yang ditencanakandimulai jam 09.00 harus bisadimulai pada jam yang sudahditentukan. Harus serius danlebih disiplin. Kita bekerjabukan hanya untuk negara tapijuga mengabdi untuk rakyat,"katanya.Penlrsunan RKPD

Kepala Badan Perenca-naan Pembangunan Daerah(Bappeda), Setiyadi mengata-kan, IPM Purbalingga pada2014 sebesar 66,32 persen dan

bertengger di posisi 26 drt 35kabupaten /kota se-Jateng.

Capaian tersebut masihberada di bawah capaian IPMProvinsi Jateng 68,78 persen.Meski IPM Purbalingga terusnaik dad tahirn ke tahun namunparalel dengan kenaikan yangdicapai provinsi.

"Musrenbang 2016 dise-lenggarakan dalam rangkapenyusunari rencana kerjapemerintah daerah (RKPD)Pu$alingga 20 1 7," katanya.

Rangkaian proses penyu-sunan RKPD 2017 sudah dim-ulai sej ak November 2015. Di-awali dengan penyusunan amhkebijakan Pemkab, prosesmusrenbang secara berjenjangdari tingkat dusun, desa/kelo-rahan hingga kecamatan.

"Rancangan RKPD yang

akan didiskusikan dalam Mus-renbang, merupakan kompilasirancangan renja SKPD dansebagian hasil forum SKPDserta masukan dari wilayahkecamatan, " jelasnya.

Ketua DPRD Tongatmenuturkan, dalam ktny-ataanya, sumber daya diPurbalingga masih sangat ter-batas.

Kemampuan APBDPurbalingga 2016 sebesar Rp1,8 triliun, penerimaanyamasih didominasi oleh danapusat dan provinsi.

Sedangkan realisasi PADPurbalingga juga masih kecilyakni 10,93 persen, sehinggaperencanaan pembangunan di

Melorot ke Posisi 20PURBALINGGA - Bu-

pati Tasdi prihatin terhadapperkembangan capaian IndekPembangunan Manusia (IPM)Kabupaten Purbalingga yangkembali berada di posisi 20 se-Jateng. Padahal pada 2010,IPM Purbalingga melejit dariranking 33 pada 1999 menjadiranking 17.

" Saya lemas karena hari inisaya mendengar ranking kitanomor 20-an se-Jateng," ujarBupati saat membuka Musya-warih Perencanaan Pemba-ngunan (Musrenbang) tingkatKabupaten Purbalingga diPendapa Dipokusumo, Selasa( l5l3).

Dengan kondisi capaiantersebut, Bupati berharap Mus-renbang itu diikuti sbluruhpeserta dengan serius. "Jadi

Page 35: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

KTIPING MEDIA

BAOIAI{ HIJltA$ $ElIilA PI]ABAIffOOA

HARIANBANYUMAS

-ggffinezu to llenr'riote

Somasi Pemkabr_Wargantut Pembo4ikaran

I Tower Dekat Alun-alun

PURBALINGGA- Seorangwarga Kelurahan

Purbalingga Kidul,Kecamatan Purbalingga,

Hermiyati menyomasipemkab dan meminta

agar tower yang beradadi dekat Jalan Jenderal

Soedirman No 26 di dekattanahnya dibongkar,Alasannya, sejumlah

warga dipalsukan tandatangannya untuk izin

pendirian tower itu.

ARGA merasa dirugikanlantaran pemalsuan tandatangan saat pengurusanIzin lvlendirikan Bangunan

(lMB) dan Izin Gangguan (HO) ataspendirian tower pada 2007 itu. Somasi

dilayangkan Hermiyatj ke Bupati danKantor Perizinan Terpadu (KPIYPT) pada

15 Desember lalu, Tapi hingga kemarin,somasi itu belum ada tanggapan apapun dari pemkab. .

D;lam somasinya disebutkan,pendirian tower tersebut ilegal, karenadidasarkan atas dokumen palsu. sebabdalam pengurusan I14B dan HO,.dia

merasa tidak pernah menanda tanganipersetujuan pendirian, Bahkan hal

itu diperkuat dengan hasil putusan

Pengadilan Negeri (PN) Purbalingga

bemomor 130/Pid.B/2014/PN Pbg, yang

menyebutkan bahwa secara sah dan

meyakinkan adanya pemalsuan tandatangan dalam pengajuan HO tersebut.

"Yang memalsukan adalah orangyang diperintahkan pemilik tanah di

dekat rumah saya untuk mengurusIMB dan HO atas tower itu, Di

pengadilan sudah terbukti dan akhirnyamemutuskan dia bersalah. Semestinya,dengan hasil itu pendirian tower ituilegal atau perijinannya batal demi

hukum," sambung Heri Hadiyono,

Page 36: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

suaminya, Selasa (15/3),Dengan adanya putusan pengadilan

tersebut, mereka meminta pemkab

secara sadar dan taat hukum untukmelakukan pembongkamn tower itu,Sebagai masyarakat Purbalingga,Hermiati berharap perlindungan hukumyang sama sepertiwarga negara lainnya.

Konflik AntarkeluargaSementara Kepala KP[4PT Mukodam

mengatakan, permasalahan towertersebut sebenarnya konfl ik antarkelu-arga, Namun demikian, pihaknya tidakakan tinggal diam untuk menyelesaikanpersoalan itu, llenurutnya, tower yangberdiri di petak tersebut digunakan PT

Sampoerna Telekomunikasi Indonesia(s ru sebagar proylder.

"Somasi sudah kami terima

Desember lalu. Namun ini sudah masukranah hukum, jadi penyelesaiannyajuga harus melalui tahapan$qsuaihukum yang berlak!. ltleski sudah adainkrah, tapi kami tidak bisa bras-bres.Butuh kajian yang sesuai ketentuanhukum juga. Kalau asal-asalan,khawatirnya justru memicu munculnyapersoalan baru," katanya.

Namun demikian, Mukodammeyakinkan supaya penggugatjangan merasa kepentingannya tidakdiakomodasi pemerintah daerah.Sebab, banyak pertimbangan dankepentingan pihak lain yang jugaharus diakomodasi. Pihaknya sudahmeneruskan permasalahan itu ke PT

STI dan meminta untuk memberikantanggapan secepatnya," katanya.(SMNetworUhS2-06)

TOWER yang berdiri di dekat Jalan Jenderal Soedirman No 26 diduqa ileqal,karena tanda tangan sejumlah warga dipalsukan untuk izin pendiria;nya. -

Page 37: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

PURBALINGGA- Ada pemandanganberbeda di sepanjang lalan lenderalSoedirman arah alun-alun, Seninsiang (1413). Sejumlah pemain kudalumping terlihat melakukan arak-arakan sambll sesekali melakukanatraksi pecut,

Para pemairi kuda lumping ituternyata personel polisi dari SatlantasPolres Purbalingga yang tengahmelakukan aksi Operasi SimpatikCandi 2016 dan SosialisasiTertib LaluLintas Ka\r/asan Tertib Lalu Lintas (KTL)di kabupaten Purbalingga.

Diawali mobil siaran keliling,puluhan pemain kuda lumpinqberseragam polisi dan Punakawanini berjalan diikuti sejumlahpersonel gabunqan dari TNI, DinasPerhubungan Komunikasi danInformatika (Dinhubkominfo), Satuan

KIPINGMEDIABAOIAil Hljil{A$ $flDA MX$AIil{OO,{

Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dananggota Patroli Keamanan Sekolah(PKS). Di sepanjanq jalan yang dilalui,mereka membagikan brosur imbauantertib lalu Iintas dan pengena{ankembali KTL yang berlaku sepanjangialan Jenderal Sudirman mulaiPos Polisi Padamara, lingkar alun-alun, hingga bundaran Kodim 0702Purbalingga.

Di alun-alun, pam pemain kudalumping ini berhenti dan memainkanatraksi lebih menarik. Bahkan KapolresPurbalingga AKBP Anom Setyadjidan Wakapolres Kompol Samdaniterlihat ikut bermain kuda Iumpingyang merupakan salah sat! kakayaanbudaya masyarakat Purbalingga,

Personel lainnya, terlihat sibukmembag!kan bunga ddn brosursosialisasi kepada para pengendara

vano melintas, Seiumlah Polwanjugj mengnampiri pengendiJa yangkedapatan tak menggunakan helmdengan sempurna dan membantumengaitkan kunci tali helm tersebut.Aksi simpatik juga diperlihatkan polisidengan membagi helm gratis kepadaanak-anak yang tak menggunakanhelm.

"Kami sengaja menEgunakan budayalokal seperti Punakawan dan pemain

ebeg (kuda lumping -red) untuk mencarisimpati dari masyamkat. Agar OperasiSimpatik yarg kami gelar berhasil," ujarWakapolres Komisaris Polisi Samdani disela-sela operasi.

Nguri-uri BudayaSelain untuk mencari simpati,

kegiatan operasi berbudaya lokalini sekaligus sebagai bentuk nguri-url budaya yang ada di Purbalinggaagar terus terpelihara dengan baik,Melalui konteks berbudaya sepertiini, lanjut Wakapolres, masyarakatdiharapkan makin simpatik dan maubersama-sama polisi menjadi peloporkeselamatan berlalu lintas.

"Hingga dua pekan pelaksanaan

0perasi Simpatik 2016 hasilnya baik.'Di seluruh wilayah target operasitidak ada kecelakaan, Artinya angkalakalantas turun," jelasnya.

Ditambakan Wakapolres, selamadilaksanakan Operasi Simpatik,jajarannya lebih banyak melakukanupaya preventiL preemtif, dan represif.Tujuannya untuk lebih meningkatkankesadaran pengguna kendaraan agarlebih tertib berlalu lintas. (pt-06)

lkut flperisi Simpatik

RA3U. I6 MARIT 20I6

UNTIJK menarik simpati masyarakat, jbjaran polres purbalinqqa meneoelarOperasi Simpatik dengan melibatkan kuda lumping.

Page 38: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

I{I TPTNG ilfFNIA-t ll-,,/l,1 lr t \-, Lt-I.-LJl,tl-l I

&mint

Davos

paling bagus.Rasa oermen Davos rr emang khas,

segar da; semriwing ltulah keisgmer,llraan

oennen Davos,lika diba dibanding

oernen-peren lainnya.lveskpun banjir

ineka jenis dan merk permen menyedugasamn, namun permen Davos nlngga

khas ihJ .

dire€ior PT Slamet l

ini dirintls oleh Sien28 Desember 1931

zaman, perusahaan

Lanq!:nEar,,.'i i

permen Kc ir :?.

per bungk,r'rryadi pasaran dij!r tP

yakni D r'.os

bunf.(,!smilirfirtev,

Selaif i:u,Aati

I6 MAREI20l6

f.'1.rrna

$

Page 39: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016
Page 40: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

mrlTar lfnnT alrUIU IYIEUTfT

uarrrrr urrrrrr uuttlt ll uult lllli/:lDnUUlll [UlllllJ

'ElUn IUNrudltJUIl

RABU, 16 MARET 2016

IPM Melorot, Pej orbolt DhnintaTc,k'Plead-pleo;d'

PURBALINGGA- Bupati Tasdimengaku sedih dan prihatinterhadap perkembangan capaianIndeks Pembangunan l'4anusia (lPNl)Purbalingga yang kembali berada diposisi 20-an se Jawa Tengah, Padahalpada 2010 lalu, IPIY Purbalinggasempat melejit dari ranking 33 di 1999menjadi ranking 17.

"Saya lemes bukan karena ngartuk,Tapi hari ini saya mendengar rankingkita nomor 20-an se-Jawa Tengah,"kata Bupati Tasdi saat membukapelaksanaan Musyawarah PerencanaanPembangunan (Musrenbang) tingkatKabupaten Purbalingga di PendapaDipokusumo, Selasa (15/3).

Dengan capaian tersebut, bupatiberharap lVusrenbang itu diikutiseluruh peserta dengan serius, "Jadijangan berangkat p/ead-pleod tidakjelas," katanya,

Bupati menegaskan, selamakepemimpinan dirinya dengan WakilBupati Tiwi, jajarannya haius dapatmengubah kebiasaan lama dan haruslebih disiplin daripada rakyat.

"Contohnya, acara Musrenbangyang direncanakan dimulai jam 09.00harus bisa dimulai padd jam y"ngsudah ditentukan. Harus serius danlebih disiplin. Kita bekeda bukan hanyauntuk negara, tapijuga mengabdiuntuk rakyat," katanya,

Di Bawah ProvinsiKepala Badan Perencanaan

Pembangunan Daerah (Bappeda)Setiyadi mengatakan, IPi4 Purbalingga

. pada 2014 sebesar 66,32 persendan bertengger di posisi 26 dari 35kabupaten/kota se.bwa Tengah.

Capaian tersebuf masih beradadi bawah capaian IPM Provinsi Jawa

Tengah 68,78 persen. Meski IPMPurbalingga terus mengalami kenaikandari tahun ke tahun, namun paraleldengan kenaikan yang dicapai Provinsi,

"Musrenbang 2016 diselenggarakandalam rangka penyusunan Rencanakerja Pemerintah Daerah (RKPD)Kabupaten Purbalingga tahun 2017,"kata Setiyadi.

Rangkaian proses penyusunanRKPD 2017 sudah dimulai sejakNovember 2015. Diawali denganpenyusunan arah kebijakan Pemkab,proses musrenbang secara berjenjangdari tingkat dusun, desa/kelumhan,hingga kecamatan.

"Rancangan RKPD yang akandidiskusikan dalam lvlusrenbang,merupakan kompilasi rancanganrenja SKPD dan sebagian hasil forumSKPD serta masukan dari wilayahkecamatan," jelasnya. (pt{6)

Page 41: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

IZr mTtTf-r lfnnrai\!i.rti\u JYttrutft

$AfiA}ihilftiAli

HARIANBANYT]MAS&r*dtxB,--*-

-.i;--:-lF:;;

-

RA}U, 16 MARET1016

tfltlh l thE ! ! !!t!!r! !tlu tl lt tlltutt tlll]tttil,lull IUN/l!ult[J,[

Belum MulaiI-elang, PekerjaanFisikMundurPURBALINGGA- Hingga pertengahan Maret, sejumlahproyek pembangunan fisik yang bernilai di atas Rp 50

juta belum ada yang mulai dilelang Berdasarkan data

dari Unit Layanan Pengadaan Barang dan lasa (ULP),

baru ada dua dokumen lelang masuk ltu pun lelang

untuk keperluan pemilihan pengawas teknis lapangan

saja, bukan jasa konstruksi.Dua dokumen lelang tersebut, yakni Pengawasan

Teknik Kegiatan Peningkatan Jalan Purbalingga-Kutasarj-Tobong dan Pengawasan Teknik Kegiatan

Peningkatan Jalan Bancar-Kecombron.Kepala ULP Yani Sutrisno mengatakan, untuk

mengefektift an waktu dan meminimalisasi risiko,

seharusnya setiap kantor'dinas aJau SKPD sudah

memasukkan dokumen lelangnya pada akhir Februari

iatu,"Bdrhubung.dokumen belum masuk, maka kami

harapkan bulan ini seluruh dokumen lqlang kegiatanyang masuk dalam APBD Purbalingga murni 2016

sudah masuk ke ULP dan ditayangkan di LPSE (Layanan

Pengadaan Secara Elektronik). Sementara baru

dua. Kami masih mdnunggu dokumen lainnya untukditayangkan di LPSE," ujar Yani, Selasa (15/3).

Dia menjelaskan, kedua dokumen tersebut merr.liliki

nilai kontrak iang tergolong kecil. Untuk Pengawasan

teknik Kegiatan Peningkatan Jalan Purbalingga-Kutasari-Tobong, dengan Harga Penilaian Sendiri (HPS)

Rp 112,06 juta. Lainnya adalah Pengawasan Teknik

Kegiatan Peningkatan Jalan Bancar-Kecombron, dengdn

HPS Rp 134,2 juta. "KedLlanya menggunakan anggaran

Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat,"

lanjutnya.

PascakualifikasiTahapan kedua lelang tersebut sudah sampai pada

pengumuman pascakualifikasi dan mulai kemarinsudah dimulai tahapan mengunggah dokumenpenawaran oleh rekanan. Dari data yang ada di LPSE,add enam peseTta yang tersaring untuk mengikutikedua lelang tersebut,

Yani menjelaskan, pihaknya tak pernah berhentimeminta kepada seluruh SKPD yang ada, secepatnyauntuk menyetorkan dokumbn lelang, agar bisa

jsecepatnya masuk proses lelang di LpSE. Sebab, tahun: ini, Pemkab Purbalingga tengah memprogramkanpercepatan kegiatan, untuk menghindari gagallelang, putus kontrak dan pembe;gkakan Sisa LebihPerhitungan Anggaran (SiLpA).

. Sementara salah satu SKPD, yakni Dinas pekerjaanUmum (DPu) mengakui semua proyek, fisiknyabelum mulai dilelang. Hal ini disebabkan oleh prosesperencanaan fisik yang masih dirancang dan untukbanyak kegiatan konstruksi, Namun demikian, pihaknyamenargetkan bulan depan seluruh provek sudahterlelang. (ms0s-06)

Page 42: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

utt]ii!Dnuuul

r/T tlrTlTn lfnr\Tli\l,IfIKJ iYlDUtn

TIARIANBANYT,JMAS1111".-' -!*it -8"e-*.

--RABU, ]6 MARET 2016

Ul lll r \' N!'ltlt llllUUll lllllillltIlultlJli) r)nlun IUN)fiJillWn

Manajerial RendahHambat Penyaluran KURPURBALINGGA - Program KreditUsaha Rakyat (KUR) diharapkan dapatmendorong pengembangan sektor riil dalampeningkatan peft umbuhan perkonomian.

Program inijuga diharapkan mamPu

mengurangi kemiskinan dan membukakesempatan bekerja bagi masyarakat

wakil Bupati Purbal:199a Dyah Hayuning

Pratiwi mengatakan, angka kemiskinan danpenganggumn di Purbalingga relatif masih

tinggi. Angka kemiskinan tahun 2014 sekitar19,75 peBen dan pengangguran 5,13 peBen.

"Program KUR diharapkan mamPu

menjadi solusi UMKM yang kesulitan modaldan sekaiigus mampu mengurangi angkakemiskinan," kata Dyah Hayuning Pratiwipada Rapat Koordinasi Sosialisasi ProgramKUR Tahun 2016 di Ruang Ardilawet,Selasa (15/3).

Kepala Bagian Perekon.omian Setda Budi

Susetyono mengatakan, proqram KUR untuk

mengakslerasi pengembangan kegiatan di

sektor riil dalam rangka penanggulangan

kemiskinan serta perluasan kesempatankerja. Tujuan program tersebut adalahmeningkatkan dan memperluas penyaluran

KUR kepada usaha produktif, meningkatkan

daya saing usaha mikro kecil dan menengah(UMKM) s€da mendorong pertumbuhan

ekonorhi dan penyerapan tenaga keda.

"Sasarannya individu atau perseoGngan

. yang melakukan usaha produktif termasuk

didalamnya UMKM, calon atau mantan

tenaga kerja Indonesia (TKI) dan calonpekerja magang di luar neger,"katanya

Budi Susetyono menambahkan,permasalahan yang dihadapi dalam program

KUR adalah masih rendahnya kemampuanmanajerial UMKt4, agunan terbatas dan

akses produk Ul"lKl'l yang masih terbatas

serta penguasaan teknologi informasi UlvlKl4

masih rendah, (pt{g)

Page 43: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

r/T mrtTn ltnnT lilLLTIIIU IYTDUIA

ffir ntrinltltt.lnrUllltlll Ut lilM'lr l lll lll lUU t l llllllllONUff IIUiIIJIJ I)IIUN TUNIJIITIWN

TIARIANBANYUMAS

--Z-t-g-.-.d.-RABU, 16 MARET2016

Page 44: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

IZT TIITTIN IfNI\T Af \Ll l l l ltl tvllJl)l n

lr5,'nE I nlG-rr!!!4!!ultjttr ulrtttt N!tllt |lttuuil tNt]rttDnUrul IlUiS/I0 il'lUn iuN]/llliluUl

Atun-atun Purbatingga

umrasan

Umum (DPU) Purbalingga iugamembenarkan adanya rencanarenovasi Alun-alun Purbalingga.Namun, proses kegiatan renovasitersebut belum bisa dilaksanakanpada tahun anggaran 2016 ini."Ini memang baru wacana,Bupati rnenghendaki demikian.Namun pada APBD murnisekarang ini belr.rm dianggarkan,termasuk perancangan disaindalam perencanaan teknis jugabelum dibuai," kata kepala Seksi

Rabu Kliwon, 16 Maret 2016

Pertamanan DPU Purbalingga,Tri Nuryanto, kemarin (15/3).Ia menyebutkan, sesuai keinginanBupati, Alun-alun Purbalinggaakan dibuat mirip dengan Alun-alun Kota Surabaya, yakniterdapat air mancur di berbabagaititik alun-alun. Narnun dernikialperancangan disain ini akandidiskusikan kembali untukmempertimbangkan bagaimanabagusnya.@

sr-rj

Akan DirenovasiPURBALINGGA- Bupati Pur- sarana pendukung lainnya," katabalingga Tasdi berencana Tasdi.melakukan renovasi terhadap Gunamempercantik.kawasankawasan alun-alun. Rencananya alun-alun, pihaknya akan me-sejumlah penataan akan di- nambah sejumlah sarana pen-akukan, tujuannya untuk dukung. Rencananya di sanamempercantik dan rnenambah akan dibuat hiasan berupa duaasri suasana di kawasan tersebut. buah air mancur. Agar kawasan"Saya sudah melakukan peman- alun-alun rapi, pihaknya jugatauan dan melihat kondisi alun- mulai melakukan penataanalun. Ada sejumlah fasilitas dan terhadap Pedagang Kiki Limasarana yang harus diperbaiki. (PKL) yang ada di sana.Diantaranya lampu dan juga Sementara itu, Dinas Pekerjaan

Page 45: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

L7T TnTITN l fNT\I It\ lrl I lf lrl tfaltl./l/-l

Dnuuul llulft!)Itr'l I ll llllUUll llllil:l0UUJ1 fUMrur$UUn

nabut<tiwonJovaretz0t6 ! WafaSan

Kabupaten Majalengka Studi BandingDesa Mandiri

Perangkat Daerah tSKpD) Ka_bupaten Purbalingga terkait, di

5"i: l"t,Tit3i u' * ti Purbarins ga'

Menumt Wakil Ketua Komisi tDPRD Kabupaten Majalengka,Alr Surahman/ pihak DFRDKabupa ten Majalengka berencalamenyusun regulasi desa mandiri,sehjn€ga dengan kegiatan studibandug tersebut selain sebagai

u tlt:t i it ul lit It

PURBALINGGA- Komisi Iuewan Perwakilan Rakvat Da_erah (DPRD) Kabupaten Ma_ialengka provinsi l;wa Bararmelakukan studi bandine keKabupaten purbalingga. Xom_oongan bersama instans_i terkaitdrterima langsung peniabatJekretaris Daerah (Sekda) Kabu_paten Purbalingga, Kodadivanrodan pimpinan Satuan kerja

acuan untuk menyusun rencanaregulasi iuga untuk menvusunkonsep tentang potensi dankondisi local di Purbalineea dandr terapkan di daerahnval"- _

Kepala Badan peniberdavanMasyarakat Desa (Bapermasjes)

53?"p"!9" Purbatingga. rmamvvan_yudr yang diwakili Kabidt,emberdayaan Ekonomi danl'otensi AIi Sudarmo menje_

laskan, penyebutan desa mandiridr Jawa Tengah diganti meniadidesa berdikari. pelaksanaanprogram desa berdikari dirurDalrngga merupakan responsposrttt l"emerintah provinsi iawarengah terhadap target Rencanaremt'angunan Jangka Meneneaht"lasronal (RpJMN) untuk ire_wuiudkan 200 desa mandiri dihdonesia. _: ST_ti-

Page 46: Kliping Media Tanggal 16 Maret 2016

KTIPNqGMEDIAnIRttU mnrIfi nniFn I ftImRIrhi/]FiTAUIflII NUMflil illlufl Tuff'flIlfl\fffl

,,KEDAULATAN RAKYAT"

RABU KLIWON, 16 MARET 2016

Sqjumtah polisi turut ngebeg dalan Opentsi Simpalik2016.

PIJRBAIJNGGA iKR) - Operasi Simpatik Candi 2016 diPurbalingga dilaksanakan dengan inovasi segar oleh jajaranPolres Purbahngga. fuar menarik perhatian pengguna jala4sosialisasi tiblantas dikemas dalarn pawai budaya di Kawas-an Tertib Lalu-Iintas (KTL) Jalan Jenderal Soedirman, de-ngarr menarnpilkan grup kesenian Kuda Lrmping aiias EbAl,Senin (14"/3). Sejunlah polisi mengenatan kostum e6eg danikut menari kuda lumping. Walhasil, pi-'nampilar sejuiahpersonel polisi yang ikut ngebeg menarik perhatian warga-

Waka Polres Purtralingga Kornpol M Sandani, di sela-selapelaksanaan sosialisasi di kawasan Alun-alur Purbalinggamenuhuka4 tiblantas di KIL Jalan Jenderal Soedirman ter-tualg dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 61 tahun2011 Tentaag Kawasan Tiblantas di Separjalg Ruas JalanJenderal Soedirman Purbalingga. "Kampanye menjadikantertib berlalu lintas sebagai kebutuhan Melalui media kesdni-an tradisional diharapkan lebih mudah tersampaikan kepadamasyaralat " ujarnya Gus)+