kliping berita 30 desember 2014

43
KTIPINGMEDIA DI/]ITil MNIIO (IETTII IIIDDIINru]T DflUffii Iluilflnd JiiiUR r UNiniJiiluufl rFr.. II SUARA IUIERDEKA 2414 lwen unggu amaara wirasaba Jadi Kenyataan TIGA tahun lagi, masyarakat mungkin akan sering melihat pesawat berseliweran di,langit Purbalingga. Tidak menutup kemungkinan keinginan untuk memiliki bandara bisa tenrvujud. Selarna hampir dua tahun, proses perizinan mengembang_ kan tandasan udari (Lanud) Wirasaba di Desa WiiasaOa, Kecamatan Kemangkon, purba_ kento Rido MarfraenOrianto baru-baru ini. pernyataan itu tak jauh berbeda yang ia ucapkan awaltahun ini. Angin segar kemudian datang seminggu lalu. presiden Joko Widodo (Jokowi) me_ nawarkan bantuan dana Rp 120 miliar untuk pengembangan Lanud Wirasaba. penawaran itu disampaikan kepada Bupati Sukento saat mengunjungi HanJarnegara menengok korban longsor. lingga menjadi bandara komersil bisa dikatakan jalan di tempat. Terlebih lagi memasuki ta- hun politik bisa dikatakan ter- katung-katung. Dari catatan Suara Merdeka, proses penandatanganan nota kesepahaman antara pihak TNI AU sebagai pemilik Lanud Wirasaba dan Kementerian Perhubungan dan pemerintah Kebutuhan Dana . "Presiden bertanya, berapa dana yang dibutuhkan. Saya menyebut Rp 150 milia6 namun " oleh Presiden ditawar Rp .120 miliar. Beliau memerintah aju_ dannya untuk mencatat dan langsung telepon Menteri Perhubungan untuk segera membahas, " ungkap Sukenlo. Langkah progresif sudah dilakukan oleh Dinas perhu_ bungan Komunikasi dan Infor- matika (Dinhubkominfo) provinsi J.awa Tengah. Gambar kerja detail alau Detait Engineriig Desrgn (DED) bandara telah ram_ pung digarap. Selain menggarap DED, kata [epala Dinhubkominfo Urip Sibahudin, pihaknya jugi dalam hal ini provinsidan kabu- paten rnasih belum menun- jukkan titik terang. . "Memang sedikit mundur, karena adanya transisi pemerin- tahan. Saat inikamimasih me- nunggu penandatanganan nota kesepahaman antara provinsi Jateng, Kementerian perhu- bungan dan Mabes TNlAU,,, kata Bupati Purbalingga Su- lqngeriakan Oot(umen rencani induk atau master ptan dai dokumen nota kesepahaman (MoU). Untuk rencana induk secara prinsip sudah c/ear, dan saat inj sudah dipegang oleh nementerian perhubungan. . Namun dokumen iiu harus mendapat persetujuan dari f9lgta Staf Angkatan Udara (KSAU) perihal -pemanfaatan sarana militer sebagai sarana xomersil. ,,lni sedang proses,,, Katanya. ij,{Lri,\i\ ill,,tviAii iit- i t);i i\r\ui,if A i i:1\ f L,iiLrALIi\\-{-rA

Upload: humas

Post on 07-Apr-2016

251 views

Category:

Documents


14 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Page 1: Kliping Berita 30 Desember 2014

KTIPINGMEDIADI/]ITil MNIIO (IETTII IIIDDIINru]TDflUffii Iluilflnd JiiiUR r UNiniJiiluuflrFr.. IISUARA IUIERDEKA

2414

lwen unggu amaara wirasaba JadiKenyataan

TIGA tahun lagi, masyarakatmungkin akan sering melihatpesawat berseliweran di,langitPurbalingga. Tidak menutupkemungkinan keinginan untukmemiliki bandara bisa tenrvujud.

Selarna hampir dua tahun,proses perizinan mengembang_kan tandasan udari (Lanud)Wirasaba di Desa WiiasaOa,Kecamatan Kemangkon, purba_

kento Rido MarfraenOriantobaru-baru ini. pernyataan itu takjauh berbeda yang ia ucapkanawaltahun ini.

Angin segar kemudiandatang seminggu lalu. presidenJoko Widodo (Jokowi) me_nawarkan bantuan dana Rp 120miliar untuk pengembanganLanud Wirasaba. penawaran itudisampaikan kepada BupatiSukento saat mengunjungiHanJarnegara menengok korbanlongsor.

lingga menjadi bandara komersilbisa dikatakan jalan di tempat.

Terlebih lagi memasuki ta-hun politik bisa dikatakan ter-katung-katung.

Dari catatan Suara Merdeka,proses penandatanganan notakesepahaman antara pihak TNIAU sebagai pemilik LanudWirasaba dan KementerianPerhubungan dan pemerintah

Kebutuhan Dana

. "Presiden bertanya, berapadana yang dibutuhkan. Sayamenyebut Rp 150 milia6 namun "

oleh Presiden ditawar Rp .120

miliar. Beliau memerintah aju_dannya untuk mencatat danlangsung telepon MenteriPerhubungan untuk segeramembahas, " ungkap Sukenlo.

Langkah progresif sudahdilakukan oleh Dinas perhu_bungan Komunikasi dan Infor-matika (Dinhubkominfo) provinsiJ.awa Tengah. Gambar kerjadetail alau Detait EngineriigDesrgn (DED) bandara telah ram_pung digarap.

Selain menggarap DED, kata

[epala Dinhubkominfo UripSibahudin, pihaknya jugi

dalam hal ini provinsidan kabu-paten rnasih belum menun-jukkan titik terang.

. "Memang sedikit mundur,karena adanya transisi pemerin-tahan. Saat inikamimasih me-nunggu penandatanganan notakesepahaman antara provinsiJateng, Kementerian perhu-bungan dan Mabes TNlAU,,,kata Bupati Purbalingga Su-

lqngeriakan Oot(umen rencaniinduk atau master ptan daidokumen nota kesepahaman(MoU). Untuk rencana induksecara prinsip sudah c/ear, dansaat inj sudah dipegang olehnementerian perhubungan.

. Namun dokumen iiu harusmendapat persetujuan darif9lgta Staf Angkatan Udara(KSAU) perihal -pemanfaatan

sarana militer sebagai saranaxomersil. ,,lni

sedang proses,,,Katanya.

ij,{Lri,\i\ ill,,tviAii iit- i t);i i\r\ui,if A i i:1\ f L,iiLrALIi\\-{-rA

Page 2: Kliping Berita 30 Desember 2014

Adapun materi MoU antara digarap dengan cepat. Memangbagian itu yang membutuhkanbiaya besa;" katanya.

Bupati Sukento Rido Mar-haendrianto berharap apa yangdijanjikan oleh Presiden itubenar-benar direalisasikan.Pemkab sendiri telah membe-nahi sarana pendukung untukbandara. Sebut Saja bersamaPemkab Banyumas memban-gun Jembatan Linggamas diatas SungaiKlawing yang men-dekatkan Purbalingga denganBanyumas. Jembatan itu sudahrampung dan bulan depan akandiresmikan.

Lainnya, Pemkab mele-barkan jalan dari Bukateja-Lanud Wirasaba-Kemangkon-Linggamas. Selain itu, pem-bukaan trayek angkutan Buka-

teja-Banyumas lewat Lingga-mas jugatengah dikaji.

Komandan Lanud WirasabaLetkol (Pnb) Andreas A Dhewo,mengatakan saat ini proses per-izinan masih belum tuntas.Perizinan yang meliputi izinKementerian Perhubungan danTNIAU ditargetkan selesai padasemester pertama tahun 201 5.

Dia menambahkan, dalamwaktu dekat nota kesepahamanakan ditandatangani antara TNIAU, Kementerian Perhubungandan pemerintah daerah.

"Setelah izin tuntas makapembangunan baru bisa dimu-lai. Pembangunan itu kemungki-nan dimulai pada semesterkedua tahun 20'l5,"' katanya.(Ryan Rachman,Arief Noe-groho-17)

Kementerian Perhubungan, TNIAU, Pemprov dan Pemkab, jugasudah dibuat drafnya. "Jadihanya tinggal menunggu dua-duanya Snaster plan dan MoU)disepakati," katadia.

Harapannya awal tahundepan sudah jelas. Dengandemikian, Pemprov tinggal me-masukkan rencana ke anggaranAPBD Perubahan dan prosespembangunan bisa digarapsesuai apa yang tertuang dalamkesepakatan.

"Namun jika sudah adakabar dari Pak Presiden akandibantu Rp 120 miliar, itu kabaryang menggembirakan. Jadipembangunan di sisi udarasepediapron dan landasan bisa

ns menaarililimf;Winuba.(l7)

BACIAN FIU}V{}'S SETDA KABUPATEN PURBALTNICGA

Page 3: Kliping Berita 30 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BA$AI{ II[]}'{A$ $HI}A PUHBAI${ffiA

SEIASA, 30 DESEMBER 2014

BUKATEJA. SebanYak

100 rumah tidak laYak huni(RTLH) selesai diPugar. Ru-

mah-rumah itu mendaPat ban-

tuan program RehabilitasiSosial RTLH dari Kemen-terian Sosial RL

Penyerahan secara simbo-

lis oleh Bupati Sukento Ridq

Marhaendrianto kePada Pener-ima, ditandai Pemasangan Pla-kat di ruqah warga Desa Ka-.

fanggedang, Kecamatan Bu-

juta," tetangnYa.AdaPun bantuan sarana

lingkungan untuk tiga desa'

yaitu Desa Karanggedang'Penaruban dan Ttdu Yang digu-

nakan untuk membangun drai-

nase dan talut jalan, masing-

masing sebesarRP 50 juta.

"Bantuan sarana lingkun-gan tersebut, meruPakan stim-

ulun yung 'diberikan PadaNovember 2014, melalui reke-

ning masing-masing kelom-

kateja, Senin (29iI2). * pok, .serta digunakan untuk.mein6ell material

"''ujhmYa.' "Bilpdti mengatakan, salah

satu kebutuhan Yang tidakbisaditawar-tawar lagi saat ini,adalah mendaPatkan tempat

hunian yang laYak'

"BantuanRp 1 miliar, i

Kepala Dinsosnakertrans'Ngudiarto.

Dia menjelaskan, keemPat

desa tersebut adalah DesaKaran ggedang, Penaruban,dan Tidu di Kecamatan Buka-

teja, serta Desa Kedunglegokdi Kecamaun Kemangkon.

BangunTalutMenurutnYa, bantuan itu

diberikan kePada keluargamiskin. Pada 2014, Purba-lingga mendaPatkan anggaran

dari dana Ut<SlhiUatr datam

negeri, melalui Kemensossebesar Rp 1. 150.000.000.

"Banfdan tersebut digu-nakan untuk rehabilitasi Soiial

nU-ff ai duakecamatan sebe'-

sar Rp I miliar, serta bantuan

sarana lingkungan RP 1f0

lRumah sebagai tempat

l tinggal, mungkin tidak hanYa

sebatas sebagai temPat berte-

duh, BanYak hal dan manfaat

yang bisa kitaPetik dari tungsi

iumatr. Di antaranYa sebagairmedia interaksi sosial keluar-sa" tutumYa." MenurutnYa, selain seba-

gai sebagai media interaksi, sosial, rumah juga meruPakan

tempat untuk mencurahkanberbagai masalah Yang dialami

anggota keluarga.., "Dengan selesainYa Pemu-

garan rumah agar laYak huni,' diharapkan akan terciPta kelu-

arga sakinah, mawahdah, wa

rahmah serta rejeki bertam-

, bah,"katanYa. (F10-63)

BAGiAin iii-t iAS SETIA iiABUPATEN FLE.BALI}{GCA

Page 4: Kliping Berita 30 Desember 2014

KLIPINGhMDIADIflIil MNIIO ODTTII DIIDDIINNNI0fluiltli iltiiYlfL, 0giufl I UitDf,iriilWn,rr,. rrSUARA IUIERDEKA

SELASA 3ODESEMBER 2014

Polisi ilIinta Bantuan saksiAhliffi Penanganan TK padamaraAmbruk menunggu hasil audit dari

Badan Pemeriksa Keuangan(BPK), unruk mengerahuiadanya kerugian negara. Audittersebut dilakukan, karenadana pembangunan TK sebe-sar lebih d.ri Rp 500 juta itu,berasal dari APBN. Selainmengusut kasus tersebut,polisi juga menelisik dugaanpenyimpangan dalam tukarguling tanah lokasi bangunanTKitu.

"Pokoknya kami jalanterus. Inijadi fokus penye-lidikan kami untuk men-gungkap kasus tenebut tahundepan," kata mantan Kaur BinOps (KBO) Reserse polresBanyumas ini.

Seperti diketahui, atapgedung TK Negeri pembina,Kecamatan Padamara, Rabu(1912) pagi, ambruk tanpasebab jelas. B angunan itu barudigunakan dua tahun. (H82-63)

r PADAMARA-!frmsaksiahli teknik sipil dari Sema-rang, baru-baru ini membantuproses penyelidikan polisiuntuk mengungkap dugaanpenylmpangan anggaranpembangunan TK pembinaPadamara. Atap gedung seko-lah yang baru digunakan sela-ma dua tahun itu, ambrukFebruarilalu.

Kepala Satuan Resersedan Kriminal (Satreskrim)Polres Purbalin gga, inspeknrSatu Djunaidi. Senin e9lt2),menegaskan pihaknya tidakberhenti untuk mengusutkasus tersebut.

"Saksi ahli sudah turunminggu lalu. Mereka sudahmengambil gambm kondisi dilapangan ffi pembina pada-mara-red)," kata dia kepadaSuara Merdeka di sela-selaacara rirmah-tamah Inspektur

Pengawasan Umum (Irwa-sum) Mabes Poki, KomisarisJenderal Polisi Dwi priyatnodi PendapaDipakusuma.Lakukan Orientasi

Dalam pemeriksaan awal,kata Djunaidi, saksi ahli terse-but melakukan orientasisecara administrasi, baik daribestek maupun bentuk fisikbangunan. Orientasi tersebutdilakukan untuk mengetahuikemungkinan ada perbedaanbestek dengan bangunan riil-nya.

Setelah proses tersebutdilakukan, Senin depan, timsaksi ahli itu akan kembali kelokasi untuk mengambil con-toh material yang digunakanmembangun atap TK tersebut."Kalau tidak ada halangan, 5Januari mereka datang lagi,,'imbuhnya.

Pihaknya juga masih

BAGiAli iiUMAS SI:iDA iir\BirP:{iEii ?i iRBALI}{GGA

Page 5: Kliping Berita 30 Desember 2014

KLIPINGMEDIAODTTIIffiiun

rllnmnlrll!ffuun

lFr.. lrSUARA NiiERDEi(A

SELASA, 30 DESEMBEFI 201 4

di Jal anPURBALINGGA - Selama 2014,1 18 nyawa

melayang akibat kecelakaan lalu lintas

dijalanan Purbalingga

Jumlah ini bertambah 34persen, dibanding tahun sebe-

lumnya yang mencapai 91 kor-ban. Kepala Satuan talu Lintas(Satlantas) Polres Purbalingga,Ajun Komisaris Sudarsono,mengatakan walaupun iumlahkorban tewas benambah, angka

kecelakaan lebih rendah diband-

ing 2013. Padaz}l3 terjadi 466

kecelakaan dan pada 2014 turunmenjadi428.

"Kecelakaan tersebut dido-minasi kendaraan roda dua.Adapun korban kecelakaan, di-

dominasi oleh karyawan swasta

diikuti oleh pelajar dan pegawai

negeri," katanya kepada SuaraMerdekn,Sennp9/12).

Untuk tahun depan, Su-darsono mengaku tidak bisa mem.predrksi jurnlah kasus kecelakaan.

Menurut dia setiap tahun jurnlah

kendaraan bertamball tetapi tidakdiikuti peningkatan infrasnukurjalan. Selain itu tingkat kesadaran

masyarakat dalam berlalulintas juga tidak ada

perubahan.

"Dalam

26.600.000

Rp 4$2,700.00.0

33.500.00031,200.00031.900.

5. 27.300.000

b. 28.400.000

7.'. 91.900.000

8. 58.900.000o 43.400.000

10. i

Sumber: Unit l-aka Satlantas Polres Purbalingga (H82-63)

BAGIAN HUMAS SETDA KJ\BUPATEN PURBAI-IhGGA

Page 6: Kliping Berita 30 Desember 2014

SlWRyan Rachman

BUS TABRAK RUMAH : Sebua.h bus menabrak rumah di tanjakan Bayeman,Karangreja, saat l.ebaran lalu. Tahun ini angka kecelakaan meninskat. (63 )

seminggu saja, 300 sampai 400motor baru turun ke j alan. Karenainfrastruktur tetap, ruang untukberlalu lintas pun semakin sem-pit. Risiko kecelakaan jugasemakin tinggi. Belum lagibanyak anak-anak muda yangsudah mengendarai sepedamotor,"katanya.PengaruhComal

Selain itu, jika tidak ada pen-galihan kendaraan seperti kejadi-

an jembatan Comal beberapawaktu lalu, maka ada kemungki-nan jumlah kasus kecelakaan diPurbalingga juga lebih kecildibanding 2013. "Tinggal peri-laku masyarakat dalam berk-endara sepefii apa, disiplin atautidak. Kami berharap, angkakecelakaan dan jumlah korbanjugaturun," katanya.

Dia menyatakan, pada 2015Saflantas Poles Rlbalingga akan

kbih lanjut, tahun depan iadan anggotanya akan melakukanberagam upaya, mulai darimengedukasi masyarakat agarberdisiplin lalu lintas, hinggamenindak para pelanggar aturanberlalu lintas, "Kami juga memin-ta kepada orang tua, guru, dantokoh masyarakat untuk ikutandil dalam mendidik masya-rakat agar disiplin berlalu lintas,"katanya. (I{82-63)

BAGIAN HUMAS SE,TDA KABUPATEN PURBALINCCA

Page 7: Kliping Berita 30 Desember 2014

KLIPINGMEDIADrfllil mnlr0 0EInt DImDtInn lDfIUrul flUiilrtui 0iiiUfl iuftDniriiitir.iflrFr.. II-DUAKA IYIERUEKASELASA, 30 DESEMBER 201 4

Pelatihan Pengelolaan Logistik PMIPURBALINGGA - Palang Merah lndonesia (pMt) Kabupaten

Purbalingga, mengadakan pelatihan manajemen logisiik. pelatihan

diikuti30 orang sukarelawan dimarkas PMI purbalingga, kemarin.Ketua PMI, Suyitno.mengatakan pada bentana alam,

sukarelawan PMI banyak ditugaskan untuk mengelola gudangIogistik. Gudang tersebut digunakan untuk menyimpan Oafranmakan, bukan makanan, serta peralatan dapur umum. Melaluipelatihan ini, dia berharap sukarelawan memperoleh pengetahuandan keterampilan manajemen logistik.

."Keterampilan ini perlu, karena gudang logistik tidak hanyamelayani korban bengana, tetapijuga para sukirelawan di lokisibencana. Dengan pengelolaan yang baik, para sukarelawan dapatbekerja tanpaterganggu suplai logistik, " kata dia. (HB2-63)

RakoTGNOTAPURBALINGGA - t-emOaga Cerakan Nasional Orang Tua Asuh

(GN-O-IA Kabupaten Purbalingga, Setasa (30/'12) menggetar rapatkoordinasi di Gedung Graha Srikandi. Rapat akan dipimpin keiuaGN-OTA Purbalingga Ny Erna Sukento. Erna Sukento mengatakan,rapat koordinasiakan membahas program kerja 20'15, penyer:ahanbantuan operasional FKK- OTA kecamatan, dan penyerahan bantu-an anak asuh 2014. "Rapat kali ini sekaligus sebagai upaya koordi-nasi bagi pengurus GN-OTA, periode 2014 - 2019j kata dia. (H82-63)

B,:GIAN HiihiAS SETDAKABUP.{Ei\ ?L,RBAl-il.iiiGA

Page 8: Kliping Berita 30 Desember 2014

KLIPINGIIMDIADIflIil IJINITI (TBTTII DIIDDIIIMNIUNUIruI IIUIUII' ULIUN I UilUJIIJIIIUUA

trr.. lrSUARA IUIERDEi(A

SELASA, 30 DESEMBER 201 4

Curi Sekarung Lombok,RemajaDisidang

PURBALINGGA - Karenatertangkap tangan mencuri seka-rung lombolg Sunar (20) lvargaDusun Bambangan, Desa'Kuta-bawa. Kecamatan Karangreja.Rltralingga harus duduk di krrsipesakitan Pengadilan [email protected] Purbalingg u Sentn Q9 I 12).

Sidang dipimpin hakim ketuaNenden Rika Puspitasmi, denganhakim anggota Agustinus YudiSetiawan, dan Bagus Tienggono,serta panitera pengganti (PP)YuliariHerawati.

Jaksa Penrntut Urnum (JPI-)Haryarrta menjelaskan terdakwatefiangkap tangan oleh warga sete-lah mencuri lombok 34 kilogran!Rabu (1/10) dini hafi. Lomboktersebut teryeletak di teras rurnahSutoro, warga Dukuh Siaren,Desa/Kecamatan Karangreja-

"Sebelumnya, terdakwahanya iseng naik motor padamalam hari. Motor kemudiandimatikan karena jalan menruun.D depan rumah korban, terdak-wa melihat empat karung putih.

Kemudian terdalova mengambilsalah satu dan menaikkan kemotor." katanya

Setelah mengambil karungberisi lombok itu, terdakwa lalumenjalankan motor tanpamenyalakan mesin. Tetapi belumsampai l0 meter dari lokasi, diatepergok dan dikejar warga.Karena ketakutan, terdakwakemudian tergelincir dan jatuh keselokan. Terdakwa kemudian dis-erahkan ke,Polsek Karangrej a.

'Dari tangan terdakwa disitabarang bukti berupa satu karungberisi lombok seberat 34 kilo-gram seharga Rp 450 ribu dansepeda motor yang digunakanoleh terdakwa untuk men-jalankan aksiny4" katanya.

Dalam sidang itu, JPU men-dakwa Sunar dengan Pasal 363ayat I ke-3 tentang pencurian.Sidang diundur minggu depan,karena pada sidang kedua ke-marin, dengan agendaketerangansaksi, tak ada satu pun saksi yanghadir. (I{82-63)

u.qur \\ Hi iyiAb bL I DA \Aiii rA t L\ H\ KiJ.\Li\UtuA

Page 9: Kliping Berita 30 Desember 2014

KLIPINGMEDIAnlfflll mnIlfl fin4llu Nmnllnrl]fl1- aii =- aE aBi -i,!i; i! i- a- i i :!: =i :gE ;n : iiiii --: E::

urruirr,ii iiulltlll, urii ur-i i uiriiiiirli rurir:r

Radar BanyUmas o Selasa Pon 30 Desember 2014

100 Rumah Selesai DipugarPURBALINGGA - Seba-

nyak 100 rumah tidak lavakhuni di dua kecamatan selesaidipugar. Pemugaran rumahtersebut didukung dengandana bantuan rehabilitasisosial rumah tidak layak huni(RTLH) dari KementrianSosiai (Kemensos) RI.

"Bantuan RTLH sebesar satumiliar rupiah diberikan ke-pada 100 KRT yang ada diempat desa. Keempat desatersebut adalah Desa Ka-ranggedang, Penaruban dan.Tidu Kecamatan Bukateja/serta Desa Kedunglegok Ke-canratan Keman gkon m asin g-masing mendapatkan ban-tuan sebesar 10 juta per KRt'terang Kepala Dinas SosialTenaga Kerja Dan Trans-migrasi (Dinsosnakertrans)

Kabupaten Purbalingga, Ngudiarto, di Dusun I Desa KarangGedang Kecamatan BukatejaKabupaten Purbalingga, Se-nin (2s/t2).Menurutnya, bantuan RT-

LH digunakan untuk me-rehabilitasi rumah tidak layakhuni bagi keluarga miskin.Kabupaten Purbaiingga padatahun anggaran 2014, men-dapatkan anggaran yang ber-sumber dari dana UKS/hibahdalam negeri melalui Ke-mensos sebesar Rp 1.150.-000.000. Penyerahan secarasimbolis oleh Bupati Pur-balingga Sukento Rido Mar-haendrianto kepada pene-dma, ditandai dengan pema-sangan plakat, kemarin.

"Bantuan tersebut digu-nakan untuk rehabittasi sosial

RTLH di dua kecamatan se-besar satu miliar rupiah, sertabantuan sarana iingkungan150 juta rupiahi terangnya.

Sedangkan bantuan saranalingkungan tambah Ngu-diarto, dipenrntukan bagi tigadesa, yaitu Desa Karangge-dang, Penaruban dan Tiduyang digunakan untuk mem-bangun drainase dan taiudjalan, sebesar masing-masing50 juta rupiah per desa.

"Bantuan sarana lingku-ngan tersebut merupakanbantuan stimulan yang di-berikan pada bulan No-pember 2014 melalui re-kening ri-rasing-masing ketuakelompok serta digunakanuntuk membeli materialilujarnya.

Dalam sambutannya, Bupati Purbalingga mengatakan, bahwa salah satukebutuhan yang tidak bisaditawar-tawar lagl saat se-karang adalah mendapatkantempat hunian/rumah layak.

"Rumah sebagai tempattinggal, mungkin tidak ha-nya sebatas sebagai tem patberteduh semata. Banyak haldan manfaat yang bisa kitapetik dari fungsi rumah.Diantaranya sebagai mediainteraksi sosial keluarga,"-tuturnya.(*/bdg)

iillil

|l

PLAKAT : Rumah yang selesai dipugar dipasangi.plakat,kemarin,

EACiAli i'iiiivi,ss SETDA ii,j'rBliF,{Til\ ?liai-.li-il'rGGa

Page 10: Kliping Berita 30 Desember 2014

KTIPINGMEDIA

BAOIAil IIIiIIA$ $[MA PUIBAINOOA

Pon 30 Desember 20'14Radar Banyumas o serasa

PURBAIIlIGIiA EKSPRTSPemkab AjukanDana Rp 270 M

PURBALINGGA - Pemkab Purbaiinggabakal mengalukan anggaran ke pemerintahpusat hingga Rp 270 miliar. Dana tersebutdialokasikan untuk merampungkan se-jumlah proyek-proyek besar. Diantaranyaadaiah penyelesaian Pasar Bobotsari, Ter-minal Bobotsari, Bendung Slinga, danbandara \A/irasaba.Hal itu diungkapkan Bupati Purba-

lingga, Drs H Sukento Rido Marhaen-drianto MM, Senin {29112).Dia menjelaskan, saat ini pihaknya

sedang dalam penyrsunan proposai kedepartemen terkait, untuk dana pem-bangunan Pasar Bobotsari, Total ang-garan yang diajukan oleh Pemkab adalahRp 50 miliar.

Selain dana untuk Pasar Bobotsari,Presiden RI Ioko Widodo kepada bupati,juga mengakomodir keinginan PemkabPurbalingga, untuk mendapatkaan ku-curan dana untuk proyek lainnya. Yakni,untuk melanjutkan proyek TerminalBobotsari Rp 20 miliaq, irigasi BendungSlinga Rp B0 miiiar dan Bandar UdaraWirasaba Rp I20 miliar. * kehatl0

BendI Pcmlmfi

ung SlingtBerrahapSambungan darihalT

pir dipastikan seluruhproyek besar di KabupatenPurbalingga, tahun depanselesai. Kecuali pemba-ngunan lanjutan BendungSlinga, yang menurut Bu-pati harus diselesaikandalam beberapa tahun,karena nilai proyeknyayang sangat besar.(tya/bds)

- "Total anggaran yang

kami ajukan Rp 270 mi_liar," katanya.

- Dia mengungkapkan, ji-

ka pemerintah pusat me-nyetujui semua proposalyang diajukan, maka ham-

P A cI ALT IJI TI\tr A < (E,'l'T1 A r 8 RI Ip A'|F\T pT IpR.l I T]l14:{-: A

Page 11: Kliping Berita 30 Desember 2014

KTIPINGMEDIA

BAflN IItIinn$ $HDA ru[BAIil{004

Edg ng!ryq?q r serasa eon lo*!e1l]!:- ?,Uf-

Slamet Terus Siaga

wwBerharaP Kembali NormalI tm[at Bulan,

Sambungan dari hal 7

Meskipun sering terlihat gumpalan

asap, namun tidak tinggi' "Peman-

dangan sePerti asaP mengePul me-

mang setiap hari terjadi, rapi'warga

sudah terbiasa," jelasnYa.

Lebih lanjut |ito menjelaskan,aktivitas Gunung Slamet terlihatlebih iinak. PasaJnya, suara gemurult

.urput lontaran lava Piiar sudah

tidali lagl terjadi. Demikian iuga

Sampai saat ini, status GunungSlamet masih dalam level siaga'

Masyarakat juga masih dihimbau

untuk menjaga iarak aman Yaitu 4

Kilometer dari Puncak ,"

Priyo SatmslleoKepala tsPBD-Purbarrnffo

.,,

dengan hujan abu di wilaYah Gu-

nun-g MalanglAgustus lalu, suara

n"rni,rufl serl*ng te4adi, tapi saat iniiudah larang sekalij' jelasnla'

Keoaia pelaksana Badan Penang-guiu'"gut Bencana Daerah (BPBD)

Furba-iingga, PriYo Satmoko men-

ielaskan, samPai saat ini, status'Gunrrng Slamet masih dalam level

siaga. Selain itu,masYarakat juga

KARANGREIA-SIatus GunungSlamet masih bertahan di level Siaga

seiak 12 Azustus 2014. Hingga saat

i.,i, Prtut iulkanologi dan Mirigasi

Bencana Geologi (PVMBG) masihmempenahankan status tersebut'

Waiga Cunung Malang, D-esa

Serane Kecamatan Karangreja, Sar-

iito (iO) menuturkan, saat ini'Gunung

Slamet terlihatlebih tenang'

masih dihimbau unttrkmenjaga jarak

amanyaitu a Kilometer dari Puncak

Gunung Slamet.I-ebihlanjut Priyo menjelaskan, di

Purbalinggia terdaPat dua grumbul

vang memiliki iarak 5 hingga 6 I(ilo-meier dari puncak Gunung Slametyakni Grumbul Gunungmalang,besa Serang dan Dusun Bambangan,

DesaKutawa. / kehdlA

"semoga saja starus Gunung

Slamet 6isa f<embali normal,

iehingga masYarakat bisa lebih

tenang," jelasnYa.

PrivJ menieiaskan, berda-

sarkin data Periodik Yang di

rerima BPBDPurbalingga dari

i.t Cu*uutlo" Senin (29l12)

Pukul 00.00-06.00 'WIB me-

nyebutkan, cuaca terang angin

tenanq-kencang dari Batat'

Sedan"skan Puncak GunungSlamet"terhalang kabut'

Kemarin tgerlihat asaP hem-

busan Putih tebal dengan

ketingglan 50-100 meterdengii arah angin condongke Timur. "Untuk kegemPaan

tercatat 47 kali gemPa hem-

Lusani' I elasnYa.floUnag)

A DI M ATTIT D'TDD A I NTAAA

Page 12: Kliping Berita 30 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAflAil III]IIA$ $[IDA PIIRBAINOGA

Radaf BanyUmaS r Selasa Pon 30 Desember 2014

Pengendara Mobil Nelct Lintasi LinggamasPURBALINGGA- Jembatan

Linggamas di wilayah Desa Ke-dungbenda Kecamatan Ke-mangkon sudah rampung. Na-inun jembatan ini belum dapatdilalui kendaraan rioda empathingga Ianuari mendatang.

Namun demikian, cukup banyakkendaraan roda empatyang nekatmenjajal |embatan Linggamas itu.

Para pengendara tersebut me-ngabaikan papan peringatansementara yang dip aj ang. CamatKemangkon, Raharjo Minulyo

mengatakan, ;' embatan tersebutbaru boleh dilalui sepeda motor.Namun demikian, banyakl mo-bil yang lolos melintas melaluicelah portal sederhana dari sisisamping.

"sesuai peringatan, jembatanitu tidakboleh dilalui kendaraanroda empat hingga Januari men-datang. Namun tetap ada yangmencoba masuk, biasanya mo-bil pribadii' jelasnya, kemarin.

Raharjo juga mengatakan, Pen-jaga sebenarnya sudah mengi-ngatkan kepada para pengen-dara untuk tidak melewati jem-batan untuk sementara waktu.Namun, saat kondisi sepi, tetapada pengendara roda empatyang mencuri- curi melaluicelah yang ada. Pihaknya seringmendapatkan informasi itu danhanya bisa berkoordinasi denganNEKAT: Meski sudah ada larangan melintas, sejumlah kendaraan roda

empat masih nekat melewati Jembatan Linggamas, Kepala DPU. b kehall0

PAT':IA\] lIITI\,f Aq SFTNA I{AE'ITPATF'\T P]TPRAT I\IGGA

Page 13: Kliping Berita 30 Desember 2014

KLIPINGMEDIAnlffltr mnil{l flrnnl Nmnllnlnnl!{*isEEiii E! it=riE= a=. !:!r tsiis*==! EFi!+"Sur-IUtulil iluifir-ir, tiii i un I ulrut-riJiiiuur-i

Radar Banylumas o Selasa Pon 30 Desember2014

Sibuk Pantau

Cuaca

MEMASUKI musim hujan, tidak hanl'a ma-syarakat saja Yang was-pada. Para polisijuga ikutmemantau kondisi diwilayahnya rnasing-ma'sing. Hal ini dirasakanoleh Kapolsek Ke;'obong,AI(P Warokoh. Nke hal f0

Sehingga saat terjadi bencanapolisi tetap bisa mengayomimasyarakat dan ikut meringan-kanbebanmasyarakat.

Warokoh menjelaskan, ma-syarakat juga harys ikut akifmelapor bila terjadi bencana.Sehingga antisipasi dan lang-kah awal bisa dilakukan de-

ngan lebih cepat. "Sehingga,Kantibmas tidak terganggu,bagaimanapun polisi dan maqrarakat adalah mitra, " jelasnya.

Masyarakat juga dimintauntuk meningkatkan kewas-padaan saat musim hujan danbisa membaca tanda-tandaa]am.(Iok/bdg)

Membaca Tanda-tanda Alamr SituI

Sambungan dari hal 7

"Polisi juga harus ikutmewas-padai bencanayang ad4" jelas

AI(P Warokoh.Sebagai mitramasyarakat polisi juga harusbisa membantu masyarakat.

---PURBIIITGGA TI(SPR ES-

Pembangunan Balai Desa

Karangreja Terhambat DanaKARANGREJA- Pembangunan Balai Desa Karangreja

membutuh suntikan ciana tambahan. Karena terkendaladana, pembangunan balai desa tersebut baru selesai 75persen dari rencana semula.

Kepala Desa Karangreja Sujarwo menjelaskan,pemerintah desa masih kekurangan dana untukmenyelesaikan pembangun balai desa itu. Dia men-jelaskan, pembangunan Baiai Desa Karangreja nantinyaterdiri dari Gedung BPD, LKMD, PKK, dan Karangtaruna. Rencananya, pembangunan kantor desa akanmenghabiskan dana sekitar RP 274 Juta.

Dana pembangunan kantor desa diambil dari danaADD sebesar Rp 56 uta dan swadaya dari masyarakat Rp2IB Juta. Namun, pembangunan tersebut masihterkendala karena belum semua swadaya terkumpulkan.

Masyarakat berharap, pembangunan balai desa bisacepat terselesaikan. Sehingga, pelavanan di kantor desabisa lebih maksimal dan masyarakat akan merasa

l

nyaman. "Semoga nantinya swadaya bisa dilakukan danbisa ditarhbah dengan Pendapatan Asli Desa (PADes)untuk menyelesaikan pembangunan balai desa,"elasnya.(Jok/bdg)

EaGi.qJ.i HLi\i.{S SETDA iiABif ATEI.i PUr:.BALii\GLiA

tt

Page 14: Kliping Berita 30 Desember 2014

KLIPINGMEDIAnlflIlll mnllfl flr.4lnl mmnllnlnnl- E!

"! E:ri -! i!!= !E = =-- : : E= 9i i==!= E :!ri= = "trurTUx-ii i iiur-fr-iti rii.r i ui-r I utrui*liJii i u un

Radar Barrgrumas SELASA PON 30 DESEMBER 2014

NAtK: Sebuah truk mengatami'tll'il'iTlfilSelama 2014, jurnlah korban lakalantas naik.

Tiap Bulan, 1000 MotorBaru Masuk PurbalinggaPURBALINGGA-JaIan raya di wilayah

KabupatenPwbalingga dari tahun ke tahundipastikan bertambah padat. Perhrmbuhankendaraan bermotor di Kabupaten Purba-lingga ternyata cukup tinggi. Setiap bu-lannya, ada sekitar 900 hingga 1200 sepedamotor baru yang masuk

"Dalam seminggu saja, 300-400 motorbaru turun ke jalan. Infrastruktur jalantetap atau tidak bertambah. Logikanya,ruang berlalu lintas semakin sempit.

Risiko kecelakaan juga semakin tinggi.Belum lagi banyak anak-anak muda yang

sudah mengendarai sepeda motori' tuturKapolres Purbalingga AKBP Anom Setiad;imelalui Kasatlantas AKP Sudarsono.

Penambahan sepeda motor yang tidakdiimbangi dengan penambahan saranajalan dan peningkatan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas ditengaraimemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas(lakalantas). *> kehal 1A

karyawan swasta, diikutioleh pelajar dan pegawainegeri.

Lebih lanjut, tahun depania dan anggotanya akanmenambah energi untukmelakukan tindakan pre-fentif, mengedukasi ma-syarakat hingga melakukanpenindakan terhadap pe-Ianggar lalu lintas,

"Polantas juga memintakepada orang tua, guru dantokoh masyarakat untr rk ikutandil dalam mendidik ma-syarakat dalam berlalu lin-tasi'pintanya. (j ok/bdg)

118 i.{yawa Melayangr Tia[ Bular,

Sambungan dari hal 7

Tercatat seiama tahun2014, ll9 nyawa meiayangsia-sia di jalanan akibatkecelakaan ialu lintas. Angkakorban kecelakaan ini naik34 persen ditranding tahunsebelumnya yang m encapai9l korban.AKP Sudarsono menje-

laskan, kecelakaan tersebutdidominasi oleh kendaraanroda dua. Adapun korbankeceiakaan, didominasi oleh

D,AUI]{\ NLJ1\1.1J JD I D,A N.DUT,I I DI\ TURD..UIIIUUB

Page 15: Kliping Berita 30 Desember 2014

Di Ponvil-Duiongmas

KLIPINGMEDIAnlflrllr mnilfluna-ln[t ultntlt

ulluuut llulruru

Radar Banyumas o Selasa Pon 30 Desember 20'14

Sepuluh Medali Emas

Bakal "Raih"ailrrdgefen&lahrn depan. lilt Ipda Susilo mengatakan,Sebab, panitia mencoref be- idu bub".upa nomoicabangberapa.ggmo.r yang selama ini olahraga yarlg dipastikan tiJaflrnenjadi hrrnbung medali Ka- <Jigelai dalim- porwil Dubupaten-Purbalingga, dalam loigmas, oleh tuan .,rr.rut.even olahraga terbesar di wi- ,.Balap motor tldak aiper:-layahDuiongmastersebut. tandingkan. Selainitu,'be_I:3: Yll,l Pengkab KoNr berapa iomor dt cabang bJaprc"u"p,iL"'i,";;;f;;;A;..f ffi:ffi ilJTff ffi:,',:iT

PIIRRALINGGA - Kabupa-ten Purbaliirgga terarrcam ke_hllangarr banlak medali emasdalam Pekan Olahraga \VilayahKedu, Pckalongari'dan Ba_nyumas (Porr,rril Dulongmas)

dahal nomor tersebut meru-pakan andalan kami dalamPorwil Dulongmas," ujarnyaditemui kemarin (29 / tZ).Dia memprediksi akan ada

sekira sepuluh medali emas,yang akan "raib" dari kon-tingen Kabupaten purbalingga,jika nomor-nomor itu tetap

dir:oret dalam pot:w,il Iluiong-mas III di h,fr.gei;rr:rg.

Dia menjelaskan, rlalam por-wil Duiongnias II r,1i l(erbupatenB anyum a-r, I{ab u p- 3i6,.11 p,.11--

balingga marnp J rnen].airuberasih st,lrrrrrh nrr'il:rli lirardalam cabang ciiihraga balai:motor Sv ke L'# ?0

Magelang tidak ada venue-nya, pertandingan bisa di-gelar di daerah lain di wi-layah eks Karesidenan Kedu,yang memiliki venue," im-buhnya.

Dia mencontohkan, di ma-geiang balap motor tidakdigelar, karena daerah ter-sebut tidak memiliki venuebalap motor. "Bisa digelar diKabupaten Purworejo, yangmasih satu karesidenan de-ngan Magelang. ApalagiMagelang memiliki atletbalap motor, jadi tidak adaalasan untuk mencoret ca-bang balap motor," imbuh-nya.

Dia juga mengungkapkan,beberapa daerah yang me-miliki Pengkab FOBM (Fe-derasi Olahraga Balap Mo-

tor) juga bakal menggelarpertemuan, untuk mem-bahas hal itu. "Sqdah adakesepakatan, kalau baiap mo-tor bisa tetap digelar. yangpenting ada ijin dari Kepo-Iisian, kami akan berusahamemenuhi perlengkapanpertandingan lainnyai' tam-bahnya.

Dia juga menjelaskan, Por-wil Dulongmas rencananyabakal digelar di Magelang,September mendatang."KONI juga memastikanseluruh cabang olahragayang dipertandingan dalamPorwil DUlongmas akandiikuti kabupaten Purba-lingga. Dengan syarat cabangolahraga itu, sudah memilikiPengkab di Purbalingga,"bebernya. (tya/bdg)

Balap Motor Dicoretr Selulun

Sambungan dari hal 7

Selain itu, pada beberapanomor di cabang olahragabalap sepeda, Purbalinggajuga trisa berjaya.

"Ini sangat merugikan bagiKabupaten Purbali n gga, jugakabupaten lainnya yang se-lama ini inengandalkan me-dali dari cabang yang tidakdipertandingkan oleh tuanrumah ters ebut/' ungkapnya.

Rencananya, dalam per-temuan daerah peserta Por-wil Dulongmas, yang akandigelar awal tahun depan,Purbalingga bersama de-ngan daerah lainnya, bakalmemprotes keputusan tuanrumah tersebut. "Kalau di

rrr1ul-a\ nLrilrlaD DL r un \.51)Lrrl\ r rtr\ rL,nDN /rr\uula

Page 16: Kliping Berita 30 Desember 2014

KLIPINGMEDIAD T/:!T!J IJINII { {EMI -DIDT II !I.I,II4Iur-rutu-lil iiurix-iri fii i ufi i uiuil-liJii ! uul-r

Radar BanYumas r selasa Pon 3o De sember 2014

Pemprov bantu PelestarianSeni Tari

PURBALINGGA - Tahun depan, sejumlah sanggar taridi Kabupaten Purbalingga, bakal mendapatkan kucuran

dana dari Pemerintah Fiovinsi (Pemprov) Jawa Tengah'

Hal itu, diungkapkan oleh Kepala Bidang Kebudayaan,

Dinas Kebud-ayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga(Dinbudparpoia) Kabupaten Purbalingga Sri Kuncoro

kepada nadannas, kemarin'"'Beberapa sanggar tari di Kabupaten Purbalingga, akan

mendapatkan bintuan dana dari provinsi (Pemprov jawa

Tensah, red). kami sudah diminta mengirimkan nama-rrurriu su.rggi. tari yang akan mendapatkandana, " jelasnya'

ola men]Elaskan, dana tersebut merupakan dana untukpelestarian budaya di Kabupaten Purbalingga, terutamaienitari. "selamaini, seni tari dariKabupatenPurbalinggasudah mendapatkan pengakuan dari berbagai pihak'Sehingga, kami mendipat[an bantuan, agar seni tari dirabuiiten Purbalingga, semakin berkembang," im-buhnya.

Meiki demikian, dia mengakui, pihaknya tetap harus

sering berkomunikasi dengan Pemprov- |awa Tengah'Sebab] hampir semua daerah juga mengajukan dana urtukpelestarian-budaya di daerah mereka kepada Pemprov

iawa Tengah. "Kaiau kita tidak lntes trerkomunkasi, bisa

saja tidalidapat. Jadi untuk mendapatkan dana tersebut

butuh perjuangan," IanjutnYa.Selain dani tersebut, Bidang Kebudayaan Din-

budparpora Kabupaten Purbalingga, tahun-depan, Mu-seum prof Dr R Soegarda Poerbakawatja Prrrbalinggabakal mendapatkan kucuran dana dari Pemprov fawaTengah. Kucuian dana yang bakal d]terimS oleh Pemkab

Pur6a[ngga tersebut, merupakan has-il dari presentasiyang telalt-dilakukan oleh tim dari bidangKebudayaanblnEuap arpora, b eberapa waktu lalu. (tyaltag)

LESTARI : Grup dames asal Bumisari Bojongsari berupayaterus eksis ditengah modernisasi.

il

tt

ii

II

ii

tt

ti

II

tt

ii

!l

il

tt

tl

tt

RAi;i,l\ Hutr,i,+S SETDA iiABL,i'.iT;ii iaR.ii.ii-il'iiniA

It

ti

tl

I

Page 17: Kliping Berita 30 Desember 2014

KLIPINGMEDIAnlmllr ilrnil{r flr}Int DImnlInlnfllul-ruir-u t iiui-tir-iu uii I un i urrur-ririi i uur-l

Radar Banyrmas o Selasa Pon 30 Desember 2014*

PURBALINGGA- Hutan kotakembali menjadi perbincangan.Kali ini hutan kota di wiiavahGemuruh, Kecamatan padar;ara

hutan kota itu rawan dija-dikan tempat nongkrongyang tidak sehat.

Pantauan Radarmas baru-bam ini, sejakpetang hinggamalam, selain banyak remajanongkong di parkiran, jugabanyak yang nongkrong didalam taman. Ada yang berpasangan dan ada juga yang

perempatan Gemuruh, na-mun lokasi taman yang agakmasuk ke dalam, sehinggacukup membuat nyamanremaja yang ingin menyepi.

Kepala Dinas PekerjaanlJmum (DPU) Purbalingga,Ir Sigit Subroto MT me-ngatakan, hingga saat inihutan kota Gemuruh masihditangani Bappeda. Kalauyanglain seperti Hutan KotaBojong dan Bancar sudahditangani DPU melalui Bi-dang Kebersihan dan Per-tamanan.

"Kabarnya lampu di tamanmasih menggunakan tenagamatahari. Namun saya tidakbisa berkomentar lebih ba-nyak karena masih dikelolaBappeda," jelasnya, Senin(2sl12).Namun secaia umum un-

tuk lokasi tarlan yang iainsudah ada pembenahan.Seperti penambahan lampudan tanaman yang lebihenak dinikmati sebagai a-jang rekreasi. "Untuk hutankota Gemuruh silakan ber-kordinasi dengan Bappedasajai' tuturnya. (amr/bdg)

Hutan I(ota GemuruhMinim Penerangan

Gunakan Tenagt Mataharir firhn tfir

Sambungan dari hal 7

Seiebihnya ada yang ber-ada di parkiran sembarimelakukan olahraga ringan.

Namunmenjelangmalam,suasana makin remang-remang dan cenderunggelap. Hal ini memicu ke-giatan yang tidak jelas danterkesan negatif. ApalagiSabtu maiam yang menjadipusat nongkrong remajausia sekolah.

Ragil, salah satu penggunajalan yang setiap usai Mag-hrib pulang melewati jalanitu mengatakan, lokasi hu-tan kota selalu minim pe-nerangan. Namun bukanhanya sekali, kadang sampaibeberapa hari.

"Saya cuma iihat anak-anak nongl<rong di lokasiparkir. Kalau di dalamtaman,saya tidak tahu kegiatannyaapa karena suasananya ge-Iapi' ujar pekerja swasta itu.

Lampu penerangan jalandi sekitar hutan kota itu jugaminim. Meski dekat dengan

sudah beberapa hari ini gelap saatrnalam karena nyaris tak ada pe-nerangan. Padahal jalur itu ter-bilang sepi sehingga menjadikan

Page 18: Kliping Berita 30 Desember 2014

I.{)ONI.1VSU1'Id Y(JSS SVITNH NYIOYB

\- ---\/a _-_'_

-- ----tlir

35=otr=$r=f xr

"Pb-=B5!3c3yo=(9:0s

xi s!, iJ

-o3(!OIOl-JC55olq=, a)

-{(o$aJ!,dolo-x='ct -'o=(oL

9oroSBo. rDDfE'Eif-O=o0t

='"(o-{OO!! l

I

--'{ I

=.o I

t; +ilDr9;lo 6;lE il3[

Page 19: Kliping Berita 30 Desember 2014

l l$4iluai**rltitffi,r:irtt&u:titirltii,ti;1i ritr,"i(&iii-fi.:.1ilil;l

menyinggung sara dan fitnah-Caranya ketik pBG: unek_unei

kemudian KtRtM SMS

KE: 081-3ZZ-333 -tTB

Jalan Berlubang DepanRS Nirmalafl{-fenata DpU, mohon jatan di depan RSU:,li:,:, yang bertubang diperbaiki, agar tidakmemDahayakan pengendara. Maturniwuh

NN 082225671656

Page 20: Kliping Berita 30 Desember 2014

KLIPINGMEDIAEI/TTTJ IJNIA{ {m!T UIUAITTJT/]TUr-fUir-ii i iiuiiIld UiJ i Ur-i i Ulrur-ridi r UUrl

Radar Banlfumas o setasa pEteo Desember 2014

Cuti Lombok,

Remafa Disidang

ffiryPURBALINGGA- Sunar

(20) warga RT 18 RW 5Desa Bambangan, Keca-matan Karangreja harusduduk di kursi pesakitanPengadilan Negeri Pur-balingga, Senin (29l12).Gara- garanya, remaja itutertangkap tangan men-curi sekarung lornbok, diwilayah Desa/ KecamatanKarangreja beberapa waktulalu.Iaksa Penuntut Umum

(IPU) Haryanta mema-parkan, terdakwa tertang-kap tangan mencuri se-karung lomhok seberat 34kilogram pada Rabu (i/r0)dini hari. Karung berisilombok tersebut tergeletakdi teras rumah Sutorowarga Dukuh Siaren, De-sa/Kecamaran Karangreja.Saat itu terdakwa me-

ngakui hanya iseng jalan-jalan menggunakan sepedamotor pada malam hari.Karena jalan menurun,maka mesin motornyadimatikan. Sesaat tiba didepan rumah korban iameiihat ada empat karungwarna putih. Tak berpikirpanjang, terdakwa me-ngambil satu karung danmenaikannya ke sepedamotor dan berusaha pergi.

"Belum lama motor yangdimatikan mesinnya itujalan sekirar I0 merer, iakepergok warga setempatdan dikejar oleh warga.Karena takut, terdakwaterjerembab masuk se-lokan dan akhirnya di-bawa ke Mapolsek Karang-

Belum lama motoryang dimatikan

mesinnya itu jalansekitar 10 meter, ia

kepergok wargasetempat dan dikejar

oleh warga,"

HaryantaJaksa Penuntut Umum

reja," paparnya, kemarin.Dalam persidangan ter-

ungkap, sejumlah barangbukti yang berhasil disitadiantaranya satu karungberisi lombok seberat 34kilogram seharga Rp 450ribu. Kemudian sepedamotor yang digunakanoleh terdakwa untuk men-jalankan aksinya.

Sidang dipimpin olehNenden Rika Puspitasaridengan hakim anggotaAgustinus Yudi Setiawandan Bagus Trenggono ser-ta panitera pengganti (Pp)Yulian Herawati. Akibatperbuatan itu, JPU men-dakwa Sunar dengan Pasal363 ayat 1 ke 3 tentangpencurian. Sidang ditundapekan depan karena padasidang kedua kemarin,dengan agenda ketera-ngan saksi, tak ada satupun saksi yang hadir.(amr/bdg)

li

ilii

DAUI.!\ EUTTIAD JD T DA A,I$UTEI DT\ TUSI"UII\UU]A

Page 21: Kliping Berita 30 Desember 2014

KLIPINGMEDIAnlnllll mnil{l {tl]Tnl Dlmnllnlflnl=E!tiEEi =! iirF!14 En :

= !,= =: iEi=i-:i t1"=!=!€?E

ur--ruifi t irufitu-iri uli i ur-r i uitur-tiJiii uun

Radar BanyUmas o Setasa pon 30 Desember2014

S erap B erbagai-Aspirasi Konstituren, Infrsosial, Ekonomi Tetap Iadi Topik Hangat

MASA irri.ufrut_n"rJ*o,Uq, al ,Shr, d, Oesa Sanjaran, kamikantor para,anggota OpRd p.rr_ mencatat masih berkutat soalbalingga (nesei) kembati di_ J93nur e*_;;;;;ilAkhir (r-laksanakan di semua daerah pA) sampah di Banjaran. Wargapemilihan (Dapil). Takterkecuali terap meminta keberadaan TpAdua pimpinan D,_RD, yairu Kerua iru dipinJ;hly"il k;;ii;il1;DPRD Tongat SH dan Wakil batas waktu tea"r"iidut*yu tu-Kbtua DpRD, H Adi yuwono SH i,rn iore hu,;;'ilil dipindah' baru- baru'ini.n4asing- masing r." ruin Ju!.ur, uili'a"ru,', pu-yairu di Dapil IV (Tongat) dai parnya.

D_apil II (Adi yuwono). - Sementara itu, di Desa Brecekl(egiatan reses yang berfungsi Kecamaran fcaileonJarg, Adim.enyerap aspirasi darj kon_ yuwono _"ny"ru"p uspirasi se_stituen di masi,g,_ masing dapil ;"r"r"f, i"]r"r,rr"d".. iliruf.ry"berjalan lancar dna sukJes de_ it< p"rti*i, p*ir*iu,u, ,"_ngan berbagai aspirasi yang lumlah jalan y.""si;irt serta diditontarkan masyarikar. SepertT'uau,rg k;f, ;i;?,' ;;;;p" p"r_di Desa Banjaran dan Desa pa_ natiaf k;;;;;;;xi.tirrit r<"_gedan gan l(ecamatan Bojongsari. seharan ol.r" i priol.'wu.gu ;rguRara- rara aspirasi masyaiakat 1d" y;6;;;;;;;'ilk"" p""_masih berkutar pada soat in_ aupJt ug:ui u;;;;;;;r" p"*-frastruktur, sosial dan ekonomi. Lrinaan terhadap seni dan bu-Saat reses itu, I(etua DPRD daya

'"'lrqvuv rvr"Tongat sH mengupas berbagai .,kami

sudah mencatat semuapertanyaan warga di dapilnya aspirasiyangJir.g-krpi.ur*urgusembari mensosialisasikan pro_ di dapil saya. TentunVa kondisigram- program pemerintah dan ini membut"rrr.un r.tordinasikegiatan DpRttsecara umum. yurrg *utu.rg dengan pihak ek_Seperti saat menanggapi per_ ieritir (p;;rk;;j.'iJJi ,",upminraan jalan hotmii di Desa metalui'ohil;;,;;i* 0,,"r,_pagedangan dan Banjaran. tuka;/ ,;;il-;oiilirut nurrutDi pagedangan pemenuhan Gerindra ini. " -mulusnya jalan desi, lingkungan satu persatu ratusan konstituerrdesa dan pertanian masi6 han"gat ya.,gnhai. terur*"rs;*upLund ip e rbi n can gkan. N a mu n kh"u - ; ;;if ;;;'k ;;;;iul T",r_

" r, r.sus pagedangan, Tongat me_

^"*irrt"opnn'iirl rn"urgu*ufmiliki data jika hampii semua ,Lrnr.ru program dan dana dariinfrasrrukrur yuaal^d.ige.nqhi, peme.rintaf,, ;;;fi";; sudahI(emudian tahun 20 t E bukul irusutkan agar bisa terealisasi.dipenuhi kembali sesuai usuran t<egiatan-ieru. ii" ilurirg-yangmasuk. maslng dihadiri -oleii'totot

potirisi pDr perjuangan itu juga _;;t;;k"r,';;k;l;s;;", p"mensosiatisasikan regutasi ten_ mri.da.dan p"ril;;i;;rai po_taqgdesa, aparaturpemerintahan ritik dan r"rir- e"["." p"r-desadankeuangandesa.Sembari wakilan oesa"Gnii.T"ru t*_f::tyi-b qerranyaan warga, ia pata aesa-darip:i"nu[i.".u*uru,, t IJuga mengatakan siap melayani .juga mengit rti t"gi"i"" ii, -\_, ( _masyaralcat sesuai fugas dan du.rgu,r,,gdreng,lKh;;;;;;.i;i \'--.fungsi yang diemb.annyi. Misal_ Cerindra, reses Adi Vr*o.rtnyamengawalApBDtahun2015 dihadiri Ketua OpC,

-f*u*agar tetap pro'rak;,n1. poers"to. ("*r7g"r)",

il::

ii.',rciAl.i ilLtviAs SETDa itAiiuF,iTEN FLB.B.{LiI{C'GA

Page 22: Kliping Berita 30 Desember 2014

io:lcro_oa(Eg)

(!

CLoo'6(E

Eo.;(E

=(ECL

EG

oE(E(!(,)o0)rBarrt1E($6EDU,tr_th'g)

u{FOV E)<sE-uJoLQl-o=o

------- t\

+:,+@a*[Jq+

BACIAN HUMAS SETDA KT\BUPATEN PT]RBALINCCA

Page 23: Kliping Berita 30 Desember 2014

sAMBut,aN : Adi Yuwono memberikan sambutan saat reses di Karigondang.

AS.PIRASI: Tokoh masyarakat penaruban, Kaligondartg,Saliyun saat mengungkapkan usulannya.

\l_:;";=-

Page 24: Kliping Berita 30 Desember 2014

_ n-j-_.=_-4'-1Y

gAYEIg : Tongal $H saat.menyampaikan:materl reses kep"dr'-#ffJ;Desa Prigi semebari berdialog.

1r

DIALOG: Tongar sH saat herdiatog dengan warga di p"g"urnJil,jr**o

.-<."-

Page 25: Kliping Berita 30 Desember 2014

Ei>

TEGA$,:, Ketufi DPc Partai Gerindra Purbalingga lmam Poersellll'alimenggelorakari semanqal .l€dernya di roses Adi Yuwono,

rgTlriEWA

KOMPAK : Adl Yuwono dan istri, Ketua DFC Fartai Gerlndra purbafingga

"pgNUfr : Peserta reses. Tongat SH di Baniaran

.-_-_-\\_*-=\

?--F

Page 26: Kliping Berita 30 Desember 2014

BACA MATERI; Konstituen Dapil ll saat reses Adi yuwono membacasejumlah materi reses di Brecek.

MERATA : Feserta reses Tongat SH'di Desa Prigi yang t"rrifrar liiffill

-_--l l ------*---- /

. ISTIMEWA

KONSITUEN : Para pe$erta.reses yang selalu loyai.rnengikuti materl

Page 27: Kliping Berita 30 Desember 2014

/l-

---l ---=-".-.-<-:-pil- -\

DENGARKAN SMABUTAN ; Warga Pagedangan saat mengikutisambutan Tongqt Sl.f.

SERIUS : P-eserta reses pagedangan saatKetua DPRD Tongat SH.

. ISTIMEWAmengikuti pemaparan reses

Page 28: Kliping Berita 30 Desember 2014

f7T TllTI-_T^ t fTlT\T rLLlr[\LI [ItrUIfLDIfiIN IIIUI{ g]'MT DIIIIDTINNNIUfiulrul UUtllIlU Ul]lUIl I U[UIlIrtllUU[

r nc..rficvzr E! + *rijgr.qlfi ilr.s31X E e i i

Selaia, 30 Desember 2014

lrl lfiYlaf rF

, L.i i i€isKORIT{E IiIYOHG

Tuntas, Pernugaran 1ooRumah Barrtrran Kemensos

PURBALINGGA- Sebanyak 100rumah hasil pemugaran bantuanrehabilitasi sosial rumah tidak layakhuni (RTLH) dari Kementerian Sosial(Kemensos) RI diserahkan kepada100 Kepala Rumah Tangga (KRT),Senin (29l12). Penyerahan secarasimbolis oleh Bupati Sukento RidoMarhaendrianto kepada penerima,ditandai dengan pemasangan plakatdi rumah warga Dusun I Desa

Karanggedang, Keca matan Bukateja."Bantuan RTLH sebesar Rp 1

miliar diberikan kepada 100 KRT yangada di empat desa. Keempat desatersebut adalah Desa Karanggedang,dan Penaruban Kecamatan

Bukateja, sefta Desa Tidu danKedunglegok Kecamatan Kemangkon,Masing-masing mendapatkan bantuanspbesar 10 juta per KRll" kataKepala Dinas Sosial Tenaga Kerjadan Transmigrasi (Dinsosnakeftrans)Ngudiarto.

Menurut Ngudiarto, bantuan RTLH

digunakan untuk merehabilitasirumah tidak layak huni bagi keluargamiskin, Pada tahun anggaran 2074Purbalingga mendapatkan anggaranyang bersumber dari dana UKS/hibah dalam negeri melalui Kemensossebesar Rp 1, 150.000,000.

"Bantuan tersebut digunakanuntuk rehabilitasi sosial RTLH di

dua kecamatan sebesar satu miliarrupaiah, serta bantuan saranalingkungan 150 juta rupiah,"terangnya.

Sedangkan bantuan saranalingkungan tambah Ngudiarto,diperuntukan bagi tiga desa, yaituDesa Karanggedang, Penarubandan Tidu yang digunakan untukmembangun drainase dan talud jalan,

sebesar masing-masing 50 juta rupiahper desa.

"Bantuan sarana lingkungan .

tersebut merupakan bantuan stimulanyang diberikan pada bulan Nopember2014 melalui rekening masing-masingketua kelompok sefta digunakanuntuk membeli material," ujarnya.

Tak Bisa DitawarBupati Sukento mengatakan,

salah satu kebutuhan yang tidak bisa

ditawar-tawar lagi saat sekarangadalah mendapatkan tempat hunian/rumah layak. "Rumah sebagai tempattirlggal, mungkin tidak hanya sebatassebagai.tempat berteduh semata.Banyak hal dan manfaat yang

bisa kita petik dari fungsi rumah.Diantaranya sebagai media interaksisosial ke[uarga,"tLrtu rnya,

Menurutnya, selain sebagaisebagai media interaksi sosialkeluarga juga untuk mencurahkamberbagai permasalahan yang dialamianggota keluarga.

"Untuk itu, dengan selesainyapemugaran rumafi yang tidak layakhuni menjadi layak huni, diharapkanakan tercipta keluarga sakinah,mawadah, wa rohmah serta rezekibertambah," terangnya. (pt-06)

HAR[4AS;PRAYITNO

BUPATI Sukento Rido meresmikan program sosial RTLH denganmemasang plakat rumah yang sudah direhabilitasi.

BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 29: Kliping Berita 30 Desember 2014

T/T MTLTA T MT\T.TI\L!rII\r_r fl.lr,rrlll

DTfiIN IIINIIO OIMII DIIIIDIINNNIfituiff iiuiitui0 ffiiuli luffnliiiwri

, n=:rnnc.rn ED a ?t:l t! r f'!rl q! (Fi_j1cju uGjlju Eigi i, i.ii i i€iE

Selas4 30 Desember 2014

Inyasum: Pengunggah Video ISBisa Dijerat UU TIPURBALINGGA- Pihak kepolisian saat ini masihmenyelidiki secara intensif terhadap beredarnyaviddo yang mengaku anggota Islamic State (IS) diYouTube. Polisi juga dapat menjerat pelaku denganUndang-Undang Teknologi lnformasi (UU TI),

Hal itu disampaikan oleh InspekturPengawasan Umum (lrwasum) Mabes polriInspektur Jenderal polisi Dwi priyatno saatmengunjungi Purbalingga, Senin (29l12).

"Dia (pelaku-red) kemudian akan dikaitkandengan UU TI juga, karena sudah ada barangbukti (video), tentunya dilakukan penegakkanhukum," katanya,

Seperti diketahui, di beredar video anggotaIS di YouTube yang melontarkan ancaman danprovokasi terhadap TNI, polri dan Banser NU.Video berdurasi 4 menit 1 detik itu di uptoad olehAbu Muhammad pada 23 Desember 2014 denganjudul "jawaban bagi panglima Baxx NKRI,,.

KoR-ANE IHYOiIG

Dalam video tersebut, tampak seorang priamengenakan pakaian serba hitam, Menginakanpenutup kepala, berkumis, berjanggut sambiisesekali mengarahkan telunjuknya ke arahkamera. Dalam video tersebut, pria itu memberipesan kepada Panglima TNI, polri dan Banseryang menunggu kedatangan mereka untukperang di Suriah.

"Segala sesuatunya kalau ada ancaman,apalagi pada pejabat tentunya polri sebagaipetugas penegak hukum harus melakukanpenyelidikan. Dari penyelidikan itu kita bisaketahui orangnya dan motifnya tentunya, Inimasih dalam lidik intensif," imbuh lrwasum.

Lebih ,lanjut, pria asal purbalingga itumeminta kepada seluruh elemen masyarakatuntuk teius meningkatkan kewaspadaanterhadap ancaman IS dan aksi terorismelain nya. (sMNetworkih82-06)

fl8 ang Tewas akihatIrKecelakaan Lalu Lintas

kendaraan roda dua, Adapunkorban kecelakaan, didominasioleh karyawan swasta, diikutioleh pelajar dan pegawai

negeri," katanya, Senin ,

(2elt2).

Tak Ada PerubahanSudarsono mengaku tidak

bisa memprediksi apakah angkakecelakaan bertambah atauberkurang di tahun mendatang.Namun dia menganalogikan,setiap tahun pertumbuhankendaraan bermotor di

Purbalingga semakin naik.

Sedangkan infrastruktur jalan

hampir tidak ada penambahan

sama sekali. Adapun tingkatkesadaran masyarakat dalam

berlalu lintas dinilai tidak ada

perubahan."Dalam seminggu saja, 300-

400 motor baru turun ke jalan.

Infrastru ktur tetap, logikanya

ruang berlalu lintas semakin

sempit. Risiko kecelakaan juga

semakin tinggi, Belum lagi

banyak anak-anak muda yang

sudah mengendarai sepeda

moto[" katanya.

Selain itu, jika tidak adapengalihan kendaraan sepertikejadian Jembatan Comalbeberapa waktu lalu, bisamenjadi faktor menurunnyaangka kecelakaan. "Tinggalperilaku masyarakat dalamberkendara seperti apa, disiplinatau tidak. Harapannya ya angkakecelakaan turun, jumlah korbanjuga turun," katanya. 1pt-ooy

r Selama2014PURBALINGGA- Selamatahun 2014, sebanyak 118

orang tewas akibat kecelakaanlalu lintas. Jumlah ini naik34 persen dibanding tahunsebelumnya yang mencapai 91

korba n ,

Meskipun angka korban tewasnaik, angka kecelakaan yang

terjadi turun dibanding tahunsebelumnya. Jika pada 2013terjadi 466 kecelakaan, tahun2014 turun menjadi 428.

Kasat Lantas PolresPurbalingga AKP Sudarsonomengatakan, kecelakaantersebut didorninasi oleh

BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 30: Kliping Berita 30 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIAI{ HIIIIA$ $[INA HJIBAINGOA

hamam_BanyumasSelasa,30 Desember 2074 KORANE INYONG

BantuPenyelidikan,

SalsiAhllDiterlunkan

r Penanganan Ambruknya TK Padamara

PADAMARA- Tim saksiahli teknik sipil dari

Semarang baru-baru initurun untuk membantu

proses penyelidikanpolisi terhadap dugaan

penyimpangan anggaranpembangunan,TK Pembina

Padamara yang ambrukatapnya Februari lalu.

EPALA Polres Purbalingga AjunKomisaris Besar Anom Setiadjimelalui Kepala Satuan Reserse

dan Kriminal (Satreskrim)

Polres Purbalingga Inspektur Satu

Djunaidi, Senin (29l12) menegaskan,pihaknya tidak berhenti untuk mengusutkasus tersebut.

"Saksi ahli sudah turun minggu lalu.

Mereka sudah mengambil gambar kondisi

di lapangan (TK Pembina Padamara-

red)," katanya kepada Suara Merdeka di

sela-sela acara ramah-tamah InspekturPengawasan Umum (lrwasum) Mabes

Polri Komisaris lenderal Polisi Dwi

Priyatno di Pendapa Dipokusumo.

Dalam pemeriksaan awal saksi

ahli tersebut, kata Djunaidi, mereka

melakukan orientasi secara administrasibaik dari bestek maupurl bentuk fisikbangunan, 0rientasi tersebut dilakukan,untuk mengecek dan menentukanapakah ada perbedaan atau tidak antara

bestek dengan bangunan riilnYa.

Setelah proses tersebut dilakukan,rencananya Senin depan, tim saksi

ahli itu akan kembali ke lokasi untukmengambil contoh material yang

digunakan untuk membangun ataP TK

tersebut. "Kalau tidak ada halangan,.rencananya tanggal 5 depan mereka

datang lagi," imbuhnya, .

Tunggu AuditPihaknya juga masih menunggu

hasil audit dari Badan Pemeriksa

Keuangan (BPK) untuk bisa

mengetahui adanya kerugian negara

atau tidak, karena dana pembangunan

TK itu berasdl dari APBN. Selain

mengusut kasus ambruknya bangunan

-bBAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 31: Kliping Berita 30 Desember 2014

?'-'\_--

- -l t.'

itu, polisi juga mengusut dugaanpenyimpangan dalam tukar gulingtanah lokasi bangunan TK itu.

"Pokoknya kami jalan terus. Inijadi fokus penyelidikan kami untukmengungkap kasus tersebut tah.un

depan," tegas mantan Kaur Bin Ops(KBO) Resorse Polres Banyumas ini.

Seperti diketahui, atap gedung TKNegeri Pembina, Kecamatan Padamara,Rabu (19/2) pagi, roboh tanpa sebabyang jelas.

Padahal bangunan dengan kontruksibaja ringan dengan anggaran lebih dari500 juta baru digunakan dua tahun.(SMNetwork/h82-06)

i;iiffirl i;llli&;.: ii

+-*U*

-il''l'

*r:r&'&-)lryrl

KONDISI salah satu ruangan TK Pembina Padamara yang ambruk Februari lalu. Polisi masih mengusut kasus ambruknyagedung ini, dipastikan tidak akan dilakukan tahun depan.

Page 32: Kliping Berita 30 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAGIN Htllfi$ $[INA NIIMM{OGA

hamam BanyumasSelasa, 3O Desember 2074 KORANE II{YONG

BAGI.AN HUMAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 33: Kliping Berita 30 Desember 2014

KTIPINGMEDIA

BAflA}I HIIIIA$ $[MA flIIBAI,NffOA

hamam BanyumasKORANE IT{YOI{G

Sebse, 30 Desember 2074

P.d b-t 'fi.G]E

P1 'e#$',PURBATIHGG A. Booming Satu klawing di kalanganmasyaaakat dimanfaatkan oleh pengelola Objek \ilisata

:?::yrl, Cibton Bobotiiri untuk menggetai pasare BaruKrawtng atau pasai Batu Klawing. pasar ini akan dilakukanpermanen dan_tidak hanya seperti pameran atau bazarbiasa. Pangelola membuka L5 stand yang akan buki setiins?1t:"lak.I]lnuari 2015. Rencananya, pas:r akin aibJXioteh Bupati Sukento Rido Marhaendriinto,

Pemilik Objek W.isata pancuran Ciblon H Barssatmengatakan, dengan animo fanlra[nvi'o.nornirno r.nodatang ke pameran gitu xlawiirg,.beberjpa harl taiu oi

-Purbalinggb, pihaknya iengaS, membuka-sfand khususpenj0alan Batu Klawing.

_ . "Sfgnd ini sekaligus menjadi ruang bagi para peraiin

:11 SFwinS, dan memberikan kemudihan Oigi penlgemar

Batu Klawing yang akan membelinya. rcamitiOjt< *",i.,itotwaKru sampai kapan sfahd tutup, selama masih diburu .

banyak penggemar; kami tetap buka," t<aianva,Barosat menambahkan, semuli pihaknya'hanya

menyiapkan enam buah stand penjualah, namun-temvata

lllmo p?ra perajin luar biasa, akhirnya kami menyiapi<an15 Tary penjualan. Semua jenis pernik pernik Batu klawino

BAGI,AN HUMAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 34: Kliping Berita 30 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAflAl{ HII[{A$ $[IDA ruNBAI,ilIOOA

hamam BanyumasKORAT{E INYONG

Selasa, 3O Desember 2074

Guri SekarungCabe, SeorangPemuda DisidangPURBALINGGA- Sunar (20), warga RT 18/RW 5, Dusun Bambangan, Desa Kutabawa,Kecamatan Karangreja harus duduk di kursipesakitan Pengadilan Negeri (pN) purbalingga,Senin (29112). Ia didakwa mencuri satu kirungcabai di rumah Sutoro, warga Dukuh Siaren,Desa/Kecamatan Karangreja.

Sidang dipimpin oleh Nenden Rika puspitasaridengan hakim anggota Agustinus yudi Seiiawand-al Bagus Trenggono serta panitera pengganti(PP) Yulian Herawati.

Jaksa Penuntut Umum (JpU) Haryantamenjelaskan, terdakwa tertangkap tangan olehwarga setelah ketah'uan mencuri sekarung cabeseberat 34 kilogram pada Rabu 1t7tO; ainitrari.

"Sebelumnya terdakwa hanya iseng naikmotor jalan-jalan malarn hari, Motor kemudiandimatikan karena jalan turun. Di depan rumahkorban terdakwa melihat empat karung warnaputih. Kemudian, terdakwa mengambiisahhsatu dan menaikkannya ke motor,,, kata JaksaHa rya nta.

Dikejar WargaSetelah mengambil karung berisi cabe

itu, terdakwa lalu menjalankan motor tanpamenyalakan mesin. Nahas, belum 10 meter darilokasi, ia kepergok dan dikejar warga. Karenaketakutan, terdakwa kemudian tergelincirdan jatuh ke selokan. Terdakwa kemudiandiserahkan ke polsek Karangreja.

"Dari tangan terdakwa disita barang buktiberupa satu karung berisi cabe seberat 34kilogram seharga Rp 450 ribu dan sepedamotor yang digunakan oleh terdakwa untukmenjalankan aksinya,,, katanyla.

Akibat perbuatan itu, JpU mendakwaSunar dengan Pasal 363 ayat 1 ke-3 tentangpencurian. Sidang diundur minggu depan karenapada sidang kedua dengan agenda keterangansaksi, tak ada satu pun saksi yang hadir. 1pi_ooy

BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 35: Kliping Berita 30 Desember 2014

NmnlTnlnnlrrlruunl t[taJ-a

i Un'Dfi'iJiilUUnnlflrlllunuani

PURBALINGGA,SATEI,ITPOST-)ika dirata-rata pada tahun 2014,

iumlah motor baru diPurbaiingga luar biasa.Sementara, infrastuktur ataujalan tak bertambah. Ini jadisafu di antara pemicutingg*yu kecelakaan.

"Dalam seminggu saja,

300-400 motor baru turun kejalan. Infrastruktur tetaP,logikanya ruangberlalulintas semakinsempit. Risiko

kecelakaan iuga semakirrlinggi," kata Kepala SatuanLalu Lintas (Satlantas)Purbalingga AKPSudarsono di PolresPurbalingga kemarin.

Sudarsono menjelaskan,data tersebut membuatangka keceiakaancenderung naik. Selain itu,kecelakaan juga diPicutingkat kesadaranmasyarakat untuk taatberlalulirrtas vang din ilaitidak ada perubahan.

lnfrastruktur tetap, logikanya ruang

berlalulintas semakin semPit ttAKP SUDARSONOT'I

Kasatl antas Pol re s P u rb al i n g g a

Ia rnengatakan,peningkatan angkakeceiakaan tahun ini jugadipicr.r pengalihan arus 1alulintas akibat a mblasn yajembatan Comal bebdrapawaktu lalu. Dengan kondisiini, ia sangat berharapmasyarakat memilikikesadaran hukum untuk.taat aturan lalu lintas."Tnggal perilakumasyarakat dalami:erkendara seperd apa,disipii:r atau tidak.

masyarakat LLnttrk ikut andildalam mendidikmasyarakat dalamberlaluhntas," katanya.

Data Satiantas PoLesPurbaiing ga rnenyebutkanangka kerrtatian akibatkeceiakaan iaiu lintas dijalaflan Purblingga padatahun 2014 mencapai 118

orang. Jumlah ini naik 34

persen dibairding tahuniet'eiurnnya yanf hanya 91

"

kor-ban.Sud arsoni: mengatakan,

meskipun angka korbanter,r,as naik, namun angkaleecelakaa:r: turun. ]ika Pada20t5 i:erja.di tl6',: kecelakaan,iahurr 2t,14 turur,. nrenjadiit28 kecelakaan.

"Kecelakaan iurun,korban rneninggal naik'Kecelakaan didominasikendaraan roda dua.Adapun korban kecelakaan,didominasi karyawanslvasta, rliikuti relajar danpegaw ni rir:gsf i./' k;r^tanYa.

{a{gaxr86$ yah++.c<:rrt)

KLIPINGMEDIAIIINIAOnUiiifiri

$$arsLrrpi:)sT SETASA PON, 3O DESEMBER 2OI4

Tiap Felcan Ada100 ilIotor: Bffirtf

j) Oaam seminfgu saja, 300-400

motor baru turun ke jalan'

I Ta.raparrnva 1 ,r ..rir3ii<a

kecelalaan tur r-r-n, jurnlahkorban juga turun,"katanya.

Set,agai upa; a ;rrrtisipasi,tahun depan ia dananggotanya akanmenambah enerp;i untukmelakukan tindakanmengedukasi masyarakathingga melakukanpenindakan terhadappelanggar lalu lintas. "Kamiiuga meminta kepada orangtua, guru, dan tokoh

iiAiri,ii\ iiuiliAit bif i iiri N.ariLri'Ar Li\ rlr(D-ir^U\J-t

Page 36: Kliping Berita 30 Desember 2014

KLIPINGMEDIAnIftllll IIInilfl ol.arnluna-lnnt urtttlnl lu llal

i,flUlnii iiuiYliir, [iiiun

SATfiLT?FffiSY SEI.ASA PON, 30 DESEMBER 2014

Polrea-W;ipadii ISISdan Alqsi K=ermr$"s

PURBALINGCe.SaTErlluo:} Komandan roairn ozoz purba_Kepa ta potres purba lin :p:,lf: k; f t "g|r,'ilr"" Kolonet Agustinus Si_misaris Besar Anom Seiyadf i menga_ .,u[i, mengatakan aktivitas ISIS ditakan, pihaknya terus melakuk?n i;A;;;;" saar ini belum terlalukoordinasi deiean ru .r"rut *Ij il;ffi l genring keamanan. Hanyaningkatkan pertihanan.clT iq;;_ _rrjt llir", provokasi seperti oe_nan di wilavah' selain *, r.rri;"g, #ffi;; bendera atau peinutaiantetap meniirskatkan kewaspa,ialn ,iJ"" fi *"Oia internet. yang patuttidak hanya 'ferhadao ,:,::_{ii# gi;'r-rf;i!, *enurutnya, adalah ke_

:lj;?"11i,:jfii jfff,mun iuga ura idrs ai.rrak dan suriah sudah" %i, d ." ;*,1 ilF#r :::rg** H:l*'j, f ;l,X f ;l',lgf g

". f luntuk tidak tbrhasrit pada_ri.i"" ls-rs .rilr,'ii'turrrr, u ir.tersebut. ISIS tidak ada di.Indonesia, ":,I#";;kj

yang pu.lang akan mem_hanya ada di luar *"u. Nu*.* la"j fr#iO'"|i"g, fSfS, iru yang bisa iadioioginya bisa menjangkit.li sin;,; icit- ;;;;;'anya dr porres nuitaffis, kd;;. ffiffi*?,ilfrffijfrfr:/,ff,ffi1*,

Menurutnya masyarakat di Pur-balingga memiliki kesadara n berne-gara yang tinggr dan kecil kemung-kinan untuk terlibat dengan ISIS.'iMeskipun demikian kamiietap me-mantau dan sosialisasi ke warga ter-.$t4Ura di lokasi-lokasi rawan sepertidaerah terpencil dan tempat-terirpatyang pernah disergap oleh Densus88 beberapa waktu Iall. Selain iru ju-ga beberapa warga yang serihgmembesuk Abu Bakar Baasyir dlNusakamban gan," uiarny a.

Sementara itu, Irjen Pol Dwi pri-y_atno, .Inspektur PengawasanUmum (trwasum) Mabes?olri me-ngatakan, Polri melakukan penyeli""

dikan intensif tcriad,lp vicieo arricamafl anggota -i91S,lzang dir-rnggahke \ o u tube. l}.r nret''ga ra lian, ii ki ier-bukti ada rrirsur pilaiiggaran un-dang-undang, I'olr i ak.:.ii inenindaktegas sesuai ketentuan.

Dia, rnengat,: k,,n, pe;r1 elrdikaniuga difokuil<an, satri Ci intaraxyapada indikasi pclanguaran Lr[J ln-formasi dan Tran-.aliii Elektronik."l(ita selidiki secara iltensif untukmengetahui orang dan motiinya,lika memng terbukti kita akan tin-dak. Kami mengimbau agar me-ningkatkan kewaspad aan," kata nvasaat melak,-rkan kirnj ungan ke PoiiesI'urbalingga. igam!

RAGiAi.i HiintA; SETDA iiABUFr\TEN i-uF.B.lLiliCGA

Page 37: Kliping Berita 30 Desember 2014

Itll1!

E{TJ=,0)3_o

E0)a3q)uootloo-o_

xxoo30,o-o)

=v(,oeouod0)30)xo)

agt

tag(o(o9)

OJfe.d:,0)q-uo3o-oi3o11

6;r(ne-0*p=1;

^=t$Ya;IINY-r' 1

Page 38: Kliping Berita 30 Desember 2014

KLIPINGMEDIAn I /1I lllgnl-llEt

UNUIruIilInilfi {Imnlqitf,tIf l!altl

ituiYlJl0 0iiiun

SnrmlITpffis"t- $Gt&sA p0N,30 DESEivIBER 20.l4

Pancuran-ffithlon GelarPasare Watu Klawing

SEORANG penjual memperlihatkan batu Klawing pada calonpembelinya di gelaran pameran potensi dan produksiKecamatan Rembang, di pasar Kertajaya Desa MakamKecamatan. Rembang purbalingga, Minggu (2Si.lZ0).

I{II,\IINGGA, SATELIT- meran aratr bazar biasa.P,OST*BoomingbatuKlawing Dikutip dari rllis hutrtas.d1 kalangan masyarakat di_ pemkab, pengelola mernbrrkamanfaatkan_oleh pengelola 15 stand-yaig akan buka se_oD;ekwisatalrancuran Ciblon tiap saat-seja"k langgal I Ja_P:b-.r,rgi untuk menggelar nulri iOli. fi"rlo,lunyu, pr_ti:T1111,5]lyi"g.pasarini sar akan dibuka n.,p'uti 3"aKan_.clllakukan permanen kento Rido Marhaenhrianto.oan tlcrak hanya seperti pa_ pemilik obiek lvisata pan_

curan Ciblon, H Barosat me-ngatakan, dengan animo ba-

llaknya pengunju,ng yangdatang ke pameran batu Kla-wing beberapa hari lalu diPurbalinggaf pihaknya se-ngaja membuka stand ichususp,^eniua.lan ba tu Klawing."Stand. ini.sekaligr"rs men jadinrang bagt para perajin batuKlarving, dan memberikankemuda han bagi penggemarbatn KlawinS yrni utar-trnembelinya. Kairi tidak me-mato.k waktu sampai kapanstand tutup, selama'masili di-buru bany-ak penggemar, ka-mi tetap buka," Iialanya, Se-nin (29 /72).

Barosat menambahkan,semula pihaknya hanya me-nviapkan enam buatr standpenjuaian, namun ternyataanimo para peraiin luar biasa."Akhirnya liami menyiapkan.t5 stand penjualan.- Semuajenis pernik-pernik batu Kla-wingnarrti dijual disini," ujarBarosat. (lil)-

BAii i.\;i HLl\ iAS SETDA i$BL F'ATEii F'JRBALi:itr;A

Page 39: Kliping Berita 30 Desember 2014

KLIPINGMEDIAn I nIlllunurut

I[ntln mirnl Nmn tTnlfln Ist rhr&l t! I r rn ltatup n I anttJ-E

iiuiiiili'iiiiUn I Uf$ifiliii-ttun

SarnIITP'i:)sr SEI.ASA PON,30 DESFMBER 2OI4

Sunar Disidaraglcarena Curi Sekaruraffi ilafumi

q{Oari tangan terdakwa disidbarang bukti berupa satu karung

berisi lombok seberat 34 kilogramseharga Rp 450 ribu.!$

HARYANTAJaksa Penuntut Umum

PURBALINGG&SATELIT-POST - Sunar, pemuda desaberusia 20 tahun, merasakanakibat atas tindak kriminalyang ia lakukan. Remaia asalDusun Bambangan, Desa Ku-tabawa, Kecamatan Kararg-reja ini kini tengah menjalaiiproses persidangan di penga_dilan Negeri puibalingga se_telah tertangka p basah"wargamencuri sekarung cabai.

Senin (29 /I2), ii menjalanisidang dengan agendamendengar keteranga n saksi.Sidang dipimpin N6nden Ri-ka Puspitasari dengan hakimanggota Agustinus yudi Se_tiawan dan Bagus Trenggonoserta pa n i tera penggantilnf;Yulian Herawati.

Jaksa Penuntut Umum (J-PU) Haryanta mengatakan,terdakwa tertangkaf tanganoleh warga membawa seka_rung lombok seberat 34 kilo,

gram pada Rabu (1/10) dini-hari. Cabai ini diambil dari te-ras rumah Sutoro warga Du-kuh Siaren, Desa /KecamatanKarangreja.

"Sebelumnya terdakwahanya iseng naik motor jalan-jalan malam hari. Motor ke-mudian dimatikan karena ja-lan turun. Di depan rumahkorban terdakwa melihat em-pat karung warna putih. Ke-mudian, terdakwa mengam-

bil satu di antaranya dan me-naikkannya ke motor,'' ka-tanya.

Setelah mengambil karungberisi cabai itu, Sunar lalumenjalankan motor tanpamenyalakan mesin. Namun,belum jalan 10 meter dari 1o-kasi, aksinya kepergok dandikeiar warga. Saking takut-nya, Sunar tak bisa rnengen-dalikan sepeda motornya danjatuh ke selokan. Terdakvra

kemr"rdran diseral-rkan ke Poi-sek Karangrrja"

"Dari tarr"gan terdak-,rya di-sita barang bukti berupa satukanrng i:erisi lombok seberat34 kilograr.n seharsa Rp 450ribu dan sepeda nx-rtor yangdigunakarr oieh terdakw;runt uk mer-ri alankan al.-sinya, "katan,va,

JPU mendakvra Slurar de-ngan Pasal 363 a;zat 1 ke-3tentang pencurian. Sidangdiun<lur rninggu depan ka-ren.r pada si<iang kedua ke-rnarin, derrgan agenda kete-rangan saksi, tak ada satuplrn saksi yang hadir. (gan)

BACI Ai ii L, ivi AS S LT DA K ABi' F ATEI{ ii ; (EAi-i-'ii;tl] A

Page 40: Kliping Berita 30 Desember 2014

KIIPINGh,IEDLA

BAffAil HUlilA$ $[MA HIIBAINffiA

wawaSan

,:, aO'b i::.* j*-t--:--------*

-

._ _

__u_-.*..r/

Dnulft\ rlvtvrc lwrtn @ur htDl\ I v@n

Page 41: Kliping Berita 30 Desember 2014

E-v r-'>,4\o

;* (r)

'E,L:^nz^

o ,--(, nt-*i

J,v\s

o'+<!v

i" il'qj -Y3s

H'S

<.9

"v !D

(^iq.Sb.fs5;sqs*

S-llqa"E{U

^iv.+i .:

*d6E) cs

:UFrt<1 :gsEl t<

rh i2c<*(rir

^\ A(

Page 42: Kliping Berita 30 Desember 2014

KLLPINGMEDIA

BAffAil fltllfi$ ffiXI}A HIXBTIilIffiA

wawaSan

rrr{r.a6 rqFrrilrDnrf frriarDt"W ttuFru |&rua twraaut\ I upry'li\run

Page 43: Kliping Berita 30 Desember 2014

I7T E}TLTN T TT?I\T II\Ltrllru fl.!trurflBAOIAil H[I[{A$ $[IDA HIIBAINOOA

L LI I'Tt\LlJFt\rL I ntr l\Ftr\ t n I

SEI"ASA PON 30 DESEMBE R 2014

1ffi Rumah Tak Iayak Huni DirehabPTIRBALINGGA (IG,) - Tidak kurang dari 100 rumah dise-

rahkan kepada 100 kepala rumah tangga (IGT) di empat desa,

Senin (29112 ). Masing-masing Desa Karanggedang, Penarubandan Tidu Kecamatan Bukateja serta Desa Kedunglegok Keca-matanlGmangkon.

100 rumah yiurg baru selesai dipugar itu bantuan rehabilitasisosial rumah tidak layak huni (RTLH) dari Kementerian Sosial(Kemensos) RI. Penyerahan secara simbolis oleh BupatiPurbalingga Drs Sukento Rido Marhaendrianto MM kepadapenerima, ditandai dengan pemasangan plakat di rumah wargaDusun I Desa Karang Gedang Kecamatan Bukateja KabupatenPurbalingga, Senin (29112).

Tbtal bantuan RTLII sebesar satu miliar rupiah diberikan kepa-

da 100 IGT di empat desa. "Masing-masing I(RT mendapatkanbantuan sebesar 10 juta," tutur Kepala Dinas Sosial lbnaga IG{adan Tlansmigrasi (Dinsosnakerhrans) Purbalingga, Ngudiarto.

Bantuan RTLH digunakan unhtk merehabilitasi rumah tidaklayak huni bagi keluarga miskin. Selain bantuan Rp 1 miliar dariKemensos RI, Kabupaten hrbalingga pada tahun atggaran20l4juga mendapatkan anggaranyangbersumber dari dana hibah da-

lam negeri sebesar Rp 150juta.Sedangkan bantuan sarana lingkungan, tambah Ngudiarto,

diperuntukkan bagr tiga desa, yaitu Desa Karanggedang

,Penaruban dan Tidu unhrk membangttdrainase dan talutjalansebesar masing-masing Rp 50 juta/desa.

iBantuan sarana lingkungan tersebut merupakan bantuanstimulan yang diberikan pada bulan November 20L4 melaluirekening masing-masing ketua kelompok unhrJ< membeli materi-a1," ujarnya.

Bupati Sukento mengatakan, kebutuhan tempat rurnah danhunian layak tidak bisa ditawar-tawar lagi. Sebagai tempat ting-gal, rumah tidak sebatas tempat berteduh semata. Banyak man-faat dari rumah di antaranya sebagai media interaksi sosial kelu-

(Rus)-k

BAGIAN HUMAS SEMA KABTJPATEN PURBALINGGA