kliping berita tanggal 4 desember 2014

44
KLIPING MEDIA BAffIA}{ II[][{A$ $[TDA PUIBAItrOOA Radar Baqlumas o Kamis Pahing 4 Desember2014 lIa$rW I(rn{a lceluarl(ofta Hanya Bahas Dua Raperda PURBALINGGA - Tiga hari ke depan (3-5/12), kantor DPRD Purbalingga kernbali lengang. Untuk kesekian kalinya, seluruh anggota DPRD Purbalingga melawatke luar kota. Kecuali pimpinan dewan, seluruh anggota dewan berangkat ke Kabupaten Kr.rningan dan Kabupaten Bandung. Mereka berangkat ke luar kota untuk studi banding terkait pernbahasan dua raperda. Pansus I berangkat ke Kabupaten Kuningan untuk studi banding guna membahas Raperda tentang Perubahan Kedua Atas Per- da Nomor 13 tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah. Raperda ini diusulkan untuk menjadi perda sebagai landasan pe- mecahan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) menjadi dua Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD). "Kedatangan kami untuk mempelaj ari berbagai hal 1'ang berkaltan dengan perubahan SOTK, vairu sebagai persiapan memecah DPU menjadi dua. Di Kuningan sudah pernah melaksanakan itui' tutur Ketrra Pansus I, HR Barnbang I- rawan kepada wartawall, Rabu (3i12). t keha!1,1 * rt : ---*- -\ \ \- ---?-- RA{ilAN III'\{.\S SETDA K.\BLII,,'ITFN PURB.qLINGGA

Upload: humas

Post on 06-Apr-2016

252 views

Category:

Documents


8 download

DESCRIPTION

Himpunan Kliping Berita Lokal dan Regional Tanggal (04/12/14) oleh Bagian Humas Setda Purbalingga

TRANSCRIPT

Page 1: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPING MEDIA

BAffIA}{ II[][{A$ $[TDA PUIBAItrOOA

Radar Baqlumas o Kamis Pahing 4 Desember2014

lIa$rW

I(rn{alceluarl(oftaHanya BahasDua RaperdaPURBALINGGA - Tiga

hari ke depan (3-5/12),kantor DPRD Purbalinggakernbali lengang. Untukkesekian kalinya, seluruhanggota DPRD Purbalinggamelawatke luar kota. Kecualipimpinan dewan, seluruhanggota dewan berangkat keKabupaten Kr.rningan danKabupaten Bandung.

Mereka berangkat ke luarkota untuk studi bandingterkait pernbahasan duaraperda. Pansus I berangkatke Kabupaten Kuninganuntuk studi banding guna

membahas Raperda tentangPerubahan Kedua Atas Per-da Nomor 13 tahun 2010tentang Organisasi dan TataKerja Dinas Daerah. Raperdaini diusulkan untuk menjadiperda sebagai landasan pe-mecahan Dinas PekerjaanUmum (DPU) menjadi duaSatuan Kerja PemerintahDaerah (SKPD).

"Kedatangan kami untukmempelaj ari berbagai hal 1'angberkaltan dengan perubahanSOTK, vairu sebagai persiapanmemecah DPU menjadi dua.Di Kuningan sudah pernahmelaksanakan itui' tutur KetrraPansus I, HR Barnbang I-rawan kepada wartawall,Rabu (3i12). t keha!1,1

*

rt: ---*- -\ \

\- ---?--

RA{ilAN III'\{.\S SETDA K.\BLII,,'ITFN PURB.qLINGGA

Page 2: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

/tr

Ingin Dapat Informasi Detil

r lagi-lagiSambungan dari hal 7

Fiarapannya, dengan cia-

tang langsung ke lokasi,informasi yang cletail bisalebih mudah didaPatkan.Misalnya terkait SDM, ke-

butuhan personil dan da-lam peiaksanaan konse-kuensi anggaran' Hai itudilakukan sembari me-nunggu PP Pengganti PP

Nomor 41 tahun 2007 ten-tang Organisasi PerangkatDaerah.

"sesuai konsultasi ke Pro-pinsi, tentang SDM mau"pun personil, ternyata men-jadi kewenangan ProPinsi.Jadi nanti akan ada sedikitperubairan dalam isi ra-perda yang diusulkan itui'tambahnya"

Sementara itu, Pansus IIberangkat ke KabuPatenBandung untuk menambahreferensi tentang Pelak-sanaan Perda Desa di sana,

yang mana pansus ini se-

karang tengah membahas

raperda yang sama sebagaitindak lanjut dari imPle-mentasi UU nomor 6 tahun20I4 tentang Desa.

"Kami ingin membahasraperda ini rnenjadi Perdayang benar-benar lengkaP,Sehingga manfaatnYa bisalebih dirasakan oleh Pe-merintah desai' kata ang-gota Pansus II, Soberi A-

rofah.Ada beberaPa hal Yang

perlu ditambahkan dalamiaperda yang diajukan olehBupati beberaPa waktu laluitu. Misalnya tentang Pe-nulisan nama desa secaraalfabetik, pengkodean desa,

serta aturan Pemerataandana dan pembangunan ke

desa yang lebih adil ber-dasarkan luas wilaYah, jum-iah penduduk mauPun ta-nah bengkok.

"Kabupaten Bandung ka-

barnya sudah meneraPkanini. Informasi lebih detailakan kita cermati dan di-bahas kembali saat sudahsampai di Purbalingga,"jelasnya. (amr/bdg)

PURB[1I1{8OA24 rfi]tl

Anda memiliki unek-unek tentang berbagai haldemi perbaikan dan kemajuan Purbalingga yang

penting tidak menyinggung sara dan fitnah.Caranya ketik PBG: unek-unek

kemudian KIRIM SMS

KE: 081-327-333-778

Kartu lndonesia PintarYang terhormat bapak Bupati Purbalingga, kapan kartulndonesia Pintar dibagikan pada siswa2 yg berhakmenerrmanya.085227320080

BAGIAN HIII\,I.\S SETDT\ KABUPATEN PL]RB.\LINGGA

Page 3: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

B,{ON}{ III]II{A$ $[TDA PIjRBAIil'IOOA

Radar BanyUmaS o Kamis Pahing 4 Desember 20'14

i Bupati Ingatkan DPRfi

untukTetapkan APBDPIJRBALINGGA - BU-

pati Purbaiingga Drs HS,-ikento Rido Marhaen-drianto MM mengingat-

I

kan DPRD Purbaiingga,untuk menetapkan Ran-cangan Anggaran Pen-dapitan dan Belanja Dae-Laf, lnRfnO) KabuPatenPurbalingga 2015, men-iadi APBD 2015 sece-oatnva, Hal itu, diung-kaBkin oleh BuPati saatm6mberikan sambutandalam acara MusabaqohTilawatil Quran (MTa)Pelaiar dan Umum tingkatKabupaten Purbalingga, diPendipa DiPokusumo, ke-marin (31r2).

"Kebetulan dalam acara i-ni ada wakii ketua DPRD(Mukhlis SAg, red). SaYa

berharap bulan ini (Desem-ber, red) APBD sudah bisaditetapkani' ujar buPati.

Apa vang diungkaPkanoleh eupiti itu, adalahyang kesekian kalinYa di-lontarkan dalam acara res-

mi. SebelumnYa, dalamacara Peresmian kegiatanPadat karva Pangan (PKP)

se kabuPaten Purbalinggayang diPusatkan di DesaKedungwuluh Kecamatan

" {b----

"Kebetulan dalamacara ini ada wakilketua DPRD' SaYa

berharaP bulan ini(Desember, red) APBDsudah bisa ditetapkan,"

Drs SukentoBupati Purbalingga

Kalimanah, Senin (1/12)Ialu bupati juga menYam-paikan hal Yang sama.

Daiam kesemPatan itu,Bupati merninta Para ke-

naia desa, untuk mem-oerbanvak doa agar RA-'enO t iU"Paten Purba-Iinsga 20) 5 daPai dite-tuilti., tcpat waktu olehDPRD. Sebab, menurutBupati jika APBD terlam-bai difetapkan, aPalagisampai tidak ditetaPkanoleh DPRD, maka masYa-rakat akan mengaiami ba-nyak kerugian.

RA(;IAli Hl-I\,,LqS SETDA K,{BUPATEN PLI}18.'U,INGGA

Page 4: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

BAGIAN HUMAS SETDAKABIJPATEN PI]RBAIJNCGA

Page 5: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

lateng ini.Mantan Bupati Purbalingga

ini juga mengatakan, mi-salpun tidak ada kader inter-nal yang sesuai harapan, Pi-haknya akan mencoba men-cari kader eksternal. Namunada persyaratan yaug harusdipenuhi oleh kader eksternal,jika ingin diusung oleh PDIP.f)iantaranya memiliki Plat-form dan jde.ologi yang samadengan PDIP.

"Tak boleh ketinggalan, 1o,yalitas kepada partai juga kitdpertimbangkan. Iangan sam-pai seperti naik taksi, saatsudah menduduki jabatan,partai diabaikan.

\r

KLIPNGMEDIABAOW III][{A$ $[TDA PIJRBAIfi'IffiA

Radaf BanyUmaS o Kamis Pahing, 4 Desember 2014

PDIP Bakal PrioritaslcanKader Internatr

RekornendasiKewenanganKetuaUmum

PURBALINGGA - PartaiDemokrasi Indonesia Per-juangan (PDIP) Purbalinggamulai berbenah menjelangPilkada bupati tahun 2015mendatang. Secara umum,PDIP memprioritaskan baka]mengusung calon bupati Yangberasal dari kader internal.Namun sejumlah persyaratantetap harus dipenuhi bakalcalon,Pada kesempatan meng-

PENGARAHAN : Ketua DPD PDIP Jateng, Heru Sudjatmoko danpara pengurus DPC PDIP Purbalingga saat Rakercab diSekretariat DPC, kemarin.

hadiri Rakercab DPC PDIPPurbalingga, Rabu (3/12) diSekretariat DPC Purbalingga,Ketua DPD PDIP Jateng,Heru Sudjatmoko MSi me-ngatakan, tak hanYa di Pur-balingga, di pilkada Yangdigelar di ]ateng atau di 17

kabupaten/ Kota, komitmenpartainya juga sama. Kaderinternal yang diusung harusmemiliki kapasitas dan ka-pabilitas yang bisa diandal-kan.

"Yang pasti kader tersebutbila diusung oleh PDIP di-jamin mendapatkan duku-ngan dan bisa menang diPilkadal' kata Wakil Gubernur

B.\CI,.\:\ l]U\.'TAS SETDA }i.\Bi JP,A.TE\ PURBI\LII\GGA

Page 6: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

4\

BAGIAN IIUMAS ST,TDAKABUPATEN PURBAUNGGA

Page 7: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIA}{ IItj[ifA$ $EIDA PIIRBTIil'IOOA

Radar BanyUmEIS o Kamis pahing, 4 Desember 20.14

--PURBAI.IIIGGI TK$PRTL

KETERBU KAAN INFORMASI : aupati saal'filffitfiketerbukaan informasi dari para pejabat diPemkab Purbalingga.

RSUD Diminta LebihTerbuha

PURBALINGGA - Rumah Sakit Umum Daerah(RSUD) dr Goeteng Taroenadibrata Purbalingga,diminta membuka informasi kamar kepada calon'pasien secara terbuka. Hal itu, dilalarkan agar tidakada calon pasien yang kecele tidak mendapatkankamal, saat akan berobat ke RSUD.

"Saya sempat akan menelpon Pak Nonot (drNonot Mulyono, Kepala Dinkes Purbalingga,red). Supaya beliau membuka seluas-luasnyainformasi katnar kepada masyarakat. Kalau bisaditutis dengan jelas di depan. Sehingga,masyarakat tidak perlu menanyakan kepadaresepsionis terkait kamari' jelas Bupati Pur-balingga, Drs Sukento saat membuka RapatKoordinasi Pejabat Pengelola Informasi DanDokumentasi (PPID) di Operation RoomGraha Adiguna, Rabu (3112).

Bahkan, Bupati juga meminta kepada RSUDuntukselalu meng-up date ketersediaan kamardi website resmi RSUD dr Goeteng Ta-roenadibrata.

\l_,_ -_-\\ ,__-.

=\

IIAGL\\ I1UI,1..\S S!,TDA K,qBUP.'\T'!],N Pl ;RB.qLINGGA

Page 8: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

---a:- \\

kan karena masyarakattidak tahu. jadi kalau se-muanya sudah terbuka,permasalahan seperti itutidak akan terjadi Iagi,"imbuhnya.

Sementara itu, pembi-cara utama rakor PPIDKetua Komisi InformasiPropinsi Iawa TengahRahmulyo Adi Wibowomengatakan, di era yangsegalanya serba terbuka,SKPD harus terbuka ter-hadap segaia informasiyang dibutuhkan masya-rakat."Hari gini, sudah tidak

ada lagi jamanya orangmenutup-nutupi akses in-formasi. Hari gini jugasudah tidak jamannya lagigagap teknologi (gaptek)informasi. Maka, cakra-wala atau cara berpikirkita harus dibuka," ujar-nya.

Selain itu, dalam pasal 7

Undang-undang Keterbu-kaan Informasi Publik (UU

KIP), pejabat PPID selakubadan publik juga mem-punyai kewajiban menye-diakan, memberikan, ataumenerbitkan informasipublik yang ada di bawahkewenangannya kepadapemohon informasi pu-blik. "Selain itu dalam me-nyediakn informasi kepadpublik juga harus akurat,benar serta tidak menye-satkan," imbuhnya.Dia menambahkan, ba-

dan publik juga harusmembangun dan me-ngembangkan sistem in-formasi serta dol<umen-tasi. "Serta, mengeloiainformasi publik secarabaik dan efisien. Sehingadapat diakses dengan m-udah," Ianjutnya.Terkait rencana kebi-

jakan bupati untuk mem-buka seiuas-luasnya in-formasi ketersediann ka-mar di RSUD, dia jugamengaku sepakat denganbupati. (tyalbdg)

Informasi Harus Mudah DiaksesI BSUo

Sambungan dari hal 7

Sehingga, masyarakatbisa tahu kondidi keter-sediann kamar tanpa da-tang ke rumah sakit.Dia menambahkan, hal

itu diiakukan agar masya-rakat yang hendak berobatke RSUD tidak kecele, ka-rena kamar ternyata sudahpenuh. "Bayangkan sudahjauh-1'auh dari Karang-moncoi ke Purbalingga,ternyata tidak menda-patkan kamar," ujarnya.

Hal itu, menurut Bupatijuga harus dilakukan olehSKPD lainnya. termasukinformasi apa saja yangharus diberikan kepadamasyarakat. Sehingga, ti-dak muncul permasalanandi kemudian hari. "selamaini banyak muncul ko-mentar masyarakat di Fa-cebr:ok. Hal itu, disebab-

B,{GI,qN HI.]I{AS SETDA K..\BUPATEN ?L]RB.\LINGGA

Page 9: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIAil IIIjll{A$ $[IDA PIIRBAIII{OOA

Radar Sanyumas o Kamis Pahing 4 Desember 2014

DataPSKS Takvali('Pemde5Dfrotes

KARANGRE|A - ProgramSimpanan Keluarga Sejahtera(PSKS) sebagai kompensasikenaikan harga Bahan BakarMinyak (BBM) mulai di-salurkan di wilayah Purba-Iingga. Namun, penyaluranprogram tersebut menuaiprotes dari sejumlah warga.Pasalnya, data penerima PS-KS itu dinilai tidakvalid.Akibat data yang kurang

valid itu, pemerintahan desadan perangkat desa menjadisasaran protes masyarakatkarena dinilai ddak adi]. Pro-gram Simpanan KeluargaSejahtera (PSKS) sebesar Rp400 ribu untuk dua bulandikhawatirkan akan menim-bulkan iri bagi masyarakat lain

yang tidak menerima. Selainitu, tidak vilidnya data di-khawatirkan akan menye-babkan ketidakharmonisanantarwarga.

Kepala Desa Serang, Sugitomenuturkan, penggunaandata yang tidak valid itu me-nyebabkan keributan di ma-syarakat. Di Desa Serangbanyak warga miskin yangseharusnya menerjma justrutidak menerima konipensasitersebut.

"Warga yang dianggapmampu ;'ustru menerima, iniyang dikhawatirkan memicupersoalani' tutumya.

Akibat data yang tidak validtersebut, terjadi ketidakhar-monisan antar warga dan

berimbas pada partisipasimasyarakat ke desa. Wargayang tidak menerima danakompensasi dikhawatirkanmelolak untuk bergotong-royong dan ronda.

"Desa tidak ikut mendatanamun terkena imbas lang-sung dari masyarakatnyai'imbuhnya.

Gito menhmbahkarl baryakmasyarakat yang merasa mis-kin dan tidak mampu protesterhadap desa. Pasalnya, ma-syarakat menganggap bahwapihakdesayang mengeluarkandatatersebut.

Kepala Desa Karangtalun,Bobotsari Barnbang Supri-yatno' menjelaskan, data pe-nerima PSKS harus dikaji

ulang. Seiain itu, koordinasidengan desa juga harus di-lakukan. Sehingga masyarakatnantinya tidak menyalahkandesa.

"Banyak warga yang se-.harusnya menerima temyatasebalil rrya," tutumya.Adanya koordinasi data

warga miskin antara Pemkabdengan desa juga akanmem-buat program PSKS tepatsasaran dan diterima olehmasyarakat yang berhak Pa-salny-a, desa secara detail me-ngetahui warga yang berhakmenerima dan tidalcrya.

"Kalau boleh jujur semuapasti akan tunjuk jari saatdidata, namun desa juga tahusiapa yang berhak dan siapa

yang tidak berhals' jelasnya.Kepala Desa Onje, Budi Tri

Wibowo menuturkan, ke-tidalguasan masyarakat ter-hadap tidak validnya data inimembuat Kades dan perang-kat desa menjadi bulan-bu-lanan warganya. Akibatnya,hal itu tidak baik untuk pem-bangunan desa.

Budi menambahkan, ke-sadaran dari masyarakat jugaperlu diturmbuhkan. Agar or-angyang mampubisa berbagidengan yang tidak mampu.'Adarrya kesadaran maslarakatantara yang berhak dan tidakberhak menerima juga harusdidekati secara pribadi agartimbul kesadarani' jelasnya.(Iok/bds)

BAGIAN HUM,A.S SETDA ILABUPAIEN PURBAI-INGGA

Page 10: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

ift,Eo

J<

ttiYat,o-.(,g(!

Ets'a(,Ea.

Ec(gdttoEauoa,trturs\atrlt'GEr{(,oY.E(E

s'=

rgED

IEB.csE'd'

?,a,Yao-

.zou,t.Fz

BAGIAN HUM,q.S SETDA KABUPAIEN PTIRB,qLIhIC,GA

Page 11: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPNGMEDIABAGIA}{ IIt]}lIA$ $[T'OA ItrJIBAIfr{ffGA

Radar Banlfumas o Kamis Fahing, 4 Desember 2014

Dindik Diminta Dukung Sejarah LokalPURBALINGGA - Dinas

Pendidikan Kabupaten Pur-balingga diminta mendukungpengenalan sejarah dan ceritalokal Purbalingga. Pasalnya,banyak sejarah dan cerita-cerita rakyat Purbalingga yangsaat ini belum banyak diketahuimasyarakat, terutama generasimuda Purbalingga.Hal tersebut disampaikan

Ketua Komunitas Pecinta Se-jarah dan Budaya (KPSB)Purbalingga,Sigit Subroto saatmeluncurkan buku Purbaling-

ga daiam Legenda karya penulissenior Purbalingga, Tri Atmo,Selasa malam (2112).Menurutnya, buku tersebut

diharapkan bisa menjadi te-tenger (penanda, red) jikaPurbalingga memiliki legendayang layak diketahui masya-rakar, khususnya generasi mu-da.Dalam buku setebal 42 ha'

Iaman itu, terdapat 12 iegendayang berasal dari berbagaidesa di Purbalingga. Yaituterdiri dari legenda Putri Ayu

Limbasari, Sayembara Mem-buat Sungai, Ifai Narasoma,Desa Kaiimanah dan Ceri-tanya, Makhdum Waii Pra-kosa, Pantang Makan IkanTambra, dan Bambu Kramatdi Majatengah.

Selain itu, ada legenda Ke-rajaan Galuh Purba di KakiGunung Slamet, Asal-usulDesa Siwarak, Desa KepokanKalitinggar, Makam SyekhIambu Karang, Pangeran Mak-hdum Cahyana dan KadipatenOnje.

Ki Arsantaka yang juga di-tulis oleh Tri Atmo. Ki Ar-santaka menceritakan sosokArsantaka, yang ikut mem-bidani iahirnya KabuPatenPurbalingga.

Sigit Subroto menambah-kan, dalam waktu dekatI(PSB akan meluncurkanbuku ketiga kalinya yangberisi tokoh-tokoh sejarahlokal Purbalingga. Merekaitu, termasukyang namanyadipakai menjadi nama-na-ma jalan, seperti Lettu Ku-seri, Serma Jumiran, UsmanJanatin dan sebagainya.

"Khusus untuk buku ke-tiga, seluruh anggota KPSB

menjadi penulisnYa. BuPatisudah siap membantu pen-cetakannya," tambah Sigit.(amr/bdg)

Siap Terbitkan Buku Ketiga

r 0indiltSambungan dari hal 7

Penulis buku, Tri Atmomengatakan, meski buku itumasih jauh dari sempurna,namun paling tidak bisamenambah khasanah ba-caan bagi generasi muda."Saya berharap, Dinas Pen-didikan bisa memasyara-katkan buku ini sebagaibacaan pelengkap di per-pustakaan sekolah. Atau pal-ing tidak sebagai bahanbacaan muatan lokal. Se-hingga para pelajar menge-tahui legenda-legenda yangada di Purbalingga," ung-kapnya.

Sebelumnya, KPSB jugapernah meluncurkan buku

RA(iIAN HL]B,IAS TiETDA K.SI}LIPT\TEN PU1TBALINGGA

Page 12: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIAI{ HIIiNA$ $[MA PIJRBITNGGA

Badar BanyUmas o Kamis Pahins 4 Desember 2014

0mzetMenggiurkan,

Perai in Batu Klawing MeniitmurnfMSeNC-natu Klawing

Purbalingga kini makin di-minati masyarakat baik darilokal Purbalingga maupdn luardaerah. Tingginya perninatBatu Klawing itu membuatmasyarakat berlomba-lombamembuat alsesoris lang saatini sedang tren. Perajin batuakik khas Klawing kini se-makin menjamur karena ter-giur omzet yang menjanjikan.

Kepala Desa Panusupan,Imam Yulianto menuturkan,kerajinan batu akik di DesaPanusupan sudah ada sebe-lum Batu Klawing ini terkenalseperti saat ini. Bahkan, pe-

merintah sudah memberikanpelatihan kepada para peraiinagar berkarya secara pro-fesionai dan menghasilkanbarang yang berkualitas.

Kepala Desa Bungkanel,Karanganyar H Mukti Fatonimengitalian, uen batu alcikmemang sudah berubah saatini. "Dulu orang menganggapmemakai batu akik disebutdukun, atau suka mistis. Saatini memakai batu akik sepertikeharusanj' tuturnya.

Toni menambahkan, saat iniada tiga perajin batu akikdansatupengepul batu akikdi DesaBungkandel. Hal ini berdam-

pak baik pada industri pe-ngajin peral(, emas, danlogamdi Desa Bungkanel.

"Iadi emban atau ringcincindipesan dari para perajinlogam yang ada di Desa Bung-kanel, ini bagus untuk mem-buka peluang kerjai' imbuh-nya.

Halyang sarna diungkapkanoleh Kepala Desa TiutjurgmuliJoko Pranoto. Menurutnya,dalarn kurun waktu dua bulanterakir ini di Desa Tunjung-muli ada sepuluh lebih perajinBatu Klawingbaru. Sedangkanmasyarakat yang mencaribahan berupa Batu Klawing di

MENJAMUR I Moncernya batu Klawlng membuat masyarakat

ramai-ramai menJadl perailn batu akik'

sungai maupun ladang iuga rena penghasilan dari me:

;;i;ilt#y"k ngolahbatuxlawin-ginrculap"Hal ini biia mengurangi mlnggiurkan juga," tutumya'

minat merantau ke liota. Ka- (Iok/bdg)

RAGIAN HLMAS SETDA KABUPATE}'I PURB,\LINGGA

Page 13: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPNGMEDIABAOIAil IItj[{A$ $EINA IIjRBAIT{ffOA

Radar Banyrmas o Kanris Pahing 4 Desember2014

Sigap HadapiBencana

KONDISI Desa |ingkangyang terpencar antara satudusun dengan dusun lain-nya membuat Perangkatdesa harus siaga. APalagi,saat riremasuki curah hu-jan yang tinggi disertaiangin kencang.

I kehall0

kendala, sehingga harus adalangkah cadangani' imbuhpria kelahiran 1B Desember1991 itu.

Kepala desa dan perangkatdesa selalu memberikanpengertian kepada masva-rakat agar memberikan ka-bar saat terjadi bencanaalam atau hal lainnya. Se-

hingga, desa bisa langsungmelihat kondisi dan me-lakukan tindak lanjut.

"Setiap minggu, perangkatdan kades juga meluangkanwaktu untuk siiaturahmi kedusun atau grumbul untrrksilaturahmi dan membe-rikan pemahaman," jeias-nya. (Iok/bdg)

Rutin Kunjungi Warga

: siga[Sambungan dari hal 7

"Wiiayah perbukitan daniereng di Desa ]ingkang jugamasuk rawan longsor dan a-ngin," tutur Kaur Keuangandan juga tokoh pemudaJingkang, Ruyono ANIdKom.

Selain berada di wilayahperbukitan, permasalahankomunikasi yang sulit jugamenjadi kendala. Pasalnya,I{andphone sulit menda-patkan jaringan komunin-kasi.

"Letak desa dan jaringankomunikasi sering menjadi

ts.\GL\N HUI'IAS SI,'I'D;\ K.{BUPA ll,N PLjRB.'U-II.\GGA

Page 14: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPING MEDIA

BAOIN II[][{A$ $EI'DA ItI[BAiil{$ffA

Radar Banltumas o Kamis Pahing 4 Desember 2014

Olmum Polisi dan StpirDituntut4 BulanPURBALINGGA - Usai men-

jalani sidang pembacaan dak-waan pekan ialu, dua oknumyaitu anggota Polres Purba-lingga berinisial BO (41) dansipir Rutan Purbalingga ber-inisial MW (55), menjalanisidang lanjutan di PN Pur-balingga, Rabu (3/12). Ke-duanya dituntut empat bulanpenjara karena melakukan tin-dak pidana perjudian.

Sebelumnya, terdakwa di-tangkap bersama dua warga

Iainnya, DM (48) warga Ke-lurahan Purbalingga Kidui,Kecamatan Purbalingga dan G](46) warga Kelurahan Mer,r,ek,Kecamatan Kalirnanah saatsedangbermain judi jenis dadudi sebuah pekarangan kosongdi wilayah RT 1 RW I Ke-lurahan Mewek, KecamatanKalimanah, pada I SeptemberIaiu.

Dalam sidanglanjutan itu, BOdan DM dan GJ dituntut oiehIaksa Penuntut Umum (JPU)

Ismail Fahmi empat bqlanpenjara. Ketiganya terbuktimelanggar pasal 303 ayat I ke-2 KUHP m.eskipun merekahanya memasang angka dadu.

Sedangkan di ruang sidangterpisah, terdakwa MW yangberperan sehagai bandar jugadituntut oleh jaksa SukestoAriesto empat bulan penjara,Sebab ia terbukti melakukantindak pidana perjudian danmeianggar Pasai 303 ayat I ke-2 KUHP.

Pasang Minimal Rp 10 Ribu: 0lrnum

Sambungan dari hal 7

Sidang hari itu di diketuaioleh Totok Sapto Indarto de-ngan hakim anggota GunturPambudi dau Ageng Priam-bodo. Sementara itu, humasPN Purbaiingga, Arief Yu-diarto menjelaskan, dalamsidang dakwaan itu di-sebutkan bahwa keempat-nya melakukan judi dadudengan MW sebagai bandardan tiga terdakwa lain se-

bagai pemasang. Masing-masing pemasang mele-takkan uang di kain putihyang sudah bertuliskan ang-ka.

"Permainannya, bandarmengocok dadu. Lalu saatjumlah angka dadu sesuaidengan tebakan pemasang,mereka mendapat keun-tungan Rp l0 ribu untukpasang nominal Rp 10 ribu.iika tidak, maka uang yangdipasang akan masuk untukbandar," ri ncinya, (amr/bdg)

B.\GlANr HLI\,1i\S SETDA K.SBUPATEI{ P\,IRB.qLiNGGA

Page 15: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPING MEDIA

BAffIA},I IIIIIiNA$ $[T}A PI]RB,{Ifi{IifiA

Radar BarryumaS o Kamis Pahing, 4 Desember 2014

-JURBAII]IGGATI(SPRESCabai Merah Tembus RP 70 RibuBOBOTSARI - Hanya dalam dua hari, harga cabai melon-

jak dratis hingga menembus Rp 7Oribu per kilogram. Ma-

halnya hargicabai tersebut dikeluhkan pedagang danpembelicabai.-

Pembeli cabai Pasar Bobotsari Susiyanti (sz) mengakukaget dengan lonjakan harga tersebut. Padahal, dua hari lalu,

Suii men[aku rnembeli cabai dengan harga Rp 40 ribu per

kilogramnya.M6skipuh kenaikan dianggap tidak waja5, Susi-terpaksa

belanjaiabai. Pasalnya, cabai merupakan keb.uttlhan yang

penting. "Tetap beli tipi dikurangi, biar biaya belanja tidakmembengkak" tutumya.

Pedagang cabai Sulaitri (40) menuttukan, kenaikan harga

cabai, slbenamya tidakterlalu mengagetkan para pedagang.

Selain cuah hujan yang masih tinggi, saat ini masuk bulanDesember. "MenjeiangNatal dan tahun baru harga akan

nailq begitu juga cibai yang sudah naik dari sebulan lalu, dan

kembali nailq" tuflrmya.Lastri menambahkan, saat harga normal cabai merah

hanya d.ijual Rp 1 B -20 ribu per hlogram' Saat ini cabai merahnaiti emiat kali lipat menjadi Rp 70 ribu. Sedangkan, harga

cabe rarnrit saat normal seharga Rp t2 ribu saat ini naikmenjadi Rp 45-50 ribu per kilogramnya.

"Omzet jelas turun, pembeli jugabanyakyangkecewa karena

tertalu tinggi nailorya/' tunrmya.Petani cibai Kutabawa sekaiigrrs Ketua BPD Kutabawa

Slamet Damisno menuturkan, saat ini para petani belummasukmusim panen. Sehingga wajarbila harga cabai masih

tinggl di pasar,ur."Fetanibaru masuk musim tanam bulan lalu dan belum

masuk musim panenj' tutumya.Slamet menambahkan, tingginya cuah hujan di malam

hari juga membuat petani cabai harus siap menambahong(os produksi. Pasalnya, kandungan asam yang tingglailhulan hirus diatasi secepat mungkin agar tanaman tidakmati. (Iok/hdg)

' PUTUT]RAOARMAS

PUSING : Pedagang cabai juga mengaku pusing dengankenaikan harga yang drastis.o

Il,\GIAli f1lh{As SETL}.'\ L\BLI?:\TEN PURBILINCi(iA

Page 16: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

2ts

*(E3'Eo:i(E

Ef*G

R'

oE

J'

Eth.g

'i6Eo.:l(I,.!o

J<(!'daaitl,

(!a,E)

f(l,

6

Eo(!O)

(!d9'oeo;"6:E(6.:l trJLtr6,OEO.O

(geLd(!O

rZo.

oo

rE(E

aOta':-

-l (!dra\<.13o;

@.\ t' .:;.

.ii. ' .,

'lf , :.,r.

voN

o_oEoaoC$o.)cE(!'a--aE$

.YC

u,GI

LT

>.'H{t

fi^l{IE€GI

tr

'*'

'*-1.,1.ii

R,\GIr\N HI i\4AS SF.TDA L ARi ]PATF.N ?tIRY!.'\LINGGA

Page 17: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIA}{ IIIiIIIA$ $EMA PIJIBAINOOA

wffi&,rffisffi83 Kamis Pahing, 4 Desember 2014

ffi*,#&* Prffiyst{ GagalDisetes&n*$(Enffi

PURBALINGGA- Dua proyek pembangunan diKabupaten Purbalin gga yang menggunakanAPBD tahun 2074 gagal diselesaikan. masing_masing proyek peningkatan jalan yangmenghubungkan Desa Danasari, KecamatanKarangjambu-Desa Sirau, Kecamatan Karang_moncol dan proyek peningkatan saluran irigasidi Desa Losari, Kecamatan Rembang.

_ "Proyek peningkatan jalanDanasari-Sirau diprediksigagal diselesaikan dan pelak-sana proyek mengalami putuskontrak karena lringga sjat inipengerjaan barr 49 persen darirencana awal. Jalan tersebutdiperbaiki karena rusak akibatbencana alam longsor akhirtahun lalu," kata Kepala Bi-dang Bina Marga Dinas peker-jaan Umum (DPU) Kabr_rpatenI'u rbalingga, Cahyt.r Rudia n to,Rabu (3/12)

Total-panjang jalan.yang di-garap adalah 4,8 kilometer den-gan lebar 3 meter. Namun yangdiaspal baru 2 kilorneter. 80bmeter jalan baru pengganiiJalan yang rusak, baru selesaidimakadam.

. Padahal untuk pengaspalanlatasir berupa aspal goreng, se-telah dimakadam harus mela-lui tahap pelapisan stenslagatau kerikil dan aspallapis pen-etrasi (lapen).

Selain itu 2 kilometer Iain-nya juga belum digarap sama

sekaii.Padahal, batas waktu pe-

ngerjaan proyek yang digarapoleh CV Cipta Usaha hingga 9Desen'rber. Adapun dana yangdianggarkan dari APBD untulpengerjaan proyek itu sebesarRp 2.298,906.000.

"Kalau sampai batas waktubelum selesai, sehari kemu-dian, kami memproses putuskontrak," katanya.

r*X Irigasi LosariSementara itu, Kasi pengelo-

laan Sumber Daya Air (PSDA)Bidang Pengairan DPU Furbal-ingga, Sumarno mengatakanproyek peningkatan saluran iri-gasi di Desa Losari, KecamatanRembang bisa diprediksi gagaldiselesaikan.

Sebab, perbaikan salurandari Sungai Pining ke area pe=sawahan warga itu, hingga ke-marin baru selesai 25 persendari rencana.Proyek yahg di-kerjakan oleh CV Damar Jati

dengan anggaran Rp948.645.000 itu sebenarnyasudah melewati batas waktupengerjaan pada 27 Novemberlalu. Progresnya yang sangat

lamban, hingga batas waktukontrak bahkan baru tergarapkurang dari 10 persen.

Bupati Purbalingga SukentoRido Marhaendrianto mengata-

kan, gagal diselesaikannya pro_yek.pembangunan menlaai te-rugian bagi masyarakat, pe_merintah dan koniraktor itusendiri.

"Masyarakat tidak dapatmenikmati hasil pembangunandengan baik, sebab pekerjaaniiu belum selesai," urrgkapnya.tra sT_Tj

B.q.GlAN HLIN'I,\S SET DA K,\R{JPATEN PURBi\LINGGA

Page 18: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

-'-' -.-_--- ---:=--tr-

'vAJ

L

bO

a"ts

oa

,sqbO

,$

vct

v\tss'L

::H.i l-utf\R:*n*Stu):p'lt

J-y

- lr.

ts'+-"v

UOS-*Ysqb{ s-oa.*:Rts^(soo Oo

qJ<.5s

't do

J^E

vs

BAGIAN I{U\{AS SETDA KqBUPATEN PL]RB.^,IINGGA

Page 19: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOW III]ll{A$ $E[DA PIIIBAIil{OOA

rvI&Ttffi[S&XlI

Kamis Pahing,4 Desember 2014

Pejabat JanEan MenutupAkses lnformasiPURBATINGGA- Di era yang segaianya serba terbukaseperti saat ini, sudah tidak zamannya lagi pejabat publikmenutup-nutupi akses informasi kepada masyarakat. Ka-rena yang wajib dilakukan adalah melakukan keterbukaanintbrmasi.

"Melalui keterbukaan informasi diharapkan tran-paransi atau keterbukaan akan muncul. Hari gini sudahtidak ada lagi zamanya orang menutup-nutupi akses in-formasi. Hari gini juga sudah tidak zamannya lagi gagapteknologi," kata Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Ja-wa Tengah Rahmulyo AdiWibowo, pada acara Rapat Ko-ordinasi Pejabat PenE;elola Informasi Dan Dokumentasi (

Rakor PPID) yang diikuti para pejabat PPID PemerintahKabupaten Purhalingga, di Operation Room Graha Adi-guna Purbalingga Rabu (3/12).

Dalam keterbu.kaan informasi publik ada empat kate-gori,yaitu informasi yang wajib disediakan setiap saat,informasi yang wajib disampaikan secara serta merta,informasi yang wajib disampaikan secara berkala, daninformasi dikecualikan. $$l ST-ry

BAGIAN }IUMAS SETDA KABLTPATEN PLJRBALTNGGA

Page 20: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIA}{ III]I}{A$ $EITA Pl]RBAIil{ffOA

&&ffi3&ms&83 Kamis Pahing, 4 Desember 2014

ri'i Jetang Pitkada Serentak

PDIP Utamakan Kader lnternaIPURBALINGGA- PDIP Jateng akan memprioritaskan kaclerinternal dalam perhelatan Pilkada tahun 2015 yang akan digelarserentak ai Jateng. Kerrdati demikian kader internal yangdiusung harus memiliki kapasiias dan kapabilitas yang bisadiandalkar-r

"Kami memprioritaskan kader internai. Namun tentu adasyaratnya. Yang pasti kader tersebut bila diusung PDIP dijaminmendapatkan dukungan dan bisa menang di Pilkada," kataKetua DPD PDIP Jateng Heru Sudjatmoko, di seia-selamenghadiri Rakercab DPC PDIP Purbalingga di Sekretariat DPC

]1S Parman, Rabu (3/12).Selanjutnya apabila memang tidak ada kacler internal yang

mumpuni, Heru mengatakan pihaknya akan rnencoba mencarikadei eksternal. Ada persyaratan yang harus dipenuhi olehkader eksternal, jika ingin diusung PDIP. Di antaranya memilikiplatform dan ideologi yang sama dengan PDIP. "Kemudian diajuga loyal. Artinya jangan menganggap parpol hanya sebagaikendaraan saat mau maju di Pilkada saja' Dia harus tetapberkomitmen kepada partai," lanjutnya.

.Mekanisme penjaringan nama-nama bakal calon bupati(bacabup) menurutnya baru akan dilakukan apabila jadwalPilkada sudah ada kepastian. Ketika ditanyakan dengankonstelasi politik saat ini, apakah PDIP cenderung memili}rPilkada langsung atau tidak langsung, mantan bupatiPurbalingga iersebut mengatakan, partainya siap dua-duanya.fi;, ST-sn

PENGARAHAN :Ketua DPD PDIP latcng Heru Sudiatmokomemberikan pengarahankepada pengurus PAC PDIP dalam Rakercab

PDIP Purbalingga, di Sekretariat DPC, Rabu (3112). tii Foto JokoSantoso

F}A(iI,,\N HUN,T,\S SL,'f DA K,'\81 iP.{IEN PL.R}JALI\CG-.\

Page 21: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

MIPINGhIEDIABAflAI{ IIWA$ $[MA ru[BItilIOGA

BAGIA}{ HI-IMAS SETDA KABUPATEN PI]RBALINGGA

Page 22: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

reoauu*ranRAI(YAP

Bupati ae:ninjau proyen kritis d.i Purbalingga.

ffiPiryEKAMlst eAHTNG 4 DEsEMBER 2014 ( {{ sAPAR 19'tE

jalan yangsudah dicor. (Rusls

-&tPLIRBALINC,GIA (IG')' Pengerj aan sejumlah ptl* di Pur:

fufi"Sg" saat ini kritis dan terancam putris koltrak pi ani11a-

"v, p---u?"r:uaq jalan dari Desa Danasari hingga Desa Sirau di K'e-

.u-utun K"tt rgr.roncol yang hingga kini baru selesai 60 persen'

Padahal batas *"r..t" p""v"fZsaialipekerjaan hingga |! ngseq-

ber. proyek r"i""vr, p"r.*jaan saluian irigasi Pining ili wilayah

Kecamatan Rembang yang baru selesai 50 persen'

yang kemajuan pekerjaannya belum ya agar tidak ada pelaksanaan peker- taribahan waktu 6 hari. Seharusnya

sesuai target agar ;#p";;p;t jaan tahun 2014 yang mengalami pu- proyek lanjutan Bantrran Gubernurpenyelesaianya. Saya Uarn iosi" .a" tus kontrak. Tapi bila ada kegiatan harus sudah selesai'6.Desember lusq.

pelaksanaan peke{aan yang meng- yang sampai batas waktu perrgerjaan iKami sudah melakukan kog4m4Cl

alami putus ko.rt rk,;'t"t* nnputi tidakselesai,putuskontraktidakbisa -a"rrguopifratnfUarrrmerruntatam-Purbalingga Drs Sukento Ridho lagi dihindari fJr",,iJt" e r",,

Marhaenlianto lror, .# *"r**t , nMeski putus kontrak harus dilak- i*ru;f* i#j#3:rffiHpantauankesejumlahproyekinstas- :T:kT' kami akan mengusulkan ;;;;il;dt#."L.r,',,rju*y..'-%*."5.,Hffi1-#tiffi i';].?;^ffi,,f#;H#5ffi ffi ilffi #rJ'l'*l;fl--Hltr",n[;lx;:Subijakto SSos MSi, Asisten Pereko- masa penantiannya tidak terlalu la- ,- - ..

nomian p:.*LTg*ag"" x"Li,lr.- *11' :.,T Tod" ?rY.p, *:bl13| l?Xil,ilH??'frTf#-Tr'#nffiraan Susilo Utofno ST Mt Kepala SigitBerharap,daritahunketahun r"arirgU*a?a""gr":"-LrtL. s"_Dpu sigt subroto sr Mr, IGpala Ba- ada pengr:rangan pekerjaan v*i.lr- hr.il';;GJi*i.roy.;og. terlihatppeda-Ir setiyadi MSi alan sejumlah tuskontuak. Tahunlaluterd.r*:"T ;;J;rh[; p"rrv"i"J*irop.a.pejabat terkait lainnya. Pantauan di- r'ekanan putus kontrak. Tahun hi f"fZrup" frsi;;"-Urtan dan badan

BAGIAN HI.DVIAS SETDA KABUPAIEN PURBALTNGGA

K.R-Toto Rus

Page 23: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAGIA}{ III][{A$ $[I'DA PIJIBAIII{OOA

,,KEDAULATAN RAI(YAT"

RABU LEGI3 DESEMBER 2014(10 SAPAR 1948)

TIDAI( ADA PI{P TAI{LII\T 2OL5

BopatiBeirharap

PIIRBALINGGA (KR) ' BuPatiPurbalingga Drs Sukento Rido Mar-haendrianto MM meminta semua

kepala desa memPerbanYak doa agar

Rancangan Anggaran Pendapatan dan

Belanja Daerah (RAPBD) KabuPaten

Purbalingga tahun 2015 dapat ditetap-

kan tepat waktu oleh DPRD. Karena

bila APBD terlambat ditetapkan apa-

lagi sampai tidak ditetapkair oleh

DPRD, masyarakat akan mengalamibanyakkerugian.

"Iialau RAPBD ndak digedng*(dtte-

tapkan) oleh dewan, Pemerintah dan

warga desa akan rugi. Kembali hanya

akan menerimaADD RP48 miliar Per

tahun, tidak jadi RP 120 miliar' Se-

mentara proyek-proyek seperti padat

karya pangan dan lainnYa tidak lagidialokasikan olehAPBD," tutur Bupati

rxai meresmikan kegiatan Padat Kar-

APBD Cepat 'Digedo#ya Pangan (PIG) se-Purbalingga yang

dipusatkan di desa KedungwuluhKecamatan Kalimanah, Senin (U12)'

Sukento merasa Perlu menYam-

paikan hal itu menyrrsul kekhawatir-an adanya pihak-Pihak Yang meng-

inginkan R,APBD Purbalingga 2015 ti-dak ditetapkan oleh DPRD. Sehingga,

warga melalui Para kePala desa me-

ngetahui. dan ikut melakukan lobikepada para wakil ralryat agarAPBDdapat ditetaPkan tePat waktu.

Sebelumnya, KePala Badan Pelak-

sana Penyuluhan dan lGtahananPangan.(BPPKP), Lily Purwati menu-

turkan, pada"2015 kegiatan PKP tidaklagi dilaksanakan oleh BPPKP. IGrena

anggaran untuk kegiatan PKP telah di-

alihkan untuk menambah ADD Peme-

rintah desa. "selanjutnya, kami hanya

akan memfasilitasi Pengembangan

lumbunfmelalui pengisian gabah di

kelompok lumbung Yang sudah diba-

ngun. Dananya dialokasikan melaluidana DAK, APBD I dan APBD II,"ujar Lily.

Pada2}LL,tanjut LilY, Pemkab Pur-

balingga melaksanakan kegiatan fasil-

itasi padat karya Pangan dan Peng-

adaan sarana dan prasarana hunbung

ilengan anggaran mencaPai RP 1,415

miliar. Terdiri dari anggaran untukPKP Rp 77J.,2 jfiadan Pembangunanlumbung pangan masYarakat desa

(LPMD)Rp644,7 jnlt.a.

Kegiatan PKP dilaksanakan di 20

desa dan dirnanfaatkan unhrk kegiat-

an rabat jalan, pengerasan jalan, iri-gasi dan talut' Sedangkan kegiatanLPnnO dilaksanakan oleh emPat ke-

IompokLPMD Yalori LPMD Meratanidi Desa Surnilir Kecamatan Kemang-

kon, Sri HandaYani desa KarangsariKecamatan Kalimanah, Sri Rejeki

Desa Cilapar, Kaligondang dan LP-

MD Maju Makmur Kecamatan

Kalimanah.Hasilkegiatanyang secara simbolis

diresmikan Bupati berupa pengerasan

jalan usaha tani di desa Karangsari,Kalimanah sePanjang 373,3 meter x2,6 meter. Serta LPMD Sri Rbjeki Desa

Karangsari, Kalimanah.Program PKP meruPakan kegratan

pembangunan sarana Prasaranafisik pedesaan Yang dilaksanakanoleh masyarakat dengan kompensasi

bahan pa.rgun beras sebagai uPah

kerja. T\.rjuannya, untuk meningkat-kan ketahanan Pangan dan Pember'dayaan masyarakat melaui partisi-pasi dan keterlibatan secara aktifda-iam pembangunan. (Rus)-o

BAGIAN HU}vTAS SETDA IIABLTPATEN PURBALINGGA

Page 24: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIA}{ III]I}{A$ $[TDA PIjRBAINOGA

ffi"EPnV[l-{trf,-t"PSSI Purbalingga Fokus

Tingkatkan Kualitas SDMPURBALINGGA- Pengurus Cabang

(Pengcab) Persatuan SePak

bola Seluruh Indonesia (PSSi)

Purbalingga menfokuskan untukrneningkatkan kualitas dan kuantitas

sumber daYa manusia (SDM) klub-

klub anggotiinYa. Terlebih lagi

menjelang PenYelesaian Programkerja tahun ini.

Sekretaris Umum Pengcab

PSSI Purbalingga, Sidik Purwanto,

mengatakan, Pertengahan bulan ini,

pihaknya akan menggelar kursus

wasit lisensi C-3 dan kursus pelatih

lisensi D PSSI. AdaPun sasaran

peserta kursus tersebut adalahklub-klub anggota dan para pegiatsekolah sepak bola atau pusatpembibitan (SSB/Pusbit) yang sudahterdaftar di Pengcab.

"Karena itu setiap klub anggotadiharapk6n untuk merekomendasikanatau mengutus dua orang peserta.Masing-masing seorang calon Wasitdan seorang calon pelatih. Sehinggapada saatnya nanti, setiap klub akanmemiliki seoranQ wasit dan seorangpelatih yang bersertifikat atauberlisensi," kata Sidik, Rabu (3i 12).

Selain kegiatan kursus, Pengcab

juga akan memutar kompetisi SSB

dan Turnamen Futsal klub anggotaatau lokal. Kompetisi ini memanghanya untuk yang terdaftar di Pencab

PSSI Purbalingga dan sifatnya pun

undangan.Sedangkan kompetisi futsal

akan diikuti oleh 32 klub Futsal.Rencananya, kedua kompetisi ini

akan dimulai akhir Desember nanti."Terkait dengan program tersebut,Pengcab PSSI Purbalingga akanmensosialisasikan kegiatan itu denganmengundang para ketua klub anggotapada Minggu (7 l LZ),' katanya. 1pt-oz;

B,{Gi.qN HtjNl;\S SETDA K.qBUPATEN PTIRBALiNGGA

Page 25: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPNGMEDHBAOIA}{ II[][{A$ $ETfiA PtIIBAIfr{ffOA

ffiffiBanyrJrr'EasKamis, 4 Desember 2014

340 Peserta lkuti MTQ Pelajar dan UmumPURBALINGGA- Setelah hamPirlima tahun vakum, Musabaqoh

Tilawatil Quran (MTQ) Pelajar

dan MTQ Umum tingkatKabupaten Purbalingga kembali

digelar. Ada sedikitnya 340peseda yang bakal berkomPetisi

selama dua hari, Rabu-Kamis(3-4112).

Bupati Sukento Rido

Marhaendrianto mengaku

senang atas dilangsungkannYakembali ajang MTQ. MenurutnYa,

MTQ merupakan kegiatan yang

sudah menjadi tradisi dalam

mencetak anak-anak berPrestasi.

Adanya MTQ juga akan

menumbuhkan kecintaan untukmempelajari dan memahami isi

kandungan Alquran, sehingga

ke depan akan tumbuh generasi

yang-qurani."Meski hanya dibantu dua

jutaan, tapi saya melihatsemangat penyelenggaraanMTQ di tingkat kecamatansangat luar biasa. Saya

ingin kegiatan ini dapat rutin

diselenggarakan tiap tahun,"kata Bupati Sukento saatmembuka MTQ Pelajar dan

Umum tingkat KabupatenPurbalingga di PendaPa

Dipokusumo, Rabu (3/12).Dikatakan buPati, isi

kandungan Alquran tidak akanpernah habis untuk digali

dan dipelajari. Alquran harus

menjadi sumber insPirasi danpengetahuan bagi umat Islam."MTQ yang rutin diselenggrakandapat menjadi tolok ukurkreativitas seni baca Alquranoleh qori dan qori'ah kila,"ta ndasnya.

Kepala Kantor KementerianAgama (Kemenag) Rochiman

membenarkan, pelaksanaanMTQ Purbalingga telahmengalami kekosongan selamalima tahun terakhir. Kondisi

ini mendorong berbagaipihak berusaha keras untukmelaksanakan kembalikegiatan tersebut dalam rangkamenumbuhkan semangat

masyarakat untuk mencintaidan mengimani Alquran,

"Beruntung, tahun ini ada

dana stimulan bantuan buPati,

untuk penyelenggraan ttlTQ

di tingkat kecamatan. Meski

baru Rp 2,5 juta, namun cukuP

menjadi modal, sehingga semua

kecamatan dapat mengirimkanwakilnya di tingkat kabuPaten

ini," jelasnya.

Tiga MajelisDijelaskan Rochiman,

pelaksanaan MTQ akan

dilangsungkan selama dua

hari, Rabu-Kamis G-alQ) di

tiga majelis, yakni di PendaPa

Dipokusumo, PendaPa CahYana,

dan Gedung Nahdlatul Ulama(NU). "Pesertanya mencaPai 340

santri yang berasal dari Parajuara pertama MTQ di tingkatkecamatan, Untuk tingkatanSLTA/SM K/t4A, Slvl P/MTs, SD/MI,dan Umum," katanya,

Cabang yang dilombakanterdiri atas Tilawah SLTA/MA

Putra-Putri, Tilawah SMP/MTs,

Tilawah SD/MI, Tartil SLTA/MA/

SMK, Tartil SMP/MTs, Tartil SDi

MI, sefta Tilawah dan Tahfidz

1 luz SMP/MTs. "Untuk tingkatpelajar dilangsunEkan hari ini

{kemarin -red) kecuali cabang

Tartil SMP/MTs serta Tilawah

dan Tahfidz i juz SMP/MTs Yang

akan diselenggarakan besok

blamaan llenoan

MTQ Umumi'

ielasnva.' Pada MTQ umum, Peserta

akan befsaing dalam sejumlah

cabanq Yang dilombakan,

".r.r,i iih*ih Dewasa, Tilawah

itemaja, Tilawah Anak-anak'

rilawih dan Tahfidz 1 luz,

Tilawah dan Tahfidz 5 Juz' serta

Tahfidz 10 Juz. Semua cabang

Oiit<uti peserta putra dan putri' ,.

(pt-06)

HARI\IASi PRAYITNO

SALAH satu peserta Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Pelajardan MTQ Umum tingkat Kabupaten Purbalingga, kemarin.

B,{Gl.\\ ItLillI,\S SETD.\ KAE}UPATFN PI IRBALIN GC.\

Page 26: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIAil IItI[ffi$ $[I}A PtlRBAIil{ffOA

ffiBanyLmf,sKamis, 4 Desember 2074

'62Peserta Tida_klkut Tes GPNS

PURBALINGGA.Sebanyak 62

peserta tes CPNSPemkab Purbalingga

tidak datang saatpelaksanaan pada

30 November-2Desember 2014.Tidak diketahui

alasan ketidakhadiranmereka.

ABID Diklat danPengembanganPegawai pada Badan

Kepegawaian Daerah(BKD) Wahyu Prasetiono

mengatakan, di antara 62

peserta yang tidak datang itu,2 peserta di antaranya ditolakmasuk ke ruang tes, karena

tidak membawa KTP atau suratketerangan dari kades, camat,atau Dindukcapil.

"Salah satu syarat mengikutites itu adalah membawa KTP,

Kalau tidak ada KTP bisa

menunjukkan surat keterangantersebut. Kirena tidak bisa

menunjukkan maka keduanYa

tidak boleh ikut tes," katanya.

Dia menuturkan, jumlah

peserta yang berhak mengikutites CPNS sebanyak 2.118 orang.

Mereka memperebutkan formasi,CPNS Pemkab Purbalingga

sebanyak 40 formasi,"Setelah tes selesai Pesefta

bisa melihat nilai masing-masingyang terpampang di laYar monitordan kertas yang diPasan.g di

papan pengumuman," ujarnYa,

Sehingga sebagian besar Pesertasudah mengetahui aPakah dirinYa

Iolos dalam tes ini atau tidak. Di

pengumuman itu tertulis nama,.nomor tes, dan nilai.

Passing GradeDari hasil tes itu, nilai

tertinggi adalah 402 dan

terendah 132. "Sedangkanpassing grade nilai adalah 271.

Rinciannya untuk tes wawasan

kebangsaan 70," paParnYa.

Kemudian tes intelegensiaumum 75 dan karakteristikpribadi 126. "Peseda Yangnilainya di alas Passing grade

itu juga langsung dirangking,"katanya,

Karena menggunakansistem CAll maka hal itusecara otomatis muncul,

Sehingga siapa pun tidakbisa merekayasa nilai, baikmenambah maupun menguranginilai tes. "Jadi penilaian tesmenggunakan sistem CAT inilebih transparan, akuntabel, dandapat dipeftanggunjawabkan.Sedangkan untuk pengumumanresminya menunggu leih lanjut,"

tuturnya.Dia menambahkan,

seluruh BKD se-Jawa Tengahdikumpulkan di Semarang untukmengikuti rapat penentuanpengumuman tes CPNS kapan,Kamis (4/12), Yang jelas, akandiumumkan pada Desember ini.(SMNetwork/f10-06)

Jumlah peserta yang berhak ikut tes 2. 1 18 orang

Jumlah peserta yang tidak ikut tes

lumlah formasi yang dibutuhkan

Nilai tes terendah I32Rencana pengumuman tes Desember 2014Sunbet: Eadan Kepqawaian Daehh (BKD)

BAGI,SN HL]\,TAS SETDA KABTJP.{IEN ?L]RBALINGGA

Page 27: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIAil IIt]il{A$ $fliuA fiJNBAi${CfiA

PDIP PrioritaskanLlsung Kader Internal

r Jelang Pilkada di 1T Kadupaten/KotaPURBALINGGA- pDIp akanmemprioritaskan untuk mengusung kaderinternal dalam perhelatan pilkada 2015yang akan digelar di 17 kabupaten/kota diJateng. Kendati demikian, kader internalyang diusung harus memiliki kapasitas dankapabilitas yang bisa diandalkan

'tKami memprioritaskan kader internal,Namun tentu ada syaratnya. yang pastikader tersebut bila diusung oleh pDIpdijamin mendapatkan dukungan danbisa menang di pilkada,', kata KetuaDPD PDIP Jateng Heru Sudjatmoko disela-sela menghadiri Rakercab DpC pDIpPurbalingga, di Sekretariat DpC JI SParman, Rabu (3/12).

Selanjutnya apabila memang tidakada kader internal yang mumpuni, Herumengatakan, pihaknya akan mencoba

mencari kader eksternal. Ada persyaratanyang harus dipenuhi oleh kadereksternal, jika ingin diusung oleh pDIp Diantaranya memiliki platform dan ideologiyang sama dengan PDIp. "Kemudian diajuga loyal. Artinya jangan menganggapparpol hanya sebagai kendaraan saatmau maju di Pilkada saja. Dia harustetap berkomitmen kepada partai,,,

'lanjutnya.Mekanisme penjaringan nama-' nama bakal calon bupati (bacabup),

menurutnya, baru akan dilakukan apabilajadwal Pilkada sudah ada kepastian.Ketika ditanyakan dengan konstelasipolitik saat ini, apakah pDIp cenderungmemilih Pilkada langsung atau tidaklangsung, mantan,bupati purbalinggatersebut mengatakan, partainya siap

dua-duanya."Kita harus siap untuk Pilkada

langsung atau tidak langsung. Namunkami berharap Pilkada dilaksanakansecara langsung. Jadi rakyat yang

memiliki hak suara untuk memilih,"ungkapnya.

Dengan Pilkada langsung,menurutnya, calon yang menang tentutidak akan melupakan rakyat. Karenadia dipilih oleh rakyat. Jika Pilkada tidaklangsung, dikhawatirkan calon yangmenang hanya akan berkomitmen padaorang-orang atau kelompok tertentu."Maka pilihan langsung lebih ideal,"uja rnya.

Wewenang DPPTerkait kriteria nama yang akan

diusung oleh PDIP di Pilkada tersebut,Heru mengatakan, semuanya tentumerupakan wewenang DPP PDiP untukmenentukan pilihan. Pihaknya hanyamelaksanakan rekomendasi partai."Nantinya Ketua Umum MegawatiSoekarnoputri yang akan memberikanrekomendasi nama cabup yang diusungdi Pilkada," kata Wagub Jateng ini,

Heru menambahkan, selama dirinyamenduduki jabatan Ketua DPD PDIP

Jateng, maka dia menjamin prosespenjaringan nama cabup untuk Pilkadaakan dilakukan secara objektif. Secara

berseloroh dia mengatakan, jikacabup ingin maju lewat partainya takperlu membayar. "Yang terpentirrgadalah memiliki kriteria yang tadi saya

sampaikan," tambahnya. 1pt-oo;

B.{GI.,\I,{ HUNTAS SETDA K,(BIIPATEN PI-IRB.s]-INGGA

Page 28: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

OffnCu-rt<inse5agal-t-etenger

ilff,'iil'.}ffin'i;ji:* ffiiri'- l.*,"buku Purbalingga dalamt'g";l;' a' t<trasanan'Oacaan bagi generasi muda'

sekretariat KPSB, ll ut'nli'iii"'u "saya oernarap' Dinas Pendidikan bisa

No 15 Perumahan Griya nbdi Ktn*nu' memawarakaikan buku ini sebagai

Peluncuran ditandai ptnvJr.l''nun n'ku ' ' bacaan oelengkap di perpustakaan

dari penutisnya, rri ntmo?ip]Aa"ieii,a- ,,, ief<oranlntau paiing tidak sebagai bahan

Umum KPSB Sigit SuOroto'iJngan bacaan muatan lokal' sehingga para

dihadiri t0 orang unggo'u K"tii]- petajai mengetahui legenda-legenda

"Kehadiran luuu pu'iiiiigtga yang ada di Purbalingga"' hararyf - -

aa#"i"g"naa iutisan eat1ii111'o x-ati reoua- =,

-,,--;;'il;;;ita meniadi tetenger "-

P.irn.rtun buku P.urbatin-gsa

ruLixlus?:ft'Jil;*i,! .- a:fr;ffi:ttt.l',.,l.x:.]:lruada ah

masyarakat, rnususnya generasi muda'" ffiil"t"*il; btl*u Ki Arsan-taka' iuga

utar sigit subroto' diturit trtn-i'i Atmo"Ki arsantaka"'"s;k", prroulingga dalam legend1- r..r..tiiir.. sosok Arsantaka' yang

*..iiioinurtmin'uet'sitziesenda iil'i'iti'*uiatnilahirnvaKabupaten

ffi18,,?':',,1ill ff1ii:::",:.',:ii.lll "'3,i[T.l;..*r.Ttb*T:],1?'ll'

KUTNUMEUI,A

BAffA}{ III][{A$ $tMA PtI[BIINffil

'Puruai-ffiggaaahmLegend-a'

:ij:?lli|i;d"'u.#i,srv.rbuj:^_ *um;'0.[ui,-KpsBakanmeruncurkani'Iffi;i il;A, [i'' *f iillll',?',i'.r,'"ffilKarimanah dan ceritanYa, i:Tr;ffi ; sejarah 1.11j_r:t"11:3:rffilT"*.n,un'prakosa, Pantang Makan lxan larnuro'

i"imasuk yang namanya 0!p?lu',j

"":ilil'iix'il'[3:H]:i:*,*;'' tiHi,u+*[#:iT:.I:H [:'fi'

ffitili,;ifl**=$*:fr'fl"' *Iffi f.:i;lg'Jij:,Kadipaten .nje' i'j:;ht urnum Purbalinssa inr' (pt{6)

=^ ^,.., rE nr ^e

sETn^, r aBIlp,ATF,N PURBALINGGA

Page 29: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIN IItI}ilA$ $IT'ilA PIjNBAIff{fffiA

WBanyT*mASKamis, 4 Desember 2O74

Seluruh Anggoto Dewon'Ngilmu' ke Jowo Borotr Studi Banding DuaPURBALINGGA' Seluruh anggota

DPRD kecuali pimpinan dewan kembaliberangkat ke luar kota untuk nElilmu

atau studi banding dalam rangkapembahasan dua raperda. Mereka

berangkat ke Bandung dan Kuningan,

lawa Barat selama tiga hari, Rabu-

Jumat (3-5/12),Adapun Pansus I berangkat ke

Kabupaten Kuningan untuk studibanding guna membahas RaPerda

tentang Perubahan Kedua Atas Perda

No 13 tahun 2010 tentang 0rganisasidan Tata Kerja Dinas Daerah. Raperda

ini diusulkan untuk menjadi Perdasebagai landasan pemecahan Dinas

Pekerjaan Umum (DPU) menjadi dua

Satuan Kerja Pemerintah Daerah(SKPD),

"Kami akan mempelajari segala

sesuatu yang berkaitan denganperubahan SOTK dalam hal ini

untuk memecah DPU menjadi dua.

Di sana sudah melakukan itu," kata

Ketua Pansus I HR Bambang IrawanMerdeka, Rabu (3/12).

Pihaknya ingin mengorek informasisedetail mungkin hal yang berkaitandengan SDM, kebutuhan personel

dan dalam pelaksanaan konsekuensi

anggaran, Hal itu dilakukan sembari

menunggu PP pengganti PP No 41

tahun 2007 tentang 0rganisasiPerangkat Daerah,

"Misalnya, tentang SDM, kami

sebelumnya sudah konsultasi ke

provinsi, Ternyata hal itu merupakankewenangan provinsi, Jadi nanti

Ra perdaakan ada sedikit Perubahan dalam

isi raperda yang diusulkan itu,"ungkapnya.

Tambah ReferensiSementara itu, Pansus II

berangkat ke KabuPaten Bandung

untuk menambah referensi tentangpelaksanaan Perda Desa di sana,yang mana pansus ini sekarang

tengah membahas raperda Yangsama sebagai tindak lanjut dari

implementasi UU no 6 tahun 2014tentang Desa.

"Kami ingin membahas raPerda

ini menjadi perda yang benar-benarlengkap, Sehingga manfaatnya bisa

lebih dirasakan oleh pemerintah desa

nantinya," kata anggota Pansus II,Soberi,

lv'lenurutnya, ada beberapa hal

yang perlu ditambahkan dalam

raperda yang diajukan oleh BuPati

beberapa waktu lalu itu. MisalnYa

tentang penulisan nama desa

secara alfabetik, pengkodean desa,

serta aturan pemerataan dana danpembangunan ke desa yang lebih

adil berdasarkan luas wilayah, jumlahpenduduk maupun bengkok,

"Kami dengar di KabuPaten

Bandung sudah meneraPkan Perdaseperti itu, Karena itu kami bertolakke sana untuk mencari informasisedetail mungkin agar perda Desa

yang kami tetapkan nanti lebih baikdan bei-manfaat," ujarnya. (SMNetwork/,h82-06)

RAGI AN I{i IN{ r\S SETDA KABUP-q I'EN ?\-rRB.'\l,iNGGA

Page 30: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAGIAil III][{A$ $[MA PIJIBAIil{OOA

ffiBan-vumasKamis, 4 Desember 2014 , +{oRANf ihiys${s

-Sudo,h-Tido'k Zamcnt

InformssiDirut:4;r-ntryiPURBALINGGA- Di era yang segalanya

serbaterbuka, baik untuk mengakses

segala informasi Yang dibutuhkan

masyarakat maupun informasi Yang

berkaitan dengan teknologi informasi,

sudah tidak zaFannya kebutuhan

informasi ditutup-tutupi. Keterbukaan

informasi diharapkan tranparansi atau

keterbukaan akan muncul,"Hari glni sudah tidak zamannya

lagi orang menutuP-nutuPi akses

iniormasi. Hari ginijuga sudah tidak

zamannya lagi gagap teknologi (gaptek)

informasi. Maka cakrawala atau cara

berpikir kita harus dibuka," kata Ketua

Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah

Rahmulyo Adi Wibowo pada acara Rapat

Koordinasi Pejabat Pengelola Informasi

dan Dokumentasi (PPID) yang diikuti

par,a pejabat PPID Pemerintah Kabupaten''Purbalingga,

di Operation Room Graha

Adiguna, Rabu (3/12),Menurut Bowo, saPan akrab Ketua

KPI Jateng, selain cakrawalanya harus

dibuka, dalam Pasal 7 Undang-undang

Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP),

pejabat PPID selaku badan publik juga

memunyai kewajiban menYediakan,

memberikan, atau menerbitkan informasi

publik yang ada di bawah kewenangannya

kepada Pemohon informasi Publik'"selain itu dalam menYediakan

informasi kepada publik juga harus

akurat, bena; serta tidak menyesatkan'

Badan publik juga harus membangun dan

mengembangkan sistem informasi dan

dokumentasi untuk mengelola informasi

publik secara baik dan informasi publik

secara baik dan efisien, sehingga dapat

diakses dengan mudah," ujarnYa'

Badan PublikBowo menambahkan bahWa selaku

pengelola Informasi, badan publik harus

mu,ipu menujukkan kepada masyarakat

dan dunia bahwa melalui informasi,

diharapkan trarisparansi dan keterbukaan

muncul. Menurutnya, seluruh lembaga,

termasuk di antaranya para pejabatnya

mulai dari eksekutif, legislatif, yudikatif

adalah badan Publik."sedangkan dalam konteks

keterbukaan informasi publik, menurut

UU KiP, selaln kewajiban tersebut, badan

publik juga berhak menolak memberikan

informasi yang dikecualikan sesuai

dengan ketentuan peraturan perundang-

undangan Yang berlaku," tuturnYa'

Dallm keterbukaan informasi publik

ada empat kategori, yaitu informasi

yang wajib disediakan setiaP saat,

. informasi yang wajib disampaikan

secara sertamerta, informasi Yang

wajib disampaikan secara berkala, dan

informasi dikecualikan'Bupati Sukento Rido Marhendriahto

mengatakan, kehadiran UU KIP,

diharaPkan daPat meningkatkan

kualitas. layanan informasi kepada

publik. "Layanan informasi tersebut

dimaksudkan sebagai wahana

membangun komunikasi dua arah,

antara pemerintah dan masyara)<at'

Sehingga pemerintah dapat memenuhi

hak masyarakat untuk tahu, sedangkan

masyarakat dapat menyampaikan cita-

citanya serta berperan aktif dalam proses

penyelenggaraan negara," ujarnya' 1ptoo1

R,\GI.qN HUMAS SETDA KABL]PATEN PURBALINGGA

Page 31: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KTIPINGMEDIA

BAOIAI{ IITII}{A$ $MA PIIRMM{GGA

ffiBanyg.{nm-Kamis, 4 Desember 2014

ffift8*lxll'Eca*,P.en&€ h

Pemherdaiaan da n Keseja ffi raah rKeNuargq (SIM,fl (():: :', ;;:

akhrmya ditunui. tta l i ni rnenyus*!.a$anye,sur*t,eda1an dari;.,,:

K€tua Tirn Penggerak PKK Pusat, yang menyatakan agar

penerapan SIU pXf Oibet<ukan terlebih duiu. Dengan demikian

pelaksinaan kegiatan pelatihan SIl.l PKK juga agar dihentikan'llni berita gembira bahwa SIM pxx aiUetukan dulu.

Bagaimana ibu-ibu ketua TP PKK kecamatan, senang apa

ienilrg?'kata Wakil Ketua TP PKK Provinsi Jawa Tengah

sudait:i Fleiu Sudjatmoko saat memberikan sambutan pada

Evaluasi Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK dan

HKG PKK tingkat Provlnsi.laten-g di Operation Roonl,Graha

Adiguna, Purbalingga, Selasa (2i12). \Tim evaluasi diterima oleh Bupati Srkento Rido

Marhaendrianto dan Ketua TP PKK Purbatingga Erna

Sukento, d! nuang vtp rumah jabetan bupati. (emudian

tinn meninjau getar produk UMKM di Pendapa Dipokusurno.

Usai penerimaan resmi di Graha Adiguna, tim selanjutnya

melakukan penilaian ad,ministrasi di Sekretariat TP

PKK KabLrpaten dan peninjauan lapangan ke Desa'

lGranEjehgkol; Kecamatan Kutasari dan Majasem,

Sudarli mengaku, saat dirinya menjadi Ketua TP PKK

Purbalingga sudah merasa keberatan dengan adanyapenerapan SIM PKK. Ternyata kerepotan ini bukan hanya

dirasakan Purbalingga, namun juga seluruh TP PKK se-

Indonesia. "Wonosobo, Cilacap yang sudah berjalan, ternyata

apllkasinya tidak klop dan belum terintegrasi dengan sistem

IT yang di lakarta. Sehingga akhimya muncul surat edaran

pembekuan ini (SiM PKK -red),"jelasnya.

,Di Purbalingga sendiri, persiapan penerapan SIM PKK telah

dilakanakan sejak 2012. Di antaranya berupa pemberian

bantuan komputer kepada TP PKK kecamatan, pelatihan SIM

FKK pada 2013, dan pemberian buku administrasi Dasawisma,

RT; dan RW pada 2014. "Untuk peningkatan informasi dan

edukasi tentang Gerakan PKK, kami juga telah meluncurkan

website yang bisa diakses oleh masyarakat melalui situs wlw.pkkpurbatingga. go. id," jelasnya. (pt{6)

#t* i

Mffiffi

Kader BKB Diminta Tingkatkan

Furan KEiuCfg4,'.l[EfiEEHUh,&litE

ioroneslnr- Peran orang tua Jan anggota keluargasangat diper:lukan dalam proses tumbuh kembang anak,tE:rutamh.,ffi asa: 4l, baw'11mE tah uu i(b.al ita),",Oleh,kpre n a

itu,para kader Bina Keluarga Balita (BKB) diminta untukmeningkatkan peran tersebut dengan ilmu yang dimiliki.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Sub Bidang (Kasubbid)

Feningkahn Ekonomi retuarga pada Badan Kependudulon dan

l(eluatga Berermna tttasional.l$gBN):,ks hsi.gaWa.f.engah,,,1,,,,

Mangisi Lumban Caot, piOi petauhin Kader BKB yang digelar

oleh Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan

(BKBPP) di Hotel owabong, Kecamahn Bojongsari, Rabu (3/12).

Seketaris BKBPP Umar,F,aluir,tre.ngat*kani.,tTela+*i.ir:li:,: :

pelqtiha'n tersebut diharapkan, kader BKB semakin

meningkat'kr*alitaa SDM dan pengelolaan program d!

iapangan.Selainitu,merekadiharapsemakinterampilAa'1a*lmeia'Uuka# *em6[fi ar n ie r.had a p pa.ra oran g t*b, ba,lltadan anak balita yang tergabung dalam kelompok BKB.

Kepala Sub Bida;g (rasubid) informisi din AdvorasiBKtsPP Puji Sr.i: nahaiu, sebagai ketua panitia mengataka n,

i.r][ itl+n:Ut:ii ii17,5ikg Ert lBx,E:.Sa]H.rper,wa:kil ;sqn rbilan ; :,,,,

fe-'iF a : :ii itEyah:pu atiflgsai:P€tatihah,8l{B,juga ,

metifa*an Tim Penggerak PKK KabupatenPurbalingga dan

E{{(EN;plovinsiilffi+ffingai1;p' etihan,,tni:herl!:ngsung$0laffib.[ig4:h,Aii.;.pada.3i$.Dgsemberi', . ,,:., , ., , :

:...ed*$uh, materl:iang.'d!hetitlan Fadh,:ff,arf,pertama,, y.a[<nlr I

t$.b-$A,E,dAn $rffite3l,pi$ffi m: Pdfi bEngqnah, K€tahanan l

dan keiejahteraan Keluarga (PK3), Kebijakan Program

Epn$-Flllhnngan,Anak lsia, E! nt.tr.OJX-Sfa Jnfe g rative, dan .

I4!ffitltl,t{ rakti f , O r€ fig : -T.u q d a n,Ahak ; H a t'i: ked u a:d;ii i m a teri

tentqng Pengelola Program BKB, Pemantauan Pertumbuhan

$fi nr,Beilk€.iabah$an,Cn$[.melaiuliKartii.,Kern,ban.$,Anak Fe ran

Fffi tUttm;ui;K$io,m[ok,BKrB,,Fada,,hari,G,pkhlr,.d,[isi materi

Pea€a atl.}.,PElEpCI:l.ah: Kalornpf k,,EKB|, {s.MN..twoir+*rar+ct

'FKK.fl 8Sistem Informasi Manajemen

RAGI,{N HLMAS SETDA }i-ABLTP,{TEN PLIRBALINGGA

Page 32: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIII[{A$ $[I'DA PIJIBAIft'I$OA

SarrclItP*,sr

IAKARTA,SATELITPOST-Enam film karya sineas pur-balingga berhasil masuk 27besar dari 333 peserta dalamajang Festival Film Antiko-rupsi (Anti-Corruption FilmFestival/ACFFest) 2014:, Fes-tival ini merupakan kegiatanta hunan pencegahan korupsimelalui medium kreatif yangdigagas KPK bersama de-ngan Management Systemhrternational (MSI) dan didu-kung oleh USAID.

Enam film tersebut terdiridari kategori Film pendekFiksi (Pelajar) dan dua lain-nya masuk kategori Video]urnalisme Warga. Keenam-nya kemarin diumumkanolehWakilKetuaKPKAdnanPandu Praja, Ketua BadanPerfilman Indonesia (BpI)Alex Komang, dan KetuaDewan Juri Arturo Gp, Rabu(3/12) di Gedung KPK, la-karta.

KAMIS,4 DESEMBER 2014

Ertam FilmPurbalingga

Kembali Berj a:rar ffimm&$wffi$ ffiffifrrux &rre*&kmrwpffifrd

effiffiffimmffi ffiffi$4, Film terseb-ut meliputi ,l7b- sebelumnya f gt menladi 333l7n_kyya Eka Susilawati, peserta. Mereka terbagi da-Robohnfa Sekolah Kamikar- lam enam kategori fimiyurrgya Uli Retno Dewanti, Blak- dikompetisikai, yatt fili!1-akan_karya Yuli Oktavia, pendek Fiksi peiajaa FilmMana llnjimu karya Eko ]u- pendek Fiksi Umum, Filmnianto.di Film Kategori_pen- pendek Dokumenter pelajar,dek Fiksi (Pelajar). Sedang- Film pendek.Dokumenterkan film Purbalingga Koia LJrnum, Film pendek Ani_ParkirkaryaTyas Cahyaning masi, serta Video jurnalismeKaromah_dan Dilarang Ber- Warga (Citizen lournalism)jalay dlTlgytar karya Nu- bagikalangan pelajar, ma-groho Budi Santoso masuk hasiswa, guru, pegiat anti_kategori Video ]urnalisme korupsi din pembuat fitm diWarga. seluruh Indonesia

"Dewan juri akan mengu- Jumlah cakupan wilayahmumka,n para pemenang di paxa peserta pun kian luas,setiap kategori pada Malam mulai dari Aieh, Karo, Asa_

!^elganugerahan ACFFest han, Thrakan, Makassa r,paht,2014 di Taman_Budaya yog- Manado, pare-pare, Denpa-yakarta, ]alan Sriwedari No. saq,Malang,yogyakartahiig_

| _Yo_g^yakarta pada Kamis ga ]akartalFilri-yang diikui_(11/12)," ujar Ketua Dewan jertakan dalam'fesiival ini|uri,A.rturo GP. diproduksi pada rentang 1

Pada ACFFest 201,4 ini, Januari 2013 hingga 15 No_terdapat peningkatan jurnlah vember ZOru yarri{ bertenia_peserta dari penyelenggaraan kan kejujuran, k6pedulian,

BAGI.{N HLTMAS SETDA K,CBU?ATEN PURBALINGGA

Page 33: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

keadilan, kemandirian, tang-gung jawab, kerja keras, kese-derhanaan, keberalian, danmemiliki muatan pesain anti-korupsi yang kuat.' Sebelumnya,ACFFest20l4yang mengangkat tema "FaceThe Fact,ActToday" ini telahresmi dibuka oleh Ketua KpKAbraham Samad di Jakartapada (27/8) lalu. Kemudianro a d show dalam rangka rno-vie day digelar sampai 2ZSeptember 2014 dengan pur-balingga sebagai satu di anta-ra tempat yang dipilih.([email protected])

SUASANA Movie Day dalam rangkaian ACFest 2014 di Purbalingga; beberapa waktu lalu,

i:jni:v

++l

rl lrlli::t1.:ii::a

llti#$+

RAGIAN HIIMAS SETDA KABTIPATEN PLIRBAIINGGA

Page 34: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KTIPINGMEDIA

BAOIAI{ III][{A$ $[T'DA PIJIBAIil{OOA

Sarmlt'rS#grKAMIS,4 DESEMBER 2014

Oleh: ESTINING PAMUNGKAS, Staf Humas PurbalinggaCITIZEN

AI-AM ajangbergeng-si Indonesian CulturetT Puy 201.4 dt Kota Tai-

nan TaiwarL seorang warga

llari lndms$iail $ultwre Elay I0l4 dfrTaEwam

Warga Purbalingga Pukau Duniamewakili lrdonesia, khusus-nya Purbalingga di Indone-sian Culture Day di Tainan,Thiwan. Alhamdullilah, parapenonton yang berasal dariberbagai negara di duniamemberikan apresiasi yang

Purbalingga, Devita El Santi,bermain apik dalam dramamusikal berbahasa Inggrisdengan lakon Lutung Kasa-rung. Devita yang memeran-kan peran antagonis sebagaiPutri Purbararang/ merupa-kan qatu daribeberapa maha:siswa 4sal Indonesia yangmendapatkan beasiswa dinegara Meteor Garden itu.

"Saya bersyukur sekali bisa

r Bersambung ke hal 7

DEVITA El Santi, warga Purba-lingga saat memerankan PutriPurbararang dalam Drama Lu-tung Kasarung pada ajang ber-gengsi lndonesian Culture Day2014 di Kota Tainan, Taiwan.

loari halaman 1

parga Purbalinggal, Pukau Dunia.

sirngat positif," ujar dosen se-bUa} perguruan tinggi swas-ta)di Purwokerto yang tengahm'envelesaikan tesisnva di ne-gQri hormosa 1tu, daiam chatvih FB, Selasa (2/12).

lam 30 November 201,4, da.lam IC'D ini juga ada pame-ran jajanah dan kuliner asliIndonesia sehari sebelum-nya," ujar perempuan yangmengambil 52 di bidang ke-bidanan di National ChengKung University Tainan.

Devita sangat senang men-dapatkan kesempatan ber-

musik oleh RA Wiranataku.sumah, Bupati Bandung. Ta-hun 1926, NV]ava FilmCom-pany mengangkatnya ke da:lam sebuah film bisu yangb erllcrdl;d L o e toen g Ka s aroengyang disutradarai oleh L.Heuveldorp. Film ini meru-pakan film pertama di HindiaBelanda. Film ini diputar dari

Pentas selama 3 jarn di mdn teater lagi. Dia menga: 31 Desember 1926 sampai 6

C&re.g Kung HalIKota Tai- ku pernah terjun di dunia ]anuai1927 dibioskopEliten&l ini berhasil merebut per- teater semasa remaja dalam (Majestic).h$tian tak hanya warga kbta, panggungPeringatanProkla- "Lutung Kasarung'berki-tfii juga berbdgai waiga Tai- masi Kemerdekaan di tingkat sah tentang perebutan kekua-r,r&n lainnva dan mahasiswa RT. saan antara Putri Purbara-dfrri berbigai negera yang "Inimenjadisemacarnnos- rang yang pendengki danbersekolahdi sana. Indonel talgiabagisaya. Dulupentas kejam dengan adiknya yangslin Culture Day (ICD) 201a sktanf fai<iibahasaBanyu- cairtit< danberhatibaik, Putimerupakan kegiatan tahunan masan alias ngapak, sekarang Purbasari," ujamya'yang-diselenggarakan atas skala internasional dengan Lalu, lanjut dia, turunlahkerjasama Persatuan Pelajar bahasa Inggtis," ujar ibunda Pangeran Guruminda anakIhdonesia di Taiwan (PPI Tai- dari Marvino Russel Athallah Sunan Ambu dari Kahyangan

4an) dengan Kantor Dagang dan Muhammad Hafiz Fa- kebumidalamwujudlutungEkonomi-Indonesia, Taipei-, dhurrahman ini terharu. atau monyet. Pada akhimyafriwan dalam rangka mem- Pemilihan Lutung Kasa- Lqtung ini berhasil menyela-flromosikan Indonesia seba- run! sebagai judul pentas matkan Purbasari dan me-ljai satu destinasi wisata de- teater malam itu, kata dia, ngembalikan tahtanya yangfrgankeanekaragamanbuda- karena cerita rakyat asal Ta- direbut sang kakak. Dan lu-yiyangcolorfuftanwonder- nah Pasundan ini telah dike- tung ini pui berubah wujudf[41 di dunia. nal dunia sejak hampir sea- kembali menjadi Pangeranff'Untuk tema ICD tahun bad lalu. Menurut catatan Guruminda yang tampan

iffi adatah Journey to the wikipedia.org, tahun 1.921, dan menjadi suami untukSlorfull Indonesia. Selain cerita rakyat ini diangkat ke melindungi dan mengawalmalam budaya berupa dalam gending karesmen, Purbasariyangkembalimm-pentas teater Minggu ma- yaitu diama yang diiringi jadi Ratu. (*)

BAGIAN HU},{AS SETDA }LqBUP,4TEN PLTRBALINGGA

Page 35: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAffIA}{ III[{A$ $frI'DA PIJIBAMOGA

SarEI-rr$*,rlsaKAMIS, 4 DESEMBER 2014

Dua KontraktorTerancam Denda

r WffirkmEK ffirqsym$q ffisrm&mhww Kr$€*m

?tProyek lrigasi Pining dikerjakanCV Damarjati atas nama GondoMaryono dan pengerjaan jalan

Danasari-Sirau dikerjakan CV CiptaUsaha atas narna Cipto. Nilai

ntembuat rvaktu penger.jaanPURBALINGGA, SATELII- "Proyek Irigasi Pining diker- sernakinberiambah.pOST-Dua proyek pemba- lakanCVOamarjatiatasana- Ketua Kornisi IV DPI{.Dngunan infr;9tu;ktui dinilai nra Gondo Maryono da1 pe- Purbalingga, Sunarko me-klitir. tirteliputi pembangu- ngerjaanjalanDanasari--Siiau ngatakan, pl..y* yang taknan salurariirigasl di Pining, dlke4akan CV Cipta Usaha selesai -sesuai iadn'al sangatKecamatan RJmbang yan"g atas nama Cipto. l\iilai kon- n-ieru5;ikan rr'.asyarakat. N{e-baruterealisasi25perJendan traknya sa1'a tidak hafa1, nrirutnya, masyarakat-i'-angpembangunan jaian Dana- berkisar ratusan juta," kata sem.estinya bisa menikmatisari-sira"u, Kecamatan Ka- dia kepada satelitPost. hasil pernbangunan ,gunarangmoncolyangbaruterlak- Selain dua proyek ini, juga kelancaran aktivites ekono-sanl40 pers6n. Denganbatas ada beberapa proyek _lain mi, r::,eniadi tertunda. tra me-waktu hingga 15 D"esember, yang berpotensi putus kon- negaskan agar pe;rterintahdua kontriltor proyek ini ir.ak. Namun, kata dia, dinas kabupatel bersikap tegasterancam sanksi putus kon- hingga saat ini terus beru- terhadap kontraktor yangtrakdandenda. paya mendorong agar tidak gagai menyelesaikan peker-

HalinidiungkapkanKepa- ada proyek yang putus kon- jaan;"a'la Dinas PekErjain Umum trak. "stilain rapatdal penin- "Selain itu, perlu.ida upa-(DPU) Purbalingga, sigit jauan ke lapangan, termin ya antisipatif agar keterlam-Subroto. Iamengatllan,kdcil pencairananggaranyangbisa batan pengerjaan proyek ti-kemungkinan d-ua proyek ini dilakukan karni cairkan agar dak terulang. Kami akan upa-bisaselesaitepatwakhr.Den- pekerjaan bisa terus dila- yakanpenetapanAPBDtepatda yang dib6rlakukan sebe- kukaru" katanya. waktu sehingga 1'3ktY P9-sar iepelmil atau seperseribu Beberapa proyek yang ra- ngerjaan proygk bisa .lebihper liari dari nilai-kontrak. wan antara lain pembangu- Ionggar," ujar dia. (garl)

nan kali Ranr-r, Desa Sindu-raja, Kecamatan Kaligon-dang, jemi:atan LinggamasDesa Kedungbenda Keca-matan Kernangkon dan jalanlingkar pasar Sinduraja. Sela-sa lalu, DPU dan Bupati Su-kento melakukan 1-rantauand-i proyek tersebut. "trni untukmengantisipasi agar bisa sele-sai tepat vuaktu," ujar dia.

Khusr-Ls je:nbatan Lingga-mas, rekartan sebelumnya ittgasempat dipuius kc,ntrak. Takhanya itu, terakhir ditemukankeretakan di pengecoran. Ini

lqontraknya saya tidak hafal, berkisarratusan juta.9l

Sigit SubrotoKepala DPU Purbalingga

B.\Ci,{N HLih,I..!S SETDA I\-\BLJP,{TEN PLiRBALINGGA

Page 36: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KTIPINGMEDIA

BAGIA}{ III][{A$ $[IDA PIIIMM{OGA

Sntm-rrP*sTKAMIS PAHING, 4 DESEMBE R-2014

lumat Ada Akrobat Pesawat

di langit Purbalingga

I Wirasaba Air Show dan Ekspo 2014akan melakukan aksi akroba-tik di udara.

Komandan Lanud Wirasa-ba, Letkol Penerbang An-dreas A Dhewo MSc MSiinengatakan, evenf ini digelar

r Bersambung ke hal 7

r Dari halaman 1

'r Jumat AdaAkrobat Pesaw-att

u4tuk mengenalkan kebera-dean Lanud Witasaba Yangakan meniadi bandara ko-mi:rsial. Si:lain itu, acara iniiu;ga sebagai bentuk Pembi-ira-an kedi rgantaraan. "Pem-biflaan kedirgantaraan Pen-tr$g agar masyarakat khusus-nvi g6nerasi muda mengenaldbn'mencintai berbagai haltentang kedirgantaraan. Se-layriuhnya untuk memeriah-kan UUf Purbalingga ke-1*4," kata penerbang pesa-

PTIRBALINGGA" SATELIT-POST-Pangkalan Udara (La-nud) Wiraiaba di Desa Wira-saba Kecamatan Kemangkonakan menggelar Wirasaba,AirShow dan Ekspo 20i4, ]umatbesok hingga'Minggo (5-7 /12). Sedikitnya 20 Pesawat

wat Herkules ini.Rangkaian aca ra Yang bakal

dihehl antara lain DYnamicShow, ioyflight, terjun PaYungdensan-oesa wat Cassa 212,pu-""turi pesawat, hunting'foto dan ekspo usaha kreatif.Rangkaian dcara ini dibelartiea"hari berhrrut-turut. Se-

m"entara tanggal 6 ada lombadrumband ti-ngkat SD dantaneeal 7 ada lomba mewa-r-naiilngkat PAUD serta Pang-qung liburan. "JoY flight un-Iuk -siswa berprestasi se Bar-lingm ascakeb menggunakanpesawat Cassa. Bagi wargayang ingin ikut bisa tetaPi ada

tarihrya, Rp 20 ribu," kata diadi ruane kerianva.

Kegiitan irri'a kun .diawalidengan upacara cll aPronLanid Wiiasaba hari ]umat(5/12). Komandan LanudWirasaba akan bertugas seba-gai inspektur uPacara. UaPa-Eu.u ."il.utt*vi akan diha di-ri oimpinan daerah se Bar-lin'smiscakeb dan Koman-daf, Panskalan Udara AdiSucipto Yogyakarta. "Mar-sdva-TNI (Pum) Eris Heryan-to iuga akan melakukan aksiakrobat di udara dengan Pe-sawat pribadi jenis juPiter,"ular dia. (gan)

p' AGI AN HI 11!.{ AS SF,Tr} A K ARI ]P,ATFN PI ]RRAI,ING{iA

Page 37: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAGIN III]I'{A$ $[IDA PUIBAINOOA

Sarmllrlxr;isrKAMIS PAHING, 4 DESEMBER 20I4

1; *,W&trffifuffik E

*.1 ,:J*1 _

SEORANG peserta tilawah SUIA di ajang MTQ.

fit**ffi,gffiil*#.

340 Peserta Ramaikan MTQPLIRBALINGGA, SATEUTPOST-Setelahhampir lima tahun vakum, MusabaqohTilawatil Qur'an (MTQ) Pelajar dan MTQUmum tingkat Kabupaten Purbalinggakembali digelar. Ada 340 peserta yang ikutandil dalam kompetisi ini. Mereka bakalberkompetisi selama dua hari, Rabu-Kamis (3-4172).

"Meski hanya dibantu dua jutaan, tapisaya mel ihat semangat penyelenggaraanMTQ di tingkat kecamatan sangat luarbiasa. Saya ingin kegiatan ini dapat rutindiselenggarakan tiap tahun," kata BupatiPurbalingga Sukento Rido Marhaen-drianto saat membuka MTQ Pelajar danUmum tingkat kabupaten Purbalingga diPendapa Dipokusumo, Rabu (3/12).

Kepala Kantor Kementerian Agama(Kemenag) Purbalingga, Rochiman mem-benarkan pelaksanaan MTQ Purbalinggatelah mengalami kekosongan selama limatahun terakhir. Kondisi ini mendorongberbagai pihak berusaha keras untukmenggelar kembali kegiatan tersebut agarrnasyarakat mencintai dan mengimani

AIouran."'Berunrung, tahun ini ada dana stimu-

lan bantuan bupati untuk penyelenggraanMTQ di tingkat kecamatan. Meskj baruRp 2,5 juta namun cukup menjadi modal,sehingga semua kecamatan dapat me-ngirimkan wakilnya di tingkat kabupatenini," uiarnya.

Peliksanaan MTQ a kan d ilalgsungkanselama dua hari di tiga majelis yakniPendapa Dipokusumo, Pendapa Cahya-na, dah Gedung Nahdatul Ulama (NU)Purbalingga. Cabang yang dilombakanterdiri dari tilawah SLTA/MA putra-putri, tilawah SMP/MTs, tilawah SDIMI,iartil SLTA/MA/SMK, tartil SMP/MTs,tartil SD/MI serta tilawah, dan tah-fidz 1

iuz SMP/MTs.' Pada MTQ umum, peserta akan ber-

saing dalam sejurnJah cabang yang dilom-bakan. Yakni tilawah dewasa, tilawahremaia, tilawah anak-anak, tilawah dantahtidz 1 juz, tilawah, dan tahfidz 5 iuzserta tahfidz 10 juz. Semua cabang diikutipeserta putra danputri: (gus)

BAGIAN HLrl!{.\S SETDA KABUPAIEN PURBALINGGA

Page 38: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIA}{ IITIII,IA$ $frIDA IIJNBAIffiffffA

$&sg{$-gv$"sq}$'il

KAm&$$ p&$4$&**!,

4 L:TSEMBiR, Ji i,+

Informasi Publik langanDitutup-tutupi

PURBALINGGA, SAIELIT-POST-Di era yang segalanyaserba terbuka seperti sekarangini sudah tidak jaman lagikebutuhan informasi di tutup-tutupi. Informasi itu berupakebutuhan masyarakat mau-pun yang berkaitan dengan?eknologi informasi itu sendiri.

"Sudah tidak ada lagi.iarnan-nya orang menutup-nutupiakses informasi, " tijar KetuaKomisi Informasi IndonesiaPropinsi Jawa Tengah Rah-muJyo Adi Wibowo pada acaraRapat Koordinasi Pejabat Pe-

Selain harus akurat, badanpublik iuga harus mengem-tanekan iistem inJormasi dandokiLmcntasi untr-k mengelolailformasi publi.k secarabaik se-

hinga daiat diakses denganmudah.

Bowo menambahkan, badanoublik harus mamPu menujuk-tan bahwa melalui irrjormasidiharapkarr transParansi danketerbrikaan bisa muncul' Ba-

danr:ublik itu di antaranYa ek-

sekrjtif, legislatif, dan yrudikatif'Bu pati Furbalingga Sulento

Rido' Marhendrianto, menga-

ngelol; InJormasi Dan Doku-rnentasi (PPID) yang diikutipara pejabat PPTD Penrerinta,lrKabupaten Purbatingga, di OP-eration Room Graha AdigunaPurbalingga, Rabu (3/1 2).

Menurut Bowo, dalam pasal7 Undang-undang Keterbu-kaan lnformasi Publik (UUKIP), pejabat PPID selakubadan publik j u ga mempuryaikewa jiban moryediakan, mem-berikan, atau menerbitkan in-formasi publik yang ada dibawah kewenangannya kepa-da pemohon informasi publik.

takan. kehadiran IJU KIP di-hara pkan d aPat menin gka tkankua[itas javanan informasikepada pr6lik. LaYan infor-misi tersebut dimaksudkansebagai wahana membangu"tkom"r-urikasi dua ar.rh antarapemerintah dan masYarakat')'S"l',i,.,ssu pcmerintah daPat*"*"iI hi" hak masYarakatuntuk tahu, sedangkan masYa-

rakat daPat menYamPaikancita-citanva serta berPeranaktif dalim Proses Penye-lenggaraan Negara," uiamYa'

Gus)

Page 39: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPNGMEDIABAOIAI{ IIIIIilA$ $EMA flJRBAItrOfiA

$IIAffiS ltfrHilIlEilE!..e"sdE$.,,r ffrSfMBER 2014

A,tf Q Kabup ate n Ke mb ali Dig elnrPURBALINGGA' Setelah

hampir lima tahun tidak ada,

MTQ Pelajar dan MTQ Umutntingkat Kabupaten Purbalinggakembalidigelar.

Kegiatan ini diikuti 340 Peser-

ta yang berkompetisi selama dua

hari,Rabu (3112) - Kamis (4/12).

Kegiatan dibuka oleh BuPatiSukento Rido Marhaendrianto diPendapa Dipokusumo, Rabu(3tr2).

' MTQ menumbuhkan kecin-

taan untuk memPelajari dan me-

mahami isi kandungan Alqwan.Dengan demikian, kedePan akan

tumbuh generasi Yang qurani,"ujmBupati.

Meski hanya dibantu RP 2jutaan, Bupati melihat semangat

penyelenggaraan MTQ di tingkat

kecar..tan sangat luar biasa. Dia

ingin ke.giatan ini dapatrutin tene-

lenggaratiaptahun.

Bupati menekankan, isi kan-

ctungan Alquran tidak akan Per-nahhabis rinnrkdigali dan dipela-jari.

Alquran harus menjadi sum-

ber inspirasi dan Pengetahuanbagiumatlslam.

"MTQ Yang rutin diseleng-garakan dapat menjadi toiok ukur

kreativitas seni bacaAlquran bagi

qari dan qariah kita," ungkaPnYa.

Kepala Kantor Kemenag Pur-

balingga Rochiman nienYebut-

kan, pelaksanaan MTQ Purba-

iingga telah mengalami keko-songan selama lima tahun ter-

akhir.MengimaniAlquran

"Kondisi ini mendorongberbagai pihak berusaha keras

melaksarurkan kembali kegiatan

tersebut dalam rangka menum-buhkan semangat masYarakatuntuk mencintai dan mengimani

Sl\4/Arief Noegroho

MTQTINGKAT KABUPATEN : Salah seorang pesertaMTQ tampil di depan juri, Rabu ( 3 / 12 ). ( 57 )

Alquran," papamYa.

MTQ berlangsung selamadua hari di tiga majelis, YakniPendapa Dipokusurno, PendaPa

Cahyana, dan Gedung NahdatulIJlama (|It) Purbalingga.

"Pesertanya 340 santri Parajuara pefiama MTQ di tingkatkecamatan, untuk tingkatanSMA/SMK/MA, SMP/MTs'SD,&4I dan umum," katanYa.

Cabang yang dilombakan ter-

diri atas tilawah SMA/SMK/MAputra-putri, tilawah SMPA4TS,tilawah SD/N4I, tafiil SMA/MA/-SMK, tartil SMP/MTs, tartilSD/MI, tilawah dan tahfiz 1 juzSMP/IVIIS.

Pada MTQ umum, cabangyang dilombakan adalah tilawah

dewasa, tilawah remaja, tilawah

anak-anak, tilawah dan tahfiz 1

juz, tilawah dan tahfiz 5 juz serta

tahfiz 10juz.(F10-57)

RAGI.!\ lIi- l\'i,\S Sl: rLl-\ E-\]-ll:P.\.lF\ PrRII \i.f\GLl.\

Page 40: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIA}{ III][{A$ $MA PINBAItrOOA

SUAME M!ffiffiffiffiffi&

KAMIS,4 DESEMBER 2014

Berjudi, Polisi dan SiPirDituntut Empat Bulan

PURBALINGGAOknum polisi irnggota Pol-rcs Purbi'lingga dan sipirBagiyo (41), warga DesaBabakan, Kecamatan Pada'

mara dan sipir Rumah Ta-hanan (Rutan) PurbalinggaMahwidi (55), warga Desa

Toyareka, Kecamatan Ke-mangkon dituntut ernPat bu-lan penjara karena mela-kukan tindak pidana Perju-dian.

Mereka sebelumnYa di-tangkap bersama dua wargalainnya, Darimun (48), war-ga Keiurahan PurbalinggaKidul, Kecamatan Purba-lingga dan Garjito (46)warga Kelurahan Mewek,Kecarnatan Kalimanah se-

dang bennain judi jenis dadu

pada 9 September lalu disebuah pekarangan kosongdiwilayahKIiRWlKe-hrahan Mewek, Kecamatan

Kalimanah.Dalam sidang lanjutan

di Pengadilan Negeri (PN)

Purbalingga BagiYo; Dari-uiun, dan Garjito dituntutoleh Jaksa Penuntut Umum(JPI) ismail Fahmi emPat

bulan penjara.Tertrukti Melanggar

Ketiganya terbukti me-langgar Pasal 303 ayat 1 ke-2 KUHP meskipun rnereka

hanya memasang angka

dadu.Sementara itu, di ruang

sidang terpisah, terdakwaMahwidi yang berPeransebagai bandar pada aksiperjudian itu juga dituntutoleh jaksa Sukesto Ariestoempat bulan penjara. Sebab,

dia terbukti melalrukan tin-dak pidana perjudian danmelanggar Pasal 303 aYat 1

ke-2KUHP.Pada sidang itu, majelis

hakim diketuai oleh TotokSapto Indarto dengan hakimanggota Guntur PambudidanAgengPriambodo.

Humas PN PurbalinggaArief Yudiarto mengung-kapkan, di dalam sidangdakwaan itu disebutkan bah-

wa keempatnya melalcukan

iudi dadu dengan Mahmudisebagai bandar dan tiga ter-

dakwa lain sebagai Pema'sang.

Tiap pemasang mele-takkan uang di kain Putihyang sudah bertuliskanangka.

"Lalu bandar mengocokdadu, jika jumlah angkadadu sesuai dengan tebakanpemasang, mereka mendaP-

at keuntungan Yaitu RP10.000 untuk Pasang RP10.000. Jika tidak, uangyang dipasang untuk ban-dm,"katanya. GI82-57)

B.\GL\li HL'\,l.\S SE:f D.'\ K.\BliP.{i'liN PLiRB.CI-INGGA

Page 41: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIA}{ IIIJilIA$ $[MA PIIIBIIil{OOA

SUARA IIIIERDEKAKAMIS, 4 DESEMBER 2OJ4

PeranKeluarga MengasuhAnak Ditingkatkan

BOJONGSARI - Peranorang tua dar anggota keluargasangat perlu dalam proses tum-buh kembang anak terutamamasa di bawah lima tahun(balita). Karena itu, para kaderBina Keluarga Balita (BKB)diminta untuk meningkatkanperan tersebut dengan ilmuyangdimiliki.

Hal itu disampaikan olehKepala Sub-Bidang (Kasub-bid) Peningkaran Ekonom i

Keluarga pada Radan Kepen-dudukan dan Keluarga Beren-cana Nasional (BKKBN)hovinsi Jawa Tengah Mangisi

Lumban Gaol pada pelatihankader BKB yang digelar olehBadan Keluarga Berencanadan Pemberdayaan Perempuan(BKBPP) Kabupaten Purba-lingga di Hotel Owabong, Ke-camatan Bojongsari, Rabu(3n2).

"Masa balita merupakanmasa penentu tumbuh kem-bang anak menjadi berkualitas.Pasalnya, pada rnasa itu prosestumbuh kembang anak sangatpesat. Peran orang tua dananggota keluarga sangat perludalam proses tumbuh kembanganak tersebut. Karera itu, para

kader BKB dapat menularkanilmunya pada warga di keca-matan dan desa masing-ma-sing," papamya.

Sekretaris BKBPP UmarFaozi mengharapkan, denganpelatihan ini kader BKB se-makin meningkat kualitassumber daya manusianya danpengelolaan program di lapan-gan. Selain itu, mereka dapatkian terampil dalam membinapara oftillg tua dan anak baiitayang tergabung dalam kelom-pokBKB.TigaHari

Kepala Sub-Bidang (ftsu-

bid) Informasi dan AdvokasiBKBPP Purbalingga Puji SriRahalu sebagai ketua panitiamengungkapkan, pelatihandiikuti 75 kader BKB dari per-wakilan sembilan kecamatandi Purbalingga.

Pelatihan BKB juga meli-batkan Tim Penggerak PKKKabupaten Purbalingga danBKKBN provinsi Jawa Te-ngah" Pelatihan ini berlang-sung tiga hari, pada Rabu(31t2) - Jumat(5/t2).

Adapun materi yangdiberikan pada hari pertamaadalah kebijakan dan sil'ategi

program pembangunan keta-hanan dan kesejahteraan kelu-arga @K3), kebijakan programpengembangan anak usia diniholistic httegtatite, dan mediainteraktif orang tua dan anak.Hari kedua diisi materi tentangpengelola program BKB, pe-mantauan pertumbuhan danperkembangan anak melaluikarhr kembang anak, dan peranorang hla dalam tumbuh kem-bang anak dan mekzmisme pe-nyuluhan di kelompok BKB.Pada hari terakhir akan diisimateri pencatatan pelaporankelompok BKB. (1182-57)

R.\{iir\N Hll\1.\S SE"l Dr\ Kr\BL.iP.\-t'EN PURB.\LINGCiA

Page 42: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

EU=\YoN<

t"

qJ

S

OoOo

strs6Ma\)o

Nq)Ms's

.sPP

dvaaL.N

!

*Ac

*sq,)\t\\)*=U

.F

NsNt4$trrQEilVYss5ql\i 'f-hrri SF}Fr 6;i

N$

RAGIAN HUMAS SETDA KABLIPATEN ?1'RB,qLINGGA

Page 43: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPING hIEDIA

BAGIN IIWA$ MTDA II}ABflT{ffOA

SUARA MERDEKAKAMIS,4 DESEMBEH 2014

SemuaAnggota Dewanke Bandung dan Kuninganffi StudiBandinE Dua

PURBALINGGA - Se-mua anggota DPRD Purba-lingga kecuali pimpinan De-wan kembali berangkat ke luarkota untuk studi banding dalamrangka pembahasan dua raper-da" Mereka berangkat ke Ban-dung dan Kuningan, Jawa Baratselama tiga hari, Rabu (3/12) -

Jumat (5/12).Adapun Pansus I berangkat

ke Kabupaten Kuningan untukstudi banding guna membahasraperda tentarrg perubahankedua atas Perda No 13 tahun2010 tentang Organisasi danTala Kerja Dinas Daerah.Raperda ini diusulkan untukmenjadi perda sebagai landasanpemecahan Di nas PekerjaanUmum (DPU) menjadi dua saG

uan kerja pemerintah daerah(SKPD).

"Kami akan mempelajarisegala sesuatu yang beikaitandengan perubzrhan SOTK, da-1am ha1 ini untuk mernecahDI'LI menjadi dua. Di sanasudah meiakukan itu," uiar Kp-tua Pansus I, HR Bambangkawan kepada S tnra Merdeka,Ratru (3/12).

Pihaknya ingin mengorekinformasi sedetail rnungkin halyang berkaitan dengan sumberdaya manusia, kebutuhan per.sonel, dan dalam pelaksanaankonsekuensi axggaran. Hal itudilakukan sembari menungguPP pengganti PP Nomor 41Tahun 2007 ientang OrganisasiPerangkat Daerah.

"Misaln;.,a, teatang sumberdaya manusia, kami sebelum-

nya sudah konsultasi ke Provrn-si. Temyata ha1 itu merupakankewenangan Provinsi. Jadi,nanti akan ada sedikit peruba-han dalam isi raperda yangdiusulkan itu," uj arnya.kngkap

Sementara itu, Pansus IIberangkat ke Kabupaten Ban-dung unhrk menambah referen-si tentang pelaksanaan PerdaDesa di sana. Pansus ini seka-

rang tengah membahas raperdayang sama sebagai tindaklanjutdari implementasi IJU Nomor 6Tahun 20 l4 tentang Desa.

"Kami ingin membahasraperda ini menjadi perda yangbenar-benar lengkap. Dengandemikian, manfaatnya dapatlebih terasa bagi pernerintahdesa nantinya," ucap anggotaPansus tr Soberi.

Menurutnya, ada beberapahal yang perlu ditambahkandalam raperd a y ar,g diajukanoleh Bupati beberapa waktulalu itu. Misalnya tentang pe-nulisan nama desa secara alfa-betis, pengodean desa, serta atu-ran pemerataan dana dan pem-bangunan ke desa yang lebihadil berdasarkan luas wilayah,jumlah penduduk ataupuntanahbengkok.

"Kami dengar di Kabupa-ten Bandung sudah menerap-kan perda seperli itu. Karena itu,kami bertolak ke sana untukmencari informasi sedetailmungkin agar Perda Desa yangkami tetapkan nanti lebih baikdan bermanf aat," paparly a.

G182-s7)

BAGI.\hI T{Li\,IAS SU|DA K.{BL]PAIEN PURB,{LINGGA

Page 44: Kliping Berita Tanggal 4 Desember 2014

KLIPINGIUEDIA

BAGIN lltllrilA$ $EmA Pt]fiBAtfr{00A

se$effie ffiffiffiffiffiffieKATVIIS, 4 DESEMBER 2014

62Peserta TesGPNS Tak Datang

PURBALINGGA - Enam puluh dua peserta tes

CPNS Pemkab Purbalingga tidak datang saat

pelaksanaan pada 30 November-2 Desember

201 4.Tidak diketahui alasan ketidakhadiran

mereka.

"Yang pa-sti saat pelaksanaan

tes itu mereka tidak datang tanPa

alasan," ujar Kepala BidangDiklat dan Pengembangan Pe-

gawai pada Fadan KepegawaianDaerah (BKD) Wahyu Prase-tiono.

Di antara 62 peserta Yangtidak datang itu, dua peserta diantaranya ditolak masuk ke ruang

tes karena tidak membawa KTPatau surat keterangan dari kades,

camat, atau Dindukcapil."Salah satu syarat mengilc.rti

tes itu adalah membawa KTP.Kalau tidak ada KTPbisa menun-

jukkim surat ketemngan tersebut.

Karena tidak bisa menunjukkan,

keduanya tidak boleh ikut tes,"ujamya.

Dia menuturkan, jumlahpeserla yang berhak mengikuti tes

CPNS adalah 2.118 orang.Mereka memperebutkan 40 for-masi CPNS Pemkab Pulbalingga.

"seteiah tes selesai, Pesertabisa melihat mJar masing-masirgyang terpampang di layar monitordan kerus yturg dipasang dr PaPanpengumumim,"ujarnya.

Dengan demikian, sebagian

besar peserla sudah mengetahui

apakah dirinya lolos dalam tes

ini atau tidak. Di pengumumanitu tefiulis nama, nomor tes, dan

nilai.LangsungDiperingkat

"Dari hasil tes inr.nilai terting-

gi adalah N2 da$terendah 132.

Adapun passing grade nllaiadalah 27 I . PerinciannYa, untuktes wawasan kebangsaan 70,"katanya.

Kemudian tes intelegensiaumum 75 dan karakteristik Priba-di126.

"Peserlayang nilainYa di atas

passing grarle iu jtga langsung

diperingkat," papamya.

Karena menggunakan sistem

CAT, hal itu secara otomatismuncul. Dengan demikian. siaPa

pun tidak bisa merekaYasa nilaibaik menambah maupun mengu-

ranginya."Jadi, penilaian tes menggu-

nakan sistem CAI ini lebih

rang

fransparan, akuntabel, dan dapatdipertanggunj awabkan. Untukpengumuman resmi menungguleihlanjut," tutumya.

Dia menandas-kan, seluruhBKDseJawaTengah di-kumpulkandi Sema-

5ilntbef : Badan Kerywaial ba&htgKD). {F t0-57}

unruk mengikuti rapat penenruanpengumuman tes CPNS, Kamis(4fi2)

Menurut rencana, pengumu-man akan digelas padaDesemberini.(F10-57)

i. !r:r:1+iii:ljjqri;i

Pelaksanaan : 30 November-2 Desember

lu]iri;h i6$rdiing niihii(- -

jltt!s:_'_?ll_e_gtqryJumlah peserta yang tidak ikut

lgg_:_9?_o_rgt-s-, Jumlah formasi yanE

!.ipu!g!t<aq; _+o lo-rpqgi- _

lli!?f teq !9fl19.q: 49?Nilai tes terendah : 132

Riliintpiliu;ufin-terd;-Desember 2014

' I t -4 :i ! a.;, i ::t;.:..

r.lJliir:i1nl :

r:in'j,iirj,i;'*;l\i:li: ;i.: : .-i,\r :

B .\G1 -\\ t tl r\'l \ii IiETL]:\ l' \lll'P. \T1:\ ill lF-i)-\l.lN(lG-\