kliping media tanggal 10 desember 2015

56
KTIPINGIIMDIA BAGIN IIII[{A$ $[IDA PI]RBAIINOOA Rabu Pahins, 9 Desember 2015 I VfAYVaSan Lakatantas, Anggota Panwascam Meninggal PURBALINGGA- Anggota Pa- nitia Pengawas Pilkada Kecama- tan (Panwascam) Mrebet, Rakh man Kumianto (42) , Senin (7 / 12) pagi meninggal dunia, setelah mengalauri kecelakaan lalu-lintas (lakalantas) di jalan raya Mangu- negara-Mrebet, Purbalingga, Sab- tu (5/12). Warga Desa Seral.u Kecamatan Mrebet itu mening gal di RS dr Goetheng Tarunadi- brata Purbalingga. Kepala Unit Kecelakaan Sa- tuan Lalu Lintas (Satlantas) Pol- res Purbalingga, Ipda Manggala Agung Sri Mihardjo mengatakan, dalam peristiwa kecelakaan ter- sebut, korban Rakhman tengah mengendarai sepeda motor Hon- da bernomor polisi R 4454 UC. Saat itu, tengah melaiu truk ber- nomor polisi R 1827 EA dari arah selatan dan hendak mendahului kendaraan yang tak diketahui nomor polisinva. "Saat itulah motor vang diken- darai Rakman tersenggol badan huk. Selain itu iuga mengenai motor Yamaha Jupiter bernornor polisi R 6065 WM yang diken- darai Nugroho Ahmad Saputro warga l)esa Trvelagiri, Kecama- tan Pagedongan, Banjarnegara," terargnya. Truk yang membawa semen tersebut masuk ke parit seda- lan sekitar lima meter. Penge- mudinya, Suwarno (49) rvarga Desa Karanp;tengah, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banl,u- mas mengalarni pendarahan di telinga dan meninggal hari itu juga di RS dr Goetheng Taru- nadibrata. Pe ngendara motor, Rakhman mengalami patah tu- lang di kaki kiri dan kanan, se- dangkan Nugroho mengalami luka di kaki. Komisio er Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Irurbalingga, Divisi Pencegahan dan Hubung- an Antarlembaga, Arto Wibowo, kemarin mengemukakan, saat kecelakaan itu te|adi, yang ber- sangkutan tengah dalam perjala- nan dari rumah menuiu ke kantor Panwascam guna mempersiap- kan pengar.r,asan kedalangan lo- gistik Pilkada. & sT-Tj I]A(}IAN HII\{AS SI]TDA KABT]P {TI]N PfIRB.\LIN(jI}A

Upload: humas

Post on 24-Jul-2016

279 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

Bagian Humas Setda Purbalingga

TRANSCRIPT

Page 1: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KTIPINGIIMDIA

BAGIN IIII[{A$ $[IDA PI]RBAIINOOA

Rabu Pahins, 9 Desember 2015 I VfAYVaSan

Lakatantas, AnggotaPanwascam MeninggalPURBALINGGA- Anggota Pa-nitia Pengawas Pilkada Kecama-tan (Panwascam) Mrebet, Rakhman Kumianto (42) , Senin (7 / 12)pagi meninggal dunia, setelahmengalauri kecelakaan lalu-lintas(lakalantas) di jalan raya Mangu-negara-Mrebet, Purbalingga, Sab-tu (5/12). Warga Desa Seral.uKecamatan Mrebet itu meninggal di RS dr Goetheng Tarunadi-brata Purbalingga.

Kepala Unit Kecelakaan Sa-tuan Lalu Lintas (Satlantas) Pol-res Purbalingga, Ipda ManggalaAgung Sri Mihardjo mengatakan,dalam peristiwa kecelakaan ter-sebut, korban Rakhman tengahmengendarai sepeda motor Hon-da bernomor polisi R 4454 UC.Saat itu, tengah melaiu truk ber-nomor polisi R 1827 EA dari arahselatan dan hendak mendahuluikendaraan yang tak diketahuinomor polisinva.

"Saat itulah motor vang diken-darai Rakman tersenggol badanhuk. Selain itu iuga mengenaimotor Yamaha Jupiter bernornorpolisi R 6065 WM yang diken-

darai Nugroho Ahmad Saputrowarga l)esa Trvelagiri, Kecama-tan Pagedongan, Banjarnegara,"terargnya.

Truk yang membawa sementersebut masuk ke parit seda-lan sekitar lima meter. Penge-mudinya, Suwarno (49) rvargaDesa Karanp;tengah, KecamatanBaturaden, Kabupaten Banl,u-mas mengalarni pendarahan ditelinga dan meninggal hari itujuga di RS dr Goetheng Taru-nadibrata. Pe ngendara motor,Rakhman mengalami patah tu-lang di kaki kiri dan kanan, se-dangkan Nugroho mengalamiluka di kaki.

Komisio er Panitia PengawasPemilu (Panwaslu) Irurbalingga,Divisi Pencegahan dan Hubung-an Antarlembaga, Arto Wibowo,kemarin mengemukakan, saatkecelakaan itu te|adi, yang ber-sangkutan tengah dalam perjala-nan dari rumah menuiu ke kantorPanwascam guna mempersiap-kan pengar.r,asan kedalangan lo-gistik Pilkada. &

sT-Tj

I]A(}IAN HII\{AS SI]TDA KABT]P {TI]N PfIRB.\LIN(jI}A

Page 2: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KTIPINGMEDIA

BAflN IIUI}{AS $X[DA PIIIBAIT{OOA

Radar Banyumas . KAMIS PON 10 DESEMBER 2015

Pilhada PurbalingaDildaim Susks*

PURBALINGGA- Pelak-sanaan pemilihan kePaladaerah Bupati dan WakilBupati Purbalin8ga, Rabu(9/t2) berlangsung amandan sukses. Hal tersenutdiungkapkan oleh PeniabatBupati Purbalingga, BudiWibowo, usai melakukanpeni.njauan ke sejumlahtempat pemunSutan suara(TPS) diwilayah kabuPatenPurbatingga.

Dari pantauan Yang dila-kukan bercama jaiaran For-kompimda dan desk Oilkada,para petugas TPS daPatmelaksanakan tugasnYa se-suaiketentuan.

Masyarakat juga memilikipemahaman yang memadaisehingga p artisipasinya iugacutup memadai. MenYang-kut keamanan wilaYah, me-nurut Bup ati juga terP antauaman dan yang sebelumnYadikhawatirkan tidak teradi."Ini semua meruPakan

kdrja bersama dari seluruhpenyelenggara, tim Penga-manan, dan ;'ajaran Pemkab.Hasil yang dicapai sekarangbisa menjadi pembelajaranbagi penyelenggaraan Pil-kada serentak 2017 men-datang,"ujarnya.

Menyangkut iumlah keha-diran pemilih, menurutBudi, masih harus menung-gu hingga penghitungansuam selesai. Dad Pantauandi sejumlah TPS, iumlahkehadiran pemilih rata-rata60 persen dari undanganyang didistribusikan. Danyang tidak didistribusikankarena pemilih tidak beradadi tempat memang cukup

Dia mencontohkan, di TpS6 Desa Panican KecamatanKemangkon, dari jumlahDPT sebanyak 520 terdapatC6 (undangan, red) yangtidak dibagi sebanyak i20.

Sesuai ketentuan, unda-ngan mencoblos atau C6hanya diberikan kepadapemilih yang ada ditempat.Dan jika pemilih tidak be-rada ditempat karena merrantau pindah alamat danlainnya, maka C6 tersebuttidak diberikan dan tetapdipegang oleh petugas IepSatau PPS setempat

'Ada beberapa yang ridakhadir menyalurkan hak sua-

ranya, Sebabnya karenaberada di perantauan, sakit,kondisi jompo dan tidakmau menggunakan hak Pi-lihnya. Yang lainnya nantiakan kita teliti lebih laniutkenapa tidak hadir/' jetasnYa.

Dia berharap usai Pestademokasi pilkada ini, kon-disi wilayah tetap kondusif.Karena masyarakat sendiriyang memilih. MasYarakat,laniut Bupati hanya meng-harapkan seorang Pemim-pin yang memadai, akomo-datif dan yang bisa mem-bawa masayrakat Purba-lingga yang sejahtera.

"Saya kira bila Yang jadipaslon nomor satu, masYa-

rakat tidak masalah. Begi'tupun bila yang jadi Paslonnomor dua masyarakat iugatidak masalah. Saya Yakinsituasinya tetaP kondusif,'ungkapnya.

Kapolres Purbalingga AK-BP Anom Setyadji menya-

takan hingga ditutupnyapelaksanaan pencoblosandapat diselenggarakan de-ngan lancar. Kondisi kea-manan juga kondusif. Si-tuasi secara umum gang-guan kamtibmas nihil.

"Seluruh personil' keama-nan terus kita siagakan,sambiul melihat perkemba-ngan situasi paska pemu-ngutan suara. Bila eskalasi-nya meningkat kami sudahsiap dengan pergelaran pamyanS ada," jelasnya.

Pilkada Purbalingga 9 De-sember 2015, diikuti duapasangan calon bupati danwakil bupati. Yakni pasa-ngan calon nomor satuTasdi - Dyah HayuningPratiwi (Tasdi-Tiwi) danpaslon nomor dua SugengSucipto (Sugeng-Cipto).

Ketua Komisi PemilihanUmum (KPU) PurbalinggaSri Watiyuni menuturkan,pilkada Purbalingga diikutioleh 737.595 pemilih yangtercatat dalam daftar pemi-lih tetap (DPT) terdi dari370.907 laki-laki dan 366.-688 perempuan.Jurr ah itu masih ditambah

504 orang yang terdaltardalam DPTb I terdiri dari282 pemilih laki-laki dan222 pemilih perempuan.Mereka menyalurkan hakpilihllya di I.629 TPS. (tya)

BAGiAN I'ILI\IAS SEI'D. K.qBIIPATFN PI]I{B.{I,INCiG.\

Page 3: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KTIPINGMEDIA

BAffN III][{A$ $MDA PINBAIJNOOA

Radar Banyffmali a Kamis pon 10 Desember 2015

Tiwi Menangis, PendukungCukurGundulPURBALINGGA- Sempat sulit mene-

mutan la;wan di masa pendaftaran, ter-nyata tak meniamin pasangan Tasdi-Tiwimenang mutlak di Pitkada Purbalingga2015, kemarin.

Pasangan yang diusung PDIq PartaiGerindra, PAN, PKS dan Partai NasDem.ini mengklaim "hanya" menguasai per-olehan suara sebanyak 54,69 peEen.

Ketua Tim Pemenangan Tasdi-Tiwi HRBambang Irawan menuturkan, perolehansuara tersebut berasal dhri rekapitulasiformulir CI yang dikirimkan saksi ditingkat tempat pemungutan suara (TPS).

> ke hat 11

BELUM BERAKHIR: Sugeng memperlihatkansural suara saal coblo€an.

lr_r l--- ,'-..-

RAGIAN HTI\'{AS SF-TDA KABLiP{IEN PI,TRBALTNGGA

Page 4: Kliping media tanggal 10 desember 2015

"Data tersebut merupakanperolehan suara sementarayang kami dapat dari tingkatTPS. Total sudah 85 persenlebih suara yang masuk,,,ujarnya ditemui di KantorDPC PDIP Purbalinglia.Dari data yang ada rim

pemenangan menyebuutmereka hanya kalah di tigakecamatan. Yakni Keca-matan Purbalingga, Ke_camatan Kaligondang danKecamatan Kertanegara.

Meski baru g5 persen suarayang masul Bambaug Ira-wan optimis kemenanganpaslon Tasdi-Tiwi sudah ditangan- "Kami Easih me-nunggu data hinggta I0Opersen. Namun, kami yakintidak akan berubah, paslonyang kami usung adalahBupati Purba.lingga terpilihperiode 2016-2021,,' uiar_nya yakin.Disinggung raihan suara

Tasdi-Tiwi jauh yang daritarget yakni g0 peNen, Bambangmengatakan, apa yangorrarh merupakan kerja

maksimal dari tim peme-nangan darrelawan."Target tentu harus setinggilangrt. Jadi kalau iatuh masihdi bintang. Seperti itulahalasan kenapa kamim.emasang target tinggi,',

-,etasnya.

Dia grenambahkan, keme-nangan yang ketat tersebutmembuktikan jika paslonnomor dua H Suging SHMSi dan H Suriipto SH se-rius dalam Pilkada ini. "Inijuga bukti demokrasi diPurbalingga hidup,,, im-buhnya.Tasdi berhasiI menang

telak di tempatnya men-coblos di TPS 4 Desa Ka-rangreja, Kecamatan Ka-rangreia.Di TPS ini Tasdi-Tiwi

mengumpulkan suara 304suara, Sugeng-Cipto 66 su-ara. Tasdi datang ke TpSsekira pukul 02.00. Dia da-tanS bersama istrinya ErniWidyawari dan kedua pu-tranya.

Sementara Radarmas ber-hasil memperoleh data re-kapitulasi dari sumber ter-percaF yang ikut memantaujalannya Pilkada. Dari data

yang dihimpun hingga pu-kul 17.24 t41B itu, menun-jukkan pasangan Tasdi Tiwimeraup suara sebanyak l-7r.080 (55 persen) dansuSeng Tjipto 142.259 (45persen). Rincian iumlahperolehan suara ini berasaldari suara yang telah masuksebanyak sS2-294 (Z 4,9persen) dari total DpT z-37.607.Dari jumlah pemilih yang

masuk tersebut, sebanyak331.276 (60 persen) hadirke TPS, sedangkaa sebanyal<22I.078 (40 persen) tidakhadir. Sedangkan jumlahyang hadir sgbanyak 3I3.-339 (56,7 persen) suaradinyatakan sah, sedangkan17 -937 (3,2 persen) dinya-takan tidak sahPantauan Posko peme-

nangan Tasdi-Tiwi, padaRabu sore terlihat Tiwi da-tang. Dia disambut Bam-bang lrawan. Tiwi menaDgisbahagia dengan hasit pero-lehan suara yang diketa-huinya. Beberapa pendu-kung Tasdi-Tiwi juga men-cukur gundul rambut me-reka. "Terimakasih untukkerja keras semua tim," kata

Purbalingga Budi Wibowomenvatakan, suksesnYa Pil-kada Purbalingga meru-oakan keria bersama dariieluruh penYelenggara, timpengamanan, dan iaiaranoemlab. KaPolres Purba-iingga AKBP Anom SetYadji

iuga menyatakan hal senada'

Dia menandaskan, hinggaditutupnya PelaksanaanDencoblosan daPat diselenS-garakan dengan lancar. Kon

disi keamanan iuga kon-dusif. Situasi secara umumgangguan kamtibmas nihil'( amr/ tya/ dis)

-=:1-_-==:>-

Bambang: Sugeng Serius di pilkada Inir Tasdi

Sambungan dari hal l

Tiwi singkat.sementara itu di TPS 6,

Desa Cendana, KecamatanKutasad tempat CabuP No-mor urut 2 Sugeng jugamenang mutlak. Ditemuiusai coblosan, Sugeng me-milih tak banyak berko-mentar. Dia menandaskan,pihaknya telap menu[88uhasil keputusan KPU Padasaat resmi ditetapkan. l'Kitatunggu hasi.l resminya saiai'kata dia.

Di bagian lain, pelaksana-an Pilkada di Purbalinggadisebut berlangsulg amandan sukses. Peniabat BuPati

BAGI {N Hl:I\{AS SETDA LABUPA fI.;N PURB.\II\CGA

Page 5: Kliping media tanggal 10 desember 2015

Semua Calon Dilaporkan MelanggarPANITIA Pengawas Pemilu

(Panwaslu) Kabupaten Pur-balingga panen laporan du-gaan politik uang Yang di-lakukan simpatisan atau Punrelawan kedua pasangan ca-lon.

Panwas menedma laporandugaan pembagian sembakoyang dilakutan kedua paslon,yakri di Purbalingga Wetan,

Kecamatan Purbalingga danDesa Jetis, Kecamatan Ke-mangkon.

selain itu, Selasa (8/12)malam, Panwaslu iuga men-dapat laporcn politik rlang didua kecamatan, yakni DesaLimbasari, Kecamatan Bobot-sad dan Desa Kembaran We-tan, Kecamatan KaliSondanS.

> ke hal 11

wwKami akan melakukan pemangqilan

saksi-saksi untuk menidaklanjutilaporan lersebut,,'

Arto WibowoAnggota Panwaslu Purbatingga

Berita terkait BacaRADARPURBALINGGA

r $emua p_aten Purbalingga Arto Wi-bowo mengatakan, laporantersebut dilakukan wargakepada Pa njtia PengawasKecamatan (Panwascam).Namun, oleh Panwascamdilimpahkan ke Panwasluuntuk ditangani.

"Kami tengah menindak-laniuti laporan tersebut. Ka-mi akan mela.lelan pemang,gilan saki-saksi untul< men-idaklanjuti lapomn tersebutj'

ujarnya kepada Radarmas,kemarin (9/10).

Panwaslu memiliki waktulima hari untuk menyele-saikan laporan tersebut.

Dugaan pelanggaran jugaterjadi di tempat pemu-ngutan suara (TPS) 8 DukuhMlayan& Desa Sidareia, Ke-camatan Kaligondang. DiTPS ini terjadi bagi-bagikalender yang dilakukanrelawan paslon. (tya)

t\

Panwa slu S=e gera Pan ggilT aksi

Sambungan dari hat 1

Di Kecamatan Bobotsariwarga melaporkan dugaanpolitik uang yang didugadikerjakan paslon nomorsatu. Sedangkan di DesaKembaran Wetan, politikuang diduga dilakukab paslonnomor urut dua.

Anggota Panwaslu Kabu-

BI\GI'L\ I[r\'lAS S],1'l).\ K.\Bl'P.\TE\ PIrRB-U-IN"(i(i-\

Page 6: Kliping media tanggal 10 desember 2015

4f

AIH MATA: I

Tiwi (kanan) I

menangis haru6aat tiba diPosko DPC PDIPerjuanganPurbalingga,kema n sofe.

Hlturg GeEat-

55h r""ai -

ttttfittttiltfittt171.080 ",,'"45T. -s.,g-.ng -

-r-iipto

tfiffi:,,"(&Rincian jumlahperolehan suara iniberasal dari suara yangtelah masuk sebanyak :

74.9%

tttttttftttfitfiitt552.294 ',.',dari total DPT

737.607

Tidakhiad Hadit

sa?dfr mtld{}ri-*---..----------..* i

ndak sah

m17e37.,.- lffia'{#*}

B.\GI.$- IILr\'IAS SETDA I\.\BI rP.{l liN PtrRl}.\l,h-GGA

Page 7: Kliping media tanggal 10 desember 2015

$IPINGMEDIA

Perjuangan\M ul lomblang Menggunakan Hak Suara pilkada

Seberangi Sungai,Nyawa Iadi faruhan

SEBEBANG: Warga harus menyeberangi derasnya arussungai menggunakan perahu karet mitik TNI menuji TpS.

Warga Grumbul Jom-blang Dukuh Mlayang

Desa Sidareja, Kecama-tan Kaligondang, harus

menantang bahaya untukmenggunakan hak

pilihnya dalam PemilihanKepala Daerah (Pilkada)

Purbalingga 20'15. Merekaharus menyusuri sungaidengan taruhan nyawa.

ADITYA WISNUWARDANA, Purbalingga

ROMBONGAN wanita ber-jilbab terlihat meniti pinggiran Sungai Gintung yangmemisahkan ivilayah merekadengan wilayah Desa SidarejaIainaya. Mereka dibantu olehpersonel TNI dari Kodim0702lPurbalingga dan Lanud

Wirasaba Purbalingga.Begitulah sebagian perjua-

ngan warga grumbul Jom-blang unhrk tiba ke TPS VIIDularh Mlayang, tempat me-reka akan menyalurkan hak

. pilihnya. Sebelum tiba keTPS, warga harus berj alaakakimeniti tepian Sungai Gintungsejauh 800 kilometer lebih.

Tak hanya jarak yang.jaufumedannya pun cukup ber-bahaya. Kondisi tanah te-pian sungai yang labil danlicin, mengancam nyawamereka jika tak berhati-hati.Sebelum meniti tepian

sun8ai, mereka juga harusbersusah menyeberangisungai den8an taruhan nya-wa.Untuk menyeberang sir-ngai sekebar sekitar 80 me-ter itu, sekitar I2l watga

Grumbul lomblang harrrsdibantu anggota TNI.

Mereka menyeberangi su-ngai menggunakal perahukaret untut menyoblos ca-lon pemimpin mereka diTPS I Grumbul Mlayang,Desa Sidareia.

Dengan menggendong a-nak-anak yang masih kecil,mereka harus kembali berja-lan sejauh satu kilometersetelah berhasil menyeberangmereka berjalan di pinggirsungai dengan tanah sertabatu-batu kali yang licin serta

reslr(o ,ahrh yang sarga t tinggi.Anggota TNI pun menvi_

apkan tali serra membim_bing w?rga-warga agar ddakhan),ut ke suDgai.

. Ini ridak sebandtng, tapi(arena harus m envoblosiadinya kita ikut,,, kaia Mis_wati, warga Grumbul Iomblang ditemui koran ini saatmeniti pinggiran sunsai.Menurur dia, sebenirnv"

ada jalan lain untukmenuirrGrumbul Miayang, tapi .il-raknya sangat jauh danharus menempuh sekirar 35

kilometer untuk dapat men_capaigrumbul tersebut

> t<e hd I

____l\ ,

BAOIN IIUI{AS $[IDA IURBAIT{OOA

Radar Banyrmas r KAM;S poN 10 DESEMBER 2015

B.{GIAN Hlr\{,\S SE f DA K,\BlrP A.'f [N PLiRBAI-INC(}A

Page 8: Kliping media tanggal 10 desember 2015

Diapit Dua Sungair Menue[eJan9 .J:i,ftTll1H",,i,# Hffif;itrffi,,T*

sambungan darihal 5 purbalingga dan dari TNI g"nya harrs menyeberangiAU dad Lanud Wirasaba," Sungai Kaligintung. "Kami

Posisi Crumbul Jomblang uj21nya. saagir terbanru oleh bapak-berada di antara sungai, bia'menlelaskan, warga bapik tenrara yang menye-tepatnya grumbul tersebut harus diseberangkan meng- - beiangkab kami meng6una-diapit oleh Sungai Karang gunakan peraliu, karena kanpirahui urgkapny;dan Sungai Gintung. "Ke- arus sungai Gintung saat ini Kepala Desa-S_id-areja Trimana-mana susah, ke Desa 53sg31 deras dan di tengah Hadi Wardoyo menjelaskan,sana Sungai, ke sini sungai," surgni lgrdapatpalung. akibat kondisi tirsebut,ungkapnya. "Saat musim hujan seperti selama ini hampir tak adaDandim 0702 Purbaling- ini arus sungai sangat ken- warga Dukuh Njon-rblang

ga, Letkol Kav Dedi Safrudin sarg,5rmgaijuga daiam dan yan[ menggunikarr hakmengatakan,_pihal<nya ber- n4s palungnya, sehingga srarirryu saat pi[ada baiksama TNI Polri serta mem- para pemilih harus dise- gubernur atau bupati. Ber-batu menyeberangkan para bran€ikan dengan perahu faca pada pilkadi purba-pemilih dari Grumbul Jom- dan sudah disiapkan juga lingg;2010, hanya ada lirnablang menggunakan dua pelampung/,ielisnya. *aiga yang menggunakanperahu karet. Ketua RT 2tlRW \,{I Mad hakiuaranya. (*)--

R AGTAN T II INI AS S I.ITDA KABL:P.,\TEN PtlRBAl-I\G(iA

Page 9: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIAI{ II[]INA$ $I[DA PUIBAIJNGOA

Badaf Banyumas o Kamis Pon 10 Desember 2015

Raskin elc

Dinilai Tak selanegara, nyaris di bebe-rapa titik di desa lain juga

Layak Konsumsi 3*:",\""fi "-U:1"L,.:l:PURBAIINGGA- Kualitas sudab terlanjur menerima,jelek raskin di wilayah Ke- tidak sempat dikdmbalikaDcamatan Kaligondang pada 46p akhimya ada sebagiandistribusi November kema- yangtetap dikons'-rmsi. "likarh, masih menudi keluhan masih tetap sama, makawarga di Kecamatan Kali- kami akan protes dan bisagondang. Mereka rata- rata kita tolak,'jelasnya.mengeluhkan beras dalam Sesuaisunt edaran Guber-kondisi apek dan tidak laya} nul 161gng, untgl pagu ras-konsumsi. kin Purbalingga tahun 2015

Sujono (45) warga Desa .tetap sama dingan tahunSelanegara Kecamatan Ka- 2014, yaitu 80.377 RTSligondang mengaku raskin penerima manfaat Raskin.terakhir November kemarin Kemudian kuota berasmasih mengenaskan. Bah- sg63nyak 1.205.655 kilo-kan selain apekjuga ada g,ram atau 1,2 ton lebihsemacam serbu-k dan be.as beras per bulan. Jumlah itusudah sepeni lapuk. lebih Sedikit dari rahun

"Saya memjnta melalui 2g12 y6g mencapai 96.497waki.l ratyat di dewan untuk RTS penedma manfaat.segera memfasilitasi agar Jatah masih sama yaitu 15pihak terkait raskin dibe- kilogrampermsdenganhar-nahi. Kemudian peneri- ga per kilogram beras R?maan raskiu Desember ini 1.599. Tahun 2OI5 kab.upa-bisa semaldn baik" ujarnya, 1gn pulbalingga menedmakemarin. jatah 14 kali distribusi raskin

Menurut dia, tak hanya di 313u msLin ke 14- > bhat I

BAKAH : KPU Purbalingga bersama pihak terkait memusnah-kan kelebihan surat suara dengan cara dibakar.

_=-..-\\--------.--\-=--_

BAGIAN TILI\iAS SETDA }iABUP,\TEN PLiRBALINGGA

Page 10: Kliping media tanggal 10 desember 2015

Masih fadi Pekerjaan Rumah

r [asfiin nolak stok di gudang bulogPurbalintga lebih da 300

ton. Karena saat verifikasitidak layak. Usai kami Pan-tau, stok diSanti dan barudidistribusikan kep ada Pene-rimai' ujarnya, Rabu (9/12).

Pihaknya telah beruPayaap;ar stoi raskin Yang adamerupakan beras asli lokaldan bukan luar daerah, IQru-

susnya untuk tahun 2016mendatang. PasalnYa jikastok Iuilr daerah banyak ra-wan polensi kualitas Yangkurang baiic (amr)

Sambungan dari hal 5

Ketua Tim Teknis RaskinKabupaten Purbalingga, IrLily Purwati menjelaskan,soal kualitas raskin masihmenjadi pekerjaan rumahtim. Namun kondisi teral<hirdistribusi sudah Pi:rnahmendapatkan penolakandari tim dan akhirnYa di-kembalikan ke bulog sertadiganti.

"Kami balrkan Pernah me-

CEK : Tim Monev Baskin KabuPatengudang Bulog Purbalingga.

Purbalingga melakukan pengecekan stok beras di

BA(iIAN HT]]!1-\S SETDA T,ABLTPATEN PURB.ILI\GCA

Page 11: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIII{AS SIMA IIIBAIT,IOOA/<4 D+/2-

K*,tlr{. /o' / z -'Lz' /J'

Berdalih Pinj&InrMotor Teman Dibawa Kabur

PURBALINGGA-Karenamembawa kabur sepeda mo-tor milik teman, IP (19),uarga Kelurahan PurbalinggaKidul Kecarnatan Purbaling-ga, mulai disidangkan diPengadilan Negeri (PN)Purbalingga.

Dalam pe$idangan Selasa(B/12) Latu, terdakwa me-ngaku sempat mengganti platnomor motor piniaman ituagar tidak dikenali lagi olehpemiliknya. Alasan lainnya,karena plat nomor yang aslihilang tidak ketahuan.

Maielis haki!.r yang menyi-dangkan terdakwa diketuaiTotokSapto Indrato SH MH,

anggota Ageng PrioambodoPamungkas SH, dan BagusTrenggono SH, didampingiPanitera Pengganti (PP)Yulian Herawati SH.

Jaksa Penuntut Umum(IPU) Harwiadi SH menj eratterdakrra IP dengan duadakwaan. Dakwaan kesatupasal 372 KUHP, atau dak-waan kedua pasal 378 KUHP.

Terdakwa mengaku me-minjam sepeda motorHon-da Vario R 3843 WL milikMey{inda Nella Puspaning-tyas. Tujuannya untuI< mengambi.l FIP di Kutasari. Tapitidakiadi ke Kutasari.Dalam persidang n ter-

ungkap, terdakwa IPpemahbermasalah dengan Mey-dinda. Terdakwa pernahmenganiaya Meydinda padatahun 2014. Karena Mey-dinda sudah memaafkan,kemudian terdakwa danMeydinda berteman baik.

Kemudian anggota maielishakim Bagus Trenggono,sempat menanyakan kepadaterdakwa, kenapa sepedamotor Meydinda yang di-piniam tidak dikembalikan? Terdakwa IP tidak menja-wab.

Menurut IB setelah satuminggu rremakai molor Mey-dhda, plat nomor diganti

denganplatnomorn3gltBG. Andreas Setiawan.Kataterdakw4platnomorasli Kemudian bersama An-motor Meydinda itr: hilang dreasyangmemboncengkanselama dua minggu. Fauzi ke durt-alun mencari

Selaniutnya ataspertanya- makan. Andres lalu me-an JPU Harwiadi SH, ter- markir motomya di depandakwa IP mengatakan sejal< Kantor pos. Saatltu terdai<r,,aawal terdakwa meminjam meminjam molor Meydin-sepe_da motor Meydinda da, katanya mau mengimbilunlrkdipakai terdakwa sen- Hp di Kutasari.diri. Tidak ada niatan untuk piniam motor bukannyamenjualnya. untuk mengambil Hp, tapi

Awal kejadiannya fumat 28 dipakai terdakwa sampiiAgustus 2015 pukul 13.00, - sebulan tanpa seijin MLy-terdakwa ianjian bertemu, dinda. plat nomornya sem-Meydinda d) depan TMP par diganti, agar rjdak dike-Purbosaroyo- Selan jurnya tahui pemlliknya. A-l.hirnyaterdakwa memb o ncengiorr-terdakwa ditangkap p olisi 2SMeydinda ke rumah saksi September 2015. (nis)

---=\-

BAGIA.\ tITIi!,IdS SETDA K,AI]T]P,\TLN PtIRts.T,INGGA

Page 12: Kliping media tanggal 10 desember 2015

Edsl,,o)"E

o.zo".l.ot.t

c-gGcoE,3d

Ec

0)

t

Eai

EqoE

o

lt

ttt

I!tl!

6Y

ozao

BAGI.qN HTMAS SETDA KABTTATEN PLTRtsALINGGA

Page 13: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIUIIA$ $XXDA IIJRBAIJNOOA

Radar Banyufil&$ o Kamis Pon '10 Desember 2015

2J12 Lembar Surat

Suara DimusrlahkanMerupakanKelebihan Cetak

PURBALINGGA - Komisi. Pemilihan Umum (KPU)Kabupaten Pubalingga memusnahkdn surat suaraPemilihan Kepala Daerah(Pilkada) Purbalingga 2015,

kemarin, KPU memusnah-kan kelebihan surat suara

1ang dicetak.Berdasarkan informasi

yang didapat Radarmas,KPU Purbalingga total kele-bihan surat suara yang di-musnahkan sebanyak2.l12lembar. Kelebihan suratsuara tersebut dimusnah-

kan dengan cara dibakar'Simbolisasi pbrpusnahan

surat suara ditakukan otehanggota KPU PurbalinggaDivisi Mutarlih Eko Setiau/an

dan Kabag Ren Polres Pur-balingga Kompol Siti Hayati.

Setelah dilaku,kan simboli-sasi pemusnaharl, kemudiankeduanya menandatanganiberita acara pemusnahansurat suara. Anggota KPUPurbatingga Divisi Logistik,Sudarmadi mengatakan, ke-lebihan suJ.'- suara te$ebutmerupakan nasil hitung u-lang dari Panitia PemilihanKecamatan (PPK) dan KPUPurbalirrgga. > kehd I

Ditemukan Kelebihan Suarat2.112 terangkum dalam aturan

yang telah diterbitkan,"jelasnya. Dia mengungkaP-kan, pemusnahan surat sua-

ra itu mengacu Pada PKPUNomor 6 Tahun 2015.

Isinya tentang Norma Stan-

dar Prosedur KebutuhanPengadaan dan Pendistribu-sian PerlengkaPan PenYe-lenggaraan Pemilihau Gu-bernurruakil Gubernur, Bu-pati^Vakil Bupati, dan atauwalikota/Wakil Walikota.

"Pasal 40 ayat (1) dalamPKPU tersebut, KPU Pro-vinsi/kabuPaten kota mela-kukan pernusnahan surat

suara yang rusak dan suratsuara yang melebihi kebu-tuhan. Ayat (2) Peraturanyang sama menYebutkan,pemusnahan surat suaradilakukan dengan disa-ksikan

oleh kepolisian negara danPanwas setempat,' ujamya.

Sebeiumnya, KPU Kabu-paten Purbalingga memus-nal can seluruh sulat sualaPilkada Purbalingga 2015,

di depan Kantor KPU Pur-balingga, beberapa waktulalu. Sedikitnya 1.327 suratsuara Pilkada, yang dimus-nahkan dengan cara dibakarte6ebut. (tya)

Sambungan dari hal 5

"Hasilnya ditemukan kele-

bihan surat suara sebarrYak

yang dimusnahkan," jelas-

nya. Pemusnahan dilakukanuntuk menghindari kecuri-gaan menggunakan suratsuara yang rnasih disimPandi KPU. Karena itu, KPUmenempuh jalan aman agarpelaksanaan pencoblosanbisa berlangsung aman danIancar

"Hal itu iuga sesuai denga!instruksi dari KPU RI Yang

BAGIAN HIII'IAS SETDA LABTI} {T!N PI]RB.{LINGTiA

Page 14: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIUII{A$ $[MA PURBATilOOA

Radar BaqlUmaS . Kamis Pon 1o Desember 2015

Edaran MenPN-RB Ditangapi DinginPGRIPurbalinggal(aimBukanDemo Guru

PURBAIINGGA-Surat e-daran Menteri Pendaya-gunaan Aparatur NegaraReformasi dan Birokiasi(MenPAN-RB) soal peraya-an Hari Guru di Jakartaditanggai dingin oleh pe-ngurus PGRI KabupatenPurbalingga.

Edaran itu mengimbauagar para guru sebagai pen-didik harus tetap meniagacitra baik dan tidak usah

terpa4cing kegiatan ApelBesar Guru di laka a.

Menurut Ketua PGRI Ka-bupaten Pdrbalingga, Sar-jono, kegiatan di Jakartamumi apal besar HUT PGRJ

,ke 70 dan buan aksi de-monstrasi guru. Kegiatanitu dinilai wajar, karenasebaBai organisasi besardan tumbuh sejak masaperiuangan akan meraya-kannya di Jakarta.

"Selama tidak ada kebija-kan dari pengurus besar dipusat, kami tetap membe-

rangkatkan para guru. Adasekitar 400 guru yang de-ngan dana swadaya ikut keJakarta pada 13 Desembermendatang. Edaran itu kanberupa imbauan, jadi bul<anharga mati/' tegasnya, Rabu(s /12).

Sarjono menegaskag ke-giatan di Jakarta tidak akanmempengaruhi citra paraguru. Apalagi dilakukan de-ngan tidak menBanggu haddinas serta ketika kemb ali kePurbalingga tiddk bolos me-ngajar > kehd I

Tetap Menjaga Citra Gurur [ila]an Jakarta. Misalnya melalui

perwakilan beberapa orangdan tetap menjaga citra8Um.

"Di Jakarta juga kami min-ta tida l< metalculcan tindakanyang bisa merusak citra gurusebagai pendidikyang patut"digugu lan ditiru'l Kemung-kinan besar hanya perwaki-lan saja," ungkapnya.

Dia juga meminta agar ke-giatan di Jakarta tidak me-ng8anggu kegiatan belajarmengaiar pada hari aktifselanjumya. ")aga nama baikguru dan berperilaku sopanserta tidak ikut aksi iika me-mang akan ada aksi atau de-mo di sanai' tegasnya. (amr)

Sambungan dari hal 5

"K.ami tetap bisa menu-naian kewajiban sebagaiguru dan soal kekhawatiran .

akan menumnkan citra 8urukarena mengikuti apel besar,

itu saya rasa hanya ang-gapan sajar dan tidak benar,"tambahnya.

Kepala Dinas PendidikanPurbalingga, Tri GunawanSetyadi menielaskan, pihak-nya sudah menyampaitanimbauan menteri itu kepadapara Suru se kabuPatenPurbalingga. Dia memintatidak usah terlalu tranyakke

B.{GIA.}.] Hlr\'1.{S SI,'I'DA }iABLTP.\TEN PURB.{I,INCGA

Page 15: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KTIPINGIIMDIA

BAOIN IIIII{AS $IX}A PURBAINGOA

Radar Banyuma$ ' Kamis Pon 10 Desember 2015

Banyak TemanBanyak SaudaraPERSAUDARAAN tak mes-

ti harus memiliki hubungansedarah. Namun dari Persa-habatan yang akab denganpenuh kekeluargaan, bisa me-niadi lavaknva saudara.'G"-p"ttgoyu, tambah te-man tambah saudara danmitra untuk inenjalin ke-giatan positif. > bM I

\

Tetap Ialin Persaudaraanr Banyalr lektronik (LPSE) Kabupa-

ten Purbalingga."Saya bahkan sudah se,

perti saud4ra dengan te-man di manapun yangmemiliki nama Tavip. Ia-linan berupa komunitasdengan nama Tavip sudahseperti saudara dan di ma-napun lokasi akan salingkenal," ungkap pria murahsenyum ini.

Tak hanya teman denganpercamaankata dalam suatunama, namun teman lainseperti di kantor tempat

bekerja, teman di organisasi,semua sudah seperti sau-dara. Tak jarang, ketika be-rada di suatu kota atau tem-pal teman sangat bergunadan selaiu menjadi sumberinformasi yang dibutuhkansaat itu.

"Kita ambil sisi positifnyadan tinggalkan pertemananyang negatif. Iika itu dite-rapkan, maka banyaktemanbanyak saudara akan mudahkita ambil kemanfaatannya,"tambah pia asal Desa Prigi,Padamara ini, (amr)

Sambungan darihal5

Tak hanya di dalam kota,di luar kota juga tetap bisamenjalin persaudaraan ka-rena pertemanan.

Falsafah itulah yang saatini dipegang Pardiyo TavipRuwahyanto, salah satu pe-gawai Dinhubkominfo Pur-balingga. Pria yang akrabdisapa.Oyong ini, bertugasdi verifikator di LembagaPengadaan Barang/Jasa E-

BAGI.IN llLrllAS SE IDA K-ABI:P.A.TEN PLIRI],{LINC,(]A

Page 16: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KTIPING I.,{EDIA

BAOIN IIIJII{AS $[XDA PI]RBAIJI{OOA

Radar Banyumas . Kamis Pon 1o Desember 2015

Tiga Siswa SMP Tewas Tabrak IatiPURBALINGGA- Di tengah timur ialan' KetiSanya-men8- di sebuah sekolah lanjutan

p"i"'I"i.v"i p'rt"a", trag"edl hembuskan nafai terakhir aki- thgkat pertama'

juga terjadi di Purbalingga. o"il"ft" u""*i" di bagian Petaka berawal saat sepeda

Kecelakaan maut diJalan Raya kepala. motor B 6864 UCP yang di-

Condong Kenanegara, selasa iiilu toruun t".t"bur adalah tunSSangi 1i8a Pelaiar tersebut

f e/ii), L"neukl[arkan tiga aiii (is) *uteu Desa sirau' melaiu dari arah utara yakni

;;G;6;;."- " i;;;;;;";;"f, azis (15) war- DesakaransPucungmenujute

Mereka harus kehilangan g"i'J"'*U-A s'-atriSelatan' Desa Kertanegara dengan' Me-

nuu*" t"r"n" rnoro, y"ng i,"- i"rutt i, irf"uf, Lukman (14) reka menggeber sepeda.motor

;J.;'il;;ili'6"i t"?tJ"ri w*la nesaxarori, recamatan den8an kecepatan tinssi'

;;;;ffi;rk P"hrniati di sisi Karinganyar' Ketiganya pelajar > ke hat 1l

fak Pakai Helm, Umur Masih Belum Cukupr Tiga

Sambungan dari hal 1

Sesampai di perempatanDesa Condong, sepedamotor itu terlihat sutitdikendalikan hingga ak-hirnya menabrak pohoniati.

Warga sekitar langsungberlarian ke lokasi. Adajuga yang menghubungiMapolsek Karanganyar dan

BAWA MAUT

sepedamotor yangdikendaraitiga siswa

SMP hinggamenabrak

pohon iati.

\

unit Laka satlantas PohesPurbalingga.

Saksi mata, Hari AlamSyah (21) warga Desa Condong mengatakan, ketigaanak tersebut berbonce-n8an. Tiba-tiba motor ter-sebut hilang kendali danoleng ke kiri jalan. "Nge-but, motor nabrak pohonjati dan mereka terpenta[,"katanya.

Melihat haltersebut, Had'

langsung berlari untukmelihat ketiga anak ter-sebut. Namun begitu di-tihat, ketiganya sudah ti-dak bergerak dan mening-gal.

Kasat Lantas Polres Pur-balingga melalui Kanit La-ka Ipda R Manggala AgungSM mengatakan, ketigapelajar tersebut meninggalakibat tuka di bagian ke-pala. "Ketitanya tidak me-

makai helm," katanya.Selain itu, ketiga pelajar

tersebutiugabelum culupumur untuk membawa kendaraan bermotor karenausia mereka yang masihbelum l7 tahun.

Kanit Laka meminta ma-syarakat Iebih mencintai

. anak-anak mereka. Yaknidengan tidak memberikankendaraan bermotor se-belum cukup umur. (Iok)

T].\GIAN IILi\{]\S SETD\ K.\Bf P..\ILN PIRB\I,INGC.\

Page 17: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IITIII{A$ $[IDA PIJIBAIT{OOA

Radar Banyumas ! Kamis Pon 10 Desember 2015

Lugr, Open Pabrik Kayu Tidak Ada I(orban JiwaTerbakar r lagi, kayuyangterbakarberulqrar6 x6 meter dengan keting$an10 meter. Dinding terppatpenampungan terbuat daribatako dan beratap seng.

"Beruntung api bisa dipa-damkar dan tidak merem-betke bangunanlainj' jelas-nya. (jok)

KBMANGKoN-Sebuah penampungan serbukbahan bakar di Desa Ietis Kecamatan Ke-mangkon, Selasa (8/12) pukul15.30 WIB terbakalAkibamya, lempat penampungan serbuk kayuberukuran 6x6 meter ludes terbakar dan ditaksirkerugian mencapai Rp I juta.

Kejadian berawal saat karyawan pabrik kayu,Nursamsi, melihat api dari tempatpenampunganserbuk kayr. Kemudian korban langsung beneriakmeminta banntuan kepada karyawan lainnyauntuk membantu memadamkan api tersebut danmenghubungi pemadamkebakaran Purbalingga.

Warga yang men8etahui keiadian tersebutIangsung membantu dengan alat seadanya.Namun api masih sulit dipadamlan, karena apimembakar serbuk kayr dan terus membesar.

Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 16.20\41B setelah dua unit mobil pemadam kebakarantiba di lokasi dan menyemprotkan air ketumpu.kan serbuk kayu yang terbakar.

Kapolres Purbalingga, AIGP Anom Setyadii SIK,melalui KapotsekKemangkon, AI3 Siswanto SIPrnemgatakan, sa mpai saat ini p enyebab api masihdalam penyelidikan polisi.

Pihaknya iuga sudah melakukan llAh tempatke.jadian dan meminta keteranSan saksi.

> khal I

Sambungan dari hal 5

"Tidak ada korban jiwa,dan kerugian ditaksir men-capai Rp I iuta," ularnya.Menurut dia, bangunan

tempatpenampurlgan serbuk

PADAM: Petugas pemadam kebakaran ber€amapolisi dan warga berusaha memadamkan api.

RAGT,\N HI IMAS SFTDA KABLIPATL,N PI]RBALING(}T\

Page 18: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KTIPINGMEDIA

BAflAl{ IITIIilAS $XXDA PIJRBAIII{OOA

Radar BanyumaS . Kamis Pon 10 Desember 2015

PURBAII]IGGA[I($PRE$ -

KOMPAK : Petani dan anggota TNI bahu'membahumenanam padi.

IM Tanam Padi Bersama PetaniBOBOTSARI-Puluhan petani dan TNI mela-

kukan tanam padi bersama di Desa Limbasi,KecamatanBobotsad. KegiatantanambeEama inidilakrtan guna menyrlleskan pro gram ketahananpangan yang digalakkan oleh pemerintah.- oanrahil Bobolsari, Kapten CAI Purwantomenielaskan, kegiatan ini merupakan bentukkebersamaan TNI dengan mkyat 'TNl siap mem-banru petani unftrk meningkatkan hasil pertanian

dan mensejahterakan rnasyamkatj' uiamya-Dia mengatakan, kegiatan tanam bercama ini

dilakr:kanuntulmencegahhama seperti tikus, atau

hama wereng yang terjadi pada tanaman padi,sehineea oertumbuhan padi bisa maksimal dandan niindapatkan hasil ying baik bagi para petani'Dia menegaskan, hasil yang baik akan me-

niaekatkan Leseiahteraan m asyarakat para peta ni.

Meiurut dia, kigiatan tanam bersama ini akan

terus dipantau olehTM bersamapara petani dadpertumbuhan sama proses pemanenan.'

"Kira akan pantau secara periodiktanaman padi

mitik Detani. Sehingga, bila terdapat hama atau

kuranganya air bisifu ta langsung tindaklanjuti,"jelasnya.'Dia menegaskan, tanam serempak iuga akan*"-p"r*,r"dah p"-antauan tanaman padi milikpetani, sehinggi Pantauan bisa dilakukan danirasil pertaniin -bisa terus meningkat dankeseiahteraan para petaDi bisa meningkal'Puiwanto berhaiap, program swasembada

pangan bisa rercapai nantinya. Selain itu, adanya

irutiT pun"n yang baik bisa meningkatkan raralhidup perani.(iok/opl)

BAGIAN HIMAS SETD.\ IiA-BUPATEN PIJRBAIINC}GA

Page 19: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIU[{A$ $MDA PI]IBAIT{OOA

KAMIS,lO DESEMBER 2015

Iasdi danSu$qlg[ulettang

fP$illasinYltlasin_gPURBALmCOn - Oua calon buPati, Tasdi dan

Sugeng, menang ditempat pemungutan suara

(TPS) masing-masing' Mereka menang dengan

selisih angka yang telak saat penghitungan

suara, Rabu (9/12).

.*lf,:i^B'#" .-.n t u Ba4. "*""':fJ'Tfi f'::T-

di rempar rasdi s-ir. , B ?** 1:ii|!,1Ti"Ifl|l

T#'"",.tit,'i''1fl i s- B iiJiiu"*'o"-;;;o;; rbo;;- - I ka Yang seharusnYa

ra. sedangkanlawal- mendapat undangan

nya, Sugeng' hanya .. itu sedang merantru dan

,ri.ro"-*&rn?o t ari. pilak keluarga memastikan'"''il"iir^?"i".p"0 p"'it'" Lahwa mereka tidak akan

o.-."""on Suara (KPPSt pulang ke kampung halaman

riiJ i".ux..u'ut- xu- unruk pencoblosan'

,-""r.;i -1taur.r,.no

metrgata- Tak BaBikan Undansan ,^''fi"". ii,,nl"['t"i* pttitit' Densan alasan rturan'

iiuoioil; iiips'it' szs pihaknv; ridak membasikan

orans. undangan karena sudah diatur

"'-iauo* r-g hadir meng- dalam peratuan KPU .

*rritriJrrir. iirit,rv" la L '\'tereka vang tidak meng-

3i-* ad +la undangan atau gunakanhakpilih tentu dengan

dibermacam alasan. Ada Yang

sedang di luar kota. dan waktu

pembigian undangan' keluar-

sa mereka mengatakan Yang

f,ersanqkutan akiin Pulangunnrk mencoblos. taPi saat hari

H. mereka tidak Pulang Ada

iusa vanq sedang sakit dan

"oiun

jo-Po sehi4gga tidat

bisa hadir," terangnya -..Di TPS 6, Desa Cendana'

Kecamatan Kutasari, cabuP '

nomor urut 2, Sugeng, juga

menang' Dia mendaPat 179

suara, sedangkan Tasdi hanYa

mendaDat 14 suam'

Keiua KPPS TPS 6 Desa

Cendana Ari Nur AYa$n me-

nsatakan, iurnlah Pemilih Yang

teidaoat dalam DPI sebanYak

248 orang. Namun Yang da-

tane ke TPS hanYa 194 Pemr-

lih.-"Calon nomor otot 1 men-

daoat 14 suara dan calon no-

mor urut 2 mendaPat i79 sua-

ra. Suara tidak sah l Peng-

hitunean suara selesai Pukult4.30I" kutuoyu. (H82. Fl0-ss)

RAGIAN Ht1\,lAS SF-nA KARLIP{TE^" PLTRBALINGGA

Page 20: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIIIIIA$ $[TDA IIIIBAINOOA

SUARA MERDEKA

xllnms, 10 DESEMBER 2015

Sugeng Snngkemlfl.* pitt<aoa puroaiingaa G,TilJil^,X'JJ.3J,tLilIJ:'liJ#lI:

PURBALINGGA- Dua calon bupati *Ti*ffi'""*'

l'rasdi mencoblosbersama

dan satu caton wakil bupati i'H'iJ#',H'*5:#,il*iiHTBimetakukan pencoblosan di tempat *.;ru:n*mfn rH:fiSfifl ffi"[:

pemunsutansuara(IPS)terdekat reisn*Hi*xrffI:$Hiiifdari rumah mereka, Rabu (9/1 2)' nungg sejenak

(Bersunbuns hlm 27 kt'l 2)

Iasdi llyoblos Gasik,

Tasdi...

(Sambungan hlm 17)

Dia mendapat nbmor antreantujuh. Setelah itu mencoblos di bilikpertama.

"Hari ini kita telah menunaikan

hak sebagai warga negara danwarga Purbalingga untuk memilihcalon pemimPin," katanya, usaimencoblos,

Setelah itu, dia lalu kembali ke

rumah dan melakukan pemantauan

penghitungan suara di Pos Peme-nangan. Dia optimistis akan meraih

suara yang banyak.dan menangdalam pelaksanaan pilkada kali ini

Sementara itu, cawaluP Tiwitidak melakukan pencoblosan,sebab ia masih berstatus sebagai

warga Jakarta sehingga tidak memi-liki hak untuk mencoblos. Diaberkeliling ke sejumlah TPS dibeberapa desa untuk memantaujalannya Foses Pemungutan suara.

Sementara itu. sebelumberangkat ke TPS cabuP nomor 2

Sugeng dan istrinYa Sri MulYanisecara bergantian melakukan sung-

kem kepada kedua orang tua dan

mertuahya.Meminta Doa

Saat sungkem untuk memintadoa itu. mercka tak kuasa menahan

tangis haru. Mereka juga berpeluk-

an erat. Doa orang tua mengiringikeduanya.

Setelah itu dia dan istrinya ber-jalan ke TPS 6 yang barada di SDN2 Cendana, Kecamatan Kutasari,Sejumlah tetangga berjalan dibelakang mereka.

Sesekali terdengar yel-Yel darimereka. Di sepanjang jalan Sugeng

dan istrinya dengan ramah menYaPa

dan menyalami warga Yang berPa-

pasan.

Di dalam TPS, Sugeng dan

istrinya duduk mengantre seperti

warga lainnya. Saat namanyadipanggil, Sugeng mengambil surat'

sua.ra. Surat suara itu dibuka dahulu

untuk memastikan surat suara tidakrusak,

Setetah itu Sugeng dan isffinYa

masuk bilk-suara unnrk me-ncoblos.

Sebelum memasukkan ke dalamkotak suara, Sugeng dan istrinyamenunjukkan surat suara itu kepada

para wartawan untuk diabadikan.Saat ditanya bagaimana Pe-

rasaannya usai mencoblos, Sugeng

mengatakan dirinya tenang.

"Tenang. Tidak ada rasa

khawatir karena kita semua Pasrahkedada Allah," katanya. sugengmengatakan, dirinya sudah melaluitahapan, sudah berikhtiar dengan

sungguh-sungguh. Dia jugabersyukur mendapat dukungan dan

doa dari orang banyak."Dan terakhir kami tawakkal

kepada Altah. Kami serahkansemua hasilnya kePada Allah.Karena keputusan Allah adalahkeputusan yang terbaih" katanya.

Sugeng menuturkan, setelahsukarelawan dari semua kecamatan

bergerak dan didukung tokohmasyarakat, tokoh agama dan tokoh

lain, insyaallah, Allah akan mem-

beri kemenangan sebesar 60 Persensuara.(H82,F10-45)

B,\GI,{N l{flMAS SE'f DA LABLIP-{TEN PT TRBAI ,II\I(;(;.\

Page 21: Kliping media tanggal 10 desember 2015

eegat\ai$aF,\B

ii

::\

t+

Eq:.j

t\

:Ri:E-3 !',=

6E==elE 3

a:=::Ft:!

>L:,iv i

$Q c'rSs =,! r,: i

i'< l'.F\ i

Q\ =< r, -l.5*rlta> -

d:!!).*:

li'+v:=La:-r

'-/.-- - -1\--

R \(il \\ I]l \t \s st] ) \ K \lx l,\1[\ Pl RIt \].1\(;(;\

Page 22: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KTIPINGMEDIABA0IA}{ [{][{A$ $XIDA IUlBAtiliC]0A

SUARA MER]IEXA

l(Alr,lls, 1O DESEMBER 2015

Dinantui Perah u Terbalik,

* Perjuangan Warga GrumbulJomblang Mencoblos

. MISWATI (4:!) dan sejumlahwarga nampak was was saatperahu karet menyeberang Su-

ngai Gintung, Habu (9/'12) Pagi.Meskipun ia sudah mengena-kan pelampung, namun rasakhawatir perahu terbalik me-

Oleh Nugroho Pandhu SSelama menYeberang, ia

berpegangan erat kepada le-

ngan salah satu anggota TNI'

Begitu samPai di seberang, ber-

tumpu pada batu dan berPe-gangantali, ia berjalan ke tebing

sungai dengan hati-hati, takut

terpeleset. Begitu samPai di

atas, ia menunggu beberaPa re-

kannya. Perahu karet kembali

ke seberang mengangkut te-

tangga Miswati Yang masih di

seberang.Semua berada di seberang,

mereka kemudian berjalan kaki

sejauh satu kilometer menyu-

suri jalan setaPak menuju tem-pat pemungutan suara (TPS)

terdekat. Beberapa dari mereka

melepas sandal karena jalan

becek sisa hujan semalam. De-

mikian sulitnya warga Grumbul

Jomblang, Desa Sidareia, Ke-

camatan Kaligondang, Purba-

lingga untuk memberikan sua-

ranya memilih PemimPin Purbalingga.

(Bersambuni hlm20 kot 4)

nyergapnya. APa lagi arus su-

ngai sedang deras Pagi itumengingat gemalam hujan tu-run di bagian hulu sungai.

MENYEBEBANG SllNGAl : Warga Grumbul Jo-m-

blana. Desa Sidareia, Kecamatan Kaligondang' Pur-

baliioaa menveberang Sungai Gintung untuk menggu'

na*ii nax pimnya pada Pilkada Purbalingga, Rabupn4.u5)

*-/

B,{GIAN HUM,AS SETD,{ LABTIPATEN PLIRB.AII!'IGGA

Page 23: Kliping media tanggal 10 desember 2015

Dihantui...

(Sarnbungan hlm 17)

"Meski harus gedablgan seperti ini, harus kami lakukan karena kami

ingin mencobbJmemilih bupati kami. Sekarang dibantu oleh bapak

po-lisi dan tentara untuk menyeberang," katanya sembari menggen'

dong anaknya.o-alam pitxada t<ali ini, sebanyak 121 warga di grumbulterselut

masuk dalam daftar pemilh tetap (DPT). Mereka terdaftar pada TPS 8,

Grumbul Mlayang, oesa Sidareja. Pada pemilihan presiden lalu, tak

ada satu pun warga yang menggunakan hak pilihnya karena untuk

menjangkau TPS sangat sulit.

"tivart, eitpte. sung"i meluap jadi tidak bisa menyeberang Ada sih

jalan lain, tapi harus memutar dulu sampai 35 kilometer lewat

Bobotsari," imbuhnYa.Posisi GrumbulJomblang berada diantara sungai, tepatnya grum-

bultersebut diapit oleh SungaiKarang dan Gintung

Untuk dapai menyeberang biasanya warga tidak berani jika ber-

jalan sendirian, setidaknya harus terdapat 2-3 orang uniuk saling

berpegangan agar dapat menyebrang.ilyi di antara sungai. Su ngai Karang dan Gintung, jadi kayak pulau '

Kalau sekolah ada di Kaliputih, tidak nyebrang sungai tapi lewatnya

sawah," katanya.la dan warga tainnya memiliki harapan besar kepada bupati terpilih

agar nanti dibuatkan akses terdekat menuju wilayahnya' Mereka

b6rharap segera dibuat€n jembatan dan jalan yang diperbaiki' .

Ketua Komisi Peririlihan Umum (KPU) Purbalingga, Sri Wahyuni. mengatakan, pilkada kali ini pihaknya mehinta bantuan Polri, TNldan

Badin Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk mengako-

modir hakpilih 121 warga diGrumbulJomblang Ada duasolusiuntuk

memfasilitasi mereka. Pertama, jika Sungai Gintung tidak banjir, mere-

ka akan diangkut menggunakan perahu karet yang disirapkan TNF

Polri. Namun jika sungai banjir, mereka akan diangkut menggunakan

truk Dalmas dari Dusun Kaliputih, Desa Karangsari dan memutar 35

kilometer ke arah TPS.

"Ternyata tadi (kemarin-red) pagi, air sungai tidak meluap,

meskipun arusnya sangat deras. Mereka bersedia menyeberang

menggunakan perahu karet dehgan didampingi oleh petugas Kami

beruf,iya agartlangan sampai hak-hak mereka tidak terakomodir,"

katanya. (Ryan Bachman-4s)

BAGI,\]\ HLII,I,\S SETDA },ABT]PT\TEN PLIT{8."\LINGGA

Page 24: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KTIPINGMEDIA

BAGIN IITIII{A$ $EIDA PI]RBAIJI,IOOA

BEBBAGAI macam carauntuk menyukseskan PilkadaPurbalingga, telutama dalammengajak masyarakat untukdatang ke tempat pemungutansuara (TPS) menggunakan hakpilihnya. Salah satunya mendeko-rasi TPS semenarik mungkin.

Seperti yang dilakukan olehkelompok panitia pemungutansuara (KPPS) di TPS 6 Desa Ba-jong, Kecamatan Bukateja, Puba-lingga. Mereka membuat TPS de-ngan konsep ala pencinta sepedakuno alias onthel. Disebelah pintumasuk, sudah berjejer sejumlahonthel menyambut pemilih. De-mikian juga di dalam TPS, sejum-lah sepeda juga terparkir rnenjadipemandangan menarik.

-lldak

hanya itu, para personei diTPS itupun beceragam komuniEs sepeda yang hidup di desa tersebu.

"lni untuk menarik caion pemi-lih. Alharndulillah, antusias wargauntrk memilih drkup tinggi, lebih

dari 75 persen," kata Ketua KPPSTPS 6 Desa Bajong, Nur Khotami,Rabu (9/12).HUT Ke€

Selain itu, konsep tersebutmenjadi program KomunitasOnthel Bajong Sepeda Kuna(Basasena) dalam menyuk-seskan Pilkada Purbalingga. Apalagi saat ini komunilas onthel inisedang merayakan ulang tahunyang ketiga. "lnj juga cara bagikomunitas kami untuk mengajakmasyarakat gemar berolahragadengan cara bersepeda," kata priayang akrab disapa Kunung ini.

Di TPS itu terdapat daftarpemilih tetap (DPT) 509 orang danDPT 81 salu orang. Undanganyang dibagikan 304 lembar danpemilih yang hadir 291 orang. Daipdnghitungan, paslon nomor urut'1 mendapat '126 suara, paslon nemor uM 2 mendapat 157 suara,dan yarE tidaksah 8 suara. (RyanRachrna]t.55)

Partisipasi Pemilih 60 Persen,::- Pelaksanaan Amarr dan Lancar

PURBALINGGA Ting-kat partisipasi pemilih dalamPilkada Purbalingga, Rabu(9/12) pada kisaran angka 60persen. Pemilih yang berada diluar kota disebut-sebut sebagaipenyebabnya.

Hal itu disampaikan Pj Bu-pati Purbalingga, Budi Wibowousai melakukan pemantauan kesejumlah tempat pemungutansuara (TPS) bersama jajaranforum komunikasi pimpinandaerah @orkompinda) Purba-lingga dan Desk Pilkada Pur-balingga.

"Tapi masih harus menung-gu hingga penghitungan suaraselesai. Dari pantauan di sejum-lah TPS, j urnlah kehddiran

(Bersambung hlm 27 kol I )-

SWRyan Rachman l\PANTAaAN PILKADA: Pj Bupati Purbalingga BudF--"Wbow o be rs ama F o rkompinch me mnntau pe laks anaanpilkadn di seiumlahTPS, Rabu (9/12).(45)

B:\GIAN Illr\IAS SUI'DA KABIII'ATEN PtrRBAI-INGtlA

Page 25: Kliping media tanggal 10 desember 2015

(Sambungan hlm 17)

pemilih rata-rata 60 persen dariundangan yang didistribusikan.Dan yang tidak didistribusikankarena pemilih tidak berada ditemoat memane. anhrobatrvak"fr-o{ti;Yl**d* "*\+1- ;,

uLaiiy-a-oi TPS 6 DesaPanioaq,.Kecamataa Kemang-koq darijunikih DPT s?0lar nayat formulir C6 atau undanganyang tidak dibagi 120 pasahyayang benanglartan tidak berada ditempat. Sesuai ketentuan, undan-gan mencoblos hanya diberikankepada pemilih yang ada di t€m-pal

"Ada beberapa yang tidakhadir menyalurkan hak suaranya-

Sebabnya karem berada di peran- .

tauan, sakit, kondisi jompo dantidak mau menggunakan hakpili-hnya" Yang lainnya nanti akan htateliti lebih laniut kenapa tidakhadir,'Jelasnya-

Sementara itu, dari segi pelak-sanaanya, pilkada berlangsungaman dan sukses. Para petugasTPS marnpu rnelaksanakan firgass€suai ketentuan.

Masyarakat juga memilikipemahaman yang memadaisehingga partisipasinya jugacukup memadai. Menyangkutkeamanan wilayah, menurutBupati, juga terpantau arnan danyang sebelumnya dikhawatirkantidak tedadi.

"Ini semua merupakan kerjabenama dari seluruh penyeleng-gara timpengamanan, danjajamnpemkab. Hasil yang dicapaisekarang bisa menjadi pembela-jaran bagi penyelenggaraan pilka-da serentak 2017 menda-

tang,"letanya.Tetap Kondusif

Dia bertmrap, usai pilkada ini,kondisi wilayah tetap kondusifkarena masyarakat sendiri yangmemilih. MasYarakat hanYamengharapkan seorang pe-mimpin yang memadai, akomo-datif dan yang bisa membawamabayrakat Purbalingga Yangsejahtem.

Kapolres Purbalinqga, AjunKomisaris Besar Anom Setyadjimenyatakal, hingga dihrtupnyapelaksanaan pencoblosan dapatdiselenggarakan dengan lancar.Kondisi keamanan jugakondusif.

Situasi secara umum gangguankeamanan dan keterlban masya-rakat (<amtibmm) nilril

"Seluruh personel keamananterus kami siagakan, sahbilmeli-hat perkembangan sihasi ptls@

IEmungutan suara- Bih esl(alasi-nya menirigkat kami pudah siapdengan pergelaran pasukanpengamanan yang ad4ilLotanya.

Ketua Komisi PemilihanUmum (KPU) Purbalingga SriWahymi mengatakan, PilkadaRutalingga diikuti oleh 737.595pemilih yarg tercatat dalam daftarpmilih tetap (DPT) ierdid dari370.907 lfi-laki dan 366.688perempuan. Junlah itu masihditarnbah 504 omngyang terdaftardalam DPTtr I terdiri dari 282pemith lakiJaki dan 222 pemilihpaempuan Merekamenyalurkanhakpilihnya di 1.629TPS.

Pilkada Purbalingga 9 De-sember 2015, diikuti dua pasang-

an calon bupati dan wahl bupati.Yatni pasangan calon nomor sat r

Tasdi n Dyah Hayuning Pratiwi(Tasdi-Tiwi) dan paslon nomordua Sugeng - Sucipto (Sugeng-

cipro). GI824s)

BAGIAN HUIIfAS SETD-{ L{BITPATEN PTJRBAIINGGA

Page 26: Kliping media tanggal 10 desember 2015

i:

vcio:,a

6V)o-t-

soB

S|,)

o;

&

-s

t.\

S t^-t v't

-C\={:: ^\

sq\ruH --:

>qd€Crr S:\=t\ a_\:r<s(4 .i'Q&'<sl.) t.ia

'-L (- -

B{GI \\ Htl\1.\S SE'ID.\ I\,\DITAI EN Pl 'Rl l.\l.INC'G.\

Page 27: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KTIPINGIUEDIA

BAflN IIIIiilA$ $X[DA ruIBAIil{OOA

nya Rabu(9/12).(45)

PEMILIH TaINANETRA : Dibantu pendamping.Muroin (50) warga Desa Bajong, Kecamamn Bulcateja,seorang penyandang turumetra menggurakan hak pilih-

BAGIAN IIT]\,IAS SETDA }'ABT,IPATEN PL]RBAI-INGGA

Page 28: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KLIPINGIUEDIA

BAflAN IIUll{A$ $IMA PUIBAIT{OOA

SUARA MERDEKA

KAMIS,lO DESEMBER 2015

PLTRBALINGGA- DinasKesehatan mulai mening-katkan kewaspadaan terhadaP

kemunculan demam berdarah,

saat musim hujan. Selamabulan Desember ini, hamPirsetiap hari Purbalingga diguYurhujan deras.

"Selama musim hujan inikami sudah meningkatkankewaspadaan terhadap ke-mungkinan kenaikan lagikasus demam berdarah," kataKabid Pengendalian PenYakit

dan Penyehatan Lingkungan(P2PL) Dinas Kesehatan,Semedi.

Sebab, hujan selalu men-ciptakan genangan air.Genangan ini dimungkinkanaka menjadi tempat bekem-bang rryamttk Aedes aegYPtisebagai vektor demamberdarah.

"Saat musim hujan ini Po-pulasi nyamuk akan naik, se-

hingga penyebaran demamberdarah bisa akan mengil'a i.Karena itu, jajaran DinasKesehatan waspada terhadaP

demam berdarah," tutumya-Dia menjelaskan, saat

kemarau periode Oktober-November jurnlah penderita

demam berdarah nol. Namunpada akhA November ada saflr

penderita yang meninggal."Karena kejadiannYa

belum lama, maka karni belumbisa mengatakan jumlah Pen-derita demam berdarah itu naikatau tidak pada bulan De-semberini," ujamya.Pengasapan

Namun dia memprediksijumlah penderita akan naikpada bulan Desember ini. '

Apalagi jika ditemukan kasus

penderita demam berdarahyang lain.

" Unurk informasi adanYa

- oenderia demam berdarah di

Lumpang Karanganyar, kami

belum mendaPat laPorannYa.

Kami akan inemeriksa kelapangan dulu terkait informasi

ini," katanya.Semedi mengatakan, Pen-

gasaPan atau /o88irg akan

dilakukan jika ada Penderitademam berdarah Yang mening-

sa[. Atau ada satu Peuderitaiemam berdarah dan di seki-

hmya ada I Penderita lain. . -"Atau ada satu Posltlt

demam berdarah dan di seK-

tarnva ada tiga orang Yangmenderita Panas tinggi Yang

ridak jelas PenYebabnYa.Lingkungan itu akan kami/o8-

sW,"kafary?-Semedi meminta masyam-

kat memeriksa lingkungan diluar rumah. Karena hujanmenimbulkan genangan dibanyak tempat atau baranghekas di luar rumah sehingga

menjadi temPat bertelur nya-

muk."Kalau temPat air di dalam

nmmh, saya Yakin masyarakat

rutin membersihkan. Yang

serilg tedupakan adalah di luar

rurnah yang terkena aA hujan,"katanya.€1G55)

R AGI AN HI ;M AS SF,TDA K AI}L]?-A.T[,N PLIRI}.{LINCGA

Page 29: Kliping media tanggal 10 desember 2015

SUNRN MERDEIM KAMIS, 10 DESEMBER 2015

Lah irkan Peiarung fhndd-utrCARA unluk mempertahankan ek-

sistensi adalah bertarung. pepatah kunoitu menjadi pegangan oleh Ketua Ke-luarga OIah Raga Tarung Deqat (Ko-drat) Kabupaten purbalingga. Agungtsagaskoro.

Pilihan hidupnya pada olahraga tarungselak ia duduk di banoku SMA di Jakartapada 1992. Apa lagi, pamannya adalahpemilik sasana tinju Garuda Jaya yangmelahirkan petinlu Ellyas pical. padapamannya itu dia berlatjh tinju. prestasitertinggi yang diraih, pada 1998, meniadijuara tinju Piala Gubemur Jakarta.

( Be rsambung hlm 20 kol 2 )

Lahirkan...

(Sambungan hlm 17)

Kemudian mencoba melebarkan sayapdengan berlatih taru ngdetajaldan mix maftialarL Baginya, olahraga tarung menjadi carauntuk membentuk karakter dan jiwa ke-pemimpinan.

Terlebih lagi untuk menghadapi kompleksi-tas hidup harus dibutuhkan jiwa yang tahanbanting:

"Ada passion di olahraga ini," kata priakelahiran Jakarta, 22 Juli 1973 yang saat initinggal di RT 2 RW 1 'Desa Karangjambe,Kecamalan Padamara, KabupatenPurbalingga ini, kgmarin,

Pada2004, dia hijrah ke Kota PeMiramengikuti istrinya, Apriana Mulya Dewi. Padatahun itu dia mencoba membuat komunitastinju dan tarung derajat di desanya.

Namun masih setengah-setengah karenadia sering pergi ke luar kota dalam waktu yanglama.

Baru pada 2012 membuat sasana berna-ma Spartan yang berlatih tiap sore di tepisungai di dekat rumahnya.

"Waktu itu sempat dilihat aneh oleh wargakarena olah raga tarung masih asing bagimereka. Sekarang kami sudah berlatih di ru-mah atas bantuan dari Ketua Persatuan llnjuAmatk lndonesia'(Pertina) Purbalingga, HoSung di Jalan Rumpak Picis, Desa Klapa-sawit, Kecamatan Kalimanah," kata Se-kretaris Pertina Purlcalingga ini.

Beberapa anak diajak berlatih tinju dantarung di sasana itu. Sebagian besar darimereka adalah anak-anak putus sekolah darikeluarga tidak mampu dan anakjalanan.

Selain berlatih tarung, mereka jugadibiayaiuntuk kembali sekolah dan diberi pendidikan

Bahasa lnggns oleh alumnus FakultasEkonomi Universitas Persada lndonesiaJakarta ini.' Sebut saja mereka yang berlatih, Hang-gar, Roland, Felix, Munajat, Maskur, Enikdan Ana. Beberapa dari mereka pun meraihprestasi.

Henggar, mendapat perak di kejuaraantinju piala Bupati Cilacap di Nusakambanganbulan laiu, Enik, petinju perempuan ini jugadapat perak di ke.juaraan yang sama. Felixmendapat perak di Kejurprov tinju kelas juniordi Pekalongan Maret lalu.

Kemudian di cabang tarung derajat,Munajat mendapal perak di Porprov di Ba-nyumas lalu dan Maskur menyumbang pe-runggu untuk Purbalingga di POR Du-longmas di Magelang tiga bulan ke bela-kang.

"Semuanya tidak dipungul biaya aliasgratis. Makan, minum dan vitamin pakaidanapribadi. Kemarin ada bantuan dari KONIPurbalingga selumlah dana, dan itu cukupmembanlu," kata ayah dari Taruna DanstraBagaskoro dan Agung Taruna Parusa ini.(Ryan Rachman-45)

I]AGIA}i HT]\IAS SLTDA I' IBTTP.\TtrN PURBAL]N(iG.\

Page 30: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KTIPINGMEDIA

BAGIN IIU[{A$ $MDA IIIIBAIII{OGA

SUARA MERDETAKAMIS,10 DESEMBER 2015

Buktikan Kematangan Berpolift

S['Vdok

MuhammadFauzan

PILKADA merupakanproses demokrasi dalamk€tatanegaraan setelah masareformasi. Figur pemimpindaerah dilakukan dicari dengancara pemiJihan langsung.

Apa pun hasilnya menurutpakar Hukum Ta.ta Negma Fa-kultas Hukum Unsoed Purwo-kerto Prof Muhammad Fauzan,seharusnya bisa membawa ke-baikan. Soal menang kalahadalah mekanisme yang biasa.

"Tinggal nanti bagaimanakematangan dalam berpolitikdibuktikan pascapilkada. Ba-gaimana yang menang dalambersikap merayakan keme-nangannya, yang kalah meneri-ma kekalahannya dengan besarhati. Di siri akan tedihat kene-garawanan mereka," ujarnya,kemarin.

Siapa pun yangjadi, ungkapdosen kelahiran Purbalinggaini, dia harus dapat meyakinkanrakyat sebagai pemilik kedaula-tan, bahwa dia adalah figuryang pantas mengembanamanah rakyat.

Jika mereka sudah dewasa,

semua akan berjalan seperti

biasa."Memang perlu waktu, jika

elite politik memberi contohyang baik, rakyat akan meng-ikutinya," kata guru b€sar yang

saat pengukuhannya memba-cakan orasi ilmiah berjudul"Titik Berat Otonomi Daerahpada Daerah Provinsi dalamSistem Ketatanegaraan Re-publik Indonesia pada Masayang Akan Datang" ini.Anomali

Kemudian soal politikuang, hal itu merupakan anom-ali yang selalu ramai dalam.pelaksanaan pemilihan umum.

Hanya terdengar kerama-ianny4 tapi implementasi pem-

bukiarinya sangat sulit.[Ial ini diperlukan komit-

men dari pihak-pihak calonbupati-wakil bupati Purba-lingga itu untuk melakukanpencegahan.

"Sebenarnya, pol.itik uangitu kan ketakutan dari calonakan kekalahan. Dan, dia takuttidak percaya terhadap rakyatyang akan memilihnya. Di sisilain juga berkembang kondisimasyarakat konsumelisme,yang suaranya ditukar denganuang. Hingga waktu pileg lalu,muncul spanduk bertuliskan'Siap Menerima SeranganFajar'. Ini kan mengerikan,"tandasnya.

Politik uang tercebut sangat

mencederai demokasi modem.Sebab, seharusnya demokasimodem lebih menitikberatkanpada program, visi dan misiserta rencana cdlon pemimpindalam membawa kemajuandaerahnya ke depan. (RyanRachman-s7)

BAGIANHLIN,I,\SSL,f DAKABLIPAIL\.PTIRBAI,IN-'GGA

Page 31: Kliping media tanggal 10 desember 2015

B^CLLN HLr\'lAS SETDA I'i\BtrPA fEN PIIRBAI,I\IGG,\

Page 32: Kliping media tanggal 10 desember 2015

Tasdi - Tiwi...pindah alamat dan lainnya, maka C6

tersebut tidak diberikan dan tetapdipegang oleh petuqas KPPS atau PPS

setempat."Ada beberapa yang tidak

hadir menyalurkan hak suara.Penyebabnya/ mereka berada diperantauan, sedang sakit, kondisijompo dan tidak mau menggunakanhak pilih. Lalnnya nanti akan kamiteliti lebih lanjut, kenapA tidak hadi["jelasnya,

Bupati berharap usai pesta

demokrasi ini, kondisi wilayah tetapkondusif. Karena masyarakat yang

memilih, Bupati mengharapkan adapemimpin yang memadai, akomodatifdan bisa membawa Purbalingga lebihsejahtera.

Sementara ditemui di TPS 2 Desa

Kaligondang, Kapolres PurbalinggaAKBP Anom Setyadji menyatakan,

hingga ditutupnya wa ktu pencoblosan,pesta demokrasi ini bedalan lancar.Kondisi keamanan juga kondusif,situasi secara umum qangquan

Kamtibmas nihil. "Seluruh personel

keamanan masih kami siagakan,sambil melihat perkembangansituasi paskapemungutan suara. Bilaeskalasinya meningkat, kami sudahsiap dengan gelaran PAM yang ada,"jelasnya.

Ketua KPU Sri. Wahyunimenuturkan, Pilkada diikuti 737,595pemilih yang tercatat dalam DaftarPemilih Tetap (DPT) terdiri atas370,907 laki-laki dan 366.688perempuan, Jumlah itu masihditambah 504 orang yang terdaftardalam DPTb l terdiri atas 282 pemilihlaki-laki dan 222 pdmilih perempuan.Mereka menyalurkan hak pilihnya di

1,629 TPS. (pr,msos/os)

I] \GI].\ HT I\1.\S SETDA K \IN'P.\'lE\ PTiRB.\I-I\(;(J.\

Page 33: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KTIPINGNMDIA

BAffAN IIIIIilAS $MDA PUIBAIil'IGOA

PURBALINGGA - Suasanatempat pemungutan suara

(TPS) 8 Mlayang di DesaSidareja, Kecamatan

. Kaligondang terlihat' ramai dikunjungi warga

yang mencoblos dalampemilihan kepala daerah

(Pilkada) serentak. TPS 8

Mlayang yang berada diSD 3 Sidareja, memakai

ruang kelas sebagai tempatpencoblosan.

uasana ganjil terlihat, saatseorang warga datang membawakelender gulungan berivarnacokelat masuk ke halaman

sekolah. Dia membagikan gulungankalender itu kepada warga yang sedangmenunggu giliran untuk mencoblos diTPS 8 lllayang. Ternyata itu bentukkampanye terselubung, karena kalenderbergambarkan salah satu paslon.

Warga tersebut membagikan lembardemi lembar kalender kepada beberapawarga yang datang. Dari pantauan,beberapa warga yang didominasi lansiamefl dapat kalender tersebut. Bahkan,mereka sempat membuka gulungankalender dan disaksikan orang lain yang

berada di tempat tersebut."Saya yang minta kalender ini mas,

saya datang sudah ada di sini, sayan99ak tahu siapa yang bawa," kataseordng warga Desa Sidareja, Fatimah,yang mendapat kalender tersebut di TPS8 Mlayang, Rabu (9/12).

[lendapat laporan. tersebut, anggotaPanitia Penga'rras Lapangan (PPL)

setempat langsunq memberitahukan

kepada salah satu warga yangmembagikan bahwa hal tersebutmerupakan pelanggaran pemilu yangbisa diproses hukum. Akhirnya prosespembagian kelander tersebut dihentikan.

Saat dikonfirmasi adanya kegiatanteBebut, Ketua Panitia PengawasPemilu (Panwas) Purbalingga, DewiPalupi mengatakan yang terJadi diTpS8 Mlayang diduga adalah pelanggaran."ltu bisa menjadi pelanggaran, karenamasih ada alat peraga yang beredardi masyarakat dan merupakan bahankampanye. Seharusnya hal tersebut tidakboleh terjadi, karena sejak H-3.sebelumpencoblosan tidak boleh ada lagi sepertiitu," ucapnya.

Dewi mengemukakan, prosespemeritahuan dan penyetopanpembagian kalender yang dilakukanPPL merupakan tindakan pencegahandari Panwas agar pembagi tidakterjerat pelangqaran. "Karena sudah

mematuhi teguran kami, maka kamitidak memproses sebagai pelanggaran,'katanya.

Di sisi lain, Panwaslu .Purbalingga

memutuskan kewenangan penanganankasus sembako berlabel bahan kampanyepasangan calon diJl Lawet Kelumhan,Purbalingga Wetan, Sabiu (5/12) Ialudiserahkan kemali kepada pihak pelapor.

Hal ini mengingat hasil kajian'Panwaslu bahwa terlapor bukanlahbagian dari tim kampanye pasnagancalon, sehingga tidak bisa dijerat hukumsesuai dengan UU Pilkada. "Karenatidak terjerat dalam UU Pilkada, makakewenangan kami sudah putus. Kamiserahkan kembali kasus ini dan terlaporSukirno kepada pelapot apakah maudilapokan ke Kepolislan atau diselesaikansecara damai," kata anggota PanwasluDivisi Pencegahan dan HubunganAntarlembaga, Arto Wibowo, Rabu (9/12)lalu. (Insos)

BAGI.$i' T INTAS SE,fDA KABL;PATEN PURB.{I,INGGA

Page 34: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIIIII{AS $ITDA PURBAIT{OOA

Warga TerkungkungSungai Gintung

I Berharap BupatiTerpilih Wujudkan Jembatan

KALIG-ONDANG- Selamaberpuluh tahun, warga

Gerumbul Jomblang,Desa Sidareja, KecamitanKaligondang terkungkung

Sungai Gintung. KePadabupati terpilh mendatang,

mereka berharap bisamewujudkan pembangunan

. jembatan, untuk aksesmereka ke luar desa.

EJAK Rabu (9172) pagi,

tantangan berat harus dihadaPi

warqa, saat harus menyusuri

i7 tepian Sungai Gintung di wilayahtersebut menuju tempat pemungutan

suara (TPS). "Kami sangat berharapada jembatan dari tempat tinggal kamike arah sini dan juga jalannya bisa

diperbaiki. Karena sejak kami kecil, selalu

menyeberang sungai Gintung," kata

warga Dusun Jomblang, Miswati.

Dia mengaku kesulitan saatmenyeberangi sungai yang memilikilebar sekitar 50 meter tersebut,karena arusnya cukup deras" Bahkankala musim hujan, debit air di sungaitersebut kerap meninggi. "Kalau bukanmusim hujan, airnya biasanya hanyaselutut. Tapi kalau musim hujan bisa

sampai sedada oranU dewasa," ujarnya.Selaln itu, dia mengaku rasa

takut kerap muncul saat akanmenyeberangi sungai. Karena itulah,dia memilih menyeberang bersamabeberapa tetangganya jika akanmenyeberang Sungai Gintung. "Jadikalau menyeberangi sungai, kami

saling berpegangan satu sama lainnya.

!linimal saya berani menYeberangsungai kalau ada dua orang,'ujarnya.

Dia mengakui baru kali ini memunyai

kesempatan untuk ikut memilihpemimpin dalam pilkada. Pada tahun

sebelumnya, jelasnya, banyak warga

Grumbul Jomblang tidak ikut n/obloskarena Sungai Gintung meluap. "Jalan

lain ada tapi jauh mufernya, ini baru

sekali (nyobios). Pemilu tahun Ialu

tidak bisa karena sungainya besat"ungkapnya.

Dibantu anggota TNI/Polri Yangmemfasilitasi perahu karet untukmenyeberang sungai, diharaPkan

121 warga GrumbulJomblang aaPat

mengikuti ajang kontestasi politik lokal

tersebut.Lokasi Grumbul Jomblang sendiri

diapit dua sungai besar, yakni Sungai

Tambm dan sungai Gintung "Jadi kayakpulau. Kalau sekolah ada di Kaliputih,tldak menyebrangi sungai tapi le',^ratnya

sawah," ujar Miswati. .

Medan BeratSelain Miswati, warga Jomblang

lainnya, Ruyati iuga mengeluhkanminimnya fasilitas untuk warga.Diakuinya, kondisi medan yang cukup

berat menjadi persoalan bagi Ruyati yang

sudah tua."Lumayan jauh untuk bisa samPai

ke sini. Karena sebelum menyeberangdi sungai ini, kami harus menyeberangdi sungai sebelah sana," katanya sambil

menggendong cucunya,Tak heran jika warga Desa Sidareja,

Fatimah berharap sosok Yang akan

memimpin Purbalingga kelak bisa

membuat fasilitas umum di desanya lebih

baik. "Kemarin ada calon yang datangke sini dan menjanjikan perbaikan jalan

BAGI.N HLrMr\S SETDA KABLTP.\TLN PURB-{LIN(I(iA

Page 35: Kliping media tanggal 10 desember 2015

WARGA Gerumbul Jomblang, Desa Sidareja, Kecamatan Kaligondang tengahdiseberangkan di Sungai Gintung dengan perahu karet oleh personel TNl, untukmelakukan pencoblosan, kemarin.

yang rusak di sini, jika dia menang. Tidaksalah kan, kalau saya milih dia?" ujarnyasaat menunggu giliran mencoblos di TPS

08 l4layang.Kepala Desa Sidareja Tri Hadi

Wardoyo mengakui, persoalan fasilitaspenghubung tersebut sudah sejak lamadialami warganya. Dia mengemukakan,sudah berkali-kali mengajukan proposaluntuk membuat infrastruktur saranapenghubung Dusun Jomblang ke desa.

"selama ini, menyeberang sungaimenjadi satu-satunya akses wargaRT 2U08 untuk bisa sampai ke desa.

Kalau memutar, akan jarh dan bisamenempuh jarak sekitar 35 kilometer,"ujarnya.

Sementara Penjabat (Pj) BupatiBudi Wibowo menjelaskan, kebijakanpemberian infrastruktur di gerumbultersebut akan banyak ditentukan olehpemimpin yang terpilih nanti, "lni akanmenjadi PR bupati terpilih, apakah perludibuatkan jembatan atau memecahwilayah administratif menjadi masukKecamatan Karangmoncol, sehinggasaat pemungutan suara tidak lagi harusmenyeberang sungai," katanya. (m905-06)

BACI.\,\,- I[\{AS SETD.\ i\.{BtrP-A.TEN PURBALINGG,\

Page 36: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN HUI}{A$ $[TDA II]RBAIil{ffi4

HARIAN BANYUMASKamis, 10 Desember 2o1s ,/L*l *:il",s**".,

Galeri Onthelis iII TtrS 6 BajongPURBALINGGA -. Berbagaikreativitas dibangun KPPS

guna mbnarik pemilikdatang ke TPS, KelompokPenyelenggara PemungutanSuara (KPPS) TPS 6 Desa

Bajong, Kecamatan Bukatejamisalnya, mendekorasikan ruangTPS menjadi lebih unik denganberbagai galeri bertemakansepeda kuno atau onthelis.

TPS kreatif ini merupakankerja sama antara.KPPS dengankomunitas Bajong Sehat SepedaKuna (Basasena). Sejumlahgaleri yang dipamerkan, diantaranya foto-foto kegiatanekspedisi di berbagai tempat,piagam, piala, plakat, klipingberita serta 15 unit sepedq antikdari berbagai merek buatantahun 1940-an.

Galeri tersebut dipajang didepan TPS serta di area antri.Calon pemilih bisa melihat-lihat galeri tersebut sembari

menunggu dipanggil menujuruang pemungutan suara, RuangTPS juga di putarkan musik-musik yang s/oi{ agar pemilih

tidak merasa tegang.. Ketua Basasena, Paksi

Nurlambang mengatakan, carakreatif ini efektif untuk menariRwarga agar datang ke TPS.

Terbukti pada pemilu,pemilusebelumnya, dengan settmg yang

sama mampu menghadirkantingkat partisipasi 100 o/0.

"setting TPS yang seperti inisudah biasa kami lakukan sejakPemilihan Gubemur tahun2013 lalu. Alhamdulillah tingkatpartisipasi pemilih selalu 1000/0,"

kata Paksidi area galeri, Rabu(et14.

Dikatakan, tujuan daripameran ini juga mengajakpemilih untuk bernostalgiadengan kendaraln tempo dulu.Auc sejarah juga semakinkental dengan pakaian KPPS

menggunakan kostumala pejuang veteran,Seperti yang diketahuiKomunitas sepedaonthel Basasenaberdiri sejak tanggal12, bulan 12, tahun2012. Komunitas initerdirl kaum mudahingga sepuh,

"Penekananaura sejarah inijuga menyiratkanhalapan kami bahwapemimpin yang

terpilih nantijangan,sampai melupakan' sejarah, dimana .

sepeda adalah alattransportasi'zamandulu yang digunakanpara pejuang, harapanyakedepan nanti pemerintah jugamenyediakan jalur sepeda sepertihalnyA di Banyumas," jelasnya.

Sementara angqota KPU

TPS ONTHEL: Calon pemilih memasuki TPS unik bertema ''Penggem-ar- -.

Sepeda Onthel di TPS 6, Desa Bajong, Kecamatan Bukateja, Rabu (9/12).

Purbalingga Divisi Sosialisasi dan

Pendidikan Pemilih, MeY Nurlela

mengatakan, upaya upaYa kreatifseperti ini cukup membantu KPU

dalam menarik pemilih untukhadir ke TPS.

'Harapanya pemilu kedepan

muncul TPS-TPS unik'Yang lain,

agar pemilih tidakjenuh dan

selalu merasakan pengalaman

pengalaman baru saat memilih," ,

jelasnya. (msos)

BAGI,AN HTIT,I{S SE,'f DA KABLDATEN PLIRBALINGiiA

Page 37: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KTIPINGIUEDIA

BAffAN III[{A$ $MDA PIIIBAITiOOA

HARIAN BKamt', 10 Desember 2015

Memadukan IramaBudaya dan Nam

I Desa Wisata TanalumREMBANG- Enam bocahduduk di sebuah kursi plastikdi bemnda rumah. Tangannyamemukul alat musik bambuyang bernama gumbeng sembarimenyanyikan lagulagu populerdi kalangan generasi muda.

Ibarat pengamen, paraseniman cilik ini bernyanyidi hadapan para pengunjungevent kebudayaan yang digelardi Desa Tanalum, KecamatanRembang, akhir November lalu.Tapi, bocah-bocah ini tidakmeminta uang, mereka tampiluntuk menunjukkan kekayaanwarisan budaya yang dimilikidesa wisata yang dikenal dengansebutan negeri serjbu curug ini.

Gumbeng yang dimainkanoleh kaum muda Desa Tanalumini merupakan instrumen musikyang menyerupai gitar perkusiyang terbuat dari bambu dengansenar yang dimainkan dengancara dipukul. Seperti daerah laindi flafah Banyumasan, musikbambu semacam ini sudah adasejak zaman nenek moyang.

"Gumbeng bisa dibilanghampir punah. Tapi saat ini,kami mulai bersemangat untukmenghidupkan kesenian itulagi sebagai bentuk pelestariantradisi," ujar Ketua KelompokSadar Wisata Argo Lestari DesaWisata Tanalum, Taat Prianto.

Taat berujar, Gumbengditampilkan untuk menyambut

para wisatawan yang

berkunjung ke desanya, Selainmenikmati keindahan alam yang

ditawarkan oleh para pegiat,mereka juga disriguhi kesenianyang masih hidup.

Selain musik bambu, katadia, Desa Tanalum memllikikesenian Shalawatan Jawaberupa tetabuhan denganmenggunakan rebana danmenyanyjkan lagu bernapasislami, Pementasannyadilakukan pada malam hari.

"Baru-baru ini, kamimendokumentasikankesenian yang masih hiduptersebut bersama pegiat filmPurbalingga. Ke depannya,pementasan kesenian ini akandiperbaiki agar layak untukdisuguhkan kepada wisatawan,"jelasnya.

Perpaduan irama budayadan alam ini, kata Taat,adalah kekuatan Desa WisataTanalum. Dari sisi alam, desayang berjamk kurang lebih35 kilometer dari pusat KotaPurbalingga ini dikelilingi oleh airterjun yang eksotis.

Curug KarangSalah satu objek yang paling

populer adalah Curug Karangsetinggi 40 meter. Di utara desajuga masih terdapat Curua Auldan Curug Nagasari,

"Baru-baru ini, masyarakat

\ \ =-----<-..--.-...:--l

BAGI {N HUlvlAS SEl DA };ABlrP {TEN- PIIRIJALINGGA

Page 38: Kliping media tanggal 10 desember 2015

REMAJA Desa Tanalum, Kecamatan Rembang menabuh alat musik gumbeng saat tampilmenyambut pengunjung desa wisata tersebut, baru-baru ini.

dibantu unsur militermemperbaiki jalan untukmempermudah aksespqngunjung ke Curug Nagasari,

Haiapannya, air terjun ini

semakin populer," katanya.Pegiat Pokdarwis Desa

Tanalum, Imam mengatakan,pihaknya juga menyediakanpaket wisata minat khusus dan

berpetualang, yaitu canyoning.Kegiatan telusur sungai ini

didukung oleh kondisi geografis

desa yang memiliki tebing terjaldan air terjun yang tinggi."Peminatnya diajak untukmerasakan adrenalin dlpacu

saat menuruni air teriun dengan

ketinggian hingga 40 meter,"katanya.

Jalur tersebut Pernahdisurvei setahun sebelumnyabersama Paguyuban Pariwisata

Purbalingga (Wisbangga).Namun hingga saat ini belumdibdka, karena keterbatasan alatkeamanan dan pengalaman Parapemandu canyoning.

Salah satu warga, InaFarida (29) mengatakan, curugKarang merupakan obyekwisata yang paling ramaldikunjungi. Pada musim liburdan akhir pekan, selalu ada

pengunjung.

"Setiap hari, air terjun Yangmengalir di Sungai Karang

ini selalu ramai dikunjungi.Jumlah pengunjung itu semakinmeningkat saat hari libur dan

akhir pekan," kata Ina Yangtinggal tak jauh dari lokasicurug.

objek wisata alam di selatanDesa Tanalum ini relatif mudahditempuh. Selain akses jalanyang baik, jalan menuju objekini juga tidak jauh darijaluraltematif Purbalingga menujuBanjarnegara. (sMNetrYorunugroho pandhu sukmono{6)

IIAGI {\ HTI\{.\S SETD,\ I\AI]I iP-\TEN PiTR}ALIN(i(}A

Page 39: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIA}{ IIIIII{AS $I[DA PI]RBAIT,IOOA

HARIAN B SKamis, 10 Desember 2015

BAGl..\r\*Hl'MASSETDAKT\tsLIPATENPf IRBAI]\-'GG.\

Din6sr PURBALINGGA-Pemilihankepala daerah (Pilkada)

Buktikan Kematangan Berpolitikfigur yang pantas mengembanamanah yang diberikan rakyat.Jika mereka sudah dewasa,semua akan bedalan sepertibiasa saja.

"Ilemang perlu waktu, jikaelit politik memberi contohyang baik, maka rakyat akanmengikutinya," kata guru besaryang saat pengukuhannyamembacakan orasi ilmiahheiud'i] fitik Berat otonomiDaerah pada Daerah Provinsid al a m Sistem Ketata nega ra a n

Republik Indonesia pada Masayang Akan Datang ini.

Prof Muhammad Fauzan

Kemudian soal politik uan9,

hal ltu merupakan anomali Yangselalu ramai dalam pelaksanaan

pemilihan umum. Hanya

terdengar ramainya, namunimplementasi pembuktiannyasangat sulit. Hal ini diperlukankomitmen dari pihak-pihak

calon bupati-wakil bupatiPurbalingga itu untuk melakukan,, cara pemilihan langsung. Apa

;,',.' , Hukum Unsoed Purwokerto,

'6ol ii'i. pun hasilnya, menurut ahli

, ' 'r.r hukum tata negara Fakultas

pencegahan,

"Sebenarnya, politik uangitu kan ketakutan dari calon

akan kekalahan. Dan dia takuttidak percaya terhadap rakyatyang akan memilihnya. Di sisilain juga berkembang kondisi

masyarakat konsumerisme, di

mana suaranya ditukar denganuang. Hingga waktu pileg lalu,muncul spanduk bertuliskan'siap menerima serangan fajar'.Ini ka, mengerikan," katanya.

Politik uang tersebut sangatmencederai demokrasi modern.Sebab, seharusnya demokrasimodern leblh menitikberatkanpada program, visi dan misi,serta rencana calon pemimpin

dalam membawa kemajuandaerahnya ke depan.

(SIlrNetworkj/ryan rachman-(

'pO) Prof Muhammad Fauzan, harusbisa membawa kebaikan,

' '': r' c^.1 h6.ran l,.l.h ,.l,lrh,' r.l. Soal menang kalah, adalah

,;^.. mekanisme yang biasa,

ri "Tinggal nanti bagaimana;; kematangan dalam berpolitik

r dibuktikan pasca-pilkada.

i Bagaimana yang menang

:, dalam bersikap merayakan' - kemenangananya, yang kalah

menerima kekalahannya denganbesar hati. Di sini akan terllhatkenegarawanan mereka,"katanya, kemarin.

Siapa pun yang jadi, katadosen kelahiran Purbalinggaini, dia harus bisa meyakinkankepada rakyat sebagai pemilik

kedaulatan, bahwa dia adalah

Page 40: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN III]IilA$ STDA II]RBAIJI'IOOA

SATELITP."t,ST

KAMIS PON,IO DESEMBER 2OI5

Taqdi Bupati"Purb 8aI Pasangan Tasdi-Tiwi

r Jumlah yang faf Ulemilih

66

221.019PURBALINGCA, SATELITPOS f-*1:tl ,Pel8hltu lgan sudra semenrara, uKdud r.urDatrngga, versi Desk pil-kada l,emkab purbdlingga menlrniul(_5in.qa-s{ngdn calon {paslon) Ta;di_r.1Y,.l"b

th. .,*g8, I dibandhg Sugeng-rripto. Hingga pu*ul lzlZ+ WtE,pasangan Tasdi-Tiwimeraih suara seba_nyak 171.080 (5Spersen) dan Su-geng-Tjipro i42.-259 (45 persen).

Jumlah perole-han suara ini bera-sal darj suara yanqtelahmasuk yaknlsebanyak 552.294(74,9 pe$en) daritotalDm 732.602.Dari lumlah pe-milih yarg maiuktersebut, seb.a-nyak 331.226 (60persen) hadirke TPS, seda-ngkan seba-

\ \Yak 221.-\ dra 1aope"-

?? Setelah ini, tidakada lagi kompetisi.

Saya mengajak maribersama-sama

. membangunPurbalingga. f!

HR BAMBANG IRAWAN SHKetua Tim pemenangan Tasdi_Tiwi

sen) tidal(-hadir Dariirrrnjah yan.q hadirsebanyak 313.339 (56,7 perseni su-ara di_

:l-111111 sah,,:edang(6n 17.s37 \3.2persen) drnyatakan tidak sah.Semenlara hasil rekapitulasi Tim pe_

fl:]srfl JHl:;:rd+?s:nT{H#rasor trwi unggul dengan perolefian

:::::.'j9 ?r8 sedangkan pdsanran

f;lr8enB Ltrpto mendapat suara sebanla_k

r, ^Rekapitrilasi di TpS 4 Desa Karaagreja,

Keca ma ta n Karangreja tempat tasdimemrirh, I asdi mendapat 3b4 sLrara,

--_l \------/

RA(iI,\N Hti\{AS SETDA Kr\AtP.\l llN PLrRts.ALl\GG.\

Page 41: Kliping media tanggal 10 desember 2015

sedang.kan Sugeng o6 suara Di TPS inj'ada 52"5 DPT. Undangan yang lerseDar

+ig, nu^un Yang hldir hanYa.381

pemilih sementara suara yang hdax

sah ada 11.Tasdi memilih bersama tstn

dan kedua analnYa'Dari rumah, mere- ,

ka beremPat ber- /ialan kaki menulu /TPS. SamPai di I

TPS, ia bersala-man denganwarga yang me-milih di TPS 4Seoerti wargalain, Tasdi be-serta keluargamendaftar de-

I Bersambungke hal 11

r Dari halaman 1

Tasdi 'oBupati" Ini mematahkan isu yangmenyebut ada paslon yang di:rekayasa hanya untuk tetapterselenggaranya Pilkada Pur-balingga 2015.

Dengan keunggulan yangmenurutnF telah dipastikanini, Bambang yang juga sekre-taris DPC PDI Perjuangan me-minta agar iaiarar strukturalpartai serta simpatisan takmeluapkan kegembiraan se-cara berlebihan r.rntuk meniagakeamanan dar ketertiban. -

"Ke depan, kami tentu akanmerangkuJ selurui kalarqan.Karena setelah ini. tidak-a.talagr kompehsi. Saya mengajakmari bersama-sama memba-ngun Pufualingga," kata diadi kantor DPC PDIP Purba-lingga Rabu (9/12).

Sebagai ekspresi kegembi-raan, sebanyak 25 pengurusDPC PDIP Purbalingga ms-mangkas rambut secaia ber-sama-sama di kantor DPC. Diantara mereka ada WakilDPC PDIP Puibalingga To-ngat SH, yang juga KetuaDPRD Purbalingga. "Ini ben-tuk kegembiraan sekaligusrasa syukur kami atas keme-nangan pasangar calon Tas-di Tiwi," kata Tongat.

Sugeng Berjaya di TPSSendiri

Sebelumaya calon bupatinomor urut 2, Sugeng SH MSitelah memberikan hak suara-nya di TPS 6 RT 12 RW 06Desa Cendana, KecamatanKutasari, Rabu (9,/ 12).

Darak pr- uhan warga dan.

Purbalingga

ngan menunjukkan unda-ngan. Setelah itu, ia menung-gu sampai giliramya tiba.

Begitu mendapat gitiftn, iamasuk bilik suara dan men-coblos surat suara yane dibe-rikan anggota KPfS. Ya hlumemasukkar su{at slrara vanstelah ditipat ke dalam .tiotafsuara dan mencelupkan jarikelingkingnya ke dalam tinta.

Sementara ih1 Ketua TimPemenangan Tasdi-Tiwi, HR

- Barnbang kawan SH menga-takan, dengan selisih yang Iakbegitu signifikan, menun-jukkan, paslon nomor duabukanlah paslon bagongan

pendukulgnya, Sugeng be-serta keluarga memrju TpS 6yang berada di SDN 2 Cen-dara. Teriakan yel yel keme-nar.gan, " ALlahu Akbar SumtDadi Bupo.ti" dari pen"du"-kungnya terus berkuman-dang hingga ia masuk TpS.

" ALhandul illah sudah ryo-blos..sudah plong," kata 5u-geng usai memberikan hak

suaranya, Rabu (9,u 12) pagi.

- >ementara, petugas pIS TTrSo mentatakan, di TpS vansoe_rada takjauh dari kediimaicalon bupdi ini terdaftar se_banyak 248 DpI. "Dari hasilrekapifulasi, paslon nomor 1mendapat 14 suara, dan Daslonnomor 2, memperoleil 179suara, " katanya r]sai proses re_kapitulasi. (gadrar)

BA(;i..\N HLI\{:\S SETDA K \BLTPATE\ PLTRB.\LI\GGA

Page 42: Kliping media tanggal 10 desember 2015

Siapa TasdiSll tthl?:

l:saha Dieati

i Bersambung ke hal l l

rgian kalalga+ Tasdi yang bei-pasangan dengan Dyah HayuningPratiwi (Tiwi) dari awal sudah di-unggr.rlkan banyak pihak. Apalagi

I Darl halaman I

Pengusaha DieselKampung Jadi

tidak tahu latar belakang to-koh politik paling fenomenaldi Kabupaten Purbalingga ini.Kini dari hasil penghiturganaementara, Tasdi dipastikanmemenangkan kompetisi danjika tidak aral melintang, diabakal menjabat sebagai BupatiPwbalingga untuk periode2015-2020.

Tasdi merupakan tokohpolitik juga birokrat yang la-lir darikalar,gan wong cilik diPurbalingga. Pria yang lahirDusun Bayeman Kidul, DesaTlahab Lor Kabupaten Pur-balingga, Jawa Tengah pada11 Apdl 1968 ini patut men-jadi suri teladan siapapunyang memiliki rnotivasi kuatuntuk maju dan menjadi pe-ngayom masyarakat kecil.

Karier poutil Tasdi dtuintisdari bawah sebagai politisi.Hingga kemudian.menjadiWakil Bupati Purbalingga se-telah dilantik 16 Mei 2014.Tasdi juga pemah meniabatsebagai walil rakyat di DPRDPurbalingga pada 1999 hing-ga 2004 dan menjadi KetuaDPRD Purbalingga seiak 20Mhingga 2014.

Tasdi menggantikan jaba-tan Wakil Bupati Pu$alinggayang ditinggalkan SukentoRidho Marhaend anto kare-na menjadi Bupati Purbaling-ga. Hal ini setelah bupati se-belumnya Heru Sudjatmokoterpilih sebagai Walil Guber-nur Jawa Tengah.

Sebagai kader parpol terbe-sar da pa ainya wong cilikdi Purbalingga, suami dariEmy Widyawati SSos, wanita

asal Karangreja, ia dikaruniaitiga orang anak. MasinS-masing Sena Akbar KartikaDewantara, Mega Putri Yu-siantika Dewanti, dan BimaSatria Dewantara (alm).

Gubemur Jawa Tengah HGanjar Pranowo SH melantikWakil Bupati Purbalingga HTasdi SH dalam Paripuma Is-timewa DPRD KabupatenPurbatingga, di Pendapa Ka-bupaten Purbalingga, Jt mat,16 Mei 2014.

Di bidang politik pemerin-tahan, karier p a yang bera-lamat di Desa Karallgreja RT3 RW 3 atau di PurbalinggaJalan Jumiran Purbalinggadepan GOR Samiaji ini sudahtidak diragukan lagi.

Dia menjadi anggotaDPRD Kabupaten Purbaling-ga selama 15 tahun. BahlanTasdi menjabat Ketua DPRDselama 10 taiun. Ayahnya,

Suhardi Sardii juga sebagaiseorang politisi yakni Suhar-di Sardji yang juga sebagaipen8urus patai.

Gubemur Ganjar Pranowomengiflstruksikan Tasdi shatmenjadi wabup untuk larlg'sung bergerak dalam menga-tasi masalah yang ada di ka-bupatm teEebutdan memPer-cepat jalannF pembangunaninsfrastruktur di Jawa Tengah.

Tasdi dianggap bisa men-dukung percepatan infra-struktur dengan dana yangakan ditambah dengan per-setuiuan DPRD Provinsi men-capai Rp 2,1 triliun. Selainitu,percepatan pembangunanBandara Wirasaba juga di-harapkan dapat dipercepatuntuk memperlancar jalurekonomi di wilayah selatan dibawah kepemimpirar mart-tan pengusaha diesel kam-pwrg ini. (yon)

KARIER OAN PEKERJAAN

Sebelum 1996 sebagai wiraswastaJadi pengusaha diesel PLTD.tingkat dusun, tingkat desa

Saat PLN masuk ke desa-desa usahanya bangkrut.sdiberalih usaha dibidang niaga dengan kredit SuzukiCarry 1000

Setelah kredit pertama lunas, Tasdi ambil lagi mobil niaga L300,

dan seteiah lunas ambil lagitruk engkel. Setelah lunas Tasdi kredit

lagiarmada truk.1996 Bendahara PAC PDIP Karangreja1997 Ketua PAC PDIP KaGngreja1999 Karena akan nyalon DPRD 1999, trukyang dimilikinya dijual

untuk modal19S9-2005 Ketua PAC PDIP Karangeja sekaligus WakilSekretarisDPC PDIP2005 Ketua DPC PDIP2010 Ketua DPC PDIP2015 Ketua DPC PDIP1999-2004 Anggota DPRD2004-2009 Ketua DPRD2009-20'14 Ketua DPRD2014-Telpilih anggota DPRD tapi memilih jadi Wakil Bupati yang

bertugas solama satu tahun dua bulan2015 Menjadi Calon Bupati Purbalingga untuk masa baKi2015-2020

I l1(il \\ HL'N,IAS SETDA K ABt rP.\'f Er.v Pl'RB:\L] \-GGA

Page 43: Kliping media tanggal 10 desember 2015

R,\GIAN IITT\1AS SETD,T KABLiPATEN PT IR]].{,I.!CJ'J'\

Page 44: Kliping media tanggal 10 desember 2015

-/=-=-.....--.i,--'..

kabupate4 yang diperhitungkan ditingkat nasional dan intemasiona l.

Kini satu putrinya, Dyah Hayu-

unggul dari pasangan Sugeng-Sutlipto.

Tiwi. begitu ia biasa disap4 lahir

r Bersambung ke halll

I Oari halaman 1

Putri SuI'ng Australia ini.Dad luar, Tiwi justru bisa

melihat Purbalingga secarautuh. Menurutnya, Purba-lingga memiliki sumber dayayang melimpah, baik alam-nya maupun manusianya. Iapun ingin kabupaten tempatleluhumya ini semakin majudan berkembang,

Tiwipundibe kepercaya-an DPP PDI Perjuangan un-tuk maju mendampingi TasdiSH MM pada Pilkada Purba-lingga 2015.

"Saya ingin meneruskanpe4uangan ayah saya, teru-tama gagasan-gagasan beliauyang belum terealisasi," ujarpenggemar Daniel Sahuleka,penyanyi asal Belanda berda-rah Ambon ini.

Namun di atas segalanya,Tiwi memegang prinsip se-baik-baik manusia adalah

yang paling banyak memberimanfaat tmtuk orang banyak.

Motivasi utamanya menca-lonkan diri menjadi WakilBupati Purbalingga adalahuntul mengabdikan diri ke-pada masyarakat.

"Saya ingin memberi manfa-at bagi sebesar-besar kemak-muan rakyat " kata Tiwi yangsebelumnya bekerja di KantorPegadaian Pusat, Jakarta.

Puhi sulung Triono BudiSasongk ini bertekad untukmengangkat harkat dan kese-jahteraan para petani, buruhpabrik, pelaku UMKM darpedagang di padar tradisio-nal.

"Karena mereka berhakunhrk hidup sejahtera," katawanita yang menamatkanpendidikan S1 di FakultasEkonomi Universitas Indone-sia ini. (gan/yon)

Mantan Bupati

di Jakarta 28 tahun silam,tepatnya 11 April 1987. Mes-kipun lahir di ibu kota, na-mun keterikatannya denganPurbalingga sangat kuat. HaIini tak lain karena kedua or-ang tuarya lahir dan tumbuhdi tanah Perwira.

Wanita ini pun tumbuhbesar di lingkungan yangkental dengan budaya 'Mba-nyum as' seb agai akar buday ayang dianut masyarakat Pur-balingga.

"Saya memang lahir diJakarta, tetapi saya tetap or-ang Purbalingga karena ayahdan ibu saya lahir di Purba-lingga," kata lulusan Inter-national Trade and FinanceUniversity of Queensland

\-- ll

BAGI.\].i' HI i\I15 SLTDI KABI]I'l'I'},N PTIRB.\I]NGG.\

Page 45: Kliping media tanggal 10 desember 2015

t\ ,- -

-.----

tt#hr,\.!l

., /)'* l,t

IIA(it.\N Hti\f.\s SETD.\ K_\ut Pt-l'l.l\ Pt TRUALI\(i(i.\

Page 46: Kliping media tanggal 10 desember 2015

-:>

I Dari halaman 1

KPU Jemput BolaGelar Coblosan

,__5IY j"g" menggunakan

raagrare yang tercantum hu_ruf braile din seorang pen_oampmg yarlg ditunjuk lane_sung oleh pemitih saat oei_coblosan

"Kami siapkan 1.629 unittempla-te, masu.tg-masmg TpSmendapat 1 teruplate. Ilsaimencoblos, mereka juga men_

celupkan jari ke tinta samaseperti yang lainnya,,, katarva.

Sementara un[u] Opt'atRSUD dr Coetheng Tarr:aa_drbrata, petuqas KppS mel.r_kukan pelayaran pencoblo-san dengan menditangi pa_sren maupun tenaga medisyang sedang berhrqas.

"DPT di RSUD- diamDuoleh empat TpS vakni diraTPS kelurahan kembaranI(ulon dan dua TpS Wir-sara," kata Ketua KpU pur-

balingga Sri Wah\uni.Direktur RSUb drs H.r-

nung Wikantono merieakusangat terbantu dengai ha_drnya petugas KppS vanemenjemput bola. pasainyalparamedis tidak perlu iiinkeluar dari lingkinqan ru_ma}r sakit untukhenriamoai_kan hak suaranya. , '. "Di RSUD ada 55 pemitih

dan petugas RSUD dan 107pemilih dari pasien dan ke-luarga pasien," katanya. (rar)

1. TotalDpT masuk 18 Kec: 737,607

2. Jumlah Dpypemitih yg masuk 552.294

ls. x"an:331.276

QPa{4. Tidak hadir: 221.018 (40%)

171.080 (sso/o)

" EffiJ,Y$i1':,x.: P::.t !3.,ss $su- !9!sc!s'qpto ;;;",sur{z'zsu (45

74,91o

8. Suara sah i 313.339 F6,7?o)

h.,a'atid"k ""t ' rz.ggz ,r,rr.,

I

Jemput

Iunanetra

dang tunarietra."Pilkada kali ir 141 pe-

r Bersambung ke hal ll

Pemi tihan B^upat/w_akir aflIiffi ri-n gg" Tahun 2ol Ipukut; ,t7,24 WB, Desk pitkada

_-l

BAGI.\\ HIi\l.\S SLTDA I..ABI IJ.\TLN PLRB,],[,I\(JG.\

Page 47: Kliping media tanggal 10 desember 2015

t.qo-

oE6o)

-o

IL

-o(tl:<

.BE

c')

(E(f,

}< EDiqg(d(n.o(/)0-

oj6iic-

>!6'oo

o3<rOREi;<q=;

6

6

-/,.-..=t:1- - | '

dboho-FI

L\)

--l<

AI*adV

li-O

l.-lc6PaOAH

Ri\GIr\N HI r\rAS SElDA ( {BUP-\TE\ PURB]\II\ CGA

Page 48: Kliping media tanggal 10 desember 2015

>E Or

5= bato-;

FF g

=.4 IEIDE

s€':o-

6q)

g6FU

ar3=E,aa<q)UEfqFlflll 3o.(!

.=24-

?hN?(!0,

9E t6o,ni

olQ>EIILa,:

o=aiv"rd

€o

99loKztO+iii()==EEA

aE,

d6

tsE

tsEaL :<ii !!

a6z1oc,=F(JE

CE

!d

o-Gi

@

'6'ao

.E

IL

IL

I=q

E

Eq

E

.g

-egzEoluart

<z:Br\GIAN HLTI,IAS SETDA LABLI?ATDN PIjRBAI"INC,GA

Page 49: Kliping media tanggal 10 desember 2015

.4';:=--:

RAGIAN IIT]MAS SE'I'DA Ti{BL,TATEN PLIRBALING(}A

Page 50: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KTIPINGI!ffiDIABAflAN III]II{AS $[IDA PUIBAI}'IOOA

SATELITPSSTKATI'IIS PON,1O DESEMBER 2015

Kasus Sembako Politik Dihentikanr Panwaslu $erahkan Kasus ke pelapor

PURBAUNGA,SAIELITPOST-panwasIu Kabu-pdten Purbalingga memutuskan kewenangan pe-nanganan kasus dugaan sembako politil lS6muitoBerlabel Paslon) dikembalikan ke pihak pelapor.Pasalnya, dari kajiar Panwaslu, terlipor bukanlalrbagian dai tim kainpanye Paslon sehingga tidak bisadiierat hul<um sesuai UU Pilkada.

"Karena tidak terierat dalam UU pilkada rnakakewenantan kamj sudah putus. Se)arjuhya, kasusini dikembalikan kepada pelapor rpuliui rnu,diJaporkar ke Kepolisian atiu diselesiikar secaradamai. Katena sudah masuk ranah pidana,,, kataArggota Panwaslu Purbalingga Dviii pencegalundan Hubungan AntarlembagJ Arto ffbowojRabu(e / 12\.

Menurutnya, kasus ini lebih mengarah padapelanggaran Pasal 143 KLIHP (suap) d"engan'kon-sekuensi pembagi maupun penerima aka_i te4erathukum. "Dengan kata Iain 20 wurgu p"neii-usembako tersebut akan ikut dipenjaral kitanya,..Kasus bermula dari laporan warga Jl Liwet,Kelwahan Pu rbalingga Weian RT 03/0i, Kecamatan

Purbalingga terkait adanya 20 kantung sembakoyang dibagilar kepada wirga pada harisuOt ( S/12) kemarin. Burglusan sembiko tersebut berl;belfoto Paslon no 1 Tasdi-Tiwi.

"lsi sembako berupa 5 Kg beras d4n 3 mie instanyang d ibagikan kepida waiga setempar,,.katanya.

Dari temuan tersebut, pe)apor din warga me-nargkap Sukimo yang juga waiga setempatiebagaiorang yang membagi sembako. Namun, hasilklarifikasi dar pemeriksaan terlapor mengatakarsembako tersebut berasal dari Sidiq purwanto,seorang PNS di Kantor Perpustakaar dan ArsipDaerah (K?AD)

. "Kamj sudah memalggil dan mengklarifikasikedua terlapor tersebut. Hasil kajian menunjukanbahwa terla por Sidiq hanya memberiJ<an 50 Kg berasdan 2 dus mie instin sila tanpa ada bal.rari kam-paqye. Itu dilakukan sebagai kebiasaanva ber_sedekah kepada warga," katd-Arto.

Pemberian bahan kamparye iustru d ila_k uJ<ar olehterla por Sukirno yang di pasrahi un tuJ< memecah d anmembagikar sembako tersebut kepada warga. (rar)

BAGI{N HI:\{AS SFTD.\ K.\AfIPA]'EN PLIRBALING(;A

Page 51: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KTIPING ilMDIABAOIAN IIUII{AS $X[DA PURBAI]I,IOOA

Tabralc Pohon

SnraurP*s'l'KAITAIS PON,IO DESEMBER 2O]5

KoNDtst sepeda motor usai menabrak pohon ,JtlLl:IHl'ildH;Condong, iGcamatan lGrlanegara, Kabupaten Purbalingga, Selasa(M 2). lGcelakaan tunggal tersehrt menewaskan 3 orang remaja.

belasan tahundi Purbaling-Ba. Ketiganyatewas setelahmotor yang di-kendarai me-nabrak pohoniati di ruas Ja-lan Raya DesaCondong, Ke-camatan Ker-tanegara, Se-lasa (8,112) si-ang.

.

Menurutsak-si mata, HariAlamsyah,warga setem-pat, kecelaka-an yanS me

PURBALINGGA, SATELITPOST- waskan tiga ABG tersebut te{adiNasib nahas dialami tiga bocah usia pukul 11.30 WIB. Saat itu, sepeda

motor Yamaha Vega bemomor polisi Kepala Satuan Lalu Lintas (SatlantastB-6864-UCF yarg dikendarai tuif (15) Polres Purbalingga, AKP Sudarsonowarga Desa Sirau, Kecamatan Ka- mengatakan, kecelakaan yang te4adiranfmoncol, Lukman (14) warga karenapmgernudiyangmasihdibawahDesa Kaliod, Kecamatan Karang- umur tidak bisa mengendalikan ken-anyar dan Azis (15) warga Palem- daraannya yang melaju kencang-bang, Sumatera Selatan melaiu de- "Mereka belum wattunya mengen-ngan kecepatan tinggi dari arah utara darai sePeda motor. Mereka tidak adaDesa Karangpucung menuju selatan yangmernakaiheLn, " katanya.ke Desa Kertaregara. Kepada seluruh orangtua, Ka-

"Sainpai di perempatan Condong, satlantas mengimbau untuk me-motor iidak bisa dikendalikan dan larang anaknya yang masih dibawahmereka menabrak pohon jati tak jauh umur mengendarai sepeda motor.dari perempatan," katanya Eaat Hal itu untuk menghindad keiadiandimintai keterangan polisi. serupa terulang lagidimintai keterangan polisi. seruPa terulang lagi

Akibatnya ketigapenumpangmotor "Iika sudah keiadian seperti itu,itu mengiami luta parah di bagian siapa yang akdr disalahkan? Orang-keoala dan menineeal sekeiika di lokasi tua pasti akan menvesal katenakepala dan mminggal seketika di lokasi tua pasti akan menyesal karenakeladian Jenazah ketiganya dibawa ke kehilangan anaknya," katanya.RS PKU Mrihammadiyah Bobotsari. Kasus kecelakaan itu kini ditarganiKondisi sepeda motor dngsek Pada oleh Unit Kecelakaan Satlantas Polresbagiandepan. Purbatingga.(rare.mio@gmail'com)

RA(iIAN HI\,IAS SETDA }-ABITPATEN Pl TTTB {IINGC A

Page 52: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KTIPINGMEDIA

BA0IN IIlll'{A$ $[IDA PTRBAII{004

SATELITPOSTKAMIS PON,IO DESEMBER 2015

t5 BCB Ditargetkan TeregistrasiPTJRBAIINC,GA, SAIELrIPO6T-Pernkab Purbalingga menaagetkan15 Benda atau Bangunan didugaBenda Cagar Budaya (BCB) agarteregistrasi di Balai PelestariartCagar Budaya (BPCB) Jawa Te-

ngah tahun 2016 mendatanS."Sejurnlah diduga BCB tersebut

merupakan hasil temual wargayang sudah kami masukan daftarinventarisasi dan saat ini masihdalam proses pengkajian," kataKasi Sejarah Museum dan Kepur-bakalaan Dinporabudpar Purba-thgga, Rien Anggraeni kepadaSatuItPost pekan lalu.

. Kabupaten Purbalingga sendirisaat ini memiliki 222 BCB yax\g

sudah teregistrasi. BCB yang ter-daftar berupa benda, bangunan,situ6, kawasan, dan strultur. Rin-cianaya, berupa bangunan seba-nyak 33 (terdiri rumah, kantor,masjid, dan makam), struttur 4

buah, dan situs 26.

"Beberapa di antaranya sedangkami dorong menjadi kawasanwisata sejarah dan rohani sepertiPetilasan Ardi lawet di Panu,supan,

Makam Syeh Mahdum Cahyana di

PETILASAN ATdi LAWEI.

Bobotari, danSyehM6hdmHuseindi Rajawana," katanya.

Terkait pemeliharan, Rien me-ngatakar! kondisi BCB ada yangterawat dan ada yant tidak te-rawat. Umumnya, yang masukkategori terawat ialah bangunanyang berpenghuni. Sedangkanyang tidak berpenghuni hampir

tidak terawat sama-sekali."Untuk bangunan yang beAda

di kota, perawatan dan peme-liharaan diserahkan oleh masing-masing instansi atau pemilik ru-mah. Sedangkan yang berada dilapangan, pemda telah mengang-kat iuru pelihara sebanyak 40 or-ang," ujarnya. (rar)

B..\(]Ii"\ HTI\IAS S]]TDA K,\BLiP.{TEN PLiRts.{L]NGGA

Page 53: Kliping media tanggal 10 desember 2015

KLIPINGMEDIA

BAflA}'I IIUII|AS $[iDA PI]RBAIINCT0A

SATELITPCISTKAMIS PON,

IO DESEMBER 2015

66,67 PersenWilayah Rawan

BencanaPURBALINGCA" SATELITPOST-Bad;rn Pena nggulanganBencana Daerah (BPBD) KabLrpaten Purbalingga me-ngimbau kepada inasyarakat agar rvaspada dan siaga.Pasalnya intensitas hrrjan yang hnggi bisa menimbulkanbencana alam.

"Memasuki musirn penghrrjan d ibarengi angin kencangmetupakan fenomena nrusim pancaroba. Kondisi ini haruscliwaspadai, khususrr\,;r rtarga yang tinggal di wilayahrawan bencana," katn Priyo Sittmoko, Kcpala BPBDKabupaten Purbalingga ketik.r clilemui SatelitPost dikantornya, pekan lalu.

Seperti yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini,hujan cleras disert.ri angir'r kencang membuat sejumlahpemukiman warga melrgalami kerusakan ringan.Beberapa rvilal,ah lang mengaiami kerusakan ringanyakni wilavah Kalikajar, Tunjumuli, dan Kembaran Kulon.

"Sementara di kawasan kota beberapa pohon penedulttumbang, namun tidak menyebabkari korban jiwa ataumatedil," katanya.

Menruut Priyo, berdasarkan datadari P\MBG, tercatatsetidaknya 66,67 persen ll ilayah di Kabupaten Purbalinggarawan terjadi pergerak;rn tanah dan bencana longsor. Daripersebaran tingkat ker awanar, wilayah utara Purbalinggamenjadi areal yant tingkat kerawanannya lebih tinggidibandilg yang lain. Itu terjadi karena topografi di wilayahilu berlrpa pegUnungrn d.rn lembah.

"Wilayah itu meliputi Kecamatan Karangjambu,Karangreja, Bobotsari, Karang;anyar, Kertanegara,Karangmoncol, dan Rembang," njarnya.

Sementara itu,areal rawan longsor dengaiskala sedangberada di wilayah Kejobong, Kaligondang, dan Bukate,a.Wilayah Kaligondang, Karangmoncol, Karangjambu,Bukateja, kemangkon, dan Bobosari juga rawan bencanabrnjir.

"Masyarakat dan penerintah desa serta Kecamatandiminta menjngkatkan kL'waspadaan dan kesiagaanterhadap kejadian bencana al.rm," kata Prilio.

Kasie Kedamratan dan Logistik BPBD Purbalingga,Muhsoni mengaku sudah menyiapkar.r kebutuhan logistikserta meningkatkan kesiagaan. Sejumlah peralatan sudahdisiapkan di kendaraan operasional RPBI).

" Senso (gergaji mesln) dan peralatan lainnya sudahsiapdi kendaraan. Yang jelas kami siaga jil.a terjadi bencana,"katanva. (rar)

R qGI,\\, IIIT\{ \S S].:'II)A K \BI iP\T]]\ PLIRBALI\GCA

Page 54: Kliping media tanggal 10 desember 2015

9L(!

:EI

ct

(ti

=l

!EI.g-

E1c1

cql

a6o

e

,d,o (!.trl(!'ol

'(!

,'(L.! r;

-9-

:totc

.(l,

': .>

l3 -oa<:I C'EE.lt<.s=

.5zNofro.€rrt -

=H<=Y=

Fa&FJtnFa

Page 55: Kliping media tanggal 10 desember 2015

r, r iirii;-: i;nE\. r

:ln::1..=--.':n i:::-:=-- i !nt:":: . .:=-,": n l

U! Er_!s ij'i iiuiiiils.j g!i-i4t t Uiirr i;triii$iljii

KOMPAS, KAMIS, IO DESEMBER 2O15

Personel TNI dan Polri menyeberangkan warga Desa Sidarej4Kecamatan Kaligondang l(abupaten Purbalil1gg3, Jawa Tenga]!

melintasi Sungai Gintung Rabu (942), untut menggunakan hakpitihrrya dalam pilkada (foto kiri). Seorang nenek menggunakan hakpilihnya di TPS 30 Desa Panggungharjq Sewon, Kabupaten Bantul,DI Yo$ral<arta (atas). Pemantau dari Badan Tinggi IndependenPemilihan Umum Tunisia melihat proses pemungutan suaradi TPS 13 Kelurahan PaLulonarl Kecamatan Serpong Utara,Kota Tangerang Setatan, Banten (bawEh).

t\

Page 56: Kliping media tanggal 10 desember 2015

ll\(it\\til \1 \s s[TI].\ K \lll f .,.I\l'; .lll\1.1\(;(,\