kliping media tanggal 7 desember 2015

48
SUARA T',IERDEKA SENIN,T DESEMBER2Ol5 yang diberikan l0 peBen - Adapun urtuk per- Arif mengatakan kerja sama dengan jalanan internasional. diskon yang diberikan Pernliab Purbalingga iri merupakan upaya 1l persen," katanya. meningka&an pelayanan dan pangsa pasar PURBALINGGA - Pemkab Puiba- kair perjalandn menggunakal kereta api ke lingga menan<latangani piagam kerja sama Jakarta atarr ke Kota Semarang. Untuk itu, dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Ttrk, perlu kerja sama dengan PT Kereta Api. terkait pembelian tiket penerbangan, Sabtu Lumayan.jika setiap perjalanan mendapat (5/12). .t, . diskon," katarya. Penandatanganan dilakukan oleh Pj Penerbangan Resmi Bupati Budi Wibowo dengan Geieral Direktur Utama PI Garuda Indonesia, M Manager Gamda Indonesia Brdach Office Atif Wibowo, mengatakan dengan kerja Yogyikarta, Supriyono, di ruang Andrawina sama ini, Garu&i menjadi penerbangan resmi Owibong. bagi seluruh karyawan Pemkab Purbalingga' Pj Bupati mengatakan dengan penanda: serta berlaku untuk perjalanan dinas maupun tanganan piagam kerja sama ini, PNS di non dinas. jajaran Pemkab Purbalingga besena keluar- "Melalui kerja satna ini, Garuda Indo- guny" yurg akan menggunakan pesawat nesia akan membelikan harga khusus, bagi Garuda Indonesia, bisa mendapat diskon. Pemkab Purbalingga untuk semua rute "Untuk perjalanan domestik. diskon domestik dan intemasional." katanya. Untuk karyawan Pemkab yallg akan Garuda, khususnya pasar korporasi. membeli tiket pesawat Garuda, cukup "Dengan jumlah pegawai sekitar 9.000 menunjukkan tanda pengenal (name tag). orang, Pelnkab Purbalingga merupakan Adapun untuk penerbingan bersaina kelu- pangsa pasar cukup besar bagi Garuda arga. harus menunjirkkan kam-r keluarga. Indonesia." rutumya. Budi Wibowo mengatakan selain dengan Melaluikerja sama ini, Garuda akan mem- dengan Garuda lndonesia, P. emkab juga akan berikan dukungan penuh kepada Pemka'b meniaiagi keria sama dengan PT KeretaApi Purbalingga dalam melaksanakan tugas- lndonesia. tirgasnya, sehingga sinergi antar kedua belah "Banyak PNS Pemkab sering melaku- pihak dapat ditingkatkan. (F10-63)

Upload: humas

Post on 24-Jul-2016

253 views

Category:

Documents


13 download

DESCRIPTION

Bagian Humas Setda Purbalingga

TRANSCRIPT

Page 1: Kliping media tanggal 7 desember 2015

SUARA T',IERDEKA

SENIN,T DESEMBER2Ol5

yang diberikan l0 peBen - Adapun urtuk per- Arif mengatakan kerja sama denganjalanan internasional. diskon yang diberikan Pernliab Purbalingga iri merupakan upaya

1l persen," katanya. meningka&an pelayanan dan pangsa pasar

PURBALINGGA - Pemkab Puiba- kair perjalandn menggunakal kereta api ke

lingga menan<latangani piagam kerja sama Jakarta atarr ke Kota Semarang. Untuk itu,dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Ttrk, perlu kerja sama dengan PT Kereta Api.terkait pembelian tiket penerbangan, Sabtu Lumayan.jika setiap perjalanan mendapat(5/12). .t, . diskon," katarya.

Penandatanganan dilakukan oleh Pj Penerbangan ResmiBupati Budi Wibowo dengan Geieral Direktur Utama PI Garuda Indonesia, MManager Gamda Indonesia Brdach Office Atif Wibowo, mengatakan dengan kerjaYogyikarta, Supriyono, di ruang Andrawina sama ini, Garu&i menjadi penerbangan resmi

Owibong. bagi seluruh karyawan Pemkab Purbalingga'

Pj Bupati mengatakan dengan penanda: serta berlaku untuk perjalanan dinas maupun

tanganan piagam kerja sama ini, PNS di non dinas.jajaran Pemkab Purbalingga besena keluar- "Melalui kerja satna ini, Garuda Indo-

guny" yurg akan menggunakan pesawat nesia akan membelikan harga khusus, bagi

Garuda Indonesia, bisa mendapat diskon. Pemkab Purbalingga untuk semua rute"Untuk perjalanan domestik. diskon domestik dan intemasional." katanya.

Untuk karyawan Pemkab yallg akan Garuda, khususnya pasar korporasi.

membeli tiket pesawat Garuda, cukup "Dengan jumlah pegawai sekitar 9.000

menunjukkan tanda pengenal (name tag). orang, Pelnkab Purbalingga merupakanAdapun untuk penerbingan bersaina kelu- pangsa pasar cukup besar bagi Garudaarga. harus menunjirkkan kam-r keluarga. Indonesia." rutumya.

Budi Wibowo mengatakan selain dengan Melaluikerja sama ini, Garuda akan mem-

dengan Garuda lndonesia, P. emkab juga akan berikan dukungan penuh kepada Pemka'b

meniaiagi keria sama dengan PT KeretaApi Purbalingga dalam melaksanakan tugas-

lndonesia. tirgasnya, sehingga sinergi antar kedua belah

"Banyak PNS Pemkab sering melaku- pihak dapat ditingkatkan. (F10-63)

Page 2: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIAN III]MA$ SIIDA PURBAIJNGOA

SUABA ilENDHMSENIN,TDESEMBEH 2015

Potensi Ekonomi Akan DidataPURBALINGGA - Semua

potensi ekonomi di KabupatenPubalingga akan didata. Pendata-an ini mencakup seluruh usahaekonomi non pertanian. "Ini rne-liputipertambangan,indusnipeng-olahan, listik, gas, air bersih, kon-struksi, perdagangan, bansportasi,informasi komunikasi, dan jasa-jasa laimya,"' kata Kepala BadanPusat Statistik @PS) Suryokoco.

Pendataan ini dilakukan dalamSensus Ekonomi pada 1-31 Mei2016. Saat ini BPS baru tahapsosialisasi.Kegiatanbesamya akandilaksanakan Mei. Adapun Peb-ruari akari merekrut petugas.

Diamenanbahkan,teslnndeirsensus itu adalah semua pelakuusaha, seperti restoran, super-market, hotel, bank, jasa kons-truksi,PAM, dan lainnya. Selain iurjuga usaha milik pemerintah, ter-masuk sekoiah, mrnah sqkit, pantiasuhan, dah. maha rumah tariggameliputi usaha online dan usahanon formal lairmya.

Dia beftamp saat sensus ber-jalan, masyarakat bisa menerimapehrgas dengan baik dan mem-berikan jawaban sebenar-benar-nya, sesuai pertanyaan petr-rgas.

Jangan ada yang disembunyi-

"Nartinya, hasil SE 2016 inidapat dimanfaatkan oleh seluruhpelaku ekonomi dan masyarakat.Bagi pengusaha misahya, dapatmengetahui posisi dan peluangusalxa seIB daya saing usahanya,"ujamya.Landasan Percncanaan

Bagi pemerintah, digunakansebagai landasan perencanaan danpehgambilan kebijakan serta eva-luasi kegiatan. Adapun bagi pe-neliti atau akademisi sebagaibahan penelitian ilmiuh d- p"-ngamatan bidang ekonomi. ''Ma-syarakat tentu akan menerimamaofaat dari kebijakan ekonomiyang diambil pemerintali:Karena-nya data dasar ini harus akuat danvatid," ujamya.(F10{3)

llAGl.AN Hl rl\,1]\S SE'IDA K-{BIIPATFN PI IIiBAI-INGGA

Page 3: Kliping media tanggal 7 desember 2015

SUARA MERDEKA SENIN, 7 DESEMBER 20,,15

BACAKANIKRAR:KefuannlPene,nnganThsdi-Tw.i,Bunbanglrau,anmpmbamkanikrarsaat-ri-taori1*orisots^Antipoiiii'iirf,iu*purt@RGoerioer Darjono,Sabtu(5112).(63)

Disiagakan, Satgas

Antipolitik UangPURBALINGGA - Sebanyak 6.328 personel Satgas

Antipolitik Uang, disiagakan menlelang pemungutan

suara di Pilkada 9 Desember mendatang

Mercka aknn ditugaskan di 329

desa selama masa tenang. "Masatenang nierupakan masa rawan tedadi

politik uang," kata Kenra Trm Kam:panye Pasangan Calon Tasdi-DYah

Hayuning Pratiwi (TasdiTiwi).Bambang Irawan. saat apel dan delda-

rasi SaEas Anti Politik Uang di kom-

plek GOR Goentoer Darjono, Sabtu

(5112).

Acara tersebut dilaksanakanbersamaan dengan kamPanYe akbar

pasangan calon Tasdi-Tiwi Yang

*YH"l'^ll'?3l:'"*P""'i::f ii

melihat ada gelagat pihak tertentu

mulai melalukan berbagai upaya, ter-

masuk melalui Politik uang.

Ingin BerlrualitasPihaknya berkeinginan agar

Pilkada Purbalingga bisa berjalan

dengao kualita; yang baik. Adanyapolitik uang, akan menodai Proses

demokasi yang sedang dil aksanakar

saat ini.MenurutnYa korsekuensi hukum

yang berat bisa terjadi apabila ada

praftil poLitit uang aalarn Pilkada.

"Pernberi dan penerima politik uang

hi,tA sama sama diiemt dengan

Sudah saatnYa masYarakat me-

milih frgurpasangan calon Bupati dan

Wabup yang berkualitas.Jangan memilih hanYa karena

iming-iming. Sargas antipolitik uang

diinstruksikan untuk sigap dan me-

ngantisipasi beft agai kemungkinan

di lapangan."Bisa saja ada iming-iming atau

ada pemberian sesuatu kepada calon

pemilih yarg bisa mempengaruIu m-

dependensi pemilih. Jika ditemukan.

segera tangkaP Yang melakukan-nya," tegasnya.

Piha.lorya juga siaP memberikan

hadiah, kepada masyarakat atau per-

sonel Satgas Antipolitik Uang. yrng

berhasil menangkap tangan pelak-u'

, Diaftlenambahkan PDlPbesertapar-

ool koalisi berkeinginan Prlkada ber-

ielan iuiur dan adil tanpa politik mng

Page 4: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KTIPINGIIMDIA

BAOIN IIUMA$ SIIDA PIJIBAIT{OOA

$UARA MERDEKA

SENIN, TDESEMBER 2015

MasaTenang,KPUGeniot Sosialisasi

PfIRBALINGGA - KomisiPemilihan Umum ffPt) Purba-lingga, mempergencar sosialisasipada masa tenang Pilkada ini.Lembaga itu, Minggu (6/12)rnenggelar kegiahn serupa denganmengikutsertakan para senimanmrsik thek thek.Mereka biasamangkal di perempatan JalanJenderal Soedirman Ptubalingga.

Komisioner KPU Purba-lingga Divisi Sosiaiisasi dan Pen-didikan Pemilih, May Nudela,mengatakan masa tenang diman-faatkan untuk sosialisasi karenatim suk"es pasangan calon bupati-wakil bupati sudah tidak diper-.bolehkan berkampanye.

"Kemarin tim sukses yangdiberi kesempatan mtuk menga-jak masyarakat memilih calonyang mereka usung. SekarangKPU tetap menyosialisasikan-nya," kalanya.

Sosialisasi kemarin dilakukanmulai dari Pasar Bancar, PasarSegamas, Kecamatan Kalimanah,Jompo, Pasar Padamara, bergeserke Pasar Kutasari, Pasar Bojon-gsari,danberakhirdiPasarMrebet.

"Dalam Pilkada kali id, KPUPurbalingga menaryetkan angkapartisipasi pemilih hingga 77,5penen," katanya.Dicopot

Sementaxa iau mulai Sabtu(5/12) malam, alat peraga karnpa-nye (APK) yang diproduksi KPUPurbalingga mulai dibersihkam.Penertiban dilakukan tim gabung-an dari Satuan Polisi PamongPraja (Satpol PP), KPU Purba-lingga, dah Panitia PengawasPemilu @anwaslu) Purbalingga.

"APK berupa banner, baliho,dan spanduk di kota sudah benih.Yary susah melepas kefias yangtertempel," kata Kepala Salpol PPPubalingga, Sumio.

Kemarin pihaknya bersamaDinas Perhubungan Komunikasidan Informatika (Dinhubkom-info) dan Satuan I-alu Lintrs (Sat-

lantas) Polres Pr:rbalingga, jugamencopot alat praga kampanyedi angkutan kota dan anglotrn pe-desaan. Penertiban dilakukarr diTerminal ft ubatingga, TerminalBukaEa, danTenninal Bobotsari.(882-63)

BAGI-{N Hl,anAS SETDr\ I,ABI-TPATEN PliRBAl-taicc.\

Page 5: Kliping media tanggal 7 desember 2015

SUARA MERDEKA SENIN,T DESEMBER2Ol5

Tlga Mayat Ditemukandi Sungai

KERTANEGARA - Tiga mayal ditemukan di tiga sungaiberbeda di Kabupaten Purbalingga, Jimalsabtu (45/12).Jenasah pertama yang ditemukan adalah Abun Naim (24warga Desa Sitanggal, Kecamatan Larangan, KabupatenBrebes. Dia ditemukan di tepi Sungai Woian, di wilayahDukuh lGrangpoh, De6a Dama, Kecamatan Kertanegara,Sabtu (5n 2).

Koban merupakan pasien RS Khusus Jiwa H MustrjabDesa Bungkanel, Kecamatan Karanganyar. Korban di-temukan kali pertama oleh Sutris (25) warga Desa Kangeankira-kira pukul 09.00. Saat itu saksi tengah mencari rumput dihutan. Ketika menyebrangisungai, dia melihat kodcan sudahtergeletak di tepi sungai, di sebelah batu.

Kepala Polsek KararEanyar, Ajun Komisaris Nulsusalit,mengatakan dari hasil pemeriksaan tim medis, korbandidugameninggall€renakelaparan.

Korlcan sempatjatuh dan mengalami luka di kening s+.belah kiri, kepala bagian belakang sobek, lengan tangankanan lebam, lutut kanan sobeK dan dipastikan tidak adatanda-tanda penganiayaan.

"Pertama ditemukan lidak ada iderfitas pada diri korban.Kemudian ada inlormasi.iika sahh satu pasien RS KhususJiwa H Mustalab i€bur. settai sebelumnya Setelah dicektemyah kc,ban adalah pasien terseb4" k#nya

Pada hai yang sama, jenasah SeptoAji (25), wargaDesa Pandansari, Kecamatan Kejobong ditemukan diSungai lGcarEan, desasetempat Kolban lerseret arus saatmemancing, sehai sebelumnya"

Kepala Polsek lGjobong, Aun Komisais Senen[o, men-jelaskan kortan ditemulGn oleh lim SAR, !!iarga, dan polisisehai seElah dil€barkan lerseret arus 500 meter dai lokasikej.adhn.

"Sebelum kejadian, korban memancing bersama duaigmannya. Mereka masuk ke sungai dengan posisi mem-belakangi arus air. l]ba-tiba sungai meluap, ketiganya laluberusaha ke tepran. Kedua bmannya befiasil seiamat, tetapikoban yarE lidakdapat berenang ters€rct ai['ldanya.

Sehari sebelumnya, Kamidi (60) warga RT 4 FIW 5,Dusun Pakel, DesaThhab Lor, Kecamatan Karangrejajugaditemukan tak bemyawa di Sungai Cibaya, Desa setempatkra-kira pukul 17.00. Korban ditemukan Wamowarga desasetempat.

Kepala Polsek Karangreia, Ajun Komisaris Jadiman,menjelaskan korban sebelumnya meninggalkan rumahuntuk mencari daun cengkih kering di kebun dekat sungai.Kemungkinan besar korban tergelincir dan tenggelam di

'sungaj karena tidak bisa berenang."Menurut keterangan keluarga, korban mengalami

. penyakit buyute4 lingluhg, dan gatal€atal menahun. Daripemeriksaan medis Puskesmas Karangreja, lidak adatanda-tanda penganiayaan pada tubuh korban," katanya,

Sementara itu, Jumat (4/12) sore Tumiarji (60) warga RT1 RW 1 Dukuh Ngabean, Desa Candinata, KecamatanKutasari ditemukan tewas dengan cara gantung diri dipekarangan milik Hartono (400 warga desa setempat.Koban diketahui pemilik kebun saat yang bersangkutantengah mengecek pohon durian di kebun itu. Koban di-temukan dalam posisi beridi di bawah pohon kopi denganjerat tali di lehemya.

Kepala Polsek Kutasari, Ajururomisaris Masturi. me-ngatakan dari pemeriksaan tim kesehatan, korban murnibunuh diri. lldak adatanda-hnda penganiayaan padatubuhkorban.

Dari keterangan keluarga, korban pergi dari rumah seharisebelumnya. Korban diduga mengalami depresi akibatpenyakit dalam yang dialami. Sebelumnya, korban juga per

Page 6: Kliping media tanggal 7 desember 2015

SUARA MERDEKA )EN/,4_) ? t5ezry:6q 7r,,

Tirrnamen untukMemotivasi Pemain

* PURBALINGGA _ Tumamen tenis diakui pelti (TDp)Purbalingga Open digeJar untuk nremotivrrri pernain dae_

1f._D_ encan melihrr [erenis peringtrr nrriorif. uitit_liuitauer tergugah berlarih lebih keris guna r,.nirgir,k";

prestasi.

..^^Hf* kata Ketua kegialan rerseoul Nonor Mul).ono.rrsa teluaraan, kemarin.

.. ,TtlinSea oo.n diikuri 12 perenis da berbagaiprotin_

ll :L l1o-..rli. p,

9r:ra.dui witayah Bnnyumrs h_yu r;,lvlunarnmad Hasbi (purbalinssa).

. Tanpa kegiatan. rambahl'ia. generasi rnrrdr pada teniskurang. Di rurnamen itu. anak_inirk,n.tif,n, f.in,rin.nmenawan pcseng- yang rau!_rata muda Usia.' Bibir-bibir pentain jadi ingin rncnrprakrikarr..,

, yelgelli biaya penyelengar.aan, Nonor menjelaskan

sekrtarRp 100 iura.

. Pos besar anlara lain hadilh (rotal Rp .]5 jula) dixl wasjl

sekitar Rp 25 jura. Wrsit diui peiti Jirrens yars berserrilikarnasronal_

,,,-?f .HPi,,rtqa Open. pesena adatah pribadi perenis,uqai( me$,akdr daerah. pada saat membela die.ofr. ,Jp.ni iiiLO. l:_f l,rq\., {:l bepensaruh. perenjq pe.ingrnr rin.nr,,r.u(pertu (utkuahlikisi

. Runner up tunggal pura Rindosi (Sukohiuio) herhrr:rn

g:l.1epan digetar Iagi, dengan hadiah ieU , U.'.,r. 5ljr:iii1\onormengaku memiliki asa sama.Kalau rak di ftu.balingga, di Serna.anB. Di Jatens. rruna_

men-senior denBan hadiah besar baru ciipirbnfinggrl *'*

, " -f

.Jil.j:.1qq..- p*raling.ga Ope n meldap,ia,,ku n g_oan Hrt Bupati setempal Budi Wibolo. ylng juga Ke"ruaPengda Pelti Jateng dan KONI pror iusi.

" ^Y?T^',*jgrI *.1.Yar3, ArieiRalman (Karrim ) mendapat

Kp JJuti- u rundosa (Sukohalo) Rp -1jula. Canda I Ari nkgo(Jateng)/tndra Adi8una f DI(t Rp 2. i7 jura. U nrief R.rfmin(Kaltim )/Eg,Hamzch (DKI) Rp t.274'jurfl. (bd- t4)

B E RF OTO B E RSAITA, r*o 1 **, n ui i s; r,'t' pi;_t19 bg foto berscuncr Duuen, o7 t twiiai',tiiririnKol (hfl Dwi Wahwt Wruu"to (karwri ia, ptt nri_l:!L lrdl W botvo, tsai penl,eruhan titdiah, Snb,nt

Page 7: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIUMAS SIIDA PI]RBAIJI,IOGA

Radar BanyffmaS . Senin Kliwon 7 Desember 2015

WirapraiaDesalc

SekdesPNSDitengarai MunculKesenjangan

PT RBA NGGA- SeketarisDesa (Sekdes) berstatus pNS(Sekdes PNS) saat ini masihtersebar di ratusan desa diKabupaten Purbaling3a. Na-mun akhir- akhir ini kebe-radaan mereka yang akand.ita.rik ke kantor kecamatanserempat masih belum ielas.Namun karena timbul kesen-jangan di pemerintahan desa;Paguyuban Kades danperanskat Desa Wirapraja mendesaipemerin tah segera menggartisekdes PNS itu dengan sakdeshasil pemilihan iDtemal desa.

"Kami akui selain banyakyang tidak berdomisili di desa.keberadaan sekdes pNS itukerap memicu konflik kesen-jangan dengan aparatur desalarnnya. Misalnva densankades dan perangkat d"esalainnya. SekdespNSdi daeEhlain juga sudah ditarik danmengembalikan sekdes kepemiJihan desa," ungkap jurubicara Winpraja, Ngudi Iswantoro, Minggu (6/12).

Menumtnya, (ru sudahadadan tinggal keberania n oeme-rintah kabupaten menggu-nakan regulasi untul< menin-dalaniutinya"

Penarilcan

"o;p"i - ' --guk

.t- reku" uP*ratur desa di Purbalingga,sekdes PNS seringkali kurartg 'harmonis dengan kePala desa'

Karena sekdes PNS bertang-gungjawab\erhadaP camatdan keraD ketika diPenntankades, tidakseldu sejalan ladi'alanekah baiknYa jika dikem-

balitian salal' tambalrLYa'la iuga kembali mengingat

kan, setelah adanya Iru No-mor 6 Tahun 2014 tentangDesa, pengisian perangkatdesa seperti sekdes dikem-balikan ke desa. Jadi sekdesPNS yang sebelumnya diisipemerintah sudah tidak ada.

Ketua Pagquban Kades danPerangkat Desa, WiraprajaKabupaten Purbalingga, Mu-hammad Yani sepakat jikapengisian sekdes dikemba-likan ke pemerintah desa."Kami sangat sepakat pengi-sian sekdes dikembalikan kepemedntah desa; IGrena jikamasih dari PNS, garis ko-mando menjadi sedikitranor.Di satu sisi sekdes PNS itubenanggungjawab ke peme-fintah kecamatan, disisi lainmasih ada komardo denganKepala Desai' paparnya.

"Kadang adanya sekdes PNSjuga rawan menimbulkankecembuuan antarpemngkatdesai' tambahnya.

Pada beberaPa kesemPatan,

Penjabat BuPati Purbalingga,DIs Budi Wibowo MSi me-ngatakan, untuk saat'ini Pe-ngisian sekdes sementaradilakukan oleh kePala desa

setempat. Dengan menem-oatkan oersonil d ari Perangkat'd"su ying ada dan sesuaikemamDuannva. "Untuk Pe-neisian iekd es definitif, masih,n""rrrngg,, adanya PP daripusatl' katanya.

Data Yang dihimPun Ra

darmas dari BIO Pubalingga,untuk mengisi kekosongansekdes vaag sesu ai atuan lama

bisa diisi PNS, belum bisadilakukan kembali. Saat inidari 224'desa, sebanyak 102sekdes sudah berstatus PNS.

(amr/bdg)

T]\GI A}i IIT IMAS SETDA Ii.\BUPA'I'EN ?I:RB.\U.I\iGGA

Page 8: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KTIPINGIIMDIA

BAOIN IIUMA$ $[IDA P1flBAIJNOOA

Radar Banyrfmas . senin Kliwon 7 Desember 2015

Mereka yang Rela Bersusah Payah agar Orang Lain

Bisa Membaca (habis)

I(an Banyak Sekolah Minta Disi

Tioa kali dalam semingguRldwan Sururi berkelilingbersama kudanya mem-bawa ratusan buku me-

nvambangi sekolah dan

TPQ. Koleksinya juga ikutmembantu Para Petani

mengetahui cara belernakdan menanam sayur Yang

baik.

PUTUT JOKO UTOMO,Purbalingga

PAGI masih berselimut ka-

but ketika Ridwan Sururi sudah

berciap bercama si Luna. Pe-

tana tetah dipasang. fegitupula kotakkecil berisi bukuyang diletakkan di Pung-gung kuda put'rh tersebut.

"Ini masih ada yang ke-tinggalan, Pak," kata In-driani Fatmawati, Putrinya,

nggahi

I(uda Pustaka

sembari membawa bebe-rapa buku dari dalam rumahdi Desa Serang, KecamatanKarantreia, Kabupaten Pur-balingga, Jawa Tengah, itu.

> ke hal 15

MULIA: Ridwan ketikaberkeliling bersama"Luna".

r f,lansambunqan darl nal I

Pada Pagi Yang dingin dilerene Guiung Slamet Pada

rurr'ii (s/tz)lt"' R"i 'su-oaan akrab Ridwan Surur-

idiakan membawa Luna dan

ratusan buku tersebut me-

laniuLkan kegiatan YangaitittoninYu sejak lanu ari

Li"' n"treiiu"g ku t";"*tai'sekolah dan TPQ di Semng

dan desatetangga'"Kalau Luna hanYa mem-

bawa sekitar 200 buku' se-

, , Lbihnvu ada di rumah Ka-

-t

,--= ,"nuiti, uu"yut j,g"Yungt"-\ ./ rumah untuk meminjam

IGlola Delapaff'Kuda TitiPanbuku," kata ayah emPat anakitu kepada RadarBanyumas(Tawa Pos GrouP).Ruri memang tak me-

nvanqka, aPa Yang dita-t ukainva datam 11 bulanterakhii itu bakal menarikbanvak Perhatian. Dan, iniyang menggembirakannYa,meletupkan kegairahanmembaca.

Rumah pengetola delaPankuda titioan orang itu taknernah sepi didatangi anak-

inak dan orang dewasa'Mereka bertandang untukmembaca atau meminiambuku.

Permintaan dari sekolah-sekolah di sekitar lereng

Grnu--ns slamet agar bisa

didatan;i Kuda Pustaka iugaterus berdatangan. "TaPi' tak

semua bisa saya Penuhlkarena keterbatasan tenaga

dan waktu," kata Pria 41

tahun temebut.Dalam seminggu, Ruri ha-

nva bisa tiga kali berkelitirgdinean si l-una, Yaitu PadaSela"sa. Rabu, dan Kamis'Hari-hari lainnYa diPer-sunakan suami Kartiah ter-iebut untuk mencari nafkah'

Mulai merawat kuda dan

ayam samPai menyewakankuda untuk Para wisatawandi Lembah Asri Wisata'Serang, Pada Sabtu danMinggu. TerkadanS' turang-

RAGI \N lll'\lAS SETD:\ K:\BIiPATE\ Pl:RB.\l.l\GG.\

Page 9: Kliping media tanggal 7 desember 2015

gayan8 dia rawaTuga disewauntuk kePerluan Pre wed-dine.

Se"mua itu tentu menYedotwaktu dan tenaga Ruri. Diaharus menghidupi istli danempat anak dari Pekerjaanvans penghasilannya ka-hanltit teitu. olkala hulan,misalnva, hasil menYewa-kan kuda di Lembah AsriWisata otomatis minim ka-rena iurnlah turis tak banyak.

Padahal di luar kebutuhan

k"1,r"rgu, Ruri juga harus'menyisihkan pendapatanuntuk membayar biaya sewajasa di Lembah Asri Wisata.Semacam retribusi agar diabisa tetap menyewakan kudadi sana. "Satu tahunnyadikenai Rp I.250.000," ka-tanya.

Tapi, tak sekali pun semua-nya itu sampai mengganSSujadwal rutinnya menjadi"ronin" dunia literasi: ber-keliling menyebarkan ilmulewat buku-bul<u yang diba-wanya. Padahal, tak se-peser pun dia menerimabayaran atas apa yang dila-kukannya. Semua bukuyang dia bawa gratis untukdibaca atau dipiniam.

Kuda Pustaka ala Ruri be-rmula dari ide temannyadari Jakarta yangjuga pen-cinta kuda, budayawanNirwan Ahmid Arsuka.Nirwan yang iuga meDg-gagas "Perahu Pusraka" diPolewali, Mandar, Sula-wesi Barat, mengusulkanagar Ruri'lmembuka" per-pustakaan keliling.

"Saat itu, saya langsungmengiyakan dan rnemintaizin kepada pemitik kudauntuk menggunakan Lunaberkelilirg membawa bu-ku. Si pemilik ternyatasetuju," ceritanya.Ruri antusias menyam-

but ide Nirwan itu karenasejalan derigan harapan-nya. Pria lulusan SMP danpaket C setara SMA itusejak lama memimpikanagar anak-anak muda didesanya bisa lebih pandaidari dirinya.

Awalnya, dia hanya ber-keliling membawa pulu-hdn buku sumbangan Ni-rwan. Namun, Iama-ke-lamaan semakin banyakdonatur yang mengirim-

-/--..----11-

kan tjuku ke rumahnYa'IadiLah koleksi Kuda Pus-

raka Gunung Slamet leotn

dari seribu buku Beragam

tema, dari berbagai genre'

Kecuali ketika Pala mu-

rid tenqah libur atau m€n-

ialani uiian, iadwal kelrtrng

kuda Pustaka tak Pernanherubah. " Kalau dr se-

kolah, Kuda Pustaka masuK

saat anak-anak istirahat'Di TPQ saat an ak- anaK

belum mulai belajar aga-

ma." tambahnYa'Tndri. anak keduanYa' r-

adans ikut berkeliling ber-

sama"nYa sesudah sekotan'

Bocah PeremPuan ketas v

SD teriebut bertugas me-

raDikan buku-buku Yangseiesai dibaca anak'an ak'Namanva anak-anak, ken-dati s;dah sering dii-neatkan, keraP tak disiPlinm-eniaga keraPian bukuyung iiba.a. Seb aBia nbahkan tanPa sengalamenghilangkan buku Yangdioiniam. Namun, tak se-

kili oun Ruri marah'"Kilau hilang, saYa ha-

nya bisa memberikan na-sihat agar jangan sampalterulang," katanYa sembarrtersenwm.

Kini oeminat Kuda Pus-taka rnerambah kelomPokusia vanqlebih luas' SetiaP

kali'Puiang berkeliling'misalnva, belasan orang'mulai inak-anak hinggadewasa, sudah menungguRuri.

Mereka iuga bisa mem-haca atau meminjam bukudi rumah Ruri di luarSelasa, Rabu, dan Kamis'"sava senang semakin ba-nyaiYang suka membaca'Rumah saYa juga )aol ra-mai terus," katanYa'

KePala Desa Serang Su-sito tak kalah sena n8'3ebab, Kuda Pustaka tetahbanvak membantu warga'Ban;ak Petani Yang belajareara beternak atau me-nanam sayur Y ang baikdari buku- buku Yang or-piniam dari Punggung sr

Luna."Desa iuga menawarkan

aear buku koleksi di Per-.r"rstakaan desa bisa di-i.rawa untuk diPiniamkan"'katanya.

Tawaian tersebut tentudisambut Ruri dengantanean terbuka. Semakinban"yak koleksi, semakinbanyak pula ilmu Ya ngbisa disebarkan. Namun,dia berharaP bisa me-nampunS semua bukuyang dipercayakan kePa-danva itu di sebuah Pe-rpus'takaan mini.Dia bermimPi PerPust

akaan mini tersebut bisadibangun di dePan rumail.sehin88a Para Pe tnlnatbuku bisa lebih tcnang saat

membaca alatl mcnliniam.Selain itu, Iluri l)crencanamembuka pclatihan kom-puter Eratis di rtrmahnYa.

"Ada yang iD gin mem-banlu 10 komputer untukbelaiar masyarakat. Sayasendiri juga ingin belajarkarena belum bisa kom-puter," katanya. (* / IPG / cG Itts)

BAailAN HU\I.,\S SETDA KABL'P:\TEN PLTRBILINCGA

Page 10: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIIIINA$ SIIDA PURBAIJNOOA

Radar Banlnrmas o Senin Kliwon 7 Desember 2015

DICOPOT:Satpol PPbersamapanwasmencopotstikerPasangancalon yangmenempeldl angkutankota.

Terindikasi Jadi Tim I(ampanyg

ruPSMajapumDicopotMasaTenang, BanyakAPKMasih Terpasang

PURBALINGGA - Terindikasimenjadi tim kampanye salah satupasangan calon (paslon) wakilbupati dan bupati Pemilihan KepalaDaerah (Pilkada) Purbalingga 2015.Ketua Kelompok Panitia Pemu-ngutan Suala (KPPS) di Desa Maja-pura, Kecamatan Bobotsari dicopotdad j abatannya.

Anggota Panwaslu Purbalingga,Divisi Pencegahan dan Hubungan

Antarlembaga Artro l^/ibowo menga-takan, pihaknyamendapatkanlapo-rarl dari masyarakat bahwa KetuaKPPS Tempat PemunSutan Suara(TPS) 6 Desa Maiapura Sutrisno,menjadi tim kampanye paslon no-monrmtdua dengan nama Sutiknd.

"Setelah dikroscek Panwascam(Panitia Pengawas Kecamatan, red)Bobotsadke tim kampanye, Sutiknoalias Sutrisno adalah orang yangsama;' katanya ditemui disela-selapenertiban alat peraga kampanye(APK) Pilkada di Terminal Purbaii-ngga Minggu (6/12).. v bhat lo

RA(ilAN HtllvlAS SETDA KABI]PAIEN PI1RBAj-INGGA

Page 11: Kliping media tanggal 7 desember 2015

Gunakan Nama Lainr lefindifiasi angkutan kota re{aring razia,

karena masih memasaDestiker di kendaraan merekaiPetugas d?ri tim gabungantangsung melepas sdker ter_sebut, ketika dirazia di Termi-nal Purbalingga.

"Kami menemukan masihbanya.k stiker yang terpa_sang tu angkutan kota. Ka_rena sudah masuk ke masatenang kampanve, makadiharus dilepas. Kami me-minta kepada sopir ang_kutan kota untuk meleoass.tiker itu sendiri, dengandrbantu oleh perugas dariSatpoJ pf".ielas Ketua pan_waslu Ka bupaten purba_lingga Dewi Falupi CW.

Dalam mzia, juga masih ba_nlekditemular ApKvanerer-pasang dibeberapa tiik fiahkan,.ada posko pemenanganoan tm relawan yang masingmemasang atribut oaslon_

Dewi m e--nambahkan, raziadari rim gabungan tersebutakan rerus dilakukan hirspas.eluru.h ApKyang terpasifigor berbagai ddl( diturunl<anatau dilepas. Sebab, menurutaturan yang ada saat masatenang kampanye, dilarangmemasang atribut apaounterkait paslon. (tya)

Sambungan dari hal 7

Dia menambahkan, atastemuan tersebut, PatwascamBoboBari telah merekomen_dasikarr kepada panida pe-milihan Kecamaran (ppK)Kecamatan Bobotsari, asaryang bersangkutan digantilTerpisah, Ketu a Kom isi

Pemilihan Umum (KpU)Kabupaten purbalineea SriWa]:).rlni AKS mens;;kan.PPK Kecamatan n6botsa.isudah menjalankan reko-mendasi tersebut.,,sudahdiganti. Semalam [Sabrumalam, redJ sudah kamiganri..dengan nama yangoaru, katanya ditemui diKanror KPU purbaiingga.

semeit tara itu, dari hasilpeneniban APKpilkada vanedilakukan ttm yane teidiijdari Satpot pp,'Diihubko-minfo, Panwaslu dan @U dihari pertama masa tenanskampanye, kemarin (6/I2)]Ternyata, masih banvak Apkilegal yaag terpasang di be-berapa tempat.Dari hasil razia stiker bran_

ding dj a ngkutankota, belasan

BAGIAN HI I\'1.\S SETDA HABLIPA'I'EN PIRB.\LING(iA

Page 12: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KTIPING MEDIA

BAGIN IIUII{A$ SIIDA PIIRBAIil,IOOA

Badar Barryumas . senin Kliwon 7 Desember 2o'15

Semua PaslonDinilai All Out

PURBALINGGA- Menie-lang detik- detik pemungu-tan suara atau coblosandansaat ini hari tenang, suhupolitik pilkada Purbalinggamakin menghangat. Me-nurut analisa Dosen IImuPolitik FISIP Unsoed Pur-wokerto, Ahmad Sabiq SIPMA, kedua pasangan calon(paslon) bupati dan wakilbupati yang sama- sama allout itu menunju-kkan tidakada calon "bagongan" ataucalon asal-asalan dalamPilkada Purbalingga.

Sabiq mengura&an, jikaada calon bagongan, ten-

tunyasaiahsatu pa lonYangmerasakuat al n santai danibarat kata ditiDggal tidursajasudah menang. Namunkondisi akhir- akhir ini, duacalon terlihat 'due[' yangsebenarnya dan mengaktil-kan semua lini sampai keorganisasi di tingkat palingbawah.

"Itu kalau diiihat dari pro-gres atauperkembanganryasampai sekarang. Jika dilihatda pertarungan yang se-benarnya, sulit masih di-katakan jika ada calon ba-gongan," tegasnya, Minggu(6/12). ? b,vtlo

I $omua PaslonSambungan dari hal 7

Ia juga menegaskan, soaleuforia kampanye akbarterbula yang hanya satu kalitidak bisa diiadikan barom-etermassapendukung. "Ka-lau masih ada Bagongan,buat apa sampai membenhrksatuan tugas atau satgas antimoney politic dan satgaslainnya. Iadi menurut saya,saat ini terbantahkan ada-nya pilkada bagongan itu,"tambahnya.Kondisi lain yang bisa

dijadikan parameteryaitu,semakin terlihat adanvakekuatan yang layak di-perhitungkan. Artinya,paslon yang sebelumnya,dinilai hanya sebagai ba-gongannya, saat ini ke-

Sama-Sama Diperhitungkankuatan mereka cukup di-perhitungkan oleh lawan-nya.

"Dalam kontes (kontes-tasi) di lapangan, ibaratbermain, saat ini sudah se-rius dan tidat mail- main,"fincinya.

Dosen yang kerap kalimenl'adi pembicara di ber-bagai kegiatan terkait iniiuga melihat jika dua paslondalam beberapa waktu ter-akhir nampak bersaing ketatdan head to head. Baikpadatatamn relawan, tim suksesdan simpatisan lainnya dariparpol pengusung dan pen-dukung.

Sementara itu terkait danakampanye yang digunakandua paslon yang terlihatsangat kontras perbedaan-nya, Sabiq menilai itu tidakbisa sebagai tolok ulur calonbagongan. Misalnya dana

kampanye Sugeng Suciptosangat sedikit dibandingdana kampanye Tasdi- Tiwi,karena saat ini media kam-panye lebrh dtdomrnasiKPII-Misalpun dana sedikit,

namun yang kemungki-nan tidak tercatat di Pas-lon Sugeng- Sucipto yaitudana dari para relawan .

Diantaranya dana untukpembuatan kaos dan lain-nya yang bersifar sukarela-

"Saya lebih menilai ka-rena sifatnya yang volu-tarisme, bersifat kesuka-relaan dan atas inisiatilpara pendukung Sugeng-Sucipto, maka tidak ikutmasuktercatatdalam danakampanye. Iadi tidak bisakarena anggaran minimdisebut paslon SuCi tidakserius atau B agongan,"paparnya.(amr/bdg)

BAGLL\ HLTMAS SETDA K,\BIIP.\TLN Pl iRB,\LINGG-A.

Page 13: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN Ilt]IIA$ $[IDA PURBAT},IGOA

Radaf BanyUmOS r Senin Kliwon 7 Desember 2o1s

Tasdi-Tiwi

Rpl,3M,Sugeng-Cipto

Rp t68lutaPengeluaranDana KampanyePaslon

PURBALINGGA - Pasa-ngan calon (paslon) BuPati '

dan wal<il Bupati PemilihanKepala Daerah (Pilkada)Purbalingga 2015, nomorurut satu H Tasdi SH MMdan Dyah Hayrning Pratiwi(Tasdi-Tiwi), menghabis-kan dana kampanye Rp 1,3miliar selama masa kampanye. Sedangkan, Sugeng-

dari oencalonan, sepertiyang p""aigu; "ulorr. padi6Desembermendatang.

Cipto menghabiskan danakampanye Rp 168 juta. Hatitu, tertuang dalam LaporanPenedmaan dan Penggu-naan Dana Kampanye (LPP-

DK), yang diserabtan olehkedua tim pemenangan PasIon ke Komisi PemilihanUmum (KPU) Purbalingga,kemarin (6/12).

Anggota KPU PubalinSSaDivisi Kampanye Sukhedi SAg

mengatakan, kedua timpeme-nangan paslon menyeratrkaaLPPDK sebelum batas akhirpenyerahan. W l<e hal l0

Logistik Telah Dikirim-rTa5di-n{i g1Xt5;X;gr""'rxruN'e ;mX*f;*:y;X

'-tlJo',1!"'"-i".i n"r z 'I"ji" *': ' .,.^- .,^r-6 kamoanve yang telah dise-

,*bt:ffiiffiX'u1j6il pakaiorehduatimkampanve

"Paslon nomor urut satu Pas'y^')y"""' "'-':';:-^:;; paslon' vang disepakati 22

meverahkanpadapur.ulrG.3o .",i,"fi::'"rT]fi"'#:",^'ffi1 l"-UX,f*fffi}";";,M6, sedangkun, paston no- PDK Kepada x?Y::,-.:l-l ;;;;;;;;;; paslon me-mor urut dua menyerahkan paLr€ lamDal saru niu,rsEtt'd- 'r,renakati batasan danakam'pada pukul 16.s6 \MB. Batas .1:" q.pp

" ::lA 1"":.i b'rnr" vu"s boleh merekaakhir penycrahan LPPDK palrng lamoar. punur Io*

-,"iLull selama masa kam-adalah pulul 18.00 WlB," WIB': Kemuotan ur Pilsa' Sanve maksimal Rp 9,5 miliar.jelasnya kepada Radarmas, berikutnya pasal 54 dise' 'S"ir.t.r,,"ru itu, kimarin (6/kemarin {6/'12)- U,.rtt -, pir*g-

"alo" y-g tZ), selumh logisrik Pilkada

Dia menambahkan, dengan terlambat menyampaikan puibaungga relah didistri-diserahlQnnya LPPDK dad LppDK Ke KPU setemPat busikanke kecamatan. Selan-kedua tim pemenangan pas- samDai batas waktu yang iutnva, tinggal menunSSulon, maka tjdak akan ada dircnnrkan sebagaimana mak- iaha;an distribusi dari keca-paslon yang terkena sanksi sud pasal34, dikenai sanlsi

^"tio k" PPS untuk selan-

pembatalanataudiskua_lifikasi berupa pembatalan sebagai jutnya didistribusikankeTPS,

L]AGT-II}] HlIM.\S SI fDA (AB[]P.{I'EN PURR.\LI\GC.\

Page 14: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIIIIA$ $[IDA PIIIBAI]I,IOOA

Radaf Baqnfmas . senin Kliwon 7 Desember 20.1s

TakNyenyakTidurCURAH hujan yang

semakin tinggi saat inimembuat kh-awatir ma-syarakat di wilayah rawanbencana longsor. Apa-ratur desa juga merasakanhal yang sama.KepalaDesa Jingkang Kecama-tan Karangiambu, Bam-bang Hermanto menga-ku tidak nyenyak tidursaat hujan datang padamalam hari. * blall0

Siagakan Perangkat DesaE Iel llrcruel "Sulitnya jaringan sinyal

dan letak medan yang sulit se-ring menjadi kendala. Iadi ka-barhari ini terkadang baru masuk esoknya, atau saat oran8

- melaporke desaj'tambahrya.Untuk menanggulangi hal

teNebut saathujan turul! Her-manto biasanya membedkankabarler,latpesan singkat gunamenngingatkan pam aparaturdesa untul( tetap siaga. Bilatidal$ mas)ruakat diminta un-tuk mengguaakan tanda ken-tongan untuk memberi kabarkepada masyarakatlainrrya

Hermanto ju8a sedng mem-berikan penjelasan dan sosia-lisasi kepada masyarakat firg-kang tentang mewaspadaibahaya longsor. "Banyak ru-mah warga yarlg berbatasandengan tebing. Jadi kesadaranmereka harus ditingkatkanj'jetasnya.(ioffidg)

Sambungan dari hal 7

Hal itu terjadi karena IokasiDesa Jingkang berada di per-bukitan dan kondisi tanahydng labil membuatperhatianyang cul(I.lp ektra saat musimhujan tiba. "l,etakperdulcrhandi Desa JinSkang juga teryen-car dan banyak akses jalanyang masih sulit dilalui. ladiperlu siaga saat musimhujaaj'kata Bambarg Hemanto.

Hermanto .menambahkan,

aparan{ desa dari perangkatsampai tingkat RT juga sudahdiintruksikan untuk segeramelaporkan bila terjadi ben-cana alam. Sehingga, saatterjadi bencana masyarakatbisa lalgsung mendapatkanpertolongar dan langkah anti-sipasi selanjutnnya.

B.\GIAN HLI\,{{S SETDI\ }':\BL;P:{I llN PIiRBALINGGA

Page 15: Kliping media tanggal 7 desember 2015

7 Desember 2015

fURBAIHGGIH(SPRIS

PIALA: PJ aupati m enye ra iilJi{^ p ia rakepada para iuara lomba tenis.

AriefRahman Perbanyak Evenfuarai Purbalingga

0pen 2015r f,ticl Ra[lnan ,

Sambungan dari hal 7

PURBALINGGA - Petenis

melalui klub. Sama sepeniyang bapak bina saat ini,"jelasnya.

Adanya peningkatan Pem-binaan petenis muda, Budiberkeyakinan beberapa ta-hun lagi g'elar juara dapatdiambil oleh atlet-adet tenisdari wilayah Banyumas,seperti Purwokerto, Pur-

' balingga, Cilacap, Banjar-negara dan Kebumen.

Ketua Pengkab Pelti Pur-balingga Nonot Mulyonomengatakan, Kejurnas TenisLapangan TDP PurbalinSSaOpen 2015, diikuti serumlahpetenis berkelas nasionaldad berbagai daerah di In-donesia seperti KalimantanTimu! Papua, DKI Jakarta,Jawa Timut Banten, Yogya-karta dan Jawa Tengah.

"Dari 32 pendaftar yangmasut, hingga pelaksanaanhanya 22 pemair Yang tu-run. Termasuk dari Pur-balingga yang menurunkansatu peserta," katanya.Kejurnas kali ini dise-

Ienggarakan sejak 1 - 5 De-sembet di laksanakan didua tempat yakni lapangantenis Bank Jateng dan In-door Samiaji. Karena ke-iurnas tersebut menjadisalah satu turnamen Yangdiakui Pelti, maka hasilkejuaraan di PurbalinggaOpen i ni, nantinya men-d;pat tambahan perinBkatnasional dari Pelti. (tyalbde)

peringkat tujuh nasionalAdefRahman dari KalimantanTimur serta pasangan gado-gado Jawa Tengah dan DKIJaka(a Arinl( go Mezakh danIndra Adiguna Utama ber-hasil meniuarai KejurnasTenis Lapangan TDP Pur-balingga Open 2OI5, yangberakha Sabtu (5/12).

Pada b abak final nrrnamenyang digelar di Indoor Sa-miaji, Arief Rahman ber-hasil menga Iahlan petenismuda lawa Tengah RindozaWijaya dua set langsung Z-5,. 6-3- Sedangkan pasanganArinkgo Mezakh - IndraAdiguna juga menang mu-dah atas lawaanyapasanganArief Rahman (Kalrim) ,EkkyHamzah (DKI) denganskor 6-4, 6-4.

Usai penyerahan hadiah,juara tunggal purra tuief Rah-man mengaku senang atashasil maksimal yang dipe-rclehnya. Dia berharap tur-namen sekelas TDP yangdiadakan di Purbalingga perlusering di selenggarakan. Di,samping menambah iam ter-bang para adet juga meng-gairahl(an pembinaan tenisantardaerah. * ke hal tO

KTIPINGMEDIA

BAflN IIUIIA$ $[I!A PIIIBAIil{OOA

"Saya kira ini perlu serhgdiselenggarakan dan prizemoney-nya juga ditinS-ka&an," katanya.

Peniabat Bupati Purba-lingga Budi Wibowo mengatakan, penYelenggaraanKejurnas Purbalingga OPen2015 yang diadakan dalamrangka Hari jadi ke l8sKabupaten Purbalingga da-pat terselenSSara dengansulses.

Budi Wibowo yang iugaKetua Pengprov Pelti JawaTengah akan terus beruPayamemperbanyak penYeleng-garaan tumamen tenis lapa-ngan baik yant berkelasTDP maupun turnamenlainnya. "Tahun depan akankita tingka&an penyelenS-garaanya. Disamping untukputra ,uga untuk Pufti. Ha-rapan saya masih dapatdiselenggarakan di Pur-balingga," katanya.

Budi iuga berharap, parapemitikklub-klub tenis [aPa-ngan di wilayah Banyumasdapat mengambil manfaatdari penyelenggaraan tur-namen di Purbaling8a. Terutama untuk meningkatkanpembinaan potensi petenismuda yang ada.

"Para juara ini, dulunYajuga sama seperti anak-anakmuda yang pembinaanya

BAGI{N I{L \1AS SETDA KABUP;IfEN PIRBAUNGG,'\

Page 16: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN III]iNAS $[MA PURBAIil{OOA

Radar BanyfrmaS e Senin Ktiwon 7 Desember 201s

-PUR BATII{ GGI TI(S PRTS-

Asyrk Mancing TigaPemuda Terseret Arus

KEIOBONG-NaSib nahas dialami oleh Septo Aii (2s),warga Desa Pandansad, Kecamatan Kejobong. Dia ditemukar tewas setelahtemeret arus Sungai Kacangan, desasetempat Sabtu (6/12). Korban te$eret arus surgai saatmemancing sehari sebelumnya bersama dua temanya-Beruntung, dua teman korban berhasil menepi danselamat dari maut.

Kapolres Purbalingga, AKBP Anom Setyadji melatuiKapolsek Kejobong AKP Senenryo menjelaskan, setelahkedua teman pulang dan melaporkaa bahwa Lorbanterseret arus dan tidak terlihat, pihaknya langsungbergerak cepat. "Polisi, TM, masyarakat dan rim SeXIangsung rurun menyusuri Sungai Kacang'an untukmelakukan pencarianl katanya.Setelah ailakukanpencariaa, korban ditemul<an sekitar500 meter dari lokasikejadian oleh tim gabungan. Korban baru bisa ditemukansetelah sehari dilaporkan terbawa ams

Sebelum kejadiarl korban tengah memancing bersamadua temarnla. Mereka masuk ke sungai dengan posisim€mbelakangi arusairTiba-tiba sungai meluap letiganyalalu berusaha ke tepiarL Kedua temannl,a berhasil selamat,namun korban yang ddal dapat berenan& terceret air.

-Setelah ditemukan, jenazah korban selaniutnyadiberikan ke keluarga untul dimakamkan.."Tim medisjuga sudah melakukan pemeriksaan dan korbanmeninggal mumi kecelakaanj' katanya.

Kapolsek Kejobong meminra kepadi masyarakat unhrkwaspada dan hau-hati saat berada di tepian sungai.Pasalny4 musim hujan dan kondisi sungai saat ini sulitditebak .Bila huian datang jangan bermain di dekatsungaii' himbaunl,a.(iok/trdg)

BAGIAN II[]M,\S SLTDA KABITPI\TEN PLIRIJALINGGA

Page 17: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KTIPING IUEDIA

BAflAN IIUll{A$ $[IDA ruIBAIT,IOOA

Radar Banyum?s o Senin Kliwon 7 Desember 2015

PasienliwaKabq-DitemdcnPURBALINGGA-Ma

syarakat Desa Darma Keca-matan Kertanegara dihe-bohkan dengan sesosokmayat laki laki tanpa busanayang tergeletak di tepi Su-ngai Wotan, Dukuh Ka-rangpoh Desa Darma, Ke-camatanKertanegara, Sab-tu (5/r2) pagi. Mayat yangiuga tanpa identitas tercebutditemukan warga dalamposisi terlentang di sebelahbatu besar.Dari informasi polisi, ?

mayat pertama kali di-temukan oleh seorant warga Desa Krangean Rt 02RW 07, Sutris (25) sekitarpukul 09.00 WIB. Padasaat itu, Sutris berencanaakan men cari rumput dihutan.Namun saat akan me-

nyebrangi sungai Wotan,Ia melihat sesosok tubuhtergeletak tanpa busana ditepi sungai. Karena pena-saran, Ia pun mengecek-nya, ternyata sesosok tu-buh tersebut sudah tidakberuafas lagi.

Sutris melaporkan pene-

muan tersebut ke wargalainnya yang kemudianmeneruskan informasi pe-nemuam mayat ke PolsekKaranganyar. Setelah me-nerima Iaporan dari war-ga, polisi beserta tim inafisdan tim kesehatan Pus-kesmas Karanganyar lang-sung mendatangi lokasipenemuan mayat danmengevakuasi ke Puskes-mas setempat.Kapolres Purnbalingga

AKBP Anom Setyad.ji SIKmelalui Kapolsek Karang-anyar AKP Nursasalit me-ngatakan, dari hasil pe-meriksaan tim medis ditemukan luka lecet ?di ke-ning sebelah kiri, kepalab-agian belakang sobek se-kitar 3 cm, lengan tangankanan lebam dan lututka-nan sobek sekitar 3 cm."Tidak ditemukan unsurpenganiayaan.

Diduga kor ban mening-gal karena sakit akibatkelafaran dan terj atuhmengenai batu besar. Diperkirakan korban me-ninggal sudah Iebih dari 6

hingga 7 ja'm," kata Ka-polsek Karanganyar.

Pada saat korban hendakdi serahkan ke Desa Dar-ma untuk dimakimkan,polisi mendapatkan in-formasi bahwa mayat ter:sebut ternyata salah satupasien RS Khusus iiwa HMustajab di Desa Bung-kanel, Karanganyar yangkabur sejak hari Kamis (3/12) sekitar pukul 05.00WIB. Selariutnya polisimelakukan koordinasi keRS Khusus jiwa H Mus-tajab. Tak lama kemudian,tim medis RS Khusus JiwaH Mustaiab datang danmelakukan pengecekan.

"Pihak RS Khusus jiwa HMustajab membenarkanbahwa korban adalah pa-siennya yang kabur atasnama Abu Naim (27) ,war-ga Desa Sitanggal Rt 1Rw5 Kecamatan Larangan,Biebes," tambahnya.

Selanjutnya, mayat dise-rahkan ke RS H Mustajabuntuk diurus dan dise-rahkan kepada keluarga-

' nya di Brebes. fiok/bdg)

BACI,'\}i HITMA,S SETDA L.\tsLI?ATFN PLiRB,{-INGCiA

Page 18: Kliping media tanggal 7 desember 2015

:'::a--\t - =--

CEK TKP : Polisi sedang melakukan olah TKP penemuan mayat Belakangan diketahui'

korban merupakan pasien RS Khusus Jiwa H Mustajab'

)IAGL\N HtilvlAs SETD.\ KABI'P.\TEN PURBAIINGC {

Page 19: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KTIPINGMEDIA

BAGIN IIUI}{A$ $I[DA PIIRBAIil{OOA

Radaf BanyUmas . Senin Ktiwon 7 Desember 2015

Dua Pengemis PURBALINGGA-Dua Pengemisberhasil diamankan oleh PolresPurbatingga, Min88u (06/12)dalam mzia pengemis, gelan da-ngan dan orang terlantar (PGOT).

Razia PGOT te6ebut diSelar ber-dasarkankeluhan masyarakat)"ng

disampaikan melalui media sosialPolres Pubalingga.

Kapohes Purbalingga melaluiKasubag Humas Ipnr Dimanmen-jelaskan, dalam operasi tersebut,Polres Purbalingga menumnkansatu regu Dalmas dan dipimpin

DiamankanPolisi

oleh KBO Ipda Tedy Subiarco, SH."Banyak masyarakat yang me-ngeluhkan PGOT yang ada dipercmpatan, atau Teminal Pur-balingga dan dianggap meng-Sanggu Kantibmas. Jadi polisibertindal('jelasnya. * l<e ha,10

Hanya DIblnar llua Pengemis ganggu masyarakat. "Me-

reka hanya dibina dan mem-buat surat pemyataan untukmemberikan efek jera,' je-lasnya.

Diman menjelaskan, ba-'nyaknya keluhan di mediasosial dan masyarakat yangmeminta agar PGOTdi pur-balingga ditertibkan sudahsering dilakukan oleh polisidan bersifat penyuluhanagar PGOT tidak kembalimelakukan kegiatan ter-sebut."Perlu adanya kerjsama

antar intansi terkait untukmelakukan penertiban PG-OT, agar ada pembinaandan efek jera kepada me-reka," katanya. (iok/bdg)

Sambiingan dari hal 7

Dari razia PGOT yangdilakukan di perempatanlampu merah depan Termi-nal Purbalingga, Perem-patan Karang Kabur, Perem-patan Sirongge dan Pe-rempatan Walilc Polisi ber-hasil mengamankan duapengemis yang sedang ber-operasi. Selaniutnya kedu-anya dibawa ke MapolresPurb alingga.Selaniutnya, kedua pe-

ngemis tersebut diberipembinaan dan membuatsurat pemyataan agar tidakmengemis lagi dan meng-

€,:-+

---;---...\--?

BA.GI,\]'" HU]!{AS SF,TDT\ ^( ,\I]T]PATFN PIJRI}ALINGGA

Page 20: Kliping media tanggal 7 desember 2015

tctIE

lrID

E5o-

o.

o,

.Et

(')

t!

E

q,

s

t,E0

p

o,

sE

dUt

aJoo.FfYozo

,_-/._-1t-

RAGIA\ HtI\IAS SETDA I\AIll II'ATEN PtrRB.ALlN(lG 1

Page 21: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIUll{A$ $flDA PURBATNGOA

3ag1B."Y"4* .t""i" -"-"'

Taman Kota Butuh PintuYth dinas pertamanan pbg, tulung lah, kaetaman2 sing wis maen2 disogi pintu grbang trusnek sore ditutup, ben nana wong lanang wqdonpd mlebu, sebab nek mbengi nggo padamojok+mesum, nekora percaya gari seringdilongok baen nek sore wengl , toli eman2 golembangun ragade entokakeh, ksuwun kang dar,

NN 082327662786

BAGI,{N HI A'IAS SETDA LABUPAIEN PLIRBALINCCA

Page 22: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN IIUIIA$ $[IDA IIIRBAI}'IOOA

HARIAN BSenin, 7 Desember 2075

PNS dan Keluarga Dapat Diskonr Pemkab Purbalingga - Garuda lndonesia Jalin Kerja Sama,

PURBALII{GGA - PemerintahKabupaten (Pemkab)Purbalingga mendataoganikerja sama dalam hal angkutanpenumpang dengan PTGaruda Indonesia (Persero)Tbk. Penandatangananmemorandun of understa ding(MoU) dilakukan Pj BupatiPurbalingga Drs Budi Wibo\,yolrsi dengan General ManagerGaruda Indonesia BranchOffi ce Yogyakarta, Supriyono.Penandatangan yangdilakukan di ruang Andrawinaobyek Wisata Air Bojongsari(owabong), Sabtu (5/12),disaksikan oleh Direktur UtamaGaiuda lndonesia, Nl Arifwibowo.

Pj Bupati Purbalingg;BUdi Wibowo mengatakan,

dengan penandatanganankerja sama ini, maka PNS dijajaran Pemkab Purbalingganeserta keluarganya yang akanmelakukan penerbangan denganpesawat Garuda Indonesiaakan mendapat diskon. Untukperjdlanan domestic, diskonyang diberikn 10 persen,sedang pedalanan internasionaldiskon yang diberikan 11 persen:

"Untuk karyawan Pemkabyang akan membeli Uketpesawat Garuda cukuprnenunjukkan tanda pengenal(rame tag) saja, sedang jikapenerbangan bersama keluargamaka menunjukkan kartukeluarga," ujar Budi Wibowo.

Budi Wibo\,vo mengatakan,Pemkab Purbalingga.selainmendatangani kerja sama

dengan dengan PT Garuda,juga akan menjajagi kerjasama dengan PT Kereta ApiIndonesia. Karyawan Pemkabyang sering melakukanperjalanan menggunakankereta api ke Jakarta ataupunke Semarang, nantinya akandipermudah.

"Perjalanan juga seringmenggunakan kereta api, untukitu perlu kerjasama juga dfnganPT Kereta Api. Lumayan jikasetiap perjalanan mendapatdiskon," katanya.

Direktur Ljtama PT GarudaIndonesla (Persero) Tbk, ArifWibowo mengatakan, denganpenandatanganan kerja samaini, maka Garuda Indoensiamenjadi penerbangan resmibagi seluruh kdryawan Pemkab

Purbalingga, serta bedaku untukperjalanan dinas maupun nondinas.

'Melaluj kerja samaini, caruda Indonesiaakan membedkan hargakhusus (special corporatefare) bagi panerintahKabupaten Purbalingga untuksemua rute domestik dadinternasional (tidak termasuk

B.\GIAN HUIU.A.S SF:TDA K,\IILiP:\TEN PURB.AI,IN(i(iA

Page 23: Kliping media tanggal 7 desember 2015

Budi Wibori/o

Sementara itu VP CorpomteCommunications PT GarudaIndonesia, Benny S Buta$utarmeEgatakan, saat ini GarudaIndonesia melayani 75 destinasidi seluruh dunia dan berbagaidaerah di Indonesia. Denganjurilah penerbangan mencapai600?enerbangan per haridan jumlah armada yangAioperasikan mencapai 169

Pesawat dengan rdta-rdta usia4,5 tahun, Garuda Indonesiamemberikan pelayanan t€rbaikmelalui konsep 'Garudalndonesia Experience' yangmengedepankankeramahtamahan dan kekayaanbudaya Indonesia.

"Garuda Indonesia jugamerupakan anggota Sky leam,sebuah aliansi global yangberanggotakan 20 maskapaiyang menawarkan jaringanglobal dengan lebih dari 16.320penerlangan setiap harinya ke1.052 destinasj di 117 negata:tambah Benny. br-os)

BrarEh Off6e Yogfjrtarta, Su*iyono (kanan)rn DircKur Utama Garu;a tndonesia,;, Ariiwibo;.

pai4;rii-pisarcaruaa.khususnya caruda;idnmem6erikanpasar korporasi. "Dengan jumlah dukungan penuh kepadapegawaisekitar 9.000 orang, pemkab purbalingga dalamPemkab Purbalingga merupakan melaksanakan tu-9;s-tugasnyapangsa pasar yang cukup sehingga sinergi antar keduabesdr.bagiGarudalndonesia. belahpihakdapatditingkatkan,,,Melalui kerja iima ini, tentunya katanya.

Page 24: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KLIPINGMEDIA

BAflN IIUI}{A$ SIIDA PIfiB,{tilIOOA

HARIAN BSanln, 7 Desember 2015

ii$r y_"r"1:ffi:s:s:Hd",,3i3:,[:,j#J# Hf#i';j,Ylilffi l?:""i,.-,T,lff"5T,n"tsJfl**,,n,jalur penghubung masyarakat.'

KALIGONDANG- Danrem 071/Wk Kolonel Inf Dwi WahyuWinarto beserta MuspikaKecamatan Kaligondangmengecek situasi dan kondisijalur penghubung wargamasyarakat Grumbul DusunlUelayang, Desa Sidareja, -Kecamatan Kaligondang, Jumal(4/12). Grumbul dusun yangdihuni 40 kepala keluarga

bermata pencaharian petani inimerupakan daerah atau wilayahterisolasi dan terpencil diwilayah Kabupaten purbalingga.Wilayah tersebut terletak ditengah-tengah antam tiga aliransungal.

Sunaryo, ketua RT setempatmenyampaikan, wilayah tersebutmemang sudah puluhan tahundan turun-temurun, sampai

sekarang belum pemahmenikmati jalur penghubung,"Jalur penghubung satu-satunyabagi kami adalah denganmenyeberangi Sungai Gintungini, Dengan menyeberangisungai, jika akan b6raktivitas,jarck yang ditempuh sekitarsatu kilometer ke sentral DesaSidareja. Jika situasidan kondisisungai sedang dalam air pasang

B,\GITLN HUlvlAs SETDA K.\BLTPATEN PURB-\LINGGA

Page 25: Kliping media tanggal 7 desember 2015

r

atau naik, teriebih banji[ kamiharus memutar jalur melewatiDesa Karanganyar, KecamatanRembang sejauh 35 kilometer,,terangnya.

Nleski demikian, menurutSunaryo, mereka tetap waspadajika akan beraktivitas ke luaratau pergi-pulang melewatisungai. "Karena arus sungai initidak dapat diprediksi. Di sinitidak hujan, tapi di wilayah laindi wilayah hulu sungai hujandapat menyebabkan air pasangdan banjir Walaupun dalamkondisi yang stabil, arus sungaiini juga dapat menenggelamkanbadan kami," ungkapnya.

Masyarakat berharap,pemerintah daerah atau lainnyamelalui instansi TNI danMuspika untuk membuat jalurpenghubung antara grumbuldusun mereka dengan sentralDesa Sidareja. "Di grumbuldusun kami tidak ada fasilitasumum, semisal Puskesmasatau tempat ibadah seperfimasjid maupun fasilitas lain,macam fasilitas pendidlkanatau SD buat anak-anak kami.LJntuk berobat apabila sakitatau akan beribadah sholatJumat atau bersekolah, kamiharus melaluijalur yahg penuhrisjko dan berbahaya denganmenyeberangi Sungai Gintungini," terangnya.

Cari Solusi

mendapat informasi dari satuanbawah, bagaimana kondisi yangsebenarnya di wilayah ini.

"Di era kemerdekaan inimasih ada kampung yang belumpunya jembatan, hal ini naifsekali," katanya. "Saya hanyameninjau saja, sejauh manananti, apakah peran TNI dapatmembantu kesulitan rakyatkita, karena hal ini merupakanbaqian kepedulian kita. Halini harus disikapi denganbUak. Intinya ada kesutitanmasyarakat di sekitar kita. Kitaharus bisa membantu kesulitanmasyarakat. Saya datang dancek langsung ke sini, memangbenar adanya. Situasi dankondisi sangat memprihatinkan,memprihatinkan dalam artibelum adanya jalur penghubungyang memadai di sini yangmenghubungkan Grumbul DusunMelayang dengan sentral DesaSidaieja," paparnyai

Oleh karena itu, Danremmencari solusinya, denganmengomunikasikan kepada',,Yarga, kira-kim wargamasyamkat sini mau membantuatau tidak manakala adaseseorang, kelompok, atauorganisasi mau membantutentang hal ini. "Kebetulanbeberapa hari lalu, saya rapat diJakarta, ada satu lembaga yangingin membantu masyarakatterisolir, khususnya masalahjembatan. Dalam hal ini

. .Danrem.071lwk Kolonel jembatan gantung, Iembaga iniInf Dwi Wahyu Winarto sudah membantu-masyaraiatmenyampaikan,kedatangannya terisolirdiwilayahlndonesia,,,ke jalur tersebut ingin melihat katanya, (obi-o6)secara langsung setelah

Page 26: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIA}{ IIUMA$ $[IDA PINBAIil{GGA

HARIAN BSenin, 7 Desefiber 2015

Tasdi - TiwtTai$etkan 80 % Suara

PURBALINGGA - TimKampanye Tasdi . Tiwi

berani menargetkankemenangan 80%

dari suara sah PilbupPurbalingga, 9 Desember2015. Hal ini' diungkapkan

Ketua Tim Kampanye,Bambang lrawan saat

berorasi dalam Apel danKampanye Akbar Tasdi .Tiwi, Sabtu (5/12) di area

parkit GOR GoentoerDarjono.

N lJ l;ulJi;.1t1#;l:li,

I l:t.','i-ffi"+,:51?il:Apa yang kami konsolidasikan sudahmaksimal, dengan demikian targetpemenangan 800/0 pasti bisa diraih," kataBambang Irawan.

blsa dilakukan untuk memenangkan,"imbuhnya.

I .

Pihaknya juga turut mengutukpenjahat demokrasi, yakni money

: polit c, terutama pada saat hari tenangini. "Saya ingatkan kepada warga,sesual peraturan, baik yang memberi

; atau menerima suap sama-sama bisadipenjara. ladi kami harap jangan.sampai

warga yang tidak tahu apa-apa hanya

Ia juga meminta kepada para relawanagar tetap menjaga kondusivitashingga pascacoblosan kepada parapendukung calon bupati/wakil bupatiyang lain. Jangan sampaisetelah pilkada

antarpendukung menjadi tidak akuratau tercerai bemi. *Relawan Tasdi - Tiwitentunya siap bersosialisasi dengansantun. Tak perlu menjelek-jeleianyang lain, tetapi lakukan apa yang

B:\GI.Ar\ IILTNIAS SETD.\ Ii,\R( IPATEN PLiRIl.qLl\Gai-A.

Page 27: Kliping media tanggal 7 desember 2015

-a/-?--/----.=-

ORASI: Ketua tim pemenangan Tasdi- Tawa, Bambang lrawan berorasidihadapan massa urituk mengajak masyarakat menjaga kondusivitas Purbalingga.

6.328 Anggota Satgas DisebarPURBALII{GGA - Sebanyak 6.328 peBonel Satgas AntipolitikUang disebar ke lapangan menjelang pemungutan suara di Pilbup,9 Desember. Mereka ditugaskan di 239 desa selama masa tenang.Ketua Tim Kampanye Pasangan Calon H Tasdi SH MM. DyahHayuning Prati\,'ri Se Econ (Tasdi - Tiwi), HR Bambang lrawan SHmenyebutkan, hari tenang merupakan masa rawan terjadinya politikuang.

Hal itu dikatakan saat apel dan deklarasi Satgas AntipolitikUang di komplek GOR Goentoer Darjono, Sabtu (5/12). Acaradilaksanakan bersamaan dengan kampanye akbar Tasdi - Tiv{i yang

diusung koalisi PDIP, Partai Gerindra, PAN, PKS, Nasdem dan PPP.

Diungkapkan, latar belakang pembentukan satgas ini sebagaiupaya untuk pemenangan pasangan yang diusung dalam Pilbup ini.Pihaknya melihat ada gelagat ada pihak-pihak yang mulai melakukanberbagai upaya untuk meraih kemenangan. 'Termasuk melaluipolitik uang," ungkapnya.

Pihaknya juga siap memberikan hadiah kepada masyarakat ataupersonel Satgas Antipolitik Uang yang berhasil menangkap tanganpelaku praktik kotor dalam pesta demokrasi ini."Kami dari PDIP

beserta parpol koalisi berkeinginan Pilkada berjalan jujur dan adil,"katanya. (p0

Page 28: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IItjMA$ SIIDA II]IBAIJNOOA

HARIAN BANYUMASsenin, 7 Desember 2015 -/'L';1-!2""""**'

RAGITL\ Hl:lvl\S SETD,\ K-\IJI i?.\TEN PtrRIl.\LINGG'\

Page 29: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIIiI\{AS $[AA PURBAIil,ICOA

HARIAN BANYUMASi"nin, ) o.r.moe, zots -l'":1 ' ":t'- ';

a*t

rl--\\

---..-..------

I]AGI.LN I]fi\IAS SETDA K.\BITP.\Tg\ PLIRBAI,INCG.\

Page 30: Kliping media tanggal 7 desember 2015

--l-,2\\-----/-:'i-'\t

deras Sungai Gintung hingga puluhan meter Beruntung,

:*sjl{ff*',"#;:ffi ll,:?i.';ilJl;ilft'_.*,ij;dengan diikatkan ke rumpun bambu Oi u;ung UaLt, Oanp0n0n atbasia di ujung timur sepanjang turj,.rg teOitr-i6b

I]l:Ti":#*:i1:l:a pu ns oa ra m posiii teroar-r, na m un

,, -K"Judi91 itu disaksikan Danrem 071 Wijaya

I:::I:119r?..d rnf Dwi wahyu winarto, sip; MM,u_anramil Kaligondang Kapteri Sarwanto, CamatKalrgondang.Drs. Suharsono, Kapolsek l(aligondang AKp

;;ItT'dan Ketua Panwascam Kaligondins, Dri.

__ Kedatangan Danrem 071 Wijaya Kusuma bersama

fl::_ro., itu,.untuk mengetahui kesiapan warga -

tlt"lip:,i::',*T,fl iilxisLff H.; l* wuLo1i a, p,,

l5j.-?-1,-ri H.f r_.tan itu, diujicoba peiarru rarei jents

i+f fltltl3rTlf ,.:,,lili:ffi iff *it';1,,_.Jl.iT,;"iToJ:lfl }jifl :i::,nenssunakan

rrat suaianva [eirs

tengah sungai dalam pedalanan pulang, mendadak baniir.rmpat warga Jombtang tidak ku;t berpegangan tati, kaiena:qr:frg:i memang sangat deras,,etringga-pe;; '- ',,-rerbatik. .Betapa

ngerjnya tadi tet*a s"yi-menyifsifankuatnya arus deras sungai Gintung. untut meniuer]iins.uara, mereka harus bertaruh nyaia,,, ujar KotoneiiniowiWahyu Winarto.

.,"l,i1."lpli1"l lll^.ti dan wakir Bupatr purbatinssa

ii'i'i,'iiil:tr?lirii'.ilffi i j:['lt[lJ,i#.,i:Hlf ';"#ll'*XX,^T.'fl ,f|iL:X,"ofl;:fl

,;1,.J,.J?"qll*:*';

,Tri*i'"',:'ffi ,-1i:.ff ffi 1l1i?ij,ffl:;#i#"'

,.,.-Jtxa arrsungai surut, watga bisa menyeberang. Namun,Jlka cuaca hujan, dan sering banjir seperti betaka,ngan i;l,

[:{i-idii.l,'#[ff:I:lTT:-l"ffi :L;j:#i]*5_sepeda motor atau kendaraan roda empat m"rafui ier,

-' '

ffl:r.r,, Kecamatan Karangmoncol sejauh triirg hOih

"T#:{ir:"1*it5I,,:.,#:T:.'#i"#,,.ffi ["j1flil,akan menyediakan dua perahu karet, dan pohe! purbatiniiiakan menyediakan dua truk pengendati M".;;6.tr;rj.,Hr.jrnr guna memfasilitasi warga Jomblang, mau menggunakan

tinggal disini, karena saya menikah dengan orang Mlayang,kurang lebih sudah ada 20 orang yang tewas teEeret arus

ffi;"!;;*s," ,;.,. Rokhimin lins asri pencrd"s;,'' -'

- _B€rdasarkan catatan, kasus terakhir atas keganasan

:^,5*iiH.i!:i:ll*lL*r*l;y*1,#i,i'.'t;snerriana (11) dan Dinda (10), terseret aruiO,iru, irngJGrntung yang datang mendad;k, saatJalan bersama teman-temannva.

: mereka sedang jalan-

^--Warga Jomblang lainnya, Riyanto berharap kepada

l,fi il"i:#*1,!tJ#,'ili,i;.i.it:H jXt,,'."J'1'*I1'*'.!',i,""T.1'#m*:f l;*.Jiilllk,ilffit3J,t;,Xflff 'r'Jlan

rekan-rekannya, seperti r,ru*raya,

n-.Mendengar harapan warga Jomblang dan Mlayang itu,

t#jr#iH,[!i:s]:i;r,i:[ffi ;,";fu g;;f r,.,merupakan tanggung iawab pemerin-tih daeratr jatim-menrngkatkan kesejakteraan masyarakat.,,Manakala

ffi **$;*:jffi:;,1ilH"li'ffi r,,,

__Ketika ujicoba pertama, perahu karet mengangkut lO

:t#*ll*i*,"1y:fr ii:{?:il..T.,,,if..f;}[*,,,seramat.

Namun pada ujic;dke;;;; k;.H;iH;#:

iil,fi}"Tii{i{iu.,H:f [*[mrr'.:.,.

rmi#*****tdiffi

i:#;lFl:{T}iiil:.#lffi r#;5:i:,#r1*#iil#r

,",irl5lll1ll,J::l:::?:ryr:rns vans serins menuju

flt'#r+i,ffifrffi###i'#"l:l*:mr

r."ii{1il,.[il:,:*:'?,ffi :,i.Ji#ffi J:il3',1;n;"*.,wargi Jomblang itu apa?,, tanyanvi.

pf ,,pfldf**,1ru.,i,,ifr *t.;*;

Gtntuns yane datani ;;"r;;;;k.:H;.':ffi"ffij

Page 31: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KTIPINGMEDIA

BA0IN IIIII'{A$ $[XDA PU[B,{lil0GA

HARIA].{ BANYUMASsenin,7 Desember 2015 1;"* --"tj"","'t1'

KERTANEGARA-Tiga mayat

ditemukan ditiga sungai

yang berbeda diwilayah Kabupaten

Purbalingga, duahari terakhir.

. Ketiga kejadian inirata.rata karenakorban terbawa

arus dan tidak bisaberenang,

ERTAMA, AbUNaim (27), seoranglaki-laki wargaDesa Sitanggal,

Kecamatan Larangan,Kabupaten Brebes ditemukantak bernyawa di tepi SungaiWotan, di wilayah DukuhKarangpoh, Desa Darma,Kecamatan Kertanegara,Sabtu (s/12).

Korban merupakan pasien

RS Khusus liwa H l4ustajabDesa Bungkanel, KecamatanKaranganyar Korbanditemukan kali pertama olehSutris (25), warga DesaKrangean, kira-kira pukul09.00. Saat itu saksitengahmencari rumput di hutansaat menyebrang Sungai

BerbedaWotan melihat korban sudahtergeletak di tepi sungaidi sebelah batu, kemudiansaksi pertama melihat korbansudah meninggal.

Kepala Polsek KaranganyarAjun Komisaris Nursusalitmengatakan, dari hasilpemeriksaan tim medis,korban diduga meninggalkarena kelaparan. Korbansempat jatuh dan mengalamiluka kening sebelah kiri

, lecet, kepala bagian belakangsobek, lengan tangan kananlebam, lutut kanan sobek dandipastikan tidak ada tanda-tanda penganiayaan,

"Pertama ditemukantidak ada identitas pada

diri korban. Kemudian adainformasi jika salah satupasien RS Khusus JiwaH lvlustajab kabur seharisebelumnya. Setelah dicek,ternyata korban adalah pasien

tersebut," katanya.Pada hari yang sama,

Septo Aji (25) warga DesaPandansari, KecamatanKejobohg ditemukantak bernyawa di Sungai -Kacangan, desa setempat.Korban terseret arus sungaisaat m€mancing seharisebelumnya-

Terseret ArusKepala Polsek Kejobong

Ajun Komisaris Senentyomenjelaskan, korban

ditemukan oleh tim SAR,

warga dan Polisi sehari

setelah dikabarkan terseret

arus 500 meter dari lokasi

'keiadian."sebelum keiadian, korban

tengah memancing bersama

dua temannva. !lereka masuk

ke sungai dengan Posisi

membelakangi arus air. Tiba-

tlba Sungai meluap, ketiganya

talu !erusaha ke tepian'Kedi:; temannya berhasil

selamat, namun korban Yang

tidak daPat berenang, lalu

t(.--\,-

terseret air," katanya.Sehari sebelumnYa,

Kamidi (60), warga Rf4 RW

5, Dusun Pakel, Desa TlahabLor, Kecamatan Karangrejaditemukan tak bernyawa di

Sungai Cibaya deSa setemPat,

kira-kira pukul 17.00. Korban

ditemukan Warno warga desa

. setempat.Kepala Polsek Karangreja

Ajun Komisaris Jadimanmenjelaskan, korbansebelumnya meninggalkanrumah untuk mencari daun

R'\(iI AN HI t\,I A.S SE'|DA I;q,BIIP,{TEN PI]RtsALING(;A

Page 32: Kliping media tanggal 7 desember 2015

_-r'----==_

cengkih kering di kebundekat sungai. Kemungkinanbesar korban tergelincir dantenggelam di sungai, karenatidak bisa berenang.

"Menurut keteraigankeluarga, korban mengalamipenyakit buyuten, linglung,dan gataFgatal menahun,Dari pemeriksaan medisPuskesmas Karangreja,tidak ada tanda-tandapenganiayaan.pada tubuhkorban," katanya.

(SMNetwdrk/hgzmg0S.06)

KEPALA Polsek Karangreja Ajun Komisaris Jadiman nienyerahkan jenazah Kamidiyangditemukan di Sungaj cibaya, Desa Ttahab Lor, x""urrt"rii"raniJi"i [Jiaoa pinar teruarga.

Page 33: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KLIPINGMEDIA

BAGIN IIUMAS $[I'DA II]RBAIJI,IOOA

HARIANSenln, 7 Desetuber 2015

Pendataan Potensr

Ekonomi Non PertafianPURBALINGGA- semua Potensi

ekonorhi Yang ada di KabuPaten

Purbalingga akan didata'

Pendataan mencakuP seluruh

usaha ekonomi nonpertanian'

"Meliputi pertambangan, industri

pengolahan, listrik gas dan air

bersih, kohstruksi, Perdaqangan' .

transDortasi, informasi komunlkasl

dan jasa-jasa lainnYa," kata

Kepala Badan Pusat Statistik(BPS) Suryokoco.

Pendataan ini dilakukan

dalam Sensus Ekonomi Yang

akan dilakukan Pada 1-31

lvei 2016. Saat ini BPS baru

tahao sosialisasi. Kegiatan

besarnva akan dilaksanakan

Mei. s;dangkan Pebruari akan

merekrut Petugas.Dia menambahkan, responden

sensus itu adalah semua

oelaku usaha Yang ada Seperti

oerusahaan Yang meliPUti

restoran, suPermarket, hotel,

bank, jasa konstruksi, PAM, dln

lainnva. "Kemudian Pemenntanseoerti sekotah, rumah sakit,

oanti asuhan dan usaha rumah

iangga meliPutl usaha online ..

dan usaha nonformal lainnya,"

katanYa.

Dia berharaP, saat sensus

nanti berjalan, masyarakat

hisa menerima Petugas dengan

baik dan memberikan iawabansebenar-benarnya sesuai Yang

ditanvakan Petugas. langan ada

vano disembunYl-sembunYikan'' 'i antinva, hasil 5E 2016 ini

daDat dimanfaatkan oleh seluruh

oeiaku ekonomi dan masYarakat'

bagi pengusaha misalnYa,.

dapat mengetahui posisl 0an.

peluang usaha serta daya salng

usahanYa," uiarnYa'Bagi- Pemerhtah, digunakan

sebaqai landasan Perencanaan

dan fongambilan kebijakan serta

evaluasi kegiatan, Sedangkan

baoi Deneliti atau akademisi-seiaoai

bahan Penelitian ilmiah

dan ienganiatan bidang ekonomi'

"l,4asvarakat tentu akan menertma

manfaat dari kebiiakan ekonomi

vano diambil Pemerintah'karinanYa data lasar ini harus

akurat dan validi' terangnYa '

Data SE 2016 sangat berguna

untuk Perencanaan dan evaluasi

berbagai Program Pembangunan

oerekonomian baik nasional,

provinsi, ma u Pu rl$a[il,t"ttJ;i.".r

BACIAIi HtllvlAs SETDA KABL]PATEN PLIRI].'\LINGGA

Page 34: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN III]MA$ $XMA PUIBAIil{OOA

Senin, 7 Desefiber 2075

SEMHKAN HADIAH: pj Bupati purbatingga BudiWibowo menyerahkan hadiah kepada paEluara.

PURBALINGGA - Petenis peringkat tujuh nasionalArief Rahman dari Kalimantan Tj;ur dan pasanganganda putra Arinkgo Mezakh (jateng) - IndraAdiguna Utama (DKI) berhasil menjuarai KejurnasTenis Lapangan TDP Purbalingga Open 201S.

Pada babak final turnamen diakui pelti yangdigelar di Indoor Samiaji, Sabtu (S/12), AriefRahman berhasil mengalahkan petenis muda JawaTengah Rindoza Wijaya dengan skor 7-5, 6-3.Sedangkan pasangan Arinkgo luezakh - IndraAdiguna jug'b inenang mudah atas lawannyapasangan Arief Rahman (Kaltim) - Ekky Hamzah(DKI) dengan skor 6-4, 6-4.

Usai penyemhan hadiah, juara tunggal putraArief Rahman mengaku senang atas hasil maksimalyang diperolehnya. Dia berharap turnamen sekelasTDP yang diadakan di Purbalingga perlu sering diselenggarakan. Disamping menambah jam terbangpara atlet juga menggairahkan pembinaan tenjsantar daerah.

"Saya klra ini perlu sering diselenggarakandan prize money-nya juga ditingkatkan,,, katanya.

Penjabat Bupati Puftalingqa Budi Wibowomengaku penyelenggaraan Kejurnas purbalingga

r'l Purbalingga Open 2015

Arinkgo Mezakh/lndra Adiguna JuaraOpen 2015 yang diadakan dalam rangka Harijadike-185 Kabupaten Purbalingga dapat terselenggaradengan sukses.

Budi Wibowo yang juga Ketua pelti (persatuanTenis Seluruh Indonesia) Provinsi Jatva Tengahakan berupaya memperbanyak penyelenggaraanturnamen tenis lapangan baik yang berkelas TDpmaupun turnamen lajnnya- "Tahun depan akan kitatingkatkan penyelenggaraanya, Disampinq untukputra juga untuk putri. Harapan saya masih dirpatdiselenggarakan di Purbalingga," katanya.

Budi berharap, para pemilik klub.klub tenislapangan di wilayah Banyumas dapat mengambilmanfaat dari penyelenggaIaan turnamen diPurbalingga, Ierutama untuk meningkatkanpembinaan potensi petenis muda yang ada.

"Para juara ini, dulunya juga sama seperti anak-anak muda yang pembinaanya melalui klub. Samaseperti yang bapak bina saat ini," jelasnya.

. Adanya peningkatan pembinaan petenis muda,Budi berkeyakinan beberapa tahun lagi gelarjuaradapat diambil oleh atlet-atlet tenis dari wilayahBanyumas, seperti Purwokerto, purbalingga,Cilacap, Banjarnegara dan Kebumen.

Ketua tulti Purbalingga Nonot Mulyonomenuturkan, Kejumas Tenis Lapangan TDpPurbalingga Open 2015, djikutj sejumlah petenis

.@h&rsional..dari bedagaktaoBhdi-Indoa€6ia,sepertj Kalimantan Timur, papua, DKI Jakarta, JawaTimul Banten, Yogyakarta dan Jawa Tengah.

"Dari 32 pendaftar yang masuk, hinggapelaksanaan hanya 22 pemain yang turun.Termasuk dari Purbalingga yang menurunkan satupeserta," katanya.

Kejurnas kali ini dilaksanakan sejak 1 - sDesember, di.dua tempat yakni lapangan tenisBank Jateng dan Indoor Samiaji, Karena kejurnastersebut meniadi salah satu turnamen yang diakuiPelti, maka hasil kejuaraan di purbaljngga Open ini,nantlnya mendapattambahan peringkat nasionaldari Pelti. (pt-os)

BAGIAN HfIlvlAS SETDA KABTI?-A.TEN PURBALIN(;{;A

Page 35: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIAN IIUI}{A$ $[IDA PINBAI}'IOOA

SATELITPOSTSENIN KLIWON,

i DESEMBER 2015

GffiudaSiap Terbangdari.Wirasaba

I Rute Tujuan-tsandara-PondoX Cabe

JakartaPURWOKERTO, SATELIT.POST- Pengembangan opera-sional Lapangan Udara (La-nud) Wirasaba Purbalingga

mmjadi bandar udarapenumpang (ko-

mersial) su-dah

meniadi satu keharusan aoa-bila'Banyumas Raya tniinlebih maju. Direktur UtamaPT Garuda Indonesia (Per-sero) Ttrk , M Arif Wibowomemberikan dukungan pe-nuh untuk hal itu.

Dukungaa M Arif memilikidasar karena pertumbuhan

ekonomi di eks Karesi-

,tKalau Wirasaba bisaterealisasi tahun 2017,

maka bisa menopangbeberaPa flight

seminggu empat ataulima kali' ?9

M ARIF WTBOWO

Dirut PT Garuda lndonesia

A"n^n tsa nY u mas

f mengalam: tren Posi-

"' u#if'"j'Ji:

tif?i;?i3'.H;,lilTlT,:J; *"";:li

kabupaten Banyumas dan

sekitarnva iuga terus merung-

u"jrr, ,r, terindikasi dari

oenuhnYa bangku Penum-' oane kereta aPi Yang mmu-.. 'iu ie kota ini Baik harlt 'lriutu 412rlPun saat ?'eex

end," kita Ari( kePada

- I Bersambung kehal 'l t

\\=- --

RAG],\N H( INIAS SETDA KABLiP,YIL,N PITit B'\LINGGA

Page 36: Kliping media tanggal 7 desember 2015

Garuila Siap jualan t'rket baik ke Batam, Den-pasar, dan Balikpapan yangterus meningkat " katarya.

Karena itu, pihak terkaitperlu memikirkar inlrastruk-tur bandara agar transportasiudara segera terealisasi diwilayah eks KaresidenanBanyumas. Apalagi BandaraWirasaba berada di titik te-ngah yang mudah ter;angkau _dari berbagai wilayah.

"Selama ini, penerbanganke Jateng selain ke Semarang,bisa ke Tunggrrl WulungCilacap. Namun ke depantidak menutup kemungkinanbisa ke Wirasaba kalau ban-dara ini jadi dioperasional-kan," kata piia asli Purwo-kerto ini,

Ditambahkan Arif, dalamperencanaan jalur perintisGaruda bisa dari Pondok

Cabe Jakarta ke sejumlahdaerah di Sumatera bagianselatan, Kalimantan bagianselatan dan sebagian JawaTengah, Bukan tidal mung-kin Garuda nantinya iugabisa melayani rute Wirasaba-Pondok Cabe maupun Ban-dara Tunggul Wulung.

"Kalau WAasaba bisa terea-Iisasi tahua 2017, maka bisamenopang b eb er ap a fl ightseminggu empat atau limakali dengan pesawat kecil bal-ing-baling seperti ATR 72 -600dengan kapasitas 70 penum,pan&" ujamya. .

Sementara unful< mendu-kung infrastruktur, GarudaIndonesia, kata Arif, kinirnembuka gerai khusus diHotel Aston, tuiuannya un-tuk mengukur kekuatan danpergerakan pasar. (rar)

Terbang dariSatelitPost usai menggelarbincang bisnis informal de-ngal pelaku usaha, agen tra-vel, Banl Indonesia, dan Un-soed, di Hotel Aston Impe-rium Purwokerto, Sabtu (5/1r,)

kondisi ini, lanjut Arifmenuniukkan kebutuhantransportasi dari dan ke da-erah eks Karesidenaa Bartvu-mas cuJ<up tinggi. Dari hisilperbincan gan dengan seiurn-lah pelalu usala dan travelagen, AriJ mengatakan, ter-nyata titik-titik potensiat dariPurwokerto perlu dihubung-kan ke Jakarta dengan jalityang lebih cepat.

"Hdini dibuktikar daripen-

DIRUT PT Garuda lndonesia (persero) Tbk , lv Arif Wibowo ,"rb"ri ""r;liil;'i;HH::|J:Bincang Bisnis lnformal dengan pelaku usaha, agen travel, Bank lndonesia, dan Unsoed di HotelAston lmperium, Purwokerto, Sabtu (5/.12).

RAGI1\ HLT\I.\S SI]'fD.\ KAB1 IPITI,N PI-IRI]'\LINCGA

Page 37: Kliping media tanggal 7 desember 2015

l-r

I]nsoed din Bank Indonesra

Mendukung PenuhWAKIL Rektor Unsoed Kepala Perwakilan Bank dalam bidang angkutan

ffi;;" ;il;Eii r.,aoiJiup"'-or'"'to' denganPemlabPurbaling-

ffifl#i.ia;#i;ffi:' nu iu"o"ov.Pl*o:9'. gaDaramperianiian

Dihalorva mendukung '"ttgJt*utl dari hasil forum kerjasama ini' Garuda

5lffiui"# r*"tu-'g"" ashiigt"p u"'uugai elemm lndonesia meniadi pener-

5;ffi ffi fi '".J

;;,""r. r" y""g ;lf a;i. i;H gilg l$iill"r'#ii%['ffi1,*$:ffi'J::fl*, ll"*Ifi,;h;;;;;;; -"

la"vangueitakuuntukmeruoakan PTN di l'ur- ."-tutift- S;la*' perlalanan dinas maupun

Hi:iil;;;;;;;;;- wirasaba non dinas

bangan rutin akan memu- .. r'iif,imbuttan etonomi , . "Kami memberikan harga

dahkaa saat kampus cu *ii"iJ ti"i-f'g" t""t khusus (coryorale) untuk

mensadal<an kegiatan- *"tit'irl""i "i"fi"ai a"yt semua rule domestik dan

ilf-.il#il?; a't**i"rsendirilTrans'- internasronaldengan

;::'il:i;;;;;*" po*i"iJu'u uu''x u"u fasilitas ldvanan basasi

nasional. ,n.#,";;;(;'i; - untuk Pen'umPang sejuJnlah

"Banvak narasumber, u"tuigii a""?'it t"iePatnya ' 10 kilogram dan berbagai

o"'iX1lil,ii'"1'p'*i.,iil 9i1ii**"'iai'*i'" u;:i,:f,X1-;-T"';*:'vane ke siJu 5elama mr ^""itit u** .^-u, b*gu" tode-share"' kalacMi<anii kesulitan dalamhal DitrarsoorLasi. Padahur r'aatag;*'"" E*"a" 9i1nai udonesia Brarch

*tJii; f,irr., i-,p.**, rnao.?"i" -"i"t un"ri- office Yogyakarta, supri-

yang cepat," katanyu. put *autanganan kerjasama yono' (triono yulianto)

A,\l)I,\\ TTI I\'I AS SF,TD{ LABI ]P '\T!]N PL RB.\LINGGA

Page 38: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIAN IIUI}{AS $[IDA PIJIBAIT{OOA

SATELITPOSTSENIN KLIWON,

7 DESEMBER 20]5

ng.lr*an Akhir fiiai fiwi-Capai Rp 1,33 M, TASDT-T|W| r .

LAPORAN AWAL DANA MMPANYE :

a Pemasukan Rp 390.29 t.,t44

PURBALINGGA, SATELIT-FOST-Pasangan calonbupati dan

wakil bupati Pur-balingga nomorurut satu, TasdiTiwi menghabis-kanRp 133 miliarurtr* kampanye.llal ini diketahrri

setelah kedua paslon melaporkanLaporan Penerimaan dan ?enge.luaran Dana Kampanye (Lpp-DK) ke KomisiPernilihan Umrrm(KP[I) Purbalingga, Minggu (6/r2).

Paslon nomor urut satu me-nyerahlan laporan pukul 16.05

r Bersambung ke hal 11

l

: Paslon laporkanDana l(ampanye

(luran paslon Rp 378.29't.444)(luran parpol koalisi Rp 12 juta)

t Pengeluaran Rp 328.909.000(Pertemuan terbatas Rp 35,S3 juta)(Pertemuan tatap muka Rp 14.250.000)(Fenyeboran b€han kampenye Ffp 252629.000)(Kegiabn lain Rp 2 juta dan lain-lain Rp 7 jub)(Belanja modal sebesar Rp 12,S juta)

U\PORAN AKHIR DANA KAMPANYEa Pemasukan(luran paslon Rp 953,24 juta)(Sumbangan parpol pdngusung Rp 285juta)(Sumbangan perorangan Rp 3'1,87 juta)(Sementara saldo bulan Agustus Rp 73 jub tebih)a Pengeluaran(Pertemuan terbatas Rp 550,26 juta)(Bahan"kampanye Rp 316 juta)(Rapat umum Rp 207 juta)(Sisa saldo di rekening Rp 12.55juta)

. - SUGENG.SUTJIPTO] LAPoRAN AI,vAL DANA KAMPANYE

a Pemasukan Rp 21 juta(luran paslon sebesar Rp 1 juta)(luran parpol pengusung Rp 5 juta)(Sumbangan perorangan sebesar Rp 15juta)a Pengeluaran Rp 4iuta untuk biayadesain alat peraga kampanye,

LAPORAN AXHIR DAHI XIUPITYCa Pemasukan Rp 136 iuta(Sumbangan perorangan Rp 130juta)(Sumbangan partai politik pengusung Rp 5juta)(luran paslon Rp 1 juta)o Pengeluaran Rp 168 iuta(digunakan untuk operasional dan penge-luaran lain)

*_---.rL _--.\-./

BAGI,\N IItiir'l:\S SETDA K,\BLIPAIEN PLRBi\II\(j(;A

Page 39: Kliping media tanggal 7 desember 2015

-.,2!--

-aa: -11 ---

Pengeluaran Akhir ll-g- Tusih ada sebesar Rp lisi sebesar Rp- 12 iuta. Se-- u- 12-55 iuta. danpkan oenseluaran terdiriTasdi Tiwi Capai Laporan Penerimaan dan daripenielu'aran operasio-

WIB. Sementara paslon no-mor urut dua pukul 16.30WIB. "Paslon nomor dua ma-sih ada kekurangan, jadikami minta untuk melengka-pi," r"rjar sumber di KPUPurbalingga.

Pada laporan dana kam-panye ini, paslon Tasdi Tiwimencatat pemasukan s€besarRp 1,27 miliar. Jumlah inidiantaranva bersumber dariiuran pasion Rp 953,24 juta,swnbangan parpol pengusrurgRp 285 jut4 sunbangan per-orangan Rp 31f7 juta. Semen-hra saldo bulan Agustus masihada sebesar Rp 73 iuta lebih.

Dana kampanye sebesarini digunalar untuk keper-luan operasional, artara lainpertemuan terbatas sebesarRp 550,26 iuta, penyebaranbahan kampaaye Rp 316 juta,rapat umum Rp 207 iuta.Sementara sisa saldo di reke-

Pengeluaran Dana Kampa-nye paslon Sugeng Tiipto4enunjukkan penerimaansebesar Rp 136 juta. Peneri-maan bersumber dari bebe-rapa pos, di antaranya sum-bangan perorangan Rp 13Ojuta, sumban8an padai po-litik pengusung Rp 5 juta,dan iuran paslon Rp 1 juta.Sementam pengeluarar totalRp 168 juta yang digunakanuntuk operasional dan pe-ngeluaran lain.

Sebelumnya, kedua paslonmelaporkan Laporan AwalDana Kampanye (LADK).Paslon nomor urut satu mela-porkan penerimaan sebesar Rp390291.444. Sedangkan paslonnomor dua meLaporkan pene.rimaan sebesar Rp 21juta.

Sesuai laporan tertulis,.sumber penerimaan paslonnomor satu berasal da iu-ran paslon sebesar Rp 378.:291.444 dan dad parpol koa-

nal sebesar Rp 328.909.000.Tim Tasdi-Tiwi mengung-

kapkan pengeluaran opera-sional terdiri dari pertemuartterbatas Rp 35,53 juta, perte-muan tatap muka Rp 14,250juta dan penyebaran bahankampanye Rp 257.629.000,kegiatar lain Rp 2 juta danlain-lain Rp 7 juta. Selain itujuga ada belanja modal sebe-sar Rp 12,5 ruta.

Sementara paslon nomordua penerimaan bersumberdari paslon sebesar Rp 1 jut4parpol penguslrng Rp 5 lutadan sumbangan perorangansebesar Rp 15 iuta. Semmtarapengeluaraa hanya membe-la4akan Rp 4ruta untukbiayadesain alat peraga karnpanye.

Selain itu, masing-masin8paslon juga melaporkan har-ta kekayaan kepada KPK.Untuk calon wakil bupatinomor urut satu, Dyah Ha-yuning Pratiwi SE BEcon,

jumlah kekayaan mencapaiRp 2,8 rniliar.

. Harta itu terdiri harta tidakbergerak berupa tanah danbaagunan sebesar Rp 1,129miliar, harta bergerak berupaalat transportasi dan mesinlainnya Rp 320 juta. Kemu-diaa surat berharga Rp 1,852milar dan gLo Rp 26679 iuta.

Total kekayaan sebesar Rp3,567 miliar ini dikuransiutang sebesar Rp 7O9,5r7juta, sehingga kekayaan ber-sih Rp 2,8 miliar.

Sementara total kekayaanTasdi mencapai Rp 649,653juta. Jumlah ini tak iauhberbeda dengan total lieka-yaan calon bupati nomorurut dua sebesar Rp 632,86juta. Sedangkan kikayaanSutjipto sebesar Rp 308'iuta.

Harta ini bersumber dariharta tidak bergerak sebesarRp 123,24 iuta, harta berqe-rak berupa alat hansportisiRp 79 iuta, harta bereeraklain Rp 102,7 iuta dan gi"ro Rp2,65 iuta. (gan)

R,{GIA\ HLIIIAS SE'I'1).\ I\,\BL]PA'II]N PL RB.\LIN_CiCA

Page 40: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIUI}|AS SIIDA PI]RBAIT{GOA

Snre ut'rFffislSENIN KLIWON,

7 DESEMBER 2015

Melryang Terisolirr Dusun di Kaligondamg, PurbalingEa

r Danrem 0714&rk Cek $ituasiPURBALINGGA, SATE- seraul 35 Km," kata seorang disikapi dengan bijak "KalauLITPOST-BeIum lama ini, war8a sePerti ctikuiip dari ridak disikapi sangat rat an'

ada oemandangan baP.aima- ril'ts Humas Korem yang lntlnya ada Kesulltanna (etua KPU"Purbaiineea, Danrem 071lWk lnf Dwi masyarakat di sekjtar kitd' krta

iri"i". fNl. a". "ofisi

hii-rs Wahvu winarto SIP MM harus bisa membantu kesuli-

Lisah-basah me'nyeberangi mengungkapkan, kedatanSan- tan masyarakat," kalany-a'

iur,nai rlt t"am6ai ke Di- nya ie Mielayang ingin melihat "Saya datang dan cek lang-

".*"Meluyrng, oeiu Sidareia, secara langiung seielah men- sung kesini' memang benar

i".u-uiutt kutigondang, dapat ioto'rmaii dari satuan adanya Situasi dan kondisii';;"G;;.d,tuf*"**f;1 uui""rt bagaimana kondisi sangitmemprihatinkan,memlkan fak#"sebenamya, Dan- yang sebetiamya di witayah prihatinkan dalam arti belum

iu- OZfUWt Xot ini Owl it i.;Di "t,

kemerdekaan ini adanya jalur PgnghubungWah!.u Winarto SIP MM me- masih ada kampung yang yang memadai di sini yang

.r-.,-,ii,-^*i D,rsun Melavans. beh.tm punya iem6atao hal ini menghubr-rngkan Crumbul"ouil t iniuog- it, ait"ti- naif sekali,'' litanya Dusun Melayang dengan sen-

hui bahwi drisun tersebut "Saya hanya meninjau saja, tlal Desa Sid ?.i.Ea," kala]].y^'

sudah terisolir berpuluh ta- seiauh mani nanti apakah Dan-rem men8atakan' me-

fr"n ;tut* pengh,ibung sa- biia peran TM dapat-mem- dan di Melayang sangat be-

ir-*ti"v" u'usi"ka^i ad"ala} bantu kesulitan rakyat kita, rat, berbahaya, dan peluhdensan'menieberangi Su- karena hal ini merupakan risil<o "MereLa harus melajul

nguicitrt ni ini. Dingan bagian kepedulian kiti", ka- sungai dengan menyeberangi

^?"y"fu.""fi sungai, ja"rak tariya ' dan melewati- ialar setaPak

,ur,J dit"*pih upibiluikurr Danrem mengatakan kea- yang terjal dan berbukit'L"ifi.tuituj t Kri ke sentral daan di Melayang ini harus Bayangkan apabila ada war-

barrem mengungkaPkan'p,a vang sakit atau ada warga kebetulan beberapa hari lalu

lung oku" melahirlan dan dirirya rapat di Jakarta, ada

perlumendapat perawatan clr satu lembaga yang rnglniumah sakit. Apa harLrs pergt membantu masyarakat ten-ke rumah sakit dengan kon- solir khususnya masalahiem-disi sakit dan akan melahir- Latan. "oatim hal ini iem-kan dengan menyeberangi batan santung, lembaga inisr.mrai, yi kalau airnya tidak sudah"membintu masyara-meiuup rtu, banjir, tidak katterisolirdi wilayah [ndo-meluap *aja kalar.r disebe- nesia, Latanya. (kholilrolih-rangi sudah hamPir menu- [email protected])tupibadan," katanYa.

. \L --.

BAGI.'!\ HT\I.{S SI-TDA K \BLiPT\TEIi PIRBILNGGA

Page 41: Kliping media tanggal 7 desember 2015

- .\ \-

DANREM OTlMijayakusuma (keduadarikiri) didampingiKapolsek Kaligondang (kiri) dan Danramil

Kaligondang (ketiga dari kiri) berbincang'bincang dengan warga'saat mengecek jalur di Dusun

Meliyang, Desa Sidareja, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Pubalingga, Jumat (4/12)'

Desa Sidareja. Apabila situasi dalam air Pasang atau naik mutar ialur melewati Desa

aun tonaiJi su^ngai sedang atau banjii kamilharw me- Karanganyar Kec Rembang

BAGI-{N HITNIAS SETDA K..\BUP.\TEIi PI I}TBAINGGA

Page 42: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KTIPINGIIMDIA

BIOIN IIUI}{A$ $XTDA PI]RBAI}'IOOA

SATELITPOSTlsrHrtt KLIwoN,]z orsruorR zols

Terbang dengan Garuda,NS Purbalingga Pasti Dapat Diskon

PURBALINGGA" SATE.LITPOST-Garuda Lrdone-.sia dan PemerintahKabupaten Purbalingga

, menandatangai notakesepahamar dalambidang angkutan pe-numpang, khususnya lewatjalur udara.

Penandatangan yangdilakukan di ruangAndrawina Objek WisataAir Bojongsari (Owabong),Sabtu (5/12) kemarindisaksikan oleh DirekturUtama Garuda lndonesia,M Arif Wibowo. Penanda-tanganan dilakukan oleh BBupati Purbalingga Budi'Wibowo dengan GeneralManager Garuda Indonesiahanch Office Yogyakarta,Supriyono.

Dalam perjanjiankerjasama ini, Garudahdonesia didapul menjadimaskapai resmi bagiseluruh PNS di lingkunganPemkab Purbalingga. Halini berlaku berlaku unh.rkperjalanad dinas maupunnon dinas.

"Kami memberikanharga khusus (speclal

corporate fare) urlttk semuarute domestik danintemasional denganlayanan tambahal ercess

baggage sejumlah 10 Kg dan

b erb agai b enef it. H.ar ga

khusus ini tidak termasukp eretb arrgatr co de-shar e,"

' kata SupriYono.Sementara itu, dilansir

Tribunioteng, PiBu.qanPurbalingga Budi Wibowomengatakar, denganpenandatangananLerjasama ini, maka PNS dijajaran Pemkab Pur-balingga dan keluarganYa

yang akan melakukanpmerbangan dengan

pesawat Garuda Indonesia- akan mendapat diskon.

Dtektur Utama PTGaruda Indonesia (Persero)

Tbk, AriJ Wibowomengatakan, denganpenandatanganan ker-jasama ini, maka GarudaIndoensia meniadi Pener-bangan resmi bagi seluruhkaryawan Penkab Purba-lingga, serta berlaku urhrkperjalanan dinas maupunnon dinas.

"Melalui kerjasama ini,Garuda Indonesia akan

memberikan harga, khusus(special cor1orate t'are) bagipemerintah KabuPatenPurbalingga untuk semua

rute domestik daninternasional (tidaktermasul Penerbangandengan laYanan tambahanantara lain beruPa excess

baesage 10 kilogram, dan

b;6agai benefit laiinya,"katanya. (Pai/tar)

BAGIA}i }IU\'TAS SETDA KABLIP,A.'I'EN PURB,ALINC;CA

-...==:_\\_=-:

Page 43: Kliping media tanggal 7 desember 2015

--/-----'....-...---/-=--r,

SATEL]TPOs'I/MAN

GERAI Garuda lndonesia diHotelAston lmperium Purwokerto, Sabtu (14l11). caruda Indonesiamemberikan diskon bagiPNS Purbalingga yang terbang dengan maskapaiini.

BAGI-AN HT]\,IAS SF]'I'DA K.\BUPATEN PT]RB,{IINGG:\

Page 44: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KTIPINGMEDIA

BAOIN III]II{A$ $[IDA PIJRBAIT,IOOA

\1!la\Va$an I Senin Ktiwon, T Desember 201sI

Pranowo saat meausmikun .,o_

fSSunaan tiga jembatan terle_but baru-bari ir m";;;,;il;.;il"'j;"'??:lfJltll f:,s:5fl ixx'f tff :Ifi LTS:H:iirta menceritakan saat mJni.ia;anggota DPRD untuk Da;ii;Iang meliputi wilayah pq,rbr_tlngga, Baniamegara dan Ketr,,_men, mengusulkur r"_ir_ngunan rembatan B*triU-rnt

;H,Tf:a:f ,r*hrns tidak

Ganjar fuga menambahkanProgram peningkatan infrr-srrukhrr ialan akan terus Ji;:1e,:'itll,#:;l:r,i,i? l;il :un tahun 2015. peninekata nsrruktur ialan ini dihar"apka"<;apat menjadi membantui mr_

;fi:fj **u berusarra dan"

ST_ail

3 JembatanMulai Difun sikan

PURBALINGCA-Tiga iembatan yang telah peniabal Bupati purbatino_qrresmlkanpemakaiannyaolehGubernurJawa,Sj;,I"d_ wi6gyo. n4r"gg','TengahGanjarPranowo,mutaiditungsikan. ;ffi",ffi5i"iffi:f#H-Y::f*::* lld,f ;yr,tan Gatot subroto . tffi|,1il:1gTJ,;;1";,:;_T

Kecamatan Karangmocol- pelaksanana selama 2t0 hariiembafan Ranrr*...--- c..*:-_r: r. kerja.yang dimrlai dari tanggainertanegara, jembatan Bantarbarang_Sumingkir di ;'#,r.:f;l:l:ii;ff.i5:9tr]

Kecamaran Rembangdan Jembatan"Kr,,g,r""g;i *l,,u?jjj :":,":,.".^ *KecamatanRe-ra,,t. "'

";:'Hj.fffl?ilSHffJ."il10,9 miliar yang bersumber dal

i:*i13,,",."r tahun i015,,,

, Semertara jembatan Bantar_udrang_Sumingkir memakanutdya sebesar Rp 10,905 miliarq.ln

Jembatan KaliSintung cph-sar Ie 3,481 ,lrrLior. aruirr-_rrer pembjayaan kedrra ;o-_Datan berasal dari i;;;;ffiH i:T:'i:"::T"ilff1

Gubernur Jaterg Ganiar

R,\GI^N III i\{,\S SF._l'l)\ K\BtiP{TF.\ PtIRB\LINGG,\

Page 45: Kliping media tanggal 7 desember 2015

Iil,IPINGMEDIABAflI}'I IIljlI{A$ $[IDA PIIIBAIT{OOA

l\'awa San I Senin Ktiwon, 7 Desember 2015

PA Diragukan MamPu

Selesaikan Sengketa Ekonomi, PURBALINGGA - Pehrgas

i.Pengadilan Agama (PA)masih diragukan kemam-puannya dalam menyele-saikan sengketa ekonomisyariah. Pasalnya, AparatPA umumnva herlatar he-lakang disiplin ilmuSyariah. Sehiagga dianggapkurang memaiami a l<tivitasekonomi baik miko

maupun malro."Mereka juga dianggap

tidak mengerti kegiatanusaha sektor keuangan se-perti bank syariah, asuransisyarial; pegadaian syariah,multifirance dan pasarmodal syariah. Atau sektorriil seperti produksi, dis-tribusi dan konsumsi," kataDirektur Pembinaan Ad-

ministrasi Direktorat Jen-deral Badan PeradilanAgama Mahkamah AgungRI, Hasbi Hasan, dalamkegiatari Workshop Penye-lesaian Sengketa EkonomiSyariah, di Andrawina Hallkompleks Owabong Pur-balingga, baru-ban-r ini.

Hasbi menegaskan, ang-gapan itu keliru. Aparatur

wW€}RKSHOF

*s&ts}too rPr,a

WORKSHOP : Tiga pembicara masing-masing Direktur Pembinsan Administrersi Direk-torat lend.eral Bndnn Peradilar Agama Mahkamah Agung RI,Ilasbi Hasat, Wakil KetuaPengodiLan Tinggi Agalna (PTA) DKI lakarta DR Edi Riad.i d.an Sugita SE M.Kom dariDepartemen Perbaxkan Syuiah Otoritas lasa Keuangan (OIK) menjadi pembicara dqlamlNorkhsop Penyelesaial Sengketa Ekonomi Syariah, di Andrawina Hall kompleks OwobongPurbalingga, l umat (4 1.2).#, Foto: I oko Santo so- ad

-\\;,-:

B,\Gl:L\ Hlilvl,\S SLTDA KAB(IPATEN PtjRBALINGCI

Page 46: Kliping media tanggal 7 desember 2015

PA memiliki standar yangsama dengan lingkurganperadilan Iain baik dalamrekruitmen maupun Pen-didikan dan pelatihan, ser-tifikasi bimbingan teknisserta monitoring. Karenanya, terlepas dari angga-pan minor tersebut, PAberrau enang dan berkomPe-ten menangani sengketaperbankan syaiah.

Pasal 49 hurlf i Undang-lJndane Nomor 3 Tahun2006 T"entang PerubahanAtas Undang-undangNomor 7 Tahun 1989 Ten-tang Peradilan ASamamenegaskan hal ihr.

Pen jelasan pasal 49 huruli meliputi semua transaksikeuangan syariah. MeliPutiperbankan, asuransi, rek-sadana, pegadaiary danapensiun, sekuritas dan lem-baga keuangan syariah lain-nya.

s* Tidak SinkronNarasumber lain, Wakil

Ketua Pengadilan TinggiAgama (PTA) DKI Jakart4DR Edi Riadi, menuturkan,sejumlah masalah munculketika te4adi sengketaekonomi syariah di Indone-sia. Permasalahan diPicuoleh adanya beberapa per-

undangan kewenanganperadilan yang tidak sin-kron, adanya kontrak atauakad yang ambigu dan ti-dak staldar, budaya hu-kum masyarakat Yang tidaksepenulmya rnematuhi hu-kum, dan kegamangan kre-ditur atas produk hukum.

Misalny4 Undarg-un-dang Nomor 3 Tahun 2006

Tentang Perubahan AtasUndang-undang Nomor 7

Tahun 1989 Tentang Peradi-lan Agama. Pasal 49IlU itumenyebutkary PengadilanAgama berhrgas dan ber-wertang memeriksa, memu-tus, dan menyelesaikanperkara di tingkat Pertamaantara orallg-orang Yangberagama Islam di bidangperkawinan, warta, wasl-yat, hibah, wakaf, zakat, in-iak, shodakoh dan ekonomisyariah." Sugita SE M.Kom dariDepartemen PerbarkanSyariah Otoritas Jasa Keu-angan (OIK) menyebutkanalaian pemilihan dan ken-dala Peradilan Agama. A1a-

san memfih PA meliPutiprinsip syariah (hukum Is-lam), peraturan yarg mem-beiikan kewenangan keoada PA, putusan Mahka-'nrah Agurig mengarahkan

dan memperkuat PenYele-saian oleh PA.

Sedangkalr kendalanYa,kesiapan dan komPetensiSDM, pemahaman hakimyarg minim sehingga kePu-tusannya kurang menyen-

tuh pokok perkara. Sertaanggapan masyarakat PAhanya mengurusi nikahtalak cerai rujuk," ujar-nya.&

5T-qd

Page 47: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIN IIUMA$ $[IDA PI]XBIIT{OGAI

llIel&rasAn i

Senin Ktiwoni 7 Desember 2015

Arief Rehman Berjaya diPurbalingga 0penPURBALINGGA- Petenis pe-ringkat tujuh Nasional, AriefRahman dari Kalimantan Timur,dan pasangan ganda putra"gado-gado" Arinkgo Me-sakh/hrdra Adiguna Utama 0a-teng,/ DKI), berhasil menjuaraiKejunras Tenis TDP Purbaiingg.rOpen 2015.

Di babak fhal yang digelar diLrdoor Samiaji, Sabtu (5/i2) lalu,Arie{berllasil mengalahkal pete.nis muda asal Jateng, RindozaWijaya dengan skor 7--t, 6-3. Se-dangkan pasargan Arinlgo/In -dra juga menarg mudah itas la-w.rnnva pasargall Arief Rah-rnan/Ekky Hamzah (Kaltim/DKI) dengal skor 6-4, 6-'1.

Usai menerima hadiah seba-gaijrrara perfama tunggal putra,Arief Rahman mengulgkapkan,drnnya mengaku senang atas

hasil maksimal yang diperoleh-nya itu. Dia berharap, tumamensekelas TDP yang diada&an diPurbalingga, perlu sering dise-lenggarakan. Disamping me-nambah jam terbang pari pete-nis, juga menggairahkan pembi-naan tenis antardaerah.

Sementam itu Ketua Pelti PuJ-balingga, Nonot Mulyono, me-nyebutkan, even ini diikutisejumlah petenis berkelas Nasio-nal, vang datang dari berbagaidaeralr di Indonesia, seperti l(rli-mantan Timur, Papua, DKI Ja-karta, Jatim, Banten danYogvakarta. "Dafi 32 pendaftaryarg masuk -hingga pelaksarnaneven ini, hanya 22 pemain yangturun bertanding. Termasuk pe.tenis dari Prubalingga yang me.nurultan satu peseta," im-

- buluya. ii ST-Am

tsAGI.\N IILINI,\S SE'I DA I,ABI ? A.TEN PLRB-.\LINCJ(iA

Page 48: Kliping media tanggal 7 desember 2015

KLIPINGMEDIA

BAOIA},I IIU}\{A$ $[IDA PIJIBAIJI.IOOA

"KEDAULATAN RAKYAT"

SENIN KLMION, T DESEMBER 2Ot5

{ 24 SAPAR 1949 )

' IfumpetensiPengadilanAgamaDira$kar

. PURBALINGGA (KR) - Petugas Pengadilan fuama (PA)

rpasih diragulan kemampuamya dalam menyelesaikan sen-

gketa ekonomi syariah. Aparat Peraililan Agama umurmyaberiatar belakaae alisiplin ilau Syariah. IGrenanya aparat PA

diailai kurang memahami aktivitas ekonbmi baik mikro mau-

fun makro. Merekajuga dianggap tiilali mengerti kegiatar usa-

ha sektor keuangaa seperti birnk syariah, asuransi syariah, pe-

$ailaian syariah, multifnance dan pasar moilal syariah. Atausektbr riii seperti produksi, distribusi dan konsumsi.

"Petugas PA rlinilai lebih cocok hanya mengurusi NTCR(;ikah talak. cerai rqjuk)," tutur Direktur Pembinaan

Administrasi Dkektorat Jenderal Badan Peradilan Agama

MJ&i -,in eer"g Ri, Hasbi Hasan" dalam \egiatan worhshop

PLh$dtridida Sengketa Ekonomi Syariatr, fi Andrawina Hallkompleks Owabong Purbaliagg4 Jumat (4/12). Hasbi mene-jaskan anggapal itu sebenamya ketiru. Aparatur PA memilikislandar yang sama dengan lingkungan peradilan lain baikclalam relrufoien maupua pefrititlikan dan pelatihan, sertfikasibimbingan t€kris EertamoDitoring. (Brrs)'s

RAGI AN HI rN{ '\S SETD{ IiABLiP,YIEN PI TRBALINGGA