kliping berita tanggal 6 desember 2014

36
KLIPINGMEDIA BAOIAil III][{A$ $[IDA PUAMIJNGOA Rqdar Banyumas o Sabtu Wage 6Desember20.t4 Belasan IYamaMasuk I\ominasiBacabupPDIP PURBALINGGA- Gen- derang perang Pilkada ta- hun 2015 Purbalingga mu- lai ditabuh PDI Perjuangan Purbalingga. Partai ber- lambang banteng moncong putih ini mengaku siap tempur. mengusung calon bupati. Sejumlah nama baik dari kader inlernal maupun eksetrnal sudah masuk no- minasi untuk dipertim- bangkan. Ketua DPC PDIP Purba- Iingga, Tasdi SH MM me- ngatakan, sejumlah nama sudah menjalin komunikasi politik dengan PDIP. Artinya, PDIP sudah menginven- tarisir sejumlah nama itu. Seperti dari internal Tris- nanto Srihutomo, Tasdi, Bambang Irawan, dr Mul- yadi, M Ichwan, Kris Hartoyo Yahya dan Sayono. Ada juga sejumlah nama dari eksternal masing- ma- singDrs Subeno MM (man- tan Sekda Purbalingga), Imam Subijakto (Sekda Pur- balingga), Haryono (man- tan Kepala BPN Gresik, Jatim), dr Nonot Mulyono (I(epala DKK Purbalingga),' Wahyu Budi Saptono (Sekda Banyumas) dan Sidik Pur- wanto (Kepala Kantor Per- pustakaan dan Arsip Dae- rah). f upati Purbalingga ini kem- bali menegaskan, kesiapan tempur partainya sudah diwujudkan dengan keso- Iidan kader dan simpatisan sampai ke tingkat paling bawah. Jika dihitung sebagai mesin partai, sudah ada 13 ribu Iebih suara yang siap mendukung. "Mesin sudah siap dan tinggal menjalankannya dan menjaring nama yang me- "Saat ini kami akui sudah ada komunikasi politik dengan kami. Sesuai arahan partai, kita memprioritaskan kader internal Tasdi SH MM Ketua DPC PDIP Purbalingga "Saat ini kami akui suEh ada komunikasi politik de- ngan kami. Sesuai arahan partai, kita memprioritas- kan kader internal. Namun tak menutup kemungkinan jika ada ekstemal masuk, kita akomodir, asaikan meme- nuhi sejumlah kriteria dan sejalan dengan PDIPi' pa- parnya, Iumat (S/lZ). Mantan Ketua DPRD Pur- balingga yang juga Wakil mang layak dengan sel um- ah kriteria itu. Diantaranya memenuhi kriteria global, tahu Purbaiingga dan per- masalahannya serta tahu posisinya sebagai bupati nantinyai' ungkapnya. Terkait penjaringan, Tasdi mengatakan m enunggu mu- nas usai digelar. Kemung- kinan muiai April sudah disiapkan penjaringan. r ke hal. 10 "Kita tahu aturan dan tetap menunggu regulasi.' Pilkada ditetapkan. Selain itu,rekomendasi tetap ber- dasarkan keputusan DPP PDIP,' tegasnya. (amr/ bdg) Tunggu Regulasi Pilkada I Belasan Sambungan dari halaman 7 Ia menegaku siap tempur baik dalam pilkada langsung maupun tidak langsung. BAGIAN HUMT\S SETDA KABL]PATEN PURBALTNGGA

Upload: humas

Post on 06-Apr-2016

257 views

Category:

Documents


3 download

DESCRIPTION

Himpunan Kliping Berita Lokal dan Regional Tanggal (06/12/14) oleh Bagian Humas Setda Purbalingga

TRANSCRIPT

Page 1: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIAil III][{A$ $[IDA PUAMIJNGOA

Rqdar Banyumas o Sabtu Wage 6Desember20.t4

Belasan IYamaMasukI\ominasiBacabupPDIP

PURBALINGGA- Gen-derang perang Pilkada ta-hun 2015 Purbalingga mu-lai ditabuh PDI PerjuanganPurbalingga. Partai ber-lambang banteng moncongputih ini mengaku siaptempur. mengusung calonbupati. Sejumlah nama baikdari kader inlernal maupuneksetrnal sudah masuk no-minasi untuk dipertim-bangkan.

Ketua DPC PDIP Purba-Iingga, Tasdi SH MM me-ngatakan, sejumlah namasudah menjalin komunikasipolitik dengan PDIP. Artinya,PDIP sudah menginven-tarisir sejumlah nama itu.Seperti dari internal Tris-nanto Srihutomo, Tasdi,Bambang Irawan, dr Mul-yadi, M Ichwan, Kris HartoyoYahya dan Sayono.

Ada juga sejumlah nama

dari eksternal masing- ma-singDrs Subeno MM (man-tan Sekda Purbalingga),Imam Subijakto (Sekda Pur-balingga), Haryono (man-tan Kepala BPN Gresik,Jatim), dr Nonot Mulyono(I(epala DKK Purbalingga),'Wahyu Budi Saptono (SekdaBanyumas) dan Sidik Pur-wanto (Kepala Kantor Per-pustakaan dan Arsip Dae-rah).

f upati Purbalingga ini kem-bali menegaskan, kesiapantempur partainya sudahdiwujudkan dengan keso-Iidan kader dan simpatisansampai ke tingkat palingbawah. Jika dihitung sebagaimesin partai, sudah ada 13

ribu Iebih suara yang siapmendukung."Mesin sudah siap dan

tinggal menjalankannya danmenjaring nama yang me-

"Saat ini kami akui sudahada komunikasi politikdengan kami. Sesuai

arahan partai, kitamemprioritaskan kader

internal

Tasdi SH MMKetua DPC PDIP

Purbalingga

"Saat ini kami akui suEhada komunikasi politik de-ngan kami. Sesuai arahanpartai, kita memprioritas-kan kader internal. Namuntak menutup kemungkinanjika ada ekstemal masuk, kitaakomodir, asaikan meme-nuhi sejumlah kriteria dansejalan dengan PDIPi' pa-parnya, Iumat (S/lZ).

Mantan Ketua DPRD Pur-balingga yang juga Wakil

mang layak dengan sel um- ahkriteria itu. Diantaranyamemenuhi kriteria global,tahu Purbaiingga dan per-masalahannya serta tahuposisinya sebagai bupatinantinyai' ungkapnya.

Terkait penjaringan, Tasdimengatakan m enunggu mu-nas usai digelar. Kemung-kinan muiai April sudahdisiapkan penjaringan.

r ke hal. 10

"Kita tahu aturan dantetap menunggu regulasi.'Pilkada ditetapkan. Selainitu,rekomendasi tetap ber-dasarkan keputusan DPPPDIP,' tegasnya. (amr/bdg)

Tunggu Regulasi PilkadaI Belasan

Sambungan dari halaman 7

Ia menegaku siap tempurbaik dalam pilkada langsungmaupun tidak langsung.

BAGIAN HUMT\S SETDA KABL]PATEN PURBALTNGGA

Page 2: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIN III]il{A$ $[IDA PIJABAIINOGA

Radar Banlrumas e sabtu wage,6 Desember 2014

KMP egeraMuskan Bacabtrp

PURBALINGGA- Pilkadabupati Tahun 2015 belumdijadwalkan. Namun sejum-Iah persiapan sudah dila-kukan partai poiitik. KoalisiMerah Putih (KMP) Purba-lingga rnisalnya, mengakuakan segera merumuskankriteria bakal calon bupati(Bacabup) dan sedang me-lakukan komunikasi politikdengan sejumlah bakal ca-Ion bupati,

Ketua Partai Gerindra Pur-balingga, Imam Poersetomengatakan, partainya le-bih mengedepankan keari-fanlokal dalam Pilkada Pur-balingga 2015. Artinya,siapapun tokohnya yangmaju menggunakan KMPmerupakan orangyang tahuPurbalingga seutuhnya. Ba-kal calon juga mengetahuisegala persoalan yang di-hadapi Purbalingga danmemiliki visi yang. jelasuntuk Purbalingga.

"Kita akan gandeng aka-demisi,' tokoh dan antarparpol yang siap meng-godok pedoman dan kriteriabacabup itu. Minimal, usaijadwal pilkada ditetapkan,kita segera beberkan kriteriaitui' jelasnya, Kamis (4/I2).

Imam menambahkan, hi-ngga kini secara informalsejumlah tokoh maupunkader partai sudah ada yangmelakukan pendekatan ke-pada KMP. DiantaranyaSukento Rido Marhaendri-anto, Bambang Budi Sur-jono (BBS) dan Barosyad,tokoh masyarakat dari Bo-botsari.

"Kami belum bisa menga-takan secara personal bobotmereka seperti apa. Nantiakan segera diketahui jikasudah ada patokannya diKMP soal penjaringan ba-cabup. Kita tunggu saja,nanti segera ada tim pen-jaringani' tambahnya.

Ketua DPD PAN Purba-Iingga, Soberi Arofah mem-benarkan adanya persiapandi KMP. "Prinsipnya kitasiap menampung bakal ca-lon yang memang Iolos pen-jaringan kami. Saat ini se-benarnya tim kecil sudahada, namun dalam beberapahari ke depan bakal dibuattim khusus penjaringansembari menunggu regulasidari pusati'jelasnya.

Ia juga mengatakan, partaiyang diirimpinnya juga siapmendukung jika calon yanglolos seleksi atau penjari-ngan di KMP telah me-menuhi kriteria yang ada.Namun secara teknis, kri-teria dan syarat apa sajayang akan disodorkan untukbacabup yang masuk melaluj.KMP akan dirumuskan timyang segera dibentuk.

Seperti diberitakan, duanama mulai menghangatkansuhu politik di Purbalingga.Medreka adalah Drs SukentoRido Marhaendrianto dan R

Bambang Budi Surjono (B-BS). Keduanya bakal men-calonkan diri menjadi orangnomor satu di pemerintahankabupaten Purbalingga. Ke-duanya sudah melakukanpendekatan dan rnerapat keKMP. (amr/bdg)

BAGIAN HT]MAS SETDA KABL]PATEN PURBAI-INGGA

Page 3: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KLIPNGMEDIABAOIN II[][{A$ ffiTDA PIjIBAINOOA

Radar BanSnrmas o sabtu wage, 6 Desember 2014

BPR BKI( Raih PenghargaanTerbaik dari BI

pUnSAUNCCa - perusa- masi neUitur (SIO1. klblnggaantelsendiriFukanhaan daerah (PD) BPR BKK Keberhasilan PD BPR BI(K hanya untuk kami, tapi jugapurbalingga berhasil men- meraihpenghargaantersebu! masyarakat Purbaiingga. Se-

jadi lemba*ga keuahgan ter- diungkapkan oleh Direkur bab, PD BPR BKK menda-

taik nasio"nai, verii Bank UtamaBPRBKKPurbalingga, patkanpengakuansecaranas-

In<lonesia (BI), Bank pelat Supriyono kepada Radarmas iondi' jelasnya

merah milik Pemerintah ditemuj di ruang kerjanya, Dia menambahkan, peng-

Kabupaten (Pemkab) Pur- kemarin (5/i2). "Pengharga- hargaan kategori SID terse-

balingga ini, berhasil me- an tersebut diberikan kepada but, diberikan kepada PD

raih finghargan peiapor kami (PD BPR BKK, red) di BPRBKK,karenadinilaime-rerbiik 1 Tahun zor+, ,.r- Kantor Bl di Jakarta, pada2 njadi pelapor terbaik siD.tuk kategori Sistem Infor- f)esemberlalu.Irrimerupakan "Penilaian tersebut didasari

oteh ketepdtan waktu pela- raihpenghargaan itu, adalah

poran, keikuratandatapela- input data awal-yang baik,

poran dan kecepatan meres- yang dillkykan.oleh PD BPR

pon jika terladi permasa- BKK. "selain itu, juga di-iahan pelaporan. Hasilnya, dukung dengan IT yang me-

kami berhisil mengungguli madai,yangdimilikiolehPDribuanlembagakeuangandi BPR BKKi' imbuhnya'

Indonesiateimasukbank- Supriyono mengungkap-bank komersial ternama di kan, dia awalnya tak me-

tanahairi'bebernya. nyangkaakanmendapatkanDijelaskan olehnya, kunci penghargaantersebut'

keblrhasiian pihaknya me- r ke hal' 10

0ptimis Capai TargetI BPn kePercaYaan Yang lebih dari

___.:11.n..0,,,11."Iru;r,il,{1'.::t#ifl 11,,"1i-- bagikami, untukbekerja dan

Sebab, PD BPR BKK bakal berkembanglebihbaikl'tam-

bersaing dengan lembaga- bahnYa'

lembaga'keuangantermasuk Dalam kesempatan itu'bank liomersial ternama di Supriyono juga optimis ta-

tanah air. "Sejak awa1, kami hun ini, bisa memenuhi tar-

iusa tidak mengejar peng- get laba yang dibebankan'f,u'rguu,l ini. Kimi f,unyu kepada PD.BPI..BKK' yakni

meienuhi apu yang di- Rp r4,5 miliar' "Kami yakin

minta oleh Bt ietiip bulan- bisa memenuhi target PAD

.ryu, l'rrtr,-,t melaporkan de- (pendaoatan asii daerah'

bitur yang ada di PD BPR red), kepada Pemkab Pur-

rrK. (amijugatidakpernah balingga dan Pemprov ]awa

-unrtrpi',Iita yang tami Tengah, selaku pemiliki sa-

,nititi, ,"-urryu tOO per- ham kami' Besar deviden

r.. f.L*i lapoikan," ian' atau PAD tahun ini adalah

jutnya, RP 5,5 miliar, PembagiannYa' Diaberharapdenganpeng- untuk Pemkab dan Pem-

hargaan yang diraih, ke de- prov, sesuaidenganpenyer-p",i po'epil nKr Purba- iaan modali' ielasnya' (tya-

ii.,eeu bisa mendaPatkan bdg/adv)

BACIANI HTi\'{AS SETDA KABLiPi$EN PL]RB,SI,INGGA

Page 4: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KTIPNGMEDIABAOIAil II[][{A$ $[T'DA PIfiBAIil{OOA

Radar Banyrumas . sabtu wage, 6 Desember 2014

APBD 2ol5 DigodokAgar Lebih Pro Ralcyat

. PURBAI"INGGA-Sikap b up ati purb alingga dalam

P"!?r1pu kesempatan terkait perminifan agarlegislatif segera merampungkan pembahasan cjanmenetapkan RAPtsD tahun 2015, ditanggapi seriusKetua DPRD Purbalingga, TongatSH, Iamengatakan,tak ada maksud mengu.lur waku atau mempilambatpembahasan ApBD itu. Namun, ApBd 201S itusedang digodok agar lebih pro ralVat.

- Tongatmenambahkan, jika adapejabateksekutifdan

iegislatif yang menunda atau memperlambat pene-tapan RAPBD, akan ada sanksi rersendiri. Hil ituseperti termuat dalam pasal 312 UU Nomor 23 tahun2014 tentang Pemerintahan Daerah. r ke hal. 10

Ditetapkan 16 DesemberI APBO

Sarpbungan dari halaman 7

"Saat ini dewan masihmelakukan pembahasan.Soal berbagai macam isuadanya pihak yang akanmenghambat tak perlu di-tanggapii' tegas Ketua DP-RD Purbalingga, Tongat SH,kemarin.Bukti jika dewan tetap

menggenjot agar APBD bisaditetapkan tepat waktu yaitutelah ada jadwal rencanapenetapan APBD tahun2015 yang ditetapkan olehBadan Musyawarah (Ba-mus) DPRD pada 16 De-sember mendatang.

Ia juga menegaskan, saatini masih ada sedikit korek-si agar APBD Iebih prorakyat. Misalnya banyakanggaran yang digunakanuntuk kepentingan masya-rakat dan bukan sematauntuk kepentingan peme-rintah saja.

Wakil Ketua DPitD Purba-lingga, Adi Yuwono SI"I jugameminta semua Iietua Par-tai Politik rnendulcung sepe-nuhnya agar penetapanAPBD berjalan sesuai hara-pan. Adanya amanat UUNomor 23 Tahun 2014 lika

raperda tidak dibahas danberakibat tidak ditetapkan-nya APBD tahun 2015 akanada sanksi, tidak usah di-khan atirkan

"Tidak usah khawatir de-ngan tidak diberikannyahak seperli gaji di legislatifdan eksekutif. |ustru yangharus dipikirkan, keseriusankedua plhak dalam melaksa-nakan pembahasan APBDagar lebih pro rakyat dantepat waktu," paparnya.

Aclanya pernyataan bupatiagar dewan segera menetap-kan RAPBD justru tidaketis. Pasalnya di dewanjustru sedang bekerja kerasmembahas dan segera me-mberikan pandangan um-um tentang RAPBD itu.

'APBD tahun 2014 jugaldta tihat kembali dan eva-luasi. Pasalnya masih ba-nyak yang harus dikoreksidan ditegaskan agar tidakterjadi kembali di tahun2014. Misalnya masih ba-nyak proyek yang putuskontrak dan gagal lelang.Paelahal anggaran sudahjelas dan mengapa bisa ter-ulangi' tegasnya.

Politi$l partai Gerindra inijuga meminta suhu politikmenjelang Pilkada tahun2015, diharapkan tidak me-

ngganggu jalannya pem-bahasan hingga penetapanAPBD tahun 2015. "Kitasudah minta semua jajaranmendukung Lrenetapan de-ngan tepat witktu. Bahkanrencananyaa pada l6 De-sember mendatang sudahdilakukan p enandatanga-nan persetujuau bersamapemkab dan dewan terkaitAPBD tahun 2015. Kalaudulu istilahnya penetapan,kemudian dimintakan pe-nomoran perda kepada Gu-bernur," paparnya.

Ketua DPC PDIP Purba-lingga, Tasdi SH MM mene-gaskan, selama APBD sudahdinilai pro ra$at, fraksi didewan jelas akan menyepa-kati. Artinya, harus kembalidicermati sejumlah angga-ran yang tidak menyentuhkepentingan rakyat, sepertipengadaan mobil dinas,pembangunan gedung kan-tor pemerintah dan lainnya.

"Saat ini juga sudah adamoratorium dari pusat untukmenunda pembangunan fi-sik gedung pemerintah hing-ga ke tingkat paling bawah.Kecuali sekolah, pelayanankesehatan dan yang me-nyangkut kepentingan mas-yarakat lainnya," tegasnya,Iumat (5/12). (amr/bdg)

BACIA}i HU},{AS SETDA KABUPAIE,N PIIR]]ALINGG A

Page 5: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

BAGIAN HI,]MAS BETDA KAEUPATEN PURBALINGGA

Page 6: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KLIPNGMEDIABAOIAI{ III]II{A$ $[T'DA PIJIBAIffOOA

Radar Barryumas o Sabtu wage 6 Desember 2014

Kasus TI( Padamara I(embali DisorotJelang Hari AntiKorupsi

PADAMARA-BeIum adanyatitik terang terkait kelanjutankasus ambrukrrya TK Padamarakembali disorot sejumlah kala-ngan. Direktur Insitut NegeriPerwira Indaru Setyo NurprojoSIP MA misalnya, memperta-nyakan Mengapa pengusutanambruknya atap TK Padamaratidak kunjung selesai.

Sentilan tersebut muncul

menjelang peringatan HariAnti Korupsi Sedunia. Indarudalam akun faceboolenya me-ngunggah status yang mem-pertanyakan kasus tersebut.Indaru juga menuliskan, da-lam kasus tersebut ada indi-kasi tindak pidana korupsi dansekarang sedang ditanganiPolres Purbaiingga. Namunmenurutnya, hingga saat initidak ada yang mau komentarsoal penanganan kasus itu.

Menanggapi hal itu, KapolresPurbalingga Anom Setyadji

SIK melalui Kasat ReskrimPolres

Pulbalingga, Iptu Djunaidimenegaskan, terkait ambruk-nya TK Padamara, pihaknyatidak berhenti untuk me-ngusut kasus tersebut. "TerkaitTK Padamara akan kita usuttuntas," katanya.

Bahkan minggu depan, Pol-res Purbalingga bersarna saksiahli teknik sipil akan men-datangi lokasi TKtersebut unrukmengecek fakta fisik pada ba-ngunan tersebut. r ke hal. 10

Tunggu Audit BPI(I Kasus

Sambungan dari halaman 7

"Minggu lalu kami sudahmengontak ahli teknik sipiluntuk jadi saksi ahli. Minggudepan mereka akan datangke Purbalingga untuk me-ngecek dan menentukanapakah ada perbedaan atautidak antara bestek denganbangunan riiinya," lelas-nya,]umat (5 I 12) kepadawartawan.

Terkait apakah ada keru-gian negara atau tidak akibatambruknya bangunan terse-but, Djunaidi mengatakan,pihaknya akan menunggu

hasil audit dari Badan Pe'meriksa Keuangan (BPi()karena dana pembangunanTK itu berasal dari APBN.

"Selain mengusut kasusambruknya bangunan itu,kami juga masih mengusutdugaan penyimpangan da-lam tukar guling tanah lokasibangunan TK itu/' tegasnya.

Perlu diketahui, atap ge-dung TI( Negeri Pembina,Kecamatan Padamara, padaFebruari lalu, roboh tanpasebab yang jelas. Padahalbangunan dengan kontruk-si baja ringan dengan ang-garan lebih dari 500 jutabaru digunakan dua tahun.(Iok/bdg)

1}A(iI..\N HiIMi\S SETDA KABI},q.TEN PURB,CLINGGA

Page 7: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIAI{ HI][{A$ $MA ruIBAIM{OOA

Radar Banyumas r sabtu wage 6 Desember 2014

-IURBATII{GGIEKSPRESHama Pathek Serang CabaiKARANGREJA-Meski harga c4bai di pasaran me-

nembus Rp 70 ribu, namun para petani cabai justruIesu darah. Pasalnya, tanaman cabai yang mulai masukmusim panen diserang hama ulat pathek.

Petanicabai di sentri sayrr Desa Serang Tarmin (a7)

menuturkan, minggu ini merupakan panen perdanapetani cabai. Namun, hama patek membuat tanamancabai menjadi hitam dan tidak bisa dipanen.

"sebagiair tanaman cabai mati karena curah hujantinggi," tuturnya.

Taimin menlelaskan, Saat intensitas hujan mulaitinggi, serangan ulat patek mulai mengganas'

"lika sudah terserang patek, biasanya hamanyamenyebar," katanya.

Ia menjelaskan, hama patek membuat buah cabai

membusuk dan gagal dipanen. Semakin tinggi intensitashujan maka hama patek semakin cepat menyebar.

"i{ama patek cepat menyebar ke tanaman lainyang barubuahnya kecil, dan susah untuk diperdiksii' tutumya.

Menurutnya selain hama patek, serar,rgan japur fl ek juga

membuat petani merugi. Setangan jamur pada akar

membuattanaman cabai layr dan akhimya mati. Tanaman

cabaiyang sudah berbuah banyakjadi gagal dipanen karena

akarnya tidakdapat menyerap nutrisi dan akhimya mati.Kepaia Desa Serang Sugito menuturkan, masalah petani

saat musim hujan adalah hama ulat pathek dan jamur.

Sehingga, sebagaian besar petani mengalami gagal panen'Ia menceritakan, setelahharga cabainaikperlahan, para

petani yang awalnya frustasi karena anjloknya harga cabai

mulai kembali menanam. 'Awalnya tinggal 5-I0 orangyang menanam cabai, tapi saat harga cabe naik petanibersemangat dan kembali menanam cabei' tuturnya'

Selain kondisi curah hujan yang tinggi, sinar matahariyang kurang membuat hama iamur mudah menyerangianaman petani. Sehingga, ongkos pembelian obatfungisida (pembasmi jamur) membengkak.(Iok/bdg)

BAGIAN HUMAS SETDA }IqBUPATEN PLTRBAI-INGGA

Page 8: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KLIPING MEDIA

BAGIN III]IIA$ $HIDA PI]nBfiil[OOA

Radar Ban!rumas o sabtu wage 6 Desember 2014

Manusia Seabad Tewas di Sumur i

KALIGONDANG-Wagra RT3 RW 5 Desa Selakambang,Kecamatan I(aligr:ndang d ih J-bohkan dengan penemuannenek Sumini (tO0). Korbanditemukan meninggal di su-mur rumahnya, Kamis (4/12)maiam.

Sebelum ditemukan tetvas,korban sering mengeluhkanmengalami pusing dan ba-dannya kurang enak. Meski-pun sudah berobat namunnenek satu abad tersebut tidak

meminum obat yang diberi-kan dokter padanya,

I(orban pertama kali dite-mukan oleh cucunya, Pairin(24). Korban saatitu berada dirumah sendiri. Pasalnya, ang-gota keluarga iain sedangkeiuar rumah. Sekitar pukul16.30 cucunya pulang danmasuk ke rumah, tetapi tidakmenemukan nenek berusiaseabad itu. I(arena neneknyatidak kunjung ketemu, Pairinlalu mencari neneknva ke

dapur,"Saat itu saya mencoba me-

li.hat ke sumur yang ada cli dapruTernyata ada tubuh nenek didalernnyai' katanya saat dimintaiketerangan oleh polisi.Melihat kejadian tersebut

Pairin Ialu memberi tahu or-anB tua dan tetangganl,a peri-hal kejadian itu. Kemudian,warga lain iangsung men€J-hubungi Mapolsek Kaligon-dang untuk melaporkan keja-dian tersebut. I ke hal. 10

Mengaku Sering PusingI MAnU$iA mengatakan, penyebab ke-

_iT:"i11i:'' ':l:Ti'Mendapat informasi terse-

but Kapolsek Kaligondang,AKP Sudarno dan tiga ang-gota segera menuju ke lokasikejadian bersama tim medisdari Puskesmas Kaligondang.Korban kemudian dieva-kuasi dari dalam sumur dandivisum oleir tim medis.

Kapolres Purbalingga AnomSetyadji SIK melalui KapolsekKaiigondang, AKP Sudarno

matian korban kemungkinanbesar bukan karena dibunuh.Namun Sudarno tidal< bisamemastikan apakah korbanterpeleset lalu tercebur atausengaja menyeburkan diri kesumur.

"Namun menurut ketera-ngan para saksi, beberapahari ini korban selalu me-ngeluh kondisi badannyayang kurang enak, seringpusing. Kalau berobat jugatak mau makan obat,"tutur-nya.(Iok/bdc)

BAGIAN HTJN{AS SETDA TIqBUPA|E,N PURBA]-INGGA

Page 9: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KtrINGilIEDIABAfrAI{ HIIINA$ ffiM flIRBAIilIGGA

BAGIAN HUMAS SETDA KAB1IPAIEN P\IRBALINGGA

Page 10: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

1

r \-

Peninggalan Mant"dn BupatiI Puluhan

Sambungan dari halaman 7

tradisi masYarakat ]awa,jarnasan pusaka menjadikegiatan spiritual Yang cu-kup sakr-al dan

dilakukan sekaii dalamsatu tahun.

Benda pusaka Yang dij amas

berupa pusaka keris, tom-bak, pedang dan benda-benda lain, Yang merupa-kan peninggalan mantanbupati Purbalingga dahulu.Koleksi pusaka Yang tersim-pan di Museum SoegardaPurbakawatj a jumlahnYamencapai ratusan. Bukanhanya koleksi benda Pusakapara bupati, namun iurgatermasuk benda Pusaka dtlntosan aji milik warga Yan,gdititipkan untuk disimPandi museum.

"Jenis keris ada 50 buah,Iainnya berupa Pedang arab,

cundrik, kujang dan Pedangkecil. Namun yang dijamashanya peninggalan mantan

bupati beruPa 13 tombak,tiga keris dan satu Payungpusakai' jelasnya.

Salah seorang Pemerhatitosan aji Purbalingga Chune

Yulianto mengatakan, ja-

masan pusaka bisa untukmeiestafikan budaYa tentangkecintaan teriradaP Pusaka"Namun, dia menYaYangkanmasih adanya anggaPan se-

bagian masyarakat Yang me-ngkaitkan Prosesi jamasanpusaka dengan hal-hal Yangmembawakemusrikan.

"Prosesi jamasan Pusakahanyalah salah satu uPaYa

untuk membersihkan Pusa-ka dan tosan aji agar tetapIestari. Keris itu bukan halyang musrik dan harus di-sembah, TetaPi ini meruPa-kan peninggalan sejarahkebesaran nenek m0Yangclalam mernbuat tosan aji,ini perlu dilestarikan," kata-

nya. (tya/bdg)

Kegiatan tersebut, digelarscbagai saiait satu rangkaiankegiatan Hari Iadi I(abu-paten Purbalingga.

" selain untuk menYambutHari Jadi Purbalingga, ke-giatan ini merupakan dina-mika pengelolaan museumyang harus kami temPuh.Benda bersejarah ini men-jadi aset budaya yang mem-banggakan masyarkat Pur-balingga. Sehingga harusdilestarikan mclalui kegia-tan jamasan," ]elasnYa ke-pada wartwan.

Di.a menj eiaskan, j amasanpusaka merupakan saiahsatu cara merawat benda-benda pusaka, benda berse-jarah, bencla kuno, termasukbenda-benda yang diang-gap memiliki tuah. I)alarn

Anda memiliki unek-unek tentangr berbagai hal demi Perbaikan dan

kemajrian Purbalingga yang -penting

tidak inenyirggung iara dan fitnah.Caranya ketik PBG: unek-unek

kemudian KlRl[/ SMS

KE: 081 -327'333'778-_::-:: - l

- ,-^ ;-;---- -I Pelebaran Jalan Babak?rt i

Klapasawit NanggungI

JALAN di barat perempatan babaka.n sudahdilebarin. tapi ko crma beberaPameter

3iL1,orUUO,

BAGIAN HLr-.VIAS SETDA PI-TRBALINGGA

Page 11: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KLIPING MEDIA

BA0IN IIIII'{A$ $[TDA PtiRBAIfi00A

Radar BaDyUmas e sabtu wage 6 Desember 201'4

MENUNGGU: Sampai saat ini gaji pemain A"o .tfltPersibangga belum dibayarkan

Pelatih PersibanggaAncam Lapor PSSIManajemenPersibangga Tak

Kunjung Selesaikan LPJ

PURBALINGGA- Krisis ke-uangan yang membelit Per-sibangga beium juga menemuititik terang. Pihak manajementim kebanggaan warga Pur-balingga tersebut diancam akandilaporkan ke PSSI, mengingatsampai saat ini gaji pemainbelum jugadibayarkan.

Ahmad Muhariah, PelatihPersibangga menegaskan di-rinya akan melaporkan pihakmanaj emen jika masalah keu-angan ini tidak segera terse-lesaikan. "Saya bisa saja me-laporkan hal ini lewat jalurhukum maupun jalur PSSI.Tapi sampai saat ini sayamenunggu seperti apa penye-lesaian dari manajemen," katadia kemarin (a/12).

Lebih lanjut, ia mengakudirinya sudah berulang kalimenanyakan hal ini kepadamanajemen. Namun, mana-jemen tetap belum memberikan kepastian penyele-saian. "Untuk persoalan ini,saya sebenarnya sudah ber-

temu dengan Komisaris Per-sibangga (wakil Bupati Pur-balingga, H Tasdi SH MM).Dan beliau bersedia mem-bayarkan gaji dua bulan pe-main dan staff pelatih asalmanajemen klub sudah mem-berikan LPj (Laporan Per-tanggung ]awaban) j' ujamla

Akan tetapi, hingga saat iniLPj tersebut tak kunjung ter-selesaikan. Ia mengaku sudahmenanlakan langsung kepadaManajer Martoyo perihal LPj.Dari keterangannya, LPj belumbisa diserahkan karena masihmenunggu tanda tangan CEORohman Supriyadi.

"Memang CEO saat itu se-dang pergi haji. Namun se-karang CEO-nya sudah pulangtapi LPj masih belum beresjugaj'keluhnya

Masalah penyelesaian t,Pjsebenamya sudah lama ber-gulir. Namun, pihak mana-jemen dalam hal ini manajerdan CEO tak kunjung menyelesaikan. Martoyo sendirisempat menyatakan bahwadirinya kesulitan untukmenghubungi Rohman Supriyadi untuk meminta tandatangan LPI. (rus/uje)

R."\(lt,qN HUI'1,'\3 SETD.\ KAIIUPAI'EN PLIRB.\Lh\GG-\

Page 12: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIAI{ [ITI[{A$ $[T'DA PUIBAINGOA

Radar Barryumas r sabtu wage 6 Desember 2014

Ialan Bagai Sungai KeringMasyarakat Sirau Kecewa

Perbaikan IalanDanasari-SirauPutus KontrakKARAIIIGMONCOL-Mas_

yarakat Desa Sirau sangatkecewa terhadap putus kon-traknya proyek penin gkatanJatan yang mengh ubungkanDesa Danasari, KecamatanKarangjambu dengan DesaSirau, Kecamatan Karang_moncol. Selain putus kon-trak, pembangunan ialan itujuga hanya sampai di perba_tasan Desa Danasari danDesa Sirau, tidak masuk ke

Desa Sirau.Padahal, sejak tahun 2009,

masyarakat Desa Sirau su_dah berharap perbaikanjalan Danasari dan jalanDesa Sirau bisa dipercepat.Sehingga, akses ekonomidan kesejahteraan masyara_kat bisa meningkat.Masyarakat Desa Sirau

Sukirno (46) menuturkan,perbaikan jalan hanya sam_pai di perbatasan Desa Da_nasari dan Desa Sirau saja.Padahal kerusakan terparahada di Desa Sirau.

"Kalau di Danasari, ialanmasih bagus. Tapi, di Siraujalannya seperti sungai ke_

rlng, percuma saja kalauDeglnt, masyarakat sirautidak bisa lewat ke Danasarii,tuturnya.

Selain rusakparah, kondisijalan yang bercampur tanahmembuat jalan menjadi li_cin. Sampai saar ini, tidakada kendaraan bermotormaupun mobil yang me_milih lewat jalan tersebut.

"Kalau iewat jalan tersebu!as mobil bisa patah. Karena,jalannya banyak patahandan Iicin," jelasnya.

Kepaia Desa Sirau HendriSutrisno SSos mengatakan,protes masyarakat terkaitkcrusakan jalan sudah lama

dilakukan. nahkan pemerin-tahan desa sudah menjadibulan-bulanan masyarakatkarena kerusakan jalan Si-rau-Danasari tersebut.

"Protes ke Kades atau desas ,.dah sangat sering. Masya_rakat marah wajar karenajalan tersebut merupakanakses vital," tuturnya.

Pengajuan perbaikan jalansudah disampaikan ber_ulang kali ke pemda. Namunsampai saat ini belum adatindak lanjut terkait per_baikan. Bahkan perbaikanyang dilakukan pemerintahnanya sampai perbatasandesa.

Hendri menambaht<an,kabar perbaikan jalan DesaSirau-Danasari pernah di_rencanakan. Namun, tiba_tiba rencana tersebut tidakbisa terealisasi. "Sejak rahun2009 sampai sekarang tidakpernah ada perbaikan, jalansudah seperti sungai,'; im-buhnya.Masyarakat Desa Sirau

berharap, pembangunaninfrastruktur bisa dirasakanoleh masyarakat di pelosokPurbalingga. Jangan sampaipembangunan hanva ber_henti di tingkat kora danmelupakan masyarakat desaterpencil.(f ok/bdg)

:-*..-t; - __---..-..-..*\

-\\

B.CGIAN HIJMAS SETDA 1i,\BUPATEN PL]RBALINGGA

Page 13: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

EC'!rEo-

L(EoL

E'}trrtl

(t.:at,

lEoootr!IEa

5o3c@

E

allE=ED

oEcottDEoE(tEDL6-_;CDcrELoo?.vofE

---t-* _=-=__-: l).

BAGIAN HUMAS SETDA PURBALINGGA

Page 14: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

i'ic cSE"E - =-9 -

=* gEEH{:srtg

*H:TTE$:EfI$d[J 5 ETE E;E E 3 E<YOlt c E E-tr.iEjz o

\froc!-LoaE-0)aq)o(o(I){:n,(o

==-o(saatl,IUlrLa

>r

R,!al.IEEIE&

!It

BAGLAN HL]T,{AS SETDA PURBALINGGA

Page 15: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KLIPNGMEDIA

Lanud Gelar Wirasaba Air Show

PURBALINGGALanud Wirasaba menggelarWirasaba Air Show dan EksPo

2014. Kegiatan itu berlang-sung selama 3hart (5-7112) dL

kompleks lanud tersebut.Komandan Pangkalan

TNI AU Wirasaba, Letkol Pnb

Andreas A Dhewo, mengata-

kankegiatan itu dalam rangka

mengenalkan bandara tersebut

kepada masYarakat. SePerti

diketahui. Wirasaba diharaP-

kan kelak daPat menjadi ban-

iers dan Marsdya TNI (Pum)

Eris Heryanto. Kemudian joY

fl i ght dan terlwl payung.

Tampil pula Paramotorgantole, tnke, pesawat ultralight, pameran pesawat TNIAU, pesawat FASI, dan Pesa-wataeromodelling.

"Ada pula lomba mewar-nai untuk siswa PAUD, berbu-

ru foto, lomba dnrmband ting-kat SD, ekspo usaha kreatif,dan kuliner daerah," katanYa.

Usai upacara pembuliaan,

dara komersial, Yang digu-nakan untuk kePentinganpenerbangan siPiJ.

"Selain itu untuk Pembi-naan potensi dirgantara,supaya masYarakat dan gene-

rasi muda lebih mencintai ke-

dirgantaraan. Juga menYam-

but Hari Jadi Ke-184 Purba-

lingga," katanYa.

Rangkaian kegiatan Yangdilaksanakan, adalah dYnamic

show Yak'nt PenamPilan akro-

batik udara Pesawat The JuPi-

Jtmat (5 / 12), Pengunjungdihibur aEaksi emPat PesawatTheJupiters.

Walaupun langrt Wirasaba

saat itu diselimuti mendungteba1, berbagai formasi dita-mpilkan empat Pesawat TheJupiter.

Bahkan beberaPa kali Pe-sawat ifu menembus dan kelu-

ar dari mendung. Pengunjungjuga disuguhi atraksi terjunpayung dari Pesawat Cassa

2r2.F10-63)

BAGIi\N HL]\,1AS SETDA KABUP,\-I-EN PIiRBALINGCA

Page 16: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

ndhE4*d+;=:..-:-#-i1

\ci

crr

E

,*,?

BAGIAN HLMAS SETDA KABLTPAIEN PLRBALINGGA

Page 17: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KLIPIHGMEDIA

BACIAI{ HITltA$ $X[D,{ IlB,{I,fitffA

SABTU, 6 DESEMBER 201.4.

WW'mwffiwmmffiPURBALINGGA - PD BPR BKK Purbalingga meraihpenghargaan sebagai pelapor Sistem lnformasiDebitur (SlD) terbaik nasional 2014. Penghargaandiserahkan di Bank lndonesia (Bl) Pusat pada2,Desember lalu. :

1'Penghargaan diberikan olehGubprnur BI kepada 2l pelaporldari13.000 tebih pelapor SID se-Indo-nesia," ujar Direktur Utama PD BPRBKK Purbalingga S upriyono.

Dia menyebutkan, penilaian ber-dasarkan pada Iaporan debitur bankpelapor setiap bulan, ketepatan waktu

pelaporan, kgakuratan, dan kecepatandalam merespons jika terdapat penna-salahan.

"setiap butan kami melaporkan de-bitur ke BI, sehingga bisa diakses dariseluruh Indonesia- Yang masuk penilaianbukan hanyaBPR BEK, melainkan jugabalkumumdanleasing;"papamyu',

: r,.i .Menprut'Suprlyono; penilaian itu .

sangat independen. Tidak ada intervensidari pihak mana pun. "Kami juga mela-porkan SID apa adanya," tandasnya.InputData

. ?i, mengungkapkan, tidak semuaJembaga keuangan atau perbankanmelakukan SID dengan baik. Di JawaTengah dari722 pelapor, sebesar 72persen tidg$ lengkap data debiturnya-

1',',1\{ungkin karena input datanyakurang, lengkap, atau kiterbatasan.sarana teknologi informasi yang dimi-liki pelapor. Jurnlah debitur kami hing-ga Oktober 2014 sebanyak 12.936 deb-itur," ucapnyp. .

Dia menelankan, kunci utama'

keberhasilan SID adalah inputdata awal' sehingga datayang ditransier juga baik.

.Kemudian didukung oleh teknologiinformasi yang memadai. -

"Penghargaan'ini unluk kita ber-sama. Terima kasih kepada Bupati yangsudah memberi d ukungan dan.bimbing-an kepada kami- seiama ini,,, ungkap-nya.

S upriyono ju ga menyampaikan teri -ma kasih kepada Dervan pengawas,para karyawan, serta masyarakat yangtelah memberikan kepercayaan kepadapihaknya. "Karena berkat kefercayaanmasyarakat, target laba Rp 14,5 miliarinsya Allah di akhir tahun ini iisa ter-penuhi, " tambahnya. (Fl0-57)

R &r1I &N 1{{ iT[ A.g -(.ETNA. I{ ARITP A'TF}tr Pl IQP.AI ING(iA

Page 18: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KTIPINGMEDIA

BIffAI{ IIIIINA$ $MA ruIBAINOGASnnr-mrSABTU,6 DESEMqER 2014

BemDiPURBALINGGA

Tahun depan, dipastikan TEPembina Paddmara belumakan diperbaiki oleh Pemkab.

Anggaran sebesar Rp 580jutauntuk perbaikan yang diusul-kan, -akhutla ti{S;rqpukdalamAPBD2015.

, Kepala Dinas P-endidikan(Dindik) Purbalingga, TriGunawan Setiyadi, baru-baruinimengatakanpihalmyabelumakan memperbaiki,bangunan

TK Padamara ifir. Pefuaikanbmr akan dianggadran, kelikaproses hukum kasus dugaanpenyimpangan dana pernban-

ggnan TK tersebut selesai. IIaliur karena Pemkab tidakmaumengar5rbil risiko mr4culnYakasus hqlom baflI, bila bsngu-

nan i&@iki lebtrr'&, lti:,'''i'Saya tidak mau jika saat

perbaikan, muncul masalahbamlagi,"tegasnya.

Diarnenginginkan agarper-

baikan tKErse]xt dirnulai lagi

daiawalKtntraktar yang me-

ngerjakan juga harus diPilihmenggtrnakan lelang, sePerti

rcr*angun ge+ug baru. Olehkhna iul irhdum pelr1t'ang1L

nan, masalah hukum PenYln-.@gan anggsmlremhgu-nan sertadrgaan kecurangat ur-

lrr guling tanah ataETKt€rse-buthanrs sudalr selesai. (H82-

63) B

TERBENGKAIA,I : Kondisi salnh satu ryruLBanTK Penbiln Pafoarurayangambruk Februari lalu. Perbail<an gedung TK tersebut dipastilcnn tidak almn

d itahrlran t a hun de p an. ( 6 3 )

BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN ?URB.SLINC,GA

Page 19: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KLIPNGMEDIABAOIA}{ IIUIIA$ $$t}A PljRBTIil'{OfiA

snnn*x[uElffiSABTU, 6 DESEMBER 2014

Kasus TKAmhrukDipertanyakanPADAMARA - Menjelang peringatan Hari

Antikorupsi Sedunia, lnstitut Negeri Penruira

(l NP) Purbalingga mempertanyakan

kesungguhan polres, dalam mengusut

kasus atap TK Padamara yang ambruk,

Februarilalu.

Walaupun sudah berlang-sung 10 bulan, belum terlihatperkembangan penanganankasus tersebut.

Direktur Institut NegeriPerwira, Indaru Setyo Nur-projo, dalam akan Facebookmiliknya mengunggah status"Kasus ambruknya TK Pada-

mara belum juga selesai tahun

ini, why ? Sebagai warga pur-balingga, kami bertanya! #7hari menjelang han antikorupsisedrmia''.

Dia juga menuliskan, "Inikasus ambruknya bangunanTK Pembina, ada indikasikorupsi, sekarang sedang ditangani Polres Purbalingga,

dan belum juga kelar. Asiknyalagi tidak ada yang maukomentar soal penanganankasus ini".

Untuk diketahui, atapgedung TK Negeri Pembina,Kecamatan Padamara, pada

Februari lalu, roboh tanpasebabyangjelas.

Padahal bangunan dengan

kontruksi baja ringan dengananggaran lebih dari 500 jutabaru digunakan dua tahun.

fidakBerhentiSementara itu, Kepala Sa-

tuan Reserse dan Kriminal(Satreskrim) Polres Purba-lingga, Inspektur Satu Dju-naidi, menegaskan pihaknya

tidak berhenti untuk mengusutkasustenebut.

Dalam pekan depan, diabersana sal<si atrli teknik sipilakan mendatangi lokasi TKtersebut, untuk mengecek faktafi sik pada bangunan tersebut.

'Minggu lalu kami sudahmengontak ahli teknik sipilunurk jadi saksi ahli. Minggudepan, mereka akan daang kePurbalingga untuk mengecekdan menentukan apakah adaperbedaan atau tidak, antarabestek dengan bangunan riil-nya,'? kata dia kepada SuaraMerdeka,Jwtat(5172).

Terkait apakah ada keru-gian negara atau tidak akibatkasus tersebut, Djunaidi me-ngatakan, pihalurya masih me-nunggu hasil audit dari BadanPemeriksa Keuangan (BPK),karena dana pembangunan TKituberasaldariAPBN.

"selain kasus itu. kami juga

mengusut dugaan penyimpan-gan dalam tukar guling tanahlokasi bangunan TK itu," kata-nya. (1182-63)

B:\Gl;\\ HL,TLLTS Sh,'ff)-\ K.\l3Ul'].\f LI P\lRR"'\] I\fiC:\

Page 20: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAIIAilIItJhffi ffi IIJfi BAIfi'[ffi4

flHmffifilffi*SABTU,6 DESEMBER 2014

KeqqUqqtaq EqranganyarJuaraUmum MTQ

PURBALINGGA - Keca-matan Karanganyarmenjadijuaraumum Musabakoh TilawatilQuran (MIO Pelajar dan kffQUmum tingkat Kabupaten Purba-lingga.

Karanganyar menjadi juara'pertama pada 9 cabang lomba,yakni tatil SMA/IvIAputa atas

nama Fiki Fauziyatul Umami,tilawah SMPfiVITs putri (DianiRosyidah), tilawah SMA putra(Nurofik Jaelani), tilawah anakputra (Ahmad Firdaus), tilawahremaja putra (Nurofik Jaelani),tilawah dan tahfidz l juz SMP/-MIs puta Q.{ajmustaqih), tilawa}rdan tahfidz SMPiIvITs puti (HidaLailianaNurHanifa), sertatalrfidz10 jus putra/puni masing-masingatas narna Eko Susanto dan SitiNurarofah.

' Dari hasil MTQ ini, saya kira

banyak yang akan mampu ber-saing pada MTQ di tingkatregional Jawa Tengah. Tugaskami terus melakukan pembinaankepada merek4" ujar seorangjuri,Nufiaris,kemarin.Berkembang

Dia mengatakan, walaupunMTQ pernah mengalami keko-songan selama lima"tahun, kuali-tas qori-qoriah Purbalingga adayangberkembang.

Menurut dia, sejumlah ca-bang seperti tilawah dgwasa,tilawah remaja dan tahfidz i juzbaik pufta maupun pufti menjadicabang yang menonjol prestasi-nyadalamMTQkaliini.

IvffQ ini diikuti 340 pesertadari berbagai golongan dancabang yang dilornbakan. Merekamerupakan perwakilan yangmenjadi juara pada MTQ di ting-

katkecamatanmasrngmasing.- =--r"*uSugem*u"Lu:*Alquran.

MentrnrtAsistenAdministasi Dengandemikian,kedepanakanGunarto, firjuanMlQ selainuntuk lahir generasi yang mencintaimencariqariqariahtertalh juga masjid dan gemar membacarmflrkmemotivasianak-anakdan 41quran.G1G63)

SERAHKANPIAIA.:AsistenAdministra:y[:;Y"y;;;menyerahkan piala kepada kontingen KecamatanKaranganyat; saat menutup MTQ, kemarin. (63 )

R,\GlAli HUNI,SS SETDA L\BLTPATEN PURB,\LINGGA

Page 21: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAGIAI{ IIIiII{A$ $HIDA PtjIBAIfiOfrA

SUAHA MERDEKAffiAMT&J, S DESEMBER 2014

Pu s aka Mus eum S o e garda Dti antasPURBALINGGA - BE-

lasan benda pusaka kolelsi Mu-seum Profesor DR SoegardaPurbakawatj a, Purbalingga dij a-

mas, kemarin. Tujuannya agarmuseum dan koleksi yang ada didalamnya senantiasa tetjagakelestarianya.

Kepala Seksi Kesejarahandan Kepurbakalaan Bidang

Kebudayaan Dinas KebudaYaan

Pariwisata Pemuda Olahraga(Dinbudparpora) Purbalingga,Rien Anggraeni, mengatakanjamasan pusaka meruPakansalah satu cara merawat benda-

benda pusak4 benda bersejarah,. benda kuno, termasuk benda-benda yang dianggap memilikituah. Dalam ffadisi masyalakat

Jawa, jamasan pusaka menjadikegiatan spiritual yang sakraldan dilakukan sekali dalam satu

tahun."Selain untuk menyambut

Hari Jadi Purbalingga. kegiatan

ini merupakan dinamika pen-gelolaan museum yang haruskami tempuh. Benda bersejarah

ini, menjadi aset budaya yangmembanggakan masyarkatPurbalingga," kata dia kepada&taraMerdeka.TbadisiTahunan

Jamasan pusak4 merupakan

tradisi tahunan dan tahun iniuntuk kali ke sebelas. AdaPunbenda-benda yang dijamas, be-

rupa keris, tombak, pedang, dan

benda-benda lain peninggalanmantan bupati Purbalingga da-

hulu.Untuk diketahui, koleksi

pusaka yang tersimpan di Mu-seum Soegarda Purbakawatjaberjumlah ratusan. Bukan hanYa

koieksi benda pusaka parabupati, tetapijuga benda pusaka

dan tosan aji mitk warga Yangdititipkan untuk disimPan di

MENJAMAS PUSAKA : Petugas museum MuseumP rofe s o r D R S o e g arda P urb akaw ati a me laks anakanprosesi penjamasan Ptusaka. Proses tersebut digelarsecararutin setiap tahun. (63)

InUSEITTI.

"Jenis keris ada 50 buah,lainnya berupa pedang arab,cundrik, kujang, dan pedangkecil. Tetapi yang dijarnas hanyapeninggalan mantan bupati"berupa 13 tombak,tigakeris, dansatu payung pusaka," jelasnya.

Salah seorang pemerhatitosan aji Purbalingga, ChuneYulianto, mengatakan j amasanpusaka bisa untuk melestarikanbudaya tentang kecintaan ter-hadap pusaka.

Ia menyayangkan masih

adanya anggapan sebagian ma-syarakat, yang mengkaitkanprosesi jamasan pusaka denganhal-hai yang membawa kemu-syrikan.

"Prosesi jamasan pusaka,hanyalah salah satu upaya untukmembersihkan pusaka dan tosanaji agar tetap lestari. Keris itubukan hal yang musyrik danharus disembah. Tetapi ini meru-pakan peninggalan sejarah kebe-saran nenek moyang dalammembuat tosan aji. Danini perludilestarikan," katanya. GI82-63)

RAGI.\N HU\IAS SI], IDA K.\BL: P.{.EJ .\ PLIRB, \LlN GC.\

Page 22: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KLIPNGMEDIABAOM{ II[]II{A$ $[T'XA PI]IBAIJ'IffOA

SUNMMERDEKASABTU, 6 DESEMBER 2014

Enam Film Purhalingga

ilomine AGFfestPURBALINGGA - Enam film asal purbalingga

masuk sebagai nomineAnti Corruption Film

Festival (ACFFest) 2014dari27 film yang

lolos kurasi.

Film tersebut diseleksi dari333 karya peserta se-Indonesiayang dikirimkan ke festival yangdigarap Komisi PemberantasanKorupsi (KPK), ManagementSystem International (MSD,serta didukung oldh USAID.

Pada k4tegori Film PendekFiksi (pelajar) terdapat filmIj o I an b esutan sutradara EkaSusilawati dari SMA 1 Purba-tingga.

Sementara itu, kategori do-

kumenter pelajar ada RobohrytaSekolah Kamikarya Uli RetnoD ew ann, B lak- B lakan kary aYuhOktavia dari SMA Kutasari, danMana Janj imu karya Eko Ju-nianto dari SMP 4 Satu AtapKarangmoncol.

Video berjudul P urb alin g -ga Kota ParkirkaryaTyas Cah-yaning K-aromah dan DilarangB e rj alan di Troto ar .kary a Nu-groho Budi Santoso lolos padakategori video jumalisme war-

ga."Thhun lalu, dua film, yaitu

Purbaling ga ( Bukan ) SarangKoruptor dat Langka Recehsutradara Miftahun dan EkaSusilawati dari SMP 4 Satu AtapKarangmoncol masuk nominedan akhirnya menjadi juara.Semoga film Purbatingga bisameraih prestasi seperti tahunlalu," harap Direktur CinemaLovers Community PurbalinggaBowo lrksono, kemarin.333IIIrn

September lalu, panitiaACFFest 2014 mampir ke Pur-balingga untuk menggelar padaacara Movie Day yang berisitalkshow darr. roadshow pemu-taran film pemenang ACFFest2013.

Purbalingga dipilih karenamenjadi salah satu kota yangmengirim materi terbanyak padakompetisi tersebut.

Untuk tahun ini, puncak fes-tival yakni Malam Penganu-gerahan ACFFest 20 1 4 digelar diTaman Birdaya Yogyakarta JalanSriwedari Nomor 1 Yogyakarta.Dewanjuri yang terdiri atasArtu-ro Guna Priyatna, Alex Komang,Wahyu Aditya, Totot Indrarto,Vivian Idris, Ary Nugroho, De-dieA Rachim. dan Nanang FaridSyam akan mengumumkanpemenang dari semua kategori.

Manajer ACFFest Ridla An-nuur mengemukakan, ACFFest2Ol4 yang mengangkat tema"Face The Fact, Act Today" iniresmi dibuka oleh Ketua KPK

Abraham Samad di Jakarta pada

27 Agtstus2014.Kemudian roadshow dalant

r angSa mov i e day drgelar padaZTAgustus hingga 27 September2Ol4 dan dihadiri lebih dari5.000 orang.

Pengirim karya pun mening-kat, dari 181 menjadi 333 film.Sayang, untuk kategori film do-kumenter umum, dewan .jurimenilai tidak ada film yangmemenuhi kriteria.

"Festival yang menginjaktahun kedua ini makin banyakdan lengkap. Untuk dewan jurikami juga melibatkan sosiologdan pegiat film. Program ini puntidak hanya menyasar pelajartapi juga masyarakat umum,"tandasnya. (ICS-SZ)

BAGI {\ tfir\1,\S SUf DA K-\Bl,P{lL\ pi-IRIlN.i\GG-\

Page 23: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KLIPING MEDIA

BAOIA}{ IIUII{A$ $[TDA PI]flBAII}IOOA

SUARA MERDEKASABTU, 6 DESEMBER 2014

Perempuan l00TahunTewas di SumurKALIGONDANG- Sumi-

ni (100) wargaRT3 RW5 Desa

Selakambang, Kecamatan Kali-gondang, ditemukan tewas disumur di rumahnya, Kamis(4 I 12) petang. Sebslum ditemu-kan. korban mengeluh seringmengalamipusing.

Kortan diketahui kali perta-

ma oleh cucunya, Panrn (24).

Korban saat itu berada di rumahsendiri.

Sekitar pukul 1 6. 30 cucunyamasuk ke rumah, tetapi tidakmenemrikan nenek berusia sea-

bad itu. Karena tak kunjungketemu, dia mencari Sumini kedapur.

"Saat itu saya mencobamelihat ke sumur yang ada didapur. Temyata ada tubuh nenek

di d4lamnya," kata dia kepadapolisi.

Dia kemudian memberi tahu

orang tua dan tetangganya peri-hal kejadian itu. Polisi yangmendapat informasi tersebut,segera menuju ke lokasi kejadi-an bersama tim medis dariPuskesmas Kaligondang.

Korban kemudian dieva-

kuasi dari dalam sumur dan divi-sum oleh tim medis.

Kepala Polsek Kaligondang,Ajun Komisaris Sudarno,mengatakan penyebab kematiankorban kemungkinan besarbukan karena dibunuh.

Walau begitu, dia meny-atakan belum bisa memastikanapakah korban terpeleset lalutercebur atau sengaja menye-burkandirike sumur.

"Tetapi merurrut keteranganpara saksi, beberapahari ini kor-ban selalu mengeluh sakit danpusing. Tetapi diajuga tidak mau

makan obat," katanya.TerserrctArus

Sementara itu, beberaPa j am

sebelumnya, seorang anak tewas

di saluran irigasi di RI 13 RW 7Desa Kedunglegok, Kecamatan

Kemangkon.Lingga Permana Agung (5)

warga setempat tewas setelahterseret arus afu.

Menurut teman korban,Rafar Riskiyanto (5), sekitarukul 14.30 sebelum kejadian,dia bersama korban dan kakakkorban mencari kepiting di salu-

ran irigasi, tak jauh dari rumah.

Ketilth masih di tempat itu, debitair tiba-tiba meningkat, hioggamenyeret dan menenggelarnkankorban.

Mereka lalu berteriak mintatolong. Suparso (35) wargasetempat yang mendengar teri-akan itu kemudian mencari kor-ban. Akhirnya korban dite-mukan di dasar sungai dalamkearhan sudah tak bernyawa.Korban lalu dievakuasi dandibawapulang.

Kepala Polsek Kemangkon,Ajun Komisaris Sudarsono dan

anggotanya serta tim medis dariPuskesmas Kemangkon, men-datangi lokasi kejadian danrumahkorban.

Polisi melakukan oleh TKPdan meminta keterangan daripara saksi. Adapun tim medis,melakukan visum terhadaP kor-ban.

"Korban terseret arus saat

mencari kepiting di saluran iri-gasi. Karena tidak daPat bere-nang,'-orban pun tenggelam dan

ditemukan dalam keadaanmerringgal," katanya. (H82-63 )

BAGLq.N HLIIVIAS SE'f DA K,qBUP{I'EN P\:;RBALINGGA

Page 24: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KLIPING MEDIA

BAOIA}I III]II{A$ $ITDA PIIRBAIfrffOA

ffiBanyUmBSSabtu, 6 Desember 2014

Dipertanyakan,Pengusutan

TanpaPeikembanganr AmbruknYa TK Padamara

pada Februari lalu, roboh tanpa sebab

yang jelas. Padahal bangunan dengan

kontruksi baja ringan dengan anggaran

lebih dari Rp 500 juta baru digunakan dua

tahun.Sementara itu, KePala Satuan

Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres

Purbalingga Inspektur Satu Djunaidi

menegaskan, pihaknya tidak berhenti

untuk mengusut kasus tersebut. Dalam

minggu depan, dia bersama saksi ahli

teknik sipil akan mendatangi lokasi TK

tersebut untuk mengecek fakta fisik pada

bangunan tersebut."t"tinggu lalu kami sudah mengontak

ahli teknlk slpil untuk jadi saksi ahli'

Mlnggu dePan mereka akan datang

ke Purbalingga untuk mengecek dan

menentukan apakah ada perbedaan atau

tidak antara bestek dengan bangunan

riilnya," katanYa, lumat (5/12),

Terkait apakah ada kerugian negara

atau tidak akibat ambruknya bangunan

tersebut, Djunaidi mengatakan,pihaknya akan menunggu hasil audit

dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),

karena dana Pembangunan TK itu

berasal dari APBN.

)Selain mengusut kasus ambruknYa

bangunan itu, kami juga masih mengusut

dugian penyimpangan dalam tukar guling

tanah lokasi bangunan TK itu," katanya'

PADAMARA' Menjelangperingatan Hari AntikoruPsi

Sedunia, lnstitut Negeri

Perwira (lNP) PurbalinggamemPertanYakan kePada

pihak berwenang, mengapapengusutan ambruknYa

ataP TK Padamara takkuniung selesai. Bahkan

seolah terkesan tanPa

Perkembangan.

IREKTUR INP Indaru SetYo

Nurprojo dalam akun Facebook-

nya mengunggah status "Kasus

ambruknya TK Padamara blm

juga kelar tahun ini, why ? Sebagai warga

purbalingga, kami bertanya! #7 hari

menjelang hari antikorupsi sedunia"'

Lebih lanjut, dia menuliskan, "Inl

kasus ambruknya bangunan TK Pembina,

ada indikasi korupsi, sekarang sedang di

tangani Polres Purbalingga, dan belum juga

kelar, asiknya lagi tidak ada yang mau

komentar soal penanganan kasus ini"'

Untuk diketahui, ataP gedung TK

Negeri Pembina, Kecamatan Padamara,

tsACIAN HUlvlAS SETDA K.{BUP,\TEN PURBAI"INGGA

--- -\

\ --==='_*-=__---

Page 25: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

-':-/-tr--..-.--.-.---..-

Tunggu SelesaiTahun depan dipastikan TK Pembina

Padamara belum akan diperbaiki oleh

Pemkab, Anggaran sebesar Rp 580 juta

untuk perbaikan yang diusulkan akhirnyatidak masuk dalam APBD 2015. '

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik)

Tri Gunawan Setiyadi, baru-baru ini

mengatakan, pihaknya tidak akan

memperbaiki terlebih dulu bangunan TK

Padamara yang ambruk itu, Ia menginginkan

agar kasus tersebut selesai diusut.

Perbaikan baru akan dianggarkanbila proses hukum kasus dugaanpenyimpangan dana pembangunan TK

tersebut selesai oleh pihak yang berwajib.Pasalnya, ia tidak mau mengambil, risiko

munculnya kasus baru bila bangunan itu

diperbaiki lebih dulu. "Saya tidak'maujika saat perbaikan muncul masalah baru

lagi," tegasnya.Dia menginginkan agar Perbaikan

TK tersebut dimulai lagi dari awal'dalam hal ini menggunakan lelang

seperti membangun gedung baru. Oleh

karena itu, sebelum Pembangunan,permasalahan hukum PenYimpangananggaran pembangunan serta dugaan

kecurangan tukar guling tanah atas TK

tersebut selesai. (SMNetworuhE2-06)

Page 26: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KTIPINGMEDIA

BAflAI{ IIWA$ $MA il]RBAIII{OOA

rffilBanyHm3"tSabtu, 6 Desember 2O14

tiii*i;iti*ir-,ii*lrii,i i*.iirairr[ii;i:.:iii:iri.iii':i]ilir..,,!,,,rir:,r.,.r,1,,1 ... ,],1'

iFrffi- ir-$il"t 1h9,

## fi,H,lBHnrcfine

pu nslr-ingGA- sej um ta hranggota DFRD KabupatenKediri,, Piovinsi Jawa :

Timur rnelakukan studibandlng ke Purbalingga'Rombongan berjumlah

langsung dipimPin oleh :

Waki.l KEtua DPRD ArifJunaidi. Rombongan :

,diteritna, oleh AsisjstenPemerintatran di Gedunq''

, Aoi'eiiha Adiguna, luihat(sltz). Rombongan inginrirempetajari tentang

:Badan PghanggulanganBencana Daerah (BPBD)'

Di Kahupaten Kedi.r:i hingga

kini Aefum memiliki BPBD.

i: Aiifiunaidl ,

mengatakan, tujuan'itudi bandlnE setain

srih,aga i ajang silaturah mi

,juga dalarn.ra,ngkart g'q n giq' ka wryh, sej au h

mana-pei5ksanaan'r.penanganan kebencanaandi Purbaiingga.lSampai,iaat ini Oi fediri yang

rnenangani kebqncanaanmasih bentqk, saluan

petaksana (satlak), di

bawah koordinasi Badan

Kesatuan Bangsa dan

Politik,'l ujarnya.DiungkaPkan, dengan

Uelum terbentuknYa SKPD

yang khusus menangani

kebencanaan, PihaknYakadang mengalami berbagai

kendala di lapangan,khususnya dalam koordinasi

siapa yang beftangun$jiwab. Kendala yang lain,perihal pencairan bantuan .

bencana dari Pemerintahpusat, hal ini disebabkanbelum adnya SKPD Yangmeningani.

Asisten Pemer:intahan

fodadiyanto mengatakan,Purbalingga terbuka lebar

bagi siapa gaja Yang akan

belajar. MenurutnYa, BPBD

Purbalingga sudahterbentuk sejak 2010'"BPBD ini dibentukkarena Purbalingga rawan

bencana, baik tanahlongsor, banjiri Putingbeliung, dan eruPsi gunung

api," ujarnya. (pt46)

BAGIAN HUMAS SETDA KABLPAIEN PURBALTNGGA

Page 27: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAffIA}I IIIIII{A$ $MA PI]RBAIil{OGA

WBanygmf,S"Sabtu, 6 Desember 2074

Dintonbun hut Torgetkon TonomI,8 Milior Pohon

:rtanianPURBALINGGA- Dinas Pt

Perkebunan dan Kehutanan

(Dintanbunhut) Kabupaten Purbalingga

menargetkan program Penanaman Satu

tuliiiar Pot on atau One Billion lndonesian

Trees (OBIT) sebanYak 1 866'434

pot'l0n. nut tersebut sebagai langkah .

i,ntrt m.ret''laUilitasi hutan yang ada di

r.pun:urg pegunungan Slamet hingga ke

timur wilaYah Rembang'"Selain untuk merehabilitasi hutan

dan lahan, program tanam satu miliar

pohon ini juga dimaksudkan untuk

konservasi daerah aliran sungat

(DAS) hulu, serta sebagai resapan alr

di daerah hulu sungai di sePan;ang

Deoununqan Slamet hingga ke

wlliyah (ecamatan Rembang"' tutur

Keoala Dinas Pertanian Perkebunan

dan Kehutanan Zainal Abidin usai

kualitas lingkungan t''t,a--rp Vung luUih baik'

sekaligus menyediakan bahan baku bagi

industri kehutanan," tuturnYa'

MenurutnYa, selain sebagai

bahan baku industri, dengan OBII

karbondioksida di udara dapat diserap,

juga sebagai kontribusi dalam mitigasi

peruUatran iklim. Dengan OBIT, dampak

pemanasan global dapat dikurangi dan

meningkatkan absorsi (penyerapan

gas) CO2,5O2, serta Polutan lainYa'

6i samping itu juga mencegah banjir,

kekeringan, serta tanah longsor, dan

untuk meningkatkan upaya konservasi

sumber daya genetik tanaman hutan'

Aneka lenisAdaPun Pohon Yang ditanam dalam

program OBIT adalah jenis bibit albasia,

jab6n, jatl, mahoni, glodogan, trembesi,

mendamPingi BuPati Sukento ido

Marhaendianto Pada Pencanangan

Penanaman Satu Miliar Pohon 0ne

gilii0n tnOonesia Trees (oBIT) Tingkat

Kabuoaten Purbalingga 2014 di

lupungun Desa Candiwulan, Kecamatan

Kutasari, lumat (5/12)'Zainal mengatakan, Pencanangan

OBIT sekaligus memPeringati Hari

f'aununu* Pohon Indonesia (HMPI) setu

Bulan Menanam Nasional (BMN) Yang

dilaksanakan setiaP tahun Pada 28

ftior.rn.t. di seluruh Indonesia di tingkat

orovinsi dan kabuPaten/kota'" -Tuau

"Hutan Lestari untuk Mendukung

Kedaulatan Pangan, Air, dan Energi

reroiiur<an" yang diusung, dimaksudkan

untuk mendorong masYarakat ikut

memUanqun ekosistem hutan .''Selain

itu, OBIT juga untuk meningkatkan

m' Selain itudamar, dan acacia mangiujuga jenis bibit buah seperti rambutan,

iairoi citra, durian mangga' Dan bibit

ienis s Pohon sukun, Petai, gemPol,

mundu, kemundung, Pucung kesemek

dan lain sebagainYa'

Bupati Sukento Rido Marhaendrianto

mengatakan, dengan terbitnya Undang-

UndJng Nomor 23 Tahun 2014 tentang

Pemerintah Daerah, maka urusan

oemerintah adalah pada perencanaan

i'rutan dan pengawasan. "sedangkan

urusan Yang diselenggarakan oleh

oemerintah dan dilaksanakan oleh

pemerintah provinsi, adalah pengelolaan

hutan, konservasi sumber daYa aldm 'hutan, Pendidikan dan Pelatihan,

oenvuluhan, serta PemberdaYaanmasyarakat di bidang kehutanan dan

pengelolaan DAS," tegasnya' (pt'06)

B,,\GI,AN HL\{,{S SETDA KABLIP,\TEN PURBr\LINGGA

Page 28: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KLIPINGilIEDIABAflAI{ HTIlilA$ $[MA ruIBAINOOA

ffiBiSabtu, 6 Desember 2074

BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PIIRBAI-INGGA

Page 29: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KLIPNGMEDIABAGIA}{ III]I'{A$ $[IDA PI]IBAIil{OOA

ffiBanyHmF$.Sabtu, 6 Desember 2014

Nenek Usia Seabad DitemukanTewas di Sumur

knlrcononuG- sumini

(100), warga RT 3/RW 5 Desa

Selakambang, Kecamatan

Kaligondang ditemukan tewas di

sumur rumahnYa, Kamis (4/12)

petang. Sebelum ditemukan

tewas, korban mengeluh sering

mengalami Pusing.Korban diketahui kali

oertama oleh cucunYa, Pairin

(Z+). Korban saat itu berada

Al rumafr sendiri. Sekitar Pukul

16.30 cucunYa masuk ke rumah,

tetaPi tidak menemukan nenek

berusia seabad itu. Karena tak

kunjung ketemu, ia lalu mencari

neneknYa ke daPur.ttsaat itu saYa mencoba

melihat ke sumur Yang ada di

dapur. Ternyata ada tubuh nenek

di dalamnYa," katanYa saat

dimintai keterangan oleh Polisi'

Dia lalu memberitahu orang

tua dan tetangganYa Perihal

kejadian itu. Polisi yang mendapat

informasi tersebut segera menuJu

ke lokasi kejadian bersama

tim medis dari Puskesmas

Kaligondang' Korban kemudian

dievakuasi dari dalam sumur dan

dllakukan visum oleh tim medis'

KePala Polsek Kaligondang

Arun Komisaris Sudarno

mengatakan, PenYebab kematian

korban kemungkinan besar bukan

karena dibunuh. Namun demikian

dia tidak bisa memastikan aPakah

korban terPeleset lalu tercebur

atau sengaja menceburkan diri ke

sumur."Namun menurut keterangan

oara saksi, beberaPa hari ini

lorban selalu mengeluh kondisi

badannYa Yang kurang enak,

sering Pusing. Kalau berobatjuga

tak mau makan obat," katanYa'

Tewas di IrigasiSementara itu, beberaPa

iam sebelumnYa, seorang anak

iewas di irigasi di RT 13/RW 7

Desa Kedunglegok, Kecamatan

Kemangkon, Lingga Permana

Agung (5), warga setempat

tewas setelah terseret arus alr'

Menurut teman korban,

Rafar RiskiYanto (5), sekitar

oukul 14.30, sebelum kejadian'

dia, korban, dan kakak korban

i.iung *.n.uri keiting di sungai

iriqasilak jauh dari rumah Yang

be-rmuara di Sungai SeraYu'

iaat masih di sungai, tiba-tiba

air Pasang, lalu menYeret dan

menenggelamkan korban'

Mereka lalu berteriak minta

tolong. SuParso (35), warga

setemPat Yang mendengar

teriakan itu kemudian mencari

korban, AkhirnYa korban

ditemukan di dasar sungai

dan dalam keadaan sudah

tak bernYawa. Korban lalu

, dievakuasi dan dibawa Pulang'KePala Polsek Kemangkon

Ajun Komisaris Sudarsono dan

anggotanya serta tim medis

dari P;skesmas Kemangkon

mendatangi lokasi kejadian dan

rumah korban. Polisi melakukanoleh TKP dan memintaketerangan dari Para saksi,

Sedangkan tim medis melakukanvisum terhadaP korban,

"Korban terseret arus'

saat mencari kepiting di

saluran irigasi. Karena tidakdapat berenang, korban pun

tenggelam dan ditemukan dalam

keadaan meninggal tak jauh

dari lokasi terseretnya arus,"kata nya. (sMNetworUh32-06)

BAGI.,$I HUlvl.{S SETDA KABUP,{TEN PL,RBALINCGA

Page 30: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KLIPING MEDIA

BAOIA}{ IItiIl{A$ $TTXA PI]RBAINOfiA

sarELrrpss+SABTU WAGE, 6 DESEMBER 2014

Tasdi: CalonEksternal Lemah

Komitmenr ffi*$a#ffiruffimffi %fumfu ffime.mffimffi km ffiffiBffi

Tasdi SH MMKetua DPC Partai Demokrasi

Perjuangan (PDIP) Purbalingga

PURBALINGGA, SATELIT-POST-Ketua DPC Partai De-mokrasi Perjuangan (PDIP)Purbalingga, Tasdi SH MM,menilai bakal calon bupatidari eksternal partai lemahkomitmen. Karena itu, PDIPlebih memprioritaskan kaderinternal untuk maju padaPemilukada Purbalingga 20-15.

Di internai partai, munculsejumlah nama, antara lainThsdi, Tiisnanto Sri Hutomo,Kris Hartoyo, Bambang lra-wan, dr Mulyadi, Sayono STMT, dan Muhamad Ichwan.Trisnanto merupakan kadersenior PDIP bersama KrisHartoyo, Bambang Irawandan Muiyadi kini duduk se-bagai anggota DPRD Purba-

tt Kita prioritaskanbaru setelah itu

iingga, Sayono kader partaiyang kini berdomisili di Ja-karta, dan Ichrt,an anggotaDPRD Provinsi Jateng. "Kitaprioritaskan kader internal,baru setelah itu dari ekster-nal," kata dia.

Ia mengatakan, selain dariinternal, beberapa tokoh diluar partai juga mulai men-jalin komunikasi perihai Pe-milukada Purbalingga 2015.

kader internal,dari eksternal.?9

Mereka di antarant'a SekdaBanyumas Wahyu Budi Sap-tono, Subeno MM, SekdaPurbalingga Imam Subijakto,mantan Kepala BPN GresikHarvono SH MM, KepaiaBadan Arsip dan Perpusd-aPurbalingga Sidik Purwanto,dan Kepala Dinas KesehatanI'urbaiingga dr Nonot Mul-yono MKes. Di luar itu adanama Drs Sukento Rido Mar-

haendrianto MM, Bupati Pur-balingga.

Tasdi mengatakan, semuaberpei uang menda patkankepercayaar.r parta i separljan gmemenuh i sejumlah kriteria.Sedikjtnva ada lima kriteriayang ia sebutkan, antara lainmemiliki kapabilitas, aksep-tabilitas, kapasitas, kredibi-litas, dan akultabilitas. "Dia

juga harus memrliki ideologlyang sama dengan partar,"kata dia.

Meskipun banyak namayangberedar, partai yang kinirr-remerintah ini baru rnenga-dakan penjarinp;an usai kong-res PDIP. Kongres tersebutdijadwalkan pada April ta-hun 2015 besok. ([email protected])

RAGl..\li HUI\,[AS SETDA K:\BUPAI'EN ?URB:\LINGCA

Page 31: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

ilIit

tt

il

il

IIIllltflilll

BAOIN IIUII,IA$ $MDA PIJNBffiGOA

SarglITF*,il)'sT'SABTU WAGE, 6 DESEMBEP,2OI4

KLIPINGMEDIA

KIVIP Ramai Jadi lncaranPARIAI peseda Koalisi Me-rah Putih (KMP) juga ramairnenjadi incaran pemburu kur-si bupati. Sobri Arafalr, KetuaHarian I{\4P Purbaiingga me-ngatakan, nailra-nama sepertiBambang Budi Sur;ono (BBS),pcngusaha yang scrnpat majudi Perniiukada 201.0, bupati

Sukento, pengusaha Barosadmulai merapat ke kubunya.Meskipun demikian, prosespenentuan kebijakan siapayang akan dipilih masih jauh."Pada waktun)ra kita akanumumkan kriterianya, agarmasing-masing iokoh ini bisamengukur kapasitas dirinya,"

kata dia.Sementara itu, Imam Purse-

to, Ketua DPC Gerindra Pur-balingga mengatakan, Tasdijuga sempat berkomunikasimembicarakan kemungkinandukr,rngan politik. Meskipunhal ini dibantah Tasdi, namrmImam mengaku membuka

pintu bagi kandidat vangakan maju pada kontestasiI'emilukada Purbalingga 20-15. "Kita masih wait and see.Kjrususnya regulasi dan sis-tim pemilihannya. Sebab, Lni

akan memenp;aruhi strategiperrcnangdn nantinva." ujardia. (gan)

Dewan Kediri lt/gongsu Kawruhdi Purhalingga

PURBAI,INGGA, SAIELII-POST-Sebanyak 12 anggotaDPRD Kabupaten Kedirimenggelar studi banding diPurbalingga. Rombonganyang dipimpin oleh wakiiketua DPI{.D, Arif Junaidi itudisambut oleh Asisisten Pe-merintahan di Gedung AdiGraha Adiguna, Jumat (5/12).

Arif Junaidi dalam sam-butannya mengatakan, studibanding kemarin bertujuanngangsu kawruh atau belajarsejauh mana pelaksanaanpenanganan kebencanaan diPuri:alingga.

"Di Kediri yang menanganikebencanaan masih berben-iuk satuan pelaksana (satlak)dibawah koordinasi BadanKesatuan Bangsa dan Po-1itik," ujar Arif.

Arif mengungkapkan, kon-disi itu menimbulkan berba-gai kendala penanganan ke-bencanaan di lapangan. Teru-tama sekali dalam koordinasisiapa yang bertangulg jawabbila terjadi bencana. Kendalayang lain menurut Arif peri-hai pencairan bantuan ben-cana dari pemerintah pusat.

"Hal ini disebabkan karenailililI

ASISTEN Pemerintahan Kabupaten Purbalingga, Kodadiyanto menerima kunjungan f Z unglTffdewan Kediri di Gedung Adi Graha Adiguna, Jumat (5/12).

belum adanya dinas tertentuyang menangani dan ber-tanggung jawab bila terjadibencana," ujar dia.

Asisten I'emerintahan Ka-

bupaten Purbalingga, Koda-diyanto, menjelaskan BadanPenaggulangan Bencana Dae-rah (BPBD) di wilavah setem-pat sudah berdiri sejak tahun

2010. Badan ini dibentukkarena Purbalingga rawanbencana tanah longsor, banjir,puting beliung, dan erupsigunung api. (gus)

il

F3A{il,\h Htr\,l,\S S}r'lDr\ Kr\B\iP,{l ErN PURB.T\LINGC:\

Page 32: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAflAI{ III][{A$ $[MA ruRBAIffOGA

SI,'TELITP.OSTSABTU WAGE, 6 DESEMBER 2014

PENCANANGAN Penanaman satu miliar pohon tingkat Kabupaten Purbalingga tahun 2014di Lapangan Desa Candiwulan, Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga, Jumat (5/12).

Purbalingga Thnam7.866.434 Pohon

PURBALINGGA, SATELITPOST-Seta-hun ini Dinas Pertanian Perkebunan DanKehutanan (Dintanbunhut) KabupatenPurbalingga menargetkan program pena-naman satumiliarpohon atau One BillionIndonesian Tiee (OBIT) sebanyak 1.866-.434 pohon. Ini langkah merehabilitasihutan yang ada d i sepanjang pegununganSlamet hhgga ke timur wilayah Rembang.

"Program tanam safu miliar pohon jugauntuk konservasi daerah aliran sungai(DAS), serta sebagai resapan air di daerahhulu sungai di sepanjang pegunungan Sla-met hingga ke wilayah Kecamatan Rem-bangi' ujar ZainalAbidin, Kepala Dirrtan-bunhut Purbalingga usai mendampingiBupati Purbalingga pada pencananganOBIT di Lapangan Desa Candiwulan,

Kecamatan Kutasari, Jurnat (5 / 12).

Da lam lap ora nny a Zainal rnen gatakan,pencanangan OBIT sekaligus juga untukmemperingati Hari Menanam Pohon In-donesia (HMPD, serta Bulan MenanamNasional (BMN) setiap tahun.pada tang-gal 28 November.

' "Hal itu untuk mendorong masyarakatikut membangun ekosistem hutan. Sekali-gus menyediakan bahan baku bagi in-dustri kehutanan," ujarnya.

Sejumlah bibit pohon yang ditanamantara iain albasia, jabon, jafi, mahoni,glodogan, trembesi, damar, dan acaciamangium. Ditambah lagi rambutan,f ambu citra, durian mangga, sukun, petai,gempol, mundu, kemundung, dan pu-cung kesemek.(gus)

BAGIAN }IUMAS SETDA KABUP,{TEN PLTRB.qLINGGA

Page 33: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

r",r"-'1,'1

dl#r'i,,j",,1, .;it:jr ::

KTIPINGMEDIA

BIOIN IIU[{A$ $XMA IIJRBAINOOA

SATTIITPffiSTSABTU WAGE, 6 DESEMBER 2OI4

Padamara NUambang

ATAP TK Padamara yang ambruk.

PURBALINGGA, SATELTT-POST-Bertepatan dengan Ha-rii Antikorupsi Sedunia, Ins-.,titut,Negeri Perwira (INP)-EuitiaHngga mempertanya-kan pengusutan ambruknyaattdp TK Padamara yang takkunjung tuntas.

" Melalui jejaring sosial, Di-rektur INP; Indaru Setyo Nur-projo memposting sebuahpertanyaan: "Kasus arnbruk..nya TK Padamara blm jugakelar tahun ini, why? Sebagatwarga purbalingga, kamibertanya! #7 hari menjelanghari antikorupsi sedunia".

Lebih lanjut, ia.menuliskan,"Ini kasus ambruknya bangu-nanTK Pembina, ada indikasikorupsi, sekarang sedang ditangani Polres Purbalingga,dan belum juga kelar, asiknya

lagi tidak ada yang mau ko-mentar soal penanganan ka-sus ini".

Atap gedung TK NegeriPembina, Kecamatan Pada-mara roboh Februari lalu.Padahal bangunan berkon-truksi b,aja ringan dengananggaran lebih dari 500 jutaitu baru digunakan dua ta-hun.' Merebak spekulasi, ge-dung tidak dibangun sesuaistandar konstruksi.

Kepala Satuan Reserse danKriminal (Satreskrim) PolresPurbalingga, Iptu Djunaidimengatakan, ia' terus mengu.sut kasus ini. Ia mengatakan,minggu depan, ia bersamasaksi ahli teknik sipll akanmendatangi TK ini untukmengecek fakta fisik padabangunan.

"Minggu lalu kami sudahmengontak ahli teknik sipiluntuk jadi saksiahli. Minggudepan mereka akan datang kePurba lingga untuk mengecekdan menentukan apakah adaperbedaan atau tidak antarabestek denganbangunan riil-nya," katanya, ]umat (5 /12).

Sedangkan untuk menge-tahui ada tidaknya kerugiannegara polisi masih menung-gu hasil audit dari BadanPemeriksa Keuangan (BPK).Itu dilakukan karena danapembangunan TK yang ro-boh berasal dari APBN.

"Selain mengusut kasusambruknya bangunan itu,kami iuga masih mengusutdugaan peny .impangan dalarntukar guling tanah lokasiUangunin f fl' katanya. (gan)

BAGIAN HUMAS SETDA KABI.'PATEN PURBALINGGA

Page 34: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIAil HII[{A$ $XMA ruIBAINOOA

', Jupiter Pukau,. Pengunjung, 'wAS

2014

Wirasaba Air Show dibukaKomandan Pangkalan UdaraAdi Sucipto Yogyakarta,Marsma TM Yadi I Sutanan-di$. Yadi mengatakan, du-kungannya terhadap gaga-sa4 eoent ini. Menurutnya,seldin bisa menanamkan rasacinla masyarakat kepada bi-dang kedirgantaraan, ke-

SarrulrcpffisrSABTU WAGE, 6 DESEMBER 20I4

giatan ini juga menyadarkanunsur udara selain tanah danair. "selama ini, kita hanyatahu tanah air ketik4 menye-but negeri kita, padahal adaunsur udara. Dengan acaraini, kita'jadi tahu ada udaraselain tanah dan air," katadia.

Sebelum Jupiter, aksi ter-jun payung dengan mengi-barkan bendera merah putihdan bendeia TNI AU. Riuhtepuk tangan penonton saatsatu persatu penerjun men-darat kembali menggema.

Sesaat kemudian pesawatienis #kr meiintas mlembawaspanduk berfuliskan Wira-saba AirSlrow 2014.

Komandan Lanud Wira-saba, Letkol Andreas A Dhe-;wo mengatakan, selain atrak-si pesawat juga ada pameranusaha kreatif produk lokal.Ini, kata dia, sebagai kon-tribusi TM AU mendorongkemajuan ekonomi masyara-kat Purbalingga. "Acara inidigelar selama tiga hari ber-tuiut-turut'sampai hariMinggu," kata dia. (gan)

kaupenguniung Wi-AS), ]umat (5712).Vqns Bee ini berma-

RAGIAN HL]\{,qS SETDA K.{BLTPATEN PLTRBAI-T}.IGGA

Page 35: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

^tEiE€x(,, E 6:

ETEEo(Eu(1)EEEB

elgaE(sde 8EE_d)EH&H=s SEEEHEELE q.,'

EE Egqu,4-' c'<88UI

^l[- ,: :,

]]I\GI-{N HL'Ifuf AS SE,TDA PUR}JAI,INTif;A

Page 36: Kliping Berita Tanggal 6 Desember 2014

KTIPINGMEDIA

Blfl,{il fl IJ[{.{I]UDA PI]RBIIil{OOA,,KEDAULATAN RAKYAT" I

$ABTU WAGE 6 DESEMBER 2014 ( 13 SAPAR 1t 48)

Indonesia Per{uangan @DIP)Jawa Tbngah (Ja-teng) akan memprioritaskan kadernya sendiridalam perhelatan Pilkada tahrm 2015 yangakan digelar di 17 Kabupaten/Ifuta di Jateng.

Kader interrial yang diusung harus memilikikapasitas dan kapabilitas yang bisa dian-dalkan. "Kami memprioritaskan i<'ader inter-nal. Thpi tentu ada syaratnya. Yang pasti kadertersebut bila diusung oleh PDIP dijamin men-dapatkan dukungan ,dan bisa menang diPilkada,i tutur Ketua DPD PDIP Jateng HeruSudjatmoko,'kepada wartawan, di sela meng-hadiri Rakercab DPC PDIP Purbalingga, diSekretariat DPC, Rabu (3/12).

Pilihan terhadap kader di luar partai hanyaakan dilakukan bila tidak ada lagi kader inter-nal yang mumpuni. Bagi calon eksternal, se-junilah syarat harus dipenuhi bila ingin menia-di.calon Bupati yang diusung PDIP. Yalrri plzf-/orm dan ideologi y€mg sama dengan PDIP.

"Syarat lain, hams loyal. Artinya janganmenganggap parpol hanya sebagai kendaraansiat mau maju di -Pilkada. Dia harus tetapberkomitmen kepada p-artai,l lanjutnya sem-bari menambahkan, mekanisme penjaringannama-neirria baftal calon bupati Gacabup) baruakan dilakukan apabilajadwal Pilkada sudah

ada kepastianTerkait dinamika politik saat ini, mantan

Bupati Purbalingga tersebut berharap pilkadatetap dilaksanakah secara langsqng oleh rak-yat. Dengan Pilkada langsung calon yangmenang tentu tidak akan melupakan rakyat.IGrena dia dipilih oleh ralryat.

Sedangkan pilkada tidak langsung atau di-pilih oleh anggota DPRD, calon yang menEmgdikhawatirkan .hanya akan berkomitmen padaorang-orarig atau kelompok tertentu; "Jadi, pi-lihan langsr,rng lebih ideal. Thpi ternyata seba-liknya, PDIP siap menghadapi," tegasnya.

Terkait kriteria nama yang akan diusungoleh PDIP di Pilkada sepenulrnya wewenangDPP PDIP. Pihai<nya hanya melaksanakanrekotnerrdasi partai. 't[antinya Ketua UmumMegawati Soekarnoputri yang akan memberi-kan rekomendasi nama cabup yang diusung diPilkada," tutur Wagub Jateng tersebut.

Heru meriambahkan selama menduduki ja-batan Ketua DPD PDIPJateng, dia menjaminproses penjaringan nama eabup untuk Pilkadaakan dilakukan secara objektif.'Itreru juga.menegaskan, cabup yang berminat maju lewatpartainya tak perlu membayar. 'Yang terpen-ting'adalah memiliki kriteri4 yang tadi sayasampaikan," imbuhnya. (Rus)-k

BAGIAN HUNIAS SETDA KABUP.STEN PURBALINGGA