kilas pld 2012

8
Kilas PLD 2012 Well, pekerjaan pertama gw sebagai PJ Tata Letak datang juga. Yippeee...!!! Kurang keren apa coba? jadi “secret agent”, memata matai jalannya acara PLD angkatan yang katanya punya jargon “sukses’ ini. Untuk tugas ini gw rela bangun jam 6 pagi (ENAM PAGI) masbro. *abis bangun tidur lagi bentar, makan, nonton tv, mandi, tidur lagi, n jam setengah 9 baru berangkat hehehe... Kurang dedikasi apa coba PJ lo yang satu ini, mas dim. Yaah, kilas laporan ini berisi jalannya acara PLD 2012, berikut tata letak, kritik dan saran dari orang-orang yang gw ajak ngobrol selama acara berlangsung. Tiap-tiap bab mengulas dan mengupas detail- detail yang diangkat secara jelas dan tuntas setajam lidah dr Anggraini SpKK. Cerita berikut ini merupakan fakta, apabila ada kesamaan nama dan tempat adalah memang NGGAk diCENGaja! Enjoy it! 1. TEMPAT PLD kali ini mengambil tempat di DHANAPALA kompleks perkantoran Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Langsung ajah ane jabarin kelebihan dan kekurangan dari tempat ini masbro. Pertama letak: letaknya strategis, sangat dekat dengan kampus kurang lebih 2,375 akar 3 1/2 km dari kampus. Mudah dijangkau dan dilalui beberapa angkutan umum dari berbagai jurusan baik dari matraman-senen, kota-senen, ancol- senen, bahkan busway pokoknya banyak angkutan umum untuk menuju ke sana. Tempat parkir luas cukup buat mobil2 wisudawan, orangtua, dan undangan, luas banget. Tapi parkiran motornya jauh masbro, diujung dekat masjid, diskriminasi banged -_- buat pecinta dan anggota genk motor kayak ane. Konstruksi gedung dan ruangan sangat “nice et pais”. Ruang utama luas, tempat makan juga megah. Pintu masuk gedung asri bro, bisa ditaruh meja penerima tamu ukuran 5x1m, apalagi penerima tamunya atika ajah n GC 2009, hhe ^^. Cuman satu yang kurang kenapa harus ada chai juga disitu, hufft. Jalan ke kiri dari meja penerima tamu lo akan disambut lorong berkarpet merahl, dihiasi kain bernuansa putih,

Upload: hartantorezagazali

Post on 14-Apr-2016

216 views

Category:

Documents


2 download

DESCRIPTION

yes

TRANSCRIPT

Page 1: Kilas PLD 2012

Kilas PLD 2012

Well, pekerjaan pertama gw sebagai PJ Tata Letak datang juga. Yippeee...!!! Kurang keren apa coba? jadi “secret agent”, memata matai jalannya acara PLD angkatan yang katanya punya jargon “sukses’ ini. Untuk tugas ini gw rela bangun jam 6 pagi (ENAM PAGI) masbro. *abis bangun tidur lagi bentar, makan, nonton tv, mandi, tidur lagi, n jam setengah 9 baru berangkat hehehe... Kurang dedikasi apa coba PJ lo yang satu ini, mas dim.

Yaah, kilas laporan ini berisi jalannya acara PLD 2012, berikut tata letak, kritik dan saran dari orang-orang yang gw ajak ngobrol selama acara berlangsung. Tiap-tiap bab mengulas dan mengupas detail-detail yang diangkat secara jelas dan tuntas setajam lidah dr Anggraini SpKK. Cerita berikut ini merupakan fakta, apabila ada kesamaan nama dan tempat adalah memang NGGAk diCENGaja! Enjoy it!

1. TEMPAT

PLD kali ini mengambil tempat di DHANAPALA kompleks perkantoran Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Langsung ajah ane jabarin kelebihan dan kekurangan dari tempat ini masbro. Pertama letak: letaknya strategis, sangat dekat dengan kampus kurang lebih 2,375 akar 3 1/2 km dari kampus. Mudah dijangkau dan dilalui beberapa angkutan umum dari berbagai jurusan baik dari matraman-senen, kota-senen, ancol- senen, bahkan busway pokoknya banyak angkutan umum untuk menuju ke sana.

Tempat parkir luas cukup buat mobil2 wisudawan, orangtua, dan undangan, luas banget. Tapi parkiran motornya jauh masbro, diujung dekat masjid, diskriminasi banged -_- buat pecinta dan anggota genk motor kayak ane.

Konstruksi gedung dan ruangan sangat “nice et pais”. Ruang utama luas, tempat makan juga megah. Pintu masuk gedung asri bro, bisa ditaruh meja penerima tamu ukuran 5x1m, apalagi penerima tamunya atika ajah n GC 2009, hhe ^^. Cuman satu yang kurang kenapa harus ada chai juga disitu, hufft. Jalan ke kiri dari meja penerima tamu lo akan disambut lorong berkarpet merahl, dihiasi kain bernuansa putih, kuning, hijau yang ditempel-tempel foto-foto wisudawan, ada meja-meja kecil yang diatasnya ditaruh vas bunga, menambah kecantikan lorong tersebut. Oia, tema warnanya emank putih kuning hijau gtuh, seluruh ruangan ditutupi kain2 berwarna tersebut. Setelah lorong ada ruang makan wisudawan, ortu, dan tamu. Luas bro tempat makannya, bisa dibuat 2 set buffet dehh. Ada beberapa meja lengkap kursinya buat tamu2. Hiasannya pohon2 pajangan berdaun oranye, terus kembang2 (standar siih kembang), ada patung2 bebek di beberapa meja, elegan deh broh. Kalo jalan ke kanan dari meja penerima tamu tadi, lo bakal ketemu studio foto dadakan yang dikelola oleh adik2 kita dari bfm. Studio foto ini juga berhubungan langsung dengan ruang makan lhoo.

Ke arah barat dari ruang makan, itulah letak ruang utama, sebelum masuk ruang utama ada 2 ruang kecil di kiri dan kanan, kiri buat ruang VIP dan kanan ruang panitia. Perlu digarisbawahi, panitia pada kelabakan tas mereka ilang, padahal dipindahin sama satpam gedung oleh instruksi adil tanpa sepengetahuan doi2. Miskom. Di pintu masuk ruang utama juga ada jalan akses ke panggung lewat

Page 2: Kilas PLD 2012

sayap kiri dan kanan ruang utama. Jalan akses kiri disulap menjadi ruang makan VIP dan kanan jadi jalan masuk para wisudawan. Akses ini sangat praktis buat panitia dan staff2 dekanat seliweran. *ada kejadian, panitia gak sediain minum bwt dekanat di ruang VIP dan panggung, akhirnya gw juga yang angkut2 dus aqua bwt dekan ke ruang VIP dan belakang panggung, KAMPRET-lah, LO nak 2009 cuman mejeng doank. Note: kejadian ini gak boleh terulang tahun depan, harap panitia sedia minuman bwt dekan baik di ruang VIP dan panggung, kasian doi salamin 200org tanpa minum, oia saran gw juga sediain permen, karena gak mungkin doi salamin 200org dalam satu waktu pasti ada jeda istirahat, nah pada kesempatan inilah doi minum dan makan permen. Minumnya cukup aqua, jangan dingin yak!

Ruang utamanya gede masbro. Cocok lah buat kandang gajah ragunan versi indoor dan ber-ac. Semua wisudawan, ortu, undangan, dan jajaran dekanat muat semuanya. Kurang lebih 800org di dalam ruang ini, dan pendingin ruangnya okehlah kalo begitu. Tataletak kursi dibagi 3, di depan kursi para wisudawan dibatasi oleh pagar. *menurut gw pagar, gak begitu esensial malah bisa ngalangin jalan pas sesi tangis2an n peluk2an antara wisudawan dengan ortu maupun calon mertua. So saran gw boleh dikasih pagar, tapi dikasih sela2 buat jalan atau, GAK SAMSEK. Barisan kursi kedua yah buat ortu dan ketiga, di belakang buat undangan. Di depannya ruangan yah ada panggung, di sini ada kursi buat dekanat. Kursinya dibagi dua kiri dan kanan, karena yang dateng dekanatnya banyak, ada warek I juga. Detail pembagian kursi ntar ane yang atur deh. Note: di panggung ada spanduk PLD 2012 bla bla bla, ini udah bagus. Terus agak ke atas ada foto presiden dan wapres di kiri dan kanan dinding. Di bawah foto presiden ada lambang makara FISIP (karena warnanya oranye) dengan tulisan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. (gak boleh yaahhh, taun depan harus IJO, dengan latar kuning. Di bawah foto wapres ada logo PLD. Menurut Pak Heprin letak Makara dan Logo PLD gak boleh di bawah foto presiden dan wapres, harus sejajar dan agak ke atas. Pliss taun depan jangan.

Di tengah ruangan kan ada karpet merah, trus di pinggirnya ada kembang2 gtuh, bagus siih kayak org nikahan, tapi bisa jadi penghalang yang bagus juga buat ortu yg duduk dekat kembang jadi mukanye gak ke sorot. Taun depan harus diatur lagi nih tempat kembangnya. Kiri depan ruangan ada podium buat padus dan piano, di kanan depan ter-onggok alat2 band buat nanti acara persembahan. Di ruangan ini juga ada 4 layar LCD. Dua di panggung dua di sayap kanan dan kiri tengah ruangan. Ukuran kurang lebih 2x2m.

Tempat PLD through the ages (2003-2007):

2003: di DHANAPALA juga, waktu dirut RSCM prof Akmal datang buat memberi sambutan. Selentingan doi gak suka kalo PLD diadakan di tempat ini, karena menurut doi, baru dilantik ajah, diadakan di Kemenkeu. Hal ini membuat paradigma dokter2 sekarang orientasinya duit, duit, dan duit. Nilai sejarah dan ke-universitasan-nya pun gak ada.

2004: BALAIRUNG. UI banget. Tempat luas, parkiran nyaman. Ruang utama balairung sulap pake kain2an gtuh, jadi kursi2 penontonnya gak keliatan. Buat pendingin jadi pe-er banget, hampir semua tamu nge-kipasan, wkwkwk. Sama satu lagi kasian buat oma-opa yang mau dateng karena buat ke ruang utama harus turun tangga yang cukup tinggi. Tapi ini bisa disiasati kalo akses kursi roda balairung dibuka.

Page 3: Kilas PLD 2012

2005: PARKIRAN depan LOBI FKUI. Butuh dana gede nih nyulap parkiran jadi ruang pertemuan. Sama harus ada orang yang dedikasi tinggi buat mindah2in podium dan meja gede di aula (ujung2nya pasti gw -__-). Pe-er banged kalo ujan. Pas 2005 kejadian ujan, wkwkwkw. Jadi becek. Meurut pak Heprin sih smw wisudawan, ortu, dan undangan cukup. Tapi kata beberapa teman yang jadi LO waktu itu, beberapa undangan ada yang harus duduk di aula.

2006: AULA FKUI. Se-emprit. Cuman cukup buat wisudawan dan ortu-nya. Undangan duduk di ruang anatomi yang “baguses” dihiasi rayap2 di dinding. Tempat makannya pun, menyulap lapangan basket. Kurang nyaman dehhh.

Note: dari 2004-2006, kebijakan dekanat/ rektorat yang mengatakan PLD harus dilakukan di lingkungan kampus.

2007: lagi2 DHANAPALA. Menurut Mamih Acih: ehh reza hartanto n fahry, apa kabar? Blablablabalabla.......jhv cjhb ewjbc jk.----oclnasncksckbsuacbjacjb jdhbcv .vgvasxblablablablablvsxvhjsv 20 menit jhvdyvecyvbcbhyvcyuvccyv 30 menit. (intinya gak cocok buat PLD kayak tempat kondangan). Tq wass dok.... samlekum.

Pendapat ahli mengenai tempat PLD:

Menurut pendapat ahli (dalam hal ini ane sebagai PJ tataletak dan tempat). Beberapa orang 2008 yang menjadi LO kemarin, atika, dhea, fahry, adel, dan.... chai mengatakan setuju di Dhanapala, begitu juga pak Heprin. Alasan tempat dekat, parkiran luas, konstruksi gedung dengan jalan2 aksesnya sangat membantu mobilisasi. Pengaturan meja penerima tamu, ruang makan, studio foto, ruang VIP dan panitia menjadi mudah. Toilet dan tempat shalat pun cukup memdai. Namun, kali ini ane sepakat dengan prof Akmal dan Mamih Aci, menurut ane Dhanapala emank lebih cocok buat kawinan daripada PLD. Acara seminar2 dokter ajah gak ada yang di situh. Kurang mengangkata sejarah FKUI. Gak dapet feel kedokterannya. Sama jadi ada paradigma, kalo lulusan dokter FKUI tuh orientasinya duit, padahal...... emank bener duit ^^. Well, ini hanya pendapat ane gan, mungkin bisa menjadi saran dan masukan. Saat ini ane cenderung melaksanakan PLD di Balairung atw parkiran FKUI, dengan usaha yang keras dan giat pasti akan menjadi tempat PLD yang lebih baik.

Ide Brilian:

Ane dapet terobosan2 ide, yang “mungkin” membangun. Gimana kalo PLD dilakukan di ruang diskusi. Kan di FK banyak tuh ruang diskusi, jadi ntar dekanat sumpahin-nya door to door, mantabh kan? Terus ortu-nya saksi-in lewat video real time ajah dari skype di rumah masing, kan ajib. Atau the next idea, kita beli tanah, buat gedung baru yang lebih “nice et pais”, n ntar kita bisa sewain buat PLD-PLD selanjutnya gmana tuh gan?

2. ACARA

Sebelumnya maap masbro, ane baru sampe sembilan lewat lima, hhe. Jadi ane dateng, pas banged saat wisudawan memasuki ruangan. Tapi acara2 sebelumnya standarlah, ortu dan undangan registrasi terus masuk ruangan, liat2, haha hihi, cekakak cekikik. Trus baru MC naek panggung, MC-nya

Page 4: Kilas PLD 2012

sahabat nando “Faisal Rahman” (kakak lo) dan Ngabila Salama ex #Ghanyinside. Acara dibuka MC, trus wisudawan masuk ke ruang utama, dari jalan akses kanan ruang utama, menyusuri karpet merah di tengah ruangan ke kursi wisudawan. Selanjutnya yah gtu2 ajah, dekanat masuk, penyerahan kitab suci, disumpahin, dikalungin medali satu2 (ini nih yang lama) blablabla sambutan blalblabla doa (lengkapnya ada di SOP LO nih, minta ke fahry ajah sop kopinya, trus acara persembahan dah. Oia, note: saran buat medali, kalo bisa diukir nama kita satu2 ntar taum depan, biar keren, taun ini gak ada namanya. Tapi bakal berabeh sih pas ngebagi-innya. Satu lagi, pas lagi di panggil satu2 ke depan, saran ane lampu digelapin trus pake lampu sorot, khusus ke wisudawan yang maju dan ortunya.

Acara persembahan:

Abis acara yang agak menjemukan, tiba2 lampu mati. Wah masa’ gedung Kemenkeu blom bayar listerik. Payah dah! Eh ternyata, lampu dimati-in soale pilem angkatan-nya mau diputer, jadi malu ane, hhehehe. Filem dibuka dengan adegan Pe Es A U, dengan 2 org maba berlari2 di depan pager FKUI dimarah2in panitia PSAU trus pas lari nabrak dokter gtuh (yang gw udah tebak ini bakal jadi bagian endingnya juga ntar -_-). Overall bagus, bagus banget malah. Tapi terlalu lama pilemnya 30-45 menit. Detail2nya emank dapet banged dari rangkaian Maba, preklinik, klinik, tapi buat ortu n undangan yang gak ngerti apa2 jadi ZONK. Jujur ane pun sempat ketiduran (maklum abis jaga gan :P). Saran ane buat taun depan pilem jangan terlalu panjang 15-20menit ajah lah. But, it;s really great man. PJ filem taun depan wajib belajar dari Paul nTim buat bikin pilem. Plot2nya bagus, angle camera ajibb, nais dehh. Ayang PJ pilemnya gak dateng kmaren. Mungkin bisa minta sop kopinya ke Adil, mas dim.

Tiba2 lampu nyala, alhamdulillah.... Pas lampu nyala ane kira bakal langsung bakal ada yang lompat ke atas panggung trus langsung nyanyi, eh penonton kecewa. Timing-nya gak pas, wkwkwkw. Jadinya 5 menit kemudian baru mulai nyanyi2nya. Acara nyanyi dibuka padus 2007. Trus ada trio gtuh 2 cewek n 1 cowok aka elyas. Mic-nya elyas gak nyala, jadi suaranya gak kedengeran, emang jadi lebih bagus sih lagunya, tapi taun depan jangan yahhh. Beberapa kali juga lagu2 berikutnya ada yang ilang suaranya, pake audiovisual yg lebih propesional masbro. Trus sampe ke Fani nyanyi “Andai Aku Telah Dewasa” pas ditengah2 lagu, ortu diminta periksa kolong bangku masing2 buat ambil hadiah dari anak2 mereka. Pada nangis masbro, ane jadi ikut terharu, hiks2. LO2 GC 2009 juga pada nangis, wahh kesempatan niihhh :P.

Abis acara tangis2an, tauk2, wisudawan ngambil posisi gtuh dengan pose-nya masing di bagian depan ruangan. Ane kira bakal ada acara bugil massal, udah siap ane telpon majelis rasulullah/ FPI. Eh tauknya mereka malah nari2 gtuh ala korean “nangnam style” gtuh dah. Waduh gak matching banged abis tangis2an, nari2. Yahhh, ini selera masing2 sih. Terserah nak acara taun depan deh. Tapi ane sih kurang sregg, secara ane penjunjung tinggi nilai2 timur. Jadi menurut ane jangan deh, atw diganti jadi goyang dangdut dengan baakground song-nya ayu ting-ting, secara bemper ane lebih pas buat goyang dangdut. Trus acara persembahan ditutup dengan lagu “September” by Anggara. MC tutup acara n selesai dah. Lanjut ke makan2... horeeee!!

Overall, seluruh acara berjalan tepat waktu dan khidmad pada saatnya. Acara pelantikannya yah gtuh2 ajah tiap taun, mungkin pe-er bwt anak acara, yah persembahannya, sayang pada gak bisa dateng

Page 5: Kilas PLD 2012

n liat langsung. Oia kebaya wisudawannya bagus, ijo2 gtuh n seragam. Klo yang cowk sih standar jas hitam, kalo bisa dengan model yang sama, dasi dengan warna yang sama.

3. MAKANAN

The last but not least, MAKAN!!! ^^. Makanan PLD kali ini bekerja sama dengan ‘Kiki Catering’ (kayak nama cewek adek gw -_-). Makanannya enak masbro. Ane emank gak cobain maincourse-nya sih, tapi keliatannya enak. Main course: nasi putih/ nasi goreng, lauk: udang, daging, cumi kali yak, trus ada salad sayur. Sayurnya lupa!

Makanan lain siomay, soto betawi ini ane cobain. Trus ada korean BBQ (lagi2 korea -_-), aneka pasta. Dessert chocolate melt, sumpah ajibb banged. Trus ada es2 buah gtuh. Sop dring, sama jus2an. Buah2an potong juga ada.

Bagus dan enak siihh, tapi kok rasanya ane ada dikondangan suasananya. Pikirin lagi deh konsep makan taun depan gmana. Gak tau juga siih, mungkin ane yang terlalu lebayyyyy.

Makanan buat tim pendukung, mis soundman, satpam, OB, dkk, pake nasi kotak.

KESIMPULAN dan PENUTUP

Kesimpulan ane, panitia PLD 2012 bisa mewujudkan PLD yang beda dari PLD2 sebelumnya yang terskesan jadul dan menjemukan. Kalo PLD ini, ane merasa ada jiwa mudanya gtuh. Mendekati perfect, dari segi tempat, acara, dan makanan nilai total ane kasih 90. Meski ada hal-hal kecil yang ane harapkan dapat diperbaiki taun depan, mis: sediain aqua bwt dekan di ruang VIP dan panggung juga sediain permen. Kecil siih, tapi dari hal-hal kecil itulah terwujud kesempurnaan. Oia saran ane, taun depan juga siapin map batik, nampan yang dialasin kain kuning bermakara ijo.

Gtuh ajah sih masbro. Sayang ente dkk, gak bisa dateng. Padahal bisa jadi acuan yang bagus buat taun depan. Mohon kalimat2 ane di atas, bisa jadi bahan pertimbangan dan masukan buat ke”sukses”an ehhh ke”bangkit’an acara PLD kita taun depan. Amiin. Mohon maap kalo ada yang kurang2 atau ada kalimat yang kurang berkenan. Peace, love, gaol..

Your best choice,

HRG