kbk prodi arsitektur 2010

Upload: citra-amalia-amal

Post on 13-Jul-2015

157 views

Category:

Documents


1 download

TRANSCRIPT

B BUKU KURIK K KULUM BER M RBASIS KO OMPET TENSI

PR ROGRA ST AM TUDI ARSIT A TEKTU UR FA AKULT TAS T TEKNIK

Susunan Pert S tama Ditetap pkan Berdasa arkan SK Re ektor Nomor.......... N .................... .................... .................... ....... Tanggal........ T .................... ............................................. Berlaku mula tahun akad B ai demik: ........ .................... ............... Kurikulum in adalah per K ni rbaikan ke: I/ II/ III/ IV I Ditetapkan B D Berdasarkan SK Rektor Nomor................................................ N .................... ...... Tanggal ....... T .................... .................... .................... .......

UNIV VERSITA HAS AS SANUD DDIN 2011

Kurikul lumBerbasisK KompetensiPr rodiArsitektur r,2010

halam 1 man

DAFTAR ISI

1. HALAMAN MUKA 2. KATA PENGANTAR Ketua Program Studi 3. DAFTAR ISI 4. DAFTAR TABEL 5. Salinan SK Rektor tentang penetapan kurikulum 6. KURIKULUM yang mengikuti susunan: A. Visi Program Studi B. Misi Program Studi C. Tujuan Program Studi D. Sasaran Program Studi E. Profil Lulusan Program Studi F. Kompetensi Lulusan G. Struktur dan Isi Kurikulum H. GBRP Matakuliah I. Aturan Peralihan J. Evaluasi LAMPIRAN

i ii iii iv v

1 1 2 2 4 4 6 18 18 18

KurikulumBerbasisKompetensiProdiArsitektur,2010

halaman2

DAFTAR TABEL

Tabel 1. Matriks hubungan antara Profil dan Kompetensi Lulusan .............................. 5 Tabel 2. Matriks Struktur Kurikulum Berdasarkan Kompetensi .................................... 6 Tabel 3. Struktur Kurikulum Menurut Kompetensi Lulusan .......................................... 6 Tabel 4. Daftar Matakuliah yang Mendukung Pencapaian Setiap Kompetensi Lulusan ........................................................................................ 9 Tabel 5. Struktur Kurikulum Menurut Kelompok Bahan Kajian................................... 13 Tabel 6. Struktur Kurikulum Menurut Kelompok Bahan Kajian dan Kompetensi Lulusan ...................................................................................... 14 Tabel 7. Distribusi Matakuliah dalam Semester dan Prasyarat Matakuliah ............... 16 Salinan SK Rektor tentang penetapan kurikulum, jelas.

KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) PROGRAM STUDI ARSITEKTUR JURUSAN ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIKKurikulumBerbasisKompetensiProdiArsitektur,2010 halaman3

UNIVERSITAS HASANUDDIN TAHUN 2010

A. Visi Program Studi Menjadi program studi penyelenggara proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang arsitektur kepulauan tropis Nusantara yang profesional, unggul, dan terkemuka di kawasan Asia Tenggara.

B. Misi Program Studi 1. Mendidik mahasiswa menjadi calon arsitek yang faham akan profesinya yang senantiasa memelihara komitmen terhadap pengembangan Arsitektur Kepulauan Tropis Nusantara. 2. Meningkatkan kualitas lulusan yang siap berkembang menjadi anggota masyarakat intelektual yang mampu mencapai derajat ilmu pengetahuan yang setinggi-tingginya. 3. Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa dan potensi kemandirian. 4. Meningkatkan kualitas pendidikan sumberdaya akademik yang dimiliki; yang mencakup jumlah & kualitas penelitian, publikasi ilmiah, pelayanan pada masyarakat. 5. Meningkatkan kuantitas dan kualitas fasilitas laboratorium.

C. Tujuan Program Studi 1. Tujuan Umum : a. Tenaga Akademik (Dosen) : Menyiapkan tenaga akademik (pengajar/peneliti) dalam bidang Arsitektur yang berkemampuan dengan kualifikasi S2 dan S3. Menyiapkan, melaksanakan, melakukan desiminasi hasil penelitian menjadi publikasi ilmiah berupa buku referensi (buku ajar) dan/atau artikel baik secara lokal, nasional, maupun internasional. b. Peserta Didik (Mahasiswa) : Menyiapkan peserta didik menjadi lulusan yang berkemampuan di bidang akademik dan/atau profesional yang menguasai dasar-dasar keilmuan dan praktek.

KurikulumBerbasisKompetensiProdiArsitektur,2010

halaman4

Menyiapkan lulusan yang sanggup menciptakan Nuansa Kepulauan Tropis Nusantara pada pengembangan dan implementasi disiplin ilmu Arsitektur. Membuat, menerapkan, dan mengembangkan inovasi dalam IPTEKS. c. Manajemen Pendidikan dan Sarana Penunjang : Membina, mengembangkan, dan mengevaluasi Kurikulum secara berkelanjutan. Membina, mengembangkan, dan mengevaluasi sistem monitoring dan evaluasi kegiatan proses belajar-mengajar (PBM). Menyusun database dan sistem informasi akademik. Menyiapkan sarana laboratorium penelitian, studio gambar, dan bengkel model beserta peralatan yang siap pakai dan terpercaya.

2. Tujuan Khusus : Menghasilkan sarjana arsitektur yang siap dikembangkan menjadi tenaga profesional yang mampu berpikir, bersikap, dan terampil bertindak dalam bidang perancangan arsitektur yang dijabarkan sebagai berikut : a. Mampu berprofesi di bidang arsitektur dalam konteks lokal dan global. b. Mampu berkarya menggunakan kaidah-kaidah ilmu dan teknolgi berwawasan lingkungan dan budaya nasional nusantara. c. Mampu menalar (menganalisa dan mensintesa) dan merumuskan pemecahan masalah dalam bentuk konsep-konsep yang dapat dikembangkan lebih lanjut dalam perancangan arsitektur dan pelaksanaan konstruksi. Mampu bekerja secara mandiri maupun berkelompok.

D. Sasaran Program Studi Sasaran Prodi Arsitektur mengacu pada Renstra Jurusan Arsitektur 2008-2012, dikelompokkan atas: 1. Staf Akademik (dosen) a. Meningkatkan jumlah dosen berkompetensi sebagai pengajar & peneliti berpendidikan dan S3. b. Meningkatkan keterlibatan staf pengajar dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

KurikulumBerbasisKompetensiProdiArsitektur,2010

halaman5

c. Meningkatkan kualitas dosen melalui berbagai pelatihan/kursus, forum ilmiah seperti seminar/lokakarya, dan media publikasi sesuai bidangnya (Jurnal, Prosiding, media massa) baik lokal, nasional maupun internasional. d. Meningkatkan kemampuan mengajar dosen muda melalui sistem pencangkokan secara berjenjang dan sistem koordinasi fasilitator. e. Meningkatkan jumlah dosen untuk mencapai rasio ideal antara dosen dan mahasiswa. f. Meningkatkan keahliannya. g. Membantu percepatan pengangkatan gurubesar. 2. Peserta Didik (Mahasiswa) a. Menyiapkan peserta didik untuk menjadi lulusan yang sanggup menciptakan Nuansa Arsitektur Tropis Kepulauan Nusantara pada pengembangan dan implementasi disiplin ilmu Arsitektur. b. Menyiapkan peserta didik menjadi lulusan yang berkemampuan secara akademik dan profesional menguasai dasar-dasar keilmuan dan praktek serta berdaya saing di bidang Rancang Bangun, Lingkungan Binaan. c. Menyiapkan peserta didik menjadi lulusan yang mampu berkarya, menalar, menerapkan, mengembangkan inovasi dalam IPTEKS. d. Menyiapkan peserta didik menjadi lulusan berwawasan luas, berkemampuan bekerja secara mandiri maupun berkelompok, serta siap menghadapi dunia kerja. 3. Staf Administrasi (Pegawai) a. Menyiapkan tenaga staf administrasi yang mampu memberi pelayanan administrasi akademik yang cepat, efektif dan efisien. b. Menyiapkan staf akademik yang mampu dan terampil dalam pengelolaan administrasi jurusan (manajemen perkantoran dan keterampilan komputer). c. Menyiapkan staf akademik yang terampil dalam menyusun/mengolah Database dan Sistem Informasi Akademik (DB & SIA) yang dimulai dari 20042007, EPSBED dan SIAKA (2007-sekarang),EWMP dosen tiap semester (2008-sekarang). kerjasama antar dosen menurut spesialisasi bidang

KurikulumBerbasisKompetensiProdiArsitektur,2010

halaman6

4. Alumni & Dunia Kerja a. Menjalin kemitraan dengan ikatan alumni arsitektur, para praktisi, kalangan pemerintahan, dan kalangan industri konstruksi melalui berbagai kegiatan kerjasama baik di dalam negeri maupun luar negeri, untuk mencapai relevansi pembelajaran dengan dunia kerja sehingga meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. 5. Manajemen a. Menyusun komputerisasi administrasi akademik. b. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi mekanisme pengelolaan, monitoring, dan evaluasi diri Jurusan. c. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan perpustakaan (Taman Baca). 6. Sarana dan Prasarana a. Meningkatkan kualitas dan kuantitas media pembelajaran. b. Meningkatkan kualitas dan kuantitas ruang pembelajaran. c. Meningkatkan kualitas dan kuantitas alat bantu pembelajaran. E. Profil Lulusan Program Studi Profil lulusan merupakan penciri dari program studi, sehingga diharapkan lulusan Prodi Arsitektur dapat berprofesi sebagai: arsitek murni, praktisi, pendidik dan peneliti.

F. Kompetensi Lulusan Berdasarkan sasaran profil lulusan program studi, maka kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan program studi Arsitektur sebagai output pembelajaran adalah: a. Kompetensi Utama Untuk menjadi profil arsitek murni, maka lulusan harus mampu menguasai bidang ilmu arsitektur, antara lain kreatif, imajinatif dan inovatif, serta terampil dalam mendisain rancangan arsitektur, mampu menerapkan norma-norma perancangan, menguasai pendekatan-pendekatan arsitektural dan mampu bekerjasama dalam kemitraan (kompetensi arsitek).

KurikulumBerbasisKompetensiProdiArsitektur,2010

halaman7

b. Kompetensi Pendukung Untuk menjadi profil pendidik dan peneliti di bidang arsitektur, maka lulusan harus memiliki motivasi untuk melakukan peningkatan kapasitas secara berkelanjutan, antara lain kemampuan mengaplikasikan ilmu (kompetensi pendidik) dan kemampuan menganalisis, eksplorasi dan eksplanasi (kompetensi riset/peneliti). c. Kompetensi Lainnya Untuk menjadi profil praktisi di bidang arsitektur, maka lulusan harus memiliki sikap dan prilaku dalam berkarya dan kaidah berkehidupan bermasyarakat meliputi, sikap dan kemandirian serta responsif dan partisipatif dalam pembaharuan, tanggung jawab etika dan profesional dalam bidang yang digeluti (kompetensi praktisi). Tabel-1 Matriks hubungan antara Profil dan Kompetensi Lulusan Kompetensi yang seharusnya dimiliki Kompetensi Kompetensi Kompetensi Utama Pendukung Lainnya Kreatif, imajinatif dan inovatif Kemampuan mendisain rancangan Arsitektur Kemampuan menerapkan norma-norma perancangan Arsitektur Menguasai pendekatanpendekatan Arsitektural Menghargai potensi sumberdaya & budaya lokal Kemampuan bekerjasama dalam kemitraan Menghargai potensi sumberdaya & budaya lokal Kemampuan bekerjasama dalam kemitraan Kemampuan menerapkan norma-norma perancangan Arsitektur Menghargai potensi sumberdaya & budaya lokal Menguasai pendekatanpendekatan Arsitektural Kemampuan bekerjasama dalam kemitraan Menguasai pendekatanpendekatan Arsitektural Kemampuan menerapkan norma-norma perancangan Arsitektur Menghargai potensi Kemampuan mengaplikasikan ilmu Tanggung jawab etika dan profesionalisme Memiliki sikap dan kemandirian Responsif dan partisipatif dalam pembaharuan

Profil Lulusan Arsitek murni

Praktisi

Kemampuan mengaplikasikan ilmu Tanggung jawab etika dan profesionalisme Kemampuan menganalisis Tanggung jawab etika dan profesionalisme Kemampuan menganalisis Tanggung jawab etika dan profesionalisme

Memiliki sikap dan kemandirian Responsif dan partisipatif dalam pembaharuan Memiliki sikap dan kemandirian Responsif dan partisipatif dalam pembaharuan Memiliki sikap dan kemandirian Responsif dan partisipatif dalam pembaharuan

Peneliti

Pendidik

KurikulumBerbasisKompetensiProdiArsitektur,2010

halaman8

sumberdaya & budaya lokal

G. Struktur dan Isi KurikulumTabel-2 Matriks antara Rumusan Kompetensi dengan Elemen Kompetensi dalam SK Mendiknas No. 045/U/2002KELOMPOK KOMPETENSI 1 NO. 2 1 2 KOMPETENSI UTAMA 3 4 5 6 1 KOMPETENSI PENDUKUNG 2 3 1 KOMPETENSI LAINNYA 2 RUMUSAN KOMPETENSI 3 Menghargai potensi sumberdaya & budaya lokal Kreatif, imajinatif dan inovatif Kemampuan mendisain rancangan Arsitektur Kemampuan bekerjasama dalam kemitraan Kemampuan menerapkan norma-norma perancangan Arsitektur Menguasai pendekatan-pendekatan Arsitektural Kemampuan mengaplikasikan ilmu Tanggung jawab etika dan profesionalisme Kemampuan menganalisis Memiliki sikap dan kemandirian Responsif dan partisipatif dalam pembaharuan ELEMEN KOMPETENSI a 4 b 5 c 6 d 7 e 8

ELEMEN KOMPETENSI: a. landasan kepribadian; b. penguasaan ilmu dan keterampilan; c. kemampuan berkarya; d. sikap dan perilaku dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai; e. pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.

Struktur kurikulum berdasarkan kompetensi lulusan program studi sesuai dengan Kemendiknas No 045/U/2002 disajikan pada Tabel-3. Tabel-3 Struktur Kurikulum Menurut Kompetensi LulusanNO 1 KODE* 2 MATA KULIAH 3 SKS 4 SMT 5 KETERANGAN 6

A. Kompetensi Utama 1 101 D 512 Pengantar Arsitektur Teknik Presentasi & Komunikasi 2 102 D 513 Arsitektur 3 102 D 513 Apresiasi Seni 4 104 D 512 Bahan Bangunan 5 087 U 002 Wawasan Sosial Budaya Bahari 6 136 D 512 Perkembangan Arsitektur 1KurikulumBerbasisKompetensiProdiArsitektur,2010

2 3 3 22 2

I I I III II

Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajibhalaman9

NO 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24

KODE*

MATA KULIAH

SKS 2 2 3 3 2 2 3 3 2 3 10 2 10 10 3 3 10 12 98

SMT II II II II III III III III IV IV IV V V VI VII VII VII VIII 64,90 %

KETERANGAN

137 D 512 140 D 512 141 D 513 142 D 513 208 D 512 209 D 512 212 D 513 213 D 513 244 D 512 245 D 513 246 D 5110 315 D 512 316 D 5110 349 D 5110 471 D 513 472 D 513 417 D 5110 473 D 5112

Teori Arsitektur 1 Estetika Bentuk Struktur & Konstruksi Bangunan 1 Studio Perancangan Arsitektur 1 Perkembangan Arsitektur 2 Teori Arsitektur 2 Struktur & Konstruksi Bangunan 2 Studio Perancangan Arsitektur 2 Teori Kota & Permukiman Perancangan Permukiman Studio Terpadu 1 Arsitektur Kota Studio Terpadu 2 Studio Terpadu 3 Kerja Praktek Profesi Kolokium Studio Terpadu 4 Tugas Akhir Jumlah

Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib

Kepmen No. 045/U/2002 B. Kompetensi Pendukung 1 Pendidikan Agama 2 080 U 002 Bahasa Indonesia 3 079 U 002 Wawasan IPTEKS 4 105 D 512 Mekanika Teknik 5 106 D 512 Matematika Teknik 1 6 107 D 512 Pengetahuan Lingkungan 7 071 U 002 Pendididikan Pancasila 8 081 U 002 Bahasa Inggris 9 138 D 512 Mekanika Bangunan 10 139 D 512 Matematika Teknik 2 11 077 U 002 Pendidikan Kewarganegaraan 12 210 D 513 Pengukuran & Pemetaan 13 211 D 513 Fisika Bangunan 14 243 D 512 Teknik Penulisan Ilmiah 15 314 D 512 Hukum Pranata Pembangunan16 17 18

40 - 80 % 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 3 3 2 2 2 2 4 40 I I I I I I II II II II III III III IV V VI VI VII 26,49 %

C.1 2

347 D 512 Manajemen Proyek 348 D 512 Etika Profesi Arsitektur KKNP Jumlah Kepmen No. 045/U/2002 Kompetensi Lainnya Ko-Kurikuler 318 D 513 Perancangan Kota Tepian Air

Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib Wajib

20 - 40 % 1 3 IV V

Pilihan Pilihanhalaman10

KurikulumBerbasisKompetensiProdiArsitektur,2010

NO 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20

KODE*

MATA KULIAH

SKS 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 13

SMT V V V V V V V V V VI VI VI VI VI VI VI VI VI 8,61 %

KETERANGAN

319 D 513 Revitalisasi Gedung & Kawasan 320 D 513 Tipologi & Morfologi Kota Perencanaan Permukiman 321 D 513 Kawasan Pesisir 322 D 513 Prasarana Permukiman 323 D 513 Teknologi Membangun 324 D 513 Eko/Tropis Arsitektur 325 D 513 Komputer Grafis/CAD 326 D 513 Arsitektur Prilaku & Pasca Huni 327 D 513 Statistik Terapan 350 D 513 Tata Bangunan & Lingkungan 351 D 513 Sosologi Perkotaan 352 D 513 Pengelolaan Permukiman 353 D 513 Real Estate 354 D 513 Iklim & Arsitektur Hemat Energi 355 D 513 Manajemen Proyek Lanjutan 356 D 513 Ekonomi Bangunan 357 D 513 Arsitektur Etnis/Vernakuler 374 D 513 Kuliah Kerja Lapangan Jumlah Kepmen No. 045/U/2002

Pilihan Pilihan Pilihan Pilihan Pilihan Pilihan Pilihan Pilihan Pilihan Pilihan Pilihan Pilihan Pilihan Pilihan Pilihan Pilihan Pilihan Pilihan

0 - 30 %

*lihat pada bagian belakang uraian ini

KurikulumBerbasisKompetensiProdiArsitektur,2010

halaman11

Tabel-4 Daftar Matakuliah yang Mendukung Pencapaian Setiap Kompentesi Lulusan 1. Matakuliah WajibKompetensi Utama a-1 1 2 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 3 4 5 6 a-2 7 a-3 8 a-4 9 a-5 10 a-6 11 Kompetensi Pendukung b-1 b-2 b-3 12 13 16 Kompetensi Lainnya c-1 c-2 17 18

SEM NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

I I I III II II II II II III III III III IV IV

101 D 512 102 D 513 102 D 513 104 D 512 087 U 002 136 D 512 137 D 512 140 D 512 141 D 513 142 D 513 208 D 512 209 D 512 212 D 513 213 D 513 244 D 512 245 D 513

Pengantar Arsitektur Teknik Presentasi & Komunikasi Arsitektur Apresiasi Seni Bahan Bangunan Wawasan Sosial Budaya Bahari Perkembangan Arsitektur 1 Teori Arsitektur 1 Estetika Bentuk Struktur & Konstruksi Bangunan 1 Studio Perancangan Arsitektur 1 Perkembangan Arsitektur 2 Teori Arsitektur 2 Struktur & Konstruksi Bangunan 2 Studio Perancangan Arsitektur 2 Teori Kota & Permukiman Perancangan Permukiman

2 3 22 2 2 2 3 3 2 2 3 3 2 3

KurikulumBerbasisKompetensiProdiArsitektur,2010

halaman 12

SEM NO IV V V VI VII VII VII VIII I I I I I I II II II II III III III IV V VI 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40

KODE

MATA KULIAH

SKS a-1 10 2 10 10 3 3 10 12 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 3 3 2 2 2

Kompetensi Utama a-2 a-3 a-4 a-5 a-6

Kompetensi Pendukung b-1 b-2 b-3

Kompetensi Lainnya c-1 c-2

246 D 5110 315 D 512 316 D 5110 349 D 5110 471 D 513 472 D 513 417 D 5110 473 D 5112 080 U 002 079 U 002 105 D 512 106 D 512 107 D 512 071 U 002 081 U 002 138 D 512 139 D 512 077 U 002 210 D 513 211 D 513 243 D 512 314 D 512 347 D 512

Studio Terpadu 1 Arsitektur Kota Studio Terpadu 2 Studio Terpadu 3 Kerja Praktek Profesi Kolokium Studio Terpadu 4 Tugas Akhir Pendidikan Agama Bahasa Indonesia Wawasan IPTEKS Mekanika Teknik Matematika Teknik 1 Pengetahuan Lingkungan Pendididikan Pancasila Bahasa Inggris Mekanika Bangunan Matematika Teknik 2 Pendidikan Kewarganegaraan Pengukuran & Pemetaan Fisika Bangunan Teknik Penulisan Ilmiah Hukum Pranata Pembangunan Manajemen Proyek

KurikulumBerbasisKompetensiProdiArsitektur,2010

halaman10

SEM NO VI VII 41 42

KODE

MATA KULIAH

SKS a-1 2 4

Kompetensi Utama a-2 a-3 a-4 a-5 a-6

Kompetensi Pendukung b-1 b-2 b-3

Kompetensi Lainnya c-1 c-2

348 D 512

Etika Profesi Arsitektur KKNP

2. Matakuliah PilihanSEM NO 1 IV V V V V V V V V V V VI VI VI VI 2 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 KODE 3 MATA KULIAH 4 SKS a-1 5 1 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 6 Kompetensi Utama a-2 7 a-3 8 a-4 9 a-5 10 a-6 11 Kompetensi Pendukung b-1 12 b-2 13 b-3 16 Kompetensi Lainnya c-1 17 c-2 18

318 D 513 319 D 513 320 D 513 321 D 513 322 D 513 323 D 513 324 D 513 325 D 513 326 D 513 327 D 513 350 D 513 351 D 513 352 D 513 353 D 513

Ko-Kurikuler Perancangan Kota Tepian Air Revitalisasi Gedung & Kawasan Tipologi & Morfologi Kota Perencanaan Permukiman Kawasan Pesisir Prasarana Permukiman Teknologi Membangun Eko/Tropis Arsitektur Komputer Grafis/CAD Arsitektur Prilaku & Pasca Huni Statistik Terapan Tata Bangunan & Lingkungan Sosiologi Perkotaan Pengelolaan Permukiman Real Estate

halaman10

KurikulumBerbasisKompetensiProdiArsitektur,2010

SEM NO VI VI VI VI VI 16 17 18 19 20

KODE

MATA KULIAH

SKS a-1 3 3 3 3 3

Kompetensi Utama a-2 a-3 a-4 a-5 a-6

Kompetensi Pendukung b-1 b-2 b-3

Kompetensi Lainnya c-1 c-2

354 D 513 355 D 513 356 D 513 357 D 513 374 D 513

Iklim & Arsitektur Hemat Energi Manajemen Proyek Lanjutan Ekonomi Bangunan Arsitektur Etnis/Vernakuler Kuliah Kerja Lapangan

KurikulumBerbasisKompetensiProdiArsitektur,2010

halaman10

Struktur kurikulum berdasarkan kelompok bahan kajian sesuai dengan Kepmendiknas No. 232/U/2000 disajikan pada Tabel-5. KBK ini terbagi ke dalam lima unsur kompetensi matakuliah, yaitu: 1. MPK (Matakuliah Pengembangan Kepribadian), yang berbobot: 16 SKS (10%) 2. MKK (Matakuliah Keilmuan dan Ketrampilan), yang berbobot: 23 SKS (15%) 3. MKB (Matakuliah Keahlian Berkarya), yang berbobot: 89 SKS (60%) 4. MPB (Matakuliah Perilaku Berkarya), yang berbobot: 8 SKS (5%) 5. MBB (Matakuliah Berkehidupan Bersama), yang berbobot: 15 SKS (10%) Tabel-5 Struktur Kurikulum Menurut Kelompok Bahan Kajian No 1 Kode 2 Matakuliah 3 SKS 4 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 1 2 3 2 2 2 2 2 3 3 2 2 2 2 2 2 Sem 5 I I I I I I I I I I I IV I I I I I II I III III V II III II III Ihalaman16

Keterangan6

a. Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) 1 071 U 002 Pendidikan Pancasila 2 072 U 002 Pendidikan Agama Islam 3 073 U 002 Pendidikan Agama Katolik 4 074 U 002 Pendidikan Agama Protestan 5 075 U 002 Pendidikan Agama Hindu 6 076 U 002 Pendidikan Agama Budha 7 077 U 002 Pendidikan Kewarganegaan 8 078 U 002 Wawasan Sosial Budaya Bahari 9 079 U 002 Wawasan IPTEKS 10 080 U 002 Bahasa Indonesia 11 081 U 002 Bahasa Inggris 12 Ko - Kurikuler b. Matakuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 c. 1 2 3 4 5 Pengantar Arsitektur Teknik Presentasi & Komunikasi 102 D 513 Arsitektur 103 D 512 Apresiasi Seni 104 D 512 Bahan Bangunan 106 D 512 Matematika Teknik 1 139 D 512 Matematika Teknik 2 107 D 512 Pengetahuan Lingkungan 210 D 513 Pengukuran & Pemetaan 211 D 513 Fisika Bangunan 314 D 512 Hukum Pranata Pembangunan Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB) 136 D 512 Perkembangan Arsitektur 1 208 D 512 Perkembangan Arsitektur 2 137 D 512 Teori Arsitektur 1 209 D 512 Teori Arsitektur 2 105 D 512 Mekanika Teknik 101 D 512

KurikulumBerbasisKompetensiProdiArsitektur,2010

No Kode Matakuliah 1 2 3 6 138 D 512 Mekanika Bangunan 7 140 D 512 Estetika Bentuk 8 141 D 513 Struktur & Konstruksi Bangunan 1 9 212 D 513 Struktur & Konstruksi Bangunan 2 10 142 D 513 Studio Perancangan Arsitektur 1 11 213 D 513 Studio Perancangan Arsitektur 2 12 244 D 512 Teori Kota & Permukiman 13 245 D 513 Perancangan Permukiman 14 246 D 5110 Studio Terpadu 1 15 316 D 5110 Studio Terpadu 2 16 349 D 5110 Studio Terpadu 3 17 417 D 5110 Studio Terpadu 4 18 472 D 513 Kolokium 19 473 D 5112 Tugas Akhir 20 Kuliah Kerja Nyata Profesi d. Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB) 1 243 D 512 Teknik Penulisan Ilmiah 2 315 D 512 Arsitektur Kota 3 347 D 512 Manajemen Proyek 4 348 D 512 Etika Profesi Arsitektur e. Matakuliah Berkehidupan Bersama (MBB) 1 317 D 513 Perancangan Kota Tepian Air 2 318 D 513 Revitalisasi Gedung & Kawasan 3 319 D 513 Tipologi & Morfologi Kota 4 350 D 513 Tata Bangunan & Lingkungan 5 471 D 513 Kerja Praktek Profesi

SKS 4 2 2 3 3 3 3 2 3 10 10 10 10 3 12 3 2 2 2 2 3 3 3 3 3

Sem 5 II II II III II III IV IV IV V VI VII VII VIII VIII IV V VI VI V V V VI VII

Keterangan6

Pemetaan struktur kurikulum menurut kelompok bahan kajian dan kompetensi lulusan ditunjukkan pada Tabel-6. Tabel-6 Struktur Kurikulum Menurut Kelompok Bahan Kajian dan Kompetensi Lulusan Kompetensi PenduUtama Lainnya kung 5 halaman17

Bahan Kajian 1 TEORI & SEJARAH ARSITEKTUR

No 2 1 2 3 4 5

Kode 3 101 D 512 103 D 512 136 D 512 208 D 512 137 D 512

Matakuliah 4 Pengantar Arsitektur Apresiasi Seni Perkembangan Arsitektur 1 Perkembangan Arsitektur 2 Teori Arsitektur 1

6

7

KurikulumBerbasisKompetensiProdiArsitektur,2010

Bahan Kajian 1

No 2 6 7 8 9 1 2 3 4

Kode 3 209 D 512 326 D 513 357 D 513 243 D 512 102 D 513 140 D 512 142 D 513 213 D 513 246 D 5110 316 D 5110 349 D 5110 417 D 5110 472 D 513 473 D 5112 471 D 513 104 D 512 106 D 512 139 D 512 105 D 512 138 D 512 141 D 513 212 D 513 347 D 512 355 D 513 356 D 513 348 D 512 210 D 513 323 D 513 211 D 513 324 D 513 354 D 513 325 D 513 244 D 512 245 D 513

Matakuliah 4 Teori Arsitektur 2 Arsitektur Prilaku & Pasca Huni Arsitektur Etnis/Vernakuler Teknik Penulisan Ilmiah Teknik Presentasi & Komunikasi Arsitektur Estetika Bentuk Studio Perancangan Arsitektur 1 Studio Perancangan Arsitektur 2 Studio Terpadu 1 Studio Terpadu 2 Studio Terpadu 3 Studio Terpadu 4 Kolokium Tugas Akhir Kerja Praktek Profesi Kuliah Kerja Nyata Profesi Bahan Bangunan Matematika Teknik 1 Matematika Teknik 2 Mekanika Teknik Mekanika Bangunan Struktur & Konstruksi Bangunan 1 Struktur & Konstruksi Bangunan 2 Manajemen Proyek Manajemen Proyek Lanjutan Ekonomi Bangunan Etika Profesi Arsitektur Pengukuran & Pemetaan Teknologi Membangun Fisika Bangunan Eko/Tropis Arsitektur Iklim & Arsitektur Hemat Energi Komputer Grafis/CAD Teori Kota & Permukiman Perancangan Permukiman

Kompetensi PenduUtama Lainnya kung 5 halaman18

6

7

PERANCANGAN ARSITEKTUR

5 6 7 8 9 10 11 12 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 1 2 3 4 1 2

STRUKTUR & TEKNOLOGI BANGUNAN

SAINS BANGUNAN PERMUKIMAN & LINGKUNGAN

KurikulumBerbasisKompetensiProdiArsitektur,2010

Bahan Kajian 1

No 2 3 4 5 6 7 8 1 2 3 4 5 6

Kode 3 107 D 512 350 D 513 321 D 513 322 D 513 352 D 513 353 D 513 314 D 512 315 D 512 317 D 513 318 D 513 319 D 513 351 D 513

Matakuliah 4 Pengetahuan Lingkungan Tata Bangunan & Lingkungan Perencanaan Permukiman Kawasan Pesisir Prasarana Permukiman Pengelolaan Permukiman Real Estate Hukum Pranata Pembangunan Arsitektur Kota Perancangan Kota Tepian Air Revitalisasi Gedung & Kawasan Tipologi & Morfologi Kota Sosiologi Perkotaan setiap semester

Kompetensi PenduUtama Lainnya kung 5 dengan matakuliah 6 7

URBAN

Distribusi matakuliah ke dalam prasyaratnya ditunjukkan pada Tabel-7.

beserta

Tabel-7 Distribusi Matakuliah dalam Semester dan Prasyarat Matakuliah Daftar Matakuliah Wajib SEM NO 1 2 1 I I I III II II II II II III III III 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13

KODE 3 101 D 512 102 D 513 102 D 513 104 D 512 087 U 002 136 D 512 137 D 512 140 D 512 141 D 513 142 D 513 208 D 512 209 D 512 212 D 513

MATA KULIAH 4 Pengantar Arsitektur Teknik Presentasi & Komunikasi Arsitektur Apresiasi Seni Bahan Bangunan Wawasan Sosial Budaya Bahari Perkembangan Arsitektur 1 Teori Arsitektur 1 Estetika Bentuk Struktur & Konstruksi Bangunan 1 Studio Perancangan Arsitektur 1 Perkembangan Arsitektur 2 Teori Arsitektur 2 Struktur & Konstruksi

SKS 5 2 3 3 22 2 2 2 3 3 2 2 3

PRASYARAT 6 Perkembangan Arsitektur 1 Teori Arsitektur 1 Struktur & Konstruksihalaman19

KurikulumBerbasisKompetensiProdiArsitektur,2010

III IV IV IV V V VI VII VII VII VIII I I I I I I II II II II III III III IV V VI VI VII

14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42

213 D 513 244 D 512 245 D 513 246 D 5110 315 D 512 316 D 5110 349 D 5110 471 D 513 472 D 513 417 D 5110 473 D 5112 080 U 002 079 U 002 105 D 512 106 D 512 107 D 512 071 U 002 081 U 002 138 D 512 139 D 512 077 U 002 210 D 513 211 D 513 243 D 512 314 D 512 347 D 512 348 D 512

Bangunan 2 Studio Perancangan Arsitektur 2 Teori Kota & Permukiman Perancangan Permukiman Studio Terpadu 1 Arsitektur Kota Studio Terpadu 2 Studio Terpadu 3 Kerja Praktek Profesi Kolokium Studio Terpadu 4 Tugas Akhir Pendidikan Agama Bahasa Indonesia Wawasan IPTEKS Mekanika Teknik Matematika Teknik 1 Pengetahuan Lingkungan Pendididikan Pancasila Bahasa Inggris Mekanika Bangunan Matematika Teknik 2 Pendidikan Kewarganegaraan Pengukuran & Pemetaan Fisika Bangunan Teknik Penulisan Ilmiah Hukum Pranata Pembangunan Manajemen Proyek Etika Profesi Arsitektur KKNP

3 2 3 10 2 10 10 3 3 10 12 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 3 3 2 2 2 2 4

Bangunan 1 Studio Perancangan Arsitektur 1 Teori Kota & Permukiman Studio Perancangan Arsitektur 2 Studio Terpadu 1 Studio Terpadu 2 SPA & SKB SPA & STUPA Studio Terpadu 3 MK wajib & pilihan Matematika Teknik 1 -

Daftar Matakuliah Pilihan SEM NO 1IV V V V V V V V V V V

KODE 3 318 D 513 319 D 513 320 D 513 321 D 513 322 D 513 323 D 513 324 D 513 325 D 513 326 D 513 327 D 513

MATA KULIAH 4 Ko-Kurikuler Perancangan Kota Tepian Air Revitalisasi Gedung & Kawasan Tipologi & Morfologi Kota Perencanaan Permukiman Kawasan Pesisir Prasarana Permukiman Teknologi Membangun Eko/Tropis Arsitektur Komputer Grafis/CAD Arsitektur Prilaku & Pasca Huni Statistik Terapan

SKS 51 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3

PRASYARAT 6 halaman20

21 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11

KurikulumBerbasisKompetensiProdiArsitektur,2010

VI VI VI VI VI VI VI VI VI

12 13 14 15 16 17 18 19 20

350 D 513 351 D 513 352 D 513 353 D 513 354 D 513 355 D 513 356 D 513 357 D 513 374 D 513

Tata Bangunan & Lingkungan Sosiologi Perkotaan Pengelolaan Permukiman Real Estate Iklim & Arsitektur Hemat Energi Manajemen Proyek Lanjutan Ekonomi Bangunan Arsitektur Etnis/Vernakuler Kuliah Kerja Lapangan

3 3 3 3 3 3 3 3 3

-

H. GBRP Matakuliah (Terlampir) I. Aturan Peralihan**

J. Evaluasi**

KurikulumBerbasisKompetensiProdiArsitektur,2010

halaman21

Nama Dosen Tetap

NIDN**

Tgl. Lahir (4) 15-Dec-47

Jabatan Akademik

Gelar Akademik

Pendidikan S1, S2, S3 dan Asal Universitas (7) S1 UNHAS S2 FRANCE S3 FRANCE S1 UNHAS S2 UNHAS S1 UGM S2 WINCONSIN S3 VCU USA S1 UGM S2 UNHAS S3 UNHAS S1 UGM S2 KYUSU S3 KYUSU

Bidang Keahlian u Jenjang Pend (8)

(2)

(3)

(5) Guru Besar/IV c

(6) Prof., Dr., Ir., DEA. Ir., M.si.

of. Dr.Ir. Shirly Wunas, DEA.***

0020024506

Hj. Yusni Mustari, M.Si.***

0002014902

02-Jan-49

Lektor Kepala IV/a

of. Ir. Bambang Sc.,Ph.D.***

Heryanto,

0010054501

10-May45 02-Aug50

Guru Besar/ IVa

Prof., Ir., MSc.PhD.

of. Dr.Ir. Slamet Tri Sutomo, MS. ***

0002085001

Guru Besar/IVc

Prof., Dr., Ir., MS.

of. Dr.Ir. Ananto Yudono, M.Eng.***

0021124802

21-Dec-48

Guru Besar/IVb

Prof., Dr., Ir., M.Eng.

Architecture Urban P Urban and Regional P Urban and Regional P Arsitektur Perencanaan pengemb wilayah Arsitektur Kota Wilayah Kebijakan Publik dan Kota Arsitektur Manajemen Lingkung Urban Studies and Pl Arsitektur Perencanaan dan Pera Perkotaan Perencanaan dan Perkotaan Arsitektur

H. Pananrangi AS.

0025074705

25-Jul-47 21-Mar48 18-Oct-46 11-Nov53 29-May52 30-Nov47 05-Apr-48 15-Nov49 02-May54 29-Jul-57 25-Mar58 23-Mar57

Lektor III c

Ir.

S1 UNHAS S1 UNHAS S2 UGM

Zeinade Toban, MS.

0021034802

Lektor Kepala IV /a

Ir. MS.

Arsitektur Pengelolaan lingkung pencemaran dan kese lingkungan Arsitektur Teknik Arsitektur

Waluya Hadi, MT.***

0018104601

Lektor III d Guru Besar/ IV e

Ir., MT. Prof., Dr., Ir., M.Eng. Prof., Dr., Ir., M.Eng. Ir. Drs. Ir., MSA Ir., MT. Ir., MSA Ir., MT. Ir., M.si.

S1 UGM S2 UGM S1 UNHAS & UGM S2 KYUSU S3 KYUSU S1 UNHAS & UGM S2 KYUSU & KYUSU S1 UNHAS S1 ITB S1 UNHAS S2 ITB BANDUNG S1 UNHAS S2 UNHAS S1 UNHAS S2 UNHAS S1 UNHAS S2 UNHAS S1 UNHAS S2 UNHAS

of.Dr.Ir.H.M.Ramli Rahim,M.Eng***

0011115302

.Ir. Victor Sampebulu, M.Eng.*** Riekje Hehanusa P.

0029055201 0030114702

Lektor Kepala IV a Lektor Kepala IV a Lektor Kepala IV a Lektor Kepala IV a Lektor Kepala IV b Lektor III d Lektor III / d Lektor Kepala IV / a

S3

Arsitektur Architecture Architecture Arsitektur Building Material and Methode Arsitektur Disain Interior Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur

s. H. Effendi Rauf. Baharuddin Koddeng, MSA.*** Dahri Kuddu, MT.*** Triyatni Martosenjoyo, MS.*** Syarif Beddu, MT M. Fathien Azmy, M.Si.***

0005044802 0009124404 0002055404 0029075702 0025035804 0023035705

Arsitektur Prasarana Wilayah Ko Arsitektur Arsitektur

Arsitektur Manajemen Perkotaan

KurikulumBerbasisKompetensiProdiArsitektur,2010

halaman22

Nama Dosen Tetap

NIDN**

Tgl. Lahir (4) 09-May59 23-Jan-59 15-Sep-62 19-Jan-60 31-Jan-64 31-Dec-64 31-Dec-66 01-Jul-65 04-Jan-64 18-Dec-67 08-Mar69 07-Apr-69 16-Mar71 04-Aug70 04-Apr-70 10-Aug70 12-Jun-69 25-Sep-71 04-Mar69 14-Mar76

Jabatan Akademik

Gelar Akademik

Pendidikan S1, S2, S3 dan Asal Universitas (7) S1 UNHAS S2 UNHAS S1 UNHAS S2 UNHAS S1 UGM S2 AUSTRALIA S3 JAPAN S1 UNHAS S2 UNHAS S1 UNHAS S1 UNHAS S2 ITB S1 UNHAS S2 UNHAS S1 UNHAS S2 ITS S1 UNHAS S2 UNHAS S1 UNHAS S2 UNHAS S1 UNHAS S2 Australia S3 Hongkong S1 UNHAS S2 ITS S1 UNHAS S2 UNHAS S1 UNHAS S2 UGM S1 UNHAS S1 UNHAS S2 UNHAS S1 UNHAS S2 UNHAS S1 UNHAS S2 UGM S1 UNHAS S2 UGM S1 UNHAS S2 UNHAS

Bidang Keahlian u Jenjang Pend (8)

(2) H. M. Syavir Latif, M.Si. Husni Kuruseng, MT.***

(3)0009055902 0023015901

(5) Lektor III d Lektor III c Lektor Kepala/IIIc Lektor III c Asisten Ahli III a Lektor III c Lektor III d Lektor III d Lektor III d Lektor III d Lektor Kepala IVa

(6) Ir., M.si. Ir., MT. Dr., Ir., M.Arch. Ir., MT. Ir. Ir., MT. Ir., MT. Ir., MT. Ir., MT. Ir., MT. ST., M. Arch

Arsitektur Manajemen Perkotaan Arsitektur Arsitektur

.Ir.Ria Wikantari, M.Arch.*** M. Taufik Ishak, MT. M. Ramdhan Pomanto Hartawan, MT. Samsuddin Amin, MT*** Idawarni Asmal, MT. Nurul Djamala B., MT.

0015096204

0019016006 0030016404 0031126418 0031126606 0001076502 0004096407 0018126702

Arsitektur Architecture Philosophy in Engine Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur Teknik Arsitektur Arsitektur Arsitektur

. Nurmaida Amri, ST.MT.

aharuddin Hamzah, ST., M. Arch., hd***

0008036902

och. Muchsin Sir, ST.MT.

0007046902

Lektor III c Lektor III c Lektor III d Asisten Ahli III b Lektor III d Asisten Ahli III c Asisten Ahli III c Lektor III c Lektor III b

ST., MT. ST., MT. ST., MT. ST. ST., MT. ST., MT. ST., MT. ST., MT. ST., MT.

asruddin, ST., MT.

0016037101 0004087001 0004047006 0010087001 0012066903

Arsitektur Architectural Comput Filosophy Arsitektur Arsitektur-Perancang Arsitektur Arsitektur

ArsitekturArsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur

ifah Harisah, ST., MT. Yahya Siradjuddin, ST.

osady Mulyadi, ST., MT

dward Syarif, ST., MT. niawaty, ST. MT.

0025097103 0004036907 0014037605

bdul Mufti Radja, ST. MT.

ahmi Amin Ishak, ST. MT.

KurikulumBerbasisKompetensiProdiArsitektur,2010

halaman23

Nama Dosen Tetap

NIDN**

Tgl. Lahir (4) 04-Sep-76 11-Des-74 24-Nop75 8-Feb-73 28-Mar73 07-Mar51 06-Apr-47 14-Sep-48 18-Dec-66 04-May63 19-Feb-71 22-Oct-68 20-Des-74

Jabatan Akademik

Gelar Akademik

Pendidikan S1, S2, S3 dan Asal Universitas (7) S1 UNHAS S2 UNHAS S1 UNHAS S2 ITB S1 UNHAS S2 UGM S1 UNHAS S2 UNHAS S1 UNHAS S2 ITB S1 ITB S2 ITB S1 UNHAS S2 UNHAS S1 UNHAS S2 UNHAS S1 UNHAS S2 UNHAS S1 UNHAS S2 UNHAS S1 UNHAS S2 ITB BANDUNG S1 UNHAS S2 ITS SURABAYA S1 UNHAS S2 ITB BANDUNG S1 UNHAS S2 JERMAN S3 AUSTRIA

Bidang Keahlian u Jenjang Pend (8) Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur Arsitektur

(2)

(3)0004097603 0011127405 0024117506 0008027304 0028037304

(5) Asisten Ahli III a Asisten Ahli III a Asisten ahli III b Asisten Ahli III b Asisten ahli III b Lektor Kepala IV a

(6) ST., MT. ST., MT. ST., MT. ST., MT. ST., MT. Ir., MSP.

urul Nadjmi, ST., MT

ukti Ali ,ST.,MT

ahriana Syam, ST., MT.

mriyanti, ST., MT

arly Valenty Patandianan, ST. MT Moh.Yoenus Osman, MSP. ***

0007035101

Arsitektur Perencanaan Wilayah (Planologi)

Louis Santoso, M.Si.***

0006044702

Lektor Kepala IV a Lektor Kepala IV b Lektor III c Lektor III c

Ir., M.si. Ir., M.si. Ir., M.si. Ir., MT. ST., MT. ST., MT. ST., MT.

Arsitektur-transportas Perencanaan Prasaran

Hj. Suriana La Tanrang, M.Si.*** Hj. Mimi Arifin, M.Si Arifuddin Akil, MT.

0014094802 0018126602 0004056303

Arsitektur Perencanaan Prasaran

Arsitektur Perumahan dan Perm Arsitektur Arsitektur Arsitektur Perencanaan Kota Arsitektur Permukiman Arsitektur Perencanaan dan PerancanganWilayah Arsitektur Infrastructure Technology

san, ST. MT.

0019027105

Asisten Ahli III a Lektor III c Asisten Ahli III a

iwik Wahida Osman, ST.MT.

0022106801

fa Sastrawati, ST.MT

0020127405

ashinta Kumala Dewi S, ST.,MIP. Ph.D

0017017901

17-Jan-79

Asisten Ahli III b

ST., MIP

KurikulumBerbasisKompetensiProdiArsitektur,2010

halaman24