jaringan meristem dan jaringan penutup (epidermis)

Download Jaringan Meristem dan Jaringan Penutup (Epidermis)

Post on 15-Aug-2015

93 views

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  1. 1. Jaringanmeristemadalahjaringanyangselpenyusunnya bersifatembrional,artinyamampusecaraterus-menerus membelahdiriuntukmenambahjumlahseltubuh.
  2. 2. Ciri-ciri jaringan meristem
  3. 3. Terdapat di ujung akar dan ujung batang Membuat akar dan batang menjadi panjang
  4. 4. Meristem lateral Terdapat pada kambium dan kambium gabus Membuat batang menjadi lebar pada batang dikotil
  5. 5. Meristem Interkalar Terdapat di pangkal ruas batang pada jaringan dewasa Contoh: batang rumput- rumputan (tebu, bambu)
  6. 6. Jaringan meristem berdasarkan asal terbentuknya
  7. 7. Promeristem Jaringan yang sudah ada ketika tumbuhan masih dalam tingkat embrio
  8. 8. Meristem primer Kelanjutan dari pertumbuhan dan perkembangan embrio Terdapat di ujung batang dan di ujung akar Meliputi Protoderm : membentuk epidermis Prokambium : membentuk xylem primer dan floem primer Meristem dasar : membentuk parenkim
  9. 9. Meristem Sekunder meristem yang berkembang dari jaringan dewasa yang telah mengalami diferensiasi dan spesialisasi (sudah terhenti pertumbuhannya) tetapi kembali bersifat embrional Contoh : kambium dan kambium gabus
  10. 10. Meristem Sekunder
  11. 11. Apa itu jaringan penutup? Jaringan penutup atau jaringan epidermis adalah jaringan yang berada pada lapisan paling luar tumbuhan.
  12. 12. Ciri-ciri jaringan penutup Bentuk seperti balok Biasanya terdiri sari satu lapisan terletak pada lapisan paling luar Tidak berklorofil kecuali pada sel penjaga (guard cell) stomata Susunan sel rapat tanpa ruang antarsel. Dinding sel bervariasi tergantung posisi dan jenis tumbuhan. Tidak berkloroplas, kecuali pada sel penutup, pada hidrofit dan tumbuhan di bawah naungan. Berisi protoplasma hidup yang berisi kristal garam, minyak, getah, dan kristal silikat. Vakuola besar, dapat berisi antosianin.
  13. 13. Fungsi jaringan penutup Melindungi jaringan yang ada di dalamnya Sebagai pertukaran zat Pelindung tumbuhan dari terjadinya penguapan yang berlebih Penerima dan penerus rangasangan (cahaya dll) Sebagai pertukaran zat Sekresi zat metabolik
  14. 14. Modifikasi jaringan epidermis
  15. 15. Sel yang lebih besar dari epidermis normal dengan pertumbuhan khusus ke arah dalam. Sel ini berisi kristal calsium karbonat yang disebut sistolit. Berfungsi memberikan pertahanan yang lebih pada batang. Celah dan kedua sel penutupnya pada daun. Sel penutup/penjaga adalah dua buah sel dengan bentuk khusus yang mengapit celah. Berfungsi sebagai media keluar masuknya gas pada daun tumbuhan. Trikoma adalah tonjolan epidermis terdiri dari satu sel atau lebih. Fungsi trikoma pada tumbuhan sebagai pelindung terhadap gangguan dari luar dan mengurangi penguapan, Pada akar terdapat rambut-rambut halus yang merupakan modifikasi dari epidermis yang berfungsi untuk penyerapan air di dalam tanah.

View more >