jambi independent edisi 21 agustus 2009

24

Upload: jambi-independent

Post on 13-Mar-2016

298 views

Category:

Documents


12 download

DESCRIPTION

ePaper Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

TRANSCRIPT

Page 1: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009
Page 2: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

jumat, 21 agustus 2009 Jambi Independent

Bahkan makanan berlemak pun disantapnya. “Makanan ke-sukaanku sate kambing dan nasi goreng kambing. Tapi kalau habis makan itu, seminggu ke depan

aku banyakin makan sayur dan buah. Jadi seimbang,” jelas doktor pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup tersebut.(jpnn)

Maftuh mengatakan, pihaknya menyetujui Badan Hisab dan Rukyat untuk melakukan sidang hisab maupun rukyat dilakukan setiap bulan sebagaimana usulan Nahdlatul Ulama (NU) dan Muham-madiyah. “Saya setuju sidang dilakukan setiap bulan, kalau perlu mengundang pihak yang berbeda,” ujarnya.

Pada tahun ini pemantauan rukyat dilakukan di sembilan titik di seluruh Indonesia menggunakan teropong canggih. Sembilan titik pemantauan tersebut terletak di Pantai Lhoknga Aceh, Bos-cha Bandung, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Gresik, Lamongan, Semarang, Kupang, Ternate, dan Makassar.

Pada kesempatan itu, Ketua BHR Muchtar Ilyas menyampaikan hasil pemantauan di seluruh Indonesia. Dia menyebutkan, perhitungan data hisab yang dihimpun Direk-torat Jenderal Bimas Islam, dari 29 titik pemantauan di seluruh Indonesia menyatakan bahwa ijtima 29 Syakban 1430 H/2009 M bertepatan hari Kamis, 20 Agustus 2009. Data pendukungnya me-nyatakan bahwa ketinggian hilal masih di bawah ufuk, berada pada posisi -3 derajat, 10 menit sampai 0 derajat, 30 menit.

“Saat matahari terbenam pada tanggal tersebut di seluruh Indo-nesia, posisi hilal berada di bawah ufuk sehingga tidak mungkin bisa dilakukan rukyat,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Direktur Urusan Agama Islam Depag itu.

Ahli astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB) Taufik Hidayat mengatakan, dari pengamatan sembilan kota, yakni Merauke

Turut menyaksikan pula Danjen Kopassus yang juga adik ipar SBY, Mayjen TNI Pramono Edhie Wibowo.

SBY menambahkan, dirinya juga pernah ditugaskan ke Timor-Timur dan menjadi komandan batalyon pasukan perdamaian di Bosnia. Dia bercerita, selama tugasnya di operasi-operasi mi-liter, sudah kerap bekerja sama dengan Kopassus. “Saya tahu betul kecakapan, prestasi, dan jasa satuan elite itu kepada bangsa dan negara,” kata SBY.

SBY kemarin juga menyaksikan latihan kesiagaan penanggulan-gan teror yang digelar Kopassus.

Latihan tersebut tertutup untuk umum. “Setelah menyaksikan keterampilan taktis, saya bangga, dan teruslah menjadi prajurit yang andal sebagai perisai bangsa dan negara,” ujarnya. SBY men-gatakan, dalam menjaga keutu-han dan kedaulatan negara, TNI mengenal dua operasi militer, yakni dengan perang dan selain perang.

Menurut dia, dua-duanya adalah tugas konstitusional yang sah, sesuai perintah amanat un-dang-undang,” ujarnya. Karena itu, lanjut SBY, tidak tepat jika berpandangan TNI tidak boleh menjalankan tugas selain per-

ang. Kopassus didesain untuk melaksanakan operasi khusus yang berkaitan dengan perang dan selain perang. Korps baret merah juga harus siap berada di belakang garis musuh dan operasi lawan gerilya.

Untuk menjaga kedaulatan negara, juga dilakukan cara damai dengan solusi politik, diplomasi, dan soft power. “Tapi manakala semua upaya damai, solusi politik, diplomasi, itu gagal, dan keutuhan dan ke-daulatan kita terancam, maka kita harus melakukan peperangan,” ujarnya.

Dia mencontohkan, krisis di

perbatasan Ambalat juga terus diupayakan negosiasi dan di-plomasi dengan Malaysia. “Tapi tetap dengan catatan bahwa satu jengkal wilayah Indonesia harus kita pertahankan dan tidak bisa disentuh negara lain,” kata SBY. Pemerintah juga berusaha meningkatkan kesejahteraan prajurit. Tahun depan, diusulkan anggaran pertahanan menjadi Rp 40 triliun. “Saya berharap ang-garan digunakan secara tepat, untuk pengadaan alutsista dan meningkatkan kemampuan op-erasional,” ujarnya.(jpnn)

Ada versi soal jam kaburnya Nanda. Pertama, napi kerusuhan yang terhukum satu tahun tiga bulan itu dan akan bebas De-sember nanti, kabur pukul 23.00 WIB. Versi lain, Nanda kabur pukul 16.00 WIB. Yang jelas, Nanda kabur setelah mendapat izin menjenguk orangtuanya yang sakit.

Sapto mengatakan, penangka-pan Nanda juga berkoordinasi dengan keluarganya. Pada malam

penangkapan itu, ibu Nanda ikut serta. Ibu Nanda yang membu-juk Nanda agar menyerahkan diri. ”Berkat keluarga, akhirnya Nanda mau menyerahkan diri secara sukarela,” ujar Sapto.

Namun, kata Sapto, meski menyerahkan diri, Nanda tetap akan mendapatkan sanksi atas perbuatannya kabur dari rutan. Sanksi tersebut berupa remisi selama sebulan untuk Nanda dicabut dan dibatalkan. Nanda

Selain itu, mantan ketua LPEM FE UI itu juga dianggap mendo-rong kampanye Jepang melawan program nuklir Korut serta pra-karsa PBB atas Afghanistan.

Di dalam negeri, Sri Mulyani dinilai sukses melakukan refor-masi birokrasi dan memberantas praktik korupsi di Departemen Keuangan. Dia juga juga diang-gap memudahkan UU investasi dan menciptakan insentif pajak.

Selain Sri Mulyani, wanita asal Asia Tenggara yang masuk jajaran Top 100 adalah Ho Ch-ing, CEO Temasek Holding Singapura, yang nangkring di posisi 5.

Temasek adalah perusahaan investasi milik pemerintah Sin-gapura yang kini mengelola por-tofolio USD 134 miliar atau Rp 1.340 triliun. Adapun Presiden Filipina Gloria Arroyo menem-

pati peringkat ke 44. Satu lagi wanita Asia Tenggara yang ma-suk adalah Deb Henretta. Group President Asia Procter & Gamble di Singapura tersebut menempati peringkat 85. Beberapa nama baru yang masuk jajaran wanita paling berpengaruh adalah first lady AS Michelle Obama yang berada di peringkat 40 dan Jaksa Agung AS Sonia Sotomayor di peringkat 54.(jpnn)

Riduan ditahan bersama dua rekanan, yakni Dirtektur CV Andiko Gawe, Sarbaini Yu-suf, dan Direktur CV Nabila, Firdaus.

Apakah akan ada tersangka baru? Albert belum bisa me-mastikan. Yang jelas, katanya,

penyidikan terus dilakukan. Penahanan para tersangka, kata

Albert, untuk memperlancar proses penyidikan. Dijelaskan, penahanan juga dilakukan karena beberapa alat bukti sudah cukup kuat mengarah kepada ketiga ter-sangka yang ditahan itu.(amu)

“Air itu diambil dari lapisan air murni di bawah tanah. Dibor kemudian dipompa ke permu-kaan,” jelas Dibyo. “Dulu dibor pake bor khusus penambangan milik Setiawan Djody.” Setiawan Djodi adalah pengusaha tanker minyak yang juga pemusik teman karib Rendra.

Meski sederhana, kompleks Bengkel Teater milik Rendra itu punya fasilitas memadai. Bisa disebut sebagai “desa mandiri”. Ada sumber air sendiri, ada pe-ternakan (ayam, ikan, dan kamb-ing), juga lahan persawahan.

Selain itu, ada rumah priba-di Rendra yang biasa disebut Rumah Lampung. Ada guest house, juga aula. Beberapa toilet yang bersih dan modern dibangun di pinggir jalan setapak yang membelah kompleks. Sua-sananya adem. Pohon-pohon rimbun dan besar mendominasi ruang-ruang kosong di lahan seluas tiga hektare itu.

Di bagian belakang kompleks terdapat permakaman keluarga. Ada delapan jenazah yang di-makamkan di lahan seluas dua kali lapangan voli tersebut. Mereka adalah keluarga Rendra, anggota Bengkel Teater, juga Mbah Surip. Kompleks tersebut mulai dibangun setelah Rendra dan Bengkel Teater-nya sukses menggelar Panembahan Reso di beberapa tempat di Eropa dan di Istora Senayan pada 1986.

Sepeninggal Rendra, kata Dibyo, Bengkel Teater tetap hidup. Rendra bagi aktivis Bengkel Teater adalah pembuka jalan. Yang sudah dia lakukan menjadi petunjuk bagi rekan-rekannya untuk melanjutkan.

“Seperti kata Mas Willy, patah tumbuh hilang berganti,” ujar lelaki 62 tahun itu.

Keluarga baru saja memper-ingati tujuh hari meninggalnya Rendra, Jumat (14/8). Kini mereka fokus pada peringatan 40 harinya. Menurut rencana, peringatan tersebut digelar di dekat makam penyair berjuluk si Burung Merak itu.

Sebuah panggung akan diban-gun di samping makam. Sejum-lah penyair dan dramawan di tanah air bakal diundang, antara lain Putu Wijaya, Butet Ker-taredjasa, dan orang-orang dekat Rendra. “Semua orang diundang untuk menyajikan karya untuk Rendra,” kata Dibyo.

Lebih lanjut Dibyo menjelas-kan, keluarga dan kerabat dekat Bengkel Teater akan melan-jutkan obsesi Rendra pada kompleks tersebut. Rendra, kata Dibyo, sangat terobsesi menjadikan kompleks tersebut menjadi hutan. Sejumlah tana-man hutan tropis yang keras dan lebat didatangkan. Mulai pohon kenari, jati mas, dan pohon-po-hon hutan lain yang langka.

Saking terobsesinya meng-hutankan kompleks tersebut, Rendra turun langsung. Dia mengatur dengan detail jenis pohon yang harus ditanam di tempat-tempat tertentu. “Mas Willy itu kalau mengatur tana-man seperti mengatur blocking (pengaturan posisi dan peran pemain di panggung, red). Di sini kamu begini, di sini begitu. Orang-orang tinggal menandai dan menurut saja,” tutur Dibyo lantas tersenyum kecil.

Pohon-pohon tersebut tidak di-

beli dari kocek Rendra. “Ada saja yang menyumbang, misalnya Menteri Kehutanan MS Kaban,” kata Dibyo. Politikus Partai Bulan Bintang itu menyumbang ribuan bibit pohon. Kadang, ketika tampil di pergelaran seni, Rendra tidak minta dibayar uang, tapi dengan bibit pohon yang belum banyak tumbuh di kompleks tersebut. “Biasanya, itu untuk anak-anak SMA atau perguruan tinggi yang tidak mampu bayar penuh,” kata Dibyo sambil nderenges.

Iwan Burnami, adik ipar Ren-dra, juga mengatakan bahwa ke-luarga dan rekan-rekan Rendra bakal melanjutkan obsesi seni-man tersebut. Selain menanam berbagai jenis pohon, sejumlah lahan kosong di Bengkel Teater bakal dibangun.

Pria yang menikahi adik Ken Zuraida itu menunjuk sebuah kolam ikan di depan Rumah Lampung. Letak kolam ikan itu sekitar 5 meter di bawah Rumah Lampung. Luasnya sekitar 100 meter persegi. “Itu mau diban-gun amphitheatre agar bisa dipakai untuk pertunjukan,” katanya.

Sejumlah titik di kompleks tersebut bakal dibangun penda-pa-pendapa. Selain sebagai tem-pat mangkal para aktivis teater, pendapa tersebut bisa digunakan sebagai tempat singgah bagi pengunjung makam. Sambil berziarah, mereka bisa ngadem sejenak di antara pohon-pohon yang tumbuh besar.

Pria yang menyemir cokelat rambutnya itu mengatakan, kom-pleks Bengkel Teater memang potensial. Lahannya luas. Kalau

hanya untuk permukiman, jelas tidak optimal pemanfaatannya. Karena itu, dengan menghuta-nkan kompleks tersebut, potensi lain bisa dimanfaatkan. Tempat tersebut bisa menjadi jujukan masyarakat. Hutan di tengah Kota Depok. “Mudah-mudahan jadi tempat rekreasi,” harap lelaki 57 tahun itu.

Dari mana pembiayaannya? Iwan menuturkan, mereka bakal mencari uang dengan menjual skenario-skenario. Yang pal-ing mungkin adalah membuat skenario untuk film-film lepas di televisi. Apalagi istri Ren-dra, Ken Zuraida, memang ahli menulis skenario. “Bahkan sejak Mas Willy ada pun, Mbak Ida (panggilan Ken Zuraida, red) sudah banyak menulis skenario,” katanya.

Iwan optimistis mereka tetap eksis tanpa menjual nama Ren-dra, sebab bagaimanapun denyut nadi Bengkel Teater harus terus dilanjutkan dengan atau tanpa Rendra. “Ini sama seperti dulu. Ketika Mas Willy dipenjara, kami terus jalan. Sekarang kami juga harus jalan terus,” ujarnya.

Iwan yang juga membina Teater Baling-baling itu mengatakan, pengelolaan Bengkel Teater tetap ditangani Ken Zuraida. Ken memang salah seorang yang mengatur Bengkel Teater ketika Rendra masih ada. Dia juga yang mengatur manajemen pengelolaan kawasan tersebut. “Mbak Ida pasti mampu. Wong dulu itu Mas Willy malah yang sering keliling, Mbak Ida yang nangani semua,” tuturnya.(*)

SBY Ucapkan Terima Kasih kepada Seluruh Rival

Pada Pidato Kemenangan Tadi Malam

JAKARTA - Pidato peneri-maan atau acceptance speech capres terpilih Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tadi malam menjadi akhir perhelatan Pemilu 2009. Selama 22 menit, dengan diselingi 28 kali tepuk tangan, SBY menyampaikan pidato yang berisi ucapan terima kasih, aja-kan bersatu kembali, serta janji membentuk pemerintahan yang lebih baik.

Ucapan terima kasih SBY diucapkan kepada rival-rival-nya. Megawati Soekarno Putri, Prabowo Subianto, Jusuf Kalla, dan Wiranto disebut pertama kali secara berturut-turut. “Mereka adalah putra-putri bangsa, yang memberikan kemajuan terbaik bagi demokrasi kita,” kata SBY.

SBY juga berterima kasih ke-pada Komisi Pemilihan Umum (KPU), KPUD, Bawaslu, Pan-waslu, Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, Polri, dan Pemda. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh masyarakat dan para pendu-kungnya.

SBY mengatakan, Pemilu 2009 merupakan tonggak sejarah bang-sa untuk menegakkan kedaulatan rakyat dan melaksanakan suksesi politik secara langsung dan berka-la. “Ini menunjukkan, bangsa In-donesia bisa menyelenggarakan kompetisi politik secara patut, teratur, dan beradab,” ujarnya.

SBY menyampaikan pidato penerimaan di depan sekitar 2.000 pendukung yang memadati tempat duduk yang mengitari

panggung terbuka di depan Hall D JI Expo Kemayoran, Jakarta. Dengan skala yang lebih kecil, desain panggung dibuat mirip dengan yang digunakan Presiden AS Barrack Obama saat menyam-paikan pidato serupa.

Seluruh tenda dihias kain merah-putih. Berbeda dari saat kampa-nye, unsur biru, warna kebesaran Partai Demokrat, sama sekali hi-lang dalam tatapanggung. 23 ben-dera Merah-Putih dipancangkan sebagai latar panggung. Mungkin sengaja disamakan dengan jumlah partai yang tergabung dalam ko-alisi pendukung SBY-Boediono. Selain simpatisan, para pentolan partai pendukung, tim kampanye, dan tim relawan juga hadir. Ketua Timkamnas Jusuf Kalla-Wiranto, Fahmi Idris, juga tampak hadir.

Penyanyi Rio Febrian, Gita KDI, Mike Mohede, dan Joy Tobing, turut menyemarakkan pesta ke-menangan tadi malam. Cawapres terpilih Boediono sama sekali tidak menyampaikan pidato. Boediono hanya menghampiri SBY ke atas panggung setelah SBY selesai pidato, dengan disu-sul Ani Yudhoyono dan Herawati Boediono.

SBY mengatakan, dirinya ber-sama Boediono akan menjalankan pemerintahan untuk semua, baik yang mendukung maupun yang tidak, baik yang ikut pemilu maupun yang tidak. “Mari kita tinggalkan atribut-atribut, sem-boyan-semboyan, dan yel-yel pemilu, untuk menyambut ke-bersamaan sebagai bangsa yang satu,” ujarnya.

Dia menambahkan, dirinya akan segera mempersiapkan kabinet baru, yang terdiri atas tenaga yang kompeten, bersih, jujur, dan penuh dedikasi. Untuk itu

dirinya memastikan adanya pakta integritas dan kontrak kinerja dari anggota kabinetnya.

“Kabinet yang terbaik, pro-fesional, dari semua kalangan, baik partai politik maupun non-partai, dan memastikan kabinet siap bekerja sejak hari pertama dilantik,” katanya.

Selama sekitar lima menit, SBY juga menyampaikan pidato dalam bahasa Inggris, yang khusus ditu-jukan untuk masyarakat internasi-onal. SBY menganggap dukungan dari dunia internasional sebagai bagian kesuksesan. “Thank you for our foreigner friends, as a part of our success,” ujar SBY. Kepada dunia internasional, SBY menegaskan bahwa melalui pemilu, demokrasi di Indonesia akan menjadi pilihan yang tak akan pernah diubah.

Di tempat terpisah, pidato ke-menangan tersebut mendapat apresiasi dari anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) I Gusti Putu Artha. Menurut dia, pidato itu memang cukup pantas dilaku-kan. Pidato tersebut diberikan setelah putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) tentang seng-keta pilpres rampung. “Jadi kalau semuanya sudah beres, tidak ada sengketa, baru menyampaikan pidato kemenangan. Itu sudah benar, ujarnya di gedung KPU kemarin (20/8).

Namun Putu mengakui, tidak ada peraturan yang membatasi untuk melakukan itu. Hal terse-but memang tidak pernah diatur. “Tapi yang lebih baik memang menunggu tahap sengketa pilpres di MK selesai terlebih dahulu. Di negara-negara maju, pidato kemenangan memang baru di-lakukan setelah semua tahapan rampung,” katanya.(jpnn)

Sri Mulyani Nomor 71 -------------------------------------- dari hal 1

Lanjut Hutankan Kota dan Bangun Amphitheatre ------------------------------ dari hal 1

SBY Tepis Anggapan Tak Pernah Bertempur ------------------------------------- dari hal 1

Napi Kerinci Dibekuk di Bungo ------------------------------------------------------ dari hal 1juga dimasukkan dalam register napi tingkat F (napi yang tercatat melanggar tata tertib). Selain itu, Nanda juga tidak berhak mendapatkan pembebasan ber-syarat. “Untuk mendapatkan cuti jelang bebas dan cuti bersyarat serta asimilasi, juga tidak bisa didapatkan lagi oleh Nanda,” ujarnya.

Untung, kata Sapto lagi, Nanda cepat tertangkap. Sapto berala-san, jika Nanda telah ditetapkan

sebagai daftar pencarian orang (DPO), permasalahannya akan lain dan cara penangkapan pun pasti berbeda.

Sebelumnya, setelah Nanda ka-bur, pihak rutan telah melakukan pengejaran Nanda ke berbagai daerah, seperti Kota Jambi, Bungo, Kualatungkal, Merangin, dan juga Kota Padang, Sumatera Barat.(*)

Tiga Panitia Lelang ------------- dari hal 1

Angkat Barbel 1 Kg ------------- dari hal 1

(Papua), Ternate (Maluku Utara), Kupang (NTT), Makassar (Sulsel), Semarang (Jateng), Tanjung Ko-dok-Lamongan (Jatim), Condro Dipo-Gresik (Jatim), Lhoknga (Aceh) dan Bandung (Jabar), hilal masih negatif.

Ketua Laznah Falaqiah NU Ah-mad Ghazali Masruri tampak mem-rotes keputusan Muhammadiyah yang mengeluarkan keputusan terlalu dini terkait jatuhnya awal Ramadan. Secara implisit, dia mengingatkan agar semua ormas menghormati pemerintah dengan tidak terburu-buru mengeluarkan hasil hisab maupun rukyah sebelum sidang isbat. Dia mencontohkan bahwa sejak NU didirikan, pedo-man yang dipakai adalah rukyatul hilal didukung oleh data hisab. “NU juga melakukan hisab karena kita punya kalender, tetapi hisab itu perlu dilakukan koreksi dengan rukyah. Jadi kami harap meng-hormati pemerintah dan tentunya forum sidang isbat,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, wakil Muham-madiyah, Abdul Fatah Wibisono,

mensyukuri keputusan pemerintah yang menetapkan awal Ramadan jatuh pada 22 Agustus 2009. Mu-hammadiyah juga telah mengeluar-kan keputusan tersebut dengan isi yang serupa sejak beberapa pekan lalu. “Kami juga setuju usulan NU agar rukyatul hilal dilakukan setiap bulan,” kata wakil sekretaris Majelis Tarjih Muhammadiyah tersebut tanpa menanggapi protes NU.

Wakil Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Jamaluddin merasa khawatir dalam penentuan awal Ramadan dan 1 Syawal yang sering terjadi perbe-daan. Dia pun mengusulkan agar Depag secepatnya menyusun formula untuk “mendamaikan” perbedaan tolok ukur antara NU-Muhammadiyah. Terutama karena potensi terjadi perbedaan awal Ra-madan dan Idul Fitri kemungkinan akan muncul tahun depan. “Kalau kriterianya masih seperti ini, tahun depan bisa terjadi perbedaan,” kritiknya. “Lapan siap menjadi tim perumus untuk dapat mendiskusi-kan perbedaan itu.”(jpnn)

Sidang Isbat Putuskan Sabtu Mulai Puasa ------------- dari hal 1

Awal Puasa, Densus Sisir Jawa Lagi JAKARTA- Anggota Densus 88 Mabes

Polri akan mengawali puasa Ramadannya di luar Jakarta. Mereka menindaklanjuti hasil pemeriksaan Ali Muhammad bin Abdillah yang menyebut sejumlah tempat pertemuan dengan Saefuddin Jaelani. Kota-kota yang sebelumnya sudah pernah disanggong kini didatangi lagi.

“Ada tim yang follow up hasilnya ke Jogja dan Solo,” kata sumber Jawa Pos (induk Jambi Independent) saat ditemui di Masjid Al Ikhlas Mabes Polri, kemarin. Namun, yang dikirim hanya beberapa orang saja. “Bukan tim CRT (Crisis Response Team, tim penyergap),” katanya.

Dari pemeriksaan sementara Ali Muham-mad mengaku kenal Saefuddin Jaelani alias Syaifuddin Zuhri. Keduanya bersama dengan Iwan Herdiansyah merancang pola masuk dana dari Timur Tengah. “Dia juga menyebut nama-nama tokoh. Mereka ini sudah dalam daftar pengintaian kami,” katanya.

Tokoh itu hanya diintai dan tidak ditangkap karena Densus tak ingin timbul pro kontra yang tajam terkait upaya memberangus ja-ringan Noordin M Top. “Sudah ada indikasi yang menguat. Lihat saja, hari ini ada acara besar yang menentang upaya-upaya kami,”

katanya sembari menyebut sebuah acara di Jakarta Pusat yang diselenggarakan oleh salah satu ormas Islam.

Menurut Ali, tokoh-tokoh itu menjadi tuan rumah selama seseorang yang dipanggil Syekh itu berada di Indonesia. “Mereka yang mengundang, tokoh itu juga memfasilitasi. Soal tempat tinggalnya diatur juga oleh Iwan dan Ali,” katanya.

Saat ini Syekh itu sudah berada di negerinya. “Kita sedang mengajukan permintaan melalui Interpol untuk berkoordinasi penanganan terhadap sang Syekh,” katanya. Meski begitu, polisi tak mau gegabah karena diperlukan bukti-bukti kuat untuk menjeratnya, termasuk bukti yang kuat untuk menangkap tokoh In-donesia yang mamfasilitasi. “Karena itu yang dikejar Saefuddin dulu. Dari informasi Ali, polanya sudah terbaca,” ujar sumber itu.

Saefuddin punya tempat rutin untuk ber-temu dengan Ali. Yakni sebuah masjid di sebuah kabupaten di wilayah DI Jojakarta. “Kedoknya pengajian,” katanya. Selain itu, Ali juga menyebut beberapa tempat di Solo, Jawa Tengah.

Bagaimana dengan Noordin? “Sementara ini, kami masih meyakini dia di Jawa,” katanya sembari mengajak Jawa Pos untuk

salat Asar berjamaah karena sudah adzan. Usai salat, sumber itu mengambil kertas. Dia menggambar sebuah lingkaran besar dengan garis zig-zag. “Pergerakan Noordin selalu seperti ini, bergeser dengan pola yang tidak rutin,” katanya.

Bagaimana dengan wilayah perbatasan, Kalimantan Timur ? “Peluangnya sangat kecil, walau bukan berarti tidak mungkin,” katanya. Sejak H+ 1 pengeboman terjadi, pihak Imigrasi telah mendapat permintaan khusus untuk mengawal ketat perbatasan baik pintu masuk maupun pintu keluar. “Model burqa (pakaian bercadar) juga baru akan digunakan Noordin dalam kondisi amat terpaksa. Dia faham betul hukumnya lelaki berbaju menyerupai perempuan,” katanya.

Terpisah, Kadivhumas Mabes Polri Irjen Nanan Soekarna mengaku belum tahu perkembangan pemeriksaan Ali dan Iwan. “Sedang didalami oleh penyidik, hasilnya apapun tentu dikembangkan,” kata jenderal alumnus terbaik Akpol 1978 itu.

Dia juga enggan mengomentari spekulasi keberadaan Noordin sekarang. “Kalaupun saya tahu juga bukan untuk dimuat di koran. Tapi beneran, saya tidak tahu,” kata mantan Kapolda Sumatera Utara itu.(jpnn)

Stamina meningkat dan air SuSu LancarKet ika d i temui pekan ke t iga Februari 2009 yang lalu, penduduk Jalan Daeng Tata Satu, Kelurahan Jongaya, Kecamatan Tamalatte, Kota Makassar, in i baru satu bulan usai melahirkan anaknya yang ketiga. Namun, ada satu hal yang ia lakukan, yang cukup berbeda dari yang dilakukan ibu-ibu menyusui lainnya. Apa itu? Wanita berusia 28 tahun tidak meminum susu khusus untuk ibu hamil dan menyusui sama sekali. Jadi? Yang ia minum hanyalah ZENA-600, sari bubuk kacang hijau dan kedelai, sejak ia masih hamil. “Saya rutin dua kali sehari meminumnya,” ucap ibu rumah tangga yang bernama Irawati ini. Hasilnya? “Badan bugar, melahirkan normal, tidur nyenyak, bayi sehat, dan air

susu lancar,” ujarnya. “Selain itu, stamina saya terasa meningkat walaupun baru habis melahirkan. Buktinya, sekarang saya tidak terlalu lelah dalam bekerja, seperti ibu-ibu lain yang baru melahirkan,” tambahnya.

Dalam buku Kacang Hijau, ka-rangan Ir. H. Rahmat Rukmana, dikatakan, permintaan terhadap produksi kacang-kacangan pada masa mendatang diperkirakan me-ningkat sejalan dengan pertambah-an jumlah penduduk dan perbaikan gizi. Di Indonesia, untuk kacang-ka-cangan, pengembangan budidaya kacang hijau menempati urutan ketiga setelah kedelai dan kacang tanah. Kandungan gizi kacang hijau adalah protein, lemak, karbohidrat,

kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Protein-nya terdiri atas asam amino esensial sep-erti leusin, isoleusin, lisin, metionin, fenilal-anin, treonin, valin, serta asam amino nonesensial seperti alanin, arginin, asam aspartat, asam glu-tamat, glisin, tripto-fan, dan tirosin. Se-nyawa-senyawa ini, yang juga ditemukan pada kedelai, sangat banyak menfaatnya bila dikonsumsi rutin. Bahkan pada kedelai ada senyawa isoflavon yang me-nonjol manfaatnya. Selain sebagai

antioksidan yang bisa memper-lambat penuaan sel, ia berperan

dalam memper lan-car metabolisme dan meningkatkan sistem imun tubuh. Ir. Purwo-no dan Rudi Haryono, S. P. di dalam buku mereka yang juga ber-judul Kacang Hijau mengatakan, kacang hijau merupakan ba-han makanan sumber protein kedua setelah susu skim kering. Na-mun, bila dibanding-kan dengan kacang-kacangan la innya, kandungan protein

kacang hijau menempati urutan ketiga setelah kedelai dan kacang

tanah. Akan tetapi, khusus untuk makanan bayi, selama ini bubuk kacang hijaulah yang banyak di-gunakan. Walaupun demikian, yang lebih penting untuk dilakukan tentu menjaga pola hidup yang sehat, seperti menjaga pola makan dengan baik, berolahraga dengan teratur, beristirahat dengan cukup, meminum air putih dengan cukup, dan beberapa lainnya.

Kendati belum lama beredar, Zena-600 sudah laku di seluruh wilayah pemasarannya. Hal itu tak lepas dari manfaatnya yang nyata dan produknya yang diolah higienis. Selain itu, formulanya merupakan penyempurnaan dari formula-for-mula kedelai bubuk yang selama ini mulai banyak beredar di pasaran.

Dan ini amat ditunjang oleh mulai sadarnya masyarakat untuk bera-lih ke bahan-bahan nabati alami dalam memelihara kesehatan. Tapi, produk ini bukanlah obat melainkan makanan kesehatan untuk memeli-hara kondisi tubuh. Untuk konsultasi kunjungi segera [email protected] atau telepon (021) 70288 540 hubungi distributor Prov. Jambi: 08128361 642. Subdist Kerinci: 0813663601 40, Subdist Bangko: 08127350234, Subdist Batanghari: 0812741751 78, Subdist Tebo: 085274 776210.

Irawati

Page 3: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

Jambi Independent jumat, 21 agustus 2009

Musim Terbaru, Sensasi Baru!

JAMBI–Liga Italia kembali lagi di jaringan TV berbayar Tel-komVision dan Yes TV! Artinya setelah dua periode sejak tahun 2007, pelanggan Telkomvi-sion dimanjakan dengan si-aran kompetisi bergengsi dan bermutu dari Liga Italia. PT Indonusa Telemedia sebagai perusahaan yang menjalani produk TELKOMVision dan YESTV, kini kembali diper-caya sebagai official broad-caster untuk kategori PAY TV yang akan menayangkan per-tandingan Liga Italia Serie-A untuk musim 2009/2010.

Pada musim kali ini, TEL-KOMVision menggandeng Telkomsel akan menayangkan 190 pertandingan Liga Italia serie–A dan 29 pertandingan Coppa Italia 2009/2010. Agar pelanggan TELKOMVision-YESTV dapat menyaksikan lebih dari satu pertandingan dalam satu waktu, maka TEL-KOMVision telah memper-siapkan kanal-kanal channel yang akan menyiarkan per-tandingan tersebut meliputi channel TELKOMVision 1, TELKOMVision 2 dan Ten Sports.

Ajang kompetisi bergengsi ini akan dibuka dengan per-tandingan Bologna melawan Fiorentina. Dua klub ini di beri kehormatan sebagai klub pembuka pertandingan Liga Italia yang akan

saling berduel pada tang-gal 22 Agustus mendatang. Bambang Lusmiadi selaku Di-rektur Content & Marketing TELKOMVision menuturkan salah satu strategi marketing

untuk dapat meningkatkan jum-lah pelanggan TELKOMVision maupun YESTV ialah dengan memberikan siaran-siaran yang disesuaikan dengan kebutuhan keluarga Indonesia. Dimana salah satu caranya yaitu dengan menayangkan pertandingan Liga Italia Serie-A dimana Liga Italia Serie-A ini merupakan siaran olahraga yang memiliki penggemar cukup banyak di Indonesia.

Kehadiran Liga Italia serie-A musim 2009/2010 sudah sangat ditunggu-tunggu oleh para pe-nikmat bola mania di negeri ini. Pasalnya, pemain-pemain baru akan mewarnai kancah per-tandingan bergengsi ini. Sebut saja Ronaldinho dan Samuel Etoo. Dinho selama ini dikenal sebagai pemain yang kerap kali berlaga di ajang Liga Brazil sedangkan Etoo sebelumnya merupakan pemain handal di klub Barcelona dan kerap kali mewarnai ajang liga Spanyol. “Pemain-pemain kelas dunia yang hadir dalam Liga Italia kali ini dipastikan bakal mera-maikan kompetisi sekaligus memberikan sensasi tersendiri bagi penggila sepak bola di In-donesia,” tandas Bambang.

Tentu kehadiran para pemain-pemain baru ini di kancah kom-petisi pertandingan Liga Italia serie–A akan membawa sensasi tersendiri yang akan memacu adrenalin para penontonnya. Dalam Liga Italia Serie–A ini, kita akan sama-sama buktikan kekuatan masing-masing klub yang akan di perkuat oleh pe-main-pemain handalnya. Dis-amping suguhan pertandingan kelas dunia Liga Italia yang ditampilkan, program sampin-gan yang akan mengikuti setiap kompetisi yang disiarkan akan

menyajikan kuis-kuis seputar bola dengan hadiah-hadiah me-narik. Tidak ketinggalan ulasan bola dari pengamat sepakbola dari persepakbolaan Indonesia akan mewarnai pertandingan menjadi jauh lebih bermakna.

“Diharapkan kompetisi yang disiarkan juga bisa dijadikan sebagai pembelajaran bagi dunia persepakbolaan Indone-sia menjadi lebih baik. Kami yakin bahwa siaran ini akan terus dinanti oleh pelanggan dan pecinta olahraga khusus-nya pecinta sepak bola,” jelas Bambang lagi.

Tidak hanya pelanggan jarin-gan TV berbayar TELKOMvi-sion yang dimanjakan den-

gan pertandingan kelas dunia, pelanggan Telkomsel juga bisa menikmati semua siaran Liga Italia Serie A melalui video streaming bila handphonenya sudah memiliki fasilitas 3G. Apa yang dilakukan PT Indo-nusa Telemedia dengan mem-berikan layanan lebih ini meru-pakan komitmen perusahaan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. Oleh karena itu, paketpaket kompetisi yang ditawarkan juga menarik dan terjangkau.

Ditambahkan oleh Bambang, untuk mengakomodir para pecinta bola mania yang ingin menyaksikan pertandingan Liga Italia Serie-A musim

2009/2010, maka TELKOM-Vision dan YESTV juga akan menawarkan paket-paket khu-sus. Untuk TELKOMVision, tayangan liga Italia Serie A bisa didapatkan di voucher Olah Raga Plus, Special Seru Plus, Keluarga Sportif Plus, dan paket Combo dengan harga mulai dari Rp 90.000,-. Sedan-gkan untuk YESTV Pra Bayar (voucher), tayangan Liga Italia Serie–A dapat dinikmati pada voucher Dunia Arena, Dunia ceria dan Dunia Bahagia dan untuk YESTV Post Paid (ber-langganan bulanan) tayangan tersebut dapat dinikmati pada Paket Perunggu, Perak, dan Emas.(*)

Mudah Mudik Indosat 2009

JAMBI-Terus berkomitmen memberikan nilai tambah baik bagi pelanggan setianya mau pun masyarakat luas, Indosat kembali menghadirkan program Mudik yang merupakan kegiatan tahu-nan di bulan Ramadan. Di tahun ini, tema yang diambil adalah “Mudah Mudik Indosat 2009”, dimana pelanggan Indosat akan memperoleh banyak kemudahan dalam berkomunikasi ataupun mendapatkan kemudahan fasili-tas selama perjalanan mudik.

Di tahun ini, Indosat beker-jasama dengan sponsor/mitra melalui program Mudik Koali-si dalam menyediakan fasilitas pendukung mudik pelanggan. Indosat juga memberikan tarif murah bagi pelanggan untuk berkomunikasi dengan sanak keluarga. Program Mudah Mu-dik Indosat 2009 ini berlaku mulai 18 Agustus–30 Septem-ber 2009.

Indosat terus berkomitmen untuk memberikan nilai lebih bagi para pelanggan. Dalam program Mudah Mudik In-dosat 2009 yang merupakan bentuk apresiasi Indosat bagi pelanggan setia, Indosat mem-berikan berbagai fasilitas pen-dukung bagi pelanggan yang melaksanakan mudik untuk bertemu dengan keluarga ter-cinta. “Berbagai kemudahan bisa diperoleh, antara lain Rest Area, Rumah Makan Mudik, Bazaar Ramadhan, Drive Thru Zone, ke-mudahan mendapatkan fasilitas pembelian kartu perdana Indosat maupun isi ulang voucher serta fasilitas pendukung lainnya”, demikian disampaikan Syakieb A. Sungkar, Chief Sales Officer Indosat.

Dalam program Mudah Mu-dik Indosat 2009, program-program yang di tawarkan antara lain, Paket Mudik IM3 dan Mentari yakni dalam men-dukung kemudahan berkomu-nikasi, Indosat memberikan t awaran mena r ik dengan menghadirkan Starter Pack (SP) Mudik IM3 dengan fasili-tas Gratis nelpon 60 menit ke sesama anggota IM3 GRUP dengan sebelumnya mendaf-tarkan 4 anggota dengan 1 inisiator.

Indosat juga menghadir-kan SP Mentari dengan pro-

gram Ribuan Kali Nelpon hanya Rp 1000, - per har i serta ‘Murahnya berani Di-adu.

Program la innya ada lah VAS (i-menu *123#) yang merupakan layanan content interaktif dan menyenangkan yang berbentuk Tausyiah, Info Mudik (hotel, lokasi ATM, Galleri Indosat, SPBU, Rumah Sakit dan Kantor Polisi, jadwal sholat), Interaktif Quiz, In-teraktif Games, Lagu Islami, Gambar Islami, Games Down-load, i-Ring, Donasi serta Do’a. Caranya cukup mudah, tekan *123#, lalu OK/CALL. Pilih menu Mudik 2009. Bagi pelanggan yang ingin mem-berikan donasinya untuk kes-ehatan dan pendidikan Dhuafa bisa mengetik CDF, kirim ke 5000. pelanggan juga dapat mengaktifkan layanan i-Ring 808 dengan i-Ring Ramadan.

Ada juga Posko Mudik, untuk lebih memberikan pelayanan kepada pelanggan selama fase mudik, Indosat menyediakan rest area di Sumatera, Jawa dan Sulawesi. Di rest area ini, Indosat menyediakan berbagai fasilitas antara lain Musholla, bale-bale untuk istirahat, taman bermain anak-anak, kamar mandi dan toilet, pijat segar serta makanan dan minuman dingin.

Selain fasilitas tersebut, Indo-sat juga menyediakan layanan telekomunikasi gratis serta layanan Internet melalui Wi Fi di Rest Area Rumah Mudik Indosat. Para pemudik juga dapat menikmati makanan di Rumah Makan Mudik Nya-man Indosat di sepanjang jalur mudik. Untuk penjua-lan produk-produk Indosat, tersedia Drive Thru Zone bagi para pengunjung yang ingin melakukan pembelian Vouch-er, isi ulang, ataupun mem-peroleh layanan informasi terkait produk Indosat.

“Kami berharap program Mudah Mudik Indosat 2009 ini dapat memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi para pelanggan Indosat selama me-lakukan perjalanan mudik.

P r o g r a m i n i j u g a d a p a t dinikmati pelanggan selama bulan Ramadan,” Syakieb A. Sungkar. (*)

Liga Italia Serie-A 2009/2010

Page 4: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

Jambi Independentjumat, 21 agustus 2009

dipar kusmi, Kerinci

Bandara Muarabungo Telan Biaya Rp 517 Mdwy setyowati,

Muarabungo

Pemkab Targetkan 2011 Sudah Beroperasi

PeMBangunan Bandar Uda­ra (Bandara) Muarabungo yang di­targetkan selesai pada 2011, saat ini dalam tahap pengerjaan tiang pancang terminal utama. Bahkan Bu­pati Bungo Zulfikar Achmad optimis pembangunan Bandara Muarabungo akan rampung pada 2011, dengan alokasi dana anggaran melalui APBD dan APBN.

Lebih lanjut, pembangunan Banda­ra Muarabungo untuk saat ini belum menemui kendala berarti. Namun

dalam hal pendanaan, pengerjaan Bandara harus diupayakan secara gigih. “Kita tetap optimis bahwa pembangunan Bandara Muarabungo rampung pada 2011, dan dalam hal pendanaan akan kita diupayakan maksimal,” tegasnya.

Untuk diketahui, pembangunan bandara tersebut tidak sedikit me­nyedot anggaran. Bahkan pemerintah pusat juga telah menganggarkan melalui APBN sebesar 23 miliar. Proyek itu diperkirakan menelan dana mencapai Rp 517 miliar yang berlokasi Desa Sungaibuluh, Keca­matan Rimbotengah.

Bahkan dari alokasi anggaran AP­BD, Pemkab bungo sejak 2004 hingga 2009 telah mengalokasikan sebesar Rp 138 miliar. “Ini baru untuk keg­iatan perencanaan, pembebasan, dan pembersihan lahan. Termasuk pem­bangunan prakonstruksi tahap I, II,

Tak aktif, Disperindagkop Teboancam Bekukan Koperasi

Kantor Perizinan Dinilai Kurang Produktif

dan III,” tambah Zulfikar Achmad. Berikutnya, kata Zulfikar, keg­

iatan tersebut untuk relokasi sungai, pemotongan bukit, dan penimbunan untuk pematangan lahan landasan pacu serta pengerjaan fasilitas sisi darat, yakni bangunan terminal penumpang dan menara pengawas. “Khusus untuk pengerjaan menara pengawas dikerjakan kontraktor perusahaan Faesa. Itu direncanakan akan dikerjakan selama dua tahun, 2009­2010,” sambungnya.

Terpisah, anggota DPRD Bungo Hasan Ibrahim mengharapkan proyek pembangunan Bandara Muarabungo dapat diselesaikan tepat waktu dan ang­garan yang digunakan transparan.

“Saya mengharapkan agar mega­proyek itu dapat tepat waktu sesuai perencanaan. Selain itu, mengenai dana anggaran penggunaan dana, harus transparan,” ungkap politisi

dari PPP itu. Untuk diketahui, saat ini per­

kembangan pembangunan Ban­dara Muarabungo yang dimulai pada 2006, yakni pembukaan areal (land clearing) dan prakonstruksi tahap I melalui APBD Bungo 2006 sebesar Rp 7,8 miliar. Sementara untuk pem­bukaan areal dan prakonstruksi tahap

II melalui APBD Bungo 2007 sebesar Rp 22,1 miliar serta tahapan pengerjaan lainnya atau tahap III meng­gunakan APBD Bu­ngo 2008 sebesar Rp 22,74 miliar. (*)

Jasa Pelayanan Baru Berjalan 20 persen

atau pihak ketiga, keberadaannya seakan tanpa aktivitas.

Itu terbukti di beberapa daerah lain, keberadaan Kantor Pelay­anan Perizinan Terpadu hampir setiap hari padat aktivitas. Namun di Merangin terlihat para petugas kantor bersantai tanpa aktivitas berarti.

“Ya, memang sepi aktivitas di kantor ini. Sejauh ini, warga masih melakukan pengurusan perizinan ke berbagai instansi terkait sesuai tupoksi izin yang diajukan. Ala­

sannya saya tidak tahu, karena itu urusan pimpinan,” ungkap seorang staf yang enggan naman­ya disebut kemarin (20/8).

Sementara, dari pantauan beber­apa warga yang melakukan pen­gurusan izin, masih melakukan ke masing masing instansi sesuai tupoksi izin yang diajukan. “Se­jauh ini, pihak instansi terkait tidak menyuruh kita untuk melengkapi ke Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu,” ungkap Wardi, warga yang tengah melakukan pen­gurusan izin di Diskoperindag Merangin.

Terpisah, Kepala Kantor Pe­layanan Perizinan Terpadu Me­rangin Safarali mengakui, masih banyak warga yang mengurusi berbagai kebutuhan administarsi perizinan ke dinas terkait. (ctr)

MuaRaTeBO ­ Dinas Perin­dustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Tebo mengancam akan membekukan koperasi yang su­dah tidak beroperasi lagi. Hal itu dilakukan memperbaiki pendataan jumlah koperasi di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Tebo Taufik Thaib me­ngatakan, langkah pembekuan koperasi yang tidak aktif terse­but akan diambil guna mener­tibkan kembali koperasi yang ada. Hal itu karena koperasi yang tidak aktif hanya mem­buat catatan yang kurang baik

terhadap perkoperasian yang ada di wilayahnya.

Mengenai kapan pembekuan koperasi, Taufik merencanakan mulai melakukannya Oktober mendatang. Saat ini pihaknya masih melakukan inventarisasi ulang kondisi koperasi di Tebo. Dari inventarisasi, akan diketa­hui berapa jumlah riil koperasi yang tidak aktif. “Jika sudah tidak bisa dibina, akan segera kita bekukan,” tambahnya.

Tentu koperasi yang dibeku­kan jangan sampai mening­galkan beban tagihan mod­al atau bantuan yang harus dikembalikan ke negara. Jika

masih memiliki kewajiban mengembalikan bantuan, pihak koperasi harus tetap mengem­balikanya.

“Kecuali jika bantuan terse­but berupa modal usaha per­tanian dan terkena imbas dari bencana alam atau musibah. Itu pun masih tetap dipelajari dan belum tentu bisa tidak bayar, namun baru akan diusulkan ke pemerintah pusat,” sebutnya.

Soal data koperasi di Tebo, Taufik menyebutkan, hingga saat ini jumlah koperasi yang tidak aktif mencapai 106 unit koperasi dari 270 unit jumlah total koperasi yang tercatat

di Disperindagkop dan UMK Tebo. Jumlah koperasi yang aktif hanya 164 unit. “Itu berarti sekitar 40 persen dari jumlah koperasi yang ada,” ujarnya kemarin.

Taufik menjelaskan, 106 unit koperasi yang tidak aktif terse­but berasal dari koperasi primer dan koperasi sekunder. Dari jumlah itu, 104 unit merupakan koperasi primer. Sementara dari 104 koperasi primer yang tidak aktif, paling banyak merupakan koperasi tani sebanyak 35 unit, koperasi lainya 28 unit, koperasi unit desa (KUD) 25 unit. (amu)

BangKO – Setelah berdiri beberapa bulan lalu, hingga saat ini keberadaan Kantor Pelayanan Per­izinan Terpadu Pemkab Merangin dipertanyakan banyak pihak.

Betapa tidak, kantor tersebut yang notabane berfungsi untuk mengurusi kelengkapan admin­istrasi perizinanan dari warga

Lapangan Merdeka yang Kini Milik Pemkot Sungaipenuh

Gunakan Lapangan, Pemkab Kerinci Harus IzinLapangan merdeka sungaipenuh

merupakan salah satu lapangan kebanggaan masyarakat kerinci sebelum wilayah itu dimekarkan.

Namun setelah pembentukan kota sungaipenuh, lapangan itu

sempat diperebutkan, khusus-nya menjelang perayaan Hut ri

lalu. pasalnya, tanah yang dijadi-kan Lapangan merdeka ini adalah

tanah adat milik depati Nan Bertujuh sungaipenuh, sehingga

pemkab kerinci tidak berhak menggunakannya. Bagaimana

kondisinya saat ini?

LaPangan Merdeka terletak tepat di tengah Kota Sungaipenuh. Dengan luas sekitar 150x100 meter, Lapangan Merdeka biasa dimanfaatkan Pemkab Kerinci untuk memperingati hari­hari besar nasional dan hari besar agama. Selain itu, Lapangan Merdeka juga sering digunakan untuk kegiatan olahraga seperti sepak bola. Kegiatan olahraga tersebut dapat berupa pertandingan maupun untuk latihan.

Di Lapangan Merdeka terdapat sebuah jam gadang yang dibangun pada 1989 saat pemerintahan Bupati Hasmi Muktar. Jam gadang dibangun sebagai hadiah dari Partai Golkar untuk masyarakat Kerinci karena pada saat itu Golkar 100 persen memenangkan pemilu legislatif.

Selain jam gadang di Lapangan Merde­ka, juga terdapat tribun tertutup dan tribun terbuka untuk acara­acara besar seperti peringatan 17 Agustus dan pertandingan sepakbola. Tribun tertutup yang terletak tepat di depan Gedung Nasional itu biasa digunakan sebagai tempat pembukaan acara dan tamu undangan. Sedangkan tribun terbuka yang terletak di sekeliling lapangan berguna untuk tempat duduk masyarakat yang menyaksikan acara di lapangan tersebut.

Selain itu, di Lapangan Merdeka kini dibuat dua gawang bola untuk tim sepak­bola yang berlatih dan bertanding. Saat ini juga dibangun dua WC di samping kiri dan kanan Lapangan Merdeka. Semua fasilitas tersebut dibangun pada pemerintahan Bupati H Fauzi Si’in.

Setelah pemekaran wilayah, Lapangan Merdeka menjadi aset Sungaipenuh. Karena itu, sebelum peringatan HUT ke­64 RI, Lapangan Merdeka sempat di­perebutkan Pemkab Kerinci dan Pemkot Sungaipenuh.

Lembaga Kerapatan Adat (LKA) De­pati Nan Bertujuh yang mewakili masyarakat Kota Sungaipenuh kemudian menyurati Pemkab Kerinci dengan perihal keberatan atas penggunaan Lapangan Merdeka Su­ngaipenuh oleh Pemkab Kerinci.

Lembaga Kerapatan Adat Depati Nan Bertujuh menyampaikan pernyataan sikap LKA Depati Nan Bertujuh supaya Lapangan Merdeka dipakai oleh Pekot Sun­gaipenuh dan tidak dipakai Pemkab Kerinci. Surat LAK Depati Nan Bertujuh tertanggal 6 Agustus 2009 itu ditandatangani ninik mamak dan lembaga kerapatan adat tiga dusun, yaitu Sungaipenuh, Pondok Tinggi, dan Dusun Baru.

Mereka menginginkan agar Lapangan Merdeka Sungaipenuh dipakai Pemkot Sungaipenuh sebagai tempat pelaksanaan HUT ke­64 RI, pelaksanaan upacara per­ingatan hari besar nasional, pelaksanaan salat Idul Fitri dan Idul Adha. Apabila lapangan akan digunakan selain pemerintah maupun masyarakat Kota Sungaipenuh, harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari Depati Nan Bertujuh. Lapangan Merdeka Sungaipenuh adalah tanah adat milik Depati Nan Bertujuh.

Namun setelah diadakan pertemuan kembali antara Pemkab, Pemkot, serta LKA, Lapangan Merdeka dapat dipakai secara bersama oleh Pemkab dan Pemkot dalam melaksanakan peringatan hari besar nasional, khususnya 17 Agustus 2009 lalu.

Kabag Humas Setda Kerinci Amir Syam mengatakan, Lapangan Merdeka masih dikelola Pemkab Kerinci, terlepas dari tamah adat. “Lapangan masih dikelola Pemkab Kerinci, sebelum penyerahan aset ke Kota Sungaipenuh,” katanya.(*)

LapaNgaN merdeka : kon-disi Lapangan merdeka yang saat ini masih perdebatkan. pemkab kerinci mengaku masih dikelola karena belum ada peny-erahan aset.

RAMPUNGdwy setyowati/jamBi iNdepeNdeNt

salah satu area bandara muarabungo yang mencapai 360 hektar. pembangunan bandara tersebut ditargetkan 2011 rampung yang menelan biaya mencapai rp 517 m

dip

ar

ku

sm

i/ja

mB

i iN

de

pe

Nd

eN

t

Page 5: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

Jambi Independent JUMAT , 21 AgUsTUs 2009

Nasib Zabak FM 102,3 MHz di Tengah Pantauan Tim Monitoring

Terkendala Izin, Berusaha Tetap Eksis

MUsRIP HULAIMI, Muarasabak

Ruang ukuran 4x5 meter itu tetap semarak oleh suara

penyiar. sejumlah lagu pesanan para pendengar tetap diudarakan. Begitu

pula agenda Ramadan yang setiap tahun menjadi teman

setia masyarakat Tanjab Timur dan kabupaten lain di

sekitarnya. Lantas bagaima-na Zabak FM menyikapi tim

monitoring?

Hampir dua tahun Zabak FM 102,3 MHz telah mengudara me-layani para pendengar di Tanjab Timur. Radio itu didirikan untuk melayani masyarakat Tanjab Timur yang sulit mendapatkan informasi maupun hiburan. Letak geografis

Tanjab Timur yang terpencar dan sulitnya listrik di sejumlah daerah, membuat masyarakat hanya bisa mendapatkan informasi dan hi-buran dari radio.

Sejak tim monitoring gencar melakukan pengawasan, gerak Zabak FM pun semakin sempit untuk bisa bersiaran. Padahal, sejumlah radio lain juga banyak yang belum mengantongi izin. “Kita sudah lama mengurus izin dari pusat tapi sampai saat ini belum juga kelar. Banyak juga radio di Jambi yang belum men-gantongi izin resmi,” ungkap Direktur Zabak FM Ges Yahya.

Awalnya radio itu hanya punya 100 watt dengan jangkauan 20-25 kilometer. Tapi setahun terakhir sudah menjadi 1.500 watt yang jangkauannya bisa mencapai Ba-yunglencir, Sumatera Selatan.

Besarnya sambutan masyarakat terhadap radio daerah itu mem-buat Zabak FM berusaha tetap eksis. Sejumlah iklan sempat mampir ke kantor Zabak FM, na-

mun jumlahnya tidak mencukupi untuk biaya operasional secara menyeluruh. “Tujuannya jelas agar masyarakat bisa mendapatkan informasi dan hiburan melalui radio.

Kita juga punya agenda Ramadan mulai dari beduk magrib, imsak, dan ceramah agama. Jadi kita masih fokus kepada pelayanan dan belum kepada profit,” jelas Ges.

Setiap pagi, Zabak FM mem-berikan informasi berita aktual kepada masyarakat yang diambil dari koran harian, termasuk Jambi Independent. Mulai dari berita nasional, politik, lokal hingga berita kriminal.

Para penyiar yang ada di Zabak FM semua dari Tanjab Timur. Mer-eka dididik dan diberi pelatihan tetang penggunaan alat sehingga bisa menjadi penyiar. Bahkan ang-gota DPRD Tanjab Timur Sabaruddin acap mengisi acara siaran. “Kita tidak menggunakan standar gaji layaknya radio lain, karena misi awal kita adalah melayani,” papar Ges.

Saat Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang dihadiri Pres-iden SBY, Zabak FM sempat bekerja sama dengan Paspampres untuk sosialisasi kegiatan Pres-iden. Informasi pelaksanaan mulai dari persiapan pemerintah daerah sampai pada hari-H, juga disiarkan Zabak FM. “Ini momen awal saat baru pertama kita siaran,” kata Ges mengenang.(*)

MUsRIP HULAIMI, Muarasabak

rp 3,1 miliar untuk Bantuan GapoktanDalam rangka meningkatkan taraf hidup

dan kesejahteraan petani di Batanghari, berbagai upaya terus dilakukan guna mengurangi beban hidup yang selama ini mereka rasakan. Antara lain melalui pemberian bantuan dana pengem-bangan usaha agribisnis perdesaan (PUAP) kepada desa-desa yang saat ini masih terbilang desa miskin.

Pada 2008 lalu, tercatat sebanyak 30 gabun-gan kelompok tani (gapoktan) di 30 desa dalam Batanghari berhasil mendapatkan bantuan itu. Dan pada 2009 terjadi peningkatan jumlah gapoktan penerima bantuan dana PUAP.

Tahun ini tercatat sebanyak 31 gapoktan yang dinyatakan menerima bantuan tersebut dengan total dana per gapoktan sebesar Rp 100 juta.

“Tahun lalu penerima ada 30 gapoktan dengan jumlah dana sebesar Rp 3 miliar. Sedangkan sekarang ada 31 gapoktan den-gan bantuan Rp 100 juta per gapoktan, jadi dananya untuk tahun ini sebesar Rp 3,1 miliar,” ungkap Kepala Badan Litbang Pertanian Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi Endrizal di sela kegiatan Apresiasi Gapoktan Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP) di aula kantor BPPKP Batanghari kemarin (20/08).

Menurut dia, setelah melihat perkembangan usaha para gapoktan penerima pada 2008, bantuan dana PUAP mampu mendongkrak peningkatan perekonomian warga miskin yang menerima bantuan tersebut. “Perkembangannya sudah lumayan bagus, meskipun masih ada juga agak lambat,” ungkap Endrizal.

Dia menambahkan, para gapoktan penerima bantuan tidak dibebankan mengembalikan dana itu kepada pemerintah. Hanya mereka dim-inta mengembalikan dana itu kepada gapoktan mereka masing-masing untuk pengembangan modal usaha mereka di masa datang. Dengan demikian, diharapkan bisa menjadi solusi dalam hal penyediaan dana yang selama ini sering dikeluhkan para petani di pedesaan. “Bantuan ini bisa menjadi akses sumber permodalan dalam rangka penanggulangan kemiskinan,” kata Endrizal.(lis)

Sekda ingatkan pegawai

Izin SITU SIUPMendominasi

Lebihi Waktu Libur Diberi Sanksi

menjelanG Ramadan, Sekda Tanjab Timur Eddy Kadir me-warning para pegawai negeri sipil (PNS) di Tanjab Timur agar tetap menegakkan disiplin dalam men-jalankan tugas. Apalagi disinyalir di dalam bulan puasa nanti bakal banyak pegawai yang akan me-nambah libur.

Ditegaskan, di bulan Ramadan, PNS tetap menjalankan tugas se-bagaimana biasa. Hanya waktu bekerja yang dikurangi sesuai ketentuan pemerintah pusat yang segera akan diedarkan pada se-tiap SKPD. “Hal ini kita lakukan sesuai surat edaran Menpan yang wajib secara nasional untuk di-laksanakan,” kata Eddy Kadir kemarin.

Bagi pegawai yang membandel hingga melebihi waktu libur dalam

Pengusaha Diminta Segera Mengajukan Izin

mUaraSaBaK-Pemerin-tah Kabupaten Tanjab Timur memberi peringatan keras (warning) kepada para pen-gusaha maupun pribadi agar dalam mendirikan bangunan tempat usaha a tau tempat tinggal harus mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sebelum.

Kepala Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Tanjab Timur, M Akib melalui Kepala Bagian Tata Usaha, Yusri mengu-ngkapkan, berdasarkan Per-aturan Bupati NO 44 Tahun 2008 tentang kewenangan pelayanan perizinan terpadu, bahwa setiap orang pribadi a tau badan yang mendir i -kan bangunan atau tempat usaha di wilayah Kabupaten Tanjab Timur harus mempu-nyai izin dari KPPT Tanjab Timur. “Himbauan kepada masyarakat atau pengusaha yang belum mempunyai izin kami harap segera mengu-rus perizinan pembangunan

atau tampat usaha yang akan didirikan, seperti pengusaha walet dan sebagainya,” ung-kapnya kemarin.

Dijelaskannya, sebanyak 30 jenis perizinan yang di-layani KPPT yang dituang-kan dalam Peraturan Bupati NO 44 Tahun 2008, seperti SIUP, SITU, IMB dan jenis perizinan lainnya.

“Yang paling mendominasi yaitu Surat Izin Usaha Perda-gangan (SIUP) dan Surat Izin Tempat Usaha (SITU), baik itu pedagang kecil maupun pedagang besar,” jelasnya.

Jangka waktu izin SIUP dan SITU ini , je lasnya, hanya berlaku 5 tahun saja, bah-kan se t iap 1 tahun seka l i diwajibkan legalisir dalam rangka mengendal ian dan pengawasan se t i ap o rang p r i b a d i a t a u b a d a n y a n g mendir ikan tempat usaha, “ D a l a m p e r i z i n a n S I U P dan SITU ini, jangka waktu izinnya hanya 5 tahun saja, lain dengan halnya tentang izin mendirikan bangunan (IMB), ini seumur hidup,” tandasnya. (usr)

muarabulian

pembakar lahan Diancam 20 Tahun penjara KUalaTUnGKal - Aktivitas

pembaka ran l ahan pe rkebu -nan menjadi sasaran peninda-kan hukum. Ini penting untuk mencegah kebakaran lahan di Kabupa t en Tan jung J abung Barat. Tindakan ini merupakan shock therapi yang diharapkan dapat menimbulkan efek jera.

Kapolres Tanjung Jabung Barat AKBP Dul Alim mengatakan, penegakan hukum terhadap pem-bakar lahan juga akan dilakukan terhadap masyarakat dan petani atau pemilik lahan. Jadi, siapa pun yang kedapatan membakar lahan saat membuka areal perke-bunan akan ditindak.

“Tidak hanya pengusaha, kehu-tanan maupun perkebunan, tetapi masyarakat yang suka membakar lahan juga akan kami tindak,” tegasnya seraya menambahkan sanksi hukum terhadap pemba-kar lahan cukup berat.

Hal ini tertuang dalam pasal

187 KUHP tentang pembakaran dengan ancaman 12 sampai 20 tahun penjara, pasal 50 ayat 1,2 dan 3 jo pasal 78 dan 29 Undang-undang No 41 tahun 1999 ten-tang kehutanan dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara dan denda maksimal Rp 10 miliar.

Untuk mencegah kabakaran lahan, kata Kapolres, pihaknya telah melakukan berbagai upaya. Di antaranya menyebarkan sele-baran agar masyarakat jangan melakukan pembakaran lahan. Kemudian tindakan melakukan patroli bersama untuk mensosial-isasikan masalah kebakaran lahan dan hutan kepada masyarakat baik sengaja maupun tidak.

Se l a in i t u , j a j a r an P o l r e s Tanjab Barat telah berkoor-dinasi dengan l intas instansi yang ada di Kabupaten Tanjab Bara t sepe r t i kades , camat , Damkar, Dishut dalam rangka un tuk mencegah t e r j ad inya

kebakaran lahan d i wi layah masing-masing.

Dalam rapat koordinasi kemarin (20/8) Polres meminta seluruh instansi agar membuat pos pen-anggulangan kebakaran. Tujuan-nya untuk mencegah kebakaran. “Dalam rapat koordinasi kema-rin agar semua instansi sepakat melakukan pencegahan terhadap bahaya kebakaran,” katanya.

Menurut Dul Alim, wilayah Tanjab Barat yang sebagian be-sar berupa areal hutan dan perke-bunan sangat rawan akan terjadi kebakaran. Apalagi dalam musim kemarau sekarang ini, dan masih kuatnya pemikiran masyarakat tentang membuka lahan dengan membakar adalah cara yang cepat dan murah. “Ini yang men-jadi penyebab kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten Tanjab Barat, sudah menjadi masalah tahunan yang cukup serius,” tandasnya. (can)

bulan Ramadan, akan dikenakan sanksi disiplin pegawai sesuai Pasal 30 dan Pasal 32 tentang disiplin pegawai. “Kita hanya menegakkan peraturan. Kalau memang ditemukan ada pegawai yang tidak masuk tanpa surat ket-erangan, akan kita beri hukuman. Peraturannya sudah ada, sanksi yang diberikan pun sudah ada. Jadi bagi yang melanggar berarti huku-mannya ada,” tegas Sekda.

Selama ini, dalam penegakan disiplin pegawai di lingkungan Setda Tanjab Timur, pemerintah su-dah menyediakan absen sidik jari yang diberlakukan kepada setiap pegawai. Dalam penggunaannya, terdapat berbagai ketentuan seperti tidak boleh melakukan sidik jari di atas pukul 08.00 WIB dan tidak boleh sebelum pukul 16.00 WIB.

Sekda berharap peraturan disiplin bukan hanya dalam menjalankan tu-gas pada bulan puasa, tapi setiap saat dalam bekerja. “Saya ber-harap tidak ditemukan pegawai libur tanpa keterangan, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.(*)

Dewan Sorot mutu pendidikan

GUna meningkatkan kualitas dan mutu sumber daya manusia (SDM) di Bumi Serentak Bak Regam Batanghari, peningkatan mutu pen-didikan harus menjadi perhatian serius pemer-intah. Salah satu caranya, melakukan berbagai pembenahan pada sektor tersebut seoptimal mungkin. Dengan demikian, diharapkan ke depan mampu membawa perubahan positif bagi kemajuan daerah, seiring peningkatan kualitas SDM melalui output yang dihasilkan sekolah dan perguruan tinggi (PT) yang ada di daerah tersebut.

Demikian diungkapkan salah seorang ang-gota DPRD Batanghari dari Fraksi PDIP, Ibra-him, dalam rapat paripurna di gedung DPRD baru-baru ini. “Pemerintah harus memerhati-kan peningkatan mutu pendidikan,” ujar poli-tisi dari partai berlambang banteng moncong putih itu.

Dengan adanya perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan, otomatis akan memberikan nilai plus bagi SDM yang akan dihasilkan lembaga pendidikan di Batanghari. Dan itu merupakan salah satu tugas penting yang harus ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah setempat.

Jika tujuan tersebut dapat dicapai, diharap-kan para lulusan dari berbagai lembaga pen-didikan di Batanghari akan mampu bersaing dengan para lulusan dari lembaga pendidikan yang ada di daerah lain. Itu merupakan hasil yang bisa dilihat dalam jangka pendek.

Sementara untuk jangka panjang, akan menam-bah jumlah SDM yang berkualitas di Batang-hari. “Tujuan melakukan peningkatan mutu pendidikan agar output pendidikan berkualitas dan mampu bersaing dengan siswa dari daerah-daerah lain,” ujarnya.(lis)

TETAP EKsIs: Penyiar radio Zabak FM 102,3 MHz menyapa pendengarnya. Radio ini masih tetap eksis di tengah pantauan tim Monitoring.

DiTinDaK

CEK ABsEN: Abdullah Hich (kanan) cek absen kehadi-ran pegawain-ya beberapa waktu lalu.

DO

K /

JAM

BI I

ND

EP

EN

DE

NT

MUsRIP HULAIMI /JAMBI INDEPENDENT

DOK/JAMBI INDEPENDENT

Jajaran Polres Tanjab Barat akan menindak pemilik dan pembakar lahan. Ancaman huku-man bagi mereka adalah penjara maksimal 20 tahun.

Page 6: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

www.jambi-independent.co.id [email protected] n ECERAN: Rp. 3.500,-

Jambi IndependentA . D . V . E . R . T . O . R . I . A . LjumAT, 21 AgusTus 2009

Hendarman supandji menyalami HBA dan mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih.

fOTO-fOTO:IsT/jAmBI InDEpEnDEnT

HBA disambut antusias warga Desa Lubuk Landai Kabupaten Bungo.HBA didampingi tokoh masyarakat Bungo (dari kiri) Hasyim Ayub, Edi sumardi, HBA, H Rinaldi, dan H Ahong.

HBA mengukuhkan tim pemenangan di Kecamatan pelepat, Tanah Tumbuh, dan pasar Bungo.

HBA saat melakukan silaturahim dengan teman lamanya di Desa Lubuk Landai. HBA disambut dengan tarian sekapur sirih saat berkunjung ke Bungo. HBA berbincang santai dengan masyarakat.

HBA foto bersama usai penyerahan hadiah turnamen HBA cup di Bungo. Tim pemenangan HBA berbaur dengan masyarakat Bungo.

HBA dan masyarakat Bungo makan malam bersama di rumah kelu-arga besar Hasyim Ayub. HBA berdialog dengan masyarakat.

syahrasadin (baju putih) saat mendampingi HBA pada pemberian anugerah penghargaan. mukhtar Latif juga turut diberi anugerah penghargaan oleh Hendarman supandji. HBA bersama pejabat saat pemberian anugerah Lencana permata Bangsa.

HBA bersama mukhtar Latief saat menerima penghargaan dari Kejagung. HBA di samping Hendarman supandji saat berfoto bersama usai penyerahan penghargaan.

BupATI Sarolangun Hasan Bas-ri Agus (HBA) kembali menorehkan prestasi gemilang di bidang hukum. Kali ini orang nomor satu di Bumi Sepucuk Adat Serumpun Pseko itu dianugerahi penghargaan Lencana Permata Bangsa

oleh Kejagung RI Hendarman Su-pandji.

Pemberian anugerah dihelat di Mu-seum Kebangkitan Nasional Jakarta, Jumat (14/8) lalu. Di Provinsi Jambi, HBA merupakan satu-satunya bupati

yang diberikan anugerah penghargaan tersebut. Penghargaan diberikan salah satunya atas keberhasilan dan pra-karsa Hasan Basri Agus (HBA) sebagai menanamkan dan memupuk nilai-nilai kejujuran terhadap generasi muda di

Sarolangun. Pada kesempatan itu, Hendarman

Supandji mengucapkan selamat dan berpesan semoga ke depan HBA dapat terus mengukir prestasi di berbagai as-pek, khususnya di bidang hukum. (aki)

Ribuan Warga Bungo siap menangkan HBA

RIBuAn warga dari tiga Kecamatan masing-masing Kecamatan Pelepat, Tanah Tumbuh, dan Kecamatan Pasar Bungo Kabupaten Bungo menyatakan

siapmendukung memenangkan HBA dalam pilgub 2010. Hal ini terungkap dalam kegiatan sosialisasi HBA yang

dipusatkan di Desa Lubuk Landai Ke-camatan Tanah Sepenggal yang ber-langsung Rabu (19/8) seusai penutupan

Sepakbola HBA Cup 2009. Selain menerima pernyataan sikap

dan dukungan dari masyarakat Lubuk

Landai, HBA juga memperoleh dukun-gan dari masyarakat Bungo perantauan yakni dari paguyuban Danau Maninjau, Agam, Sumsel, Sumut, Padang, Paria-man, Pelepat, Pelayang, dan Pasar Muara Bungo yang disaksikan langsung oleh tokoh masyarakat seperti H Hasyim Ayub, Edi Sumardi, H Ahong, H Rinaldi, dan lain sebagainya.

“Insya Allah, kalau saya dipercaya, saya tidak lain untuk mewujudkan program yang menyentuh masyarakat secara langsung dalam berbagai aspek,” harap alumnus Ponpes As’ad Jambi itu. (aki)

fOTO-fOTO:LuKmAn HAKIm/jAmBI InDEpEnDEnT

HBA Terima penghargaan Lencana permata Bangsa dari Kejagung RI

Page 7: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

[email protected] nnnnn ECERAN: Rp. 3.500,-

SIUPP: No.169/SK/Menpen/SIUPP/A, tanggal 26 April 1986Alamat Redaksi/Sirkulasi/Iklan:

Graha Pena Jambi Jl. Jenderal Sudirman No 100 ThehokKota Jambi

Telp Redaksi 0741 35272, Faks 0741 35267;Iklan/Pemasaran 0741 23330, 35265, Fax 0741 23740

Perwakilan Jakarta: Graha Pena Jakarta,

Perintis: H Syamsul Watir (alm), General Manager: Ali Fauzi, Wakil General Manager/Pemimpin Perusahaan: Dulpiah, Pemimpin Redaksi: Joni Rizal, Redaktur Pelaksana: M. Surtan, Paisal Khumar, KoordinatorLiputan: Paisal Khumar, Redaktur: Asriadi, Darmanto Zebua, Joni Rizal, M. Surtan, Paisal Khumar, Staf Redaksi: Alpadli Monas, Fachrul Rozi, Jumeidi, Risza SB, Surya Elviza, Deddy Rachmawan,Finarman, Siti Masnidar,Yusnaini Copy Editor: MH. Abid, Fotografer: Aldino, Rolanda Hasibuan, Eddy Junaedy, Event Organizer: Fitrilidia, Sekretaris Redaksi: Eniwati, Grafis/Ilustrator: Djatmiko, Wartawan di Daerah: Chandra Purnomo(Tanjab Barat), Musrip Hulaimi (Tanjab Timur), Franciscus (Muarojambi), Lukman Hakim (Batanghari), Bangun Santoso (Tebo), Dwi Setyowati (Bungo), Nova Diansyah (Merangin), Herma Yulis (Sarolangun), Sepriyono(Kerinci), Wartawan Jambi Independent di luar negeri lewat Jawa Pos News Network (JPNN): Ramadhan Pohan (Washington DC), Dany Suyanto (Hongkong), Nurani Susilo (London). Bagian Pracetak: SafarudinAris, Ishak, Adam Surata, Asep Syaefudin . Bagian Iklan: Illah Rohilah (Kabag), Munawir (Wakil Kabag), Etika Utama (Desain), A Ridwan, Wita. Bagian Pemasaran: , Prawoto (Kabag), Tareju, Sarjono, Setiadi . Sirkulasi:Hamsir, Aris. Bagian Keuangan: Novita KS (Accounting), Megawati (Kasir), Liza Elvistia, Bagian Umum & Personalia: Soleh Rofiki (Kabag), Rusanna Watir, Edi Erlani, WahyuHarga Langganan: Rp 87.500,- per bulan (dalam kota), Harga Eceran: Rp 3.500,- (Luar kota tambah ongkos kirim). Tarif Iklan Umum/Display Hitam Putih: Rp 30.000,- per mm kolom, Iklan Full Colour: Rp 40.000,-per mm kolom, Iklan Full Colour Halaman 1: Rp 92.000,- per mm kolom, Iklan Baris: Rp. 9.000 per baris. Nomor Rekening PT Jambi Independent Press; BNI Cabang Jambi No: 0069879445, BCA Cabang Jambi:119.1327000, Danamon Cabang Jambi: 008251019, BII Cabang Jambi : 3564.Penerbit: PT Jambi Independent Press, Komisaris Utama: HM Alwi Hamu, Komisaris : Ny Hj Miarni S Watir, Ny Hj Sri Nurbani Retno Watir, Dwi Nurmawan, Direktur Utama: H Suparno Wonokromo, Direktur: Ali Fauzi.Percetakan: PT Jambi Press Intermedia. Isi di luar tanggung jawab percetakan.

ppppp Wartawan Jambi Independent dilarang menerima uang maupun barang dari sumber berita ppppp Wartawan Jambi Independent dibekali ID card/surat tugas yang selalu dikenakan saat bertugas

Harian Pagi Jambi Independent

Jambi Independent JUMAT, 21 AGUSTUS 2009

MA ------ dari hal 8“Seolah-olah mau mengam-

bil alih gedung itu secara tidaklangsung,” katanya. Merasadirugikan, dia memerkarakankasus tersebut ke pengadilandan akhirnya menang. KiniBadil tidak ingin lagi memper-panjang sewa gedung tersebut.“Awalnya sudah saya coba baik-baik, tapi tidak mau,” katanya.

Dari pantauan di TKP, tampakpetugas memasang batas antaradua rumah toko tersebut de-ngan tripleks. Beberapa anggotapolisi juga tampak berjaga-jagauntuk mengantisipasi hal-haldi luar rencana. Salah seorangwanita, Pona, mengatakan bahwaanak dari Bujang Marzuki saat inisedang berada di Singapura. “Sayadi sini cuma disuruh untuk jagarumah. Masalah itu sebenarnyasudah lama,” katanya.(rib)

Jarang Dibelai, IstriMarah-marah---------------------- dari hal 8

“Bang, ngapo nak keluar ru-mah terus, tiap malam aku de-wean bae. Lah bosan nian apodengan aku nih,” kata Lina ke-pada Bujang Kulup.

Dihardik Lina, Bujang Kuluptidak terima. “Jadi, kau nakngapo? Aku suntuk di rumahbae, aku nak keluar. Banyakangin. Di rumah panas,” tim-pal Bujang Kulup. Tak hanyaitu, Bujang Kulup sepertinyabelum puas memaki-maki. Diapun melanjutkan dengan aksiyang lebih ekstrem. Wajah Linadiludahinya. Cuah! “Kau raso-kan air liur aku, mambu pete,”ujarnya. Kurang puas, tanganBujang Kulup langsung mam-pir ke muka Lina. Plak!

Mendapat perlakuan darisuaminya, Lina tak terima.Dengan perasaan kesal, Linamelapor ke polisi, dengan la-poran kekerasan dalam rumahtangga (KDRT).(rib)

JPU Tetap Tuntut Romiko ------ dari hal 8Asril yang melihat tulisan

tersebut tidak terima. “Ngapo,nak makai-makai beginian,”kata Asril sambil menunjuk kearah kertas kartun yang ditem-pel di pagar kantor PN Jambi.“Hakim tu dak biso dipengaru-hi oleh itu.”

Endang yang merupakan pe-ngacara dari keluarga Isna-hayati kemarin juga tak kalahgarang. “Dak apo-apo, itu kanungkapan keluarga korban.Mereka dak biso langsungngomong dengan hakim. Yadengan inilah keputusan tetapada dengan hakim,” jawab En-dang pendamping keluargakorban dari pusat pelayananterpadu perlindungan perem-puan dan anak,dengan santai.

Seperti diketahui, sebelum-nya sidang yang dipimpin ha-kim ketua Hidayat Hasyim

mengagendakan pembacaanpembelaan (pledoi) terdakwa.Romiko meminta dibebaskandari segala tuntutan JPU.

Pembelaan yang dibacakanpengacara Romiko, Asril cs,menyatakan tetap pada pendi-rian semula bahwa terdakwatidak bersalah dan minta dibe-baskan. Usai sidang, Asril me-nyatakan, “Siapa saksi yangmelihat kekerasan seperti yangdisebut jaksa?”

Saksi dari anak terdakwa,Kevin, yang juga anak dari kor-ban, tidak bisa dijadikan saksikuat. “Yang namanya anak itukan darah daging dari ter-dakwa dan korban, t idakbisa dijadikan dasar tuntu-tan,” katanya. Apalagi, tam-bah Asr i l , Kevin masih dibawah umur. Saat kejadian,2006, Kevin masih berusia tu-juh tahun.(rul)

MOTIVASI HAKIM: Asril melepas tulisan yang ditempel di pagar PNJambi kemarin.

EDDY JUNAEDY/JAMBI INDEPENDENT

Razia Pekat, Empat Dus --------- dari hal 8

Identitas Mayat Mr XBelum Diketahui

JAMBI – Polisi hingga saatini belum dapat memastikanidentitas mayat Mr X yang dite-mukan warga di Jalan KH MSaleh, Kelurahan Pasir Pan-jang, Kecamatan Danau Teluk,Minggu (16/8). Mayat ditemu-kan sedang terapung di SungaiBatanghari dengan posisi terte-lungkup pukul 11.00 WIB.

“Kita sudah berupaya untukmencari identitasnya denganmenemukan keluarga yang ke-hilangan. Tapi masih belumberhasil,” kata Kapolsek DanauTeluk Ajun Komisaris PolisiHaryanto Y kemarin (20/8).

Selain itu, pihaknya belummenerima hasil visum dari Ru-mah Sakit Raden Mattaher (R-SRM) Jambi. Untuk itu Har-yanto mengimbau, bagi ma-syarakat yang kehilangan salahsatu anggota keluarga, agardapat melapor ke polisi.

Adapun ciri-ciri mayat terse-but saat ditemukan mengena-kan kaos merah serta celana jinsberwarna hitam. Mayat terse-

but juga mengenakan arlojiwarna putih merek Charles Jilldan dompet merek Neosackyang tidak ada isinya.

Penemuan itu mengagetkanwarga sekitar. Apalagi tidaksatu pun warga mengenali may-at tersebut. “Aku dak kenal.Yang lain jugo dak ado yangtahu. Kayaknyo bukan orangsini,” kata Aspandi, warga yangikut mengevakuasi mayat. Ma-yat pria tersebut juga memilikiciri-ciri berkulit hitam manis,rambut pendek, dan tubuh agakgempal.

Untuk sementara, polisi jugabelum melihat unsur pidana.Pasalnya, sepintas tidak terli-hat tanda-tanda kekerasan padamayat tersebut. “Jika ada tanda-tanda kekerasan, itu merupa-kan kasus pidana. Tapi kalautidak, kita akan berusaha men-cari keluarganya untuk dise-rahkan,” kata Kepala SatuanReserse Kriminal Poltabes Jam-bi Ajun Komisaris Polisi HenryPosma Lubis. (rib)

Lebih lanjut kata Kasat Res-krim Polres Merangin, saat inisemua barang bukti razia telahdiamankan di Mapolres Mera-ngin. “Barang bukti miras danpetasan telah kita amankan,dan kepada penjualnya hanyakita mintai keterangan gunamencari siapa penyuplai mirasdan petasan itu,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Me-

rangin AKBP Drs Hudit Wah-yudi MHum MSi mengakui,p ihaknya belum mampumendapatkan hasil operasipekat dengan muatan besar.“Berbagai informasi terkinisoal berbagai pekat di Mera-ngin sangat kita harapkan gunamemberantas berbagai penya-kit masyaraklat Merangin,”katanya.(ctr)

Nasrun -- dari hal 8“Silakan, itu hak,” ujarnya di

ruangannya. Soal lambannyaNasrun ditahan dibandingkandua tersangka PLTG M Iryanidan Bambang Sutedjo, menu-rut Andi Ashari, hanya persoalanteknis. “Tidak ada masalah,hanya teknis,” ujarnya.(rul)

Puskesmas Dibobol MalingJAMBI - Puskesmas Rawasa-

ri di Jalan Sriwijaya, STM Atas,Kecamatan Kotabaru, kemarin(20/8) pukul 01.00 WIB dinihari, dibobol maling. Dalamaksi tersebut, pelaku berhasilmengambil satu unit DVD pla-yer dan uang sebesar Rp 41ribu. Selain itu, lemari filepuskesmas yang berisi datapasien juga diacak-acak.

Peristiwa pertama kali dike-tahui oleh petugas kebersihanpuskesmas, Suratmi, pukul06.00 WIB. Saat datang, Surat-mi curiga melihat lima ruanganpuskesmas tersebut beranta-kan. Selain itu teralis dan lo-bang angin juga rusak. Diduga,pelaku yang belum diketahuiidentitasnya itu masuk melaluijendela puskesmas. Melihat itu,wanita tersebut melapor ke stafTata Usaha Taswik.

Pelaku diduga mencari uangdi puskesmas tersebut, namuntidak dapat. Itu terlihat darilima ruangan seperti ruang la-boratorium, ruang karcis, ruangpoli umum, ruang poli gigi, danKAI KB diacak-acak pelaku.

Sementara itu, Kepala Pus-

kesmas dr Zalhazrin ketikadikonfirmasi mengatakan, dikawasan tersebut kerap terjadipencurian. “Bukan puskesmas inisaja yang dimasuki, SD sebelahjuga kemarin dimasuki,” katanya.

Malah pihak puskesmas sebe-narnya sudah berupaya menja-ga keamanan puskesmas de-ngan menyewa penjaga malam.Sayang, sebelum rencana ituterwujud, puskesmas tersebutsudah dibobol maling lebihdulu. “Baru 2010 anggarannyaturun, namun kami juga sudahkoordinasi dengan ketua RTsetempat untuk mencarikanpetugas jaga malam,” katanya.Tak lama, beberapa anggotadari kepolisian tiba di lokasidan melakukan olah TKP.(rib)

EDDY JUNAEDY/JAMBI INDEPENDENT

DIBOBOL MALING: Salah satu ruangan Puskesmas Rawasari yang dibobol maling kemarin (20/8).

Page 8: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

www.jambi-independent.co.id [email protected] n ECERAN: Rp. 3.500,-

Jambi Independentjumat, 21 agustus 2009

baca Niat hal 7

lintas

NasrunSegera AjukanPenangguhan

PenahananKasus Dugaan

Korupsi Dana Bonus Atlet dan Pelatda

JAMBI - Sehari setelah mengi-nap di Lapas Kelas II Jambi kema-rin (20/8), tim pengacara Nasrun Arbain langsung merapatkan barisan. Tujuh pengacara yang di-siapkan Nasrun Arbain, tersangka kasus dugaan korupsi pemoton-gan dana bonus atlet berprestasi dan Pelatda PON XVII 2008, membahas rencana pengajuan penangguhan penahanan.

“Kita sedang melakukan perte-muan, untuk segera mengajukan penangguhan penahanan buat klien kami,” terang Heri SH, pen-gacara Nasrun, ketika dihubungi. Tujuh pengacara Nasrun Arbain sepakat secepatnya memasuk-kan permohonan penangguhan penahanan tersebut.

Bagaimana kondisi Nasrun Arbain? “Dia sehat-sehat saja,” ujarnya. Seperti diketahui, man-tan ketua harian KONI Jambi itu ditahan setelah diperiksa tiga jam di ruangan Satuan Khusus (Sat-sus) Kejati Jambi, Rabu (19/8) pukul 11.00 WIB.

Kerugian negara dalam kasus tersebut mencapai Rp 2 miliar. Nasrun sendiri telah ditetapkan sebagai tersangka sejak 24 April 2009 dan baru diperiksa pertama kali pada 20 Mei. Bahkan pada 29 Mei Nasrun bersama dua tersangka kasus korupsi PLTG Kualatungkal, Tanjab Barat, dicekal bepergian ke luar negeri selama setahun.

Sementara itu, Kasi Penkum Kejati Jambi Andi Ashari men-egaskan, pengajuan penanggu-han penahanan adalah hak Nasrun Arbain sebagai tersangka. n

baca Nasrun hal 7

Razia Pekat, Empat DusBotol Miras DiamankanBANGKO – Menjelang Ramadan, jajaran

Polres Merangin kian getol memerangi penyakit masyarakat (pekat). Salah satunya memberantas peredaran minuman keras (miras). Hasilnya, dalam operasi yang langsung dipimpin Kasat Reskrim Polres Merangin AKP Ujang Kusuma Winata, Rabu (19/8), aparat mengamankan empat dus minuman keras (miras)

Selain itu, operasi yang dilakukan di kawasan pusat kota Bangko dan Kecamatan Pamenang, pu-kul 06.00–00.00 WIB, aparat juga mengamankan dua pemain pekat. Secara rinci, empat dus miras dengan logo Cap Macan diamankan dari tangan Bejo Utomo (47), warga Desa Pinang Merah, Ke-camatan Pamenang Barat. Dan di Pasar Bangko, aparat hanya berhasil mengamankan barang bukti (BB) 205 petasan milik Ipul (35), warga Lorong Kampar, Bangko.

Kasat Reskrim Polres Merangin AKP Ujang Ku-suma Winata membenarkan adanya razia pekat di wilayah hukumnya. “Kita akan terus melakukan operasi cipta kondisi di semua wilayah hukum Polres Merangin guna menciptakan rasa aman bagi warga Merangin, terutama umat Muslim yang sebentar lagi akan menjalankan ibadah puasa,” kata Ujang. n

upaya hukum

Nasrun arbain (kanan) saat ditahan jPu Kejati jambi Rabu (19/8). Pengacaranya segera ajukan penangguhan penahanan.

eddy juNaedy/jambi iNdePeNdeNt

Jarang Dibelai, Istri Marah-marah

gRafis:sujatmiKo/jambi iNdePeNdeNt

MA Menangkan Gugatan Ahli Waris A Roni

JAMBI– Setelah beberapa lama menjalani proses persidan-gan, Mahkamah Agung (MA) akhirnya memenangkan ahli waris Abdul Roni, H Badil, atas ahli waris Bujang Marzuki, Poni Marzuki, dalam kasus sengketa perdata.

Melalui Putusan Nomor 2118 K/PDT/2007 yang merupakan kasasi , MA memenangkan gugatan H Badil dengan menga-bulkan tuntutannya terhadap sengke-ta tanah atau bangunan miliknya.

Eksekusi oleh Pengadilan Negeri (PN) Jambi tersebut

dilakukan di RT 06, Kelurahan Orang Kayo Hitam, Kecamatan Pasar, Kota Jambi, kemarin (20/8) pukul 10.00 WIB. Tidak ada hambatan sama sekali dalam eksekusi tersebut.

Penasihat hukum H Badil, Budi Asmara, ketika dikonfirma-si mengatakan, kasus itu berawal dari sewa-menyewa yang di-lakukan kedua belah pihak. Pada 1975 lalu, almarhum Bujang Marzuki menyewa bangunan milik almarhum Abdul Roni yang berada di sebelahnya.

“Bangunan itu disewa untuk

dijadikan hotel dan restoran,” kata Budi. Kemudian sewa gedung tersebut berakhir pada 1990. Ketika pemilik gedung ti-dak ingin memperpanjang sewa lagi, pihak penyewa menolak. “Menurut mereka, mereka su-dah banyak ikut membangun,” kata Budi.

Menurut Badil, dia telah me-nawarkan kepada ahli waris Bujang Marzuki untuk menerus-kan sewa gedung tersebut. Na-mun tidak mendapat jawaban sama sekali. n

baca Razia hal 7

SepasangKekasih DigerebekWarga

baca ma hal 7

UrUsan rumah tangga gam-pang-gampang susah. Kalau ti-dak ada yang berusaha sabar, setiap hari ada saja bahan pertengkaran suami-istri. Salah menasihati atau waktu yang tidak tepat terkadang me-micu pertengkaran. Parahnya lagi, cerita rumah tangga itu harus diselesaikan melalui kepolisian.

Itulah yang terjadi antara Bujang Kulup dan sebut saja Lina, istrinya, warga

Simpang III Sipin, Kotabaru, Kota Jambi. Bujang Kulup mempunyai kebiasaan buruk hampir setiap malam selalu keluyuran. Sebagai seorang istri, Lina juga ingin dibe-lai suaminya sendiri. Jablai kali.

Pada Minggu (16/9) malam sekitar pukul 21.00 WIB Bu-jang Kulup seperti biasa sudah bersiap ke luar rumah. Lina mendekati. n

baca jarang hal 7

Risza s bassaR, Kota Jambi

Diduga Berbuat Mesum, Langsung Cuci Kampung

BEBERAPA hari jelang Ra-madan, warga Lorong Bambu Kuning, Simpang Kawat, Kelu-rahan Payo Lebar, Kecamatan Jelutung, menangkap pasangan yang diduga berbuat mesum di sebuah kamar indekos. Peris-tiwa itu terjadi pada Selasa (18/8) pukul 02.00 WIB.

Menurut informasi yang di-peroleh, sepasang muda-mudi tersebut adalah wanita berini-sial RA (20), warga Muarasa-bak, Tanjab Timur, dan sang pria berinisial RI (23), warga Palembang, Sumatera Selatan. Warga sekitar yang enggan me-nyebutkan nama mengatakan, RI sudah lama mengontrak di kamar tersebut karena bekerja di Jambi. Sementara RA sehari-hari bekerja sebagai penjaga toko baju di Pasar.

Aksi yang dilakukan pemuda setempat lantaran curiga me-lihat RI yang kerap membawa Ratna ke kamar indekosnya. Karena sudah tak tahan dengan perangai keduanya, pada ma-lam kejadian, warga mengintai

kamar RI.Kebetulan malam itu RI mem-

bawa RA ke kamarnya. “Mere-ka dak sadar kalau diintai,” kata warga tersebut. Sekitar pukul 02.00 WIB, warga langsung menerobos masuk ke dalam kamar RI. Menurut sumber itu, saat itu warga mendapati keduanya dalam kondisi bugil. Diduga keduanya baru saja selesai melakukan hubungan layaknya suami-istri.

RI dan RA tak berkutik saat warga langsung memergoki mereka yang sedang berduaan. Untuk menghindari amukan warga, keduanya pun dibawa ke rumah ketua RT untuk dise-lesaikan.

Keduanya diputuskan ha-rus melakukan cuci kampung. Pasalnya, perbuatan keduanya dianggap telah mencemari kampung mereka. Selain itu, RI dan RA juga dinikahkan di depan warga dan kedua orang-tua mereka. Hal tersebut dilak-sanakan kemarin (20/8) malam sekitar pukul 19.00 WIB.

Tak banyak keterangan yang dapat diperoleh. Pasalnya, warga melarang wartawan masuk dan menyaksikan aca-ra cuci kampung tersebut. Hanya saja, acara yang dilak-sanakan di salah satu masjid tersebut mendapat perhatian dari warga yang ingin melihat prosesi acara.(rib)

baca jPu hal 7

JPU Tetap Tuntut Romiko 15 Tahun

pengacaranya, Asril cs.Dia tampak serius mendengarkan replik

yang dibacakan Ramdoni. Mendengar replik tersebut, pengacara terdakwa tetap pada pembelaan semula. “Kami tetap dengan pledoi bahwa terdakwa tidak bersalah dan minta dibebas-kan,” tegasnya. Sementara itu, di pagar PN Jambi beberapa lembar kertas kartun bertulisan support kepada PN Jambi. Di antara isinya, “Hukum pembunuh Isnahayati” dan “Hukum mati pembunuh Isnahayati”. n

JAMBI – Sidang kasus dugaan ke-kerasan dalam rumah tangga (KDRT) dengan terdakwa Romiko kemarin (20/8) kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jambi. Agenda sidang pembacaan replik oleh JPU Ramdoni. Romiko diduga telah melakukan tindakan ke-kerasan terhadap istrinya, Isnahayati, pada 2006, yang menyebabkan korban meninggal dunia.

Dalam repliknya, JPU tetap pada tun-tutan semula, yaitu 15 tahun penjara. Sidang kemarin digelar pukul 15.00 WIB. Terdakwa kemarin masih didampingi

eddy juNaedy/jambi iNdePeNdeNt

eKseKusi: situasi eksekusi sengketa perdata antara ahli waris abdul Roni, H badil, dan ahli waris bujang marzuki, Poni marzuki kemarin.

Page 9: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

Jambi Independent JUMAT, 21 AGUSTUS 2009

DERITA HILANG, SHALAT KHUSUKDAN SEMANGAT KERJA OKE

Menginjak usia 50 tahun Pak NunuZaenudin (62 th) warga desa Surian DesaKersamanah, Kecamatan KersamanahKab. Garut mulai didatangi pelbagai penyakit.Rasa ngilu , nyeri sekujur tubuh, kepalaberdenyut hingga maag menderanya diusia limapuluh tahun. “ akibat nyerilambung (maag) dan pusing yangmendera semalaman, t idurberkurang sehingga badan menjadilemas dan semangat kerja turun “tuturnya. Namun yang paling beratadalah terganggunya gerakanshalat akibat pegal dan nyeri ditulang persendian. “bagaimanabisa khusuk bila saat rukuk dansujud badan terasa patah “ keluhpak Nunu. Semua gangguan cobadiatasinya dengan mengkonsumsi obat-obatan yang bebas dijual, namun takberhasil.

Syukurlah, pada suatu hari seorangsahabat memberinya Gula Aren GentongMas. Benar saja , baru l ima harimengkonsumsi Gentong Mas manfaatsudah dirasakannya. Pegal dan nyeri padapersendian mereda, gangguan pusing dannyeri lambung secara bertahap berkurang,sehingga tidur nyenyak kembali. Yang palingmembahagiakannya adalah hilangnya nyerisendi, sehingga dirinya bisa lagi khusukdalam shalat.

Hingga kini dirinya rutin minum GentongMas setiap pagi dan sore. “ rasa GentongMas manis dan lezat berbeda denganminuman lainnya. Pendek kata Gentong Masmerupakan cara nikmat menuju sehat “, katapak Nunu mengakhiri penjelasannya.

Menurut Jeff Gunnent dalam bukunyaPermaculture Plant (2004),salah satu unsuryang terkandung pada Gula Aren berfungsimembersihkan saluran pencernaan.

Disamping itu Gula Aren yang dihasilkanpohon Arenga Pinnata mengandung

Riboflavin yang berfungsimelancarkan metabolisme,menghambat kerusakan danmembuat sel berfungsi maksimalsehingga stamina dan vitalitasprima. Meski demikian, pola hidupsehat seperti berolah raga danmengurangi merokok juga perludilakukan.

Gentong Mas diproduksi dariGula Aren murni pil ihan danpengawasan ketat. Gentong Mas

juga diproses dengan higienis. MenurutManajer Marketing PD Gentong Mas kini kianbanyak masyarakat merasakan manfaatGentong Mas, sehingga tingkat permintaanterus melonjak secara signifikan.

Bagi anda yang memerlukannya, kiniGentong Mas sudah tersedia di apotek-apotek terkemuka di kota anda.Untukinformasi lebih lanjut hubungi telp :

0741-7102944081366971641

P-IRT No. 812320501114

Untuk informasi lebih lanjut telp:Aptk. Sari Indah, Aptk. An-Nisa Farma, Aptk

Simpang Kawat, Aptk Hidayah, Aptk.Pembina, Aptk. Murni, Aptk. Telanai, Aptk.Rotari, Apt. Jelutung.

MFI Jual Album di 350 Outlet KFC IndonesiaDiedarkan di OutletAyam Goreng

tory Indonesia (MFI). Albummereka laris manis setelah di-jual melalui outlet ayam gorengKFC, bukan toko kaset.

Total, penjualan album limaband yang dinaungi MFI men-capai lebih dari 2 juta kopidalam kurun waktu 2008 danpertengahan tahun ini. Urutan

pertama ditempati band Bonuslewat album Live Bonus (500ribu kopi), disusul Beage (300ribu kopi) dan Juliette (200 ribukopi).

MFI memang bekerja sama

dengan KFC untuk menjualalbum para musisinya di seki-tar 350 toko ayam goreng terse-but di seluruh Indonesia. Ke-untungan dibagi tiga, antaramusisi, MFI, dan KFC. (jpnn)

JAKARTA - Sulitnya penjua-lan album secara fisik bisa jaditidak dirasakan oleh band-band yang bernaung di bawahperusahaan rekaman Music Fac-

Page 10: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

Pengasuh: Rosefina

"Lebih baik maka sepiring sayur dengan saling mengasihi dari pada makan lembudengan saling benci "

Jambi IndependentJUMAT, 21 AGUSTUS 2009

Kisah TentangSang Preman

KampusDRAMA ini diadaptasi dari

komik jepang dengan judulyang sama. Bagaimna jadinyajika kita salah memberkan su-rat cinta?. Berhubung mem-berikan surat cinta dengantergesa-gesa, Xiao Yu malahmenyerahkan surat cinta kepa-da preman sekolah, Jiang Meng.

Shock ? tentu saja. Yang lebihparah lagi, Jiang Meng, si pre-man kampus ini memerintah-nya untuk jadi budaknya. “kausekarang milikku! Turuti semuaperintahku kalau tidak mau su-rat cintamu tersebar ke penjurusekolah!” salah satu penggalandialognya.

Xiao yu sangat gerah dengantingkah Jiang Meng yang mem-perlakukan dirinya seenaknya.Kisah cintanya yang tak ter-balas malah bertambah kacau.Belum lagi Xiao Yu dihadap-kan dengan kenyataan bah-wa Jiang Meng akan menjadisaudara tirinya. Waduh bi-sa2 Xiao Yu jadi budak JiangMeng seumur hidup. (*)

FILMFILMFILMFILMFILM

Patria Gelar Kunjungan Ke Museum BentengWisata MengenalPara Pahlawan

JAMBI – Ada banyak carayang bisa dilakukan dalammenyambut perayaan HUT ke-64 RI. Umumnya masyarakatJambi mengisi perayaan kemer-dekaaan dengan mengadakanberbagai perlombaan tradisio-nal, di antaranya lomba larikarung, lomba panjat pinang,dan lomba menarik lainnya. Itulumrah, asal tidak menghilang-kan makna Hari Kemerdekaan.

Sedikit berbeda, OrganisasiPemuda Theravada Indonesia(Patria) yang bersekretariat diVihara Jayamanggala melaku-kan kegiatan berbeda dalammengisi Hari Kemerdekaan kaliini. Mereka melakukan kunju-ngan ke Museum PerjuanganJambi atau lebih dikenal denganMuseum Benteng.

Acara digelar pada 17 Agus-tus 2009 lalu pukul 09.00 WIB.Ada sekitar 70 pemuda Tiong-hoa yang ikut. “Peserta terdiriatas remaja dan orang dewasa,”kata Ketua DPD Patria Edison.Tujuan kunjungan ke MuseumBenteng untuk mengenang jasapara pahlawan yang telah ber-juang meraih kemerdekaan.“Khususnya pahlawan yang be-rasal dari Jambi,” ungkapnya.

Pengorbanan yang telah di-lakukan para pahlawan itulahyang diharapkan dapat dijadi-kan motivasi bagi generasimuda saat ini untuk menjadilebih baik lagi. “Salah satunyameningkatkan prestasi di se-kolah,” katanya.

Selain itu, lanjut Edison, HariKemerdekaan juga dapat di-maknai dengan semangat baruyang diharapkan dapat timbuldari dalam diri masing-masinganggota Patria. “Tidak hanyabagi pelajar, tapi juga untuk paraorang dewasa lainnya.”

Kunjungan yang berlangsungselama dua jam tersebut diisidengan kegiatan melihat ben-da-benda bersejarah yang adadi M u seum Benteng. Ke-mudian dilanjutkan sesi tan-ya-jawab, karena ada guideyang memandu mereka selama didalam museum.

Pada saat sesi tanya-jawab,para peserta yang mengikutikunjungan tersebut terlihatantusias menanyakan apa sajayang ingin mereka ketahui darimuseum tersebut. (lyn)

AL

DIN

O/J

AM

BI I

ND

EP

EN

DE

NT

BERSEJARAH:Anggota patriamengunjungimuseumperjuanganrakyat jambidalam rangkamemperingatiHUT RI.

Page 11: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

JAMBI-PALEMBANG SETIAP JAM KERJA

JAMBI-BENGKULU 09.00 & 20.00

JAMBI-PADANG 08.00 & 20.00

JAMBI-BANGKO 10.00 & 17.00

JAMBI-PEKANBARU 10.00 & 20.00

JAMBI-TEMBILAHAN 10.00 & 18.00

JAMBI-BUNGO 10.00 & 16.00

JAMBI-LAMPUNG 20.00

BERANGKAT DENGAN MOBIL KIJANG KAPSULMENERIMA JASA TITIPAN (PAKET/BARANG) UNTUK SEMUA JURUSAN

PO. RATU INTANJl. Prof. M Yamin (depan Hotel Harisman)Telp: (741) 20784, 27876 HP: 81174378

PO. TOPJl. HOS Cokroaminoto No. 3 Simpang Kawat

Telp. 40653,43160

JAMBI-PALEMBANG 07.00, 08.00, 09.00,11.00, 12.00, 14.00,16.00, 18.00, 20.00,EXTRA

JAMBI-PEKANBARU 10.00, 20.00JAMBI-DUMAI 10.00, 20.00JAMBI-LAMPUNG 12.00, 20.00JAMBI-MA BUNGO 07.00, 09.00, 11.00

17.00, 20.00, EXTRAJAMBI-PADANG 10.00, 16.00, 20.00

MA. BUNGO-PEKAN BARU 10.00 dan 20.00

MA. BUNGO-PALEMBANG 09.00, 12.0015.00, 20.00

JAMBI-SAROLANGUN 07.00, 09.00, 11.00,13.00, 15.00, 17.00,

EXTRAJAMBI-BANGKO 07.00, 09.00, 11.00,

13.00, 15.00, 17.00,EXTRA

JAMBI-BENGKULU 10.00 dan 20.00

PO. TRANSTARJl. Mayor A. Marzuki (Simpang Kawat)

Jambi Telp. (741) 41888 - 438

JAMBI - PALEMBANG 07.00 S/D 20.00TIAP JAM

JAMBI - LAMPUNG 17.00, 20.00

JAMBI - PEKANBARU 09.00, 15.00 & 20.00

Jambi Independent JUMAT ,21 AGUSTUS 2009

Meningkat, PenjualanBarang Pecah Belah

Beli Produk Sharp,Dapat Hadiah Langsung

JAMBI - Momen Hari Kemerdekaan RIjuga ikut dirayakan Sharp Elektronics In-donesia. Caranya memberi kemudahanbagi konsumen, dengan menggelar pro-

mo merdeka.Nah, pada promo ini, Anda akan

mendapatkan hadiah eksklusif langsu-ng tanpa diundi. Hadiah itu Anda dap-

atkan bilam e l a k u k a npembelian pro-duk SharpAquos LCD TVuntuk tipe ter-tentu.

“Dan hadiahini bisa diambillangsung dikantor cabangdengan mem-bawa kartu ga-ransi, kwitansipembelian, bu-ku petunjuk, d-an fotokopi ka-rtu identitas,”kata Heny, stafmarketing Sha-rp Jambi.

Promo mena-rik itu berlakuhingga 31 A-gustus. Henymenambahkan,bagi mas-yarakat yangmencari pe-ralatan elek-tronik, tak usahragu menjatuh-kan pilihanpada produk-produk Sharp.

“Jangan ragudalam menen-tukan Sharp se-bagai pilihan u-tama karena S-harp sudah dike-nal sejak duludan didukungteknisi yangterlatih, profe-sional, dan sela-lu memberikanyang terbaikterhadap semuap e l a n g g a nSharp,” ujar-nya.(pms)

MULAIDICARI

Jelang LebaranDibanjiriProduk Terbaru

JELANG Lebaran, aneka barang pecah-be-lah mulai marak dijual. Beberapa toko keram-ik yang menyediakan toples dan peralatanmakan yang terbuat dari bahan pecah-belahmulai terlihat ramai dikunjungi masyarakat.

Deden, salah satu pemilik toko kerajinandi kawasan belakang Mega, Pasar, menga-takan bahwa penjualan beberapa peralatanyang biasa digunakan saat hari raya mulaimeningkat . “Seir ing per tambahan per-mintaan dari para konsumen,” katanya ke-marin.

Ia juga mengakui, terdapat beberapa trenproduk baru yang baru masuk ke tokonya.“Seperti toples Instar yang terbuat dari ba-

han keramik yang berasal dari Italia,” ka-tanya. Nuansa Italia saat ini sedang dis-enangi masyarakat.

Berbeda dari keramik buatan Cina, kataDeden, keramik buatan Italia lebih ringan danmemiliki perekat di tutupnya. “Sehingga ma-kanan akan awet,” ungkapnya.

Beberapa produk sebenarnya sudah adasejak tahun lalu, namun masing-masingmemil ik i inovas i baru yang membuatproduk-produk tersebut semakin dimina-ti. Banyaknya variasi menjadikan banyakpilihan bagi masyarakat. “Karena tidakhanya untuk kebutuhan, keramik juga bi-asanya untuk prestise masyarakat,” un-gkapnya.

Senada dengan Deden, Dodi, pedagang lain-nya, juga mengatakan hal senada. “Omzet yangdidapat juga mulai merangkak naik. Itu biasakalau sudah jelang Lebaran,” katanya.

Selain toples, coffe set dan tea set juga biasan-ya ikut diminati konsumen. “Produk stainlessmulai ditinggalkan, sekarang masyarakat leb-ih memilih menggunakan berbahan keram-ik,” ujarnya. (*)

Aneka barang pecah belah yang mulai dicari masyarakatjelang lebaran.

ALDINO /JAMBI INDEPENDENT

SUCI IDEALIN,Kota Jambi

Page 12: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

JUMAT, 21 AGUSTUS 2009 Jambi Independent

Page 13: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

JUMAT, 21 AGUSTUS 2009Jambi Independent

Anda ingin uang melimpah? hutangsegera lunas? nasib segera berubah?menghilangkan kesialan di dalamhidup? ingin segera dapat jodoh? danberbagai masalah pribadi lainnya...

Berfungsi selamanya samapi anakcucu, aman tanpa resiko. Dibuktikansiapa saja walau tidak percayasekalipun. Yang berminat hanyamengganti biaya ritual dan keperluanlain Rp. 55.000 dan ongkos kirim Rp.15.000, luar negeri Rp. 100.000. Tulisnama lengkap + ibu kandung danpermasalahan.

“KUNCI RAHASIA KEHIDUPAN”Pak Hartono

Wesel + surat: PO BOX 1119 - Jambi

August 21, 2009

Jika anda llsn SMU/sederajat inginberkarir di dunia anak. Ikuti pendidikansingkat calon guru TK/Playgroup. Ph.0741-7163636.

JI0914 | 21-21/08

The Great Opportunity bth tng krjsupervisor adm gudang, ast mngr, min.SMU/SMK - S1 max. 26 th, tdk sdgkuliah, lmrn antar lsg ke PT. AIG Jl. ARSaleh 56 Asembiring No. 03 cucian kel.thehok (samp. R. Makan Maulana I)jam 09-15 WIB.

JI0914 | 12-19/09

Membthkan tenaga kerja utk mencucimobil & adm bs kerja secara tim, rajin,jujur, lmrn dikirim ke cucian mobilPalimo Jl. Pangeran Hidayat No. 888samp. Pom Bensin Pal V plg lmbat 3 hristlh iklan terbit.

JI0914 | 13-19/09

Prush brgrk dbdg cash dan kreditelektronik dan furniture bth surveyor,hub. Interyasa Jl. Sultan Agung 20smpng Lepindo simp. Pulai.

JI0914 | 13-14/09

Perusahaan retail nasional bth mngrpromosi, adm, pembelian brg, skrtrs,mngr operasional sdm, security, TknsiLstrk Berpengalaman. Diutmkn wntaberpenglman krj min 1 th, krm lmrnindependent PO BOX 248.

JI0914 | 12-12/09

Dicari S1 Teknik Sipil DPT OperasiAutoCad, Hit Rad, ukur kontur, krmPT. PDPDE Jl. Kap. Rivai No. 26Palembang Hp. 081366878927.

JI0914 | 13-19/09

Dbthkn karyawan/i lamaran ditujukanke RM Rasa Sunda Thehok hub. 26227/7104777.

JI0914 | 14-20/09

Dbthkn sgr 1.Sales canvasser syrt Pria(dutmkn Tionghoa) pnddkn min SMUmmlk kndrn brmtr dan SIM C/wnt pddknmin D3, mmlk leadership, brpglmn,mmliki kndrn brmtr & SIM C, 2. AreaSls Officer syrt, Pria, wnt, pndk minD3, mmlk leadership, brpnglmn, mmlkkndrn brmtr & SIM C, lmrn antar ke PTCipta Reksa Pitama Jl. Gatot SubrotoNo. 145 (Okeshop dpn SMPN 2)

JI0914 | 14-21/09

Dcr karyawan pangkas rambut pria &pijat refleksi hub. 085266256222.

JI0914 | 16-24/08

Pershn Consumer Good membthkan sgrbag. ADM dan Gudang, syrt: penglmanmin 2 th, penddkn min SLTA, SPG (SIMC) Tukang antar (SIM A). Lamran ke Jl.Sentot Alibasa No. 52 Payo SelincahJambi. Telp. 0741-7019196.

JI0914 | 19-24/08

Dicari 1. Sopir berpengalaman min 25 th2. Sales Sparepart berpengalaman min22 th, kendaraan roda dua. Lamaran keJl. DI Panjaitan No. 76, Kebon AndilJambi.

JI0914 | 19-24/08

Dicari Agen utk pemasaran produk cairananti ban bocor, bth info dan mnt hub.081366874825.

JI0914 | 20-29/08

Dicari lk, penlm, instalasi jaringan danpembangkit listrik tegangan menengahu/ ditempatkan di PLTD daerah merlung.Peminat yang suka kerja keras hub.081366661964.

JI0914 | 20-25/08

BABY SITTERDcr Babysitter & PRT, suami isteri, gj900rb-2 jt hub Budi M,Hp. 081371033035.

JI0914 | 26-26/08

MARKETINGDbthkn sales door to door, P/W, min.SMA, Mrktng Leader, min. D3, krm lmrnke PT. Adira Quantum dpn ex. Bioskop

GRAND VITARA JLX th 07, NISSANLIVINA XV th 07, AVANZA G th 07,TERANO Spirit th 04, JAZZ th 04 CRVth 03 LGX Diesel th 00, ESTILO th 94,hub. 08127481871/081366299200.

JI0914 | 15-22/08

Djl 13 unit Isuzu D-MAX SC 3.0 Turbo intth 06, 2 unit PANTHER MB LS 25 MT th06, X-TRAIL ST AT th 06, FORDRANGER DC Base 2.9 th 05, L200Strada DC th 06. Hp. 081274666639.

JI0914 | 18-28/08

DAIHATSUTAHUN 1987

Dijual TAFT GT 4x4 th 97 Independent-biru hitam met hub. 081366366806.

JI0914 | 20-25/08

TAHUN 1994Djl FEROZA 94 htm (Orisinil), P. Win-dow, P. Stering, AC, tape, BH hub. 081366675010.

JI0914 | 21-26/08

TAHUN 2001FEROZA 94 Mrh hati, AC, VR, BH, pjk 1thn ban bsr, Gagah, Ph. 0741-9707080.

JI0914 | 19-24/08

TAHUN 2006Dijual XENIA XI- VVTi sporti th 06 w.hitam kondisi terawat, hub. 7107159.

JI0914 | 20-22/08

kec. Tebing Tinggi WKS, Jambi. Pembelihub. Bpk Mudiono Hp. 081366155155.

JI0914 | 19-19/09

Djl bibit sawit jns Marihat 20 rb/btg, umur14 bln ada sertifikat, hub. 085266102406.

JI0914 | 20-21/08

KEBUN SAWITDjl sgr BU kbn swt + 90 Ha, sdh berbuahTM I bibit, sertifikat marihat sgt subur,tanah mineral datar hanya suratsporadik, akta notaris, lok. simp kiriTanjabtim + 1 KM dari jalan raya dpnKec. Mendaha ra Ulu hub. 0811213684/081366854854 tp hny melayani serius.

JI0914 | 23-24/08

KEHILANGANTelah hilang BPKB motor BH 5812 HJ anSri Hastuti, BSC.

JI0914 | 21-00/08

Telah Hilang BPKB motorr BH 4039 HEan. Nell Aldrin Hendri.

JI0914 | 21-00/08

Telah Hilang Sertifikat Tanah No. 4168AN Broto Supeno.

JI0914 | 21-00/08

Telah hilang Sertifikat Tanah No. 1811an Sri Hastuti, BSC.

JI0914 | 21-00/08

LAPTOPJl cpt BU Laptop merk acer, aspire core2 dua 25Hz, 1 GB, 160, DVD RW,webcam, kondisi msh br (grs) 4,6 jt. Ph.0813320923797/3010130.

JI0914 | 22-23/08

OBAT TELAT BULANAnda telat bulan? Dijamin bergaransisampai tuntas, hub. 081359084520.

JI0914 | 31-31/08

ORGAN TUNGGALDjl 1 set organ tunggal komplit KN 2600Genset 10000 Watt, Hp. 081366102055.

JI0914 | 12-28/08

PELUANG USAHADcr agen alat belajar B. Inggris hrg 6.000(pngmbilan 100 unit) hub. 081274999911.

JI0914 | 15-21/08

Bisinis modal 50 rb, investasi bagi hasilklik web http://www.limapuluhribu.com/?id=aslan.

JI0914 | 16-22/08

PULSA ELEKTRIKOCTOPUS PULSA ELEKTRIK.Siapapun dan dimanapun anda semuabisa jualan pulsa hanya dengan modalawal 50 rb transaksi lancar, depositcepat & stok lengkap. Dapatkan hadiahTV! Kulkas! DVD! dll!! Hp 085266252525/081927505550, yg mau menjadidealer unit daerah anda (tanpa modal)hub. 081274641234.

JI0914 | 09-09/09

RENTALAGUS RENTAL. Harian, Mingguan,Bulanan. Kjg Krista, Panther, Taft Hi-Line, Fotuner, L-200. Ph. 34014/08127481527.

JI0914 | 15-15/09

SAFIR RENTAL. Menyewakan Harian,Blnn. Kjg Kapsul, Innova, L-200, DCRanger. Hp. 0811740955/0741-63722/7079055.

JI0914 | 08-07/09

ICHA RENTAL. Murah, Kjg Krista 300 +Sopir, harian, mingguan, 081366987757.

JI0914 | 07-27/08

AMEL RENTAL. Sewakan Avanza,Kijang, LGX, Krista. Harian/Bulanan.(0741) 570502/7006836/0816398939.

JI0914 | 07-07/09

FAJAR RENTAL. Kijang Kapsul, Innova.Harian/Bulanan. Ph. 0741-570519/085266075725.

JI0914 | 07-07/09

JAVA RENTAL. LGX, Xenia, Innova.Harian, Mingguan, Bulanan. (0741) 085266749975/081366680440.

JI0914 | 26-26/08

H O N D ATAHUN 1984

Djl CIVIC wonder 84 hitam, AC, tape,Hp. 085266876242.

JI0914 | 15-21/08

TAHUN 1995Honda ACCORD CIELO th 95 kondisiOk plat BH, harga 67 jt nego, Hp. 081366402211.

JI0914 | 15-21/08

TAHUN 2001Djl Honda CITY th 01 BH, CD, mls, bisatkr tbh, Ph. 7118883.

JI0914 | 15-21/08

1 unit CRV manual wrn hitam th 04 platB. 081366901122/081366345555.

JI0914 | 20-02/09

HYUNDAITAHUN 2004

Dijual Hyundai GETZ th 2004, plat BHasli Jambi, Hp. 081366353888.

JI0914 | 15-21/08

I S U Z UTAHUN 2003

Isuzu Black PANTHER 2003, full originil,plat BH, hrg 132jt ng, Hp. 081366402211.

JI0914 | 15-21/08

Jl Black PANTHER 2,5 CC th 2003, Rp.130 nego Hp. 081366675858.

JI0914 | 19-24/08

TAHUN 2006Jl PANTHER PU 06 hitam, jrg pakai, tgnI, AC, PS, Sound System, ban 14, hrgnego, hub. 081219644517.

JI0914 | 14-22/08

S U Z U K ITAHUN 1989

Dijual KATANA th 89, BH, AC, tape hrgnego, hub. 08127419862.

JI0914 | 19-24/08

TAHUN 1990Djl JIMMY KATANA th 90 BH, wrn Hijau,AC, tp, hrg 33 jt, ng, Hp. 081366852334.

JI0914 | 15-21/08

TAHUN 1992Jl VITARA 92 hitam, mls, bdy klg, pjkban bsr, AC, Hp. 081366573635.

JI0914 | 15-21/08

Djl Szk KATANA th 92 wrn htm + HyundaiCKRA th 96 wrn hitam mls, Hp. 081274477645/081366927366.

JI0914 | 19-24/08

TAHUN 1997Dijual ESCUDO 97 Merah, BH, mls, 84Jt, Hp. 085266544444.

JI0914 | 21-26/08

TOYOTATOYOTA 100% BARU. Ready Stok dealerresmi, info peme sanan 7004809.

JI0913 | 24-24/08

TAHUN 1983Tyt HARDTOP asli diesel th 83, VR,ban 31 strg, plat D mls, 081213568111.

JI0913 | 12-22/08

TAHUN 1990STARLET 1.3 SE 90 biru, mls, istmw, intkulit, full audio, Ph. 081366465746.

JI0913 | 20-25/08

TAHUN 1994Dijual Great COROLLA 94 merah, BH,hrg nego Hp. 0741-63869/7040434.

JI0914 | 21-26/08

TAHUN 1997Kjg LGX th 97 wrn biru met, BH, bnsn,atas nama sndr, Hp. 081539836233.

JI0914 | 21-26/08

TAHUN 2001Djl cpt BU KJG LGX diesel th 01, hub.081366355108.

JI0914 | 14-23/08

TAHUN 2002Dijual KIJANG LGX 2002. 08129252357,pajak panjang.

JI0914 | 28-27/08

TAHUN 2003Dijual Kijang LGX 1.8 mrh mrn th 03,130 jt nego, Hp. 0813661191147.

JI0914 | 20-25/08

TAHUN 2004Jl AVANZA silver G th 2004, Rp. 111 Jt,nego, Hp. 081366675858.

JI0914 | 19-24/08

Jl AVANZA G Gold 04, pjk pnjng, ass lkp,

Acctg Srvcs (GL) pajak (PPn, PPh, SPT,NPWP) rancang sistem & web halamanhub. 0811-934971/0741-571444, pnglmn(Tokuan).

JI0914 | 24-24/08

GROSIR PRODUK FASHION. UntukLebaran, Hp. 0811744136.

JI0914 | 10-25/08

Sporf: Sewa kamar harian (kondominium)bersih dekat Novena/Bis/Mrt/Orchad,Dapur, AC, TV, Call 074133015/081366533533.

JI0914 | 21-03/09

AGEN KUE KERING BANDUNGAgen Ina Cookies, kue kering bandung+ 100m dari SD 47, depan MM Kambang,telp. 081366015950.

JI0914 | 04-04/09

BIRO JASARada Jasa SIM, STNK, BPKB, KIR, mtsiluar daerah,Jl. yunus Sanis No 35, Hp.0813 66466343, antr jmpt.

JI0914 | 19-01/09

BORE PILEAnda butuh Bore Pile? Hub. beben,0811743327 u/ fondasi gedung, tower,dll. Spec alat: bor kering.

JI0914 | 23-23/08

BUKU BSE/BUKU MURAHDistributor BSE/buku murah, bkreferensi, alt prg, seragam, atk, CV. BimaSakti, komp. Villa Kenali Permai Blok H8 No. 3 Kel Mayang Mangurai, kec. KotaBaru Jambi. Tlp/Fax. 0741-669615 Hp.08127414727/ 081310841793.

JI0914 | 13-13/09

DIBUTUHKAN RUKODbthkn ruko/rumah didaerah Bulian,sengeti, R. Bujang, Srlgn, Kerinci,Sabak, Bangko, beransuransi dgnfasilitas 3 KM, max 3 KT 7 miliki halamanckp utk 3 mbl box/engkel yg akan djdknsbg mes. Kirim ke alamat via pos PT.Bintang Suryasindo Jl. UD. SyaringSrikayangan No. 503 Kel. Talang Bakung,Jbi Sltn Kota Jambi, telp. 0741-573017.

JI0914 | 11-24/08

DIJUAL BIBIT SAWITDijual bibit sawit, ada 7000 btg jenismarehat umur 1 th, di Desa Suka Damai,

GUDANGDijual GUDANG/TANAH lok. strategis,anda bth kontraktor utk bikin gudang,Konstruksi baja hub. CV Agung Karya,Hp. 081274141318.

JI0914 | 07-06/09

R U M A HDijual RUMAH lok. Griya Aur Duri IndahBlok D No. 364 type 36. Ph. 7140071,hrg 65 juta.

JI0914 | 00-00/00

Dijual RUMAH di Perum Pesona MayangBlok H No. 5 type 36 jadi 90 lt 2 sdh dicor hrg 160 jt. Ph. 0741-7140071.

JI0914 | 00-00/00

Djl RMH 4 KM, ls. 328 M, pgr kllng, diKasan Jaya, hg ng, hub. 081366783535.

JI0914 | 31-31/08

Djl RMH cck utk ktr, 3 kmr, 1 r. ktr, 1 r.meeting, garasi, fas. lenkp, lt. 300 m2,hrg mrh, lok dkt htl Grand, hp. 081378120666.

JI0914 | 02-02/09

Dijual RMH dkt masjid Nurul Janah,TAC, lb. 143M2, lt. 425M2, PLN, PAM,sumur, pagar keliling,sertifikat, hub.08121241263.

JI0914 | 06-11/09

Djl RMH tipe 70 ls. bgnan 70 lt. 180 M2,listrik 1300W, full keramik, lok. PerumRatu Daha III dpn SMU Pelita Raya ps.putih, hrg 150 Juta net, sertifikat. hub.08127846996.

JI0914 | 11-27/08

Dijual RMH siap huni Jl. Lingkar Selatan,nego, hub. 0741-7008483.

JI0914 | 09-14/09

Dijual RUMAH 1 1/2 lantai beton, 3 KM,PAM, PLN, lok Jl. Ir. Budiman, Tlng Bnjar,hub. 0741-7550155/08127413189.

JI0914 | 12-22/08

Djl RUMAH bru type 43/120 Puri MayangCasablanca G/30 hub. 081316581409.

JI0914 | 15-27/08

Jl cepat RMH Villa Kenali Blok L No. 16Hp. 081174033/081274239240, Tp.

JI0914 | 20-25/08

Dijual cepat! RUMAH di komplek PuriMayang Cluster Casablanca blok E 6type 50, hadap taman Rp. 236 jt, Hp.08127412710.

JI0914 | 14-22/08

Djl RUMAH lok Perum Palmerah PermaiBlok F 14 tipe 109/130 2 lt, 3 KT, 3 KM,

Murni.JI0914 | 08-22/08

Dibutuhkan Staf markting pria/wanitapnddkn min SMA pria diutamakanberkendaraan bermotor. Langsung in-terview ke Mall WTC Batanghari CV.Mitra Mandiri lantai dasar Blok D. No.12/15 (bkn sales) Hp. 7837212.

JI0914 | 08-22/08

SALESDibthkn Salesman task force (motoris)dgn syarat: Pria max. 25 th, ijazak minSMA, pny kendaraan sendiri, memilikiSIMC, siap ditempatkan di Kabupatendi Provinsi Jambi, diutamakan PutraDerah, lmrn krm ke PT. BintangSuryasindo, Jl. UD. Syaring Srikayangan No. 503, Talang Bakung, Jambi,telp. 0741-573017.

JI0914 | 11-24/08

Dcr Saleman/exhibition, pria/wanita,SMA sdrjt, umur 25-30 thn, pnmplnmnark, mau bkerja keras, hub. CV Cen-tral Bajaj, adipura Thehok, 0741-571333.

JI0914 | 20-25/08

Mazda Jambi bth salesman & salescounter pengalaman, otomotif min SMAwalk interview tlp. 0741-446072.

JI0914 | 16-22/08

Dbthkan Sales/SPG/Cleaning Service.Berpenampilan menarik, rajin, ulet, jujur.Lmrn krm ke PT Excel Indonesia (DpnUnbari) Telp. 0741-60862.

JI0914 | 20-25/08

Ph. 445408/7008396.JI0914 | 21-22/08

INNOVA V th 04, plat BH, TV/DVD/SoundSstm, velg 18 variasi, Ph. 9707977.

JI0914 | 15-21/08

Dijual Toyota DYNA 125 HT (Dump Truck)tahun 2004 (LG 4 OTKMRSD) jumlah 4unit, hub. 08161641616/081274333079.

JI0914 | 15-21/08

TAHUN 2005Dijual AVANZA type G th 05 wn silver tgn1, hub. 08127498099.

JI0914 | 15-21/08

1 Unit Toyota INNOVA type V th 05 wrnhitam Hp. 081366901122.

JI0914 | 20-02/09

TAHUN 2007Dijual AVANZA type G VVT-i 07 wn hitamtgn 1, hub. 0741-7002598.

JI0914 | 15-21/08

Dijual AVANZA type G th 07 wrn hitamfull asesories ada TV, hrg 130 jt (nego)Hp. 081366478989 (Emi).

JI0914 | 15-21/08

BUTUH MOBIL?READY! Xenia, Luxia, Gran Max, disc 8jt, DP 12jtan. fitri 081366166072/7093833.

JI0914 | 13-27/08

BELI MOBIL BUNGA RINGAN!READY! Xenia, DP 12 jt angs 2,5 jt/5 th,disc 8 jt Gran Max MB PU DP 13 jt Terios22 Nila 081274063978.

JI0914 | 14-28/08

DIJUAL ESKAVATORDijual ESKAVATOR KOMATSU thn 2001tipe PC200-6, hubungi 081366100723.

JI0914 | 16-22/08

DIJUAL MOTORJual motor VARIO biru metalic, tgnpertama, des 08, jarang pakai, KM 1500,pakaian wanita, harga 13 jt.

JI0914 | 15-21/08

VIXION th 2008, krdit br 1 th, sisa 2 thlg, jual 7 jt, DP awal 4 jt, Hp. 081994308979. Knds mtr msh originil.

JI0914 | 15-21/08

pgr, canopi, 115 jt/ng, Hp. 08127877516.JI0914 | 15-21/08

Djl RMH di Villa Gading Myng Blok H-14type 131, 2 lantai Hp. 081274577878/0741-667493.

JI0914 | 20-25/08

RUKOOver kontrak RUKO 2,5 thn lagi, Jl.Pangeran Hidayat RT 3 No 1 Pal 5 KotaBaru (sebelah Amelia salon) BU, hub.081274517333.

JI0914 | 15-23/08

Djl RUKO 2 pintu 10 x 20, 3 lantai,parkir luas, dkt Perum Liverpool, 081366423737.

JI0914 | 14-23/08

Djl RUKO 2 1/2 lti, komp Villa GadingMyg A4, full lramik, plapon gitsum siappakai + 2 AC wather hiter, pintu kaca 2ml, hub. 08127417377 (Jambi).

JI0914 | 18-23/08

Dijual RUKO Jl. Adam Malik Hp. 081274190708.

JI0914 | 21-01/09

T A N A HDijual TANAH SHM 5 tbk tl. Bakung, Hp.081366316060.

JI0914 | 08-13/09

Djl cpt TNH 10,5 tmbk lokasi dkt markasBrimob, hub. 081366254577.

JI0914 | 11-22/08

Dijual TANAH kebun pinang, sudahmenghasilkan/berbuah. Luas 52 tbk/5250 M2. Alamat simp. Tugu TalangBakung Jambi Selatan, berminat hub.085266800686/081274016076.

JI0914 | 10-22/08

Djl TNH 6 tbk, di belakang kantor JambiEkspres, hub. 081366375444.

JI0914 | 13-21/08

Dijual cpt TNH 7,5 tbk kbn Kopi simpangSerdang sblh TK. Taruna bisa utk Bangunruko Hp. 081366869799.

JI0914 | 21-26/08

Jual murah BU TNH SHM 1400 M2 Jl.Lintas Tbsi Bungo cck ut rmh mkn/rukohub. 7134155/081274860001.

JI0914 | 21-26/08

DIKONTRAKKANDikontrakkan PERUM Villa Kenali PermaiBlok M5/9, hub. Budi telp. 7017005.

JI0914 | 06-11/09

PANJI RENT CAR. Avanza, Innova,LGX. Harian, bulanan. Hp. 081366383337/7142213.

JI0914 | 04-03/09

DION RENTAL. Mnywkn Kijang LGX,Inova, Harian, Bln 0741-7048421/081266556045.

JI0914 | 01-30/08

MP RENTAL. Kjg LGX, Kuda. Mulai 200rb/hr. Ph. 0741-7142806/081366969866.

JI0914 | 03-03/08

SEDIA BIBIT UNGGULTanaman perkebunan, hutan, buah,bunga, dan ternak hub. Deli Agro Medan,Hp. 081534931986-081376150672.

JI0914 | 15.19.21.26/08

SERVICEMENTARI JAYA SERVICE. Spesialispemasangan, service, cuci AC, dll, Hp.0741-7006537/0812742557891/081919043911.

JI0914 | 25-25/08

MAJU JAYA SERVICE. Mnrm pmasanganperbaikan pmlhrn AC baru/AC bks,Kulkas, msn cuci dll Hp. 08 1366356788/0741-7012343/081366000515.

JI0914 | 04-03/09

RI Incar Investor Singapura JAKARTA - Badan Koor-

d inas i Penanaman Modal(BKPM) melakukan upayajemput bola investasi dariberbagai negara p o t e n s i a l ,sa lah sa tunya S ingapura .Sebab, Indonesia membu-tuhkan i nves t a s i s ebesa rR p 1.700 triliun pada 2010,baik dari sisi pemerintah mau-pun swasta.

Deputi Bidang Promosi Pen-anaman Modal BKPM Dar-mawan Djajusman menjelas-kan bahwa Singapura merupa-

kan negara peringkat teratasyang menanamkan modalnyadi Indonesia di sektor pariwisa-ta. “Singapura mengalahkanJepang yang sebelumnya meru-pakan negara terbesar dalammelakukan investasi pariwisa-ta di Indonesia,” ujarnya.

Berdasar data BKPM, dalamlima tahun terakhir (sejak 2004-hingga Februari 2009), jumlahinvestasi dari Singapura men-capai 25 proyek snilai USD 195juta. Disusul oleh Inggris de-ngan 15 proyek senilai USD

149 juta, kemudian Mauritiusdengan 1 proyek senilai USD75,77 juta. Menurut Darwa-man, investasi Singapura ter-us berlangsung meski telahterjadi aksi pengeboman diJakarta. “Investasi tetap ma-suk,” katanya.

Menurut dia, masalah penge-boman bisa terjad i d i manas a j a . Ta p i y a n g m e n j a d ipenting adalah bagaimanap e m e r i n t a h m e l a k u k a nb e r b a g a i p e r l i n d u n g a nd a n a n t i s i p a s i u n t u k

menanggulangi berbagaiproblem t e r s e b u t . Darma-w a n m e n y e b u t k a n bahwapihaknya salut dengan lang-kah pemerin tah AmerikaSerikat yang t idak mener-bi tkan larangan untuk me-ngunjungi Indonesia (travelwarning). “Menurut mereka,travel warning hanya akanmendukung teror is untukmelakukan kegiatannya lagi,”sebutnya.

Sementara itu, Minister Coun-selor Kedutaan Indonesia diSingapura Jean Annes menye-butkan bahwa kondisi terakhirhubungan bilateral kedua nega-ra berjalan dengan baik. “Si-

ngapura merupakan tetanggaterdekat dan mitra dagang ter-besar ketiga. FDI (foreign directinvestment) dari Singapura un-tuk semua sektor terbesar ke-dua dengan nilai USD 1,4 mi-liar pada 2008,” lanjutnya.

Kondisi itulah yang men-dorong BKPM bekerja samadengan Kedutaan Besar Indo-nesia di Singapura, Network In-donesia, dan Singapore Busi-ness Federation untuk me-laksanakan acara Indone-s ia Inves tment Market ingon Tourism Sector di SuntecSingapore International Con-vention, Singapura, pada 19Agustus 2009.(jpnn)

Page 14: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

JUMAT, 21 AGUSTUS 2009 Jambi IndependentPUSAT PENGOBATAN TRADISIONAL

HINDUSTHINDUSTHINDUSTHINDUSTHINDUSTANANANANANSPESIALIS SYAWAT DAN MATATANPA OPERASI UNTUK UMUM

Bapak Tabib G S PunjabiHp: 0812 7858 099

Praktek setiap hari hari pukul 08.00 Wib sampai21.00 Wib Hari Libur Tetap Buka

JL. Hos Cokroaminoto No 32 Psr Keluarga + 100 meter dari Tugu Juang Siping ke arahSimpang Kawat Jambi. Izin Depkes 735/1993

Ramuan kami diracik oleh pakar Tabib langsung dariGunung Himalaya Hidustan Menyembuhkan:Syawat - Lemah Syawat -Cepat Keluar - Impoten -Tidah Punya Keturunan - Perbesar Zakar - Ambieyen-Asma -Asam Urat - Kencing ManisMata - Memerah - Katarak - Rabun Jauh - RabunDekat - Slinder - Min Plus - Berlemak - Berair - MudahPerihRamuan kami tiada duanya, pertama dan palingmujarap di Indonesia. Sudah ribuan pasien berhasildisembuhkan. Bagi anda yang mempunyai keluhansoal syawat dan mata segera konsultasikan kepadakami. Percayalah tidak ada penyakit yang tidak bisadisembuhkan jika Anda mau berobat.Keharmonisan rumah tangga yang paling pentingdalam hidup.

Ramuan kami alami tanpa efeksamping, cukup satu kaliberobat dijamin sembuh untukselamanya, kami bisa berikangaransi untuk itu.

Kami Metode yang tepat bagi anda dan mem-punyai sertifikat dari India spesialis mengobatipenyaKit Lemah Syahwat, Impoten, Cepat Ke-Luar , Sperma encer, memperbesar jaka(btg), tidak mempunyai keturunan, Kencingmanis, Sakit pinggang, kurang gairah dalamhubungan suami istri, juga tersedia ramuanambein khusus pria dan wanita tanpa operasidan menghilangkan bau badan pria dan wani-ta. Juga tersedia ramuan untuk memperbesarpayudara

Ramuan ini alami, tanpa efek samping, jangantunda lagi konsultasikan diri anda segera, kami

dapat memberikan kartu garansiJam Praktek : 08.00 s/d 20.00 WIB . praktek setiap

hari, hari libur tetap buka.Hp. 081274373700

NOMOR : 8.422/N.5.3/PAKEM/II/2002

Alamat :Jln. Prof. Dr Sumantri Brojonegoro No. 58Simpang Pulai (Samping Apotik Beradat)

NB : Spesialis mata tanpaoperasi dan kami juga me-nyediakan ramuan untuk pe-nyakit mata min-plus, matamerah, rabun jauh/dekat, ka-tarak, mata berkunang-ku-nang akibat diabetes baikpria maupun wanita muda/tua, yang berkaca

PUSAT PENGOBATAN

TRADISIONAL INDIA

- COBRA SUPER (USA) TL 054515281, MPBdan MPP Venis Pria secara cepat, alami, permanen selamanya

- PENINGGI BADAN SUPER (TR. 022514301),Menambah tinggi Hormon Pertumbuhan tulangsehingga menambah tinggi postur tubuh 5 -10 cm.

- FAT LOSS/EASYSLIM (TR RI 862704011486),Kapsul penghancur lemak, langsingkan perut,paha dan seluruh tubuh, 100% natural danaman.

- PENGGEMUK BADAN (TR RI 024516871),Tablet spesial penggemuk badan, penambahnafsu makan badan anda lebih gemuk dan macho.

- HAI MHA JIANSHEN/ TR. RI 953476411,Mencegah ejakulasi dini, menyehatkan ginjal,lemah syahwat, impotent dan menambahstamina.

- PROCOMIL/CIALIS Khusus Tahan Lamaberulang-ulang semalam suntuk.

- KONDOM DURI/DUREX. Kondom duri,Sungut lele untuk kepuasan pria & wanita

- BREAST CREAM / TB. VACUM (TR. 1007490091), Cream payudara bikin payudara besar, kencang, montok dan berisi.

ANDA INGIN CEPAT LANGSINGFAT LOSS / EASY SLIM

ANTAR KE ALAMAT GRATIS (DALAM KOTA)

“SIMSON” SIMPANG KAWATJl. Hos Cokroaminoto 42 Sp. Kawat

(Samp. Terminal Lama) Telp. 669652 Jambi

Page 15: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

15

JUMAT , 21 AGUSTUS 2009Jambi Independent

Bekerja Lama di DepanKomputer Picu Mata Kering

Dianjurkan Konsumsi SuplemenMakanan Asam Lemak Esensial

Mata Sehat KetikaMenggunakan Komputer

SITI MASNIDAR, Kota Jambi

ANDA pernah merasakan ke-luhan mata kering (dry eye syn-drome)? Itu salah satu keluhanmata yang diakibatkan ber-kurangnya produksi air matadan atau berkurangnya kuali-tas air mata. Salah satu pe-nyebabnya adalah bekerjalama di depan komputer.

Menurut Kepala KSM MataRSD Mattaher Jambi dr Kus-waya Waslan SpM, mata akanberfungsi secara optimal, diantaranya bila lapisan air matayang menutupi permuakaanmata dalam keadaan normalbaik secara kualitatif maupunkuantitatif.

Kalau air mata tidak nor-mal, fungsi air mata sebagaimedia optik, mengeluarkandebu/kotoran, menjaga ke-lembapan mata, adanya en-zim-enzim untuk menetral-isasi mikroorganisme danfungsi suplai makanan ter-hadap kornea akan tergang-gu, yang pada akhirnya akanmenyebabkan kerusakanyang lebih lanjut dari mata.“Sehingga boleh dikatakanbahwa a i r mata bergunayang penting untuk keseha-tan mata,” ujarnya kemarin.

Secara anatomi, air mata

terdi r i a tas t iga lapisan.Lapisan per tama ( lapisanmusin) adalah lapisan yangmenempel pada kornea, di-hasilkan oleh sel goblet padakonungtiva. Lapisan keduadi tengah lapisan akuos ,yang dihasilkan oleh kelen-jar lakrimal utama dan ke-lenjar lakr imal tambahanseperti kelenjar Krause dankelenjar wolfring yang ter-dapat pada fornik konjung-tiva.

Lapisan ketiga atau palingatas adalah lapisan lemakyang dihasilkan oleh kelen-jar meibomian dan kelenjarzeis. Secara normal ketigalapisan itu homogen dan ku-at sekali perlengketannya.“Tetapi kalau ada sesuatupengaruh yang menyebab-kan lapisan-lapisan tersebutterganggu, ke luhan matakering akan terjadi,” ujar-nya.

Gejalanya, mata terasa be-rat, panas, seperti ada bendaasing, penglihatan buram,terasa mengganjal, dan yeri.Keluhan tersebut tegantungderajat keparahan mata ker-ing. “Keluhan tersebut bi-asanya terjadi kalau mata di-gunakan terus-menerus ataupada kondis i l ingkunganpanas, berangin, dan kelem-bapan yang rendah,” jelasn-

ya.Untuk memeriksa dan menilai

lapisan air mata, bisa dilakukanpemeriksaan schirmer untukmelihat produksi air mata; pe-meriksaan break up time untukmemeriksa lapisan air matalapisan lemak; dan pemerik-saan rose bengal untuk memer-iksa lapisan air mata lapisanmusin.

Lalu apa penyebabnya? Pen-yebab dari mata kering ada be-berapa. Pertama, proses normalkarena faktor usia, biasanya ter-jadi pada wanita berumur seki-tar 40 tahunan yang disebab-kan fluktuasi hormonal ataupada wanita mau menopause.

Kedua, karena efek sampingdari penggunaan obat-obatanseperti antihistamin/antialergi,antidepresi, obat darah tinggi,obat parkinson, dan obat pilkeluarga berencana.

Dapat juga karena seseorangmenderita penyakit seperti lu-pus, rheumatoid arthritis,sjogren sindroma. Kemudianbisa juga karena tidak sempur-nanya penutupan kelopak ma-ta, seperti pada penderita hip-ertiroid, bels palsy, tumor padakelopak mata.

Selanjutnya, bisa muncul jikaada penyakit mata seperti ble-pharitis/ radang kelopak mata,ptrerygiun. Kemudian akibatpekerjaan seperti bekerja pada

ruangan ber-AC, kurangnyamata berkedip.

Keadaan lain, hidup atau ting-

gal di lingkugan kering, berde-bu dan banyak angin, peng-gunaan lensa kontak yang lama,

penggunaan obat tetes matayang mengandung bahan pen-gawet seperti thimerosal dan

UNTUK mengatasi berku-rangnya produksi air mata, bi-asanya yang sering dilakukanadalah memberikan tetes mataair mata buatan.

Menurut dr Kuswaya Was-lan SpM, secara umum, pada

penderita mata kering yangdiberikan adalah tetes mataair mata buatan. Tapi pena-talaksanan mata kering tetaptergantung penyebabnya.“Air mata buatan hanya un-tuk mengatas i keluhaan,”

jelasnya.Sementara untuk mengurangi

keluhan akibat iritasi angin,dianjurkan kalau berkegiatandi luar ruangan memakai kaca-mata redup. Untuk kelainanmata kering yang sudah berat,

bisa dilakukan penutupan se-mentara atau permanen salurankeluar air mata dengan cara pe-masangan silicon plug.

Pada sekarang ini tenaga me-dis bisa juga merekomendasi-kan makanan suplemen untuk

penderita mata kering, yaitumakanan yang mengandungasam lemak esensial (linoleicdan gamma linoleic) sepertiikan salmon yang mengandungomega 3, dapat mengurangi ke-luhan mata kering.(nid)

BERINTERAKSI dengan la-yar komputer dalam waktu lamamengakibatkan mata tegangdan kering. Beberapa tips yangberkaitan dengan layar televisidapat digunakan saat meng-gunakan komputer.1. Jika sudah terlalu lama, sebaikn-

ya berhenti dulu beberapa saatuntuk mengistirahatkan mata.Selain itu, sering berkedip jugadisarankan untuk menghindarimata kering.

2. Jika ada agangguan pengli-hatan saat menggunakan ko-mputer, sebaiknya berkonsulta-si dengan dokter ahli mata.

3. Jarak antara layar monitordengan mata sekitar 30-40cm dengan posisi bagian

atas layar sesuai degan ket-inggian bola mata atau sedi-kit di bawah batas mata.

4. Pastikan monitor yang Andagunakan dapat diatur kemirin-gannya agar mudah me-nyesuaikan dengan posisi mata.Jika memiliki dana, sebaiknyamenggunakan monitor LCDkarena radiasinya lebih rendah

dibanding dengan monitorCRT.

5. Gunakan screen protector dilayar komputer untuk men-gurangi pancaran radiasi.

6. Jika mengalami gangguanpenglihatan, baik rabun jauhatau dekat, gunakan kacamatauntuk memastikan bahwa bay-angan tepat jatuh di retina.(*)

FOTO - TOFO EDDY DJUNAEDY /JAMBI INDEPENDENT

MATA KERING: Sejumlah anak sedang belajar menggunakan komputer, terlalu lama menggunakan komputer dapat menyebabkanmata kekurangan cairan

benzalkonium klorida. “Padapenelitian terakhir, akibat mer-okok,” tambahnya.(*)

Page 16: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

Jambi Independentjumat, 21 agustus 2009

PKS Desak Gubernur Terbitkan SK Caleg

sItI masNIDaR, Kota Jambi

Pemprov BelumBeri Jawaban

DPD Partai Keadilan Sejah­tera (PKS) mendesak gubernur Jambi tidak menunda penerbitan SK caleg terpilih terkait berkas persyaratan caleg yang belum lengkap. “Tidak ada alasan un­tuk menunda penerbitan SK. Penundaan bisa banyak men­imbulkan masalah,” ujar Ketua DPD PKS Kota Jambi Syafrudin Dwi Aprianto saat dihubungi.

Menurutnya, masalah doku­men bisa menyusul. KPUD sudah menetapkan berkas caleg jauh­jauh hari. Sementara arsip berkas yang tidak ada, bukan hal yang disengaja. “Kebakaran di luar kendali manusia, bukan kesengajaan,” ujarnya.

Apri berharap, surat edaran Mendagri tidak dipolitisasi untuk menunda pelantikan. Gu­bernur bisa membuat kebijakan terkait kondisi khusus yang ada

di DPRD Kota Jambi. “Apalagi surat tersebut baru diterima tanggal 10 Agustus ini,” tam­bahnya.

Ditanya soal berkas caleg PKS sendiri, Apri mengaku sedang menyiapkan. “Rencana kita hari ini (kemarin, red) akan kita antar,” kata anggota DPRD Provinsi Jambi itu.

Sementara itu, hingga pukul 14.00 WIB, sudah 33 caleg me­nyerahkan berkas persyaratan ke KPUD Kota Jambi. Ke­tua KPUD Kota Jambi Ratna Dewi mengatakan, berkas yang diterima sudah disampaikan ke Pemprov.

Adapun caleg yang belum menyerahkan tinggal 12 caleg, yakni PKS 5, PAN 5, dan Golkar 1 caleg. “Kita masih menunggu sisanya,” ujar Ratna.

Terpisah, Kepala Biro Pe­merintahan Setda Provinsi Jambi Ali Redo belum bisa memu­tuskan kebijakan yang akan diambil terkait kendala berkas yang bisa menunda penerbitan SK caleg terpilih DPRD Kota Jambi. “Saya belum bisa berkomentar. Besok keputusannya,” ujarnya saat dihubungi.

Sedangkan untuk penerbitan SK caleg terpilih kabupaten

lainnya, Ali mengatakan sudah tidak ada masalah. “Drafnya

sudah. Tinggal ditandatangani,” katanya.(nid)

KPUD Provinsi Terima Hasil Audit

JAMBI ­ KPUD Provinsi Jambi kini mulai menerima hasil audit laporan dana kampanye Pemili­han Presiden (Pilpres) 2009 dari kantor akuntan publik (KAP). Ang­gota KPUD Provinsi Jambi Azhar Mulia menyatakan, sejuah ini sudah ada dua laporan.

“Baru dua diserahkan, yakni laporan untuk pasangan SBY­Boediono dan JK­Wiranto. Yang belum adalah pasangan Mega­Prabowo,” katanya di Kantor KPUD Provinsi Jambi kemarin (20/8).

Laporan dana kampanye yang dilaporkan beberapa waktu lalu relatif masih dalam angka tidak terlalu besar. Untuk pasangan Megawati­Prabowo sebesar Rp 1.091.215.000, Susilo Bam­

bang Yudhoyono­Boediono sebesar Rp 1.634. 060.537, dan pasangan Jusuf Kalla­Wiranto Rp 1.284.590. 000. Jumlah tersebut belum termasuk untuk laporan dana kampanye tim kampanye pasangan capres­cawapres tingkat kabu­paten/kota.

KPUD Provinsi Jambi sebel­umnya menunggu paling lambat 7 September hasil audit baru dis­erahkan KAP ke KPUD Provinsi Jambi. Setelah diterima, laporan dana kampanye hasil audit tidak akan berlama­lama di tangan KPU Provinsi Jambi. Itu karena laporan tersebut akan langsung diumumkan ke masyarakat. “Dalam waktu dekat akan kita umumkan di media massa,” sebutnya.(roz)

Page 17: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

Jambi Independent jumat, 21 agustus 2009

Ajak Wujudkan Kota Jambi Bernas

SeBAgAi camat, Arzi Efendi menjadi ujung tombak pemerintahan di kecamatan. Karena itu ia harus tanggap menerangkan visi-misi wali kota kepada

masyarakt. “Tentu saya me-

ngajak masyarakat Jelutung khusus-nya dan Kota Jam-bi umumnya untuk senantiasa men-jaga kebersihan dan mendukung program-program pemerintah untuk mewujudkan Kota J a m b i B e r n a s 2013,” kata camat Jelutung itu.

P r i a be r kaca -mata itu menerangkan, salah satu caranya adalah tidak sembarangan membuang sampah. Menga-wali karier sebagai PNS pada 1999, Arzi awalnya bertugas di Kantor Camat Jambi Timur. Setahun kemudian ia diangkat menjadi lurah Talang Jauh. Selama 6,5 tahun menjadi lurah, kini dia dipercaya menjadi camat Jelutung.(kin)

teras

arzi Efendi

Rencana Kenaikan Elpiji Resahkan Masyarakat

KOTA JAMBI - Rencana kenaikan harga gas elpiji saat puasa menimbulkan keresahan masyarakat, ter-masuk pelaku usaha kecil. Itu karena beban hidup bakal lebih berat.

“Kalau mau naikkan harga jangan sekarang. Apalagi saat puasa ini kebutuhan masyarakat sangat banyak. Kalau harga elpiji dinaikkan, yahg sulit ya masyarakat,” keluh baca Rencana hal 18

Junarti, warga Telanaipura, kemarin. Parto, pedagang makanan di kawasan Pasar, me-

ngaku sempat mendengar kabar tersebut. Seperti Junarti, ia ikut menyayangkan jika kebijakan itu di-ambil. Bahkan menurutnya harga elpiji saat ini cukup memberatkan masyarakat. n

RSU RadenMattaherTelantarkan ODHA

suRya Elviza, Kota Jambi

Lima Kali Obat Penderita AIDS Terputus

baca Rsu hal 18

LAgI dan lagi, pelayanan Rumah Sakit Umum (RSU) Raden Mattaher dikeluhkan. Kali ini keluhan datang dari para

penderita penyakit HIV/AIDS di Jambi. Kemarin (20/8), belasan orang dengan HIV/AIDS (ODHA) memrotes pelayanan rumah sakit pelat merah tersebut.

Penyebabnya, obat jenis an-tiretroviral (ARV) yang digu-nakan untuk pengobatan berkala penderita AIDS tak tersedia di RSU Raden Mattaher. Padahal, obat itu sangat diperlukan pasien HIV/AIDS secara rutin untuk membantu sistem kekebalan tubuh. n

Puasa Jangan Jadi Alasan PNS Malas

Jam Kerja Dikurangi marin (20/8). Ditemui di Balai Kota, ia menegaskan, absensi kepegawaian tetap akan dijalank-an seperti biasa.

Penegasan tersebut disam-paikan Ikhsan seiring adanya pemberlakuan pengurangan jam kerja bagi PNS selama bulan Ramadan. “Karena itu, kita tetap berharap pengurangan jam kerja tak membuat tambah malas,” katanya. n

KOTA JAMBI - Wali Kota Jambi meminta PNS di Pemkot tak malas-malasan bekerja saat puasa nanti. Melalui Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) M IKhsan, Bambang juga meminta agar kinerja para pamong tersebut tidak menurun.

“Kita minta tidak malas-ma-lasan saat puasa nanti, ya seperti hari biasalah,” kata M Ikhsan ke-

Pendapatan Pajak Pemutihan Capai Rp 9 M

baca Puasa jangan hal 18

KOTA JAMBI - Pendapatan pemuti-han pajak kendaraan bermotor yang di-lakukan Dinas Pendapatan (Dipenda) Provinsi Jambi hingga kini mencapai angka Rp 9 miliar. Itu untuk periode 15 Mei-8 Agustus 2009.

Kepala Dipenda Provinsi Jambi M Zuhdi Asran mengatakan, jumlah itu berasal dari 53.130 kendaraan. Rinciannya, 28.252 unit kendaraan roda empat dan 24.878 unit roda dua. “Dari data tersebut memang lebih banyak roda empat yang melakukan pemutihan,” ujarnya.

Dari kendaraan roda dua, Dipenda mendapatkan PAD Rp 4,7 mil iar lebih. Adapun dari roda empat, sebesar Rp 4,2 miliar lebih. Zuhdi mengatakan, dalam program pemutihan itu, Dipenda tidak menargetkan berapa pendapatan

pajak yang akan diterima. Ia hanya me-nyarankan agar para pemilik kendaraan yang pajaknya mati bisa mengikuti pro-gram pemutihan lanjutan.

“Kemungkinan pemutihan akan kita perpanjang, tetapi jadwalnya belum bisa dipastikan. Kita akan ajukan ke gubernur terlebih dulu,” ujarnya. Di samping itu, program pemutihan kendaraan bisa dikatakan berhasil karena pajak ribuan kendaraan telah dihidupkan kembali.

Itu karena mereka juga menggunakan sistem jemput bola. “Tim kita ada yang langsung mendatangi warga dan sistem ini juga sangat mudah dalam administras-inya,” ujar Zuhdi.

Untuk mempermudah akses pemutihan kendaraan, pihak Dipenda Provinsi Jambi sudah mendirikan pos-pos pelayanan di beberapa daerah di Provinsi Jambi.(viz)

Anjing-anjing Pintar di Komunitas Pencinta Anjing Ras Jambi

Golden Lacak Narkoba, Dogo Penjaga Rumah

Puasa, Polisi TingkatkanRazia Pekat

KOTA JAMBi – Memasuki bulan Ramadan, polisi bakal mengintensifkan razia penyakit masyarakat (pekat). Tujuannya agar kaum Muslimin bisa khusuk beribadah. Hal itu disampaikan Kabid Humas Polda Jambi Ajun Komisa-ris Besar Polisi Syamsudin Lubis kemarin (20/8).

Menurutnya, razia pekat terdiri atas narkoba, minuman keras, pekerja seks komersial (PSK), serta kejahatan jalanan lainnya. Razia dilakukan di tempat-tempat hiburan, hotel, serta lokasi yang dianggap rawan kejahatan.

“Ini merupakan perintah Kapolda Jambi,” katanya. Selain itu, pihaknya akan melakukan sosialisasi di be-berapa pondok pesantren. Upaya lain yang dilakukan adalah menggelar razia, khususnya di pintu masuk Jambi.

Itu artinya, hal tersebut akan dilaksanakan oleh polres yang berada di gerbang pintu masuk Jambi. “Seluruh kendaraan akan kita periksa tanpa terkecuali,” kata Lubis. Hal itu juga untuk mengantisipasi teroris masuk Jambi.

Seluruh pemilik usaha hiburan malam diminta tidak membuka usaha selama Ramadan. Itu juga termasuk hiburan organ tunggal serta pedagang petasan. Untuk petasan, Lubis mengatakan, hal tersebut sangat dila-rang karena dapat mengganggu kenyamanan warga sekitar. “Jika kedapatan masih membandel, akan kita ambil tindakan tegas,” katanya.

Terpisah, Kabag Bina Mitra Poltabes Jambi Ajun Komisaris Polisi Aswini Nawawi mengatakan, tek-nis razia akan diserahkan pada polsek-polsek jajaran. “Kita (Poltabes, red) sifatnya hanya back-up,” katanya.(rib)

baca golden lacak hal 18

FiNaRmaN WaPu, Kota Jambi

ada banyak jenis anjing ras di Kota jambi. memeliharanya gampang-gampang susah. selain biaya perawatan yang mahal, pemilik juga dituntut bisa melatih keterampilan anjing. apa saja keahlian anjing-an-jing impor itu, berikut liputannya.

ADA banyak penyuka anjing, namun ti-dak semua bisa memilih mana yang cocok dengan karakter mereka. Sebelum membeli, ada baiknya mengetahui karakter apa yang akan dicari. nalDiNO/jambi iNDEPENDENt

tERamPil: aciang dan teddy Wilo bersama anjing koleksi mereka.

alDiNO/jambi iNDEPENDENt

BAKAL NAIK tabung gas elpiji yang didistribusikan petugas. Rencana kenaikan harga elpiji meresahkan masyarakat.

Page 18: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

JUMAT, 21 AGUSTUS 2009 Jambi Independent

RSU Raden Mattaher ---------- dari hal 17

Puasa Jangan Jadi Alasan PNS Malas----------------- dari hal 17

Golden Lacak Narkoba, Dogo Penjaga Rumah ----- dari hal 17

Rencana Kenaikan Elpiji ----- dari hal 17

Apakah anjing penjaga, ber-buru, atau untuk anjing keluar-ga yang sifatnya lebih familiardan manja. Di Komunitas Pen-cinta Anjing Ras Jambi, adabanyak jenis anjing pintar de-ngan berbagai keahlian.

Deretan kandang terbuat daribesi berjejer di kiri-kanan tokoGolden Pet 's Shop di JalanHalim Perdana Kusuma, Pasar.Di sore hari berhias mendung,dua pria tengah asyik bermaindengan anjing di toko tersebut.Keduanya adalah pemilik toko,Aciang (33) dan Teddy Wilo.

Sementara dua pegawai tokoterlihat sedang membersihkanbulu seekor anjing menggu-nakan vacum cleaner. “Ayo si-lakan masuk,” kata Aciang danTeddy ramah menyambut danmenyilakan duduk.

Beberapa saat berbincang,kedua menceritakan pengala-man memelihara anjing dan ak-tivitas komunitas mereka. Me-reka menyebutkan anjing-an-jing itu memiliki keahlian lebihdari yang lain. Golden, anjingumur tiga tahun, misalnya, meru-pakan spesialis narkoba. Pen-ciumannya sangat peka ter-hadap jenis narkoba. Bahkan an-jing itu sering ikut razia narkobabersama jajaran kepolisian.

“Sejak dibeli, Golden sudahdilatih untuk melacak narkoba.Dia (Golden, red) dilatih sela-ma dua hingga tiga bulan de-ngan menciumkan berbagainarkoba ke hidungnya, sehing-ga Golden paham benar kalauada yang menyimpan nar-koba,” terangnya.

Golden beberapa kali ikut ra-zia di Kualatungkal. Selain itu,juga digunakan aparat ke-polisian saat menggelar razianarkoba di lapas. “Kita sangatmendukung upaya aparat ke-polisian. Untuk menggunakanGolden, saya tidak memungutbiaya apa pun,” ungkapnya

tersenyum.Selain peka dengan narkoba,

Golden juga lihai dalam berb-agai hal. Dia patuh dan familiardengan orang. Lihat saja ketikadiajak bersalaman, Goldenmengangkat kaki kanan. Ka-kinya yang kokoh melekatpada telapak tangan.

Tak hanya itu, dengan beber-apa kata isyarat untuk me-merintah, Golden segara me-lakukannya. Ketika disebut-kan “sit”, Golden segera duduk.Lalu Aciang menyebut kata lain,“down”, anjing berbulu lebat itumerebahkan badannya dan ber-baring. Begitu menyebutkankata “squad”, Golden langsungberdiri dengan kedua kakinya.

“Coba bersalaman, hand!”sebut pria yang akrab dipang-gil Dwi Haryadi. Mendengarkata itu, seketika kaki kanandepan Golden diangkat kedepan mengajak bersalaman.“Tipe Golden biasanya di-pelihara untuk keluarga karenasifatnya familiar, manja, dantidak garang,” jelas pria yangmemiliki sekitar 20 ekor anjingberbagai jenis.

Pengalaman Golden rupanyabukan hanya dalam merazia.Ingat dengan musibah terge-lincirnya pesawat Sriwijaya Airdi Bandara Sultan Thaha, Jam-bi, tahun lalu? Nah, Goldenmerupakan salah satu penum-pang dan ia terperangkap di sana.

Selain Golden, ada Dogo.Anjing peranakan dari Argen-tina itu bertubuh besar. Sebuahrantai besar melingkar di bahu-nya. Itu menandakan anjingtersebut memiliki kekuatanluar biasa besar. Selain sudahjinak, Dogo biasanya dipeliha-ra sebagai anjing penjaga ru-mah dan untuk berburu. “Inikarena kekuatan yang di-milikinya sangat besar,” tuturAciang.

Untuk memelihara seekor an-

jing, sedikitnya dibutuhkanbiaya sebesar Rp 500 ribu perbulan. Biaya itu, kata ketuaKomunitas Anjing Ras Jambi,Teddy Wilo (30), untuk ke-perluan makan dan perawatankesehatan. “Paling sulit mera-wat anjing berbulu panjang je-nis seperti Golden, Pomrania,dan Pamoyet serta jenis lain-nya, karena jenis itu mem-butuhkan perawatan bulu agartetap bersih dan terawat,” jelasnya.

Menurut Teddy, anjing-an-jing ras itu dibeli dari Jakarta,Bandung, dan Surabaya. Harg-anya bervariasi, tergantungkualitas dan stamina. Sebut sajaDogo, dihargai kisaran Rp 15juta hingga Rp 20 juta per ekor.Lalu Golden harganya hinggaRp 15 jutaan. “Kalau impor danchampion (pemenang kontes)harganya lebih mahal,” ung-kapnya.

Komunitas Pencinta AnjingRas Jambi berdiri sejak duatahun silam. Di Jambi, anggota-nya sudah mencapai 60 orang.Kelompok itu berdiri berawaldari beberapa orang yang seringbertemu dan berkumpul. Lalumereka melanjutkan denganmembentuk sebuah komunitas.

“Kita kumpul tiap pagi Ming-gu sekitar pukul 05.30 WIB diSwalayan Meranti, Talangban-jar. Biasanya kita jalan-jalanbersama anjing-anjing anggo-ta komunitas,” tutur Teddy.“Untuk menjaga kesehatanhewan peliharaan kita, setahunsekali selalu diberi vaksi. Kitaada dokter hewan dan pelatihanjing dari polisi,” jelasnya.(*)

“Obat ini penting bagi kami,tapi ini kok malah putus,” ke-luh seorang penderita yangmenolak namanya ditulis.

Bersama perwakilan JaringanOrang Terinfeksi HIV AIDS(JOTHI) dan PengembanganKebijakan dan Advokasi Ke-sekretariatan Nasional Indone-sia, mereka mencari kejelasanpenyebab putusnya obat ter-sebut. Mereka mendatangi ru-mah sakit pemerintah tersebut.

“Dan ini bukan yang pertamabegini,” kata Ketua JOTHI Jam-bi Yuli kemarin. JOTHI men-catat, tahun ini sudah terjadilima kali hal serupa terjadi.Bahkan tahun-tahun sebelum-nya pemutusan juga terjadi. Ak-ibatnya, para ODHA tersebutharus meminta stok ARV ke se-sama penderita di provinsi lain.

“Jika tidak kita pertanyakanseperti ini, bagaimana nantihidup kita yang memang sa-ngat tergantung dari obat ter-sebut?” ujarnya.

Sejatinya, ARV dikonsumsioleh ODHA setiap dua kalidalam sehari. Stok ARV sendi-ri langsung dikirim oleh pe-merintah pusat. Di Kota Jambidibutuhkan 30 botol ARP un-tuk 30 ODHA setiap bulan.Hanya saja, pada Agustus 2009,stok obat tersebut putus.

“Hingga hari ini, saya ada stoktiga botol. Tiga botol itu harusdibagi-bagi ke teman-teman.Bagaimana caranya? Sedangkanhidup teman-teman sangat ter-gantung pada obat ini,” kata Yuli.

Apa penjelasan RSU RadenMattaher? Rumah sakit tak

memberikan keterangan yangmemuaskan. Seorang petugasmengatakan, petugas yangmenangani obat ARV tersebuttengah mengambil cuti. “Jaditidak ada laporannya,” kata dia.

Untuk diketahui, penggu-naan ARP setiap bulan harus di-laporkan ke Jakarta. Mekanis-menya, rumah sakit memberi-kan laporan dan meminta kem-bali stok ke Dinas Kesehatan(Dinkes) Provinsi. Lalu DinasKesehatan mengirimkan la-poran tersebut ke Jakarta. Se-lanjutnya obat tiba.

Permasalahannya, untukAgustus ini, sama sekali belumada laporan dari RSU RadenMattaher ke Dinkes. Akibat-nya, Dinkes tidak bisa memin-ta stok obat tersebut ke Jakarta.“Jadi kita juga ingin tahu ba-gaimana mekanisme yang sebe-narnya yang terjadi di rumahsakit ini. Kenapa tidak ada la-poran sehingga yang menjadikorban adalah para penderitaODHA?” ujar Koordinator Pe-ngembangan Kebijakan dan Ad-vokasi Kesekretariatan Nasionaluntuk ODHA, Aditya Wardana.

Tak puas, mereka menghadapEmi, volunteer consulting and testing(VCT) rumah sakit. Emi menyatakan,mereka sudah menelepon Din-kes untuk meminta stok terse-but. Tetapi, kata dia, mekanisme-nya tidak semudah itu. Dinkestentu tidak bisa meminta stokobat ke Jakarta jika tidak adalaporan dari rumah sakit. “Kitaakan berusaha untuk memintaobat tersebut dan membuat la-poran secepatnya,” dalihnya. (*)

Pengurangan jam kerja di-dasarkan pada surat dari Pem-prov Jambi. Bila biasanyadari Senin-Kamis PNS pu-lang kantor jam 15.45, sela-ma puasa jadwalnya menjadi

masuk pukul 07.45 dan pu-lang pukul 15.00. Adapunwaktu ist irahat dari pukul12.30 sampai 12.45 . “ S e -d a n g k a n h a r i Jumat, PNSsaat puasa pulang pukul

11.30,” ujarnya.“Meski ada pengurangan

jam, apel Senin pagi tetapd i l a k s a n a k a n , k e c u a -l i s e n a m h a r i J u mat ,”ujarnya.(dra)

“Minyak tanah sudah digantidengan gas, kok malah di-naikan. Kan bukan malah mem-perbaiki keadaan,” katanya.

Bukan hanya masyarakat bi-asa, para agen pun ikut menge-luh. Silvia, salah satu agen pe-nyalur elpiji di Kecamatan Je-lutung, di tempat usahanyamengatakan saat ini harga elpijisudah memberatkan masya-rakat. “Apalagi kalau dinaik-kan,” imbuhnya.

Kini satu tabung gas elpiji 12kg dijual dengan harga Rp 71ribu, elpiji ukuran 50 kg dijualseharga Rp 270 ribu. “Itu masihharga lama, kalau naik jadi be-rapa lagi coba,” katanya.

Bila dinaikkan, wanita ber-kulit putih itu khawatir konsu-men akan mengeluhkannyakepada penyalur. Padahal har-ga tersebut ditetapkan pe-merintah. “Kalau sampai naik,

kebanyakan mereka protessama kami,” katanya.

Terpisah, Milla, karyawan PTJambi Tongam di Jalan SultanThaha, berharap agar pemerin-tah tak jadi menaikkan hargatersebut.

Iyan dari Pertamina DepotJambi membenarkan adanyarencana Pertamina menaikkanharga jual elpiji. Namun me-nurut pria berkacamata itu,kenaikan masih sebatas usulan.“Namun informasi yang diper-oleh dari pusat, tidak akan adakenaikan harga,” katanya.

Informasi yang beredar, ke-naikan elpiji akan diberlaku-kan usai Idul Fitri. Usulan ke-naikan harga sudah sampai keKementerian Negara BUMN.“Kita kan tergantung pusat. Kitaminta mayarakat tidak meng-hawatirkan rencana kenaikanharga itu,” tandasnya. (wra)

BAKAL NAIK tumpukan tabung gas elpiji yang harganya bakal di-naikan pemerintah.

ALDINO/JAMBI INDEPENDENT

Page 19: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

Jambi Independent JUMAT, 21 AGUSTUS 2009

TINGKAT SD SEDERAJATTINGKAT SD SEDERAJATTINGKAT SD SEDERAJATTINGKAT SD SEDERAJATTINGKAT SD SEDERAJATNO NAMA GURU NAMA SEKOLAH DUKUNGAN

1 EHA ZULAIHA SDN 78 KOTA JAMBI 8712 ISMAIL S.Pd SDN 141/IV KOTA JAMBI 7533 HJ SUR IRAMA S.Pd SDN 1/IV KOTA JAMBI 6314 MALIKI S.Pd SDIT AL AZHAR 6735 ROSMIATI S.Pd SDN 09 KOTA JAMBI 4906 NURYANA SDN 184 KOTA JAMBI 6927 ISDAR ISMAIL SDN NO 02 KOTA JAMBI 128 ASMARDI, S.Pd SD ATTAUPIQ KOTA JAMBI 49 NURHAYATI MIN MA BULIAN 010 EPPA SOSIAWAN S.Pd SDN 25 KOTA JAMBI 011 SUGIYONO SD AL FALLAH 012 RATINI DS. S.Pd SDN 1/IV KOTA JAMBI 5413 MISGIAWATI SD ADHYAKSA 1 KOTA JAMBI 014 SAYUTI SD IT AL AZHAR 415 YENI YETI SDN 168 KOTA JAMB 0

TINGKAT SMP SEDERAJATNO NAMA GURU NAMA SEKOLAH DUKUNGAN

1 SITI AMINAH P S.Pd SMPN 5 KOTA JAMBI 1902 YUNIAR Z SMP ADHYAKSA 1 KOTA JAMBI13053 MACHMUD S.Pd SMPN 1 KOTA JAMBI 10964 L MANIK SMPN 10 KOTA JAMBI 4235 ALAMSYAH BANI SMPN 1 KOTA JAMBI 9866 YENNI PUSPA DEWI ST SMPN 5 BATANGHARI 707 M SILABAN SMPN 10 KOTA JAMBI 8828 MHD DONG SE SMPN 23 MA.JAMBI 8949 BURHANUDDIN SMPN 21 KOTA JAMBI 80010 ANGGRAENI S.Pd SMPN 4 KOTA JAMBI 154511 S. SILABAN S.Pd SMPN 8 KOTA JAMBI 52712 DRA. HJ ASMIATI M.Pd SMPN 3 KOTA JAMBI 122813 HARSIYATI SMPN XAVERIUS I KOTA JAMBI 514 HARLINAWATI MARBUN S.Pd SMPN 5 KOTA JAMBI 015 DRS. H. M YUSUF SMPN 5 KOTA JAMBI 106416 YERNIWATI SMPN 5 KOTA JAMBI 14017 SISWA S.Pd SMPN 2 KOTA JAMBI 018 AMRIL ALFARABI S.Pd SMPN 9 KOTA JAMBI 0

TINGKAT SMA SEDERAJATNO NAMA GURU NAMA SEKOLAH DUKUNGAN

1 ZULMALENI S.Pd SMAN 10 JAMBI 5812 NURSITA MAULIDA S.Pd SMA FERDY FERRY 5613 HAMDANI SMAN 2 JAMBI 6214 MIYANTO SMK HARAPAN BANGSA 8235 MIKRAN SMAN 1 JAMBI 7806 CASRONI SMAN 4 JAMBI 8007 H. BUDRA PATRUN, ST SMKN 3 JAMBI 5018 ACEP SUTOYO S.Pd M.Pd SMAN 4 JAMBI 8059 DRS SAHAT SIANTURI SMKN 1 JAMBI 010 BAMBANG SETIAWAN SMK PELITA RAYA 011 RINA NOVITA S.Pd SMAN 5 JAMBI 012 DRS SUGIYONO M.Pd SMAN 4 JAMBI 80013 NOORMASRI KARYAWAN S.Pt SMAN 1 JAMBI 80214 ZIKO MANDALO S.Pd SMK YADIKA JAMBI 18215 ZUL AZMI A.Md SMK TARUNA 19816 HELNIYATI S.Pd SMAN 6 JAMBI 017 ROOSMAULI PURBA S.Pd SMAN 1 BATANGHARI 018 SYAKBAN SMAN 5 JAMBI 125419 DRA. HJ. SUHITA SULASTRI M.Pd SMKN 4 JAMBI 60020 ELVI MARDANI S.Pd SMAN 6 JAMBI 0

Total 9308

s/d 20 Agustus 2009

16 ALIMIN SD ADHYAKSA 1 KOTA JAMBI 4317 HJ ELITA A Ma.Pd SDN 221 JAMBI SELATAN 63218 HENDRIANSYAH S.Pd SDN 1 KOTA JAMBI 6819 NYIMAS SALMAH/AYU SDN 64/IV KOTA JAMBI 020 HIDAYAT SDN 25 KOTA JAMBI 0

Total 4927

19 HJ UNAIDA S.Pd SMPN 9 KOTA JAMBI 69520 P SIMAMORA S.Pd SMPN 7 KOTA JAMBI 850

Total 12700

n ADVERTORIAL

STITAD YPPD Ma Bungo Al Azhar Foundation Jambi

The International Seminar On Education

STITAD YPPD Ma Bungo AlAzhar Foundation Jambi menye-

lenggarakan seminar pendidikantingkat internasional bertempat di

Grand Hotel 20 Agustus 2009 pukul09.00 WIB dengan tema “The

Strategy of Islamic Education inglobal era”. Acara dibuka oleh Gu-bernur Jambi yang diwakili oleh StafAhli Gubernur Jambi H HasanKasim SH. Dalam sambutannya,Gubernur Jambi merasa banggaterhadap yayasan Al Azhar yangtelah memberikan sumbanganyang sangat berarti bagi pendidi-kan di Provinsi Jambi.

Seminar internasional terse-bu t menghad i rkan KeynoteSpeaker Prof Dr Rasl i Dja la l(Dirjen Dikti Depdiknas), den-gan pane l is t Assoc ia te Pro fFirdaus Achmad Azzam (Col-lege Un ivers i ty Is lam AntarBangsa-Selangor Malays ia) ,Dato Haji Mohd Adanan bin Is-man (College University IslamAntar Bangsa-Selangor Malay-sia), Associate Prof H Muham-mad Choiri Husein (Deputi Re-k to r Un ivers i ty Is lam Antar

Bangsa-Selangor Malays ia) ,Assoc ia te Pro f MuhammadSyah Bin Abdullah (Deputi Rek-to r Un ivers i ty Is lam AntarBangs-Selangor Malaysia) danProf Dr H Mukhtar MPd (RektorIAIN STS Jambi).

Ibu Hj Rosmaini MS Ketua Ya-yasan A l Azhar mengatakanbahwa untuk menjawab tantan-gan zaman yang deras, makaharus memulai pendidikan anaksejak kecil karena untuk mem-bentuk karakter seorang mus-lim dibutuhkan pendidikan yangkont iniu. Oleh karena i tu Ya-yasan Al Azhar membuka pen-didikan mulai dari PAUD, PlayGroup, Taman Pendidikan Alqu-ran, TK, SD, SMP, hingga Se-kolah Tinggi I lmu Tarbiyah AlAzhar Diniyyah (STITAD). “Wa-laupun kami serba terbatas na-mun karena pekerjaan ini han-yalah untuk mencari ridoh Allahsaya yak in A l lah pas t i me-

Penandatangan MoU

PesertaAntusias

mengikutiSeminar

Heru Kustanto,SPd Ketua PanitiaH.Hasan Kasim,SH sedang sambutan

Sambutan Associate Prof.H.Muhammad Choiri Husein

Ibu Hj.Rosmaini,MS sedang sambutan

nolong,” ujar Hj Rosmaini MS.Associate Prof H Muhammad

Choir i Husein (Deputi RektorUniversity Islam Antar Bangsa-Selangor Malaysia) dalam sam-butannya mengatakan bahwa iamerasa bangga dapat menjalinkerjasama dengan Yayasan AlAzhar Jambi. “Hendaknya ker-jasama ini dapat di jal in teruskarena ini bukan saja kerjasa-ma antar dua instansi namun inimerupakan kerjasama dua Ne-gara yang serumpun”. kata ProfH Muhammad Choiri Husein.

Sete lah acara pembukaantersebut d i lan ju tkan denganpenandatangan MoU dan Semi-nar Pendidikan Tingkat Interna-sional. “Alhamdulillah acara ber-ja lan dengan lancar, mudah-mudahan acara ini memerikankontribusi yang positif bagi ke-majuan pendidikan di ProvinsiJambi,” kata Heru Kustanto SPdKetua Panitia. (kin)

Page 20: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

jumat, 21 agustus 2009 Jambi Independent

Page 21: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

21

Page 22: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

Jambi Independentjumat, 21 agustus 2009

Page 23: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

23

Jambi Independent All Sport JUMAT, 21 AGUSTUS 2009

Masih Belum AmanATLETICOATLETICOATLETICOATLETICOATLETICO MADRID MADRID MADRID MADRID MADRIDPANATHINAIKOPANATHINAIKOPANATHINAIKOPANATHINAIKOPANATHINAIKO22222 33333

ATLETICO Madrid membu-ka peluang lolos ke fase grupLiga Champions 2009/2010.Ini setelah Sergio Aguero dkkmenang tipis 3-2 atas wakilYunani Panathinaikos di Stadi-on Spiros Louis, Athena, dinihari kemarin. Pada bentrok ked-ua di Madrid 25 Agustus men-datang, Atletico hanya butuhhasil imbang untuk lolos.

Tiga gol kemenan-

PANATHINAIKOS

1- Galinovic (gk), 24-Vyn-tra, 31-Sspiropoulos, 23-Junior Simao/17-Christodoulopoulos (80), 2-Moon, 26-Karagounis, 29-Katsouranis, 15-Silva, 4-Mattos/11-Letto (46), 9-Cisse, 14-Salpigidis

ATLETICO MADRID

1-Asenjo (gk), 5-Heitinga,16-Juanito, 17-Ujfalusi, 3-Lopez, 20-Simao, 12-As-suncao, 8-Garcia/23-Cleber Santana (72), 11-Rodriguez/9-Sinama-Pon-golle (76), 7-Forlan, 10-Aguero/14-Jurado (75)

PERKIRAANPEMAIN

Hasil Leg 1Playoff Liga

Champions 20/8

Levski Sofia v Debercen1-2

(Cardon 51/Bodnar 12,Czvitkovics 76)

Lyon v Anderlecht5-1

(Pjanic 10, Lopez 15(pen), Bastoz39, Gomis 42, 63/Suarez 58)

Pananthinaikos v Atletico Madrid2-3

(Salpingidis 47, Leto 74/ Rodriguez36, Forlan 63, Aguero 70)

RB Salzburg v Maccabi Haifa1-2

(Zickler 57/Ghadir 22, Arbeitman84)

Ventspils v Zurich0-3

(Vonlanthen 12, Aegerter 55,Djuric 75)

Catatan: Leg kedua akandilaksanakan pada 25 Agustus 2009.

Pemenang akan masuk fase grup.

gan. Baik tuan rumah maupuntamunya sama-sama ngototmenyerang. Meskidemikian, dengankoleksi pemain yanglebih berkualitas,Atletico berhasil me-megang kendali laga.

Kolaborasi Forlan-Rodriguez meng-hasilkan gol pembu-ka di menit ke-36.Umpan matang Forlan denganmudah disambar Rodriguezuntuk membawa timnya ung-gul 1-0. Kedudukan itu tak ber-langsung lama. Tujuh menit ke-mudian, tuan rumah menya-

makan skor lewat lob cantikSalpingidis dari garis ko-tak penalti.

Di menit ke-63, LosColchoneros (sebutanAtletico) kembalimemimpin lewat For-lan. Aguero menam-bah keunggulan tim-nya tujuh menit ber-selang. Tertinggal 1-

3, tuan rumah tidak tinggaldiam. Melalui serangan balik,winger kiri Atletico Leto mem-perkecil kekalahan menjadi 2-3 di menit ke 74.

Dalam sesi konferensi persusai laga, pelatih AtleticoAbel Resino terang-teranganmemuji kerja keras pemain-nya. "Seluruh tim melakukantugas dengan excel lent ,"ucapnya seper t i d ikut ipGoal. "Mereka menunjukkansikap yang positif di lapangan,"lanjut pelatih 49 tahun itu.

Dengan hasil ini, peluangAtletico untuk melaju ke peny-

isihan grup Liga Championsaman. Di kandang, mereka cuk-

up memetik hasilimbang. Kalahpun masih bisaditerima, asaltidak lebih dari 1-2. Namun, dengandukungan publikVicente Calderon,Madrid, akan sulitbuat Panathinai-

kos untuk pulang membawakemenangan.

Kendati demikian, Resinomenegaskan bahwa pekerjaanbelum selesai. Meski untuk se-mentara unggul, Aguero dkkharus tetap bekerja keras di legkedua mendatang. "Salah ka-lau pemain berpikir tugasn-ya sudah tuntas. Kami barumelewati satu rintangan, dandengan skor 3-2 itu kami be-lum sepenuhnya aman," katamantan pemain Atletico itu.

Hal senada diungkapkanForlan. "Mereka (Panathi-naikos, Red) masih punya 90menit di Vicente Calderonuntuk membalas. Sebelumleg kedua berakhir, kami masihterancam. Kami masih seringmembuat kesalahan saatmemimpin," papar dia. "Buk-tinya, kami sempat kecolon-gan dan membiarkan lawanmencetak gol kedua," lanjutmantan pemain ManchesterUnited itu.

Sementara itu, bos Panahi-naikos Henk Ten Cate men-gaku membuat kesa lahandalam menerapkan sistem de-fense. Karena itu, timnya pan-tas menerima hukuman. (jpnn)

gan tim tamu diciptakan olehtrio penggawa asal Amerika

Selatan. Yakni Maxi Rodrugu-ez, Aguero (keduanya dari Ar-gentina) dan Diego Forlan (Uru-guay). Sedangkan gol Pana-thinaikos merupakan sum-bangan striker Dimitrios Sal-pingidis dan gelandang asalArgentina Sebastian Leto.

Panasnya pertandingan se-benarnya sudah dimulai se-jak di luar stadion. Dua jamsebelum laga dimulai, fanskedua kubu terlibat bentrok.Hal itu berlanjut di lapan-

Gigit Baju:Ekspresi Diego For-

lan usai mencetakgol ke gawang la-

wan.

Page 24: Jambi Independent edisi 21 Agustus 2009

jumat, 21 agustus 2009 Jambi Independenta . D . V . E . R . t . O . R . I . a . L

abdullah Hich bertemu tokoh masyarakat Kecamatan tabir. Hj mardanelly abdullah Hich bersama ibu-ibu di tabir, merangin. abdullah Hich bersilaturahmi dengan masyarakat Kecamatan tabir selatan.

abdullah Hich berjalan mengunjungi desa-desa di sekitar Kecamatan tabir. abdullah Hich bersama tokoh masyarakat Kecamatan tabir. abdullah Hich menyantuni anak yatim dan fakir miskin di Rantau Panjang, Kecamatan tabir.

abdullah Hich mengunjungi rumah seorang tokoh masyarakat Kecamatan tabir. Hj mardanelly abdullah Hich bersama seorang warga Kecamatan tabir.

aKBP Dul alim ketika hendak melaksanakan pemusnahan gula ilegal.

jajaran Polres dan tNI yang hadir. Dul alim bersama pembicara lainnya saat menyampaikan materinya. salah satu peserta saat mengajukan pertanyaan kepada nara sumber.

Dul alim menandatangani mou dengan Pemkab dalam rangka melakukan pen-anggulangan kebakaran. aKBP Dul alim

sukses, RakorPenyuluhan

Penanggulangan Kebakaran

BERtEmPat di ruang serba guna Mapolres Tanjab Barat sekitar pukul 09.00 WIB, dilaksanakan rapat koordinasi penanggulangan kebakaran. Dalam acara tersebut tampak hadir Kapolres Tanjab

Barat AKBP Dul Alim, Kepala Kesbaglin-maspol Encep Jarkasih, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Syarifuddin, Kadis Kehutanan Ir Dadang, serta para camat dan kades se-Tanjab Barat.(can)

fOtO-fOtO:cHaNDRa PuRNOmO/jamBI INDEPENDENt

fOtO-fOtO:cHaNDRa PuRNOmO/jamBI INDEPENDENt

Polres musnahkan Puluhan ton gula Ilegal

suasana simbolis pemusnahan gula ilegal oleh aKBP Dul alim, Hm Yamin, dan umar Ibrahim.

Barang bukti gula ilegal yang dimusnahkan oleh Polres tanjab Barat.

aKBP Dul alim menyampaikan sambutan.

aKBP Dul alim saat melakukan penandatanganan pemusnahan gula ilegal.

sEBaNYaK 94,6 ton barang bukti gula ilegal asal Thailand dan India yang ditangkap di salah satu gudang di Kualatungkal, Rabu (19/8) pukul 10.00 WIB, dimusnahkan. Pemusnahan dilakukan oleh Polres Tanjab Barat.

Dalam pemusnahan tersebut, tampak hadir

Kapolres Tanjab Barat AKBP Dul Alim, Wakil Bupati Tanjab Barat HM Yamin, Ketua DPRD Umar Ibrahim, dan unsur Muspida di Tanjab Barat. Pemusnahan dijaga ketat aparat ang-gota Polres Tanjab Barat yang berlangsung di tengah laut.(can)

fOtO-fOtO:Ist/jamBI INDEPENDENt

abdullah Hich garap Desa Rantau Panjang dan margoyoso aBDuLLaH Hich terus melakukan konsolidasi ke masyara-

kat. Setelah merambah Muarabungo, Tebo, dan sekitarnya, kemarin Hich bersama timnya bersilaturahmi dengan warga Rantau Panjang dan Margoyoso, Tabir, Merangin.

Di kedua tempat itu, Abdullah Hich disambut antusias ratu-san warga. Berbagai acara dihadiri. Kedekatan Hich dengan beberapa tokoh daerah itu dimanfaatkan sebagai kemasan untuk bersosialisasi. Abdullah Hich rupanya tidak asing lagi bagi warga Rantau Panjang dan Margoyoso. Di kedua wilayah itu, cukup banyak keluarga Hich maupun keluarga istrinya, H Mardanelly.

Selain bertatap muka, salat berjamaah dan berdiskusi dengan tokoh masyarakat, Abdullah Hich juga menyempatkan diri me-nyantuni fakir miskin dan kaum duafa. Dia bahkan menyempatkan diri mengunjungi kerabatnya yang sedang terbaring sakit.

Di kediaman H Jamek Hasan, Abdullah Hich menerima per-nyataan dukungan untuk pencalonannya sebagai gubernur Jambi. Warga menilai Abdullah Hich satu–satunya harapan yang paling pas bagi masyarakat karena ter-bukti mampu membangun daerahnya dengan baik dan berjiwa nasionalis.(usr)