jambi independent 07 september 2009

Click here to load reader

Post on 04-Mar-2016

306 views

Category:

Documents

24 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

epaper jambi Independent

TRANSCRIPT

  • Tiap Etnis dan Parpol Pasang Jagoan

    Fahrul rozi, Jambi

    Bursa calon gubernur (cagub) sudah makin mengerucut. Meski Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi 2010 setahun lagi, hingga sekarang nama yang muncul masih muka-muka lama. Mereka

    u m u m n y a k a l a n g a n bupati yang masih men-jabat saat ini, yakni Bupati Sarolangun Hasan Basri Agus, Bu-p a t i T a n -jab Timur

    Abdullah Hich, Bupati Tebo Majid Muaz, dan Bupati Tanjab Barat Safrial.

    Penyelundupan bayi terus terjadi di perbatasan Kalbar-Kuching, Ma-laysia. Yang terbaru diungkap Pol-res Bengkayang pada akhir agus-

    tus lalu. M helmi agustin, bayi tiga minggu, berhasil diselamatkan.

    zulKarNaEN Fauzi, Singkawang

    SENiN, 07 SEPtEMBEr 2009 EcEraN rp. 3.500,-

    mang sedang menggendong bayi laki-laki yang sudah tampak lemas, karena perjala-nan panjang (sekitar lima jam dengan naik angkutan umum) dari Pontianak ke Jagoi

    Babang, Kabupaten Bengkayang. Saat diinterogasi di Polres Bengkayang,

    Ina mengaku membawa bayi itu, M Helmi Agustin, yang baru berusia tiga minggu, dari

    Sindikat Penjual Bayi Gentayangan di Perbatasan Kalbar-Kuching, Malaysia

    Lewati Jalan Tikus, Satu Bayi Laku Rp 45 Juta

    Telepon genggam anggota Polsek Jagoi Babang itu bergetar. Sebuah pesan pendek mengabarkan ada seorang perem-puan membawa bayi menyusuri kebun kelapa sawit milik sebuah perusahaan.

    Anggota polsek itu menindaklanjuti SMS tersebut dengan melaporkan kepada kapolsek. Anggota polsek pun lantas memburu perempuan yang diketahui bernama Ina. Setelah terkejar, Ina me-

    Pontianak. Dia akan menyerahkannya kepada orangtua bayi yang telah berada di negeri jiran itu. Namun penjelasan tersebut tidak dipercaya polisi. Itu karena tidak masuk akal bayi berumur tiga minggu sudah ditinggal ibunya ke luar negeri.

    Ina terus diinterogasi. Akhirnya dia men-gaku memeroleh bayi itu dari adik iparnya di Pontianak. Ina disuruh membawa dan menyerahkan bayi tersebut kepada seseorang di Kuching, Negara Bagian Serawak, Ma-laysia. Ina diberi Rp 600 ribu untuk ongkos perjalanan ke Bengkayang dan perawatan bayi mungil itu. Bila berhasil menyerahkan bayi itu kepada calon ibunya di Kuching, Ina akan meraup ringgit.

    Kapolres Bengkayang AKPB Mosyan Nimitch mengatakan, Ina akan memeroleh seribu ringgit (sekitar Rp 3 juta) dari sang pembeli bayi itu sebagai upah. Ina mengaku tak mengenal calon ibu bayi tersebut.

    selebriti

    Kangen Menangis, Kangen Tertawa

    tiGa tahun sudah Bun-ga Citra Lestari tidak lagi eksis di layar kaca seb-agai pemain sinetron. Selama itu pula, dirinya menjalani karier lainnya sebagai seorang penyanyi dengan tampil di berbagai acara musik. Na-mun ternyata wanita yang p e r n a h menghabis-kan masa k e c i l n y a d i A c e h i t u t e n -gah me-r indukan suasana s y u t i n g yang lama ditinggal-kannya.

    zulKarNaEN Fauzi/JPNNBaYi: Petugas menggendong bayi M helmi agustin yang berhasil diselamatkan.

    baca lewati hal 2

    Cinta MestiKita Jemput

    catatan abdullah hichalaNGKah indah hidup

    ini kalau antarsesama bisa saling menghargai. Al-angkah nyaman hidup ini kalau antarsesama bisa saling tolong-menolong. Alangkah damai hidup ini kalau antarsesama saling mencintai dan mengasihi.

    Sesuai nalurinya, setiap insan ingin dihargai, disay-angi dan dicintai oleh sesama. Sebaliknya, manusia menolak mendapatkan perlakuan tidak dihargai, dibenci, dan dimaki. Masalahnya, bagaimana agar kita dicintai dan dikasihi orang lain?

    Tentu saja cinta dan kasih sayang tidak datang dari langit, tidak datang dengan sendirinya. Cinta dan kasih sayang mesti kita jemput dengan cara kita lebih dulu mencintai dan mengasihi orang lain. Jangan berharap kita akan dicintai dan dikasihi orang lain, sementara kita sendiri berperilaku sebaliknya.

    Kita mencintai dan mengasihi orang lain mesti dengan ikhlas, tanpa maksud apa pun, kecuali berharap ridha dari Allah SWT. Untuk mendapatkan itu semua, kita juga mesti mencintai dan mengasihi sesama secara ikhlas pula.

    hikmah ramadan

    jelang lebaran

    festival kasada

    SiGit PaMuNGKaS/rEutErS

    Pengunjung mencoba menangkap ayam yang dilepas sebagai salah satu ritual Festival Yandya Kasada di kawah Gunung Bromo, Jawa timur, kemarin (6/9). Festival Kasada digelar setiap tahun oleh pemeluk agama hindu, khususnya dari Suku tengger.

    posisi Cawagub Jadi rebutan

    Faktor Suku Tentukan CawagubMenuruT pandangan pen-

    gamat politik A Shomad, ber-dasarkan proporsi jumlah kursi di DPRD Provinsi Jambi, jumlah pasangan calon yang bisa maju pada Pilgub nanti empat pasangan di luar calon independen. Namun dari jumlah itu, ia memerkirakan hanya akan muncul tiga calon pasangan yang serius berlaga. Ini

    di luar calon independen, ujarnya saat dihubungi kemarin.

    Direktur Tetra Communication itu mengatakan, yang bisa mengu-sung calon ada tiga parpol, yakni Demokrat, PAN, dan Golkar. Ditambah satu koalisi partai, bisa PDIP dan teman koalisnya atau gabungan partai lainnya.

    situs-situs pro-noordin Bermunculan JaKarTa - Tugas polisi membongkar jaringan

    Noordin M Top semakin rumit. Kini satu demi satu bermunculan situs-situs yang mendukung perjuangan gembong teror paling dicari di Indonesia itu. Website itu kini sedang ditelusuri oleh unit Cybercrime Bareskrim Mabes Polri. Kalau yang mendukung kelompok itu ya bisa kena pidana. Kita akan teliti, ujar Wakadiv Humas Mabes Polri Brigjen Sulistyo Ishak saat dihubungi kemarin (6/9). Kapolri Jenderal Bambang Hendarso juga pernah menyatakan kegeraman-nya saat rapat kerja dengan Komisi III DPR Kamis lalu.

    Menurut Sulistyo, pembuat situs yang setuju bahkan menganjurkan aksi teror membahayakan masyara-kat. Mereka bisa juga diancam dengan UU ITE, kata jenderal bintang satu itu. Secara teknis, dalam melacak situs itu, polisi juga bekerja sama dengan ahli-ahli IT yang profesional di bidangnya.

    Sumber Jawa Pos (induk Jambi Independent) di Mabes Polri menyebut, setidaknya ada tiga situs yang sekarang sedang dalam pantauan polisi. Pertama situs

    http:// rumahjihad.blogspot.com yang hingga tadi malam masih bisa diakses. Situs itu menggunakan fasiltas gra-tis dari www. blogspot.com. Isinya luar biasa karena mengarah ke teknis penyerangan, kata sumber itu. Di situs tersebut ada salah satu artikel dalam bab Jihad ala Al Qaidah yang sangat spesifik memberikan panduan teknis melakukan teror.

    Bab yang disebut Tadrib Askari Takhosusi (Panduan Berlatih Militer Khusus) itu memuat kisi-kisi panduan serangan. Senjata kita dimulai dengan pisau berlanjut dengan senjata-senjata ringan, bahan peledak, racun, mortar, tank, dan puncaknya adalah senjata-senjata mutakhir yang dibuat di masa modern. Mana yang ada pada kita,

    kita gunakan untuk target yang sesuai dengan senjata tersebut. Ketika senjata pemusnah massal ada di tan-gan kita, hendaknya bermusyawarah dengan qiyadah tertinggi (Al Qaidah) supaya mampu menggunakannya dengan baik, tulis website itu.

    baca cinta hal 2

    Makanan Kedaluwarsa dan Tanpa Izin Edar MarakJaKarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan

    (BPOM) mengimbau agar BPOM di daerah mengintensifkan sidak berbagai produk makanan tanpa izin edar. Berdasar hasil sidak sementara, paling banyak ditemukan adalah produk makanan tanpa izin edar. Jika dibiarkan, hal itu merugikan masyarakat yang saat ini tingkat konsumsi makanan kering semakin tinggi.

    Kepala BPOM Husniah Rubiana Thamrin Akib mengatakan, BPOM telah rutin menggelar sidak sejak akhir bulan lalu hingga menjelang Lebaran. Tujuannya mengantisipasi beredarnya makanan yang memicu persoalan kesehatan dan melind-ungi masyarakat. Dari hasil sidak, paling banyak ditemukan makanan tanpa izin edar, makanan kedaluwarsa, dan makanan yang mengandung banyak pengawet. Ketiga-tiganya berbahaya bagi kesehatan, ungkapnya kemarin.

    Bukan hanya itu, cukup banyak pula produk minuman yang mengandung alkohol padahal pada labelnya tidak dicantumkan. Beberapa makanan juga ada yang mengandung minyak babi. Berb-agai produk itu ditemukan BPOM di pasar modern hingga tradisional. Karena itu, kami minta BPOM daerah menggelar sidak secara acak dan merata, jelasnya.

    Menurut Husniah, masyarakat awam jarang memerhatikan apakah produk makanan mengand-ung zat berbahaya atau tidak.

    baca Posisi hal 2

    Bunga citra lestari

    baca Kangen

    hal 2

    baca Makanan hal 2

    baca Situs-situs hal 2

    baca Faktor hal 2

    dJatMiKo/JaMBi iNdEPENdENt

  • senin, 07 september 2009 Jambi Independent

    Cukup banyak contoh mereka yang dalam hidupnya memberikan cinta dan kasih sayang kepada sesama secara ikhlas. Meski sudah meninggal, nama mereka tetap harum dan dikenang. Inilah yang dimaksud peribahasa Gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan contoh budi pekerti. Adakah orang yang mem-berikan cinta dan kasih sayang secara tidak ikhlas?

    Cukup banyak contoh orang yang memberikan cinta dan kasih sayang secara tidak ikhlas. Mereka

    melakukannya dengan meman-faatkan kekuatan keuangan dan kekuasaannya. Mereka memang dihargai dan dihormati masyarakat sekitar. Namun penghargaan dan penghormatan itu semu belaka, lantaran masyarakat takut ke-padanya.

    Lantaran hanya karena takut, ketika semua kekuatan (keungan dan kekuasaan) hilang, masyara-kat tidak lagi menghormati dan menghargainya. Ketika meninggal pun yang bersangkutan dike-nang dalam pengertian negatif.

    Celakanya, anggota keluarganya yang tidak tahu-menahu, terbawa-bawa mendapat cap negatif.

    Di bulan Ramadan yang penuh hikmah ini, kita kembali mendapat kesempatan melatih diri bagaima-na pentingnya mencintai dan mengasihi sesama. Salah satu tanda bahwa kita berhasil men-jalankan puasa Ramadan adalah bahwa kita makin bisa mencintai dan mengasihi sesama. (Abdullah Hich saat ini menjabat sebagai bupati tanjab timur).

    Posisi Cawagub Jadi Rebutan -------------------------------------------------------- dari hal 1

    Termasuk apakah memiliki izin edar atau tidak. Tapi sebenarnya cirinya mudah. Cari saja registrasi di kemasannya atau pada lebel kemasan. Jika tidak ada, berarti memiliki izin edar dan jangan membeli produk ilegal tersebut, terang dia.

    Dia menambahkan, produk makanan kedaluwarsa di pasaran juga cukup banyak. Menurutnya, sesuai UU Perlindungan Konsumen, produk kedaluwarsa wajib ditarik. Jika masih ada, yang salah produsen-nya, bukan penjualnya. Biasanya produk semacam itu banyak dikemas untuk parsel, tuturnya.

    Karena itu, penjualan parsel patut dicermati. Bisa jadi harga parsel yang cukup murah lantaran di dalamnya banyak produk yang sudah kedaluwarsa. Dia minta masyarakat teliti dan cerdas dalam berbelanja produk makanan. Terutama menjelang Lebaran.(jpnn)

    Dalam waktu dekat, bersama se-buah production house di Jakarta, ia telah menjalani stripping (kejar tayang) sejak sebelum memasuki

    Ramadan. Menurut rencana, sine-tron yang dibintanginya itu akan ditayangkan setelah hari raya Idul Fitri nanti. Sekarang ini aku lagi

    menyicil syuting stripping. Habis Lebaran sinetronnya akan tayang, ujarnya di Studio Penta, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.(jpnn)

    Shomad juga mengatakan, peran hasil survei akan sangat menentu-kan jumlah pasangan calon. Saat ini baru dua partai yang serius menggarap calonnya, yakni PDIP dan PAN. Sedangkan Demokrat masih terkendala mekanisme partai, meski komunikasi secara informal terus berjalan sambil menunggu hasil survei.

    Sementara Golkar saat ini belum terlihat menggarap calon. Jika partai ini serius bakal mengusung calon, biasanya jauh-jauh hari sudah menunjukkan pergerakan mesin partai. Makanya ia me-nilai ada kemungkinan, meski bisa mengusung calon, Golkar akan berkoalisi dengan partai lain mengusung calon tersebut. Golkar bisa saja gabung PAN, seperti pilwako lalu. Jika mereka ada calon, pasti sudah digem-bar-gemborkan jauh-jauh hari, katanya.

    Mengenai Hazrin Nurdin, kader Golkar yang disebut-sebut bakal maju, menurut Shomad, saat ini masih melihat hasil survei. Ada kemungkinan dia hanya menjadi lokomatif calon, tapi tidak maju jika hasil surveinya jeblok dan Hick lebih tinggi. Ini baru pre-diksi, jelasnya.

    Karena itu, melihat peta politik

    saat ini, menurut prediksi Sho-mad, ada kemungkinan akan ada pasangan yang muncul bukan untuk menang, tapi hanya untuk mengacau suara lawan. Jika itu terjadi, calon yang muncul ada empat pasang.

    Lalu bagaimana peran partai dalam memilih pasangan calon? Menurutnya, memang sebagian besar partai bakal meminta kon-pensasi dari penggunaan perahu, terutama oleh orang di luar partai. Namun, peran cagub menetukan calon sendiri sangat besar saat ini. Karena cagub tidak mau memilih cawagub yang hanya akan men-jadi beban. Partai pun tentu tidak ingin kalah karena pemaksaan cawagub ini.

    Faktor finansial, popularitas calon, sangat berpengaruh. Saat ini belum bisa terlihat pasangan yang akan dipilih dari cagub yang muncul, jelasnya.

    Sementara itu, pengamat politik dari IAIN STS Jambi, Dr Suaidi Asyari PhD, mengatakan bahwa selain proporsi jumlah partai, hasil survei yang saat ini sedang berjalan akan banyak menentukan jumlah pasangan calon. Cagub saat ini cukup rasional dan tidak akan memaksakan diri jika popu-laritasnya kecil.

    Mikir untuk maju, karena maju berarti untuk menang, ujarnya saat dihubungi.

    Soal cawagub yang akan dipilih, faktor unsur putra daerah dan suku masih kental. Dalam hal ini cawagub yang dipilih akan berhubungan dengan suku yang paling banyak di wilayah ini. Salah satunya Jawa. Sementara faktor hilir-mudik juga masih ada, meski itu tidak terlalu signifikan.

    Ia juga menilai, peran partai dalam menentukan pasangan juga tidak terlalu besar dibandingkan pada pemilu sebelumnya, karena seiring kedewasaan berpolitik. Pengalaman pemilu presiden juga sudah memberikan pela-jaran bahwa partai tidak terlalu menentukan calon wakil yang dipilih. Sekarang mulai realistis. Mereka tidak akan membuang energi memilih wakil yang tidak ada kontribusi buat kemenangan, jelasnya.

    Soal prediksi pasangan yang muncul, dosen IAIN STS Jambi itu mengatakan baru terlihat setelah Lebaran nanti. Karena sekarang belum semua partai membuka pendaftaran. Habis Lebaran baru mengerucut, ujarnya.(nid)

    Soal pembagian peran serangan juga dipaparkan secara terbuka. Insinyur mutafajirot (ahli pele-dakan) menyiapkan ukuran dan bentuk yang sesuai dengan medan dan targetnya sehingga bisa sam-pai ke tempat tujuan dan berhasil meledakkan tempat tertentu. Para pembuat racun, mereka harus membuat jenis yang bermacam-macam, disesuaikan dengan jenis amaliyatnya. Terkadang yang dibutuhkan racun yang disen-tuh, terkadang yang dihirup dan terkadang yang dimakan, tulis panduan itu.

    Menurut sumber Jawa Pos yang pernah kursus kontrateror di Singapura itu, panduan dalam situs rumahjihad.blogspot.com itu sebenarnya masih sangat dasar. Dia (pembuatnya) han-ya memuat Bab III dari kitab Hakadza Naral Jihad. Jika dimuat semua, bakal lebih teknis lagi, katanya. Di website itu juga dimuat terjemahan kitab risalah untuk mereka yang buron dan tertawan karya Abu Muhammad Al Maqdisi. Pengetahuan dasar tentang berbagai senjata, terma-suk bagaimana cara melempar granat tangan juga dimuat di website itu. Semua materi dan artikel di rumahjihad.blogspot.com dipersilakan disebarluaskan, digandakan, atau diprint, tulis

    pengelola situs itu. Website lain yang juga sedang

    dilacak beralamat di http://suara-jihad.wordpress.co m. Website itu jelas-jelas meminta pembacanya melindungi empat DPO yang dikejar Densus. Inilah empat DPO Polri yang harus Anda lindungi dari kejahatan kaum jahiliyah polisi dan tuan-tuan-nya. Jadikanlah diri Anda seperti Abu Bakar As Sidiq, Ali bin Abi Tholib, Asma bin Abu Bakar, dan lain-lainnya. Mereka telah berjasa melindungi Rasulullah ketika beliau masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) pemerin-tahan kafir Quraisy, tulis pem-buat situs itu.

    Sumber Jawa Pos yang juga perwira menengah Mabes Polri itu yakin keduanya dibuat orang dalam jaringan yang sama. Mer-eka menggunakan blogspot dan wordpress karena kalau memakai domain akan gampang terlacak, katanya. Tahun 2005 lalu Noordin pernah membuat situs di www.anshar.net yang kini sudah tak bisa lagi diakses. Kala itu anshar.net didaftarkan ke sebuah penyedia hosting di Amerika Serikat. Pen-gadilan Negeri (PN) Denpasar menjatuhkan vonis delapan tahun terhadap pembuatnya, Abdul Aziz, pada September 2006. Vonis itu lebih ringan dibanding tuntutan

    jaksa sepuluh tahun penjara.Website serupa yang juga me-

    nyuarakan pembelaan terhadap aksi teror adalah sebuahkemulian.wordpress.com. Situs ini meng-utip kata-kata Imam Samudera yang juga pernah ditulis dalam bukunya. Bagaimana antum katakan tidak ada dana, sedangkan Allah Maha Kaya, mintalah pada Allah, mengemislah pada Allah, berdoalah kepada Allah dengan sungguh-sungguh disertai dengan amal usaha dan ikhtiar (bekerja semampunya). Bagaimana pula dikatakan tidak ada persenjataan, sedang bumi Allah ini luas, yang antum dapat lari ke segala arah un-tuk mendapatkannya. Bagaimana dikatakan tidak ada sesiapa yang mau diajak berjihad, sedangkan jihad itu walau seorang diri dapat dilaksanakan, tulis website itu sembari menuliskan pesan Imam Samudera.

    Menurut sumber Jawa Pos, jaringan mereka cenderung mem-punyai akses internasional yang sama. Mereka sering men-download dari situs seperti as sahib media dan al furqon media. Keduanya sering meng-upload peristiwa penyerangan geri-lyawan Irak dan Afghanistan ter-hadap prajurit Amerika Serikat, katanya.(jpnn)

    Saya hanya mengantarkan. Saya memang sudah ditelepon, tapi saya tidak tahu siapa dia, kata Ina dari dalam sel.

    Jalan yang dilalui Ina juga membuat curiga kepolisian. Bila menggunakan jalur resmi, dia akan ditanya tentang identitas bayi tersebut. Paling tidak kartu keluarga. Karena tak membawa identitas, Ina menggunakan jalan tikus. Di sepanjang perbatasan, jalan tikus banyak dijumpai, ter-masuk untuk menyelundupkan

    barang, baik dari maupun ke Malaysia, kata Mosyan.

    Berdasarkan penelusuran polisi, penjualan bayi memang terorganisasi dengan baik. Ada jaringannya. Tersangka yang kami tangkap sudah mengetahui bayi ini akan diserahkan kepada siapa, kata Mosyan.

    Setiap bayi yang berhasil dise-lundupkan dihargai 15 ribu ring-git (sekitar Rp 45 juta). Sungguh angka yang menggiurkan.

    Menurut Kapolres, ada be-

    berapa kemungkinan tentang masa depan bayi-bayi yang diselundupkan tersebut. Bisa saja bayi itu dijadikan anak asuh oleh orang Malaysia yang memang tidak memiliki anak. Kemung-kinan lain, bayi itu dibesarkan terlebih dahulu dan nanti organ tubuhnya dijual kepada mereka yang membutuhkan. Bisa jadi, nanti sudah besar, organ tubuh bayi itu dipereteli dan dijual, mis-alnya mata, jantung, ginjal, dan sebagainya, kata Mosyan. Para

    penyelundup bayi semata-mata hanya ingin mencari uang.

    Dokter yang bertugas di RSU Bengkayang, Petrus Boli, mem-benarkan dugaan tersebut. Menu-rut Boli, bisa saja terjadi penjua-lan organ tubuh dari bayi-bayi itu. Namun, lanjut Boli, organ tubuh bayi masih sensitif dan bila tak cocok dengan penerima, akan terjadi kegagalan.(*)

    Situs-situs Pro-Noordin Bermunculan ------------------ dari hal 1

    Cinta Mesti Kita Jemput ----------------------------------- dari hal 1

    Makanan --------------- dari hal 1

    Kangen Menangis, Kangen Tertawa --------------------- dari hal 1

    Lewati Jalan Tikus, Satu Bayi Laku Rp 45 Juta ---------------------------------- dari hal 1

    Faktor Suku Tentukan Cawagub ------------------------- dari hal 1

    Sampai kemarin belum ada kandidat yang terlihat serius maju pada Pilgub di luar keempat nama bupati yang sudah populer itu. Lalu bagaimana dengan bursa calon wakil gubernur (cawagub)? Dari penelusuran Jambi Inde-pendent, posisi nomor dua itulah yang kini banyak diincar kandidat yang merasa kalah populer dari para bupati tersebut.

    Meski saat ini masih kalah han-gat dibicarakan, posisi cawagub sudah mulai diperebutkan baik oleh kalangan parpol, ormas, maupun paguyuban yang mem-punyai massa cukup besar di Jambi.

    Masih dari penelusuran Jambi Independent, hampir setiap pa-guyuban etnis maupun organisasi kemasyarakatan yang mempun-yai basis massa terbesar, memulai memunculkan jagoan untuk mengisi posisi cawagub. Begitu juga partai politik yang punya cukup kursi untuk mengusung calon, menyodorkan beberapa kader untuk posisi nomor dua, sebagai konpensasi mengusung cagub.

    Dari organisasi paguyuban, sebut saja Wisnumurti yang baru saja memilih ketua baru meng-gantikan Bambang Priyanto, Nino Guritno. Kepala Dinas Kimpraswil Provinsi Jambi itu dikabarkan kini digadang-gadang paguyuban warga Jawa itu maju sebagai cawagub.

    Seperti diketahui, di Provinsi Jambi Wisnumurti memiliki massa cukup besar. Karena itu paguyuban tersebut cukup dis-egani dan banyak dilirik cagub. Wisnumurti disebut-sebut juga berperan besar memenangkan pasangan Bambang PriyantoSum Indra pada Pemilihan Wali Kota (Pilwako) tahun lalu.

    Selain Wisnumurti, sejumlah tokoh masyarakat dan ormas di Kerinci yang tergabung dalam Forum Komunikasi Masyarakat Kerinci (FKMK) juga meng-inginkan cawagub dari daerah paling barat Provinsi Jambi itu. Meski tidak menyebut nama, sejumlah nama tokoh Kerinci yang dijagokan mengisi posisi nomor dua pun bermunculan, di antaranya Muradi, caleg terpilih DPR RI dari Partai Hanura; mantan Penjabat Wali Kota Kerinci Masril Muhammad, Prof Sudirman, dosen UIN Riau. Juga ada nama Ami Taher.

    Seperti Wisnumurti, keinginan FKMK cukup beralasan, meng-ingat jumlah pemilih di Kerinci cukup besar. Belum lagi potensi alamnya. Dan dari segi intelek-tual, tokoh-tokoh dari Kerinci tidak kalah dari daerah lain.

    Sementara itu, dari kalangan parpol, Partai Keadilan Se-jahtera (PKS) paling gencar menawarkan kadernya sebagai posisi cawagub. Bahkan PKS menjagokan Ami Taher untuk

    dipasangkan dengan HBA.Kemudian di Partai Amanat Na-

    sional (PAN), pascapenutupan pendaftaran penjaringan cagub, hanya muncul tiga nama, yakni Madjid Muaz, Abdullah Hich, dan Nino Guritno. Dari ketiga nama tersebut, disebut-sebut Abdullah Hich akan berpasangan dengan Nino Guritno. Sementara Madjid Muaz sendri menolak posisi cawagub. Saya tetap posisi cagub. Dan seandainya tidak ada parpol pengusung, saya pilih mundur, sebut Bupati Tebo Madjid Muaz.

    Namun isu tersebut langsung dibantah Ketua DPW PAN Provinsi Jambi Zulkifli Nurdin. Semua kandidat yang mendaftar sama-sama memiliki peluang, namun hasilnya tergantung hasil survei LSI, terangnya dalam jumpa pers beberapa waktu lalu.

    Seperti pernah diberitakan, un-tuk menentukan posisi cawagub, PAN menyerahkan kepada cagub yang terpilih dari PAN. Kita dari PAN hanya memberikan rekomendasi kepada cagub yang ditetapkan nanti, yang pada akhirnya tergantung dari cagub tersebut untuk menentukan pili-han, ungkap Plh Ketua DPW PAN Provinsi Jambi Muchtar Muis.

    Ketua DPW PKS Provinsi Jambi Henry Mashur mengaku sudah pernah melakukan ko-

    munikasi dengan HBA, dan pihaknya tetap akan mengajukan kader internal baik posisi cagub maupun cawagub. Semua pili-han tersebut tergantung aturan main di partai. Yang jelas saat ini kita belum mengarahkan posisi cagub atau cawagub, terang Henry seusai sidang paripurna terkait pengesahan APBD 2010 Provinsi Jambi beberapa waktu lalu.

    Terpisah, Hasan Basri Agus ketika ditanya siapa calon pendampingnya, belum bisa memberikan komentar banyak. Nanti dululah, proses tahapan Pilgub belum mulai, elaknya seusai menghadiri media gath-ering bertajuk New Era, New Candidat, New Strategy, Sabtu malam (5/9) lalu.

    Sementara itu, dari wacana yang beredar, kandidat cawagub harus memiliki modal besar, meskipun bukan kader parpol maupun dari organisasi paguyuban. Itu nanti akan muncul untuk kan-didat lewat calon perseorangan (kandidat independen).

    Selain itu, penetepan cawagub juga diprediksi akan melihat dari pembagian wilayah di Provinsi Jambi. Seperti dik-etahui, Provinsi Jambi terkenal dengan dua wilayah: barat dan timur.(roz)

    Sri Mulyani Diminta Nonaktif JAKARTA - Suara anggota De-

    wan Perwakilan Rakyat (DPR) makin lantang dan keras dalam menyikapi kasus Bank Century. Setelah memerintahkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit investigatif, kini Menteri Keuangan Sri Mulyani pun dituntut untuk lengser dari kursi menteri.

    Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Golkar Natsir Man-syur mengatakan, pemeriksaan oleh BPK maupun masuknya KPK akan lebih mudah jika pihak-pihak yang terkait dalam pengambilan keputusan kasus Bank Century menanggalkan jabatannya. Karena itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani harus dinonaktifkan, ujarnya saat memberikan pernyataan politik di Jakarta kemarin (6/9).

    Menurut Natsir, sebagai ketua Komite Stabilitas Sistem Keuan-gan (KKSK) yang kemudian memberi mandat kepada Komite Koordinasi (KK), Sri Muly-ani dinilai paling bertanggung jawab karena memutuskan Bank Century sebagai bank gagal dan berpotensi sistemik, sehingga harus diselamatkan melalui Lem-baga Penjamin Simpanan (LPS). Akibat keputusan tersebut, LPS harus mengucurkan dana bailout sebesar Rp 6,7 triliun.

    Natsir mengatakan, Presiden SBY harus berani bersikap tegas dalam mendorong penuntasan kasus Bank Century, terma-suk dengan menonaktifkan Sri Mulyani. Sebab, kalau masih menjabat Menteri Keuangan, akan ada pengaruh besar yang dipegang Sri Mulyani, sehingga BPK dan KPK tidak akan bisa bergerak leluasa, katanya.

    Menurut Natsir, kasus Bank Century tidak menyangkut aspek ekonomi, namun juga politik dan hukum. Pasalnya, keputusan pe-nyelamatan Bank Century berim-plikasi pada membengkaknya

    suntikan dana bailout LPS, dari Rp 1,3 triliun yang disetujui DPR menjadi Rp 6,7 triliun.

    Persoalan lain pun muncul karena usai Bank Century dik-endalikan LPS, sebagian de-posan kelas kakap melakukan penarikan uang dalam jumlah besar, nilainya hingga Rp 5,6 triliun. Kabar tak sedap pun beredar, di antaranya menyebut ada konspirasi antara para pejabat pengambil keputusan dengan para deposan kelas kakap. Isu pun meluas ke ranah politik karena sebagian uang deposan diduga mengalir ke kas partai politik tertentu. Karena itu, yang terkait dengan pengambilan keputusan Bank Century harus bertanggung jawab secara politik dan hukum, ucapnya.

    Natsir juga membandingkan kasus Bank Century dengan be-berapa kasus korupsi yang meli-batkan anggota DPR. Menurut dia, jika anggota DPR diminta un-tuk nonaktif untuk memperlancar penyelidikan, sudah seharusnya Menteri Keuangan Sri Muly-ani juga dinonaktifkan. Yang nilainya miliaran saja diminta nonaktif, apalagi ini nilainya triliunan, tegasnya.

    Natsir juga menyoroti lemahn-ya mekanisme pengawasan Bank Indonesia (BI) yang mem-buat manajemen Bank Century terus-menerus melakukan ber-bagai penyimpangan dengan banyaknya aset-aset bodong, termasuk masuknya dua warga negara asing

    (Rafat Ali Rizvi dan Alwar-raq Hesyam Talaat M) sebagai pemegang saham yang belum diuji fit and proper test oleh BI. Jadi sejak awal harusnya BI bisa mendeteksi ini, ujarnya.

    Sebelumnya, Deputi Direk-tur Direktorat Pengawasan BI Heru Kristiyana mengaku, BI tidak mengetahui seceara detil tentang aset-aset bodong yang

    aluran kredit ke pihak-pihak yang diragukan serta membeli obligasi yang tidak memiliki rating atau aset bodong, sebenarnya sangat bisa diketahui dengan sistem pengawasan BI. Jadi mestinya ketahuan dari awal, ucapnya.

    Karena itu, Fauzi menyang-sikan jika pejabat BI mengaku baru bisa mendeteksi aset-aset bodong Bank Century setelah LPS masuk. Menurut dia, bisa saja para pejabat pengawas yang melakukan pengawasan di lapangan sudah mendeteksi penyelewengan-penyelewengan tersebut. Namun temuan-temuan itu kemudian berubah saat di-tarik oleh pejabat-pejabat BI di tingkat atas. Saya tidak ber-pretensi menuduh siapapun. Itu hanya analisa. Hal-hal semacam inilah yang harus diselidiki, terangnya.

    Ruwetnya kasus Bank Century memang memicu banyak rumor. Salah satunya adalah mutasi 50 pegawai BI yang menjadi ang-gota Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) dan juga yang berasal dari Bagian Pengawasan Bank. Mutasi itu dilakukan tepat setelah keputusan pemerintah dan BI untuk melakukan bailout terhadap Bank Century.

    Apakah mutasi besar-besaran tersebut terkait kasus Bank Cen-tury? Deputi Gubernur BI Budi Rochadi membantah. Menurut dia, alasan mutasi bukan dise-babkan karena keputusan peny-elamatan Bank Century. Mutasi biasa, ujarnya.

    Mutasi tersebut dilakukan pada 1 Desember, atau sepuluh hari setelah Komite Koordinasi menyatakan Bank Century seb-agai bank gagal dan berpotensi sistemik sehingga harus dise-lamatkan melalui LPS. Dalam setiap pergantian, jika direktur dimutasi, deputi direktur dan yang di bawahnya juga ikut dimutasi, katanya. (jpnn)

    milik Bank Century. Menurut dia, BI baru bisa menemukan berbagai penyimpangan setelah Bank Century diambil alih LPS. Terus terang, fakta-fakta ini sebelumnya ditutup-tutupi oleh manajemen lama. Baru setelah LPS masuk dan manajemen diganti orang-orang baru, kami bisa menemukan informasi ini, ujarnya.

    Terkait mekanisme penga-wasan oleh BI, ekonom senior yang juga Government Rela-tions Head Standard Chartered Bank Fauzi Ichsan memberikan gambaran. Pengawasan BI itu sangat ketat dan detail. Para pengawasnya juga sangat jeli. Apalagi setelah kejadian krisis moneter 1998, pengawasan amat sangat ketat. Saya tahu betul soal ini karena sering ber-interaksi dengan orang-orang BI saat melakukan pengawasan, katanya.

    Menurut dia, berbagai pe-nyelewengan yang dilakukan oknum perbankan, seperti peny-

    sri mulyani

    Ia Merasa Badannya MakIn sehat dan segarUmurnya sudah 75 tahun, tapi se-cara fisik Nyonya Phang At Tjo masih terlihat bugar. Dan dalam berbicara pun ia tak terlihat seperti orang yang sudah jompo. Memang, menurutnya, tidak ada penyakit serius yang ia derita. Setiap hari saya masih bisa jalan kaki ke pasar, memasak, dan membersihkan rumput di halaman, ujar ibu rumah tangga dengan tu-juh anak ini. Walaupun demikian, meningkatkan stamina dan sistem imun tubuh tentu saja tetap perlu dilakukan setiap orang, berapa pun umurnya. Mungkin lantaran usianya yang terbilang sudah tak lagi muda itulah seorang anaknya menganjur-kan kepada penduduk Kelurahan Payo Lebar, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, ini untuk mengonsumsi

    Zena-600. Maka, sejak tiga bulan sebelum wawancara ini berlangsung Nyonya Phang rutin meminum sari bubuk kacang hijau yang digabung dengan bubuk kedelai itu dua kali dalam sehari. Hasilnya? Badan ber-tambah sehat dan bertambah segar, tuturnya saat ditemui di rumahnya pertengahan Mei 2009 yang lalu. Selain itu, dalam bekerja saya tidak gampang lelah lagi, lanjutnya.

    Secara umum, sistem imun tubuh yang tinggilah yang membuat se-seorang akan senantiasa sehat. Sistem imun adalah sistem per-tahanan tubuh terhadap serangan bahan asing, yang sering juga dise-but antigen, yang dihasilkan oleh mikroorganisme atau bahan kimia

    yang bersifat toksik. Sebagaimana diketahui, seiring dengan mening-katnya usia seseorang, fungsi sistem imunnya tentu akan menurun. Dalam buku Isoflavon dikatakan, isoflavon berpotensi untuk me-lindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksi-datif sehingga struktur membran sel tetap utuh dan dapat berfungsi dengan baik. Sistem pe r t ahanan t ubuh tingkat seluler yang baik mengawali tubuh bisa bertahan dari serangan penya-kit. Pada reaksi yang terjadi di dalam tubuh, isoflavon dapat menangkap

    radikal bebas superoksida sehingga aktivitas radikal bebas itu bisa

    dihambat sehingga ia tidak lagi mampu me-nyerang makromolekul di sekitarnya. Lalu, ma-suknya isoflavon mem-buat produksi hormon yang bernama timulin meningkat. Dan, hor-mon ini berperan dalam mengendalikan sistem imun tubuh. Seorang peneliti menyatakan, mengonsumsi antio-ksidan dalam jumlah tertentu dapat menu-

    runkan risiko terserang kardio-vaskuler, meningkatkan sistem imun tubuh, dan menghambat timbulnya

    penyakit degeneratif akibat penuaan sel. Dalam kacang hijau dan kedelai, tidak hanya kandungan vitamin dan mineralnya yang berperan sebagai antioksidan melainkan juga flavo-noidnya, khususnya isoflavon. Meski demikian, yang tak kalah pentingnya untuk dilakukan adalah menjalankan pola hidup sehat, seperti berolah-raga secara teratur, beristirahat dengan cukup, meminum air putih dengan cukup, menjauhi rokok, alkohol, begadang, dan stres, serta selalu berpikir positif dan beberapa lainnya. Zena-600 sudah laku di seluruh wilayah pemasarannya. Ini tak lepas dari manfaatnya yang nyata dan produknya yang diolah higienis. Selain itu, formulanya merupakan

    penyempurnaan dari formula-for-mula kedelai bubuk yang selama ini banyak beredar di pasaran. Dan ini amat ditunjang oleh mulai sadarnya masyarakat untuk beralih ke bahan nabati alami dalam memelihara ke-sehatan. Tetapi, produk ini bukanlah obat melainkan makanan kesehatan untuk memelihara kondisi tubuh. Untuk konsultasi kunjungi segera [email protected] atau tele-pon (021) 70288 540 hubungi distributor Prov. Jambi: 08128361 642. Subdist Kerinci: 0813663601 40, Subdist Bangko: 08127350234, Subdist Batanghari: 0812741751 78, Subdist Tebo: 085274 776210.

    Phan At Tjmasih

  • Jambi Independent SENIN, 07 SEPTEMBER 2009

    Belanja Lebaran di Hypermart Murahnya Makin Memikat

    MURAHNYA MAKIN MEMIKAT: Belanja di Hypermart murahnya makin memikat. Menawarkan berbagai produk bermutu untuk keperluan lebaran seperti baju muslim dewasa, sarung, dan produk lainnya dengan harga super murah. Produk elektronik dari berbagai merek diskon hingga 50 persen.

    Diskon HebohHingga 50 Persen

    JAMBI-Lebaran kian dekat, be-lanja murah semakin dicari. Untuk mendapatkan semua kebutuhan belanja lebaran dengan harga super murah dan lengkap, pilihan belanja yang tepat hanyalah di Hy-permart WTC Batanghari. Pusat perbelanjaan terlengkap di Kota Jambi ini semakin heboh dalam memanjakan pelanggan setianya, yakni dengan memberikan diskon hingga 50 persen dan harga-harga istimewa. Penawaran menarik tersebut berlaku mulai tanggal 7-10 September 2009.

    Hypermart menyediakan berb-agai produk kebutuhan ramadan dan lebaran yang dijual dengan harga spesial. Sebut saja baju muslim dewasa merek Kharis Malik hanya Rp 34.900. Baju yang dibuat dari bahan berkualitas ini langsung menjadi incaran para pria dewasa atau pun para ibu rumah tangga yang ingin mem-persiapkan pakaian untuk keluar-

    ganya. Bahannya dingin, bajunya pun enak dipakai, makanya saya beli beberapa stel untuk suami dan mertua, ucap Meli, warga Thehok yang sedang sibuk memilih ber-bagai baju koko untuk persiapan sholat Idul Fitri.

    Tak lengkap bila baju koko tidak dipasangkan dengan sarung. Hypermart yang begitu mengerti kebutuhan pelanggan setianya, turut memberikan penawaran khusus sarung dewasa merek Akramin dengan harga cuma Rp 17.900. Sarung Akramin dise-diakan dalam berbagai warna dan motif-motif menarik. Kalau hargonyo murah macam ini biso beli banyak untuk bagi-bagi ke keluargo, kata Maemunah, warga seberang Kota Jambi dengan logat Jambi, yang saat itu tengah memilih beberapa potong sarung untuk dibawa pulang.

    Selain pakaian, kebutuhan minuman atau sirup juga sangat diperlukan saat ini. Hanya di Hypermart harga minuman sirup new squase 630 ml semua var-

    ian dijual seharga Rp 3.995. Roti butter cookies Danisa 454 gram Rp 27.195.

    Untuk yang ingin menyajikan makanan daging semur saat buka puasa, kini lagi ada penawaran spesial dengan harga Rp 5.895 per 100 gram. Begitu pula den-

    gan Kecap Bango ukuran reffil 600 ml cuma Rp 11.800. Dengan harga yang serba murah, tetap bisa membuat menu masakan yang komplit dan lezat.

    Buat yang ingin berbagi sim-pati kepada para relasi, teman, atau pun keluarga dalam bentuk

    parsel. Kini adalah saat yang tepat untuk membeli parsel di Hypermart dengan harga diskon 15 persen. Murah harganya makin memikat untuk terus belanja di Hypermart.

    Produk elektronik kini tengah melayangkan program Elek-tronik Fiesta yang memberikan

    diskon hingga 50 persen untuk berbagai merek seperti Sharp, Panasonic, LG, Samsung, Philips, Sanyo, Miyako, Denpoo, Nanotec, Canon, Olympus, Panasonic ITcomm, Sahitel, Vitron, Electro-lux, Shimuzu, Maspion grup, dan Kodak. Semua produk-produk top

    brand yang ditawarkan tersebut, dijamin termurah di pasaran. Dengan penawaran yang be-gitu menarik, tunggu apalagi. Segera ajak keluarga dan te-man-teman Anda untuk berbe-lanja lebaran di Hypermart, low price and more. (ynn)

    n AdvERToRIAL

    foTo-foTo: ALdINo/ JAMBI INdEPENdENT

  • Jambi IndependentSENIN, 07 SEPTEMBER 2009

    Melihat Sejarah Masjid Agung Pondok Tinggi (1)

    Dibangun 12 Tukang, Sembelih 12 Ekor Kerbau

    Pemkab Ajukan Tiga Nama ke Gubernur

    2010, PLTU SemaranSegera Beroperasi

    NIAT Sarolangun berswasembada listrik pada2010 mendatang bakal terwujud. Pasalnya,pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yangdibangun di Desa Semaran, Kecamatan Pauh,

    d i p a s t i k a nbakal berop-erasi pada awalatau pertenga-han Maret2010 menda-tang.

    K e p a s t i a nitu disampai-kan Bupati Sa-r o l a n g u nHasan BasriAgus (HBA) dih a d a p a nmasyarakat Se-maran. Sayasudah berko-munikasi den-

    gan pihak yang mengerjakan pembanguanPLTU. Sekarang mereka tinggal menunggualat yang didatangkan dari luar negeri, katan-ya Maret 2010 insya Allah sudah operasi, ter-ang HBA.

    Lebih lanjut, PLTU Semaran tersebut diren-canakan akan diresmikan Presiden RI SusiloBambang Yudhoyono (SBY). Insya Allahnanti akan diresmikan oleh Pak PresidenSBY. Kemarin saya bersama pengurusDemokrat sudah ke Jakarta dan sudah men-gomunikasikan permasalahan tersebut, sam-bungnya.

    Menyikapi hal itu, HBA meminta masyarakatSemaran dan Sarolangun dapat menjaga keber-sihan dan keindahan lingkungan untuk acaraperesmian. Masalah ini nanti akan kita koor-dinasikan dengan pihak kecamatan dan parakades, katanya.

    Untuk diketahui, PLTU Semaran dibangundengan kapasitas daya sebesar 14 megawatt,sementara total kebutuhan untuk KabupatenSarolangun hanya 8,5 megawatt. Dengandemikian Sarolangun memiliki kelebihandaya sebesar 6,5 megawatt. Nah, kelebihandaya bisa kita distribusikan ke daerah maupunkabupaten yang berdekatan dengan Sarolan-gun yang masih kekurangan daya. Dengandemikian nanti Sarolangun tidak mengalamilistrik biarpet, terang HBA.(aki)

    Oknum Camat DidugaPungut Uang Warga

    DIPAR KUSMI,Kerinci

    Masjid Agung Pondok tinggimerupakan salah satu masjid

    tertua di Kerinci dan Kota OtonomSungaipenuh. Masjid yang

    dibangun pada 1874 M itu meru-pakan saksi nyata penyebaran

    Islam ke Kerinci.

    MASJID Agung Pondok Tinggi terle-tak di Dusun Pondok Tinggi, Kecama-tan Sungaipenuh, Kota otonom Sun-gaipenuh. Masjid kuno itu memilikiarsitektur khas sehingga punya kelebi-han dan daya tarik arsitektur tersendiridibanding masjid lainnya.

    Konon Masjid Agung Pondok Tinggiitu dibangun secara bergotong-royongoleh warga Dusun Pondok Tinggi,Ker inc i , pada 1874 M. Menurutmasyarakat setempat, pembangunandimulai pada Rabu, 1 Juni 1874, danselesai pada 1902.

    Menurut Hamid, warga Pondok Ting-gi, untuk melakukan pembangunanmasjid, sebagian besar warga baik laki-laki dan perempuan bergotong-royongmengumpulkan kayu. Untuk men-

    ingkatkan semangat kerja, warga dusunjuga mengadakan pergelaran berbagaiseni pertunjukan tradisional Kerinci, diantaranya pencak silat.

    Setelah kayu terkumpul dan ponda-

    si berhasil dibangun, warga kemudianmengadakan musyawarah untuk mem-bentuk panitia pelaksana pemban-gunan masjid. Dalam musyawarah terse-but, disepakati empat orang pelaksanainti, yaitu Rukun (rio Mandaro), Hasip(rio Pati), Timah Taat, dan H Rajo Saleh(rio Tumenggung), jelasnya.

    Terkait rancangan masjid, warga danpanitia pelaksana memilih rancangan(desain) M Tiru dari daerah Mandaro.Untuk mengerjakan rancangan terse-but, dipilih 12 tukang bangunan yangdianggap memiliki keahlian mumpuni.

    Cerita yang berkembang dimasyarakat juga menyebutkan, pem-bangunan masjid itu diawali denganpesta keramaian selama tujuh hari tujuhmalam dengan menyembelih 12 kerbau.Selain dihadiri seluruh warga dusun,pesta keramaian juga dihadiri seorangpangeran pemangku dari Jambi.

    Masjid Agung merupakan bukti kec-erdasan masyarakat lokal mendirikansebuah bangunan. Proses pemban-gunan masjid juga menunjukkan kul-tur komunal yang masih kuat berakarpada masyarakat Kerinci saat itu.(*)Bersambung................

    SAROLSAROLSAROLSAROLSAROLANGUNANGUNANGUNANGUNANGUN

    Hasan Basri Agus

    DIPAR KUSMI,Kerinci

    Soal Ganti RugiTanah untukPembangunanPLTU

    panas bumi di Desa Lempur, Keca-matan Gunung Raya, kini mulaidiisukan terjadi banyak penyim-pangan. Salah satunya dugaanpungutan da lam gant i rugitanah warga sebesar Rp 4 miliar.Pungutan itu diduga dilakukanoknum camat.

    Demikian diungkapkan olehtokoh masyarakat Lempur, Hoes-ni Hasan, kemarin (6/9). Menurut-nya, beberapa warga yang meneri-ma uang ganti rugi tanah dari pi-hak PT Geothermal Pertamina di-potong 5-6 persen. Jumlah poton-

    gan bervariasi . Pemotongantersebut dilakukan oleh panitialokal yang d ikoordinas i ca-mat, ujarnya.

    Hal sama juga diungkapkanHoesni Hasan yang juga ketuaLembaga Kerapatan Adat AlamKerinci (LKAK). Pungutan ditarksaat warga menerima uang gantirugi tanah dari panitia. Dipang-gil ke ruangan panitia, uangdiberikan. Lalu disuruh buka am-plop, dan uang dipotong panitialokal yang dikoordinasi pak ca-mat, ungkapnya.

    Hoesni mengakui masyarakatsangat resah dengan tindakanoknum camat dan panitia tersebut.Uang apa itu? katanya.

    Sementara Camat Gunung RayaBazard Ibrahim saat dikonfirmasimembantah ada pemotongan uangganti rugi tanah warga yang diba-yarkan PT Geothermal melaluipanitia lokal. Kalau potongan5-6 persen dari 3-4 miliar ituberar t i n i la i uangnya cukupbanyak, mencapai Rp 250 juta.Itu tidak ada. Kalau orang korup-si beberapa juta saja masuk pen-

    jara. Apalagi sampai ratusan juta.Itu tidak benar, tegasnya.

    Untuk diketahui, pembangunanPLTU dari geothermal dengan ka-pasitas 145 megawatt untuk me-nambah pasokan listrik di Ker-inci. Karena besarnya potensipanas bumi yang terkandung diKecamatan Gunung Raya, dip-ilihlah lokasi tersebut sebagaitempat pembangunan PLTU.Tanah warga yang digunakan un-tuk pembangunan PLTU, dibayarganti rugi oleh PT GeothermalPertamina.(dip)

    SUNGAIPENUH - Pemba-ngunan pembangkit listrik tenagauap (PLTU) dari geothermal atau

    Terkait PosisiSekda Bungo

    MUARABUNGO Terkaitmasalah posisi sekda Bungo yangbelum definitif atau masih bersta-tus pelaksana tugas (plt), yakni HSuemasno, Pemkab Bungo me-ngaku sedang dalam proses dan

    sudah tahap pengajuan tiga namake Gubernur Jambi Zulkifli Nur-din. Pengajuan nama-nama sek-da tersebut akan diajukan kepadaGubernur, ujar Bupati Bungo Zu-lfikar Achmad.

    Sebelumnya, sekda Bungo dija-bat Usman Hasan. Terhitung 30Agustus lalu, Usman Hasan me-

    masuki masa pensiun dan dijabat se-mentara oleh Soemasno. Soemasnosebelumnya menjabat sebagai asistensdministrasi umum Setda Bungo.

    Terkait tiga nama yang diajukan,Zulfikar Achnmad mengaku se-mua memiliki potensi dan sama-sama diunggulkan. Mereka adalahKhaidir Saleh, Johannes Afandi

    yang merupakan kepala Dinas Per-hubungan dan Komunikasi danInfomatika Bungo, serta DarwisM Noer yang menjabat kepalaDinas Tenaga Kerja dan Transmi-grasi Bungo.

    Sebelumnya, dua nama calonsekda yang dibatalkan dan digan-tikan tersebut adalah Tommy Us-

    man yang merupakan kepala Di-nas Energi Sumber Daya MineralBungo dan Syargawi Ishak. Pe-rubahan dua calon sekda yang di-batalkan tersebut karena adanyapenilaian baik kinerja maupunsikap dan kepemimpinan calonsekda sebelum proses penyele-ksian calon sekda, katanya.(dwy)

    MASJID KUNO : Masjid Agung Pondok Tinggi ini terkenal dengan mesdji kuno. Dimanamasjid ini memiliki arsitektur khas sehingga punya kelebihan dan daya tarik tersendiri.

    Lebaran, Disnak Jamin Stok DagingMUARABUNGO Jelang pel-

    aksanaan hari raya Idul Fitri 1430H, Dinas Peternakan (Disnak) danPerikanan Kabupaten Bungo men-jamin stok kebutuhan daging akanaman. Dimana, Disnak telah menyiap-kan 96 ekor sapi. Dijelaskan KadisDisnak dan Perikanan KabupatenBungo Radthyoso, dimana untukrincian stok daging tersebut, ber-sumber dari APBD KabupatenBungo sebanyak 21 ekor sapi. Se-dangkan dari dinas tengah meny-iapkan sebanyak 75 ekor sapi.

    Jumlah tersebut masih ditam-bah lagi dengan stok kebutuhan

    daging yang dipenuhi dari peter-nak di Bungo ini. Yang jelas, stokdaging aman dan akan tetap terse-dia bagi masyarakat yang membu-tuhkan, ungkapnya.

    Lebih lanjut, kata Radthyosobahwa ternak-ternak yang akanmenjadi stok daging bagimasyarakat tersebut, harus melaluirumah potong hewan (RPH). Nan-ti semua hewan yang akan diptong,harus dilakukan di rumah potonghewan. Bila tidak ada cap dari RPH,maka tidak boleh diperjualbeli-kan, termasuk untuk dikonsumsimasayarakat, katanya.

    Selain itu, daging tersebut harus-lah memenuhi daging yang aman,sehat, utuh, dan halal (ASUH).Kita tetap akan melakukan pen-gawasa disetiap pasar. Hal itu di-lakukan untuk mengantisipasiadanya daging yang tidakdiperkenankan untuk dijual bebasdi pasar, sebutnya.

    Terkait harga daging jelang leb-ara tersebut, Biasanya pada H-1,harga daging akan naik, namunkisarannya diperkirakan denganharga Rp 70.000 per kilogram, danharga tersebut masih dalam bataswajar, ujarnya. (dwy)

    AMAN : Disnak dan Perikanan Kabupaten Bungo jamin stok dahginguntuk kebutuhan lebaran aman. Tampak aktivitas jual beli daging yangdilakukan pasar tradisonal Angso Dua Jambi.

    ROLANDA HASIBUAN / JAMBI INDEPENDENT

    DIPAR KUSMI / JAMBI INDEPENDENT

  • Jambi Independent SENIN, 07 SEPTEMBER 2009

    KUALKUALKUALKUALKUALAAAAATUNGKTUNGKTUNGKTUNGKTUNGKALALALALAL

    Barang KedaluwarsaMarak Beredar

    MUARABULIAN Penjualanbarang kedaluwarsa marak di Ba-tanghari. Hal itu terungkap darihasil operasi yang digelar Disper-indagkop Batanghari sejak 31Agustus hingga 6 September 20-09. Pihak Diperindagkop berhasilmenemukan beberapa jenis barangkedaluwarsa yang masih dijaja-kan di beberapa pasar dan minima-rket di Kecamatan Pemayung.

    Selain itu, Disperindagkop jugamenemukan pedagang yang me-lakukan kecurangan dalam tim-bangan.

    Kadis Perindagkop BatanghariAriansyah kemarin (6/9) mengata-

    kan, dar i has i l pemer iksaanyang digelar selama beberapahari tersebut, pihaknya berhasilmenemukan beberapa jenis ba-rang yang dilarang beredar karenakedaluwarsa.

    Hasil sidak yang kita lakukanselama tujuh hari ini berhasil me-nemukan tiga minimarket di Pem-ayung yang menjual barang ked-aluwarsa dan pedagang yang keda-patan melakukan penipuan lewattimbangan, tuturnya.

    Pihaknya langsung melakukanpenyitaan terhadap barang-ba-rang kedaluwarsa yang masih di-jual pedagang di Pemayung. Ba-

    MUARASABAKMUARASABAKMUARASABAKMUARASABAKMUARASABAK

    WIRA HADI,Muarojambi

    SengketaLahan BGRBerlanjut

    SENGKETA lahan antara mas-yarakat dua desa, Sungaigelamserta Sungaiparit, Muarojambi,dan PT Bahari Gembira Ria (B-GR), terus berlanjut. Masyarakatkedua desa mengklaim lahan seluas1.000 hektar yang dikelola PT BGRadalah lahan milik masyarakat.

    Sedangkan PT BGR mengakulahan itu murni lahan milik peru-sahaan. Persoalan itu diperuncingpenangkapan sebelas warga Sun-gaigelam yang diduga memanensawit di lahan yang masih sengketaitu. Kemudian warga yang merasamempunyai hak atas lahan itu menun-tut agar sebelas orang yang ditahanPolres Muarojambi dibebaskan.

    Pasalnya, mereka tidak mencurisawit PT BGR, melainkan memanensawit di atas lahan masyarakat.

    Aksi protes warga terus berlanjutdengan aksi demo ratusan wargakedua desa di depan Kantor BupatiMuarojambi, Jumat (4/9) lalu.Para pengunjuk rasa meminta BupatiBurhanuddin Mahir membantu war-ga untuk membebaskan sebelas ter-sangka dan menyelesaikan sengke-ta lahan antara PT BGR.

    Apa persoalan sebenarnya dalamsengketa lahan itu? Masyarakat,PT BGR, dan Pemkab Muarojam-bi punya versi berbeda. Hal itulahyang membuat persoalan tersebuttidak kunjung selesai sampai saat ini.

    Menurut keterangan warga ked-ua desa, sengketa lahan sejak be-berapa tahun silam. Lahan yangdigunakan PT BGR adalah lahanplasma yang seharusnya sudahdiberikan kepada masyarakatpada 2005. Namun hingga kinilahan seluas 1.000 hektar itu tidakdiserahkan kepada warga.

    Persoalan itu, kata salah satu war-ga, sudah dibicarakan Pemkab Mua-rojambi dan PT BGR 2008 lalu. PTbGR sepakat dan telah berkomitmenmenyerahkan 1.000 hektar lahan ke-pada masyarakat. Tapi sampai se-karang belum diserahkan, ujar Indra,warga Sungaigelam.

    Surat keputusan itu merupakansenjata bagi warga untuk terusmenuntut pembebasan lahan dari PTBGR. Surat pernyataan itu merupakanhasil pertemuan antara PemkabMuarojambi dan PT BGR. Isinya men-genai kesepakatan PT BGR menyer-ahkan lahan kepada warga atau kel-ompok masyarakat yang tergabungdalam kelompok 440 KK.

    Sedangkan konpensasinya, pe-merintah akan mengusahakan la-han untuk memenuhi target perlu-

    asan lahan inti yang diinginkan pe-rusahaan. PT BGR tidak meng-indahkan isi surat itu, katanya.

    Sementara itu kuasa hukum PTBGR Ilham Khalid membantah la-han yang akan diserahkan kepadawarga adalah lahan baru, bukanlahan yang sudah ditanami sawitoleh PT BGR. Menurut dia, wargasalah menafsirkan isi surat itu.Maksud kesepakatan dalam SuratBupati Nomor 094/BGR/UM/PSD/v pada 9 Agustus 2008 lalu,lahan yang akan diserahkan kepa-da warga adalah lahan yang dijan-jikan Pemkab Muarojambi seluas2.000 hektar. Rinciannya, 1.000hektar untuk masyarakat dan 1.-000 hektar lagi untuk mencukupikekurangan lahan sawit inti. Sam-pai sekarang Pemkab juga tidakmenempati janji, kata Ilham.

    Lebih lanjut dijelaskan, lahaninti PT BGR merupakan areal se-suai tata ruang proyek PIR transseluas 4.000 hektar untuk sawitinti dan 6.000 hektar untuk sawitplasma yang sudah disepakatidalam pelaksanaan PIR trans yangtidak bisa diubah lagi.

    Hal itu sesuai Surat Menteri Per-tanian Nomor 77/GAPTS/KB.-510/2/88 tentang Proyek Pengem-bangan Piltran Kelapa Sawit diKabupaten Batanghari (sebelummenjadi Kabupaten Muarojambi).Kemudaian ada surat kedua, No-mor 18/M/I.1990 tentang hak izinprinsip pemanfaatan hutan di loka-si transmigrasi di Petaling Kabu-paten Batanghari. Lalu, surat dariBPN Kabupaten Batanghati no-mor 040/BPN/II/1995 tentangPemberian Izin Lokasi Tanah Per-tanian kepada PT BGR. Dilanjut-kan Keputusan Bupati BatanghariNomor 04 Tahun 2000 tentangpemberian izin lokasi untuk kep-erluan perkebunan kelapa sawit.

    Pemerintah Muarojambi melaluiKabag Humas Johan mengatakan,ada kesalahan penafsiran isi surat,baik oleh masyarakat maupun pi-hak perusahaan. Dalam surat itu,pemerintah menawarkan kepadaperusahaan untuk membantu men-carikan lahan untuk mengganti-kan lahan yang akan diserahkankepada masyarakat seluas 1.000hektar itu. Itu merupakan usulan,dan penawaran untuk membantumencarikan lahan baru, katanya.

    Sementara sampai saat ini pihakperusahaan tidak mengindahkanisi surat yang merupakan kesepa-katan antara pemerintah dan pihakperusahaan. Bagaimana kita akanmemberikan lahan baru, sedangkanlahan yang dijanjikan akan diserah-kan kepada warga pun tidak diserah-kan sampai sekarang, jelasnya.(*)

    Kades Pulau PauhDiminta Kembalikan UangOMBING Sukiman, camat Renah Mendalo,

    Tanjab Barat, meminta Kepala Desa Pulau PauhYulfani segera mengembalikan uang wargaDesa Penyabungan yang tanahnya telah dijual.Camat juga minta agar persoalan itu diselesai-kan dengan kekeluargaan.

    Ombing tidak mau sengketa itu berlarut-larut.Selama menjabat menjadi camat Renah Men-dalo, tanah seluas 14 hektar lahan sawit itumerupakan milik warga Desa Penyabungan,Kecamatan Merlung. Kita minta selesaikan-lah masalah dengan jiwa besar, tegasnya.

    Sepengakuan Kades kepada Ombing, ada niat baikKades untuk mengganti tanah yang telah dijualkepada PT Bukit Kausar. Kades Pulau Pauh per-nah berniat mau melakukan ganti rugi, tetapi hargapenggantian belum ada titik temu, jelasnya.

    Dihubungi terpisah, Kades Pulau Pauh Yul-fani belum mau berkomentar jauh tentangmasalah ganti rugi tersebut. Kita perlu waktuuntuk melakukan perundingan lagi tidak se-cepat yang diharapkan, karena saya menjualtanah bukan secara pribadi, tetapi mewakilimasyarakat, katanya.

    Warga Desa Pulau Pauh yang tanahnya dijualdan diserobot meminta Kades maupun PT Bu-kit Kausar segera mengganti kerugian. Kitaakan datangi kantor PT Bukit Kausar yang adadi Jambi bila masalah itu tidak selesai, ancamwarga tersebut.(can)

    2010, Pelaksanaan NikahDipimpin Penghulu

    MUARABULIAN Pada masadatang, pelaksanaan nikah di Ba-tanghari mengalami perubahan.Pelaksanaan nikah akan dipimp-in langsung oleh petugas khususpenghulu. Ke depan pengangka-tan pembantu pegawai pencatatnikah (P3N) akan ditiadakan.

    Kebijakan tersebut direncana-kan dapat diberlakukan sekitarpertengahan 2010. Hal itu ber-dasarkan Surat dan InsstruksiDirjen Bimas Islam RI NomorDJ.II/113 tahun 2009 tentangpemberhentian dan pengang-katan pembantu pegawai pen-catat nikah (P3N) yang telah

    habis masa waktunya, dan tidakmengangkat P3N yang baru kecua-li di daerah yang dianggap memer-lukan.

    Kakandepag Batanghari HMHafiz Z melalui Kasi Urais MuslimA Roni menjelaskan, saat ini perni-kahan di Batanghari masih dilaku-kan pembantu penghulu atau P3Ndi setiap desa atau kelurahan.Adapun jumlah petugas P3N yangtercatat saat ini 96 orang.

    Namun masa jabatan mereka be-rakhir sekitar pertengahan 2010.Setelah masa jabatan merekahabis, tidak akan dilakukan pen-gangkatan petugas P3N baru.(lis)

    Perjalanan Yantriza Membawa Kasus Pemerkosaan Anaknya ke Jalur Hukum

    Pindah Rumah, Kini Terlilit Utang Puluhan JutaTak terasa kasus pemerko-

    saan yang menimpa EK (18)sudah berjalan empat tahun.

    Luka atas kejadian itusangat membekas di hati

    Yantriza (42), orangtuakorban. Kasus pemerkosaan

    tersebut terjadi pada Mei2005 di Desa Lubuk Kamb-

    ing, Kecamatan RenahMendalo. Saat ini kasus itu

    masih ditangani PolresTanjab Barat. Bagaimanakeluaraga EK menjalani

    hari-harinya?

    SIANG itu, Jumat (4/9) pukul11.30 WIB, Yantriza dan anakn-ya, EK, untuk kesekian kali me-menuhi panggilan Polres TanjabBarat untuk dimintai keterangan.Keterangan mereka masih diperlukanuntuk melengkapi berkas acara pe-meriksaan (BAP). Kata polisi sayadipanggil untuk melengkapi bah-anbahan karena petunjuk jaksa,ungkap Yantriza baru-baru ini.

    Menurut dia, pemeriksaan demipemeriksaan terus dijalani untukmemperjuangkan harga diri keluar-ga. Mereka berharap tersangka yangsaat ini sudah ditangkap dan ditah-an, dihukum setimpal atas perbua-tannya. Apa pun saya pertaruhkanagar kasus ini cepat selesai dan ter-sangka segera dihukum, tegasnya.

    Kasus yang menimpa anaknyaterjadi empat tahun lalu. Dia mencer-itakan bahwa anaknya diperkosa tet-angga satu kampung, yaitu Iwan Se-tiawan. Saat ini Iwan ditahan pihakkepolisian. Peristiwa itu terjadi pada21 April 2005 pukul 22.00 WIB dirumahnya. Di bawah ancaman pisau,EK diperkosa oleh tersangka.

    Untuk mengurus perkara itu, diamengatakan sudah banyak men-geluarkan biaya. Satu harapanagar kasus yang diperjuangkanitu dapat segera naik ke pengadilan.Aku ni orang susah, tolong kasustersebut jangan dipersulit hinggapersidangan, tuturnya sedikit putusasa melihat lambannya perjalanankasus yang menimpa putrinya.

    Biayabiaya itu dikeluarkan untukmembayar carteran mobil sebagaitranspotasi dan makan keluarga. Rp30 juta mungkin lebih sudah sayakeluarkan, ungkapnya.

    Biaya carter mobil, tarifnya ber-variasi, mulai dari mobil biasa hing-ga bagus. Mobil biasa seperti Carrydicarter hingga Rp 600 ribu di luaruang minyak. Sedangkan mobilyang bagus ia carter hingga Rp 1 juta,untuk pulang-pergi ke desanya.

    Biaya bisa dicari, tetapi hargadiri tetap saya pertahankan untukkeluarga, kata pria berkulit sawomatang itu. Uang puluhan jutatersebut dipinjam dari saudara-saudaranya. Saat ini masih ter-lilit utang, tambahnya.

    Lalu dia menceritakan perjala-nannya ketika dipanggil jajaranPolres. Pernah suatu ketika ia seke-luarga, demi memenuhi panggi-lan Polres, harus berangkat daridesa pukul 03.00 WIB dengan

    jarak tempuh 250 kilometer.Sedih rasanya bila kita men-genang hal tersebut, ujarnya.

    Yantriza dan keluarga sudah se-jak empat tahun tidak tinggal didesa mereka karena merasa maluatas aib yang menimpa anaknya.Kini keluarga Yantriza mengung-si ke tempat yang lebih sepi, ber-jarak 5 kilometer dari rumahnyasemula. Di sana mereka tinggal dirumah berukuran 3x4 meter. Rumahlama mereka diserahkan kepada tet-angga yang menempati. Sayo san-gat terpukul sekali. Untuk menghi-langkan ingatan pemerkosaan itu,sayo mengambil pikiran untuk men-gungsi, jelasnya.

    Dia berharap nanti kasus pemerko-saan terhadap anaknya tidak di-petieskan. Dia minta aparat penegakhukum saling bekerja sama danmembuka hati serta bersikap profe-sional dan tidak memandang se-belah mata keluarga mereka.

    Menurut Yantriza, kasus itu per-nah mengendap selama empattahun dan baru muncul setelahada desakan dan diperjuangkanpertengahan tahun ini. KapolresTanjab Barat AKBP Dul Alim men-gatakan, saat ini masih terus dilaku-kan pemeriksaan kasus itu. Berkas-nya terus dilengkapi dan tersangkasudah ditahan, ujarnya.(*)

    CANDRA PURNOMO,Kualatungkal

    CAND

    RA P

    URNO

    MO

    /JAM

    BI IN

    DEFE

    NDEN

    T

    USAI PEME-RIKSAAN:Yantriza,orangtua EK,korbanpemerkosaan,saat menjalanipemeriksaandi PolresTanjab Barat.Perjuanganmembawakasus yangmenimpaanaknyamenghabiskanuang puluhanjuta rupiah.

    RAZIAPRODUKBPOM ProvinsiJambi saatmenggelar raziaproduk berba-haya beberapawaktu lalu. DiBatanghari,Disperindagkopmenemukanmakanan yangkedaluwarsadalam raziaserupa.

    DO

    K /J

    AMBI

    INDE

    FEND

    ENT

    rang-barang tersebut terdiri atasminuman dan susu kaleng. Selainitu, pihaknya juga menemukanbentuk kecurangan pedagangdalam timbangan.

    Kita juga berhasil menemukanbarang yang mengandung merkuripada barang kosmetik, dan barangyang mengandung rodamin padabumbu-bumbu pasta untuk mem-buat kue, ujarnya.

    Untuk itu, dia mengimbau wargaagar tetap berhati-hati ketikamembeli suatu produk dehingga tidaktertipu dengan barang kedaluwarsadan tidak dicurangi pengurangantimbangan oleh pedagang.(lis)

    Humas Terima BantuanPerangkat Media CenterBAGIAN Humas dan Protokoler Setda Ba-

    tanghari menerima bantuan perangkat mediacenter dari Departemen Komunikasi dan Infor-matika (Depkominfo) RI melalui Badan In-formasi Publik, Kamis (3/9) lalu. Bantuan tersebutdiserahkan Drs Supomo MM selaku sekretaris BadanInformasi Publik dan kuasa pengguna angga-ran Departemen Komunikasi Informasi.

    Bantuan diterima langsung Kabag Humas danProtokoler Setda Batanghari Sehan. Sehanmenjelaskan, adapun barang-barang bantuanyang diserahkan kepada pihak Humas dan Pro-tokoler Setda Batanghari terdiri atas 1 unitkomputer merek Acer Veriton X270, 1 unitprinter monochrome laser merek LaserjetP2055DN, 1 unit switch VPN router merek DlinkDI-808VH, 1 unit scanner merek HP Scanjet G4050.Ditambah 5 unit UPS 600 VA merk Liebert Iton 600VA serta 1 paket peralatan jaringan lokal dan ekster-nal modem Dlink DFM-562 E, kabel UPT beldenRJ 45 Connector AMP Connector.

    Dengan adanya bantuan tersebut, diharapkanke depan keberadaan Humas dan ProtokolerSetda Batanghari akan semakin baik.(lis)

    Tanjab Timur DapatRp 6,5 M Dana PNPMMUARASABAK - Dana Program Nasional

    Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) MandiriPedesaan dari pusat untuk Tanjab Timur (Tan-jabtim) tahun ini sebesar Rp 6,5 miliar. KepalaBadan PMPDK Tanjab Timur Rahman Labuhmelalui fasilitator PNPM kabupaten Febi men-gatakan, dana itu untuk enam kecamatan.

    Enam kecamatan itu adalah KecamatanNipahpanjang, Mendahara, Dendang, Muara-sabak Timur, Rantaurasau, dan Sadu. Sedang-kan empat kecamatan lainnya, yaitu Muarasa-bak Barat, Berbak, Mendahara Ulu, dan Ger-agai, tidak mendapat bantuan PNPM MandiriPedesaan 2009 karena sudah mendapat pro-gram PNPM RIS dengan leading sector DinasPekerjaan Umum (PU). Jadi tidak boleh tum-pang-tindih atau dobel, ungkapnya kemarin.

    Masing-masing desa dalam satu kecamatanmengusulkan dua jenis kegiatan berdasarkanhasil kesepakatan musyawarah masyarakat.Namun tidak mesti satu desa satu kegiatan.Bisa saja satu desa mendapatkan dua kegiatan,tergantung hasil kesepakatan antara kecama-tan dengan desa, jelas Febi.

    Kegiatan PNPM Mandiri Pedesaan bisa dalambentuk simpan pinjam perempuan (SPP) atauuntuk membangun infrastruktur desa ataufisik. Satu desa akan mendapatkan Rp 350 jutaper usulan kegiatan, ujar Febi.

    MUARABULIANMUARABULIANMUARABULIANMUARABULIANMUARABULIAN

  • www.jambi-independent.co.id [email protected] n ECERAN: Rp. 3.500,-

    Jambi IndependentA . D . V . E . R . T . O . R . I . A . LsEnIn, 07 sEpTEmbER 2009

    fOTO-fOTO:EDDy junAEDy/jAmbI InDEpEnDEnT

    mursyid sonsang (batik panjang) bersama undangan yang hadir. sutrisno bersama HbA tampak akrab. salah seorang wartawan memberikan pertanyaan kepada HbA.

    fOTO-fOTO:ROLAnDA HAsIbuAn/jAmbI InDEpEnDEnT

    Warga saat menikmati jamuan makan buka puasa bersama. HbA menandatangani berita acara pengukuhan RI-HbA. Ribuan warga hadir berbuka puasa bersama HbA.

    Hasan basri Agus Kukuhkan Relawan Independen

    Hasan basri Agus

    bAKAL Cagub Jambi 2010-2015 Hasan Basri Agus (HBA) terus mendapatkan simpati dan dukungan masyarakat Jambi. Kali ini HBA mendapatkan dukungan

    dari Relawan Independen Hasan Basri Agus (RI-HBA) pimpinan Lukman Hakim. Pengukuhan yang langsung dilaksanakan HBA tersebut dilaksanakan pada Jumat

    (4/9) pukul 17.30 WIB. Pengukuhan kepengurusan RI-HBA tersebut berlangsung di kediaman Lukman Hakim, Jalan Sersan Anwar Bay No 52, Kelurahan Kenali Besar.

    Selanjutnya HBA memberikan ucapan selamat kepada Lukman Hakim sebagai koordinator RI-HBA Provinsi Jambi serta seluruh pengu-rusnya. Acara pengukuhan dihadiri

    ribuan warga yang terdiri atas tokoh masyarakat dan pemuda.

    Usai pengukuhan, HBA bersama ribuan warga yang hadir menikmati hidangan buka puasa bersama. HBA

    dan pengurus RI-HBA serta warga selanjutnya melaksanakan salat Magrib berjamaah yang diikuti tokoh masyarakat. Kehadiran HBA disam-but hangat warga setempat. (lan)

    HbA bersama warga melakukan doa bersama seusai salat magrib berjamaah. Ribuan warga yang hadir saat menyantap buka puasa bersama. HbA didampingi Lukman Hakim bersama tokoh masyarakat.

    Hasan basri Agus menyampaikan sambutan. HbA bersama tokoh masyarakat menyantap hidangan buka puasa. HbA didampingi Lukman Hakim (kanan) disambut tokoh masyarakat.

    sukses, media Gathering bersama HbAjELAnG pelaksanaan Pemilihan

    Gubernur Jambi 2010-2015, berb-agai gerakan dan aktivitas politik ber-munculan. Itu semua tidak terlepas dari peran media dalam merekam, mengolah, dan memublikasikan ber-bagai bentuk produk politik ke tengah masyarakat.

    Menyikapi hal tersebut, Tim 9 Pe-menangan Kandidat Gubernur Jambi 2010-2015 Menuju Jambi EMAS (Ekonomi Maju, Aman, Adil, dan Sejahtera), Sabtu malam (5/9), meng-gelar acara media gathering bersama Hasan Basri Agus (HBA). Acara tersebut berlangsung sukses, dihad-iri sejumlah pimpinan media cetak maupun redaksi se-Provinsi Jambi. Media gathering bertajuk New Era, New Candidat, New Strategy terse-but berlangsung di Batanghari Room Hotel Ratu dan Resort Jambi.

    Selain itu, juga tampak hadir Direk-

    rut Eksekutif Tim Pemenangan HBA Provinsi Jambi Sutrisno, Ketua Tim 9 Pemenangan Kandidat Gubernur Jambi 2010-2015 Mirza Haviz, Media Director A Shomad, Ketua PWI Provinsi Jambi Mursid Sonsang, serta puluhan kontributor dan wartawan Jambi.

    Dalam sambutannya, HBA yang merupakan bupati Sarolangun me-nyambut baik apresiasi para pem-buru berita yang selama ini berkenan memuat sejumlah pemberitaan terkait masalah pembangunan dan infrasturktur lainnya.

    Mudah-mudahan dengan perte-muan ini hubungan silaturahmi dan koordinasi terus berjalan, dan saya akan terbuka untuk semua media un-tuk saling tukar informasi dan masu-kan yang membangun dalam rangka untuk menyukseskan pembangunan Jambi ke depan, ujar mantan sekda Kota Jambi itu.(roz)Hasan basri Agus Kanan, A shomad, mirza Haviz, HbA, dan sutrisno.

    HbA menyalami rekan wartawan seusai pertemuan dan dialog. HbA berfoto bersama dengan kontributor dan wartawan se-provinsi jambi. sejumlah wartawan dan pimpinan media yang hadir.

  • [email protected] nnnnn ECERAN: Rp. 3.500,-

    SIUPP: No.169/SK/Menpen/SIUPP/A, tanggal 26 April 1986Alamat Redaksi/Sirkulasi/Iklan:

    Graha Pena Jambi Jl. Jenderal Sudirman No 100 ThehokKota Jambi

    Telp Redaksi 0741 35272, Faks 0741 35267;Iklan/Pemasaran 0741 23330, 35265, Fax 0741 23740

    Perwakilan Jakarta: Graha Pena Jakarta,

    Perintis: H Syamsul Watir (alm), General Manager: Ali Fauzi, Wakil General Manager/Pemimpin Perusahaan: Dulpiah, Pemimpin Redaksi: Joni Rizal, Redaktur Pelaksana: M. Surtan, Paisal Khumar, KoordinatorLiputan: Paisal Khumar, Redaktur: Asriadi, Darmanto Zebua, Joni Rizal, M. Surtan, Paisal Khumar, Staf Redaksi: Alpadli Monas, Fachrul Rozi, Jumeidi, Risza SB, Surya Elviza, Deddy Rachmawan,Finarman, Siti Masnidar,Yusnaini Copy Editor: MH. Abid, Fotografer: Aldino, Rolanda Hasibuan, Eddy Junaedy, Event Organizer: Fitrilidia, Sekretaris Redaksi: Eniwati, Grafis/Ilustrator: Djatmiko, Wartawan di Daerah: Chandra Purnomo(Tanjab Barat), Musrip Hulaimi (Tanjab Timur), Franciscus (Muarojambi), Lukman Hakim (Batanghari), Bangun Santoso (Tebo), Dwi Setyowati (Bungo), Nova Diansyah (Merangin), Herma Yulis (Sarolangun), Sepriyono(Kerinci), Wartawan Jambi Independent di luar negeri lewat Jawa Pos News Network (JPNN): Ramadhan Pohan (Washington DC), Dany Suyanto (Hongkong), Nurani Susilo (London). Bagian Pracetak: SafarudinAris, Ishak, Adam Surata, Asep Syaefudin . Bagian Iklan: Illah Rohilah (Kabag), Munawir (Wakil Kabag), Etika Utama (Desain), A Ridwan, Wita. Bagian Pemasaran: , Prawoto (Kabag), Tareju, Sarjono, Setiadi . Sirkulasi:Hamsir, Aris. Bagian Keuangan: Novita KS (Accounting), Megawati (Kasir), Liza Elvistia, Bagian Umum & Personalia: Soleh Rofiki (Kabag), Rusanna Watir, Edi Erlani, WahyuHarga Langganan: Rp 87.500,- per bulan (dalam kota), Harga Eceran: Rp 3.500,- (Luar kota tambah ongkos kirim). Tarif Iklan Umum/Display Hitam Putih: Rp 30.000,- per mm kolom, Iklan Full Colour: Rp 40.000,-per mm kolom, Iklan Full Colour Halaman 1: Rp 92.000,- per mm kolom, Iklan Baris: Rp. 9.000 per baris. Nomor Rekening PT Jambi Independent Press; BNI Cabang Jambi No: 0069879445, BCA Cabang Jambi:119.1327000, Danamon Cabang Jambi: 008251019, BII Cabang Jambi : 3564.Penerbit: PT Jambi Independent Press, Komisaris Utama: HM Alwi Hamu, Komisaris : Ny Hj Miarni S Watir, Ny Hj Sri Nurbani Retno Watir, Dwi Nurmawan, Direktur Utama: H Suparno Wonokromo, Direktur: Ali Fauzi.Percetakan: PT Jambi Press Intermedia. Isi di luar tanggung jawab percetakan.

    ppppp Wartawan Jambi Independent dilarang menerima uang maupun barang dari sumber berita ppppp Wartawan Jambi Independent dibekali ID card/surat tugas yang selalu dikenakan saat bertugas

    Harian Pagi Jambi Independent

    Jambi Independent SENIN, 07 SEPTEMBER 2009

    PengelolaDapur AkanDiperiksa

    Razia, PolisiTak MenemukanSajam

    MUARA TEBO Dalam rangka program ciptakondisi selama bulan suci Ramadan, Polres TeboSabtu malam (5/9), kembali menggelar razia.Razia dipusatkan di depan Gerbang PerkantoranPemkab Tebo di Pal 12 Muaratebo.

    Razia yang dimulai sekitar pukul 22.00 WIBtersebut dipimpin langsung oleh WakapolresTebo Kompol Eka Wahyuniawan dan didampi-ngi oleh Kabag Binamitra Kompol Suleman. Ra-zia ini kita gelar untuk menciptakan kondisi yangaman dan tertib selama bulan puasa, ujarWakapolres melalui Kabag Binamitra.

    Sepanjang razia tersebut, ratusan kendaraanbaik kendaraan mobil pribadi, motor, truk hing-ga bus diperiksa oleh polisi. Hampir setiap mobilyang melintasi kawasan tersebut diberhentikanoleh petugas yang langsung memeriksa tandapengenal serta barang bawaan dari pengendara.

    Namun sayang, hingga pukul 1.00 WIB dini-hari, tidak satupun pada puluhan kendaraan yanglewat ditemukan adanya barang-barang yang di-larang seperti narkotika, sajam ataupun senpi.Kita razia intinya bukan mencari hasil, tetapi inimenunjukkan bahwa situasi dan kondisi di Teborelative aman dan terkendali, ujar Suleman.

    Ke depan dikatakan Suleman, pihaknya akanrutin menggelar razia untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih lagi seben-tar lagi arus lalu lintas tebo bakal ramai dilintasioleh para pemudik, ujar Suleman. (amu)

    Sumber KebakaranBelum Diketahui

    Polisi Buru Dua Pemasok Ganja

    TerkaitMahasiswi AkbidKeracunan

    RISZA S BASSAR,Kota Jambi

    KORBAN keracunan maha-siswi Akademi Kebidanan (Ak-bid) Prima yang dirawat di Ru-mah Sakit Asia Medika berang-sur membaik. Bahkan dari 17korban, hingga kemarin (6/9)sebagian boleh pulang.

    Menurut informasi yang di-peroleh dari rumah sakit terse-but, kondisi mahasiswi itu be-rangsur membaik. Sebagianada yang boleh pulang, kataseorang perawat.

    Sementara itu, polisi masihtetap menyelidiki penyebabkeracunan yang menimpa bela-san mahasiswi itu. KapolsekJambi Timur Ajun KomisarisPolisi Romi Agusriansyah me-

    ngatakan, pihak Akbid danAkper Prima sudah membuatlaporan pada Polsek JambiTimur terkait kejadian itu.

    Kemudian untuk mencari ke-benaran kejadian tersebut,polisi akan memintai ketera-ngan pada sejumlah saksi.Kita akan mintai keteranganpihak korban dan pihak ya-yasan Akbid Prima, katanya.

    Selain itu, pengelola dapurasrama juga akan ditanya se-putar kejadian tersebut. Me-nurut Romi, pengelola da-pur bisa saja memberikan in-formasi penting tentang ke-jadian itu.

    Mengenai apakah ada un-sur pidana dari kejadian ter-sebut, Romi mengatakan, po-lisi belum sampai pada tahapitu. Sekarang masih terusmengumpulkan keterangansaks i du lu, katanya. Ter-kait hasil uji sampel maka-nan y a ng d iper iksa d i B-POM, polisi belum menerimahasilnya.(*)

    KUALATUNGKAL- Paskainsiden kebakaran yang terja-di Jumat (4/9) malam di RT 02.03 dan 04 Kelurahan TungkalHarapan Kualatungkal, TanjabBarat, sampai saat Ini pihak ke-polisian Polres Tanjabbarat be-lum bisa memastikan asal api.Tidak ada korban jiwa dalamkejadian itui, namun kerugiandiperkirakan mencapai sekitarRp 2,5 Miliar.

    Sejauh ini Kita belum bisamemastikan sumber api darimana, kita masih menungguhasil penelitian dari tim pusatlaboratorium forensik ( Puslab-for), kita Tunggu saja hasilnya,terang Kapolres TanjabbaratAKBP Dul Alim melalui Ka-sat Reskrim AKP Agus Set-iawan Sik kepada Jambi In-dependent kemar in . Tigaanggota tim forensik dari Pale-mbang, Sumsel Sabtu (5/9) se-jak Pukul 13.00 sampai Pu-kul 15.00 WIB mulai men-gambil sejumlah sample be-kas kebakaran untuk men-cari titik api dan mengetahuipenyebab kebakaran. Pihakkepolisian Tak bisa memasti-kan kapan data tersebut bisaditerima.

    Sementara itu hingga kema-rin lokasi kebakaran masih di-pasang garis Police line. Parakorban yang sebelumnya me-letakkan barang-barang ber-harganya di los Pasar Parit Iyang tak terpakai kemarin mu-lai meninggalkan lokasi. Se-hingga sejak kemarin Pagi,pasar tersebut kembali terlihatlengang begitu juga tenda-ten-da yang telah disiapkan tampaktak berpenghuni. Sebagaianbesar para korban menumpangtinggal di kediaman saudaramereka, dengan membawa ba-rang-barangnya.

    Sejauh ini belum ada korbankebakaran yang menderita pe-nyakit. Sebab, sebagian besarmereka menumpang dengankeluarganya, meski ada dian-taranya yang merasa mulai ter-ganggu kesehatannya. Namunmereka mengaku belum mem-butuhkan perawatan khusus.Korban juga mengaku masihsyok akibat kejadian tersebut.Hingga kemarin korban yangtinggal di rumah sakit ada satuorang atas nama Ridwan yangmengalami syok berat.

    Dari posko Pemkab Tanjab-barat diinformasikan sejumlahbantuan telah diserahkan padapara korban khususnya bantu-an berupa sembako dan ban-tuan pakaian yang datangdari masyarakat maupun in-stansi lainnya.Tercatat se-jumlah pejabat TanjabBaratmemberikan bantuan uangtunai yang hampir berjumlah

    JAMBI Tertangkapnya enampria pembawa ganja, Jumat (28/8) lalu, memunculkan dua priayang diduga kuat sebagai pema-sok sabu-sabu dan ganja. Kedu-anya adalah Bus dan Saman. Di-duga keduanya berperan sebagaipemasok ganja serta sabu-sabu ke-pada keenam tersangka tersebut.

    Dari pengakuan keenam ter-

    sangka, mereka mendapat ba-rang-barang tersebut dari Busdan Saman. Bus merupakanpemasok sabu-sabu pada An-war Sadat. Anwar sendiri sudahditangkap anggota SatuanNarkoba Poltabes Jambi padaJumat (28/8) lalu pukul 2.00WIB dini hari di Lorong Pus-kesmas, Kelurahan Payolebar,

    Kecamatan Jelutung.Sementara Saman diketahui

    sebagai pemasok ganja padaSyafrizal alias Izal (18), yangditangkap polisi bersama limarekannya pada Sabtu (29/8)lalu. Kelima temannya adalahZulkarnain alias Zul (25), AbdulGopar (23), Hadi Hermansyah(25), dan Ari Ardiansyah (20).

    Mereka masih dicari, kataKabag Bina Mitra PoltabesJambi Ajun Komisaris PolisiAswini Nawawi. Menurutnya,polisi masih melakukan pe-ngembangan untuk melacakjejak kedua orang tersebut.Mengenai keberadaan keduaorang tersebut, Aswini meno-lak mengatakannya untuk ke-

    pentingan penyelidikan. Nan-ti kalau sudah terungkap barubisa ketahuan semua, katanya.

    Yang jelas, polisi perlu men-cari kedua orang itu. Menurutkeenam tersangka yang berha-sil digiring ke Poltabes Jambi,keduanya pemasok barang-barang haram tersebut padamereka.(rib)

    JOHAN ISWADI/JAMBI INDEPENDENT

    RAZIA: Polisi menggeledah barang bawaan pengguna jalan baik roda dua ataupun roda empat dalam razia Sabtu (5/9).

    Rp 20 juta di luar bantuanbaranag lainnya. (can)

  • www.jambi-independent.co.id [email protected] n ECERAN: Rp. 3.500,-

    Jambi Independentsenin, 07 septembeR 2009 A . D . V . e . R . t . O . R . i . A . L

    Wakil bupati dan sekda tebo Lakukan safari Ramadan

    tim Pemkab Tebo terus eksis melaksanakan kegiatan safari Ramadan hingga ke pelosok Tebo. Sebelumnya, Tim I yang diketuai Bupati Tebo Madjid Muaz mengunjungi Masjid Al Muhajirin, Desa Sungai Pandan, Kecamatan Rimbo Ulu. Setelah itu, giliran Tim II yang dikoordinasi Wakil Bupati Tebo Sukandar melakukan safari Ramadan di Masjid Al Hikmah, Desa Tanah Garo, Kecamatan Muaratabir.

    Selain itu, Tim III yang dikoordinasi oleh Sekda Tebo Ridham Priskap melakukan safari Ramadan di Musala Nurul Iman, Desa Tegal Arum, Kecamatan Rimbobujang.

    Untuk Diketahui, Tim sengaja dibagi dalam enam, dengan tujuan agar mampu mencapai semua pelosok kecamatan yang menjadi target. Kegiatan itu dimulai sejak awal Ramadan.

    Kegiatan itu bertujuan menjembatani silaturahmi antara masyarakat dan Pemkab Tebo sebagai momen sharing informasi serta sosialisasi berbagai peraturan dan imbauan. Inti dari semua kegiatan safari Ramadan adalah mewujudkan pelaksanaan pilar pembangunan keagamaan sebagai salah satu dari lima pilar pembangunan Kabupaten Tebo.(amu)

    sukandar bersama rombongan tiba di tanah Garo, Kecamatan muaratabir.

    Lovia trisna Ridham disambut para ibu di Kecamatan Rimbobujang.

    seorang ustaz menyampaikan ceramah agama di masjid Al Hikmah tanah Garo.sukandar bersama tokoh masyarakat Desa tanah Garo.

    Ridham priskap dan camat Rimbobujang bersama jamaah musala nurul iman yang hadir.

    fOtO-fOtO:ist/jAmbi inDepenDent

    para jamaah musala nurul iman Rimbobujang yang hadir.

    suasana pemberian bingkisan oleh Ridham priskap.

    para jamaah masjid Al Hikmah tanah Garo yang hadir.

    Ridham priskap dalam menyampaikan sambutan. sukandar dalam menyampaikan sambutan.

  • Informasi Dunia Hiburan TerkiniJambi Independent SENIN, 07 SEPTEMBER 2009

    NYERI PERGI... SHALAT RINGANDAN TIDUR NYENYAK LAGI

    Hidup sehat dambaan setiap insan. Begitujuga harapan Epoy Ismah warga Kp SurianDs. Kersamanah Kab. Garut. Sayang di usialanjutnya berbagai penyakit mendera nenekini. Diantaranya batuk berkepanjangan ,maag dan nyeri sekujur tubuh, sehinggasulit melakukan gerakan shalat. kalaukumat, batuk tak mauberhenti ,dada serasa pecahsehingga susah tidur, kalaumaag menyerang, lambungsangat perih sehingga kerjaterhenti ucap nenek yangmasih membantu usaha tanikeluarganya. Sadar usiasudah lanjut, mak Epoy, takberani minum obatsembarangan takut efeksampingnya.

    Sebulan lalu putranyamemberi minuman GulaAren Gentong Mas..Alhamduli l lah setelahminum Gentong Mastenggorokan menjadi hangatdan lega. Sekarang tidur nyenyak kembalisetelah batuk berkurang bahkan nyarishilang. Serangan mag juga berangsur redadan nyeri hilang jadi kerja tak lagi terganggu kata mak Epoy dengan wajah penuhsyukur.

    Yang paling disyukuri nyeri disekujurbadan perlahan hilang sehingga shalatkhusuk kembali. Merasa manfaat GentongMas, mak Epoy rutin mengkonsumsinyatiap pagi dan sore. rasanya yang hangatdan lezat cocok untuk orang seusia sayayang ingin hidup sehat dengan minumannikmat tutupnya mengakhiri obrolan.

    Menurut Jeff Gunnent dalam bukunyaPermaculture Plant (2004), Gula Arenmengandung zat yang berfungsimembersihkan saluran pencernaantermasuk tenggorokan . Disamping itu GulaAren mengandung Riboflavin yangmelancarkan metabolisme, menghambat

    kerusakan sel sertameningkatkan stamina danvitalitas. Meski demikianbanyak minum air putih jugaperlu dilakukan.

    Gentong Mas diproduksidengan pengawasan ketatsehingga hanya Gula Arenmurni pilihan yang menjadibahan bakunya. GentongMas juga diproses denganhigienis. Menurut ManajerMarketing PD Gentong Mas,kini makin banyakmasyarakat merasakanmanfaat Gentong Mas,sehingga tingkat permintaanterus melonjak secara

    signifikan.Bagi anda yang memerlukannya, kini

    Gentong Mas sudah tersedia di apotek/tokoobat terkemuka di kota Jambi. Untukinformasi lebih lanjut hubungi telp : 0741-7102944/081366971641. Aptk Murni Jl.Sultan Agung, Aptk Pembina Jl. M. HusniThamrin, Aptk Rotari Jl. Jenderal Sudirman,Aptk Simp. Kawat Jl. Prof. M. yamin, AptkJelutung Jl. Hayam Wuruk, Aptk An-Nisa Jl.Pattimura, Aptk Telanai Jl. Kol. Amir Hamzah,Aptk Sari Indah Jl. Sumantri Brojonegoro,Aptk Hidayah Jl. Gajah Mada. P-IRT No.812320501114.

    Epoy Ismah (75 th)

    Budi AndukSelesai Renovasi Rumah di Pondok Gede

    Zivanna Letisha Siregar

    Tidak Kecewa Meski GagalZIVANNA Letisha Siregar

    tidak kecewa meski bernasibsama dengan para kontestandari negara Asia lain. Padamalam final Miss Universe2009 di Bahama 23 Agustuslalu, Putri Indonesia 2008 itugagal menembus 15 besar mes-ki banyak pihak optimistis diaakan mengukir prestasi. Sebab,hasil polling di internet sepan-jang acara tersebut selalu men-empatkan dia di tiga besar.

    Gadis cantik yang biasa disa-pa Zizi itu menyatakan pulangdengan hati puas. Di ajang yangdiikuti 85 peserta tersebut, pe-rempuan kelahiran Jakarta, 16Februari 1989, itu merasa sudah100 persen mengeluarkan ke-mampuan. Sudah all-out mem-berikan yang terbaik atas namaIndonesia. Saya pulang tanpapenyesalan, ucapnya kepadaJawa Pos kemarin.

    Memang, papar Zizi, hasilakhir tidak bisa sesuai denganharapan. Tidak bisa menjadi pe-menang atau sekadar masuk jaja-ran 15 besar seperti pendahulun-ya, Artika Sari Devi. I did my bestalready. Soal hasil, wallahua'lam, tutur perempuan seting-gi 176 cm itu.

    Meski begitu, segala yang di-lakukan, bagi Zizi, sudah sesuaidengan ekspektasi. Dia telahberusaha keras menunjukkankepribadian yang baik sesuaidengan karakter bangsa serta

    segala kemampuan.Di Bahama, Zizi tidak berada

    di satu kumpulan saja. Dia ber-baur dengan semua kontestan,berkenalan dengan orang-or-ang di luar peserta, seperti ka-merawan dan para waitress.Walau begitu, tetap saja pun-ya batasan. Saya orang Timur,ungkap dia.

    Dampaknya, banyak kon-testan yang tiba-tiba meng-hampiri karena menganggapZizi seolah-olah sumber keba-hagiaan. Tidak sedikit yangingin berkenalan lebih jauhdengannya. Banyak yang da-tang ke saya, terus menyapa,From Indonesia? I love you.You look never tired. I love yourenergy', ungkap Zizi meniru-kan ucapan beberapa kon-testan yang senang terhadapkepribadiannya selama di sana.

    Menurut Zizi, bagaimana ke-pribadian Stefania Fernandezasal Venezuela, pemenang MissUniverse 2009? Dia agak pen-diam, mungkin disebabkanfaktor bahasa Inggris yangkurang lancar. Tapi, dia sweetgirl. Nggak ngeblok (tidak nge-geng, Red), berusaha kenalsama kontestan dari Eropa danAsia, ujarnya.

    Dari ajang yang dihelat setiaptahun itu, Zizi mendapatkanbanyak pelajaran berharga ten-tang kehidupan. Dalam hidup,seseorang harus pandai berso-

    sialisasi, cepat beradaptasi dimana pun berada. Sepertifilosofi air, bisa berubah bentuksesuai dengan wadah, jelasn-ya.

    Oleh-oleh yang paling nyataadalah kulit menghitam. Ban-yak aktivitas luar ruang passiang. Meski sudah digunakan,sunblock, papar Zizi, tidak ter-lalu berpengaruh. Di sanapanas banget. Saat hujan sajamasih terasa panas, terangnya.

    Zizi berangkat ke Bahamapada 2 Agustus dan pulang pada25 Agustus lalu. Dia tiba diJakarta pada 27 Agustus lalu.Sampai di rumah, sulung diantara tiga bersaudara terse-but langsung balas den-dam dengan memperban-yak waktu tidur. Rasan-ya pengin bayar tidur. Se-kitar tiga minggu di Baha-ma, rata rata tidur empatjam sehari. Pukul lima pagi,saya sudah bangun, dan-dan. Pukul tujuh pagi,sudah ada kegiatan sam-pai tengah malam. Pukul12 atau setengah satusiang, saya baru masukkamar, ujar dia.

    Pernah sekali kondisibadan Zizi agak drop.Kepalanya pusing.Dia merasa kurangenak badan, sepertimasuk angin karenaterlambat makan. Untung, di

    sana dokter dan suster selalusiaga. Besoknya,

    saya sehat lagi, ucap dia. (jpnn)

    JAKARTA - Setelah sekianlama menanti selesainya ren-ovasi, komedian Budi Prihatinalias Budi Anduk akhirnyamenempati rumah baru. Ru-mah pertama miliknya dan atasnama dirinya itu mulai ditem-pati bersama ibu kandung dansang istri, Neneng Nurhayati,sekitar dua minggu lalu.

    Bersamaan dengan momentersebut, Budi mulai berpikirke depan, yakni menjagadan mengelola hartanya a-gar terus berkembang. Pe-main utama acara Tawa Sutraitu jaga-jaga agar kehidupan-nya tidak kembali terpurukseperti masa lalu.

    Untuk itu, Budi mengaku be-lajar banyak kepada para seniordi bidang komedi atau dibidang entertainment untukcontoh lebih luas lagi. Bela-

    jar dari senior-senior kan harusbanyak invest. Karena kehidu-pan kayak roda nih (berputar).Nggak kuat bertahan, jatuh.Nggak banyak kreativitas,jatuh. Sudah harus siap me-nunggu lawan-lawan lain-nya, tutur Budi saat ditemui distudio AnTV, Cawang.

    Sementara ini, pria kelahiranJakarta, 8 Februari 1968, itubaru berpikiran membangunrumah kontrakan sebagai carasederhana berinvestasi. Hanya,sampai saat ini, Budi mengata-kan belum membeli tanahyang jadi incaran. Dia masihistirahat dulu setelah mengu-ras kocek yang lumayan un-tuk biaya renovasi rumahbaru yang berlokasi tidak jauhdari rumah kontrakan sebelum-nya, Pondok Gede, JakartaTimur. (jpnn)

    OKKY AGUSTINA

    Puasa Lebih Tenang tanpa PashaOKKY Agustina, mantan istri vokalis Grup Musik Ungu, Pasha, merasa

    lebih tenang menjalankan ibadah puasa kali ini . Bahkan, tanpadidampingi suami, dirinya bisa sibuk menyiapkan promo single ter-barunya, berjudul Satu Sampai Mati, tanpa ada rasa takut lagi den-gan tindakan yang selama ini telah dilakukan suaminya. Puasatanpa Pasha lebih tenang. Apa yang terjadi aku nikmatin saja,ujar Okky Agustina ditemui di Studio ANTV, Kamis (3/9) lalu.

    Menurutnya, puasa tanpa didampingi suaminya lebih indahketimbang bersama. Apalagi, tanpa Pasha, dirinya bisa lebihkhusuk menjalankan ibadah dibandingkan tahun-tahun sebe-lumnya yang bawaannya, selalu ketakutan lantaran salahngomong.

    Setelah kejadian tersebut, kita jarang bertemu. Jadi kalaumaaf-maafin masing-masing saja dulu, terangnya.

    Lalu, anak-anak bagaimana? Okky mengatakan, saat inidirinya telah mengajarkan anak-anaknya untuk berpua-sa, meski terkadang masih nyolong-nyolong.

    Kalau anak-anak tanya, aku bilang, ayahnya ada di ru-mahnya dan aku nggak tahu lagi soal dia, kan kita sekarangsudah sendiri-sendiri. Kita sudah masing-masing dan tidakpernah kontak-kontak lagi, jadi urusannya sekarangmasing-masing saja, katanya.

    Meski saat ini sedang sibuk menyiapkan albumbukan berar t i semua i tu untuk menyaingimantan suaminya. Namun, lebih inginmendapat tambahan nafkah dan pendap-at hidup bagi diri dan anak-anaknya.Single ku bukan untuk menyaingiPasha. Aku nggak level kalau den-gan dia, tandasnya.(jpnn)

  • Jambi IndependentSENIN, 07 SEPTEMBER 2009

    Pengasuh: Rosefina

    "Hati yang tenang menyegarkan tubuh, tetapi iri hati membusukan tulang"

    FILMFILMFILMFILMFILM

    Upacara Ulambanauntuk Mengusir Roh JahatDigelar di ViharaVajra Bumi TriAgung

    JAMBI Vihara Vajra BumiTri Agung menggelar upacaraUlambama kemarin (6/9). Ac-ara yang digelar mulai pukul14.00 WIB itu berjalan dengankhidmat. Diikuti puluhan umatBuddha di Kota Jambi, upacaraberlangsung beberapa tahap.Dari pantauan, acara terbagitiga tahap. Pada tahap pertama,umat Buddha yang hadir dip-impin dua fa she dari Jakartamembakar kertas sembahyang.Satu per satu mereka memega-ng kertas sembahyang lalu mem-bakarnya tepat di halaman samp-ing vihara Vajra Bumi yang terdiriatas dua lantai. Menurut Ferry C,pengurus vihara yang terletak diJalan Budiman No 71, RT 10, Ke-luharan Budiman, Jambi Timur,upacara itu bertujuan mendoakanpara leluhur. Kertas sembahyangada dua macam. Satu untuk paraleluhur, satu lagi untuk paradewa, ujarnya.

    Setelah itu, acara dilanjutkanmembaca Paritta atau mantra.Acara tetap dipimpin oleh duafa she, diikuti sekitar 20 pengu-rus yang menggunakan paka-ian serbakuning. Lalu di bagi-an belakang berjejer para tamudan umat yang hadir untukmelakukan ritual Ulambana.Pembacaan mantra memakanwaktu cukup lama, pukul15.00-16.00 WIB. Ini merupa-kan ritual puncak sembahyangUlambana. Kita berdoa kepadaBuddha dan para dewa agartetap memberikan keselamatankepada kita semua, sehinggatidak ada bencana ataupun ke-sialan yang terjadi, ujarnya.

    Upacara dilengkapi beberapasesaji atau persembahan. Mere-ka membungkusnya dengansangat rapi dan diletakkan te-pat di depan patung Buddha. Diantara persembahan sepertibuah, kue, lilin, permen, danpersembahan lainnya.

    Setelah pembacaan Parittaselesai, mereka melanjutkanacara sembahyang leluhur dilantai dasar vihara. Pada sem-bahyang leluhur itu, setiap orangsudah memiliki nama leluhur mas-ing-masing. Ada ratusan namayang dituliskan di satu kertas ber-warna merah. Kertas tersebut dile-takkan di antara persembahan.Itulah yang kemudian dibakar.Tujuannya mendoakan para

    leluhur. Selain itu, memohonagar roh-roh yang jahat bisasegera menjauh dan pergi darikehidupan manusia. Itu karenaChie Gwee merupakan bulan yangtidak baik bagi umat Tionghoa.Bulan panas, jadi akan banyakbencana dan malapetaka yangakan terjadi. Untuk itu kita selalu

    berdoa agar diberikan keselama-tan dan perlindungan sehinggajauh dari berbagai bencana, be-bernya.

    Menurutnya, tempat upacarasembahyang kepada dewa danleluhur sengaja dipisahkan,agar umat yang hadir merasa-kan benar-benar memberikan

    doa kepada para leluhur saatmengadakan sembahyang lelu-hur dan benar-benar merasakanpermohonan kepada para dewasaat membaca mantra. Sem-bahyang yang digelar selaludengan dua tahap: sembahyangkepada dewa dan kepada lelu-hur, ujarnya.(viz)

    SEMBAHYANG LELUHUR: Umat Buddha yang hadir sedang membaca Paritta dan mantra saat upacara Ulambana kemarin (6/9).

    Sinking of JapanSINKING of Japan adalah

    film fiksi ilmiah mengenaitenggelamnya Jepang akibatproses geologis. Bahan film inidiangkat dari novel Sakyo Ko-matsu berjudul Japan Sinksyang menghebohkan Jepangpada 1973.

    Film ini mengangkat masalahpergerakan lempeng tektonikyang terjadi di kawasan selatanKepulauan Jepang. Dalampraktiknya, gerakan ini secepatpertumbuhan kuku jari kita dan

    dampaknya terasa dalam tem-po jutaan tahun. Dalam kisahini dilukiskan dampak gerakantektonik apabila dipercepatdalam hitungan hari.

    Pada mulanya sejumlah ilmu-wan dunia sudah meramalkanbahwa dalam beberapa tahun kedepan Jepang akan tenggelam kedasar laut. Segera kecemasan me-landa pemerintahan Jepang. Mere-ka harus menerima nasib menjadibangsa pengungsi yang tidakpunya tanah air. (*)

    ALDINO/JAMBI INDEPENDENT

  • Jambi Independent SENIN, 07 SEPTEMBER 2009

    MA. BUNGO-PEKAN BARU 10.00 dan 20.00MA. BUNGO-PALEMBANG 09.00, 12.0015.00, 20.00JAMBI-SAROLANGUN 07.00, 09.00, 11.00,

    13.00, 15.00, 17.00,EXTRA

    JAMBI-BANGKO 07.00, 09.00, 11.00,13.00, 15.00, 17.00,EXTRA

    JAMBI-BENGKULU 10.00 dan 20.00

    PO. TOPJl. HOS Cokroaminoto No. 3 Simpang Kawat

    Telp. 40653,43160JAMBI-PALEMBANG 07.00, 08.00, 09.00,

    11.00, 12.00, 14.00,16.00, 18.00, 20.00,EXTRA

    JAMBI-PEKANBARU 10.00, 20.00JAMBI-DUMAI 10.00, 20.00JAMBI-LAMPUNG 12.00, 20.00JAMBI-MA BUNGO 07.00, 09.00, 11.00

    17.00, 20.00, EXTRAJAMBI-PADANG 10.00, 16.00, 20.00

    JAMBI-PALEMBANG SETIAP JAM KERJA

    JAMBI-BENGKULU 09.0