instalasi fire hydrant

11
Instalasi Fire Hydrant Presented by : Amirul Mu’minin

Upload: amirul-ammu

Post on 18-Aug-2015

178 views

Category:

Design


23 download

TRANSCRIPT

Instalasi Fire HydrantPresented by : Amirul Mu’minin

Apa Itu Hydrant….?FIRE HYDRANT merupakan sebuah terminal air untuk bantuan darurat ketika terjadi kebakaran.

Hydrant ini juga berfungsi untuk mempermudah proses penanggulangan ketika bencana kebakaran melanda.

Hydrant merupakan sebuah fasilitas wajib bagi bangunan-banguanan public seperti pasar tradisional maupun modern, pertokoan, bahkan semestinya lingkungan perumahan pun harusnya ada fasilitas hydrant.

Dan Juga merupakan Syarat / permissive untuk menjalankan suatu fasilitas produksi minyak dan Gas.

Subsistem Fire Hydrant

• Dalam merencanakan sebuah sistem hydrant ada beberapa subsistem yang harus diperhatikan. Subsistem Fire Hydrant tersebut meliputi:

• Persediaan Air;• Pompa;• Pempipaan;• Komponen Hydrant;

INSTALASI FIRE SYSTEM

Pompa• Pompa Fire Hydrant yang terpasang adalah untuk

memindahkan air dalam tanki penampungan (reservoir) ke ujung pengeluaran atau pipa pemancar/nozzle.

Jenis Pompa Fire Hydrant terbagi atas:Pompa Jockey ( Pompa Listrik)

• Pompa Utama; dan• Pompa Cadangan; ( Diesel Pump)

Pipa Fire Hydrant• Fungsi Pipa Fire Hydrant adalah untuk menyalurkan atau

mendistribusikan air ke titik-titik pengeluaran pada jaringan proteksi kebakaran.Jaringan pipa pada Fire Hydrant dapat dibedakan menjadi 5 jenis, yaitu:

• Suction (Pipa Hisap);• Pipa Penyalur;• Pipa Header;• Pipa Tegak (Riser);• Pipa Cabang;

(Pipa Hisap)Suction (Pipa Hisap) adalah hydrant yang dilengkapi slang berdiameter 2.5". Penggunaannya diperuntukan bagi petugas kebakaran atau orang yang terlatih.

Pipa PenyalurPipa Penyalur adalah pipa yang terbentang dari pipa header sampai pipa tegak atau ke hydrant halaman. Diameter pipa bervariasi antara 4", 6", 8" sesuai dengan besar kecilmya sistem hydran yang dipasang.

Pipa HeaderPipa header dapat dikatakan sebagai pipa antara/penghubung utama, yang ukuran diameternya biasanya lebih besar dibandingkan pipa-pipa lainnya.

Pipa header sebagai tempat bertemunya pipa pengeluaran (discharge) dari pompa jockey, pompa utama, maupun pompa cadangan, sebelum masuk ke pipa penyalur.Selain itu pipa header biasanya dihubungkan juga ke tangki bertekanan (pressure tank), tangki pemancing (priming tank), sirkulasi/by passke reservoir utama (safety valve), pressure switch, dan ke manometer untuk mengukur tekanan kerja pompa

Pipa Tegak (Riser)Pipa tegak adalah pipa yang dipasang vertikal dari lantai terbawah ke lantai teratas dari bangunan yang dihubungkan dari pipa penyalur.

Pipa Cabang Pipa cabang adalah pipa yang dihubungkan dari pipa tegak sampai ke titik pengeluaran (outlet) hydrant pada lantai-lantai bangunan

Fire Monitor Water Sprinkle

Hydrant Box

Fire Hydrant Equipment merupakan perlengkapan penunjang dalam sistem jaringan instalasi kebakaran, pada beberapa kasus banyak timbul permasalahan saat sebuah sistem kebakaran diaktifkan, dalam hal ini keluhan sering muncul adanya kebocoran pada perlengkapan yang sudah terpasang

Fire hydrant box merupakan box yang digunakan untuk menyimpan fire hydrant equipment (alat pemadam kebakaran) .

Fire hydrant box dibuat khusus oleh para produsen yang bergerak dalam bidang di fire hydrant equipment untuk menjaga alat pemadam kebakaran tersimpan dengan baik, pada saat pemadam kebakaran (fire brigade) membutuhkan alat pemadam api tahu letak posisinya sehingga tidak membutukan waktu yang tidak terlalu lama ketika mempersiapkan pemadam api untuk memadamkan kebakaran