histologi muskuloskeletal

Click here to load reader

Post on 01-Feb-2016

506 views

Category:

Documents

40 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

uwfiugeyfgieyfb

TRANSCRIPT

Histologi MuskuloSkeletal

Histologi MuskuloSkeletalAngghiya .D1210211098Tulang

1. Matriks tulang50% berat kering matriks tulang berupa material anorganikMengandung :HidroksiapatitBikarbonatSitratMagnesiumNatriumKalium

2. Sel tulangOsteoblasBerperan sebagai sintesis komponen organik matriks tulang, seperti kolagen tipe I, proteoglikan, glikoprtein, dan osteonektin.Osteblas aktif biasanya berbentuk kuboid sampai silindris dengan sitoplasma basofilik, sedangkan osteoblas inaktif biasanya berbentuk gepeng dan sifat basofilik berkurang.Aktivasi osteoblas dirangsang oleh hormon paratiriod (PTH).OsteositPipih dan berbentuk seperti kenari yang memiliki sedikit retikulum kasar dan aparatus golgi serta kromatin inti yang lebih padat.OsteoklasSel raksasa multinukleus yang terlibat dalam resorpsi dan remodelling jaringan tulang.

Lapisan Jaringan Tulang

1. PeriosteumTerdiri dari kolagen dan fibroblasAda sel punca mesenkimal atau sel osteoprogenitor, yang berfungsi sebagai pertumbuhan dan perbaikan tulang.

2. EndosteumMelapisi rongga dalam tulang Selapis sel jaringan ikat yang tipis, berisi osteoblas dan osteprogenitor gepeng yang melapisi trabekula.Fungsi utama dan lap. Jaringan tulang ini sebagai pemberi nutrisi pada jaringan tulang dan menyediakan osteoblas baru secara kontinu utnuk perbaikan atau pertumbuhan.

Jenis Tulang

1. Jaringan tulang primerAda pada perkembangan embrio dan pada perbaikan fraktur.Jaringan tulang primer bersifat sementara, karena nantinya akan digantikan oleh jaringan tulang sekunder pada orang dewasa, kecuali pada sutura calvia, di alveolus dentalis dan insersi beberapa tendon.

2. Jaringan tulang sekunderJenis jaringan yang ada pada orang dewasaJaringan ini mempunyai lapisan matriks berkapur, disebut tulang lamelaLamela dibagi menjadi 2 jenis:Lamela dalam, yang terdapat pada sekitar rongga sumsum tulangLamela luar, terdapat di bawah periosteum.Saluran havers adalah lamela luar yang lebih dalam dan terlihat banyak lamel yang membentuk lingkaran pusat dengan lubang kecil.Lamela havers adalah lamela yang sepusat Saluran volkman adalah saluran yang menghubungkan satu saluran havers dengan saluran havers yang lainnya.

Osteogenesis

1. Osifikasi Kondral Berasal dari tulang rawanZona rihat : terletak pada lempeng epifisis berupa tulang rawan hialinZona proliferasi : terletak pada daerah metafisis, selnya kecil-kecil tersusun gepeng dalam deretan mirip tumpukan uang logamZona pematangan : kondrosit yang telah berproliferasi membesar, disebut daerah hipertrofi.Zona pengapuran : daerah ini terjadi perlekatan za kapur di dalam matriks berwarna kebiruan. Kondrosit mulai ada yang mati dan pecah akibat matriks di sekitarnya berkapur yang tidak berdifusi zat makanan.Zona degenerasi : kondrosit banyak yang pecah, lakuna bersambungan satu sama yang lainnya, sebagian sudah ada yang diisi oleh jaringan ikat sumsum tulang.Zona penulangan : sel-sel osteogenik dan pembuluh darah mulai masuk menembus periosteum mengisi bekas lakuna kondrosit. Sel osteogenik akan menjadi osteoblas yang tersusun berderet sepanjang tepian balok tulang rawan. Osteoblas yang telah dikelilingi matriks tulang disebut osteosit.

2. Osifikasi desmalProses penulangan tidak diketahui pembentukan tulang rawan dan yang ada hanya balok tulang yang dikelilingi oleh sel osteogenik dan osteoblas

KartilagoDefinisiSuatu matriks ektrasel (ECM) yang banyak mengandung glikosaminoglikan dan prteoglikan, yaitu makromolekul yang berinteraksi dengan serat kolagen dan elastin.

1. Kartilago hialinBentuk tulang rawan berwarna putih kebiruan dan bening.Kartilago hialin ini terdapat pada:Permukaan sendi yang dapat bergerak Di dinding saluran napas ( hidung, laring, trakea, dan bronkus)Di ujung ventral tulang rusuk tempat persendian rusuk dengan sternumDi lempeng epifisisBagian kartilago hialinMatriksKondrositKondroblas Perikondrium

2. Kartilago elastisSusunan sel-selnya sama dengan kartilago hialin, tapi matriksnya berbeda, karena banyak mengandung serat elastinWarna kekuningan, karena ada elastin dalam serat elastinKartilago ini berada pada :Dalam aurikula telingadinding liang telinga luarTuba audiotoriusEpiglotis Cartilago cuneiformis di laring

3. FibrokatilagoDapat di temukan pada diskus intervertebralis, di tempat perlekatan ligamen, simfisis pubisMikroskopik : mengandung kondrosit gepeng yang tersusun aksial atau berderet dan dipisahkan oleh serat kolagen tipe I kasar.

Otot1. otot rangkaSusunan otot rangka :Endomisium : Lapisan jaringan penyambung halus terdiri dari suatu lamina eksternal ( basal ) dan serat retikulum, yang mengelilingi setiap serat otot di dalam suatu fasikulus.Perimisium : Septum tipis jaringan penyambung yang mengelilingi berkas serat serat otot ( fasikulus ).Epimisium : Sarung eksternal dari jaringan penyambung padat, yang mengelilingi seluruh sel otot.Sarkolema : membrane yang melapisi suatu sel otot yang fungsinya sebagai pelindung otot.Sarkoplasma : cairan sel otot yang fungsinya untuk tempat dimana miofibril berada.Miofibril : serat-serat pada otot.

2. Otot JantungTerdiri dari sel sel individual yang panjang atau bercabang cabang yang berjalan sejajar satu sama lain.Pada hubungan sel dengan sel terdapat garis garis melintang, yang berwarna gelap, terlihat sebagai garis lurus atau berbentuk seperti tangga yang disebut diskus interkalaris.Struktur halus otot jantung:Miofilamen aktin dan miosin sama dengan yang ada pada otot skelet dan menunjukkan susunan sama, walaupun jumlahnya lebih sedikit. Pada potongan melintang terlihat tidak seluruh miofibril dikelilingi oleh retikulum sarkoplasmik dan sarkoplasma.

3. Otot PolosSerabutnya berbentuk spindle/fusiformis yaitu lebar di bagian tengah dan meruncing di kedua ujungnya. Memiliki 1 inti di pusat pada bagian sel yang paling lebar. Bentuk nucleus bulat lonjong dengan satu atau dua nucleoli. Pada dinding sel terdapat sarcolemma.