fisika-pemantulan cahaya

Download Fisika-Pemantulan Cahaya

Post on 08-Jul-2015

9.247 views

Category:

Education

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Slide 1

Pemantulan cahaya pada cermin datarCermin adalah benda yang memantulkan hampir seluruh cahaya yang datang padanya.Cermin datar adalah cermin yang permukaan pantulnya datar.

hOMEDefinisi pemantulanperubahan arah rambatcahayake arah sisi medium asalnya, setelah menumbukantarmukaduamedium.

Pemantulan cahaya ada 2 yaitu :1.Pemantulan Difuse ( pemantulan cahaya baur) yaitu : pemantulan cahaya kesegala arah.

2.Pemantulan cahaya teratur : yaitu pemantulan cahaya yang mempunyai arah teratur.

Dua buah cermin datar di letakkan saling membentuk sudut satu dengan yang lain.Banyaknya bayangan yang di bentuk oleh dua buah cermin datar yang saling menyudut sebesar di rumuskan:

n = banyaknya bayangan = sudut antara dua buah cermin datarn = 360/-1Sifat-sifat bayangan yang di bentuk oleh cermin datarMaya.Tegak seperti bendanya.Sama besar dengan bendanya.Jarak bayangan ke cermin sama dengan jarak benda ke cermin.

Contoh soal Dua buah cermin datar membuat sudut 90 derjat satu sama lain. jika sebuah benda bersinar di tempatkan di antar kedua cermin tersebut, jumlah bayangan yang terbentuk adalah.... dik : = 90dit : n ?jawaban : n= 360/-1n= 360/90-1n= 4-1n=3Pemantulan Cahaya pada cermin lekungCermin cekung yang dimaksudkan dalam hal ini adalah cermin yang permukaan pantulnya merupakan sebuah kelengkungan yang sferis.Ada 2 macam cermin lengkung (cermin sferis), yaitu cermin cekung dan cermin cembung.Cermin cekungCermin cekung (cermin konkaf atau cermin positif) adalah cermin yang permukaan pantulnya cekung.Bagan cermin cekung:

Pada gambar diatas titik M di sebut titik pusat kelengkungan cermin dan titik O di sebut vertex.Garis yang melalui titik O dan M di sebut sumbu utama cermin.Jika sinar datang tidak terlalu jauh dari sumbu utama sehingga titik A dekat dengan titik B, maka FA dan MF mendekati nilai FO.Karena MF = OF maka :

123 sinar istimewa pada cermin cekung:Dengan f adalah jarak fokus cermin.Ada 3 sinar istimewa yang dapat digunakan untuk menentukan letak bayangan sebuah benda yang berada di depan cermin cekung yaitu:Sinar datang sejajar sumbu utama akan dipantulkan melalui titik fokus.

2. Sinar datang melalui titik fokus akan dipantulkan sejajar sumbu utama.

3. Sinar datang menuju pusat kelengkungan akan dipantulkan kembali.

Garis yang melalui titik O dan P disebut sumbu utama cermin.Hubungan antara S,S,f, dan R dinyatakan dengan persamaan-persamaan:

Cermin cekung bersifat mengumpulkan berkas cahaya (konvergen), artinya sinar-sinar cahaya sejajar yang datang pada permukaan cermin akan dipantulkan ke satu titik api atau fokus cermin.1/S+1/S=2/R1/S+1/S=1/Ff=1/2 RgoodSifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cekung bergantung pada letak benda di depan cermin. Dalam hal ini kita gunakan ketentuan pembagian ruang sebagai berikut:Antara O dan F ruang I.Antara F dan P ruang II.Antara P dan + ruang III.Antara O dan - ruang IV.Rumus kedudukan bayangan :No. Ruang benda + No Ruang bayangan = 5Jika:No Rbayangan > No. Rbenda = bayangan di perbesarNo Rbayangan < No.Rbenda = bayangan di perkecilPERBESARAN BAYANGAN

Persamaan untuk menentukan perbesaran bayangan untuk lensa sama dengan persamaan untuk cermin lengkung, yakni:

CONTOH SOALBayangan aya yang terbentuk oleh sebuah cermin cekung 3 kali lebih besar dari bendanya. Bila jarak fokus cermin 30 cm, maka jarak benda di depan cermin adalah...Jawaban :M = (s/s) 3 = (-s/s) s = 3s s = -3s1/f = 1/s+1/s1/30 = 1/s+1/3s1/30 = 2/3ss = 20 cmCERMIN CEMBUNGCermin cembung (cermin konveks atau cermin negatif) adalah cemin yang permukaan pantulnya cembung.

O = vertexF = titik api/fokusM = pusat kelengkungan cermin

Jika ;h = tinggi benda h= tinggi bayangans = jarak bendas = jarak bayanganf = jarak fokus cerminR = jari-jari kelengkungan cermin

Maka berlaku hubungan sebagai berikut :

1/s+1/s = 2/R 1/s+1/s = 1/ff = R M = h/h = -s/s3 sinar istimewa pada cermin cembung1.Sinar datang sejajar sumbu utama dipantulkan seolah-olah berasal ke fokus cermin.

2.Sinar datang seolah-olah menuju dari fokus cermin dipantulkan sejajar sumbu utama.

3.Sinar datang seolah-olah menuju ke titik pusat kelengkungan cermin dipantulkan kembali seolah-olah berasal dari titik tersebut.

Sifat bayangan yang di hasilkan oleh cermin cembungMayaTegakDiperkecil

Jarak benda (s): bertanda (+) jika benda nyata (terletak di depan cermin) dan bertanda (-) jika benda maya (terletak di belakang cermin)>Jarak bayangan (s): bertanda (+) jika bayangan nyata (terletak di depan cermin) dan bertanda (-) jika bayangan maya (seolah-olah di belakang cermin).Jarak fokus (f): bertanda (+) untuk cermin cekung dan bertanda (-) untuk cermin cembung.Jari-jari kelengkungan (R): bertanda (+) untuk cermin cekung dan bertanda (-) untuk cermin cembung.

Recommended

View more >