evaluasi perkembangan anak 2011

62
Disampakan pada : ORIENTASI TEKNIS PENGELOLA PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2011

Upload: fefeila

Post on 26-Dec-2015

43 views

Category:

Documents


9 download

DESCRIPTION

ANAK

TRANSCRIPT

Disampakan pada :ORIENTASI TEKNIS PENGELOLA

PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR

TAHUN 2011

EVALUASI …………….???

Asesmen: mengumpulkan dan mengevaluasi informasi tentang performance/kemampuan individu, kualitas dari sebuah program, atau efektifitas dari satu kegiatan

Asesmen dilakukan secara berkelanjutan, menggunakan beragam strategi

Evaluasi adalah suatu usaha yang dilakukan untuk memberikan penilaian terhadap sesuatu sebagai upaya untuk mengetahui sejauhmana keberlangsungan suatu program.

Evaluasi pada pendidikan anak usia dini sangat penting dilakukan, terutama untuk mengetahui tahap perkembangan anak dan kemajuan belajarnya, sehingga pendidik dapat menyusun program yang sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran anak usia dini pada tahap selanjutnya.

Tujuan Evaluasi Pada PAUD

• Mengetahui status pertumbuhan dan tahap perkembangan anak• Mengetahui efektivitas materi, metode, sumber belajar, dan media untuk pencapaian proses dan hasil pembelajaran. • Menyusun perencanaan pembelajaran lebih lanjut• Menyusun laporan pertumbuhan dan perkembangan

anak• Memberikan informasi pada orang tua/wali tentang

kemajuan pertumbuhan dan perkembangan anak.

PRINSIP

MENYELURUH

BERKESINAM BUNGAN

OBYEKTIF

OTENTIK

MENDIDIK

KEBERMAK NAAN

B. Prinsip

1. Menyeluruh, evaluasi mencakup seluruh aspek pertumbuhan dan perkembangan dalam proses kegiatan pembelajaran anak.

2. Berkesinambungan, evaluasi dilakukan secara terencana, bertahap dan terus menerus untuk memperoleh gambaran menyeluruh dari hasil pembelajaran.

3. Obyektif, evaluasi dan pelaporan dilakukan berdasarkan fakta dengan memperhatikan perbedaan dan keunikan pertumbuhan dan perkembangan anak.

4.Otentik, evaluasi dilakukan pada situasi yang alamiah (secara wajar) sehingga anak tidak merasa sedang dievaluasi.

5. Mendidik, hasil evaluasi dan pelaporan digunakan untuk membina dan memberikan dorongan kepada pendidik atau orang tua untuk memberikan proses pembelajaran (interaksi, lingkungan dan alat) kepada anak agar dapat mencapai tahapan perkembangan

secara lebih optimal.

6. Kebermaknaan, hasil evaluasi & pelaporan harus bermakna bagi anak, pendidik dan orang tua serta pihak lain yang memerlukan.

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MELAKUKAN ASESMEN

Dokumentasikan seluruh kejadian secepatnya/ketika peristiwa sedang terjadi

Dokumentasikan seluruh elemen termasuk lokasi kejadian, waktu, dan persitiwa yang sedang terjadi

Dokumentasikan kata-kata yang diucapkan anak bilamana memungkinkan

Dokumentasikan kata-kata atau perilaku orang lain yang ada di sekitar lokasi kejadian

Dokumentasi harus bersifat obyektif, akurat, dan lengkap

Yaitu : catatan perkembangan anak yang dibuat oleh guru saat anak menunjukkan perkembangan penting yang dimunculkan anak pada waktu bermain. Oleh karena itu catatan ini tidak perlu dibuat setiap hari. Yang dimaksud dengan perkembangan penting yang dimunculkan anak saat bermain adalah kejadian-kejadian yang muncul di luar kebiasaan anak baik kejadian yang menunjukkan peningkatan perkembangan anak maupun kejadian yang memerlukan perhatian khusus.

CATATAN ANEKDOT

Nama Anak : Aris Usia : 5 tahun

Pengamat : Fajar Kelompok : B2

Waktu PERISTIWA KOMENTAR

Senin,

25-08-08

Jam: 08.30

Dian dan Sari sedang berada di halaman sekolah sedang bermain permainan menata meja makan. Aris datang mendekati mereka dan mengatakan bahwa ia ingin meminta makanan yang ditata di meja oleh Dian dan Sari . Kemudian Sari memandang Aris, “Hai kamu tidak boleh mendekat ke sini kami sedang sibuk”. Aris tidak mundur dan berkata, “saya bisa jadi ayah dan akan membantu cuci piring”. Dian dan Sari tersenyum dan berkata “Oke...kamu boleh bermain bersama kami”.

Dian dan Sari adalah dua anak perempuan yang membuat temannya takut untuk mendekat. Aris menemukan cara mendekati kedua anak tersebut dengan memanfaatkan peluang yang sesuai dengan kebutuhan kedua anak perempuan tersebut, yakni menjadi ayah yang akan membantu mencuci piring.

Misalnya anak pendiam menjadi komunikatif, tidak biasanya rewel menjadi rewel atau sebaliknya, anak terlibat konflik dengan teman, anak jatuh, anak yang sebelumnya tidak bisa pakai sepatu sendiri tiba-tiba bisa pakai sendiri atau sebaliknya dsb). Setiap guru sebaiknya memiliki buku catatan kejadian khusus untuk setiap anak.

Catatan khusus anak harus ditulis secara uraian, objektif dan faktual (apa adanya). Tidak boleh menggunakan interpretasi (penafsiran) dan asumsi (dugaan).

Yang termasuk interpretasi (penafsiran) dan asumsi (dugaan) adalah:

1) Memberi label/cap (pemalu, periang, kreatif) 2) Maksud (dengan maksud untuk.....)3) Evaluasi (kerjanya bagus, kurang rapi)4) Pernyataan negatif (anak itu gagal........)5) Pernyataan positif (anak itu berhasil.....)

Hal-hal yang diamati pada saat mencatat adalah:

1) Kegiatan yang dilakukan anak2) Kata yang diucapkan anak3) Bahasa tubuh dan ekspresi wajah anak4) Hasil karya anak

Metode pengamatan dan pencatatan lain adalah catatan berkesinambungan. Catatan ini memuat kejadian secara rinci dan berurutan. Pengamat mencatat semua kejadian terus menerus yang dilakukan anak itu. Catatan Berkesinambungan berbeda dengan catatan anekdot karena catatan berkesinambungan mencatat semua perilaku anak bukan hanya sekedar peristiwa-peristiwa tertentu saja, dan pencatatan dilakukan langsung, tidak

menunda kemudian setelah pembelajaran selesai.

(RUNNING RECORD)

Hari/Tgl Waktu Kejadian/Tempat

Peristiwa Fakta Evaluasi

Senin,25-08-08

08.00 Ikrar/ Halaman

Tiwi mengikuti Ikrar bersama guru dan teman-temannya. Selama Ikrar, Tiwi diam saja sambil menundukkan kepala.

08.30 Sarapan/ Ruang kelas

Tiwi ikut duduk melingkar dikarpet dan berdoa sebelum makan bersama guru dan teman-temannya. Ketika guru mempersilahkan semua anak untuk membuka bekal dan memakannya, Tiwi diam saja hanya memandangi bekal yang dibawanya. Ketika guru bertanya, ”Ada apa Tiwi? Ada yang bisa dibantu?”. Tiwi melihat kearah guru sambil menggelengkan kepala kemudian menunduk kembali. Guru bertanya kembali, ”Kenapa Tiwi tidak makan bekalnya?”. Tiwi hanya menggelengkan kepalanya. ”Apa Tiwi masih kenyang?” tanya guru kembali. Tiwi menganggukan kepala. Tiwi mengikuti doa setelah makan bersama guru dan teman-temannya.

Hari/Tgl Waktu Kejadian/Tempat

Peristiwa Evaluasi

09.00 Bermain di Taman

Tiwi bermain ayunan sendirian. Ketika salah satu temannya mendekati dan bertanya, ”Boleh aku ikut main?”. Tiwi mendorong anak tersebut (temannya). Temannya terjatuh dan menangis, Tiwi memperhatikan temannya tapi diam saja. Ketika guru bertanya apa yang terjadi. Tiwi pergi meninggalkan guru dan temannya. Guru memanggil namanya berkali-kali, tapi Tiwi tetap berjalan meninggalkan mereka dan masuk kedalam kelas.

Specimen Records hampir mirip dengan catatan berkesinambungan tetapi lebih rinci. Catatan ini sering digunakan oleh pengamat yang menginginkan uraian lengkap dari suatu perilaku khusus anak, misalnya perilaku yang berkaitan dengan emosi anak. Sementara catatan berkesinambungan lebih sering digunakan untuk mencatat perilaku anak secara umum, dengan tidak formal. Pengamat yang membuat specimen records bukan orang yang terlibat dalam kegiatan kelas dan harus menjaga jarak dari anak.Seperti catatan bekesinambungan,specimen records dilakukan dengan cara menulis secara naratif perilaku atau peristiwa saat terjadi, tetapi uraian itu biasanya berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya seperti waktu, anak, dan penataannya. Rincian peristiwa yang akan dicatat tergantung pada tujuan pengamatan.

CATATAN SPECIMEN

Nama Anak : Dian Hari/Tanggal : Senin, 25-08-2008

Usia : 5 tahun Kader/pendidik /Pengamat: Doel

Aspek/Perilaku Catatan Evaluasi Social-Emosional/ mengekspresikan emosi (marah dan sedih)

Dian berjalan kedalam kelas pagi ini dengan dahi berkerut dan menghentakkan kakinya. Dia menundukkan kepalanya dan diam saja ketika kader/pendidik memberinya salam. Ketika salah satu temannya mendekati, Dian mendorong temannya sampai terjatuh. Ketika kader/pendidik bertanya alasannya dia mendorong, Dian memalingkan muka, sambil berkata, ”Huh..!”Kemudian menarik kursi dengan keras dan menghempaskan tubuhnya. Posisi duduk Dian melipat tangan didada dengan wajah cemberut.

Dian mengikuti kegiatan Main Pembukaan bersama kader/pendidik dan atau penjemputnya. Ketika tiba gilirannya, Dian mengambil tas dan bergegas keluar menuju ibunya tanpa bersalaman dengan kader/pendidiknya. Kader/pendidiknya memanggil untuk bersalaman,”Dian, ibu mau bersalaman dengan Dian”. Tapi Dian mempercepat langkah dan memeluk Mamanya. Mamanya berkata, ”Mama juga senang bersalaman dengan ibu. Dian mau bersalaman juga”. Awalnya Dian menggeleng, tetapi melihat mamanya bersalaman dengan kader/pendidik, Dian mau bersalaman.

Tidak mau menjawab salam (moral/agama: 1)

Perilaku penonton (tahap main sosial: 1) saat main pembukaan.

mau mengikuti bacaan doa sebelum makan (Moral/Agama: 2)

Metode Time sampling memerlukan pengamatan yang menunjukkan kekerapan suatu perilaku terjadi. Perilaku harus terjadi sering (paling sedikit sekali setiap 15 menit). Misalnya: perilaku berbicara, memukul atau menangis dapat diamati dan dihitung dengan mudah.

TIME SAMPLING

Nama Anak : ………………….. Hari/Tanggal: ………………….Usia : ………………….. Pengamat : ………………….

PERILAKUkemunculan

(setiap 5 menit) Jumlah Kemunculan CATATAN PERISTIWA1 2 3 4 5 1 2 3 4 5

Memukul (p) 1 1 1 0 0

0 0 Memukul pada 5 menit pertama, kedua, dan ketiga, lalu berhenti. Pada 5 menit pertama, memukul sebanyak 5 kali, kemudian 4 kali dan 3 kali.

Mendorong (d)Merebut (r) Mencubit (c)

Terjadi = 1Tidak Terjadi = 0

Time sampling merupakan metode yang sangat berguna jika digunakan untuk mengamati anak dengan alasan-alasan berikut :

Membutuhkan waktu dan usaha yang tidak terlalu banyak dibandingkan catatan narasi.

Lebih obyektif dan terkontrol karena perilaku yang diamati spesifik dan dibatasi.

Memungkinkan pengamat mengumpulkan data dari sejumlah anak ataupun sejumlah perilaku dalam satu kali waktu

pengamatan.Memberikan informasi yang berguna dalam interval waktu

dan frekuensi dari perilaku tertentu.Memberikan hasil kuantitatif yang berguna untuk analisa

statistik.

Event sampling adalah suatu metode yang memberikan kesempatan kepada pengamat untuk menunggu dan kemudian mencatat perilaku khusus yang sudah dipilih lebih dulu. Event sampling digunakan untuk mempelajari kondisi di mana perilaku tertentu terjadi atau sering terjadi.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN EVENT SAMPLING ADALAH:

Mencatat peristiwa dengan utuh, sehingga membuat analisa lebih mudah.

Lebih obyektif dibandingkan metode yang lain, karena perilaku telah ditentukan sebelumnya.

Sangat menolong untuk menguji perilaku yang tidak sering terjadi.Pengamat terlebih dulu perlu menentukan perilaku yang ingin diamati,

kemudian mempersiapkan setting yang memungkinkan perilaku itu muncul dan akan digunakan untuk mengamati perilaku tersebut. Pengamat perlu mengambil posisi yang nyaman bagi dia untuk mengamati, menunggu sampai muncul perilaku tersebut dan mencatatnya.

Pencatatan dapat dilakukan dalam berbagai cara, tergantung dari tujuan

pengamatan. Jika pengamat sedang mempelajari penyebab atau hasil dari

perilaku tertentu, maka menggunakan ”ABC” Analisis (Bell & Low). ABC

analisis merupakan uraian singkat dari peristiwa keseluruhan, yang dibagi

menjadi 3 bagian (perilaku pencetus, perilaku, konsekuensi). Setiap saat

peristiwa terjadi, saat itu juga dicatat.

EVENT SAMPLING

Nama : ...................... Usia : .....................

Sentra : ...................... Tanggal : ...............

Pengamat : ..................... Waktu : ..................

Perilaku : menendang, memukul teman lain atau guru dengan kaki kanan, cukup keras untuk membuat anak lain menangis.

Waktu Peristiwa Pencetus Perilaku Konsekuensi 9.13 Dian bermain sendiri di Dian melihat Tari dengan Tari menangis

Sentra balok, Tari datang kening berkerut; berdiri; dan berlari kedan meletakkan sebuah mendorong Tari; Tari guru.balok di bangunan Dian. balas mendorong; Dian

menendang kaki Tari. 10.05 Di arena bermain, Dian Dian menendang Ririn menangis;

berdiri antri untuk ber- kaki Ririn.Guru datang danmain luncuran. Ririn menarik lengan Dian sertadatang menyerobot menasehati. barisan Dian. Dianmenendang guru.

Instrumen yang disusun berdasarkan aspek dan indikator perkembangan sesuai kelompok usia dengan menggunakan skala nilai dua pilihan (ya/tidak, sudah/belum) atau (tidak pernah, kadang-kadang, sering).

NOASPEK PERKEMBANGAN

INDIKATOR

FREKUENSITP K S

1 Moral dan Nilai-nilai Agama Mengikuti doa/berdoa sebelum dan sesudah belajarBersenandung lagu keagamaan

NAMA : SINTAKEGIATAN : MAIN BERSAMA

Contoh Format Evaluasi Perkembangan Harian(Check list)

Usia 2-3 tahun

NAMA : RANIKEGIATAN : MAIN BERSAMA

NOASPEK PERKEMBANGAN

INDIKATOR

FREKUENSITP K S

1 Moral dan Nilai-nilai Agama Mengikuti doa/berdoa sebelum dan sesudah belajarBersenandung lagu keagamaan

NO ASPEK PERKEMBANGAN INDIKATORFREKUENSI

TP K S

2 Bahasa Mengerti dan melaksanakan 1 perintah

Menyanyikan lagu semut-semut kecil

NAMA : SINTAKEGIATAN : MAIN BERSAMA

Contoh Format Evaluasi Perkembangan Harian(Check list)

Usia 2-3 tahun

NAMA : RANIKEGIATAN : MAIN BERSAMA

NO ASPEK PERKEMBANGAN INDIKATORFREKUENSI

TP K S

2 Bahasa Mengerti dan melaksanakan 1 perintah

Menyanyikan lagu semut-semut kecil

NOASPEK PERKEMBANGAN

INDIKATOR

FREKUENSITP K S

3. Fisik Berjalan mengikuti jejak secara lurus atau melingkarMembedakan permukaan 3 jenis benda Menuang benda-benda kecil

NAMA : SINTAKEGIATAN : MAIN BERSAMA

Contoh Format Evaluasi Perkembangan Harian(Check list)

Usia 2-3 tahun

NAMA : RANIKEGIATAN : MAIN BERSAMA

NOASPEK PERKEMBANGAN

INDIKATOR

FREKUENSITP K S

3. Fisik Berjalan mengikuti jejak secara lurus atau melingkarMembedakan permukaan 3 jenis benda Menuang benda-benda kecil

NOASPEK PERKEMBANGAN

INDIKATOR

FREKUENSITP K S

4. Kognitif Mengelompokkan benda yang samaMembedakan besar-kecil

NAMA : .....................................NAMA : SINTASENTRA : persiapan

Contoh Format Evaluasi Perkembangan Harian(Check list)

Usia 2-3 tahun

NAMA : RANISENTRA : persiapan

NOASPEK PERKEMBANGAN

INDIKATOR

FREKUENSITP K S

4. Kognitif Mengelompokkan benda yang samaMembedakan besar-kecil

NOASPEK PERKEMBANGAN

INDIKATOR

FREKUENSITP K S

5. Perkembangan Sosial/Emosional Mulai dapat berbagi

Memilih kegiatan sendiri

NAMA : SINTAKEGIATAN : MAIN BERSAMA

Contoh Format Evaluasi Perkembangan Harian(Check list)

Usia 2-3 tahun

NAMA : RANIKEGIATAN : MAIN BERSAMA

NOASPEK PERKEMBANGAN

INDIKATOR

FREKUENSITP K S

5. Perkembangan Sosial/Emosional Mulai dapat berbagi

Memilih kegiatan sendiri

NOASPEK PERKEMBANGAN

INDIKATOR

FREKUENSITP K S

6. Seni Bertepuk tangan dengan variasiMenyanyikan lagu semut-semut kecil

Keterangan :TP : Tidak pernahK : Kadang-kadangS : Sering

NAMA : SINTAKEGIATAN : MAIN BERSAMA

Contoh Format Evaluasi Perkembangan Harian(Check list)

Usia 2-3 tahun

NAMA : SINTAKEGIATAN : MAIN BERSAMA

NOASPEK PERKEMBANGAN

INDIKATOR

FREKUENSITP K S

6. Seni Bertepuk tangan dengan variasiMenyanyikan lagu semut-semut kecil

Surabaya, 29 Juli 2009Pendidik/Guru/Kader

UTIN

NOASPEK PERKEMBANGAN

INDIKATOR

Sinta RaniTP K S TP K S

1 Perkembangan Moral Agama

Mengikuti doa/berdoa sebelum dan sesudah belajarBersenandung lagu keagamaan

2 Bahasa

Mengerti dan melaksanakan 1 perintah

Menyanyikan lagu semut-semut kecil3 Fisik

Berjalan mengikuti jejak secara lurus atau melingkar

Membedakan permukaan 3 jenis benda

Menuang benda-benda kecil

Contoh Format Evaluasi Harian(Check list)

Usia 2-3 tahun

NOASPEK PERKEMBANGAN

INDIKATOR

FREKUENSITP K S

1 Perkembangan Sosial/Emosional Mulai dapat berbagi

Memilih kegiatan sendiri

Melakukan kontak fisik dengan orang lain (bersalaman)Peduli terhadap lingkungan kelas dan semua peralatanan/permainan yang adaBermain bersama dengan anak-anak yang lain

2 Kognitif Mengelompokkan benda yang sama

Membedakan besar-kecilMengerti konsep waktu (sekarang, besok, yang akan datang)Mengerti konsep ruang ( atas, bawah, samping)Mengerti tambah-kurang dan besar-kecil)Melakukan tindakan/permainan pura-pura

Contoh Format Evaluasi Perkembangan Semester(Check list)

Usia 2-3 tahun NAMA : SINTAKEGIATAN : MAIN BERSAMA

NOASPEK PERKEMBANGAN

INDIKATOR

FREKUENSITP K S

1 Moral Agama Mengikuti doa/berdoa sebelum dan sesudah belajarBersenandung lagu keagamaan

Mengucapkan kata terima kasih, Maaf, Tolong, salam, dan lainnyaMenyayangi orang-orang terdekat dan binatang peliharaanMengenal nama tuhan

2 Bahasa Mengerti dan melaksanakan 1 perintahMenyanyikan lagu semut-semut kecilMelihat buku secara bersama-samaMenjawab pertanyan singkat

Menggunakan kata tanya

Contoh Format Evaluasi Perkembangan Semester(Check list)

Usia 2-3 tahun NAMA : SINTAKEGIATAN : MAIN BERSAMA

3 Fisik Berjalan mengikuti jejak secara lurus atau melingkarMembedakan permukaan 3 jenis benda Menuang benda-benda kecil Berdiri dengan satu kakiMembuka lembaran kertas

4. Kognitif Mengelompokkan benda yang samaMembedakan besar-kecilMengerti konsep waktu (sekarang, besok, yang akan datang)Mengerti konsep ruang (atas, bawah, samping)Mengerti tambah-kurang dan besar-kecil)

5 Perkembangan Sosial/Emosional

Mulai dapat berbagiMemilih kegiatan sendiriMelakukan kontak fisik dengan orang lain (bersalaman)

6 Seni Bertepuk tangan dengan variasiMenyanyikan lagu semut-semut kecilMemukul-mukul benda untuk menghasilkan bunyi-bunyian

Keterangan :TP : Tidak pernahK : Kadang-kadangS : Sering

Surabaya, 27 Des 2009Pendidik/Guru/Kader

UTIN

Kegiatan pencatatan hasil pengamatan melalui catatan anekdot, running records, specimen records, ataupun ceklis bukanlah kegiatan yang mudah. Pengamat terbiasa mengamati apa yang terjadi di sekelilingnya dan dalam waktu yang bersamaan membuat interpretasi tentang apa yang dilihatnya. Di dalam pencatatan yang obyektif, kita harus memisahkan dua hal tersebut. Apa yang dicatat harus berupa fakta yang ada, tanpa melakukan penilaian asumsi, atau kesimpulan.

CONTOH CATATAN PENGAMATAN YANG TEPAT CONTOH CATATAN PENGAMATAN YANG TIDAK TEPAT

Ketika sedang bermain ayunan sendiri, Dian memanggil temannya untuk bermain ayunan bersama sambil tersenyum. ”Nina, main ayunan yuk! Sini.”

Tidak seperti hari-hari yang lalu, Dian tampak ceria (Label). Malah Dian mau mengajak temannya bermain bersama dengan ramah (Asumsi)

Edi berjalan ke dalam kelas pagi ini dengan dahi berkerut. Dia menundukkan kepalanya ketika guru memberinya salam, dan tidak memberikan respon.

Edi berjalan masuk ke dalam kelas pagi ini, kelihatannya dia sedang marah. Dia tidak mau melihat gurunya atau membalas salam guru. Dia cuek saja ketika berjalan ke ruang berikutnya dan langsung berjalan ke ruang seberang dengan bahu turun lalu menjatuhkan dirinya di kursi. Banu mencoba untuk bergabung, tetapi didorongnya. Guru mendatangi dan bertanya apakah dia perlu bantuan untuk mencampur playdough, tetapi dia menggelengkan kepalanya tanda tak mau.

Pengamatan yang dilakukan oleh guru terhadap seluruh aspek

perkembangan anak yang muncul selama proses pembelajaran.

Pengamatan ini dilakukan pada semua anak setiap hari yang

didokumentasikan dalam bentuk catatan guru.

Kumpulan bukti hasil kemampuan anak Portofolio

Multiple intellengences Aspek perkembangan anak Tanggal

Nama Anak: ………………………….. Pengamat : ………………………….

No Kemampuan Bukti Tanggal1 Identitas Diri

Berpisah dengan orang tua tanpa kesulitan

Tidak terlalu bergantung pada guruKontak mata dengan orang dewasa

2 Perkembangan EmosiMembiarkan diri/memberi kesempatan untuk dapat menenangkan diri sendiri

Dapat menyalurkan emosi melalui kata-kata tanpa tindakan

3 Bermain SosialMeluangkan waktu untuk melihat anak-anak lain bermain

Dapat bermain sendiri

4 Tindakan SosialDapat berempatiDapat menamai perasaan anak/orang lain sewaktu konflik terjadiDapat berbagi dengan orang lain

5 Perkembangan Motorik KasarNaik turun tangga dengan kaki secara bergantianLari dengan arah dan kecepatan yang terkontrol

6 Perkembangan Motorik HalusDapat menunjukan tangan/kaki kiri dan kananMemiliki keterampilan membuka dan menutup (tutup botol, kunci, dll)

7 Perkembangan Kognitif (klasifikasi, bilangan, waktu dan tempat)Dapat mengenali objek melalui bentukMengenali objek melalui warni

8 Bahasa LisanMendengarkan tanpa berbicaraMemberikan jawaban pendek, sedang atau panjang

9 Kemampuan sebelum menulis dan membacaPura-pura menulis dengan gambar dan garis acak Menirukan bentuk-bentuk huruf, menulis nama atau singkatannyaPura-pura membaca dan bercerita

10 Keterampilan SeniMembuat gambar acak dikertasMembuat bentuk-bentuk dasarMembuat gambar matahariMembuat gambar beberapa bentukMembuat gambar tubuh sederhana manusiaMenggambar binatang, pohon dan bungan

11 ImajinasiBerperan drama tanpa aturanMembuat aturan-aturan dalam beraktivitasDapat bermain drama dengan objek khayalan

Beberapa alasan penggunaan portofolio antara lain adalah: (a) Membantu guru untuk merangkai berbagai bukti nyata

dari hasil belajar yang ditampilkan siswa dalam berbagai bentuk karya;

(b) Mendorong anak mengambil manfaat dari hasil belajar yang dicapainya;

(c) Membantu guru untuk memahami profil perkembangan anak secara lebih lengkap dalam berbagai bidang perkembangannya;

(d) Memberikan gambaran tentang perkembangan dan hasil belajar anak dari waktu ke waktu; dan

(e) Merupakan sarana evaluasi hasil belajar anak secara interaktif.

Kumpulan hasil karya anak yang didokumentasikan oleh pendidik, dapat berupa lukisan, gambar, roncean, guntingan, tulisan, susunan balok, playdough, dan lain-lain.

Agar dapat diketahui perkembangan hasil karya anak maka pendidik perlu menuliskan:-nama dan usia anak, tanggal dan cerita anak tentang karya yang dibuatnya.

Hasil karya tersebut kemudian disusun berdasarkan urutan tanggal. Sebaiknya hasil karya setiap anak disimpan dalam sebuah tempat, misalnya dalam sebuah amplop, kotak kardus, map, dll sehingga memudahkan pendidik mengetahui kemajuan perkembangan anak.

Portofolio sebagai wadah pengumpul unjuk kerja hasil belajar anak usia dini perlu dikembangkan secara lengkap. Hal ini disebabkan karena semakin lengkap isi portofolio maka semakin lengkap data yang dapat dijadikan pedoman dalam melakukan asesmen dan evaluasi tingkat perkembangan atau hasil belajar yang telah dicapai anak.

Oleh sebab itu pengembangan portofolio hendaknya mengikuti proses sebagai berikut:

(1) Menentukan tujuan; (2) Mengumpulkandan menyusun berbagai data yang berkaitan dengan hasil belajar anak; (3) Memilih hasil karya yang akan dijadikan kunci kemajuan perkembangan anak; (4) Menentukan bagian-bagian yang perlu diberi komentar; (5) Memberikan kesimpulan umum terhadap perkembangan dan pencapaian hasil belajar anak.

Hasil Karya Anak Uraian Kader/pendidikNama Anak: Igam

Tanggal: 21/5/2008

Perkembangan Menggambar:

Tahap 6

Gambar: “Kepala Besar” dengan kaki dan bagian-bagian tubuh lainnya; khususnya tangan; mengambang di atas kertas. Muncul awal tulisan. Huruf mengambang seperti garis-garis. Nama Anak: Daffa

Tanggal: 5/8/2008

Perkembangan Melukis:

Tahap 5

Melukis “Kepala Besar” dengan kaki; mengambang di atas kertas.

Nama: Khansa

Tanggal: 12/5/2008

Perkembangan Meronce:

Tahap 5

Merangkai berdasarkan bentuk

Nama : OpalUsia : 4 tahunTanggal : 25/8/04Tahapan : 7 (“Kepala Besar” dengan bentuk batang sebagai badan dan anggota-anggota tubuh lainnya; mengambang di atas kertas)

Nama : OpalUsia : 4 tahunTanggal : 5/10/04Tahapan : 8 (“Kepala besar” dengan bentuk batang tertutup sebagai badan, bentuk batang terisi sebagai badan, atau bentuk batang segi tiga sebagai badan dan anggota-anggota tubuh lainnya; mengambang di atas kertas)

Buku laporan perkembangan Pertemuan guru dan orangtua Student-led conferences

Hasil pengamatan perkembangan anak yang telah dicatat dengan berbagai catatan pengamatan berdasarkan sikap perilaku dan kegiatan anak (baik itu catatan anekdot, catatan berjalan, time sampling, atau running record) dan catatan pengamatan berdasarkan hasil karya anak berupa portofolio selama satu semester, dirangkum menjadi Laporan Hasil Evaluasi Perkembangan Anak yang diberikan oleh orang tua. Laporan ini ditulis dalam bentuk uraian singkat, ditambah dengan keterangan tentang kehadiran, pertumbuhan berat dan tinggi badan serta rekomendasi untuk orang tua.

Nama Anak : Nurdiman Kelompok Usia : 3-4 tahunNomor Induk : 2008003 Semester : II

Tahun Pelajaran : 2007/2008

No Aspek Perkembangan dan Pencapaiannya

1. Moral dan nilai-nilai agamaSudah bisa mengikuti bacaan doa sebelum belajar walaupun belum lengkap.Sudah bisa mengikuti gerakan sholat.Mampu menyebut beberapa contoh ciptaan Tuhan.Mau Mengucapkan terima kasih setelah menerima sesuatu, tetapi terkadang masih perlu diingatkan.Mau Mengucapkan salam saat datang ke Pos PAUD.

2. Fisik/MotorikSudah bisa berjalan dan berlari dengan stabil.Dapat naik-turun tangga tanpa berpegangan, tetapi belum menggunakan dua kaki secara bergantian.Dapat melompat dengan dua kaki sekaligus, tetapi masih kesulitan untuk melompat dengan satu kaki bergantian.Dapat menendang bola tetapi masih kesulitan untuk menangkap bola dengan jarak 1 m.

3. BahasaDapat menirukan suara benda jatuh dan suara beberapa jenis binatang.Dapat berbicara runtut dengan 4-5 suku kata.Dapat memahami dan melaksanakan 2 perintah sekaligus.

I. Informasi Perkembangan:

No Aspek Perkembangan dan Pencapaiannya

1. Berat BadanSelalu naik tetapi mendekati garis kuning pada KMS.

2. Tinggi BadanBertambah secara normal.

3. KehadiranTidak Hadir: 5 hariTerlambat: 2 hari

II. Informasi Pertumbuhan dan kehadiran:

III. Rekomendasi untuk Orangtua

1. Bisa diajak mengikuti ritual keagamaan sederhana seperti sholat, baca doa pendek, dan menyebut nama Allah dengan tepat.

2. Perlu banyak diajak main gerakan motorik kasar seperti berlari, melompat, dan menangkap bola.

Tanggal, Paraf, dan Nama Kader/pendidik Tanggal, Paraf dan Nama Orang TuaSurabaya, 12 Juni 2009

(UTIN) (_______________)

3. BahasaDapat menirukan suara benda jatuh dan suara beberapa jenis binatang.Dapat berbicara runtut dengan 4-5 suku kata.Dapat memahami dan melaksanakan 2 perintah sekaligus.

4. KognitifMampu mengelompokkan benda yang sejenis.Mamu menyebutkan 4 bentuk geometri.Mampu membedakan ukuran besar-kecil dan panjang-pendek.

5. Sosial-emosiDapat menunjukkan ekspresi wajah sedih, senang, dan takut.Dapat berkonsentrasi mendengarkan cerita 3-4 menit.Sudah bisa antri minum dan ke toilet dengan tertib.

3. BahasaDapat menirukan suara benda jatuh dan suara beberapa jenis binatang.Dapat berbicara runtut dengan 4-5 suku kata.Dapat memahami dan melaksanakan 2 perintah sekaligus.

6. SeniDapat menyanyikan beberapa lagu pendek dengan lengkap.Mampu bertepuk tangan mengikuti irama.Dapat melukis membentuk lengkung-lengkung dengan jari, kuas, atau krayon.

BEBERAPA HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PERTEMUAN GURU DAN ORANGTUA

Bersikaplah positif dan personal Siapkan seluruh hasil dokumentasi anak dan

tunjukkan pada orangtua Tunjukkan perhatian Jangan bersikap defensif ketika orangtua

menanyakan program belajara di sekolah

Jadilan pendengar yang baik Jangan mengagetkan orangtua, untuk itu

beritahukan sebelumnya topik yang akan dibahas bilamana diperlukan

Jangan berkutat pada kelemahan anak, fokuskan pada solusi yang mungkin dan akan dilakukan

STUDENT LED- CONFERENCES

Suatu bentuk kegiatan laporan perkembangan anak dengan melibatkan anak secara langsung

Anak yang melaporkan pada orangtua tentang hasil belajarnya

Anak dapat memilih satu hasil karya dari portofolionya

Seluruh anak dan guru menata dan memajang hasil karya, serta menghias kelas

Anak yang menceritakan pada orangtua tentang hasil karyanya