e magazine mutual edisi 40 ajb bumiputera 1912

76
Kolonel Inf Maulana Ridwan, SH Dandim 0201/ BS – Kodim 0201/ BS Bumiputera..., Solusi Permasalahan Masyarakat Edisi 40/ 2015 MUTUAL MEMBANGUN NILAI PEMEGANG POLIS BUMIPUTERA

Upload: rangga-wisnhu

Post on 25-Jul-2016

288 views

Category:

Documents


12 download

DESCRIPTION

Simak profil Dandim Kolonel Inf Maulana Ridwan, SH Dandim 0201/ BS – Kodim 0201/ BS, Pemegang Polis yang insurance minded dan profil pemegang polis lainnya. Serta jangan lewatkan perkembangan, berita seputar Bumiputera dan berbagai kegiatan yang diadakan bersama dengan OJK. Klik tautan / link ini dan baca majalah Mutual edisi 40 - 2015 (digital)

TRANSCRIPT

Kolonel Inf Maulana Ridwan, SH Dandim 0201/ BS – Kodim 0201/ BS

Bumiputera..., Solusi Permasalahan Masyarakat

Edis

i 40/

201

5MUTUALMEMBANGUN NILAI PEMEGANG POLIS BUMIPUTERA

mutual | Edisi 40 - 20152

3mutual | Edisi 39 - 2015

Sapa

Transformasi Teknologi untuk Pencapaian Target Pemasaran

Indra Catarya Situmeang - Direktur Teknik & Aktuaria

BerTeKAD mencapai hasil optimal sesuai target pendapatan premi tahun 2016 sebesar rp. 7,004 Triliun, Direktorat Teknik dan Aktuaria sejak tahun 2015 telah mencanangkan 5 pilar program, meliputi Modernisasi Proses Bisnis, Pemutakhiran Data Portofolio & Cadangan, Inovasi Produk yang Kompetitif, Peningkatan Integritas Laporan Keuangan dan Peningkatan Layanan Stakeholders.

Selain mendukung pencapaian target pendapatan premi, Direktorat Teknik dan Aktuaria senantiasa didorong untuk terus bekerja keras untuk mencapai kelima pilar tersebut agar proses bisnis di Bumiputera yang akan memasuki usia 104 pada tahun 2016 nanti mampu bersaing di era MeA (Masyarakat ekonomi Asia) dengan kesiapan pemasaran yang dibekali teknologi terkini. Selain itu guna mendukung keberhasilan pemasaran, peran dan fungsi seluruh anggota organisasi sangatlah penting dengan memberikan motivasi kerja kepadsa seluruh anggota organisasi.

Menindaklanjuti hasil rapimnas 2015, Direktorat Teknik dan Aktuaria melakukan konsolidasi tanggal 8 dan 9 Desember 2015 di Marlin Suite Putri Duyung Cottage Ancol untuk menyatukan langkah menghadapi Transformasi Distribution Channel dari Branch Office System (BOS) ke General Agency System Hybrid (GASH) yang dimulai 1 Januari 2015. Kemudian tanggal 27 dan 28 Desember 2015 di Hotel Bumiwiyata Depok Direktur Teknik dan Aktuaria memanggil seluruh Kepala Bagian Administrasi dan Keuangan Kantor Wilayah untuk memastikan kesiapan pelaksanaan Transformasi dari BOS ke GASH serta langkah-langkah antisipasi yang diperlukan.

Dibidang produk, Kami terus meriset dan menggali kebutuhan masyarakat untuk menciptakan produk-produk baru dan merevitalisasi produk-produk yang saat ini masih dijual / existing. Tujuannya tidak lain adalah untuk memberikan nilai dan manfaat optimal bagi pemegang polis dan Bumiputera.

Untuk memenuhi kebutuhan pasar pada segmen peminat asuransi jiwa berbasis Investasi, dipenghujung tahun 2015 ini kami menambahkan manfaat rider pada Mitra BP-Link yaitu BP PDCI (Proteksi Dini Critical Illness) dan BP ACI (Additional Critical Illness) dengan fasilitas layanan konsultasi kesehatan berkelas dunia Best Doctors yang memiliki jaringan di 70 negara.

Selain peluncuran rider, kami juga telah menyusun beberapa agenda besar untuk ditindaklanjuti pada tahun 2016 sesuai kesepakatan dan komitmen rapat Pimpinan Nasional (rapimnas) 2015 yang menjadi tolok ukur perubahan dan transformasi di Bumiputera.

Di industri, kami mendukung micro insurance yang digalakkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Micro Insurance sangat baik untuk menumbuhkan kesadaran berasuransi dan memberikan perlindungan asuransi kepada masyarakat Indonesia sampai pada lapisan ke bawah. Untuk itu, kami bersama 27 perusahaan asuransi asuransi jiwa yang tergabung dalam AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia), membentuk Konsorsium Asuransi Mikro Asuransi Penuh Cinta yang disingkat SiPeci. Konsorsium SiPeci ini telah diresmikan oleh Hendrisman rahim, Ketua AAJI dan diketuai oleh AJB Bumiputera 1912.

Selain produk mikro SiPeci yang diwujudkan bersama di industri asuransi jiwa, kami juga memiliki produk micro insurance, dengan nama Mitra Asri (Asuransi rakyat Indonesia). Dengan premi minimal rp 50 ribu, Mitra Asri ini dapat melindungi seluruh keluarga. Mitra Asri ini, kami luncurkan sebagai tanggung jawab kami untuk memberikan perlindungan asuransi untuk masyarakat kecil sekaligus mendukung program OJK yang saat ini tengah mensosialisasikan produk-produk mikro.

Mencermati suksesnya program SiMolek (Mobil Literasi dan edukasi) yang telah dijalankan Bumiputera bekerjasama dengan OJK, kami terinspirasi untuk mendukung pemasaran melalui Bumiputera Mobile Office yang siap melayani masyarakat di mana saja mulai input New Business hingga pencetakan polis.

Dalam budaya kerja, saya selalu mengedepankan keterbukaan, profesionalisme, disiplin, jujur dan kerja keras. Tak ada yang saya manjakan di Bumiputera ini, walaupun itu dari unit kerja di Direktorat yang saya pimpin. Siapa pun di Bumiputera ini harus memberikan kontribusi positif melalui bidangnya masing-masing. Kerja…kerja….dan kerja….kadang hingga lewat malam dan kordinasi itu masih terus berlanjut. Kami membuka diri dapat dihubungi bilamana diperlukan untuk membahas pekerjaan tidak hanya pada jam kerja. tiada hentinya saya mengajak tim untuk terus memberikan

dukungan dan bantuan agar permasalahan dapat cepat mendapat solusi.

Kami ingin segera melihat perubahannya dengan apa yang telah kami susun strateginya, memberikan kontribusi kepada perusahaan Nasional milik bangsa Indonesia agar ditengok dan dipercaya oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia, dan itu bisa terukur dalam naiknya peringkat AJB Bumiputera 1912 dalam 10 besar perusahan asuransi terbaik.

Program cashless dan sistem distribusi pemasaran General Agency yang dicanangkan operasionalnya pada 2016 bertumpu pada kesiapan Teknologi Informasi. Agen salah satu ujung tombak yang memegang peranan penting menunjang keberhasilan pemasaran asuransi di mana pun di dunia ini, penting sebagai penunjang proses bisnis. Sama halnya seperti Agen, Teknologi Informasi adalah dinamika yang tak henti untuk mengembangkan industri asuransi yang sudah sangat maju dan hampir ada di setiap pergerakan bidang usaha. Sistem General Agency ini memungkin pemegang polis juga berperan aktif sebagai bagian dari pemasaran Bumiputera yang disebut Financial Consultant.

Dengan semangat dan optimis maka dalam kesempatan ini ijinkan saya mengucapkan Selamat Hari raya Natal dan Tahun Baru 2016, menyongsong tahun 2016 dengan semangat “Transformasi Teknologi Untuk Berkontribusi pada Target Perusahaan” untuk Bumiputera Jaya.***

DAFTAR

I S I

Bumiputera Luncurkan Rider BP PDCI & BP ACI

10

Kerjasama Cash Management Bumiputera dengan Bank Mandiri

08

Kerjasama Bumiputera dengan Universitas Tamansiswa Padang

28

Penandatanganan Kerjasama Bumiputera dengan Bank Maluku Malut

09

Peluncuran E-Learning Bumiputera37

Laksamana Madya TNI Widodo - Wakasal“Protect Produk dalam Negeri Hadapi Masyarakat

Ekonomi ASEAN 2016”

46

Bijak Menggunakan Media Sosial62Best Doctors, Layanan Informasi Kesehatan Berkelas Dunia

68

Kaleidoskop 201570

Cabang Bumiputera Cinde, Kantor Cabang Pilihan Gubernur Sumatera Selatan

72

Sidang Tahunan Tahun 2015 & Sidang Luar Biasa BPA

26

“Pagelaran Asuransi Untuk Negeri” Insurance Day 2015

16

November 2015, Wilayah Surabaya Raih 1.807 Polis Senilai Rp. 8,6 M

14

Pasar Rakyat Syariah Bumiputera & OJK Kediri19

mutual | Edisi 39 - 20154

Kol. Inf. Maulana Ridwan (Dandim) 0201/ BS Medan “Bumiputera..., Solusi Permasalahan Masyarakat”

42

5mutual | Edisi 39 - 2015

Izin TerbitNo. 742/SK/Ditjen PPG/STT/1980 Tanggal 03 Juni 1980

Pelindung: Direksi AJB Bumiputera 1912

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi: Puspita Pratiwi

Redaktur Pelaksana: Primra Fakhda

Redaksi: Sri Musjiningsih, rangga Wisnhu, rizky Yudha Pratama, ranti Katriana, Dimas, Sharah, Angga, Afra, reza, Pingkan

Artistik/Desain Grafis: rangga Wisnhu

Foto-foto: rangga, rizky, Dimas, Angga, reza dan PrO Bumiputera

Distribusi: Sharah Aisyah Pratiwi

Alamat Redaksi: Departemen Komunikasi AJB Bumiputera 1912Wisma Bumiputera Lt. 19 Jl. Jend. Sudirman Kav. 75 Jakarta Telp. 021- 5224565, Fax. 021- 5224566

e-mail: [email protected]. www.bumiputera.com

Kontributor Wilayah: Bambang Suwignyo (Medan), Iramadani Aritonang (Pematang Siantar), Udmiral (Padang), Ira Novrianti (Pekanbaru), Poppy Lubis (Palembang), Bambang Tritamtomo (Jakarta I), Abdul Karim (Jakarta II), Winda Lestari (Jakarta III), Sutisna (Jakarta IV), - (Bogor), Liza Novaria (Pontianak), Arpen rustam (Bandar Lampung), Heru Triantoro (Bandung), rina Asianthik (Purwokerto), Virgani Hershinta (Semarang), Deddy Dwi Kurniawan (Yogyakarta), Muhamad Nur Fathoni (Kediri), Suprayitno (Malang), Udhy Pamungkas (Surabaya), Ni Made Yuni Ari Trisna (Denpasar), Dwiatmo A.S (Balikpapan), Anwar (Makasasar), Caesilia Lehan (Kupang), Nancy Kristiani Lumintang (Manado), Kurniawati (Nina) (Papua)

Dar

i Re

daks

i

Tim Redaksi

Pemegang Polis Bumiputera dan Keluarga Bumiputera.

Kehadiran MUTUAL edisi 40/2015 di penghujung tahun 2015 ini bertepatan dengan natal dan tahun baru. Perkanankan kami mengucapkan Selamat natal dan tahun baru 2016.

Peran aktif Bumiputera mengedukasi masyarakat juga terus bergulir. Baik melalui even-even yang digagas OJK seperti Pasar Keuangan rakyat maupun Customer Gathering yang mempererat hubungan pemegang polis dengan Bumiputera.

Mengakhiri tahun 2015 ini agenda Bumiputera terbilang padat. Seperti melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (Mou) dengan pihak ke tiga. Mulai dari Mou dengan Bank Mandiri untuk layanan perbankan yang mengakomodir pembayaran premi (ATM, Internet Banking, Credit Card, Debit Card, mesin eDC), dan pembayaran klaim. Serta MoU dengan Bank Maluku Malut dan Kerjasama dengan Universitas Tamansiswa Padang.

Di bidang pelayanan, untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat, Bumiputera juga telah menyempurnakan layanan kepada pemegang polis dengan meluncurkan 2 (dua) manfaat tambahan (rider) yaitu BP PDCI (Proteksi Dini Critical Ilness) dan BP ACI (Addditional Critical Illness). Manfaat tambahan ini ditujukan untuk memberikan solusi atas 53 penyakit kritis yang dapat dimanfaatkan oleh pemegang polis Mitra BP Link.

Seperti apa kedekatan Bumiputera dengan kalangan TNI dan pemegang polis? Simak penuturan Wakil Kepala Satuan TNI Angkatan Laut dan Komandan Kodim Medan serta beberapa pemegang polis setia Bumiputera.

Salam hangat,

Puspita PratiwiPemimpin redaksi

mutual | Edisi 40 - 20156

Ekonomi Makro & Regulasi

Fitch Ratings : Industri Asuransi RI Akan Tumbuh Stabil di 2016

Agen Asuransi Kena PPN, Asuransi Bisa Lebih Mahal

1001

Asu

rans

i

Perusahaan asuransi jiwa meminta Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mempertimbangkan bebas pajak pertambahan nilai (PPN) bagi agen asuransi. Bila permintaan itu dikabulkan, penetrasi asuransi jiwa terhadap jumlah penduduk diyakini akan semakin besar. De Yong Adrian, Direktur Pemasaran PT Asuransi Jiwasraya menjelaskan, wajib pajak (WP) agen asuransi memiliki dua sisi yang berbeda.

Satu sisi, pengenaan pajak tidak membedakan profesi apapun. Sisi lain, semangat perusahaan asuransi jiwa dan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong terciptanya 10 juta agen asuransi akan terkendala. Industri asuransi jiwa meminta DJP tidak mengenakan pajak pertambahan nilai (PPN) atas penghasilan yang diterima agen asuransi. Alasannya, penghasilan agen asuransi saat ini tidaklah tetap. Sebelumnya, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) berkirim surat kepada Badan Kebijakan Fiskal (BKF) tentang kejelasan hal pembayaran PPN atas penerimaan komisi yang diperoleh agen asuransi. AAJI meminta agen asuransi dengan penghasilan dibawah rp 4,8 M tidak dikenakan PPN. (infovesta.com)

Lembaga pemeringkat, Fitch ratings memprediksi, industri perasuransian di Indonesia akan tumbuh stabil pada tahun 2016. Hal ini didukung pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan membaik. Fitch memperkirakan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) riil Indonesia akan meningkat menjadi 5,3% pada tahun 2016 dan 5,5% pada 2017 dari 4,8% di tahun 2015. Fitch memandang rendahnya penetrasi asuransi dan meningkatnya kesadaran masyarakat akan mendukung pertumbuhan asuransi jiwa. Secara umum, investasi yang konservatif untuk mengurangi volatilitas kinerja operasional perusahaan asuransi. Beberapa inisiatif regulator mengoptimalkan kapasitas reasuransi lokal bisa memperluas skala

operasi sektor dan meningkatkan tingkat daya saing diantara pemain domestic. Meski demikian, mengelola akumulasi risiko dan meningkatkan manajemen risiko adalah kunci memastikan pemeliharaan margin underwriting yang sehat diantara perusahaan reasuransi. Direktur eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu mengatakan, pada tahun depan AAJI menargetkan pertumbuhan premi bruto di angka 20 persen. Toga menjelaskan, untuk mencapai hal tersebut diperlukan pertumbuhan jumlah tenaga pemasar, pertumbuhan asuransi mikro, kondisi pasar modal, inovasi produk dan pertumbuhan masyarakat kelas menengah. (Beritasatu.com, 7/12)

Bentuk perjanjian baku pada polis asuransi dinilai terlalu rumit dan berbelit-belit sehingga rentan terhadap pelanggaran hak konsumen, kata David M. L. Tobing, Anggota Badan Perlindungan Konsumen Nasional. Kebanyakan perjanjian baku

memuat banyak pasal yang secara detil mengatur relasi antara pelaku usaha jasa keuangan (PUJK) dan pemilik polis tetapi kondisi ini justru memungkinkan hadirnya kontradiksi diantara sejumlah pasal yang tercantum pada polis. Klausula

baku merupakan salah satu aspek yang diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No. 1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Jasa Keuangan dan Surat edaran OJK No. 12/Se.OJK.07/2014 tentang Perjanjian Baku.

Apabila konsumen menemukan ketidakjelasan, PUJK wajib memberikan penjelasan atas istilah, frasa, kalimat maupun symbol, diagram dan tanda yang belum dipahami konsumen. Permasalahan sulitnya melakukan klaim asuransi masih menjadi permasalahan yang dilaporkan konsumen di industri asuransi kepada otoritas. (Bisnis Indonesia, 8/12, hal. 22)

mutual | Edisi 40 - 2015 7

Inte

raks

iIn

tera

ksi

Mencapai Pelayanan Excellent

SeLAIN memiliki produk yang mampu bersaing di pasaran, sebuah perusahaan penyedia barang atau jasa harus memiliki pelayanan yang baik. Kepuasaan pelanggan atau customer dapat diukur dan dilihat dari seberapa baik mereka terlayani. Kesetiaan nasabah pun akan meningkat bilamana kepercayaan mereka dapat terus dijaga.

CS atau lebih familiar disebut sebagai customer service merupakan orang yang paling pertama dijumpai ketika seorang pelanggan sedang terkait masalah. Posisi ini selalu dijadikan sebagai palang pintu untuk beragam keluhan sebelum akhirnya dilakukan eskalasi ke unit kerja terkait.

AJB Bumiputera 1912 sebagai perusahaan yang berhasil mengukuhkan posisinya di industri asuransi selama 103 tahun, harus dapat memberikan pelayanan kepada pemegang polis dengan sebaik-baiknya. Jika merujuk pada syarat umum polis maka pemegang polis adalah sebagai pemilik perusahaan, sudah sepantasnya mereka mendapatkan layanan yang excellent.

Perbaikan dalam kualitas dan manfaat produk asuransi, serta memberikan value for money yang lebih untuk pelanggan dibanding perusahaan asuransi lain adalah satu aspek yang mendorong tercapainya pelayanan excellent.

Dikutip dari majalah SWA bahwa ada lima paradigma kepuasan pelanggan, yaitu :

1. DinamisIa bergerak mengikuti proses bisnis yang dijalankan. Apakah menjual produk/jasa, masing-masing memiliki tingkat krusial yang berbeda.

2. Multi DimensiSeorang konsumen tidak hanya menilai satu aspek, dimensi, atau karakter barang/jasa yang dia konsumsi. Ia akan mengevaluasi banyak hal untuk mencapai sebuah kepuasan.

3. AbsurdKarena tidak ada yang mutlak bagi konsumen untuk mendapatkan kepuasan. Bahkan dalam beberapa kasus, yang diinginkan konsumen semakin irasional.

4. Mengandung ExperienceArtinya, ketika konsumen berada dalam “panggung” perusahaan, maka pelayanan itu menimbulkan experience yang berbeda dan sangat mengesankan.

5. Sangat MahalIa melahirkan loyalitas pelanggan. Suatu hal yang tidak ternilai harganya, karena menjadi kunci utama keberhasilan merk/produk.

Pemegang polis merupakan aset yang harus dipelihara. Bukan hanya ketika saat penutupan asuransi, namun setelah menjadi Pemegang Polis pun ikatan kekeluargaan dengan mereka harusnya makin erat. Apalagi Bumiputera selama ini berkembang dengan kekuatan mitra kerja dan menjunjung tinggi mutualisme.

Bumiputera tengah gencar menerapkan program cashless untuk transaksi pembayaran premi maupun pembayaran manfaat klaim. Hal ini sangat perlu

disosialisasikan secara merata baik kepada kantor operasional maupun Pemegang Polis. Konsisten dan komitmen dari pihak-pihak terkait akan turut mendukung keberhasilan program ini. Produk asuransinya boleh konvensional, namun pelayanan harus bergerak lebih modern dan fleksibel.***Dimas

mutual | Edisi 40 - 20158

Kerjasama Cash Management Bumiputera dan Bank Mandiri

Peri

stiw

a

Bumiputera On Media

AJB BUMIPUTerA 1912 bekerjasama dengan Bank Mandiri dalam melayani transaksi pembayaran guna meningkatkan efisiensi operasional Perusahaan. Penandatangan Nota kesepahaman kerjasama dilakukan oleh Ichsan M Nathin, Direktur Investasi dan Keuangan Bumiputera dan Pahala N. Mansury, Direktur Treasury & Markets Bank Mandiri berlokasi di Kantor Pusat Bank Mandiri Jakarta pada 30 November 2015.

Melalui kerjasama ini, Bank Mandiri akan menyediakan layanan cash management berupa fitur mandiri Autodebit, e-cash, EDC dan Mandiri Money Transfer System untuk memudahkan pemegang polis dalam melakukan pembayaran premi polis ataupun proses pembayaran klaim Bumiputera. Kerjasama ini akan melengkapi layanan pembayaran polis asuransi yang telah digunakan, melalui fitur Mandiri Bill Collection dengan menggunakan jaringan ATM dan Internet Banking.

“Industri asuransi memang salah satu industri yang memiliki potensi market besar dari premi yang dikumpulkan dan tentunya kedepan masyarakat akan semakin sadar akan produk asuransi. Asuransi merupakan produk yang semakin lama banyak digunakan bahkan kalau di negara-negara berkembang ukuran porsinya antara perbankan dengan ukuran penggunaan asuransi sudah dekat, semoga kedepan akan dapat diterapkan di Indonesia. Bumiputera adalah perusahaan yang tertua dan branding-nya pun di Indonesia sudah

terkenal, tentunya kita pihak Bank Mandiri sangat gembira sekali dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman ini dan berharap kedepannya akan explore produk bersama–sama, bukan hanya collections dari pembayaran–pembayaran pemegang polis saja tapi juga kegiatan transaksional banking lainnya sehingga diharapkan bisa membantu pengelolaan dan mengurangi transaksi cash di Bumiputera, seperti misalnya mengenai layanan e-cash, merupakan salah satu transaksi layanan yang bisa dikembangkan di Bumiputera untuk solusi penggunaan transaksi yang sifatnya cash menjadi sesuatu yang sifatnya elektronik bukan hanya untuk nasabah yang memiliki account di Bank tapi juga untuk nasabah–nasabah potensial yang belum memiliki rekening perbankan dengan kemudahan aplikasi yang dapat diunduh melalui Google Play, Appstore, Blackberry Appworld, kita berharap dengan adanya solusi ini dapat membantu pembayaran di Bumiputera.” terang Pahala N. Mansury, Direktur Treasury & Markets Bank Mandiri.

Di sisi lain, Ichsan M. Nathin - Direktur Investasi dan Keuangan Bumiputera memaparkan bahwa pada prinsipnya Bumiputera akan melakukan transformasi menjadi Perusahaan modern, salah satunya pengelolaan cash management dari penggunaan cash basic yang diterapkan akan bertransformasi dengan cara dan teknologi yang baik.

“Sebagai Perusahaan lokal yang harus menghadapi era Masyarakat ekonomi Asean

dengan bersama–sama di tahun 2016, kami berharap Bank Mandiri dapat menjadi mitra Bumiputera, dan program yang berjalan nantinya dapat dilakukan secara simbiosis mutualisme. Perubahan ini pun akan kami edukasi dan sosialisasi terlebih dahulu secara bertahap di Bumiputera seluruh Indonesia.” Pungkasnya.***Dhila

mutual | Edisi 40 - 2015 9

Kerjasama Penjaminan Kredit Nasabah Bumiputera & Bank Maluku Malut

Peri

stiw

a

AJB BUMIPUTerA 1912 pada hari Kamis, 12 November 2015 melakukan penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) Penjaminan Kredit para debitur dengan PT Bank Maluku Malut. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Utama Bumiputera, Ahmad Fauzie Darwis bersama Direktur Pemasaran PT Bank Maluku Malut, Aletha da Costa disaksikan oleh perwakilan dari kedua perusahaan di Kantor Pusat AJB Bumiputera 1912, Jalan Jenderal Sudirman, Kavling 75, Jakarta Pusat.

“Kami berterima kasih terhadap Bank Maluku Malut atas kepercayaannya terhadap Bumiputera dalam penjaminan kredit nasabah. Semoga kerjasama ini dapat memberikan manfaat sebaik-baiknya kepada Bumiputera dan Bank Maluku Malut,” ujar Ahmad Fauzie Darwis, Direktur Utama Bumiputera.

Penandatanganan kerjasama ini merupakan komitmen bersama antara Bumiputera dan Bank Maluku Malut dalam meningkatkan kinerja realisasi kredit oleh Bank Maluku Malut sekaligus memberikan proteksi kepada debitur melalui asuransi kredit Bumiputera. Peningkatan Kerjasama ini diharapkan dapat lebih dirasakan oleh masyarakat terutama Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam memanfaatkan produk-produk kredit/pembiayaan yang diberikan oleh Bank Maluku Malut, serta meningkatkan penetrasi pasar asuransi Bumiputera di Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

“Dengan terjalinnya kerjasama strategis ini, memberikan kepastian dalam mengatasi masalah sekaligus juga meminimalisir risiko dalam memberikan penjaminan kredit kepada debitur kami,” ujar Aletha da Costa, Direktur Pemasaran Bank Maluku Malut.*** Angga

mutual | Edisi 40 - 201510

DI TeNGAH persaingan industri asuransi yang semakin kompetitif, Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 terus menunjukkan eksistensinya di industri asuransi jiwa nasional dengan terus berinovasi menghadirkan produk baru. Bertempat di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, Bumiputera meluncurkan produk baru yaitu BP PDCI (Bumiputera Proteksi Dini Critical Illness) dan BP ACI (Bumiputera Additional Critical Illness) sebagai manfaat tambahan (rider) dari produk Mitra BP-Link.

“BP PDCI dan BP ACI memiliki manfaat yang sama. Perbedaannya BP PDCI memberikan manfaat asuransi sesuai dengan stadium penyakit kritis yang diderita seseorang, sedang BP ACI memberi manfaat asuransi bila seseorang menderita penyakit kritis pada stadium lanjut,”ujar Ahmad Fauzie Darwis, Direktur Utama Bumiputera.

Tertanggung rider BP PDCI dapat mengambil sebagian uang pertanggungan diawal sesuai stadium dan kondisi

Perkenalkan Best Doctors di Indonesia Bumiputera Luncurkan Rider BP PDCI dan BP ACI

penyakit yang dideritanya. Tujuannya agar tertanggung dapat melakukan pengobatan hingga penyakitnya sembuh atau tidak bertambah parah. Sedangkan tertanggung yang memiliki rider BP ACI, uang pertanggungan  akan diberikan kalau  tertanggung  terdiagnosis menderita penyakit kronis. Tertanggung yang memiliki rider BP PDCI dan BP ACI berhak juga mendapatkan pelayanan Best Doctors berupa konsultasi penyakit ke dokter spesialis terbaik di dunia secara gratis melalui telepon ataupun e-mail. Hal ini sesuai dengan tujuan pembuatan manfaat rider yaitu agar tertanggung tahu tentang penyakitnya dan dapat berobat dengan tepat.

“Di Indonesia, akses layanan Best Doctors untuk pertama kalinya digunakan oleh Bumiputera. Melalui produk BP PDCI dan BP ACI kami berharap menjadi pionir pelayanan Best Doctors di Tanah Air,” ujar Ahmad Fauzie Darwis menambahkan.

Peri

stiw

a

Sebagai Mitra dari Bumiputera di Indonesia, Best Doctors akan memberikan layanan konsultasi dengan paramedis di seluruh dunia yang terdaftar dalam Best Doctors. Layanan tersedia gratis untuk tertanggung, pasangan tertanggung dan anak tertanggung untuk segala kondisi medis. Layanan meliputi Interconsultation, Ask The Expert dan Ask The Best Doctors.***Angga

mutual | Edisi 40 - 2015 11

Peri

stiw

a

David Wright Head of Life Product Development Munich re

Daniel Hutahaeanregional Manager Southeast Asia Munich re

Suharsono Pemegang Polis

Indra Catarya Situmeang Puspita Pratiwi

Ahmad Fauzie Darwis

Bumiputera On Media

mutual | Edisi 40 - 201512

MeNINDAKLANJUTI pertemuan AJB Bumiputera 1912 dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidajat pada 29 Oktober 2015, Kantor Wilayah Bumiputera Jakarta II melakukan sosialisasi Mitra Asri di jajaran Pemprov. DKI Jakarta. Sosialisasi Mitra Asri yang digelar di Kantor Pemprov. DKI Jakarta pada 11 November 2015, dipimpin oleh Kepala Wilayah Jakarta II, Taufik rahman Yudi didampingi Kabag. Pemasaran Jakarta II - Tatag Suryanadi, Kepala Cabang Pondok Indah - Agung Supriyanto, dan Agenyu Manager (AM) Pondok Indah – Maria Sri Suwarsi. Sementara dari Pemprov. DKI Jakarta, dihadiri oleh Asisten Perekonomian – Fanky Mangatas P. MM, Kepala Biro Perekonomian – Adi Ariantara, Ismarian – Kabag. HPTK Biro Perekonomian dan beberapa pejabat lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, Taufik rahman Yudi menyatakan ucapan terima kasih kepada jajaran Pemprov. DKI jakarta karena telah diberi kesempatan kepada Bumiputera untuk memperkenalkan produk Bumiputera, Mitra Asri sebagai asuransi mikro yang dapat melindungi seluruh anggota keluarga.

Fanky Mangatas – Asisten Perekonomian mengapresiasi Bumiputera dan menilai program Mitra Asri yang ditawarkan oleh Bumiputera sangat cocok dan melengkapi dengan program kesejahteraan Pemprov. DKI Jakarta. “Memang kita sedang galak-galaknya memberikan kepada orang yang menjadi tanggung jawab pemerintah. Seperti rumah susun, KJP, BPJS, dsb. Dan memang program asuransi untuk keluarga

Sosialisasi Asuransi di Pemprov. DKI Jakarta

ini yang belum. Semoga ini nantinya dapat melengkapi kesejahteraan masyarakat.”

Selain untuk masyarakat umum, program Mitra Asri ini juga tak menutup kemungkinan untuk meng-cover seluruh pegawai pemprov. Dalam pertemuan ini, menurut etty A yang mewakili Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menyebutkan jumlah PNS DKI Jakarta tercatat berjumlah 72.000. Menurutnya, seluruh PNS DKI Jakarta akan memiliki Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 70/2015.

etty A menjelaskan sebelum berlakunya PP No. 70 /2015 ini, PNS DKI memiliki jaminan serupa yang diatur dalam Pergub (Peraturan Gubernur). “Berbeda dengan PP No.70/2015, dalam Pergub tersebut, jaminan tak hanya terbatas untuk PNS, namun keluarga PNS juga diberikan jaminan itu.,” lanjut etty.

Dengan adanya program Mitra Asri yang ditawarkan oleh Bumiputera, BKD juga menilai cocok untuk melindungi keluarga PNS DKI Jakarta. Namun, keputusan tersebut merupakan wewenang Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab dipanggil, Ahok.

Dalam sosialisasi ini, Tatag S., menjelaskan ada 2 pilihan paket yaitu paket A dan B. Untuk paket A, besar santunan / manfaat sama untuk setiap seluruh anggota keluarga, dan paket B, besar santunan besarnya proporsional antar anggota keluarga. Syaratnya pun sangat mudah hanya dengan melampirkan copy tanda pengenal seperti KTP / SIM dan Kartu Keluarga.

Di akhir sosialisasi, Taufik rahman Yudi menyampaikan, melalui Mitra Asri ini adalah sebuah wujud komitmen Bumiputera untuk memperluas perlindungan bagi masyarakat menengah ke bawah dibuktikan melalui asuransi jiwa Mitra Asri.***rangga

Kantor Wilayah Jakarta II

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 40 - 2015 13

Kantor Wilayah Surabaya

Penyerahan Klaim Meninggal alm. Andri Wijaya Poo Korban Kecelakaan Air Asia Surabaya - Singapore

Peri

stiw

a

PeSAWAT Air Asia QZ 8501 rute Surabaya – Singapura yang mengangkut 162 penumpang dan awak, jatuh di Selat Karimata Kalimantan Tengah pada beberapa waktu lalu. Dari hasil identifikasi, ada 2 pemegang polis Bumiputera yang menjadi korban musibah tersebut. Yaitu Andri Wijaya Poo terdaftar di KC (Kantor Cabang) Sidoarjo Waru dan The Meiji Tejakusuma di KC. Wonokromo Surabaya.

Klaim Meninggal an. Andri Wijaya

Menumpang Air Asia tujuan Surabaya – Singapura, saat itu Andri Wijaya Poo bersama sang istri, Merry hendak berlibur tahun baru ke Singapura. Namun Tuhan mentakdirkan lain, Andri bersama sang istri turut menjadi korban kecelakaan Air Asia.

Almarhum Andri Wijaya tercatat sebagai pemegang polis Bumiputera dengan produk Aneka Guna Prima. Manfaat klaim meninggal atas namanya telah ditransfer ke rekening ibunda Andri Wijaya Poo yaitu Woeng Dahlya Helen. Bukti transfer manfaat klaim tersebut diserahkan oleh edy Handoko, Kepala Cabang Sidoarjo Waru kepada ibu almarhum Andri Wijaya Poo pada 24 November 2015 di kediaman Ibu Almarhum.

Membuka kantor hukum sendiri, Andri Wijaya SH, MH & Associates, almarhum tercatat sebagai alumnus Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya, lulusan tahun 1996. Menurut sang ibu, Dahlya Helen mengenang anaknya, sebagai seorang yang santun dan memiliki tanggung jawab tinggi terhadap keluarganya, salah satunya dengan berasuransi.

Klaim meninggal an. The Meiji Tejakusuma

Kisah sedih yang juga tak kalah mengharukan dari korban Air Asia ini adalah The Meiji Tejakusuma - pemegang polis Bumiputera yang tercatat di Kantor Cabang Wonokromo Surabaya.

Almarhumah meninggal bersama Ibunda - Jo Indri dan suami - Jie Charly Gunawan serta ketiga anaknya - Jie Stephanie Gunawan, Jie Steven Gunawan, Jie Stevie Gunawan, serta Christanto Leoma Hutama, kekasih Stephanie atau calon menantu Meiji dengan total rombongan sebanyak 7 orang di pesawat Air Asia QZ 8501 rute Surabaya – Singapura.

Manfaat klaim meninggal dari produk Bumiputera, Seumur Hidup Prima atas nama The Meiji Tejakusuma telah ditransfer ke rekening yang telah disepakati bersama oleh pihak suami (Jie Charly Gunawan) dan pihak istri (The Meiji Tejakusuma) pada 16 Oktober 2015.

The Meiji Tejakusuma adalah seorang pengusaha pakaian dengan memegang merk pakaian “Planet One”. Sebanyak 17 outlet / toko fashion yang dimiliki The Meiji di Surabaya dan beberapa di Kediri. The Meiji Tejakusuma adalah pemegang polis Bumiputera sejak tahun 1997. Selain kiprahnya dalam dunia bisnis, Meiji memiliki kesadaran terhadap asuransi yang sangat tinggi. Semasa hidupnya, The Meiji selalu merekomendasikan asuransi kepada keluarga besarnya hingga seluruhnya bergabung di Bumiputera.

Kepala Wilayah Surabaya, Laimin, mewakili Direksi dan seluruh karyawan Bumiputera menyampaikan duka cita atas musibah yang menimpa keluarga penumpang Air Asia QZ 8501. “Terima kasih atas kepercayaan seluruh pemegang Polis. Bumiputera siap membayarkan kewajiban klaim meninggal atas nama pemegang polis Bumiputera yang menjadi korban kecelakaan tersebut.,” ujar Laimin. ***Udhy P - Pro Surabaya.

Keluarga The Meiji Tejakusumakika: Kacab. Sidoarjo Waru serahkan berkas klaim kepada Ibunda Alm. Andry Gunawan

Alm. Merry & Andri Wijaya Poo

mutual | Edisi 40 - 201514

Peri

stiw

a

MASIH hangat berita MUTUAL edisi lalu tentang Corporate Social Responsibility (CSr) di Surabaya. Dalam CSr tersebut Bumiputera bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya dalam pembangunan 3 fasilitas umum di Surabaya dengan total nilai sebesar rp. 32.7 Miliar.

Bagi Wilayah Surabaya sendiri, berita tersebut membawa hasil yang positif dan peningkatan yang signifikan pada perolehan bisnis yang diraih melalui kegiatan customer gathering. Masyarakat Surabaya makin percaya dan makin yakin untuk menaruh dananya di Bumiputera yang tahun depan genap berusia 104 tahun. Hal ini tergambar dari raihan SP dan Premi Pertama yang dihasilkan pada bulan November 2015.

Kepala Wilayah Surabaya, Laimin menjelaskan bahwa presentasi tentang kerjasama CSr Bumiputera dengan Pemerintah Kota Surabaya yang direncanakan akan terealisasi di tahun 2016 menjadi bahasan utama yang sangat tepat dan pas untuk disampaikan dalam setiap kegiatan customer gathering.

Mira Faricha Wati, Kepala Bagian Pemasaran Kantor Wilayah Surabaya pada November ini, Surabaya berhasil meraih total 1.807 Polis senilai rp. 8.6 Milyar.

Customer gathering Wilayah Surabaya bagi calon pemegang polis Kantor Cabang seputar Metro Surabaya secara rutin diselenggarakan di Mahameru resto Jl. Diponegoro Surabaya. Pada sesi customer gathering tanggal 21 Oktober 2015 turut

November 2015, Wilayah Surabaya Raih 1.807 Polis senilai Rp 8,6 Milyar

hadir pula salah seorang pemegang polis yang kebetulan sedang mencalonkan diri sebagai calon Walikota Surabaya yaitu Drs. rasiyo, M.Si, yang lebih dikenal masyarakat Surabaya selaku eks-Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur dan pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Kehadirannya bukan dalam rangka berkampanye namun turut hadir memberikan testimoni dan pengalaman selama menjadi pemegang polis, sekaligus berkesempatan menyumbangkan sebuah lagu.

Di bulan Desember 2015 Kantor Wilayah Surabaya optimis dan yakin dengan CSr Bumiputera hasil customer gathering baik

Kantor Wilayah Surabaya

SP maupun PP dari BPMaxi dan Mitra BPLink dapat lebih meningkat lagi. Selamat dan Sukses. ***Udhy P – PrO Surabaya

Laimin - Kepala Wilayah Surabaya

mutual | Edisi 40 - 2015 15

Bumiputera Lindungi 4.000 Kepala Keluarga Kabupaten Kolaka Timur

Kantor Wilayah Makassar

LAPANGAN Golf Paddy Valley Makassar menjadi saksi penandatanganan MoU antara Bumiputera Wilayah Makassar dengan Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur yang dilaksanakan pada hari Jumat, 27 November 2015 sebagai tindaklanjut dari Audiensi yang dilakukan pada 10 Nopember 2015 lalu terkait kerjasama proteksi terhadap 4.000 Kepala Keluarga masyarakat miskin di Kab. Kolaka Timur.

sesuai penandatanganan MOU kesepakatan antara Bumiputera Kantor Cabang Asuransi Kumpulan Palembang dengan PT. Perkebunan Nasional VII.

105 polis dari 400 Karyawan yang bekerja di PTPN VII, menurutnya perlu disosialisasikan secara terus menerus mengenai manfaat asuransi kepada Karyawan di lingkungan PTPN VII maupun masyarakat Betung agar dapat meningkatkan minat dan perhatian terhadap asuransi. ***Poppylubis - PrO Palembang / Dhila

Bumiputera Lindungi 105 Karyawan & KeluargaPT. Perkebunan Nasional VII

Kantor Wilayah Palembang

“Saya mendukung program asuransi Mitra Asri untuk masyarakat di Kota Betung dan Karyawan PT. Perkebunan Nasional - PTPN VII Betung,“ Urai Daniel Solihin - Manajer PTPN VII sewaktu acara ceremony penyerahan 105 polis Bumiputera produk Mitra Asri untuk para karyawan PTPN Betung yang berlangsung pada Oktober 2015 lalu.

PTPN VII sebagai Perusahaan yang bergerak dibidang di bidang perkebunan karet, kelapa sawit, tebu dan teh dalam menjalankan Corporate Social Responsibility - CSr melalui program Kemitraan Bina Lingkungan, dana yang terealisasi sebanyak tiga kali dalam setahun kepada masyarakat Betung akan diasuransikan ke Bumiputera

Peri

stiw

a

Bumiputera Wilayah Makassar dihadiri oleh Plt. Kepala Wilayah Andi Adam Azis, Kepala Bagian Pemasaran Jamaluddin AS, Kepala Bagian Administrasi dan Keuangan Wahida serta beberapa staf Administrasi dan Pemasaran dan dari pihak Pemerintah Kab. Kolaka Timur dihadiri oleh Bupati Kolaka Timur Anwar Sanusi, Kepala Dinas Sosial Narto dan Kepala Bagian Hukum Surya Hatta.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Kolaka Timur Anwar Sanusi sangat gembira dengan adanya kesepakatan kerjasama ini, dimana program Asuransi yang ditawarkan oleh Bumiputera kali ini sangat peduli kepada masyarakat khususnya bagi masyarakat miskin karena dapat meringankan beban keluarga apabila ditinggalkan oleh salah seorang anggota keluarganya. Anwar Sanusi juga mengatakan bahwa kerjasama ini tidak akan berhenti sampai disini saja tapi akan

berlanjut terus-menerus. Ia juga mengatakan bahwa Program Asuransi Mitra Asri dari Bumiputera ini akan kami perjuangkan untuk masuk dalam Anggaran Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur tiap tahunnya.

Pada kesempatan yang sama Plt. Kepala Wilayah Makassar Andi Adam mengaku cukup gembira dengan adanya kesepakatan kerjasama ini. Beliau sangat mengapresiasi keputusan Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur untuk mempercayakan proteksi jiwa bagi masyarakat miskin di Kabupaten Kolaka Timur kepada Asuransi Bumiputera dan juga berharap ke depan Bumiputera Kantor Wilayah Makassar dan Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur terus menjalin kerjasama yang tidak terbatas

“Mungkin saat ini kita sedang melakukan kerjasama untuk perlindungan Masyarakat miskin melalui program Mitra ASrI akan tetapi apapun yang dibutuhkan untuk perlindungan asuransi lainnya, kami siap dengan semua produk-produk asuransi yang tersedia di AJB Bumiputera 1912 “ ujar Andi Adam Azis. ***Wawan-PrO Makassar.

Andi Adam Azis Anwar SanusiBupati Kolaka Timur

mutual | Edisi 40 - 201516

begitu sadar dan mengerti bahwa asuransi adalah bagian dari manajemen resiko dalam kehidupan sehari-hari.

Pagelaran Asuransi Untuk Negeri ini dimeriahkan oleh artis ibukota seperti Nidji, Nenek Sahita, serta Desta dan Vincent.   Acara dikemas dalam bentuk mini operet yang berjudul “UNTUKMU”. Operet ini menampilkan testimoni yang dibalut dengan penampilan Nenek Sahita dan penari latar yang menceritakan berbagai risiko yang bisa saja terjadi didalam hidup seperti bencana alam dan kematian. Operet dikemas melalui  permainan dan tarian yang dibawakan dengan penuh energi oleh penampil. Cerita dalam operet “UNTUKMU” terbagi dalam tiga segmen cerita seperti bencana alam, kehilangan anggota keluarga dan sekolah wajib asuransi.

Acara ditutup dengan penampilan band Nidji yang membawakan 5 lagu andalannya seperti “Kau & Aku”, “Laskar Pelangi”, “Biarlah”, “Hapus Aku” dan “Disco Lazy Time“ yang berhasil menambah semarak puncak Insurance Day 2015 “Pagelaran Asuransi Untuk Negeri”. ***Angga

“Pagelaran Asuransi

Peri

stiw

a

BerTeMPAT di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta, pada hari Jumat 6 November 2015 berlangsung kegiatan puncak Insurance Day 2015 “Pagelaran Asuransi Untuk Negeri”. Puncak kegiatan hari asuransi yang jatuh pada 18 Oktober tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan baik dari asosiasi industri asuransi, pelaku usaha asuransi dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Acara dibuka lebih dahulu dengan sambutan dari reza Luthfi selaku Ketua Panitia Insurance Day 2015. Dalam sambutannya reza Luthfi menyampaikan bahwa tema hari asuransi kali ini adalah Asuransi Untuk Negeri, dan dimotori oleh Dewan Asuransi Indonesia (DAI) yang merupakan umbrella dari Asosiasi Asuransi di Indonesia dan didukung oleh berbagai asosiasi dibawah naungan DAI seperti AAUI, AAJSI, AASI, APPArINDO, APKAI dan AAJI.

Pada kesempatan tersebut turut pula hadir Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia (DAI) dan Ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Hendrisman rahim dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa

Keuangan (OJK), Muliaman D Hadad. Hendrisman rahim dalam sambutannya mengharapkan dukungan OJK dalam penyelenggaraan Insurance Day ditahun mendatang guna semakin meningkatkan kesadaran berasuransi masyarakat Indonesia.

Muliaman D. Hadad menyampaikan bahwa OJK mencatat adanya peningkatan perkembangan asuransi tanah air, hal ini menjelaskan bahwa masyarakat mulai memahami bahwa asuransi merupakan bagian manajemen resiko yang harus mereka persiapkan dalam kehidupannya, baik sebagai proteksi diri, usaha dan lain-lain.

Di akhir sambutannya, Muliaman D. Hadad juga menyampaikan bahwa OJK akan berupaya mendorong mendorong sisi suply dan demand di dalam bisnis jasa asuransi serta meminimalisasi kerugian antar pihak, sehingga masyarakat melek asuransi yang ingin dicapai oleh industri asuransi tanah air bersama-sama dengan OJK diharapkan akan menjadi kenyataan, sehingga masyarakat

mutual | Edisi 40 - 2015 17

Peri

stiw

a

reza LuthfiHendrisman rahimMuliaman D. Hadad

Desta & VincentNidji Nenek Sahita

Untuk Negeri”

mutual | Edisi 40 - 201518

Peri

stiw

a

PerINGATAN Insurance Day 2015 se-Kota Surabaya tahun ini tidak kalah meriah dibandingkan dengan tahun lalu.

rangkaian acara diawali dengan Donor darah pada rabu, 21 Oktober 2015 bertempat di Gedung Lantai 2 ruang Pertemuan di Graha Bumiputera Jl. raya Darmo 155-159 Surabaya. Bekerja sama dengan PMI Kotamadya Surabaya, terhimpun tidak kurang 150 kantong darah sehat dari pendonor. Acara yang dimulai pukul 08.00 sd. 12.00 diikuti hampir seluruh perwakilan perusahaan asuransi baik asuransi umum maupun asuransi jiwa se-Kota Surabaya.

Acara selanjutnya adalah Talk Show di Kampus dengan tema “Insurance Goes to Campus” pada Kamis, 22 Oktober 2015. Acara tersebut bertempat di Aula Kampus STIe Perbanas Surabaya dihadiri tidak kurang 300 mahasiswa. Adapun pembicara selain dari OJK, juga dari perwakilan perusahaan asuransi umum dan dari asuransi jiwa diwakili oleh Kepala Wilayah Bumiputera Surabaya, Laimin, dengan materi Peluang Enterpreneurship dari bisnis asuransi.

Pada hari itu juga di malam harinya dimulai kegiatan Lomba Futsal antar perusahaan asuransi se-Surabaya, diikuti tidak kurang 50 perusahaan. Setelah kurang lebih 2 minggu kompetisi berjalan akhirnya Tim Futsal Bumiputera keluar sebagai juara II

Semarak Insurance Day 2015 Di Kota Surabaya

Kantor Wilayah Surabaya

dan berhasil meraih hadiah uang sebesar 1 juta rupiah.

Jalan Sehat dan pengundian hadiah pada minggu, 1 November 2015 menjadi puncak acara dari peringatan Insurance Day 2015 di Surabaya. Acara diselenggarakan di halaman depan asuransi umum Tugu re, bersamaan dengan kegiatan Car Free Day hari minggu pagi yang rutin diadakan di sepanjang Jalan raya Darmo Surabaya. Peserta yang hadir dari seluruh insan

asuransi se-Surabaya didampingi segenap keluarganya, berbaur dengan ribuan pengunjung Car Free Day.

Acara diawali dengan senam aerobik enerjik dan show binaraga dari sponsor fitness centre. Seusai sambutan-sambutan maka barisan peserta Jalan Sehat diberangkatkan secara resmi oleh Ketua Panitia Insurance Day Hadi Sutopo dari MSIG Insurance didampingi pihak OJK dan segenap pimpinan perusahaan asuransi di Surabaya.

Setelah menempuh rute jalan sehat kurang lebih 3 km, peserta dihibur dengan music electone diselingi undian doorprize dengan hadiah utama sebuah motor matic, hingga usai acara pukul 11.00. ***Udhy P. - PrO Surabaya

mutual | Edisi 40 - 2015 19

Pasar Rakyat Syariah KediriBumiputera bersama OJK

Kantor Wilayah Kediri

OTOrITAS JASA KeUANGAN (OJK) menyelenggarakan Pasar rakyat Syariah (PSr) untuk pertama kali di kota Kediri pada 24-25 Oktober 2015. even yang melibatkan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) ini bertempat di halaman Parkir VIP Kediri Town Square, ini disambut antusias oleh masyarakat Kediri.

Acara dibuka Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar didampingi Kepala OJK Kediri, Bambang Hermanto dan para pimpinan Lembaga Jasa Keuangan dari Perbankan, Perasuransian, BPr, Pegadaian dan Pimpinan perusahaan setempat.

Bumiputera yang turut berpartisipasi dalam ajang PrS ini di kunjungi oleh 641 orang. Selain mendapatkan edukasi asuransi dan mengetahui produk Bumiputera, pengunjung juga diundang untuk bergabung sebagai tenaga pemasaran, agen atau Financial Consultant (FC).

Kepala OJK Kediri, Bambang Hermanto dalam sambutannya mengatakan “Tujuan Penyelenggaraan Pasar rakyat Syariah OJK Kediri adalah untuk membangun Corporate Brand dan meningkatkan loyalitas nasabah dalam pembelian produk – produk jasa keuangan syariah serta mendorong pelayanan terhadap nasabah dan produk–produk syariah”

Bumiputera Wilayah Kediri menurunkan tim pemasaran untuk melakukan edukasi kepada masyarakat. Di antaranya dari

kantor cabang Kediri Metro, cabang erlangga, cabang Gambiran, cabang Asruansi Kumpulan (Askum), cabang prioritas Wilis dan cabang prioritas Brantas.

Di laporkan, Bumiputera berhasil membuku premi sebesar rp.197.180.000,- untuk 22 polis dari masyarakat yang teredukasi. ***M.Nur Fathoni - PrO Kediri.

Bambang Hermanto

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 40 - 201520

Edukasi Asuransi Pelajar di KupangBumiputera bersama OJK

Kantor Wilayah Kupang

BerTeMPAT di Aula Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Nusa Tenggara Timur menggandeng Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Kupang mengadakan Kegiatan edukasi dan Sosialisasi bagi pelajar SMP dan SMA dengan tema “Mengenal OJK dan industri jasa keuangan”.

Acara ini digelar Sabtu, 14 November 2015, yang dhadiri seluruh siswa/i SMP Katolik St. Theresia dan SMA Katolik Giovani Kupang.

Kegiatan ini dikemas secara menarik dengan pemutaran video/lagu literasi keuangan, diselingi dengan sesi tanya jawab sehingga pelajar turut aktif mengikuti kegiatan dan menyimak setiap video yang diputar.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Sekolah SMP Katolik St. Theresia dan Kepala Sekolah SMA Katolik Giovani Kupang, yang didaulat untuk memberikan sambutan di awal kegiatan.

Pembicara OJK Provinsi NTT, I Putu eka Putra Wijaya menyampaikan tugas OJK adalah mengatur dan mengawasi kegiatan jasa keuangan sekaligus melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat. Ia juga mengajak siswa/i untuk mulai belajar menabung, ”Adik-adik dapat uang saku dari papa mama, jangan dihabiskan, harus ditabung! Nanti bisa nabungnya ke bank atau ke asuransi. Menabung di bank itu untuk jangka pendek karena karena setiap saat uang yang tersimpan dapat kita gunakan. Kalau untuk jangka panjang, adik-adik bisa menabung di asuransi karena selain mendapat manfaat tabungan, adik-adik juga mendapat manfaat perlindungan asuransi jiwa.”

Sosialisasi dilanjutkan oleh Bumiputera yang diawali dengan pemutaran video sejarah berdirinya Bumiputera.

Kabag Non Konvensional, Petrus Damianus Wio mewakili Bumiputera menyampaikan kepada pelajar, “Adik-adik, Bumiputera saat ini berusia 103 tahun, itu artinya perusahaan asuransi ini sudah sangat dipercaya dan dicintai masyarakat sehingga mampu bertahan sampai saat ini. Begitupun di Nusa Tenggara Timur,” tuturnya.

Diperkenalkan juga arti pentingnya asuransi, pengenalan asuransi dan produk-produk asuransi serta risiko yang bisa dijamin/dilimpahkan kepada pihak lembaga asuransi khususnya yang dipasarkan oleh Bumiputera dengan pemutaran video dan film pendek. Para siswa juga diberikan informasi mengenai definisi resiko, asuransi, manfaat asuransi, dan cara menjadi pemegang polis. Materi disampaikan dengan bahasa yang sederhana untuk mempermudah pelajar dalam memahami materi yang diberikan.

Pada akhir sesi para siswa diberikan pertanyaan oleh Bumiputera untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mereka tentang materi yang diberikan. Dari jawaban yang disampaikan menunjukan para siswa memahami setiap materi yang diberikan. Dari jawaban yang disampaikan

menunjukan para siswa memahami setiap materi.

Di akhir kegiatan, dilakukan penyerahan buku “Mengenal Otoritas Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan” oleh OJK Provinsi NTT kepada pihak sekolah yang diberikan kepada Kepala Sekolah SMP Katolik St. Theresia dan SMA Katolik Giovani kupang. ***Lya Lehan

Foto bersama para siswa yang mendapat merchandise

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 40 - 2015 21

BUMIPUTerA Kantor Wilayah Surabaya kembali bekerjasama dengan OJK Kantor regional 3 yang membawahi Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara untuk mengadakan kegiatan literasi dan edukasi keuangan khususnya masyarakat di Kota Surabaya.

Manfaatkan SiMOLEK (Mobil Edukasi dan Literasi) OJK

Kegiatan pertama adalah peminjaman 1 (satu) unit mobil SiMOLeK sebagai sarana literasi dan edukasi keuangan masyarakat pada tgl. 21 sd. 27 November 2015. Sebanyak 12 Kantor baik Kantor Cabang maupun Kantor Cabang Prioritas se-Metro Surabaya secara bergantian sesuai jadwal yang disusun melakukan kegiatan sosialisasi ke berbagai lokasi, antara lain instansi baik pemerintahan maupun swasta seperti di Mapolda Jatim, rumah sakit, di kampus, di pusat keramaian, Car Free Day, Taman Bungkul dan lain-lain.

Menurut Mira Faricha Wati, Kepala Bagian Pemasaran Bumiputera Wilayah Surabaya, tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa Bumiputera dan OJK terus menerus bersinergi dalam upaya mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pengetahuan keuangan khususnya asuransi. Dan hasil positif pun didapat dari kegiatan ini yaitu data pengunjung sebanyak 302 orang, 21 SPAJ/ Case, dengan Premi Pertama sebesar rp. 250 Juta, dan hasil rekrutmen calon FC sebanyak 23 orang.

Training of The Trainers

Kegiatan kedua adalah Bumiputera diminta untuk menjadi pembicara dalam kegiatan Training of The Trainers yang diadakan di Novotel Hotel Surabaya pada Minggu, 6 Desember 2015. Acara yang bertajuk “Training of Trainers : Mengenal OJK dan Industri Jasa Keuangan Bagi Guru ekonomi Se-Jawa Timur” ini diikuti oleh 158 guru ekomoni SMA baik negeri maupun swasta se- Jawa Timur.

Selama lebih kurang setengah hari dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore para guru secara bergantian menerima presentasi edukasi

Pengoperasian Simolek & Training of The Trainers Bumiputera bersama OJK

Kantor Wilayah Surabaya

dari pembicara yang diundang oleh OJK, antara lain dari Pegadaian, Bank Umum, dan dari OJK. Bumiputera selaku narasumber dari asuransi diwakili oleh Mira Faricha Wati.

Materi yang disampaikan adalah “Pentingnya Asuransi Jiwa dan Pemaparan Produk Mitra BPLink dan BPMaxi”. Seusai presentasi para guru antusias untuk mengajukan pertanyaan baik asuransi secara umum maupun tentang Bumiputera, dan bagi mereka yang beruntung berhak mendapat souvenir dari Bumiputera. ***Udhy P - Surabaya.

Mira Faricha Wati

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 40 - 201522

MeDAN – Bumiputera kembali mendukung kegiatan Pasar Keuangan rakyat (PKr) yang diprakarsai oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kali ini PKr diadakan di Lapangan Benteng Medan pada 25 Oktober 2015 lalu. Bumiputera bersama 52 Lembaga Jasa Keuangan (LJK) lainnya hadir mengedukasi masyarakat Medan.

Edukasi Masyarakat MedanBumiputera bersama OJK

Kantor Wilayah Medan - Pasar Keuangan rakyat 2015

Acara dimulai dengan senam bersama. Masyarakat terlihat antusias mengikuti acara meskipun masih terlihat kabut asap di wilayah Medan.

Kepala regional 5 Sumatra OJK, Ahmad Soekro Tratmono dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari

diadakannya PKr ini untuk meningkatkan literasi keuangan, mengenal OJK dan Lembaga Jasa Keuangan ke masyarakat, serta memperluas jaringan jasa keuangan. “Beberapa sudah dilakukan di kota lain seperti Solo, Aceh, Purwokerto, Makassar, dan Surabaya”.

Pj. Walikota Medan, randiman Tarigan, berharap agar PKr ini menjadi media promosi dan edukasi kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga tercipta kemandirian. Acara ini juga turut dihadiri Gus Irawan, Wakil Ketua Komisi XI DPr rI, Adnan Djuanda, Koordinator Lembaga Jasa Keuangan Wilayah Barat OJK, Tengku eri, Pj. Gubernur Sumatera Utara, dan Lasmaida S. Gultom, Direktur Literasi dan edukasi Keuangan OJK.

Bumiputera menempati 1 (satu) booth berukuran 5m x 5m yang bersebelahan dengan booth Bank Indonesia. Booth Bumiputera terlihat nyaman dan atraktif sehingga cukup banyak dikunjungi masyarakat. Petugas Bumiputera pun bersemangat dalam menjelaskan dan mengedukasi pengunjung. Gus Irawan juga menyempatkan berkunjung ke booth Bumiputera untuk melihat kegiatan di sana.

Selain pameran booth dari Lembaga Jasa Keuangan, diadakan juga lomba untuk anak-anak seperti Lomba mewarnai anak

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 40 - 2015 23

Peri

stiw

a

bersama ibu, Lomba fashion show, ranking 1 dan Lomba tari tradisional. Acara semakin meriah oleh penampilan band lokal, Band Top 40.

Tidak ketinggalan, penyelenggaraaan edukasi melalui 3 sesi Talkshow dari berbagai bidang keuangan melengkapi acara PKr ini. Sesi Talkshow pertama disampaikan oleh Ibu Lasmaida S. Gultom, Direktur Literasi dan edukasi Keuangan OJK, Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS), dan Bank Indonesia. Sesi Talkshow kedua yang bertema “Uang Diatur Hidup Jadi makmur” disampaikan oleh perwakilan dari industri perbankan oleh Bank Sumut, dari industri pembiayaan oleh Sunprima, dan dari PT Pegadaian serta dipandu oleh moderator dari Bank BrI.

Bumiputera juga dipercaya oleh OJK menjadi narasumber Talkshow yang

mutual | Edisi 40 - 201524

Peri

stiw

a

disampaikan oleh Primra Fakhda, Kepala Bagian Komunikasi Organisasi, mewakili industri asuransi yang bertema “Yang resmi Yang Bagus” bersama narasumber lainnya dari industri sekuritas oleh Mandiri Manajemen Investasi dan dari industri Dana Pensiun oleh DPLK BrI dengan dipandu moderator dari Bursa efek Indonesia.

Acara diakhiri dengan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba kemudian ditutup dengan ucapan terima kasih oleh Ibu Lasmaida S. Gultom kepada Lembaga Jasa Keuangan dan pihak lain yang ikut menyukseskan acara dan mengedukasi masyarakat Medan. ***Afra

mutual | Edisi 40 - 2015 25

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 40 - 201526

Peri

stiw

a

Sidang Tahunan Tahun 2015 &Sidang Luar Biasa BPA Bumiputera

SALAH SATU agenda akhir tahun Bumiputera adalah Sidang Tahunan dan Sidang Luar Biasa Badan Perwakilan Anggota (BPA). Pertemuan ini dilaksanakan pada 17-18 Desember 2015 di Hotel Bumiwiyata, Depok, Jawa Barat. Anggota BPA, Komisaris, serta Direksi hadir dalam sidang dengan formasi lengkap.

Maridasmo, Wakil Menteri Keuangan (anggota BPA periode 2009-2014), juga turut hadir dalam Sidang tersebut sebagai Penasehat Kehormatan.

Adapun agenda dalam Sidang Tahunan kali ini adalah Laporan Direksi atas kinerja perusahaan, Pengesahan Anggaran Kerja tahun 2016, Persetujuan rencana Bisnis 2016, Laporan Pengawasan dan Pemberian Nasihat Dewan Komisaris, Tindak lanjut keputusan Sidang Tahunan ke II BPA tahun 2014 dan SLB BPA 30 Juli 2015. Sedangkan Sidang Luar Biasa beragendakan Pengukuhan Direksi dan Pembentukan Panitia Pemilihan BPA.

rangkaian sidang dibuka pada tanggal 17 Desember ditandai dengan ketuk palu oleh Chaidir selaku Ketua BPA dan pimpinan sidang. Agenda dihari itu menjadi pertemuan internal BPA & makan malam.

Keesokan harinya, Sidang dimulai tepat pukul 08.00 WIB. Chaidir membuka sidang dengan mempersilahkan Direksi untuk menyampaikan laporan para Direksi terkait hasil rapat dengan OJK. Setelah itu, Sidang Tahunan Tahun 2015 dimulai hingga ditangguhkan untuk menjalani ibadah sholat Jum’at sekitar pukul 11.30 WIB dan dilanjutkan pukul 13.00 WIB.

Sidang Luar Biasa dimulai sekitar pukul 14.00 WIB dan berakhir pukul 15.00 WIB. Sidang ditutup dengan pelantikan Direktur Utama Bumiputera, Ahmad Fauzie Darwis oleh BPA.***rizky/reza

Drh. Chaidir, MBAProf. Dr. Mardiasmo, MBA., Akt.

mutual | Edisi 40 - 2015 27

SALAH SATU agenda tahunan Bumiputera adalah rapat Pimpinan Nasional (rapimnas). Pertemuan ini melibatkan setiap pimpinan dari setiap Direktorat. Pimpinan unit kerja, Divisi regional, hingga pimpinan dari kedelepan anak perusahaan dan dua yayasan hadir dalam dalam rapimnas 2015 yang berlangsung selama tiga hari di Hotel Bumiwiyata, Depok, Jawa Barat. Kinerja, raihan, serta target di tahun mendatang tidak luput dari pembahasan di pertemuan yang bertemakan “Hari ini, masa depan kita” ini.

Hari pertama, berbagai pembahasan terkait internal perusahaan menjadi agenda utama. Semua Direktur menyampaikan penilaian terhadap unit kerja dan sektor di Direktorat masing-masing. Dari semua penilaian tersebut, kesimpulan kinerja setiap sektor dinilai dan dikelompokkan ke dalam tiga cluster. Pencapaian positif yang diraih masing-masing sektor akan dikelompokkan pada cluster hijau, sementara pencapaian yang memenuhi target akan dikelompokkan ke dalam cluster kuning. Sedangkan cluster merah diperuntukkan bagi sektor yang meraih pencapaian kurang baik.

Hari kedua, rapimnas 2015 kedatangan tamu istimewa yaitu H. Musthofa, Bupati

Rapat Pimpinan Nasional 2015, “Hari Ini, Masa Depan Kita”

Kudus (periode 2013-2018). Ia berbagi cerita serta tips kepada peserta rapimnas 2015. Topik seperti restrukturisasi & transformasi, kredit usaha produktif, serta cara berpikir out of the box menjadi bekal berguna bagi para peserta. Mustofha juga mengunjungi Mobile Office edukasi dan Pemasaran Asuransi Bumiputera. Mobil ini berguna untuk memudahkan layanan bagi para pemegang polis Bumiputera, seperti misalnya pencetakan polis secara on the spot.

Pada hari ketiga, tanpa kehadiran Direktur Kepatuhan & Pengawasan Internal, Brata Antakusuma, kelima Direksi Bumiputera melakukan pertemuan dengan para pimpinan dari anak perusahaan dan yayasan. Pertemuan dengan anak perusahaan dan yayasan dimaksudkan demi tercapainya sinergi dengan induk perusahaan. Selain Unit Kerja di tiap sektor Direktorat, anak perusahaan dan yayasan juga turut menyampaikan laporan serta target untuk tahun mendatang.

Menjelang penutupan, unit kerja SDM melakukan serah terima jabatan beberapa pejabat Bumiputera yang meraih promosi dan mutasi. rapat Pimpinan Nasional 2015 ditutup oleh Direktur Utama, Ahmad

Fauzie Darwis dengan harapan Bumiputera menjadi lebih baik, berlandaskan pada program kerja tahun 2016 yang telah disusun masing-masing sektor di setiap Direktorat.***rizky/Dimas/reza

H. Musthofa

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 40 - 201528

Peri

stiw

a Kerjasama Bumiputera dengan Universitas Tamansiswa Padang

Kantor Wilayah Padang

BerTeMPAT di Hotel Pangeran Beach, Padang, Sabtu 31 Oktober 2015 dan bersamaan dengan digelarnya Wisuda Universitas Tamansiswa ke 49, Bumiputera menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Universitas yang berpusat di Yogyakarta tersebut. Dalam Dies Natalis tahun ini Universitas Taman Siswa (Unitas) mewisuda sebanyak 113 orang. Bumiputera bekerjasama dengan Unitas dalam memfasilitasi pemasaran produk AJB Bumiputera 1912 kepada seluruh Anggota Universitas Tamansiswa seperti rektor, Dekan, Dosen dan untuk seluruh para mahasiswanya.

Bumiputera diwakili langsung oleh Kepala Wilayah Padang ramli Jamaluddin dan Universitas Tamansiswa oleh rektor Dr. Ir. Irwandi Sulin, MP. dalam kesempatan tersebut ramli Jamaluddin, menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan dan berharap menjajaki kerjasama lebih jauh kedepan.

Sedangkan dari pihak Universitas Tamansiswa menyampaikan pentingnya manfaat yang bisa diperoleh dari kerjasama seperti ini, seperti Jaminan Hari Tua, investasi dan Beasiswa Berencana bagi rektor, Dekan dan Dosen yang sebagian sudah bersertifikasi. Sedangkan bagi Mahasiswa

Asuransi kecelakaan diri memberikan manfaat biaya pengobatan bagi mahasiswa yang mengalami kecelakaan.

Selain itu acara penandatangani kerjasama ini dihadari dan disaksikan oleh seluruh tamu undangan acara Wisuda seperti Anggota DPD rI Perwakilan Sumatera

Barat, Ketua DPrD Mentawai, Ketua BNN Sumatera Barat, Ketua Kopertis Wilayah Sumatera Barat, rektor Unitas, seluruh Dosen Unitas juga seluruh keluarga besar peserta Wisudawan yang berjumlah kurang lebih 1000 orang. Tidak ketinggalan perwakilan dari beberapa media cetak lokal yang nampak hadir.***Udmiral/rizky

Ramli JamaluddinDr. Ir. Iswandi Sulin, MP

mutual | Edisi 40 - 2015 29

PEngurus Pusat Ikatan Purnabakti Karyawan Bumiputera (IPB) beramah tamah degan Dewan Direksi Bumiputera. Pengurus IPB diterima di ruang rapat Wisma Bumiputera lantai 22 pada 14 Oktober 2015.

Pengurus yang hadir antara lain Ketua Umum IPB Imam Basuki, Wakil Ketua Sukardi, Sekretaris Prasetya M. Brata , Ketua IPB DPD DKI Jakarta Amri Sahri dan jajaran pengurus lainnya. Direksi yang hadir menyambut adalah Direktur Utama Fauzi Darwis, Direktur Pemasaran Nurseto, Direktur SDM Joko Triyogyanto dan Direktur Teknik Indra Situmeang.

Kunjungan ini untuk menjalin silaturahmi sekaligus perkenalan pengurus yang baru IPB terpilih di Musyawarah Nasional beberapa waktu yang lalu. Dalam sambutannya Imam Basuki menyampaikan terdapat peningkatan jumlah pengurus menjadi 23 orang dari sebelumnya hanya 12 orang.

“Perubahan signifikan Anggaran Dasar IPB adalah mengenai keanggotaan. Setiap karyawan yang pensiun otomatis menjadi anggota IPB. Dengan demikian jumlah anggota meningkat dari 600 menjadi 3.700 orang yang tersebar di 15 Dewan Pengurus Daerah”, ujar Imam.

Imam menambahkan walaupun purnabakti, tidak menyurutkan semangat IPB untuk berkontribusi dan peduli terhadap Bumiputera, salah satunya dengan menjaga citra positif perusahaan. Seperti yang

Ramah Tamah Pengurus Baru IPB bersama Direksi Bumiputera

tertuang di Pasal 6 Anggaran Dasar IPB. Fauzie Darwis, Direktur Utama menyampaikan, “Bumiputera bisa eksis seratus tahun lebih karena produk konvensial dan loyalitas agen membela perusahaan ini. Tugas manajemen antara lain membina agen agar beradaptasi dengan teknologi dan produk baru. Manajemen juga telah memodifikasi produk dengan penambahan komisi agen (aqusition cost).”

Hasilnya? “Tercatat peningkatan produksi sampai dengan 8,6%.” Nurseto, Direktur Pemasaran menambahkan. Diwaktu yang sama, Mantan Direktur SDM yang sekarang menjadi Sekretaris Jenderal IPB Prasetya M. Brata menyatakan, IPB perlu memberikan sesuatu untuk almamaternya, dalam rapat perdana ada beberapa pemikiran yang dicatat oleh pengurus baru.

“Diluar banyak training yang bentuknya tidak mainstream, seperti team building, tim yang terdiri dari eksekutif perusahaan seperti direksi tidak perlu lagi dilapangan berpanas-panasan dan bermain flying fox atau sejenisnya, bisa dengan bersama-sama memasak disebuah cafe, itu contoh varian baru.

Prasetya menggarisbawahi bahwa meningkatkan kualitas hidup pensiunan Bumiputera dengan baik bisa menjadi

kampanye/propaganda yang baik ke masyarakat. Masyarakat akan melihat bahwasanya perusahaan dalam keadaan baik karena para purnawirawannya terlihat sejahtera dan bahagia. terakhir Prasetya menyitir sebuah frasa dari buku Sun Tzu – The Art of War yakni “Tetaplah menabuh genderang walaupun pasukanmu lemah, agar musuh-musuhmu tetap mendengar.” ***rizky

Peri

stiw

a

Audiensi dengan IPB Bumiputera

mutual | Edisi 40 - 201530

Peri

stiw

a Tabliqh Akbar & Penyerahan Santunan

Berdoa, Bekerja dan Beramal

Danbintal Islam Bumiputera

Kantor Wilayah Jakarta II

BADAN Pembinaan Mental Islam Bumiputera (Danbintal Islam) mengadakan serangkaian kegiatan untuk memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1437 H.

rangkaian acara diantaranya; Workshop Marketing, Majelis Ta’lim bagi Muslimah, Sumbangan untuk Yayasan dan Tabligh Akbar.

Adapun durasi pelaksanaan dimulai sejak 24 Oktober sampai dengan 6 November 2015.

Puncak acara ditandai dengan Tabligh Akbar pada 6 November 2015, bertempat di Masjid Daarut Tauhid, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pemberi Tausiah kali ini adalah Ustadz Saptono Budi Satyo, Msi. Ustadz ini kesehariannya berkarir di PT. Bank Mandiri Syariah.

Diantara tausiahnya Ustad Sapto menuturkan tentang pentingnya berhijrah bagi umat Islam, seperti yang dicontohkan Baginda rasul Muhammad SAW. Ustad Sapto juga bertutur bahwa Umat Muslim Indonesia harus menjadi pribadi yang Valuable, Rare, Immitable, Organize dan Competitor.

Ustad juga menambahkan ada 300 juta judul buku diseluruh dunia,

sejatinya umat muslim harus memperkaya pengetahuan dengan membaca, “Dengan membaca kita mengenal dunia, dengan menulis kita dikenal dunia”, kuncinya.

Diakhir acara, Ketua Umum Danbintal Islam Sugeng Widodo menyerahkan sejumlah bantuan berupa pakaian layak pakai, buku Iqra dan sejumlah uang tunai yang merupakan kumpulan dari donasi karyawan pusat Bumiputera.***rizky

1 MUHArrAM 1437 Hijriyah merupakan Tahun Baru Islam 2015 yang jatuh pada rabu tanggal 14 Oktober 2015. Peringatan Tahun Baru Islam ini digunakan oleh Kantor Wilayah Jakarta II Bumiputera dengan mengadakan santunan untuk anak yatim piatu dan siraman rohani / tausiyah oleh Dr. KH. Faisal Hamdani MA.

Santunan diberikan oleh Taufik rahman Yudi untuk 31 anak yatim piatu dari Yayasan Nurul Hidayah. Dalam sambutannya,

Taufik mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT atas terlaksananya kegiatan yang sangat positif ini. “Bekerja saja tidak cukup, pun berdoa saja tidak cukup tanpa diiringi beramal. Alhamdulillah, keluarga besar Bumiputera khususnya Kantor Wilayah Jakarta II dapat berbagi kebahagiaan di hari yang sangat istimewa ini,” ujar Taufik. Menurut Taufik, kegiatan Islam di Wilayah Jakarta II cukup bervariatif. Seperti

setiap hari berdoa bersama, setiap Jumat mengaji bersama dan mendoakan saudara, keluarga, orang tua. Selain itu, rutin di Hari raya Idul Adha secara sukarela, keluarga besar Jakarta II mengadakan pemotongan kurban berupa kambing ataupun sapi.

Taufik berharap dengan dibentuknya Badan Pembinaan Mental (Danbintal) Islam lima bulan lalu di lingkungan Jakarta II yang diketuai oleh Karim Amarullah, kegiatan Islami untuk peningkatan iman dan takwa semakin sering dilakukan. Taufik tak hentinya mengucap syukur dengan adanya berbagai kegiatan positif ini, Allah selalu memberikan kemudahan dalam berbagai hal. “Sedikit demi sedikit perubahan yang positif sudah mulai nampak di Jakarta II. Dan ini terbukti rezeki yang diberikan Allah semakin banyak,” ucap syukur Taufik.

Peringatan Tahun Baru Islam yang diselenggarakan diadakan di Kantor Wilayah Jakarta II ini dihadiri oleh seluruh staf kanwil Jakarta II, perwakilan dari Kantor Cabang. dan Kepala Wilayah Jakarta II Taufik rahman Yudi, Kabag. Pemasaran Tatag Suryanadi, Kabag SDM dan Keagenan Adnan Sidiq, Kabag Keuangan Banu Banaryadi.***rangga

mutual | Edisi 40 - 2015 31

Danbintal Bumiputera Serahkan Bantuan ke Pondok Pesantren Nuu Waar

Peri

stiw

a

DALAM rangka memperingati Tahun Baru Islam 1437 H, Badan Pembinaan Mental Islam (Danbintal Islam) Bumiputera mengadakan serangkaian acara, diantaranya adalah pengumpulan donasi bagi Yayasan Al Fatih Kaafah Nusantara (AFKN) pengelola Pondok Pesantren Nuu Waar yang terletak dibilangan Cibitung, Bekasi.

Danbintal mengunjungi langsung lokasi Pondok Pesantren di Cibitung pada Selasa 17 November 2015. Penyerahan 23 Kardus pakaian dan 1 kardus buku dilakukan oleh Ketua Danbintal Islam Bumiputera – Sugeng Widodo, bantuan diterima langsung oleh Pengurus Pondok Pesantren yang diwakili oleh Ustad Musa beserta rekan-rekan.

Pondok Pesantren Nuu Waar mengelola sekitar 200 orang santri yang tinggal di Pesantren tersebut. “Sebagian Santri yang sudah Kuliah masuk ke pondokan di hari Sabtu dan Minggu, Senin sampai dengan Jum’at mereka bersekolah di Kota Bekasi dan sekitarnya,” demikian jelas Ustad Musa.

Yayasan AFKN yang diprakarsai oleh Ustad Muhammad Zaaf Fadzlan rabbani Garamatan atau yang dikenal dengan nama Ustad Fadzlan, fokus terhadap penyebaran Agama Islam di Bumi Papua. Ustad Fadzlan telah memulai debut dakwahnya sejak tahun 1980-an. Saat itu, Ustadz Fadzlan sebagai

mahasiswa di sebuah perguruan tinggi ternama di Makassar, Sulawesi Selatan. Selesai kuliah, ia lebih memilih menjadi Da’i pedalaman. Bentuk keseriusannya dalam pembinaan masyarakat Papua, Ustad Fadzlan mendirikan Pondok Pesantren Nuu Waar di Kampung Bunut, Desa Taman Sari, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Pria yang juga Ketua TPF (Tim Pencari Fakta) Komite Umat untuk Tolikara ini menambahkan, kerja dakwah merupakan bentuk nyata pengabdian umat di tengah masyarakat. Terlebih, katanya, persepsi masyarakat terhadap Papua sebagai daerah tertinggal, bodoh, dan perang suku. “Perlu pengabdian yang serius agar harkat martabat di sana dapat terangkat dan berganti dengan kecerdasan,” paparnya.

Sugeng Widodo dalam sambutannya menyatakan mendukung kerja Yayasan AFKN dan bersama Danbintal Bumiputera akan menjalin hubungan baik tidak sampai disini saja. “Kami support dakwah dan program Pondok Pesantren Nuu Waar, adik-adik disini beruntung dan harus mengoptimalkan waktu menuntut ilmu, karena ilmu adalah penuntun kita dalam meraih kesuksesan, baik ilmu agama maupun pengetahuan umum”, jelasnya menyemangati para santri. ***rizky

Ustadz Muhammad Zaaf Fadlan Rabbani

Sugeng Widodo

mutual | Edisi 40 - 201532

Peri

stiw

a Untuk Menjadi Juara, Harus Memiliki Passion Yang Luar Biasa

Konsolidasi Kantor Wilayah Purwokerto

DIHADIrI oleh Direktur Pemasaran, Nurseto dan Kepala Divisi Pemasaran regional II, Suwarno, Kantor Wilayah Purwokerto menggelar Konsolidasi pada Jumat, 22 September 2015 di Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas, Purbalingga. Selain Kepala Wilayah, Kepala Bagian dan Kepala Cabang, acara diikuti oleh para mitra kerja terbaik di Wilayah Purwokerto, terdiri dari para Financial Consultant, Unit Manager serta Agency Manager.

“Untuk menjadi juara, seseorang harus memiliki passion untuk menjadi luar biasa dan memiliki belief system yang diterapkan” ungkap Direktur Pemasaran dihadapan peserta konsolidasi. 13 (tiga belas) sikap diri yang harus diterapkan tersebut antara lain :

1. Mempunyai mimpi besar, karena hakekat doa adalah mimpi.2. Bekerja sangat keras.3. Senantiasa fokus.4. Memiliki disiplin tinggi dalam mengatur waktu.5. Inovatif dan kreatif.6. Memiliki pikiran terbuka (open mind) serta responsif terhadap perubahan.7. Belajar secara terus menerus.8. Total terhadap apa yang dikerjakan.9. Tidak membiarkan ketakutan menghantui (tidak rendah diri).10. Menjaga momentum.11. Terus belajar dari kesalahan.12. Tidak mencampur adukan urusan pribadi dengan bisnis.13. Menganggap pekerjaan sebagai sebuah seni.

Dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan pula Deklarasi Agen Perubahan Kantor Wilayah Purwokerto. Mewakili seluruh organisasi, tim inti yang terdiri dari Kepala Wilayah, Kepala Bagian, Staff Wilayah yang ditunjuk, Kepala Cabang serta Agency Manager Cabang Prioritas mendeklarasikan kesiapan organisasi Kantor Wilayah Purwokerto menuju Bumiputera sesuai Visi dan Misi Perusahaan.

Pembacaan deklarasi dipimpin oleh Kepala Cabang Asper Banjarnegara, emiyati, yang selanjutnya secara sombolis menyerahkan deklarasi yang telah ditandatangani kepada Direktur Pemasaran. Deklarasi Agen Perubahan menyasar 5 (lima) poin sasaran utama, sebagai berikut :

1.Siap melakukan transformasi secara total, menuju Bumiputera yang kuat dan profesional, menjadi pemimpin pasar industri asuransi jiwa, serta bermanfaat dalam pembangunan dan pendidikan.

2. Siap mengirimkan peserta di ajang Top Agent Awards 2016 untuk semua kategori kejuaran.

3.Siap mengirimkan peserta terbanyak di ajang Tour Italy dan Umroh.

4. Siap menciptakan Financial Consultant dari

pemegang Polis sebanyak minimal 2.000 Financial Consultant setiap Kantor Cabang.

5. Siap menciptakan income sebesar 5 s.d. 10 Milyar setiap bulan per Kantor Cabang.

Sementara itu, berjaya sebagai mitra kerja terbaik Kantor Wilayah Purwokerto Periode Juli s.d. September 2015, Dwi Ambarwati (KC. Asper Banjarnegara) dan Umaryamah (KC. Asper Kebumen) sebagai Top Producer, sedangkan predikat Top Recruiter diraih oleh Alfiah (KC. Syariah Tegal). ***rina Asianthik - PrO Purwokerto

Tim KC Purworejo

Dir. Pemasaran - Nurseto

mutual | Edisi 40 - 2015 33

Bogor Rekrut Generasi MudaKantor Cabang Syariah Bogor

DALAM rangka meningkatkan performa bisnis maupun organisasi, Kantor Cabang Syariah Bogor bertekad mencetak kader-kader pemasaran yang mumpuni dengan segmen pencari kerja dibawah usia 25 tahun. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui Job Fair 2016 yang dilaksanakan di Lapangan Futsal Karadenan Square, Cibinong. Acara ini

diselenggarakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Bogor Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bogor pada 26-27 November 2015.

Para pencari kerja yang mendaftar akan diseleksi dan dididik untuk fokus mencapai target produksi sekaligus meraih penghasilan yang mereka inginkan.

“Generasi muda saat ini menginginkan kepastian penghasilan, oleh karena itu, agar keinginan mereka tercapai, kami buat sistem kerja target oriented. Jika target tercapai

maka penghasilan minimal 3 juta per bulan. Tapi jika tidak tercapai, akan diberikan secara proporsional. Seandainya pencapaian melebihi target, maka akan diberikan bonus yang proporsional pula,” jelas Selvie Amalia, Kepala Cabang Bumiputera Syariah Bogor.

Pandji S, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor menyambut baik kehadiran Bumiputera yang turut membuka lapangan pekerjaan. Ia berharap jumlah pengangguran yang tinggi dapat diserap oleh seluruh sektor usaha, salah satunya Bumiputera.

Bumiputera Syariah Bogor membuka lowongan untuk 4 Agency Manager, 16 Unit Manager dan 60 Financial Consultant. Selama pelaksanaan 2 hari, terdaftar lebih dari 80 orang.

Pada kesempatan yang sama, Agency Manager dan Unit Manager yang ada juga memberikan edukasi perencanaan keuangan serta perlindungan keluarga kepada para pengunjung. Sehingga sebagian berminat bergabung menjadi pemegang polis Bumiputera. Pengunjung yang masuk asuransi mendapatkan souvenir menarik. ***Selvie

Peri

stiw

a

Buka Pusat Layanan AgencyKantor Wilayah Purwokerto

MereSPON General Agency System Hybrid (GASH) yang akan menggantikan sistem operasional Branch Office System (BOS) per 1 Desember 2015, Kantor Wilayah Purwokerto memperluas jaringan pemasaran melalui pembukaan pusat layanan agency.

Minggu, 15 November 2015, Bumiputera Kantor Wilayah Purwokerto meresmikan Pusat Layanan Agency Bumiputera Syariah Klampok, Banjarnegara, di bawah Unit Manager KH. Drs. Dzy Maksum (Ketua Pengurus Pusat Yayasan Nurul Hidayah, Klampok, Banjarnegara) yang merupakan salah satu ulama serta tokoh masyarakat di wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Turut hadir Kepala Sub Bagian Pengawasan Bank 2, OJK Purwokerto, Bambang S. Antariksawan, SP, Se, MM.

“OJK menyambut baik dibukanya pusat layanan agency Bumiputera yang

sejalan dengan Program Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Keuangan Inklusi) yang telah dicanangkan oleh OJK ,“ ungkap Bambang S. Antariksawan.

Ditegaskan lebih lanjut dalam sambutannya bahwa literasi keuangan perlu dilakukan secara terus-menerus agar masyarakat terhindar dari praktek-praktek transaksi keuangan yang tidak bertanggung jawab dan lebih mengenal produk-produk, manfaat dan risiko atas berbagai pilihan investasi keuangan yang ada.

“Kantor Wilayah Purwokerto telah meresmikan beberapa pusat layanan Agency, di Klampok Banjarnegara, rembang, Purbalingga. Pusat Layanan Agency Bumiayu dan Brebes sebagai Pilot Project,” ungkap Sucipto, Kepala Wilayah Purwokerto. ***rina Asianthik - PrO Purwokerto

mutual | Edisi 40 - 201534

Peri

stiw

a Re-Launching Mitra BP-Link Syariah di Kantor Wilayah Balikpapan

Kantor Wilayah Balikpapan

PeLAKSANAAN Launching Produk BP Link Syariah berlangsung serentak di seluruh Kantor Cabang dibawah koordinasi Kantor Wilayah Balikpapan pada hari Jumat, 2 oktober 2015 di mulai pada pukul 08.00 Wita.

Untuk zona Balikpapan acara launching dilaksanakan di ruang Pertemuan Kanwil Balikpapan yang diawali dengan melaksanakan Sholat Dhuha berjamaah

diikuti seluruh pejabat dan staf Kanwil Balikpapan, Kepala Cabang dan staf serta mitra kerja (KC.Pasar Baru, KC radio, KC Askum Balikpapan, KC Syariah Balikpapan).

Usai Sholat Dhuha diakhiri dengan doa lalu dilanjutkan dengan Launching dan presentasi BP LINK SYArIAH yang disampaikan langsung oleh Kepala Wilayah Balikpapan, Amancik SH, AAAIJ.

Peserta sangat antusias mengikuti penjelasan dari Kepala Wilayah sehingga berhasil meyakinkan mitra kerja bahwa produk BP Link Syariah sangat baik dan kompetitif untuk dipasarkan adapun yang membuat lebih bersemangat lagi ketika disampaikan tentang perubahan yang lebih baik atas remunerasi dari beberapa produk yang sedang dipasarkan, sehingga usai launching dan presentasi tersebut salah seorang mitra kerja ( Hj. Titin Sukemi dari KC radio) dengan ‘iseng-iseng’ menawarkan produk tersebut kepada nasabah via sms dan saat itu pula memberikan keputusan bahwa dia (nasabah) tertarik dan bersedia ikut dengan program yang ditawarkan.

Sesaat kemudian ruang pertemuan menjadi gaduh karena agen tersebut berteriak “Pak, saya nutup BP Link Syariah” dan segera membayar premi tunggal sebesar 50 juta rupiah melalui transfer dan saat itu pula Kepala Wilayah memberikan reward langsung kepada agen yang bersangkutan. Peristiwa tersebut menjadi inspirasi dan motivasi kepada semua AM/UM dan FC yang hadir.*** Dwiatmo A.S. - PrO Balikpapan

IKKBP Purwokerto dan Pelindo Cilacap Meriahkan Hari Ibu 2015 MeNGAMBIL tema Happy Mother’s Day, Spread The Love For Children and Whole The World, IKKBP (Ikatan Keluarga Karyawan Bumiputera) Wilayah Purwokerto dan PerISPINDO (Persatuan Istri Pegawai Pelindo) III Cabang Tanjung Intan Cilacap melaksanakan acara peringatan Hari Ibu secara bersama-sama.

eni Martiningrum, Ketua PerISPINDO III Cab. Tanjung Intan Cilacap, dalam sambutannya berharap melalui Peringatan Bersama Hari Ibu tersebut dapat menjadi wahana bertukar ilmu yang bermanfaat bagi PerISPINDO maupun IKKBP. Tuti Sucipto, Pembina IKKBP Wilayah Purwokerto, sangat berharap kegiatan bersama antara IKKBP dan PerISPINDO tersebut menjadi awal silaturahmi yang senatiasa terjalin dengan baik, dan di masa yang akan datang, AJB Bumiputera 1912 bisa diterima dengan baik

Kantor Wilayah Purwokerto

pula oleh keluarga besar PerISPINDO khususnya, dan PeLINDO III Cab. Tanjung Intan Cilacap pada umumnya.

Turut hadir dalam acara yang digelar di Operation Room Gedung Kantor Pelindo III Cabang Tanjung Intan Cilacap pada 12 Desember 2015, Kepala Wilayah (Regional Agency Manager) Purwokerto, Sucipto dan General Manager PT. Pelindo III (Persero) Cab. Tanjung Intan Cilacap, yang diwakili oleh Manager SDM, Umum dan Kesisteman, Tukul.

Memeriahkan rangkaian acara, Ibu-ibu IKKBP dan PerISPINDO unjuk kebolehan dalam lomba merangkai daun dan lomba make up serta kreasi hijab. Acara diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada para juara serta pemberian door prize kepada peserta. ***rina - PrO Purwokerto

mutual | Edisi 40 - 2015 35

Peri

stiw

aBandung Kembangkan Layanan Agency Mitra BP Link Syariah

Kantor Wilayah Bandung

DI Tahun 2016 banyak tantangan yang harus dihadapi, terutama karena kondisi ekonomi di akhir tahun 2015 yang masih lesu ditandai dengan meroketnya harga kebutuhan pokok, melemahnya nilai tukar rupiah, dan anjloknya harga saham serta mulai diberlakukannya Masyarakat ekonomi ASeAN (MeA) tahun 2016, sehingga di sisi lain hal ini sekaligus membuka peluang bagi perusahaan asuransi di kawasan ASeAN untuk berinvestasi di Indonesia.

Dalam pemenuhan tuntutan kebutuhan Market Share asuransi di kalangan tersebut, dibutuhkan langkah-langkah inovatif dalam transformasi dan efisiensi di operasional kantor wilayah dan kantor cabang sebagai wujud dari eksistensi Bumiputera di ranah perasuransian Indonesia. Salah satu langkah strategis yang dimaksud adalah dengan melakukan perubahan struktur organisasi baik internal maupun eksternal. Fatoroni, Kepala Bagian Pemasaran dan Nana Mulyana dari Wilayah Bandung mengunjungi Pondok Pesantren Sirna Miskin di Jalan Kopo Belakang, No 427, Bandung untuk menjalin kerjasama dan mengembangkan sistem Agency BP Link Syariah.

Kunjungan ke Pondok Pesantren pada Senin, 23 November 2015, diterima langsung Pimpinan Pondok Pesantren Sirna Miskin, Saefurridjal, yang biasa disapa Haji Pepep.

Fatoroni memaparkan sistem Agency BP Link Syariah dihadapan 200 tenaga pengajar dan 3000 santri yang berpeluang untuk menjadi Financial Consultant Bumiputera.

edukasi dan pelatihan tentang sistem Agency BP Link Syariah harus terus dilakukan serius mengingat sistem yang tergolong baru ini, sekaligus untuk mengajak para Pendakwah, Dai, dan Guru pengajian menjadi kekuatan word of mouth marketing Bumiputera. ***Heru - PrO Bandung/Dimas

mutual | Edisi 40 - 201536

BerTeMPAT di STIe Dharma Bumiputera, pada 10 Oktober 2015 diselenggarakan Seminar Enterpreneurship bertajuk “Hari Gini Jadi Karyawan”. Kegiatan Seminar ini diadakan oleh pengurus Ikatan Alumni (IKA) STIe Dharma Bumiputera dalam rangka memperingati hari jadi ke-5 pada 9 Oktober 2015.

Seminar Enterpreneurship dibuka oleh Ketua Umum IKA STIe Dharma Bumiputera, I Gede Sudarsana. Dalam sambutan I Gede menyampaikan terima kasihnya kepada manajemen STIe Dharma Bumiputera karena atas dukungannya, IKA STIe Dharma Bumiputera dapat melaksanakan Seminar Enterpreneurship “Hari Gini Jadi Karyawan”. I Gede

Seminar Enterpreneurship “Hari Gini Jadi Karyawan”

Internet menjadi pembicara inti dalam kegiatan Seminar Enterpreneurship yang berlangsung sekitar 3 jam ini. Dalam materinya, Isah menceritakan bagaimana saat ini ditengah perkembangan teknologi begitu besarnya peluang bagi siapapun untuk memulai usaha. Ia pun mengajak kepada seluruh peserta yang hadir untuk mulai berani mengambil keputusan, menciptakan peluang untuk usaha dan mulai meninggalkan mindset “menjadi karyawan adalah segalannya”.

Yudhistira,Se dan Dwiyanto, Se alumni STIe Dharma Bumiputera tak ketinggalan membagikan pengalamannya dalam dalam merintis dan menjalankan usaha kepada peserta seminar yang hadir. Yudhis dan Dwi pun mengajak peserta untuk tidak takut dalam melakukan eksperimen, inovasi hingga dapat menciptakan sesuatu yang lebih baik.

Seminar Enterpreneurship ditutup dengan pembacaan doa dan pemotongan kue ulang tahun oleh Ketua Umum IKA STIe Dharma Bumiputera, I Gede Sudarsana dan Ketua Yayasan Dharma Bumiputera, Prof. Dr. HC. Hafid Abbas.***Angga

menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan seminar ini yaitu memberikan value terkait panca windu 5 tahun berdirinya IKA STIe Dharma Bumiputera.

Pada kesempatan tersebut hadir pula Ketua Yayasan Dharma Bumiputera, Prof. Dr. HC. Hafid Abbas. Dalam sambutannya Hafid Abbas mengharapkan dengan diadakannya Seminar Enterpreneurship ini dapat meningkatkan ilmu, kemandirian untuk kemulian dan kedamaian kepada seluruh insan yang hadir. Diakhir sambutannya, Hafid Abbas mengucapkan selamat atas refleksi yang indah di hari jadi ke-5 IKA STIe Dharma Bumiputera. Ia pun berharap semoga kegiatan ini dapat menggelorakan kembali apa yang menjadi mimpi dari ketiga pendiri AJB Bumiputera 103 tahun yang lalu untuk kepentingan STIe Dharma Bumiputera.

Isah Kambali, Founder Komunitas Melek

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 40 - 2015 37

Peluncuran E-Learning Bumiputera

DALAM rangka pengembangan sumber daya manusia di Bumiputera, manajemen melalui Departemen SDM dan Departemen TI bekerjasama dengan PT. Bandung Teknopark, meluncurkan program E-Learning. Program ini adalah program pengembangan kompetensi dan pengetahuan pegawai Bumiputera berbasis teknologi.

Bertempat di Gedung Wisma Bumiputera lantai 22, acara di hadiri oleh Dewan Direksi, nampak hadir Ahmad Fauzi Darwis – Direktur Utama, Joko Triyogyanto – Direktur SDM, Nurseto – Direktur Pemasaran dan Jangkung raharjo – Direktur Bandung Teknopark.

E-Learning ini sendiri merupakan metode group/self learning dengan menggunakan fasilitas jaringan intranet di perusahaan. Fitur-fitur dari E-Learning sendiri adalah : Video on Demand, Download Materi, Virtual Class, Live Streaming, Pre Test, Post Test dan lain-lain.

Sri Nurcahayati Kepala Departemen SDM menyampaikan dalam sambutannya, “Program ini diluncurkan karena pertimbangan waktu, biaya dan kantor yang tersebar se Indonesia. Program ini mewadahi beragam disiplin ilmu, sehingga pegawai diajak berpartisipasi aktif untuk saling sharing dan mempelajari beragam materi.” Sedangkan Jangkung raharjo, Direktur Bandung Teknopark dalam kesempatan tersebut mengenalkan perusahaan yang dipimpinnya sebagai anak perusahaan Telkom dan berdiri sejak 1995. “Saat ini kami juga dipercaya mensukseskan program Nawacita Presiden Jokowi, yakni membangun 100 Teknopark diseluruh Indonesia. Dengan diterapkannya E-Learning ini semoga bisa mempermudah proses pengembangan diri pegawai Bumiputera dan mereduksi cost biaya pendidikan,” ujarnya diakhir sambutan.

Menutup rangkaian sambutan, Direktur Utama menggaris bawahi “Mau tidak mau kita harus menggunakan teknologi, E-learning tidak membutuhkan tempat dan ruang untuk bertemu. Dengan hampir 500 kantor cabang kita yang tersebar, tentunya ini sangat bermanfaat, semua orang bisa berkontribusi.” Dirut menambahkan “Ini adalah salah satu alat perubahan untuk bisa bersaing dengan industri dan program ini akan memudahkan kita untuk mencari referensi.”***rizky

Jangkung Raharjo

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 40 - 201538

Bumiputera Edukasi Mahasiswa Universitas Negeri Manado

Kantor Wilayah Manado

Peri

stiw

a

KePALA Wilayah Manado, edy Suryatmo di-dampingi Kepala Cabang Tomohon, Noudie Z. rawung menghadiri Ajang Pemilihan Nyong dan Noni Universitas Negeri Manado (Unima) di Manado Trade Center, Kamis, 12 November 2015.

Dalam ajang tersebut, Bumiputera mengedukasi asuransi untuk mahasiswa dan masyarakat yang meramaikan ajang pemilihan bergengsi yang diagendakan setahun sekali. Dalam kesempatan ini, Ke-pala Wilayah menyerahkan Tropi Juara ke-

pada pemenang Nyong Unima 2015, David Kaunang dan Noni Unima 2015, Flamanda Tampomuri.

“Melalui ajang Pemilihan Nyong dan Noni UNIMA, Bumiputera bisa dikenal luas di kalangan muda dan mahasiswa, Mengin-gat mahasiswa adalah generasi muda yang menjadi pasar potensial ke depan.” demiki-an edy Suryatmo.

“Acara ini disponsori langsung oleh Bumiputera Kantor Wilayah Manado dan Kantor Cabang Tomohon.” Noudie Z. rawung menjelaskan.

“Harapan ke depan kerjasama Bumiputera dan Universitas Negeri Manado bisa berkesinambungan di tahun mendatang. Bumiputera Kantor Cabang Tomohon sudah merealisasikan produk Mitra ASrI untuk 3.000 Mahasiswa tahun 2014 dan 4.500 Mahasiswa baru tahun 2015 dan mendapat support dari rektor dan Pembantu rektor 3.” tambah rawung. ***Nancy - PrO Manado

Sosialisasi dan Edukasi Asuransi Gereja Masehi Injili Bolangmongondow

Kantor Wilayah Manado

KePALA Wilayah Bumiputera Manado edy Suryatmo bertemu dengan Ketua Sinode Pdt. Christina r.P dan Sekretaris Sinode di Gereja Masehi Injili Bolangmongondow (GMIBM) di Kotamobagu pada Jumat, 6 November 2015. Inti pertemuan untuk sosialisasi dan edukasi produk Bumiputera di kalangan jemaat dan pendeta Gereja. Kedua pihak sepakat untuk melakukan kerjasama perlindungan asuransi untuk jemaat dan Pendeta GMIBM sekaligus merekrut Financial Consultant (FC) Unit Link. Sebanyak 126 Jemaat dan 123 Pendeta masuk asuransi Mitra Asri.

“Harapan kami kedepannya, seluruh Jemaat dan Pendeta Gereja MIBM bisa Ikut Program Asuransi Mitra Asri sekaligus sebagai FC.” demikian edy Suryatmo. ***Nancy - PrO Manado / ranti

mutual | Edisi 40 - 2015 39

Peri

stiw

a

Kantor Wilayah Pekanbaru

UPAYA meningkatkan penetrasi pasar terus dilakukan tim Pemasaran Bumiputera. Salah satunya kantor wilayah Pekanbaru yang pada November 2015 lalu mengadakan Customer Gathering bertempat di Hotel Pangeran Pekanbaru dengan menghadirkan para Pemegang polis dan calon Pemegang polis untuk sosialisasi lagi produk - produk yang dipasarkan Bumiputera.

Dari hasil Customer Gathering ini beberapa Pemegang polis berminat lagi membeli produk baru Bumiputera, salah satunya M.rasuli – Dosen Universitas riau yang tertarik dengan BP Maxi dan langsung menandatangani SPAJ, serta beberapa calon Pemegang polis lainnya yang tertarik dengan produk Mitra BP Link. ***Ira Novrianti – PrO Pekanbaru / Dhila

Bumiputera Lindungi Dosen & Mahasiswa Universitas Tamansiswa Palembang

Kantor Wilayah Palembang

UNIVerSITAS Tamansiswa Palembang merupakan bagian dari group Yayasan Tamansiswa adalah salah satu perguruan Nasional ternama di wilayah Palembang yang beroperasi sejak tahun 1932. Dalam membentuk lulusan yang memiliki keunggulan di bidang ilmu dan teknologi dengan semangat kewirausahaan, kemandirian yang Berbudaya dan berwawasan kebangsaan sebagai Visinya.

Dr. H. KN. Sofyan Hasan, SH.MH sebagai rektor Universitas Tamansiswa termasuk figur yang open mind terhadap asuransi. Bahkan disela-sela kegiatan Ordik mahasiswa baru 2015-2016 ketika team Bumiputera mengunjungi sosok Tokoh ulama yang terpandang di kota Palembang ini menganggap Tamansiswa adalah bagian dari Bumiputera lantaran memiliki kesamaan sejarah berdirinya bertitik tolak dari perjuangan para Guru.

Dari kesamaan history itu, Sofyan mempercayakan kepada Bumiputera untuk mengasuransikan para dosen di Universitas Tamansiswa Palembang melalui

penandatanganan MOU yang terlaksana pada September 2015 lalu. ”Ajaklah semua masyarakat untuk berasuransi, bantu mereka mewujudkan generasi yang cerdas

dan berkualitas. Ke depan, selain Dosen seluruh mahasiswa Universitas Tamansiswa Palembang akan diasuransikan Bumiputera.” Jelas Sofyan. ***Poppy - PrO Palembang / Dhila

Penetrasi Pasar Melalui Customer Gathering

mutual | Edisi 40 - 201540

Peri

stiw

a

Bumiputera Raih Stan Terfavorit Expo Kesehatan Medical Surabaya BPJS 2015

Pendidikan Registered Financial Planner (RFP)

Kantor Cabang Asper Surabaya

Kantor Wilayah Denpasar

KANTOr Cabang Asper Surabaya rungkut meraih penghargaan stan favorit dari Panitia Penyelenggara Surabaya expo Kesehatan Medical 2015 yang diselenggarakan oleh

BPJS Kesehatan pada 28 Oktober 2015 di Hall BG Junction Mall Bubutan Surabaya.

Pameran yang berlangsung selama 5 hari selalu dipadati pengunjung mall

yang hadir disana. Bumiputera Surabaya rungkut yang mendapatkan stan pojok depan mendapatkan atensi yang cukup baik dari segenap pengunjung, terbukti dari penghargaan panitia untuk stan favorit jatuh ke Bumiputera. Menurut Suroso selaku Kepala Cabang, keikutsertaan Bumiputera yang diwakili Kantor Cabang rungkut di acara ini adalah tindak lanjut kerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur pada kegiatan Pasar rakyat OJK beberapa waktu sebelumnya yang diadakan di Pasar Tambakrejo Surabaya.

Dalam kegiatan pameran tersebut Kantor Cabang rungkut membagi jadwal jaga pameran secara merata kepada seluruh unit kerja AM / Supervisor beserta agennya, dengan dilengkapi kuesioner dan buku tamu serta perangkat penjualan dan promosi yaitu brosur MItra BPLink, BPMAxi dan produk lainnya. Selamat dan Sukses KC. rungkut ! ***Udhy P - PrO Sby

SeKOLAH Tinggi Ilmu ekonomi / STIe Dharma Bumiputera yang bekerja sama dengan Financial Planing Standard Board /FPSB Indonesia, menyelenggarakan pendidikan profesi perencana keuangan (Registered Financial Planner), bertempat di Kantor Wilayah Denpasar, Jalan Diponegoro 117, Denpasar.

Adapun tujuan dari pendidikan yang diikuti oleh kepala wilayah, kepala bagian, instruktur, dan kepala cabang sewilayah Denpasar ini, nantinya bisa menciptakan para praktisi keuangan yang mampu memberikan solusi keuangan yang lebih baik kepada para nasabah Bumiputera kedepannya.

Acara berlangsung sejak 21 - 23 November 2015, dibuka oleh Suliadi, yang menjabat sebagai Senior Marketing Manager Yayasan Dharma Bumiputera, kemudian materi diisi langsung oleh Henra A. Lasut, CFP. Selaku Executive Director FPSB Indonesia. ***Yuni / PrO Denpasar.

mutual | Edisi 40 - 2015 41

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 40 - 201542 mutual | Edisi 38 - 201542

Kolonel Inf Maulana Ridwan, SH Dandim 0201/ BS – Kodim 0201/ BS

Bumiputera..., Solusi Permasalahan Masyarakat

Kelu

arga

Bum

iput

era

mutual | Edisi 40 - 2015 43

Kelu

arga

Bum

iput

era

JANJI bertemu dengan Kolonel Inf Maulana Ridwan, SH, Komandan Kodim (Dandim) 0201/ BS Medan pukul 11.30 siang itu diwarnai dengan suasana keakraban. Ridwan, begitu Dandim berdarah Sunda ini biasa disapa menyambut kedantangan Eko Suwanto,SH, Kepala Wilayah Bumiputera Medan, di ruang kerjanya yang tertata sangat artistik. Menandakan sang komandan seorang perwira yang berjiwa seni tinggi dibalik penampilannya yang tegas layaknya seorang tentara.

Kedatangan Eko bermaksud memperkenalkan diri sebagai kepala wilayah Bumiputera Medan yang baru kepada Ridwan, yang ternyata juga belum lama pindah ke Medan, yaitu sejak Mei 2015 yang lalu. Kedua pemimpin ini sepakat saling support kegiatan masing-masing. Ridwan memberikan kesempatan kepada Bumiputera untuk memperkenalkan produk Bumiputera kepada anggotanya yang berjumlah sekitar 500 orang dari 16 koramil di Kota Madya Medan.

Redaksi “Mutual” dari Jakarta yang turut mengabadikan kunjungan ini mendapatkan merchandise cantik “Patung Gajah” yang ia create sebagai cinderamata ketika bertugas di Lampung. Ia tak ragu memberikannya meski mengurangi barisan merchandise yang berjejer rapi pada salah satu sisi ruang tamu tepat disebelah ruang kerjanya.

Kesempatan bertemu komandan yang belum lama di promosi menjadi kolonel ini tentu saja tidak kami sia-siakan. Mengingat beberapa tamu lainnya telah menunggu giliran. Melalui perbincangan yang berlangsung sekitar satu jam, suami dari dr. Rini Wulandari ini mengemukakan pengalamannya berasuransi dan pendapatnya tentang Bumiputera. Inilah penuturan Kolonel Inf Maulana Ridwan, SH.

mutual | Edisi 40 - 201544

Kelu

arga

Bum

iput

era

Ketika Emergency

“Asuransi itu penting. Sebagai manusia kita tidak dapat mengetahui takdir yang akan terjadi. Terutama kejadian yang mengakibatkan kecelakaan atau bencana. “

“Kalau kita menabung uang akan tersimpan. Sebatas apa kita bisa menyimpan uang, tergantung dari hasil pekerjaan. Pekerjaan lebih besar, lebih capek, otomatis penghasilan lebih banyak. Sebaliknya, jika pekerjaan biasa-biasa saja, tentu hasilnya juga biasa.” Jelas pria yang hobby Bulutangkis ini ketika ditanya tentang makna asuransi.

Lebih lanjut ia mengatakan “Kita tidak tahu kapan uang itu diperlukan, kita tidak tahu kapan saat emergency itu datang. Dengan adanya asuransi, semuanya seolah terencana. Dengan budget sekian, akan mendapatkan uang sekian. Jika terjadi kecelakaan yang mengakibatkan sakit atau cacat, bisa dibantu oleh asuransi.”

Menurut ia, asuransi itu dukungan yang tiba-tiba karena adanya takdir. Untuk antisipasi kebutuhan biaya sekolah anak, atau ketika persiapan kebutuhan yang lebih besar di masa depan. “Dalam persepsi saya, Bumiputera adalah asuransi masa depan,” kata penyuka singkong rebus yang sangat memperhatikan perkembangan kedua buah hatinya.

Ia mencontohkan “Saya punya anak, suatu saat nanti kebutuhannya pasti lebih besar. Makanya saya mempersiapkan dana untuk kebutuhan pendidikan mereka kelak, mulai sekarang. Dari segi financial, kebutuhan sekarang dan kebutuhan mendatang nominalnya akan terus bertambah.

Asuransi diperlukan untuk mengantisipasi kebutuhan sekolah anak dan kebutuhan keluarga di masa depan.“ Begitu papar ayah dari Ajeng Putri Maurin yang kini duduk di kelas 2 SMA (15th), dan Adrian Putra Maulana, kelas 3 SMA (14th).

Pengalaman yang tak terlupakan ketika ia di telepon petugas asuransi yang mengabarkan klaim asuransi salah satu polis asuransi anaknya telah cair, uangnya telah ditransfer. Padahal ridwan sendiri lupa.

Sebagai Solusi

Di luar kepentingan pribadinya, secara luas ridwan berharap Bumiputera dapat memberikan solusi bagi kehidupan masyarakat. “Sebagaimana kita ketahui, masyarakat banyak masalah, banyak kebutuhan. Keberadaan Bumiputera hendaknya mampu memberikan solusi permasalahan masyarakat, dan lebih bermanfaat bagi masyarakat dalam banyak hal.

Meskipun, menurut ia masih banyak masyarakat yang belum memahami manfaat asuransi secara utuh. Bahwa sesungguhnya asuransi sebagai salah satu alternatif perencanaan keuangan keluarga.

mutual | Edisi 40 - 2015 45

Kelu

arga

Bum

iput

era

Oleh karenanya, dalam pemasaran asuransi sebaiknya dilakukan sosialisasi dan edukasi terlebih dahulu agar masyarakat memahami makna asuransi sebelum akhirnya memutuskan pembelian polis.

Namun, dukungan iklan tetap diperlukan untuk memperkenalkan produk asuransi kepada masyarakat secara umum.

Sebagai pemegang polis, kepercayaannya terhadap Bumiputera tentu tidak perlu diragukan. Bagi yang berprofesi tentara seperti dirinya, berpindah-pindah adalah suatu yang lumrah dan harus ditaati.

Tapi, ridwan tidak mengalami kesulitan melakukan pembayaran premi karena kantor Bumiputera ada di seluruh Indonesia.

“Asuransi Bumiputera sudah sangat lama, sudah sangat tua, pastilah sudah sangat dewasa dan telah memberikan manfaat kepada masyarakat, tebukti dengan pembayaran klaimnya.” Kata ridwan yang semakin yakin berasuransi di Bumiputera. “Semoga Bumiputera terus eksis dengan tetap berinovasi ke depannya,” kuncinya. ***Primra Fakhda/ Afra Ghaliyahati.

mutual | Edisi 40 - 201546

Kelu

arga

Bum

iput

era

“Protect Produk dalam Negeri Hadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN – MEA 2016”

Laksamana Madya TNI WidodoWakil Kepala Satuan Angkatan Laut

mutual | Edisi 40 - 2015 47

Kelu

arga

Bum

iput

era

MASYArAKAT ekonomi ASeAN – MeA akan berlaku mulai Januari 2016, para pemimpin Asean sepakat membentuk sebuah pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara dan pembentukan MeA ini nantinya memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat. Pemerintah Indonesia nantinya akan identifikasi produk-produk dalam negeri tentunya untuk yang mempunyai nilai saing tinggi dengan produk sejenis dari negara lain.

Berbicara mengenai kesiapan Indonesia dalam menghadapi MeA 2016, seorang perwira tinggi TNI Angkatan Laut – Laksamana Madya TNI Widodo, Wakil Kepala Satuan Angkatan Laut adalah sosok personal yang selalu mengedapankan brand Indonesia baik dalam kedinasan di Angkatan Laut, urusan financial seperti penggunaan Bank hingga urusan asuransi. “Kalau kita ingin menghidupkan ekonomi kita ya semua dapat memanfaatkan aset–aset yang ada di dalam negeri, semisal dalam kedinasan urusan pengadaan kapal, saya selalu tekankan para pelaksana untuk memanfaatkan Perusahaan lokal, tujuannya untuk membesarkan industri kita dan menghindarkan ketergantungan terhadap produk asing. Begitupun pemilihan Bank ataupun asuransi saya lebih memilih menggunakan produk merah putih atau lokal.” Urai Widodo.

Menurutnya merupakan peluang pasar yang luar biasa dalam menghadapi Masyarakat ekonomi Asean 2016 jika kita mampu brainwash produk lokal kepada seluruh masyarakat Indonesia. Ini peluang bagi produk–produk dalam negeri dan dibutuhkan Individu–individu hingga cakupan Nasional untuk protect produk lokal. Ia pun selalu menganjurkan kepada lingkungan TNI Angkatan Laut untuk memanfaatkan fasilitas financial dengan mengutamakan Perusahaan milik dalam Negeri. “Saya beberapa kali didatangi oleh petugas dari berbagai perusahaan asuransi, tapi saya lebih mengutamakan yang Perusahaan plat merah atau produk lokal, jika kita memanfaatkan financial yang berkaitan dengan diri kita, usahakan cari Perusahaan dalam negeri, karena itu sama saja membesarkan negara kita sendiri, siapa lagi yang bangun negeri ini kalau bukan kita?,” Terangnya.

Meski di Indonesia menurutnya daya beli masyarakat terhadap asuransi masih rendah,

Ia yakin ketika MeA berlaku nanti asuransi akan menjadi kebutuhan masyarakat, jika dibandingkan di negara – negara maju asuransi itu sudah melekat pada tubuh manusia, seperti pengalamannya dengan asuransi sewaktu Ia dinas dan stay beberapa bulan di negeri Jerman dan Belanda.

“Asuransi disana itu wajib, dan semua terasa nyaman dengan asuransi, pernah ketika tinggal di suatu negara gigi saya sakit, begitu mudahnya langsung Dokter disana melayani dengan bagus, All out karena di-cover asuransi, mau berobat ataupun check-up gratis, keuntungan – keuntungan manfaat itulah yang kita merasa mulai butuh dan nyaman dengan asuransi.” Kenangnya. Menurutnya, kenyamanan berasuransi seperti itu perlu diterapkan di Indonesia, pemahaman kepada masyarakat bahwasannya ternyata kita lebih tenang dengan berasuransi, perlu dibangun kesadaran risiko yang akan kita hadapi dan disosialisasikan.

”Ketika kita mulai sadar akan risiko maka kita akan perlu asuransi, sedikit cost yang dikeluarkan, tetapi jika suatu saat kita memerlukan ada pengembalian manfaat yang seimbang dan memudahkan kita, masyarakat perlu pemahaman akan risiko – risiko itu sehingga minat untuk berasuransi.” Ucapnya.

Ia mengenal Bumiputera sejak kecil, baginya Bumiputera merupakan perusahaan asuransi milik dalam negeri, jangan sampai kalah dengan perusahaan asuransi asing, apalagi dalam menghadapi MeA 2016 nanti, baginya ini kesempatan untuk bersaing dengan produk asing, perlu mensosialisasikan Bumiputera yang merupakan produk lokal sebagai bentuk upaya protect produk dalam negeri ke masyarakat Indonesia.

“Bangun untuk negeri sendiri, dibutuhkan strong leadership manajemen untuk lakukan perubahan, Manfaatkan peluang MeA 2016, kalau kita mampu memanfaatkan peluang maka kita akan leading, tingkatkan peran Public Relations di Bumiputera yang akan mempromosikan brand ke seluruh pelosok masyarakat bahwa produk dalam negeri adalah milik kita bersama,” ujarnya

“Intinya kita mampu memotivasi masyarakat Indonesia untuk rasa memiliki produk dalam negeri, perlu bersatu padu memintarkan anak cucu kita agar kita dapat bersaing, siapkan adaptasi dan perencanaan dan kita harus ambil bagian untuk protect produk Indonesia,” Saran Pria kelahiran Malang Jawa Timur 30 Juni 1959 dan Pemilik motto bekerja nothing to lose, ikhlas, tidak ada beban, tidak tergantung dengan siapapun terkecuali dengan bangsa negara dan Yang maha Kuasa. ***Dhila/reza

mutual | Edisi 40 - 201548

Kelu

arga

Bum

iput

era

Jadilah Asuransi Rahmatan Lil Alamin

Abdul Halim IskandarKetua DPrD Tingkat I Provinsi Jawa Timur

Sekilas ada kemiripan antara pemegang polis kita yang satu ini dengan Muhaimin Iskandar, pemegang polis Bumiputera yang pernah menjadi cover majalah MUTUAL.

Ya, Abdul Halim Iskandar atau biasa dipanggil Gus Halim oleh para koleganya adalah kakak kandung dari mantan Menakertrans era SBY tersebut.

Bersama Agency Manager (AM) Wonocolo - Widya Carendy, Senior Agency manager (SAM) Busono dan PRO Surabaya, Udhy Pamungkas diberi kehormatan untuk bertemu dengan Abdul Halim Iskandar yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Tingkat I Provinsi Jawa Timur. Bagaimana ceritanya sehingga ia menjejakkan langkah di dunia politik? Dan bagaimana pandangannya terkait asuransi? Yuk kita simak hasil wawancara ekslusif ini.

mutual | Edisi 40 - 2015 49

Abdul Halim IskandarKetua DPrD Tingkat I Provinsi Jawa Timur

ANAK kedua dari 6 bersaudara kelahiran 14 Juli 1962 ini salah satu tokoh religi yang sudah dikenal di lingkup pondok pesantren di Jawa Timur. Keluarga besar Iskandar yang dilahirkan di kota Jombang tergolong memiliki trah pemimpin. Hal ini dibuktikan dengan beberapa nama besar Iskandar yang masuk dalam kumpulan orang besar di lingkup nasional.

“Saya bersekolah dan mengaji di pesantren sejak kecil hingga SLTA. Kuliah S1-nya di Yogyakarta, ketemu istri di Jepara dan Alhamdulillah sekarang sudah dikaruniai 3 anak. S2-nya di IKIP Malang dan kembali ke Jombang untuk mengurus pondok pesantren keluarga di Denanyar-Jombang. Hidup saya sebagai pendidik dan mengelola pondok”, jelasnya dengan logat Jawa Timuran saat ditemui di kantornya oleh Busono, Kepala Cabang Wonocolo, dan Widya Carendy, Supervisor.

“Satu hal yang jadi panggilan hati saya adalah sebagai aktivis organisasi penyalur aspirasi rakyat. Mulai dari mahasiswa saya aktif Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)”, sambil mengenang masa mahasiswa dulu.

Setelah menyelesaikan studi pasca sarjana dari IKIP Malang, putra H. Muhammad Iskandar Muhaisonah (alm) ini terus berkiprah melalui jalur politik. Pasca reformasi tahun 1998, ia mulai menyalurkan aspirasinya melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Di bidang pemerintahan Kyai kondang ini dipercaya masyarakat kota Jombang sebagai Ketua DPrD Tingkat II Kabupaten Jombang selama 2 periode berturut-turut.

Berbekal pengalaman kemampuan serta semangat yang tinggi selama menjadi anggota dewan, ia mengembangkan sayapnya pada level yang lebih besar. Keinginannya mendapat restu senior dan masyarakat pemilihnya. Hingga pria yang dikenal murah senyum ini dipercaya sebagai Ketua DPrD di Provinsi Jawa Timur.

“Saya terpilih sebagai Ketua DPrD Jatim ini karena partai saya mendapat mayoritas kursi dalam pemilu legislatif. Saya berharap perjuangan yang saya lakukan bermanfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu setiap keputusan perlu dikaji dampak plus minusnya secara mendalam.” Papar suami dari Dra. Lilik Umi Nashiah, M.pd.

Tentang asuransi, ia mengatakan tidak memiliki pengalaman khusus, tetapi banyak menyerap cerita dari teman. Ketika ia mengalami musibah, Alhamdulillah ia menerima manfaat asuransi, sehingga anak-anaknya bisa melanjutkan sekolah

“Sebelum mengenal Bumiputera, saya masih berikhtiar mencari asuransi yang aman untuk jaminan biaya hidup masa tua guru-guru yang ngajar di pondok pesantren saya. Kita ini kan swasta dari kalangan ekonomi menengah bawah. Sekarang mereka masih bisa gajian buat keluarga, lha kalau sudah tua, pensiun, mau dapat uang darimana supaya sejahtera,” lanjutnya.

“Niat saya sebagai pengurus pondok, meski nilainya kecil ndak seberapa tapi pokoknya ada sebagai bentuk penghargaan dan terima kasih buat bapak-ibu guru itu. Biar kecil tapi barokah dan bisa dinikmati,” tandas ia serius ketika ditanya tentang asuransi.

“Untuk Bumiputera, semoga Bumiputera selalu menjadi perusahaan asuransi nasional yang rahmatan lil alamin”, doa ia mengakhiri pembicaraan sore itu.***Udhy – PrO Surabaya.

Kelu

arga

Bum

iput

era

mutual | Edisi 40 - 201550

Kelu

arga

Bum

iput

era

Prof. Dr. Ida Ayu Brahmasari, drg. Dipl., DHe, MPA - rektor Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Ciptakan SDM yang Berkualitas Melalui Asuransi “Adalah merupakan kebanggaan bagi saya menjadi bagian dari Bumiputera, perusahaan asli Indonesia yang mampu bertahan lebih dari 1 abad,” begitu awal penyampaian Prof. Dr. Ida Ayu Brahmasari, drg. Dipl., DHe, MPA - rektor Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya saat ditemui PrO Surabaya - Udhy Pamungkas bersama Mira Faricha Wati selaku Kepala Bagian Pemasaran, Kantor Wilayah Surabaya

mutual | Edisi 40 - 2015 51

Kelu

arga

Bum

iput

era

“SAYA memiliki ikatan emosional dengan Bumiputera sejak kecil karena ayah dan ibu saya adalah pemegang polis Bumiputera, begitu halnya kakek nenek saya di jamannya masing-masing”, lanjutnya saat ditemui kontributor MUTUAL di tempat kerjanya mendampingi Mira Faricha Wati, Kepala Bagian Penjualan dan Layanan Non Konvensional untuk menyerahkan blanko suara pemilihan BPA.

Familiar dengan Bumiputera, ternyata wanita enerjik dan super sibuk yang akrab dipanggil Bu rektor Sari oleh segenap civitas akademikanya adalah putri dari Prof. Ida Bagus Alit, mantan anggota BPA Bumiputera di era pemerintahan Orde Baru.

Terlahir dari keluarga pendidik, hampir seluruh keluarga besarnya berkecimpung di dunia pendidikan, baik sebagai guru, dosen, dengan beragam gelar keilmuan. Pun demikian halnya dengan 3 buah hatinya, seluruhnya berhasil menempuh pendidikan di strata 2 di perguruan tinggi negeri bergengsi dengan indeks prestasi yang membanggakan.

“Saya sedari kecil sudah ditanamkan jiwa berkompetisi menjadi yang terbaik pada anak-anak sesuai minat dan bakatnya.” Menurut pengalaman masa kecil wanita kelahiran Bali ini, sedari kecil orang Indonesia harus belajar dan membiasakan diri untuk berinteraksi dengan warga asing dengan kultur budaya dan etos kerja yang jauh beda. Ini untuk mengembangkan diri dan mematangkan karakter kepribadian yang berguna saat dewasa nanti.

“Maka dari itu, setiap anak-anak berhasil dalam studinya, hadiah yang saya berikan adalah mengajak mereka berlibur di manca negara, bukan untuk gaya-gayaan tapi supaya mereka dapat tahu dan memahami budaya dan karakter orang asing dimana

dapat berguna bagi mereka dewasa kelak.”, lanjut wanita yang pernah tinggal di Amerika, Inggris, dan Belanda saat menempuh studinya.

“Dengan menjadi orang asing di negeri orang, atau kita sebagai minoritas disana, saya mengajarkan anak-anak tentang STRONG CHARACTER BUILDING untuk bisa bertahan dan beradaptasi dengan lingkungan.”

Penerima Satya Lencana Presiden rI untuk pengabdian 20 tahun ini mampu berkomunikasi menggunakan beberapa bahasa asing. Beliau menekankan bahwa era MeA saat ini adalah bukan sekedar bagaimana masyarakat dan mahasiswanya bisa sekedar cas-cis-cus saja, lebih dari itu bagaimana kita bangsa Indonesia harus membuktikan mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Saat menerima amanah terpilih menjadi rektor Untag Surabaya untuk periode 2013-2017, beberapa gebrakan baru

untuk mendorong agar pendidikan di Untag menjadi lebih berkualitas sudah disiapkannya, diantaranya adalah mendorong semua dosen untuk meningkatkan kualitasnya. Peningkatan kualitas merupakan langkah yang strategis untuk membawa Untag bisa bersaing ke kancah nasional, bahkan internasional.

Selain itu, pihaknya juga akan mengirim mahasiswanya ke luar negeri, seperti Korea Selatan (Korsel) dan Thailand. Kedua negara ini menjadi prioritan karena kerjasama yang terjalin sudah sangat erat. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan ke negara lain seperti Australia dan Amerika.

“SDM itu ibarat pondasi yang menentukan keberhasilan ke depan, itulah kenapa saya mencanangkan motto “AN EMPOWERING & NETWORKING UNIVERSITY” bagi segenap civitas akademika saya”.

Sebagai seorang Bumiputerawati sejati, menurutnya Bumiputera ke depan harus mampu menjawab tantangan jaman yang berkembang, khususnya diawali dari SDM di dalamnya sebagai modal utama. “Saran saya untuk Bumiputera ke depan agar bisa menciptakan SDM baik di bidang pemasaran maupun konsultan keuangan yang berkualitas. Maka wajib bagi segenap insane Bumiputera untuk selalu meng-upgrade diri, baik dari sisi profesi maupun skill dan knowledge.”

Dengan SDM yang berkualitas maka budaya keterbukaan/trustworthy akan mudah dilakukan bersama seluruh stakeholder sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menaruh dananya di Bumiputera. Dan ending-nya adalah pemegang polis yang puas akan menjadi promotor atau word of mouth yang membawa pengaruh bagi komunitas dan jaringannya sehingga akan bertumbuhlah puluhan sampai jutaan pemegang polis baru.***Udhy P - PrO Surabaya.

mutual | Edisi 40 - 201552

Kelu

arga

Bum

iput

era

Menjaga Komunikasi,Kunci Layanan Excellent

Arbet TakoKomisaris Utama Anugerah Group

“Kesuksesan itu 99%-nya adalah kerja keras, fokus, dan keuletan. Itu representasi Bumiputera yang wajib dipertahankan. Sekali Bumiputera, Tetap Bumiputera,” itulah yang dikatakan pengusaha yang bergerak di bidang logistic operator ini sebagai bukti kecintaan terhadap Bumiputera.

mutual | Edisi 40 - 2015 53

Kelu

arga

Bum

iput

era

PeMeGANG polis satu ini memang memiliki sejarah unik dengan Bumiputera khususnya di Wilayah Surabaya. Sebagai Komisaris Utama dari Anugerah Grup, holding company yang bergerak di bidang logistic operator pelabuhan dan peternakan dengan 14 anak perusahaan, ia masih mampu beraktivitas sebagai motivator di berbagai institusi.

Sebagai pemegang polis Bumiputera dirinya merasa terpanggil untuk ikut menyumbangkan apa yang dimiliki demi kelestarian perusahaan mutual ini. Tidak kurang kegiatan refreshing Supervisor hingga rapimda di Wilayah Surabaya dan Makassar pernah diikutinya sebagai pemateri tamu dengan materi motivasinya.

Sebagai pebisnis, ia memberikan sedikit bocoran analisanya.

“Potensi pasar asuransi jiwa di Indonesia masih sangat menantang untuk tumbuh dan berkembang, karena adanya peningkatan ekonomi masyarakat kita. Tidak ada ceritanya orang bangkrut karena bayar premi asuransi, yang ada orang bangkrut karena tidak ikut asuransi. Perlambatan pertumbuhan ekonomi saat ini terjadi hampir di semua sektor dan rata2 di semester I 2015 tidak ada yang tercapai target. revisi target bukan pilihan ideal. Siapa yang mampu survive di kondisi ini

akan mampu keluar sebagai pemenang, dan saya yakin Bumiputera bisa, terbukti dari hasil laporan terkini pertumbuhannya cukup signifikan”.

Arbet Tako masih cinta dengan Bumiputera, dengan tambahan 2 polis barunya sehingga total 12 polis yang dimilikinya hingga kini. Di akhir pertemuan, ia berpesan kepada seluruh Bumiputerawan-wati.

“Kesuksesan itu 99%-nya adalah kerja keras, fokus, dan keuletan. Itu representasi Bumiputera yang wajib dipertahankan. Bumiputera layak dipilih karena sudah terbukti mampu melaksanakan tanggung jawabnya kepada pemegang polis selama 103 tahun, tepat waktu dalam membayarkan klaim, dan pemegang polis sudah jelas akan menerima manfaat sesuai dengan perjanjian di awal dalam polis. Kami sebagai pemegang polis mengharapkan manajemen dapat diisi oleh pribadi yang berintegritas tinggi, sehingga mampu membawa Bumiputera menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Tidak perlu harus berteknologi canggih, jaga

“Harapan Saya, Bumiputera terus berjaya dan eksis dalam tanggung jawab kepada pemegang polis. Sekali Bumiputera Tetap Bumiputera”

komunikasi dengan pemegang polis karena itulah adalah kunci pelayanan dari Service Excellent. Selamat dan Terima kasih untuk Bumiputera.” Tutupnya. ***Udhy - PrO Surabaya

mutual | Edisi 40 - 201554

Kelu

arga

Bum

iput

era

Terbitnya UU Mutual Membuat Makin Mantap dengan Bumiputera

Drs. Ir. Sri Djoko Pararto Direktur Utama PT. Cogindo (2004-2009) / Wakil Direktur Utama DP PLN (2009-2014)

Dr. Ir. Sri Djoko Pararto atau yang biasa disapa Bapak Djoko saat dijumpai di kediamannya di kawasan Pondok Indah Jakarta Selatan menerima Tim Redaksi dan Kepala Cabang Cimanggis, Maskur khusus untuk menyerahkan Polis Mitra Poesaka, Rabu, 16 Desember 2015. Mantan Direktur Utama PT. PLN (persero) kelahiran Sragen 64 tahun yang lalu ini menceritakan asal mula perkenalannya dengan Bumiputera melalui pemberitaan di media. “Ketika itu saya memiliki polis Bumiputera tahun 1982 di Surabaya, saat itu ada tetangga agen asuransi yang menawarkan, sehingga saya masuk produk Aneka Guna. Di Aceh, saya memiliki asuransi lagi, melalui melalui Sanusi, Kepala Cabang Aceh. Dan sekarang saya mengambil produk Mitra Poesaka untuk jangka waktu 10 tahun”.

mutual | Edisi 40 - 2015 55

Kelu

arga

Bum

iput

era

Drs. Ir. Sri Djoko Pararto Direktur Utama PT. Cogindo (2004-2009) / Wakil Direktur Utama DP PLN (2009-2014)

“Asuransi untuk jaminan perlindungan di hari tua, karena saya sudah pensiun dan tidak memiliki usaha, sehingga asuransi adalah untuk antisipasi kebutuhan yang akan datang karena anak saya masih ada yang masih sekolah. Asuransi ini untuk antisipasi bila terjadi risiko, namun apabila masih sehat, manfaatnya masih bisa diterima, termasuk gainnya” ujarnya tentang makna asuransi.“

Ketika ditanya kesan-kesannya terhadap Bumiputera “Dulu saya ada keraguan karena bentuk asuransi cuma ada dua, yaitu Perseroan Terbatas dan Koperasi, Kemudian bentuk Mutual masih ditangguhkan ketika itu dan akan diputuskan kemudian. Cukup lama, sampai akhirnya tahun 2014 terbit Undang Undang tentang Perasuransian No. 40 tahun 2014 yang mengatur bentuk asuransi menjadi tiga bentuk perusahaan yaitu, Perseroan Terbatas, Koperasi ditambah Mutual, sehingga saya tidak ragu lagi dan menambah kemantapan saya dengan Asuransi Bumiputera dan ingin tetap berasuransi dalam US Dollar”

Manfaat asuransi sudah keduakalinya diterima, “Ketika itu saya ambil produk US Dollar akhir tahun 1997, dengan kurs rp. 2.300,- per 1 US Dollar dan ketika itu saya bayar dalam rupiah. Ketika Maret 1998 kurs US Dollar menjadi rp. 17.000,-. Tetapi saya tetap tidak menjual polis saya dan menyelesaikan sampai habis kontrak, sehingga 15 tahun kemudian saya mendapatkan manfaat polis saya”.

“Seharusnya perusahaan di Indonesia itu jangan bertransaksi US Dollar apabila pemakaiannya tidak US Dollar. Jadi Bumiputera harus menggunakan premi US Dollar itu untuk membeli obligasi US Dollar, Kenapa? Hal itu untuk menjamin dana yang diinvestasikan. Karena US Dollar itu pasti menguat dibanding rupiah, US Dollar saat ini sudah menguasai uang dunia, Yang saya pelajari, Amerika punya politik strong money policy, dimana US Dollar harus dipakai di manapun di seluruh dunia. Saat ini Amerika sudah menguasai 70% uang di dunia itu dalam US Dollar. Sehingga banyak negara

yang memusuhi, seperti Jepang, eropa, China, Di Indonesia, impor dibanding eskpor masih lebih besar Impor, oleh karena itu kebutuhan US dollar masih tetap tinggi dan kalau kebutuhan akan Dollar masih lebih tinggi dibandingkan kita mendapatkan US Dollarnya, maka kurs US Dollar makin naik dan rupiah makin turun, naik turun itu biasa namun trendnya US Dollar selalu menguat.” demikian pendapatnya.

Disela-sela kesibukannya, pria lulusan Teknik elektro Institut Teknologi Surabaya ini menyelesaikan S2 jurusan International Finance di Prasetya Mulya dan menyelesaikan S3 jurusan ekonomi Pertanian di Institut Teknologi Bogor. Pria penghobi renang, senam dan bersepeda ini sangat senang berolahraga untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuhnya.

Setelah pensiun dari PT. PLN tahun 2004, bekerja sebagai Direktur Utama PT. Cogindo, Dayaberama, anak perusahaan PT. PLN yang bergerak di bidang pembangkit listrik selama 6 tahun. Setelah itu bekerja di Dana Pensiun PLN. Dan saat ini setelah pensiun dari Dana Pensiun PLN tahun 2014, Bapak Djoko menikmati hari-harinya bersama isteri, ketiga putera-puterinya dan seorang cucu dan aktif di bidang sosial.

Menurutnya kesadaran berasuransi masyarakat Indonesia belum tinggi, dan untuk meningkatkan kesadaran berasuransi, agen asuransi harus aktif mengunjungi dan presentasi di perusahaan-perusahaan pada umumnya atau di PLN pada khususnya.

Adapun produk yang diminati saat ini menurutnya adalah produk asuransi yang dikombinasikan dengan Investasi atau produk unit link, yang dikelola oleh Manager Investasi yang baik.

Sementara itu, Bumiputera dahulu dan sekarang menurutnya ada perbedaan, karena dengan adanya Undang-Undang Mutual maka kepercayaan masyarakat terhadap Bumiputera makin meningkat. namun pembenahan didalam harus terus dilakukan, terutama pelayanan dan IT “saya

menginginkan untuk dapat kapan pun melihat performa Bumiputera, dan apabila performa Bumiputera baik, seharusnya pemegang polis juga dibagikan kelebihan keuntungan tersebut, sehingga pemegang polis yang loyal nantinya bisa menjadi marketing Bumiputera”

Walaupun tingkat kesejahteraan sudah bagus, asuransi masih tetap diperlukan “Karena kita tidak tahu kapan risiko akan terjadi, misalkan sekarang ngobrol, besok sudah tidak ada, karena sudah dipanggil Yang Maha Kuasa”, tambahnya menekankan pentingnya berasuransi.

Agar Bumiputera tetap eksis di tengah persaingan “Produk harus bervariasi, harga tidak menjadi soal, yang penting quality, sama seperti membeli barang, harga tidak menjadi masalah yang penting quality Oleh karena itu kualitas pelayanan dan kualitas dapurnya Bumiputera harus ditingkatkan”

Bapak Djoko mengutarakan pentingnya agen asuransi “Agen Asuransi sepertinya tetap diperlukan karena ‘tak kenal maka tak sayang’, dan walaupun iklan melalui televisi atau surat kabar itu perlu, tapi kurang menyentuh, sehingga tetap dibutuhkan peran agen asuransi untuk penjualan asuransi, karena adanya personal touch”

“Saya sekarang merasa lebih mantap dengan Bumiputera karena sudah disetujuinya atau diputuskannya Undang-Undang mengenai keberadaan Bumiputera mengenai bentuk usahanya yaitu Usaha Bersama atau Mutual, sehingga asuransi sekarang sudah ada 3 macam sekarang sehingga dengan demikian masyarakat tidak perlu ragu lagi karena sudah dilindungi Negara, Jadi meskipun Bumiputera itu sudah hebat dan kemungkinan bangkrutnya itu kecil tetapi masih dilindungi Negara lagi, jadi lebih mantap-lah. Jadi marilah jangan ragu-ragu lagi kita menginvestasikan kepada Asuransi Bumiputera yang sudah terjamin” demikian pendapatnya tentang Bumiputera mengakhiri pembicaraan. ***ranti/Angga

mutual | Edisi 40 - 201556

Agen, Mendekatkan Bumiputera dengan Pemegang Polis

PeMBAWAAN yang tenang, dan bersahaja membuat sosok pemimpin yang satu ini dikenal dekat dengan bawahannya. Ditemui di kantornya lantai 16 gedung H , Kemendagri dibilangan Jl Medan Merdeka Utara 7 jakarta Pusat Kamis sore (10/12), Teguh Setyabudi, bapak 2 anak, M rafiadi Setyapratama (20 tahun) yang baru lulus dari sekolah penerbangan Bali International Flight Academy {BIFA) dan r Tyas Ayu Fairuztika (17 tahun), kelas 3 SMA Lab School ini, dengan hangat menyambut kedatangan Bumiputera.

Sesuai dengan janji sebelumnya, Teguh Setyabudi, pemegang polis Kantor Cabang Cokroaminoto - Kanwil jakarta I, memang menyediakan waktu untuk bincang-bincang seputar bidang pekerjaannya dan asuransi tentunya. Walaupun sehari sebelumnya (9/12) telah disibukkan dengan pelaksanaan Pilkada serentak yang merupakan tanggung jawab dari institusinya.

Suami dari Ika Octaviana ini, baru mengenal lebih mendalam tentang asuransi pada 2004 lalu walaupun sebelumnya pernah ditawari oleh beberapa agen dari berbagai perusahaan asuransi, namun ia belum merasa tertarik dan perlu. Hingga sekarang ia menyadari pentingnya asuransi, setelah mendapat penjelasan manfaat asuransi dari agen Bumiputera yang ia kenal.

“Tidak ada yang terlambat untuk suatu niat dan rencana yang baik apalagi untuk masa depan anak-anak dan keluarga, akhirnya saya putuskan untuk ikut gabung sebagai pemegang polis di Bumiputera, “ lanjutnya sambil tersenyum.

Drs. H. Teguh Setyabudi, M.Pd, Direktur Penataan Daerah, Otonomi khusus dan DPOD.

Kelu

arga

Bum

iput

era

“Dan karena kepiawaian si agen, walhasil 4 polis asuransi Bumiputera langsung saya beli saat itu.” Sambil tertawa mengenang kejadian saat itu ketika ia masih menjadi salah satu Kepala bagian di Badan Diklat Depdagri.. “Tapi, sesungguhnya, asuransi Bumiputera sudah saya kenal sejak kecil dulu, bahkan jika orang menyebut asuransi maka orang pasti bilangnya Bumiputera. Seolah-olah seperti 2 sisi uang logam Maka dari itu saya percaya sepenuhnya dengan bumiputera” sambung alumni S2 Universitas Indonesia ini.

Putra kelahiran Purwokerto ini, termasuk insurance minded, mengingat banyak polis yang dimiliki khususnya di Bumiputera 6 polis. “Tanpa terasa saya menjadi nasabah Bumiputera lebih dari sebelas tahun. Dan dengan memiliki asuransi Bumiputera saya dilatih untuk disiplin menyisihkan sebagian penghasilan saya, karena agen selalu rajin untuk mengingatkan saya sebelum jatuh tempo. Demikian juga saat pengambilan dana beasiswa untuk masuk sekolah anak. Dan memang kita kan tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kemudian, sehingga sudah sewajarnya kita prepare dengan asuransi,” jawab pria yang hobi fotografi ini, ketika ditanya tentang manfaat yang dirasa selama memiliki polis Bumiputera.

Desember tahun ini, salah satu polisnya jatuh tempo habis kontrak. Karena dirasakan manfaat memiliki polis asuransi, dan terlebih dengan adanya produk Link yang ada proteksi kesehatannya, maka ia merencanakan mempercayakan pengelolaan dananya di Bumiputera lagi melalui produk Mitra BP-Link.

“Saya betul-betul jatuh hati dengan Bumiputera, mengingat pelayanan yang saya rasakan selama ini baik, seperti setiap menjelang jatuh tempo pembayaran premi, saya diingatkan oleh agen terlebih saat jatuh tempo klaim seperti saat ini. Padahal saya sendiri tidak ingat kalau polis saya selesai” ujarnya sambil tersenyum. “Dan yang menarik dari Bumiputera adalah, dari awal saya membeli polis pada 2004 lalu, sampai dengan sekarang masih dilayani oleh agen yang sama, sehingga saya merasa tenang dan nyaman untuk mempercayakan pengelolaan uang dan proteksi jiwa saya di Bumiputera,” kenangnya saat pertama kali membeli polis asuransi Bumiputera.

Menurutnya, Bumiputera berbeda dengan asuransi lain. Setelah membeli polisnya, maka agen tersebut tidak pernah muncul lagi, dan mungkin sudah ada di perusahan asuransi lain. “Saya salut dengan Bumiputera karena memiliki agen yang loyal hingga puluhan tahun lamanya,” ujarnya.

Teguh Setyabudi, yang memulai karir sebagai PNS di kemendagri tahun 1993 ini, merasakan manfaat dari asuransi beasiswa pada saat anak pertamanya lulus SMA dan melanjutkan ke sekolah penerbangan, BIFA di Bali. Termasuk istrinya pun memiliki polis Asuransi Bumiputera.

“Yang menarik dari Bumiputera adalah produk yang ditawarkan variatif, bukan hanya ditujukan untuk kalangan menengah atas tapi juga masyarakat kebanyakan. Dan dalam melakukan pelayanan tidak dibeda–bedakan. Dan tentunya hal ini harus tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan,” pungkasnya mengakhiri perbincangan.***M.Syahrial

mutual | Edisi 40 - 2015 57

Iklan

Kelu

arga

Bum

iput

era

mutual | Edisi 40 - 201558

Krea

si

mutual | Edisi 40 - 2015 59

mutual | Edisi 40 - 201560

Terinspirasi Kesuksesan Teman LamaBambang Oetaryo - Agen KC. Syariah Monginsidi

BAMBANG OeTArYO, pria kelahiran Purwokerto, 6 April 1957, adalah salah satu agen di Kantor Cabang Syariah Monginsidi. Sebelumnya sudah pernah mengikuti training yang diadakan Bumiputera untuk merekrut agen pada tahun 80-an. Namun, kemudian lebih memilih bekerja dengan teman dan mencoba beberapa bisnis seperti bisnis jual beli mobil. Tetapi, tahun 2008 ia memutuskan menjadi agen karena melihat peluang dari banyaknya teman-teman SMP dan SMA yang sukses. Banyak teman-temannya yang sudah menempati posisi strategis dalam pekerjaannya.

Pemasaran produk asuransi dimulai dari teman-teman yang dikenal kemudian merambah ke sekitarnya. Pendekatan dilakukan melalui obrolan ringan kemudian ditanyakan mengenai asuransi. “Misalnya ketika ngobrol ditanyakan mengenai asuransi pendidikan untuk anaknya. Dan dari obrolan ini juga digali informasi peluang asuransi untuk staff atau rekannya yang lain,” ujar ayah dari Utarini Imala (24 tahun) dan Sujatmiko Wicaksono (23 tahun).

Salah satu kendala yang dihadapi dalam pemasaran adalah ketika prospek. Ada agen dari perusahaan lain maupun agen Bumiputera mendekati calon pemegang polis yang sama. Selain itu, rata-rata calon pemegang polis juga sudah memiliki asuransi dari perusahaan lain sehingga

perlu upaya lebih untuk meyakinkan calon pemegang polis untuk bergabung dengan Bumiputera.

“Untuk menjadi agen yang sukses, kita harus memiliki planning dan lincah dalam melakukan pemasaran,” ujar pria yang paling banyak menjual produk Mitra Mabrur ini. Menurutnya, profesi agen adalah profesi yang dinamis, potensinya dapat berkembang, serta dapat menjaga silaturahmi dengan orang lain, khususnya dengan teman-teman lama.

Ketika menjalani profesi sebagai agen, Bambang menjalaninya dengan enjoy dan tidak menjadikannya sebagai beban. Meskipun, terkadang ada pula duka yang dilalui ketika calon pemegang polis yang telah diprospek diambil oleh teman sendiri. Dari hasil pendapatan sebagai agen, Bambang juga telah berhasil menyekolahkan kedua anaknya di London School of Public relations.

Orang-orang yang diprospek rata-rata sudah mengerti pentingnya berasuransi dan memahami manfaat yang didapat dari asuransi. “rata-rata sudah paham asuransi dan produknya. Bahkan, banyak juga yang sudah memiliki polis asuransi”, ujar Bambang. Yang harus dilakukan adalah membuat mereka yakin dan percaya dengan Bumiputera. “Produk apapun, yang

penting adalah bagaimana mereka bisa nyaman dengan kita,” tambahnya.

Bambang berharap ke depannya sistem di Bumiputera semakin baik sehingga pemasarannya juga akan lebih baik lagi. Selain itu juga mendukung spin off Departemen Syariah sebagai Business Unit. “Kalau sudah spin off, agen menjadi lebih fokus dan bisa lebih berkembang. Pengurusan administrasi juga lebih fokus dan teratur karena tidak digabung dengan konvensional,” ujar pria yang hobi bersepeda dan memancing ini. Bambang juga berharap bisa lebih banyak menjual produk askum.

“Agar prestasi terus meningkat, atau paling tidak mempertahankan prestasi saat ini, adalah memberikan service terbaik kepada pemegang polis. Saya mudahkan mereka dari segi klaim sehingga akan semakin meningkatkan kepercayaan,” ujar Bambang.

Jika ada isu negatif, Bambang menjelaskan kepada pemegang polis bahwa aset Bumiputera banyak di seluruh Indonesia dengan hak milik sendiri. “Bumiputera kan sudah menjadi ikon asuransi. Sudah terbukti membayar klaim selama lebih dari 100 tahun,” tambahnya. ***Afra

“Untuk menjadi agen yang sukses, kita harus memiliki planning dan

lincah dalam melakukan pemasaran”

Mit

ra A

nda

mutual | Edisi 40 - 2015 61

Namanya singkat saja, Martutik, biasa dipanggil Mbak Tutik. Berasal dari keluarga yang tinggal pedesaan, Martutik yang telah bersuami dan memiliki seorang putri ini sudah terbiasa dididik menjadi seorang bermental juara. Kemandirian, rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap pribadi dan keluarga dan disiplin ala militer merupakan representasi dari didikannya di masa kecil. Di sisi lain, keramahan dan kepedulian sosialnya yang tinggi membuatnya mudah sekali akrab dengan lingkungan di sekitarnya.

Pertama kali bertemu seperti rasanya kita sudah berteman lama saja. Ceria, ramai, tidak ada terlihat rasa minder, positive thinking, dan memiliki kemauan belajar yang tinggi dari apa saja dan siapa saja.

“Awal mulanya saya ini pemegang polis, karena sering bayar premi sendiri ke kantor akhirnya saya direkrut menjadi agen oleh Kepala Cabang. Pertama kali saya bekerja jadi agen seminggu masuk cuma 2 kali. Tetapi begitu sudah mendapatkan produksi pertama, kok rasanya mudah sekali cari uang dari jual asuransi. Akhirnya saya jadi termotivasi untuk selalu datang pagi setiap hari ke kantor…..”ujar Tutik membuka pembicaraan.

Motivasi utama Tutik bekerja di Bumiputera yang pertama yaitu peluang mendapatkan penghasilan tidak terbatas, tergantung. Kedua, ia senang karena banyak teman dan relasi baru. Dari sini mampu merubah sudut pandang saya untuk menjadi orang yang lebih berguna bagi orang lain.

Keluarganya mendukung 100% profesinya sebagai agen. Yang terpenting ia tetap mampu menjaga tugas dan tanggung jawab baik sebagai istri atau ibu dari anak-anak. Lagipula profesi agen adalah sangat mulia, akan banyak sekali orang yang terbantu dalam mengatur keuangannya.

“Kalau ditanya sukanya ya karena komisinya gede. Dukanya saya rasa tidak ada, karena saya mencintai pekerjaan saya ini termasuk proses jatuh bangun di dalamnya.” ujar Tutik.

Pada awal prospek, kendalanya serupa yang dialami teman-teman, apalagi ketika pasar bawaan kita sudah habis. Bingung cari sasaran prospek, takut ditolak sudah jadi keseharian pekerjaan ini.

Sejak mengenal produk unitlink, ia merubah strategi memasarkan ke menengah atas,

kebanyakan di instansi pemerintah. Dinas Perpajakan, Dinas Peternakan, Dinas Pertanahan, Dinas Perikanan, Dinas Kesehatan juga di TNI POLrI.

Dan sekarang saya juga membidik pasar baru yaitu para deposan dari pengusaha tambak.

“Intinya, saya berusaha mengakrabkan diri dengan calon pemegang polis, Menjadi akrab dan sepaham berarti kita ikuti alur yang mereka sukai. Baru saya berusaha membantu solusi dari sisi asuransi untuk pengelolaan keuangan mereka. Biasanya mereka sudah memiliki polis dari asuransi lain, maka itu menjadi kesempatan saya untuk belajar kelebihan dan kekurangan di produk kompetitor, demikian halnya dengan produk kita. Mereka tidak suka dianggap salah membeli, maka tugas kita sesuai kode etik agen memberi informasi yang berimbang. Dan ternyata pola menjual saya yang demikian justru membuat mereka berminat tanpa merasa tersinggung dan akhirnya membeli produk Bumiputera yang sudah saya jelaskan manfaatnya. “ ujar Tutik membagi tips.

Selama menjadi agen ia sudah mendapatkan banyak rezeki. Reward tingkat kantor cabang sering Tutik dapatkan. Ke depan Tutik masih memiliki impian memiliki rumah dan investasi untuk persiapan hari tua dan masa depan anak-anak.

Martutik - Agen KC. rungkut Surabaya

Berawal dari Pemegang Polis, Sukses sebagai Financial Consultant

Bahkan di beberapa acara gathering produk Mitra BPLink dan BPMaxi dirinya sering diminta oleh panitia untuk memberikan testimoni sekaligus motivasi bagi calon pemegang polis yang masih ragu agar segera closing.

Wanita yang senang browsing, olahraga, dan membaca ini juga selalu berusaha upgrade kemampuannya dari sumber apa saja, siapa saja dan dari mana saja. Salah satunya adalah kesempatan mengikuti seminar motivasi oleh Tung Desem Waringin bertajuk selama 3 hari 2 malam diikutinya hingga tuntas.

Tidak ada kata gagal, yang ada hanya sukses dan terus belajar. “Ingin jadi Dahsyat Luar Biasa ? Jadilah FC di Bumiputera !!! katanya menutup wawancara MUTUAL.Salam Dahsyat Sukses Luar Biasa untuk Bu Martutik ! ***Udhy P. - PrO Surabaya

Mit

ra A

nda

mutual | Edisi 40 - 201562

Bijak Menggunakan Media Sosial

Media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan situs jejaring sosial merupakan

aplikasi teknologi yang sedang digemari kalangan remaja hingga orang tua. Dengan situs media sosial ini kita dapat memperluas pertemanan maupun dengan masyarakat luas, bukan hanya dalam ruang lingkup lingkungan tempat tinggal saja tetapi juga dalam lingkungan kerja. Tak ketinggalan Usaha Kecil Menengah (UKM), lembaga jasa keuangan dan non keuangan hingga institusi pemerintahan pun melengkapi dirinya dengan media sosial

Penggunaan media sosial secara pribadi untuk membicarakan kepentingan kerja tentu mempunyai dampak positif dan negatif. Bagi perusahaan, dampak positif dari kehadiran media sosial diantaranya sebagai sarana untuk menyampaikan pesan/berita kepada publik, mempromosikan produk dan berinteraksi kepada customer secara langsung. Adapun dampak negatif bagi karyawan dari penggunaan media sosial yang berlebihan antara lain dapat mengurangi produktivitas kerja hingga dapat tersebarnya data penting mengenai perusahaan yang tidak semestinya.

Simak do’s dan don’t dari Departemen Komunikasi Bumiputera yang dapat dilakukan di media sosial yang dapat meningkatkan citra dan reputasi baik perusahaan di media sosial. Semoga bermanfaat. ***

1. Follow akun twitter resmi AJB Bumiputera 1912 : @bumiputera2. Follow akun Instagram resmi AJB Bumiputera 1912: @bumiputera_3. Like Official FB page-nya AJB Bumiputera: Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera4. Ajak follower di Twitter, Instagram dan teman di FB Anda untuk mem-follow

dan me-Like akun Bumiputera di kedua media tersebut. 5. retweet tweet dari akun @bumiputera6. Beri komentar positif pada update status dari FB page Asuransi Jiwa Bersama

Bumiputera.7. Sertakan kalimat berikut dalam penjelasan profil di setiap akun social media

yang anda miliki : “Seluruh status merupakan pendapat pribadi dan tidak mempresentasikan tempat saya bekerja”.

8. Informasikan, posting atau update status seputar perkembangan atau informasi positif tentang Bumiputera.

9. Sampaikan dan sebarkan atmosfir, kejadian kebersamaan positif yang terjadi bersama rekan kerja/pemegang polis di lingkungan kantor Bumiputera.

10. Berinteraksilah di media sosial hanya di waktu istirahat. Atau, saat sebelum jam kantor ataupun setelah jam kantor selesai.

1. Hindari berinteraksi di media sosial pada jam kerja (meskipun menggunakan peralatan elektronik milik sendiri).

2. Hindari mengeluh tentang keadaan, kondisi atau situasi kantor yang berlebihan. (mengeluh/mengadukan permasalah kantor dapat melalui SPSI/KPPI/DPI/SDM).

3. Jangan menggunakan kata-kata yang tidak sopan dan mengandung kebencian. Anda adalah representasi perusahaan bagi kolega dan keluarga Anda.

4. Tidak menjelek-jelekkan kompetitor/perusahaan asuransi lainnya.5. Hindari membicarakan kejelekan rekan sekantor atau atasan di media sosial.6. Dilarang memberikan komentar negatif mengenai berbagai berita/

informasi mengenai perusahaan yang disebarkan secara resmi melalui akun media sosial perusahaan.

7. Dilarang menyebarkan berita bohong atau berita yang tidak benar mengenai kondisi perusahaan.

8. Dilarang memposting tulisan yang akan menimbulkan konflik SArA.9. Dilarang mempublikasikan data rahasia perusahaan.

Info

Kit

a

mutual | Edisi 40 - 2015 63

mutual | Edisi 40 - 201564

Produk Tambahan (rider) Asuransi Jiwa Perorangan Mitra BP-Link

BP PDCI (Proteksi Dini Critical Illness)Kesehatan Anda dan keluarga adalah prioritas utama di kehidupan saat ini yang serba modern dan instan. Gaya hidup yang kurang sehat, tidak seimbangnya antara waktu istirahat dan bekerja, serta asupan nutrisi yang kurang seimbang, memberikan kontribusi terhadap meningkatnya risiko penyakit kritis.

Bila Anda terdiagnosa penyakit kritis, sudah pasti penyembuhannya diperlukan biaya yang sangat tinggi, dan waktu yang tak singkat dalam penyembuhannya. Hal ini juga dapat menimbulkan masalah lainnya, yaitu kesulitan finansial.

Sebagai solusi perencanaan keuangan untuk mengatasi penyakit kritis secara dini, kini Bumiputera memberikan manfaat tambahan (rider) untuk melengkapi polis Mitra BP-Link yang Anda miliki saat ini, yaitu BP PDCI (Proteksi Dini Critical Illness) dengan manfaat:

BATASAN MANFAAT PERLINDUNGAN1. Manfaat asuransi tambahan ini akan

dibayarkan secara lumpsum (sekaligus) dengan jumlah berbeda-beda tergantung pada kondisi penyakit yang diderita.

2. Manfaat yang dapat dibayarkan sesuai tingkatan penyakit yang diderita yaitu stadium awal, stadium menengah dan stadium lanjut.

3. Total Pembayaran uang pertanggungan dibatasi sampai 100% dari uang pertanggungan. Manfaat rider akan berakhir apabila pembayaran telah mencapai 100% dari uang pertanggungan.

Layanan Best DoctorsSebagai Mitra bagi Keluarga, Bumiputera telah bekerja sama dengan Best Doctors untuk memberikan layanan tambahan berupa konsultasi dengan para medis di seluruh dunia yang terdaftar dalam Best Doctors. Layanan ini tersedia gratis untuk Tertanggung, pasangan tertanggung, dan anak Tertanggung yang masih ditanggung untuk segala kondisi medis (tidak dibatasi oleh penyakit kritis yang dicover) layanan meliputi: Interconsultation, Ask The expert, Ask Best Doctors.

UANG PERTANGGUNGAN1. Uang Pertanggungan rider (UPr) sebesar

100% Uang Pertanggungan Polis Dasar (atau sesuai dengan minimum UP Polis Dasar).

2. Maksimal UPr untuk Tertanggung di bawah usia 18 tahun sebesar rp 750.000.000 per jiwa.*

3. Maksimal UPr untuk Tertanggung di atas usia 18 tahun sebesar rp 3.000.0000.000 per jiwa.

Perlindungan 22 Penyakit Kritis Stadium AwalManfaat asuransi akan dibayarkan sebesar 25% dari uang pertanggungan awalnya dibatasi sampai rp.250.000.000,- (dua ratus lima puluh juta rupiah) per jiwa apabila tertanggung didiagnosa pada kejadian pertama dinyatakan menderita salah satu penyakit kritis stadium awal dari 22 jenis penyakit kritis stadium awal yang ditanggung.

Perlindungan 14 Penyakit Kritis Stadium MenengahManfaat asuransi akan dibayarkan sebesar 50% dari uang pertanggungan awalnya dibatasi sampai rp.500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) per jiwa apabila tertanggung didiagnosa pada kejadian pertama dinyatakan menderita salah satu penyakit kritis stadium menengah dari 14 jenis penyakit kritis stadium menengah yang ditanggung.

Perlindungan 50 Penyakit Kritis Stadium LanjutManfaat akan dibayarkan maksimum 100% dari Uang Pertanggungan apabila tertanggung didiagnosa pada kejadian pertama dinyatakan menderita salah satu penyakit kritis dari 50 Penyakit Kritis stadium lanjut yang ditanggung.

Perlindungan 4 Penyakit Kritis Stadium Lanjut - Kondisi Minor (Accelerated)Jika Tertanggung didiagnosa menderita salah satu atau setiap dari 4 penyakit kritis yang tergolong kondisi minor, maka Anda akan menerima 10% Uang Pertanggungan dari manfaat polis dasarnya (maksimal rp 100.000.000,- ).

PREMI1. Premi rider (Cost of rider) sebagai premi

risiko asuransi akan dipotong dari Dana Investasi setiap bulan tanggal jatuh tempo polis .

2. Premi rider dihitung berdasarkan usia Tertanggung pada saat ulang tahun polis dan dibedakan sesuai jenis kelamin.

3. Manfaat rider berlaku sepanjang polis dasarnya inforce (aktif ) dan Dana Investasi peserta mencukupi untuk membayar premi rider.

KETENTUAN UMUM1. Dipasarkan menggunakan mata uang

rupiah.2. Tertanggung dan pemegang polis sesuai

dengan yang tertera pada polis Mitra BP-Link.

Etal

ase

mutual | Edisi 40 - 2015 65

Produk Tambahan (rider) Asuransi Jiwa Perorangan Mitra BP-Link

3. Usia tertanggung saat masuk asuransi minimal 1 bulan dan maksimal 55 tahun (atau sesuai dengan usia Tertanggung pada polis dasarnya).*

4. Maksimum usia saat pertanggungan berakhir adalah 65 tahun.

5. Diberlakukan Masa Tunggu sejak awal

polis diterbitkan atau tanggal pemulihan (tanggal efektif ) dari setiap polis. Masa tunggu untuk stadium awal dan menengah adalah 180 hari, dan masa tunggu stadium lanjut termasuk 4 kondisi minor penyakit adalah 90 hari.

6. Diberlakukan masa bertahan hidup di mana Manfaat akan dibayarkan jika Tertanggung masih hidup untuk sekurangnya 30 hari setelah tertanggung didiagnosis untuk kejadian pertama atas penyakit kritis yang ditanggung.

*Untuk saat ini Mitra BP-Link hanya dijual untuk usia 18 tahun ke atas.

Untuk informasi lebih lengkap dan jelas, hubungi kantor cabang Bumiputera terdekat di kota Anda

Etal

ase

mutual | Edisi 40 - 201566

Etal

ase

Produk Tambahan (rider) Asuransi Jiwa Perorangan Mitra BP-Link

BP ACI (Additional Critical Illness)Kesehatan Anda dan keluarga adalah prioritas utama di kehidupan saat ini yang serba modern dan instan. Gaya hidup yang kurang sehat, tidak seimbangnya antara waktu istirahat dan bekerja, serta asupan nutrisi yang kurang seimbang, memberikan kontribusi terhadap meningkatnya risiko penyakit kritis.

Bila Anda terdiagnosa penyakit kritis, sudah pasti penyembuhannya diperlukan biaya yang sangat tinggi, dan waktu yang tak singkat dalam penyembuhannya. Hal ini juga dapat menimbulkan masalah lainnya, yaitu kesulitan finansial.

Sebagai solusi perencanaan keuangan untuk mengatasi penyakit kritis secara dini, kini Bumiputera memberikan manfaat tambahan (rider) untuk melengkapi polis Mitra BP-Link yang Anda miliki saat ini, yaitu BP ACI (Additional Critical Illness).

Anda tak perlu cemas, jika didiagnosa pertama kali menderita penyakit kritis. Karena BP ACI memberikan proteksi 100% Uang Pertanggungan ridernya dan layanan konsultasi kesehatan gratis melalui Best Doctor.

Perlindungan 50 Penyakit Kritis Stadium LanjutManfaat akan dibayarkan secara lump sum (sekaligus) sebesar 100% dari Uang Pertanggungan apabila tertanggung didiagnosa pertama kalinya menderita salah satu dari 50 Penyakit Kritis stadium lanjut yang ditanggung (lihat daftar tabel 54 penyakit kritis yang ditanggung).

Perlindungan 4 Penyakit Kritis Stadium Lanjut - Kondisi Minor (Accelerated)Jika Tertanggung didiagnosa menderita salah satu atau setiap dari 4 penyakit kritis yang tergolong kondisi minor, maka Tertanggung akan menerima 10% Uang Pertanggungan dari manfaat polis dasarnya (maksimal rp 100.000.000,-). Sisa uang Pertanggungan rider tetap digunakan untuk memproteksi penyakit kritis lainnya.

BATASAN MANFAATTotal Pembayaran Uang Pertanggungan dibatasi sampai 100% dari Uang Pertanggungan dan manfaat rider berakhir.

Layanan Best DoctorSebagai Mitra bagi Keluarga, Bumiputera telah bekerja sama dengan Best Doctor untuk memberikan layanan tambahan berupa konsultasi dengan para medis di seluruh dunia yang terdaftar dalam Best Doctor. Layanan ini tersedia gratis untuk Tertanggung, pasangan tertanggung, dan anak Tertanggung yang masih ditanggung untuk segala kondisi medis

(tidak dibatasi oleh penyakit kritis yang dicover) layanan meliputi: Interconconsultation, Ask The expert, Ask Best Doctors.

UANG PERTANGGUNGAN1. Uang Pertanggungan rider (UPr)

sebesar 100% Uang Pertanggungan Polis Dasar (atau sesuai dengan minimum UP Polis Dasar).

2. Maksimal UPr untuk Tertanggung di bawah usia 18 tahun sebesar rp 750.000.000 per jiwa.*

3. Maksimal UPr untuk Tertanggung di atas usia 18 tahun sebesar rp 3.000.0000.000 per jiwa.

PREMI1. Premi rider (Cost of Rider) sebagai premi

risiko asuransi akan dipotong dari Dana Investasi setiap bulan tanggal jatuh tempo polis.

2. Premi rider dihitung berdasarkan usia Tertanggung pada saat ulang tahun polis dan dibedakan sesuai jenis kelamin.

3. Manfaat rider berlaku sepanjang polis dasarnya inforce (aktif ) dan Dana Investasi peserta mencukupi untuk membayar premi rider.

SYARAT & KETENTUAN1. Dipasarkan menggunakan mata uang

rupiah.2. Tertanggung dan pemegang polis rider

BP ACI sesuai dengan yang tertera pada polis Mitra BP-Link.

3. Usia tertanggung saat masuk asuransi minimal 1 bulan dan maksimal 55 tahun (atau sesuai dengan usia Tertanggung pada polis dasarnya).*

4. Maksimum usia saat pertanggungan berakhir adalah 65 tahun.

5. Diberlakukan Masa Tunggu 90 hari sejak awal polis diterbitkan atau tanggal pemulihan (tanggal efektif ) dari setiap polis.

6. Diberlakukan masa bertahan hidup di mana Manfaat akan dibayarkan jika Tertanggung masih hidup untuk sekurangnya 30 hari setelah tertanggung didiagnosis untuk kejadian pertama atas penyakit kritis yang ditanggung.

mutual | Edisi 40 - 2015 67

Produk Tambahan (rider) Asuransi Jiwa Perorangan Mitra BP-Link

Etal

ase

Untuk informasi lebih lengkap dan jelas, hubungi kantor cabang Bumiputera terdekat di kota Anda

mutual | Edisi 40 - 201568

Etal

ase

Best Doctors, Layanan Informasi Kesehatan Berkelas Dunia

Untuk Pemegang Polis Mitra BP-Link dengan rider BP PDCI dan BP ACI

Ketika merasakan sedikit yang tidak beres pada tubuh, Anda pasti akan melakukan tindakan medis yang biasa Anda lakukan. Misal sakit kepala atau demam, Anda akan meminum obat yang mengandung paracetamol yang dijual di apotik-apotik. referensi terapi dan obat tradisional turun temurun pun, terkadang menjadi alternatif pilihan dalam pengobatan.

Dan Anda harus segera konsultasi ke dokter bila sakit yang dirasakan tak kunjung sembuh. Tubuh Anda akan didiagnosa dengan penanganan atau tindakan medis. Kemungkinan adanya penyebab lain untuk penyakit Anda.

Namun apa jadinya, bila tindakan medis pun ternyata tak kunjung membuat Anda merasa lebih baik. Kepada siapa lagi, Anda akan berkonsultasi medis untuk mencari jawaban atas penyakit Anda?

Anda tak perlu risau. Sebuah layanan konsultasi kesehatan yang diakui oleh dunia, Best Doctors kini hadir di Indonesia. Layanan

ini untuk pertama kalinya di Indonesia dihadirkan oleh AJB Bumiputera 1912 untuk Anda, pemegang polis Mitra BP-Link yang memiliki rider BP PDCI (Bumiputera Proteksi Dini Critical Illness) dan BP ACI (Additional Critical Illness).

Kenyamanan layanan Best Doctors ini dapat Anda gunakan secara gratis. Hadirnya layanan Best Doctors, dapat membantu Anda untuk mencari jawaban atas solusi penyakit dari para dokter ahli dan spesialis terkenal di dunia.

Tak hanya Anda, Anda dan keluarga pun dapat mengakses layanan Best Doctors ini sama seperti Anda, tanpa dikenai biaya. Dan nikmati kenyamanan dengan perlindungan kesehatan dengan pelayanan kelas dunia.

TIGA LAYANAN BEST DOCTORS UNTUK ANDA

Ketiga layanan ini dibedakan berdasarkan tingkat kebutuhan:

1. Layanan InterConsultationAkses layanan berbahasa Indonesia ini, melalui Toll free. Layanan ini berdasarkan Proses Medical Analytical, yaitu informasi sejarah medis dari Anda diobservasi oleh medical profesional yang dilatih oleh Best Doctors. Hasil observasi akan dianalisis oleh ahli spesialis berpengalaman di level internasional yang sesuai dengan bidang masing-masing.

Best Doctors akan mengirim laporan tertulis “Interconsultation” berdasarkan dari analisis rekam medis Anda. Dan bila diperlukan, akan dilakukan evaluasi ulang untuk tes diagnosis Anda. (contohnya, sampel untuk biopsy kanker).

Layanan ini digunakan untuk segala macam keadaan medis yang dianggap kritis, kronis atau degeneratif serta keadaan yang berdampak pada kemampuan Anda untuk melanjutkan kegiatan sehari-hari mereka.

mutual | Edisi 40 - 2015 69

Best Doctors, Layanan Informasi Kesehatan Berkelas Dunia

Etal

ase

Pengecualian dari layanan ini seperti kondisi akut (dengan durasi pendek), penyakit kronis minor, keadaan kejiwaan, masalah gigi, dan pasien yang sedang dirawat di rumah sakit. Serta keadaan yang belum diperiksa oleh spesialis lokal yang merawat, tidak dapat menggunakan layanan ini, karena layanan ini membutuhkan riwayat atau sejarah medis.

2. Layanan Ask Best DoctorsLayanan ini menyediakan kemudahan bagi Anda untuk bertanya seputar kesehatan yang umum kepada Doctor Online yang dapat diakses pada www.AskBestDoctors.com. Doctor Online hanya akan memberikan jawaban dengan tujuan untuk informatif dan edukatif serta tidak dalam kondisi untuk memberikan diagnosis atau rekomendasi tindakan kesehatan untuk Anda.

3. Layanan Ask The ExpertLayanan Ask The expert ini dapat digunakan saat membutuhkan solusi

alternatif bagi Anda yang memerlukan jawaban yang cepat dari pertanyaan medis yang tidak membutuhkan pemeriksaan riwayat medis.

Layanan ini cukup efisien untuk mengenali spesialis dari database Best Doctors yang unik. Dan layanan ini hanya digunakan pada saat layanan InterConsultation dianggap tidak tepat oleh Tim Best Doctors. Best Doctors akan merekomendasikan apakah Layanan Ask The expert atau InterConsultation yang paling tepat. Anda dapat mengakses layanan ini dengan mengakses www.AskBestDoctors.com.

CONDITIONS1. Layanan Best Doctors tidak diperuntukan

bagi mereka yang sedang membutuhkan layanan medis segera atau kritis, misalnya hendak melahirkan atau berada di ICU.

2. Jam operasional dari call centre Best Doctors, dimulai sejak pukul 09.00 hingga 18.00 WIB.

KEUNGGULAN

1. Dipercaya sejak tahun 1989 di lebih 70 negara dengan lebih 30 juta anggota.

2. Memiliki jaringan lebih dari 53.000 dokter terbaik yang dinominasikan dan dipilih berdasarkan proses yang bersertifikasi Gallup.

3. Dokter yang mewakili 40 spesialis dan lebih dari 400 sub-spesialisasi.

4. Best Doctors telah menerima berbagai penghargaan di bidang kesehatan diantaranya dinobatkan sebagai “Most Innovative Company of The Year” di penghargaan American Business Awards pada tahun 2015.

5. Pertama di Indonesia dan gratis bagi Pemegang Polis Mitra BP-Link dengan tambahan manfaat BP ACI dan BP PDCI.

6. Tak hanya Critical Illness/ penyakit kritis yang dicover oleh rider BP ACI dan BP PDCI, semua masalah kesehatan dapat dikonsultasikan.

7. riwayat kesehatan terjaga kerahasiaannya untuk siapa pun dan pihak mana pun.

8. Layanan tersedia dengan bahasa Indonesia.

9. Mudah diakses di mana pun.10. Layanan ini diberikan juga kepada

Pasangan dan anak-anak Tertanggung (bisa lebih dari satu) yang tinggal bersama hingga maksimum usia 19 tahun dan tanpa dikenakan biaya.

THe STOrIeS

Seperti yang dikutip dari www.AskBestDoctors.com. Seorang warga negara asing

bernama Michelle. Saat itu ia baru saja akan memasuki perguruan tinggi, ketika ia

didiagnosis menderita gejala gagal ginjal, tekanan darah tinggi, dan menurunnya

tingkat penglihatan.

Ibu Michelle, Susan, sangat sedih dan terus berjuang bagaimana caranya agar

puteri tercinta sembuh. Sampai pada akhirnya Susan mengetahui adanya layanan

Best Doctors. Kemudian, ia pun mengakses layanan itu.

Tim Best Doctors yang menerima dan mempelajari riwayat penyakit Michelle,

segera membantu dan mempelajarinya. Best Doctors memiliki jaringan

rekanan dokter spesialis dan dokter subspesialis sebanyak 53.000 dokter. Dokter

nephrologist (Dokter subspesialis ginjal) Best Doctors mengirimkan rekomendasi

pengobatan khusus yang dapat didiskusikan dengan dokter yang biasa

menangani penyakit Michelle.

Setelah menjalani pengobatan khusus yang direkomendasikan Best Doctors dan

didiskusikan dengan dokternya, Michelle mengalami peningkatan kesehatan

secara dramatis. Susan pun akhirnya kembali melihat Michelle duduk di bangku

kuliahnya kembali dan menjalani kehidupan dengan penuh semangat.

TOLL FREE BEST DOCTORS007 803 0208744

www.AskBestDoctors.com

mutual | Edisi 40 - 201570

BP o

n M

edia

Bing

kai 26 Maret

STIE Dharma Bumiputera Wisuda 126 Sarjana

Wisuda STIe Dharma Bumiputera tahun 2015 digelar di Hotel Bumi Wiyata, Depok. Jumlah wisuda antara lain terdiri dari Program Studi (Prodi) Manajemen

S1 sebanyak 41 sarjana, Prodi Akuntansi S1 sebanyak 60 sarjana, dan Prog. Pascasarjana S2 Magister Manajemen sebanyak 25 sarjana.

11 JanuariMedia Visit - Ulang Tahun Infobank ke-36

Memasuki awal tahun, Departemen Komunikasi AJB Bumiputera melakukan Media Visit sebagai bagian dari menjaga hubungan baik dengan media sekaligus memberikan update informasi mengenai perkembangan bisnis perusahaan. Tim Departemen Komunikasi Bumiputera diterima langsung oleh Wakil Pemimpin redaksi Majalah Infobank, Karnoto Mohamad

11 FebruariPencangan Pembangunan Gedung Kantor Pusat AJB Bumiputera 1912

Dalam rangka m e n g o p t i m a l k a n aset properti yang dimiliki, Bumiputera m e r e n c a n a k a n pengembangan aset tanah seluas ± 3.409 m² di Jalan TB. Simatupang No.43, Jakarta Selatan dengan melakukan pembangunan gedung baru Kantor Pusat AJB Bumiputera 1912.

6 MeiPenandatangan MoU Konsorsium Asuransi Mikro SiPeci

Dalam rangka memperbesar penetrasi asuransi jiwa di Indonesia, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) meresmikan Konsorsium Asuransi Mikro SiPeci (Asuransi Penuh Cinta) di Gedung baru AAJI Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Konsorsium yang terdiri dari 27 Perusahaan Asuransi Jiwa ini diketuai

oleh Indra C. Situmeang yang juga merupakan Direktur Teknik dan Aktuaria AJB Bumiputera 1912.

6 AprilPengoperasian 20 Unit Si Molek oleh Bumiputera di 15 Kota Besar Seluruh Indonesia

Program edukasi dan literasi keuangan gagasan OJK bersama Lembaga Jasa Keuangan didukung oleh AJB Bumiputera 1912 dengan

mengoperasikan 20 unit mobil Literasi edukasi Keuangan (SiMolek) selama 10 hari (6-17 April 2015).

12 FebruariPeringatan HUT ke-103 AJB Bumiputera 1912

Berlangsung di Gedung Balairung Budi Utomo Hotel Bumi Wiyata Depok, puncak rangkaian kegiatan HUT ke-103 Bumiputera dihadiri sekitar 800 undangan yang terdiri dari Direksi, komisaris, Ketua harian BPA, Ketua SPSI Bumiputera, pejabat, karyawan/wati Kantor Pusat, serta pejabat Kantor Wilayah.

24 JuniPenyerahan polis asuransi BP Maxi kepada Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan periode 1993-1998)

Diwakili oleh Sudarwaso (Kepala Wilayah Jakarta I) & edy Sukarno (Kepala Cabang Gambir), polis asuransi

diserahkan di kediaman Prof. Dr. Ing. Wardiman (Tebet, Jakarta Selatan), atasnama keeempat anaknya sebagai tertanggung dengan masing-masing lama polis 5 tahun. Ia juga merupakan Anggota BPA Bumiputera sejak 1974 hingga awal 1990-an.

12 MeiBumiputera Terima Penghargaan SiMOLEK dari OJK Pusat

Sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi dalam operasionalisasi Mobil Literasi Keuangan (SiMolek), OJK memberikan penghargaan kepada AJB Bumiputera 1912 yang diserahkan langsung

oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia & Kebudayaan rI, Puan Maharani. Penghargaan diterima oleh Wakil Direktur Utama Bumiputera, Bima Aranta di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia & Kebudayaan.

11 FebruariKunjungan resmi keempat ke kediaman BJ. Habibie

Bumiputera yang diwakili oleh Direktur Pemasaran, Nurseto, beserta tim kantor pusat dan kantor wilayah berkunjung ke kompleks Patra Jasa Kuningan, kediaman presiden rI ketiga, BJ. Habibie. Pada kesempatan itu, BJ. Habibie turut mengucapkan selamat hari lahir ke-103 tahun kepada bumiputera.

Kaleidoskop 2015Sepanjang tahun 2015 banyak peristiwa penting penuh makna bagi AJB Bumiputera 1912. Tim redaksi merangkum berbagai peristiwa tersebut ke dalam sebuah kaleidoskop perjalanan Bumiputera sepanjang tahun 2015.

Februari

Maret

April

Januari

Mei

Juni

12 FebruariProgram CSR HUT ke-103 Bumiputera, Asuransi Beasiswa Gratis Kepada Bayi lahir 12 Februari

Salah satu rangkaian kegiatan HUT BP yaitu pemberian asuransi Beasiswa bagi setiap 2 bayi yang lahir 12 Februari 2015 pukul 00.00 sampai dengan 06.00 di seluruh rumah sakit atau klinik di setiap Kantor Wilayah, akan mendapatkan manfaat perlindungan sebesar rp. 5.000.000,- dengan premi tunggal sebesar rp. 5.000.000,- 13-14 Juni

Pasar Rakyat Syariah 2015

AJB Bumiputera 1912 berpartisipasi dalam kegiatan OJK dalam rangka mengenal keuangan syariah melalui Pasar rakyat Syariah 2015 dengan mengisi booth bernomor I1 di Area I. Menyusul pembukaan yang

dilaksanakan 13 Juni 2015 di Parkir Selatan Senayan Jakarta, kampanye nasional Aku Cinta Keuangan Syariah (ACKS) diresmikan oleh Presiden Joko Widodo sehari setelahnya.

12 FebruariBumiputera menerima Penghargaan Top Brand Award 2015

Tepat pada Hari Ulang Tahun ke-103, Bumiputera menerima penghargaan kategori Life Insurance kesembilan kalinya. Sertifikat Penghargaan langsung diserahkan oleh Founder Frontier, Handi Irawan. Acara penghargaan ini diadakan di Hotel Mulia Jakarta.

mutual | Edisi 40 - 2015 71

Bing

kai

20 AgustusPenghargaan Bagi Agen Berprestasi 2014

Agenda puncak dari rangkaian kegiatan Top Agent Award 2014 yaitu Gala Dinner di Ballroom Four Points by Sheraton, Makassar. Agen Bumiputera masuk ke dalam 2 nominasi, yaitu Leader Top Premium atas nama I Wayan Kerta dari Wilayah Bali (KC Denpasar renon) dan Best Senior Productive Producer atas nama Ni Made Arini dari Wilayah Bali (KC Kuta).

7 OktoberBumiputera Terima Top 3 Best Customer Choice

AJB Bumiputera 1912 dinobatkan sebagai Top 3 Best Customer Choice pada Warta ekonomi –Indonesia Insurance Consumer Award 2015, yang digelar di Hotel Le Meridien Jakarta. Fadel Muhammad, Founder & President Majalah Warta ekonomi langsung menyerahkan penghargaan kepada Bumiputera yang diwakili oleh Kepala Divisi regional I, ramli Forez.

23 SeptemberRp. 32,7 Miliar Untuk 3 Fasilitas Umum Kota Surabaya dari Bumiputera

Pembangunan 3 fasilitas umum merupakan partisipasi pembangunan fisik terkait hak pengelolaan tanah milik pemerintah yang diberikan kepada Bumiputera atas Hotel

Bumi Surabaya. Walikota Surabaya, Tri rismaharini menandatangi perjanjian disaksikan Direktur Kepatuhan & Pengawasan Internal - Brata Antakusuma, Direktur Investasi & keuangan – Ichsan M. Nathin, dan Direktur Teknik & Aktuaria – Indra C. Situmeang.

1 SeptemberKerjasama Bumiputera dengan Kementerian Pertahanan

Bumiputera mengunjungi Kementerian Pertahanan di Jl. Merdeka Barat No. 13 – 15, Jakarta Pusat untuk menandatangani perjanjian kerjasama produk Mitra ASrI kolektif tahap satu sebanyak 500 SP dengan Frans Dicky Tamara,

Kasubbag Biro Umum Setjen Kementerian Pertahanan.

4 & 6 September“Hari Pelanggan Nasional”Direksi Langsung Melayani Pemegang Polis & Parade Simpatik

Sebagai bentuk rasa terima kasih kepada pemegang polis, Direktur SDM & Umum AJB Bumiputera 1912, Joko Triyogyanto terjun langsung untuk melayani pemegang polis di KC. Kebon Sirih. Bumiputera juga berpartisipasi dalam Parade Simpatik HArPeLNAS 2015.

Agustus

September

Oktober

November

Desember

25-30 AgustusApresiasi Agen Berprestasi: Tour Vietnam…! Agen Terbaik Semester-I 2015

Perjalanan ke Vietnam dari tanggal 26 hingga 30 Agustus 2015 merupakan apresiasi bagi Mitra kerja Bumiputera yang telah melebihi target produksi pada semester I/20115. Direktur Utama Bumiputera, A. Fauzie Darwis dan Direktur Pemasaran, Nurseto hadir dan memberikan ucapan selamat kepada para agen berprestasi tersebut di Ibis Hotel Airport Soekarno-Hatta.

29 SeptemberRencana Perlindungan Asuransi untuk Kesejahteraan Penduduk DKI Jakarta

Bumiputera yang diwakili Nurhasanah (Anggota BPA Sumbagsel-II) bersama Direktur Pemasaran – Nurseto dan Direktur Investasi & Keuangan – Ichsan M. Nathin mengunjungi Wakil Gubernur DKI Jakarta dalam rangka pengenalan produk asuransi mikro Mitra ASrI yang relevan sebagai proteksi penduduk Jakarta.

3 - 5 DesemberRapat Pimpinan Nasional 2015 - “ Hari Ini, Masa Depan Kita”

Pertemuan yang berlangsung selama tiga hari di Hotel Bumiwiyata, Depok, Jawa Barat ini membahas kinerja, raihan, sinergi, serta target perusahaan & anak

perusahaan di tahun mendatang. Pertemuan ini melibatkan hampir seluruh pemimpin internal perusahaan dan anak perusahaan.

5 DesemberLaunching Produk Proteksi Dini Critical Illness (PDCI) & Additional Critical Illness (ACI)

Peluncuran produk rider PDCI & ACI dilaksanakan di Cafe Melati Hotel Bumiwiyata, Depok. Produk ini merupakan hasil kerjasama dengan Munich re yang menyediakan layanan konsultasi kesehatan 24 jam bernama Best Doctors.

25 NovemberPertemuan dengan Wakasal TNI RI

Bumiputera diwakili Kepala Divisi regional I - ramli Forez, bertemu sapa dengan perwira tinggi TNI Angkatan Laut - Laksamana Madya TNI Widodo, Wakil Kepala Satuan Angkatan Laut di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

30 NovemberKerjasama Layanan Transaksi Pembayaran dengan Bank Mandiri

AJB Bumiputera 1912 bekerjasama dengan Bank Mandiri dalam melayani transaksi pembayaran guna meningkatkan efisiensi operasional Perusahaan. Penandatangan Nota kesepahaman kerjasama dilakukan oleh Ichsan M Nathin, Direktur Investasi dan Keuangan Bumiputera dan Pahala N. Mansury, Direktur Treasury & Markets Bank Mandiri berlokasi di Kantor Pusat Bank Mandiri Jakarta.

8 JuliPembayaran Klaim Korban Kecelakaan Hercules C-130 30 Juni 2015

Klaim meninggal dunia senilai 3,1 Miliar atas kecelekaan pesawat Hercules C-130 langsung diserahkan oleh Direktur Pemasaran AJB Bumiputera 1912, Nurseto

kepada Asisten Personel – Marsekal Muda TNI Yadi Husyadi pada rabu di Markas Besar TNI AU Cilangkap, Jakarta Timur.

Juli

13-14 JuliBumiputera serahkan Donasi Ramadhan Rp. 150.000.000,-

D i r e k s i B u m i p u t e r a

menyerahkan Donasi ramadhan 1436 H kepada 20 Yayasan (rumah Yatim, Pondok Pesantren, dan Masjid) dan Lembaga Sosial. Total sumbangan sebesar 100 juta rupiah diserahkan langsung oleh Direktur Utama periode 2013-2015, Majdi Ali. Sebelumnya Bumiputera juga berpartisipasi dalam pembangunan Masjid Al-Amal, Setiabudi, Jakarta Selatan dengan memberikan donasi sebesar 50 juta rupiah yang diserahkan dalam acara Tabligh Akbar pada rabu, 8 Juli2015.

mutual | Edisi 40 - 201572

Kantor Cabang Pilihan Gubernur Sumatera SelatanKantor WIlayah Palembang - Cabang Bumiputera Cinde

WArUNG pempek di sepanjang jalan, demikian kesan yang terlihat oleh mata saat pertama kali memasuki kota Palembang yang merupakan ibukota provinsi Sumatera Selatan. Kota dengan luas 358,55 km² dengan 16 kecamatan, 107 kelurahan ini merupakan wilayah pemasaran Bumiputera Kantor Wilayah Palembang termasuk di dalamnya adalah Kantor Cabang Cinde.

Bumiputera Cinde dimotori oleh tenaga pemasaran yang di koordinir oleh 11 Agen Koordinator dan Agen sebanyak 60 orang. Meraka berhasil menghimpun pemegang polis dari beberapa kalangan seperti Gubernur, Bupati, Polisi, Pejabat dan Karyawan BUMD, Bank, Dokter, Notaris dan Pengusaha. Pemegang Polis Alex Noerdin - Gubernur Sumatera Selatan, Prana Putra - Walikota Lubuk Linggau dan Prof. Badia Perizade, MM. P.hd - rektor Universitas Sriwijaya.

Hasilnya bisa dilihat dari kinerja sampai dengan bulan Oktober 2015 pencapaian Premi Income adalah 93,25% atau rp 15,86 Milyar. Cinde mengelola hampir 6000 portofolio. Kantor Cabang yang terletak di Jalan Kolonel Atmo No. 72 ini dipimpin oleh Nazaruddin Simanjuntak, dengan KUAK Isnora Helpiana , Kasir Akhmad Faisal serta bagian pelayanan yaitu Destadini Helyani Putri, Yusna Meli dan Sureza Syahputra.

Palembang yang punya beberapa makanan khas seperti Pempek, tekwan, model, Burgo, Laksan, Mie Celor, Pindang Patin, Martabak Har, Kerupuk, Kemplang dan masih banyak lagi, juga mempunyai obyek wisata yang beraneka ragam, seperti Sungai Musi yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera, Jembatan Ampera yang menjadi ikonnya Palembang, Pulau Kemaro, Masjid Agung Sultan Mahmud Badarudin I yang merupakan masjid terbesar di Sumatera Selatan, Benteng Kuto Besak, Taman Hutan Wisata Punti kayu, Taman Kambang Iwak serta Gelora Sriwijaya yang merupakan markas Tim Sepakbola kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan yaitu Sriwijaya FC.

Ada berbagai kegiatan yang dilakukan oleh organisasi Kantor Cabang Cinde dalam membangun iklim kerja yang nyaman, seperti melakukan Tausiyah dan Pengajian setiap hari Jum’at di Minggu Pertama, melakukan senam pagi di hari jum’at minggu ke kedua. Sementara prestasi yang pernah diraih oleh Kantor cabang Cinde adalah Juara III Trilogi Operasional Asuransi Jiwa Tingkat Kantor Cabang Tahun 2010 lalu baru-baru ini sebagai Juara I Premi Income Supervisor sampai dengan Agustus 2015 dan lomba-lomba lain yang pernah didapatkannya. ***Bayu/rizky

Info

Tilik

mutual | Edisi 40 - 2015 73

Kulin

er

BAGI para pecinta asinan, tentunya sudah pasti mengenal asinan Bogor. Tak kenal maka tak sayang ‘Asinan Kamboja rawamangun’ milik Haji mansyur yang berlokasi di Jalan Kamboja rT 08 rW 011 No. 10 rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur diseberang rS Persahabatan, Warung asinan Betawi tersebut sangat tersohor.

Warung asinan tersebut letaknya agak menyempil ke perumahan warga di jalan kamboja. Masyarakat disekitarnya rata-rata sudah mengetahui warung asinan tersebut. Warung asinan kamboja ini berdiri sejak tahun 1960, sejak Bapak Haji Mansyur meninggal dunia, warung tersebut dikelola oleh anak-anak dari Bapak Haji Mansyur.

Pada awalnya Bapak Haji menjual asinan menggunakan pikulan dan kemudian memilih menetap berdagang dirumah sejak

Wuah... Asinan Kamboja, Segar & Nikmat

mentimun, taoge, tahu dan daun selada di potong kecil-kecil dan kerupuk (kerupuk kuning, kerupuk merah dan kacang) kemudian dicampur aduk menyatu dengan sambal kacang yang kental.

Untuk asinan buah isinya : nanas, bengkoang, kedondong dan mangga. Seluruh rasa ada disana, manisnya gula merah, pedas dari cabai, asin dari garam serta asam dari cuka dan buah-buahan yang masam. Semua bercampur menjadi satu segarnya.

Menurut saya pribadi kelebihan dari asinan kamboja adalah sambalnya yang cukup kental karena banyak kacangnya. rasa asam, asin, manis dan pedasnya sangat pas. Lantaran begitu nikmatnya asinan dengan racikan turun menurun ini membuat rumah makan asinan kamboja terkenal dari generasi ke generasi. Oleh karena itu

tahun 1970. Pelanggan banyak berdatangan demi membeli semangkuk asinan, awalnya hanya dibuat asinan sayur namun karena banyaknya permintaan pelanggan maka dibuatlah asinan buah.

Warung asinan kamboja buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 22.00, warung asinan tersebut banyak dikunjungi pelanggan saat jam makan siang dan sore hari. Untuk membawa atau memesan asinan dibawa pulang kadang-kadang kita harus mengantri. Harga asinan sayur sebesar rp.13.000,- (tiga belas ribu rupiah) dan asinan buah sebesar rp.14.000,- (empat belas ribu rupiah).

Makan asinan di siang hari bisa membuat mata yang sudah mengantuk melek kembali. racikan bumbu membuat asinan tersebut sama dengan membuat asinan pada umumnya. Bahan utama seperti : kol,

pelanggan yang ingin menikmati segarnya asinan Bapak Haji Mansyur mampir dirumah mereka yang sederhana dijalan Taman Kamboja.

Tidak banyak orang yang menyebut asinan racikan Haji Mansyur sebagai asinan asli Betawi namun lebih dikenal dengan sebutan ‘Asinan Kamboja’ karena letaknya yang dekat dengan taman kamboja. ***Sri

mutual | Edisi 40 - 201574

1. Sarapan Pagi. Biasakan untuk sarapan pagi sebelum memulai aktivitas anda. ini dikarenakan dengan sarapan tiap pagi sebelum beraktivitas maka pikiran dan kondisi tubuh anda akan lebih stabil daripada mereka yang tidak sarapan. Sehingga rasa lelah pun dapat terkurangi atau bahkan hilang pada tubuh anda di sela aktivitas anda dengan rutin sarapan pagil 

Aktivitas sehari-hari yang tak kunjung berhenti membuat seluruh badan kita serasa capek sekali. Ingin sekali kita meninggalkan rutinitas tersebut. Semua pelajar ataupun pekerja pasti pernah merasakan rasa lelah terhadap semua aktivitas yang telah dijalani tiap harinya. Lalu apa yang sudah anda lakukan untuk menghilangkan rasa lelah yang dirasakan oleh tubuh kita…??? Sahabat, tips kesehatan. Lelah merupakan rasa capek yang dirasakan oleh tubuh dan pikiran kita, ketika suatu aktivitas yang menguras energi baik itu tenaga maupun pikiran di jalankan pada suatu waktu. Pada saat tubuh terasa lelah maka aktivitas yang akan kita lakukan selanjutnya menjadi terganggu. Cara termudah yang dapat kita lakukan yaitu dengan istirahat sebentar. Tapi sebenarnya ada beberapa tips yang membantu anda menghilangkan rasa lelah pada tubuh anda. tips kesehatan, berikut ini akan mengupas tuntas. Berikut ini tips menghilangkan rasa capek pada tubuh anda :

7 Tips Mudah Menghilangkan Lelah

2. Penuhi Nutrisi Tubuh. Makanlah dengan teratur dengan makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita, baik itu karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Sehingga menghindarkan anda dari rasa lelah setelah beraktivitas, karena tubuh kita terjaga kesehatannya dan menjadikan tubuh kita lebih stabil.

3. Makanan Berserat. Makanlah dengan makanan yang mengandung serat. Ini dikarenan dengan memperbanyak makanan yang berserat maka akan memberikan energi lebih pada tubuh kita. Sehingga tidak mudah capek dalam segala aktivitas kita.

4. Cukupi Air Putih. Minumlah air sesuai kebutuhan tubuh kita. Paling baik yaitu 8 gelas sehari bisa lebih. Ini dikarenakan air akan mempermudah darah dalam mengalir ke seluruh sel dan organ tubuh kita. Sehingga peredaran darah lancar dan rasa lelah akan terkurangi.

5. Dengarkan Musik. Mendengarkan musik yang anda sukai merupakan salah satu cara efektif untuk menghilangkan rasa lelah yang ada dalam tubuh anda. Tidak ada salahnya mendengarkan musik yang anda sukai dengan duduk santai. Ini akan membantu menghilangkan rasa lelah tersebut. 

6. Tertawalah. Melihat acara komedi yang ditayangkan di televisi juga mampu menghilangkan rasa lelah yang anda alami setelah beraktivitas. Dengan tertawa lepas semua beban pikiran dan lelah pada tubuh anda akan sirna tanpa anda sadari.

7. Cuci Muka. Sebelum mandi setelah beraktivitas yang membuat anda lelah, usahakan membasuh wajah anda dengan air dingin terlebih dahulu. Ini juga mampu membantu menghilangkan rasa lelah yang menghinggapi tubuh dan pikiran anda. 

Info

Tips

mutual | Edisi 40 - 2015 75

mutual | Edisi 40 - 201576

Peri

stiw

aKe

luar

ga B

umip

uter

a