majalah mutual edisi 39 - ajb bumiputera 1912

68
Edisi 39/ 2015 MUTUAL MEMBANGUN NILAI PEMEGANG POLIS BUMIPUTERA Djarot Saiful Hidajat Wakil Gubernur DKI Jakarta “Asuransi Itu Perencanaan Yang Dahsyat”

Upload: rangga-wisnhu

Post on 25-Jul-2016

253 views

Category:

Documents


11 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Edisi 39/ 2015

MUTUALMEMBANGUN NILAI PEMEGANG POLIS BUMIPUTERA

Djarot Saiful HidajatWakil Gubernur DKI Jakarta

“Asuransi Itu Perencanaan Yang Dahsyat”

mutual | Edisi 39 - 20152

3mutual | Edisi 39 - 2015

Sapa

Ahmad Fauzie Darwis Direktur Utama AJB Bumiputera 1912

Dari Asuransi Umum “Bumida Bumiputera” ke Asuransi Jiwa “AJB Bumiputera 1912”

Saya kaget, tidak percaya dan surprise ketika ditunjuk sebagai Direktur Utama

Bumiputera, karena selama ini saya masih aktif di Asuransi Umum, sebagai Direktur Utama di Asuransi Umum dalam group Bank BTN dan sebagai Ketua Umum Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Bagi saya jabatan adalah sesuatu yang tidak pantas untuk diminta. Jabatan adalah takdir Tuhan yang di dalamnya terkandung amanah sekaligus tanggung jawab yang wajib dilakukan.

Saya bukanlah orang baru di lingkungan Bumiputera. Saya masuk Bumida Bumiputera tahun 1992 sebagai asisten kepala divisi teknik. Proses masuknya luar biasa. Ketika itu saya di asuransi Astra. Ada 4 perusahaan yang menawarkan bergabung, tapi saya memilih Bumida Bumiputera setelah melalui proses istikhoroh. Saya di Bumida selama 16 tahun hingga mencapai level Direksi dan terakhir saya dipercaya sebagai Direktur Utama Bumida.

Tanpa bermaksud sombong, saya merasa bangga atas pencapaian di Bumida Bumiputera. Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui bahwa saya adalah orang Bumida yang pertama duduk di jajaran Direksi Bumida, dan satu-satunya orang Bumida yang dipercaya sebagai Direktur Utama. Karena selama ini, posisi Direksi dan Direktur Utama Bumida berasal dari AJB Bumiputera 1912 sebagai induk perusahaan.

Menduduki jabatan Direktur Utama perusahaan asuransi jiwa yang telah berusia 103 tahun tentu tidak mudah. Tanggung jawabnya sangat besar. Saya meyakini, sebesar apapun tanggung jawab yang ditakdirkan Allah SWT kepada seseorang, dipastikan Allah SWT juga yang memberikan jalan keluar, sepanjang amanah dan tanggung jawab yang diperoleh melalui cara yang baik dan benar serta ikhtiar yang kita lakukan semata-mata untuk kebaikan dan kemajuan perusahaan.

Ada perbedaan prinsip antara asuransi jiwa dan asuransi umum. Asuransi jiwa concern-nya pada pengelolaan uang untuk masa depan. Sementara asuransi umum concern-nya pada pengelolaan risiko.

Dalam perusahaan asuransi jiwa, pertumbuhan premi dan investasinya harus seiring dengan liabilitas yang menjadi beban perusahaan di masa mendatang agar kewajiban kepada pemegang polis dapat dipenuhi tepat waktu. Setidaknya pertumbuhan premi harus lebih besar dari kewajiban klaim dan biaya operasional.

Saat ini, saya melihat ada 4 persoalan penting di Bumiputera. Pertama; Revitalisasi marketing yang harus segera dimobilisasi agar darah perusahaan kembali normal. Kedua, teknologi informasi yang bisa diandalkan untuk memberikan pelayanan terbaik. Ketiga, masalah liabilitas yang cenderung naik tetapi produksi justru turun. Dan keempat, revitalisasi aset supaya menjadi produktif dan bernilai.

Pelayanan tidak hanya dilakukan kepada pemegang polis. Sesama unit kerja hendaknya juga saling melayani. Jika Anda ingin dilayani dengan baik, maka Anda terlebih dahulu harus melayani dengan baik. Proses selanjutnya memberikan pelayanan yang tidak hanya sekadar pelayanan standar. Tetapi seharusnya melebihi

ekspektasi dan service level agreement.Contohnya jika standar pelayanan klaim 15 hari, coba usahakan selesai dalam waktu 10 hari. Pemegang polis pasti puas.

Bisnis ke depan adalah bisnis teknologi, meskipun saya tidak memungkiri peran agen untuk sebuah perusahaan asuransi jiwa sangat penting dan strategis. Paling tidak untuk jangka waktu 20 tahun ke depan pemasaran asuransi masih dilakukan melalui agen. Bumiputera memiliki agen dan jaringan kantor yang tersebar di seluruh Indonesia. Tak dipungkiri, networking Bumiputera ini luar biasa tetapi proses regenerasi, segmentasi dan bauran pemasaran perlu perbaikan komprehensif dan sistemik.

Intinya saya mencoba menyederhanakan persoalan-persoalan besar yang dihadapi perusahaan. Memulai penyelesaian masalah dari hal-hal yang sederhana tidak sekadar konsep, tapi benar-benar tindakan nyata yang bisa dilakukan. Saya yakin persoalan besar akan bisa kita selesaikan secara bertahap sepanjang kita konsisten berpijak pada visi, misi dan budaya perusahaan ‘SEMANGAT’. ***

DAFTAR

I S I08 Bumiputera Terima Top 3 Best Customer Choice

09 Bumiputera Terima Best Risk Management di Islamic Finance Award 2015

Rencana Perlindungan Asuransi untuk Kesejahteraan Penduduk DKI Jakarta

10

Wakil Gubernur DKI - “Asuransi Itu Perencanaan Yang Sangat Dahsyat”

12

Bumiputera Serahkan Asuransi PendidikanRp 11 Miliar

21

Direksi Langsung Melayani Pemegang Polis Bumiputera

19

Perlindungan Asuransi Bumiputera bagi6.500 persatuan Islam Tionghoa Indonesia

31

Lebih Dekat dengan Nasabah, Lebih Kenaldengan Produk Bumiputera

37

MITRA BP-LINK Syariah, Solusi Investasi danProteksi Plus Kesehatan Berbasis Syariah

58

Tour Vietnam! Agen Terbaik Semester-I 201542

Kondisi Kabut Asap, Pelayanan BumiputeraTetap Berjalan

63

Bumiputera Akan Bangun 3 Fasilitas Umum di Kota Surabaya

16

Proteksi 1.100 Karyawan Perum Perumnas Oleh Bumiputera

18

Kerjasama Bumiputera dengan Kementerian Pertahanan

29

mutual | Edisi 39 - 20154

5mutual | Edisi 39 - 2015

Izin TerbitNo. 742/SK/Ditjen PPG/STT/1980 Tanggal 03 Juni 1980

Pelindung: Direksi AJB Bumiputera 1912

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi: Puspita Pratiwi

Redaktur Pelaksana: Primra Fakhda

Redaksi: Sri Musjiningsih, Rangga Wisnhu, Fadhila, Rizky Yudha Pratama, Ranti Katriana, Dimas, Sharah, Angga, Afra, Reza, Pingkan

Artistik/Desain Grafis: Rangga Wisnhu

Foto-foto: Rangga, Rizky, Dimas, Angga, Reza dan kontributor

Distribusi: Sharah Aisyah Pratiwi

Alamat Redaksi: Departemen Komunikasi AJB Bumiputera 1912Wisma Bumiputera Lt. 19 Jl. Jend. Sudirman Kav. 75 Jakarta Telp. 021- 5224565, Fax. 021- 5224566

e-mail: [email protected]. www.bumiputera.com

Kontributor Wilayah: Bambang Suwignyo (Medan), Iramadani Aritonang (Pematang Siantar), Udmiral (Padang), Ira Novrianti (Pekanbaru), Poppy Lubis (Palembang), Bambang Tritamtomo (Jakarta I), Abdul Karim (Jakarta II), Winda Lestari (Jakarta III), Sutisna (Jakarta IV), - (Bogor), Liza Novaria (Pontianak), Arpen Rustam (Bandar Lampung), Heru Triantoro (Bandung), Rina Asianthik (Purwokerto), Virgani Hershinta (Semarang), Deddy Dwi Kurniawan (Yogyakarta), Muhamad Nur Fathoni (Kediri), Suprayitno (Malang), Udhy Pamungkas (Surabaya), Ni Made Yuni Ari Trisna (Denpasar), Dwiatmo A.S (Balikpapan), Anwar (Makasasar), Caesilia Lehan (Kupang), Nancy Kristiani Lumintang (Manado), Kurniawati (Nina) (Papua)

Dar

i Re

daks

i

Pemegang Polis Bumiputera dan Keluarga Bumiputera.

Mutual edisi 39/2015 kembali hadir dalam suasana Hari Batik Nasional. Kami pun turut memeriahkan dan melestarikannya dengan menggunakan batik yang beraneka corak.

Edisi kali ini sangat istimewa karena kami diberi kesempatan untuk bertemu dengan, Djarot Saiful Hidajat, Wakil Gubernur DKI Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Bumiputera menawarkan sejumlah kerjasama di antaranya Perlindungan Asuransi untuk warga DKI Jakarta dan mendapat sambutan yang sangat hangat oleh orang nomor 2 DKI Jakarta tersebut.

Bumiputera juga tak henti-hentinya menorehkan prestasi. Sebagai bukti bahwa Bumiputera mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia, Bumiputera menerima penghargaan dari Warta Ekonomi, Top 3 Best Customer Choice dan Best Risk Management dalam Islamic Finance Award 2015.

Di industri asuransi jiwa, Bumiputera aktif dalam kegiatan yang diadakan baik oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Diantaranya, kegiatan Pasar Keuangan Rakyat OJK yang diadakan di Surabaya dan Top Agent Award (TAA) yang diadakan di Makassar.

Pembangunan fasilitas umum merupakan partisipasi pembangunan fisik terkait hak pengelolaan tanah milik pemerintah kota Surabaya yang diberikan kepada Bumiputera, tempat berdirinya Hotel Bumi Surabaya.

Sejumlah penawaran perlindungan asuransi Bumiputera juga banyak dilakukan Bumiputera kepada sejumlah institusi baik di pemerintah maupun swasta.

Suasana Customer Gathering Bumiputera dengan para pemegang polis di seluruh Indonesia dan peristiwa lain juga tersaji pada edisi ini.

Salam hangat,

Puspita Pratiwi,Pemimpin Redaksi

Tim Redaksi

Ralat:Pada Mutual edisi 38 di halaman 28 terkait berita “Audiensi Riau Pos” di paragraf kedua tertulis “Hairudin Harun, Kepala Wilayah Palembang” seharusnya “Hairudin Harun, Kepala Wilayah Pekanbaru.” Mohon maaf.

mutual | Edisi 39 - 20156

MDRT Day 2015, Ajang Berbagi Kisah SuksesMILLION DOLLAR ROUND TABLE ( M D R T ) m e r u p a k a n seminar tahunan yang diselenggarakan oleh MDRT Indonesia untuk para profesional di bidang keuangan dan asuransi. Acara MDRT Day 2015 mengusung tema “We Build, Develop, and Lead Through, MDRT”. Seminar

dibuka oleh Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Hendrisman Rahim yang mengatakan bahwa asosiasi akan terus mendorong pertumbuhan anggota MDRT

70.000 TKA Akan Dongkrak Premi Asuransi

Wajib memiliki asuransi jiwa oleh tenaga kerja asing (TKA) membawa angin segar bagi perusahaan asuransi jiwa menghimpun premi baru. Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mengatakan, premi yang berasal

dari asuransi TKA berdampak signifikan terhadap perolehan premi baru industry asuransi jiwa.

Bila nilai premi yang harus dibayarkan sebesar Rp 1 juta setiap bulan dengan jumlah TKA sebanyak 70.000 saat ini maka nilai premi yang dapat dihimpun mencapai Rp 70 miliar setiap bulannya.

Dampak positif lain yang dirasa adalah perusahaan asuransi bakal kian kompetitif dan berkualitas dalam pemberian pelayanan. Dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (sekarang

Menteri Tenaga Kerja) No 16 Tahun 2014 tentang Tata Cara Penggunaan Tenaga Kerja Asing secara tertulis bahwa TKA yang bekerja di Indonesia wajib memenuhi syarat yang telah ditetapkan pemerintah. Salah satunya yakni memiliki polis asuransi. Sebagai informasi, Kementerian Tenaga Kerja mencatat jumlah tenaga kerja asing di Indonesia itu mencapai 70.000 orang. Persentasenya hanya 0,01% dari seluruh tenaga kerja yang ada di Indonesia.

(Kontan.co.id - link : http://keuangan.kontan.co.id/news/70000-tka-akan-dongkrak-premi-asuransi)

Ada Loh, Asuransi Diculik Alien Hingga Perubahan HatiManfaat asuransi, perlindungan finansial dari risiko yang terjadi.

Manfaat asuransi adalah perlindungan finansial dari risiko yang terjadi. Tetapi, pernahkah Anda mendengar asuransi yang melindungi pemiliknya dari serangan makhluk ruang angkasa? Tidak hanya itu, beberapa perlindungan asuransi yang akan disebutkan berikut ini cukup bisa membuat geleng kepala. Sebab, bukan saja asuransi untuk perlindungan diculik oleh alien, namun ada asuransi kematian akibat vampir, hingga asuransi perubahan hati. Inilah daftarnya.

Asuransi diculik alienWalau masih diragukan keberadaannya, makhluk ruang angkasa ini dapat dijadikan sebagai produk asuransi. Inilah yang terjadi

di London, kota yang disebut sebagai basis penjualan asuransi diculik alien. Bahkan, di kota ini tercatat ada 30 ribu polis asuransi yang memiliki perlindungan ini. Contohnya adalah perusahaan asuransi, seperti Farmers pun menawarkan perlindungan terhadap kecelakaan UFO. Nilai asuransi ini berkisar antara US$150 – US$1,5 juta.

Asuransi kematian akibat hantuPercaya atau tidak, beberapa orang masih khawatir akan diserang serigala dan vampir. The Royal Falcon Hotel di Lowestoft, Inggris, mengasuransikan seluruh pegawainya dengan perlindungan ini. Bila berminat, polis asuransi ini bisa dibeli di perusahaan asuransi Lloyd’s of London.

Asuransi uang tebusanDalam praktiknya, asuransi ini dikhususkan bagi para CEO perusahaan yang diculik saat sedang melakukan perjalanan bisnis. Walau kebanyakan pelanggan adalah perusahaan-perusahaan multinasional, tetapi masyarakat biasa juga dapat memilikinya. Nantinya, cara kerja perlindungan ini adalah perusahaan asuransi akan mengirimkan

negosiator untuk menegosiasikan uang tebusan yang diminta sesuai limit yang disepakati dengan pelanggan.

Asuransi investigasi paranormalKegiatan perburuan hantu di Amerika Serikat, terkenal salah satunya karena acara TV seperti “Ghost Hunters” dan “Ghost Adventures”. Komunitas paranormal yang sah secara rutin melakukan investigasi paranormal, dan seperti bisnis lainnya, mereka memerlukan pertanggungan umum dan cakupan ganti rugi profesional yang diperoleh dalam asuransi.

Asuransi perubahan hatiAsuransi ini akan mengganti kerugian akibat hal-hal buruk yang dapat terjadi pada hari pernikahan, termasuk penutupan tempat acara dan cedera. Beberapa polis asuransi, bahkan memberikan penggantian kerugian jika hati calon pengantin berubah dan tidak mau menikah. (asp)

(www.viva.co.id - link : http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/660983-ada-loh--asuransi-diculik-alien-hingga-perubahan-hati)

1001

Asu

rans

i

untuk sejalan dengan pertumbuhan jumlah agen asuransi jiwa secara keseluruhan dan menargetkan jumlah agen asuransi mencapai 500.000 agen pada akhir 2015. Saat ini, anggota MDRT baru mencapai 860 anggota, dan hingga Juni 2015 keseluruhan agen asuransi jiwa di Indonesia mencapai 457.706 agen yang berarti hanya 0,19 persen dari total seluruh agen asuransi jiwa yang bergabung dalam MDRT.

Untuk mencapai target pertumbuhan 15-20 persen agen MDRT per tahun, forum MDRT memiliki program MDRT Mentoring yang bertujuan membentuk anggota MDRT yang berkualitas untuk menjadi anggota MDRT,

seorang agen asuransi perlu mengantongi premi sebesar Rp 543,48 juta per tahun dan untuk masuk ke dalam Court Of The Table (COT) dan Top Of the Table (TOT) seorang agen harus mengumpulkan masing-masing sebesar Rp 1,63 miliar dan Rp 3,26 miliar per tahun. Anggota MDRT berkesempatan memiliki sertifikasi internasional, memperluas network dan bertamu para pakar MDRT dunia.

Ajang MDRT Day diadakan rutin setiap tahun untuk menjaring para agen asuransi jiwa agar tertarik bergabung dalam keanggotaan MDRT. (Media Asuransi, September 2015, Hal 18-19)

mutual | Edisi 39 - 2015 7

Inte

raks

iIn

tera

ksi

Asuransi untuk Ibadah Haji

Asuransi dengan Proteksi Penyakit Kritis

Dear Customer Care Bumiputera, saya ingin bertanya apakah di Bumiputera memiliki asuransi yang manfaatnya bisa untuk menabung ibadah haji? Mohon informasinya.

Suyanto - Kendal, Jawa Tengah

Dear Bapak Suyanto

Sehubungan dengan semakin meningkatnya keinginan dan kebutuhan umat islam dalam memenuhi kewajiban rukun Islam yang kelima, Bumiputera mempersiapkan dana untuk menunaikan ibadah haji, melalui perpaduan perlindungan asuransi dan tabungan sesuai dengan prinsip Syariah.

Ibadah haji memang memerlukan persiapan dana yang relatif besar, sehingga diperlukan upaya perencanaan keuangan melalui produk kami bernama Asuransi jiwa Mitra Mabrur Plus. Produk ini tidak hanya membantu Anda menyisihkan dana tabungan haji secara teratur, tetapi juga menyediakan dana bagi hasil (Mudharabah) dan asuransi perlindungan, sehingga memungkinkan bagi Anda menunaikan ibadah haji dengan tenang

Dear Customer Care, saya Hanifah dari Bogor, ingin bertanya apakah di Bumiputera ada produk yang bisa menjamin proteksi jiwa dan investasi sekaligus tercover untuk penyakit kritis?

Hanifah - Jl. Batu Tulis, Bogor

tanpa mencemaskan keluarga di rumah.

Manfaatnya jika peserta hidup sampai dengan perjanjian asuransi berakhir, maka akan memperoleh dana tabungan yang telah disetor, bagian kuntungan / mudharabah atas hasil investasi dana tabungan dan keuntungan atas dana khusus / tabarru yang telah ditentukan, jika ada.

Apabila peserta ditakdirkan meninggal dunia dalam masa perjanjian asuransi, maka ahli waris akan memperoleh santunan

kebajikan, dana tabungan yang telah disetor dan mudharabah atas hasil investasi dana tabungan.

Silahkan kunjungi Bumiputera terdekat sesuai dengan domisili, petugas marketing kami siap melayani.

Dear Ibu Hanifah

Bumiputera memiliki produk yang menjamin proteksi jiwa, investasi sekaligus perlindungan tambahan sesuai kebutuhan seperti pengobatan 53 penyakit kritis (critical illness) sesuai yang Ibu maksud. Produk yang kami pasarkan itu adalah Mitra BP Link ( Bumiputera Link ).

Benefit dari Mitra BP Link yaitu Jika tertanggung meninggal dunia selama kontrak asuransi berlangsung, maka ahli waris akan menerima santunan 100% UP dan nilai saldo investasi. Dan apabila tertanggung hidup hingga kontrak asuransi berakhir, pemegang polis akan menerima nilai saldo investasi.

Produk ini juga memiliki beberapa benefit ekstra. Selain dapat menambah dana investasi sewaktu – waktu, produk ini juga memiliki beberapa alternatif rider sesuai

kebutuhan diantaranya ; Mitra 53 CIA (Critical Illness Acceleration), Mitra 53 CIWP (Critical Illnes Waver of Premium), Mitra HISB (Hospital Income Surgical Benefit), Mitra PA (Personal Accident) dan Mitra WOP (Waver of Premium). Informasi lebih lanjut, kunjungi

website kami melalui www.bumiputera.com atau hubungi layanan contact center halo Bumiputera bebas pulsa melalui 0800-1881912 untuk mengetahui seputar produk berikut informasi Kantor Pelayanan yang terdekat dengan domisili Ibu saat ini.

Terima kasih dan Salam hangat,

Customer Care

AJB Bumiputera 1912

mutual | Edisi 39 - 20158

Peri

stiw

a

Bumiputera Terima Top 3 Best Customer Choice

AJB BUMIPUTERA 1912 dinobatkan sebagai Top 3 Best Customer Choice pada

Warta Ekonomi Award 2015, yang digelar pada Rabu, 7 Oktober 2015 di Hotel Le-Meridien Jakarta.

Piagam diserahkan oleh Fadel Muhammad, Founder & President Majalah Warta Ekonomi kepada Ramli Forez, Kepala Divisi Regional I Bumiputera.

Pemberian penghargaan ini berdasarkan penilaian yang dilakukan melalui pendekatan laporan keuangan dengan hasil survey kuantitatif tim riset Warta Ekonomi.

Sebagai bahan pertimbangan, penilaian Warta Ekonomi tetap mempertimbangkan premi dan laba (rugi) yang diperoleh perusahaan serta melalui tolok ukur dari Early Warning System (EWS).

Warta Ekonomi – Indonesia Insurance Consumer Choice Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan asuransi di Indonesia yang mampu menunjukkan kinerja bisnis yang baik dan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dengan penganugerahan ini.

Menurut Fadel Muhammad, Bumiputera sebagai perusahaan yang besar sudah sepantasnya mendapat penghargaan ini. Karena terbukti lebih dari 103 tahun melayani bangsa Indonesia.***Rangga

mutual | Edisi 39 - 2015 9

Memasuki tahun ke-11, The Islamic Finance Award kembali digelar oleh

Karim Consulting pada Senin 7 September 2015. Acara diselenggarakan di Soehana Hall The Energy Building, Jakarta. Acara ini dihadiri langsung oleh Founder Karim Consulting Indonesia, Adiwarman Azwar Karim. Acara ini merupakan ajang penghargaan yang ditunggu-tunggu oleh para pelaku bisnis Syariah.

Karim Consulting Indonesia

Karim Consulting Indonesia adalah badan konsultan yang memiliki spesialisasi di bidang Islamic Economic and Finance yang sudah berdiri sejak 2001. Mereka memposisikan diri sebagai salah satu badan konsultan Shariah Compliance terbaik di dunia.

Bumiputera Terima Best Risk Management di Islamic Finance Award 2015

Prestasi Bumiputera

Dalam gelaran tahun ini Bumiputera Syariah meraih penghargaan dalam kategori The Best Risk Management untuk Life Insurance, Asset ≥ IDR 150 Billion.

Sebelumnya Bumiputera menerima penghargaan Islamic Finance Award ke-9 pada tahun 2007. Saat itu, Bumiputera meraih penghargaan dalam kategori The Best Risk Management untuk Life Insurance, Asset ≥ IDR 100 Billion.

Adapun penilaian dalam menentukan pemenang adalah hasil riset yang berdasarkan pada laporan keuangan periode Desember 2013 dan Desember 2014 serta data keuangan lainnya.***Rizky

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 39 - 201510

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidajat menerima kunjungan Asuransi

Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 yaitu Nurhasanah, Badan Perwakilan Anggota Bumiputera Perwakilan Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel-2) bersama Nurseto, Direktur Pemasaran dan Ichsan M Nathin, Direktur Investasi dan Keuangan serta beberapa staf di ruang kerja Wakil Gubernur DKI Jakarta, 29 September 2015.

Rencana Perlindungan Asuransi untuk Kesejahteraan Penduduk DKI Jakarta

Nurhasanah mengatakan “Sampai usia 103 tahun ini, belum pernah ada kerjasama antara Bumiputera dengan pemerintah DKI Jakarta.” Padahal menurut ia kantor pusat Bumiputera ada di Jakarta.

Nurseto sebagai Direktur Pemasaran Bumiputera memperkenalkan produk asuransi mikro Bumiputera yang sangat

relevan untuk melindungi penduduk Jakarta, terutama kalangan bawah. Bumiputera memiliki produk yang dinamakan Mitra Asri, dengan premi hanya Rp.50.000,- satu keluarga sudah terlindungi. Jika salah satu anggota kelaurga meninggal dunia akan mendapatkan santunan sebesar Rp.1.500.000,- Mekanisme pelaksanaannya akan dibahas lebih lanjut.

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 39 - 2015 11

Dalam kesempatan ini Ichsan M Nathin juga menyampaikan rencana Bumiputera untuk merevitalisasi aset perusahaan khususnya yang berada di wilayah DKI Jakarta. “Kami meminta dukungan dan kerjasama dari pemprov DKI untuk memaksimalkan aset yang dimiliki Bumiputera di DKI,” kata Ichsan.

Djarot merespon positif dan mengatakan pihaknya akan mengkaji kemungkinan kerjasama yang bisa dilakukan Bumiputera

dengan pemprov DKI terkait optimalisasi Aset ini.

Sementara untuk perlindungan penduduk Jakarta dengan asuransi mikro yang ditawarkan Bumiputera, Djarot langsung merespon. “Perlindungan asuransi untuk kesejahteraan penduduk Jakarta akan melengkapi fasilitas kesehatan dan fasilitas pendidikan yang telah diberikan pemprov DKI yang sudah ada. Saya ingin peruntukan

manfaat asuransi ini tepat sasaran mengingat penduduk DKI sangat dinamis.”

Perlindungan asuransi menurut ia layak diberikan kepada semua penduduk DKI, diutamakan bagi mereka yang sangat membutuhkan. Yaitu 3,4% dari 10,4 juta jiwa penduduk DKI atau sekitar 400.000 penduduk miskin seperti mereka yang tinggal di rusun. ***Primra

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 39 - 201512

Kelu

arga

Bum

iput

era

mutual | Edisi 38 - 201512

Djarot Saiful Hidajat - Wakil Gubernur DKI Jakarta

“Asuransi Itu Perencanaan Yang Dahsyat”

mutual | Edisi 39 - 2015 13

Kelu

arga

Bum

iput

era

Pemerintah memang lagi gencar-gencarnya melaksanakan program yang menyangkut kesejahteraan masyarakat. Seluruh warga negara Indonesia nantinya akan dilindungi dengan asuransi kesehatan melalui BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). 93% atau hampir 1005 penduduk DKI automatically telah terdaftar sebagai peserta BPJS.

Kesadaran asuransi masyarakat Jakarta menengah atas menurut ia sudah sangat paham. Yang menjadi persoalan adalah

masyarakat menengah bawah. Mereka perlu diberikan edukasi. Kenapa mereka belum sadar asuransi, bukan salah mereka. Mereka mungkin paham. Tapi karena keterbatasan penghasilan mereka yang pas-pasan, mereka mengutamakan kebutuhan pokoknya terlebih dahulu. Mereka menganggap asuransi itu harus ada nilai lebih, dana lebih setiap tahun untuk membayar premi polis mereka.

“Saya pribadi berfikir asuransi untuk perlindungan. Perlindungan ketika sakit, ketika kecelakaan, jaminan pendidikan dan jaminan meninggal dunia. Bukan untuk investasi atau yang lainnya,” kata alumni pasca sarjana Fakultas Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada.

Rekam Jejak

“Kalau kita mau jujur, kita belum bisa memberikan apa-apa untuk Jakarta. Semua yang ada di Jakarta saat ini hampir semuanya peninggalan Bung Karno. Sebut saja. Mulai Monas, Semanggi, Istiqlal, Gelora Bung Karno Senayan, Gedung MPR, Hotel Indonesia, Tugu Selamat Datang, semua itu di bangun zaman Bung Karno. Oleh karena itu, saat ini pemerintah DKI lagi getol-getolnya membangun transportasi DKI,” ucap pria yang ingin meninggalkan sesuatu yang bermanfaat di masa pemerintahannya, yang bisa dikenang oleh generasi ke depannya.

Semua peninggalan Bung Karno itu, menurut ia sangat fundamental. “Zaman itu, bangsa Indonesia mampu menciptakan jembatan Semanggi yang sampai kini masih dapat dimanfaatkan dan tidak rusak,” kata pria yang mendapat dukungan penuh dari keluarganya dalam menjalankan tugas.

“Begitu pula Bumiputera yang didirikan 103 tahun lalu oleh tiga orang guru yang memiliki visi jauh ke depan. Sampai saat ini Bumiputera masih beroperasi dan melindungi masyarakat Indonesia.” ucap

Djarot Saiful Hidajat dipercaya sebagai walikota Blitar selama 10 tahun (periode 2000 – 2010) di usia yang terbilang muda 37 tahun. Kini ia

masuk DKI Jakarta sebagai Wakil Gubernur mendampingi Basuki Tjahaja Purnama. Kesuksesan pria kelahiran Gorontalo, 30 Oktober 1955 ini di daerahnya ditandai dengan diterimanya sejumlah penghargaan.

Di antaranya Penghargaan Terbaik Citizen’s Charter Bidang Kesehatan, Anugerah Adipura tiga tahun berturut-turut 2006, 2007, dan 2008; Otonomi Award dari Jawa Pos Institute of Pro-Otonomi (JPIP); Penghargaan atas terobosan inovasi daerah se-Provinsi Jawa Timur, 30 April 2008; Penghargaan Upakarti 2007; dan Peringkat Pertama penerapan E-Government di Jawa Timur, 22 Maret 2010.

Bumiputera dan pemerintah provinsi DKI memiliki tujuan yang sama untuk menyejahterakan masyarakat. Saat ini, DKI Jakarta telah memberikan KJP (Kartu Jakarta Pintar) kepada lebih dari 50.000 orang siswa siswi DKI. Hampir 100% penduduk DKI telah mendapatkan asuransi kesehatan melalui BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial).

Bagaimana dengan asuransi jiwa? “Asuransi jiwa belum ada.” Demikian Wagub DKI, Djarot Saiful Hidajat kepada redaksi Mutual dalam sesi wawancara yang berlangsung di ruang kerjanya, Rabu, 29 September 2015. Bagaimana mantan Bupati dan Walikota ini memaknai asuransi untuk diri dan keluarganya serta untuk masyarakat? Anda akan segera mengetahuinya melalui wawancara kami.

Langsung Asuransi

“Asuransi itu perencanaan yang sangat dahsyat. Asuransi adalah tabungan kita untuk hari tua, untuk pendidikan, untuk kesehatan dan untuk jiwa. Oleh karena itu, begitu saya bekerja, anak-anak saya langsung masuk asuransi. Saya tidak mau ribet, makanya saya masuk asuransi untuk saya dan anak-anak.” Jawab suami dari Happy Farida dan Ayah dari Safira Prameswari R, Karunia Dwi Haspa P, dan Meysa Rizky B, ini mengawali perbincangan.

“Asuransi Itu Perencanaan Yang Dahsyat”

Wawancara di ruang kerja Djarot Saiful Hidajat

mutual | Edisi 39 - 201514

ayah 3 anak yang selalu memperhatikan kualitas berkumpul dengan keluarga meski sangat sibuk.

Terkait kerjasama Bumiputera dengan pemerintah DKI. Pihaknya menurut Djarot membuka kesempatan. “Bumiputera ingin bekerjasama dengan DKI. Maunya apa? Bikin donk proposalnya. Bikin bikin donk bisnis plan apa yang bisa dikerjasamakan dengan DKI. DKI punya BUMD, kerjasamanya bisa langsung kerjasama dengan BUMD DKI. Bumiputera punya aset, DKI juga punya aset. Bumiputera punya tujuan, DKI juga punya tujuan. Bumiputera punya strategi bisnis, DKI juga punya strategi bisnis yang di BUMD,” Ujar orang nomor dua di DKI Jakarta ini.

“Orientasi kami bukan semata-mata untuk mendapatkan keuntungan saja, tapi services atau pelayanan untuk kesejahteraan masyarakat menjadi bagian yang sangat penting. Selama kerjasama dengan Bumiputera memiliki tujuan yang sama untuk kesejahteraan penduduk DKI bisa dijalankan,” ujar Djarot yang meyakini seorang pemimpin yang baik fondasinya

berasal dari keluarga. Jika keluarganya baik, mudah-mudahan bisa menjadi pemimpin yang baik.

Bukankah ketika pemerintah memberikan Kartu Jakarta Pintar (KJP) itu berarti pemerintah juga melindungi mereka. Artinya pemerintah telah memberikan asuransi jaminan pendidikan kepada masyarakat, meskipun mereka tidak membayar premi.

Polisnya apa dari mana? Polisnya adalah dana yang berasal dari dana masyarakat, PAD yang dikumpulkan dari masyarakat melalui APBD, yang juga bisa dianggap

polis. Sehingga DKI bisa memberikan kepada lebih dari 50.000 orang siswa tidak mampu untuk sarana pendidikan siswa, agar mereka memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pintar. Bukan untuk orang tuanya

Djarot menyarankan Bumiputera untuk fokus pada sasaran yang diinginkan. Jika Bumiputera memprioritaskan micro insurance, hendaknya Bumiputera banyak memberikan edukasi kepada masyarakat. Karena ini bukan pekerjaan mudah, ribet dan kompleks, pekerjaannya banyak.***Primra/Rangga/Reza.

Kelu

arga

Bum

iput

era

Djarot Saiful Hidajat dan keluarga

mutual | Edisi 39 - 2015 15

mutual | Edisi 39 - 201516

Rp.32,7 Miliar Untuk 3 Fasilitas Umum Kota Surabaya dari Bumiputera

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini (kanan) menyerahkan berkas perjanjian kepada Direktur Kepatuhan & Pengawasan Internal AJB Bumiputera 1912 - Brata Antakusuma (kedua dari kiri) didampingi oleh Direktur Investasi & Keuangan - Ichsan M. Nathin (kiri), dan Direktur Teknik & Aktuaria - Indra C. Situmeang (ketiga dari kiri) bertempat di ruang kerja walikota Surabaya - 23/09/2015

Peri

stiw

a

Bumiputera akan melakukan pembangunan tiga fasilitas umum untuk

kota Surabaya senilai Rp.32.798.572.380 (tiga puluh dua miliar tujuh ratus sembilan puluh delapan juta lima ratus tujuh puluh dua ribu tiga ratus delapan puluh rupiah). Pembangunan fasilitas umum itu merupakan partisipasi pembangunan fisik terkait hak pengelolaan tanah milik pemerintah kota Surabaya yang diberikan kepada Bumiputera, tempat berdirinya Hotel Bumi Surabaya di jalan Jl. Basuki Rahmat No 124-128 Surabaya.

Di samping pembangunan fisik kota Surabaya, Bumiputera juga membayar retribusi kepada pemerintah kota Surabaya sebesar Rp. Rp.95.233.950.000 (Sembilan puluh lima miliar dua ratus tiga puluh tiga juta sembilan ratus lima puluh ribu rupiah) terkait penggunaan tanah selama 20 tahun.

Partsisipasi pembangunan fisik dimaksud sesuai dengan gambar perencanaan dan detail engineering design (DED) yang ditentukan oleh pemerintah kota Surabaya. Pembangunan fisik tersebut harus sudah selesai dan diserahkan kepada pemerintah kota Surabaya sesuai waktu yang disepakati. Yaitu; Pertama; Pembangunan Jembatan Jl.Ratna Surabaya, paling lambat harus selesai pada 31 Desember 2016; Kedua; Pedestrian Jl.Wijaya Kusuma Surabaya (sisi timur) harus selesai pada 30 April 2016; Ketiga; Pedestrian Jl.Walikota Mustajab Surabaya yang harus selesai pada 30 April 2016

Pelaksanaan pekerjaan dan kualitas pekerjaan oleh Bumiputera berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga & Pematusan Kota Surabaya. Pengawasan pelaksanaan pembangunan dan penilaian

sendiri dilakukan oleh lembaga independen yang ditunjuk oleh pemerintah kota Surabaya setelah pembangunan fisik selesai atau pada saat akan diserahkan kepada pemerintah kota Surabaya

mutual | Edisi 39 - 2015 17

Hotel Bumi Surabaya

Peri

stiw

a

Hotel Bumi Surabaya dulu dikenal dengan nama Hotel Hyatt Regency Surabaya ini berada di jantung kota Surabaya, Jl. Jend Basuki Rahmad No.106-128 dengan akses ke pusat wilayah pertokoan dan perkantoran Surabaya. Hanya beberapa menit berjalan kaki ke pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza, salah satu tempat belanja utama di Surabaya.

Rabu 23 September 2015 ini, pemerintah Surabaya kembali mempercayakan

pengelolaan tanahnya itu kepada Bumiputera, yang ditandai dengan penanda tanganan Perjanjian Penggunaan Tanah antara AJB Bumiputera 1912 dengan Pemerintah Kota Surabaya.

Tri Rismaharini mewakili pemerintah kota Surabaya, Bumiputera diwakili oleh tiga orang direkturnya yaitu Brata Antakusuma, Direktur Kepatuhan dan Pengawasan, Ichsan Muslim Nathin, Direktur Investasi

dan Keuangan, Indra Catarya Situmeang, Direktur Teknik dan Aktuaria. Acara berlangsung di ruang kerja wali kota Surabaya, Jalan Taman Surya No.1 Surabaya.

Hubungan baik antara AJB. Bumiputera 1912 dengan pemerintah Surabaya selama 20 tahun terakhir membuat pemerintah Surabaya mempercayakan kembali penggunaan tanahnya kepada Bumiputera untuk 20 tahun ke depan. ***Primra

mutual | Edisi 39 - 201518

Pada 10 September 2015 lalu, bertempat di Kahyangan Teppanyaki Restaurant,

Jakarta Pusat, Direksi Bumiputera mengadakan pertemuan dengan Direksi Perum Perumnas. Pada kesempatan tersebut Direksi Bumiputera yang dihadiri oleh Direktur Utama, Ahmad Fauzie Darwis, Direktur Pemasaran, Nurseto, Direktur Keuangan & Investasi, Ichsan M. Nathin, Direktur Teknik & Aktuaria, Indra Catarya Situmeang, dan Direktur SDM & Umum, Joko Triyogyanto membahas mengenai

Proteksi 1.100 Karyawan Perum Perumnas Oleh Bumiputera

kerjasama proteksi terhadap 1.100 karyawan Perum Perumnas. Dari pihak Perum Perumnas, dihadiri oleh Direktur Utama, Himawan Arief Sugoto dan Direktur SDM & Keuangan, Hakiki Sudrajat.

Kerjasama antara Bumiputera dan Perum Perumnas telah memasuki tahun ketiga. Kerjasama pertama terjalin pada tahun 2012 melalui program Asuransi Jasa Purna Bhakti (JPB). Program JPB memberikan manfaat asuransi berupa pembayaran sejumlah uang secara sekaligus kepada

peserta/tertanggung karena berhenti kerja akibat Purnabakti Normal, Purnabakti akibat Meninggal Dunia, Purnabakti akibat Cacat Tetap Total atau Purnabakti Dipercepat.

Audiensi ini membahas kombinasi manfaat asuransi untuk peserta yang ditawarkan kepada Manajemen Perum Perumnas, kedepan diharapkan kerjasama ini dapat terus berkembang untuk kebutuhan para peserta sesuai kesepakatan antara Bumiputera dan Perum Perumnas.*** Angga & Dhila

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 39 - 2015 19

Bumiputera, saya selalu dilayani dengan baik oleh agen Bumiputera. Saya sangat percaya Bumiputera. Merupakan suatu kehormatan bisa dilayani langsung oleh Direksi Bumiputera. Asuransi lekat dengan faktor kepercayaan. Saya merasa nyaman dan aman menjadi pelanggan Bumiputera selama 15 tahun terakhir. Pelayanannya yang baik dan pendekatan secara kekeluargaan membuat saya melanjutkan polis selama 5 tahun ke depan. Terima kasih Bumiputera” ujar Iswanto saat ditemui oleh redaksi.

Selain Direktur SDM & Umum yang turun melayani langsung pelanggan, karyawan dan mitra kerja Bumiputera akan berpartisipasi memeriahkan puncak peringatan Hari Pelanggan Nasional 2015 dengan mengikuti parade simpatik bersama 90 perusahaan dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) menuju Monumen Nasional (Monas) pada hari Minggu, 6 September 2015. Pada kesempatan tersebut Bumiputera mengerahkan 150 peserta yang terdiri dari Mitra Kerja, Kepala Cabang dan staf pegawai dari kantor pusat dan 5 kantor wilayah Bumiputera di Jakarta dan sekitarnya.***Angga

Hari Pelanggan Nasional 2015

Direksi Langsung Melayani Pemegang Polis

Sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada pemegang polis, Direktur SDM

& Umum Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Joko Triyogyanto terjun langsung untuk melayani pemegang polis. Pelayanan oleh Direksi ini berlangsung di Kantor Cabang Bumiputera Kebon Sirih yang beralamat di Wisma Bumiputera Lt 6 Jl. Jenderal Sudirman Kav 75, Jakarta Pusat dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada hari Jumat, 4 September 2015.

“Hari Pelanggan yang digagas setiap tahunnya oleh Frontier Consulting Group merupakan kegiatan yang positif bagi perusahaan agar senantiasa selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan terutama pemegang polis Bumiputera,” ujar Joko Triyogyanto.

Iswanto Effendy seorang pengusaha ekspor timah & batubara yang datang ke KC. Kebon Sirih bersama istri mengaku cukup terkejut dan sangat tersanjung dapat dilayani langsung oleh Top Management Bumiputera di Hari Pelanggan Nasional. Iswanto menceritakan bahwa maksud kedatangannya adalah untuk mengurus klaim habis kontrak dan membuat polis baru untuk produk asuransi Mitra BP-Link.

Iswanto sudah 15 tahun menjadi pemegang polis Bumiputera. Iswanto mengaku telah sangat percaya dengan Bumiputera sebagai perusahaan asuransi swasta nasional yang telah 103 tahun melayani Indonesia. “Selama 15 tahun menjadi pemegang polis

“Merupakan suatu kehormatan

bisa dilayani langsung oleh Direksi

Bumiputera. Asuransi lekat dengan

faktor kepercayaan. Saya merasa

nyaman dan aman menjadi pelanggan

Bumiputera selama 15 tahun

terakhir. Pelayanannya yang baik

dan pendekatan secara kekeluargaan

membuat saya melanjutkan polis

selama 5 tahun ke depan. Terima

kasih Bumiputera” - Iswanto Effendy

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 39 - 201520

Produk AJB Bumiputera 1912 berbasis unit link, Mitra BP-Link sudah ramai

dipasarkan. Hal ini disambut baik oleh Prof. Dr. Ir. Gede Sri Darma, D.B.A, Rektor Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) yang juga merupakan Anggota BPA DP VIII (Bali & Nusa Tenggara), dengan membeli polis Mitra BP-Link untuk Single Premium. Penyerahan polis dilakukan oleh AM KCP Denpasar Legian Desak Putu Rathini, SE bertempat di Undiknas beberapa waktu lalu.

Prof. Gede Sri Darma merupakan nasabah tetap Bumiputera ditunjukan dengan selalu membeli polis unggulan dari Bumiputera. Tidak hanya ia yang selalu membeli polis dari Bumiputera, namun ia juga mengajak istri untuk ikut bergabung dengan Bumiputera

Kepercayaan Gede Sri Darma dengan Bumiputera bukan tanpa alasan. Ada beberapa alasan kuat diantaranya, pertama Bumiputera merupakan perusahaan asuransi milik bangsa Indonesia tanpa campur tangan asing. Kedua usia Bumiputera yang kini sudah mencapai 103 tahun, sehingga tidak ada kemungkinan untuk gagal membayar klaim. Ketiga, sistem kerja Bumiputera yang berasaskan

Penyerahan Polis Mitra BP-Link Prof. Gede Sri Darma

Kantor Cabang Prioritas Denpasar - Wilayah Denpasar

demokrasi di mana usaha yang dilakukan mengedepankan kesejahteraan rakyat, dan yang terakhir yaitu karena Bumiputera memberikan prediksi menjadi lebih besar yang mana Bumiputera merupakan satu-satunya perusahaan Asuransi yang berbentuk Mutual.

Sebagai perwakilan pemegang polis yang dipercayakan duduk dalam Badan Perwakilan Anggota (BPA) AJB Bumiputera 1912, Gede Sri Darma berharap perjuangan Bumiputera tidak hanya akan berhenti disini dan akan terus berkarya dengan memprioritaskan kepentingan masyarakat umum dan nasabah pada khususnya.***Desak KCP / Yuni - PRO Denpasar

Bumiputera perusahaan asuransi milik bangsa Indonesia tanpa campur tangan asing.

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 39 - 2015 21

Kepedulian Bumiputera dalam dunia pendidikan sangatlah besar. Hal ini

dibuktikan dengan mensosialisasikan asuransi pendidikan dengan bekerja sama dengan pemerintah kota Denpasar. Beberapa waktu lalu bertempat di lapangan Puspem Badung – Denpasar, Bumiputera Denpasar menyerahkan Asuransi Pendidikan sebesar Rp 11 Miliar.

Asuransi pendidikan tersebut diperuntukkan bagi putra dan putri pemegang polis asuransi pendidikan Bumiputera dari tingkat TK, SD, SMP hingga SMA. Penyerahan asuransi pendidikan Bumiputera dilakukan oleh Kepala Wilayah Bumiputera Denpasar Tiopulus Pasaribu didampingi Bupati Kabupaten Badung I Made Sudiana. *** Yuni - PRO Denpasar

Bumiputera Serahkan Asuransi Pendidikan Rp.11 Miliar

Kantor Wilayah Denpasar

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 39 - 201522

Peri

stiw

a Edukasi Asuransi Arek-Arek Suroboyo

AJB Bumiputera 1912 bersama LJK (lembaga jasa keuangan) lainnya turut

memeriahkan (PKR) Pasar Keuangan Rakyat di Surabaya.

PKR Surabaya yang diselenggarakan pada 6 September 2015 dan bertempat di Pasar Tambah Rejo Surabaya ini terselenggara atas inisiasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Pusat.

PKR di Surabaya merupakan kegiatan yang ke-5 setelah sebelumnya diselenggarakan di Solo, Aceh, Makassar, dan Kupang. Dalam penyelenggaraan Pasar Keuangan Rakyat ini, 41 pelaku usaha jasa keuangan (PUJK) ikut berpartisipasi seperti dari Perbankan, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Pembiayaan, Dana Pensiun, dan asosiasi di sektor jasa keuangan.

Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK, Agus Sugiarto menjelaskan, kegiatan PKR ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat, ”Ada tiga pokok tujuan kita yaitu mengedukasi, adanya transaksi pembiayaan dan menghibur, namun yang terpenting adalah meningkatkan kepedulian dan memberitahu ke masyarakat bahwa ada produk keuangan yang sesuai dengan budget mereka,” jelas Agus usai membuka PKR di pasar Tambah Rejo

Dalam PKR ini. Agen Bumiputera dan staf Bumiputera yang mengenakan busana Cak dan Ning, khas Surabaya, hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mengenalkan, m e n g e d u k a s i , dan memasarkan m a s y a r a k a t Surabaya.

Kantor Wilayah Surabaya - Pasar Keuangan Rakyat

mutual | Edisi 39 - 2015 23

Peri

stiw

a

Animo pengunjung PKR Surabaya sejak pukul 07.00 hingga 17.00 cukup ramai. Laimin Kepala Wilayah Surabaya mengungkapkan bahwa kegiatan PKR

ini sangat bagus. “Venue / lokasinya sangat tepat. Di tempat keramaian dan pengunjung di booth Bumiputera cukup ramai. Banyak pengunjung berminat untuk bergabung bersama B u m i p u t e r a dan telah m e n a n d at a n g a n i SPAJ (Surat Permintaan Asuransi Jiwa).” Ujar Laimin.

Hasil edukasi dan utilitas pun cukup lumayan. Sebanyak 123 pengunjung datang ke booth Bumiputera, dan 40 diantaranya berminat dan bergabung untuk memiliki

polis Bumiputera. Premi yang dikumpulkan cukup signifikan, Rp 539 juta lebih.

Kantor Wilayah Bumiputera melibatkan seluruh kantor Cabang yang berada di bawah naungannya sebanyak 29 kantor cabang. Dengan kekuatan sebanyak itu, Laimin membagi rata, per 2 jam ada 4-6 kantor cabang yang bertugas untuk menjaga booth Bumiputera.

Untuk ke depannya, Bumiputera selalu mendukung program edukasi dan literasi yang diadakan bersama OJK. Untuk selanjutnya, PKR akan dilaksanakan di Mataram, Pekanbaru, dan Medan. Nantikan Bumiputera di PKR berikutnya. ***Rangga

mutual | Edisi 39 - 201524

Peri

stiw

a

Daftar hadir PKR Surabaya

Daftar utilitas PKR Surabaya

25mutual | Edisi 39 - 2015

Peri

stiw

a

Bumiputera bagus. Saya

mengasuransikan pendidikan untuk

anak saya di Bumiputera. Semoga

Bumiputera tambah maju lagi.

Taufik

Sebagai pemegang polis Bumiputera,

Bumiputera cukup bagus. Terlebih

dengan mengikuti kegiatan PKR ini,

dapat memberikan edukasi yang

positif untuk masyarakat awam,

khususnya Surabaya.

Caroline

Saya sudah lama mengenal Bumiputera. Semoga Bumiputera dapat mempertahankan dan meningkatkan terus pelayanannya kepada masyarakat.AKBP Herman HF – Kapolsek Simokerto Surabaya

Bumiputera adalah perusahaan asuransi tertua dan terpercaya di Indonesia. Bumiputera sangat bermanfaat di kegiatan PKR ini. Bumiputera memberikan wawasan pencerahan terhadap pengunjung akan pentingnya perlindungan asuransi yang dapat dipercaya.AKBP Marjoko – Kanit Reserse Surabaya

Souvenir PKR Surabaya

Adik saya juga pernah pakai Bumiputera, untuk pendidikan. Sejak TK sampai tamat SMA, manfaatnya

lancar dibayarkan. Sesuai dengan jadwal. Agennya kooperatif. Semuanya cukup memuaskan. Semoga

pelayanannya bertambah baik dan banyak produk yang memiliki keunggulan.

Danis – Direktorat Pengembangan Inklusi Keuangan OJK Pusat

Bumiputera itu ... !

Payung cantik Jam unik

Dompet keren

Pulpen mungil

Dompet trendy

mutual | Edisi 39 - 201526

Kepala Wilayah Manado, Edy Suryatmo dan Kepala Cabang Askum Manado,

Arifin Hi Mallu beserta staff menghadiri Acara Halal bil Halal Keluarga Besar PT. Air Manado pada Kamis, 6 Agustus 2015.

Acara yang dirangkaikan dengan penyerahan Klaim kepada 7 orang Karyawan PT. Air Manado yang telah memasuki usia pensiun tersebut berlangsung di Kantor Air Manado di kota Manado. Klaim sebesar Rp. 460.906.697,- diterima oleh Direktur Utama PT. Air Manado, Ir. Otniel Kojansow, M.Si. Dalam kegiatan tersebut, selain dihadiri oleh staff PT. Air Manado juga dihadiri langsung oleh Walikota Manado, Godbless Vecky Lumentut. ***Nancy Lumintang – PRO Manado/Ranti.

Penyerahan Klaim PT. Air ManadoKantor Cabang Askum Manado

Dalam rangka HUT Kopertis Wilayah VIII Bali, NTT, NTB yang ke 33,

Bumiputera Kantor Wilayah Denpasar mendapat undangan untuk mengikuti acara sembahyang bersama sekaligus kerja bakti di Pura Sakenan Serangan. Perayaan tersebut melibatkan seluruh perguruan tinggi swasta yang ada di wilayah bali.

Kepala Wilayah Denpasar Tiopulus Pasaribu didampingi Desak Putu Rathini, memanfaatkan momen ini sebagai ajang promosi, akan pentingnya asuransi untuk kalangan pelajar di tingkat perguruan tinggi. Prof. I Nengah Dasi Astawa, Koordinator Kopertis Wilayah VIII, mendukung gebrakan Bumiputera tersebut. Hal ini dibuktikan dengan diserahkannya polis Mitra BP-Link menandai juga bergabungnya I Nengah Dasi Astawa bersama Bumiputera.***Yuni - PRO Denpasar

Penyerahan Polis Mitra BP Link Prof. I Nengah Dasi Astawa

Kantor Wilayah Denpasar

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 39 - 2015 27

Penyerahan Klaim PT. Air Manado

Kepala Wilayah Medan Bakhtiar Saleh beberapa waktu yang lalu mengunjungi

Markas Komando Daerah Militer Bukit Barisan. Bakhtiar didampingi Asisten Direksi Tonny Siahaan, Kabag Konvensional John F. Pangaribuan, Kacab Syariah Medan Mahendra RS, Staff Syariah Medan Jimmy dan PRO Medan Bambang Suwignyo.

Sosialisasi Asuransi di Batalion Kodam I Bukit Barisan

Kantor Wilayah Medan

Rombongan Bumiputera langsung diterima dengan penuh keakraban di Markas Kodam I Bukit Barisan, Jl Jend Gatot Subroto Medan. Adalah Pangdam I Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Edy Rachmayadi menyambut langsung dengan baik kedatangan ini dan memberikan kesempatan kepada Bumiputera untuk sosialisasi produknya ke seluruh Batalyon di Kodam I Bukit Barisan.

Audiensi diakhiri dengan saling memberikan cenderamata dan foto bersama. Sebagai catatan Mayjend TNI Edy Rachmayadi saat ini sudah dipromosi menjadi Panglima Komando Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad) dengan pangkat Letnan Jenderal Pada tanggal 31 Agustus 2015, acara serah terima jabatan dilangsungkan di Kodam Bukit Barisan Medan.***Bambang Suwignyo - PRO Medan

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 39 - 201528

Peri

stiw

a Sosialisasi Asuransi di Polres BulelengKantor Cabang Singaraja - Wilayah Denpasar

Bertempat di Warung Rame, beberapa waktu lalu Kantor Cabang AJB

Bumiputera 1912 Singaraja berkesempatan mengadakan sosialisasi produk di lingkungan Polres Buleleng.

Acara yang dihadiri oleh Kapolres Kurniadi, SH didampingi Kabag. Sumberdaya, Ketut Sukrada tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan produk unggulan dari Bumiputera diantaranya adalah Mitra Melati dengan minimal premi Rp. 1.250.000/tahun dan Mitra Asri Rp.250.000/KK.

Dari Bumiputera sendiri presentasi langsung disampaikan oleh Kepala Wilayah Denpasar Tiopulus Pasaribu yang juga didampingi I Made Surya Sanjaya, Kepala Cabang Singaraja, supervisor, dan staf Wilayah. Kapolres Buleleng dalam hal ini memberikan sambutan yang positif dan berjanji akan menindaklanjuti program tersebut.***Yuni - PRO Denpasar

Beberapa waktu lalu, Bumiputera Kantor Wilayah Denpasar bersama Kantor

Cabang Singaraja mengadakan kunjungan silahturahmi ke kantor Bupati Buleleng .

Audiensi ini dihadiri oleh Kawil Denpasar, Tiopulus Pasaribu, Kacab Singaraja I Made Surya Sanjaya, dan diterima langsung oleh

Tawarkan Perlindungan Asuransi Bagi 1500 Petugas Kebersihan Pemkot Buleleng

Kantor Cabang Singaraja - Wilayah Denpasar

Wakil Bupati, dr.Nyoman Sutjitra Sp.OG dan jajaran Pemda dari Kabupaten Buleleng.

Dalam kesempatan ini, Bumiputera ingin memberikan tambahan manfaat bagi kurang lebih 1500 personil Dinas Kebersihan Pemkot. Buleleng, dengan program Mitra Melati dan Mitra Asri, yang memang merupakan produk Mikro Bumiputera.

Program ini mendapat sambutan yang antusias, karena AJB Bumiputera 1912 memberikan keuntungan bagi staf PNS dan bisa mempererat hubungan kedua belah

pihak.***Yuni - PRO Denpasar

mutual | Edisi 39 - 2015 29

Tawarkan Perlindungan Asuransi Bagi 1500 Petugas Kebersihan Pemkot Buleleng

Peri

stiw

aKerjasama Bumiputera dengan Kementerian Pertahanan

Kantor Wilayah Jakarta II

Tepat pada 01 September 2015, Bumiputera berkesempatan

mengunjungi Kementerian Pertahanan yang berlokasi di Jalan Merdeka Barat No. 13 – 15 Jakarta Pusat. Bersama dengan Kepala

Wilayah Jakarta II Taufik Rahman Yudi, didampingi Kepala Bagian Konvensional Tatag Suyarnadi, Kepala Cabang Pamulang Khaibar HS, kemudian Agency Manager Pujiati, dan Unit Manager Ulmasari turut menemani untuk hadir dalam penandatanganan perjanjian kerjasama untuk produk Mitra Asri kolektif tahap satu sebanyak 500 SP.

Ditemui diruang kerjanya, Frans Dicky Tamara selaku Kasubbag Biro Umum Setjen Kementerian Pertahanan yang sekaligus mewakili Kepala Biro Umum Brigjen Sunaryo yang kebetulan berhalangan hadir dikarenakan sedang ada pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta, mengungkapkan dukungannya atas langkah AJB Bumiputera 1912 dengan

“Saya melihat untuk produk sejenis ini hanya ada di Bumiputera belum ada di perusahaan lain, sehingga tertarik untuk mengambil dan memberikan perlindungan kepada anggota” - Frans D. Tamara

memasarkan produk Mitra Asri yang manfaatnya dapat melindungi seluruh anggota keluarga. “Saya melihat untuk produk sejenis ini hanya ada di Bumiputera belum ada di perusahaan lain, sehingga tertarik untuk mengambil dan memberikan perlindungan kepada anggota”, jelas pria bertubuh tegap ini.

Tidak hanya perasaan bangga, Taufik Rahman Yudi sangat mengapresiasi keputusan Kementerian Pertahanan mempercayakan proteksi jiwa keluarga kepada asuransi Bumiputera. “Bumiputera berkomitmen untuk memberikan pelayanan maksimal untuk pemegang polis”, tambah Taufik. Diharapkan institusi milik pemerintah lainnya dapat memperhatikan perlindungan jiwa pekerja beserta anggota keluarganya. ***Dimas

mutual | Edisi 39 - 201530

Bumiputera Tawarkan Perlindungan Asuransi Untuk Penduduk Kab. Jepara

Kantor Wilayah Semarang

Bertempat di Kantor Bupati Jepara, 11 Juni 2015 M. Pranoto Adi Kepala

Wilayah Semarang melakukan audiensi dan silaturahmi dengan Bupati Jepara K.H. Marzuki. Audiensi yang juga dihadiri oleh Iman Sucipto, Kepala Cabang Jepara dan Dr. Dwi Susilowati, Kepala Dinas Kesehatan dan Kesejahteraan Kabupaten Jepara adalah dalam rangka mensosialisasikan dan memasyarakatkan Asuransi keseluruhan Warga di Kabupaten Jepara melalui Program  Asuransi Rakyat Indonesia (ASRI ).

Produk Mitra Asri adalah Produk Asuransi Bumiputera yang melindungi seluruh anggota keluarga yang tercantum dalam Kartu Keluarga dengan premi Rp. 50.000,- per tahun. Dan apabila terjadi risiko, maka masing masing akan mendapat santunan Klaim Meninggal Dunia sebesar Rp, 1.500.000 ( satu juta lima ratus ribu rupiah ).

“Dana tersebut akan dihimpun dari dana jimpitan (sosial) warga Jepara yang setiap hari menyisihkan uang sebesar Rp. 2.000,- per Kepala Keluarga yang telah disepakati

oleh seluruh warga Jepara sebagai Dana Sosial Kegiatan Paguyuban Masyarakat Jepara yang berjumlah kurang lebih 400.000 Kepala Keluarga” demikian keterangan Marzuki yang juga merupakan kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Program tersebut akan direalisasikan per masing masing kelurahan, maksimal per kecamatan agar mudah untuk memantau dan mengkoordinasi program dan pengurusan klaim” imbuh Kepala Dinas Kesehatan dan Kesejahteraan Kabupaten Jepara *** M. Pranoto Adi– Kawil Semarang.

Senin, 30 Juni 2015 di Rumah Makan Lumintu 2 Jepara M. Pranoto Adi, Kepala

Wilayah Semarang dan Iman Sucipto, Kepala Cabang Jepara beraudiensi dengan Ketua Asosiasi Perhotelan dan Restoran Jepara, Lilo Sunaryo. Pemilik Hotel Syailendra dan Hotel Segoro yang berada di Kabupaten Jepara tersebut adalah Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan penasehat Ngawulo Gusti Kabupaten Jepara. Di sela – sela kesibukannya, beliau masih sering diundang sebagai pembicara di Universitas Diponegoro. Lilo Sunaryo dikenal sebagai Guru Besar Universitas Diponegoro di bidang pertambangan.

Penutupan Asuransi Lilo Sunaryo, Ketua Asosiasi Perhotelan dan Restoran Jepara

Kantor Wilayah Semarang

Hasil dari Audiensi tersebut, Lilo Sunaryo tertarik dan langsung mencairkan depositonya di sebuah Bank untuk

penutupan asuransi Bumiputera sebesar Rp. 400.000.000,- ( empat ratus juta rupiah ). ***M. Pranoto Adi– Kawil Semarang.

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 39 - 2015 31

Bertempat di di Rumah Sakit Umum Daerah Jepara pada Rabu 10 Juni 2015,

Kepala Wilayah Semarang, M. Pranoto Adi melakukan audiensi dengan Dr. Dwipo, Wakil Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Jepara. Dalam acara tersebut, Kepala Wilayah Semarang ingin membangun kerjasama Kesejahteraan Hari Tua Karyawan dan Karyawan HONDA ( Honor Daerah) melalui Program Unit Link dan mensosialisasikan Investra ( Investasi Asuransi ) kepada para  Dokter dan Paramedis melalui program Mitra BP Link Tunggal ***M. Pranoto Adi- Kawil Semarang.

Bumiputera Tawarkan Perlindungan Asuransi kepada Dokter dan Paramedis di Kab. Jepara

Kantor Wilayah Semarang

Penandatanganan MOU antara Bumiputera dengan Persatuan Islam

Tionghoa Indonesia (PITI) Jawa Tengah berlangsung beberapa waktu yang lalu di Tlogo Resort, Tuntang – Kabupaten Semarang. Penandatanganan dilakukan oleh Nurseto, Direktur Pemasaran Bumiputera dan Iskandar Thio, Ketua PITI Jawa Tengah. Penandatangan MOU Mitra Asri melindungi anggota PITI Jawa Tengah sebanyak 5.000 anggota dan 1.500 anggota lainnya yang berada di Cabang Kota Semarang.

Acara tersebut juga dihadiri M. Pranoto Adi, Kepala Wilayah Semarang dan H. Maksum Pinarto, Ketua PITI Cabang Kota Semarang. M. Pranoto Adi– Kawil Semarang/Ranti.

Perlindungan Asuransi Bumiputera bagi 6.500 Anggota Persatuan Islam Tionghoa Indonesia

Kantor Wilayah Semarang

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 39 - 201532

Rabu, 29 Juli 2015 bertempat di Resimen Kavaleri-1 Marinir Pasmar-1 Armada

Timur Surabaya, OJK Kantor Regional (KR) 3 menyelenggarakan Edukasi dan Literasi kepada 300 prajurit Resimen Kavaleri-1 Marinir Pasmar-1 Armada Timur Surabaya. Tema yang diangkat adalah “Pengenalan Otoritas Jasa keuangan (OJK) Serta Lembaga dan Produk Sektor Jasa Keuangan”. Tujuan Edukasi dan Literasi ini adalah memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang OJK, lembaga dan produk Sektor Jasa Keuangan kepada Marinir selaku konsumen LJK. Juga diharapkan Marinir dapat memberikan kontribusi aktif melakukan edukasi dan literasi keuangan kepada masyarakat di tempat mereka bertugas, dalam menjaga kedaulatan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yaitu di daerah-daerah pesisir pantai dan pulau terluar NKRI.

Komandan Marinir Resimen Kavaleri I-Mar yang diwakili oleh Letkol Mar Kusyuwono sebagai Pasops Dan Menkav I-Mar, didampingi oleh Letkol Mar Suryanto sebagai Paspers Dan Menkav I-Mar menyambut baik atas kerjasama ini. Dalam sambutannya disampaikan bahwa melalui edukasi ini anggota Marinir akan dapat mengelola keuangan secara bijak dan mengetahui produk-produk Lembaga Jasa Keuangan, sekaligus hak dan kewajiban, manfaat dan risikonya sehingga bijak dalam berinvestasi dan meningkatkan kesejahteraan Anggota Marinir.

Dalam sambutannya Sukamto selaku Kepala KR 3 mengatakan bahwa dengan adanya pemberian Edukasi dan Literasi mengenai OJK dan Industri Jasa Keuangan, diharapkan anggota Resimen Kavaleri-1 Mar dapat memberikan kontribusi aktif dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan Industri Jasa Keuangan. Sasarannya bukan saja untuk pribadi anggota Resimen Kavaleri-1 selaku konsumen Industri Keuangan, tetapi juga dapat membantu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan Industri Jasa Keuangan kepada masyarakat luas khususnya masyarakat di pulau-pulau Indonesia yang terpencil yang tersebar di seluruh Indonesia yang menjadi wilayah tugas Resimen Kavaleri-1, yang akhirnya

Edukasi & Literasi Asuransi Prajurit Resimen Kavaleri Surabaya

Kantor Wilayah Surabaya

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 39 - 2015 33

dapat meningkatkan kesejahteraan dan memperkuat perekonomian dan ketahanan NKRI.

Narasumber yang dihadirkan adalah Bambang Widjanarko, Direktur Pengawasan Bank KR 3, Nur Harjantie, Kepala Edukasi dan Informasi Area 2 (Timur) BEI, dan H. Laimin, Kepala Wilayah AJB Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Jatim I/ Surabaya dengan materi “Pentingnya Asuransi Jiwa”, didampingi Kepala Bagian Penjualan dan Layanan Non Konvensional Mira Faricha Wati.

Kegiatan Edukasi dan Literasi Keuangan tersebut dikemas sebagai Forum Panel dengan moderator Titien Sumartini, Deputi Direktur Perizinan, Informasi dan Dokumentasi KR 3.

Peserta edukasi sangat antusias yang terlihat dari para peserta berebut untuk bertanya dan memberikan masukan agar ada edukasi tahapan selanjutnya, bahkan mengharapkan narasumber dari industri dapat datang kembali dengan penawaran produk-produknya.

Acara diakhiri dengan penyerahan cindera mata, foto bersama dan makan siang. Di sesi seusai makan siang para narasumber mendapatkan kejutan yaitu kesempatan menaiki kendaraan tempur Marinir yaitu Tank dengan mengelilingi lapangan selama kurang lebih setengah jam.***Udhy P. – PRO Surabaya / Rangga

Peri

stiw

a

Pada 7 – 8 September 2015 bertempat di Hotel Oval Jl. Diponegoro Surabaya, OJK

Kantor Regional (KR) 3 menyelenggarakan kegiatan “Training Of Trainer” dengan tema Perencanaan Keuangan dan Pengenalan Industri Jasa Keuangan.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dan rangkaian akhir dari kegiatan Pasar Keuangan Rakyat (PKR) OJK yang berlangsung sehari sebelumnya, untuk menyukseskan Gerakan Nasional Literasi Keuangan Indonesia 2015. Acara yang berlangsung 2 hari ini diikuti oleh undangan terdiri dari pengguna jasa keuangan baik masyarakat umum, mahasiswa, UKM, wirausaha mandiri, koperasi, dan dari perwakilan berbagai lembaga jasa keuangan. Tujuan Edukasi dan Literasi ini adalah memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang perencanaan keuangan yang baik serta pengenalan lembaga dan produk Sektor Jasa Keuangan yang menjadi pengawasan OJK. Diharapkan setelah kegiatan ini peserta dapat memberikan kontribusi aktif melakukan edukasi dan literasi keuangan kepada masyarakat di tempat mereka beraktivitas.

Dalam sambutannya Sukamto selaku Kepala KR 3 mengatakan bahwa dengan adanya

TOT Asuransi Untuk Penyuluh TKIKantor Wilayah Surabaya

kegiatan ini seluruh peserta undangan yang hadir dapat melakukan perencanaan keuangan dengan baik dan memberikan kontribusi aktif dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan Industri Jasa Keuangan, yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan dan memperkuat perekonomian masyarakat luas.

Narasumber yang dihadirkan adalah dari Bank BRI, Pegadaian dan, AJB Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Jatim I/ Surabaya diwakili oleh H. Laimin - Kepala Wilayah didampingi Kepala Bagian Penjualan dan Layanan Non Konvensional Mira Faricha Wati, dengan materi “Pentingnya Asuransi Jiwa dan Presentasi Produk Mitra BPLink.”

Kegiatan Edukasi dan Literasi Keuangan tersebut dikemas sebagai Forum Panel dan Diskusi yang berlangsung santai dan penuh keakraban. Peserta TOT sangat antusias yang terlihat dari para peserta berebut untuk bertanya dan memberikan masukan agar ada edukasi tahapan selanjutnya, bahkan mengharapkan narasumber dari industri dapat datang kembali dengan penawaran produk-produknya.

Acara diakhiri dengan penyerahan cindera mata,

pengundian door prize dan foto bersama sembari menyanyikan bersama-sama yel-yel OJK “Sikapi Uang dengan Bijak”.*** Udhy P. – PRO Surabaya

mutual | Edisi 39 - 201534

Peri

stiw

a

TOT Asuransi Untuk Penyuluh TKI

Kantor Wilayah Pematang Siantar

Kepala Wilayah Pematang Siantar Joni Irwansyah beserta Kepala Cabang

Syariah Pematang Siantar Febzul datang berkunjung beberapa waktu yang lalu dan bersilaturahmi guna membuka pasar di Resimen Induk Komando Daerah Militer I Bukit Barisan (RINDAM I BB ) dan bertemu langsung dengan Danrindam I BB Kolonel Infantri Gabriel Lema , S.Sos dan Kabagum

Rindam I BB Letkol. Arhanud Nandang Iskandar.

Dalam pertemuan silaturahmi tersebut Kepala Wilayah Pematang Siantar memberikan ucapan selamat bertugas kepada Danrindam I BB , yang telah bertugas selama 1 bulan di Rindam I BB. Kedatangan B u m i p u t e r a

bersilaturahmi di Rindam I BB disambut baik oleh beliau dan Asuransi Bumiputera sudah tidak asing lagi bagi Gabriel Lema dikarenakan beliau sejak menjadi prajurit telah menjadi Pemegang Polis Bumiputera

Kepala Wilayah Pematang Siantar

menyampaikan guna menjalin silaturahmi dan hubungan yang baik serta memberikan harapan terhadap kesejahteraan para prajurit sehingga tidak ada kekhawatiran akan masa depannya, Bumiputera akan memberikan penawaran proteksi asuransi Bumiputera kepada seluruh prajurit.

Hal ini mendapatkan respon yang baik oleh Danrindam I BB. Sang Kolonel menyampaikan guna memberikan jaminan pendidikan bagi putra - putri seluruh prajurit sampai ke bangku kuliah, maka Anggota Danrindam I BB saat ini meminta kepada Bumiputera untuk memberikan penawaran proteksi asuransi yang akan mengcover diri sendiri dan pendidikan putra – putri seluruh prajurit Rindam I BB. Beliau menyatakan dukungannya untuk kemajuan Bumiputera di Pematang Siantar, pungkasnya.***Iramadani Aritonang-PRO Pematang Siantar/Rizky

Literasi Para Praktisi Hukum di Wilayah Kabupaten Banyumas bersama OJK Purwokerto

Kantor Wilayah Purwokerto

Sabtu, 22 Agustus 2015, dalam rangka memberikan pemahaman tentang cara

kerja Lembaga Jasa Keuangan khususnya aspek-aspek menyangkut hubungan antara Lembaga Jasa Keuangan dengan nasabahnya atau konsumen, bertempat di Aula Justicia Fakultas Hukum Universitas Jenderal Sudirman, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Purwokerto bersama OJK Purwokerto menyelenggarakan Literasi dan Diskusi dengan tema “Peran Otoritas Jasa Keuangan dalam Penegakan dan Perlindungan Hukum Bagi Konsumen”.

Berdampingan dengan narasumber OJK, Kepala AJB Bumiputera 1912 Wilayah Jateng II/Purwokerto dipercaya sebagai pembicara sekaligus narasumber khusus di bidang asuransi. Selain dihadiri oleh para advokat, hadir pula pada acara yang banyak mengupas perselisihan hukum antara LJK dan konsumen tersebut, perwakilan dari beberapa institusi penegak hukum seperti kepolisian dan kejaksaan di Wilayah Kab. Banyumas dan sekitarnya. ***Rina Asianthik-PRO Purwokerto.

35mutual | Edisi 39 - 2015

Peri

stiw

a

Bumiputera Tawarkan Perlindungan Asuransi Untuk Prajurit Rindam I Bukit Barisan

mutual | Edisi 39 - 201536

Di sela-sela rutinitas pemasaran Kantor Wilayah Jakarta II dan mengikuti program kerja yang dicanangkan, tim pemasaran

melakukan kegiatan Customer Gathering yang dihadiri oleh Kepala Wilayah Jakarta II, Drs. Taufik Rahman Yudi dan Kepala Bagian Pemasaran, Drs. Tatag Suyarnadi pada Agustus 2015 di Rumah Makan Fifo Situgintung.

Kegiatan ini dihadiri oleh para pemegang polis yang mempunyai dedikasi dan loyalitas tinggi terhadap Bumiputera. Selain kegiatan silahturahmi, acara ini juga merupakan sarana promosi untuk memasarkan produk-produk Bumiputera.

Pelaksanaan Customer Gathering di Wilayah Jakarta II telah diselenggarakan sebanyak sembilan kali sejak bulan Juni hingga Agustus 2015 dan berhasil mengumpulkan sebanyak 169 SP. Kegiatan ini sangat mendukung pencapaian premi income kantor wilayah yang dibuktikan dengan pencapaian tertinggi.***Yazid-PRO Jakarta II/Afra.

Customer Gathering Kantor Wilayah Jakarta II

Penutupan Asuransi 169 Orang

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 39 - 2015 37

Lebih Dekat dengan Nasabah, Lebih Kenal dengan Produk Bumiputera

Kantor Wilayah Bandung

Kesadaran akan pentingnya menjalin hubungan baik dengan para customer

atau yang lebih akrab disebut sebagai pemegang polis pada perusahaan asuransi, tentulah sangat disadari oleh AJB Bumiputera 1912. Perusahaan yang berlandaskan mutual ini merupakan perusahaan dimana pemegang polis bertindak sekaligus sebagai pemilik perusahaan. Hal inilah yang kemudian menjadi dasar bagi Kantor Wilayah Bandung Cabang Soreang untuk mengadakan customer gathering pada 26 Agustus 2015 yang lalu.

Kantor cabang yang terletak di bagian barat Kota Bandung ini, menggelar customer gathering yang bertempat di Sutan Raja Hotel & Convention Center, Kabupaten Soreang. Acara yang dihadiri sekitar 45 orang

tamu undangan ini, mengusung konsep kebersamaan dengan makan bersama dan juga diisi dengan adanya presentasi mengenai produk oleh M. Fatoroni, selaku Kepala Bagian Konvensional Kantor Wilayah Bandung.

Mengawali rangkaian acara, Kepala Cabang Soreang, Jajang Johari, memberikan sekilas gambaran mengenai topik utama yang akan dibahas dalam gathering ini, yakni produk Bumiputera. Penjelasan lebih dalam dan lebih luas pun dilanjutkan pada sesi selanjutnya oleh M. Fatoroni. Undangan terlihat antusias dalam forum diskusi dan tanya jawab.

Respon yang baik pun kembali ditunjukkan dengan adanya beberapa nasabah yang

memutuskan untuk bergabung lagi menjadi pemegang polis Bumiputera, tercatat penutupan 5 produk Bumiputera ditempat dan 5 unit lagi yang menyusul. Penandatanganan surat permintaan tersebut disaksikan oleh tamu undangan.

Lewat acara customer gathering seperti ini, AJB Bumiputera 1912 sangat berharap akan semakin terjalinnya hubungan baik dengan para pemegang polis, selain akan adanya peningkatan kepercayaan untuk berinvestasi lewat pembelian produk-produk AJB Bumiputera 1912 yang dipasarkan melalui rangkaian gathering yang diadakan. ***Chintya Tobing/ Dimas

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 39 - 201538

Hari Pelanggan Nasional 2015

Sudah umum terdengar bahwa Pelanggan adalah Raja, kenyataan ini diakui oleh

pelaku bisnis ditengah persaingan dan merupakan dasar keberhasilan suatu Perusahaan. Pelanggan tak luput dari kata kepuasan dan loyalitas lantaran pelanggan yang puas belum serta merta menjadi pelanggan yang loyal, bisa jadi mereka juga memiliki pengalaman memuaskan di tempat lain. Hari Pelanggan Nasional yang dicanangkan setiap tanggal 4 September menjadi momen yang tepat untuk memompa semangat perusahaan dalam memuaskan pelanggan.

Banyak cara untuk memuaskan pelanggannya agar tetap loyal, Perusahaan – perusahaan besar di berbagai industri memanfaatkan ajang hari pelanggan dengan memanjakan para pelanggannya, kesempatan ini pun dilakukan oleh Bumiputera karena bertepatan di Hari Pelanggan Nasional 4 September tahun ini perwakilan jajaran Direksi dan Top Manajemen memanjakan para pemegang polis Bumiputera dengan cara melayani secara langsung aktivitas penyerahan polis, pembayaran premi lanjutan ataupun klaim lantaran rutinitas aktivitas keseharian biasanya ditangani oleh petugas operasional di Bumiputera. Ini juga dilaksanakan serentak di Kantor Cabang seluruh Indonesia, dimana para Pejabat setempat ikut terjun melayani Pemegang polis secara langsung.

Memanjakan Pemegang polis tidak hanya berlaku di hari pelanggan saja, disetiap hari Bumiputera juga memanjakannya dengan menyediakan wadah pelayanan apabila terdapat permohonan informasi ataupun pengaduan seputar polis, hal ini ditunjukkan dengan inovasi berbagai media layanan di Bumiputera yang saat ini telah berkembang memiliki 9 media layanan, diantaranya : Contact Center Halo Bumiputera bebas pulsa, SMS Bumiputera, Website Consultation, Email Customer Care, Facebook, Twitter, Face to Face, Line Telepon Direct khusus Kantor Pusat, dan melalui surat pos. Berbagai media layanan difasilitasi sebagai upaya manajemen yang fokus terhadap kepuasan pelanggan untuk ciptakan loyalitas pelanggan.

Parade Simpatik Pelanggan

Masih dalam rangkaian kegiatan Hari Pelanggan Nasional, tidak seperti biasanya di hari minggu Car Free Day pada 6 September 2015 sepanjang jalan Sudirman – Thamrin nampak ramai dan padat. Ya, pada hari itu sekitar 8.000 orang lebih dari berbagai perusahaan mengikuti aksi parade simpatik pelanggan.

Parade simpatik merupakan gerak jalan serempak yang diikuti oleh ratusan perusahaan dari berbagai sektor industri. Tahun ini para peserta parade berjalan mulai start gedung Arthaloka yang berada di Jalan Jenderal Sudirman menuju garis finish yang

berada di pintu silang barat Monas Jalan Merdeka Barat Jakarta. Penampilan Parade terlihat atraktif dengan gaya dan kostum yang menarik bahkan beberapa perusahaan membawa ikon ciri khas masing - masing perusahaan. Di sepanjang jalan parade juga dilakukan pemberian cindera mata dari beberapa Perusahaan yang berpartisipasi kepada para pejalan kaki ataupun masyarakat sekitar yang sedang mengikuti aktivitas Car Free Day.

Tahun ini Bumiputera menerjunkan sekitar 150 peserta untuk mengikuti parade simpatik pelanggan. Direktur Utama, Ahmad Fauzie Darwis dan Direktur SDM, Joko Triyogyanto beserta Top Manajemen Bumiputera turut hadir mengikuti parade di iringan jajaran khusus Board Of Director bersama BOD dari perusahaan lainnya. Tema parade pada kesempatan kali ini, Bumiputera memunculkan ikon khasnya yaitu ‘Tiga Orang Guru’ dengan berpakaian beskap lengkap adat Jawa Tengah. Para talent yang menggambarkan bagian dari sejarah pendiri Bumiputera ini menaiki kendaraan tradisional roda tiga becak diikuti oleh para peserta dari team pemasaran Kantor Wilayah se-Jakarta dan Bogor, team SP NIBA Bumiputera dan unit kerja Kantor Pusat. Diiringi dengan musik lagu marcia Bumiputera dan lagu – lagu perjuangan, team dari Bumiputera berjalan sambil bernyanyi dan sesekali beryel – yel ria di sepanjang jalan parade mulai start hingga puncak finish parade.***Dhila

Peri

stiw

a Parade Simpatik Bumiputera

mutual | Edisi 39 - 2015 39

Peri

stiw

a

Hari Pelanggan Nasional 2015

mutual | Edisi 39 - 201540

Permainan mengolah pikiran melalui alat media biji catur yang dimainkan

oleh ahlinya yang dikenal dengan Pecatur, belakangan ini terus melanjutkan regenerasi untuk melahirkan Pecatur masa depan Indonesia. Tak heran, Indonesia dibanjiri para pecatur muda berusia belasan tahun dengan beragam gelar yang diraih di dunia percaturan, mulai dari gelar nasional yang dikeluarkan oleh Percasi - Persatuan Catur Indonesia hingga gelar Internasional oleh FIDE – Organisasi catur dunia.

Turnamen catur ASEAN Age Group Chess Championship Open 2015 merupakan ajang catur bergengsi di Asia Tenggara yang diselenggarakan beberapa bulan lalu. Ajang ini diikuti oleh pecatur dari negara ASEAN - Indonesia, Singapura, Vietnam, Philipina, Thailand dan Malaysia. Serta turut bergabung perwakilan dari Non Asean seperti seperti India, Mongolia, Australia, Myanmar, Nepal, Kahzastan, Korea, Pakistan, New zealand.

Beberapa pecatur muda asal Indonesia sesuai tingkatan kelompok usia turut mengikuti turnamen ini. Keluarga Bumiputera - Parahitha Millyena Legowo

Parahitha Millyena Legowo “Woman Fide Master“ ASEAN Age Group Chess Championship Open 2015

adalah salah satu pemenang turnamen asal Indonesia. “Saya bermain di kelompok usia 16 thn, ada 14 peserta dari 7 negara untuk kategori standard yang dimainkan melalui 9 babak. Pertama saya lawan Vietnam - menang poin 1, babak kedua lawan Philipina - menang poin 1, babak ketiga lawan Vietnam lagi, menang poin 1, babak keempat lawan Myanmar - menang poin 1, babak kelima lawan Australia, draw dan mendapat point ½. Babak keenam lawan Mongolia - menang poin 1, babak ketujuh lawan Philipina - menang poin 1, babak kedelapan lawan Mongolia - kembali draw dan mendapat poin ½, babak sembilan lawan Philipna - lagi – lagi draw dan mendapat poin ½. Poin saya masih tertinggi dibanding pecatur lain dengan jumlah point di akhir babak mencapai 7,5 poin dan mendapat gelar Woman Fide Master.” Tutur puteri Nurseto, Direktur Pemasaran Bumiputera.

Untuk mendukung prestasi dan mencerdaskan anak bangsa, Bumiputera pun turut menjadi sponsor acara turnamen yang diselenggarakan di Nanyang Technological University Singapura. Setelah melewati beberapa babak dan mendapat gelar woman fide master, pecatur muda

yang akrab dipanggil Tata ini melanjutkan pertandingannya di kategori catur cepat – rapid dan melalui tujuh babak melawan tujuh negara, hasilnya? tetap menjadi kebanggaan anak Indonesia, ia mendapatkan juara pertama tingkat Asean.” Ini menjadi sejarah dan pengalaman yang tidak terlupakan buat saya, terima kasih kepada Allah, kedua orang tua saya dan Bumiputera yang telah mendukung untuk prestasi anak – anak Indonesia.” Ucap Tata mengakhiri. ***Dhila

Peri

stiw

a

Parahitha meraih 2 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu

mutual | Edisi 39 - 2015 41

mutual | Edisi 39 - 201542

Menjadi yang terbaik adalah dambaan setiap insan dalam kehidupannya,

apapun profesi yang digelutinya bila pencapaian telah melebihi target yang ditetapkan ada rasa bangga dan kepuasan yang layak disyukuri karena tidak semua diantara kita dapat meraihnya.

Begitupun bagi agen, mitra kerja Bumiputera yang pada semester I/2015 ini telah dapat melebihi target produksi yang ditetapkan, dengan sukacita mereka memperoleh award dan apresiasi dari perusahaan untuk menikmati perjalanan kelas satu ke negera tetangga Vietnam selama 5H4M dari 26 Agustus 2015 hingga 30 Agustus 2015.

Rombongan yang terdiri dari lebih 60 orang tersebut bertempat di Hotel Ibis Styles, Bandara Soetta malam hari 25 Agustus 2015 dilepas Direktur Utama AJB Bumiputera 1912, A.Fauzie Darwis dan Direktur Pemasaran, Nurseto, dengan ucapan selamat menikmati perjalanan serta harapan kembali dengan selamat, enjoy dalam perjalanan dan terus semangat untuk meraih prestasi mencapai target semaksimal mungkin, malah dapat melebihi yang ditetapkan.

Reward Agen.

Tahun 2015 ini Bumiputera 1912 memberikan penghargaan kepada para agen yang berprestasi, para mitra kerja yang dapat mencapai target semester I/2015 mendapat hadiah tour ke Vietnam sedangkan yang dapat mencapai

target dalam 1 (satu) tahun diberikan pilihan tour ke Italy, atau melaksanakan tour religi untuk ibadah umroh, atau yang lainnya dengan nilai yang sama.

Apresiasi semacam ini telah dilaksanakan perusahaan untuk yang kesekian kalinya, diberikan kepada para agent berprestasi yang memenuhi target yang ditetapkan pada awal tahun. Hadiah perjalanan ini menjadi kebanggaan para agent karena jerih payah mereka diapresiasi dan dihargai, sehingga menjadi pemicu semangat bagi dirinya maupun agent lain yang belum berangkat pada semester I/2015 ini untuk dapat berlomba berangkat pada akhir tahun nanti.

Latar belakang Kontes Agen

Persaingan dalam industri asuransi jiwa yang semakin ketat, agen sebagai ujung tombak perusahaan, kontes agen yang sudah lazim dilakanakan oleh industri asuransi jiwa, hal-hal tersebutlah yang melatarbelakangi apresiasi kepada para agen mitra kerja Bumiputera sehingga kegiatan ini menjadi agenda serta program perusahaan yang diharapkan dapat terlaksana setiap tahun.

Sedangkan tujuan dilaksanakannya kontes keagenan ini adalah untuk memotivasi mitra kerja organisasi pemasaran, meraih kinerja yang lebih tinggi, meningkatkan prestasi agen, mempertahankan dan meningkatkan jumlah organisasi pemasaran, dan tujuan utamanya adalah agar para agent nantinya dapat masuk dalam ajang Top Agent Award (TAA) ditingkat Industri asuransi jiwa.

Pelepasan Agen Terbaik

Bertempat di Ibis Hotel Airport Soekarno Hatta, dihelat kegiatan ceremony Pelepasan Agen Berprestasi Semester I – 2015 pada 25 Juni 2015. Peserta Tour Vietnam kali ini berjumlah 61 orang yang terdiri dari 37 Mitra Kerja/Agen, 5 Agen Kordinator, 1 Agency Manager (AM), 2 Financial Consultant (FC), 3 Kepala Wilayah, 1 Kepala Bagian (Pengganti Kanwil), 3 Kepala Cabang, 2 Kepala Divisi Regional dan 7 orang pendamping termasuk Direksi dan Panitia.

“Berada didepan para juara memiliki aura yang berbeda” demikian Nurseto membuka sambutannya saat membekali para agent yang akan diberangkatkan. Sebagaimana disampaikan Kepala Departemen Keagenan sekaligus ketua panitia, Rohmani Hasan bahwa tujuan dari pemberian reward perjalanan Tour Vietnam ini adalah untuk memotivasi semangat kerja organisasi pemasaran dan Bumiputera dapat merajai kembali ajang Top Agent Award 2016. Maka dengan itu, dalam mempersiapkan TAA tersebut agar perlunya perhatian terhadap persyaratan-persyaratan yang ditentukan termasuk aktifnya lisensi para agent, sehingga semua persyaratan untuk mengikuti ajang TAA tersebut dapat dipenuhi.

Mitra kerja adalah orang terdepan yang berkontribusi kepada perusahaan asuransi, sehingga agent adalah termasuk 10 profesi yang menantang, dimana perannya sebagai financial advisor, demikian pembekalan yang

Tour Vietnam...! Agen Terbaik Semester-I 2015

Apresiasi Agen Berprestasi

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 39 - 2015 43

Peri

stiw

a

diberikan Direktur Utama, A.Fauzie Darwis saat beramah-tamah dengan para agen.

Dalam sambutannya Direktur Utama menyampaikan “Kredo” untuk menyemangati para mitra kerja dalam beraktivitas yaitu bila ditanya apa kabar : luar biasa, selamat pagi : harus semangat, selamat siang : jaga semangat, selamat sore : tetap semangat, selamat malam : terus semangat. Bumiputera : hebat, Bumiputera : dasyat, Bumiputera : mantap. Hal ini mengisparasi para agen untuk terus semangat.

Ia juga bercerita sedikit mengenai karakter pedagang di Vietnam yang gigih dan pantang menyerah dalam berdagang kepada para tourist yang datang ke negaranya. “Para pedagang souvenir di Vietnam sangatlah gigih dalam berjualan. Mereka tak kenal lelah bahkan sampai tercapai tourist mau membeli barang dagangannya. Mari jadikan moment tour ini sebagai sarana membuka wawasan, pikiran dan belajar dari budaya orang Vietnam untuk meningkatkan kualitas diri sembari

bersenang-senang,” terang Fauzie Darwis.

Keberangkatan para mitra kerja yang telah berkontribusi terbaik bagi perusahaan ini adalah implementasi dari budaya SEMANGAT yang tertuang pada Apresiasi, sehingga apresiasi ini nantinya tidak hanya bagi para agent namun juga akan berlaku untuk para pegawai organik yang berprestasi di Bumiputera.

Vietnam Destination

Dalam perjalanan selama 5 hari turut dalam rombongan Brata Antakusuma, Direktur Kepatuhan Bumiputera, rombongan berangkat dan kembali menggunakan Singapore Airlines dan pesawat domestik Vietnam Air dari Hanoi ke Ho Chi Min (Saigon). Kegembiraan terasa dimana rombongan berangkat dengan kondisi cuaca sangat cerah dan bersemangat. Sampai di Hanoi setelah makan siang rombongan langsung menuju KBRI dan di terima Ibu Virna Kiara Mayerfas, Isteri Duta Besar Indonesia untuk Vietnam beserta para pejabat Kedutaan di kantor KBRI,

acara ramah tamah, penjelasan hubungan Indonesia dan Vietnam, budaya dan objek wisata, serta prospek bisnis yang dijalankan di Vietnam menjadi pembicaraan yang hangat dalam kunjungan rombongan ini.

Halong bay adalah lokasi andalan tour Vietnam yang diagendakan untuk dikunjungi karena wisata ini menjadi salah satu objek yang terdaftar dalam situs warisan dunia. Perjalanan ke halong di tempuh dalam waktu 4 jam melalui darat dengan satu kali pemberhetian pada rest area yang juga sebagai tempat singgah wisata untuk berbelanja karena ditempat ini dijual souvenir-souvenir dan kerajinan vietnam termasuk patung-patung batu yang dipahat dengan berbagai bentuk dan model. Berwisata di Halong bay menggunakan perahu kayu (cruise) dengan pemandangan laut yang sangat indah mengelilingi pulau-pulau karang di teluk yang memiliki luas 1500 km2. Di atas perahu cruise ini rombongan menikmati sajian makan siang fresh seafood dari hasil nelayan penduduk setempat.

mutual | Edisi 39 - 201544

membuat lubang-lubang persembunyian di bawah tanah dan ranjau-ranjau sebagai kekuatan tentara Vietnam mengalahkan pasukan Amerika pada tahun 1968.

Untuk merasakan bagaimana kondisi di bawah tanah serta merasakan kegigihan pasukan vietcong kala itu, pengunjung diperbolehkan mencoba masuk dalam lorong berjalan merangkak dengan jarak kurang lebih 20m yang dipandu oleh petugas.

Setelah mengitari hutan-hutan di chu chi tunnel, serta mendapat penjelasan sejarah perjuangan tentara vietnam yang terkenal dengan pasukan vietcong,dan mencoba lorong bawah tanah, rombongan dijamu singkong rebus dengan bumbu kacang sebagai makanan pokok tentara vietcong saat itu. Oleh kerena perjalanan mengitari hutan lumayan jauh maka habislah sajian singkong rebus disantap oleh peserta rombongan.

Rombongan yang terdiri dari 2 (dua) group tidak dapat berjalan bersamaan pada hari ini, rute perjalanan diatur terpisah karena ada satu tempat wisata

Peri

stiw

a

Setelah puas menikmati pemandangan laut, cruise ini akan berlabuh di dermaga dan rombongan menuju Thien Cung Cave yaitu gua alam yang terkenal dengan stalagmite nya yang berwarna warni, menikmati indahnya batu alam dalam gua.

Selama di Hanoi rombongan menginap di Melia Hotel yang berlokasi ditengah kota, Di kota ini rombangan mengunjungi Old Quarte Market untuk berbelanja souvenir-souvenir khas Vietnam, lokasi ini satu area berseberangan dengan Hoan Kim Lake, danau yang terawat dan asri ditengah kota, biasanya penduduk Vietnam duduk-duduk sambil menikmati suasana sekitar, di lokasi danau ini juga ada Noc Son Temple, kuil yang dihubungkan oleh jembatan merah untuk menuju kesana, sayangnya rombongan tidak sempat menikmati dan mengunjungi lokasi wisata ini karena rombongan akan segera menuju lokasi makan malam di Sen Tay Ho, resto all you can eat yang menyajikan 600 jenis makanan, sensasi makan malam yang luar biasa.

Keesokan harinya sebelum melanjutkan perjalanan ke Ho Chi Min (Saigon) rombongan diajak city tour mengunjungi Ho Chi Minh Moeseluem dimana paman Ho diawetkan, tempat ini dapat dikunjungi dari pagi hingga jam 11 siang, oleh karena hari Senin dan Jumat ditutup maka rombongan hanya dapat foto bersama dihalaman luas di depannya, setelah puas berfoto-foto rombongan beranjak menuju Temple of Literature, yaitu univesitas pertama dan tertua di Vietnam. Wisata lain di kota ini Hoan Kim Lake danau di tengah kota yang terawat dan Ngoc Son Temple, kuil yang berada pada lokasi danau. Tidak terasa waktu cepat belalu dan sore hari rombongan bersiap terbang menuju Ho Chi Minh (Saigon).

SAIGON Tour

Wisata pertama yang dikunjungi di kota Ho Chi Minh ini ChuChi Tunnel, tempat bersejarah dimana tentara Vietnam berhasil melawan penjajah Amerika saat itu dengan

yang dikunjungi lokasinya tidak dapat menampung seluruh peserta sekaligus yaitu kantor perwakilan travel yang membawa rombongan (HIS Travel) memiliki koleksi baju-baju khas Vietnam yang dapat dikenakan peserta sebagai kenang-kenangan untuk didokumentasikan.

Setelah makan siang pilihan peserta rombongan adalah menelusuri Saigon Square, dan Ben Thanh Market, oleh-oleh diserbu untuk keluarga, kerabat, sahabat, dan handai taulan. Di beberapa tempat mata uang rupiah dapat diterima oleh pedagang, sehingga rombongan lebih leluasa bertransaksi tidak hanya menggunakan mata uang Vietnam Dong atau menggunakan US $ tapi Rupiah pun dapat diterima oleh beberapa pedagang di negara ini. Saat itu Rupiah lebih tinggi nilainya dari Dong dengan kurs 1rupiah = 1,7dong sedangkan 1 US$ = 2200 dong.

Di kota ini rombongan menginap di Liberty Centra Saigon Riverside Hotel, lokasinya didepan sungai Saigon, dekat dengan pertokoan dan Ben Thanh Market, sehingga tidak heran bila rombongan bertambah kopornya ketika kembali ke Indonesia.

Sekilas Budaya Vietnam

Perjalanan 5 hari di Vietnam cukup memberikan gambaran kepada kami peserta rombongan bagaimana budaya masyarakat Vietnam yang sangat gigih serta ulet bekerja dan cinta keluarga, rombongan kami tidak pernah luput dari kerumunan para pedagang souvenir yang sangat gigih menjajakan dagangannya sampai berhasil membelinya, dimanapun bus kami berhenti mereka pun tampak ada disana, luar biasa uletnya.

Rumah di Vietnam rata-rata dibangun tinggi keatas karena mahalnya harga tanah disana, semua pertanian dan perkebunan dikelola oleh pemerintah dan hampir dipastikan

Temple of Literature

mutual | Edisi 39 - 2015 45

Peri

stiw

a

Dermaga Halong Bay

Post Office

Chu Chi TunnelPakaian Khas Vietnam

Peserta Tour disambut oleh KBRI Vietnam

Thien Cung Cave

tidak ada pengangguran, semua orang harus dapat menciptakan lapangan kerja dan menghasilkan minimal untuk dirinya sendiri.

Oleh karena Vietnam menganut paham komunis, agama tidak mengatur kehidupan mereka, namun berkembangannya budaya dan sosialisasi masyarakat disana saat ini mereka telah mulai menganut agama yang dipercayainya. Penganut agama budha terbanyak di negara ini, terlihat adanya pagoda dan rumah ibadah tersebut banyak di negara ini, mereka juga memiliki gereja untuk agama nasrani, namun untuk ibadah kaum muslim tidak kami jumpai selama dalam perjalanan, penganut agama islam masih minoritas, belum banyak di negara ini, sehingga wisatawan muslim kesulitan mendapatkan

tempat untuik melaksanakan ibadah sholat. Semoga pemerintah Vietnam akan memperhatikan hal ini karena tidak sedikit kaum muslim yang berwisata ke negara ini.

Perlakuan orang Vietnam terhadap orang lain sangat dipengaruhi oleh perasaan. Ketika orang saling mencintai atau menyukai, mereka cenderung memaafkan kesalahan orang lain, meskipun kesalahan itu sangat besar. Perasaan lebih bernilai daripada   rasionalitas (menghargai perasaan jauh lebih penting daripada yang lain). Silaturahmi diantara mereka biasa dilakukan dengan mengobrol dan minum-minum bersama dihalaman toko dan trotoar yang hampir terlihat selalu ramai pada sore hari menjelang malam, bangku-bangku kecil digelar dipinggir jalan dimana

mereka dapat menikmati kopi ataupun minuman lain sambil berbincang-bincang.

Seluruh peserta Bumiputera tour Vietnam berharap mendapat kesempatan pada next destination yaitu Italy atau Ibadah Umroh dengan pencapaian prestasi yang dinilai hingga akhir tahun 2015. Semoga….***Tiwi

mutual | Edisi 39 - 201546

Peri

stiw

a “ASURANSI BAGI NEGERI BAHARI” AAJI TOP AGENT AWARD 28

Asuransi Mikro Bagi Para Nelayan

Drama “Si Peci” yang dimainkan oleh Sanggar Batara dari kabupaten Gowa

membuka kegiatan ISR sebagai bentuk sosialisasi mengenai produk SiPeCi ke-pada masyarakat Desa Galesong. Jalan cerita yang sederhana dibalut dengan sedikit sentuhan humor memudahkan masyarakat paham mengenai keunggu-lan dan pentingnya asuransi mikro SiPeCi.

Ketua Panitia Nandi H. Hamaki mengungkapkan bahwa dalam kegiatan ISR ini AAJI ingin memproteksi masyarakat nelayan dengan membagikan 2.100 asuransi mikro SiPeCi untuk periode satu tahun. “AAJI bersama beberapa perusahaan anggotanya juga membagikan 15 unit kapal, perbaikan pelelangan ikan, pembangunan tempat sampah, serta pembagian sembako”. Ungkapnya.

Pengukuhkan Desa Tamasaju sebagai salah satu Desa Sadar Asuransi pertama di tanah air ditandai dengan penyerahan marka simbolis bertuliskan Desa Sadar Asuransi kepada Kepala Desa Tamasaju. Ketua AAJI Hendrisman Rahim juga menyerahkan tugas kepada orang yang telah terpilih sebagai 6 Duta Asuransi SiPeci yang terdiri dari tokoh setempat dengan misi mengedukasi masyarakat akan pentingnya asuransi. Terkait lokasi TAA yang digelar di Makassar, Hendrisman mengatakan bahwa Makassar merupakan lokasi yang tepat karena memiliki sejarah sebagai daerah bahari dan menjadi barometer bagi kota-kota di kawasan Timur Indonesia. ***Reza

Sebagai agenda pertama dari rangkaian acara TAA ke-28, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mengadakan program Industry Social Responsibility (ISR) di Pangkalan Pendaratan Ikan Beba, Desa Tamasaju, Kecamatan Galesong Utara, Takalar, Sulawesi Selatan pada 19 Agustus 2015.

“AAJI menjadi partner dari sebuah pemerintahan dalam upaya mensejahterakan rakyat. Kerjasama dengan AAJI membuat sinkronisasi terhadap program daerah Galesong sendiri. Mudah-mudahan dengan masuknya AAJI ke Tamasaju ini membawa berkah dan rezeki tersendiri”

Syahriar M.AP (Camat Galesong Utara)

Program ISR

mutual | Edisi 39 - 2015 47

pesan bahwa industri asuransi jiwa Indonesia memiliki kepedulian, mengedukasi serta mensosialisasikan manfaat asuransi bagi masyarakat, khususya kaum nelayan di Makassar. “Melalui peran Anda sekalian, kami yakin rencana mulia ini dapat terwujud. Tidak hanya di Makassar, tapi juga kepada nelayan lainnya di berbagai wilayah Nusantara.” Katanya dalam sambutan.

Acara ini turut pula dihadiri Butet Kertaredjasa sebagai pembicara. Ia memberikan suntikan wawasan, motivasi, dan inspirasi dibalut dengan sedikit sentuhan humor kepada total 1.100 peserta seminar yang hadir. Hal ini bertujuan agar para agen-agen asuransi jiwa Indonesia terus berusaha untuk meraih kesuksesan tanpa peduli dengan memaksimalkan kemampuan dan potensi diri. Selain itu, pemberian penghargaan bagi para agen dengan 4 kategori yaitu antara lain; Rookie Agent Top Premium, Rookie Agent Top Policy, dan Leader Top Recruiter diumumkan pada seminar sore itu. *** Reza

Peri

stiw

a

Acara dimulai pada pukul 15.00 WIT dengan dibukanya registrasi

oleh panitia bagi para peserta seminar. Berbagai ragam makanan khas Makassar disajikan bagi para peserta.

Parade barisan bendera-bendera anggota AAJI berjalan menyusuri jalan utama arena seminar diiringi peletakan bendera di sisi arena, dan peletakan bendera oleh ketua AAJI di panggung sebagai tanda dibukanya acara seminar TAA 2015. Tarian daerah Sulawesi Selatan menghiasi panggung dalam acara pembuka.

Hendrisman Rahim dalam sambutannya menyampaikan bahwa peran Agen asuransi jiwa sangatlah penting. “Dari tahun ke tahun, industri asuransi jiwa di Indonesia senantiasa menunjukkan kinerja yang positif. Hal ini tidak terlepas dari peran para agen yang merupakan ujung tombak industri asuransi jiwa dan merupakan salah satu aset terpenting bagi perusahaan asuransi jiwa. Kami percaya agen asuransi mengemban tugas yang mulia yaitu untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat agar mereka bisa mendapatkan proteksi keuangan jangka panjang yang bermanfaat

bagi diri sendiri m a u p u n k e l u a r g a . ” J e l a s n y a .

Ketua TAA ke-28 AAJI 2015 Nandi H. Hamadi mengungkapkan bahwa tema Asuransi Bagi negeri Bahari ini bertujuan untuk menyampaikan

v

Rangkaian acara Top Agent Award ke-28 yang kedua yaitu seminar bagi para peserta. Acara ini diadakan di Balai Pelestarian Cagar Budaya Makassar, Fort Rotterdam.

Butet Kertaradjasa

Suasana Seminar di Fort Rotterdam

“ASURANSI BAGI NEGERI BAHARI” AAJI TOP AGENT AWARD 28

Agen Sebagai Media Literasi Keuangan

Seminar TAA ke-28 2015

mutual | Edisi 39 - 201548

Peri

stiw

a

Agenda puncak dari kegiatan ini adalah malam penghargaan Top Agent Awards dimana agen-agen asuransi dari seluruh Indonesia bersaing untuk menjadi yang terbaik. Acara yang didahuli dengan Gala Dinner bagi para undangan ini dilangsungkan di ballroom Four Points by Sheraton Makassar pada 20 Agustus 2015.

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) memberikan penghargaan kepada

sejumlah agen asuransi terbaik melalui acara Top Agent Award (TAA) ke-28. Sebanyak 7 kategori penghargaan dalam TAA 2015 yang diperebutkan antara lain; Agent of the Year, Agent Top Premium, Agent Top Policy, Best Senior Productive producer, Top Agent of Bancassurance, Group Agent Top Premium dan Top Agent of Telemarketing.

“Agen asuransi jiwa memiliki peranan yang sangat besar dalam mendukung pertumbuhan industri asuransi jiwa. Posisi agen asuransi jiwa belum tergantikan oleh jalur pemasaran lainnya. Agen tetap menjadi aset penting bagi perusahaan. Jumlah agen asuransi jiwa yang berlisensi pada kuartal pertama tahun 2015 sebanyak 432.219 agen. Target kami pada akhir tahun 2015 jumlah agen asuransi jiwa akan mencapai 500.000 agen”, ungkap Hendrisman Rahim.

Acara ini turut pula dihadiri oleh Anggota Dewan Komisioner/

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK, Firdaus Djaelani dan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo.

Agen Bumiputera masuk ke dalam 2 nominasi, antara lain Leader Top Premium atas nama I Wayan Kerta dari Wilayah Bali (KC Denpasar Renon) dan Best Senior Productive Producer atas nama Ni Made Arini dari Wilayah Bali (KC Kuta).

Acara malam penghargaan ini dibawakan oleh Gilang Dirga dan Novita Anggie. Kemeriahan semakin terasa ketika penyanyi Judika dan Rossa naik ke atas panggung untuk menghibur para undangan. *** Reza

Gilang Dirga & Novita Angie Judika Rossa Syahrul Yasin LimpoFirdaus Djaelani

“ASURANSI BAGI NEGERI BAHARI” AAJI TOP AGENT AWARD 28

Penghargaan Agen Berprestasi 2014

Malam Puncak TAA ke-28 2015

Suasana Gala Dinner pada acara Malam Puncak Top Agent Award ke-28 di Ballroom Four Points by Sheraton, Makassar.

mutual | Edisi 39 - 2015 49

Foto-foto Kegiatan ISR

Foto-foto Kegiatan Seminar TAA

Foto-foto Kegiatan Malam Puncak TAA ke-28

“ASURANSI BAGI NEGERI BAHARI” AAJI TOP AGENT AWARD 28

Peri

stiw

a

mutual | Edisi 39 - 201550

Tidak pernah terlintas di pikiran I Wayan kerta sebelumnya untuk bekerja di

bidang asuransi. Bermula dari kedatangan petugas asuransi Bumiputera untuk bertemu dengan Kepala Dusun di tempat tinggalnya 22 tahun lalu, tepatnya pada September 1993, I Wayan Kerta akhirnya memutuskan untuk bergabung menjadi agen Bumiputera.

Selama menjadi Agen Bumiputera hingga sekarang, pria kelahiran 31 Desember 1964 ini berkomitmen selalu jujur dan tekun dalam menjalani profesinya. Ketekunan pria yang biasa disapa Kerta ini berbuah keberhasilannya dalam menjaring pemegang polis bagi Bumiputera. Tercatat dalam setahun 600 SP bisa ia dapatkan dengan dibantu 9 orang Agen nya. Ayah dari Eka Putri Amrita Dewi dan Made Ananta Wijaya ini selalu menekankan kepada mitra kerja dibawah bimbingannya untuk menjaga kepercayaan nasabah. Ketekunan, keuletan dan kejujuran Kerta dalam menjalani profesinya sebagai Agen Bumiputera membuat Ia terpilihnya sebagai salah satu nominator TAA tahun 2015 kategori Leader Top Premium, dan meraih

“Cara saya menjaga hubungan baik dengan pemegang polis antara lain saya tidak hanya memberikan sekedar janji belaka. Itu akan memupuk kepercayaan bagi pemegang polis kepada kita para agen. Kita harus tetap menjaga silaturahmi dengan pemegang polis. Karena saya memiliki keyakinan bahwa seorang agen menjadi besar karena pemegang polis.” Ungkapnya.

Kerta mengaku bahagia dan bersyukur atas apa yang telah ia capai. Bagi Kerta yang terpenting kerja kerasnya selama ini mampu membuat ia menyekolahkan kedua putera puterinya sampai kejenjang perguruan tinggi. *** Yuni - PRO Denpasar/Angga-Reza

Mit

ra A

nda Memupuk Kepercayaan Pemegang Polis

Menjadi Prioritas

I Wayan Kerta - Nominator Leader Top Premium TAA 2015

“Saya tidak memberikan janji belaka. Saya memiliki keyakinan

bahwa seorang agen menjadi besar karena pemegang polis.

Memupuk kepercayaan kepada pemegang polis

menjadi prioritas saya”

peringkat ke dua Komisi Agen Koordinator Tertinggi tingkat Kantor Wilayah Denpasar tahun 2014. Tak tanggung-tanggung komisi sebesar Rp. 244.827.060,- masuk ke pundi-pundinya.

Bapak dua anak ini sedikit bercerita mengenai produk Bumiputera yang paling diminati kepada tim redaksi. Menurutnya, pada 2013 produk Bumiputera yang paling diminati adalah Mitra Melati. Sementara pada 2014 yaitu Mitra Mandiri dengan program penambahan tambahan pensiunan bagi POLRI. Ia pun menambahkan, bahwa keinginan dari masyarakat terhadap produk asuransi sangat beragam. Ada yang mengharapkan kesehatan, dana pendidikan untuk anak, dan ada pula yang menginginkan investasi mikro.

Bermacam permintaan tersebut sebenarnya sudah dimiliki oleh Bumiputera, baik konvensional maupun investasi yang dikemas dalam produk Unit Link. Hanya perlu pemahaman lebih dari tiap agen untuk memasarkan kepada masyarakat.

Menutup pembicaraan kami, Kerta mengungkapkan sedikit tips menjaga hubungan dengan pemegang polis.

mutual | Edisi 39 - 2015 51

Mit

ra A

ndaSelalu Menjaga Kedekatan dengan

Pemegang Polis

Ni Made Arini - Nominator Best Senior Productive Producer TAA 2015

Menikmati. itulah falsafah yang selalu dipegang oleh sosok satu ini dalam

melakukan setiap pekerjaannya. Ni Made Arini, Mitra kerja yang tergabung dalam kantor cabang kuta memang sangat menikmati setiap pekerjaan yang dilakukan. sehingga seberat apapun pekerjaan akan bisa dilakukan dengan mudah.

Made Arini, demikian ia biasa disapa. Perempuan kelahiran Singaraja, 9 Oktober 1971 dikenal tenang dan selalu bersemangat. Sebelum bergabung dengan AJB Bumiputera, awalnya Made Arini bekerja disebuah perusahan Aerowisata Catering di lingkungan Bandara Ngurah Rai, saat itu ia sering diminta suami yang kebetulan sudah lebih dulu bergabung dengan Bumiputera, untuk menawarkan produk asuransi ke teman sekantor.Dari sanalah kemudian awal ketertarikannya untuk bergabung dengan Bumiputera. Tepatnya pada bulan Oktober 2001, Made Arini mulai bergabung dengan Bumiputera sebagai agen Kantor Cabang Kuta. Didasari dengan kesenangannya akan jalan- jalan membuat dia sangat menikmati pekerjaan

barunya. Dan keputusannya untuk keluar dari pekerjaan lamanya serta bergabung dengan Bumiputera terbukti merupakan pilihan yang tepat. Alhasil dalam kurun waktu 15 tahun bergabung, banyak hal telah ia dapatkan, diantaranya mengantarkan ia menjadi salah satu nominator TAA tahun 2015 kategori Best Senior Productive Producer, dengan perolehan premi Rp. 520.942.243,-

“Perasaan saya sebagai nominator di TAA tahun ini sangatlah senang. Khususnya, saya berhasil mewakili wilayah Bali. Saya tidak pernah terbayang akan masuk nominasi di TAA ini. Saya bekerja dengan semaksimal mungkin tanpa berpikir untuk ambisus mendapatkan penghargaan. Saya bekerja dengan senang hati, seperti biasa saja, tetapi tetap dengan maksimal. Jadi saya tidak memiliki strategi khusus untuk mendapatkan nominasi dalam penghargaan ini”, ungkapnya ketika wawancara dengan tim redaksi di Makassar.

Selalu tersenyum ketika menerima keluhan nasabah, membuat ibu tiga anak ini selalu berpikir bagaimana bisa melayani nasabah dengan sebaik baiknya. Caranya menjaga kedekatan dengan para pemegang polis yaitu berusaha menjadi orang yang dekat dengan mereka. Hal-hal kecil seperti sekedar menanyakan kabar, mengucapkan selamat ulang tahun, dan lain-lain menjadi trik ibu satu ini agar nasabah merasa nyaman. Tak hanya sampai disitu, ia pun siap untuk membantu urusan administratif para pemegang polis terkait dengan polis mereka. Hal inilah yang membuatnya dijadikan seperti saudara sendiri oleh para pemegang polis. Dan dari kerja kerasnya sebagai agen asuransi bersama suami, Made Arini bisa membeli mobil, tanah, dan yang terpenting lagi bisa memberikan pendidikan yang lebih baik kepada putra putrinya.

Ibu murah senyum ini memiliki satu keinginan yang diimpikannya yaitu melaksanakan upacara adat bagi anak-anaknya. Upacara “Menek-Bajang” (Mulai Dewasa), “Mesangih” (Potong Gigi), dan upacara “Wayang” yang menjadi cita-citanya sampai saat ini. Setelah itu, ia berniat untuk pensiun dan pulang ke kampung halaman, membuka usaha kecil-kecilan sambil beristirahat. ***Yuni - PRO Denpasar/Angga-Reza.

“Semenjak pertama kali memijakkan kaki saya untuk memutuskan terjun ke dunia

asuransi, Bumiputera-lah yang memberikan saya berbagai

manfaat sahingga saya bisa menjadi seperti saat ini. ”

mutual | Edisi 39 - 201552

Behind The Scene TVC “Kekuatan Anak Bangsa”Versi Pendidikan

BP F

ram

e

Di 2015 ini, AJB Bumiputera 1912 mempublikasikan TVC (Television

Commercial) bertajuk “Kekuatan Anak Bangsa.

Di balik ceritanya yang sangat menyentuh, TVC ini diproduksi sangat profesional, rumit, melibatkan banyak tenaga, waktu dan membutuhkan peralatan yang selain besar, juga berat.

Setiap TVC, tentunya ingin pesan atau goal yang diharapkan dapat tercapai. Tema dan story board menjadi kunci awalnya. Terpilihlah “Kekuatan Anak Bangsa” sebagai tema. Tema ini dapat diartikan positif, Bumiputera sebagai kekuatan yang berjiwa nasionalis dari dan untuk kemajuan bangsa Indonesia.

TVC dengan sutradara Ipang Wahid ini, telah dipublikasikan melalui banyak media seperti televisi (pada momen bulan ramadhan di Mtero TV), media sosial (website, media social / youtube). TVC ini memiliki 2 versi, pendidikan dan investasi. Garis merahnya menceritakan perjuangan seorang anak meraih cita-cita impian.

Proses shooting versi pendidikan dilakukan di sebuah kampung nelayan di pantai Carita Anyer pada 16 Mei 2015. Lokasi ini dipilih juga tak sembarangan. Telah melalui sederet survey lokasi dan pendalaman materi yang panjang. Walaupun lokasi telah ditentukan, ternyata tak mudah untuk membangun suasana yang kita inginkan di lokasi tersebut. Alhasil, pinggiran pantai Carita yang semula

mutual | Edisi 39 - 2015 53

BP F

ram

e

kotor disulap menjadi dermaga kecil yang bersih layaknya dermaga tempat kapal nelayan bersandar guna bongkar muat hasil tangkapan ikan. Pembuatan dermaga ini menggunakan kayu persis jembatan kecil dipinggir pantai.

Kru yang dikerahkan untuk setting alat dan tempat jumlahnya tak tanggung-tanggung, berkisar 50 orang lebih. Peralatan shooting dari kamera, lampu sorot, layar, dolly track, mic, monitor TV, dsb, Untuk mengambil dari berbagai angle terbaik sesuai story board, kamera yang dibawa berbagai macam jenis dan jumlahnya tak cukup satu.

Setiap scene yang diambil sangat dramatis. Di dermaga, si anak nelayan yang bernama Arya membawa kabar gembira tentang keberhasilannya dalam ujian masuk di perguruan tinggi luar negeri. Namun ia hanya bisa bersedih karena sadar diri bahwa profesi sang Ayah sebagai nelayan, sangat berat untuk membiayainya kuliah di luar negeri. Sangat menyentuh, melihat acting sang Ayah dengan peluh bercucuran di dahi sedang mengangkut hasil nelayannya.

Lokasi kedua, masih di area pantai carita. Dari dermaga kapal buatan, lokasi shooting berpindah di depan sebuah rumah nelayan yang didepannya penuh dengan ikan yang sedang dikeringkan. Kru pun bergegas untuk setting lokasi di tempat tersebut. Cukup lama menunggu setting lokasi ini selesai. Perlu waktu 1-2 jam menunggu. Sekarang sang Ayah yang giliran membawa kabar gembira. Ia berlari-lari mencari Arya. Scene ini hanya beberapa detik saja. Walaupun hanya sebentar, untuk hasil yang lebih memberikan nuansa kampung, Ipang Wahid sang sutradara menambahkan efek asap. Ya tentunya asap buatan.

Lokasi ketiga, di sebuah saung yang berlatar belakang laut. Saung berada di bawah pohon yang rimbun dan ketika scene ini akan

dimulai, hari memang sudah semakin sore. Walhasil gambar yang dihasilkan terlihat gelap. Untuk mengakalinya, di dalam saung dipasang lampu besar. Arya, termenung meratapi nasibnya. Tak lama datang sang Ayah membawa polis Bumiputera. Ya sang Ayah memang telah mempersiapkan dana pendidikan untuk Arya hingga perguruan tinggi. Akhirnya mereka berpelukan bahagia dan cita-cita Arya untuk kuliah di luar negeri terwujud. Saat shooting, adegan ini cukup sering diulang. Karena Ayah dan Arya harus berpelukan bahagia untuk memperlihatkan kebahagiaan. Selama pengulangan adegan, shot yang berlatar belakang laut ini harus mengkondisikan kapal nelayan berlayar di belakangnya. Jadinya, kapal nelayan pun harus maju mundur sesuai dengan adegan yang diulang.

Shooting versi pendidikan ini dikerjakan sehari saja. Dan esoknya, tanggal 17 Mei

2015, shooting versi investasi juga dimulai. Setelah seluruh shooting dilakukan, proses editing masih cukup panjang. Dari mulai pengisian suara / dubbing, sampai edit gambar. Cukup melelahkan, namun dengan kerjasama dan komitmen, hasilnya sangat memuaskan.***Rangga

mutual | Edisi 39 - 201554

Behind The Scene TVC “Kekuatan Anak Bangsa”Versi InvestasiMengambil tempat di Wimo, Kemang,

Jakarta Selatan, Shooting TVC Bumiputera hari kedua kembali bergulir. Nampak belasan talent pendukung acara atau biasa disebut figuran memenuhi ruang tunggu butik pakaian yang cukup ternama tersebut, mulai dari pukul 6 pagi. Acara berlangsung pada Minggu 17 Mei 2015.

Mobil dan truk kru film nampak terparkir penuh di pelataran Wimo, begitu juga dengan parkir motor kru dan talent yang ramai hingga hampir memenuhi badan jalan raya kemang.

Story board dari adegan hari ini adalah tentang keberhasilan Sisil tokoh perempuan berusia belasan yang berhasil mencapai puncak karirnya menjadi seorang Desainer Pakaian kenamaan di Indonesia. Sisil diceritakan berhasil karena dukungan penuh sang Ibu yang gigih berusaha memenuhi kebutuhan keluarganya dengan menjadi seorang penjahit pakaian.

Berkat visi dari seorang Ibu yang ingin anaknya memiliki bekal untuk membuka butik wira usaha desain, sang Ibu memutuskan untuk mempercayakan dananya dikelola dengan produk asuransi investasi Bumiputera. Singkat cerita Sisil sukses dengan dukungan sang Ibu dan kedua orang perempuan ini terharu dan bangga dengan kegighan dan keberhasilan masing-masing.

BP F

ram

e

mutual | Edisi 39 - 2015 55

mutual | Edisi 39 - 201556

Ikuti Minat Anak MudaFenty Sofiani, S.PD, MM - Direktur Akademi Sekretari Budi Luhur

Kelu

arga

Bum

iput

era

Dewasa ini musimnya para pelaku usaha bisnis yang memiliki tantangan

menghadapi persaingan pasar yang beragam, salah satu pengaruh potensial yang dianggap menguntungkan bagi para pengusaha atau pebisnis bahkan hingga perusahaan – perusahaan ternama adalah dengan mengikuti trend pasar anak muda saat ini. Mengikuti minat kawula muda sekarang memang tidak pernah habisnya dan cenderung cepat berubah mulai dari lifestyle, gaya fashion, produk hiburan, hingga dunia pendidikan yang diminati, strategi inilah yang dapat berpengaruh di dunia perbisnisan.

Salah satu yang diterapkan di dunia pendidikan dengan mengikuti trend anak muda adalah Akademi Sekretari – ASTRI Budi Luhur yang merupakan salah satu

naungan Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti. Fenty Sofiani, Direktur ASTRI Budi Luhur memahami potensi anak muda dapat mengunggulkan kampus yang pada tahun 2013 – 2014 lalu terpilih sebagai kampus cerdas dengan penerapan system Information Communication Technology - ICT di ajang TeSCa Telkom. “Kami selalu buat kegiatan – kegiatan yang melibatkan Pelajar Sekolah Menengah Atas di sekitar lingkungan kampus untuk mempromosikan kampus ASTRI Budi Luhur, biasanya acara tetap berfokus pada pendidikan.”Terangnya.

Baginya, industri perasuransian semisal Asuransi Bumiputera juga perlu pendekatan ke minat anak muda dalam menjaring pasar kawula muda, pemahaman asuransi dapat dibentuk sejak dini meski para mahasiswa atau pelajar masih fokus pada dunia pendidikan. “ Saya melihat asuransi itu penting buat semua kalangan termasuk kalangan pelajar, jika para mahasiswa belum memikirkan untuk menjadi nasabah karena konsentrasinya di perkuliahan, tapi perlu ditanam sejak dini bahwa manfaat asuransi itu penting tidak hanya untuk jangka pendek tapi jangka panjang dan masa depannya, kelak ketika para mahasiswa memiliki income sendiri akan menyisihkan dananya untuk asuransi.” Optimis Fenty yang juga bagian dari Keluarga Bumiputera lantaran sejak kecil ia diikutkan sebagai penerima beasiswa program asuransi Pendidikan Bumiputera oleh Ayahnya.

Selain perlunya pendekatan terhadap komunitas kalangan anak muda, baginya tentu yang perlu dipertahankan adalah

sisi Pelayanan terhadap nasabahnya. Jika di Bumiputera nasabahnya adalah para Pemegang Polis, maka di perkuliahan pelanggannya adalah para mahasiswa. Sisi pelayanan ini juga ia terapkan di kampus ASTRI Budi Luhur dengan mencari tahu apa yang dibutuhkan dan memberikan yang terbaik untuk seluruh mahasiswanya. “Saya rasa jika ingin kita pertahankan loyalitas pasti berhubungan dengan memberikan layanan yang terbaik dan memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan nasabahnya.” Katanya. Sebagai orang yang telah mengenal Bumiputera sejak duduk dibangku Sekolah Dasar, ia pun menyadari perkembangan jaman bergerak pesat dan cepat, dilihat saat ini Perusahaan asuransi banyak tersedia di Indonesia, berbeda dengan masanya yang lalu hanya ada beberapa saja Perusahaan asuransi yang beroperasi.

Lebih lanjut, menurutnya khusus event AS3 Fest yang disponsori Bumiputera pada 11 – 13 Mei lalu melibatkan sekitar 28 Sekolah Menengah Atas yang berpartisipasi di acara bertemakan semangat jiwa muda ini. “Setiap tema kegiatan kami ikuti trend anak muda, yang diminati antara kalangan para mahasiswa dengan anak sekolahan juga cenderung berbeda, karena sasaran kami adalah para pelajar maka kami mengikuti trend yang disukai remaja sekolah, kemasan acara pun saya selalu mengandalkan mahasiswa Budi Luhur yang memiliki talenta menyanyi, menari, bermain musik yang pasti lebih menghibur dan efisiensi ketimbang sewa artis.” Candanya.

Ia selalu memberikan kesempatan kepada anak – anak mahasiswa untuk belajar mengelola organisasi dan membuat event karena dengan begitu kelak ketika mereka akan terjun ke dunia kerja telah siap dengan pengalamannya mengelola organisasi. Disinggung mengenai harapan terhadap para mahasiswanya, ia berharap para lulusan Akademi Sekretari Budi Luhur dapat menjadi tenaga kerja profesional yang memahami tugasnya mereka nanti ketika bekerja. “Saya ingin membuktikan bahwa lulusan kami terbukti siap bekerja secara profesional di perusahaan ternama, tak menutup kemungkinan almamater Sekretari Budi Luhur juga dapat bekerja di Asuransi Bumiputera ya.” Tuturnya.***Dhila

mutual | Edisi 39 - 2015 57

Tambahan Iklan

mutual | Edisi 39 - 201558

Solusi Investasi & Proteksi Plus Kesehatan Berbasis Syariah

Bumiputera Luncurkan MITRA BP-LINK Syariah

Etal

ase

Mitra BP-Link (Bumiputera Link) Syariah merupakan program asuransi jiwa

syariah berbasis investasi syariah dengan pengembangan dana investasi yang maksimal, fleksibel dan dikelola oleh manajer investasi profesional serta alternatif perlindungan tambahan sesuai kebutuhan anda. Mulai dari asuransi jiwa, rawat inap, pengobatan 53 penyakit kritis (critical illness) sampai jaminan apabila anda tidak produktif.

MANFAAT AWAL1. Untuk Cara Bayar Reguler: sekurang-

kurangnya senilai mana yang lebih besar di antara Rp 7.500.000 atau 5 kali kontribusi dasar tahunan.

2. Untuk Cara Bayar Tunggal: sekurang-kurangnya sebesar mana yang lebih besar di antara Rp 15.000.000 atau 125% dari kontribusi dasar Tunggal”

MANFAATMelalui Mitra BP-Link Syariah, manfaat yang akan didapat yaitu:1. Jika peserta meninggal dunia selama

kontrak asuransi berlangsung, maka ahli waris akan menerima santunan 100% MA dan nilai saldo investasi.

2. Apabila peserta hidup hingga kontrak asuransi berakhir, pemegang polis akan menerima nilai saldo investasi.

3. Jika mengambil asuransi tambahan (rider) maka memperoleh manfaat tambahan sesuai dengan asuransi tambahan yang dipilih.

PILIHAN ASURANSI TAMBAHAN (RIDER) :1. Cara bayar Kontribusi Reguler:

- Mitra 53 CIA Syariah (Critical illness Acceleration)

- Mitra 53 CiWP Syariah (Critical illnes Waver of Premium)

- Mitra Cash Plan Syariah- Mitra Perlindungan Kecelakaan Diri- Mitra WoP Syariah (Waver of Premium)

2. Cara bayar KontribusiTunggal:- Mitra 53 CIA Syariah (Critical illness

Acceleration)- Mitra Cash Plan Syariah- Mitra Perlindungan Kecelakaan Diri

KEMUDAHAN1. Sangat fleksibel dalam menentukan

besarnya kontribusi dan uang pertanggungan.

2. Dana investasi dapat ditambah (top up) sewaktu-waktu.

3. Dana investasi dapat ditarik (redemption) sewaktu-waktu.

4. Dana investasi dapat dialihkan (switching) sewaktu-waktu.

5. Disediakan fasilitas cuti kontribusi (premium holiday).

KONTRIBUSI TERJANGKAU 1. Kontribusi dapat dibayarkan secara

reguler (tahunan, Semester, triwulan, Bulanan) dan tunggal.

2. Minimal kontribusi dasar reguler Rp 250.000,- per bulan

3. Minimal setoran awal kontribusi tunggal Rp 50.000.000,-

4. Kontribusi dibayarkan melalui transfer dan ATM.

PENAMBAHAN DANA INVESTASI SEWAKTU-WAKTU (TOP UP IRREGULER)Minimal Rp 500.000,- untuk setiap investasi.

BIAYA1. Ujrah akuisisi kontribusi dasar reguler :

tahun pertama 85%; tahun kedua 50%; tahun ketiga 30%; tahun keempat dan kelima 15% dari kontribusi dasar.

2. Ujrah akuisisi kontribusi dasar tunggal atau kontribusi top Up sebesar 6%.

3. Ujrah administrasi dibebankan setiap bulan sebesar Rp. 25.000 untuk kontribusi reguler dan Rp. 10.000 untuk kontribusi tunggal.

4. Iuran Tabarru’ dibebankan setiap bulan yang besarnya berdasarkan usia peserta dan jumlah Manfaat Awal (MA).

5. Ujrahpengelolaan investasi maksimal 3% pertahun.

6. Bebas ujrah untuk dua kali pengalihan jenis investasi dalam setahun polis, pengalihan selanjutnya dikenakan ujrah 2,5% dari dana dialihkan.

7. Bebas ujrah untuk dua kali penarikan dana investasi dalam setahun polis, penarikan selanjutnya dikenakan ujrah 1,25% dari dana yang ditarik.

8. Ujrah polis Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah)

PENGELOLAAN DANA1. Kegiatan investasi dana tabarru’

menggunakan akad mudharabah.2. Jika ada Surplus Underwriting, setiap

tahun dibagikan nisbah dana tabarru’ dengan komposisi : 50% kembali ke Dana Tabarru’, 30% ke Peserta dan 20% ke Badan.

3. Kegiatan pengelolaan dana investasi menggunakan akad wakalah bil ujrah.

PILIHAN JENIS INVESTASI1. BP-Link Dana Prestasi Syariah IDR investasi ini bertujuan untuk

mendapatkan pengembalian investasi yang stabil dan meningkat dalam jangka panjang dengan tetap mempertahankan nilai modal melalui investasi yang sesuai

mutual | Edisi 39 - 2015 59

Etal

ase

dengan syariah. Alokasi investasi 40% - 100% pada Efek Sukuk dan sebesar 0%-60 pada Efek Pasar Uang Syariah.

2. BP-Link Dana Terpadu Syariah IDR Investasi ini bertujuan untuk

mendapatkan pertumbuhan nilai investasi dalam jangka panjang dan memperoleh pendapatan yang berkelanjutan kepada pemodal yang hendak mengikuti syariah Islam. Alokasi investasi 25% - 75% dalam Efek Ekuitas dan 25% - 75% dalam Efek Sukuk dan Instrumen Pasar Uang dengan mengikuti Syariah Islam.

3. BP-Link Dana Ekuitas Syariah IDR Investasi ini bertujuan untuk memberikan

pertumbuhan yang maksimal dalam jangka panjang kepada pemegang Unit Penyertaan melalui mayoritas investasi pada Efek bersifat ekuitas yang masuk dalam Daftar Efek Syariah. Alokasi investasi 80% - 100% dari Nilai Aktiva Bersih pada Efek bersifat ekuitas, 0% - 20% dari Nilai Aktiva Bersih pada Surat Berharga Syariah Negara dan/atau Sukuk, 0% - 20% dari Nilai Aktiva Bersih pada instrumen pasar uang Syariah dalam negeri yang mempunyai jatuh tempo kurang dari 1 (satu) tahun dan/atau deposito Syariah.

4. BP-Link Dana Likuid Syariah IDR Investasi ini bertujuan untuk

menghasilkan tingkat pengembalian yang optimal melalui investasi pada Instrumen Syariah Pasar Uang dan atau Efek Syariah Pendapatan Tetap yang diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia dan korporasi yang berdomisili di Indonesia yang jatuh temponya kurang dari satu tahun. Alokasi investasi sebesar 0% - 100% pada Instrumen Syariah Pasar Uang dalam negeri antara lain Surat Berharga Syariah Negara dan/atau Sukuk, Sertifikat Deposito Syariah, Deposito Syariah dan/atau Efek Syariah Pendapatan Tetap berbasis syariah yang diterbitkan dengan jangka waktu tidak lebih dari 1 (satu) tahun dan/atau Efek Syariah Pendapatan Tetap berbasis syariah yang sisa jatuh temponya tidak lebih dari 1 (satu) tahun sesuai dengan peraturan perundang‐undangan yang berlaku di Indonesia.

“Saat ini Pengelolaan Investasi untuk produk Mitra BP-Link Syariah AJB Bumiputera 1912 bekerjasama dengan Perusahaan Manajer Investasi yang memiliki reputasi sangat baik yaitu pada PT Danareksa Investment Management, PT Bahana TCW Investment Management dan PT Insight Investment Management.”

HAL-HAL PENTING1. Investasi dilakukan pada instrumen

pasar uang dan pasar modal yang mengikuti peraturan pengelolaan investasi pasar uang dan pasar modal serta peraturan pengelolaan asuransi jiwa syariah.

2. Pemegang polis menanggung risiko investasi atas jenis investasi yang dipilih sehingga besar manfaat Polis bergantung pada kinerja investasi (meningkat/menurun) dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi manfaat polis.

3. Penarikan seluruh dana investasi sebelum usia polis mencapai 3 (tiga) tahun dikenakan pajak sesuai ketentuan perpajakan yang berlaku.

4. Dasar penilaian dana didasarkan atas Net Aktiva Bersih (NAB) yang dikeluarkan Manajer Investasi (MI) dan frekuensi penilaian dana dihitung dan diinformasikan setiap hari kerja bursa. Informasi disampaikan melalui situs website AJB Bumiputera 1912

• Usia masuk 43 tahun• Masa Asuransi 56 tahun• Kontribusi Dasar Rp 3.000.000,-• Kontribusi Top Up Rp 2.000.000,-• Total Kontribusi Rp 5.000.000,- per tahun akan

dibayar selama 22 tahun• Manfaat Awal Rp 15.000.000,-• Pilihan Investasi BP-Link Dana Ekuitas Syariah IDR

• Asumsi tingkat investasi rendah 15% pa, tingkat investasi sedang 18% pa, tingkat in-vestasi tinggi 21% pa.

Ilustrasi Manfaat Asuransi untuk 10 tahun pertama

*) Pertumbuhan besar manfaat hanya merupakan ilustrasi

140.000.000

120.000.000

100.000.000

80.000.000

60.000.000

40.000.000

20.000.000

0

Man

faat

0 2 4 6 8 10 12

Asumsi Rendah

Asumsi Menengah

Asumsi Tinggi

Manfaat Awal

Usia Masuk Masa Pertanggungan Usia s/d 99 tahun

Historikal Grafik Return Reksadana Underlying

-25

-20

-15

-10

-5

0

Retu

rn (%

)

1 Nov 2014

1 Jan 2015

1 Mar 2015

1 May 2015

5

10

BP-LINK Dana Ekuitas Syariah Infovesta Sharia Equity Fund Index

-10

0

10

20

30

40

Retu

rn (%

)

1 Jan 2011

1 Jan 2012

1 Jan 2014

1 Jan 2015

50

1 Jan 2013

BP-LINK Dana Terpadu Syariah Infovesta Sharia Equity Fund Index

-1

0

1

2

3

4

Retu

rn (%

)

1 Nov 2014

1 Jan 2015

1 May 2015

1 Jul 2015

5

1 Mar 2015

BP-LINK Dana Prestasi Syariah Infovesta Sharia Equity Fund Index

6

7

1 Sep 2015

1 Nov 2015

6.05

-20

-15

-10

-5

0

5

Retu

rn (%

)

1 Nov 2014

1 Jan 2015

1 May 2015

1 Jul 2015

10

1 Mar 2015

BP-LINK Dana Likuid Syariah Infovesta Sharia Equity Fund Index

1 Sep 2015

1 Nov 2015

5.29

DISCLAIMER1. Kinerja investasi subdana tidak dijamin

akan sama dengan historikal kinerja yang telah berjalan.

2. Nilai manfaat dapat lebih kecil dari nilai dana yang diinvestasikan, tergantung pada ada atau tidaknya bagian manfaat yang dijamin.

ANDA BERMINAT?1. Anda berhak menjadi pemegang

polis Mitra BP-Link Syariah, jika berusia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun.

2. Masa pembayaran kontribusi dapat lebih pendek dari masa asuransi dengan minimal masa pembayaran kontribusi adalah 5 tahun.

mutual | Edisi 39 - 201560

Dari Klaim Hercules sampai Temui Wagub DKI

BP o

n M

edia

Bisnis Indonesia

Investor DailySuara Pembaruan

Suara Karya

Bisnis Indonesia

Bisnis Indonesia

Infobank

Bumiputera on Media kali ini didominasi oleh berita mengenai penyerahan klaim meninggal dunia korban kecelakaan Hercules C-130 oleh Bumiputera beberapa bulan lalu. Berita dimuat di media cetak dan media online, mulai dari media nasional hingga media lokal.

Adapula berita mengenai optimalisasi aset Bumiputera, profil Ahmad Fauzie Darwis selaku Direktur Utama Bumiputera, layanan terbaru Best Doctor, dan peluncuran Mitra BP Link Syariah di Pekanbaru. Mari simak cuplikan beritanya.

Kontan

Riau Pos

Bisnis Indonesia

BP o

n M

edia

mutual | Edisi 39 - 2015 61

Dirut Bumiputera dari masa ke masaAJB Bumiputera 1912 telah melewati perubahan masa penuh tantangan. Pergeseran posisi Direktur Utama silih berganti. Roda bisnis perubahan harus tetap berjalan. Visi dan misi perusahaan tidak dapat diabaikan. Mari bersama membangun perusahaan asuransi

kebanggaan kita untuk kembali mendapat tempat di masyarakat dengan mengedepankan budaya perusahaan tata nilai SEMANGAT.***

IK. SupraktoPeriode 1978-1982

F. Soediono MAPeriode 1983-1984

Sumardi SilvesterPeriode 1985 - 1987

SugiartoPeriode 1988 - 1992

Suratno Hadi SuwitoPeriode 1993 - 1997

SuparwantoPeriode 1998 - 2002

Madjdi AliPeriode 2003 - 2006Periode 2013 - 2015

Suseno Haryo SaputroPeriode 2008

IDP Bagus SupratmanPeriode 2009

Dirman PardosiPeriode 2010 - 2012

Cholil HasanPeriode 2012 - 2013

Ahmad Fauzie DarwisPeriode 2015 - sekarang

Bing

kai

mutual | Edisi 39 - 201562

mutual | Edisi 39 - 2015 63

Kondisi Kabut Asap, Pelayanan Tetap Berjalan

Pekanbaru adalah ibu kota dan kota terbesar di provinsi Riau, Indonesia.

Kabut asap yang terus menyelimuti daerah Pekanbaru hampir tiga bulan lamanya membuat provinsi berjuluk Bumi Lancang Kuning ini ditetapkan sebagai kondisi darurat asap oleh Pemerintah Riau. Pasalnya, hampir seluruh udara wilayah Riau tercemar asap sisa kebakaran hutan dan lahan hingga pada level yang membahayakan.

Di bawah pengasawan Kantor Wilayah Pekanbaru, Bumiputera memiliki kantor pelayanan sebanyak 21 Kantor Cabang di ibukota provinsi Riau ini. Meski kondisi asap yg menyelimuti semakin memprihatinkan, aktifitas kerja operasional tetap berjalan Salah satu dari beberapa kantor pelayanan yang terkena dampak kabut asap adalah Kantor Cabang (KC) Pekanbaru Sukaramai yang tetap melakukan aktivitas pelayanan pemegang polis baik pembayaran klaim, tagihan premi, maupun penerbitan polis.

KC Pekanbaru Sukaramai terletak di Jalan Jendral Sudirman No. 337 Pekanbaru. Sebanyak 84 agen, 12 supervisor, 2 Agency Manager dan beberapa petugas dinas dalam, serta portofolio sebanyak 10.424 polis tercatat di KC Pekanbaru Sukaramai.

“Kondisi terkendala saat keadaan pagi hari yang membatasi jarak pandang akibat kabut asap, namun tidak mempengaruhi pencapaian produksi di Kantor Cabang Sukaramai, terbukti pencapaian premi income selama 3 bulan – juli sebesar 102,36%, Agustus 104,98% dan hingga hingga September 2015 mencapai 179,75%.” Terang H. Muajir, Kepala KC Pekanbaru Sukaramai.

Berdasarkan sumber berita, saat ini bencana kabut asap yang menyelubungi pulau Sumatera & Kalimantan ini meluas hingga Negeri seberang seperti Singapura, Malaysia, bahkan sampai ke wilayah selatan Thailand. Salah satu penyebab kabut yang tak kunjung hilang diakibatkan perputaran angin kencang dari arah tenggara ke arah Riau. Sementara di Riau sendiri perputaran angin lemah, sehingga kabut asap menetap di Riau. BMKG memperkirakan kabut asap baru hilang pada bulan November karena intensitas hujan yang tinggi.

”Saya dan tim di KC Pekanbaru Sukaramai selalu saling support untuk tetap menjaga kesehatan agar dapat menjalankan aktifitas pekerjaan di Kantor. Kabut asap tidak menjadi penghalang untuk memberikan

Kantor Cabang (KC) Sukaramai - Kantor Wilayah Pekanbaru

pelayanan yang terbaik kepada Pemegang polis.” Ucap Muajir dengan semangat.

Kota Pekanbaru secara geografis memiliki posisi strategis berada pada jalur lintas timur Sumatera, terhubung dengan beberapa kota seperti Medan, Padang dan Jambi.

Kota ini beriklim tropis, dengan suhu udara maksimum berkisar antara 34,1º C hingga 35,6º C, dan suhu minimum antara 20,2 °C hingga 23,0 °C pada kondisi normal. ***Ira - PRO Pekanbaru / Dhila

Tilik

mutual | Edisi 39 - 201564

meskipun barang – barang impor itu relatif dapat dijangkau lebih murah dari harga pasaran pada umumnya, sebelum berniat ingin wisata belanja di Batam ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu informasi harga barang di luar pulau Batam sebagai perbandingan, dan terhindar dari yang seharusnya menjadi harga barang resmi tapi mendapatkan barang rekondisi atau barang KW dengan harga barang asli. Trik ini merupakan cara yang efektif agar mendapatkan barang resmi yang jauh lebih murah dari harga pasaran.

Berburu Cokelat

Kota ini juga yang dijuluki sebagai kota seribu ruko karena memang banyak terdiri dari beberapa ruko. Jika tadi para traveller berburu barang branded berharga miring, kota ini juga tempatnya para pengunjung

“Klik” antara Batam - Singapura

Leis

ure

Jembatan Barelang

Jika Merlion dikenal sebagai ikonnya Singapura atau Jakarta yang identik dengan Monas, Barelang yang berasal dari singkatan nama tempat antara Batam, Rempang dan Galang ini merupakan ikonnya kota Batam. Jembatan ini menjadi penghubung kota Batam dengan pulau lain di sekitarnya dan sejatinya keberadaan jembatan ini sengaja dirancang untuk menopang pertumbuhan industri antar kota.

Jembatan ini juga dikenal dengan nama Jembatan Habibie, karena Presiden ketiga Republik Indonesia inilah yang memprakarsai pembangunan jembatan untuk menfasilitasi wilayah industri di ketiga pulau itu. Megahnya jembatan yang membentang sepanjang ±2 kilometer ini merupakan pilot project berteknologi tinggi yang melibatkan ratusan insinyur Indonesia tanpa campur tangan dari tenaga ahli luar negeri.

Teriknya panas matahari tak mengurangi para pendatang untuk berkunjung sekedar berfoto dengan latar belakang Jembatan Barelang sambil menikmati indahnya pemandangan laut. Jamannya saat ini eksis

berfoto, banyak rombongan wisatawan mengabadikan momen berlokasikan Barelang untuk berpose selfie ataupun groupfie.

Kota Belanja

Menjadi salah satu pulau terluar yang berdekatan dengan Singapura, kota Batam juga dikenal dengan surganya belanja di Indonesia. Salah satunya kawasan Nagoya Batam yang menjadi favorit para Pelancong untuk mencari barang – barang impor dengan harga terjangkau. Di sepanjang jalan kawasan Nagoya terdapat banyak toko outlet yang menjual beragam barang elektronik, fashion dan aksesoris seperti tas, parfum, dompet dan lainnya.

Nagoya Hill dan Lucky Plaza juga menjadi pilihan alternatif belanja bagi para Pelancong. Selain menawarkan berbagai barang elektronik, mall ini menyediakan berbagai macam produk gadget murah dari baru hingga barang second. Barang – barang elektronik yang dijual ada yang asli bergaransi Singapura, ada juga yang tidak ada garansi resmi alias Black Market, dan garansi asli distributor resmi Indonesia.

Diperlukan kecermatan dalam berbelanja,

Batam, sebuah provinsi kepulauan Riau yang terletak di jalur pelayaran internasional. Kota ini dekat dengan negara yang terkenal dengan ikon patung Merlion Singapore dan Malaysia. Strategisnya tempat

ini banyak pendatang yang singgah ke kawasan Batam, sejumlah wisatawan lokal maupun mancanegara dapat menyeberang di kawasan Sijori – Singapore, Johor dan Riau melalui berbagai Pelabuhan - Batam Centre, Pelabuhan Harbour Bay, Sekupang, Nongsa dan Telaga Punggur.

Sebagai kawasan otorita khusus perdagangan ekonomi, reputasi Batam sebagai tempat berbelanja barang branded telah dikenal sejak lama, sebelum menelisik negeri seberang Singapura, kita intip kota terbesar ketiga di kepulauan Sumatera yang terkenal dengan surganya pecinta belanja ini yuk.

mutual | Edisi 39 - 2015 65

Leis

ure

berburu cokelat. Menurut penduduk lokal, jika ingin mencari cokelat Mall Top 100 tempatnya yang terletak tidak jauh dari Nagoya.

Sepintas jika kita masuk ke Top 100 ini seperti swalayan biasa, tapi ketika dilihat lorongnya satu persatu tersedia berbagai macam jenis cokelat disana, mulai dari cokelat lokal hingga cokelat import aneka jenis ada ditempat ini. Lorong demi lorong dijumpai berbagai macam cokelat, umumnya para pengunjung mall ini memburu cokelat hingga berdus - dus yang siap dibawa sekedar oleh – oleh dari Batam. Tipsnya, tetap cek kualitas cokelat dan harga di setiap kemasan jika berkunjung ditempat ini.

Menyeberang Singapura

Antara Batam dengan Singapura dapat ditempuh dengan transportasi kapal ferry dari pelabuhan Harbour bay menuju Harbour Front di Singapura. Perjalanan membutuhkan waktu satu jam saja sudah dapat berlabuh di negeri yang terkenal dengan ikon singa. Hampir setiap jam kapal penyeberangan dari Batam menuju Singapura ini beroperasi, tersedia mulai dari kelas ekonomi hingga eksekutif, untuk kelas ekonomi pun sudah terfasilitasi dengan bagus karena kapal ferry memiliki standar international.

Banyak wisatawan yang mengambil kesempatan menyeberang dari Batam menuju Singapura, cukup dengan harga sekian dollar atau sekitar empat ratus ribu rupiah perorang para pelancong bisa sampai tujuan, ditambah lagi dengan nikmatnya desiran ombak yang perlahan menyapu badan kapal ferry, lagi – lagi bagi para traveller yang ingin eksis koleksi fotonya dengan berselfie atau groufie di

area ferry ini bisa menambah pengalaman perjalanan yang berkesan ”klik”!.

Setibanya di Pelabuhan Harbour Front Singapura, para penumpang langsung disambut dengan jalur antrian menuju pengecekkan identitas. Jika semua lancar, para pelancong bisa lanjut menikmati perjalanan berikutnya di Singapura dengan berbagai tempat wisatanya.

One Day @ Singapore

Next destination menuju Merlion Park. Patung berkepala singa dan berbadan ikan ini merupakan ikon negeri Singapore. Patung dengan tinggi Merlion sekitar 8,6 meter dengan beratnya 70 ton ini dibangun oleh Lim Nang Seng - Seniman Singapura. Konon ikon ini mengingatkan akan kisah legendaris tentang Sang Nila Utama yang melihat seekor singa selagi berburu di sebuah pulau dalam perjalanannya ke Malaka. Pulau itu belakangan dikenal sebagai pelabuhan Temasek yang kemudian menjadi Singapura.

Lokasi di sekitar Merlion Park ini dipadati oleh wisatawan dari berbagai negara yang ingin mengabadikan berfoto dengan berlatar patung singa, ya narsis kembali beraksi lagi bagi para traveller yang gemar berselfie ria.

Waktu tour yang singkat bisa menjadi pertimbangan para Pelancong untuk memilah waktu agar bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di Singapore. Berbagai wisata belanja juga tersedia di negeri ini, ada Chinatown atau dikenal dengan Bugis, Orchard Road yang merupakan pusat belanja dunia di Singapura. Wisata Garden By the Bay - pertamanan terbesar di Singapura yang berlokasi di tepian Marina Bay, Area

bermain Universal Studio serta Sentosa Island dengan pertunjukkan Wings Of Time. Ini bisa menjadi alternatif pilihan di musim liburan mendatang, meski kunjungan ke negeri seberang dengan waktu yang singkat, aksi foto selfie dan groupfie tidak ketinggalan, ayo angkat lagi tongsisnya.. “klik”.*** Dhila

mutual | Edisi 39 - 201566

Info

Tips

Sehat ala Diet MayoMenurunkan Berat Badan dengan Asupan Nutrisi

Diet secara general lebih dipahami sebagai salah satu cara untuk

menurunkan berat badan, sebenarnya memiliki konteks lain yaitu mengatur asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh tubuh.

Setelah beberapa waktu lalu salah satu metode diet jenis OCD berhasil diperkenalkan sekaligus dipopulerkan oleh seorang magician bernama Deddy Corbuzier, kini hadir kembali salah satu jenis diet bernama Diet Mayo. Inilah salah satu bentuk diet terbaru yang kini berhasil menarik perhatian masyarakat.

Apa itu Diet Mayo?

Diet Mayo diperkenalkan pertama kali di salah satu website bernama mayoclinic.com di Amerika Serikat. Saking populernya, bahkan diet mayo sudah dibukukan dan bisa di beli di toko-toko buku di seluruh dunia. Pengertian Diet Mayo adalah mengurangi atau memantang konsumsi makanan yang mengandung unsur garam dan es yang dijalani selama 13 hari. Untuk bisa melakukan Diet Mayo ada beberapa persiapan yang harus dilakukan mulai dari perencanaan menu hingga tips-tips apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama kurun waktu 13 masa Diet Mayo.

Beberapa Penelitian menyebutkan jika Diet Mayo ini sangat aman meskipun biasanya pada dua hari pertama terasa berat. Beberapa orang yang pernah mencoba diet ini pun mengakui jika mereka berhasil menurunkan bobot hingga 4-7kg selama melakukan

Diet 13 hari, serta berhasil menyusutkan ukuran lingkar pinggangnya hingga 5-8cm.

Tips Diet Mayo

Hal-hal yang diperlukan selama melakukan diet ini antara lain:

1. Pemilihan peralatan memasak - Minyak goreng curah mengandung kolesterol sehingga menjadi musuh utama diet. Minyak kelapa yang jauh lebih sehat atau olive oil bisa menjadi alternatif. Selain minyak, hal lain yang mungkin bisa jadi perhatian adalah menggunakan wajan anti lengket ketika memasak untuk mengurangi konsumsi minyak.

2. Memiliih bumbu organik - Diet mayo lebih menekankan pola makan tanpa garam, es dan gula. Penggunaan bumbu yang variatif tentu diperlukan untuk menghindari rasa hambar. Aneka bumbu masak organik

foto copyright : howtostoyno.altervista.org

seperti bawang, cabe bubuk, ketumbar, lada, jahe, kunyit, paprika, daun salam, jeruk nipis dan lain-lain tetap bisa digunakan.

3. Perbanyak konsumsi air putih - Garam merupakan zat yang mampu mengikat air dan lemak, sehingga jika selama 13 hari tubuh mengkonsumsi makanan tanpa ada unsur garam bisa mengakibatkan kandungan air di dalam tubuh cepat hilang. Dehidrasi, berkeringat, dan mudah buang air kecil merupakan efek yang biasa terjadi. Hal inilah yang menyebabkan konsumsi air putih menjadi hal yang paling penting dalam diet mayo.

Menu Diet Mayo

Dalam menjalani diet mayo memerlukan perhatian khusus dalam mengkonsumsi makanan selama 13 hari kedepan. Sebagai referensinya, tabel di bawah adalah menu diet mayo yang bisa dicoba mulai dari menu sarapan, makan siang hingga makan malam. Selamat mencoba. ***Sharah

Hari Sarapan Makan Siang Makan Malam

1 & 8# 1 cangkir kopi tubruk/teh + gula rendah kalori

# 2 telur rebus matang # 1 buah tomat# 1 buah kentang rebus# 1 ikat bayam/kangkung rebus/kukus

MENU:Day 1 : spicy spinnach & tomato frittata + baked potatoDay 8 : telur balado + baked french fries + selada

# 150 gram bistik goreng# selada ditaburi air jeruk nipis

MENU:Day 1: oven baked beef with garlic & onion + seladaDay 8: daging bumbu serai + selada

2 & 9# 1 cangkir kopi tubruk/teh + gula rendah kalori

# 150 gram bistik daging goreng # 1 buah segar# 1 buah kentang rebus

MENU:Day 2: oven baked beef with garlic & onion + selada + baked potato + pepayaDay 9: meatballs with salsa + oven baked sweet potato + selada + pepaya

# 150 gram ayam kukus # 1 buah pisang

MENU:Day 2: ayam “goreng” + sambal dabu-dabu + pisangDay 9: tim ayam bumbu pepes + pisang

3 & 10# 1 cangkir kopi tubruk/teh + gula rendah kalori

# 2 telur rebus matang # 1 buah tomat# 1 buah kentang rebus # 1 buah segar# 1 ikat bayam/kangkung rebus/kukus

MENU:Day 3: telur kukus bayam bumbu iris + baked potato + pepaya & semangkaDay 10: balado telur + tumis kangkung + singkong “goreng“ + pepaya

# 150 gram ayam kukus# slada ditaburi air jeruk nipis# 1 buah segar

MENU:Day 3 & 10: ayam “goreng” + sambal dabu-dabu + selada + pepaya

4 & 11# 1 cangkir kopi tubruk/teh + gula rendah kalori

# 1 telur rebus matang # 1 lembar keju krim slice # 1 batang wortel besar (rebus sebentar) # 1 buah segar

MENU:Day 4 & 11: potato stick with cheese sauce + omelet + jeruk & pisang

# 1 mangkok besar pepaya # 1 gelas susu tanpa lemak

MENU:Day 4: papaya + skim yoghurtDay 11: papaya + susu Synergy

5 & 12

# 1 cangkir kopi tubruk/teh tanpa gula

# 1 batang wortel besar mentah diparut kasar ditaburi air jeruk nipis

# 150 gram ayam kukus dengan sedikit saus mentega tawar# 1 buah kentang rebus

MENU:Day 5: tim ayam bumbu pepes + baked potatoDay 12: ayam panggang bumbu kemiri + ubi kukus + dabu-dabu

# 150 gram bistik daging goreng# 1 ikat bayam/kangkung rebus/kukus# selada ditaburi air jeruk nipis

MENU:Day 5: tumis kangkung daging + seladaDay 12: daging bumbu serai + tumis kangkung + selada

6 & 13

# 1 cangkir kopi tubruk/teh tanpa gula

# 1 roti tawar bakar

# 150 gram ayam kukus dengan sedikit saus mentega tawar# 1 buah kentang rebus# slada ditaburi air jeruk nipis

MENU:Day 6: ayam “goreng” + selada + sambal dabu-dabuDay 13: ayam panggang bumbu kemiri + ubi panggang + selada + dabu-dabu

# 2 telor rebus matang# 1 batang wortel besar mentah diparut kasar ditaburi air jeruk nipis

MENU:Day 6: omelet wortel + salsa & cheese sauceDay 13: omelet wortel + salsa

7# 1 cangkir kopi tubruk/teh tanpa gula

# 150 gram ayam kukus dengan sedikit saus mentega tawar# 1 buah kentang rebus# 1 buah segar

MENU:Meatballs with salsa + baked potato chips + pepaya

# 2 telur rebus matang# 2 buah pisang

MENU:Telur dadar ala martabak telur + pepaya

(Sumber: www.berjibaku.com)

mutual | Edisi 39 - 2015 67

mutual | Edisi 39 - 201568

Peri

stiw

aKe

luar

ga B

umip

uter

a