cover proposal

Click here to load reader

Post on 20-Jan-2016

33 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG KANKER PAYUDARADENGAN TINDAKAN MEMERIKSA PAYUDARA SENDIRI (SADARI)PADA SISWI KELAS XI DI SMU NEGERI 4KOTA SINGKAWANGTAHUN 2012

PROPOSAL KARYA TULIS ILMIAH

Diajukan Sebagai Salah Satu SyaratUntuk Melanjutkan Penelitian

Oleh : A s k i a hNIM: B6.10.05.0067

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIAPOLITEKNIK KESEHATAN PONTIANAKJURUSAN KEBIDANAN2012LEMBAR PENGESAHAN

PROPOSAL KARYA TULIS ILMIAH

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG KANKER PAYUDARADENGAN TINDAKAN MEMERIKSA PAYUDARA SENDIRI (SADARI)PADA SISWI KELAS XI DI SMU NEGERI 4KOTA SINGKAWANGTAHUN 2012

0leh :A s k i a hNIM: B6.10.05.0067

Telah Diseminarkan PadaTanggal, Mei 2012

Sarliana Zaini, SKM, M.KepKetua Penguji

Sudarto, S.Kp, MPHPenguji I

Dini FD, S.SiT, M.KesPenguji II

MengetahuiKetua Jurusan KebidananPoliteknik Kesehatan Kemkes Pontianak

Sudarto, S. Kp, MPHNip. 1965050419890210LEMBAR PERSETUJUAN

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG KANKER PAYUDARA DENGAN TINDAKAN MEMERIKSA PAYUDARA SENDIRI (SADARI) PADA SISWI KELAS XI DI SMU 4KOTA SINGKAWANGTAHUN 2012

PROPOSAL KARYA TULIS ILMIAH

Oleh :A s k i a hNIM: B6.10.05.0067

Telah disetujui oleh tim pembimbingPada Mei 2012

Sarliana Zaini, SKM. M. Kep Henny Fitriani S.SiT Pembimbing Utama Anggota Pembimbing

KATA PENGANTARBerkat berawal dengan Bismillahirahmanirahim, dilaksanakan dengan sabar serta ikhtiar dan diakhiri dengan Alhamdulillahi robbil alamin, sehingga penulis dapat menyelesaikan Proposal Karya Tulis Ilmiah ini yang berjudul Hubungan antara Pengetahuan tentang Kanker Payudara dengan Tindakan memeriksa Payudara Sendiri (SADARI) pada Siswi Kelas XI di SMU Negeri 4 Kota Singkawang Tahun 2012.Proposal karya tulis ilmiah ini diajukan sebagai salah satu syarat untuk melanjutkan penelitian yang merupakan bagian dari tugas akhir di Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kemenkes Pontianak.Pada penyusunan proposal karya tulis ilmiah ini tidak akan optimal jika tidak ada bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada ibu Sarliana Zaini, S.Kp, M.Kes selaku pembimbing utama dan ibu Henny Fitriani, S.SiT selaku anggota pembimbing. Selain itu pada kesempatan ini tidak lupa penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada :1. Bapak Khayan, SKM., M.Kes selaku Direktur Politeknik Kesehatan Kemenkes Pontianak.2. Bapak dr Nurmansyah, M.Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan Singkawang.3. Bapak Sudarto, S.Kp M.Kes selaku Ketua Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kemenkes Pontianak.4. Ibu Utin Siti Candra Sari, APP, MPH selaku Ketua Prodi D III Kebidanan Politeknik Kesehatan Kemenkes Pontianak.5. Bapak dr Carlos Djaafara, M.Kes selaku Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Aziz Singkawang.6. Bapak Drs. Absurhan, M.Si selaku Kepala Sekolah SMU Negeri 4 Kota Singkawang.7. Para Dosen, Staf administrasi dan Staf perpustakaan Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Pontianak, yang telah banyak membantu selama penulis mengikuti pendidikan.8. Suami tercinta Sesanti Pantharai dan anak-anakku tersayang Muhammad Abdur rahman, Ahmad Fauzan Al Mustofa dan Rahmad Hafiz Mustofa yang selalu mendoakan dan memberi dukungan moril maupun materil. 9. Kedua orang tua tercinta serta saudaraku yang tersayang atas doa dan dukungannya.10. Teman-teman seperjuangan kelas Non Reguler angkatan VI Jurusan Kebidanan serta semua pihak yang turut mendukung dalam penulisan proposal karya tulis ilmiah ini yang tidak dapat disebutkan satu persatu.Penulis telah berusaha semaksimal mungkin dalam menyelesaikan proposal karya tulis ilmiah ini, namun penulis menyadari sepenuhnya proposal ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu saran dan kritik yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan. Semoga proposal karya tulis ilmiah ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan masyarakat.

Singkawang, Mei 2012

Penulis

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDULHALAMAN PERSETUJUANHALAMAN PENGESAHANKATA PENGANTARDAFTAR ISIDAFTAR GAMBARDAFTAR TABEL DAFTAR LAMPIRANBAB I PENDAHULUANA. Latar BelakangB. Rumusan MasalahC. Tujuan PenelitianD. Manfaat PenelitianE. Keaslian PenelitianBAB II TINJAUAN PUSTAKAA. Landasan Teori1. Konsep Pengetahuan2. Konsep Anatomi Payudara3. Konsep Kanker Payudara4. Konsep tehnik SADARIB. Kerangka TeoriC. Kerangka KonsepD. Hipotesis PenelitianBAB III METODOLOGI PENELITIANA. Desain PenelitianB. Waktu dan Tempat PenelitianC. Populasi dan Sampel PenelitianD. Variabel PenelitianE. Defenisi OperasionalF. Pengumpulan DataG. Instrument PenelitianH. Analisa DataI. Rencana PenelitianDAFTAR PUSTAKALAMPIRAN

iiiiiiivvviiviiiix

13445

77111217202121

222222232425252629

DAFTAR GAMBAR1. Gambar 2.1 : Kerangka Teori2. Gambar 2.2: Kerangka Konsep

DAFTAR TABEL

1. Tabel 3.1 : Defenisi Operasional2. Tabel 3.2: Distribusi item pertanyaan3. Tabel 3.3: Rencana Penelitian

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1Surat Permohonan Izin Pengambilan Data dan Tempat PenelitianLampiran 2Permintaan menjadi Responden PenelitianLampiran 3Pernyataan Bersedia Menjadi RespondenLampiran 4Daftar RespondenLampiran 5Lembar KuesionerLampiran 6Kunci Jawaban KuesionerLampiran 7Rekapitulasi Distribusi Pengetahuan tentang Kanker Payudara di SMU Negeri 4 SingkawangLampiran 8Rekapitilasi Distribusi Tindakan Memeriksa Payudara Sendiri (SADARI)Lampiran 9Tabel Isaac dan MichaelLampiran 10Tabel Nilai-nilai r Product MomentLampiran 11Lembar Konsultasi

DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2011. Kanker Payudara? Kenalan yuk apa itu kanker payudara. Melalui [http ://www.ingateros.com.] (5 april 2012).

Ari, S. 2011. Metodologi Penelitian Kebidanan DIII, DIV, S1, dan S2. Yogyakarta : Nuha Medika

Arif. M. 2000. Kapita Selekta Kedokteran. Jakarta : FKUI.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Edisi Revisi III. Jakarta : Rineka Cipta.

Bobak dkk. 2004. Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Edisi 4. Jakarta: EGC.

Depkes. 2009. Buku Acuan Pencegahan kanker Leher Rahim dan Kanker payudara. Jakarta:Depkes RI.

_______ . 1992. Asuhan kebidanan pada Ibu Hamil dalam konteks Keluarga. Jakarta:Depkes RI. Hidayat, A. 2007. Metode Penelitian Kebidanan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Leaflet, 2005, ProsesTerbentuknya Jaringan Kanker dalamTubuh Manusia. Yayasan Peduli kanker Indonesia : Jakarta.

Lusa, 2009. Anatomi dan Fisiologi Payudara. Melalui [http ://www.lusa.web.id] (5 April 2012).

Lusia, 2008. Cegah Kanker Payudara, SADARI sekarang!. Melalui [http://nasional.kompas.com] (5 April 2012). Nursalam. 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba medika.

Notoatmodjo. 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta : Rineka Cipta.Sarwono, P. 2009. Ilmu Kandungan. Jakarta : Bina Pustaka.Notoatmodjo, S. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan Edisi revisi III. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

________. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.________. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

YPKI. 2005. Proses Terbentuknya Jaringan Kanker Dalam Tubuh Manusia. Jakarta: Yayasan Peduli kanker Indonesia.

Yuni. 2009. Kenali Kanker Payudara dengan SADARI. Melalui [http://www.bidandesa.com] (5 April 2012).

Lampiran 2Permintaan Menjadi Responden PenelitianKepada Yth : Siswi-siswi SMU Negeri 4 Singkawangdi SingkawangDengan hormat,Bersamaan dengan ini saya :Nama: AskiahNim: B6.10.05.0067 Mohon kesediaan saudari untuk menjadi responden dalam penelitian yang berjudul Hubungan antara Pengetahuan tentang Kanker Payudara dengan Tindakan Memeriksa Payudara Sendiri (SADARI) pada siswi kelas XI di SMU Negeri 4 Kota Singkawang Tahun 2012.Selain itu peneliti juga informasikan hasil yang akan saya peroleh adalah sebagai data penelitian untuk memenuhi syarat dalam menyelesaikan program pendidikan di Jurusan Kebidanan Poltekes Kementerian Kesehatan Pontianak.Untuk itu berkenan kiranya responden mengisi kuesioner ini dengan sejujurnya sesuai dengan pendapat dan keadaan responden sekalian. Jawaban yang anda berikan akan peneliti jaga kerahasiaannya dan tidak akan sebarluaskan diluar kepentingan penelitian serta tidak merugikan siapa saja. Atas kesediaan dan kerjasama yang baik dari responden, peneliti ucapkan banyak terima kasih.

Singkawang, Mei 2012 Hormat saya

Askiah

Lampiran 3Pernyataan Bersedia Menjadi RespondenSaya yang bertanda tangan dibawah ini :Nama: Umur: Menyatakan bersedia untuk turut berpartisipasi sebagai responden dalam penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswi Jurusan Kebidanan Poltekes Kementerian Kesehatan Pontianak yang berjudul Hubungan antara Pengetahuan tentang Kanker Payudara dengan Tindakan Memeriksa Payudara Sendiri (SADARI) pada siswi kelas XI di SMU Negeri 4 Kota Singkawang Tahun 2012.Tanda tangan saya dan nama jelas dibawah ini menunjukkan bahwa saya diberi informasi dan memutuskan untuk berpartisipasi dalam penelitian ini.

Singkawang, Mei 2012

( )

Lampiran 5KUESIONER PENELITIANHUB