pedoman penulisan proposal/skripsi program studi penulisan...  ditulis sesuai dengan cover...

Download PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL/SKRIPSI Program Studi Penulisan...  Ditulis sesuai dengan cover depan

Post on 02-Mar-2019

333 views

Category:

Documents

15 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

PEDOMANPENULISAN PROPOSAL/SKRIPSI

Program Studi

MANAJEMEN

KODE DOKUMEN : PS.UJM-FE.M.01

TANGGAL : 10 Nopember 2018

DIAJUKAN

Sekretaris Program Studi

Agus N. Simanjuntak SE., MM.

DISETUJUI

Ketua Program Studi(Ketua Unit Jaminan Mutu)

Romindo M. Pasaribu SE., MBA.

DISAHKAN

DEKAN(Ketua Gugus Jaminan Mutu)

Dr. Jadongan Sijabat, SE., M.Si.

FAKULTAS EKONOMIUNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN

MEDAN

2

3

UNIVERSITAS HKBP NOMMENSENPROGRAM STUDI MANAJEMEN

PEDOMAN

PENULISAN PROPOSAL/SKRIPSI

Kode/No. : PS.UJM-FE.M.01

Tanggal : 10 Nopember 2018

I. PENGERTIAN SKRIPSI.Skripsi dapat diartikan karya tulis yang disusun oleh seseorang mahasiswayang telah menyelesaikan kurang lebih 110 sks dengan dibimbing oleh DosenPembimbing Utama dan Dosen Pembantu Pembimbing sebagai salah satupersyaratan untuk mencapai gelar Pendidikan S1 (Sarjana).

II. TUJUAN SKRIPSI.Tujuan dalam Penulisan Skripsi adalah memberikan pemahaman terhadapmahasiswa agar dapat berfikir secara logis dan ilmiah dalam menguraikan danmembahas suatu permasalahan serta dapat menuangkannya secara sistematisdan terstrukur.

III. ISI DAN MATERI.Isi dari Penulisan Skripsi diharapkan memenuhi aspek-aspek dibawah ini :1. Relevan dengan program studi dari mahasiswa yang bersangkutan.2. Mempunyai pokok permasalahan yang jelas.3. Masalah dibatasi, sesempit mungkin.

IV. BENTUK LAPORAN PENULISAN SKRIPSI.Bentuk laporan penulisan Skripsi Fakultas Ekonomi, Program StudiManajemen untuk jenjang Akademik Strata Satu terdiri dari :

A. Bagian Awal.Bagian Awal terdiri dari:1. Halaman Judul.2. Lembar Prosedur Penulisan Skripsi (Proposal).3. Lembar Pengesahan.

4

4. Lembar Surat Riset dari Perusahaan.5. Lembar TOEFL.6. Abstrak.7. Halaman Kata Pengantar.8. Halaman Daftar Isi.9. Halaman Daftar Tabel.10. Halaman Daftar Gambar: Grafik, Diagram, Bagan, Peta dan

sebagainya.

B. Bagian Tengah.Bagian akhir terdiri dari:1. BAB 1: PENDAHULUAN2. BAB 2: LANDASAN TEORI, PENELITIAN TERDAHULU, DAN

HIPOTESIS3. BAB 3: METODE PENELITIAN4. BAB 4: PROFIL PERUSAHAAN (OBJEK PENELITIAN) DAN

ANALISIS DATA SERTA PEMBAHASAN5. BAB 5: KESIMPULAN DAN SARAN

C. Bagian Akhir.Bagian akhir terdiri dari:1. Daftar Pustaka.2. Lampiran.3. Riwayat Hidup Mahasiswa

Penjelasan secara terinci dari Struktur Penulisan Proposal/Skripsi dapatdilihat sebagai berikut :

A. Bagian AwalPada bagian ini berisi hal-hal yang berhubungan dengan penulisanproposal/skripsi yakni sebagai berikut :

1. Halaman JudulDitulis sesuai dengan cover depan Penulisan Proposal/Skripsi standarFakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen.

2. Lembar Prosedur Penulisan Skripsi (Proposal)Yakni merupakan halaman yang berisi pernyataan bahwa penulisanskripsi ini merupakan hasil karya sendiri bukan hasil plagiat ataupenjiplakan terhadap hasil karya orang lain.

5

3. Lembar PengesahanPada Lembar Pengesahan ini berisi Daftar Komisi Pembimbing, DaftarNama Panitia Ujian yang terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Anggota.Pada Bagian bawah sendiri juga disertai tanda tangan Pembimbing danKepala Bagian Sidang Sarjana.

4. Lembar Surat Riset dari PerusahaanBerisi keterangan dari perusahaan yang menyatakan bahwa mahasiswayang bersangkutan benar-benar telah melaksanakan penelitian diperusahaan tersebut.

5. Lembar TOEFLBerisi informasi/sertifikasi mengenai skor TOEFL terakhir darimahasiswa sebelum melaksanakan Ujian Meja Hijau

6. AbstrakYakni berisi ringkasan tentang hasil dan pembahasan secara garis besardari PenulisanSkripsi dengan maksimal 1 halaman.

7. Kata PengantarBerisi ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang ikut berperan sertadalam pelaksanaan penelitian dan penulisan Skripsi (a.l. Rektor, Dekan,Ketua Program Studi, Pembimbing, Perusahaan, dll).

8. Daftar IsiBerisi semua informasi secara garis besar dan disusun berdasarkanurutan nomor halaman.

9. Daftar TabelBerisi semua informasi mengenai tabel secara garis besar dan disusunberdasarkan urut nomor halaman.

10. Daftar Gambar, Daftar Grafik, Daftar Diagram dan sebagainyaBerisi semua informasi mengenai gambar, grafik, dan diagram secaragaris besar dan disusun berdasarkan urut nomor halaman.

B. Bagian Tengah

1. Bab PendahuluanPada Bab Pendahuluan ini terdiri dari beberapa sub pokok bab yangmeliputi antara lain :

6

a. Latar Belakang MasalahMenguraikan tentang alasan dan motivasi dari penulis terhadap topikpermasalahan yang bersangkutan.

b. Rumusan MasalahMerupakan pertanyaan yang terletak di awal skripsi atau proposaldan biasanya terletak setelah latar belakang masalah yang dijelaskandalam skripsi / proposal tersebut. Rumusan masalah digunakanuntuk menjelaskan masalah atau isu yang dibahas.

c. Tujuan PenelitianMenggambarkan hasil-hasil apa yang bisa dicapai dan diharapkandari penelitian tersebut dengan memberikan jawaban terhadapmasalah yang di teliti.

d. Manfaat PenelitianMenggambarkan manfaat penelitian ini baik untuk peneliti, untukperusahaan, untuk perguruan tinggi, dan bagi peneliti selanjutnya.

2. Landasan TeoriMenguraikan teori-teori yang menunjang penulisan/penelitian, yangbisa di perkuat dengan menunjukkan hasil penelitian sebelumnnya

3. Metode PenelitianMenjelaskan dan menguraikan metode penelitian yang akan digunakan,objek penelitian, sampel, teknik pengambilan sampel, defenisioperasional, instrumen penelitian, dan pengujian yang akan digunakandalam penelitian (apabila penelitian bersifat asosiatif atau penelitian yanbertujuan untuk mencari pengaruh dan dampak dari setiap variabel).Sedangkan dalam penelitian yang bersifat deskriptif tidak menjabarkanmetode analisis yang digunakan.

4. Profil Perusahaan (Objek Penelitian) dan Analisis Data SertaPembahasanMenjelaskan gambaran daripada perusahaan/objek penelitian tempatmahasiswa melakukan riset. Pada bagian ini juga menjelaskan data-datayang berhubungan dengan permasalahan, hipotesis yang ada didalamperusahaan tersebut.Membahas tentang keterkaitan antar faktor-faktor dari data yangdiperoleh dari masalah yang diajukan kemudian menyelesaikan masalah

7

tersebut dengan metode yang diajukan dan menganalisa proses danhasil penyelesaian masalah.

5. Kesimpulan (dan Saran)Bab ini bisa terdiri dari Kesimpulan saja atau ditambahkan Saran.- Kesimpulan

Berisi jawaban dari masalah yang diajukan penulis, yang diperolehdari penelitian.

- SaranDitujukan kepada pihak-pihak terkait, sehubungan dengan hasilpenelitian.

C. Bagian Akhir

1. Daftar PustakaBerisi daftar referensi (buku, jurnal, majalah, dll), yang digunakandalam penulisan.

2. LampiranPenjelasaan tambahan dapat berupa uraian, gambar, perhitungan-perhitungan grafik atau tabel, yang merupakan penjelasan rinci dari apayang disajikan dibagian-bagian terkait sebelumnya.

3. Riwayat HidupBerisi biodata mahasiswa, yang terdiri atas nama mahasiswa, tempat/tanggal lahir, nama orang tua, riwayat pendidikan, dan ditanda tanganioleh mahasiswa yang bersangkutan.

Catatan:Pada proposal penelitian bagian tengah terdiri dari Pendahuluan,Landasan Teori, dan Metode Penelitian.Sedangkan dalam skripsi pada bagian tengah terdiri dari Pendahuluan,Landasan Teori, Metode Penelitian, Profil Perusahaan (ObjekPenelitian) dan Analisis Data Serta Pembahasan, dan Kesimpulan danSaran.

V. TEKNIK PENULISAN

1. Penomoran Bab serta Subbab

8

- Bab diberi nomor (dinomori) dengan menggunakan angka latin

- Subbab dinomori dengan menggunakan angka latin dengan mengacupada nomor bab dibagian mana terdapat.

2................................. (Judul Bab)2.1.............................. (Judul Subbab)2.2.............................. (Judul Subbab)2.2.1........................... (Judul Sub-Subbab)

- Penulisan nomor dan judul bab ditengah dengan huruf besar, ukuranfont 14, tebal.

- Penulisan nomor dan judul subbab dimulai dari kiri, dimulai denganhuruf besar ukuran font 12, tebal.

2. Penomoran Halaman

- Bagian Awal, nomor halaman ditulis dengan angka romawi huruf kecil(i,ii,iii,iv,....). Posisi tengah bawah (2 cm dari bawah). Khusus untuklembar judul dan lembar pengesahan sampai dengan abstrak nomorhalaman tidak perlu di ketik, tapi tetap dihitung.

- Bagian Tengah, nomor halaman ditulis dengan angka latin. Halamanpertama dari bab pertama adalah halaman nomor satu. Peletakan nomorhalaman untuk setiap awal bab dibagian bawah ditengah, sedangkanhalaman lainnya disudut kanan atas.

- Bagian Akhir, nomor halaman ditulis dibagian bawah tengah denganangka latin dan merupakan kelanjutan dari penomoran pada bagiansudut.

3. Judul dan Nomor Gambar/Grafik/Tabel.- Judul gambar / grafik diketik dibagian bawah tengah dari gambar. Judul

tabel diketik disebelah atas tengah dari tabel.

- Penomoran tergantung pada bab yang bersangkutan, contoh:

Gambar 3.1 berarti gambar pertama yang ada di bab III.

- Tabel atau gambar harus disertai / ditunjukkan sumbernya.

9

Contoh:Tabel 1.1

Peringkat Merek Kosmetik di Indonesia

No.Urut

NamaMerek

Jumlah Persentase

1 Revlon 267 57,172 Wardah 47 10,063 Sariayu 26 5,564 Ponds 21 4,495 Citra 17 3,64

467 100Sumber : www.ac-nielsen.com

4. Aturan Penulisan Daftar Pustaka- Ditulis berdasarkan urutan penunjukan referensi pada bagian pokok

tulisan ilmiah.

- Ditulis menggunakan kutipan-kutipan.

- Menggunakan nomor urut, jika tidak dituliskan secara alfabetik.

- Nama pengarang asing di tulis dengan dengan format: nama keluarga,nama depan.

Nama pengarang Indonesia di tulis normal, yaitu: nama keluarga +nama depan.

View more