bahan presentasi kompresor

Download Bahan Presentasi kompresor

Post on 26-Dec-2015

112 views

Category:

Documents

11 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

pneumetik & hidrolik

TRANSCRIPT

Topik

: Kompresor

Kel

: 8

Anggota: Antony Salim

( 2012-1-011/ C-04)

Fredy Setiawan ( 2012-1-058/ C-13)

Pruwito

( 2012-1-035/ C-21)

Ruditia Sakti N

( 2012-1-092/ C-24)

http://id.wikipedia.org/wiki/KompresorPemampatataukompresoradalah alat mekanik yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan fluida mampu mampat, yaitu gas atau udara. tujuan meningkatkan tekanan dapat untuk mengalirkan atau kebutuhan proses dalam suatu system proses yang lebih besar (dapat system fisika maupun kimia contohnya pada pabrik-pabrik kimia untuk kebutuhan reaksi). Secara umum kompresor dibagi menjadi dua jenis yaitu dinamik dan perpindahan positif.

Jenis kompresor[sunting|sunting sumber]1. Kompresor dinamik

1. Kompresor Sentrifugal2. Kompresor Axial2. Kompresor perpindahan positif (possitive displacement):

1. Kompresor Piston(Reciprocating Compresor)

1. Kompresor Piston Aksi Tunggal2. Kompresor Piston Aksi Ganda3. Kompresor Piston Diagfragma2. Kompresor Putar1. Kompresor Ulir Putar(Rotary Screw Compressor)

2. Lobe

3. Vane

4. Liquid Ring

5. Scroll

http://adiezzzt.blogspot.com/2013/01/makalah-kompresor.html

A.Klasifi kasi KompresorSecara garis besar kompresor dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian,yaituPositive Displacement compressor, danDynamic compressor, (Turbo),Positive Displacement compressor, terdiri dariReciprocatingdanRotary,sedangkanDynamic compressor, (turbo) terdiri dariCentrifugal,axialdanejector, secara lengkap dapat dilihat dari klasifikasi di bawah ini:1.Kompresor Torak Resiprokal (reciprocating compressor)

Kompresor ini dikenal juga dengan kompresor torak, karena dilengkapidengan torak yang bekerja bolak-balik atau gerak resiprokal. Pemasukanudara diatur oleh katup masuk dan dihisap oleh torak yang gerakannyamenjauhi katup. Pada saat terjadi pengisapan, tekanan udara di dalamsilinder mengecil, sehingga udara luar akan masuk ke dalam silinder secaraalami. Pada saat gerak kompresi torak bergerak ke titik mati bawah ketitik mati atas, sehingga udara di atas torak bertekanan tinggi, selanjutnyadi masukkan ke dalam tabung penyimpan udara. Tabung penyimpanandilengkapi dengan katup satu arah, sehingga udara yang ada dalam tangkitidak akan kembali ke silinder. Proses tersebut berlangsung terus-menerushingga diperoleh tekanan udara yang diperlukan. Gerakan mengisap danmengkompresi ke tabung penampung ini berlangsung secara terus menerus,pada umumnya bila tekanan dalam tabung telah melebihi kapasitas, makakatup pengaman akan terbuka, atau mesin penggerak akan mati secaraotomatis.2.Kompresor Torak Dua Tingkat Sistem Pendingin Udara

Kompresor udara bertingkat digunakan untuk menghasilkan tekananudara yang lebih tinggi. Udara masuk akan dikompresi oleh torak pertama,kemudian didinginkan, selanjutnya dimasukkan dalam silinder keduauntuk dikompresi oleh torak kedua sampai pada tekanan yang diinginkan.Pemampatan (pengompresian) udara tahap kedua lebih besar, temperatureudara akan naik selama terjadi kompresi, sehingga perlu mengalami prosespendinginan dengan memasang sistem pendingin. Metode pendinginanyang sering digunakan misalnya dengan sistem udara atau dengan systemair bersirkulasi.Batas tekanan maksimum untuk jenis kompresor torak resiprokal antaralain, untuk kompresor satu tingkat tekanan hingga 4 bar, sedangkan duatingkat atau lebih tekanannya hingga 15 bar.3.Kompresor Diafragma (diaphragma compressor)Jenis Kompresor ini termasuk dalam kelompok kompresor torak. Namunletak torak dipisahkan melalui sebuah membran diafragma. Udara yangmasuk dan keluar tidak langsung berhubungan dengan bagian-bagian yangbergerak secara resiprokal. Adanya pemisahan ruangan ini udara akan lebihterjaga dan bebas dari uap air dan pelumas/oli. Oleh karena itu kompresordiafragma banyak digunakan pada industri bahan makanan, farmasi,obatobatandan kimia.Prinsip kerjanya hampir sama dengan kompresor torak. Perbedaannyaterdapat pada sistem kompresi udara yang akan masuk ke dalam tangkipenyimpanan udara bertekanan. Torak pada kompresor diafragma tidaksecara langsung menghisap dan menekan udara, tetapi menggerakkansebuah membran (diafragma) dulu. Dari gerakandiafragmayang kembangkempis itulah yang akan menghisap dan menekan udara ketabungpenyimpan.4.Kompresor Putar (Rotary Compressor)

Kompresor Rotari Baling-baling LuncurSecara eksentrik rotor dipasang berputar dalam rumah yang berbentuksilindris, mempunyai lubang-lubang masuk dan keluar. Keuntungan darikompresor jenis ini adalah mempunyai bentuk yang pendek dan kecil,sehingga menghemat ruangan. Bahkan suaranya tidak berisik dan halusdalam, dapat menghantarkan dan menghasilkan udara secara terus menerusdengan mantap. Baling-baling luncur dimasukkan ke dalam lubang yangtergabung dalam rotor dan ruangan dengan bentuk dinding silindris. Ketikarotor mulai berputar, energi gaya sentrifugal baling-balingnya akan melawandinding. Karena bentuk dari rumah baling-baling itu sendiri yang tidak sepusatdengan rotornyamaka ukuran ruangan dapat diperbesar atau diperkecilmenurut arah masuknya (mengalirnya) udara.5.Kompresor Sekrup (Screw)Kompresor Sekrup memiliki dua rotor yang saling berpasangan ataubertautan (engage), yang satu mempunyai bentuk cekung, sedangkanlainnya berbentuk cembung, sehingga dapat memindahkan udara secaraaksial ke sisi lainnya. Kedua rotor itu identik dengan sepasang roda gigihelixyang saling bertautan. Jika roda-roda gigi tersebut berbentuk lurus,maka kompresor ini dapat digunakan sebagai pompa hidrolik padapesawat-pesawathidrolik. Roda-roda gigi kompresor sekrup harus diletakkan padarumah-rumah roda gigi dengan benar sehingga betul-betul dapat menghisapdan menekan fluida.6.KompresorRoot Blower(Sayap Kupu-kupu)

Kompresor jenis ini akan mengisap udara luar dari satu sisi ke sisi yanglain tanpa ada perubahan volume. Torak membuat penguncian pada bagiansisiyang bertekanan. Prinsip kompresor ini ternyata dapat disamakan denganpompa pelumas model kupu-kupu pada sebuah motor bakar. Beberapakelemahannya adalah: tingkat kebocoran yang tinggi. Kebocoran terjadikarena antara baling-baling dan rumahnya tidak dapat saling rapat betul.Berbeda jika dibandingkan dengan pompa pelumas pada motor bakar,karena fluidanya adalah minyak pelumas maka film-film minyak sendirisudah menjadi bahan perapat antara dinding rumah dan sayap-sayap kupuitu. Dilihat dari konstruksinya, Sayap kupu-kupu di dalam rumah pompadigerakan oleh sepasang roda gigi yang saling bertautan juga, sehinggadapat berputar tepat pada dinding.7.Kompresor Aliran (turbo compressor)

Jenis kompresor ini cocok untuk menghasilkan volume udara yangbesar. Kompresor aliran udara ada yang dibuat dengan arah masuknyaudara secara aksial dan ada yang secara radial. Arah aliran udara dapatdirubah dalam satu roda turbin atau lebih untuk menghasilkan kecepatanaliran udara yang diperlukan. Energi kinetik yang ditimbulkan menjadi energybentuk tekanan.8.Kompresor Aliran Radial

Percepatan yang ditimbulkan oleh kompresor aliran radial berasal dariruangan ke ruangan berikutnya secara radial. Pada lubang masuk pertamaudara dilemparkan keluar menjauhi sumbu. Bila kompresornya bertingkat,maka dari tingkat pertama udara akan dipantulkan kembali mendekati sumbu.Dari tingkat pertama masuk lagi ke tingkat berikutnya, sampai beberapatingkat sesuai yang dibutuhkan. Semakin banyak tingkat dari susunan sudusudutersebut maka akan semakin tinggi tekanan udara yang dihasilkan.Prinsip kerja kompresor radial akan mengisap udara luar melalui sudu-sudurotor, udara akan terisap masuk ke dalam ruangan isap lalu dikompresidan akan ditampung pada tangki penyimpanan udara bertekanan hinggatekanannya sesuai dengan kebutuhan.9.Kompresor Aliran Aksial

Pada kompresor aliran aksial, udara akan mendapatkan percepatanoleh sudu yang terdapat pada rotor dan arah alirannya ke arah aksial yaitusearah (sejajar) dengan sumbu rotor. Jadi pengisapan dan penekananudara terjadi saat rangkaian sudu-sudu pada rotor itu berputar secara cepat.Putaran cepat ini mutlak diperlukan untuk mendapatkan aliran udara yangmempunyai tekanan yang diinginkan. Teringat pula alat semacam ini adalahseperti kompresor pada sistem turbin gas atau mesin-mesin pesawat terbangturbo propeller. Bedanya, jika pada turbin gas adalah menghasilkan mekanikputar pada porosnya. Tetapi, pada kompresor ini tenaga mekanik dari mesinakan memutar rotor sehingga akan menghasilkan udara bertekanan.B.Penggerak Kompresor

Penggerak kompresor berfungsi untuk memutar kompresor, sehinggakompresor dapat bekerja secara optiomal. Penggerak kompresor yang seringdigunakan biasanya berupa motor listrik dan motor bakar seperti gambar12. Kompresor berdaya rendah menggunakan motor listrik dua phase ataumotor bensin. sedangkan kompresor berdaya besar memerlukan motorlistrik 3 phase atau mesin diesel. Penggunaan mesin bensin atau dieselbiasanya digunakan bilamana lokasi disekitarnya tidak terdapat aliran listrikatau cenderungnon stasioner. Kompresor yang digunakan di pabrik-pabrikkebanyakan digerakkan oleh motor listrik karena biasanya terdapat instalasilistrik dan cenderung stasionar (tidak berpindah-pindah).C.Komponen Kompresor

1.Kerangka (frame)

Fungsi utama adalah untuk mendukung seluruh beban dan berfungsi juga sebagai tempat kedudukan bantalan, poros engkol, silinder dan tempat penampungan minyak pelumas.

2.Poros engkol (crank shaft)

Berfungsi mengubah gerak berputar (rotasi) menjadi gerak lurus bolak balik (translasi).

3.Batang penghubung (connecting rod)

Berfungsi meneruskan gaya dari poros engkol ke batang torak melalui kepala silang, batang penghubung harus kuat dan tahan bengkok sehingga mampu menahan beban pada saat kompresi.

4. Kepala silang (cross head)

Berfungsi meneruskan gaya dari batang penghubung ke batang torak. Kepala silang dapat meluncur pada bantal