niken raidyna laksmi 9b

Post on 02-Aug-2015

46 Views

Category:

Documents

1 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

Internet dan Intranet

A.Pengertian Internet dan IntranetInternet (Interconnected-Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam situs. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang terbesar di seluruh Indonesia,bahkan seluruh dunia. (internet bersifat mendunia<global>)

Intranet merupakan sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang digunakan dalam internal perusahaan,kantor,bahkan warnet dapat di kategorikan intranet. (intranet bersifat local)

B. Manfaat Internet

Banyak kegunaan yang menguntungkan yang didapatkan dari internet dalam semua bidang ,seperti bisnis ,akademis, pemerintahan,organisasi dan sebagainya.

Manfaat-manfaat internet adalah sebagai berikut:• Internet dapat sebagai media promosi,• Internet dapat sebagai media komunikasi interaktif, • Internet sebagai alat Research dan Development ,• Internet sebagai media pertukaran data.

Pengertian Jaringan Komputer

A. Jaringan (Network) adalah 2 atau lebih komputer yang saling terhubung dengan menggunakan media tertentu.

B. Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari

jaringan komputer,antara lain: Resource Sharing Reliabilitas Tinggi Menghemat uang Sarana komunikasi

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Berdasarkan metode distribusi data: - Jaringan terpusat - Jaringan terdistribusi Berdasarkan fungsional komputer dalam pemprosesan data: -Jaringan clien server -Jaringan peer to peer Berdasarkan jangkauan wilayah (area): - Jaringan LAN (Local Area Network) - Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) - Jaringan WAN (Wide Area Network)

Perangkat Jaringan Komputer

• Hub/Switch digunakan untuk percobaan dengan menguatkan sinyal dan transmisi sinyal.Hub mempunyai banyak port yang memungkinkan beberapa titik menjadi satu jaringan.

• Repeter yang berguna untuk memperkuat sinyal yang masuk.• Kabel dan Konektor Kabel jaringan yang digunakan adalah kabel UTP yang untuk

menghubungkan 1 komputer dengan komputer lainnya.• Server adalah sistem komputer yang menyediakan jenis

layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.• Client digunakan untuk mengolah data yang diambil dari

server.

Macam–Macam Topologi Jaringan

1. Topologi Star (Bintang) memiliki karakteristik yaitu setiap node berkomunikasi langsung dengan central node, traffic data mengalir dari node ke central node dan kembali lagi.

2. Topologi Bus (Linear) memiliki karakteristik merupakan satu kabel yang kedua ujungnya di tutup,dimana sepanjang kabel terdapat node-node.

3. Topologi Ring memiliki karakteristik yaitu lingkaran tertutup yang berisi node-node,dan sederhana dalam layout.

4. Topologi Mesh memiliki tingkat redudancy yang tinggi, sehingga jika terdapat satu link yang rusak maka satu station dapat mencari link yang lainnya.

Tipe / Model Jaringan

Sebagai Cient yaitu komputer pemakai tidak menyediakan sumber daya, informasi dll.

Sebagai Peer yaitu client yang menyediakan sumber daya untuk di bagi dengan client yang lain (peer to peer).

Sebagai Server yaitu menyediakan sumber daya secara maksimal di gunakan untuk client tetapi tidak menggunakan sumber daya dari client.

top related