lipid

Post on 30-Sep-2015

217 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

ppt lipid

TRANSCRIPT

LIPID

LIPIDKelompok 6Mursalin200110140122Cinta Herlina200110140123Santi Agustini200110140124Silvi Fitriyanti200110140162Hana Lestari200110140163Definisi LipidLipid merupakan zat-zat gizi yang memiliki fungsi-fungsi biologis untuk metabolisme tubuh. Lipid atau lipida lebih merupakan istilah ilmiah yang mencakup baik lemak maupun minyak.Fungsi Lipid Sebagai cadangan energi Lipid berguna sebagai penyerap dan pembawa vitamin A, D, E dan K Sebagai hormon dan vitamin Sebagai goncangan demi melindungi organ vital dan melindungi tubuh dari suhu luar yang kurang bersahabat Sebagai sumber steroid yang sifatnya meningkatkan fungsi-fungsi biologis

Penggolongan LipidI. Berdasarkan komponen penyusunnya : a. Lipid sederhana , yaitu ester asam lemak dengan berbagai alkohol contohnya : Triasilgliserol, fosfogliserida sphingolipid lemak/gliserida lilin/waxed b. Lipid kompleks/ lipid gabungan : yaitu ester asam lemak yang mempunyai gugus tambahan, contohnya : fosfolipid terpen steroid prostaglandin lipoprotein

c. -Derivat Lipid : yaitu senyawa yang dihasilkan oleh proses hidrolisis lipid Contoh : - asam lemak - gliserol - sterol 2. Berdasarkan polaritasnya:

a. Lipid nonpolar (hidrofobik) : Triasilgliserol lilin steroid terpen

b. lipid polar (hidrofilik) : fosfogliserid sphingolipid lipoprotein

3. Berdasarkan Sifat Kimia atau safonifikasinya : a. Lipid yang tersabunkan : Lipid yang dapat dihidrolisis dengan basa ( hampir semua lipid),contohnya : lemak. b. lipid yang tidak dapat dapat disabunkan , contoh : terpen, steroid4. Penggolongan lipid berdasarkan kemiripan struktur (Anna Poejiadi): 1. asam lemak2. lemak3. lilin4. fosfolipid5. sfingolipid6. terpen7. steroid8. lipid kompleks

Jenis LipidJenis Lipid yaitu:A. Asam lemak, terdiri atas asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh B. Gliserida, terdiri atas gliserida netral dan fosfogliseridaC. Lipid kompleks, terdiri atas lipoprotein dan glikolipidD. Non gliserida, terdiri atas sfingolipid, steroid (kolesterol. 7-dehidrokolesterol, Ergosterol, asam-asam empedu,hormon kelamin) dan malamA. Asam LemakAsam lemak adalah asam organik yang terdapat sebagai ester trigliserida atau lemak, baik yang berasal dari hewan atau tumbuhan. Asam ini adalah asam karboksilat yang mempunyai rantai karbon panjang. Asam lemak ada yang jenuh dan ada yang tidak jenuh. Asam lemak jenuh adalah rantai karbon yang tidak mengandung ikatan rangkap. Sedangkan asam lemak tak jenuh mengandung satu ikatan rangkap atau lebih.

Rumus umum dari asam lemak adalah:

CH3(CH2)nCOOH atau CnH2n+1-COOH

R adalah rantai Carbon yang jenuh atau tdk jenuh yg terdiri atas 4 sampai 24 atom CarbonContoh : Asam Oleat (C17H33COOH)

CH3 - (CH2)7 CH = CH - (CH2)7 - COOH

B. LemakLemak adalah suatu ester asam lemak dengan gliserol. Gliserol adalah suatu trihidroksi alkohol yang terdiri atas tiga atom karbon. Pada lemak satu nolekul gliserol mengikat tiga molekul asam lemak, oleh karena itu lemak adalah trigliserida.

C. LilinLilin adalah esterasam lemak dengan monohidroksi alkohol yang mempunyai rantai karbon panjang, antara 14 sampai 34 atom karbon. Lilin dapat diperoleh antara lain dari lebah madu dan dari ikan paus atau lumba-lumba. Lilin lebah dikeluarkan oleh lebah madu untuk membentuk sarang tempat menyimpan madu. Lilin lebah adalah campuran beberapa senyawa terutama mirisilpalmitat. Lilin yang berada pada ikan paus atau lumba-lumba disebut spermaseti yang sebagian besar terdiri atas setilpalmitat.

D. FosfolipidFosfolipid adalah suatu gliserida yang mengandung fosfor dalam bentuk ester asam fosfat. Oleh karenanya fosfolipid ialah suatu fosfogliserida. Senyawa-senyawa dalam golongan fosfogliserida ini dapat dipandang sebagai derivat asam fosfatidat. Dengan demikian senyawa yang termasuk fosfolipid ini ialah fosfatidilkolin, fosfatidiletanolamina, fosfatidilserin, dan fosfatidilinositol.E. TerpenDalam alam banyak terdapat senyawa yang molekulnya dapat dianggap terdiri atas berbagai molekul isoprena atau mempunyai hubungan struktural dengan isoprena. Senyawa-senyawa tersebut dikelompokkan dalam golongan terpen. Kebanyakannya terdiri atas kelipatan dari lima atom karbon. Yang termasuk terpen ialah sitral, pinen, geraniol, kamfer, karoten, vitamin A, fitol, dan skualen.F. SpingolipidSenyawa yang termasuk golongan ini dapat dipandang sebagai derivat sfingosin atau mempunyai struktur yang mirip. Misalnya dihidrosfingosin. Seramida adalah derivat sfingosin yang mengandung gugus asli dari asam lemak, gugus ini terikat pada gugus amino dalam bentuk amida. Sfingomielin adalah kelompok senyawa yang mempunyai rumus dan merupakan satu-satunya sfingolipid yang mengandung fosfat.

G. SteroidSteroid adalah senyawa yang memiliki struktur dasar yang sama dan dapat dianggap sebagai derivat perhidrosiklopentanofenantrena, yang terdiri atas 3 cincin sikloheksana terpadu seperti bentuk fenantrena (cincin A, B dan C) dan sebuah cincin siklopentana yang tergabung pada ujung cincin sikloheksana tersebut (cincin D).

H. Lipid KompleksYang termasuk dengan lipid kompleks ialah lipid yang terdapat dalam alam bergabung dengan senyawa lain, misalnya dengan protein atau dengan karbohidrat. Gabungan antara lipid dengan protein disebut lipoprotein. Lipoprotein ini biasanya juga digolongkan dalam protein gabungan.

top related