ilmuwan islam al battani

Post on 13-Feb-2017

408 Views

Category:

Education

41 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

Bahasan :Tokoh Ilmuwan dan

meneladaninya

Tak kenalmaka,

tak sayang

Dinda Ayu Kencono W. (07)

Firmansyah (11)

Marinda Mayliansarisyah P. (17)

Rohmah Citra Dewi (28)

Ryke Puspitasari (30)

Jumlah hari dalam setahun adalah 365 hari. Bagaimana jumlah ini bisa diperoleh, dan siapakah orang yang pertama kali menemukannya? Apakah* penentuan jumlah* itu asal-asalan saja atau dengan memperhitungkan banyak hal? Kenapa harus 365 hari, tidak dibuat 500 atau 1000 hari saja supaya mudah untuk diingat? Tentu anda penasaran, bukan???

Tokoh Ilmuwan yg kita

pelajari.....

"Al-Battani" adalah nama seorang ilmuwan yang disebut-sebut berjasa menemukan hitungan jumlah hari dalam setahun. Nama lengkap Al-Battani adalah "Abu Abdullah Muhammad ibn Jabir ibn Sinan Al-Battani". Orang Eropa menjuluki Al-Battani dengan sebutan "Albategnius". Ia lahir pada tahun 858 M di dekat kota Battan, Harran. Ia dikenal sebagai ahli astronomi dan matematika terbesar di dunia pada abad pertengahan.

Hikayat Pendidikan Al-Battani

Al-Battani belajar astronomi dan matematika dari ayahnya, Jabir Ibnu Sin'an.

Kemudian melanjutkan studinya untuk mem-perdalam kedua disiplin ilmu tersebut, di

kota Rakka, di tepi sungai Efrat.

Pada akhir abad sembilan, Al-Battani pindahke Samarra untuk bekerja hingga meninggal

dunia tahun 929 M.

Mengenal Al Battani lebih dekat

Al-Batani atau dikenal dengan Albategnius, merupakan seorang tokoh Islam yang berpengetahuan luas mengenai dunia pendidikan terutama yang berhubungan dengan angka-angka. Hal ini dibuktikan dengan beberapa penemuannya yang dapat memecahkan sejumlah persamaan trigonometri, diantaranya yaitu :

\tan a = \frac{\sin a}{\cos a}

\sec a = \sqrt{1 + \tan^2 a }

Penemuan Al Battani yang lainnya yaitu memecahkan persamaan sin "x" = "a" cos "x"dan menemukan rumus: \sin a = \frac{a}{\sqrt{1 + a2}}dan menggunakan gagasan al-Marwazi tentang tangen dalam mengembangkan persamaan-persamaan untuk menghitung tangen, cotangen dan menyusun tabel perhitungan tangen.

Penemuan lainnya oleh Al Battani

Sebagai ilmuwan astronomi, Al-Battani banyak menulis bukutentang astronomi dan trigonometri, termasuk sistem perhitunganalmanak dan kalenderium. Almanak yang diciptakan oleh Al-Battani diakui merupakan sistem perhitungan astronomi yangpaling akurat, yang sampai kepada kita sejak abad pertengahan.Pada abad pertengahan, orang-orang Eropa menggunakansistem ini sampai abad pencerahan.

S E M O G A

Berman

faat

BYE...

top related