ibuguruhebat...kata reta, penghilang pedas itu garam, air hangat,ataususu.gurulesnyayangmemberi...

Post on 22-Apr-2020

4 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

Ibu Guru Hebat

Akhirnya sampai di rumah Reta! Ini kalipertama Sarah mengunjungi sepupunya itu.Sarah datang dari jauh, dari Ottawa, Kanada.

1

Reta langsung berseru, ’Oleh-oleh dari RiedauCanal! Tempat berwisatanaik perahu, memancing dan main ski.’ Sarahterkejut. Bagaimana Reta tahu? Reta bilang,guru lesnya pernah bercerita tentang tempatitu.

2

Hmmm ... banyak sekali makanan menarik.Sarah mulai dari mana ya? Sepertinya saladbuah itu menarik. Kata Reta, namanya rujak.

3

Rujak itu ternyata pedas! Minum! Sarah perluminum!

4

Kata Reta, penghilang pedas itu garam, airhangat, atau susu. Guru lesnya yang memberitahu. Benar juga, panas di mulut Sarahlangsung reda. Wah, hebat juga guru les Reta.

5

Sarah ikut Reta pergi ke warung. Retamembawa keranjang belanja. Gurunya yangmemberi tahu untuk mengurangi pemakaianplastik. Hmmm ... Sarah ingin kenal guru Reta.

6

Berapa yang harus dibayar Reta? Retalangsung menghitung dengan jari. Bukanmain! Angka yang disebutkan Reta samadengan hasil hitungan kalkulator. Reta bilang,guru lesnya mengajari cara menghitung cepat.

7

Bagaimana caranya Sarah bisa bertemu guruReta? ’Be patient,’ kata Reta. Reta juga bisaberbahasa Inggris! Lagi-lagi guru lesnya yangmengajarkan!

8

Asyik, Sarah boleh ikut Reta les. Tanpa daftar,tanpa bayar. Semudah itu! Eh, sapu itu untukapa?

9

Mereka juga akan pergi les. Lucu juga,bawaannya tidak hanya buku. Kata Reta,gurunya tidak bisa membersihkan rumahsendiri. Aneh.

10

Sarah ingin cepat sampai. Bagaimana kalaumereka berlari saja?

11

12

’ ’Tenang saja, Bu Guru punya obat buatlukamu,’ kata Reta. Sarah semakin tidak sabaringin bertemu guru Reta.

13

Sampai!

14

Itu guru Reta?

15

Wow! Ada yang belajar matematika. Ada yangbelajar bahasa Inggris. Ada yang belajar sains.Macam-macam! Sarah tahu sekarang. GuruReta memang hebat.

16

Bu Een Sukaesih Siapakah sebenarnya guruhebat yang mengajari Reta sehingga Retabegitu pintar? Namanya Bu Een Sukaesih.Biasa dipanggil Bu Een. Bu Een lulusanIKIP Bandung. Beliau mengalami penyakitlangka yang disebut Rheumatoid Arthritis (RA).Penyakitnya itu telahmembuat Bu Een lumpuhselama 27 tahun. Namun Bu Een tidak mudahmenyerah. Beliau terus mengajar sambilberbaring, dari pukul 8.00 pagi sampai pukul

17

8.00 malam. Bu Een bisa mengajar BahasaInggris, Sejarah, Komputer, juga Matematika.Siapa saja boleh datang belajar ke rumahnya,mulai dari murid SD sampai SMA. Murid-muridnya sangat menyayangi Bu Een. Merekaberusaha membantu Bu Een dengan apa yangmereka bisa, misalnya dengan membersihkanrumah Bu Een.

18

©2019, The Asia Foundation.Proyek pengembangan buku ini menampilkanpara perempuan tangguh (the mighty girlsand women) sebagai tokoh cerita denganmelibatkan penulis, ilustrator, editor, dandesainer perempuan. Buku ini dikembangkanmelalui workshop pengembangan buku yangdiadakan atas kerja sama Yayasan Litara danThe Asia Foundation dengan dukungan EsteeLauder. Pendampingan dan penyuntingan

19

cerita, teks, ilustrasi dan desain dilakukan olehYayasan Litara. Yayasan Litara adalah lembaganirlaba yang mengembangkan literasi danbuku anak. ©2019, The Asia Foundation. Thebook creation project features mighty girlsand women as the main character(s) of thestory and involve female writers, illustrators,editors, and designers. This book was createdthrough a book creation workshop conductedin collaboration between Litara Foundationand The Asia Foundation with the support ofEstee Lauder. The workshop and professionaldevelopment, along with the editing anddesign of this book, was conducted by LitaraFoundation.

20

Brought to you by

Let’s Read! is an initiative of The Asia Foundation’s Books for Asiaprogram that fosters young readers in Asia. booksforasia.org

To read more books like this and get further information aboutthis book, visit letsreadasia.org

Original StoryIbu Guru Hebat, Released under CC BY-NC 4.0.

This work is a modified version of the original story. © The AsiaFoundation, 2019. Some rights reserved. Released under CCBY-NC 4.0.

For full terms of use and attribution,http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

top related