71264722 111102 bp william tan tugas berpikir kritis kesimpulan dan premis

3
A. Temukan kesimpulan dalam setiap argumen atau pendapat dibawah ini. Pada argumen atau pendapat dibawah ini tidak ada kesimpulan yang lebih dari satu, premis atau kesimpulan yang tersirat. 1. Rumah itu terlalu mahal untuk kamu, karena kamu hanya memiliki Rp.1.500.000,- per bulan untuk biaya hidup ketika harus membayar angsuran. Kamu juga memiliki tagihan bulanan sebesar Rp.1.500.000,-. Lalu terlebih penting dari semua itu, status pekerjaan kamu dalam keadaan yang meragukan. 2. Teman kamar saya pindah tempat kost. Akibatnya, saya juga harus pindah tempat kost. Saya hanya bisa membayar separuh dari biaya sewa kost saat ini. 3. Saya tidak menyukai matematika, jadi saya yakin bahwa tidak mungkin saya bisa lulus kelas matematika. Itu merupakan kelas yang sulit, dan dari apa yang kudengar, pengajarnya tidak dapat menjelaskan dengan baik. 4. Robert pasti penanggung jawab hari ini karena biasanya ketika Putri sedang tidak ada di kantor, Robert yang menggantikan. Lalu Putri sedang tidak ada di kantor saat ini. 5. Tim lawan dalam Liga Italia tampaknya tidak akan berkembang banyak tahun depan, karena itu Klub Juventus tampaknya akan menjadi juara liga kembali, karena tampaknya mereka akan lebih kuat daripada tahun ini. Lagipula tahun ini mereka menjuarai liga dengan mudah. 6. Bakat kamu dalam membuat iklan adalah yang terbaik di Negara ini. Perusahaan mengetahui itu dan semua orang yang berwenang mengambil keputusan dalam perekrutan menyukaimu. Tentu kamu akan mendapat pekerjaan tersebut. Tidak ada pelamar lain yang memenuhi kualifikasi tersebut. 7. Ini akan menjadi hari Natal yang menyenangkan. Tante Anna akan mengunjungi kita tahun ini dan dia orang yang menyenangkan. Betty

Upload: x-cape-kevin-giovanno

Post on 29-Sep-2015

218 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

hsahdad

TRANSCRIPT

A. Temukan kesimpulan dalam setiap argumen atau pendapat dibawah ini. Pada argumen atau pendapat dibawah ini tidak ada kesimpulan yang lebih dari satu, premis atau kesimpulan yang tersirat.1. Rumah itu terlalu mahal untuk kamu, karena kamu hanya memiliki Rp.1.500.000,- per bulan untuk biaya hidup ketika harus membayar angsuran. Kamu juga memiliki tagihan bulanan sebesar Rp.1.500.000,-. Lalu terlebih penting dari semua itu, status pekerjaan kamu dalam keadaan yang meragukan.2. Teman kamar saya pindah tempat kost. Akibatnya, saya juga harus pindah tempat kost. Saya hanya bisa membayar separuh dari biaya sewa kost saat ini.

3. Saya tidak menyukai matematika, jadi saya yakin bahwa tidak mungkin saya bisa lulus kelas matematika. Itu merupakan kelas yang sulit, dan dari apa yang kudengar, pengajarnya tidak dapat menjelaskan dengan baik.4. Robert pasti penanggung jawab hari ini karena biasanya ketika Putri sedang tidak ada di kantor, Robert yang menggantikan. Lalu Putri sedang tidak ada di kantor saat ini.

5. Tim lawan dalam Liga Italia tampaknya tidak akan berkembang banyak tahun depan, karena itu Klub Juventus tampaknya akan menjadi juara liga kembali, karena tampaknya mereka akan lebih kuat daripada tahun ini. Lagipula tahun ini mereka menjuarai liga dengan mudah.6. Bakat kamu dalam membuat iklan adalah yang terbaik di Negara ini. Perusahaan mengetahui itu dan semua orang yang berwenang mengambil keputusan dalam perekrutan menyukaimu. Tentu kamu akan mendapat pekerjaan tersebut. Tidak ada pelamar lain yang memenuhi kualifikasi tersebut.7. Ini akan menjadi hari Natal yang menyenangkan. Tante Anna akan mengunjungi kita tahun ini dan dia orang yang menyenangkan. Betty juga akan pulang ke rumah saat Natal tahun ini. Dan kita punya cukup uang untuk menyediakan hadiah untuk semua orang. Selain itu, merayakan Natal pertama kali di rumah yang baru selalu menyenangkan.

8. Saya membutuhkan sebuah komputer. Keuangan bisnis saya saat ini sudah terlalu rumit diatur tanpa computer. Itu juga akan membantu anak-anak dalam mengerjakan tugas. Selain itu, Susan dapat menggunakannya untuk membuat desain untuk usaha bajunya.9. Amarah itu tidak produktif. Begitu juga dengan emosi yang tidak menyenangkan seperti iri hati dan kekecewaan. Setiap emosi yang tidak produktif harus dihindari. Jelas bahwa kita harus mencoba mengelola perasaan rileks dan keseimbangan emosi dalam hidup kita.10. The YMCA layak mendapat dukungan dari komunitas kita. Mereka menawarkan program untuk warga usia lanjut. Mayoritas pendidikan fisik yang terjangkau dan kelas prakarya untuk anak-anak disediakan oleh YMCA. Mereka terus menyediakan dan menawarkan program-program non profit yang berkualitas.

B. Temukan kesimpulan dalam setiap argumen atau pendapat dibawah ini. Pada argumen atau pendapat dibawah ini ada kemungkinan kesimpulan lebih dari satu. Jika demikian, tentukan kesimpulan transisional (pengantar) dan kesimpulan akhir. Tentukan apakah ada premis atau kesimpulan yang tersirat.11. Bahasa asing merupakan mata kuliah yang penting untuk dipelajari oleh mahasiswa. Dengan belajar bahasa asing, mahasiswa dapat belajar tentang kebudayaan yang berbeda. Mereka juga dapat belajar tentang konseptualisasi dengan melihat bagaimana kata yang memiliki arti seru pa 3dalam bahasa asing tidak semuanya dapat digunakan secara bergantian dalam situasi yang sama. Sebaiknya tidak satu pun mahasiswa mengabaikan mata kuliah bahasa asing, meskipun bukan merupakan mata kuliah wajib. 12. Kamu harus berinvestasi saham Apple, Bobby. Saya membaca bahwa survei majalah Fortune memperlihatkan bahwa Apple adalah perusahaan yang paling dikagumi oleh para eksekutif perusahaan dan juga para ahli keuangan. Ini artinya bahwa Apple adalah tempat terbaik untuk berinvestasi.13. Kita harus memutuskan film apa yang akan kita tonton malam ini. Kita dapat memilih antara pergi ke XXI atau Blitz Megaplex. Akan tetapi XXI tidaklah mungkin, sejak kamu menolak kesana karena pengalaman buruk yang kamu alami. Jadi kelihatannya kita akan selesai nonton pada jam makan malam, karena jadwal pertunjukan di Blitz Megaplex lebih awal.14. Saksi ketiga pasti telah disuap. Jika dia mengatakan yang benar, dia seharusnya membalas pandangan saya dengan tenang pada saat saya melihatnya. Tetapi dia tidak membalas pandangan saya sama sekali. Satu-satunya motif baginya untuk berbohong dalam situasi ini adalah penyuapan.

15. Manakah yang lebih buruk, kebutaan atau ketulian? Pada umumnya orang mungkin menjawab kebutaan, karena ada ketakutan menghantam benda yang dapat melukai yang ada di lingkungan sekitar. Tetapi belakangan dalam hidupnya, Helen Keller, tuli dan buta dari lahir, mengatakan bahwa ia berharap dapat lebih banyak menolong atau mengurangi penderitaan orang yang tuli. Kebutaan adalah ketidakmampuan merespon lingkungan sekitar dengan baik. Akibat utamanya adalah memisahkan penderita dengan benda. Ketulian adalah kesulitan berkomunikasi yang memisahkan orang yang tuli dengan orang lain. (George F. Will, Immersed in a Sea of Silence, Newsweek, Oktober 27, 1986)