225743162-lembaga-ekonomi

4
PUTRI MEIPA LIYANA KELAS VII-5 SMP NEGERI 9 PALEMBANG LEMBAGA EKONOMI A. PengertianLembagaEkonomi Lembagaataupranataekonomiadalahseperangkatnormaatauaturan-aturan yang dimaksudkanuntukmemenuhikebutuhanekonomimasyarakat. Lembagaekonomimengenaimasalahkesejahteraan material yang mengaturataucaraberproduksi, distribusi, danpemakaianataukonsumsi, barangdanjasa yang diperlukanbagikelangsunganhidupmasyarakat agar semualapisanmasyarakatmendapatbagian yang semestinya. B. KegiatanPokokEkonomi KegiatanPokokEkonomimeliputi : a) KegiatanProduksi Pranataekonomiantara lain mengaturcaraproduksibarangdanjasa yang diperlukanolehwargamasyarakatuntukmempertahankankelangsunganhi dupnya. b) KegiatanDistribusi Distribusiadalahkegiatanuntukmenyalurkanbarangdanjasadariprodu senkekonsumen.Penyaluranbarangdanjasainimencakuptigapihak yang salingmempengaruhiyaituprodusen, perantaradankonsumen. c) KegiatanKonsumsi Konsumsiadalahpemakaianbarangdanjasabaiksekaligusmaupunsecarab erangsur-angsurolehsetiapanggotamasyarakat yang menginginkankehidupan yang layak.Kehidupan yang layakantaralain di tentukanolehterpenuhinyabarangdanjasadalamjumlahdanmutu yang memadai. C. TujuandanFungsiLembagaEkonomi

Upload: dwi-okky-saputra

Post on 17-Jan-2016

214 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

cvz

TRANSCRIPT

Page 1: 225743162-lembaga-ekonomi

PUTRI MEIPA LIYANA KELAS VII-5 SMP NEGERI 9 PALEMBANG

LEMBAGA EKONOMI

A. PengertianLembagaEkonomi

Lembagaataupranataekonomiadalahseperangkatnormaatauaturan-aturan yang dimaksudkanuntukmemenuhikebutuhanekonomimasyarakat.

Lembagaekonomimengenaimasalahkesejahteraan material yang mengaturataucaraberproduksi, distribusi, danpemakaianataukonsumsi, barangdanjasa yang diperlukanbagikelangsunganhidupmasyarakat agar semualapisanmasyarakatmendapatbagian yang semestinya.

B. KegiatanPokokEkonomi

KegiatanPokokEkonomimeliputi :

a) KegiatanProduksiPranataekonomiantara lain mengaturcaraproduksibarangdanjasa yang diperlukanolehwargamasyarakatuntukmempertahankankelangsunganhidupnya.

b) KegiatanDistribusiDistribusiadalahkegiatanuntukmenyalurkanbarangdanjasadariprodusenkekonsumen.Penyaluranbarangdanjasainimencakuptigapihak yang salingmempengaruhiyaituprodusen, perantaradankonsumen.

c) KegiatanKonsumsiKonsumsiadalahpemakaianbarangdanjasabaiksekaligusmaupunsecaraberangsur-angsurolehsetiapanggotamasyarakat yang menginginkankehidupan yang layak.Kehidupan yang layakantaralain di tentukanolehterpenuhinyabarangdanjasadalamjumlahdanmutu yang memadai.

C. TujuandanFungsiLembagaEkonomi

Secaraumum, tujuanlembagaekonomiadalahterpenuhinyakebutuhanpokokuntukkelangsunganhidupmasyarakat.Fungsilembagaekonomisebagaiberikut :

1. Memberipedomanuntukmendapatkanbahanpangan2. Memberipedomanuntukmelakukan barter3. Memberipedomanuntukmenggunakantenagakerja4. Memberipedomantentanghargajualbeli5. Memberipedomantentangcarapengupahan6. Memberipedomantentangcara PHK7. Memberiidentitasdaribagimasyarakat

Page 2: 225743162-lembaga-ekonomi

PUTRI MEIPA LIYANA KELAS VII-5 SMP NEGERI 9 PALEMBANG

D. StrukturLembagaEkonomi

Lembagaekonomidapatdiklarifikasikansebagaiberikut :

a) SektorAgrarisSektoragrarispadadasarnyadapatdigolongkanmelalui :tahap-tahapdari yang sederhana, transisi, dan modern. Sejalandenganperkembanganilmupengetahuandanteknologimasyarakat.

b) SektorIndustriSektorindustri di tandaidengankegiatanprofuksibarang.Sektorinimembutuhkanlembagaekonomi yang semakinkompleksbagaikanrangkaianbagian-bagian yang salingberhubungandansalingbergantungdalamsatu system.

c) SektorPerdaganganSektorperdaganganmerupakanaktifitaspenyaluranbarangdariprodusenkekonsumen.Sektorinimengembangkantatanan social untukmenjalinhubunganantarapembelidanpenjual.Disektorini, diaturcaramemperolehkeuntungan, carapembelianbaikkontanmaupunkredit, danmemupuksemangatkewiraswastaan.

E. SistemEkonomi

Ada tigatipe system ekonomidalammasyarakat, yaitu :

a. SistemEkonomiCampuran

Hartamilikpreibadidanakumulasikeuntungan yang seringdianggapsebagai cirri system ekonomikapasitas, digabungkandenganjumlahcampurtanganpemerintah yang biasanyamenjadi cirri system ekonomisosialis.

b. SistemEkonomiKomunis

Dalamhalinitidakadakepemilikanpribadi, karenasemuadimilikidandikelolaoleh Negara melaluibadanpusatperencanaan.

c. SistemEkonomiFasis

Kepemilikanperusahaansecarapribadidiperbolehkantetapidengankebebasan yang terbatasdanpengaturanpemerintah yang terperinci

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Lembagaekonomimerupakanlembaga yang menanganimasalahkesejahteraanmasyarakatmelaluikegiatanproduksi, distribusidankonsumsibarangdanjasa yang diperlukanbagikelangsunganhidupbermasyarakat

Page 3: 225743162-lembaga-ekonomi

PUTRI MEIPA LIYANA KELAS VII-5 SMP NEGERI 9 PALEMBANG

Ada beberapatipesistemekonomi di duniayaitu:

a. Tipeekonomicampuranyaitugabunganantarasistemkapitalisdansosialisb. TipeekonomiKomunisyaitudipimpinolehpartaitunggalc. Sistemekonomimasyarakatfasisyaitumasyarakat yang dipimpinolehsuatupartaidiktaktor yang

diorganisirolehseorangpimpinan yang kharismatikd. Sistemekonomi Indonesia bertumpupadapasal 33 UUD 1945

FungsiLembagaEkonomi

Dalamhalinimengacupadafungsipasaryaitu:

2) mengaturkehidupansosialdanekonomi3) tempatpertukaranbebas4) mengubahstruktursosialbudaya

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

LEMBAGA EKONOMI

Seperangkatnormaatauaturan yang dimaksudkanuntukmemenuhikebutuhanekonomimasyarakat.

FungsiManifesEkonomi :

1. Bagaimanaproduksiataupembuatansuatubarangdanjasadalammasyarakat.2. Yang menyangkutdistribusiataupenyaluranbarangdanjasa.3. Yang menyangkutkonsumsiataupemakaianbarangdanjasadalammasyarakat.

FungsiLatenPranataEkonomi :

- Terjadinyakerusakanlingkunganhidup- Terjadinyapencemaranudara, air dantanah- Habisnyalahanproduktifkarenauntuklahanindustri- Terjadinyapolapemukimanmenggerombol di sekitarlokasikegiatanindustri yang

semulapolamenyebar- Terjadinyaperubahangayahidupmasyarakat yang berorientasibarat- Mengubahpolapenggunaanwaktuanggotamasyarakat( petanipenggunaanwaktutidakseketatm

asy. Industri