2018 pamit - audit board of indonesiarung, pt.semen padang, berkomit-men, menjaga pembangunan di...

2
SUB BAGIAN HUMAS TU KALAN BPI( SUMBAR Koran Hal Haluan Padang Ekspres Sineeala ne AtLA} Pos Metro PADANG . SINGGALANG Hart Pers Nasional (HPN) 2018 + yang dipusatkan dt Padang 9 Februari kemari n, setidaknya membawa 45'berkah' bagi Ranah Minang. Gubernur lrwan Prayitno dan jaiaran PWI Sumbar menya- takan.hal itu Perlu disYukuri. Berkah tersebut, di antaranYa revitalisasi 1.000 rumah gadang di Solok Selatan dan daerah lain, re' vitalisasi Nagari Pariangan seba- gai desa terlndah di dunia' Kemu- dian percepatan Pembangunan ja- lan tol Padang - Pekanbaru' Per- putaran ekonomi masYarakat dengan datangnYa sekitar 8.000- iiar dan prospek perdagangan Rp2.5 miliar. Kemudian sanitasi dan air bersih Masjid Burhanuddin UIa- kan dan Tanah Datar serta bebe- rapa masjid di Bukittinggi dan Agam.Ada pula bantuan hibah ge- dung Baznas di Tanah Datir, . baniuan pembangunan pagar Masjid Raya Sumbar. Percepatan pembangunan Jalqrr Sungai Pisang - Kawasan Mandehjugajadi berkah dari HpN 2018. Percepatan Rohana Kudus jadi Pahlawan Nasional. Kemu- dian bantuan BTS pada area blank spot di daerah 3T sebanyak 15 titik di Pasbar, Solsel dan Men- tawai. Peletakan batu pertama pem- an tamu datang selama HPN di- helat. Promosi Yang sangat Penting adalah promosi wisata oleh ribuan warta- wan dari seluruh lndonesia- Para wartawan itu. di gruP P\M sebe- lum berangkat ke:daerah masing- masing, mohon Pamit' "Mohon pamit rekan-rekan wartawan, kami Pulang Ya, bawa oleh-oleh, Ranah Minang memang hebat, kita akan tulis keindahan daerah Anda," kata mereka silih berganti. Seiain itu, Para PemimPin re- daksi se-sumatera diWisr4a Inda- rung, PT.Semen Padang, berkomit- men, menjaga Pembangunan di Pulau Sumatera, termasuk men- jaga pasar Semen Padang. Para Pemred, Redpel dan wartawan senior pulau Andalas itu meniiai pembangunan jalan tol harus segera selesai sehingga arus orang dan barang di Pulau ini lancar, ongkos angkut jadi murah. Manfaat HPN lainnYa Data yang dicatat Juru Bicara Pernprov Sumbar, Jasman, mgnye: but, kedatangan Presiden Jokowi ke Sumbar membawa sejumlah proye! dan MoU dengan sejumlah negara sahabat untuk kerja sama di berbagai bidang. Kemudian komitmen Pemba- ngunan Museum Adinegoro'di. Sawahlunto. Sertifikasi seluruh masjid dan mushalla se-sumbar Paling lama dua tahun. Transaksi langsung di Minangkabau Summlt RP4.5 mi- Bersambung ke hlm A-11

Upload: others

Post on 12-Feb-2020

7 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

SUB BAGIAN HUMAS TU KALAN

BPI( SUMBAR

Koran Hal

Haluan

Padang Ekspres

Sineeala ne AtLA}Pos Metro

PADANG . SINGGALANG

Hart Pers Nasional (HPN) 2018 +

yang dipusatkan dt Padang 9

Februari kemari n, setidaknyamembawa 45'berkah' bagi Ranah

Minang. Gubernur lrwan Prayitno

dan jaiaran PWI Sumbar menya-takan.hal itu Perlu disYukuri.

Berkah tersebut, di antaranYarevitalisasi 1.000 rumah gadang diSolok Selatan dan daerah lain, re'vitalisasi Nagari Pariangan seba-gai desa terlndah di dunia' Kemu-dian percepatan Pembangunan ja-

lan tol Padang - Pekanbaru' Per-putaran ekonomi masYarakatdengan datangnYa sekitar 8.000-

iiar dan prospek perdaganganRp2.5 miliar.

Kemudian sanitasi dan airbersih Masjid Burhanuddin UIa-kan dan Tanah Datar serta bebe-rapa masjid di Bukittinggi danAgam.Ada pula bantuan hibah ge-dung Baznas di Tanah Datir,

. baniuan pembangunan pagarMasjid Raya Sumbar.

Percepatan pembangunanJalqrr Sungai Pisang - KawasanMandehjugajadi berkah dari HpN2018. Percepatan Rohana Kudusjadi Pahlawan Nasional. Kemu-dian bantuan BTS pada area blankspot di daerah 3T sebanyak 15titik di Pasbar, Solsel dan Men-tawai.

Peletakan batu pertama pem-

an tamu datang selama HPN di-helat.

PromosiYang sangat Penting adalah

promosi wisata oleh ribuan warta-wan dari seluruh lndonesia- Parawartawan itu. di gruP P\M sebe-

lum berangkat ke:daerah masing-masing, mohon Pamit'

"Mohon pamit rekan-rekanwartawan, kami Pulang Ya, bawaoleh-oleh, Ranah Minang memanghebat, kita akan tulis keindahandaerah Anda," kata mereka silihberganti.

Seiain itu, Para PemimPin re-daksi se-sumatera diWisr4a Inda-rung, PT.Semen Padang, berkomit-men, menjaga Pembangunan diPulau Sumatera, termasuk men-jaga pasar Semen Padang. Para

Pemred, Redpel dan wartawansenior pulau Andalas itu meniiaipembangunan jalan tol harussegera selesai sehingga arus orangdan barang di Pulau ini lancar,ongkos angkut jadi murah.

Manfaat HPN lainnYaData yang dicatat Juru Bicara

Pernprov Sumbar, Jasman, mgnye:but, kedatangan Presiden Jokowike Sumbar membawa sejumlahproye! dan MoU dengan sejumlahnegara sahabat untuk kerja samadi berbagai bidang.

Kemudian komitmen Pemba-ngunan Museum Adinegoro'di.Sawahlunto.

Sertifikasi seluruh masjid danmushalla se-sumbar Paling lamadua tahun. Transaksi langsung diMinangkabau Summlt RP4.5 mi-

Bersambung ke hlm A-11

SUB BAGIAN HUMAS TU KALAN

BPI( SUMBAR

l(ora n Hal

Ha lua n

Padang Ekspres

Sinpsa la ns

Pos Metro

Ada 45 ...bangunan termi4al,tipe A Anak A'iaKota Padang, Selanjiitnya peresmianPolitehnik Pelayaran di Tiram, pemba-ngunan cold storage di Mentawai, pem-bangunan pengaman pantai di Menta-wai.

Berikut pembangunan SentraKelautan Perikanan Terpadu di Sika-kap, bantuan alat tangkap nelayan diSikakap, pembangunan bandara diSiberut dan pengembangan kawasanwisata Siberut.

Berikutnya lagi, percepatan pemba-ngunan pariwisata kawasan Mandehdan Mentawai. Tindak.lanjut perte-muan bisnis untuk investasi di Sumbar.

Ada pula cetak sawihdan irigasi diDharmasrayd dan di b€bdrapa daerahlain di Sumbar. Peletakan batu pertamapembangunan embung untuk Pari-wisata dan irigasi di Dharmasraya.Bantuan langJung kcPada rnasjid-masjid dan pesantien-Pesantren.

Pembangunan Pasa AtEh Bukit-tinggi. Percepatan pembangunan Bio-mass di Siberut. Percepatan rasio elek.trifikasi di Mentawai dengan pemba-ngunan PLIS Terpusat.

Penambahan jaringan distribusioleh PLN. Pembangunan kawasankonservasi penyu di Sumbar. Perce'patan pembangunan akses jalan TelukTapang, Pasbar.

Berikutnya ada' bantuan kaPalpengawas kawasan konservasi laut diSumbat lantuantambahan bis massaluntuk Padang. Selanjutnya dukunganberbagai program kepariwisataan diSumb-ar, dukungan Kementerian Pari:wisata terhadap pengembangan pari-wisdta Sumatera Barat yang ditandaidengan peluncuran Calender of EventSurnbar 2018 dan peluncuran logo dantagline'Taste of Padani' sebagai

branding pariwisata Sumatera Barat.Dukungan Kementerian Pariwisata

untuk percepatan pengembanganpariwisata bahari terpadu Mandeh(KEK/Badan Otorita) dan percepatanKEK Mentawai, PEL untuk kabuPatendi Sumbar, seterusnya bantuan untuk200 BUMNag se-Sumbar.

Bantuan pembangunan pembuatanjamban di Pasaman dan PasamanBarat. Frogram membangun rumahuntuk Suku Anak Dalam di Dharmas-raya. Pelebaran jalan nasional di be-berapa daerah.

Penyelesaian pembangunan yangmangkrak di UNP seperti: laboratoriunmicro teaching, pusat infornasi dan e-Iibrary, laboratorium manajemenperhotelan, kantor dekan fakultas ilmupendidikan, pembangunan labora-torium MIPA total.

Kemudian penandatanganan LOIantara investor lokal dengan investordari Singapura dan Malaysia terkaitinvestAsi di.sektor e4eqgi pgpu danterbarukan dan food ahd baaara,gedengan total investasi lebih kurangRp20 triliun.

Adanya rencana investasi darinegara Sycheeles melalui Dubes-nya disektor pariwisata khususnya untukinvestasi di kawasan wisata bahariterpadu Mandeh (resort dan hotel).

Di sarnping program tersebut,rakyat Sumbar juga mendapatkanpenyerahan ribuan kartu'KIP, paketPKH 3.000 di Dharmasraya, 1.500 diKabupaten Solok dengan bantuanRp1,8 juta pertahun serta berbagaipaket rastra 10 kglbulan serta paket-paket Padat Karya.

Dari lebih 100 agenda kegiatan HPN2018 di Sumbar, hanya 20 persen yangmenyangkut pers, selebihnya fokus kekepariwisataan dan kegiatan-kegiatanyang melibatkan masyarakat. (104)