2016, rancang - bpk perwakilan provinsi...

9
Sub Bagian Humas dan Tata Usaha BPK Rl Perwakilan Provinsi Bali Edisi : Hal : Pobu 2-; Mauat L-ois- 6 2016, Gianyar Rancang i 857 Kegiatan Pembangunan Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata pembukaan Musrenbangda Tahun 20i5 Gianyar, Selasa (2413). . NUSABALIAr'r'ILASA memukul gong menandai di Ruang Sidang I Pemkab GIANYAR, NusaBali Pemkab Gianyar meran cang 867 kegiatan pembangunan untuk 2016 dengannilai usulanRp 561,949 miliar. Angka ini terungkap dalam Musy- awarah Perencanaan Pembangunan Daerah [Musrenbangda] Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2015 di Gianyar,Selasa (24/3J. Kegiatan tersebut dibagi men- jadi 4 bidang yakni 200 kegiatan di bidang aparatur dan pemerintahan dengan plafon dana Rp 63,935 mil- iar. Bidang ekonomi 200 kegratan dengan Rp 70,396 miliar. Bidang Infrastrukrur 133 kegratan dengan Rp 245,945 miliar. Sedangkan bidang kesejahteraan masyarakat 78L,674 miliar akan direncanakan untuk 324 kegiatan. Kepala Bappeda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya mengatakan Musrenbang RKPD merupakan penyelarasan perencanaan pem- bangunan' yang dilaksanakan masyarakat, dan pembangunan yang direncanakan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPDJ. "Pola perencanaan ini bersifat parti- sipatif guna memadukan proses perencanaan masyarakat dengan Pemkab," terang Wisnu Wijaya. Dia mengakui, dalam forum ini tidak semua rencana kegiatana bisa didanai karena tergantung besaran dan pagu dalam APBD. Namun tidak menutup kemung- kinan kegiatan yang tidak didanai APBD bisa didanai melalui APBD Provinsi dan APBN. Forum RKPD ini diharapkan bisa menghasilkan keputusan yang akan dipakai acu- an dalam menyususun kebijakan umum anggafan dan prioritas plafon anggaran sementara 2016. Forum ini dibuka Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata dihadiri Wakil Bupati Gianyar Made Mahayastra, jajaran DPRD Gianyar, Sekkab lda Bagus Gaga Adi Saputra, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Gianyar, Pengadilan Negeri Gianyar, pejabat SKPD, Camat, Perbekel/Lurah, para perwakilan masyarakat, tokoh masyarakat serta keterwakilan perempuan. Bupati Agung Bharata men- gatakan sistem perencanaan pem- bangunan yang dilaksanakan Kabupaten Gianyar mengacu pada Rencana Pembangunan langka Menengah Nasional IRPJMN]. Pihaknya mengharapkan, SKPD dalam menyusun Renja frencana kerjaJ mensinergikan rencana masyarakat sehingga kebutuhan masyarakat dan ruang partisipasi warga tetap terjaga. "Prinsipnya, dari, oleh dan untuk masvarakat bisa dilaksanakan optimal se- hingga prioritas pembangunan RKPD 2016 bisa segera terwujud," terang Agung Bharata. 6 Isa

Upload: phamkhue

Post on 25-Mar-2019

218 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Sub Bagian Humas dan Tata Usaha BPK Rl Perwakilan Provinsi Bali

Edisi :

Hal :

Pobu 2-; Mauat L-ois-

6

2016, Gianyar Rancang i857 Kegiatan Pembangunan

Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharatapembukaan Musrenbangda Tahun 20i5Gianyar, Selasa (2413).

. NUSABALIAr'r'ILASA

memukul gong menandaidi Ruang Sidang I Pemkab

GIANYAR, NusaBaliPemkab Gianyar meran cang 867

kegiatan pembangunan untuk 2016dengannilai usulanRp 561,949 miliar.Angka ini terungkap dalam Musy-awarah Perencanaan PembangunanDaerah [Musrenbangda] RencanaKerja Pemerintah Daerah (RKPD)Tahun 2015 di Gianyar,Selasa (24/3J.

Kegiatan tersebut dibagi men-jadi 4 bidang yakni 200 kegiatan dibidang aparatur dan pemerintahandengan plafon dana Rp 63,935 mil-iar. Bidang ekonomi 200 kegratandengan Rp 70,396 miliar. BidangInfrastrukrur 133 kegratan denganRp 245,945 miliar. Sedangkanbidang kesejahteraan masyarakat78L,674 miliar akan direncanakanuntuk 324 kegiatan.

Kepala Bappeda Gianyar I MadeGede Wisnu Wijaya mengatakanMusrenbang RKPD merupakanpenyelarasan perencanaan pem-bangunan' yang dilaksanakanmasyarakat, dan pembangunanyang direncanakan Satuan KerjaPerangkat Daerah (SKPDJ. "Polaperencanaan ini bersifat parti-sipatif guna memadukan prosesperencanaan masyarakat denganPemkab," terang Wisnu Wijaya.

Dia mengakui, dalam forum initidak semua rencana kegiatanabisa didanai karena tergantungbesaran dan pagu dalam APBD.Namun tidak menutup kemung-

kinan kegiatan yang tidak didanaiAPBD bisa didanai melalui APBDProvinsi dan APBN. Forum RKPDini diharapkan bisa menghasilkankeputusan yang akan dipakai acu-an dalam menyususun kebijakanumum anggafan dan prioritasplafon anggaran sementara 2016.

Forum ini dibuka BupatiGianyar AA Gde Agung Bharatadihadiri Wakil Bupati GianyarMade Mahayastra, jajaran DPRDGianyar, Sekkab lda Bagus GagaAdi Saputra, Forum KoordinasiPimpinan Daerah KabupatenGianyar, Pengadilan NegeriGianyar, pejabat SKPD, Camat,Perbekel/Lurah, para perwakilanmasyarakat, tokoh masyarakatserta keterwakilan perempuan.

Bupati Agung Bharata men-gatakan sistem perencanaan pem-bangunan yang dilaksanakanKabupaten Gianyar mengacu padaRencana Pembangunan langkaMenengah Nasional IRPJMN].Pihaknya mengharapkan, SKPDdalam menyusun Renja frencanakerjaJ mensinergikan rencanamasyarakat sehingga kebutuhanmasyarakat dan ruang partisipasiwarga tetap terjaga. "Prinsipnya,dari, oleh dan untuk masvarakatbisa dilaksanakan optimal se-hingga prioritas pembangunanRKPD 2016 bisa segera terwujud,"terang Agung Bharata. 6 Isa

Sub Bagian Humas dan Tata Usaha BPK Rl Perwakilan Provinsi Bali

Edisi :

Hal :

Rabu , zs Mareb 2otg-

Dugaan Korupsi Dana BOS SMPN 1 Nusa penida

Tak Membentuk Manaiemen BOS

DENPASAR, NusaBaliDugaan korupsi dana BOS

(Bantuan Operasional Sekolah)di SMPN L Nusa Penida kem-bali dilanjutkan di PengadilanTipkor Denpasar pada, Selasa(24/3). Agenda sidang kali inimendengarkan keterangan ke-dua terdakwa, yaitu KepalaSMPN 1 Nusa Penida, I WayanSutama dan Bendahara BOS2072,lda Bagus Ketut Darma.

Di hadapan majelis hakimpimpinan Early Setyorini, terd-akwa Sutama mengaku tidakpernah membentuk manaie-men BOS untuk mengelola danabantuan untuk sekolahnya ini.Dengan tidak adanya mana-jemen BOS, otomatis RKAS(Rencana Kegiatan AnggaranSekolah) juga disusun olehbendahara dan kepala sekolah."Seharusnya sesuai petunjukteknis harus ada manajemenBOS yang berisi Kepala Se-kolah, bendahara, guru dankomite sekolah," terangnya.

Sutama beralasan rn"n"jemen BOS memang tidak me-libatkan guru dan komite se-kolah, karena pengalaman sebe-lumnya yang bekerja dan mena-ngani dana BOS ini hanya kepahsekolah dan bendahara saja. "Ditahun sebelumnya saya me-libatkan guru dan komite se-kolah. Tapi tidak ada yangbekerja. Karena semuadilakukan kepala sekolah danbendahara," ujarnya saat dice-car majelis hakim soal manaj-emen BOS yang tidak pernahdibenurk sesuai ahrran yang ada.

Kepala SMPN 1 Nusa Penidayang sudah menjabat sejak

hal'q

Sub Bagian Humas dan Tata Usaha BPK Rl Perwakilan Provinsi Bali

Saurbwgau

2009 ini juga mengaku sempatmenggunakan dana AOS di tuarrencana kegiatan. Salah sahrnvadigunakan untuk membelibangku sekolah pada tahun2012 dan2013."Di tahun 2012saya gunakan untuk membeli43 bangku seharga Rp 43 jutadan tahun 2013 saya gunakanuntuk membeli barigkil seban-

yak 25 dengan harga Rp 25juta," bebernya.

Penggunaan dana B0S di luarketentuan ini sendiri dilakukankarena kebutuhan sekolahnyadan bukan digunakan untukkepentingannya sendiri. Halyang sama juga dikatakanBendahara BOS 2012, IB KetutDarma. Ia mengatakan diErnjuk

seb_agai bendahara BOS pada April2011 mehlui SK Kepati Sekoiah,

. Pada 2011, ia hanya menja-lankan rencana kegiitan yahgsudah disusun oleh bendahariseb_e_lumnya. Sementara pada201,2, Darma mensaku'ikutterlibat mulai memSuat renc-ana kegiatan hingga membuattaporan pertanggung jawaban.

"l.aporan pertanggung j awabanterakhir saya buat setelah sayadijadikan tersangka," paparpria bertubuh kurus ini. Setehhmelakukan perheriksaan terha-dap kedua terdakwa, sidangakan kembali dilanjutkan pekanmendatang dengan agendatuntutan dari faksa PentuntutUmum (fPU). fr rez

hal-z

Edisi

Hal

. Rah/, es traa'et 2ols

5

Sub Bagian Humas dan Tata Usaha BPK Rl Perwakilan Provinsi Bali

Edisi

Hal

: Rolnu, aS Mowt iols

.E

Eks Kadisbud Bali Menunggu Dieksekusi /PN Denpasar Kirim Salinan Putusan ke Keiati

DENPASAR, NusaBaliPengadilan Negeri IPNJ Den-

pasar akhirnya menyerahkanpetikan putlrsan kasus koruPsipengadaan sound system danlighting di Taman Budaya ArtCentre Denpasar yang menj-ahrhkan hukuman kepada mant-an Kepala Dinas KebudaYaanfKadisbud) Bali, I Ketrrt Suas-tika selama 14 bulan Penjaradan mantan KePala UPT ArtCentre, I Ketut Mantara Gandhi13 bulan peniara.

Hal ini ditegaskan obh Hu-mas PN DenPasar, HasoloanSianturi yang ditemui di rua-ngannya pada, Selasa Qa/3)'lam-dfr gatakan P ihaknYa s udallmeniirimkan salinan Petikanpunrian kepada Kejaksaan Tin-Lsi tKeiati) Bali. "Sudah kamiiErairtin ddi pagi fSelasa, red)ke Kejati Bali," jelasnYa.

Setelah penyerahan ini, Ke-jati Bali yang akan melakukaneksekusi terhadap kedua ter-pidana. "Per hari ini putusanberarti sudah incraht Karenakedua pihak, yaitu terdakwadan JPU sama-sama menerimaputusan. Sekarang Kejati yangakan mengeksekusi," pungkasHasoloan.

Meski PN Denpasar sudahmenyatakan mengirimkan sa-linan putusan, namun KejatiBali mengaku belum mene-rima salinan putusan sehinggabelum bisa melakukan ek-sekusi. "Hingga petang inikami belum menerima salinanputusan. Sehingga belum bisadilakukan eksekusi," uiar Ka-sipenkum Kejati Bali, AshariKurniawan yang dihubungivia telpon.

Seperti diketahui sebelumn-

ya, Suastika divonis bersalahsesuai pasal pasal 3 jo pasal 18ayat (1) huruf (b) UU No 31tahun 1999 tentang Tipikoryang diubah dan ditambahmenjadi UU No 20 tahun 2001jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.Atas perbuatannya, Suastikadivonis pidana penjara 14bulan dan diwajibkan mem-bayar denda Rp 100 jutasubsider 2 bulan penjara.' Sementara mantaR Kepala

UPT Art Cenke, Mantara Gandijuga divonis bersalah sesuaipasal 3 jo pasal 18 ayat (1)huruf [b) UU No 3]. tahun 1999tentang Tipikor yang diubahdan ditambah menjadi UU No20 tahun 2001. jo pasal 55 ayat1 l(e-1 KUHP. Atas perbuatannyaia dijatuhkan pidana penjara t3bulan dan denda Rp 50 jutasubsider 1 bulan penjara. ft rez

Sub Bagian Humas dan Tata Usaha BPK Rl Perwakilan Provinsi Bali

Edisi

Hal

: fu{ou. JS Noret :ol5

s

Kejari BidikDuaSKPD di vPemkot Denpasar dan Badung

DENPASA& NusaBali l

Kejaksaan Negeri (Kejari)Denpasar diam-diam membidikdua kasus korupsibesar di Pem-kot Denpasar dan Pemkab Ba-dung. Bahkan, sudah ada bebe-rapa saksi yang diperiksa terkaitdugaan korupsi tersebut Hal iniditegaskan Kejari DenPasa4Imanuel Zebua yang ditemuipada, Sehsa (24/3)'

Ia mengatakan saat ini beber-apa penyidik Kejari DenPasars6dang mendahmi indikasi ko-rupsi yang dilakukan dua SKPD(siuran Kd4a Perangkat Daerah)di Pemkot Denpasar dan sahrSKPD di Pemkab Badung "AQ duaSKPD di Pemkot DenPasar dansatrr di Pemkab BadungYangter-indikasi korupsi," bebernYatanpa mau menYebut SKPD Yangdimaksud

Mantan Kajari PaPua inimengatakan saat ini Proses Pe-nyelidikan masih bhaP Pengum-puhn data (Puldaa). Namun iamengaku sudah melakukan int-erview terhadap tiga orang diSKPD bersangkutan. Rencananla.,pihaknya juga akan segera me-inanggil saksi lainnya untukdiperiksa di Kejari DenPasar.-"Kami

rencanakan Pemerik-saan 'terhadaP saksi .lainnYabeberapa hari lagi," uiarnYa'Dijelaskannya, pihaknYa tidakberani membuka SKPD Yangdimaksud karena takut instansibersangkutan akan menghihng-kan barang bukti terkait koruPsiini. Apahgi, Zebua menYebutkanada indikasi instansi bersang-kutan tidak kooPeratif selamamenjalani penYelidikan

"Dari pemeriksaan yang sudah

dihkukan, instansi ;.tdtfilmemang tidak kooperatif karenaalasan Hari Raya NyePi. Ma-kanya kami hati-hati dalampenanganan kasus ini," jehsnYa.Penyelidikdn kasus inipunmemberi harapan baru bagi Kej-ari Denpasar yang belum pernahmenyelesaikan penyelidikankasus korupsi hingga tuntas,khususnya yang menYangkutPemkot Denpasar dan PemkabBadung. TerakhiS, Kejari Denpasarsempat mehkukan penyelidikanterkait dugaan korupsi di DinasKebersihan dan Pertamanan(DKP) Kota Denpasar. Namunkasus ini akhirnya dihentikandengan ahsan tidak ada barangbukti.

Menanggapi pernyataan ini,Zebua memastikan tidak akanada yang lolos jika memanginstansi bersangkutan terindikasimelakukan tindak pidana ko-rupsi. "Saya pastikan tidak akanIolos kahu memang ada korupsi,"tegas pria asal Pu.lau Nias, Su-matera Utara ini. ft rez

._."de!*qM.

lmanuel Zebua

Sub Bagian Humas dan Tata Usaha BPK Rl Perwakilan Provinsi Bali

Edisi

Hal

i LaLu,L; fvla,ra-t tPlt

PAD di Pengambengan DidugaBoco?NEGARA, NusaBali

Ketua DPRD jem-brana Ketut Sugia-sa bersama Wakil,Kade Darma Susilamelakukan inspeksimendadak (didak) kePelabuhan Perikan-an Nusantara [PPN]yang berlokasi diDesa Pengambengan,Kecamatan Negara,Selasa (24l3). Mer-eka menduga terjadikebocoran pendapa-tan asli daerah (PADJdi Tempat Pelelan-

t NUSAEALUIE DIWANGKARA

KETUA DPRD Jembrana, I Ketut Sugiasa dan Wakil KetuaDPRD Jembrana, I Kade Darma Susila, saat melakuKanpeftemuan dengan pihak PPN Pengambengan, Selasa (2413).

luarTPI,2 persenhasil harga ses-uai timbanganbelasan ton yangsemestinya ma-sukke kas daerahmenjadi hilang."ltu kalau sehari.Bayangkan kalausebulan, dan se-tahun. Sekarangtidak ada koordi-nasi, hasilnya sep-erli ini, sama sajabohong. Padahalini satu kesatuan.Nanti kalau tetapsaja alasan Pusa!

gan Ikan (TPIJ PPNPengambengam. Terjadinya kebocoran tidakterlepas dari sikap acuh pegawai PPN dengan TPL

Dalam sidak tersebut, ditemukan aktivitaskapal selerek yang melakukan bongkaran ataupenimbangan di belakang pabrik tanpa melaluidermaga PPN. Hanya ada beberapa kapal sajayang masuk melakukan penimbangan di TPIyang menjadi satu kesatuan dengan PPN tersebuLPihak TPI menjelaskan, areal TPI kurang luas atausudah overload. Selain itu, penampungan kapaldidermaga PPN juga kurang memadai.

"lni sudah jelas dampak yang muncul, karenatidak adanya koordinasi. Sekarang tempat yangmenjadi sumber PAD kita tidak diperhitungkan.Tidakada hanya TPI, tempat cold storage dan beng-kel perahu yangada di kitatidak dihiraukan. Jangansemena-mena baru pegangizin pusat" kata Sugiasasaat bertemu dengan jajaran PPN Pengambengan.

Dikatakan, kebocoran yang terjadi akibat tidaksinkronnya PPN dengan TPI. Ketika per hari ada

kita di sini bisa kok menghentikannya, kalau me-mang kita lihat malah merugikan" tambah Sugiasa"

Melihat potensi kebocoran PAD, Sugiasa mintaPPN menjalin komunikasi dengan TPI maupundengan Dinas Kelautan Perikanan dan Kehuta-nan Jembrana. "Nanti tata ruangnya, dampaklingkungan juga harus ielas. Kita minta TPI bisadiperluas, dan semua kapal masuk ke dermaga,"tandas Sugiasa. Politisi PDIP itu iuga menyinggungmasalah lingkungan, karena dari pengurugan lautyang dilakukan tahun lalu berdampak pada abrasisemakin parah.

Pihaimya juga mendesak SKPD terkait di |em-brana segera mencarikan solusi sehingga tidakbergerak setelah kejadian. Sementara KepalaPPN Pengambengan, Suprapto, mengaku tidaktahu secara pasti dari awal hingga dilakukannyapengembangan. Pihalmya sepakat untuk selanjut-nya melakukan koordinasi lebih intensif. Begitujuga dengan sarana penunjangperluasan'IPIyangdisadari memangperlu lebih diperhatikan. & od

lima atau enam kapal dengan membawa ikanmasing-masing 2 ton melakukan timbangan di

Sub Bagian Humas dan Tata Usaha BPK Rl Perwakilan Provinsi Bali

Edisi

Hal

: Rabu, zs lt4anet 2ot9

8

Dampak Rupiah Melemah

Realisasi

Pembangunan Fisik

TerancamBanyak ProYek

fisik di Karangasem- tahu n 2014lalu mangkrak,

penyebabnya mulaidari gagal tender,gagal pengerjaan

hingga ditinggalkabur rekanan'

AMLAPUM, NusaBaliMelemahnYa ruPiah hingga

menventuh RP 13.075, dikhawat-irkan berimbis pada Pembangu-nan di Karangasem karename-nyebabkan proYek-ProYek fisikvins merupakan realisasi APBD201"5, t".rn.am molor. Sebab,harga-harga barang melambungtinggi. Terutama Pengadaan

material besi dan semen' APalagioada realisasi APBD 2014 lalu,buluhan proyek bernilai miliaraniupiah dit et-atruijuga mangkrak'

Kepala Bappeda KarangasemI Ketut Sedana Merta dihubungidi Amlapura, Selasa [24/3J men-gakui ada- kekhawatiran banyak ProYekdi tahun 2015 terhambat Pelak-sanaannya. mengingat kenaikanharga material mulai naik, karenamelemahnya rupiah. Kegagalantahun 2014, iadi acuan, agar tidakterulang kembali di tahun 2015.

"Memang harga-harga mu-lai naik seperti material besi.Tetapi harga semen masih stabil,mudah-mudahan tidak berPen-garuh terhadap pelaksanaanoembaneunan fisik di tahun)ors, at"i melemahnya rupiah,"harap Sedana Merta.

Disinggung besaran inflasi diKarangasem Sedana Merta tidakmemiliki data. AlasannYa, inflasi

di Karangasem tidak terhitung."lnflasi Karangasem mengikutiinflasi Balii'katanya.

Bappeda Karangasem sendirimemiliki 27 6 kegiatan berbiayaRp 3,91 miliar. Berbeda denganDinas PU Karangasem memi-liki 201 kegiatan berbiaya RP62,004 miliar; Dinas Budaya danPariwisata memiliki 86 kegiatanbiayanya Rp 1,4 miliar.

Sementara itu, KePala DinasPekerjaan Umum (PUJ I NYo-man Sutirtayasa, mengaku tetaPoptimis, realisasi proyek fisikberlangsung sesuai rencana.

Sutirtayasa optimis, seluruhagenda pembangunan fisik bisaterlaksana, dengan lancal walaupuluhan proyek fisik tahun 2014,terbengkalai ditinggal rekanan."Ya. mudah-mudahan kasus ta-hun 2014, tidak terulang kembali.Beberapa tender di tahun 2015telah tuntas, tinggal menunggutandatangan kontrak" kata Sutir-

hal 1

Sub Bagian Humas dan Tata Usaha BPK Rl Perwakilan Provinsi Bali

Edisi :

Hal :

RahJ, qg $1a*LZov

g

$uUngan '

tayasa dihubungi terPisah.Dinas PU tercatat Paling ban-

yak menyedot anggaran untukpembangunan fisik. Di antaranyapeningkatan kualitas jalan diBanjar Waringin-Desa PemPatan(Kecamatan Rendang) Rp 3,65miliar, pembangunan jembatandan tiga ruas jalan KelurahanSubagan menuju BanjarAsak (Ke'camatan Karangasem) RP 965juta, normalisasi saluran irigasidi Kecamatan Karangasem RP485 iuta, rehab embung di jabaPura Pasar Agung, Desa Sebudi,kecamatan Selat Rp 99,25 juta,penyelamatan mata air di DesaSibeta[ Kecamatan Bebandem RP

91 juta, pengamanan pantai di Ke-

camatan Karangasem Rp 500 juta,normalisasi saluran Sungai Krekukdi Kecamatan Karangasem RP 150juta, perbaikan saluran irigasi di 7kecamatan senilai Rp 200 juta dansebagainya.

Wakil Ketua DPRD Karan-

gasem Ida BagusAdnyana meng-ingatkan, agar lebih profesionaldalam hal mengerjakan proyekfisik, dengan harapan agar be-ragam kasus di tahun 2014tidak terulang kembali. 1'Bukti-nya banyak proyek fisik di tahun2014 mangkra[ mulai dari gagaltender; gagal pengerjaan diting-gal rekanan, dan sebagainya.Kalau rekanan tidak mampu,tidak memiliki latar belakang ke-mampuan mengambil pekerjaantertentu, ya tendernya iangandimenangkan," pinta IB Adnyana.

Misalnya salah satu proyek diKecamatan Kubu, menyangkutpembangunan jalan menggunakanbeton. "felas-jelas rekanan tidakmemiliki dukungan pabrik beton,justru menang tender. Kenyataan-nya realisasinya hanya 30 persertrekanan kabun Jadinya masyara-kat yang rugi, dan perencanaanjuga rugi, salah salah nanti jaditemuan BPK," tambahnya.6 k16

Vvl.z

Sub Bagian Humas dan Tata Usaha BPK Rl Perwakilan Provinsi Bali

N

RS Indera Akan Iadi ,V

RS Mata Bali Mandara* Disiapkan Rp 150 M untuk RS

Rujukan Indonesia TimurDENPASAR. NusaBali

Gubernur Bali Made Man-gku Pastika menegaskanpemberian nama RumahSakit Khusus Mata Bali Man-dara tir.iak terkait denganurusan politik.

"Dulu memang yangmencetuskan nama Mandaraitu pertama saya, karena dulumemang waiib bagi calongubernur untuk membuatvisinya kemudian dijabarkandalam misi dan program.Tetapi kemudian telah men-jadi Rencana Pembangunan|angka Menengah Daerah dandiperdakan sehingga telahdisepakati oleh semua pihak,"kata Pastika usai menghadirisidang paripurna DPRD Balidengan agenda penetapanRaperda Organisasi Provin-si Bali, di Denpasa4 Selasa(24/3-).

Oleh karena itu, ucap dia,terkait dengan pemberiannama RS'Khusus Bali Man-dara yang sebelumnya ber-nama RS Indera, tidak ada un-sur politik-politikan karenasudah menjadi visi bersamamasyarakat Bali.

"jadi tidak boleh satuorang mengklaim dia punya.Saya pun tidak boleh, karenasudah meniadi milik semuayang ada di Bali," tegasnya.

Pastika mengatakan pe-

milihan nama RS KhususMata Bali Mandara tersebutjuga setelah melalui prosesperundingan dengan berba-gai pihak. "Mandara itu art-inya agung, besar. Kita ihginBali itu tidak kecil, supayapengaruhnya besat" ucapnya.

Di sisi lain, dia menam-bahkan, penggantian namaRS lndera menjadi RS KhususMata Bali Mandara karenamengacu pada UU tentangRumah Sakit karena harus sp-esifik disebutkan kekhususannama dari rumah sakit.

Pihaknya j uga mengingin-kan RS tersebut dapat men-jadi tipe A yang menjadi RS

rujukan bagi kawasan In-donesia Timur. Oleh karenaitu, RS tersebut juga diper-luas hingga ke gedung DinasPeternakan dan KesehatanHewan Provinsi Bali yangberada di sebelah timurnvadi Jalan Angsoka kawasinKreneng Denpasar.

"Targetnya RS itu selesaitahun depan dengan angga-ran perluasannya dialokasi-kan Rp 150 miliar;" ujar Pas-tika sembari menyebutkanselain disiapkan gedung, iugatengah dipersiapkan dokter;peralatan, sistemnya menjadiRS tipe A tersebut. 6r ant

Edisi

Hal

I Zabu, LS Morat 741tL