15taufik_decimal to biner 2014

4
Berbagi, semoga bermanfaat Pengubah Bilangan Desimal ke biner dengan Komponen SMS Codec Delphi Taufik Adi Sanjaya Website penulis : www.adisanjaya.com Aplikasi ini adalah aplikasi untuk mengubah bilangan decimal (basis 10) menjadi bilangan biner (basis2). Dimana bilangan decimal yang dibolehkan untuk diubah ke dalam format biner berada pada range 0-255. Selanjutnya bilangan tersebut akan diubah ke dalam bilangan biner 8 bit antara 00000000 – 11111111, komponen utama dalam pengubahan ini adalah SMS codec yang dibuat oleh tim dari www.averagecoder.com . Komponen ini menyediakan fasilitas untuk mengubah bilangan decimal ke biner dalam 1 buah baris source code, sangat sederhana namun powerfull, Untuk dapat membuat aplikasi Pengubah Bilangan Desimal ke biner dengan Komponen SMS Codec Delphi, silakan masukkan komponen dalam tabel di bawah ini ke dalam design form Lisensi Dokumen: Copyright © 2003-2007 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com.

Upload: mikro-holik

Post on 26-Dec-2015

23 views

Category:

Documents


10 download

TRANSCRIPT

Page 1: 15taufik_decimal to Biner 2014

Berbagi, semoga bermanfaat

Pengubah Bilangan Desimal ke biner dengan Komponen SMS Codec Delphi

Taufik Adi Sanjaya

Website penulis : www.adisanjaya.com

Aplikasi ini adalah aplikasi untuk mengubah bilangan decimal (basis 10) menjadi bilangan biner (basis2). Dimana bilangan decimal yang dibolehkan untuk diubah ke dalam format biner berada pada range 0-255. Selanjutnya bilangan tersebut akan diubah ke dalam bilangan biner 8 bit antara 00000000 – 11111111, komponen utama dalam pengubahan ini adalah SMS codec yang dibuat oleh tim dari www.averagecoder.com . Komponen ini menyediakan fasilitas untuk mengubah bilangan decimal ke biner dalam 1 buah baris source code, sangat sederhana namun powerfull,

Untuk dapat membuat aplikasi Pengubah Bilangan Desimal ke biner dengan Komponen SMS Codec Delphi, silakan masukkan komponen dalam tabel di bawah ini ke dalam design form

Lisensi Dokumen:

Copyright © 2003-2007 IlmuKomputer.Com

Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com.

Page 2: 15taufik_decimal to Biner 2014

Berbagi, semoga bermanfaat

Susun komponen menjadi sebagai berikut:

Gambar. Desain Aplikasi pengubah decimal ke biner

Selanjutnya ketikkan source code sebagai berikut pada komponen Button1 event Onclick :

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);

var decimal:integer;

begin

decimal:=strtoint(edit1.text);

if decimal >255 then showmessage('value must between 0-255')else

Page 3: 15taufik_decimal to Biner 2014

Berbagi, semoga bermanfaat

edit2.Text:=smscodec1.Binerkan(decimal);

if decimal <0 then showmessage('value must between 0-255')else

edit2.Text:=smscodec1.Binerkan(decimal);

end;

Page 4: 15taufik_decimal to Biner 2014

Berbagi, semoga bermanfaat

Penutup

Semoga bermanfaat dan Selamat Berkarya.

Biografi Penulis

Taufik Adi Sanjaya. Numpang lahir di Garut, Jawa Barat 1988. Dibesarkan di Kulon Progo (Sejak usia 2,5 tahun sampai 18 tahun ). Saat ini tinggal di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (sejak 2006). Konsentrasi Study yang diambil saat kuliah adalah Kendali Industri pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta.

Hobby di bidang pemrograman mikrokontroler, AVR, Arduino, dan Delphi 7.0.

Melayani jasa pembuatan alat-alat berbasis mikrokontroler baik untuk perusahaan maupun kalangan personal.

Website: www.adisanjaya.com

Blog Resmi Penulis blog.adisanjaya.com

Email : [email protected]