to ekonomi 2013 2014

Upload: hansen

Post on 17-Oct-2015

259 views

Category:

Documents


4 download

DESCRIPTION

a

TRANSCRIPT

PENDALAMAN MATERI PERSIAPAN UJIAN NASIONALTAHUN PELAJARAN 2013/2014

Mata Pelajaran: EkonomiKelas/Program: XII IPSHari, tanggal: Jam:

Petunjuk Umum:

1. Isikan identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban yang tersedia dengan menggunakan pensil 2B.2. Jumlah soal 40 butir, pada setiap butir terdapat 5 pilihan jawaban.3. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab.4. Laporkan kepada Pengawas apabila terdapat soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.5. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, HP, tabel matematika, atau alat bantu hitung lainya.6. Periksa kembali pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada Pengawas.

Pilihlah A, B, C, D, atau E sebagai jawaban yang paling tepat!

1.Berikut ini contoh pemenuhan berbagai kebutuhan yang dilakukan keluarga Pak Upin pada minggu yang lalu:(1) Karena udara sedang panas, Pak Upin menggunakan topi. (2)Dia membeli pesawat TV baru untuk mengganti TV yang lama karena rusak.(3)Pak Upin memesan satu karung beras untuk kebutuhan sebulan.(4)Ketika mampir di toko buku, belian membeli buku kumpulan doa. (5)Setelah berjalan agak lama, Pak Upin membeli es campur untuk menghilangkan rasa haus.

Berdasarkan pernyataan tersebut, yang termasuk pemenuhan kebutuhan sekarang adalah... .A. (1), (2), dan (3) B. (1), (2), dan (4)C. (1), (2), dan (5) D. (2), (3), dan (4) E. (2), (4), dan (5)

Jenis Kebutuhan:1. Berdasarkan Intensitas: a.Kebutuhan Primer, b.Kebutuhan Sekunder, c.Kebutuhan Tersier/Lux/Mewah 2. Berdasar sifat: a.Kebutuhan Jasmani/Jasad/Fisik b.Kebutuhan Rohani/batiniah 3. Berdasar waktu: a.Kebutuhan Sekarang b.Kebutuhan Masa Depan (yang akan datang) 4. Berdasar Subyek: a.Kebutuhan Perorangan/Individual b.Kebutuhan Kelompok/Masyarakat

2.Belakangan ini kebutuhan minyak bumi seperti minyak tanah terus meningkat, sedangkan sumber minyak yang dapat digali dan diolah sangat terbatas. Sementara itu, pemerintah memutuskan untuk melakukan konversi minyak tanah ke gas.

Berikut ini masalah dan dampak dari kelangkaan minyak tanah yang paling tepat adalah... .A. Minyak tanah menjadi barang yang langka, sehingga pemerintah berusaha untuk terus menaikkan harga minyak di pasar luar negeri.B. Kenaikkan harga minyak tanah yang menjadi barang langka sudah dijadikan sebagai kebijakan pemerintah untuk menambah pendapatan. C. Penggunaan minyak tanah harus dilakukan sehemat mungkin sebelum ditemukan kembali sumber minyak tanah di dalam negeri.D. Minyak tanah menjadi barang yang langka sehingga masyarakat lebih memilih menggunakan gas daripada setiap saat harus antre mendapatkan minyak tanah.E. Kelangkaan minyak tanah di satu daerah akan bisa ditutup dengan kelebihan pasokan misnyak tanah di daerah lain asal ada kerja sama.

Kelangkaan:Jumlah kebutuhan lebih banyak dibadingkan alat pemuas kebutuhan Penyebab Dampak Cara Mengatasi3.Sebulan yang lalu, Pak Suharto menerima uang Rp250.000.000,00 sebagai ganti rugi atas lahannya yang kena proyek pembangunan perusahaan milik swasta. Agar uang tersebut lebih bermanfaat, dia memiliki beberapa pertanyaan:(1) Apakah ingin membangun kios untuk berjualan atau membangun lapangan futsal?(2) Di wilayah mana usaha yang dimaksud akan didirikan?(3) Haruskan melakukan studi banding untuk mengetahui cara mengelola usaha yang akan dipilih?(4) Kapan usaha yang dimaksud akan dimulai?(5) Siapa calon konsumen atau pelanggan dari usaha yang akan dipilih?

Berdasarkan pernyataan di atas, masalah pokok ekonomi modern yang dihadapi Pak Suharto adalah... .A. (1), (2), dan (3)B. (1), (3), dan (5)C. (2), (3), dan (4)D. (2), (3), dan (5)E. (3), (4), dan (5)

Masalah Pokok Ekonomi:1. Zaman Dahulua. Produksi sendiri untuk konsumsi sendiri b.Jalur distribusi lebih pendek bahkan tidak adac. Bila tidak bisa memroduksi sendiri, barter 2. Zaman Sekarang (Modern)a.Barang dan jasa apa yang akan diproduksi, serta berapa banyaknya ? (What?)b.Bagaimana cara memproduksi barang/jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat/konsumen? (How?)c. Untuk siapa barang/jasa itu diproduksi ? (For Whom?)

4. Lima tahun yang lalu Rudi lulus dari sebuah SMA dan bekerja sebagai tenaga honorer di sebuah perusahaan dan sekarang mendapatkan gaji Rp2.100.000,00 sebulan. Dia ingin mengubah nasib dan memiliki usaha sendiri dengan modal yang dimiliki dari hasil tabungannya selama bekerja. Ada beberapa kemungkinan usaha yang dapat dilakukan:(1) Penyewaan WC Umum di pasar sekitar rumahnya dengan penghasilan Rp80.000,00 per hari;(2) Rental komputer dengan rata-rata pendapatan Rp75.000,00 sehari.

Jika Rudi memilih usaha penyewaan WC Umum, maka biaya peluang yang dikorbankan sebesar... A. Rp2.100.000,00 B. Rp2.250.000,00 C. Rp2.400.000,00 D. Rp4.350.000,00 E. Rp6.750.000,00

Biaya Peluang: Biaya/kesempatan terbaik yang dikorbankan. 1. Biaya Peluang bagi Konsumen, muncul pada saat harus menentukan pilihan dari beberapa pilihan (alternatif) barang/jasa yang akan digunakan dan paling menguntungkan untuk memenuhi kebutuhannya. 2. Biaya Peluang bagi Produsen, muncul pada saat ada keterbatasan dalam menghasilkan barang/jasa, sehingga harus menentukan pilihan yang paling tepat dan menguntungkan dalam proses produksi.

5. Di negara Astinapura, seluruh rakyat merasakan aman sentosa. Tidak ada jurang pemisah antara yang kaya dan yang miskin. Produksi, distribusi, dan konsumsi diatur oleh pemerintah. Semua faktor produksi dimiliki oleh negara.

Sistem ekonomi yang cocok diterapkan di negara Astinapura adalah ... .A. TerpusatB. TradisionalC. LiberalD. CampuranE. Demokrasi Ekonomi

Sistem Ekonomi:1.Ciri2.Kebaikan3.Kelemahan

6.Perilaku konsumen dapat dijelaskan dengan pendekatan kardinal dan ordinal sebagai berikut:(1)Nilai guna total meningkat seiring dengan peningkatan konsumsi.(2)Mengukur pendapat individu yang bersifat subyektif dalam menentukan nilai guna total dan nilai guna marginal.(3)Konsumen mempunyai pendapat tertentu yang berbeda-beda.(4)Membahas konsumsi barang-barang yang sederhana.(5)Kepuasaan maksimum dari barang-barang yang dikonsumsi selalu diusahakan konsumen.Berdasarkan pernyataan tersebut, yang menunjukkan pendekatan kardinal adalah... .A. (1), (2), dan (3)B. (1), (2), dan (4)C. (1), (3), dan (5)D. (2), (3), dan (4)E. (2), (4), dan (5)

Pendekatan Kardinal/Ordinal:Menurul pendekatan kardinal, Nilai Guna Total akan meningkat terus sampai titik tertentu seiring dengan peningkatan konsumsi, kemudian akan menurun. Sementara tambahan Nilai Guna Marginal akan menurun terus sampai batas tak terhingga seiring dengan peningkatan konsumsi sampai berhenti melakukan konsumsi.Pendekatan Kardinal:1.Mengukur pendapat individu yang bersifat subyektif dalam menentukan nilai guna total dan nilai guna marginal.2.Membahas konsumsi barang-barang yang sederhana.3.Nilai guna total meningkat seiring dengan peningkatan konsumsi. Namun tambahan nilai guna marginal semakin menurun.

Ciri Pendekatan Ordinal:1.Konsumen mempunyai pendapat tertentu yang berbeda-beda.2.Kepuasaan maksimum dari barang-barang yang dikonsumsi selalu diusahakan konsumen.3.Pola preferensi konsumen akan barang-barang konsumsi dinyatakan dalam peta indeferensi.4.Kurva indeferensi yang semakin jauh dari titik nol menunjukkan tingkat kepuasan yang semakin tinggi.

7.Kegiatan pelaku ekonomi:0. Membeli barang dan jasa untuk kebutuhan sehari-hari0. Menerima gaji bulanan setiap tanggal 10. Menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan permintaan pasar0. Membayar sewa tempat yang digunakan untuk usaha produksi0. Membeli dan menyediakan barang dan jasa untuk digunakan sendiri0. Menggunakan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang dan/atau jasa

Kegiatan di atas yang dilakukan oleh produsen adalah....1. (1), (2), dan (3) 1. (1), (3), dan (5) 1. (2), (4), dan (6) 1. (3), (4), dan (6)1. (4), (5), dan (6)

Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi:1. Rumah Tangga Produsen/Perusahaana. mempergunakan faktor-faktor produksib. memberi balas jasac. memroduksi barang dan/atau jasad. menjual barang dan/atau jasa kepada rumah tangga lain e. membayar pajak kepada pemerintah f.menerima subsidi dari pemerintah. 2.Rumah Tangga Konsumen atau Rumah Tanggaa. menyediakan dan menjual Faktor Produksib. menerima penghasilan sebagai balas jasac. membelanjakan penghasiland.membeli/menggunakan barang-barang impore.membayar pajak kepada pemerintahf.menerima subsidi dari pemerintah.3.Rumah Tangga Pemerintaha.menciptakan investasi-investasi umumb. mendirikan dan mengelola perusahaan negarac. menarik pajak langsung dan tidak langsungd. membelanjakan penerimaan negara e. menyewa/membeli faktor-faktor produksi f. melakukan berbagai kebijakan g. memberikan subsidi h. menjalin hubungan antar negara/pemerintahan 4.Rumah Tangga Masyarakat LNa.penyedia/penjual barang/jasa imporb.pembeli barang/jasa ekspor c.penyedia modal atau tenaga ahlid. mitra kerja sama

8.Bagan interaksi pelaku ekonomi:

Masyarakat Luar Negeri1 2Pasar Input Pasar Input 3 4

Rumah Tangga ProduksiRumah Tangga Konsumsi

Rumah Tangga Pemerintah Pasar Output

Berdasarkan bagan di atas, nomor 2 menunjukkan... .A. Ekspor faktor-faktor produksi dari rumah tangga produksi sehingga masyarakat luar negeri memperoleh pendapatanB. Impor bahan baku industri oleh rumah tangga konsumsi sehingga masyarakat luar negeri memperoleh pendapatanC. Pendapatan yang diterima oleh masyarakat luar negeri dari hasil penjualan bahan baku industri kepada rumah tangga produksiD. Ekspor barang yang dilakukan oleh rumah tangga produksi kepada masyarakat luar negeri sehingga memperoleh pendapatanE. Impor bahan baku industri yang dilakukan oleh masyarakat luar negeri untuk memperoleh faktor-faktor produksi

9. Perhatikan Kurva Permintaan dan Penawaran di bawah ini! P10.000 D S 9.000 8.000 E 7.000 6.000 S D 0 200 400 600 800 1.000 Q

Berdasarkan kurva di atas, interpretasi yang tepat berdasarkan hukum permintaan dan penawaran adalah .A.Apabila harga murah, maka jumlah barang yang diminta akan sedikitB.Apabila harga barang turun, maka jumlah barang yang diminta akan bertambahC.Harga berbanding lurus dengan jumlah barang yang dimintaD.Apabila jumlah permintaan sedikit, maka harga barang akan naikE.Apabila harga barang naik, maka jumlah barang yang diminta akan bertambah

Hukum Permintaan: Harga berbanding terbalik dengan jumlah barang/jasa yang diminta.Hukum Penawaran: Harga berbanding lurus dengan jumlah barang/jasa yang ditawarkan.

10. Jika fungsi permintaan Qd = -P + 250, sementara harga permintaan berubah dari 300 menjadi 260, maka koefisien elastisitas yang terjadi adalah... .A. 2B. 1,5C. 1,23D. 0,83E. 0,67

Qd = -P + 250, sementara harga permintaan berubah dari 300 menjadi 260,Jika P1 = 300, maka Q1 = - (300) + 250Q1 = -150 + 250 = 100Jika P2 = 260, maka Q2 = - (260) + 250Q2 = -130 + 250 = 120

Koefisien Elastisitas: E = X E = X E = = 1,5

11. Diketahui fungsi permintaan Pd = 20 4Q. Sementara itu pada saat harga 20 jumlah penawaran sebanyak 5 dan ketika harga 30 jumlah penawaran menjadi 10. Jika pemerintah memberikan subsidi sebesar s = 2, titik keseimbangan sebelum subsidi adalah .A. (1 , 13)B. (1, 2) C. (2, 12)D. (5, 20)E. (12, 13)

Fungsi Permintaan sebelum dan sesudah subsidi tetap sama, yaitu Pd = 20 4QFungsi Penawaran sebelum subsidi: = =

=

5P 100 = 10Q 505P = 10Q -50 + 1005P = 10Q + 50Ps = 2Q + 10Titik Keseimbangan Sebelum Subsidi: Pd = Ps atau Qd = Qs20 4Q = 2Q + 1020 10 = 2Q + 4Q10 = 6QQ = = 1Untuk mencari titik P, bisa memilih Pd atau Ps:Pd = 20 4QPs = 2Q + 10 = 20 4(1) = 2(1) + 10 = 20 - = + 10 = 20 - 6 = 3 + 10 = 13 = 13

Jadi, titik Keseimbangan Sebelum Subsidi (Q, P) (1 , 13) Fungsi Penawaran sesudah subsidi Ps = 2Q + 10 s atau Qs = a + b (P + s) Fungsi Penawaran sesudah pajak Ps = a + bQ + t atau Qs = a + b (P - t)

12.Perbedaan yang paling tepat antara pasar monopoli dengan pasar persaingan sempurna terdapat pada pernyataan... .A.Pada pasar monopoli hanya ada satu pembeli, sementara pada pasar persaingan sempurna terdapat banyak pembeli.B.Pada pasar monopoli hanya ada beberapa pembeli, sementara pada pasar persaingan sempurna terdapat banyak pembeli.C.Pada pasar monopoli barang yang diperjualbelikan heterogen, sementara pada pasar persaingan sempurna homogen.D.Pada pasar monopoli tidak ada barang pengganti, sementara pada pasar persaingan sempurna terdapat banyak pilihan.E.Pada pasar monopoli hanya ada satu penjual, sementara pada pasar persaingan sempurna hanya ada satu pembeli.

Jenis Pasar berdasar Struktur:1. Pasar Persaingan SempurnaAdalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana jumlah pembeli dan penjual sedemikian rupa banyaknya/ tidak terbatas. -Ciri-ciri 2. Pasar Persaingan Tidak Sempurnaa.Pasar Monopoli-Ciri-cirib.Pasar Oligopoli-Ciri-ciri:c.Pasar Duopoli d.Pasar Monopsonie.Pasar Persaingan Monopolistik13.Di bawah ini merupakan ciriciri pasar:1. Digunakan sebagai tempat usaha1. Penawaran berasal dari rumah tangga konsumen1. Mendapat balas jasa berupa bunga1. Harga dipengaruhi letak1. Sangat dibutuhkan untuk menambah kapasitas produksi Berdasarkan ciri-ciri di atas, yang merupakan ciri-ciri pasar faktor produksi sumber daya alam adalah .1. (1), (2), dan (3)1. (1), (2), dan (4)1. (2), (3), dan (4)1. (2), (4), dan (5)1. (3), (4), dan (5)

Pasar faktor produksi (Input) memiliki ciri, antara lain;1. Penawaran berasal dari rumah tangga konsumen/masyarakat2. Permintaan datang dari rumah tangga produsen3. Menawarkan faktor-faktor produksiJenis Pasar Faktor Produksi:1.Pasar Sumber Daya Alam (Tanah), balas jasa = Sewa (rent)2.Pasar Tenaga Kerja, balas jasa = Upah/Gaji (wage)3.Pasar Modal, balas jasa = Bunga (interest)4.Pasar Kewirausahaan/Keahlian/Skill, balas jasa = Laba (profit)

14.Ciri-ciri ekonomi makro dan ekonomi mikro:(1)Membahas perekonomian pada level negara(2)Pengambilan keputusan secara individu/swasta(3)Contohnya permintaan, produksi, mekanisme pasar, perpajakan(4)Contohnya kebijakan moneter, fiskal, pertumbuhan ekonomi (5)Bidang ilmu yang mempelajari keseluruhan ekonomi dalam bentuk jumlah barang dan jasa yang diproduksi, total pendapatan yang dihasilkan, serta sifat-sifat umum harga barang.Dari pernyataan di atas, yang merupakan ciri ekonomi makro adalah .A. (1), (2), dan 3)B. (1), (4), dan (5)C. (2), (3), dan (4) D. (2), (3), dan (5) E. (3), (4), dan (5)

Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro Ekonomi Mikro -mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan dan penentuan harga-harga pasar serta kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan. -menyelidiki bagaimana sumber-sumber daya ekonomi yang langka dialokasikan di antara alternatif akhir dan berusaha untuk menentukan faktor-faktor penentu strategis dari suatu penggunaan sumber-sumber dana secara efisien dan optimal. -kebijakan ekonomi mikro merupakan penetapan tujuan-tujuan khusus oleh pemerintah untuk pasar atau industri tertentu dan penggunaan instrumen pengendalian untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. -Tujuan-tujuan ekonomi mikro terpusat pada efisiensi yang digunakan untuk mengalokasikan sumber-sumber daya dan cara dalam mengatasi segala rintangan terhadap alokasi sumber daya yang efisien misalnya distorsi monopoli atau penyesuaian pasar melalui kebijakan persaingan dan kebijakan industri-Ekonomi Makro -berkaitan dengan studi tentang perekonomian agregat. -menyelidiki bagaimana perekonomian secara keseluruhan bekerja, dan menetapkan faktor-faktor penentu strategis tentang tingkat pendapatan nasional dan output, kesempatan kerja dan harga-harga. -kebijakan ekonomi makro berarti penetapan tujuan-tujuan umum oleh pemerintah untuk keseluruhan ekonomi dan penggunaan alat pengawasan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. -Tujuan-tujuan ekonomi makro mencakup kesempatan kerja penuh, pencegahan inflasi, pertumbuhan ekonomi, keseimbangan neraca pembayaran, kebijakan fiskal, dan kebijakan moneter.

15.Salah satu masalah pemerintah di bidang ekonomi adalah harga bahan makanan/pokok yang terus naik. Keadaan ini sangat dirasakan oleh masyarakat terutama yang berpenghasilan rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, upaya yang paling tepat dilakukan pemerintah adalah... .A. Menyetabilkan harga barang kebutuhan pokok dengan kebijakan harga dan produksiB. Mengampanyekan program hemat belanja dan mencintai produk dalam negeriC. Memberikan subsidi kepada produsen yang mampu memeroduksi kebutuhan masyarakatD. Memberikan penghargaan kepada keluarga yang mampu memenuhi kebutuhan pokokE. Melalui BUMN turut berpartisipasi memeroduksi kebutuhan pokok masyarakat

Masalah Ekonomi Pemerintah:1. Kemiskinan2. Keterbelakangan3. Lapangan Pekerjaan4. Pemerataan5.Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi.6. dll

16.Gambaran keadaan ekonomi suatu negara adalah sebagai berikut: (dalam miliar):- GDP Rp1.500,00 Produksi perusahaan asingRp75,00 Produksi warga negara di luar negeriRp30,00 Pajak langsung Rp10,00 Pajak tidak langsung Rp15,00 Pajak perseroan Rp5,00 Asuransi Rp3,00 Laba ditahan Rp15,00 Pembayaran transfer Rp25,00 Penyusutan Rp30,00Berdasarkan data di atas, Personal Income adalah... .A. Rp1.455,00B. Rp1.425,00 C. Rp1.412,00D. Rp1.410,00E. Rp1.402,00

Konsep Pendapatan Nasional1.Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross Domestic Product (GDP)Adalah seluruh barang dan jasa yang dihasilkan oleh seluruh warga masyarakat (termasuk warga negara asing) di suatu negara dalam periode tertentu, biasanya satu tahun.2.Produk Nasional Bruto (PNB) atau Gross National Product (GNP)GNP = GDP +/ Produk Neto terhadap Luar NegeriGNP = 1.500 + (30 75) = 1.4553.Produk Nasional Neto/Bersih (PNN) atau Net National Product (NNP)NNP = GNP (Penyusutan + Barang Pengganti Modal)NNP = 1.455 30 = 1.4254.Pendapatan Nasional Neto (Bersih) atau Net National Income (NNI)NNI = NNP Pajak tidak LangsungNNI = 1.425 15 = 1.4105.Pendapatan Perseorangan atau Personal Income (PI)PI = (NNI + Transfer Payment)(Iuran Jaminan social + Asuransi + Laba Ditahan + Pajak Perseorangan)PI = (1.410 + 25) (3 + 5 + 15) = 1.435 23 = 1.4126.Pendapatan Bebas atau Disposable income (DI)DI = PI Pajak Langsung7.Pendapatan yang Dibawa Pulang atau Take Home pay (THP)THP = DI Pembayaran Kewajiban Pribadi

17.Data pendapatan nasional dalam jutaan di Negara Balagadona:- Goverment Expenditure Rp8.000,00 - Investment Rp9.000,00 - Wages Rp12.500,00 - Import Rp6.000,00- Rent Rp4.000,00 - Interest Rp3.000,00- Consumption Rp15.000,00 - Profit Rp7.000,00- Export Rp5.500,00Berdasarkan data di atas, maka pendapatan nasional Negara Balagadona jika dihitung dengan menggunakan pendekatan pendapatan (dalam jutaan) adalah .A. Rp59.000,00 B. Rp45.000,00 C. Rp37.500,00 D. Rp31.500,00 E. Rp26.500,00

Perhitungan Pendapatan Nasional:4. Pendekatan produksi:

PDB (Y) = {(Q1 . P1) + (Q2 . P2) + + (Qn . Pn)} 4. Pendekatan Pengeluaran:

PNB (Y) = C + I + G + (X M)

3. Pendekatan Pendapatan:

PN (Y) = r + w + i + p

18.Pendapatan perkapita sering dijadikan sebagai salah satu tolok ukur untuk mengetahui tingkat kemakmuran suatu bangsa.Berikut ini penjelasan yang paling tepat mengenai perndapatan perkapita adalah... .A.pendapatan perkapita menggambarkan antara warga negara yang satu dengan yang lainnya, baik tua maupun muda, bekerja ataupun tidak, maka pendapatan mereka sama. B.pendapatan perkapita adalah jumlah pendapatan nasional suatu negara selama satu tahun dibagi dengan jumlah penduduk usia kerja dari negara yang bersangkutan.C.pendapatan perkapita antara warga negara yang satu dengan warga negara lain di negara yang bersangkutan akan selalu berbeda tergantung pada usaha masing-masing.D.bila pendapatan per kapita suatu negara tinggi maka tingkat kemakmuran warga negara dari negara tersebut tidak dapat dianggap tinggi pula.E.pendapatan perkapita dapat dicari dengan rumus: IPC = GDP Produk Neto terhadap Luar Negeri

19. Berikut ini tabel harga barang:Nama BarangTahun 2011Tahun 2012

Beras/kgRp 5.500,00Rp 6.000,00

Minyak Goreng/ ltrRp 9.000,00Rp 12.000,00

Gula pasir/kgRp 7.500,00Rp 10.500,00

Berdasarkan tabel di atas, laju inflasi tahun 2012 yang terjadi terhadap tiga jenis barang tersebut bila dihitung menggunakan Indeks Harga Sederhana adalah.A. -22,81%B. 29,55%C. 65,00%D. 77,19% E. 129,55%

Laju Inflasi =

Indeks Agregtif = = x 100% = 129,55% (tahun 2012)Jadi, laju inflasi tahun 2012 = 129,55% - 100% (tahun 2011) = 29,55%

20. Inflasi adalah suatu keadaan yang menunjukkan harga barang pada umumnya mengalami kenaikkan secara terus menerus yang diakibatkan adanya ketidakseimbangan antara arus uang dengan arus barang.Berikut ini adalah cara mengatasi inflasi:(1) menaikkan suku bunga(2)memperbesar cadangan kas bank (3)menjual surat berharga(4)meningkatkan jumlah produksi barang/jasa(5)mengurangi pengeluaran pemerintahDari pernyataan di atas, yang termasuk kebijakan moneter untuk mengatasi inflasi adalah... .A. (1), (2), dan (3)B. (1), (3), dan (5)C. (2), (3), dan (5)D. (2), (4), dan (5)E. (3), (4), dan (5)

Cara Mengatasi Inflasi1. Kebijakan Monetera. menaikkan suku bunga (politik diskonto/discount policy)b. menjual Surat Berharga (politik pasar terbuka/open market policy)c. memperbesar cadangan kas bank (politik persediaan kas/cash ratio policy).2.Kebijakan Fiskala.menurunkan pengeluaran pemerintahb.meningkatkan tarif pajakc.mengadakan pinjaman pemerintahd.meningkatkan pendapatan negara3.Kebijakan Nonmonetera.meningkatkan jumlah produksi barang/jasab.meningkatkan upahc.pengawasan hargad.melaksanakan operasi pasar.

21. Pada saat pendapatan Pak Suryanto Rp1.000.000,00, jumlah uang yang digunakan untuk konsumsi Rp900.000,00. Setelah pendapatannya naik menjadi Rp1.500.000,00, ternyata jumlah konsumsinya menjadi Rp1.200.000,00. Berdasarkan data tersebut, maka fungsi tabungan Pak Suryanto adalah .A. S = -300.000 + 0,4YB. S = -3.000 + 0,6YC. S = 30.000 + 0,4YD. S = 60.000 + 0,3YE. S = 300.000 + 0,6Y

Fungsi Pendapatan Y = C + SDalam bentuk persamaan linier, notasi fungsi konsumsi dan fungsi tabungan akan menjadi:

S = -a + (1-b)YC = a + bY

MPC + MPS = 1a = (APC MPC)Yn

MPC = C YMPS = S YAPC = C Y

Keterangan:a = konsumsi otonom, yaitu besarnya konsumsi pada saat pendapatan nol.-a = tabungan otonom, yaitu besarnya tabungan pada saat pendapatan nol.b = hasrat mengonsumsi marjinal (Marginal Propencity to Consume = MPC).(1-b) = hasrat menabung marjinal (Marginal Propencity to Save = MPS)APC = Average Propencity to Consume (hasrat konsumsi rata-rata)C = perubahan konsumsi (C2 C1), selalu positif Y = perubahan pendapatan (Y2 Y1), selalu positifS = perubahan tabungan (S2 S1), selalu positif.

Fungsi Pendapatan/Konsumsi/Tabungan: = Y1 = Rp1.000.000,00, C1 = Rp900.000,00, S1 = Rp100.000,00 Y2 = Rp1.500.000,00, C2 = Rp1.200.000,00, S2 = Rp300.000,00

= = 500.000C 450.000.000.000 = 300.000Y 300.000.000.000500.000C = 300.000Y 300.000.000.000 + 450.000.000.000500.000C = 300.000Y + 150.000.000.000C = 0,6Y + 300.000S = -a + (1-b)YS = -300.000 + (1- 0,6)YS = -300.000 + 0,4YAtau

= = 500.000S 50.000.000.000 = 200.000Y 200.000.000.000500.000S = 200.000Y 200.000.000.000 + 50.000.000.000500.000S = 200.000Y - 150.000.000.000S = 0,4Y - 300.000

22.Berikut ini contoh kegiatan investasi:(1)Banyak perusahaan telepon genggam asing membuka cabang usaha di Indonesia untuk mendekatkan diri kepada konsumen dan mengurangi beban usaha.(2)Berbagai upaya dilakukan bank swasta untuk menjaring calon nasabah, diantaranya memberikan berbagai hadiah dan kemudahan.(3)Pada saat PT Aneka Tambang menjual emas batangan, Bu Mus ikut membeli dengan harapan memperoleh keuntungan pada masa yang akan datang.(4)Setelah mendapat pesangon dari tempatnya bekerja, Pak Umar mendirikan kios untuk jual beli telepon genggam dan pulsa. (5)Sekarang ini reksadana menjadi salah satu alternatif yang dipilih masyarakat untuk memperoleh keuntungan..Berdasarkan contoh di atas, yang termasuk kegiatan investasi rumah tangga adalah... .A.(1), (2), dan (3)B.(1), (3), dan (5)C.(2), (3), dan (4)D.(2), (4), dan (5)E.(3), (4), dan (5)

23.Pernyataan di bawah ini merupakan pembahasan tentang uang:(1)Hanya bank sentral yang bisa mencetak dan mengedarkan..(2) Bisa digunakan untuk transaksi dengan jumlah yang kecil maupun besar dan dimana pun. (3) Sangat praktis (memudahkan) bagi pengguna yang membutuhkan dana dalam jumlah yang banyak.(4)Rian membayar jasa angkutan umum Rp3.000,00 dengan menyerahkan uang kertas Rp2.000,00 satu lembar dan Rp1.000,00 satu lembar.(5)Untuk melunasi utang pembelian barang sebulan yang lalu, Bu Ayu mengeluarkan selembar cek dengan nominal Rp10.000.000,00..Berdasarkan pernyataan di atas, yang termasuk pernyataan yang berhubungan dengan uang kartal adalah.A. (1), (2), dan (3) B. (1), (2), dan (4) C. (1), (3), dan (5) D. (2), (3), dan (4) E. (2), (3), dan (5)Fungsi UangA. Fungsi asli0. alat tukar (medium of exchange).0. alat kesatuan hitung (a unit of account)B.Fungsi Turunan1.alat pembayaran yang sah2.alat penyimpan kekayaan dan pemindah kekayaan3.alat pendorong kegiatan ekonomi4.standar pencicilan utangJenis UangA.Uang Kartal, artinya uang yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari sebagai alat bayar. Uang kartal ada yang berbentuk logam dan ada yang berbentuk kertas yang benar-benar beredar dari tangan ke tangan sebagai alat pembayaran dalam masyarakat.B.Uang Giral, disebut juga demand deposit artinya saldo rekening koran yang ada di Bank dan sewaktu-waktu dapat digunakan. Uang giral merupakan uang yang sah secara ekonomi tetapi secara hukum tidak, artinya hanya berlaku pada kalangan tertentu saja sehingga orang yang menolak pembayaran dengan uang giral contohnya cek tidak dapat dituntut. Untuk mengambil uang giral dapat digunakan cek atau giro.

24.Tujuan dan tugas pokok Bank Indonesia:(1) Mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah(2) Mempertimbangkan perkembangan ekoomi dan keuangan(3) Melaksanakan kebijakan moneter(4) Mengatur dan mengawasi bank (5) Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran

Yang merupakan tugas pokok Bank Indonesia adalah .A. (1), (2), dan (3) B. (1), (2), dan (4) C. (1), (2), dan (5) D. (2), (3), dan (4) E. (3), (4), dan (5)

Bank Sentral (Bank Indonesia), Merupakan lembaga negara yang independent, bebas dari campur tangan pemerintah dan pihak-pihak lain, kecuali untuk hal-hal yang secara tegas diatur dalam undang-undang. Bank Indonesia sebagai bank sentral diatur dengan Undang-undang RI No. 23 tahun 1999. Bank Indonesia (Bank sentral) memiliki tujuan untuk mengatur dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Sedangkan tugas utama Bank Indonesia, terdiri dari:1) menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter2) mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran3) mengatur dan mengawasi bank

25.Untuk menjaga stabilitas nilai mata uang, pemerintah dalam hal ini Bank Sentral dapat menggunakan berbagai macam kebijakan moneter.Salah satu kebijakan moneter yang sering digunakan adalah kebijakan pasar terbuka (open market policy), yaitu... .A.Kebijakan yang diambil oleh bank sentral untuk menyetabilkan nilai rupiah dengan cara menaikkan atau menurunkan tingkat suku bunga bank.B.Kebijakan yang diambil oleh bank sentral untuk menyetabilkan nilai rupiah dengan cara membeli atau menjual surat berharga.C.Kebijakan yang diambil oleh bank sentral untuk menyetabilkan nilai rupiah dengan cara mencetak atau menarik uang kartal di masyarakat.D.Kebijakan yang diambil oleh bank sentral untuk menyetabilkan nilai rupiah dengan cara menambah atau mengurangi jumlah barang di pasar.E.Kebijakan yang diambil oleh bank sentral untuk menyetabilkan nilai rupiah dengan cara menambah atau mengurangi cadangan kas yang ada di bank.

Kebijakan Moneter:1. Politik Diskonto (Discount Policy), yaitu kebijakan yang diambil bank sentral untuk mengatur kestabilan nilai rupiah dengan cara menaikkan atau menurunkan suku bunga bank, baik tabungan maupun kredit. Ketika jumlah uang yang beredar terlalu banyak, maka diatasi dengan menaikkan suku bunga. Sebaliknya, jika jumlah uang yang beredar terlalu sedikit/kurang, diatasi dengan menurunkan suku bunga. 2. Politik Persediaan Kas (Cash Ratio Policy), yaitu kebijakan yang diambil bank sentral untuk mengatur kestabilan nilai rupiah dengan cara menambah atau mengurangi cadangan kas pada bank. Ketika jumlah uang yang beredar terlalu banyak, maka diatasi dengan menambah cadangan persediaan kas (mengurangi pengeluaran/memperketat pemberian pinjaman). Sebaliknya, jika jumlah uang yang beredar terlalu sedikit/kurang, diatasi dengan mengurangi cadangan persediaan kas (menambah pengeluaran/memperlonggar pemberian kredit).3. Politik Pasar Terbuka (Open Market Policy), yaitu kebijakan yang diambil bank sentral untuk mengatur kestabilan nilai rupiah dengan cara menjual atau membeli surat berharga. Ketika jumlah uang yang beredar terlalu banyak, maka diatasi dengan cara menjual surat berharga. Sebaliknya, jika jumlah uang yang beredar terlalu sedikit/kurang, diatasi dengan membeli surat berharga.Tujuan Kebijakan Moneter: 1.Menjaga stabilitas ekonomi2.Memperluas kesempatan kerja3.Menjaga stabilitas harga4.Mengatur neraca pembayaran.

26.Beberapa hari belakangan ini, marak demo buruh meminta kenaikan Upah Minimum Propinsi (UMP) atau Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK). Sementara itu, di lain pihak para pengusaha menganggap upah yang berlaku sudah dianggap layak bahkan memberatkan.

Cara yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah tenaga kerja tersebut adalah... .A. Pemerintah harus mendorong para buruh untuk bekerja di luar negeri.B. Memberikan penyadaran kepada para majikan untuk memenuhi tuntutan para buruh.C. Para buruh harus membentuk ikatan atau perkumpulan supaya memiliki kekuatan.D. Mengajak perwakilan buruh dan pengusaha berdialog dengan difasilitasi pemerintah.E. Pemerintah harus menghentikan para buruh yang berdemo dengan berbagai cara.

27.Keberhasilan dan hambatan pembangunan:(1)Nilai ekspor Indonesia terus mengalami peningkatan walaupun masih lebih rendah dibandingkan impor.(2)Ketergantungan terhadap kedelai impor mengakibatkan para pengusaha tahu dan tempe mengalami kesulitan ketika nilai dollar naik.(3)Setiap tahun persentase defisit APBN terus mengalami penurunan.(4)Kenaikan harga bahan bakar minyak jenis premium memacu kenaikan harga kebutuhan pokok. (5)Fondasi ekonomi Indonesia masih dirasakan cukup tangguh dalam menghadapi krisis yang sedang terjadi.Yang termasuk keberhasilan pembangunan ekonomi adalah... .A. (1), (2), dan (3) B. (1), (3), dan (5) C. (2), (3), dan (4) D. (2), (3), dan (5) E. (3), (4), dan (5)

28.Pada tahun tertentu negara A mengalami peningkatan produksi barang dan jasa. Negara B pada tahun yang sama mengalami perbaikan kesejahteraan masyarakat miskin. Kesimpulan dari keadaan di atas A. Negara A mengalami pembangunan ekonomi, sedangkan negara B mengalami pertumbuhan ekonomi.B. Negara A mengalami pertumbuhan ekonomi, sedangkan negara B mengalami pembangunan ekonomi.C.Baik negara A maupun negara B sama-sama mengalami pembangunan ekonomi.D.Baik negara A maupun negara B sama-sama mengalami pertumbuhan ekonomi.E. Negara A mengalami pembangunan ekonomi, sedangkan negara B tidak mengalami pertumbuhan ekonomi.

Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi adalah suatu keadaan di mana terjadi kenaikan Produk Domestik Bruto (PDB) tanpa menandang apakah kenaikan itu lebih besar atau lebih kecil dari tingkat pertumbuhan penduduk. Sedangkan pembangunan ekonomi berarti suatu proses yang bertujuan untuk menaikkan PDB suatu negara atau daerah melebihi tingkat pertumbuhan penduduk. Menurut ECAPE (Economic Commission for Asia and Far East) Pertumbuhan Ekonomi memiliki ciri antara lain:1. Terjadinya peningkatan GNP dan atau pendapatan perkapita dari tahun ke tahun (Flow Output Approach);2.Terjadinya peningkatan investasi potensial (Level of Living Approach);3.Ditemukannya sumber-sumber produktif dan dapat didayagunakan dengan lebih baik (Stock of Resources or Productive Asset Approach); Sedangkan Pembangunan Ekonomi, memiliki ciri:1. Mengalami peningkatan GNP dan IPC yang disertai pemerataannya;2.Mengalami perubahan dalam struktur ekonomi;3.Adanya peningkatan kesejahteraan;4.Adanya inovasi dan penguasaan IPTEK.

29.Pengangguran merupakan masalah yang sangat mendesak untuk diatasi, sebab dapat berdampak:(1)meningkatkan angka kriminalitas yang dapat mengganggu ketentraman masyarakat.(2)daya beli masyarakat menurun sehingga pertumbuhan ekonomi terganggu.(3)menurunkan pendapatan masyarakat sehingga berpengaruh terhadap pendapatan nasional(4)meningkatkan kasus penodongan dan pencurian untuk sekedar mempertahankan hidup(5)produksi barang dan jasa akan menurun karena tidak laku di pasaran.Dampak pengangguran di atas yang terkait dengan masalah ekonomi adalah ... .A. (1), (2), dan (3) B. (1), (3), dan (5) C. (2), (3), dan (4) D. (2), (3), dan (5) E. (3), (4), dan (5)

Dampak Pengangguran:1. Segi Ekonomi:a. Produk Domestik Bruto mengalami penurunanb.Pendapatan Nasional turunc.Menghambat investasid.Daya beli masyarakat turune.Menimbulkan kelesuan usaha2.Segi Sosial:a.Perasaan rendah diri (hilang atau turunnya kepercayaan diri)b.Gangguan keamananc.Biaya sosial tinggid.Keretakan rumah tangga

30. Fungsi dan Tujuan APBN:(1)menjaga kestabilan arus uang dan arus barang sehingga dapat mencegah terjadinya inflasi yang tinggi (2)menentukan dengan jelas besar/kecil alokasi anggaran pengeluaran masing-masing bidang, sektor, kementerian, dan lembaga (3)mendistribusikan seluruh pengeluaran negara di berbagai sektor pembangunan dan di berbagai kementerian atau lembaga(4)pedoman pengeluaran dan penerimaan negara agar terjadi keseimbangan yang dinamis (5)pedoman melaksanakan kegiatan kenegaraan untuk meningkatkan produksi dan kesempatan kerjaDari pernyataan di atas, yang termasuk fungsi APBN adalah... .A. (1), (2), dan (3)B. (1), (3), dan (5)C. (2), (3), dan (4)D. (2), (3), dan (5)E. (3), (4), dan (5)

Tujuan Penyusunan APBN, pedoman pengeluaran dan penerimaan negara agar terjadi keseimbangan yang dinamis dalam melaksanakan kegiatan kenegaraan untuk meningkatkan produksi dan kesempatan kerja dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, anggaran pendapatan dan belanja negara harus dirumuskan sedemikian rupa yang mencakup perkiraan periodik dari semua pengeluaran dan sumber penerimaan.Fungsi APBN1.Fungsi Stabilitas2.Fungsi Alokasi3.Fungsi Distribusi4.Fungsi Pertumbuhan dan Pengendali Inflasi (Fungsi Regulasi atau Pengatur)

31.Di dalam APBN tahun X tertulis: Pendapatan Negara dan Hibah Rp380.377,1 miliar Penerimaan Dalam Negeri Rp379.626,1 miliar. Penerimaan Perpajakan Rp297.843,1 miliar Penerimaan Bukan Pajak Rp81.783,0 miliar Hibah Rp751,0 miliar Belanja Negara Rp397.769,3 miliar Belanja Pemerintah Pusat Rp266.220,3 miliar Belanja Daerah Rp131.549,0 miliar

Berdasarkan data di atas, maka APBN tahun X adalah... .A. defisit sebesar Rp17.392,2 miliar B. defisit sebesar Rp18.143,2 miliarC. surplus sebesar Rp114.156,8 miliarD. surplus sebesar Rp344.090,7 miliarE. surplus sebesar Rp344.841,7 miliar

Azas Penyusunan APBN:1. Berimbang (Penerimaan = Belanja)2. Surplus (Penerimaan > Belanja)3. Defisit (Penerimaan < Belanja)

32. Berikut adalah ketentuan tarif pajak penghasilan berdasarkan UU No. 36 Tahun 2008 No. Lapisan Penghasilan Kena PajakTarif

1Sampai dengan Rp50.000.000,005 %

2Di atas Rp50.000.000,00 s.d Rp250.000.000,0015%

3Di atas Rp250.000.000,00 s.d Rp500.000.000,0025%

4Lebih dari Rp500.000.000,0030%

Pendapatan Tidak Kena Pajak (PTKP):Wajib pajakRp15.840.000,00Istri tidak bekerjaRp1.320.000,00Anak (maksimal 3)Rp1.320.000,00 per anakPak Cakil memperoleh penghasilan kena pajak dalam sebulan Rp55.000.000,00 dan mempunyai seorang istri yang tidak bekerja dengan 2 orang anak. Berdasarkan data di atas maka besarnya pajak penghasilan terhutang Pak Cakil dalam setahun adalah....A. Rp2.500.000,00 B. Rp30.000.000,00 C. Rp62.500.000,00 D. Rp143.000.000,00 E. Rp198.000.000,00

PKP setahun Rp55.000.000,00 x 12 = Rp660.000.000,00PPh setahun:Rp50.000.000,00 x 5%= Rp 2.500.000,00Rp200.000.000,00 x 15%= Rp 30.000.000,00Rp250.000.000,00 x 25%= Rp 62.500.000,00Rp160.000.000,00 x 30%= Rp 48.000.000,00 Rp143.000.000,00

33. Perhatikan pernyataan di bawah ini!(1) Sejak beberapa tahun yang lalu, pemerintah menetapkan kebijakan Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) sebagai pengganti Upah Minimum Regional (UMR).(2) Untuk meningkatkan pendapatan negara, pemerintah mengefektifkan penerimaan pajak dengan mewajibkan setiap Wajib Pajak memiliki NPWP.(3) Pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak sebagai pengganti subsidi yang dikurangi/dihapus.(4) Untuk menekan defisit anggaran, pemerintah mengambil kebijakan dengan cara meminjam baik dari luar negeri maupun dalam negeri.(5) Ketika harga beras dan minyak goreng melonjak, pemerintah melalui PERUM BULOG melakukan Operasi Pasar.Dari pernyataan di atas, yang termasuk kebijakan fiskal adalah... .A. (1), (2), dan (3)B. (1), (3), dan (5)C. (2), (3), dan (4)D. (2), (3), dan (5)E. (3), (4), dan (5)

Kebijakan fiskal adalah kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengelola atau mengarahkan perekonomian ke kondisi yang lebih baik atau diinginkan dengan cara mengatur penerimaan dan pengeluaran pemerintah. Hal ini berarti dalam pelaksanaan APBN harus diatur melalui kebijakan agar sesuai dengan arah dan laju pertumbuhan ekonomi yang diharapkan, yang pada gilirannya akan meningkatkan kesempatan kerja dan kemakmuran masyarakat. Tujuan kebijakan fiskal adalah untuk menentukan arah, tujuan, dan prioritas pembangunan serta pertumbuhan ekonomi agar sesuai dengan rencana kerja yang telah digariskan oleh pemerintah.

34.Berikut ini manfaat pasar modal:(1) sarana memperbesar modal usaha (2)meningkatkan kapasitas produksi(3)dapat meningkatkan pendapatan (4)tempat menanamkan modal (5)sarana memiliki badan usaha yang sehatDari pernyataan di atas yang merupakan manfaat pasar modal bila dilihat dari investor adalah....A.(1), (2), dan (3)B.(1), (3), dan (5)C.(2), (3), dan (4)D.(2), (3), dan (5)E.(3), (4), dan (5)

35.Berikut ini pernyataan tentang pasar modal:(1)tempat memasarkan barang dan komoditas(2)sumber dana jangka panjang(3)tempat pertemuan investor dengan emiten(4)sarana peningkatan pendapatan negara(5)sarana penambah modal bagi badan usahaYang merupakan fungsi pasar modal adalah... .A. (1), (2), dan (3) B. (1), (3), dan (5) C. (2), (3), dan (4) D. (2), (4), dan (5) E. (3), (4), dan (5)

36.Indonesia melakukan kerja sama dalam perdagangan internasional dengan Korea Selatan. Indonesia mengekspor gas alam dan mengimpor barang-barang elektronik dengan harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan memroduksi sendiri. Faktor pendorong yang melandasi Indonesia melakukan perdagangan dengan Korea Selatan berdasarkan contoh di atas adalah... .A. Perbedaan teknologiB. Kerja sama dalam kawasanC. Perbedaan sumber daya alamD. Perbedaan seleraE. Penghematan biaya produksi

37.Berikut ini beberapa transaksi dalam neraca pembayaran :(1)mengekspor barang(2)mengimpor barang(3)menerima pinjaman dari luar negeri(4)membayar utang keluar negeri(5)membayar bunga pinjaman(6) jasa turis dari luar negeriYang termasuk transaksi debet dalam neraca pembayaran adalah ... .A. (1), (2), dan (3) B. (2), (3), dan (5) C. (2), (4), dan (5)D. (3), (4), dan (6) E. (3), (5), dan (6)

Komponen Neraca Pembayaran:a. Neraca PerdaganganBerisi nilai ekspor dan impor barang. Diusahakan positif (Ekspor > Impor).b. Neraca JasaBerisi nilai dari hasil jasa.c. Neraca ModalBerisi penerimaan hasil pinjaman, simpanan, investasi, saham, dividen, obligasi, bantuan, dll.d. Neraca MoneterDisebut juga Accomodating, karena timbul akibat dari transaksi lain.Neraca Perdagangan ditambah dengan Neraca Jasa disebut Neraca Transaksi Berjalan.Ikhtisar Neraca Pembayaran:a. Sisi Debet, berisi arus uang keluar.b. Sisi Kredit, berisi arus uang masuk.

38.Grafik Impor Bahan Dasar Antibiotik:

Berdasarkan grafik di atas, pernyataan yang tepat adalah... .A. Volume impor tahun 2000 lebih tinggi dibandingkan tahun 2001 B. Nilai impor tertinggi terjadi pada tahun 2001 C. Volume impor tahun 2003 lebih tinggi dari tahun 2002 dan 2001D. Nilai impor tahun 2000 lebih rendah dibandingkan tahun 2001E. Volume dan nilai impor tahun 2002 merupakan terendah

39.Setiap negara akan berusaha meningkatkan cadangan devisa untuk keperluan pembiayaan pembangunan dan kewajiban kepada luar negeri.

Pernyataan di bawah ini yang merupakan sumber devisa bagi Indonesia adalah... .A. Membayar tenaga ahli dari luar negeri yang bekerja di perusahaan-perusahaan B. Pengiriman tenaga kerja Indonesia ke luar negeri dengan berbagai profesiC. Memberikan pinjaman kepada luar negeri dalam bentuk mata uang asingD. Melakukan perjalanan wisata atau kunjungan kerja ke berbagai negaraE. Memberikan sumbangan kepada negara-negara lain yang tertimpa musibah

40.Ada banyak manfaat dari laporan keuangan yang disusun pihak perusahaan. Di bawah ini yang merupakan manfaat laporan keuangan bagi calon kreditor adalah... .A.mengetahui perkembangan usaha untuk menentukan kebijakan yang akan diambilB.dapat memperhitungkan bagian laba atau deviden yang akan diterimaC.mengetahui besar/kecil laba perusahaan untuk menentukan nilai pajakD.memperhitungkan prospek usaha perusahaan sebelum menentukan investasiE.sebagai masukan untuk pertimbangan dalam memberikan pinjaman

Pemakai Informasi akuntansi1.Pihak Internal, yaitu manajemen2.Pihak Eksternal, terdiri dari:a.pemilikb.karyawan atau serikat kerjac.kreditord.badan-badan pemerintahe.pelangganf.masyarakatg.investor

41. Transaksi yang terjadi pada perusahaan pengiriman barang KITA:2 November 2013 diterima dana pengiriman barang dua hari yang lalu dari Toko A Lay seharga Rp500.000,00.3 November 2013 dibayar biaya service kendaraan seharga Rp750.000,00 dengan menyerahkan cek Bank BNI 1946. 5 November 2013 dibeli mobil baru seharga Rp150.000.000,00 tetapi baru dibayar Rp50.000.000,00.Jika masing-masing akun memiliki saldo pada akhir bulan Oktober 2013, maka pencatatan ke dalam persamaan akuntansi yang tepat adalah... .A. (dalam ribuan)TanggalHartaUtang + ModalKeterangan

KasPiutang UsahaKendaraanUtangModal

2013Nov12Rp 75.000,00Rp 500,00Rp2.500,00-Rp250.000,00-Rp 27.500,00-Rp300.000,00Rp 500,00Pendapatan Jasa

3Rp 75.500,00(Rp 750,00)Rp2.500,00-Rp250.000,00-Rp 27.500,00-Rp300.500,00(Rp 750,00)Beban Service

5Rp 74.750,00Rp 50.000,00Rp2.500,00-Rp250.000,00(Rp150.000,00)Rp 27.500,00-Rp299.750,00(Rp100.000,00)

Rp124.750,00Rp2.500,00Rp100.000,00Rp 27.500,00Rp199.750,00

B.(dalam ribuan)TanggalHartaUtang + ModalKeterangan

KasPiutang UsahaKendaraanUtangModal

2013Nov12Rp 75.000,00Rp 500,00Rp2.500,00-Rp250.000,00-Rp 27.500,00-Rp300.000,00Rp 500,00Pendapatan Jasa

3Rp75.500,00(Rp 750,00)Rp2.500,00-Rp250.000,00-Rp 27.500,00(Rp 750,00)Rp300.500,00-Beban Service

5Rp74.750,00(Rp50.000,00)Rp2.500,00-Rp250.000,00Rp150.000,00Rp 26.750,00Rp100.000,00Rp300.500,00-

Rp24.750,00Rp2.500,00Rp400.000,00Rp126.750,00Rp300.500,00

C.(dalam ribuan)TanggalHartaUtang + ModalKeterangan

KasPiutang UsahaKendaraanUtangModal

2013Nov12Rp 75.000,00Rp 500,00Rp2.500,00-Rp250.000,00-Rp 27.500,00-Rp300.000,00Rp 500,00Pendapatan Jasa

3Rp75.500,00(Rp 750,00)Rp2.500,00-Rp250.000,00-Rp 27.500,00-Rp300.500,00(Rp 750,00)Beban Service

5Rp74.750,00(Rp50.000,00)Rp2.500,00-Rp250.000,00Rp 50.000,00Rp 27.500,00-Rp299.750,00-

Rp24.750,00Rp2.500,00Rp400.000,00Rp 27.500,00Rp299.750,00

D.(dalam ribuan)TanggalHartaUtang + ModalKeterangan

KasPiutang UsahaKendaraanUtangModal

2013Nov12Rp 75.000,00Rp 500,00Rp2.500,00-Rp250.000,00-Rp 27.500,00-Rp300.000,00Rp 500,00Pendapatan Jasa

3Rp75.500,00Rp 750,00Rp2.500,00-Rp250.000,00-Rp 27.500,00-Rp300.500,00Rp 750,00Beban Service

5Rp76.250,00(Rp50.000,00)Rp2.500,00-Rp250.000,00Rp150.000,00Rp 27.500,00Rp100.000,00Rp301.250,00-

Rp26.250,00Rp2.500,00Rp400.000,00Rp127.500,00Rp301.250,00

E.(dalam ribuan)TanggalHartaUtang + ModalKeterangan

KasPiutang UsahaKendaraanUtangModal

2013Nov12Rp 75.000,00Rp 500,00Rp2.500,00-Rp250.000,00-Rp 27.500,00-Rp300.000,00Rp 500,00Pendapatan Jasa

3Rp75.500,00(Rp 750,00)Rp2.500,00-Rp250.000,00-Rp 27.500,00-Rp300.500,00(Rp 750,00)Beban Service

5Rp74.750,00(Rp50.000,00)Rp2.500,00-Rp250.000,00Rp150.000,00Rp 27.500,00Rp100.000,00Rp299.750,00-

Rp24.750,00Rp2.500,00Rp400.000,00Rp127.500,00 Rp299.750,00

Harta = Utang + Modal

42. Berikut ini peencatatan Debet dan Kredit di Bengkel Sepeda Antque:(1)Dibeli perlengkapan bengkel seharga Rp150.000,00 dari Toko Cemerlang; mengakibatkan Perlengkapan (+) di Debet dan Kas (-) di Kredit masing-masing Rp150.000,00. (2)Diselesaikan perbaikan sepeda milik Nona Anon senilai Rp50.000,00; menimbulkan Kas (+) di Debet dan Beban Service (-) di Kredit masing-masing Rp50.000,00.(3)Diterima tagihan Rp750.000,00 atas perbaikan sepeda balap milik Heryanto seminggu yang lalu; menyebabkan Kas (+) di Debet dan Piutang (-) di Kredit masing-masing Rp750.000,00.(4)Dibayar cicilan utang Rp500.000,00 kepada Toko Baru atas pembelian peralatan bulan yang lalu seharga Rp2.500.000,00; menimbulkan Utang (-) di Debet dan Kas (-) di Kredit masing-masing Rp2.500.000,00.(5)Diterima Rp150.000,00 atas perbaikan sepeda milik Rudi dari yang seharusnya Rp250.000,00; mengakibatkan Kas (+) di Debet Rp150.000,00, Piutang (+) di Debet Rp100.000,00 dan Pendapatan Jasa (+) di Kredit Rp250.000,00.

Pencatatan mekanisme Debet dan Kredit yang benar dari pernyataan di atas terdapat pada adalah... A. (1), (2), dan (3) B. (1), (3), dan (5) C. (2), (3), dan (4) D. (2), (4), dan (5) E. (3), (4), dan (5)

Nama AkunBertambahBerkurangSaldo Normal

HartaDebetKreditDebet

UtangKreditDebetKredit

ModalKreditDebetKredit

PendapatanKreditDebetKredit

BebanDebetKreditDebet

43.Perhatikan transaksi keuangan berikut ini :5 Juni 2013,dibeli perlengkapan toko seharga Rp6.500.000,00 baru dibayar Rp2.000.000,00 sisanya akan dibayar kemudian.11 Juni 2013, diselesaikan pekerjaan service senilai Rp15.000.000,00, baru diterima sebesar Rp6.000.000,00 sisanya bulan depan.25 Juni 2012, dibayar gaji dua orang karyawan masing-masing sebesar Rp2.450.000,00.

Pencatatan yang tepat pada jurnal umum dari transaksi di atas adalah... . A.TanggalKeteranganRefDebetKredit

2013Juni5

Perlengkapan TokoKasRp 6.500.000,00--Rp 6.500.000,00

11KasPiutang UsahaPendapatan JasaRp 6.000.000,00Rp 9.000.000,00---Rp15.000.000,00

25Beban GajiKasRp 4.900.000,00--Rp 4.900.000,00

B.TanggalKeteranganRefDebetKredit

2013Juni5

Perlengkapan TokoKasUtang UsahaRp 6.500.000,00---Rp 2.000.000,00Rp 4.500.000,00

11KasPendapatan JasaRp15.000.000,00--Rp15.000.000,00

25Beban GajiKasRp 4.900.000,00--Rp 4.900.000,00

C.TanggalKeteranganRefDebetKredit

2013Juni5

Perlengkapan TokoKasUtang UsahaRp 6.500.000,00---Rp 2.000.000,00Rp 4.500.000,00

11Piutang UsahaPendapatan JasaRp15.000.000,00--Rp15.000.000,00

25Beban GajiKasRp 4.900.000,00--Rp 4.900.000,00

D.TanggalKeteranganRefDebetKredit

2013Juni5

Perelengkapan TokoKasUtang UsahaRp 6.500.000,00---Rp 2.000.000,00Rp 4.500.000,00

11KasPiutang UsahaPendapatan JasaRp 6.000.000,00Rp 9.000.000,00---Rp15.000.000,00

25Beban GajiKasRp 4.900.000,00--Rp 4.900.000,00

E.TanggalKeteranganRefDebetKredit

2013Juni5

Perelengkapan TokoKasUtang UsahaRp 6.500.000,00---Rp 2.000.000,00Rp 4.500.000,00

11KasPiutang UsahaPendapatan JasaRp 6.000.000,00Rp 9.000.000,00---Rp15.000.000,00

25Beban GajiKasRp 2.450.000,00--Rp 2.450.000,00

44. Sebagian jurnal umum yang dibuat oleh Salon AYU pada bulan Desember 2012:Jurnal UmumHalaman 10TanggalAkun / keteranganRefDK

2012Desember3KasPiutang UsahaPendapatan Jasa111113411Rp 250.000,00Rp 500.000,00---Rp 750.000,00

5PerlengkapanKasUtang Usaha112111211Rp1.500.000,00---Rp 500.000,00Rp1.000.000,00

Data saldo per 30 November 2012 diketahui sebagai berikut: Kas Rp10.500.000,00 Utang Usaha Rp1.500.000,00 Pendapatan Jasa Rp2.500.000,00

Berdasarkan data di atas maka posting ke buku besar yang benar adalah....A. DebetKas Nomor 111Kredit1/12 Rp10.500.000,003/12 Rp 500,000,005/12 Rp 250.000,00

B. DebetKas Nomor 111Kredit1/12 Rp10.500.000,005/12 Rp 500,000,003/12 Rp 250.000,00

C. DebetPiutang Usaha Nomor 113Kredit1/12 Rp 1.500.000,003/12 Rp 500,000,005/12 Rp 1.000.000,00

D. DebetPendapatan Jasa Nomor 411Kredit3/12 Rp 750.000,00

1/12 Rp 2.500.000,00

E. DebetUtang Usaha Nomor 211Kredit1/12 Rp 1.500.000,005/12 Rp 1.000.000,00

45. Neraca Saldo (sebagian) milik Mobilindo Rental per 31 Desember 2012:No. AkunNama AkunNeraca Saldo

DK

112PerlengkapanRp 5.000.000,00-

114Asuransi dibayar dimukaRp 36.000.000,00-

115Beban Sewa Rp 30.000.000,00-

Catatan data penyesuaiaan pada akhir tahun:1. Perlengkapan bersisa senilai Rp1.500.000,00;2. Premi asuransi dibayar pada tanggal 1 Mei 2012 untuk dua tahun.3. Sewa gedung dibayar pada tanggal 2 Maret 2012 untuk setahunDari data di atas disusun kertas kerja sebagai berikut:(dalam ribuan rupiah)No.AkunN. SaldoAJPNSDL/RNeraca

DKDKDKDKDK

(1) Perlengkapan 5.000-- 1.500 3.500--- 3.500-

(2) Asuransi dibayar di muka 36.000-- 12.000 24.000--- 24.000-

(3) Beban Sewa 30.000-- 5.000 25.000- 25.000---

(4) Beban Perlengkapan 1.500- 1.500- 1.500---

(5) Beban Asuransi 12.000-12.000- 12.000---

(6) Sewa dibayar di muka 5.000- 5.000- 5.000---

Penyusunan kertas kerja yang tepat terdapat pada nomor... .A. (1), (2), dan (3)B. (1), (3), dan (5)C. (2), (3), dan (5)D. (2), (4), dan (6)E. (3), (4), dan (6)Cara Penjurnalan (Ayat Jurnal Penyesuaian/AJP)a. Perlengkapan: Beban PerlengkapanRp ..PerlengkapanRp ..b. Beban dibayar di muka: 1) Bila dicatat di neraca saldo sebagai Beban: dibayar di mukaRp ..Beban.Rp .. 2) Bila dicatat di neraca saldo sebagai..dibayar di muka: Beban Rp ....dibayar di mukaRp ..c. Pendapatan diterima di muka: 1) Bila dicatat dalam neraca saldo sebagai Pendapatan: Pendapatan..Rp ...diterima di mukaRp .. Atau Pendapatan..Rp ..Utang..Rp .. 2) Bila dicatat dalam neraca saldo sebagai diterima di muka: diterima di mukaRp ..Pendapatan.Rp ...d. Beban yang akan dibayar atau masih harus dibayar: Beban.Rp ..UtangRp e. Pendapatan yang akan diterima: PiutangRp ..Pendapatan.Rp f. Penyusutan Aktiva Tetap:Beban PenyusutanRp ... Akumulasi PenyusutanRp g. Piutang Tak Tertagih:Beban Penghapusan Piutang.Rp PiutangRp .

46.Data keuangan milik Loundry Herans:-Modal pada 31 Desember 2012Rp225.000.000,00-PerlengkapamRp7.500.000,00-PeralatanRp65.000.000,00-Prive Ny. ChairaniRp5.000.000,00-Beban PerlengkapanRp5.000.000,00-Beban GajiRp24.000.000,00-Beban Listrik, Air, dan TeleponRp12.000.000,00-Modal pada 1 Januari 2012Rp155.000.000,00Berdasarkan data di atas, pendapatan bersih Loundry Herans selama tahun 2012 adalah... .A. Rp41.000.000,00B. Rp70.000.000,00C. Rp75.000.000,00D. Rp116.000.000,00E. Rp193.500.000,00Loundry HeransLaporan Perubahan ModalPer 31 Desember 2012Modal Awal. Rp155.000.000,00Laba.....Rp 75.000.000,00Pengambilan pribadi (Prive).Rp 5,000.000,00(-/+)Penambahan Modal/Pengurangan Modal............. Rp 70.000.000,00 +Modal Akhir. Rp225.000.000,00Laba = Pendapatan BebanRp75.000.000,00 = Pendapatan Rp41.000.000,00Pendapatan = Rp75.000.000,00 + Rp41.000.000,00 = Rp116.000.000,00

47.Berikut ini transaksi yang terdapat pada PD. MERANTI:1 Juni 2013, dibeli barang dagang dari PT KANGURU sebesar Rp5.000.000,00 dengan syarat 3/10, n/30.2 Juni 2013, dilunasi faktur seminggu yang lalu kepada Toko SERIBU sebesar Rp7.500.000,00 syarat 2/10, n/453 Juni 2013, dibeli peralatan dari Fa. PINADAR senilai Rp12.500.000,00, dengan mengeluarkan sehelai cek BRI seri 0123.4 Juni 2013, dikirim faktur No. MR 121 kepada Tuan Habil untuk barang dagang senilai Rp2.000.000,005 Juni 2013, dibayar rekening listrik bulan Mei 2013 sebesar Rp1.500.000,00.

Berdasarkan data keuangan tersebut, dicatat pada Jurnal Pengeluaran Kas sebagai berikut:

Jurnal Pengeluaran Kas (dalam ribuan Rupiah) Halaman 13TanggalKeteranganRefDebetKredit

PembelianUtang DagangSerba-serbiKasPot. Pembelian

Nama AkunRefJumlah

2013 Juni1 PT. KANGURU 5.000,00--- 5.000,00-

2 Toko SERIBU- 7.500,00-- 7.350,00 150,00

3 Peralatan-- Peralatan 12.500,00 12.500,00-

4 Tuan Habil 2.000,00--- 2.000,00-

5 Rekening Listrik--Beban Listrik 1.500,00 1.500,00-

Pencatatan yang benar pada Jurnal di atas terletak pada tanggal... .A. (1), (2), dan (3)B. (1), (3), dan (5)C. (2), (3), dan (4)D. (2), (3), dan (5)E. (3), (4), dan (5)

Jurnal Pengeluaran Kas Digunakan untuk mencatat seluruh transaksi yang menimbulkan pengeluaran uang tunai atau setara dengan uang tunai (cek, giro pos, giro bilyet, wesel pos, dan traveler check).

48. Rekapitulasi Jurnal Penerimaan KasHalaman 12 TanggalKeteranganRefDebetKredit

KasPot. PenjualanPiutang DagangPenjualanSerba-serbi

AkunRefJumlah

2013Okt25101520Toko MerpatiToko GarudaKomisiFa. MaharaniPenj.Tunai 1.500.000,00 2.940.000,00 300.000,00 3.920.000,00 1.500.000,00- 60.000,00- 80.000,00-1.500.000,00 3.000.000,00- 4.000.000,00----- 1.500.000,00-- Pend. Komisi--

414-- 300.000,00--

10.160.000,00140.000,008.500.000,001.500.000,00300.000,00

111413 113 411Apabila tiap buku besar memiliki saldo, posting ke buku besar yang benar adalah... .A.Nama Akun: KasNo. : 111TanggalKeteranganRefDebetKreditSaldo

DebetKredit

201312Saldo

JKM.12-Rp 10.160.000,00--Rp 7.500.000,00Rp 17.660.000,00--

B.Nama Akun: Potongan PenjualanNo. : 413TanggalKeteranganRefDebetKreditSaldo

DebetKredit

2013131Saldo

JKM.12-Rp 140.000,00--Rp 250.000,00Rp 390.000,00--

C.Nama Akun: Piutang DagangNo. : 113TanggalKeteranganRefDebetKreditSaldo

DebetKredit

2013131Saldo

JKM.12-Rp 8.500.000,00--Rp 9.500.000,00Rp 18.000.000,00--

D.Nama Akun: PenjualanNo. : 411TanggalKeteranganRefDebetKreditSaldo

DebetKredit

2013131Saldo

JKM.12-Rp 1.500.000,00----Rp10.500.000,00Rp 9.000.000,00

E.Nama Akun: Pendapatan KomisiNo. : 414TanggalKeteranganRefDebetKreditSaldo

DebetKredit

2013131Saldo

JKM.12---Rp 300.000,00--Rp 1.500.000,00Rp 1.800.000,00

49.Sebagian perkiraan milik PD BANJIR BANDANG sebagai berikut:-Persediaan Barang Dagang Awal Rp1.750.000,00-Pembelian Rp3.500.000,00-Beban Angkut Pembelian Rp550.000,00-Potongan PembelianRp50.000,00-Persediaan Barang Dagang Akhir Rp2.100.000,00-Harga Pokok PenjualanRp3.350.000,00

Dari data di atas, nilai retur pembelian dan pengurangan harga adalah .A. Rp5.450.000,00B. Rp4.050.000,00C. Rp3.700.000,00D. Rp350.000,00E. Rp300.000,00

PD BANJIR BANDANGHARGA POKOK PENJUALANPER .......................................Persediaan Awal........................................................................................Rp1.750.000,00Pembelian............................................................ Rp3.500.000,00Beban Angkut Pembelian.................................... Rp 550.000,00 + Rp4.050.000,00Retur Pembelian dan PH ............Rp300.000,00Potongan Pembelian ..................Rp 50.000,00 + Rp 350.000,00 (-)Pembelian Bersih ......................................................................................Rp3.700.000,00 +Barang yang Tersedia untuk Dijual ...........................................................Rp5.450.000,00Persediaan Akhir ........................................................................................Rp2.100.000,00 (-)Harga Pokok Penjualan................................. ............................................Rp3.350.000,00

50.Neraca saldo (sebagian) milik UD GERHANA:

No.Nama AkunNeraca Sisa

DebetKredit

113Persediaan barang daganganRp17.500.000,00-

411Penjualan-Rp75.000.000,00

511PembelianRp56.000.000,00-

612Beban sewaRp12.000.000,00-

Keterangan akhir periode menyebutkan bahwa:- persediaan barang dagang bersisa Rp15.000.000,00. -sewa gedung dibayar tanggal 2 April untuk 1 tahun.

Berdasarkan data di atas, dicatat dalam kertas kerja sebagai berikut: (dalam ribuan rupiah)No.Nama AkunNeraca SaldoPenyesuaianNSDLaba/RugiNeraca

DKDKDKDKDK

(1) Pers. Barang Dagang 17.500- 15.000 17.500 15.000--- 15.000-

(2) Penjualan- 75.000-- 75.000- 75.000---

(3) Pembelian56.000---56.000-56.000---

(4) B. sewa12.000--9.0003.000-3.000---

(5) Ikhtisar Laba/Rugi17.50015.00017.50015.00017.50015.000--

(6) Sewa dibayar di muka9.000- 9.000-- -9.000-

Penyelesaian kertas kerja dengan pendekatan Ikhtisar L/R yang benar adalah... .A. (1), (2), dan (3)B. (1), (3), dan (5)C. (2), (3), dan (4)D. (2), (4), dan (6)E. (3), (5), dan (6)

Jurnal Pengesuaian:Metode Harga Pokok Penjualan: a) Persediaan Awal (dari Neraca Saldo) Harga Pokok Penjualan (D) Rp xxx Persediaan Barang Dagang (K) Rp xxx b) Persediaan Akhir (dari Hasil Perhitungan) Persediaan Barang Dagangan (D) Rp xxx Harga Pokok Penjualan (K) Rp xxx c) Pembelian Harga Pokok Penjualan (D) Rp xxx Pembelian (K) Rp xxxd) Retur Pembelian dan PH Retur Pembelian dan PH (D) Rp xxx Harga Pokok Penjualan (K) Rp xxx e) Potongan Pembelian Potongan Pembelian (D) Rp xxx Harga Pokok Penjualan (K) Rp xxx f) Beban Angkut Pembelian Harga Pokok Penjualan (D) Rp xxx Beban Angkut Pembelian (K) Rp xxx

Metode Ikhtisar Laba/Rugi: a) Persediaan Awal (dari Neraca Saldo) Ikhtisar Laba/Rugi (D) Rp xxx Persediaan Barang Dagang (K) Rp xxx b) Persediaan Akhir (dari Hasil Perhitungan) Persediaan Barang Dagangan (D) Rp xxx Ikhtisar Laba/Rugi (K) Rp xxx

51.Data Neraca Saldo Disesuaikan (sebagian) milik PD GEMURUH:-Persediaan Barang DagangRp5.500.000,00-PembelianRp25.000.000,00-Potongan PembelianRp750.000,00-Beban Angkut PembelianRp500.000,00-PenjualanRp35.500.000,00-Ikhtisar Laba/RugiRp6.000.000,00 (D) dan Rp5.500.000,00 (K)

Data di atas dicatat dalam kertas kerja berikut:(Rupiah)No.Nama AkunNSDLaba/RugiNeraca

DKDKDK

(1) Pers. Barang Dagang .500.000,00--- 5.500.000,00-

(2) Pembelian25.000.000,00--- 25.000.000,00-

(3) Potongan Pembelian- 750.000,00- 750.000,00--

(4) B.Angkut Pembelian- 500.000.00--- 500.000,00

(5) Penjualan- 35.500.000,00-35.500.000,00 --

(6) Ikhtisar Laba/Rugi 6.000.000,00 5.500.000,00500.000,00 - 500.000,00-

Penyelesaian kertas kerja dengan pendekatan Ikhtisar L/R yang benar adalah... .A. (1), (2), dan (3)B. (1), (3), dan (5)C. (2), (3), dan (4)D. (2), (4), dan (6)E. (3), (4), dan (6)

52. Diketahui modal akhir suatu perusahaan Rp23.500.000,00. Selama periode akuntansi memperoleh laba kotor Rp20.500.000,00, utang dagang Rp1.500.000,00 dan jumlah beban-beban Rp15.500.000,00, serta pengambilan prive Rp2.500.000,00.

Berdasarkan data di atas, modal awal perusahaan tersebut adalah .A.Rp22.500.000,00 B.Rp21.000.000,00 C.Rp19.500.000,00D.Rp2.500.000,00E.Rp1.000.000,00

..............................Laporan Perubahan ModalPer ....................................Modal Awal. Rp21.000.000,00Laba ..... Rp5.000.000,00Pengambilan pribadi (Prive).........Rp2.500.000,00(-/+)Penambahan Modal/Pengurangan Modal.............Rp 2.500.000,00 +Modal Akhir. Rp23.500.000,00Laba Bersih = Laba Kotor Beban = Rp20.500.000,00 Rp15.500.000,00 = Rp5.000.000,0053. Neraca Saldo Disesuaikan (sebagian) milik PD CEMARA pada tanggal 31 Desember 2012:(dalam ribuan rupiah)NoNama AkunNeraca SaldoAyat Jurnal PenyesuaianNeraca Saldo Disesuaikan

DKDKDK

1Kas2.200,00 ---2.200,00-

2Persediaan B. Dagang5.000,00-7.500,005.000,007.500,00-

3Sewa dibayar di muka2.400,00--1.600,00800,00-

4Peralatan Toko5.000,00---5.000,00-

5Ak. Peny. Peralatan Toko-500,00-250,00-750,00

6Utang Dagang-2.500,00---2.500,00

7Modal Cemarawati-15.000,00---15.000,00

8Prive Cemarawati-2.000,00-1.000,00-3.000,00

9Pendapatan Bunga-550,00-50,00-600,00

10B. Listrik dan Telepon150,00-50,00-200,00-

11B. Peny. Peralatan Toko250,00-250,00-500,00-

Catatan: pada akhir periode PD CEMARA memperoleh laba sebesar Rp17.500.000,00.

Dari data di atas disusun Jurnal Penutup sebagai berikut: (1) Modal CemarawatiRp17.500.000,00Ikhtisar L/RRp17.500.000,00(2) Modal CemarawatiRp3.000.000,00Prive CemarawatiRp3.000.000,00 (3) Pendapatan BungaRp600.000,00Ikhtisar L/RRp600.000,00(4) Ikhtisar L/RRp700.000,00Beban Listrik dan TeleponRp200.000,00Beban Peny. Peralatan TokoRp500.000,00 (5) Ikhtisar L/RRp15.000.000,00Modal CemarawatiRp15.000.000,00

Pencatatan Jurnal Penutup yang tepat terdapat pada nomor... .A. (1), (2), dan (3)B. (1), (3), dan (5)C. (2), (3), dan (4)D. (2), (4), dan (5)E. (3), (4), dan (5)

Cara Menyusun Jurnal Penutup:

PD.............................................JURNAL PENUTUPPer......................................................................Halaman................TglKeteranganRefDebetKredit

2012Des31

31

31

31

31PenjualanRetur Pembelian dan PHPotongan PembelianPendapatan......................... Ikhtisar Laba/RugiIkhtisar Laba/RugiPembelian Retur Penjualan dan PH Potongan Penjualan BebanModal.................................... Prive......................................Ikhtisar Laba/Rugi Modal......................................(Jika Laba)Modal................................ Ikhtisar Laba/Rugi(Jika Rugi)Rp xxxRp xxxRp xxxRp xxx-Rp xxx----Rp xxx-Rp xxx-

Rp xxx-

----Rp xxx-Rp xxxRp xxxRp xxxRp xxx-Rp xxx-Rp xxx

-Rp xxx

JumlahRp ........

Rp .........

54.Perhatikan Jurnal Penutup sebagian berikut ini! Halaman 25TglKeteranganRefDebetKredit

2012Des31

31Penjualan Retur Pembelian dan PH Potongan Pembelian Ikhtisar Laba/Rugi Ikhtisar Laba/Rugi Pembelian Retur Penjualan dan PH Potongan Penjualan Beban Angkut Pembelian Beban Gaji511412413313313411512513611612Rp.66.500.000,00Rp. 250.000,00Rp. 150.000,00-------

---Rp.66.900.000,00-Rp.36.500.000,00Rp. 350.000,00Rp. 200.000,00Rp. 550.000,00Rp. 9.000.000,00

Berdasarkan Jurnal Penutup di atas, posting yang benar adalah... .A. Nama Akun: Penjualan No. 511TanggalKeteranganRefDebetKreditSaldo

DebetKredit

2012Des131SaldoJurnal Penutup25-Rp66.500.000,00----Rp66.500.000,000

B. Nama Akun: Retur Pembelian dan PH No. 412TanggalKeteranganRefDebetKreditSaldo

DebetKredit

2012Des131SaldoJurnal Penutup25-Rp 250.000,00--Rp 250.000,00Rp 500.000,00--

C. Nama Akun: Pembelian No. 411TanggalKeteranganRefDebetKreditSaldo

DebetKredit

2012Des131SaldoJurnal Penutup25---Rp36.500.000,00-- Rp36.500.000,00 Rp73.000.000,00

D. Nama Akun: Retur Penjualan dan PH No. 512TanggalKeteranganRefDebetKreditSaldo

DebetKredit

2012Des131SaldoJurnal Penutup25-Rp 350.000,00----Rp 350.000,000

E. Nama Akun: Beban Angkut Pembelian No. 411TanggalKeteranganRefDebetKreditSaldo

DebetKredit

2012Des131SaldoJurnal Penutup25-Rp 550.000,00----Rp 550.000,000

Memasukkan data AJP dan Jurnal Penutup pada Buku Besar sehingga di Neraca Saldo Setelah Penutupan, yang masih ada hanya Saldo Akun Riil.

55.Data sebagian Neraca Saldo Disesuaikan milik PD LABA SELALU pada tanggal 31 Desember 2012:No.Nama AkunNeraca SaldoAyat Jurnal PenyesuaianNeraca Sado Disesuaikan

DKDKDK

1 Kas 1.200.000,00 ---1.200.000,00-

2 Persediaan Barang Dagangan5.000.000,00-6.000.000,005.000.000,006.000.000,00-

3 Sewa dibayar di muka1.200.000,00--800.000,00400.000,00-

4 Peralatan Toko2.500.000,00---2.500.000,00-

5 Akum. Peny. Peralatan Toko-250.000,00-50.000,00-300.000,00

6 Utang Dagang-1.500.000,00---1.500.000,00

7 Modal Chandra-10.000.000,00---10.000.000,00

8 Prive Chandra-500.000,00-500.000,00-1.000.000,00

9 Pendapatan Bunga-550.000,00-50.000,00-600.000,00

10 Beban Listrik dan Telepon150.000,00-50.000,00-200.000,00-

11 B. Penyusutan Peralatan Toko150.000,00-50.000,00-200.000,00-

Apabila PD LABA SELALU mendapatkan laba sebesar Rp21.500.000,00, maka Neraca Saldo Setelah Penutupan yang tepat adalah... .A. PD LABA SELALU NERACA SALDO SETELAH PENUTUPAN (sebagian) PER 31 DESEMBER 2012No.Nama AkunDebetKredit

1234567891011KasPersediaan Barang DaganganSewa dibayar di MukaPeralatan TokoAkumulasi Penyusutan Peralatan TokoUtang DagangModal ChandraPrive ChandraPendapatan BungaBeban Listrik dan TeleponBeban Penyusutan Peralatan TokoRp 1.200.000,00Rp 6.000.000,00Rp 400.000,00Rp 2.500.000,00---Rp 1.000.000,00-Rp 200.000,00Rp 200.000,00----Rp 300.000,00Rp 1.500.000,00Rp 10.000.000,00-Rp 600.000,00--

B. PD LABA SELALU NERACA SALDO SETELAH PENUTUPAN (sebagian) PER 31 DESEMBER 2012No.Nama AkunDebetKredit

1234567891011KasPersediaan Barang DaganganSewa dibayar di MukaPeralatan TokoAkumulasi Penyusutan Peralatan TokoUtang DagangModal ChandraPrive ChandraPendapatan BungaBeban Listrik dan TeleponBeban Penyusutan Peralatan TokoRp 1.200.000,00Rp 6.000.000,00Rp 400.000,00Rp 2.500.000,00---Rp 1.000.000,00-Rp 200.000,00Rp 200.000,00----Rp 300.000,00Rp 1.500.000,00Rp 30.500.000,00-Rp 600.000,00--

C. PD LABA SELALU NERACA SALDO SETELAH PENUTUPAN (sebagian) PER 31 DESEMBER 2012No.Nama AkunDebetKredit

1234567KasPersediaan Barang DaganganSewa dibayar di MukaPeralatan TokoAkumulasi Penyusutan Peralatan TokoUtang DagangModal ChandraRp 1.200.000,00Rp 6.000.000,00Rp 400.000,00Rp 2.500.000,00-------Rp 300.000,00Rp 1.500.000,00Rp 30.500.000,00

D. PD LABA SELALU NERACA SALDO SETELAH PENUTUPAN (sebagian) PER 31 DESEMBER 2012No.Nama AkunDebetKredit

1234567KasPersediaan Barang DaganganSewa dibayar di MukaPeralatan TokoAkumulasi Penyusutan Peralatan TokoUtang DagangModal ChandraRp 1.200.000,00Rp 6.000.000,00Rp 400.000,00Rp 2.500.000,00-------Rp 300.000,00Rp 1.500.000,00Rp 10.000.000,00

E. PD LABA SELALU NERACA SALDO SETELAH PENUTUPAN (sebagian) PER 31 DESEMBER 2012No.Nama AkunDebetKredit

12345678KasPersediaan Barang DaganganSewa dibayar di MukaPeralatan TokoAkumulasi Penyusutan Peralatan TokoUtang DagangModal ChandraPrive ChandraRp 1.200.000,00Rp 6.000.000,00Rp 400.000,00Rp 2.500.000,00---Rp 1.000.000,00----Rp 300.000,00Rp 1.500.000,00Rp 10.000.000,00-

NSSP:H dan U = tetapModal berubah = 1. Prive (modal berkurang)2. Laba (modal bertambah)3. Rugi (modal berkurang)

56. Manajemen berhubungan dengan pencapaian sesuatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain. Oleh karena itu dibutuhkan adanya penerapan fungsi manajemen.Berikut ini yang merupakan manfaat penerapan fungsi pengorganisasian adalah... A. Terhindar dari kesalahan yang mungkin terjadi.B. Meramalkan/memprediksi laba/rugi pada masa yang akan datang.C. Bawahan dan atasan bekerja sesuai keahlian masing-masing.D. Seluruh kerabat kerja mendapatkan motivasi dalam bekerja.E. Dapat membandingkan antara rencara dengan pelaksanaan.

Manfaat perencanaan di antaranya:1.membuat pelaksanaan tugas menjadi tepat dan kegiatan tiap unit akan terorganisasi menuju arah yang sama;2.akan terhindar dari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi;3.memudahkan pelaksanaan pengawasan;Pengorganisasian bermanfaat untuk:1.memungkinkan pembagian tugas sesuai dengan keadaan perusahaan;2.menciptakan spesialisasi dalam melaksanakan tugas;3.anggota organisasi mengetahui tugas-tugas yang akan dikerjakan dalam rangka mencapai tujuan.

Manfaat Actuating (Penggerakkan): menggerakkan bawahan untuk bekerja mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Manfaat Controlling (Pengawasan):1. mencegah supaya tidak terjadi kesalahan. 2. perencanaan akan sesuai dengan rencana, 3. mencegah adanya kesalahan, 4. menciptakan kondisi agar karyawan bertanggung jawab dalam melaksanakan pekerjaan, 5. mengadakan koreksi terhadap kegagalan yang timbul, dan 6. memberi jalan keluar atas suatu kesalahan.57.Ciri-ciri badan usaha:(1)Didirikan, dimodali, dan dikelola oleh satu orang. (2)Didirikan oleh dua orang atau lebih dengan nama bersama.(3)Tanggung jawab masing-masing anggota tidak terbatas. (4)Kekayaan perusahaan tidak dipisah dari kekayaan pribadi.(5)Terdapat sekutu komanditer (pasif) dan sekutu komplementer (aktif).Berdasarkan pernyataan di atas, yang termasuk ciri firma dalah... .A. (1), (2), dan (3)B. (1), (3), dan (5)C. (2), (3), dan (4)D. (2), (4), dan (5)E. (3), (4), dan (5)

A.BUMN:1.PERJAN (sampai 2003) 2.PERUM3.PERSEROB.BUMDC.BUMS:1.PERUSAHAAN PERSEORANGAN2.FIRMA3.PERSEKUTUAN KOMANDITER (CV)4.PERSEROAN TERBATAS (PT)D.KOPERASI

58.Prinsip dan Peranan Koperasi:(1)Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka(2)Pembagian sisa hasil usaha dilakukan secara adil(3)Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya(4)Berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan(5)Berusaha mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional berdasar atas azas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.(6)Pengelolaan dilakukan secara demokratisDari pernyataan di atas, yang termasuk peranan koperasi adalah... .A. (1), (2), dan (3)B. (2), (3), dan (4)C. (2), (4), dan (6)D. (3), (4), dan (5)E. (3), (5), dan (6)

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992, pasal 5 mengemukakan bahwa:1.Koperasi melaksanakan prinsip koperasi sebagai berikut:a.keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka;b.pengelolaan dilakukan secara demokratis;c.pembagian sisa hasil usaha dilakukan secara adil, sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota;d.pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal; dane.kemandirian.2.Dalam mengembangkan koperasi, maka koperasi melaksanakan pula prinsip koperasi sebagai berikut:a.pendidikan perkoperasian; danb.kerja sama antar koperasi.Pasal 4 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992, mencantumkan:Fungsi dan Peranan Koperasi adalah:1.Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan ekonomi dan sosialnya.2.Berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat.3.Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko gurunya.4.Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012 sebagai pengganti Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992, tentang Perkoperasian

59.Koperasi DUNIA LAIN memiliki data keuangan sebagai berikut: -SHU tahun berjalan Rp150.000.000,00 -Jumlah Simpanan Pokok Rp30.000.000,00-Jumlah Simpanan Wajib Rp60.000.000,00 -Jumlah penjualan selama satu tahun Rp270.000.000,00. Menurut AD/ART SHU dialokasikan untuk:- jasa modal 20% -jasa usaha 30%-jasa pengurus 15%-dana cadangan 20%-dana pendidikan 5%-dana pengembangan lingkungan 5%-dana sosial 5%

Jika Pak H. Sudirman sebagai anggota koperasi tersebut memiliki simpanan pokok sebesar Rp1.000.000,00 dan simpanan wajib Rp3.500.000,00. serta selama satu tahun telah belanja di koperasi senilai Rp6.600.000,00, maka bagian SHU yang akan diterima Pak H. Sudirman sebesar...

A. Rp1.100.000,00B. Rp1.500.000,00C. Rp2.600.000,00D. Rp3.000.000,00 E. Rp4.500.000,00

PEMBAGIAN SHU:Jasa Modal (Simpanan) = Simpanan per Anggota X % Jasa Modal Simpanan Total di Koperasi Jasa Anggota (Usaha) = Pembelian per Anggota X % Jasa Anggota Penjualan Total Koperasi (Untuk Koperasi Konsumsi)Jasa Anggota (Usaha)= Bunga per Anggota X % Jasa Modal Bunga Total Koperasi (Untuk Koperasi Simpan Pinjam)

SHU Pak H. Sudirman:

% Jasa Modal = 20% X Rp150.000.000,00 = Rp30.000.000,00% Jasa Usaha = 30% X Rp150.000.000,00 = Rp45.000.000,00

Jasa Modal= Rp4.500.000,00 X Rp30.000.000,00 = Rp1.500.000,00 Rp90.000.000,00Jasa Usaha= Rp6.600.000,00 X Rp45.000.000,00= Rp1.100.000,00 + Rp270.000.000,00 Rp2.600.000,00

60.Pak H. Surana memiliki lahan yang sangat luas dan mengandung pasir hitam. Oleh karena itu, beliau mengambil langkah-langkah yang sesuai untuk memanfaatkan pasir yang ada di lahannya sehingga lebih bernilai ekonomis.Dari contoh di atas, peran wirausaha yang dilaksanakan Pak Surana adalah... .A.Memecahkan masalah ketenagakerjaan (mengurangi pengangguran).B.Membangun perekonomian nasional dengan tidak membebani pemerintah dan masyarakat.C.Meningkatkan pendapatan masyarakat.D.Meningkatkan produktivitas faktor-faktor produksi.E.Mengambil resiko dan percaya pada diri sendiri

Peranan Wirausaha:1.Sebagai salah satu jalan keluar untuk memecahkan masalah ketenagakerjaan (mengurangi pengangguran).2.Turut membangun perekonomian nasional dengan tidak membebani pemerintah dan masyarakat.3.Meningkatkan pendapatan masyarakat.4.Meningkatkan produktivitas faktor-faktor produksi.

KUNCI JAWABAN TO Mata Pelajaran Ekonomi

No.KunciNo.KunciNo.KunciNo.KunciNo.KunciNo.Kunci

1.C11.A21.A31.A41.E51.B

2.D12.D22.E32.D42.B52.E

3.B13.B23.B33.C43.D53.C

4.B14.B24.E34.E44.E54.A

5.A15.A25.B35.D45.C55.C

6.B16.C26.D36.E46.D56.C

7.D17.E27.B37.C47.D57.C

8.E18.A28.B38.E48.B58.D

9.B19.B29.D39.B49.E59.C

10.B20.A30.A40.E50.B60.D

34

Sheet1Pendapatan per kapita =Pendapatan NasionalJumlah Penduduk