tugas termodinamika 115524239

4
NAMA : ANISA NOVI ALFIYANA NIM : 115524239 TUGAS TERMODONAMIKA 1. Kesimpulannya yaitu untuk merencanakan sebuah perencanaan yang optimal dalam memenfaatkan energi telah dikembangkan dalam berbagai konsep yang salah satunya analisis energi berdasarkan pada hukum termodinamika. Hukum termodinamika 1 menyebutkan bahwa “ energi tidak dapat diciptakan, tetapi dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain “. Bentuk – bentuk energi tersebut yaitu energi kimia, energi panas, energi mekanis, energi listrik, energi nuklir, energi gelombang elektromagnetik, energi gaya magnit, dan lain – lain. 2. Contoh aplikasi atau penerapan dari Hukum 1 Termodinamika Proses Isobarik ( Tekanan Tetap ) untuk sistem gas ideal Proses isokhorik ( Volume Tetap ) untuk sistem gas ideal W = i f PdV=P ( V f V i ) Q= T i T f C p dT ΔU = T i T f C p dT P ( V f V i ) W = i f PdV=0 ΔU =Q= T i T f C V dT

Upload: anisa-novi-alfiyana

Post on 28-Dec-2015

6 views

Category:

Documents


3 download

TRANSCRIPT

Page 1: TUGAS TERMODINAMIKA 115524239

NAMA : ANISA NOVI ALFIYANA

NIM : 115524239

TUGAS TERMODONAMIKA

1. Kesimpulannya yaitu untuk merencanakan sebuah perencanaan yang optimal dalam memenfaatkan energi telah dikembangkan dalam berbagai konsep yang salah satunya analisis energi berdasarkan pada hukum termodinamika. Hukum termodinamika 1 menyebutkan bahwa “ energi tidak dapat diciptakan, tetapi dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain “. Bentuk – bentuk energi tersebut yaitu energi kimia, energi panas, energi mekanis, energi listrik, energi nuklir, energi gelombang elektromagnetik, energi gaya magnit, dan lain – lain.

2. Contoh aplikasi atau penerapan dari Hukum 1 Termodinamika

Proses Isobarik ( Tekanan Tetap ) untuk sistem gas ideal

Proses isokhorik ( Volume Tetap ) untuk sistem gas ideal

Proses Isotermal ( Temperatur Tetap ) utuk sistem gas ideal

W=∫i

f

PdV=P (V f−V i )

Q=∫T i

T f

C p dT

ΔU=∫T i

Tf

C pdT−P (V f−V i)

W=∫i

f

PdV=0

ΔU=Q=∫T i

T f

CV dT

ΔU=∫T i

T f

CV dT =0⇒Q=W

Page 2: TUGAS TERMODINAMIKA 115524239

Selanjutnya dari persamaan gas ideal :

Proses Adibatik ( tidak ada pertukaran kalor ) untuk gas ideal.

Selanjutnya dari persamaan gas ideal :

Proses Adibatik ( Sambungan )

Mengingat :

Dengn proses demikian didapat :

PV=nRT=kons tan ⇒P=nRTV

=C0

V

Q=W=∫i

f

PdV=∫i

fnRTV

dV=nRT ln(V fV i )=NkT ln (V fV i )

Q=0⇒ ΔU=−W

dU=CV dT

dW=PdV=nRTV

dV⇒nRTV

dV=−CV dT

dVV

=−CVnR

dTT

⇒ lnV=−CVnR

lnT+kons tan

C p−CV=nR

CV (γ−1 )=nR⇒CVnR

=−(1(γ−1 ) )

lnV=−(1( γ−1 ) ) lnT +kons tan

lnTV γ−1=C=kons tan

PVnRV γ−1=C=kons tan⇒ PV γ=C1=kons tan

Page 3: TUGAS TERMODINAMIKA 115524239

Aplikasi hukum trmodinamika 1

Termodinamika sudah sangat tidak asing didalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali peristiwa termodinamika yang terjadi dalam kehidupan. Sebagai contohnya perubahan suhu yang terdapat pada badan kita, kemudian beberapa peralatan rumah tangga yang menggunakan konsep termodinamika dan beberapa peralatan lainnya. Dimana Hukum pertama termodinamika menyatakan bahwa untuk setiap proses apabila kalor (Q) diberi kepada sistem dan sistem melakukan usaha (w) maka akan terjadi dala penambahan energi dalam (ΔU).

Sedangkan peranan dalam kehidupan sehari-hari adalah

1. Mesin kendaraan bermotor, pembakaran di dalam ruang piston adalah konsep termodinamika di mana panas yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar memuaikan ruang piston dan mendorong piston hingga terjadi siklus yang konstan.

2. Radiator mesin, konveksi dengan fluida yang memindahkan panas dari mesin dan membuangnya ke luar mesin; konsep perpindahan panas secara konduksi dan konveksi.

3. AC, udara panas dikeluarkan dari ruangan dan udara dingin dimasukkan ke dalam ruangan. Udara dari luar didinginkan dengan memndahkan panas dari udara yang dimasukkan tersebut menggunakan reversed carnot cycle.

4. Lemari es, panas dipindahkan dari ruang lemari es dengan memanfaatkan siklus yang dilakukan oleh semacam fluida dengan bantuan kompressor, fluida tersebut memindahkan panas dari ruang lemari es dan membuangnya di belakang lemari es; konsep reversed carnot cycle.

5. Dan lain – lain