tugas fisiologi era anggoro kusuma ningrum (09020028)

16
Definisi Memori Memori adalah penyimpanan dari pengetahuan yang diperoleh agar dapat diingat kembali ( Sherwood, 2010). Selain itu, memori juga merupakan perubahan senyawa kimia pada pre synaptic terminal dan post synaptic membrane (Guyton & Hall,2006) Klasifikasi memori 1. memori jangka pendek Memori jangka pendek ini disebabkan oleh perubahan sementara fungsi pre synaptic, sehingga terjadi aktivitas syaraf yang berjalan terus menerus. Signal syaraf ini berjalan keliling didal;am sirkulasi sementara. Selain informasi yang disimpan disini mempunyai dua kemungkinan yaitu sama ada akan dilupakan atau ditinggalkan kesimpanan memori jangka panjang (Guyton & Hall,2006; Sherwood, 2010) 2. Perantara Memori Jangka Panjang System ini terjadi disebabkan terdapatny aperubahn sementara bahan kimia dan fisika pada pre sipnaptic terminal dan post sinaptik membrane. Memori yang tersimpan disini mampu bertahan Selma beberapa menit hingga beberapa minggu dan akan hilang kecuali terbentuknya jejak memori (Guyton & Hall,2006) 3. .Memeori Jangka Panjang

Upload: mohammad-zianuddin

Post on 26-Sep-2015

36 views

Category:

Documents


11 download

DESCRIPTION

mcndznvfnslvnklnklfsklnrklbgnvklzncnfvklfnvklnfdnvnklbzrhugfregahuhesoihgr;uhsg'iohs;kgkjhgkjrgkjd;sm,hvjkdbjs

TRANSCRIPT

Definisi Memori

Memori adalah penyimpanan dari pengetahuan yang diperoleh agar dapat diingat kembali ( Sherwood, 2010). Selain itu, memori juga merupakan perubahan senyawa kimia pada pre synaptic terminal dan post synaptic membrane (Guyton & Hall,2006) Klasifikasi memori

1. memori jangka pendek

Memori jangka pendek ini disebabkan oleh perubahan sementara fungsi pre synaptic, sehingga terjadi aktivitas syaraf yang berjalan terus menerus. Signal syaraf ini berjalan keliling didal;am sirkulasi sementara. Selain informasi yang disimpan disini mempunyai dua kemungkinan yaitu sama ada akan dilupakan atau ditinggalkan kesimpanan memori jangka panjang (Guyton & Hall,2006; Sherwood, 2010)

2. Perantara Memori Jangka Panjang

System ini terjadi disebabkan terdapatny aperubahn sementara bahan kimia dan fisika pada pre sipnaptic terminal dan post sinaptik membrane. Memori yang tersimpan disini mampu bertahan Selma beberapa menit hingga beberapa minggu dan akan hilang kecuali terbentuknya jejak memori (Guyton & Hall,2006)

3. .Memeori Jangka Panjang

Memeori jangka panjang disebabkan oleh perubahan structural dan fungsi yang berlaku di presinape secara pewrmanen yang menyebabkan peningkatan skesineurotransmiter yang dilepaskan. Selain memori yang disimpan disini, mampu bertahan beberapa hari hingga tahun. (Guyton & Hall,2006).

Tabel perbandi8ngan memori jangka pendek dan memori jangka panjang

Skema kebarangkalian pathway untuk memori jangka panjang ( Sherwood, 2010)Bagian Bagian Otak

Sistem saraf merupakan pusat keputusan dan komunikasi tubuh. Sistem saraf pusat (SSP) terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang dan sistem saraf perifer yang terbuat dari serabut saraf. Bersama-sama mereka mengontrol setiap bagian dari kehidupan sehari-hari kita, dari bernafas, berkedip hingga membantu mengingat informasi.

Saraf menjalar dari otak ke wajah, telinga, mata, hidung, dan sumsum tulang belakang dan dari sumsum tulang belakang ke seluruh tubuh. Saraf sensorik mengumpulkan informasi dari lingkungan, lalu mengirimkan informasi tersebut ke sumsum tulang belakang, yang kemudian mempercepat pesan ke otak. Otak kemudian menerima pesan tersebut dan memberikan respon. Neuron motorik memberikan instruksi dari otak ke seluruh tubuh.

Sumsum tulang belakang, yang terbuat dari seikat saraf yang menjalar naik dan turun tulang belakang, mirip dengan superhighway, bertugas mempercepat pesan ke dan dari otak di setiap detiknya.Otak mempunyai lima bagian utama, yaitu: otak besar (serebrum), otak tengah (mesensefalon), otak kecil (serebelum), sumsum sambung ( medula oblongata), dan jembatan varol ( pons varolii). Perhatikan gambar 8.11.

Bagian-bagian Otak Manusia Dan Fungsinya

a) Otak besar (serebrum)Otak besar mempunyai fungsi dalam pengaturan semua aktivitas mental, yaitu yang berkaitan dengan kepandaian (intelegensi), ingatan (memori), kesadaran, dan pertimbangan. Otak besar merupakan sumber dari semua kegiatan/gerakan sadar atau sesuai dengan kehendak, walaupun ada juga beberapa gerakan re eks otak. Pada bagian korteks serebrum yang berwarna kelabu terdapat bagian penerima rangsang (area sensor) yang terletak di sebelah belakang area motor yang berfungsi mengatur gerakan sadar atau merespon rangsangan.

Bagian-bagian Otak Manusia Dan Fungsinya

Selain itu, terdapat area asosiasi yang menghubungkan area motor dan sensorik. Area ini berperan dalam proses belajar, me nyimpan ingatan, membuat kesimpulan, dan belajar berbagai bahasa. Di sekitar kedua area tersebut adalah bagian yang mengatur kegiatan psikologi yang lebih tinggi.

Misalnya bagian depan merupakan pusat proses berpikir, yaitu mengingat, analisis, berbicara, kreativitas, dan emosi. Pusat penglihatan terdapat di bagian belakang.

Apa fungsi masing-masing dari lobus? Lobus frontal-terkait dengan penalaran, perencanaan, bagian bicara, gerakan, emosi, dan pemecahan masalah merupakan bagian lobus yang ada dipaling depan dari Otak Besar. Lobus ini berhubungan dengan kemampuan membuat alasan, kemampuan gerak, kognisi, perencanaan, penyelesaian masalah, memberi penilaian, kreativitas, kontrol perasaan, kontrol perilaku seksual dan kemampuan bahasa secara umum.

Lobus parietal-terkait dengan gerakan, persepsi, pengenalan orientasi, dan rangsangan berada di tengah, berhubungan dengan proses sensor perasaan seperti tekanan, sentuhan dan rasa sakit.

Lobus oksipital-terkait dengan pemrosesan visual ada di bagian paling belakang, berhubungan dengan rangsangan visual yang memungkinkan manusia mampu melakukan interpretasi terhadap objek yang ditangkap oleh retina mata.

Lobus temporal-terkait dengan persepsi dan pengenalan rangsangan pendengaran, memori, dan bicara. berada di bagian bawah berhubungan dengan kemampuan pendengaran, pemaknaan informasi dan bahasa dalam bentuk suara.

b) Otak tengah (mesensefalon)Otak tengah terletak di depan otak kecil dan jembatan varol. Di depan otak tengah terdapat talamus dan kelenjar hipo sis yang mengatur kerja kelenjar-kelenjar endokrin. Bagian atas (dorsal) otak tengah merupakan lobus optikus yang mengatur re eks mata seperti penyempitan pupil mata, dan juga merupakan pusat pendengaran.

c) Otak kecil (serebelum)Serebelum mempunyai fungsi utama dalam koordinasi gerakan otot yang terjadi secara sadar, keseimbangan, dan posisi tubuh. Bila ada rangsangan yang merugikan atau berbahaya, maka gerakan sadar yang normal tidak mungkin dilaksanakan.

Otak Kecil atau Cerebellum terletak di bagian belakang kepala, dekat dengan ujung leher bagian atas. Cerebellum mengontrol banyak fungsi otomatis otak, diantaranya: mengatur sikap atau posisi tubuh, mengkontrol keseimbangan, koordinasi otot dan gerakan tubuh. Otak Kecil juga menyimpan dan melaksanakan serangkaian gerakan otomatis yang dipelajari seperti gerakan mengendarai mobil, gerakan tangan saat menulis, gerakan mengunci pintu dan sebagainya.

Jika terjadi cedera pada otak kecil, dapat mengakibatkan gangguan pada sikap dan koordinasi gerak otot. Gerakan menjadi tidak terkoordinasi, misalnya orang tersebut tidak mampu memasukkan makanan ke dalam mulutnya atau tidak mampu mengancingkan baju.

Bagian-bagian Otak Manusia Dan Fungsinyad) Jembatan varol (pons varolii)Jembatan varol berisi serabut saraf yang menghubungkan otak kecil bagian kiri dan kanan, juga menghubungkan otak besar dan sumsum tulang belakang.

e) Sumsum sambung (medula oblongata)Sumsum sambung berfungsi menghantar impuls yang datang dari medula spinalis menuju ke otak. Sumsum sambung juga mengatur gerak re eks siologi, seperti detak jantung, tekanan darah, volume, dan kecepatan respirasi, gerak alat pencernaan, dan sekresi kelenjar pencernaan. Selain itu, sumsum sambung juga mengatur gerak refleks yang lain, seperti bersin, batuk, dan berkedip.

Bagian otak manusia memiliki fungsi seperti berikut ini :

Korteks serebralmerupakan bagian terbesar dalam otak manusia yang dianggap sebagai sentral pemikiran yang kompleks. Bagian lobus frontal berhubungan dengan fungsi tingkat tinggi seperti pengendalian diri, perencanaan, logika dan pemikiran abstrak. Pemrosesan visual terjadi di lobus oksipital. Lobus temporal memproses suara dan bahasa yang termasuk juga hipokampus dan amigdala dengan fungsi otak manusia untukk memainkan peran dalam memori emosi. Lobus parietalis mengintegrasikan masukan dari indera yang berbeda dan penting untuk orientasi spasial dan navigasi.

Batang otakmenghubungkan ke sumsum tulang belakang dan terdiri dari medulla oblongata, pons dan otak tengah. Fungsi bagian otak manusia ini utama dari batang otak ini meliputi : menyampaikan informasi antara otak dan tubuh, memasok beberapa saraf kranial ke wajah dan kepala dan melakukan fungsi penting dalam mengendalikan jantung, pernapasan dan kesadaran.

Thalamus dan hipotalamusyang terletak antara otak dan batang otak. Thalamus menyampaikan sinyal sensorik dan motorik ke korteks dan terlibat dalam mengatur kesadaran, tidur dan kewaspadaan. Fungsi otak manusia bagian Hipotalamus akan menghubungkan sistem saraf dengan sistem endokrin, di mana hormon diproduksi melalui kelenjar pituitari.

Cerebellumterletak di bawah otak besar dan memiliki fungsi penting dalam mengontrol motorik. Fungsi bagian otak manusia ini memainkan peran dalam koordinasi dan keseimbangan, yang juga memungkinkan untuk memiliki beberapa fungsi kognitif.

f) Brainstem (Batang Otak)

Batang otak (brainstem) berada di dalam tulang tengkorak atau rongga kepala bagian dasar dan memanjang sampai ke tulang punggung atau sumsum tulang belakang. Bagian otak ini mengatur fungsi dasar manusia termasuk pernapasan, denyut jantung, mengatur suhu tubuh, mengatur proses pencernaan, dan merupakan sumber insting dasar manusia yaitu fight or flight (lawan atau lari) saat datangnya bahaya.

Batang otak dijumpai juga pada hewan seperti kadal dan buaya. Oleh karena itu, batang otak sering juga disebut dengan otak reptil. Otak reptil mengatur perasaan teritorial sebagai insting primitif. Contohnya anda akan merasa tidak nyaman atau terancam ketika orang yang tidak Anda kenal terlalu dekat dengan anda.

Batang Otak terdiri dari tiga bagian, yaitu:

Mesencephalon atau Otak Tengah (disebut juga Mid Brain) adalah bagian teratas dari batang otak yang menghubungkan Otak Besar dan Otak Kecil. Otak tengah berfungsi dalam hal mengontrol respon penglihatan, gerakan mata, pembesaran pupil mata, mengatur gerakan tubuh dan pendengaran.

Medulla oblongata adalah titik awal saraf tulang belakang dari sebelah kiri badan menuju bagian kanan badan, begitu juga sebaliknya. Medulla mengontrol funsi otomatis otak, seperti detak jantung, sirkulasi darah, pernafasan, dan pencernaan.

Pons merupakan stasiun pemancar yang mengirimkan data ke pusat otak bersama dengan formasi reticular. Pons yang menentukan apakah kita terjaga atau tertidur.

g. Limbic System (Sistem Limbik)

Sistem limbik terletak di bagian tengah otak, membungkus batang otak ibarat kerah baju. Limbik berasal dari bahasa latin yang berarti kerah. Bagian otak ini sama dimiliki juga oleh hewan mamalia sehingga sering disebut dengan otak mamalia. Komponen limbik antara lain hipotalamus, thalamus, amigdala, hipocampus dan korteks limbik. Sistem limbik berfungsi menghasilkan perasaan, mengatur produksi hormon, memelihara homeostasis, rasa haus, rasa lapar, dorongan seks, pusat rasa senang, metabolisme dan juga memori jangka panjang.

Bagian terpenting dari Limbik Sistem adalah Hipotalamus yang salah satu fungsinya adalah bagian memutuskan mana yang perlu mendapat perhatian dan mana yang tidak. Misalnya Anda lebih memperhatikan anak Anda sendiri dibanding dengan anak orang yang tidak Anda kenal. Mengapa? Karena Anda punya hubungan emosional yang kuat dengan anak Anda. Begitu juga, ketika Anda membenci seseorang, Anda malah sering memperhatikan atau mengingatkan. Hal ini terjadi karena Anda punya hubungan emosional dengan orang yang Anda benci.

Sistem limbik menyimpan banyak informasi yang tak tersentuh oleh indera. Dialah yang lazim disebut sebagai otak emosi atau tempat bersemayamnya rasa cinta dan kejujuran. Carl Gustav Jung menyebutnya sebagai Alam Bawah Sadar atau ketidaksadaran kolektif, yang diwujudkan dalam perilaku baik seperti menolong orang dan perilaku tulus lainnya. LeDoux mengistilahkan sistem limbik ini sebagai tempat duduk bagi semua nafsu manusia, tempat bermuaranya cinta, penghargaan dan kejujuran.Sensoris dan Motoris

Sistem saraf mengontrol semua aktivitas tubuh, baik sadar dan tidak sadar. Sistem saraf somatik mengatur semua kegiatan yang dikendalikan secara sadar seperti berjalan, berbicara dll sedangkan sistem saraf otonom mengontrol kegiatan di bawah kontrol tidak sadar, seperti pencernaan, pelebaran pembuluh darah, dll. Semua aktivitas tubuh diatur pada dasarnya melalui jaringan saraf dengan menghubungkan serabut saraf, yang berasal dari sistem saraf pusat dan membuat sistem saraf perifer.

Perbedaan antara Saraf sensorik dan motorik

Ada tiga jenis serabut saraf; saraf sensorik, saraf motorik, dan saraf penghubung. Saraf ini diperbolehkan untuk mentransfer impuls sensorik dan motorik dalam sistem saraf.

Saraf sensorik

Saraf sensorik yang cukup kompleks dan bertanggung jawab untuk membawa informasi sensorik dari organ sensorik ke sistem saraf pusat. Ada banyak jenis saraf sensorik dalam sistem saraf manusia. Salah satu jenis yang membuat retina mata, sehingga bertanggung jawab untuk penglihatan. Jenis lain adalah bertanggung jawab atas mekanisme pendengaran dan keseimbangan di telinga. Lainnya berada di dalam kulit, otot, sendi, paru-paru, dan organ lainnya. Ada saraf sensorik khusus untuk mendeteksi sensasi seperti panas, dingin, posisi, gerakan, tekanan, rasa sakit, keseimbangan, ringan, rasa dll reseptor saraf sensorik mendeteksi sensasi dan mengirimkan melalui saraf sensorik ke sistem saraf pusat. Proses ini dikoordinasi oleh neuron sensorik, yang terletak di sepanjang jalur konduksi saraf.

Saraf motorik

Saraf motorik menghubungkan sistem saraf pusat dan otot dalam tubuh, melalui neuron motorik, di mana saraf motorik berasal. Badan sel untuk setiap saraf terletak pada sumsum tulang belakang. Setiap saraf motorik menghubungkan otot tertentu dalam tubuh, dan membawa impuls, yang menyebabkan otot berkontraksi.

Perbedaan antara Saraf sensorik dan motorik1. saraf sensorik membawa impuls sensorik dari tubuh ke sistem saraf pusat, sedangkan saraf motorik membawa impuls motorik dari sistem saraf pusat ke otot-otot tubuh.

2. Saraf sensorik muncul dari neuron sensorik, sedangkan saraf motorik timbul dari neuron motorik.

3. saraf sensorik membawa impuls terhadap sistem saraf pusat, sementara saraf motorik membawa impuls dari sistem saraf pusat.