tugas bioteknologi lingkungan 3 2014

Upload: anastasia-natalisa

Post on 07-Jul-2018

213 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

  • 8/18/2019 Tugas Bioteknologi Lingkungan 3 2014

    1/1

    Tugas bioteknologi Lingkungan Jumat, 9 Mei 2014

    1. Untuk mengetahui konsentrasi mikroorganisma pada kultur tercampur(mixed culture ) digunakan persamaan Monod. Turunkan persamaan

    tersebut untuk bisa digunakan:a. Menghitung kecepatan pertumbuhan biomasa dalam situasi substrat

    berlebih (S >> K S) dan dalam situasi substrat terbatas/ limited substrate(S K S)

    b. Menghitung kecepatan pengurangan/utilisasi substrat (!dS/dt) denganmenganggap konstanta kecepatan pembusukan (kd) " #. $ersentasinilai nomor 1 " %#&.

    %. Mikroba 'ang digunakan sebagai starter ( starter cultures ) dapatdiaplikasikan dalam pengolahan limbah domestik/limbah rumah tanggadan uga dalam pengolahan limbah industri 'ang spesi k/tidak umumdi umpai atau limbah limpahan bahan!bahan kimia. $eman*aatan starterdari mikroba ini di umpai dalam rangka memperpendek +aktu a+al ( start-up time ) sebelum sistem pengolahan limbah dapat digunakan. ,elaskanpern'ataan ini dengan mengkaitkan aplikasin'a pada industri susu- ke u-'oghur ( dairy industry ) di US . (%#&)

    . ,elaskan masing!masing keunggulan dan kekurangan sistem pengolahansecara aerobik dan anaerobik beserta dengan masing!masing contohteknologin'a0 ( #&)

    . Sebutkan tiga kelompok mikroorganisme 'ang terlibat dalam pengolahanlimbah secara anaerobik beserta dengan kemampuan mengkon2ersisen'a+a dalam limbah dan reaksin'a0 (%#&)