tata ibadah 24 des 2013

11
TATA IBADAH MALAM KUDUS, JUMAT 24 DESEMBER 2013 GPID EFRATA SEGARASARI MASI I. PEMBUKAAN Majelis : Jemaat yang dikasihi oleh Allah di dalam Yesus Kristus, marilah kita mengarahkan hati dan pikiran kepada Allah untuk masuk dalam ibadah perayaan Malam Kudus ini. Segala pujian dan syukur kita persembahkan bagiNya yang mengasihi kita, yang memberikan anakNya Yesus Kristus menjadi sama dengan manusia untuk menyelamatkan kita semua. Kita bersama- sama berdiri dan bernyanyi dari nyanyian : KJ. 109 HAI MARI, BERHIMPUN 1. Hai mari, berhimpun dan bersukaria! Hai mari semua ke Betlehem! Lihat yang lahir, Raja Balasorga! Sembah dan puji Dia, sembah dan puji Dia, Sembah dan puji Dia, Tuhanmu! 2. Terang yang ilahi, Allah yang sejati, t’lah turun menjadi manusia. Allah sendiri dalam rupa insan! Sembah dan puji Dia, Tuhanmu! II. VOTUM DAN SALAM P : Kemuliaan bagi Allah di tempat yang maha tinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepadaNya. Ibadah Malam kudus ini ditahbiskan dalama nama Allah Bapa, Anaknya Yesus Kristus dan kuasa Roh Kudus, Amin.

Upload: putu-nehemia

Post on 26-Nov-2015

30 views

Category:

Documents


8 download

DESCRIPTION

Contoh tata ibadah NatalSemoga bermanfaatTuhan Yesus Memberkati

TRANSCRIPT

TATA IBADAH MALAM KUDUS, JUMAT 24 DESEMBER 2013

GPID EFRATA SEGARASARI MASII. PEMBUKAAN

Majelis : Jemaat yang dikasihi oleh Allah di dalam Yesus Kristus, marilah kita mengarahkan hati dan pikiran kepada Allah untuk masuk dalam ibadah perayaan Malam Kudus ini. Segala pujian dan syukur kita persembahkan bagiNya yang mengasihi kita, yang memberikan anakNya Yesus Kristus menjadi samadengan manusia untuk menyelamatkan kita semua. Kita bersama-sama berdiri dan bernyanyi dari nyanyian:

KJ. 109 HAI MARI, BERHIMPUN1. Hai mari, berhimpun dan bersukaria!Hai mari semua ke Betlehem!Lihat yang lahir, Raja Balasorga!Sembah dan puji Dia, sembah dan puji Dia,Sembah dan puji Dia, Tuhanmu!2. Terang yang ilahi, Allah yang sejati,tlah turun menjadi manusia.Allah sendiri dalam rupa insan!Sembah dan puji Dia, Tuhanmu!

II. VOTUM DAN SALAM

P: Kemuliaan bagi Allah di tempat yang maha tinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepadaNya. Ibadah Malam kudus ini ditahbiskan dalama nama Allah Bapa, Anaknya Yesus Kristus dan kuasa Roh Kudus, Amin.

Bersukacitalah dan muliakanlah Allah sebab diberikanNya keselamatan bagi kita

J : Jiwaku memuliakan Allah dan hatiku bergembira karena Yesus Juru Slamatku.

P : Lihatlah dan kecaplah betapa baiknya Tuhan

J : Sebab Ia telah melawat umatNya, sesungguhnya Tuhan itu Pengasih dan Penyayang.

P : Semoga lawatan Allah dalam Yesus Kristus, yang kita rayakan saat ini meneguhkan, menguatkan iman dan pengharapan kita selama-lamanya.

P & J : Haleluya, segala kemuliaan hanya bagi Allah, amin.

(jemaat duduk)

Memuji Tuhan dengan nyanyian:

KJ. 101 ALAM RAYA BERKUMANDANG1. Alam raya berkumandang oleh pujian mulia;dari gunung, dari padang kidung malaikat bergema:Gloria in excelsis Deo! Gloria in excelcis Deo!2. Hai gembala, karna apa sambutan ini menggegar?Bagi Maharaja siapa sorak sorgawi terdengar?Gloria in excelsis Deo! Gloria in excelcis Deo!

III. ORASI NATAL

Pewarta I: Inilah berita yang kami dengar. Hanya kepada Dialah kami percaya. Kuasa tangan-Nya nyata benar dalam kehidupan kita. Dialah tunas yang tumbuh di hadapan Tuhan. Tunas yang muncul dari tanah kering, dari hati manusia yang paling gersang, dari kehidupan manusia yang paling suram, hina dan penuh dosa.

Pewarta II: Ia datang dengan segala kerendahan. Tanpa warna yang gemerlapan. Dengan rupa yang sederhana, membuat kami ingin memilikinya. Dialah Yesus, anak Daud, tunas yang tumbuh di Betlehem dan di hati kita manusia.

Pendengar I: Berita itu bagi kita. Tetapi kini kita malah menjadi berita. Ketika natal dirayakan oleh para koruptur, ketika natal di rendahkan oleh pelecehan seksual, kekerasan, pembantaian hak asasi manusia, perampasan terhadap kebebesan tenaga kerja yang menjadi budak, dan ketika keadilan digulingkan.

Pendengar II:Itu bukan natal. Natal bukan untuk mereka yang bermuka dua. Damai sejahtera Allah bukan bagi mereka yang makan kenyang di atas meja dan membiarkan saudaranya menggigit remah yang jatuh dari mejanya. Pantas saja Allah murka; bencana seolah tak berhenti hingga kita meradang dan merintih. Anak-anak natal menangis menanggung aib orang tuanya.

Peziarah: Kita mesti ke Betlehem. Melihat Sang Bayi natal agar kita berhenti saling membenci, agar kita kembali ke jalan yang benar karena sekali kita meminta Ia akan memberi, sekali kita mengetuk pintu palungan terbuka. Kita mesti membawa berita Betlehem bukan untuk kita saja tapi untuk semua orang agar disetiap lorong berucap pengharapan : Kami mau di dalam Yesus dan Yesus di dalam kami.

Nyanyian : KJ. 96 : 1 DI MALAM SUNYI BERGEMADimalam sunyi bergema, nyanyian mulia

Malaikat turun mendekat dengan beritanya

Sejahtra bagi dunia, tlah datang Penebus

Heninglah bumi mendengar, nyanyian yang kudus

IV. PUJI-PUJIAN

P : Terpujilah Allah yang memberi kelepasan bagi kita. Ia menumbuhkan sebuah tanduk keselamatan bagi kita di dalam keturunan Daud hambaNya itu.

J : Seperti yang telah difirmankanNya sejak purbakala, oleh mulut nabi-nabiNya yang kudus

P : Untuk melepaskan kita dari musuh-musuh kita dan dari tangan semua orang yang membenci kita

J : Untuk menunjukkan rahmatNya kepada nenek moyang kita dan mengingat akan perjanjianNya yang kudus yaitu sumpah yang diucapkanNya kepada Abraham bapa leluhur kita

P : Bahwa Ia mengaruniai kita, supaya kita terlepas dari tangan musuh, dapat beribadah kepadaNya tanpa takut, dalam kekudusan dan kebenaran di hadapanNya seumur hidup kita.

J : Dan Yohanes nabi Allah yang maha tinggi telah berjalan mendahului Tuhan untuk mempersiapkan jalan bagiNya, untuk memberikan kepada umatNya pengertian akan keselamatan yang berdasarkan pengampunan dosa-dosa.

P :Oleh rahmat dan belas kasihan dari Allah kita dengan mana Ia melawat kita Surya pagi dari tempatyang tinggi, untuk menyinari kita yang diam dalam kegelapan dan dalam naungan maut, untuk mengarahkan kaki kita kepada jalan damai sejahtera.

P & J : Haleluyah

Bernyanyi Kidung jemaat No: 76 : 1 & 2Kau Yang Lama Di NantikanKau yang lama dinantikan, Juru Slamat datanglah

Agar kami Kau sucikan, dari dosa dan celah

UmatMu tetap Kau tuntun, Kau harapan kamipun

Bangsa dunia menunggu penghiburan kasihMu

(2) Raja mulia Kau Lahir bagai anak yang lembut

Agar kami Kau ajari kasih kerajaan Mu

Pimpin kami oleh rohMu hatipun perintahlah

Dan demi korban darahMu Brilah damai yang baka

V. PENGAKUAN DOSA DAN BERITA PENGAMPUNAN

Kaum Bapak: Di Malam Kudus ini ya Tuhan, kami datang ke rumahMu, menaikkan syukur dan puji bagiMu. Juga kami mau mengakui bahwa sebagai Bapak dan imam dalam keluarga kami tidak selalu berlaku baik. Kami sering mengabaikan tanggung jawab kami kepada isteri dan anak-anak kami, kasihanilah kami ya Allah.Kaum ibu : Sebagai ibu dalam rumah tangga, kami mengaku bahwa kami pun berdosa di hadapanMu yaAllah, karena kami sering tidak sabar, kami bersungut-sungut dengan keadaan yang kamialami, kami tidak bersyukur dalam semua keadaan, kasihanilah kami ya Allah.Anak-anak:Ya Tuhan, ampunilah kami, karena sebagai anak-anak, kami sering melawan orangtua kami, kami tidak menghormati mereka seperti perintahMu bagi kami

Semua: Kami telah sadar bahwa di Malam Kudus ini, kami patut mengakui dosa kami dan saling mengampuni, agar di Malam Kudus ini, kami pun menjadi kudus karena kasih dan pengampunanMu ya Allah.

Pendeta: Orang yang sungguh-sungguh mengakui dosanya dan mau hidup dalam tuntunan Roh Allah akan diselamatkanNya. Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat Terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman atasnya Terang telah bersinar. Hiduplah di dalam Terang Kristus, dengan taat, setia dan dengar-dengaran kepadaNya. (Bnd. Yoh. 1:9).

Memuji Tuhan dengan nyanyian KJ NO: 112 1 & 2ANAK MARIA DALAM PALUNGAN

Anak maria dalam palungan miskin dan hina namun besar

Rela sengsara bagi manusia dihapuskannya dosa cemar

hidupNya suci waktu di dunia hatiNya murni dan merendah kini mulia penebus kita musuhNya tunduk selamanyaVI. PELAYANAN FIRMAN

DOA PEMBACAAN

PEMBACAAN ALKITAB

VII. PROSESI NATAL

Menyanyikan Kidung Jemaat 92:1-3, Malam Kudus(Lampu diredupkan, lilin dipasang)

1. Malam kudus, sunyi senyap; dunia terlelap.Hanya dua berjaga terus ayah bunda mesra dan kudus;Anak tidur tenang, Anak tidur tenang.2. Malam kudus, sunyi senyap. Kabar Baik menggegap;bala sorga menyanyikannya, kaum gembala menyaksikannya:Lahir Raja Syalom, lahir Raja Syalom!3. Malam kudus, sunyi senyap. Kurnia dan berkattercermin bagi kami terus di wajahMu, ya Anak kudus,cinta kasih kekal, cinta kasih kekal.

(lampu dinyalakan kembali)VIII. KHOTBAH

XI. PENGKUAN IMAN

PS/VG

X. MEMBERI PERSEMBAHAN

P: Pada saat kelahiran Yesus, nun jauh di sebelah timur datanglah orang-orang majus. Kegembiraan dan kesukacitaan sungguh tak terkatakan dan mereka menjawabnya dengan mempersembahkan sesuatu yang terindah dan berharga: hati yang rendah bahkan emas, kemenyan dan mur. Marilah kita terus belajar untuk mempersembahkan yang terbaik bagi Tuhan.Menyanyi Kidung Jemaat No: 99 1-3GITA SORGA BERGEMA

1. Gita sorga bergema, Lahir Raja mulia!Damai dan sejahtera turun dalam dunia.Bangsa-bangsa, bangkitlah dan bersoraklah serta,Permaklumkan Kabar Baik; Lahir Kristus, Trang ajaib!Gita sorga bergema, Lahir Raja mulia!2. Yang di sorga disembah Kristus, Raja yang baka,lahir dalam dunia dan Maria bundaNya.Dalam daging dikenal Firman Allah yang kekal;dalam Anak yang kecil nyatalah Imanuel!Gita sorga bergema, Lahir Raja mulia!3. Raja Damai yang besar, Suraya Hidup yang benar,menyembuhkan dunia di naungan sayapNya,tak memandang diriNya, bahkan maut ditrimaNya,lahir untuk memberi hidup baru abadi!Gita sorga bergema, Lahir Raja mulia!

XI. DOA SYAFAAT

PS/VG

XII. PENGUTUSAN DAN BERKAT

P : Sembahlah Allah sepanjang hidupmu, dengan sikap, kata-kata dan nyanyianmu, sebab itulah yangberkenan kepadaNya.Mari kita memuji dan memuliakan Allah dengan nyanyian KJ. 120 HAI, SIARKAN DI GUNUNGHai, siarkan di gunung di bukit dan di mana jua,

hai, siarkan di gunung lahirnya Almasih!1. Di waktu kaum gembala menjaga dombanya,

Terpancar dari langit cahaya mulia.

Hai, siarkan di gunung di bukit dan di mana jua,

hai, siarkan di gunung lahirnya Almasih!2. Gembala sangat takut letika mendengar

nyanyian bala sorga gempita menggegar.

Hai, siarkan di gunung di bukit dan di mana jua,

hai, siarkan di gunung lahirnya Almasih!

P : Pulanglah dengan damai dan sejahtera

J: Sekarang Tuhan biarkanlah hambaMu ini pergi dengan damai dan sejahtera sesuai dengan firmanMu sebab mataku telah melihat keselamatan yang dari padaMu, yang telah Engkau sediakan di hadapan segala bangsa yaitu Terang yang menjadi pernyataan bagi bangsa-bangsa lain dan menjadi kemuliaan bagi umatMu Israel.

P: Terimalah berkat Tuhan Allah:

Damai sejahtera Allah, di dalam AnakNya Yesus Kristus dan persekutuan Roh Kudus memberkati dan memberi sukacita kepadamu, di Malam Kudus ini, sepanjang perayaan Natal di tahun ini sampai selama- lamanya

P & J : Aminaminamin.

Menyanyi Kidung jemaat No : 145 : 1-2

MARI TUTURKAN KEMBALIMari tuturkan kembali kisah yang indah benar

Warta berharga sekali, Yesus Pahlawan besar

Bahwa di malam lahirNya Malak menyanyi merdu

Hormat dibri bagi Allah dunia beroleh restu

Reff:

Mari tuturkan kembali kisah yang indah benar

Warta berharga sekali, Yesus pahlawan besar

Selamat hari Natal, Tuhan Yesus Juru Slamat hidup kita.