standar 7 uppsn 24 mei 2015

7
STANDAR 7 PENELITIAN, PELAYANAN/PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, DAN KERJASAMA 7.1. Penelitian 7.1.1 Tuliskan jumlah dan dana penelitian yang dilakukan oleh masing-masing program studi di lingkungan UPPSN dalam tiga tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut. No. Nama Program Studi Jumlah Judul Penelitian Jumlah Dana Penelitian (Juta Rupiah) (1) (2) (3) (4) 1 Ners 20 100 2 D3 Keperawatan 12 60 3 D3 Kebidanan 18 90 4 D3 Analis Kesehatan 21 105 5 D4 Kebidanan 15 75 Total 86 430 Catatan: Kegiatan yang dilakukan bersama oleh dua PS atau lebih agar dicatat sebagai kegiatan PS yang relevansinya paling dekat. 7.1.2 Tuliskan jumlah artikel ilmiah/karya ilmiah/buku yang dihasilkan selama tiga tahun terakhir oleh dosen tetap UPPSN dengan mengikuti format tabel berikut

Upload: isone-sories

Post on 13-Sep-2015

219 views

Category:

Documents


5 download

DESCRIPTION

standar 7 borang UPPSN STIKES iNsan Cendekia Medika jombang

TRANSCRIPT

STANDAR 7PENELITIAN, PELAYANAN/PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, DAN KERJASAMA

STANDAR 7PENELITIAN, PELAYANAN/PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, DAN KERJASAMA

Penelitian

Tuliskan jumlah dan dana penelitian yang dilakukan oleh masing-masing program studi di lingkungan UPPSN dalam tiga tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut.

No.Nama Program StudiJumlah Judul Penelitian Jumlah Dana Penelitian

(Juta Rupiah)

(1)(2)(3)(4)

1Ners20100

2D3 Keperawatan1260

3D3 Kebidanan1890

4D3 Analis Kesehatan21105

5D4 Kebidanan1575

Total86430

Catatan: Kegiatan yang dilakukan bersama oleh dua PS atau lebih agar dicatat sebagai kegiatan PS yang relevansinya paling dekat.

Tuliskan jumlah artikel ilmiah/karya ilmiah/buku yang dihasilkan selama tiga tahun terakhir oleh dosen tetap UPPSN dengan mengikuti format tabel berikut

NoProgram Studi Jurnal Ilmiah Tidak TerakreditasiProsiding Nasional Jurnal Ilmiah Terakreditasi DIKTIProsiding Interna

sionalBuku Tingkat Nasional Jurnal Ilmiah InternasionalBuku Tingkat Interna

Sional

(1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)(9)

1Ners31-----

2D3 Keperawatan1------

3D3 Kebidanan-------

4D3 Analis Kesehatan-11----

5D4 Kebidanan-------

TotalNA =4NB =1NC=1ND =-NE =-NF =-NG =-

Catatan: Sediakan data pendukung pada saat asesmen lapangan

Uraikan pandangan pimpinan UPPSN tentang data pada butir 7.1.1, dalam perspektif: kesesuaian dengan visi dan misi, kecukupan, kewajaran, upaya pengembangan dan peningkatan mutu. Uraikan pula kendala-kendala yang dihadapi.

Kesesuaian Visi Misi

Jumlah penelitian yang dijelaskan dalam tabel sesuai dengan Visi dan misi Lembaga, meskipun besaran jumlah tersebut belum seimbang dengan besaran jumlah dosen pada sebagian program studi, pada STIKES ICME masing-masing dosen menjalankan penelitian rata-rata dalam kurun waktu satu tahun sekali baik secara individu dan atau kelompok, topik penelitian didasarkan bidang keilmuan masing-masing dosen, cakupan skala penelitian yang dilakukan masih dalam lingkup nasional dibuktikan dengan adanya beberapa penelitian yang terpublikasikan pada jurnal dengan skala nasional. Lingkup internasional mulai dikembangkan sejak tahun 2013 dibuktikan adanya kerjasama bidang penelitian dengan NCKU (National ChengKung University).

Kecukupan

Aspek kecukupan dalam kegiatan penelitian dianggap cukup dibuktikan dengan terselenggaranya penelitian dalam setiap tahunnya meskipun belum keseluruhan dosen melakukannya. Pelaksanaan kegiatan penelitian di STIKES ICME lebih banyak dengan berkelompok.

Kewajaran

Peneliti pada lembaga STIKES ICME saai ini sebagian besar kualifikasi pendidikan S1 sehingga penelitian dianggap wajar dengan adanya penelitian berkelompok yang diketuai oleh kualifikasi pendidikan S2.

Upaya pengembangan dan peningkatan mutu

STIKES ICME dalam pengembangan telah melakukan berbagai kegiatan diantaranya diadakan workshop penyusunan proposal penelitian, mengirimkan dosen dalam kegiatan pelatihan penyusunan proposal penelitian di Kopertis Wilayah VII, mengadakan lomba karya ilmiah bagi dosen dan mahasiswa. Upaya pengembangan yang lain yaitu adanya usaha untuk mendapatkan hibah penelitian baik di AIPNI ataupun hibah penelitian dari DIKTI.

Kendala yang dihadapi

Masih adanya beberapa dosen yang kurang berminat terhadap kegiatan penelitian secara mandiri (sebagai ketua penelitian).

Dana yang disediakan belum di dasarkan pada jenis penelitian sehingga kecenderungan terhadap judul penelitian masih di anggap homogen.

Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat

Pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan penerapan bidang ilmu untuk menyelesaikan masalah di masyarakat (termasuk masyarakat industri, pemerintah).

Tuliskan jumlah dan dana kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh masing-masing program studi di lingkungan UPPSN dalam tiga tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut.No.Nama Program StudiJumlah Judul Kegiatan PkMJumlah Dana Kegiatan PkM

(Juta Rupiah)

(1)(2)(3)(4)

1Ners5481

2D3 Keperawatan2740.50

3D3 Kebidanan3045

D3 Analis Kesehatan2131.50

4D4 Kebidanan1522.50

Total147220.5

Uraikan pandangan UPPSN tentang data pada butir 7.2.1 dalam perspektif: kesesuaian dengan visi dan misi, kecukupan, kewajaran, upaya pengembangan dan peningkatan mutu. Uraikan pula kendala-kendala yang dihadapi.

Kesesuaian Visi Misi

Jumlah pengabdian masyarakat yang dijelaskan dalam tabel sesuai dengan Visi dan misi Lembaga, masing-masing dosen menjalankan pengabdian masyarakat rata-rata masih dalam kurun waktu satu tahun sekali baik secara individu maupun kelompok, topik pengabdian masyarakat didasarkan bidang keilmuan masing-masing dosen, pelaksanaan pengabdian masyarakat beberapa dosen sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan, cakupan skala pengabdian masyarakat yang dilakukan masih dalam lingkup nasional namun belum ada publikasi pengabdian masyarakat. Lingkup internasional mulai dikembangkan sejak tahun 2013 dibuktikan dengan adanya kerjasama dengan NCKU (National chengKung University), Universitas Tasmania Australia (UTAS), South East Asian Ministers Of Education Organitation Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC)

Kecukupan

Aspek kecukupan dalam kegiatan pengabdian masyarakat dianggap cukup dibuktikan dengan terselenggaranya pengabdian masyarakat dalam setiap tahunnya meskipun belum keseluruhan dosen melakukannya. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat di STIKES ICME lebih banyak dilakukan dengan berkelompok.

Kewajaran

Pengabdian masyarakat pada lembaga STIKES ICME saai ini sebagian besar kualifikasi pendidikan S2 sehingga kegiatan pengabdian masyarakat dianggap wajar dengan adanya pengabdian masyarakat berkelompok yang diketuai oleh kualifikasi pendidikan S2.

Upaya pengembangan dan peningkatan mutu

STIKES ICME dalam pengembangan telah melakukan berbagai kegiatan diantaranya diadakan workshop penyusunan pengabdian masyarakat, mengirimkan dosen dalam kegiatan pelatihan penyusunan proposal pengabdian masyarakat di Kopertis Wilayah VII.

Kendala yang dihadapi

Beberapa dosen masih perlu di tingkatkan minatnya terhadap kegiatan pengabdian masyarakat secara mandiri atau berkelompok pengabdian masyarakat

Alokasi dana yang disediakan belum didasarkan pada jenis kegiatan sehingga kecenderungan terhadap pengabdian masyarakat masih di anggap homogen

Kegiatan Kerjasama dengan Instansi Lain

Tuliskan instansi dalam negeri yang menjalin kerjasama dengan UPPSN dalam tiga tahun terakhir.

NoNama InstansiJenis

KegiatanKurun Waktu KerjasamaManfaat yang Telah Diperoleh

MulaiBerakhir

(1)(2)(3)(4)(5)(6)

2Lab. Klinik Ultra Medika KediriPKL31-01-201231-01-2013Perpanjangan Praktek yangada di kampus supaya mahasiswamengenal lapangan tentang teori yang sudah dipelajari.

3Yayasan Forum Kerelasian Indonesia JepangPelatihan Kerja Di Jepang13-02-201213-02-2017Lulusan dapat bekerja di Jepang

NEC24 Jam Menguasai Toefl6-07-20126-07-2016

Dosen dan Mahasiswa dapat belajar B. Inggris dgn benardan dapat menguasai Toefl.