standar 3 uppsn 24 mei 2015

4
STANDAR 3 MAHASISWA DAN LULUSAN 3.1. Mahasiswa 3.1.1 Sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa baru dan konsistensi pelaksanaannya. Kebijakan sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa (mencakup mutu prestasi dan reputasi akademik serta bakat pada jenjang pendidikan sebelumnya, pemerataan wilayah, kemampuan ekonomi dan jender). Efektivitas implementasi sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa untuk menghasilkan calon mahasiswa yang bermutu diukur dari jumlah peminat, proporsi pendaftar terhadap daya tampung dan proporsi yang diterima dan yang registrasi. Sistem penerimaan dikatakan baik jika pedoman yang ada dilaksanakan secara konsisten. Jelaskan sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa baru yang diterapkan pada UPPSN ini, serta konsistensi pelaksanaannya. STIKES Insan Cendekia Medika telah memiliki sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa baru yang tertuang dalam SOP, yang disahkan melalui SK Ketua STIKES No 015/K31/II/2011 yang di dalam SOP tersebut memuat hal-hal sebagai berikut : 1. Mutu prestasi, reputasi akademik dan bakat pada jenjang pendidikan Dalam penerimaan mahasiswa baru memperhatikan mutu prestasi dan reputasi akademik dengan seleksi nilai raport kelas X dan XI dan sertifikat atau piagam yang dimiliki selama menempuh pendidikan di masing-masing

Upload: isone-sories

Post on 13-Sep-2015

223 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

standar 3 borang UPPSN STIKES Insan Cendekia Medika jombang

TRANSCRIPT

STANDAR 3MAHASISWA DAN LULUSAN

STANDAR 3MAHASISWA DAN LULUSAN

Mahasiswa

Sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa baru dan konsistensi pelaksanaannya.

Kebijakan sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa (mencakup mutu prestasi dan reputasi akademik serta bakat pada jenjang pendidikan sebelumnya, pemerataan wilayah, kemampuan ekonomi dan jender). Efektivitas implementasi sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa untuk menghasilkan calon mahasiswa yang bermutu diukur dari jumlah peminat, proporsi pendaftar terhadap daya tampung dan proporsi yang diterima dan yang registrasi.

Sistem penerimaan dikatakan baik jika pedoman yang ada dilaksanakan secara konsisten.

Jelaskan sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa baru yang diterapkan pada UPPSN ini, serta konsistensi pelaksanaannya.

STIKES Insan Cendekia Medika telah memiliki sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa baru yang tertuang dalam SOP, yang disahkan melalui SK Ketua STIKES No 015/K31/II/2011 yang di dalam SOP tersebut memuat hal-hal sebagai berikut :

Mutu prestasi, reputasi akademik dan bakat pada jenjang pendidikan

Dalam penerimaan mahasiswa baru memperhatikan mutu prestasi dan reputasi akademik dengan seleksi nilai raport kelas X dan XI dan sertifikat atau piagam yang dimiliki selama menempuh pendidikan di masing-masing sekolah bagi peserta SPMB jalur PMDK. Bagi peserta melalui jalur tes tulis maka peserta ujian tes tulis harus menjawab soal-soal ujian yang disesuaikan dengan program studi yang diminati

Sistem pengambilan keputusan penerimaan mahasiswa baru didasarkan pada ketentuan sebagai berikut :

Jalur PMDK

Rata-rata nilai raport minimal sama dengan Kredit Ketuntasan Minimal sekolah masing-masing

Hasil tes kesehatan : tidak buta warna tidak memiliki riwayat penyakit kronis yang dibuktikan melalui tes kesehatan langsung dan atau surat keterangan sehat dari puskesmas/rumah sakit

Jalur tes

Tes tulis

Standar nilai tes tulis minimal 70 baik untuk program studi S1, D4 atau D3

Tes Kesehatan

Tidak buta warna tidak memiliki riwayat penyakit kronis yang dibuktikan melalui tes kesehatan langsung dan atau surat keterangan sehat dari puskesmas/rumah sakit

Memberi kesempatan kepada seluruh calon mahasiswa yang berasal dari berbagai propinsi, terbukti mahasiswa STIKES ICME berasal dari berbagai propinsi antara lain dari : Jawa Timur , Jawa Tengah, Jawa barat, Bali, Kalimantan, NTT dan lain-lain.

Tidak membeda-bedakan gender, suku ras dan golongan

Memberi kesempatan kepada mahasiswa yang secara potensi akademik mampu tetapi secara ekonomi tidak mampu dengan pemberian keringanan pembayaran dari yayasan, STIKES ICME, dan Pemerintah

Tuliskan data mahasiswa baru, mahasiswa transfer*, dan mahasiswa asing untuk masing-masing program studi (PSN, dan program studi lainnya) pada TS (tahun akademik penuh yang terakhir) di UPPSN sesuai dengan mengikuti format tabel berikut.

NoMahasiswaJumlah Mahasiswa pada Program StudiJumlah Mahasiswa

pada UPPSN

NersS1 KepD3 Kep D3 KebD4 KebD3 Analis

(1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)

1Mahasiswa baru bukan transfer dan bukan asing11689281025636427

2Mahasiswa baru transfer*-------

3Mahasiswa baru asing-------

4Jumlah seluruh mahasiswa baru11689281025636427

Jumlah seluruh mahasiswa11689281025636427

Catatan: * Mahasiswa transfer adalah mahasiswa pindahan dari PS lain.

Upaya UPPSN untuk pengembangan dan peningkatan mutu lulusan serta efektivitas pelaksanaannya.

Upaya Pengembangan :

STIKES Insan Cendekia Medika Jombang telah mengembangkan mutu lulusan dengan cara memberi kesempatan pada mahasiswa dalam hal pengembangan sikap, pengetahuan, psikomotor dengan mengadakan kegiatan:

Pengembangan kepribadian melalui kegiatan Out Bond yang dilakukan setiap tahun sekali.

Mentoring yang dilakukan setiap semester.

Kursus toefl bekerjasama dengan lembaga HELP yang dilaksanakan setiap 1 minggu sekali.

Organisasi kemahasiswaan (BEM, HIMA Prodi, PIK GEMPITA/Pusat Informasi Konseling, FKI As-Shihah, LPM, IVO (Icme Voice))

Upaya Peningkatan :

STIKES Insan Cendekia Medika Jombang telah mempunyai kebijakan dalam upaya peningkatan mutu lulusan sesuai dengan SOP tentang upaya pengembangan lulusan yang disahkan melalui SK Ketua STIKES No 021/K31/III/2011 tentang Peningkatan Mutu Lulusan antara lain dengan melaksanakan kegiatan sebagai berikut :

Mengadakan seminar ketenagakerjaan dengan mengundang nara sumber peningkatan sumber daya manusia dari Jakarta

Mengadakan seminar HIV AIDS untuk bekal mahasiswa bekerja sebagai antisipasi pencegahan terhadap penyakit HIV AIDS.

Mengadakan pelatihan Pelatihan Penanggulangan Gawat Darurat Cadiac Life Support untuk meningkatkan kererampilan gawat darurat / pertolongan pertama .

Mengadakan seminar tentang etika kerja dengan mengundang pakar kepribadian.

Mengadakan Workshop tentang teknik melamar pekerjaan