sidang (3 januari 2015)

Upload: yusufgustiar

Post on 07-Jan-2016

3 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

Sidang (3 Januari 2015)

TRANSCRIPT

Slide 1

STRATEGI PENGEMBANGAN PROMOSI MUSIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALIYTIC HIERARCY PROCESS (AHP)FIRLA APRILIA SENTANID04108034LATAR BELAKANGPerkembangan dunia usaha saat ini tidak lepas dari adanya persaingan bisnis antar perusahaan. Untuk dapat mempertahankan kredibilitas perusahaan-perusahaan yang telah lama berdiri dan munculnya perusahaan-perusahaan baru yang saling bersaing dalam mendapat minat dan memperoleh keuntungan usaha dari masyarakat luas, menjadikan perusahaan-perusahaan tersebut berupaya untuk memperkenalkan usahanya dan bidang-bidang bisnis atau produk apa saja yang mereka miliki kepada masyarakat.

Salah satu bisnis jasa yang menjadi peluang bisnis menjanjikan manfaat dan keuntungan di masyarakat yaitu jasa dalam bidang hiburan Musik Electone. Seperti kita ketahui Musik Electone adalah musik yang menggunakan satu alat instrumen keyboard sebagai pengiring utama yang dilengkapi dengan program master visual dan manual sehingga menjadi satu-kesatuan musik dengan ciri khas tersendiri. Dalam perkembangannya Musik Electone biasa disebut dengan sebutan Orgen Tunggal, dan dalam keberadaannya di tengah masyarakat yang majemuk tentunya kehadiran Musik Electone terkadang-kadang menjadi pilihan utama dalam berbagai kegiatan dan acara kemasyarakatan, contohnya acara perkawinan, khitanan, acara pertemuan formal dan informal.

Musical Electone merupakan salah satu jasa hiburan yang menggunakan sistem pengelolaan kemitraan. Awal berdirinya tempat usaha ini dimulai pada tanggal 21 April 2001 terbentuk tempat usaha yang bernama Musical yang berada di Desa Arang Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Sebagai tempat usaha yang baru beroperasi Musical Electone dihadapkan dengan keberadaan dari para pesaing bisnis dengan usaha sejenis. Para pesaing ini umumnya memiliki wilayah yang sama dengan lokasi dimana tempat usaha ini berdiri, diantaranya Citra Entertaint, BMB, Rolista Band yang berada tidak jauh dari tempat Musical Electone. Lingkungan persaingan ini menyulitkan Musical Electone untuk mendapatkan pangsa pasarnya. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan pangsa pasar dan menghadapi persaingan ini diperlukan strategi yang tepat.

RUMUSAN MASALAHTUJUAN PENELITIANMETEDOLOGI PENELITIANObyek dilakukan di CV. Mucal Electone yang berada di Desa Arang Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Obyek yang dilakukan dalam penelitian ini digunakan untuk mempermudah proses penelitian yaitu agar mudah dalam proses pengolahan data, adapun obyek yang digunakan dalam penelitian ini antara lain :WawancaraMetode pengumpulan data yang dilakukan dengan tanya jawab secara langsung dengan responden tentang masalah yang diteliti.ObservasiMetode observasi merupakan suatu metode pengumpulan data dengan cara pencatan langsung secara sistematis terhadap suatu obyek yang diamati dan berhubungan secara langsung dengan masalah yang diteliti.

Studi PustakaMetode ini bertujuan untuk mencari teoi-teori dan konsep-konsep yang dapat dijadikan landasan teoritis untuk mendukung penelitian yang akan dilakukan. Sedangkan data-data yang diperlukan untuk penelitian ini adalah:Data PrimerMerupakan data yang bersifat kuantitatif yang merupakan data permintaan surat kabar yang diperlukan untuk dilakukan perencanaan permintaan.Data Sekunder Data sekunder adalah data yang didapatkan atau berasal dari sumber lain, dari objek penelitian yang dimaksudkan untuk menggali teori-teori yang akan mendukung terhadap penelitian dalam memecahkan masalah. Data ini deperoleh dari laporan atau referensi yang berhubungan dengan penelitian.TAHAPAN PENELITIANMulaiStudi LapanganPerumusan MasalahTujan PenelitianPerancangan KuisionerPengumpulan DataApakah Data Sesuai?Pengolahan DataAnalisis dan PembahasanSelesaiyatidakPENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATAPengumpulan data dilakukan dengan melakukan kuisioner dan wawancara secara langsung kepada pihak yang terkait yaitu pelanggan atau konsumen dan crue yang bekerja di Musical Electone.Dalam proses identifikasi variabel ini dilakukan oleh responden yang disesuaikan dengan pihak-pihak yang memiliki kepentingan, menguasai atau mengetahui permasalahan mengenai Musical Electone. Pihak-pihak yang dilibatkan sebagai sumber atau responden untuk memberikan masukan mengenai variabel-variabel penilaian potensi berasal dari:Kepala PimpinanPemain MusikPenyanyiTeam yang bekerja di Musical ElectonePelanggan atau konsumen

KESIMPULAN DAN SARANKesimpulanBauran pemasaran yang digunakan perusahaan ada tujuh elemen, yaitu produk, harga, tempat, orang, proses, pelayanan, dan bukti fisik. Untuk kegiatan promosi dilakukan perusahaan adalah periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), dan terakhir adalah publisitas (public relation).Terdapat lima faktor yang diidentifikasi sebagai faktor penyusunan strategi promosi CV. Musical Electone, yaitu segmentation, targetting, dan positioning (STP) (0,384), sumber daya manusia (0,347), luas cakupan geografis (0,203), dan anggaran promosi (0,066). Untuk aktor yang berpengaruh terhadap perumusan strategi promosi CV.Musical Electone adalah pemain musik (0,146), penyanyi (0,094), kepala pimpinan (0,078), dan perwakilan konsumen (0,066). Untuk tujun yang ingin dicapai dalam pemilihan strategi promosi adalah meningkatkan dan mempertahankan penampilan (0,273), menginformasikan keunggulan Musical Electone (0,091).Alternatif-alternatif strategi promosi yang direkomendasikan oleh CV.Musical Electone sesuai prioritas adalah mengembangkan kegiatan promosi baru yang lebih menarik dengan mendorong kreativitas komunitas musisi (0,364), mengembankan kegiatan penjualan perorangan dengan program member get member (0,299), ikut serta untuk mendukung kegiatan masyarakat sekitar perusahaan atau mengadakan acara yang sebagai bentuk dari kegiatan publisitas dan humas (0,157), lebih aktif berpromosi dengan menggunakan media periklanan yang memiliki cakupan geografis sesuai dengan wilayah Musical Electone (0,096), dan melaksanakan kegiatan promosi yang telah dilaksanakan perusahaan (0,085).

SaranTempat usaha ini sebaiknya meningkatkan kegiatan promosi dengan bekerjasama dengan pihak lain, sebagai prioritas utama yang direkomendasikan dengan usaha aktif menawarkan kerjasama kepada instansi lainnya.Mendorong keterlibatan komunitas musisi pada acara-acara khusus seperti pertunjukkan musik dan kegiatan lainnya yang diharapkan dapat membantu perusahaan untuk mengatasi kurangnya SDM untuk pengadaan hiburan.Alternatif pertama dan kedua dapat dilaksanakan bersamaan untuk membentuk strategi yang saling bersinegri.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH