pedoman proposal skripsi baru 2011

23
1 1. TATA CARA PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI Penulisan skripsi di Fakultas Kedokteran Unsri (FK Unsri) harus mengikuti tata-cara sebagai berikut: a. Menggunakan kertas HVS 80 gram, ukuran A4 (21 x 29,7) untuk laporan akhir skripsi dan 70 gram untuk proposal dan hasil skripsi. b. Margin kiri dan atas 4 cm, sedangkan untuk margin kanan dan bawah 3 cm. c. Sela ketukan (indensi) selebar 1 cm. Indensi Tab dipakai pada setiap baris pertama alinea baru. d. Huruf Times New Roman. e. Besar huruf (font) 12 untuk isi. f. Besar huruf (font) untuk judul Bab adalah 14 (ditulis kapital). g. Pengetikan secara umum adalah 1,5 spasi, kecuali cover, halaman pengesahan, ringkasan, daftar isi, daftar gambar, daftar pustaka dan lain-lain menggunakan satu spasi atau menyerasikan. h. Sebagai batas antara bab dapat diberi kertas doorslag berwarna hijau dengan lambang FK Unsri. Kertas doorslag hanya dipakai pada laporan akhir skripsi. i. Dalam penulisan, kalimat tidak boleh dipenggal. j. Dibuat rata kiri & kanan (justify). k. Penulisan bilangan sebagai berikut: 1) Bilangan pada awal kalimat tidak ditulis dengan angka tetapi dengan huruf. 2) Bilangan satu digit yang diikuti dengan satuan (unit) ditulis dengan angka. 3) Bilangan yang terdiri dari dua digit atau lebih ditulis dengan angka. Secara umum isi sebuah skripsi terbagi dalam beberapa bab dan sub-bab. Bab diberi penomoran dengan angka Romawi (I, II, III, …). Urutan sub-bab dibuat dengan menggunakan angka arab (1.1., 1.2., 1.3., dst.). Penulisan judul bab seluruhnya menggunakan huruf kapital. Sedangkan penulisan judul sub-bab

Upload: sarah-silaen

Post on 03-Jan-2016

69 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

pedoman proposal skripsi

TRANSCRIPT

Page 1: Pedoman Proposal Skripsi Baru 2011

1

1. TATA CARA PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI

Penulisan skripsi di Fakultas Kedokteran Unsri (FK Unsri) harus mengikuti tata-cara sebagai berikut:a. Menggunakan kertas HVS 80 gram, ukuran A4 (21 x 29,7) untuk laporan akhir

skripsi dan 70 gram untuk proposal dan hasil skripsi.b. Margin kiri dan atas 4 cm, sedangkan untuk margin kanan dan bawah 3 cm.c. Sela ketukan (indensi) selebar 1 cm. Indensi Tab dipakai pada

setiap baris pertama alinea baru.d. Huruf Times New Roman.e. Besar huruf (font) 12 untuk isi.f. Besar huruf (font) untuk judul Bab adalah 14 (ditulis kapital).g. Pengetikan secara umum adalah 1,5 spasi, kecuali cover, halaman pengesahan,

ringkasan, daftar isi, daftar gambar, daftar pustaka dan lain-lain menggunakan satu spasi atau menyerasikan.

h. Sebagai batas antara bab dapat diberi kertas doorslag berwarna hijau dengan lambang FK Unsri. Kertas doorslag hanya dipakai pada laporan akhir skripsi.

i. Dalam penulisan, kalimat tidak boleh dipenggal.j. Dibuat rata kiri & kanan (justify).k. Penulisan bilangan sebagai berikut:

1) Bilangan pada awal kalimat tidak ditulis dengan angka tetapi dengan huruf.2) Bilangan satu digit yang diikuti dengan satuan (unit) ditulis dengan angka.3) Bilangan yang terdiri dari dua digit atau lebih ditulis dengan angka.

Secara umum isi sebuah skripsi terbagi dalam beberapa bab dan sub-bab. Bab diberi penomoran dengan angka Romawi (I, II, III, …). Urutan sub-bab dibuat dengan menggunakan angka arab (1.1., 1.2., 1.3., dst.).Penulisan judul bab seluruhnya menggunakan huruf kapital. Sedangkan penulisan judul sub-bab menggunakan huruf kapital pada setiap awal kata, seperti: 1.1. Latar Belakang.

1.1. Halamana. Nomor halaman menggunakan angka arab (1, 2, 3 dst) yang ditulis di kanan

atas, kecuali untuk halaman judul bab baru dituliskan ditengah bawah. b. Mulai halaman persetujuan/pengesahan diberi halaman huruf i, ii, iii, … dan

seterusnya, ditulis di tengah bawah (khusus halaman persetujuan/pengesahan tidak ditampilkan).

1.2. Sampul Depan a. Proposal dijilid biasa dengan sampul plastik.b. Nama, NIM dan lain-lain dibuat dengan font ukuran 14 yang ditulis 1 spasi.

Page 2: Pedoman Proposal Skripsi Baru 2011

2

1.3. Halaman Judula. Judul ditulis dengan huruf kapital, kecuali untuk nama spesies dalam bahasa

latin atau kata asing harus ditulis miring, dengan barisan yang membentuk kerucut terbalik.

b. Ukuran huruf yang digunakan adalah 16 atau 18 (disesuaikan).c. Bila ada, subjudul dibuat dalam kurung dengan ukuran lebih kecil.

1.4. Lembar Persetujuan1.4.1 Persetujuan untuk sidang skripsi (Lihat Contoh pada Lampiran)

a. Ditulis dengan font ukuran 14.b. Judul ditulis dengan huruf kapital dengan ketikan 1 spasi.c. Ditandatangani oleh kedua pembimbing ketua UPK atau yang mewakili.

1.4.2 Persetujuan untuk pengumpulan dataa. Ditulis dengan font ukuran 14.b. Judul ditulis dengan huruf kapital dengan ketikan 1 spasi.c. Ditandatangani oleh ketiga penguji.

1.5. Daftar TabelApabila tabel lebih dari satu, dalam daftar tabel jarak antar-tabel buat 1 spasi namun

bila sedikit gunakan 1,5 spasi. Contoh sebagai berikut:

Tabel Halaman1. ......................Judul tabel.................................... ?2. ....................................................................... ?

1.6. Daftar Gambar Apabila gambar lebih dari satu, dalam daftar gambar jarak antar-gambar dibuat 1

spasi namun bila sedikit gunakan 1,5 spasi. Contoh:

Gambar Halaman1. .....................Judul gambar............................. ?2. ..................................................................... ?

1.7. Daftar Lampiran Untuk daftar lampiran, apabila daftar lampiran banyak jarak antar daftar buat 1 spasi namun bila sedikit gunakan 1,5 spasi. Contoh:

Lampiran Halaman1. .............................................................. ?2. ....................................................................... ?

Page 3: Pedoman Proposal Skripsi Baru 2011

3

2. PROPOSAL SKRIPSI

Sistematika proposal skripsi di Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya sebagai berikut:JudulLembar PersetujuanDaftar Isi 1. Pendahuluan

1.1 Latar Belakang 1.2 Rumusan Masalah (pertanyaan peneltian)1.3 Tujuan Penelitian1.4 Hipotesis (bila deskriptif tidak perlu hipotesis, analitik dan hubungan sebab

akibat perlu ada hipotesis)1.5 Manfaat Penelitian

2. Tinjauan Pustaka2.1 Landasan Teori2.2 Kerangka Teori

3. Metode Penelitian3.1 Jenis Penelitian3.2 Waktu dan Tempat Penelitian3.3 Populasi dan Sampel

3.3.1 Populasi3.3.2 Sampel, yang terdiri dari Besar sample dan Cara Pengambilan sampel, jika

diperlukan.3.3.3 Kriteria Inklusi dan Eksklusi (jika diperlukan)

3.4 Variabel Penelitian3.3.4 Variabel tergantung

3.4.2 Variabel bebasUntuk penelitian deskriptif tidak ditulis variabel tergantung dan bebas, cukup

ditulis variabel penelitian.3.5 Definisi operasional (definisi, alat ukur, cara ukur, hasil ukur)3.6 Cara Kerja/Cara Pengumpulan Data

Uraikan cara pengumpulan data, baik data primer maupun data sekunder.3.7 Rencana Cara Pengolahan dan Analisis Data3.8 Kerangka Operasional3.9 Rencana/Jadwal Kegiatan3.10Anggaran

Daftar PustakaLampiran (Alat Ukur)Biodata ringkas atau riwayat hidup

Page 4: Pedoman Proposal Skripsi Baru 2011

4

2.1. Judul PenelitianJudul harus jelas, lugas dan mewakili isi utama hasil penelitian. Judul hendaknya

ringkas, tidak mengandung singkatan kecuali singkatan yang baku, dan mengandung 2 atau lebih variabel penelitian. Judul umumnya terdiri dari 12 sampai 20 kata.

2.2. Lembar PersetujuanLembaran persetujuan terdiri dari:2.2.1. Lembar persetujuan untuk sidang proposal yang ditanda-tangani oleh tim

pembimbing dan diketahui oleh Ketua UPK. 2.2.2. Lembar persetujuan untuk memulai pengumpulan data yang ditanda-tangani oleh

tim penguji dan oleh Ketua UPK.

2.3. Daftar IsiMemuat judul-judul isi tulisan lengkap dengan halaman dimana judul tersebut

dimuat. Daftar isi ini memudahkan pembaca untuk mengetahui apa saja yang ditulis dalam skripsi tersebut.

2.4. Latar BelakangSubseksi ini berisi uraian secara singkat, jelas dan logis dari suatu kegiatan ilmiah

untuk menjelaskan alasan-alasan teoritik dan faktual mengapa permasalahan tersebut perlu dijawab melalui kegiatan penelitian.

Alasan teoritik adalah penjelasan secara konseptual seperti teori dari masalah penelitian, apakah masih urgen dan relevan, serta untuk mengetahui sejauh mana penelitian yang akan dilakukan itu memberikan pilihan jawaban atau pemecahan terhadap masalah penelitian.

Alasan faktual, adalah alasan yang mencakup dukungan data, informasi, dan fenomena, yang memperkuat adanya suatu kesimpulan bahwa masalah penelitian tersebut sangat fleksibel serta berbobot untuk diteliti.

Catatan: Latar belakang berisi uraian masalah yang akan diteliti, apa saja yang telah dilakukan terhadap masalah itu oleh penelitian sebelumnya, dan tujuan/alasan pentingnya dilakukan penelitian.

2.5. Rumusan MasalahRumusan masalah adalah pertanyaan kritis yang diambil dari uraian masalah

penelitian, sebagaimana tercantum dalam latar belakang.

2.6. Tujuan PenelitianTujuan penelitian terdiri dari tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum

berisi maksud atau tujuan akhir penelitian yang dibuat dalam kalimat ringkas tanpa perlu mencantumkan bagaimana mendapatkan dasar teori tersebut.

Tujuan khusus adalah uraian ringkas serta jelas tentang apa yang hendak dilakukan secara observable (dapat teramati) dan measurable (dapat diukur).

9

Page 5: Pedoman Proposal Skripsi Baru 2011

5

Contoh: Penelitian tentang pengaruh ACE Inhibitor pada penderita hipertensi.Tujuan umum: Mengetahui pengaruh ACE Inhibitor pada penderian hipertensiTujuan khusus: 1. Mengukur kadar serum ACE pada kelompok hipertensi dan pada kelompok normotensi dengan metode ELISA. 2. Membandingkan / menganalisis perbedaan kadar serum ACE pada kedua kelompok.

2.7. Hipotesis Hipotesis adalah jawaban sementara yang dibangun dari kerangka pemikiran sang

peneliti. Hipotesis berbentuk pernyataan yang terdiri dari dua variabel atau lebih yang menyatakan hubungan sebab akibat. Hipotesis inilah yang akan dibuktikan atau diverifikasi dengan melakukan penelitian atau eksperimen.

2.8. Manfaat PenelitianUraian tentang manfaat hasil penelitian baik secara teoritis/akademis (untuk

kepentingan sciences) maupun praktis, yang benar-benar dapat dipraktekkan atau digunakan oleh dokter dan atau masyarakat.

2.9. Tinjauan PustakaBab ini menguraikan hubungan berbagai teori yang melandasi atau menjadi

argumen penelitian.Uraian dalam Bab ini harus:a) memberikan analisis teoritik tentang masalah yang diteliti.b) menguraikan dasar teori yang mendukung permasalahan yang diungkapkan.c) menjadi dasar dari penelitian yang dilakukan.d) memuat tinjauan teori-teori dan tinjauan dari hasil–hasil penelitian orang lain yang

berkaitan dengan masalah penelitian. e) mengutip teori atau statement dari berbagai sumber kepustakaan dengan

mengambil intisarinya saja atau mengutip bagian tertentu.f) Mengandung argumen tentang variabel-variabel yang diteliti.

2.10. Kerangka Teori dan Kerangka OperasionalSetelah pelbagai aspek teoritis disajikan dalam tinjauan pustaka. Selanjutnya dibuat

ringkasan yang merupakan dasar untuk membuat kerangka teori, kerangka teori biasanya dibuat berupa diagram yang menunjukkan pola pikir dari masalah yang diteliti. Kerangka operasional dibuat berupa diagram yang menunjukkan alur kerja atau kerangka design penelitian. Kerangka operasional ditulis pada Bab Metode Penelitian.

2.11. Metode PenelitianMetode penelitian biasanya terdiri dari:

2.11.1. Jenis penelitian Jenis penelitian dituliskan misalnya berdasarkan klasifikasi ada atau tidaknya

intervensi, menjadi penelitian observasional atau penelitian eksperimental. Berdasarkan ada atau tidaknya analisis antarvariabel, menjadi penelitian deskriptif atau penelitian analitik. Berdasarkan waktu pengumpulan data/eksperimen, menjadi penelitian cross

Page 6: Pedoman Proposal Skripsi Baru 2011

6

sectional (potong lintang) atau penelitian case control/penelitian cohort. Contoh penulisan metode penelitian dengan topik, misalnya: Rokok sebagai faktor resiko penyakit jantung koroner; jenis penelitiannya adalah penelitian observasional analitik dengan design (rancangan) cohort study.

2.11.2. Waktu dan tempat penelitianTempat dilakukan penelitian disebutkan (lebih baik lagi bila mencantumkan

alasan mengapa tempat tersebut dipilih) dan berapa lama penelitian dilakukan sejak penyusunan proposal hingga pembuatan laporan akhir.

2.12. Populasi dan Subjek/Sampel Penelitiana. Populasi adalah setiap subjek dapat berupa manusia, hewan coba, data

laboratorium, dsb yang memenuhi karakteristik yang ditentukan. b. Populasi target (ranah/domain) adalah populasi yang menjadi sasaran akhir

penerapan hasil penelitian, misalnya berdasarkan karakteristik klinis, maka dibuat populasi targetnya pasangan usia subur atau pasien meningitis.

c. Populasi terjangkau (accessible/source population) adalah bagian dari populasi target yang dapat dijangkau oleh peneliti, misalnya pasangan usia subur di RSUP Dr. Moh. Hoesin Palembang.

d. Subjek/sampel adalah bagian (subset) dari populasi terjangkau yang dipilih dengan cara tertentu (memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi).

e. Inklusi dan Eksklusi Kriteria inklusi adalah karakteristik umum subjek penelitian pada populasi target dan populasi terjangkau. Peneliti harus berhati-hati agar kriteria tersebut relevan dengan masalah penelitian.Kriteria eksklusi adalah sebagian subyek yang tidak memenuhi kriteria inklusi, misalnya karena adanya penyakit lain atau keadaan yang mengganggu pengukuran/interpretasi, karena hambatan etis, karena menolak berpartisipasi atau karena sulit dilakukan tindak lanjut.

2.13. Definisi OperasionalSemua variabel yang ada dalam penelitian harus dibuat batasan dalam istilah yang

operasional. Maksudnya adalah agar tidak ada makna ganda dari semua variabel yang digunakan, mengingat pelbagai pengertian dalam ilmu sangat bervariasi. Definisi operasional dapat dibuat sebagai berikut: Definisi : ..........Alat ukur : ..................Cara Ukur : ..................Hasil Ukur : ..................

2.14. Cara Kerja/Cara Pengumpulan Data Uraian secara lengkap dan jelas tentang jenis data yang digunakan dalam penelitian,

serta bagaimana cara mengumpulkan data tersebut. Dijelaskan juga cara atau metode yang digunakan untuk pengumpulan data, misalnya metode wawancara dilengkapi

Page 7: Pedoman Proposal Skripsi Baru 2011

7

dengan observasi atau metode angket dilengkapi dengan wawancara. Bila eksperimen maka jelaskan prosedur kerja yang digunakan untuk mengumpulkan data. Alat dan bahan penelitian harus disebutkan dari mana asalnya, berapa jumlahnya. Alat yang digunakan harus valid (benar-benar mengukur apa yang diukur) dan reliable (hasil ukur yang ajeg) jadi sebaiknya diuji coba terlebih dahulu. Sebutkan juga mereknya bila ada.

2.15. Cara Pengolahan dan Analisis DataPenjelasan tentang bagaimana cara mengolah dan menganalisis data penelitian.

Sebutkan bagaimana data yang terkumpul akan diolah, dianalisis, dan disajikan. Sebutkan juga jenis analisis statistik yang digunakan (jika ada).

2.16. Rencana/Jadwal KegiatanUraikan langkah-langkah kegiatan dari mulai menyusun proposal penelitian, sampai

dengan penulisan laporan penelitian, beserta waktu berjalannya atau berlangsungnya tiap kegiatan tersebut.

2.17. AnggaranUraikan anggaran yang akan dihabiskan untuk melaksanakan penelitian ini.

2.18. Pembuatan Rujukan dalam proposal skripsiCara penulisan rujukan, yaitu cara Harvard dengan menuliskan nama-nama penulis,

dengan cara sebagai berikut: 1. Bila ditulis oleh satu orang

Dengan menuliskan nama akhir penulis dan tahun terbitContoh: Achmad Santoso, 2003a. Menurut hasil penelitian Santoso (2003), vitamin C dapat . . . .b. Hasil penelitian menyatakan bahwa vitamin C dapat . . . . (Santoso, 2003).

2. Bila dikarang lebih dari 1 orang (3 orang)Ditulis nama akhir penulis

Contoh: Achmad Priyadi, Hasan Basri dan Amir Hamzah. 2003a. Menurut Priyadi, Basri dan Hamzah (2003) adalah . . . .b. Hasil penelitian menyatakan . . . . (Priyadi, Basri dan Hamzah, 2003).

3. Bila dikarang lebih dari 3 orang

Hanya ditulis nama belakang dari penulis pertamaContoh: Achmad Priyadi, Hasan Basri, Amir Hamzah dan Agus Warman, 2003 a. Menurut Priyadi dkk. (2003), adalah . . . .b. Hasil penelitian menyatakan . . . . (Priyadi dkk, 2003).

Bila penulis buku lebih dari satu orang dengan judul sama, tetapi isi dan tahun berbeda, cara penulisannya sebagai berikut :

Contoh: Menurut Priyadi (2001 dan 2003),...............................

Page 8: Pedoman Proposal Skripsi Baru 2011

8

2.19. Penyajian Tabel Judul tabel diawali dengan kata tabel dan diikuti dengan nomor tabel. Bila judul

tabel lebih dari satu baris, maka penulisan disejajarkan dengan baris diatas dan dibuat diatas tabel yang dimaksud serta dibuat satu spasi. Penulisan judul dengan huruf kecil tapi huruf awal kata harus kapital kecuali kata penghubung. Tabel tidak digaris vertikal.Contoh:

Tabel 1. Volume Sekresi Gaster (ml) Selama 4 Jam

Sampel No.

Kelompok PerlakuanI II III IV VI

1234

dstRata-rata

Guna judul adalah agar mudah dimengerti dan dipahami secara utuh. Untuk itu bila menggunakan simbol/singkatan dapat diberi keterangan, dan bila data hasil kutipan, sumber data harus dibuat juga dibawah tabel.

Contoh: Tabel 2. Hasil Pemeriksaan Kadar Gula Darah (mg/dl) Selama 2 jam terhadap Sampel yang Diperiksa

Sampel No.

Kelompok PerlakuanI II III IV VI

1234

dstRata-rata

Sumber: ……………Keterangan: DM: Diabetes Melitus Sangat dianjurkan suatu tabel hanya disajikan dalam satu halaman, bila tidak memungkinkan harus bisa dilipat atau ditulis kehalaman selanjutnya dengan menuliskan

Page 9: Pedoman Proposal Skripsi Baru 2011

9

“Lanjutan tabel…..”. Tabel bisa dibuat horizontal/vertikal, dengan tulisan dalam tabel diserasikan tapi sedapat mungkin ukuran huruf 12.

2.20. Penyajian dan Pembuatan Gambar, Grafik atau Pola Pada dasarnya penyajian gambar, grafik dan pola, sama dengan tabel, hanya judul

ditempatkan dibawah, bersama keterangan dan sumber.

Contoh: Gambar 1. ...................... ( Judul Gambar ) .....................

Contoh:Grafik 1. Jumlah Penduduk Tahun 1994, 1998, 2000, dan 2010

2.21. Daftar Pustaka Daftar pustaka merupakan bagian penelitian yang memuat sumber rujukan yang digunakan dan tercantum pada pembuatan karya ilmiah. Sumber rujukan yang dibaca tetapi tidak tercantum dan dikutip dalam penyusunan skripsi, tidak perlu dimasukkan dalam daftar pustaka. Pada dasarnya unsur yang ditulis dalam daftar pustaka haruslah selengkap mungkin sehingga dapat membantu pembaca menelusuri kepustakaan tersebut. Kepustakaan yang sangat dianjurkan untuk penelitian kedokteran adalah yang berasal dari jurnal kedokteran/kesehatan terakreditasi.

Secara umum unsur yang harus ada dalam penulisan daftar pustaka adalah (1) Nama Penulis dengan urutan nama akhir, singkatan (huruf awal) nama depan, dan singkatan (huruf awal nama tengah, tanpa gelar akademik apapun); (2) Tahun terbitan; (3) Judul, termasuk anak judul (sub judul) yang dipisahkan dengan menggunakan tanda

GAMBAR

Page 10: Pedoman Proposal Skripsi Baru 2011

10

kutip ”................”); (4) Nama Penerbit dan (5) Kota dan negara tempat penerbitan serta halaman yang dibaca atau dikutip.

Apabila penulis lebih dari satu, penulisan nama penulis kedua dan seterusnya dilakukan dengan singkatan (huruf awal) nama pertama, singkatan nama tengah, dan nama akhir. Semua nama penulis, tanpa kecuali harus dicantumkan. Urutan penyajian sumber rujukan dalam daftar pustaka dilakukan sesuai dengan abjad.

Cara penulisan daftar pustaka secara umum untuk beberapa jenis sumber rujukan adalah sebagai berikut:1. Rujukan dari buku atau text book.

Urutan penulisan: Nama penulis - tahun terbit - judul: anak judul (bila ada) - penerbit – kota – negara tempat terbit. Halaman

Contoh : Buku ditulis Achmad Priyadi Sumbodo, dan diterbitkan tahun 2003.Sumbodo, A.P.2009. Hukum Etika Profesi: “Peraturan Makanan”. Pustaka Sinar

Indonesia, Palembang, Indonesia, hal. 20 – 25.

2. Rujukan dari buku yang berisi kumpulan artikel/tulisan dengan editor.Urutan penulisan:Nama penulis – tahun terbit – judul artikel – Dalam: nama editor – judul buku. - halaman – penerbit – kota – negara tempat terbit.Contoh:

Sumbodo, A.P., H. Basri, dan A. Hamzah. 2009. Peraturan Makanan. Dalam: Sari, M. (Editor). Hukum Etika dan Profesi (halaman 12- 30). Gramedia, Palembang, Indonesia.

3. Rujukan dari buku atau textbook terjemahan.Urutan penulisan:Nama penulis – tahun terbit – Judul: anak judul (bila ada) Terjemahan oleh: Nama penerjemah – penerbit – kota – negara tempat terbit, halaman.Contoh:Lachman, A. J. 2008. Law Etical Profession: “Rule of Food” ( edisi ke-2).

Terjemahan Oleh: Sari, M. Gramedia, Palembang, Indonesia, hal. 45-50.

B. Rujukan dari jurnal dan majalah ilmiah.Urutan Penulisan:Nama penulis – tahun terbit – judul: anak judul (bila ada) - nama jurnal - volume/Tahun – No – halaman.Contoh:Granados, D., S. Vandey. and L. Ceballos. 2008. Registration of acid soil. Chemical

Sciences. 35 (2): 15-50.

3. Rujukan dari prosiding, risalah, kumpulan makalah seminar tanpa editor.Urutan Penulisan:

Page 11: Pedoman Proposal Skripsi Baru 2011

11

Nama penulis – tahun terbit – judul: anak judul (bila ada) – Prosiding- risalah – nama Seminar – lembaga pelaksana seminar tempat dan tanggal bulan dan tahun pelaksanaan. Contoh :Sinulingga, S. 2008. Obat Tradisional: Daun Nangka Kuning. Prosiding. Seminar

Obat Tradisional. Fakultas Farmasi Unpad, Bandung, 17 Desember 2008.

4. Rujukan dari prosiding, risalah, kumpulan makalah seminar bereditor.Urutan penulisan:Nama penulis – Tahun terbit – judul: anak judul (bila ada) – Dalam: nama editor - Prosiding – Nama Risalah – nama seminar - lembaga pelaksana seminar – tempat dan tanggal, bulan , tahun pelaksanaan.Contoh: Sinulingga, S. 2009. Obat Tradisional: Daun Nangka Kuning. Dalam: Saputra, B.

Prosiding. Seminar Obat Tradisional. Fakultas Farmasi Unpad, Bandung , 18 Desember 2009.

5. Rujukan Makalah SeminarUrutan Penulisan:Nama Penulis – tahun terbit – judul: anak judul (bila ada) Makalah seminar ………. Lembaga Pelaksana seminar – tempat dan waktu pelaksanaan seminar.Contoh: Supriadi, A. dan H. Basri. 2009. Perkembangan Farmasi di Indonesia. Makalah

Seminar Farmasi Indonesia, Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia. Bandung, 11 –13 November 2009.

6. Rujukan dari skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian yang tidak dipublikasikan.Urutan Penulisan:Nama Penulis – Tahun terbit – Judul: anak judul (bila ada) – Jenis Karya Ilmiah, Lembaga Penerbit diakhiri dengan (tidak dipublikasikan), halaman.Contoh:Supriadi, A. 2008. Perkembangan Farmasi di Indonesia. Skripsi pada Jurusan Farmasi

Unpad yang tidak dipublikasikan, hal. 67–76.

7. Rujukan dari Laporan. Publikasi suatu Lembaga / Instansi yang dianggap sebagai pengarang.Urutan penuliasan:Nama Lembaga Pengarang – Tahun terbit – Judul: anak judul (bila ada) – Nama dan tempat terbit, halaman.Contoh: Departemen Kesehatan. 2005. Farmakope Indonesia edisi IV Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta hal. 54-56.

Page 12: Pedoman Proposal Skripsi Baru 2011

12

8. Rujukan dari dokumen resmi lembaga pemerintah tanpa pengarangUrutan penulisan:Nama Dokumen – Tahun terbit – Nama dan tempat Penerbit, halaman.Contoh:Undang – Undang Kesehatan Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang

Kesehatan. 2009. PT. Balai Pustaka , Jakarta, hal. 34.

9. Rujukan dari Warta, brosur, informasi yang diterbitkan suatu lembaga yang dianggap sebagai pengaranganya.Urutan Penulisan: Nama jenis dan Lembaga Penerbit – No – Tahun dan lain-lain bila ada.Contoh:Brosur Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia. 2008. Penarikan 299 Jamu dari Peredaran.

Brosur Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia No. 06 tahun Ke – 2, Juli 2008.

10. Rujukan dari artikel koran dan majalah ada nama penulis.Urutan penulisan:

Nama Penulis – Tahun terbit – Judul/anak judul artikel – Nama Koran/Majalah, Tanggal, bulan, tahun terbit, halaman.

Contoh:

Supriadi, A. 2008. Perkembangan Farmasi di Indonesia. Sumatera Ekspres (Koran), 26 Juli 2008, halaman IV.

11. Rujukan dari artikel koran dan majalah tanpa nama penulisUrutan Penulisan:

Nama Koran/majalah – Tahun – Judul: anak judul (bila ada). Nama Koran/Majalah, Tanggal bulan tahun, halaman.

Contoh:

Sumatera Ekspres. 2009. Penarikan 299 Jamu dari Peredaran. Sumatera Ekspres (Koran), 25 Juli 2009, halaman V dan IX.

12. Rujukan dari artikel Jurnal dalam CD ROMUrutan Penulisan:

Nama Penulisan – tahun terbit – Judul: anak judul (bila ada) – Nama Jurnal – Volume/Tahun – No – halaman dan diakhiri dengan …. (CD-ROM : nama Jurnal. Penerbit dan tahun dikeluarkannya CD ROM tersebut).

Page 13: Pedoman Proposal Skripsi Baru 2011

13

Contoh:

Granados, D, S. vandey, and L. Ceballos. 2000. registration Of Acid Soil. Chemical Sciences. 35 (2): 15 –50 (CD – ROM, Jurnal Chemical Sciences, PF Book CD ROM Company, 2006).

13. Rujukan dari artikel jurnal yang diakses dari internet (pdf dan pengarangnya)Urutan Penulisan:

Nama Penulis – Tahun terbit – Judul: anak judul (bila ada) – Nama Jurnal – Volume/tahun – No dan diakhiri dengan … (Alamat Lengkap E – Mail, tanggal, bulan, dan tahun diakses).

Contoh:

Granados, D., S. Vandey, and L. Caballos. 2008. Registration of Acid Chemical Sciences. 35 (2), (Http://www.Jurnal.Education.com, Diakses 10 Agustus 2009).

2.22. Lampiran (Alat Ukur) Secara umum, lampiran merupakan bagian skripsi yang berisi

materi/bahan/informasi tanbahan yang diperlukan dalam penyusunan skripsi. Lampiran juga dapat merupakan suatu bagian penting dari sebuah skripsi (misalnya gambar, foto, contoh perhitungan dll.). Setiap lampiran dibuat sebagai halaman baru dengan menuliskan kata “Lampiran” diikuti dengan nomor dan judul lampiran seperti contoh berikut:

Lampiran 1. Contoh Perhitungan Konsentrasi Larutan Baku Primer untuk Titrasi Asam Basa

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Page 14: Pedoman Proposal Skripsi Baru 2011

14

DAFTAR PUSTAKA

Institut Teknologi Bandung. 2004. Format Penulisan Tesis Magister. Institut Teknologi Bandung. Bandung. Indonesia

Matthews JR., Bowen JM., Matthews RW., 1996. Successful scientific writing. Step by-step guide for the biological and medical sciences. Cambridge University Press

Sastroasmoro, S., 1999. Panduan Penulisan Makalah Ilmiah Kedokteran. PenerbitKesehatan Anak, FK UI, Jakarta

Sastroasmoro S.,dan Ismael S., 1995. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis. Penerbit Bagian Ilmu Kesehatan Anak, FK UI, Jakarta

Universitas Sriwijaya. 2009. Buku Pedoman Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Sriwijaya Palembang.

Page 15: Pedoman Proposal Skripsi Baru 2011

15

BIODATA

Nama : …………………………………………

Tempat Tanggal Lahir : …………………………………………

Alamat : …………………………………………

…………………………………………

Telp/Hp : …………………………………………

Email : ........................................................

Agama : …………………………………………

Nama Orang Tua Ayah : …………………................................

Ibu : …………………................................

Jumlah Saudara : ………………...................................

Anak Ke : ………………....................................

Riwayat Pendidikan :

…………………………………...........…..

………………………………............……..

……………………………..........……...….

……………………………..........………....

Palembang, .............................

Foto Berwarna

3x4

Page 16: Pedoman Proposal Skripsi Baru 2011

16

(.................................................)

17