panduan pli unp 2013

28
PANDUAN PENGALAMAN LAPANGAN INDUSTRI (PLI) JURUSAN TEKNIK SIPIL 2013 PLI merupakan suatu kegiatan intra kurikuler dalam kelompok mata kuliah bidang studi jenjang program D3 dan S1 pada semua jurusan di FT UNP. Tujuan: 1. Pelaksanaan PLI ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap mahasiswa di bidang teknologi/kejuruan melalui keterlibatan langsung dalam berbagai kegiatan di dunia usaha/industri. 2. Setelah melaksanakan PLI mahasiswa diharapkan memperoleh pengalaman industri, mencakup perencanaan, pengelolaan, dan pelaksanaan unit produksi serta pengujian kualitas produk. 3. Dengan kemampuan yang dimiliki melalui PLI, lulusan FT UNP akan mampu mengolah pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya menjadi bahan ajar yang bisa memberi pengalaman bermakna bagi siswa yang diajarnya, atau menjadi teknisi yang kompeten di bidangnya. Lama Pelaksanaan PLI: 1. Mata kuliah PLI untuk jenjang program D3 maupun S1 memiliki bobot sebesar 3 Sks. 1 sks untuk mata kuliah kerja lapangan pelaksanaannya setara dengan 4-5 jam tatap muka (dalam seminggu). Satu semester diperhitungkan 16 minggu efektif. Dengan demikian, bobot mata kuliah 3 sks berarti jumlah kegiatan PLI yang harus dilaksanakan adalah: 3 x 16 x 5 = 240 jam. 2. Jika dalam 1 hari mhs melaksanakan PLI selama 8 jam (pkl.08.00-16.00 wib), dan satu minggu mhs mengikuti kegiatan PLI selama 5 hari, maka kegiatan PLI untuk 3 sks minimal harus berlangsung selama: 240/(8 x 5) = 6 minggu.

Upload: kartika-aprilia

Post on 27-Oct-2015

394 views

Category:

Documents


70 download

DESCRIPTION

panduan tentang PLI Universitas Negeri Padang 2013

TRANSCRIPT

Page 1: Panduan PLI UNP 2013

PANDUANPENGALAMAN LAPANGAN INDUSTRI (PLI)

JURUSAN TEKNIK SIPIL 2013

PLI merupakan suatu kegiatan intra kurikuler dalam kelompok mata kuliah bidang studi jenjang program D3 dan S1 pada semua jurusan di FT UNP.

Tujuan:

1. Pelaksanaan PLI ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap mahasiswa di bidang teknologi/kejuruan melalui keterlibatan langsung dalam berbagai kegiatan di dunia usaha/industri.

2. Setelah melaksanakan PLI mahasiswa diharapkan memperoleh pengalaman industri, mencakup perencanaan, pengelolaan, dan pelaksanaan unit produksi serta pengujian kualitas produk.

3. Dengan kemampuan yang dimiliki melalui PLI, lulusan FT UNP akan mampu mengolah pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya menjadi bahan ajar yang bisa memberi pengalaman bermakna bagi siswa yang diajarnya, atau menjadi teknisi yang kompeten di bidangnya.

Lama Pelaksanaan PLI:

1. Mata kuliah PLI untuk jenjang program D3 maupun S1 memiliki bobot sebesar 3 Sks. 1 sks untuk mata kuliah kerja lapangan pelaksanaannya setara dengan 4-5 jam tatap muka

(dalam seminggu). Satu semester diperhitungkan 16 minggu efektif. Dengan demikian, bobot mata kuliah 3 sks berarti jumlah kegiatan PLI yang harus

dilaksanakan adalah: 3 x 16 x 5 = 240 jam.

2. Jika dalam 1 hari mhs melaksanakan PLI selama 8 jam (pkl.08.00-16.00 wib), dan satu minggu mhs mengikuti kegiatan PLI selama 5 hari, maka kegiatan PLI untuk 3 sks minimal harus berlangsung selama: 240/(8 x 5) = 6 minggu.

3. Sebagai kesimpulan, mata kuliah PLI harus dilaksanakan dalam waktu minimal 6 minggu atau 1,5 bulan (namun demikian, lama pelaksanaan PLI juga akan ditentukan oleh situasi, kondisi, dan kebijakan di perusahaan tempat PLI).

Jadwal Pelaksanaan PLI:

Jadwal pelasanaan PLI direncanakan sendiri oleh mahasiswa dengan mempertimbangkan perkuliahan yang sedang atau akan diikuti, serta juga harus memperhatikan persyaratan khusus yang dikeluarkan jurusan.

Page 2: Panduan PLI UNP 2013

Persyaratan Mengikuti PLI:

1. Terdaftar sebagai mahasiswa FT di kantor Registrasi UNP dan mengikuti pembekalan dengan ketentuan sebagai-berikut:

Prodi D3 TSB: Minimal telah mengikuti mata kuliah sebanyak 80%, yaitu : 80% x 119 sks = 95,2 ~ 95 sks, dan telah lulus atau sedang mengambil mata kuliah Manajemen Proyek, K3, dan Kuantiti Surveing. Prodi S1 PTB: Minimal telah mengikuti mata kuliah sebanyak 80%, yaitu : 80% x 145 sks = 116 sks, dan telah lulus atau sedang mengambil mata kuliah Manajemen Proyek, K3,dan Kuantiti Surveing.

2. Persyaratan PLI: Prodi D3 TSB: Minimal telah lulus mata kuliah sebanyak 80%, yaitu : 80% x 119 sks = 95,2 ~ 95 sks, dan telah lulus mata kuliah Manajemen Proyek, K3, dan Kuantiti Surveing.

Prodi S1 PTB: Minimal telah lulus mata kuliah sebanyak 80%, yaitu : 80% x 145 sks = 116 sks, dan telah lulus mata kuliah Manajemen Proyek, K3, dan Kuantiti Surveing.

3. Telah mencapai IP Komulatif minimal 2,004. Telah mengikuti kegiatan pembekalan (coaching) PLI yang diselenggarakan oleh UHI FT UNP dan Jurusan. 5. Tidak sedang mengikuti kuliah, dan khusus prodi S1 PTB tidak sedang melaksanakan PLK

Prosedur Mengikuti PLI:

1. Langkah Pra-PLI:a. Periksakan (Klering) historis nilai kepada dosen PA b. Serahkan historis nilai yang sudah ditanda tangani dosen PA ke koordinator PLI jurusan c. Ikuti pembekalan (coaching) PLI Fakultas d. Ikuti pembekalan (coaching) PLI Jurusan sesuai persyaratan yang ditentukan.e. Minta surat keterangan telah mengikuti pembekalan (coaching) PLI Jurusan dari koordinator

PLI (masa berlaku surat keterangan coaching PLI maksimum 1 tahun)e. Mulai melakukan penjajakan di mana akan melaksanakan PLI (sesuai persyaratan perusahaan/industri yang layak atau dapat dijadikan tempat PLI), hubungi: - Kantor UHI untuk mendapatkan data yang sudah ada. - Dosen pembimbing di jurusan -Kenalan, keluarga yang mempunyai hubungan dengan perusahaan/industri. - Melakukan kontak langsung ke perusahaan/industri.f. Sewaktu melakukan penjajakan bawa surat pengantar dari UHI, tanyakan persyaratan atau

peraturan dan waktu yang tersedia dari perusahaan/industri untuk menerima mahasiswa PLI.

Page 3: Panduan PLI UNP 2013

g. Jika sudah ada pilihan perusahaan/industri yang akan ditempati, hubungi koordinator jurusan untuk konfirmasi tempat tersebut (dibolehkan atau tidak perusahaan/industri tersebut untuk dijadikan sebagai tempat PLI).

h. Siapkan proposal yang sudah ditanda tangani dosen pembimbing.i. Buat surat permohonan PLI yang ditanda tangani ketua prodi dan diketahui oleh koordinator

PLI dengan melampirkan historis nilai yang sudah diklering oleh dosen PA, KRS, dan surat keterangan coaching PLI.

i. Berikan surat permohonan PLI ke kantor UHI untuk selanjutnya akan dibuatkan surat pengantar atau surat permohonan ke perusahaan/industri dengan melapirkan proposal mahasiswa yang bersangkutan.

j. Tunggu atau hubungi perusahaan/industri tersebut untuk konfirmasi diterima atau ditolak. k. Bagi yang diterima, segera melapor ke koordinator PLI dengan membawa surat balasan

(diterima) dari perusahaan/industri. Selanjutnya, segera melapor ke kantor UHI untuk pembuatan asuransi, dan dokumen lainnya.

l. Bagi yang ditolak, atau surat tidak dibalas, segera melapor ke koordinator PLI dengan membawa surat balasan (ditolak) dari perusahaan/industri. Selanjutnya, siapkan nama perusahaan/industri pengganti dan minta kantor UHI membuatkan surat permohonan baru.

m. Melapor ke dosen pembimbing sebelum berangkat ke lokasi untuk pengarahan kegiatan di lokasi sekaligus serahkan surat tugas pembimbing yang ditanda tangani oleh ketua prodi.

Page 4: Panduan PLI UNP 2013

Diagram Alir Proses Pengurusan PLI:

Langkah Sewaktu Melaksanaan PLI:

1. Mengikuti semua peraturan tentang kedisiplinan, tata cara kerja yang berlaku di perusahaan/industri.

2. Melakukan kegiatan observasi, pengumpulan data yang dibuat dalam buku catatan harian (buku binder) sesuai dengan arahan dosen pembimbing.

3. Melakukan konsultasi yang intensif dengan supervisor di perusahaan/industri.4. Melakukan kontak dengan dosen pembimbing kalau ada permasalahan atau sesuatu yang

ingin ditanyakan.5. Sambil melaksanakan PLI, mulailah mempersiapkan laporan PLI.6. Setelah masa PLI selesai, pastikan untuk memperoleh: a. Sertifikat atau surat keterangan telah mengikuti PLI b. Nilai dari supervisor yang diisikan pada format nilai PLI c. Lembaran pengesahan Laporan PLI dari Superisor.

Page 5: Panduan PLI UNP 2013

Langkah Setelah selesai PLI:

1. Melapor ke dosen pembimbing bahwa PLI telah selesai dengan membawa semua dokumen PLI.

2. Mulai menyusun laporan PLI dan konsultasi dengan pembimbing.3. Setelah laporan selesai, dijilid, dan disetujui dosen pembimbing, kemudian serahkan ke

kantor UHI untuk pengesahan. 4. Serahkan laporan PLI satu rangkap ke UHI (minta tanda terimanya) dan minta blangko nilai

akhir PLI. 5. Berikan blangko nilai akhir ke dosen pembimbing untuk diisi.6. Serahkan nilai akhir tersebut ke kantor UHI (dalam amplop tertutup).

Catatan Tambahan:

1. Dianjurkan untuk mengambil foto-foto aktivitas proyek di lapangan dan melampirkan dokumentasi proyek lainnya. 2. Pelajari dan validasi dokumen-dokumen proyek 3. Validasi pelaksanaan proyek apakah sudah sesuai dengan spesifikasi dokumen 4. Catat dan dokumenkan semua temuan dan pengalaman yang diperoleh di lapangan 5. Selama PLI berjalan diharapkan mahasiswa membuat draf laporan PLI dan draf proposal Proyek Akhir 6. Tuntaskan Laporan PLI segera setelah PLI berakhir.7. Masa berlaku Laporan PLI Maks 1 tahun, jika lebih dari 1 tahun maka PLI harus diulang dari awal.

Persyaratan Perusahaan/Industri Tempat Kegiatan PLI:

Prodi D3-Teknik Sipil dan Bangunan Prodi S1-Pendidikan Teknik Bangunan:

Untuk menjamin kualitas pelaksanaan PLI, maka proyek- proyek yang dijadikan sasaran tempat kegiatan lapangan dan temuan menarik perlu memenuhi persyaratan berikut:

1. Perusahaan berbadan hukum dan punya struktur organisasi kerja yang jelas. 2. Konstruksi memerlukan analisis struktur tersendiri (Bangunan struktur). 3. Bangunan gedung/rumah tinggal minimal 2 lantai. 4. Jalan minimal kelas B atau yang memerlukan rancangan khusus. 5. Bendungan lebar minimal 8 m atau yang memerlukan rancangan khusus. 6. Jembatan bentangan minimal 10 m atau yang memerlukan rancangan khusus. 7. Sanitasi/air bersih minimal bangunan 3 lantai 8. Saluran dan drainase yang memerlukan perancangan khusus. 9. Pada saat kegiatan praktek lapangan dilakukan pekerjaan fisik utama masih berjalan dan tidak

dibenarkan pada kegiatan yang hanya pada tahap finishing.

Page 6: Panduan PLI UNP 2013

Penjelasan Daftar Isi Laporan PLI:

Halaman Judul, cukup jelasHalaman Pengesahan, cukup jelas Biodata, cukup jelas Ringkasan Laporan PLI, cukup jelas Kata Pengantar, cukup jelas Daftar Isi, cukup jelas Daftar Tabel, cukup jelas Daftar Gambar, cukup jelas Daftar Lampiran, cukup jelas

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Deskripsi Perusahaan dan Proyek, Penjelasan seputar keberadaan perusahaan dan proyek: Organisasi/manajemen dan hal-hal spesifik perusahaan serta proyek.

1.2. Tujuan dan Manfaat Proyek, cukup jelas

1.3. Sistematika Pembahasan, cukup jelas

BAB II LAPORAN KEGIATAN LAPANGAN

2.1. Proses Pelaksanaan Proyek, Penjelasan rinci tentang proses pelaksanaan proyek, menyangkut proses tender, proses pengerjaan fisik, proses pengawasan; proses pengerjaan fisik dapat dilihat dari: teknologi, material, prosedur kerja, pengaturan kerja, pengendalian kualitas, dsb; pemaparan sebaiknya dilengkapi dengan gambar-gambar, flow chart dan simbol komunikasi lain yang relevan dengan tujuan.

2.2. Pelaksanaan Kegiatan Lapangan, menjelaskan secara deskriptif tentang kegiatan ril mahasiswa selama praktek, baik secara fisik maupun secara mental dan pengetahun yang dialaminya (kalau ada diskusi-diskusi dan pendalaman lain yang dilakukan di lapangan). Pemaparan supaya dilengkapi dengan gambar sketsa maupun gambar kerja dari setiap aspek pekerjaan yang diamati di lapangan.

2.3. Temuan Menarik, pengalaman/temuan yang secara keilmuan penting dan bermanfaat untuk dijelaskan dalam bentuk pengetahuan baru, penyimpangan dari yang seharusnya, kondisi spesifik/unik dan perlu ditangani secara khusus.

BAB III PENUTUP, berisi kesimpulan dan saran dari kegiatan praktek lapangan.

DAFTAR PUSTAKA, cukup jelas

Page 7: Panduan PLI UNP 2013

Certified Management SystemDIN EN ISO 9001:2000

Cert.No. 01.100 086042

Contoh Garis-Garis Besar Penulisan Laporan PLI:

HALAMAN JUDULHALAMAN PENGESAHANBIODATARINGKASANKATA PENGANTARDAFTAR ISIDAFTAR GAMBARDAFTAR TABELDAFTAR LAMPIRAN

BAB I PENDAHULUANA. Latar Belakang Proyek B. Tujuan dan Manfaat Proyek C. Sistematika Pembahasan

BAB II LAPORAN KEGIATAN LAPANGAN A. Deskripsi Perusahaan 1. Sejarah Singkat Perusahaan 2. Ruang Lingkup Perusahaan B. Deskripsi Proyek 1. Data Proyek

2. Hubungan Kerja Pengelola Proyek 3. Struktur Organisasi Proyek

C. Proses Pelaksanaan Proyek 1. Tahap Pra-Pelaksanaan 2. Tahap Pelaksanaan 3. Tahap Pengawasan D. Pelaksanaan Kegiatan Lapangan

E. Temuan Menarik

BAB III. PENUTUP A. Kesimpulan

B. Saran

DAFTAR PUSTAKA

Contoh Format Surat Permohonan PLI:

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Page 8: Panduan PLI UNP 2013

Certified Management SystemDIN EN ISO 9001:2000

Cert.No. 01.100 086042

UNIVERSITAS NEGERI PADANGFAKULTAS TEKNIK

JURUSAN TEKNIK SIPILTelp (0751)-7059996

No. : …../UN35.1.2.2/PLI/2013Lamp. :Hal : Penerbitan Surat Permohonan

Pengalaman Lapangan Industri

Kepada: Yth.Dekan FT UNP u.b. Kepala Unit Hubungan Industri

Padang

Dengan hormat,

Bersama ini disampaikan bahwa mahasiswa berikut:

N a m a : ………………………….NIM/Th Masuk : ………………………….Program Studi : ………………………….No. HP/Telp. : ………………………….

telah memenuhi syarat untuk melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan Pengalaman Lapangan Industri. Karena itu mohon diterbitkan surat Permohonan ke Perusahaan/Industri berikut ini:

Nama Perusahaan : ………………………….Alamat : ………………………….Tanggal Pelaksanaan : ………………………….

Ditunjuk sebagai Dosen Pembimbing adalah: …………………………….

Atas perhatian dan kerjasamanya diaturkan terimakasih.

Padang, ……………2013Mengetahui: Ketua Program Studi,Koordinator PLI,

Drs. Juniman Silalahi, M.Pd. …………………………..NIP. 19630627 198903 1 005 NIP.

Contoh Format Surat Tugas:

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Page 9: Panduan PLI UNP 2013

Certified Management SystemDIN EN ISO 9001:2000

Cert.No. 01.100 086042

UNIVERSITAS NEGERI PADANGFAKULTAS TEKNIK

JURUSAN TEKNIK SIPILTelp (0751)-7059996

SURAT TUGASNo…./ UN35.1.2.2/PLI/2013

Ketua Program Studi ……………………..atas nama Ketua Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik UNP menugaskan kepada Sdr. :

N a m a : ……………………………

NIP : ……………………………

Sebagai Pembimbing kegiatan Pengalaan Lapangan Industri (PLI) untuk mahasiswa :

N a m a : ………………………….

NIM/Th Masuk : ………………………….

Program Studi : ………………………….

Tempat PLI. : ………………………….

Demikian Surat Tugas ini diberikan untuk dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Padang, ……………2013 Ketua Program Studi,

………………………….. NIP.

Tembusan:

- Ketua Jurusan Teknik Sipil sebagai laporan- Unit Hubungan Industri

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANUNIVERSITAS NEGERI PADANG

FAKULTAS TEKNIK

Page 10: Panduan PLI UNP 2013

Certified Management SystemDIN EN ISO 9001:2000

Cert.No. 01.100 086042

JURUSAN TEKNIK SIPILTelp (0751)-7059996

SURAT KETERANGAN No…./ UN35.1.2.2/PLI/2013

Koordinator Pengalaman Lapangan Industri (PLI) Jurusan Teknik Sipil FT UNP

menerangkan bahwa:

N a m a : ……………………………

TM/NIM : ……………………………

Program Studi : ……………………………

telah mengikuti pembekalan PLI untuk periode Januari-Juni 2013 yang diselenggarakan

pada tanggal ... Mei 2013 oleh Jurusan Teknik Sipil FT UNP.

Demikian Surat Keterangan ini diberikan untuk dapat dipergunakan sebagaimana

mestinya.

Padang, 27 Mei 2013 Koodinator PLI,

Drs. Juniman Silalahi, M.Pd. NIP. 19630627 198903 1 005

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Page 11: Panduan PLI UNP 2013

UNIVERSITAS NEGERI PADANGFAKULTAS TEKNIK

JURUSAN TEKNIK SIPILTelp (0751)-7059996

LEMBARAN PENILAIAN SUPERVISOR INDUSTRINama Mahasiswa : NIM.:Program Studi :Unit Kegiatan Praktek :Nama Perusahaan/Industri :Jadwal Kegiatan :Nama Supervisor (Penilai) :Jabatan Supervisor :

Aspek Yang DinilaiKurangSekali

Kuraang Cukup Baik BaikSekali

1. Penguasaan ilmu bidang studi (teori) penun- jang praktek. 20 40 60 80 1002. Keterampilan membaca gambar kerja/petun- juk kerja/

menu/ resep dan sejenisnya.20 40 60 80 100

3. Keterampilan menggunakan alat atau instrumen yang dipakai dalam praktek.

20 40 60 80 100

4. Kapasitas hasil praktek dalam jangka waktu yang disediakan.

20 40 60 80 100

5. Kualitas hasil praktek dibandingkan dengan standar (tolak ukur) yang ditetapkan.

20 40 60 80 100

6. Kemampuan berpraktek secara mandiri. 20 40 60 80 1007. Inisiatif untuk meningkatkan hasil praktek. 20 40 60 80 1008. Unisiatif untuk menyelesaikan atau mengatasi masalah yang

ditemui.20 40 60 80 100

9. Kerjasama dengan orang lain selama melaksanakan praktek. 20 40 60 80 10010. Disiplin dan kehadiran di tempat praktek. 20 40 60 80 10011. Sikap terhadap petunjuk, kritik atau anjuran dari

pembimbing praktek.20 40 60 80 100

12. Pelaksanaan program keselamatan kerja bagi diri sendiri dan orang lain.

20 40 60 80 100

13. Pemeliharaan keselamatan alat, bahan, dan lingkungan tempat praktek.

20 40 60 80 100

14. Kewajaran penampilan dan berpakaian di tempat praktek. 20 40 60 80 10015. Adaptasi dengan situasi dan kondisi di tempat praktek. 20 40 60 80 100

Jumlah SkorTotal Skor (Jumlahkan semua jumlah Skor)

Total SkorBIJI NILAI = ---------------- = 15

Rekomendasi: Untuk bisa berhasil atau lebih berhasil dalam praktek, mahasiswa ini memerlukan (cantumkan tanda √) :( ) Bimbingan yang lebih intensif( ) Pemantapan ilmu penunjang (teori)( ) Pemberian waktu praktek yang lebih lama( ) Pembinaan sikap dan disiplin yang lebih positif .............................................

Tanda tangan, nama penilai, stempel perusahaan

Page 12: Panduan PLI UNP 2013

Certified Management SystemDIN EN ISO 9001:2000

Cert.No. 01.100 086042

Certified Management SystemDIN EN ISO 9001:2000

Cert.No. 01.100 086042

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANUNIVERSITAS NEGERI PADANG

FAKULTAS TEKNIKJURUSAN TEKNIK SIPIL

Telp (0751)-7059996

CATATAN HARIAN KEGIATAN LAPANGANNama Mahasiswa : NIM.:Program Studi :Unit Kegiatan Praktek :Nama Perusahaan/Industri :Jadwal Kegiatan :Nama Supervisor :Jabatan Supervisor :

No. Hari/ Tanggal Kegiatan Yang DilakukanParaf

Supervisor

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Page 13: Panduan PLI UNP 2013

Certified Management SystemDIN EN ISO 9001:2000

Cert.No. 01.100 086042

UNIVERSITAS NEGERI PADANGFAKULTAS TEKNIK

JURUSAN TEKNIK SIPILTelp (0751)-7059996

CATATAN HARIAN KEGIATAN LAPANGANNama Mahasiswa : NIM.:Program Studi :Unit Kegiatan Praktek :Nama Perusahaan/Industri :Jadwal Kegiatan :Nama Supervisor (Penilai) :Jabatan Supervisor :

No. Hari/ Tanggal Kegiatan Yang DilakukanParaf

Supervisor

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Page 14: Panduan PLI UNP 2013

Certified Management SystemDIN EN ISO 9001:2000

Cert.No. 01.100 086042

UNIVERSITAS NEGERI PADANGFAKULTAS TEKNIK

JURUSAN TEKNIK SIPILTelp (0751)-7059996

CATATAN HARIAN KEGIATAN LAPANGANNama Mahasiswa : NIM.:Program Studi :Unit Kegiatan Praktek :Nama Perusahaan/Industri :Jadwal Kegiatan :Nama Supervisor (Penilai) :Jabatan Supervisor :

No. Hari/ Tanggal Kegiatan Yang DilakukanParaf

Supervisor

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Page 15: Panduan PLI UNP 2013

Certified Management SystemDIN EN ISO 9001:2000

Cert.No. 01.100 086042

UNIVERSITAS NEGERI PADANGFAKULTAS TEKNIK

JURUSAN TEKNIK SIPILTelp (0751)-7059996

CATATAN HARIAN KEGIATAN LAPANGANNama Mahasiswa : NIM.:Program Studi :Unit Kegiatan Praktek :Nama Perusahaan/Industri :Jadwal Kegiatan :Nama Supervisor (Penilai) :Jabatan Supervisor :

No. Hari/ Tanggal Kegiatan Yang DilakukanParaf

Supervisor

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Page 16: Panduan PLI UNP 2013

Certified Management SystemDIN EN ISO 9001:2000

Cert.No. 01.100 086042

UNIVERSITAS NEGERI PADANGFAKULTAS TEKNIK

JURUSAN TEKNIK SIPILTelp (0751)-7059996

CATATAN HARIAN KEGIATAN LAPANGANNama Mahasiswa : NIM.:Program Studi :Unit Kegiatan Praktek :Nama Perusahaan/Industri :Jadwal Kegiatan :Nama Supervisor (Penilai) :Jabatan Supervisor :

No. Hari/ Tanggal Kegiatan Yang DilakukanParaf

Supervisor

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Page 17: Panduan PLI UNP 2013

Certified Management SystemDIN EN ISO 9001:2000

Cert.No. 01.100 086042

UNIVERSITAS NEGERI PADANGFAKULTAS TEKNIK

JURUSAN TEKNIK SIPILTelp (0751)-7059996

CATATAN HARIAN KEGIATAN LAPANGANNama Mahasiswa : NIM.:Program Studi :Unit Kegiatan Praktek :Nama Perusahaan/Industri :Jadwal Kegiatan :Nama Supervisor (Penilai) :Jabatan Supervisor :

No. Hari/ Tanggal Kegiatan Yang DilakukanParaf

Supervisor

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Page 18: Panduan PLI UNP 2013

Certified Management SystemDIN EN ISO 9001:2000

Cert.No. 01.100 086042

UNIVERSITAS NEGERI PADANGFAKULTAS TEKNIK

JURUSAN TEKNIK SIPILTelp (0751)-7059996

CATATAN HARIAN KEGIATAN LAPANGANNama Mahasiswa : NIM.:Program Studi :Unit Kegiatan Praktek :Nama Perusahaan/Industri :Jadwal Kegiatan :Nama Supervisor :Jabatan Supervisor :

No. Hari/ Tanggal Kegiatan Yang DilakukanParaf

Supervisor

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Page 19: Panduan PLI UNP 2013

Certified Management SystemDIN EN ISO 9001:2000

Cert.No. 01.100 086042

UNIVERSITAS NEGERI PADANGFAKULTAS TEKNIK

JURUSAN TEKNIK SIPILTelp (0751)-7059996

CATATAN HARIAN KEGIATAN LAPANGANNama Mahasiswa : NIM.:Program Studi :Unit Kegiatan Praktek :Nama Perusahaan/Industri :Jadwal Kegiatan :Nama Supervisor (Penilai) :Jabatan Supervisor :

No. Hari/ Tanggal Kegiatan Yang DilakukanParaf

Supervisor

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Page 20: Panduan PLI UNP 2013

Certified Management SystemDIN EN ISO 9001:2000

Cert.No. 01.100 086042

UNIVERSITAS NEGERI PADANGFAKULTAS TEKNIK

JURUSAN TEKNIK SIPILTelp (0751)-7059996

CATATAN HARIAN KEGIATAN LAPANGANNama Mahasiswa : NIM.:Program Studi :Unit Kegiatan Praktek :Nama Perusahaan/Industri :Jadwal Kegiatan :Nama Supervisor :Jabatan Supervisor :

No. Hari/ Tanggal Kegiatan Yang DilakukanParaf

Supervisor

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Page 21: Panduan PLI UNP 2013

UNIVERSITAS NEGERI PADANGFAKULTAS TEKNIK

JURUSAN TEKNIK SIPILTelp (0751)-7059996

CATATAN HARIAN KEGIATAN LAPANGANNama Mahasiswa : NIM.:Program Studi :Unit Kegiatan Praktek :Nama Perusahaan/Industri :Jadwal Kegiatan :Nama Supervisor :Jabatan Supervisor :

No. Hari/ Tanggal Kegiatan Yang DilakukanParaf

Supervisor