nurul islami

Download NURUL ISLAMI

Post on 24-Jan-2016

59 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

NURUL ISLAMI. 20131113017 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA 2014. Assalamuaikum Wr,Wb. ZOOLOGI INVERTEBRATA. mollusca. MOLLUSCA. TUJUAN. Mengenal phylum mollusca. Sejarah Mollusca. - PowerPoint PPT Presentation

TRANSCRIPT

Slide 1

NURUL ISLAMI20131113017

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGIFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA2014Assalamuaikum Wr,Wb.

2MOLLUSCA4TUJUANMengenal phylum molluscaSejarah MolluscaMolusca dikenal sebagai hewan yang mempunyai tubuh lunak yang telah dikenal dari waktu yang termuda yang mempunyai bentuk yang beragam. Sistematik mereka pertama kali dipelajari Aristoteles yang medeskripsikan jenis jenis yang beragam dari Cepalophoda dan Gastrophoda, didalam bukunya: History Animalium. Kemudian Mulosca digunakan oleh Jhonson (1650) untuk memasukan Cepalophoda Barnacles.

PengertianMolusca (bahasa latin, Mollis artinya lembut, lunak) artinya mempunyai tubuh lunak dan pertama sekali diklasifikasikan oleh Aristoteles untuk ikan lembu dilautan algean. Bahasa latin arti Molusca adalah nama dari kepala lunak dengan cangkang tipis, menghubungkan ke cangkang bivalve dan tubuh hewan lunak yang terbuka dalam cangkang.SIFAT-SIFATPeredaran darah umumnya terbuka, kecuali cepalophoda.Respirasi dilakukan dengan menggunakan insang atau paru-paru mantel, atau bagian epidermis.Ekresi dilakukan oleh ginjal.Sistem saraf oleh tiga pasang gang lion yaitu (ganglion cerebral, ganglion visceral, ganglion pedal yang dihubungkan oleh tali syaraf longitudinal).Alat reproduksi terpisah dan bersatu, dengan sistem pembuahan internal atau eksternal

9Struktur Tubuh Cephalopoda

14HABITAT MOLLUSCAMolusca mempunyai bentuk yang besar, habit dan habitatnya. Merak hidup dengan daya adaptasi yang baik dan mendiami seluruh garis pantai di dunia dengan habitat daratan kecuali udara. Kebanyakan dari mereka yang mempunyai cangkang yang besar pengaruhnya terhadap keberadaannya. Kebanyakan hidup dilaut, sepanjang garis pantai dan air yang tenang diantara karang, tetapi ada juga yang hidup dikedalaman 12.000 meterWassalamuaikum Wr, Wb.

17