nomor dpp-002.pj/sp-pln/2010 - · pdf file2. berita acara - ... bersama (pkb) periode tahun...

Click here to load reader

Post on 06-Feb-2018

249 views

Category:

Documents

3 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • ADDENDUM KEDUA

    PERJANJAN KERJA BERSAMA PERIODE TAHUN 2O10-2012

    Nomor i'l4O-1.PJl04OlDlR/2010Nomor : DPP-002.PJ/SP-PLN/2010

    ANTARA

    PT PLN (PERSERO)

    DENGAN

    SERIKAT PEKERJA PT PLN (PERSERO)

    NomorNomor

    : 081.PJIO40lDtNzJ13I 046lDPP ISP-PLN/X/2013

    Pada hari ini, Jumat, tanggal sebelas bulan Oktober tahun dua ribu tiga belas (11-1G2013),yang bertanda tangan di bawah ini :

    L PT PLN (Persero), badan hukum yang berkedudukan di Jakarta berdasarkan AnggaranDasar yang dimuat dalam Akta Notaris Soetjipto, SH Nomor 169 Tahun 1994 yang telahdimuat dalam Berita Negara Republik lndonesia Nomor 6731 beserta perubahannya, dalamhal ini diwakili oleh Nur Pamudji selaku Direktur Utama PT PLN (Persero) yang selanjutnyadisebut Perseroan.

    ll. Serikat Pekerja PT PLN (Persero) yang terdaftar pada Departemen Tenaga Kerja Republiklndonesia Nomor KEP. 385/M/8W1999 tanggal 13 Oktober 1999 berdasarkan AnggaranDasar Serikat Pekerja PT PLN (Persero) yang selanjutnya disebut SP-PLN dan telahtercatat pada Kantor Departemen Tenaga Kerja Kotamadya Jakarta Selatan dengan NomorBukti Pencatatan 22NlNllVl2001 tanggal 6 April 2001, datam hal ini diwakiti oleh DedenAdhityadharma selaku Kefua Umum Serikat Pekerja PT PLN (Persero), yang selanjutnyadisebut SP-PLN.

    Berdasarkan:

    1. Kesepakatan Bersama antara Perseroan dengan SP PLN tanggal 16 Januari 2013 diDirektorat Pencegahan dan Penyelesaian Perselisihan Hubungan lndustrial KementerianTenaga Kerja dan Transmigrasi Republk lndonesia, Perseroan dan SP-PLN sepakat untukmerundingkan I (sembilan) SK Direksi yang belum disepakati;

    2. Berita Acara - Berita Acara Perundingan bntang Pembahasan I (sembilan) SK Direksi;

    Perseroan dan SP-PLN sepakat Lrntuk membuat Addendu.,n Kedua atasBersama (PKB) Periode Tahun 201G2012 Nomor 14G1.PJ/040/DIR/2010

    Nomor DPP-002.PJ/SP-PLN/20'l 0

    Perianiian Keriasebagai berikut:

    PASAL I

    a. Mengubah BAB Vl Bagian Keempat Pasal 23 menjadisebagai berikut:

    AE

    fh.tr-t"

    6/

    v

    'f,r:4,

    +

  • Bagian KeempatSistem Manajernen Kinerja Pegawai

    Pasal 23

    Kedua Pihak sepakat memberlakukan ketentuan tentang Sistem Manajernen KinerjaPegawai (SMKP) yang berlaku dengan catatan sebagai berikut :

    (1) Divisi Pengernbangan Sistem SDM, Divisi Pengembangan SDM dan Talenta, DivisiPengernbangan Organisasi, SPKK, Manajemen Sertifikasi dan Pusdiklat bersama-sama menyempurnakan Sistem Manajemen Kinerja Pegawai dan aplikasi SDMlainnya yang terkait.

    (2) Rencana Kerja penyemplrnaan Sistem Manajemen Kinerja Pegawai dituangkandalam addendum PKB, lengkap dengan tentative schedule.

    (3) Pengharyaan kepada Technical Exped/Specialisl diberikan sesuai dengan levelkepakarannya.

    (4) Sistem Manajernen Kinerja Pegawai disempurnakan berdasarkan hasil evaluasisecara berkala yang dilaksanakan oleh unsur Manajemen dan unsur Serikat pekerja.

    b. Mengubah BAB Xl Bagian Keempat Pasal 43 dan Pasalrl4 menjadi sebagai berikut:

    Bagian KeanpatPemeliharaan Kesehatan

    Pasal 43Penyelenggaraan Pemeliharaan Kesehatan

    Bagi Pegawai dan Keluarga yang Dihnggung

    Penyelenggaraan pemeliharaan kesehabn bagi Pegawai dan keluarga yang ditanggungsesuai dengan Lanpiran Pertama Addendum Kedua PKB Periode 201 G20'12 ini.

    penyerenggaraarlPJJrXl lfn"rr"nKesehatanBagi Pensiunan dan Keluarga yang Ditanggung

    Penyelenggaraan pemeliharaan kesehatan bagi Pensiunan dan keluarga yang ditanggungsesuai dengan Lanpiran Kedua Addendun Kedua PKB Periode 201G2012 ini.

    c. Menghapus BAB Xl Bagian Kelima Pasal 45, Baghn Keemm Pasal46 dan Pasal 47.

    d. Mengubah BAB XVI Bagian Pertama Pasal 57 ayat(1) menjadi sebagai berikut:

    Bagian PertamaPemberhentian Pegawai

    Pasal 57

    ('l) Pegawai dapat diberhentikan karena :

    a. Mencapai batas usia pensiun normal sesuai ketentuan Perseroan;

    NA.tr(hLL,

    I-tt4., tr

  • a. Mencapai batas usia pensiun normal sesuai ketentuan Perseroan;b. Uzurjasmani dan atau rohani(cacat);c. Atas permintaan sendiri;d. Pensiun dini;e. Hukuman disiplin;f. Hilang;g. Meninggal duria;h. Menjadi anggoh Direksi Perseroan;i. Perkawinan Antar Pegawai.

    e. Menambah BAB XXI Bagian Pertama Pasal 70 sebagai berikut:

    BAGIAN XXI

    Bagian PertanaPerkawinan Antar Pegawai

    Pasal 70

    (1) Dalam hal terjadi Perkawinan antar Pegawai di PT PLN (Persero), maka salah satu diantara Pegawaitersebut diberhentikan sebagai Pegawai PT PLN (Persero).

    (2) Pegawai wajib melaporkan Perkawinan antar Pegawai ke Perseroan denganmenyerahkan fotokopi akta perkawinan (buku nikah) paling lambat 1 (satu) bulankalender setelah tanggal perkawinan.

    (3) Pegawai yang melakukan Perkawinan antar Pegawai dan tidak melapokanperkawinanrrya sebagainnna dimaksud dalam ayat (2), merupakan pelanggarandisiplin berat dan masing-masing Pegawai diproses sesuai Peraturan Disiplin pegawaiyang berlaku di Perseroan.

    (4) Pegawai yang diberhentikan karena melakukan Perkawinan antar pegawaisebagainana dimaksud pada ayat ('l), diberikan hak-hak sesuai dengan peraturanperundangundangan yang berlaku dan wajib menyelesaikan/melunasi kewa.ijbannyaterhadap Perseroan paling lambat 1 (satu) bulan kalender, terhitung sejak tanggalpemberhentian.

    f. Menambah BAB XXll sebagai berikut :

    BAB XXII

    Bagian PertamaSertifikasi Kompetensi

    Pasal 71

    (1) Asas Sertifikasi Kompetensi adalah TARIF (Transparant, Accountability, Responsibility,lndependent Faimess).

    (2) Sertifikasi Kompetensi diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)terakreditasi.

    \\

    -lr \r-

    yang

    IffJ=t4q

    .,fTm. L

    z)\)

  • (3) Peserta Sertiflkasi Kompetensi adalah Pegawai yang diutamakan memiliki masa kerjaminimal 1 (satu) tahun dan belum mencapai usia 56 (lima puluh enam) tahun padasaat pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi, bagi Pegawai yang berusia di atas 53 (limapuluh tiga) tshun tidak wajib mengikuti Sertifikasi Kompetensi.

    (4) Uji Sertifikasi Kompetensi meliputi Uji Pengetahuan, Uji Keterampilan dan Sikap Kerja.

    (5) Uji Pengetahuan dapat dilakukan seca? online, sedangkan Uji Keterampilan danSikap Kerja berdasarkan portofolio atau observasi atau uji praktek di tempat kerjasesuai pilihan Pegawai.

    Bagian KeduaPelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi Pegawai

    Pasal T2

    (1) Persiapan materi Uji Sertiflkasi Kompetensi mencakup soal Uji Pengetahuan, LembarObservasi untuk Uji Keterampilan dan Sikap Kerja sesuai dengan bidang kompetensiyang diuji

    (2) Soal Uji sebagaimana dimaksud pada ayat (1), untuk Uji Pengetahuan secara onlinedisediakan oleh Unit Sertifikasi yang berperan sebagai Lembaga Sertifikasi yangterakreditasi dan harus divalidasi oleh Tim Assesor/Tim Expeft yang ditunjuk oleh UnitSertifikasi sesuai birlang profesinya.

    (3) Lembar Observasi untuk Uji Keterampilan dan Sikap Kerja pada masing-masingBidang Kompetensi disiapkan dan dilakukan oleh Assessor yang ditunjuk oleh UnitSertifikasi.

    (4) Untuk Uji Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap Kerja yang dilaksanakan oleh LSPselain Unit Sertifikasi, dilakukan sesuai dengan skema sertifikasi LSP yangbersangkutan.

    (5) Sebelum Uji Sertifikasi Kompetensi dilaksanakan, Unit Sertifikasi memberikan kisi-kisimateri kepada Pegawai yang bersangkutan.

    (6) Sebelum U1i Sertifikasi Kompetensi dilaksanakan, Atasan memberikan bimbingan ataupembekalan kepada Pegawai yang bersangkutan.

    Bagian Keti;aHasil Sertifikasi Kompetensi Pegawai

    Pasal 73

    (1) Pegawai yang dinyatakan kompeten sesuai hasil Uji Sertmkasi Kompetensi diberikansertifikat kompetensi yang disampaikan dan diserahkan kepada Pegawai yangbersangkutan, Atasan Langsung dan Pengelola SDM.

    (2) Bagi Pegawai yang dinyatakan belum kompeten, maka Atasan yang Bersangkutanwajib membimbing dan membina serta megusulkan untuk memberikan pendidikan danpelatihan.

    (3) Hasil Uji Sertifikasi Kompetensi tidak mengakibatkan Pemutusan Hubungn Ke4a danpenurunan penghasilan Pegawai.

    P*#nfVrrL L

    r W

  • Bagian KeanpatKetentuan Peralihan Sertifi kasi Kompetensi Pegawai

    Pasal T 4

    (1) Bagi Pegawai yang sedang melaksanakan Uji Sertifikasi Kompetensi dengan LSP lain,tetap dilaksanakan sampai dengan selesai.

    (2) Bagi Pegawai yang telah mendapat