membuat database dari microsoft access 2007

21
Cara Membuat Database Dari Microsoft Access 2007 Posted by: Hendra Hadiwijaya in Internet & Office , Tutorial & Tips October 21, 2011 34 Comments 10,468 Views Database adalah file data yang berisi objek seperti tabel, query, report dan lainnya. Pada tampilan awal dari program Acces 2007, anda dapat membuat sebuah Database baru atau membuka database yang telah dibuat sebelumnya. Berikut Langkah-Langkahnya: Langkah 1 Klik Menu Start-All Program – Ms. Office – Ms.Access 2007 Langkah 2 Klik Blank Database, tentukan lokasi penyimpanan dan nama database, klik tombol Create

Upload: hamsiahchya

Post on 23-Nov-2015

63 views

Category:

Documents


6 download

DESCRIPTION

bebas

TRANSCRIPT

Cara Membuat Database Dari Microsoft Access 2007Posted by: Hendra Hadiwijaya in Internet & Office, Tutorial & Tips October 21, 2011 34 Comments 10,468 Views Database adalah file data yang berisi objek seperti tabel, query, report dan lainnya. Pada tampilan awal dari program Acces 2007, anda dapat membuat sebuah Database baru atau membuka database yang telah dibuat sebelumnya.Berikut Langkah-Langkahnya:Langkah 1Klik Menu Start-All Program Ms. Office Ms.Access 2007

Langkah 2Klik Blank Database, tentukan lokasi penyimpanan dan nama database, klik tombol Create

Maka akan tampil area kerja Ms. Access 2007, seperti gambar dibawah ini:

Office Button : adalah pengganti menu file yang biasa anda temukan pada versi sebelumnyaQuick Access Toolbar : adalah customizable yang berisi perintah-perintah penting seperti save, undo, redo dan masih banyak lagi perintah yang dapat anda tambahkan sendiri sesuai dengan keperluan.Ribbon : merupakan pengganti Toolbar yang sering anda temukan pada versi sebelumnya.Database Object : merupakan objek-objek yang telah diaktifkan dan digunakan dalam sebuah database. Contohnya seperti : Table, Form, Report, Macro dll.Object Preview : Tampilan object yang anda aktifkan seperti table, form, report, dllView Shortcut : adalah fitur dalam Access 2007 yang berguna untuk mengubah tampilan objek dengan mode tertentu sesuai dengan objek yang digunakan. Contohnya: Design View, Layout View, DataSheet View, Form View dll. A. Membuat Table Menggunakan DataSheet ViewTabel Data Mahasiswa PalComTeh

Berikut langkah-langkahnya:Langkah 1 Masih pada jendela Ms. Acces 2007 yang aktif Ketika anda mebuat database baru, sebuah tabel secara otomatis akan tampil didalam Preview object Klik tombol Close untuk menutuk jendela tab Table 1 yang aktif, dengan cara klik tombol Close yang terletak di sudut kanan atas.

Langkah 2Anda dapat membuat tabel baru, dengan cara klik Create Table dalam group Tables, seperti gambar dibawah ini:

Maka tabel baru akan tampil, untuk mengganti nama field pada tabel dengan cara double klik pada nama field tersebut, seperti gambar dibawah ini:

Field baru akan tampil disebelah kanan field Nama, lanjutkan dengan memberi nama field lainnya.

Langkah 3Jika telah selesai klik Datasheet View Design View, seperti gambar dibawah ini:

Langkah 4Kotak dialog Save As akan tampil, simpan tabel dengan nama tb_mahasiswa dan klik Ok.

Anda dapat melihat keterangan tabel yang dibuat yaitu nama field, tipe data, penggunaan primary key dan lainnya.

Langkah 5Kembali ketampilan seblumnya, klik Design View Datasheet View, seperti gambar dibawah ini:

Langkah 6Masukan data kedalama Field-field yang telah disediakan.

Langkah 7Untuk menambah, mengedit atau pindah data record, dapat menggunakan fungsi record yang disediakan dibawah jendela object.

B. Membuat Tabel Menggunakan Design ViewTabel Data Mahasiswa PalComTech

Berikut Langkah-langkahnya:Masih di database Latihan 1 yang aktifLangkah 1Tambahkan tabel baru, klik Create Table Design, seperti gambar dibawah ini:

Langkah 2Masukan Field data yang disediakan.

Langkah 3Jika telah selesai gunakan Primary Key pada field Nim, seperti pada gambar dibawah ini:

Note : Primary Key berfungsi sebagai pengunci data,Agar pengimputan data yang sama tidak dapat di proses diDalam sebuah field.Langkah 4Klik Design View Datasheet View, seperti gambar dibawah ini:

Jika tampil kotak dialog seperti dibawah ini, pilih Save dan simpan dengan nama Tb_data_mahasiswa, seperti gambar dibawah ini:

Langkah 5Setelah seluruh field di buat, masukanlah datanya seperti gambar dibawah ini:

Jika telah selesai tutup jendela database Latihan 1, dengan cara klik tombol Office Button dan klik Close Database.Mail MergeMerupakan salah satu fasilitas dari Microsoft Word yang memudahkan pengguna dalam membuat surat yang isinya sama untuk penerima yang berbeda-beda. Contoh nyata yang sering menggunakan fasilitas Mail Merge adalah surat undangan yang dibuat oleh sekolah untuk para orang tua murid. Sebagai contoh, inilah langkah langkah untuk membuat surat undangan tersebut.1. Buka program Microsoft Word, buat dokumen seperti screenshot dibawah ini

1. Pada Mailings Tab, klik Select Recipients, pilih Type New List

1. Muncul tampilan di bawah ini

1. Ganti judul field yang ada sesuai kebutuhan kita dengan menggunakan tombolCustomize Columns (dalam contoh ini kita hanya memerlukan field Nama, Alamat dan Kota).Isi field tersebut sesuai kebutuhan

1. Klik Ok, simpan dengan nama Undangan

1. Letakkan kursor di sebelah tulisan Bpk/IbuPada Mailings Tab, klik Insert Mail Merge, pilih Nama

1. Letakkan kursor di bawah tulisan Bpk/IbuPada Mailings Tab, klik Insert Mail Merge, pilih Alamat2. Letakkan kursor di bawah tulisan Alamat, Pada Mailings Tab, klik Insert Mail Merge, pilih Kota, sehingga tampilan menjadi seperti screenshot dibawah ini

1. Untuk melihat hasilnya, pada Mailings Tab klik Preview Results, hasil akan ditampilkan per data. Klik tanda panah untuk berpindah antar data.

1. Jika masih ada yang ingin diubah, klik lagi Preview Results, lakukan perubahan sesuai kebutuhan2. Jika sudah selesai, untuk menyimpan dan mencetak hasil mail merge klik Finish & Merge pilih Print Documents. Ada 3 pilihan:a. All untuk mencetak semua surat.b. Current record untuk mencetak surat pada halaman yang aktif.c. Isi nomor urut data pada kotak From dan To, untuk mencetak surat yang dipilih saja.

Dalam membuat table, kita erring menemui suatu kondisi bersyarat Misalnya uang lembur pekerja hanya hanya diberikan jika jam kerj melebihi batas tertentu. Untuk itu, excel menyediakan beberapa fungsi logika, pada bagian ini, kita akan mempelajari beberapa fungsi logika , yaitu fungsi NOT, AND, OR dan IF.

OperatorKeterangan

=Sama dengan, A1=B1

>Lebih besar A1> B1

=B1

4;6>4) akan menghasilkan nilai True. Sedangkan penulisan =And(5>4;6>4;84;6>4) akan menghasilkan nilai True.=Or(5>4; 84;6>4;8 90 maka dinyatakan Lulus2. Jika Nilai antara 80 sampai dengan 90 dinyatakan Cadangan 3. Jika Nilai 90:lulus;if(and(c3>=80;c390:lulus;if(c3>=80;cadangan;Gugur))

1. Anda operasikan Ms. Excel2. Anda ketikan dibaris 1 kolom A yaitu kata RIZKA NOVIALAZORA

Struktur penulisan rumus LEFT3. Nah pada baris 3 kolom A. coba anda ketikan rumus LEFT.=left (text,num_chars)

Maksud rumusnya=left merupakan rumus untuk mengambil tulisan dari sebelah kiriText merupakan kata yang akan dieditNum chars merupakan berapa banyak huruf yang akan diambilNah sebagai contoh kita akan mengambil kata RIZKA dari kalimat RIZKA NOVIALAZORA, berarti rumusnya yaitu sebagai berikut =LEFT(A1,5)Setelah itu tekan ENTER

Struktur penulisan rumus RIGHT4. Nah pada baris 6 kolom A. coba anda ketikan rumus RIGHT.=Right (text,[num_chars])Maksud rumusnya=right merupakan rumus untuk mengambil tulisan dari sebelah kananText merupakan kata yang akan dieditNum chars merupakan berapa banyak huruf yang akan diambilNah sebagai contoh kita akan mengambil tulisan NOVIALAZORA dari kata RIZKA NOVIALAZORA, berarti rumusnya yaitu sebagai berikut =RIGHT(A1,11)

Setelah itu tekan ENTER

Struktur penulisan rumus MID5. Nah pada baris 10 kolom A, coba anda ketikan rumus MID :=Mid(Text, Start_Num, Num_Chars)Maksud Rumusnya=MID merupakan rumus untuk mengambil tulisan yang berada di tengah-tengah tulisan.Text merupakan kata yang akan dieditStart Num merupakan urutan awal kata yang akan diambilNum Chars merupakan jumlah kata yang akan diambilNah sebagai contoh kita akan mengambil tulisan NOVIA dari kata RIZKA NOVIALAZORA, berarti rumusnya yaitu sebagai berikut =MID(A1,7,5)

Setelah itu, tekan ENTER