kurikulum ktsp

Download KURIKULUM KTSP

Post on 30-Oct-2015

219 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

AFAFF

TRANSCRIPT

  • KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)

  • Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)Adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan

  • KTSPDIKEMBANGKAN OLEH:Tingkat Satuan Pendidikan (sekolah/madrasah)Setiap Kelompok/Gugus Sekolah dan komite sekolah/madrasah

  • KTSPdibawah koordinasi dan supervisi: Dinas Pendidikan/ Kantor Depag Kab/Kota untuk Pendidikan Dasar

  • KTSPBerpedoman pada: Standar isi Standar kompetensi lulusan Panduan penyusunan kurikulum yang dibuat oleh BSNP

  • Acuan Operasional Penyusunan KTSP Peningkatan iman dan takwa serta akhlak muliaPeningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didikKeragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkunganTuntutan pembangunan daerah dan nasional

  • Acuan Operasional Penyusunan KTSPTuntutan dunia kerjaPerkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seniAgamaDinamika perkembangan globalPersatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaanKondisi sosial budaya masyarakat setempatKesetaraan jenderKarakteristik satuan pendidikan

  • Acuan Operasional Penyusunan KTSPPeningkatan iman dan takwa serta akhlak muliaKeimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia menjadi dasar pembentukan kepribadian peserta didik secara utuh. Kurikulum disusun yang memungkinkan semua mata pelajaran dapat menunjang peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia.

  • Acuan Operasional Penyusunan KTSPPeningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik Kurikulum disusun agar memungkinkan pengembangan keragaman potensi, minat, kecerdasan intelektual, emosional, spritual, dan kinestetik peserta didik secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya.

  • Acuan Operasional Penyusunan KTSPKeragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkunganDaerah memiliki keragaman potensi, kebutuhan, tantangan, dan keragaman karakteristik lingkungan, oleh karena itu kurikulum harus memuat keragaman tersebut untuk menghasilkan lulusan yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan daerah.

  • Acuan Operasional Penyusunan KTSPTuntutan pembangunan daerah dan nasional Pengembangan kurikulum harus memperhatikan keseimbangan tuntutan pembangunan daerah dan nasional.Tuntutan dunia kerjaKurikulum harus memuat kecakapan hidup untuk membekali peserta didik memasuki dunia kerja sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik dan kebutuhan dunia kerja, khususnya bagi mereka yang tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

  • Acuan Operasional Penyusunan KTSPPerkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seniKurikulum harus dikembangkan secara berkala dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan Ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.AgamaKurikulum harus dikembangkan untuk meningkatkan toleransi dan kerukunan umat beragama, dan memperhatikan norma agama yang berlaku di lingkungan sekolah

  • Acuan Operasional Penyusunan KTSPDinamika perkembangan globalKurikulum harus dikembangkan agar peserta didik mampu bersaing secara global dan dapat hidup berdampingan dengan bangsa lain.Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaanKurikulum harus mendorong wawasan dan sikap kebangsaan dan persatuan nasional untuk memperkuat keutuhan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  • Acuan Operasional Penyusunan KTSPKondisi sosial budaya masyarakat setempat

    Kurikulum harus dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik sosial budaya masyarakat setempat dan menunjang kelestarian keragaman budaya.

  • Acuan Operasional Penyusunan KTSPKesetaraan JenderKurikulum harus diarahkan kepada pendidikan yang berkeadilan dan mendorong tumbuh kembangnya kesetaraan jender.Karakteristik Satuan PendidikanKurikulum harus dikembangkan sesuai dengan visi, misi, tujuan, kondisi, dan ciri khas satuan pendidikan.

  • Komponen KTSP Visi, Misi dan Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikanStruktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikanKalender pendidikanSilabusRPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

  • Visi Satuan PendidikanBerorientasi kedepanDikembangkan bersama oleh seluruh warga sekolahMerupakan perpaduan antara langkah strategis dan sesuatu yang dicita-citakanDinyatakan dalam kalimat yang padat bermaknaDapat dijabarkan ke dalam tujuan dan indikator keberhasilanBerbasis nilaiMembumi (kontektual)

    Komponen KTSP

  • TAHAP 1 : HASIL BELAJAR SISWA (Apa yang harus dicapai siswa berkaitan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap setelah mereka menamatkan sekolah)TAHAP 2 : SUASANA PEMBELAJARAN (suasana pembelajaran seperti apa yang dikehendaki untuk mencapai hasil belajar itu)TAHAP 3 : SUASANA SEKOLAH (suasana sekolah sebagai lembaga/organisasi pembelajaran seperti apa yang diinginkan untuk mewujudkan hasil belajar bagi siswa)Setiap tahapan dirumuskan dalam kalimatKemudian dipindai setiap kalimat untuk mendapatkan kata kunciRumuskan visi dari kata kunci tersebut singkat padat bermakna (tidak lebih dari 25 kata)Berdasarkan visi ini, bisa ditentukan misinya Visi Satuan Pendidikan (Cara penyusunan)

    Komponen KTSP

  • Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan PendidikanTujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

    Komponen KTSP

  • Kalender PendidikanSatuan pendidikan dapat menyusun kalender pendidikan sesuai dengan kebutuhan daerah, karakteristik sekolah, kebutuhan peserta didik dan masyarakat, dengan memperhatikan kalender pendidikan sebagaimana tercantum dalam Standar Isi.

    Komponen KTSP

  • Struktur dan Muatan KTSPMata PelajaranMuatan LokalKegiatan Pengembangan diriPengaturan Beban BelajarKenaikan Kelas, Penjurusan, dan KelulusanPendidikan Kecakapan HidupPendidikan berbasis keunggulan Lokal dan Global Komponen KTSP

  • Mata Pelajaran

    Mata pelajaran beserta alokasi waktu untuk masing-masing tingkat satuan pendidikan tertera pada struktur kurikulum yang tercantum dalam Standar Isi.

    Komponen KTSPstruktur dan muatan KTSP

  • Muatan Lokalmerupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan.

    Komponen KTSPstruktur dan muatan KTSP

  • Muatan LokalPropinsi Jawa Timur menetapkan Bahasa Daerah (Bahasa Jawa dan Bahasa Madura) sebagai muatan lokal wajib bagi siswa kelas I s.d. VI.Bahasa Inggris dapat diajarkan sebagai muatan lokal pilihan untuk kelas IV s.d. VI. Muatan lokal pilihan, pemilihannya diserahkan pada daerah/satuan pendidikan

    Komponen KTSPstruktur dan muatan KTSP

  • Kegiatan Pengembangan Diribukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. difasilitasi dan/atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik.

    Komponen KTSPstruktur dan muatan KTSP

  • Contoh Kegiatan Pengembangan Diri pada Satuan PendidikanKegiatan Pengembagan Diri berupa ragam kegiatan Ekstrakurikulersesuai dengan minat dan bakat siswa, yang terdiri atas :

    Komponen KTSPstruktur dan muatan KTSPC. SENI1. Seni Karawitan (menganyam, menyulam, dll)2. Seni Lukis3. Seni Tari4. Seni Musik dan Vokal5. Seni Tradisional daerah lainnya

    D. UKS1. Dokter Kecil2. Kebun Sekolah, dll

    E. ILMIAH1. English Club2. Kelompok Ilmiah Dasar / KL

    A. KEWIRAAN1. Pramuka2. Peraturan Baris Berbaris

    B. OLAHRAGA1. Drumband2. Pencak Silat3. Sepakbola4. Softball Baseball5. Taekwondo6. Tenis Meja7. Olahraga

  • Pengaturan Beban BelajarSatuan pendidikan SD/MI/SDLB melaksanakan pendidikan sistem paket.Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran pada sistem paket dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan. Pemanfaatan jam pembelajaran tambahan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi.

    Komponen KTSPstruktur dan muatan KTSP

  • Pengaturan Beban BelajarAlokasi waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur dalam sistem paket untuk SD/MI/SDLB, 0% - 40%. Pemanfaatan alokasi waktu tersebut mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi. Alokasi waktu untuk praktik, dua jam kegiatan praktik di sekolah setara dengan satu jam tatap muka. Empat jam praktik di luar sekolah setara dengan satu jam tatap muka.

    Komponen KTSPstruktur dan muatan KTSP

  • Kenaikan Kelas dan Kelulusan Kenaikan kelas dan kelulusan mengacu kepada standar penilaian yang dikembangkan oleh BSNP.

    Komponen KTSPstruktur dan muatan KTSP

  • Pendidikan Kecakapan Hidup Kurikulum untuk SD/MI/SDLB dapat memasukkan pendidikan kecakapan hidup yang mencakup kecakapan pribadi, kecakapan sosial, kecakapan akademik dan/atau kecakapan vokasional.Pendidikan kecakapan hidup dapat merupakan bagian dari pendidikan semua mata pelajaran. Pendidikan kecakapan hidup dapat diperoleh peserta didik dari satuan pendidikan yang bersangkutan dan atau dari satuan pendidikan formal lain dan/atau nonformal yang sudah memperoleh akreditasi.

    Komponen KTSPstruktur dan muatan KTSP

  • Pendidikan B