kliping media 29 november 2014

34
KLIPINGMEDIA BAOIA}{ II[][{A$ $[TNA PI]NBflfi{ffOA SfAnA.MERDEKA SABTU;]29 I\IOVEMBER 20 1 4 KPPDPusat PURBALINGGA - Kinerja Pemerintah Kabupaten @emkaL) Purbalingga dinilai hm Eyaluasi Kinerja Penyelenggaraan Peme- iintahan Daerah 6fefO) fusar Trm melakukan krnjungan ke la- pangan untuk mengecek kesama. in data di laporin dengan di lapangan, kemarin. Tim meninjau ke beberapa lokasi, yaitu SD Purbalingga lnr 2; SMP 3 Purbalingga, SMK 3 Purbalingga RSUD Doktbr Gu- theng, Puskesmas Serayu La- ,rangan, dan : Kantor Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (I(PMPT) Sebelum ke lapangan, tim ' mendengarkan paparan Bupati Sukc rto Rido Marhaend.rianto tentang kinerja Pemkab,selama 20t3; -'tuiian dm untuk mengece[ : data dalam Laporan Penyeleng- garaan Pemerintah'Daerah (LPPD). Dan, apakah data yang sudah dievaluasi sesuai dengan kondisi riil apa belum," uj ar kelra timEndangCatur. Selain itu, timjuga akanmen- dengarkan penjelasan langsung dari Pemkab tentang hasil pem- bangunan serta inovasi-inovasi dalam perryelenggaraan daerah sesuai dengan vi si misi daerah. Menurutnya, hasil setelah melaftilkan Survei dengan akal sehat (c o m mb n's e n s e ; urv e y) untuk memperkuat argumentasi tim' dalam penilaian pemering- katan, sehingga hasilnya berul- benrl sesuai. l0BesarNasional Dia jugaberharapan, kegiatan rni dapit memorivasiiterntaU ter- hadap penyaliztri dan pelaporan data kinerja yang objektif, solid, danahntabel. Selain itu, juga untuk me. ningkatkan kinerja Pemkab yang lebih optimal di masa men- daung. lingga terr-nasuk delapankabupat- en se-Indoriesia yang masuk, dalam penilaian tim nasional. .Hasil pgnilaian akan diuinumkan pada Desember mendatang. Bupati Sukento Rido Mar- haendran to mengemukakan, ber- kat kebersamaan, kerja keras, serta dukungan dari seluruh pemangku kepentingan serti'ma- syarakat;, Purbalingga telahr dua tati Uertunrrtrrnrt masilk 10 basar peringkat nasional. (F 1G57) BAGIAN I{UMAS SETDA IL{BI}ATEN PURBALJNGGA

Upload: humas

Post on 06-Apr-2016

247 views

Category:

Documents


10 download

DESCRIPTION

Himpunan Kliping Berita Lokal dan Regional (29/11/2014) oleh Bagian Humas Setda Purbalingga

TRANSCRIPT

Page 1: Kliping media 29 november 2014

KLIPINGMEDIABAOIA}{ II[][{A$ $[TNA PI]NBflfi{ffOA

SfAnA.MERDEKASABTU;]29 I\IOVEMBER 20 1 4

KPPDPusatPURBALINGGA - Kinerja

Pemerintah Kabupaten @emkaL)Purbalingga dinilai hm EyaluasiKinerja Penyelenggaraan Peme-iintahan Daerah 6fefO) fusarTrm melakukan krnjungan ke la-pangan untuk mengecek kesama.in data di laporin dengan dilapangan, kemarin.

Tim meninjau ke beberapalokasi, yaitu SD Purbalingga lnr2; SMP 3 Purbalingga, SMK 3Purbalingga RSUD Doktbr Gu-theng, Puskesmas Serayu La-,rangan, dan :

Kantor Penanaman Modaldan Perizinan Terpadu (I(PMPT)

Sebelum ke lapangan, tim '

mendengarkan paparan BupatiSukc rto Rido Marhaend.riantotentang kinerja Pemkab,selama20t3;

-'tuiian dm untuk mengece[ :

data dalam Laporan Penyeleng-garaan Pemerintah'Daerah(LPPD). Dan, apakah data yangsudah dievaluasi sesuai dengankondisi riil apa belum," uj ar kelratimEndangCatur.

Selain itu, timjuga akanmen-dengarkan penjelasan langsungdari Pemkab tentang hasil pem-bangunan serta inovasi-inovasidalam perryelenggaraan daerahsesuai dengan vi si misi daerah.

Menurutnya, hasil setelahmelaftilkan Survei dengan akalsehat (c o m mb n's e n s e ; urv e y)untuk memperkuat argumentasitim' dalam penilaian pemering-katan, sehingga hasilnya berul-benrl sesuai.

l0BesarNasionalDia jugaberharapan, kegiatan

rni dapit memorivasiiterntaU ter-hadap penyaliztri dan pelaporandata kinerja yang objektif, solid,danahntabel.

Selain itu, juga untuk me.ningkatkan kinerja Pemkabyang lebih optimal di masa men-daung.

lingga terr-nasuk delapankabupat-en se-Indoriesia yang masuk,dalam penilaian tim nasional..Hasil pgnilaian akan diuinumkanpada Desember mendatang.

Bupati Sukento Rido Mar-haendran to mengemukakan, ber-kat kebersamaan, kerja keras,serta dukungan dari seluruhpemangku kepentingan serti'ma-syarakat;, Purbalingga telahr duatati Uertunrrtrrnrt masilk 10 basarperingkat nasional. (F 1G57)

BAGIAN I{UMAS SETDA IL{BI}ATEN PURBALJNGGA

Page 2: Kliping media 29 november 2014

K{,MNGh{ESIAtsAOIA}i I{IIIdA$ $[TDA PtjNBfi[{O$A

ffi-&mTLj, 2s

Kepemimpinan NasionalApararur Sipil Ncgara{ASN ). diminta mendukungkcpemimpinarr nasiona-iyang belum lama terbentuk,tanpa ada tendensi, ambisi,sena rnaksud lain. ltau tanpareservc.

''Dengan adanya UUASN berafii, seiaku aparatursipil negara sekaligus seba-gai anggora Korpri. seluruhASN harus mendukungkepemimpinan nasionaldalam kabinet kerja yangbaru," ujar Sekda ImamSubijakto.

Dia mengemukakan halitu pada acara senam sehatbersarnr dalam ranske HUTKe-43 Korpri di halamanPendapa Dipokusumo,Jurnarr2S/l l-1.

Senarn diiktti pzra pNSdi lingkungan Setda dansejumJah SK,PD.

"Dalam pilpres kemarin,walaupun pitihannya beda,sekartmg setelah resmi dilan-tik. tanpa reserve. kita harusdukun g semua program-pro-grarnnya. Unnrk iru mari kitadalam melaksanakan tu saskita selakrr ASN memp"er-kukuh integritas kita," pintaSekda.

Sekda _vang juga ketuaTim Penimbangan HukumDisi pl in Kabuparen memintaagarASN tetap bekerja pada,aturan pemndang-undangan

yang berlaku. Jangan sampaimelanggar aturan yangsudah ditetapkan, sehinggaakan terhindar dari hukumandisiplin.

"Saya atas nama timminta maaf kepada paraASNyang terkena hukuman disi-plin. Hal itu kami lakukansemata-mata untuk mene-gakan disiplin.' Dengan hara-pan, selaku ASN marilah kitalaksanakm tugas kita dengansebaik-baiknya." tegasnya.TidakTerkotak ,

Menurut Sekda, menjadiASN juga jangan berharap

Kecuali mereka yang.mau mencari usaha sam-pinglan, sepeni mempunyaiperusahaan, atau mempun-yai warisan yang banyak.

Bupati Sukento RidoMarhaendrianto mengucap-kan terima kasih kepadasemua ASN di Purbalinggaatas ke4'a keras serta dedik;idalam menjalankan tugas.Ke depan ASN diharapkanakan lebih sukses dalamsegala hal.' "Marilah kita menatap2015 dengan kerja keras,kerja kompa( dan keria ber-sama. Jagalah kebersamaankita, janganlah sampai ASNterpengaruh serta terkotak_kotak. Jayalah kita bersama.j ayal ah Pr.ubalin gga,', tegas-nya. (Fl0-57)

L]AGIT\N I{LA,{AS SE,TDA I({BT]PAIEN PLIRB,Iffi&

Page 3: Kliping media 29 november 2014

ffiMINGMEDIABAOIN IIU[{A$ $[TDA }IIIB1Iil{GOA

SIIARA MERDEKA,, ,. , -a- -

' . ,'a ::,: -:. - .-" 'SABTU, 29 NOVEMBEB 201 4

Dlterla u,i-,J

Tfitfi:I5a-=

KEMANGKON - Hujan lebat yang turun namfiirI

setiap sore di Purbalingga menjadi kendala

berat pada proses pembangunan jembatan

utama saat ini adalah menger-jakaa bagian lan.lasanjalan

"SecaratVlaraton ', '

Direktui Utama pT DayaSamudera Cipta Mandiri Kasw;mengungkapkan, pekerjaanberlangsung secara maratonhing-ga mqlam di setiap frari,'fakjarar-B bjnggaprilfl il 22.N detganmelibatkan ratusan pekerja yangdibagi sif. :Thntanganilya" dalamwaktu yang mepet hanya 60 hari,sldah mengalami musim hujan.Namun, karni tbtap optimistisbishselesai sesuai dengan kontak."

Dia juga menyebutkan, se-ring berkordinas i dan mel aporkan,perkembangannya kepada dinassecara berkala. Harapannya jikaada kendala, lebih awal bisadicarikan solusinya- Kepala DPURubalingga Sigit S ubroto kepadawartawan mengemukakan, hing-ga kini belum menerima suratdarikontraktor untuk men gajukanperpanjangan. Selain itu tanpaalasan yang memenuhi syaratper-panjangan. tidak akan 6isa

Linggamas. Bahkan, akibat hujan pada Senin

lalu bagian penahan oprit (badan jalah)jembatan'.'

ambrol.

'Bagian yarig arnbpl terse-but dibangun oleh kon-traktor:yang terdahulu. Saat itu besi nr-langan sudah dipasang;dan akandicor. Tapi ambrol, untung keta-huan. T@ak;da tulangan dibong-kar tagi dan diperbaiki dahulu(yang ambrol). Baru dipasanglagi," ujar Petugas Pelakana PTDaya Samudera Cipta:Mand.iriTii Haryono, Jum at Q8 / lL).

Selain itu, kendala laln adalahstok bahan baku yang sering tu-rang dari pihak penyedia- IIal inrkemurlgkinan karena penyedia

l

l

.l-t'juga haius menyediakan bahanyang sama unftrk proyek lairur.: .,,Dia mengakui, kendala ituberakibat target penyelesaianmundur. Sebelumnya pihaknyambnargetkan selesai pada 30November nanti. Namun. diaoptimistis bisa menyelesaikanpengeriaan hingga batas akhirkonrakpada 8 Desernber

Men urutrya hingga kemarinpembangunan sudah 8Q persen.Untuk pekerjaan bagian utamajembatan hanya tinggal mema-sang handra i l. Adapun pekerj aan

__.\ \"---=-.-.-__-_..-___-..-

BAGIAN HI}IAS SETDA iLA.BUPATEN P TNEALN.{GG;

Page 4: Kliping media 29 november 2014

--.,ru-*'-'"'.--a'? 1-*--"

dijzinkan. Mentrrutrya jika tetj a-

di keterl ambatan, kontrakor akan

dikenai denda dalam j umlah tidaksedikit. Selain itu juga dikenai

pembatasan Pekerjaan samPai

Llrr ggal terakhir pencairur dana diDPPKAD aiau closing date Yangdilalckan kontrakor. (tl 82-57)

__-_"\_.\\._*_\_ "*;;:'

L]AGIAN FILII{AS SETDA i'ABTTPAIEN PL]RBALINGGA

Page 5: Kliping media 29 november 2014

R\a'Fr

!

\J*Y

OOO^

Isa-44

q

!6^on

-l!

ii*a

.H

OO

Q.,

l\

s\

f,\:

et{t\la

8,.\GIAN HUN,IAS SETDA KABT]PETEN PriNrINr.NqEEA

Page 6: Kliping media 29 november 2014

KLMINGMEDIABAffIAfl I{IJh{A$ $[TNA PUNBfifi{ffGA

ffiffieffiffi w&&w&we

a

nenmaan DanaPKIITakSamaPURBATINGGAI: Dana

dari Pemerintah PusattberupaProgram Keluarga Harapan@K$ akan segera cair. Namun,tiap kehlarga akan menerimadana yang tidak sama.

Kepala Seksi Sosial padaDinas Sosial Tenaga Kerja danTransmigrasi (Dinsosnaker-trans) Purbalingga Rini Wida-yati mengemukakan, PKH akanmulai cair pada 5 Desembermendatang. Tiap akan meneri-ma bantuan berbeda, tergantungpada kriteria, Besarannya ter-gantung pada komponen tam-bahan sesuai aturan.

l'Pating sedikit akan mener-ima Rp 240.000 dan terbanyakRp 274.000.

'Jumlah akhir penelima

SABTU, 2g-NOVEMBER 201 4

PKH s+Kabupaten P,urbaling- .'

ga adalah 24.7 2Skeluarga,?'katanya kepada wartawan,kemarin.

Karena pada prinsipnya,PKH merupakan bantuan rurnrkkeluarga miskin 6ersyarat. PKHnonkriteria/syarat menerima Rp24O,QO0, jik4 ada kriteria tamba.;han berupa ibu hamiVnifas/anakbalita akan ditambah Rp 1juta.Jika dalam keluarga itu adalai-teria lagi berupa ada hnak seko-,lah SD sederajat ditambah Rp500.000 dan SMPRp 1juta.

'rBesaran dana ini untrk sanr

iahun yang dicairkan empatkaliatau per triwulan," ungkapnya.Pendampingan

Rini mengemukakan, saatini tahapan pencairan baru,da-

lam penlusuhan jadwal di Kan-tor Pos. Pada Desember akancair hanya satu termin dengannilai Rp 9 miliar lebih. Semen-tara iru, pada2015 dapat cairhinggaempattermin.

Uptuk pelaksanaan PKH,pihal<nya ntenyatakan sudah me-nyiapkan pgndar,nping Pendam-ping inilah selalu memantauperkembangan PKH, karena

, merupakan bantuan bersyarat.Dengan demikian, tiap temrinbe-sar bantuan itu dapat berubah,semakin banyak atau sebaliknya-' ,

?'Bila dalam pertengahan' tahun anak SD sudah lulus dan'

diterima di SMR maka besarbantuan4dteria berubah tidak

' lagi Rp 500,000 lipi np' f job,"imbuhnya. (H82-57)

PE

Desembeq Btlat StrVI

PURBALINCGA. Pem-buatan surat izin mengemudi(SIM) benar-benar diplrketat.Mulai 1 Desember, masyarakatyang akan membuatSlN4 harus

1nelut ki sertifikar lolos tes psiko- '

log.Kepala Satuan Lalu Lintas

(Satlantas) Polres purbaJinggaAjun Komisaris Sudarso"n"o,J umat QB I L l), mengemukakan,pemberlakuan tes psikologi tidakhanya untuk pemohon SUrl nt!1r P?, -t"p,:rga bagi pemohon ujiSMAdanSIMC.

, ':Salah satu penyebabnya,Kesadaran pengendara motorataupun mobiluntuk tertib berlaluIintas sangat rendah meski sudah

'penerapan tes psikologi untu&pemohon SIM C dan SIM Ag!{3! Pasal 81 ayat (4) huruf BUU'Nomor 22 Tahun 2009,teh.tang I alu Lintas , Di,a'meii-gungkapkan, pemohonsM harussehat rohani yang dibuktikan{engan surat lulus tes psikologi.Selain itu, dasar pelaksanaan t"espsikologi unnrkpemohon SIM C

lan SMAadalahpasal 26 avat (l)Peraturan Kapolri Nomor 9 fanun20 12 tentan g SM.,,S ebenamviasudah sejak dahulu aturan ini ditd_tapkan. Namun, baru per llDesember 2014 dtKabupaten

BAGIAN IILN4AS SETDA KABTIPATEN PTIRBALINGGA

Page 7: Kliping media 29 november 2014

KLMNGMEDIABA0tAil }{tihfA$ $EIDA fiiRBAln{frffA

SAtsTU, 29 NOVEMBER 2014

ffi Penengnnan Kasus Kekerasan F,erempuan danAnak. I r. -

PURBALnqccA -'Ko.-bln kekerasm.. tcnltiuna kcluar-ga l<orban. yang rnlsih tettrtuprnenjadi kendala pcnfl nganankasus kekeresnn terhedap pe-rempuan dan anrk.

Selain itu lingkungan kor-ban cenderung menutup akses,sehingga kasus-kasus tersebut

Semcntara inr. pcntnganankekemsan telhad:rp hal rersebut,pokok awalnya berdasarkaninformesi.

Dengcn informasi, diha-rapkan semur kesrrs itu clapatterseiesaikan iebih dini. Apalagikekerasan dalam rumah tnngga.penangananxya lebih sulit. kare-na korbannya cenderung tertut-Llp.

"Kendala dalam penan-ganan kekerasan perempuandan anak jLrsnu drri lingkungankorban serta akses terhadap kor-ban yang terfutup. Sebab, pokokawal ketemngkapan tindak kek- ,,

erasan adalrh berdaszu.kan aksesdan infomtlsi. Dengan demiki-an aplbile akses telhambat, efekkekerasan dapat berulang kem-bali,i'tanclas Wakil Ketua trTimHarapan Kabupaten Purbaling-ga Sri BawaTri .funiati.

Menurutnya. yang lebii sulitlagi menangani kekerasandalam rumah langga. karenakorban cenderung tertutup.

' Karenaitu, semaksimal apapunupaya pihaknya meninginikasus kasus ini, menjadi mentahlagi, :

Akses dan InformasiDia berharap. agar masyara-

kat korban kekerasan dapatmemberikan akses' atau infor-masi kepada Tim Harapan agarkasus-kasus kekera-san terhadapperempuan dan anak tidak teru-lang dan tim,bisa menanganidengen baik. .

"Hal tersebut agar ke depanjuga blsa mengadvokasi sertatim bisa memberikan wacanatentang kekerasan terhadap anakkepada masyarakat. Dengandemikinn, usaha preventif bisadilakukan. Haraparurya, tim bisamenangani dengan maksimalkasus-kasus kekerasan ini bisatertangani serta menjadi efekjera baik pelaku," tandasnya.r Selainefekjerapadapelaku,

dapat menj adi gamtraran kepadayang lain, untuk tidak melalar-kan kekerasan terhadap perem-puan dan anak.

Serta kalau ada kasus, bisamemecahkan semaksimalmungkin, dengan memberikanadvokasi terhadap keluarga.agar pola pikir korban kek-erasan bisa terbuka.. "Tujuan untuk menangahi

kasus tersebut pun dapat terlak-sana," imbuh dia. (H82-57)

BAGIAN H N.AS SE,TDA}I{BIIPATEN PURB.{LTNCCI.

Page 8: Kliping media 29 november 2014

ffiPM'{OMEDIABA0IA}{ I{lJI\,tA$ $[TDA Ptl[BAI,Nff$A

$[$effie mmmmffiffi&

PURBALIIIGGA- Pegiat

Paguyuban Pariwisata

Pu rbalingga (Wisbangga)

di Purbalingga masih' '

"

Pasalny4 pengembangan desa wi5ataini hanya berupa pengembangan pumberdaya manusia. Wakil Ketua PaguyubanPariwisata Purbalingga (Wisbarigga), Is-muadi, mengatakan, salah sanr contoh pe-ngembangan yang setengah hati ini adalahkeminiman akomodasi dan kesulian aksestanspgrtasimenujukeddsarryisata'

Padahal, kedua hal inr ddalah kompo-nen utania desa wisata.''Desa wisata harusmemiliki unsur akses, atraksi, akomodasi,dan aksesori yang biasa disebut 44. Ku-rang satu unsur di antaranya, akari meng-hambat pengembangan desa wisata,"katany4 kemarin.

Kemudahan akses transportasi, sam-bung Ismuadi, semula menjia p"iiruti*Penikab Rubalingga. Tidak sekadar mem-

!ryt plpan periunjuk arah, tapi juga per-

Menrnrt dia Pemkab cendemng mem-'berikan perhatian hanya pada objek wisatayang sudahmapan. Padahal, trenwisatawanmasa kini sudah beralih dari wisata niassalkewisataminatkhusus.

Da mengatakan, Purbalingga mernilikidelapah desa wisata yang dikelola oleh pok-

BAGIAN HIIMAS SETDA KABLIPATEN PIJRBALINGGA

Page 9: Kliping media 29 november 2014

-----.---z" --)-*

sM^ugroho p;dhu Sukmono

RAGIAN HU\4 AS SET DA IIABUPATEN PUR=MGA;

Page 10: Kliping media 29 november 2014

KLMINGMEDIA

PTiRBALINGGA-Produ]$i film pendek karya pelajaryang tergabung dalam komunitgs Cinema Lovers'Com-munity Pubalingga dinilai paling konsisten. lndikasinya ler-lihat dari puluhan judul fikir mewamai berbagai kompetisipadasetiaptalnrn. "

,

Atasanitu pul4 kata Koordinator Roadshow FestivalFilm Indones ia 2014 I-ulu Ratna, yang menyebabkanR$alingga dipilih merliadi salah satr: titik pemutaran filmnominator honisny4 meski berpotensi menjadi industri per-filman Indonesia, Purbalingga tidak memiliki sfltu pungedung bioskop untuk memutar fi [m.-

"Rr6aUnglabisadibilangpaling konsisten. Setiap nhunadakarya filrnyang dikirimkan di FFI, Kami dapa't banyak .

dari Purtalingga jadi sekarang FFI yang memberi ke hrba.tingga- PastibanyakwargaRlbalingga yang tidak menontonfilmlndonesiayang lglos di FFI,'I papamya kepada wartawandi Warung Joglo Purbalingga Jumat Q84l).

Da mengatakan, Festival Film Purtalingga yang menja-di ikon perf,rlman di Banyumas Raya juga menginspirasipegiatfilrn'dluikotalain seperti Jambi. Parapegiatfilm di kotayangjuga disinggahi Roadshow FFI tahun ini mengaku ingin

industri pertrlman di'daerahnya.Pada roadshaw festival fikn ternra di Indonesia yang saa!

inimasih, di bawahnaungan Kementerian pariwisata danEkonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan Badan PerfilrnanIndonesia @PI) di Purbalingga,-akan i1i, qdakrin pelqutaran

singgah di enam kota, yakni Serang,Bengkulu, Malang, dan Padang. DFFI akandigelarpadaMinggu 30 Novernbe,r2O14.

Rercana diputar film Cahaya dnri Tirnur: B eta Mah,tht(film bioskop) sutradaraAngga D Sasongko,Akar (fiLmdokumenter) sutradara Amelia Hapsari, Prer (filrn animasi)suradara Firman Widyasmar4 dan Separu Baru (filrn pen-de$ sutradara Aditya Ahmad,Spesialis Festiyal

Salah satu jumatis; Rudal Afgani, mengatakag produksifilrn hlbalingga lekat dengan spesialis festival. Sebab, filrnini diproduksi ketika menjelang penyelenggaraan festival.'Elm fu$alingga memang luar bias4 tapi selama ini dipruduksi hanya ketika ada festival. Itu tidak ada,dampalstya ter-hadap masyaraka(' kritiknya-

Hal itu diamini oleh Direktur CLC furtaingga nowokksono. Menunrtdia, sa.rt ini komunitas filrnyanElonsisterrjustm sangat sedikit.

"Komunias film itu jangan diafiikan hanya yang produksi,tapi qda juga kelompok memutar dan diskpj filrn bahkn dis-ribusi. Selamaini banyakpe$atfitm yang mempoduksi, tapilupa untLrk mendisribusikari filmnya dengan tujuanuntukmemancing respons dan memunculftan karya baru. Iahan iul

Ko N F E RE N s i p E RS : @ an *n tWff)#W,Alyqlq Bowo Leksong dnnKoordirnto, noailr*t,FFI2014 Lulur Ratna menjawab pertanyaanwa|tawan padn konferensi pers Roadshaw ffu ZOli, arWarung Jo gla Purbating gq kennrtrp 6 r

- . - - ^'' *,,

yangdekatdengankajianakademis;,,ucEnya-', i;

- Bowo Leksons menambahkan, ;;Jo, sraris daii

terbuka untuk umum ini diharapkan dr;;;;#;; ,;#jngat pegiar fitm purbatingga unnrk d; ;.;k*;;. C*.r;rtu, pemain fllm Cicho Jericho dan sutradara fllm animasiF,1". p y,-oyasmara akan t"Gffi,rcrt;# ;.;;;publik. (K35-55) , i

BAGIAN HUMAS SETDA }IABUPATEN PURBAI-INGGA

Page 11: Kliping media 29 november 2014

fT [&mTnt,fEmA.I,LTJII ^t.1 IL, LILLIL'LIL

BAGL{}{ I{UlrilA$ $[TDA PI]ADALil{00A

Radar Banyuma5 r sabtu Pahing 29 Novembe r Zo\q

NlLAl, : Tim penilai EKPPD melakukansebaglai salah satu aspek penilaian.

AOITJAAOARMAS

rnonitoring laPairgan

Berpeluang Raih

Furnasamya PrajaPurbalingga DiniiaiTim EIGPD

PURBALIMGd - Kabu-paten Purbalingga berPe-luang meraih penghargaanPurnasamya Praja Nugraha.Namun tahun i.ni Purba-lingga kembali masuk Pe-ringkat l0 besar EvaluasiKinerja PenyelenggaraanPemerintahan Daerah (EK-

PPD) tingkat nasional. SYa-

rat meraih penghargaan,Purnasamya Praja Nugraha,adalah tiga kali berturLlt-turut rRasuk ke peringkat 10besar nasional EKPPD.

Sebelumnya, Purbalinggameraih peringkat lima pada

.2011 dan peringkat enamnasional pada 20L2. Untuk2013,' akan diumumkan

. Desember mendatang se-

telah melakukan Penilaian.Kamis (27 llt), tim PenilaiEKPPD mengunjungi Kabu-paten Purbaiingga untukmelaktrkan tinjaun laPa-ngan, sebagai salah satupenilaian.

Tinjauan lapangan ini ber-tujuan mengkroscek antaralaporan dan kenyataan yangada di lapangan. Tim ber-jumlah enam orang terdiridari BPKP, Kemendagri danKemenkeu. Ketua tim EK-PPD, Endang Catur menga-takan, penilai di lapangn'nantinya akan digunakansebagai bahan pertimbanganmend apatkan penghargaan."Puqbalingga termasuk B

kabupaten se Indonesia yangmasuk daiam penilaiani/ ujarEndang. n ke hal.10

_ \r\. -'_'--------____*-_-

RAGIAN HII\,TAS SETDA KABLIPATEN PI.IRBALTNGGA

Page 12: Kliping media 29 november 2014

Diumurnkan Bulan Desemberm Berffeluarag

Sambungan dari halaman 7

lingga, SDN purbalinggaLor 2 dan SMpN 3 purba_lingga mewakili bidang pe_ndidikan, serta Kantor pe.nanamar Modai dan pela_

I3lun Terpadu mewakiliDtdang perekonomian.Pada saar kunjungan di

pusKesmas dan RSUD, timIargsung menuju di Ins_talasi Pengolahan. Air Lim-.bah (IpAL). Menurut En_dang, ipal sangat pentingdalam penilaian, karenalimbah rumah sakit atau

Puskesmas mengand.ungbahan beracun din berba_haya (B3). .

,"Kalau limbah 83 tidakdilakukan pengolahan de.ngan benar_maka akan.ber.bahaya. bagi Iingkungansekirar," ujar Endane

Tim didampingi olei seke-taris daerah, Asisten I d,an2,Kepala Dinas Kesehatan, Ke_pala Dinas pendidikan, Bap_peda, Bagian Tata pemerin.tahan, BLH, Bagian Umumdan Bagian Humas. (tyaldin)

, Menurut Endang, selainr<aoupaten, ada 6 kota dan 2provinsi yang dinilai. Hasiipenilaian direncanakanakan diumumkan pada bu_lan D.esember. Kunjunganrlm drmulai dari puskes_mas Serayu Larangan, RS_UD Goerheng Taroenadi_orata, mewakili bidang ke_seharan. SMKN s puiUa_

Anda memiliki unek-unek tentanoDeroagar hal demi perbaikan da;i(emajuan Purbalingga yanq oentinoxdaK menyinggung sara'dari'fitnah. "uaranya ketik pBG: unek_unekkgmudian KTRIM SMS

KE: 081 -3Zt-335-tTB

Tak Ada Papan NamaYTH Femkab Pbg, ilg dong jalan2 di kota pbo iuhqrKsn.papan nama jalannya biar orang tidak b,niunoI:,: i _T1_

r]r, at.'s o a I n ya b ";

y; I j.'r ; ; ;,id Yi;; iiaoa papan namanya.

. 087737131007

,!3nVak KpS Salah Sasaranffiiifli#l1:;'13,[S' i::l P-urb-arinsse harus serektir karausasaran. Di Sesa 11"1ro, 8!L??gian kartu KPS biyar tepat

l'+i:l%l;f#,.)I"if 3..iuY'' vans menerima iustru oran q-

,!1i!*11?:r:rinh.;:,l;ti#hffi #ll#p1i4"#ffii085293314448

B-{GI.A}I HUT,{AS SEI'DA PLTRB.AI-INGGA

Page 13: Kliping media 29 november 2014

KTIPINGMEDIA

BAffIAN I{I]hIA$ $ffiDA TtINBAIff{fffiA

R'adar Barryumas o sabtu Pahing 29 November 2014

Iika 6'DesemberPekeriaan TakRampung

KEMANGKON- Kontrak-tor pembangunan Ianjutanjembatan Linggamas sisi.Purbalingga terus dikejartarget rampung pekan Per-tama Desember mendatang.Sebab iika sampai 6 Desem-ber belum rampung, akandikenakan denda sesuaidengaJn aturan yang ada."Kontraktoi.yang melebihi,hari kalender bisa tetapberaktifitas melanjutkanpekerjaan; Namun menga-jukan perpanjangan duludengan sejumlah pertimba-.rgun yunf ditentukan. Pi!r-panjangan waktre ifu jugatakberpengaruh pada dendayarig harus ditanggung,"jelas Kepala Dinas PekerjaanUmurn Puro-alingga, Il,SigitSubroto MI kemarin;Sigit mengakui, hingga

kini belum menerima suratpengaj uan perpanj angandari kontraktor. SejumlahpertirnbangEn yang bisa di-

maklumi untuk diPerPan-jang pekerjanannYa Yaitu:terkena bencana alam, Peru-bahan desain dan Pem-

' bebasan lahan:'lTanpa sya-

rat itu kami tidak mem-prosesnya," ujarnYa.-'

Selain keterlambatdn dike-' ndi dendar juga dikenakan

Dembatasan Pekerjaan sam-pai tanggal terakhir Pencai-ran dana di DPPI(AD'atauclosing date Yang dilakukan

: kontraktor. "SaYa juga belummenerima laPoran dari Ka-

bid yang membidanqi soaljembatan itu. Namun segera

kita cek" ungkaPnYa.Data yang dihimPun Ra-

darmas,' hingga Iumat (28l11), pengecoran jembqtansebagai pekerjaan u'.sudah ramPung.

,

Direktrr. Utama PT D:,'rSamudela'CiPta Man;.seba gai P.*"gun g kontrakpekerjaan jemPatan Ling-gamas, Kaswan mengata-kdry tirnnya secara maratonmenyelesaikiin'Peker,i aanhingga malam di setiap'harinya. Tak jarang hinggapukul 22.00 dengan meli-batkan ratusan Pekerja Yangdibagi shift, r ke hat.1o

BAGIAN HIIMAS SETDA KABIIPATEN PURBAI-INGGA

Page 14: Kliping media 29 november 2014

Ambroi dan BerlubangE Hstllrntr(tor ' ,

Sambungan dari halaman 7

jembatan. Intensitas hujanyang cukup tinggi kami akuicukup .menj adi kendalai'ungkapnya, ]umat (28l1 1).

Terkait pengajuan perpan-jangan pekerjaan jika sam-pai batas lvaktu belum ram-pung, dia belum bisa me-mastikan. Namun melihatkondisi pada 4

.Desember

mendatang, jika tetap belumbisa rampuhg, pihaknyasiap menanggung denda-nYa.

;'Dcnda kan ada aturannyadan jelas, jadi kita haruspahami itu dan saya yakinsemua akana berjalan sesuaiharapani' ujarnya didam-pingi petugas pelaksana PTDaya Samudra Cipta Man-diri, Tri Haftoyo. (amr/din)

Hanya saja, beium lama inipihaknya menemukan ada-nya kerusakan salah satubagian jembatan, yaitu opritatau abudment yang ambroldan berlubang liarena laktoralam. Narhun kerusakan itumerupakan peninggalanpelaksana sebelumnya ataukontraktor sebelum peru-sahaan yang dipimpinnya."Kita harus benahi lagi

agar tidak membahayakan.Ini bukan kesalahan kita.Untung ditemukan sebelumkita selesaikan pengecoran.Pekan ini dan depan kitasedang rampungkan rigiddan pengaspalap di luar

l. Memudahkan dktes darl oesa Kedungbenda,

' Kecamstan Kemangkon, Purbalingga dengan

oasa Potir, Kecsmatrn (allbagot, Eenyumae.

5, Tahap ll Purbalingga menganggarkan 8p 7.5 m'llar.

cRAFIs aNK G[swacH

3, Prrtams dlbdnfun nulil oklobor 2012 olGh dlra' krbupaton, puftrllngga dl rlsl tlmur d8n Banyumas

dl sl8l barat,

BAGIAN HUN{AS SETDA PLIRBALIhTGG.A

Page 15: Kliping media 29 november 2014

=

>@; c.r

o6Ef-,

r!G

EoJ<f-oG

E

6oo'.4

oc(!o(,o

oo.

G

'=qOJ

0)

(,Etr'o

Iotc6.EoYq(s

E(!o.0)

(g

(,

o,

!o

ooo

a6lE(!o,or,cJc'(Ez

l).E(,(!

o,0)o-l

FDcluY

1,;-,-':-

BAGI,.L\ HI,]X,{..\S SETDA PLtrTB,{I-INGG,{

Page 16: Kliping media 29 november 2014

KLIPINGMEDIABA$IA}{ IIUIdA$ $firoA PI]RBAIfi{$f;A

UntukAlumni tangani MoU dengan PTMAK, untuk menyalurkanalumni dari SMKN 3 Purba-Iingga bekerj a di perusahaanmereka. Per tahun, hara-pannya ada 15-30 almuniSMKN 3 yang bisa ditam-pung bekerja di PT MAKi'jelasnya.

Selain itu, bupati juga.mengaku sudah menitipkanalumni SMKN 3 Purba-lingga kepada pengusaha-pengusaha Iepang, yangmemiliki usaha di Purba-lingga. Ha1 itu, menurlltbupati dilakukan sebagaitanggung jawab moralnya,untuk menjaga kelangsu-

ngan penyelenggaraan SM-KN 3 Purbalingga, yangdiirintis oleh Wagub ]awaTengah' Heru Sudj atmoko,saat masih menjadi bupatidi Purbalingga.Tak hanya untuk siswa

SMKN 3 Purbalingga, Pe-mkab Purbalingga juga;su-dah menandutirgu.riMoUdcngan Pihak TNI/POLRI .

untuk memberikan pelati-:han intensif baik fisik mau-pun psikis. Sebagai bekalpersiapan para siswa dariSLTA manapun di Purba.lingga menempuh seleksimasuk TNI/POLRI.Pelatihan dkan diatur jad.

SIVII(NT3 Purbalingga

PURBALINGGA - BupatiPurbaiingga Drs H SukentoRido Marhaendrianto MMmengatakan, PemerintahKabupaten (Pemkab) Pur-

. balingga, sudah melakukankerjasama dengan berbagaipihak, untuk menyalurkanalumni SMKN 3 Purba-lingga. Hal itu, diungkapkanoleh Bupati kepada Radar-reas, ditemul di Ruang Pri-nggitan Pendapa Dipoku-sumo, baru-baru ini.

"Karni sudah menanda-

ganggu proses bel,ajar me-ngajar di sekolah.

"Athamdulillah, dalam se-Jeksi tahun ini, Purbalinggaitu paling banyak direrimasiswanya di TNI, 1'aitu 22siswa, dan di, POLRI yaitusebanyak II orang. Ini pal-ingbanyak se-Jawa Tengahi'ujarnya.

Bupati ju ga mengaku akanmengusahakan usulan sis-wa, yang dirangkum oleh-nya dalam sesi diskusi de-ngan siswa SMKN 3, bebe-rapa wakir lalu, Yakni dian-taranya, diadakannl-a kese-nian gamelan dan geguritan

untuk rnenghibur sekaligusnguri-uri budaya. Ada yang

. meminta dibantu penyalu-ran kerja selulus SMK nanti.Ada juga yang mengusulkanadanya jaringan intefnetunruk mendukung para sis-

. wa mempersiapka'n dirimenghadapi MaslrarakatEkonomi Asia (MEA)

"Tapi nanti kalian harusteken konrrak, berjanji jikananti jaringan internet ter-pasang, tidak d)salahguna-kan. Internet harus hanyadigunakan untuk mendu-kung sains dan'menambahwalvasan yang positif, ujar-nya. (ryalclin)

IIAGIAN HLIMAS SETDA IiABLIP.{"IEN PLTRBALINGGA

Page 17: Kliping media 29 november 2014

ffuPlN[iMbt]tABAOIN IIt]Il{A$ $ETDA TIIRBAIil{OOA

R"{erEeryg}es:!4q Pahing 29 November2014

PPDI Minta PTFAil Z}IE IrlaikPemkab DimintaMemfasilitasi .

PURBALINGGA- persatuanPerangkat Oesa tnaoneria(PPDI) Purbaiingga meminrabesaran Penghasilan TetapAparatur Pemerintahann De-sa (PTAPD) tahun 2015 naik.Hal itu dinilai wajar karenasebenarnya aparatur peme-rintahan desa merupakanbagian dari pemerintairan dinegara ini. Selain itu, sudahada amanat dari UU tentangdesa serta Permendagri.Ketua PPDI Purbalingga,

WW"lni kan APBD 2015 masih

dibahas di tim Pemkabdan DPRD, seharusnya

PTAPD juga diperhatikan.Karena kami perangkatdesa, termasuk kades,sebenarnya bingung,, status kami apa',

. Slamet UntungKetua PPDI Purbalingga

Slamet Untung menj elaskan,adanya lfU tentang Desa yangsudah diterapkan dan ber-Iaku, konsekuensinya sangatbanyak. Karenanya, pemkabsebagai taqgan panjang peme-rintahan pusat haius proaktifmempersiapkan diri."Ini kan APBD 2015 masih

dibahas di tim pemkab danDPRD, seharusnya PTAPDjuga diperhatikan. I(arena kamiperangkat desa, termasuk ka-des, sebenarnya bingung, sta-tus kami apa. ]ika PTAPDsesuai Upah Minimum I(a-bupaten (UMI(), kami bukanburuh pabrik. , r ke hat. 10

Belum Tahu KomPosisinYaffi PPM ,'

Sambungan dar:i halaman 7

Tap! jika aparatur negara,juga belum ada penghasilanyang sesuaij' papamYa, |umat

Terkait PTAPD akan

Ian masing- masing untukdesa befianah Bengkok Yai-tu Rp 650 ribu (Kades), RP

600;ibu (Sekdes Non PNS)dan Rp 550 ribu untuk Pe-rangkat desa lainnYa.

Kemudian untuk desa takbertanah Bengkok atau mi-

di- nim Bengkok, masing- ma-

masukkan dalam dana ban- singRp 1.2I6.000 (Kades), Rp

tuan ke desa yang kalarnya I.075-000 (Sekdes Non PNS)

akan meningkat drastis, dia , dan Rp 1.023.000'(perangkat

belum mengetahui kompo- desa lainnya), Untung yang

sisinya apakih PTAPD akan juga ketua PPDI Jateng ininaik atau tetap. Namun jika menambahkan; lntuk tri-tak ada perbedaan dengan wulan terakhir tahun 2014,

saatini,iamasaiapemeiin- PTPAD belum sampai ke

tah tidak mempeihatikan tanganperangkatdesa'Sepe-

kesejahteraan aparatur pe- ngetahuan-nya, djrylaVahke-merintahan desi. carnatanMrebetbelumturun

;iir.. "a"

y.n jtidak diako- atau cair.

modiroleliP"-t ub dengan "Kami sudah sangat ber-

alasanyangtidakjelas, kami' syukur UJJ Tentang De,sa

bisa turu'n lagi ke jalan. bisatemmjud, namunting-Bahkan mengajak para ka- gai melihat bagaimana pe-

des. Namun*Iiarapin karni nerapannya, termasrik ke

pemkkab akansegeramem-- pemkab,yang mengurusiasilitasinyai'ujarnya.Saat PTAPD ini,"'imbuhnya'ini besaran'PTAPO per bu- (amr/din)

BAGIAN HI}{AS SETDA iLA.BUPATEN PIJRBALINGGA

Page 18: Kliping media 29 november 2014

I\IJTil\UMEUIA

Desember ini hanya.satu kali.atau satu termini' jelasnya.Menurut dia, tahapan yangsedang ditempuh saat inibaru penyrsunan jadwal diKantor Pos Purbalingga,khsuSunya untuk penerima-an tahun 2014. Sedangkanuntuk tahun 2015 rien-datang kemungkinan besarbisa penuh empat rermin.

Pihaknya juga sudah me-nyrapkan pendamping ya ngharus selalu memantau per-kembangan PKH. Setabdana Ini merupakan ban:tuan bersyarat yang padatiap termin, besaran yangditerima dapat berubah,

yaitu semdkin banyak atausebaliknya. ;

"Gampangnya, jika dalampertengahan tahun anak SDsudah.lulus dan diterima diSMP maka besar bantuan-nya/kiteria berubair tidakIagi Rp 500 ribu, namun Rp1 jutai' imbuhnya. Saat inidinas sudah memiliki 96tenaga pendamping PKHdan 4 orang operator. Tugaspokok pendamping yaitumelaporkan data valid setiapada perubahan kriteria atausasaran itu. Sehingga tidakada kesalahan data yangmembuat kerugian di se-jumlah pihak. (amr/din)

BAOIA}{ IltfiilA$ $MA IUNBAIfi'IGOA

E@ lanyupas ; sautu erhtnslzo November 2014

Desembe6 Dana PIGI DicairkanTotal Rp 9 MiliarLebih

PURBALINGGA- Dana daripemerintah pusat melalui Pro-grAm Keiuarga Harapan (pIGI)akan segera cair, Desembermendatang. Tahun 2Ol4 ini,pencairan hanya satu termindengan total dana Rp 9 miliar

lebih untuk 24.228 KepalaKeluarga (I() mishn bersyarat.

Pencairan melalui PT Pos inidibidangi oleh,Dinsosnaker-trans Purbalingga. Kasi Sosialpada Dinas Sosial Tenaga Kerjadan Transmigrasi KabupatenPurbalingga, Rini Widayatimengatakan, bantuan yang akanditerirna setiap IC( besarannyaberbeda, tergantung dari kom-

ponen tambahannya.i'Bantuan ini paling sediikit

diterima Rp 240.000 dan pal-ing b,anyak Rp 2.740.000.Kriteria tambahan meliputimemiliki anak sekolah usia SDmaupun SMP dan ada anggorakeluarga sesuai kartu keluargayang sedanghamil, nifas mau-pun memiliki balita," papar-nya, kemarin. I ke hal. 10

Dicairkan Tiap TriwulanE llesem[c[

Sambungan dari halaman 7

Dana yang sudah bisa cairmulai 5 Desgmber menda-tang, akan diterima setiapKK sasaran sesuai data yangada. Jika memiliki kriieriatambahan sepefii anak ba-lita, ibu hamil, nifas akanditambah Rp I juta..likadalam keluarga itu memilikianak SD sederajat, ditambahRp 500 ribu dan anak SMpRp 1juta.

"Besaran dana ini untuksatu tahun, yang dicairkan ,

empat kali atagBer triwulan.

BAGIAN HUI\IAS SETDA IL{BUPATEN PLT]&BALINGGA

Page 19: Kliping media 29 november 2014

[\LI$$*UMELIIABAOIN IItJIilA$ $[TDA IIfiBAItrOOA

tsanyurnas e Sabtu Pahing 29 Novembe r 2014

.--PII.HEA1[H8&N EK$FB E$_.-

,,. _. I .aotTIRADARilAS

SENAM : Para PNS di lingkung.an Setda Purbalinggamengikuti.senam massal HUT Korpri. ' i-

Peringati HuT.KorprirGelar Senam Nlagsfll .

PURBALINGGA - Dalam rangka periniiatan HaIiUlang Tahun (UUf1'.i1"-4, Koips Pegawal Re-pirblik Indonesia (Korpri),, Pemkab'Purbalinggamenggelar senalB.massal di halaman PendapaDipokusrimgn, Jumat (28 I Ll). Senam massal itu,diikuti oleh Pegawai Negeri Sipil-(PNS) dilingkungan Setda Purbalingga.

Sekda Purbalingga, Imam Subijakto. SSos MSimeminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara(ASN) untuk melupakan persaingan dalamPemilihan Presiden (f ilpres) Ialu. Sekda meminta,agar ASN mendukung kepemimpinan nasionaltanpaadatendensi, ambisi, sgrtamaksud lain atau

Dulsu g Semua Program[,,Perinsati ' ,,

Sambungan dari halaman 7

,'lWalaupunpilihannya be-da, sekarang setelah resmidilantik, tanpa ri:serve, kitaharus dukung semua pro-gram-programnya. Untuk'itu, mari kita dalam mqlak-sSnzika.n tugas kita selakuASN memperkokoh integ'ritas kitai' ujar Sekda.

1 Dia menjelaskan, hal itu, didasari adanya undapg-

undang ASN.i geluruh ASN harus men-dukung kepemimpinan na-sional dalam kabi4et kerjayang baru saja dilantik, tanpakecuali, Dia juga rnemintaagar ASN tetap bekerja padaaturan perundang-unda-

pgan yang berlaku, fangansampai melanggar aturanyarrg sudah ditetapkan, se-hingga akan terhindar darihukuman disiplin.

,l. 'lSaya atas namatim mintamaaf kepada para ASN yangterkena''hukuman disiplin.Hal itu kami Iakikan se-mata'-mata untuk mene-gakan disiplin. Dengan ha-rapan, selaku ASN marilahkita laksanakan tugas kitadengan sebaik.baiknya,"imbuhnya.

Menurutnya, jangan ber-harap menjadi kaya denganmenjadi ASN. Kecuali me-reka yang .maq mencariusaha sampingan, sepertimem'punyai perusahaqn,atau mempunyal warlsanyang banyak (tya/ain)

tanp4 res.erve. r ke hal. 1.0

BAGIAN HUIVTAS SETDA KABUPATEN PURBAIINGGA

Page 20: Kliping media 29 november 2014

KTIPINOME}IABAOIAil IItIffA$ $MA fl]fifiAlil{ffOA

Radar Ban5rurnas o Sabtu pahins 29 Novembe r 2014

HUWui Bantuan Krrban Longsor, KARANGANyAR-Longsoryang melanda' purbalinggadalam minggu ini, mem6i-rikan kerugian bagi masya-rakat. Untuk meringankanbeban korban tanah longsoq,Badan Peqanggrlangan Ben-cana Daerah (BPBD) purba-lingga mulai m endistribusikanbanruan kepada para korban., Kepala BPRD Purbalingga,Priyo Satnoko menjelaskan, darisejumlah kejadian tanah lon gsorbaru-baru ini, ternyata lokasirumah yang terimbas berada dilahanya;rg rawan longsor sepertilongsor di RT 06/05, DukuhManis, Desa/Kecamatan Ka-

.il

BANTUAI,I',r: ; Kepalauntuk'korban tanah

BPBD PurbalinggaIongsor. !pgSnyar 3 ke hal.:10

Tanah longsor menimpa.rumah seorang pendeiesMadirin (6s) Sabtu (rslrr).

Rumah ini beiada persis,di sebelah tebing seiinggikurang lebih 8 meter. . '

Akibatnya, tembok rumahjebol dan nyaris merenggutkorban jiwa. Cucu Madirinyang sedang terlelap tidurtertimbun material longsorsementara.sang istri ter-himpit hingga rak bisa ber-gerak.Beruntung pertolongan

warga segera tiba dan me.reka berdua terselamat-kan.

Longsor juga menimparumah Daryoto, warga Du-sun Gunung Tugel nT ffl21 Desa Tunjungmuii, Ke-camatan Karangmoncol.Posisi rumah terlalu dekatdengan tebing yang rawanIongsor. Bagian belakangrumah tertimpa longsqrantanah dari tebing. Akibat-nya, ruang dapur rata de:ngan tanah.

"Saya mengimbau'kepadawarga, khususnya yang ber-rnukim di daerah rawanlongsoS agar lebih waspada.Karena lada musim hujan,tanah longsor .bisa terjadisewaktu-waktu,;" kata priyo.Setelah disurvei, kedua ru-mah ini dinyatakan me-ngalami rusak sedan!. Keru.

sakan taraf sedang diindika-sikan dengan dampak keru-g4kan yang mencapai angka30 hingga 60 persen, ]ikalebih dari itu, disebut rusakberat.BPBD mengirimkan ba-

ntuan kepada dua pemilikrumah ini. Bantuan yangdib'erikan meliputi sem-

. bako, papan triplek,.paku,seng, p eralatan:.memasakdan kebutuhan iain sesuairekomendasi pascasurveianggota. Bantuan disarq-paikan secara Iangsung kekorban longsor. "Bantuan

'lain kemungkinan akanmenyusul, seperti dari Ba-

, gian Kesra Sqtda,purba-lingga, PMI dan lembagalain," imbuhnya. (jok/din)

purur/RAoA RMAS

menyerahkan .bantuan

Bantuan l(epada i' Pe{rylik RumahT. BPBII

Sambupgan dari halaman 7

BAGIAN HUMAS SETDA IIABTJPATEN PURBAUNGGA

Page 21: Kliping media 29 november 2014

6,LIfII\UMEUIABAOIA}{ II[][{A$ $ITfiA Pl]RfiAItrffiA

Radar Banyumas o sabtu pahing 2Q Novembe r zoia

Berikan TeladanBANYAK aspek yang men-

jadikan suatq sekoiah menjaditempat belajar yang diminatiorangt-ua dan sisna. Selain kare-na prestasi, lingkungan sekolahyang sehat, bersih dan nyaman,mqnjadi aspek yang tak.icalahp enting unttk diu,ujudkan. Ap a-lagi jika sekolah itu merupakantempat belajar anak- anak tingkatsekolah dasar (SD). r ke hal. 1o

jaga kebersihan. Bahkanberlanjut sampai ke rumahjuga demikianir papar wa-nita berjilbab ini.

Tak ayal, tahun ini seko-Iahnya masuk nominasisatu-satunya penghargaanAdi Wiyata dan sudah me-nerima tropi. Meski tropiitu bukan tujuan utama,namun setidaknya bisa me-njadi teladan yang baik bagisemuanya, te,rmasuk se-kolah lain.

"Kami terus berupala me:mbenahi lingkungan se-kolah dan ruang belajar agarsemakin mendukung ke-giatan belajar mengajar. Taklupa secara akademis jugaselalu menciptakan lulusanyang berprestasii' tambah-nya. (amr/din)

Tanamkan Iiwa DisiplinE Bsrilran. Sambungan dari halaman 7

Hal itulah yang terus diper-tahankan'oleh SD Negeri IBabakan Kecamatan Kali-manah. Kepala SD Babakan,Siti Achrodjah SPd me-ngakui, dia, dan semua ja-jarannya tak'canggung tu-run sendiri memberikancontoh. dan keteladananbagi siswa-siswinya.

"seringkali dalam kesem-patan apapun, selalu me-ngingatkan anak agar mem-buang sampah jajan atau.pun bungkus ke tempatnya.Perlahan tapi pasti, siswaakan tertanam jiwp disipiinuntuk membuang sampahpada tempatnya dan, men-

BAGIAN HLqv(AS SETDA KABLTPATEN PLTRBAIINGGA

Page 22: Kliping media 29 november 2014

ItLIflITUMflUTf,BAfiIAil IItiMA$ $MA PMBAIfi{OGA

Radar BanyqmEts o sabtu Pahing i9 Novembe jr 2014 ,

. F'F'EaOL, pesok,

; 'Rbadshow FFI

". Penjuriannya pun cukupketat; yakni dilakukan olehlebih dari 100 oqang juriyang.berasal dari aktor danartis, sutradara ternama,

, produser film nasional seftakalangan pengamat dan

r wartawan senior. Selain itu,penilaian juga dikirimkanke akuntan publik indepen-den Deloitte, untuk diha-silkan lima nominasi dimasing-masingkategori. :

. I(epastian masuknya Pe-ngidep dan Penderes dalamnominaqi film dokumenter ;

. FFr ?gi4:lll, lgly*|T,,, akhir September lalu, ketika, panitia FFI mengumumkan

lima film di masing-masingkategori yang akan mem-p-erbutkan penghargaandalam FFI 2014.Di kategori film dokumen-

teg Penderes dan pengidepbakal bersaing dengan empat

'film lainnya, yakni Ngu[onproduksi Runah Dokumen-te1, dengan sutradara Tony

. Kemudian euran SangPaus produksi FFTV IKI]sutradara Ari Aristi, MaskedMonkey [The Evolution ofDarwin The Theory) pro-

. duksi Lubish Team tAioike4sutrada lsmaiI Lubish, sertaDolanan Kehidupan pro-duksi Eagle Institqte Indo,nesia, sutradara Afi na FahtuM dan Yopa Arfi.

FFt 20t4, diikuti oleh 50judul film bioskop, BI judulfilm televisi, t38 film pen;dek, 32 judul film animasidan B5 judul film dokumen-

di Hotel I(encana

:,.,PURBALINGGA _ FiImkarya sineas qnuda dari Ka-bupaten Purbalingga berha-sil masuk nominhsi peraihp en gharga an, dalam FestifalFilm Indonesia [FFI) 2014.Penderes dan pengidep,karya Sutradara Achmad.UIfi dari papringan pic-tures, berhasil masuk nomi:.nasi peraih penghargaankategori film dokumenterdalam festival film tertua ditanah air tersebut.Direkiur Cinema Lovers

-Community (CLC) purba-lingga, Bowo Lfl<sono saatacara Jurnpa pers RoadshowFFI p014, |uniat (28/LL)mengatakan, :film purfua_lingga berhasil dua kali ma-suk nominasi dalam FFI.Sebelumnya 2006, fllm Nge-mu Getih berhasil masuknominasi FFl.

,"Kali ini,.giliran pengidepflan !.gnderes yang masuk inominasi FFI kategori filmdokumenteri' jelasnya. Ke-berhasiian Pengidep danPenderes rnasuk'nominasiFFI 2014, menurut Bowo.menjadi kebanggan tersen-diri bagi Kabupaten purba-lingga. Sebab selain eventerse but merupakanfestrvaifilm terbesar di tanah air,fesrival itu juga diikuti olehpuluhan film pendek dariseluruh tanah air.

ter, Sedangkan pengumu-man pemenang akan.digelarawal Desember mendatang

. di Palembang. Perwakilan '

FFI 2014, Lulu Ratna me-nambahkan, masuknva fi lmPurbalingga dalam FFI 2014bukan suatu kebetulan. Se-bab selama ini film karyasineas Purbalingga selalumewarnai festival-festivalfilm.ternama tanah air.

"selain itu film Pu-rbalinggajuga memiliki ciri khas, yangtidak dimiliki oleh film daridaerah lain. Lxi menjadi nilailebih bagi fiIm Purbalinggai'uj amya. Sementara itu, dalarnrangka menyambut gelara FFI2014, besok (30/111, akandigelar roadshow F{l 20L4 dtKabupatbn Purbalingga. Evenini akan digelar. di Aula Hotsl

r Keniana Purbalingga, mulaipukul 09.00,

Selain menggelar pemuta-ran film, yakni Cahaya Ti-mur: Beta Maiuku (flIm bios-kop), Akar (lilm Dokumen-ter), Sepdtu Baru (FiIm Pen-dek) dan Pret (fi.im Animasi),even ini juga akan meng-hadirkan aktor temama Chi-co Jerico dan Firman Wid-yasm€ua. (tya/din)

BAGIAN I{U\{AS SEIDA KABUPAIEN PURBAIf,NGGA

Page 23: Kliping media 29 november 2014

Yo:6iE>=

to)6

sG

(g

q)t)oa.

G.j<.Go(g

E(,Ea,EG,9

(u(n

(,

oAJfl(,tr)6'GE.E

(,6osG

oGr!

(!

=0)

Ef<f

tuCto

Gt)(uo(!Eoo.

E,

oozJ]U

=

ttONL0)-oEo)'

ozo)No,.g.CG

0_:-oGaaoIU

ft,tr}{IUErttr

Page 24: Kliping media 29 november 2014

I\UHNUMEIIIABAOIA}{ IIt]hfA$ $flIDA TIIflBAI,I{OGA

ffiBaSabtu, 29 November'2o74

tlE*effi#effiS F{axlaffi,Pema&BffiE? ffiprEt

ArtnforoEE Pembangunan J'embatan Linggamas

KEMANGKON: Hujanderas yang turun hampir

setiap sore di Purba!inggamenjadi kendala berat

pada proses pembangunanJembatan Linggamas.Bahkan, akibat hujan

pada Senin lalu, bagianpenahan oprit (badan jalan)

jembatan, ambrol.

AGIAN yang ambrol tersebutdibangun oleh kontraktor yangterdulu. Saat itu besi tulangansudah dipasang dan akan dicor,

tapi kini ambrol. "Untung ketahuan,Terpaksa tulangan dibongkar lagi dandiperbaiki dulu (yang ambrol). Barudipasang lagi," kata Petugas pelaksana

PT Daya Samudera Cipta Mandiri, TriHaryono, Jumat (28111).

Selain itu, kendala lain ad,alah stokbahan baku yang sering kurang daripihak penyedia. Hal itu kemungkinankarena penyedia juga harus-menyediakan bahan yang sama untukproyek lainnya.

Dia mengakui, kendala tefsebutberakibat mundurnya target

penyelesaian. Sebelumnya pihaknya.menargetkan selesai pada 30 Novembernariti. Namun demikian ia optimis bisamenyelesaikan pengerjaan hingga batasakhir kontrak 8 Desember,

"Kami belum mengajukan permintaanperpanjangan waktu pengerjaan ke DPU(Dinas Pekerjaan Umum). Kita lihat nantisampai tanggal 4 November bagaimanaprogresnya," katanya.

Menurutnya, hingga kemarinpembangunan sudah B0 persen. Untukpekerjaan bagian utama jembatan hanyatinggal memasang handrail; Sedangkanpekerjaan utama saat ini adalahmengerjakan bagian landasan jalan,

Direktur !,ltama PT Daya SamuderaCipta Mandiri. Kaswan menambahkan;pekerjaan dilakukan secara mar'atonhingga malam di setiap harinya. Takjarang hingga pukul 22.00 denganmelibatkan ratusan pekerja,yang dibagishift.

"Tantangannya, dalam waktu yangcukup mepet hanya 60 hari, sudahmengalami musim penghujan, Namunkami tetap optimis bisa selesai sesuaikontrak," ungkapnya.

Dia juga mengaku sering berkordinasidan melaporkan progres kepada dinassecara berkala. Harapannya, jika adakendala, lebih awal bisa dicarikansolusinya.

(\/:

BAGIAN II{IMAS SEIDA }LA,BIJTATEN PURBAIINGGA

Page 25: Kliping media 29 november 2014

KONSTRUKSI besi tulangan oprit atau penahan Jembatan Linggamas, sebelumdilakukan pengecoran, beberapa waktu lalu.

Tak Ada PerpanjapganKdpala DPU Sigit Subroto kepada

wartawan mengatakan, hingga kinibelum menerima surat dari pihakkontraktor untuk mengajukanperpanjangan. Selain itu tanpa alasanyang memenuhi syarat perpanjangan,tidak akan bisa diizinkan.

"Alasan perpanjangan misalnya .

terkena bencana alam, perubahan desaindan pembebasan lahan. Tanpa syarat itu

kami tidak memprosesnya," katanya,Menurutnya, jika terjadi

keterlambata,n, pihak kontraktor ai<andikenai dengan yang jumlahnya tidaksedikit. Selain itu juga dikenakanpembatasan :pekerjaan sampai'tanggal terakhir pencairan dana diDinas Pendapatan dan PengelolaanKeuangan dan Aset Daerah (DPPKAD)atau closing date yang dilakgkankontra ktor. (SMNetwork/h82-06)

Menbhubungkan Desa Kedungbenda,Kecamatan Kemangkon, purbalingqadenqan Desa PetiI Kecamaran

Dibangun di atas Sungai Klawingdengan panjang 140 meter, terdiri atastiqa bentanq dan lebar 10 meter

14u ai dibangun Oktober 2012 oleh duakabupaten, Purbalingqa di sjsi timurdan Banyumas di sisi barat:

Tahap II Purbal jngga menganggarkanRp 7,5 miliar

Tahap III P!rbaiingga menganggarkanRp 3,4 miliar

Tahap I Purbalingga menganggarkanRp 10 miliar (Pemkab Rp 7,5 mitjardair Pemprov Jateng Rp 5 miliar).

BAGIAN HUI,IAS SETDA PLTRBALINGGA

Page 26: Kliping media 29 november 2014

WSabtu, 29 November 2074

PURBALINGGA. DanaProgram Keluarga Harapan(PKH) dari pemerintah pusatakan sggera cair. Hanya saja,tiap kepala keluarga (KK)akan menerima dana yangtidak sama, Besarnya danatergantung dari komponentambahan sesuai aturan.

"Paling sedikit akanmenerima Rp 240 ribu danterbanyak Rp 2.740 ribu,"kata Kasi Sosial Dinas Sosial .

renaga KerJa can Iransmtgrast(Dinsosnakertrans) Rini

IrI In!LttI f tI]nI lXl lPINltrll/IHltIOrlIJI-T II T1., LI TI,JL' L.fL

BAfiW IIt]hIA$ $ETDA TI]RBAIT{ffOA

hanva satu termin senilai RP 9

miliar lebih. Dan tahun 2015 {

dapat cair samPai 4 termin'

PendamPingUntuk Pelaksanaan PKH

KabuPaten Purbalingga sudah

menYiaPkan PendamPing'PendamPing inilah Yang

harus selalu memantau

oerkembangan PKH, karena

meruDakan bantuan bersYarat'

sehingga tiaP termin besar

bantuan tersebut daPat

berubah, semakin banYak atau

sebaliknYa.Bila dalam Pertengahan

tahun anak SD sudah lulus

dan diierima di SM, besar

bantuan berdasar kriteria

berubah menjadi RP 1 juta'

KarenanYa, PendamPing harus

memantau dan melaPorkan

setiaP Perubahan kriteria'

aqar tidak ada Pihak Yang

dirugikan. "Dinsosnakertrans

sudah merekrut 96 tenaga

oendamPing PKH dan 4 orang

ienaga oPerator," terang

Rini. (pt-o6)

Dana P4{}{ Tergerettrleg KriteriaWidayati, :umit 1zs7t t;.

Disebutkan Rini, 24.828kepala keluarga (KK) akanmenerima dana PKH yangakan mulai dicairkan pada 5

Desember mendatang. Masing-masing KK akan menerima, ' \bantuan yang berbeda,tergantung kriteria.

Secara prinsip, PKH

merupakan bantuan untukKK miskin bersyarat. PKH

nonkriteria menerima Rp 240ribu. Bila ada kriteria tambahanberupa ibu hamil/nifas atau

balita akan ditambah Rp 1 juta.Bila dalam keluarga itu adakriteria lagi berupa anak sekolahSD sederajat ditambah Rp 500ribu, dan bila anaknya SMP Rp

1 juta, "Besaran dana itu untuksatu tahun dan dicairkan empatkali atau per triwulan," ujar Rini.

Saat ini tahapan pencairanbaru dalam penyusunan jadwaldi Kantor Pos. Di Purbalingga,jumlah KSM yang akanmendapatkan bantuan mencapai24.728 KK. Selama Desembermendatang, akan dicairkan

BAGIAN HL]MAS SETDA KABL]PATEN PL]RBAI-INGGA

Page 27: Kliping media 29 november 2014

I\UHHUMEUIABAOIA}{ IIII[{A$ $[MA PUNBAIil{OGA

ffiffimruyW_ffi!R$.Sabtu, 29 November 2074

'. :". it'r' 'r,.,:1,: r,., lll ..,1,1

EKPPD Nasional,Kinerja,Pe, mkab,

ilPlddffi$,9'g{tir#;.ryiffiixfi9illX#-iij.fl6j $e;e'ein'': Pemerlntahan,D.aeiah (EKP.,P.ffiNas,io.natimela,kukA]."]iiiiiiiii;i ;itiX

l,,t!njauan lapahgan. ke.,PuiuFiingga rinjaurh tapang'an ini,,,',:bertujtu'a p a gq$6cd.k a nlei r1i [a

poqa n $a n ke-nyaJi a 1,.ya n g ;

, 5da' di :[apa n_ga"q., Trm be4u.p!q 11

6, orgnO, !grd]11, ptes, B P (P,,,,

Kenrgqdagri,_dqn(eme1l+iul,i;r:.' :- ,,,,:,1:,, .,1 '; , .i;. ;: :Ketua' Tim,E.KPPD, Erldang,Catul mengrtakan,'Kabupatgn,iiiPuit.a.!n3gEii$-.6"b a.ias h;5,atu:hominp-[er:.Q.i.Pr:ov!nsi::Ii,!yajiiiiil!:

, {e n gah i;ri; .m at<a-pertu o iclri: r<iuen ira n oita nya,, a pa r<a h :,, .,,.' sama dengan dilaporkan.apE-[idak. Penilaian di Iapangan . -nanlinyq akan digunakan iioagii tahan, Pertlmbangah

r ,, .

mendapatkan:penghaigaanr.. 'i , i ::",:,,;:'nurballngga termaiuk B kabupaten se:Indoneiii iung:

;iuas:qk1o.Ei5fi niiiaie.nii,uja-1,Endans. pbda, *at benttajpn;i{i +isMPN.3. xamis(271tii.riir,irrii;liiiriri;irii.;il:iiii.:rritiiiaiiii,ii::r:tii::ililriril:

riiiil$t:Ldaiisifi:dl1;+,l:tr.li h.B$[r:s*e1ai1 kapupalel-,,agt 6!(,elp.,i+i r;ii

1i.d,e,il;i.4t foffi$,t1[e.ntilil,iftliutil penl!aian,laping;in.. tl-esiX,li+r i !pen!!aian diren.canakan akan' Oiumumkan,Desem tjer.,Ketika' :

, iiiq 1if it36doa1e. *!1r sria. 1aa n9 1kut,

n,9m i nasi,. Endi;;'menjawab maslll.lahapla,,,tnt-oo1i; :',; -',

-,,,,t,:,' 1','

,,.:,. ::r,,,:;:: .,',. :rrrr:l'ili.,l;,.'''"' j .- : : :,,,,.

tri.ffi.rNilei

BAGIAN HLMAS SETDA KABUPATEN P\IRBATJNGGA

Page 28: Kliping media 29 november 2014

KTTfINUMXI}IABAOIA}{ I{tj},fA$ $EMA TiJfrBAiJ{GOA

29 November 2014

BAGIAN HUMAS SETDA KABLIPATEN PURBALINGGA

Page 29: Kliping media 29 november 2014

fi,UTNUMEI}IABA0TA}'I Htii}{A$ $EmA PURfiArffi00A

SargllrF,l;,sgSABTU pAHu$G, 29 Novr,viBrn zu4

LPPD Zfit3 MemuaskanPURBATINGGA, SATELITPOST-TiMNasional Evaluasi Penvelenssaraan leme-rintah Daerah (EPPD) membliikan progesbaik atas Laporan Penyelenggaraan Peme-rhtah Daerah (LPPD) kabupaten Purba-Iingga tahun 20i3. HaI itu disampaikankeruatim Endang Tja tur Apriyanti saat berpami tankepada Bupati Sukento Rjdo Marhaendrian-to-di Ruang Rapat Geduflg B Setda Pur-balingga, J irm at (28 / 71).

"S""t&ih mengadai{# kroscek ke sejum:lah lokasi, dapat disimpulkan bahwa yangdilaporkan Bupati dalam LPPD 2013 sesuaidan akuntabel atau bisa dipertangung-jawabkan. Tidak terlalu banyak beda antaraLPPD dengan kondisi riil di lapangan," kataTjatur, Kasubdit Wilayah IV Dir PKEKD Dit-jen OTDA, Kementerian Dalam Negeri.

Timberadadi Purbalingga sejak Rabu (26l11) petang dan melakukan kunjunganlapangan pada Kamis (27 /11) kemarin.M-ereka mengunjungi Puskesmas Serayq La-rangan Kecamatan Mrebet, RSUD dr RGoeteng Tan-rradibrata, SMK Negeri 3 Ptu-balingga, SMP Negeri 3 Purbalingga, danKantor Penanaman Modal dan PerizinanTerpadu (KPMPT).

Jjatur mengakui Puibalingga telerh mem-buat inovasi yang langsung bersentuhandengan masyarakat. Meliputi pendirianSMK N 3, PSPR Gakin, JPIC\4, dan lainnya.Namun, kata dia, masih banyak potensi lain

Kabupaten Purbalingga jugameminta ASN tetapbekerja padaahr.ran perundang-undanganyang berlaku. Jangan sampaimelanggar aturan yang sudahditebpkan, sehingga akan Lerhin-dar dari hul<uman disiplin.. "Saya atas nama tim irrintamaaf kepada para ASN yarrgLerksra hukuman disiptin tslal iturkami lalcrkan senah-mah untukmepegakkan disiplin'1 ujamya.

Men jadi ASN, Ianjut dia, jugajangan berharap menjadi kaya.Kecuali bagi mereka yang maumencari usaha sampingan,seperti mempunyai perusa-haan, ata u mempunyai warisan

yang perlu digali seperti pemanfaatan solarcel atau Iiskik tenaga matahari pada fasi-Iitas lampu peneraigan falan dln lampupenga tLu Ialrr lintas.

'ITPA'yang ada di Purbalingga perludikelola Iebih baik agar bermanfaat bagimasyarakat. Ini jug.r buhrh ilrovasi dalampengelolalnya,'l kata4ya.^ Bipati Stitento .rni:ngaku b,erqntungmendapat kunjungan lapangan tim EKP-PD. Dia mengakui masih banyak PRyang harus dikerjakan pihaknya. Diantran)'a memberikan perhatian bagi9000 penyandang'cacat miskin, mem-bangun infrastruktur jalan, dan mernba-ngun tata kelola persampahan yang lebihbaik.

"Soa1 per-rggunaan solarcell, sudah dirnan-faatkan paCa sejumlah t4man hutan kota.Rencananya pada 2015 nanti secara bertahapakan diterapkan untuk lampu pengatur laluliltas," ujarnya.

Dari pcnillian awal LPPD 2013, Purba-lingga menjadi satu-satunya kabupaten diJawa Teng,ah yang dikunjungi oleh timnasional EPPD. Bila pada peniiaian akhirberhasil masuk 10 besar nasional, makaBupati Purbalingga berhak menerima peng-hargaan Samkarya Nugraha ParasamyaPumakarya Nugraha dari Presiden RL Sebe-Iumnya, Pwbalingga telah menjadi 10 besarnasional pada LPPD 2011 dan 2012. (gus)

yang banyak.Bupati Purbalingga Sukento

Rido Marhaendrianto, mengu-capkan terirna kasih kepadaseluruh ASN di KabupatenPurbalingga atas kerja kerasserLa dedikasi dalam menja-lankan tugas. Dengan peiaksa-naan lflJlf Kolpri, ke depanASN diharapkan akan lebihsukses da.lam segala hal.

"Marilah kita menatap tah".,2015 dengan kerjakeras, kerjakompak, dan keria bersama.JanganJah sampai ASN terpe-ngaruh serta terkotak-kotak,jayalah kita bersama, jayalahPurbalingga,"ujar bupati. (gus)

Bupat!: ASN JanganTerkotak-kotak

PURBALINGGA, SATELIT.POST-Aparatur Sipil Negara(ASN), dirninta mendukungkepemimpinan nasional tanpaada tendensi, ambisi, serta mjk-sud lain. Untuk itu, seluruhASN han-rs mendukung kabi-net kerja yang baru saia dilantik.

"Walaupun dalam pilpres

lemarin piliharLnya bed\,"' ujatSekretaris Daerah (Sekda) Ka-bupaten Purbalingga, ImamSubijakto pada acaia senamsehat bersama HUT Korpri ke-43, di halaman Pendapa Dpo-kusumo, ]umat (28 / 11).: Imam yang juga Ketua Tim

Pertimbangan, Hukum Disiplin

BAGIAN HUMAS SETDA KABLIPATEN PIJRBALTI{GGA

Page 30: Kliping media 29 november 2014

I\Liril\u l.fi.uutA

fiAffIAN IIUII,IA$ $flMA TtJHBflxHGffA

SarElttF,r->srSABTU PAHING, 29 NOVEMBER 20I4

I{indari Bermukim di LahanRawan Longsor

PURBALINGGA, SATELIT.POST-Dari sejumlah kejadiantanah .longsor baru-baru ini,ternyata lokasi rumah yangterimbas berada di Iahan yangrawan longsor. Longsor di RI6 RW 5, Dukuh Manit Desa/Kecamatan Karanganyar rni;salnya. Thnah longsor menirn-pa rumah seorang penderesMadirin (65), Sabtu (15/11).Rumah ini berada persis disebelah tebing setinggi kwanglebih 8 meter. Akibafilra tem-bok rumah jebol dan nyarisnrerenggut korban jiwa. CucuMadirin yang tengah terlelaptertimbun material longsorsementara sang istri terhiiirpithingga tak bisa bergerak.Beruntung pertolongan wargasegera tiba dan mi:reka berduaterselamatkan.

Longsor yang menimparumah Daryoto, warga Du-

99 Saya mengirnbau kepadawarga, khususnya yang bermukim di

daerah rawan longsor, agar lebihwaspada. ?9

Priyo SatmokoKepala BPBD Purbalingga

sun Gunung Tugel RT 11 RW21 Desa Tunjungmuli, Keca-matan Karangmoncol jugasama. Posisi rumah terlaludekat dengan tebing yangrawan longsor. Bagian bela-kang rumah tertimpa longso-ran tanalr dari tebilg. Akibat-nya, ruang dapur rata dengantanah,. "Saya mengimbaukepada warga, khususnyayang bermukim di daerahrawan longsor, agar lebih

waspada,,Kargna pada mu-simhuian, tanah lonssor bisaterj adi'se{vaktu-wakYu, " ka taKepala, Badan Penanggula-ngan Bencana Daerah (BPBD)Purbalingga, Priyo Satmoko.

Setelah disurvei, keduarumah ini dinyatakan menga-lami rusak sedang. Kerusa-kan taraf sedang diindikasikan dengan dampak kerusak-kan yang mencapai angka 30hingga 60 persen. Lebih dariitu, disebut rusak berat.'BPBD kemudian fnengi-

rimkan bantuan kepada ke-dua pemilik rumah ini. Ban-tuan yang diberikan rneliputisembako, papan triplek, pa-ku, seng, peralatan memashk,dan kebutuhan iain sesuairekomendasi pascasurveianggota. Bantuan disampai-kan secara langsung ke kor-ban longsor. "Bantuan lainkemungkinan akan menyu-sul, seperti dari Bagian KesraSetda Purbalingga, PMI, danlembaga laln," kata dia.

Sementara Ny Madirir-r me-ngaku berterima kasih tela}dibantu. Sebelumnya, wargabersama TNI san Polri be-ke-rja bakti inembersihkanmaterial longsor. Untuk se-mentara, tembok rumah yangiebol akan ditutup dengantriplek bantuan BPBD.(gan)

BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PURBALINGGA

Page 31: Kliping media 29 november 2014

{\urffiui}tEUtAfiAOIAH II[]I}{A$ $EMA PtlIBAIfi{ffOA

SarE_t-trPr;rsrSABTU PAHINCT,?? NQVEMBER 2014

Penderes daffi Pewgidep MasukI{orminasi FFf 2A74

FtrLM karya sineas muda , ter,".rjar Direktur CinemaPurbalingga kembali berki- Lovers Community (CLC)prah dalam penyelenggaraan Purbalingga, Bowo Leksono.Festival Film Indonesia (FFI) Keberhasilan Pengidep dan2014. Fiir4 Pendetes dan Pe- PenderesmasuknominasiFFlngidep,karyaSiitradaia Acn- " zbr+)mtlhurut sb#o menjadimad 0ffi, dari Papringan Pic- kebanggan tcrsendiri bag,i

:iut'es berhasit masri nomi:' Kabupiien'Puiba.lingga. Se-

nasi peraih penghargaan ka- bab, selal]1 eYel tersebut me-tegoii film dokumenter da- rupakan{estivaifilmterbesarlam festival film tertua di di tanah air, festival itu jugat4nahairtersebut. -diikuti olelr puluhan film

"Film Purbalingga berhasil pendek dari seluruh tanah air'dua kali masuli-nominasi Kepastian masuknya J"e-

dalam FFI. Sebelumnya 2006, ngidlP a,.ry len(e1es datram

fiim Ngemu Gefih berhasil nominasi'film dokumentermasukioniinasiFFl, KaIiini,, FFI 2014 itu, lanjut dia,.ter-giliran Pengidep dan Pen- ungkapakhirSeptember lalu'i".es yung masuk nominasi Waktu itu panitia FFI me-

FFI kitegori film dokumen- ,ngumumkan lima film di

masing-masing kategori yangakan memperbutkan peng-hargaan dalam FFI 2014.

Di kategori film dokumen.ter, Penderes dq1 Pengidepbakal bersaing dengan empa tfilm lainnya. Meliputi, A/gu-lon produksi Rurnah Doku-menter dengan sutradaraTony Trimansanto. QuranSang Pausproduksi FFTV IKIsutradara Ari Aristi, MaskedMonkey (The Evolution ofDarwii The Theory) pro-dul<si Lubish Team Workersutrada Ismail Lubish, danD ol anan Kehidrrpan produk-si Eagle Institute Indonesiasutradara Afina Fahiu M danYopa Arfi.

Perwakilan panitia FFI 20-

,14. Lulu Ratna, menjelaskandalam FFI 2014 ada 386 judulfilm yang diikutkan. Fiirntersebut terbagi atas filmbioskop sebanyak 50 judul,film televisi (81), film pendek(138), film animasi (32) danfilm dokumenter sebanvak 85

luclur."Untuk kategori film bios-

kop dan televisi, scmuanyabeiasal dari rumah produksidi Jakarta.' Sedangkan kate-gori fiLn pendr-k, animasi dandokumenter dikirim olehpeserta dari berbagai pelosoktan4h air, termasuk dari Pur-balingga dan Papua," ujar-nya. (gus)

BAGIAN HI.]N,IAS SETDA IIABUPAIEN PLITBALINGGA

Page 32: Kliping media 29 november 2014

r-LIftNU iVlflUIABAOiAil i{IJI}fA$ $EMA PMBfiMOOA

Saqlttpr::,srSABT.U PAHlNG, 29'NO'VEMBER 2014

Adaffi ),.

ffitrc# -Eeric*

PURBALINGGA, SATELTT-POST-Artis Chico Jerico di-jadwalkan hadir di Kota per-wira. Chico akan menjadinaia sumber diskusi padaro ad sho w F estival Film indo-nesia (FFI) 2014 diAula Ho-tel Kerrcar-ra, Jalan Pujowiyotonomo^r-1_ PurbglTsgi , M"ing-gu (30/11 ) pukul 09.00 WISI.

Tahun ini Chico masukdalam nominasi aktor ter.bai kFFI. Mantan kekasih ClarldvaQlnthia Bella ihi menlahiaktor utama film Cahava DariTimur: Beta Maluki yangjuga masuk nominasi.

Roa d sho w FFI 201 4 menve-bar di ruiuh kota. Aniara ilinl_ambi, Bengkulu, Padang,Serang, F3lal"S, Malan-"gdan terakhir puibalingga.leteJah singgah di eno* ko"ru,Purbalingga meniadi kotaterakhir program roadshowFestival Filrnlndonesia ( FFI)2074.

Festival film tertua di Indo-nesra yang saat irri masilr dibawah naungan Kemen l"eria nPariwisata dan Ekonomi Kre-a ti f.(Kemenpa rekraf) d enganBadan Perfilman IndondsiaiBPI) sebagai petaksananya

ffi ffimm#s$reffiw ffiffiffi ffiffi$@, Es Kami sengaja memilih filrnbioskop Cahaya Dari Timur: Beta

I'latuku yang bercerlta tentangsemangat sepakbola di satu daerahkarena kami lngin film ini tidak hanyamenjadi referensi para pembuat filmtapi juga para pecinta sepakbola di)' Purbalingga.gg

l,lanki Nlirrnanto

menggandeng Cinema Lov- purbalingga dipilih meniadiers Lommunity (CLC) seba_ satudariti-iik roadshowiare_gai partner lokal di purba- na geliat perfilman t;t;;rngga. namis. Film-film kirya"filmDirektur CLC Bowo Lek-- maker asal purbalindg, tu_sonomengatakan,pada road_ rap tampil di berbaeiiaiane:l:y y,rig dradakan gratis kompetisi, dari loka"l hhiggXoan terbuk.t Lu1tukumum ini internasional.,,MenurutsavaP".Tg.l pemutaran {rl git- nrrfruriirg;;';;; #;jilkikusr trlm-filtn y!3_g_didaftar_ industri Ji"]m sendiri;,, kataI:: .111" F,Fl 2014. "Tidak dia daiam jumpa pers di RMndnya.rlu, sutradara dan pe._ Joglo, Jumat i2bli1).main filrr, pun dilradirk.rn,,, ia mengatakan, film_filmKarany.r,. . purbalingga diakui kualitas_

)emenrara Lu I u l<atna/ pcr_ nya karena memi I iki ciri khaswakilan FFI mengata(an, piau r,ururiny;. IGit";k;i;:

= \_-___=\, -f\''

BAGIAN III},IAS SETDA I1ABLIPAIEN PURBALINGGA

Page 33: Kliping media 29 november 2014

kalan- yang unik digali dandrsalrkan melalui filh. "Mi_salnya pola hubungan anakctan orang tua, d i daeratr lain.;uga ada, tetapi pota relasiyang khas di_Purbatingga iniyang. men jad ikan berbida,,,ujar dia.

Pada roadshow di purba_

lingga, rencananya diputarfilm C.rhava Daritimtti. BetaMaluku (film bioskop) sutra_dara Angga D Saiongko,Akar lfilm

-dokumenteri su-

tradara Amelia Hapsari, pret(trtm artmasi) sutradara Fir-man Widyasrn:ala, dan Se.

Menurut-Managcr CLCNanki Nirmalto, plrher lo-kal mempunyai hak untukmemilih fitm-filrn yanc akandipu tar. " K.rmi seniaiahemi-lilr Iilm bioskop Citlava Dari,Timur: Beta MalukL yang

pattt Baru (ftlmpatu uaru (film pendek) su_tradara Ad itva A'hma,l.

bercerita tentrng scmjncatscpakbol; d i satu dacr.ah k.Iro-sepakbola di satu daerah ka"re-na kanri ingin film ini ticiakhmy,r mcnj-adi refcrensi parapembuat film rapi juga parapecrnta sepakbola di. I'ur-pecinta sepakbola di. i'ur-ba tin gga, " lia tanya. (a-feangG([email protected])

ws s1., -,:r+--+:i*

ij'trij{:11:.::;+

SUASANA jumpa pers roadshow Fil ZA14 cJi purbatingga Jumat (28/1 1 ).

v$ m,ffiffiV:i

B

.,j

BAGI,\N HUI\IAS SETDA KABTIP,\TEN I,URB,\LINGGA

Page 34: Kliping media 29 november 2014

KLIPNGME}IABAOIA}'I IIUII{A$ $EMA PtjNBAIMOfiA

t'\5llffiVA$*.ft I srr,, eunins,:2e Novernber 2014

Petani Masih SukaJadi PengiF<utffi Menangm Sesulai Booming Pr,oduk

maksimal dan tidak terjadipersaingan usaha dan

-pe-

masaran di antara petani."Coba diusahakan agar ha-

sil pertanian kita dapat diki--rim ke Jakarta sudah kondisidikemas, sudah disortir dansampai kepada pembeli tepatwaktu, tepat mutu, tepat har-ga dan kontinyu. Tidak sepertisekarang yang cenderungmerugika n petani," u ja rnya.. Kades Karangkemiri, Ke-mangkon, Yoganingiunr Ret-no Widiyanl.i sangat berharapdalam sarasehan mendapat-kan petunjuk teknis budiclayapep.rya. Termasuk antisip.rsiover produksi, misalnya di-j,rd ikan produk olahan.

Sementara itu Kepala DinasPertanian, Perkebunan, danKehuiauan (Dintanbunhut)KabupaLerr Purbali ngga, Zae-nal Abidin, menuturkan po-tensi br-rdi daya buah pepayaberkenrbang pesat. Selain va-rietas lokal, juga dikembang-kan jenis unggul IPB-9 yangsering disebut pepaya callinaatau pepaya kaiifornia.

"Saat ini terdapat Iebih dari5I ribu batang pohon pepayayang tersebar di seluruh wi-Iayah kecam.l i.rn," tu tu rrrya. iil;

S\'-Ct

PURBALINGGA-PemkabPurbalingga berencana mem-buat klaster budi daya pert.u-|an untuk meningkatkan dayasaing dan nilai jual produk.Hal ltu disampaikan- BupariSukento da lam''saraseha n Pe-tani Pepayalr di OperationRoom Graha Adiguna, korn-plek Pendapa Dipoksumo, |u-mat (28/71).

Menurut Bupati,.petani ma-sih suka jadi penglkut. Saatada produk pertanian yangbooming, maka semtra petanlmembudidqyakan produk itu.Padahal jahgan ,seperti itu,sebab kalau hal itu dibiarkanjustru pa$.a suatu saat akarrmenghancurkan nilai jual pro-duk tersebut.

"Saya ingin membuat klas-ter budi daya pertanian. Ke-napa saya menghadirkan parakades dari Kecamatan Kemang-kon?, karena saya ingin kE-mangkon jadi klasferbudi dayapepaya. Kaiangmoncol klasterpisang cavendish dan wilayahlainnya menjadi klaster produkyang berbeda," ujarnya.

Dengan adanya klaster, Ln-tur Bupati, maka permasala-han yang hiagga kini masihdialami petani sedikit banyakdapat teratasi. Budi daya akan

BAGIAN HI]\,IAS SETDA KABI.]PATEN PIJTTBAI-INGGA