kliping berita tanggal 27 november 2015

37
KLIPINGMEDIA BAGIN IIUII{A$ $I[DA II]RBAIJNOOA SUARA MERDEI(A JUMAT, 27 NOVEMBER 2015 Pandangan Salah tentang Politik Harus Diluruskan PURBALINGGA - Trerid Partisi pasi pemilih dari pemiluke pemitu tram- pir selalu menurun. Pandangan bahwa politik adalah kotor, menjadi salah satu penyebabnp dan harus diluruskan' Hal tersebut disampaikan dosen Ilmu Politik FISIP Unsoed Pwwokerto, Andi Ali Said Akbar, dalam Seminar Menuju Pilkada Purbalingga Yang Damai dan Bermartabat, yang digelar Forum Wartawan Pwbalirgga (FWP), Kamis (26111) di Operadon Room Graha Adiguna, Kompleks PendaPa Dipokusumo Purbalingga. "Perlu wacana bahwa setiaP kega- duhan potitik iebenamya bukan bersifat ' generik dari pernimpin atau wakil mky- at di Irdonesia. Banyakpemimpin yang baik- Peran oartai oolitik adalah meniu- ncutkan liembati tokoh-tokob sepeni Tri Rismaharini, Ridwan Kamil, atau Joko- wi, yang mampu menggugah kePerca- yaan masyarakat kepada pemimpin dan politilq" papamya. Selain tanggung jawab PenYeleng- gara pemilu dan masyarakat, untuk meningkatkan partisipasi pemilih juga membutuhkan peran dari Para calon pemimpin yang diusung. Masyarakat dia nilai telah jenuh dengan karakter pemimpin yang nor- matif atau biasa-biasa saja. Oleh karena itu, dibutuhkan calon pemimPin Yang hmpit beda dan menauarkan visi ntjsi berbeda. Oia juga meoYqloii kasus Politik uang yang semakin parah. Menuut dia, potitik uahg tidak ada berhubungan dengan kemiskinan. Andi mencontohlan, Pada 1955 jumlah orang miskin lebih banyak dibanding saat ini. TetaPi saal itu, tanpa politit uang, partisipasi pemiiih juga sangat tinggr. Sesuai Aturan Pemberi materi lain, Komisioner K?U Purbalingga Divisi Hukum dan Pencalonan, Sukhedi, mengatakan sejun ah rugas KPU Pubalingga telah dilaksanakan sesuai aturan. Dia meni.lai. pandanganmasyarakat teftadap pemilu di Purbalingga belum samPai Pada tahap apatis. "Memilih sangal Pendng. Meski- oun demikian di Tndonesia tidak ada atu- ian kewaiiban memilih aLau memiljh hanya sebatas hak. HaraPan dalam Pilkada kali ini adalah menghasilkan pemimpin yang berkualitas. Yaitu menang lerhormat dan Yang kalah berrnartabat, " katanya. Pembicara lain, Pemerhati budaya Purbalingga, Djoko Tri Winarso, mengatakan seorang pemimpin jangan sepetli akeh gltdug ktrang tklan atau banyak yang diomongkan atau dijan- jikan, tetapi realisasinya tidak ada. " Pemimpin sebaiknya benikap repi ing pamrih, rame ing gawe," qamYa- (H82-63) l] ^. r I i\ N Irl \I .\ S SI:.TD \ I'.\RLiP,\TEN PI IRB,\I-IN C,G.\

Upload: humas

Post on 24-Jul-2016

247 views

Category:

Documents


9 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

  • KLIPINGMEDIABAGIN IIUII{A$ $I[DA II]RBAIJNOOA

    SUARA MERDEI(AJUMAT, 27 NOVEMBER 2015

    Pandangan Salah tentangPolitik Harus Diluruskan

    PURBALINGGA - Trerid Partisipasi pemilih dari pemiluke pemitu tram-pir selalu menurun. Pandangan bahwapolitik adalah kotor, menjadi salah satupenyebabnp dan harus diluruskan'

    Hal tersebut disampaikan dosenIlmu Politik FISIP Unsoed Pwwokerto,Andi Ali Said Akbar, dalam SeminarMenuju Pilkada Purbalingga YangDamai dan Bermartabat, yang digelarForum Wartawan Pwbalirgga (FWP),Kamis (26111) di Operadon RoomGraha Adiguna, Kompleks PendaPaDipokusumo Purbalingga.

    "Perlu wacana bahwa setiaP kega-duhan potitik iebenamya bukan bersifat

    '

    generik dari pernimpin atau wakil mky-at di Irdonesia. Banyakpemimpin yangbaik- Peran oartai oolitik adalah meniu-ncutkan liembati tokoh-tokob sepeni TriRismaharini, Ridwan Kamil, atau Joko-wi, yang mampu menggugah kePerca-yaan masyarakat kepada pemimpin danpolitilq" papamya.

    Selain tanggung jawab PenYeleng-gara pemilu dan masyarakat, untukmeningkatkan partisipasi pemilih jugamembutuhkan peran dari Para calonpemimpin yang diusung.

    Masyarakat dia nilai telah jenuhdengan karakter pemimpin yang nor-matif atau biasa-biasa saja. Oleh karenaitu, dibutuhkan calon pemimPin Yanghmpit beda dan menauarkan visi ntjsiberbeda.

    Oia juga meoYqloii kasus Politikuang yang semakin parah. Menuut dia,potitik uahg tidak ada berhubungandengan kemiskinan.

    Andi mencontohlan, Pada 1955jumlah orang miskin lebih banyakdibanding saat ini. TetaPi saal itu, tanpapolitit uang, partisipasi pemiiih jugasangat tinggr.Sesuai Aturan

    Pemberi materi lain, KomisionerK?U Purbalingga Divisi Hukum danPencalonan, Sukhedi, mengatakansejun ah rugas KPU Pubalingga telahdilaksanakan sesuai aturan. Dia meni.lai.pandanganmasyarakat teftadap pemiludi Purbalingga belum samPai Padatahap apatis.

    "Memilih sangal Pendng. Meski-oun demikian di Tndonesia tidak ada atu-ian kewaiiban memilih aLau memiljhhanya sebatas hak. HaraPan dalamPilkada kali ini adalah menghasilkanpemimpin yang berkualitas. Yaitumenang lerhormat dan Yang kalahberrnartabat, " katanya.

    Pembicara lain, Pemerhati budayaPurbalingga, Djoko Tri Winarso,mengatakan seorang pemimpin jangansepetli akeh gltdug ktrang tklan ataubanyak yang diomongkan atau dijan-jikan, tetapi realisasinya tidak ada.

    " Pemimpin sebaiknya benikap repiing pamrih, rame ing gawe," qamYa-(H82-63)

    l] ^.

    r I i\ N Irl \I .\ S SI:.TD \ I'.\RLiP,\TEN PI IRB,\I-IN C,G.\

  • KTIPINGMEDIABAffAN IIUll{A$ $X[DA PIIIBAIII{OOA

    SUARA MERDEKA

    lsn Surat Suara Komisioner KPU Purbalingga Divisi

    o""'"'ri*t"*, 3"-" (Penghitsu) dan Media

    :",1*x;xmxil;H';:ffi'fl f;pii?t.l.t*"r",, sesuai perjanjian saatleq.g*ru,

    inl losistik pilkada yang kurang,t""#?"."r,iii-c r dan tinta DiharapkanI"f,""ri-"olt".u"t semua- logi st i k sudahterkumpul.'' kata dia (H82-bJ)

    ' KALIGONDANG - SebanYak 1.327lembar surat suara pemilihan kepala daerahtPitkada) Purbalingga yang rusak' dimus-nahkan di halaman Cedung KomisiPemilihan Umum (KPU) Purbal ingga'Kamis (26111). Pemusnahan dilakukan olehKetua KPU Purbalingga $ri WahYuni,Komisioner Panitia Pengawas Pemilu(Panwasld) Purbalingga Arto Wibowo, danKepala Polres Purbalingga Ajun KomisarisBesarAnom Setyadji.

    "setelah diPilah, kami menemukani.327 lembar ka u suara rusat. Kartu itukami musnahkan dengan cara dibakar agartidak disalahgunalan," kata Ketua KPUPurbalingga. Sri Wahluni.

    .Pemusnahan surat suafa itu mengacuDada Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2015Tentarrg Norma Slandar Prosedu KeburuhanPengidaan dan Pendistribusiao Perleng-kapan Penyelenggaraan Pemilihan Guber-nurA akil Gubemur, BupatiAVakil Bupatidan atau Wali Kota./Wakil WaIi Kou

    Pada pasal40 aya! ( I ) Peraluran KPU itu,disebutkan KPU Provinsi, kabupaten, ataukota mernusnahkan surat suara yang rusakdan surat suara yang melebihi kebutuhan'Ayat (2) perahrran yang sama menyebutkanbahwa pemusnahan dilakukan dengan disak-sikan oleh kepolisian negara dan PanwassetemPat.

    DIMUSNAHKAN : KeruaKPU Pur-ialinsPa Sri WahYuni' Komrstoner"i"

    r-\tr t, P u r b a Li n g ga, Afi o wi bote o'fi 1ltort" Polres Furbalingga AiunT,:;;;:r;;' Besar Anom setYadii-',**iiWrr" t rdt suardYang rusak'Kamis(26111)'(63)

    BAGIAN lItJlvl.A.S SETDA KAIIUPATEN PURBAI-IN(iG-\

  • SUARA MERDEKAJUMAT,2TNOVEMBER 2015

    PURBAUNG&A - Dinas Kebudayaan Pariwisata dengan sedikitnya enam curugatau air tsdun," ujamya.

    Pegiat Desa Wisata Tanalum,Taat Prianto, mengatakan,kegiatan temebut diharapkandapat mengangkat berbagaipoterlsi yang dimiliki desa wisafi.Efek yang diharapkan tenai pen-

    . ingkatan kunjungan wisatawan."Pengenalan potelsi ini

    sangat diperlukan untuk men-datangkan wisatawan," kata dia(K35-55)

    Pemuda dan Olahnga (Dinnudparpora)Purbalingga mengEenjot pronlosi desa wisata diwilayahnya" Bersama pegiat desa wisata,mereka menggelar "Fam Trip'guna lebihmengenal destinasi setempat.

    Kepala Bidang PariwiriltaDinbudp:upora Kabupaten Pur-balingg;r, Prayitno, mengaakrur,kegiatan tersebut merupakartravel ierket yang dikemasdalam trentuk FamiliarizationTrip (F'arn Trip). Pihaknya rner-gaku telah mengundang 30pesena dari berbagai birc wisJia.

    "Kegiatan ini diharapkafldapat meningkatkan prornosidesa rvisata yang kami darnpin-gi. Biro-biro yang diundangdiharapkan dapat mendatangk mrvisatau,tur," kata cli4 kemiuin.

    Dia rnenjelaskan, kegiatanyang digelar 28-29 Novernberitu dimulai dari Taman wisataPendidikan (TWP) PurbasariPancurclaras, Desa PurL'ayasatKecaflEt Padfitara Pafi bimwisata ini diajak untuk menik-mati wahana baru TWP Purba-sari Piucuranmas berupa Ple-uetaquarirm Toyosuka sebelunmengikuti perternuan tekuiskegiatar di orvabong Cotrage(objek rvisata air Bojongsari).

    Setelah pertemuan tekniskegiatan, lanjul Pmyitno, selu-

    nrh Eserta akan diajak menujuDe.ra Serang, Kecarmtan Ka-

    rangrej4 uhtuk rnenikmati kein-dahan desa wisata di-lerengtimur Gunung Slamet inr Usaimenilarnti keindahan agrowisa-ta Desa Serang, seluuh pesertaakan dibawa menuju DesaWisata Panusupan, KecamatanRembang, untuk menyaksikanberbagai kesenian tradisional.Pmentassn Kesenian

    'Di desa yang mengandalkandestiqasi Wana Tirta ini, parapeserta diajak menyaksikan

    .

    Dernentasan kesenian Dayakan'iulu dil*jr&-, a.ngan eksPlo-rasi Curug Pesantren dan men-genal peninggalan Purba WaruDandang, serta oUjek wisau reli-gi Ardi Lawet guna mengenalsejarah petilasan SYech JambuKafiE. Juga beberapa keralinanasli desa telsebut.

    "SelanjutnYa kami menge-nalkan Desa Tanalum diKecamatan Rembang. Desa inimemiliki Potensi wisata a.lam * i1_

    R.\GL\\ IIIJ\rAS SE'lD:\ K.lnIrPA I'1'l\ PLRB \I-I\GGA

  • -:

    (]on

    ts

    -a

    RAGIAN HlINIAS SETD,\ IiABt PAT!]\- PtIRB.\In\-GGA

  • SUARA MERDEKAJUMAI 27NOVEMBER2015

    Simrendes DiintensifkanPURBALINGGA - STMIK Widya Utama (SWII), melan-

    jutkan safari pendalaman materi Sistem Informasi ManajemenPerencanaan Desa (Simrendes) di hlbalingga. Kegiatan dilakukandi 25 desa di Kecamatan Bojongsari dan Bobonari. .

    Pada pendalamanmateri, kemarin SWU menugaskan tiga dosensenior untuk menjadi trainer. Mereka adalah Muh Sohii, WikaPubasari, dan Joko Pumomo. 'Training kali ini berjalan lancar,semuanya antusias. Saya berharap semua dapat beke{a optimaldemi perkembangan administrasi des4" hrtur Joko.

    Sistem Informasi Desa, adalah seperangkat alat dan prosespemanfaatan data dan informasi untuk mendulrrng pengelolaansumber daya berbasis komunitas di tingkat desa. 'Melalui pendala-mal ini, kami berharap ada upaya unnrk membuka cakawala, beta-pa penting peningkatan l,:ualitas sumber daya manusia dan pening-katan keterampilan di bidang informatika bagi aparatu pemerintah-an des4" papar Wika.Memperrnudah

    Sementara itu, Muh Sofiii, mengungkapkan kegiatan te$ebutuntuk melatih dan menyosialisasikan penggunaan Simrendes.Sistem ini untuk mempermudah perangkat desa dalam pembuatanRPJM, RKP, RAB, APBD Desa, laporan pertanggungjawaban, danproduk hukumnya-

    Kegiatan tersebut digelar SWU, 3 November -,{@sbmber,mendatrng diiloti perangkat desa di i6 PemerintaE_&iximatan diPubatinlga. Kegiatan pef,dampingan tersebu! se Jrgili rindaklanjulBimbingan Teknis @imtek) Sirnrendes yang telah dilaksanakan diHotel Moro Seneng, Baturraden, beberapa waktu lalu. (SinggihBriandokcfz,63)

    BA(;lr\N Ht'\Ir\S SETDA KARIiP{IE\ PLTRB.{II\GGA

  • KTIPINGMEDIABAGIN IIIII{AS SIIDA PIJRBAIil{OGA

    Radaf Banyffmali . Jumat Ktiwon 27 November 20.15

    ANi-APBT)ry

    Kami menilai saal ini Silpa yang dilencanakan kisaran Rp25 miliar masih wajar dibanding tahun 2Ol4 yang

    mencapai lebih darl Rp 100 miliar

    Tongat SHKetua DPRD Kabupaten

    Purbalingga

    TerkaitProyekyangThkTerealisasi

    Karena akan masuk men-jadi Sisa Lebih PerhitunganAnggaran (SILPA) dan nilaialokasi anggaran untul ke-giatan atauproyek di tahunsilanjutnya bisa lebih ting-gr.

    "Kami menilai saat iniSilpa yang direncanakankisaran Rp 25 miliar masihwajar dibanding tahun 20-14 yang rirencapai lebih.

    dari Rp I00 miliar," kataKetua DPRD KabupatenPurbalingga, Tongat SH,Kamis (26111).Meski demikian, pihak-

    nya meminta agar tahundepan kegiatanatauproyekdi satuan kerja di eksekutifbisa lebih awa[. Pengalamantahun- tahun sebelumnyalnng molor, menyebabkanrawan putus kontrak.

    PURBALINGGA - Ada-

    nya kegiatan menggunakananggaran APBD tahun2015 yang bemilai puluhanmiliar dan tidak terealisasitahun ini, dinilai rerapmembebani APBD tahunselanjutnya.

    'Adanya Silpa yang besarbiasanya sangat didominasioleh penyebab banyak pu-tus kontrak, gagal lelangdan kegiatan terlalu mepetakhir," ujarnya.

    lajarannya akan lebih me-macu dan mengawasi pe-laksanaan anggaran tahun2016. SKPD terkait yangmengelola proyek dimintaultuk mengedepankan le-

    lang kegiatan lebih dini.Namun meski harus cepat,bukan berarti asal-asalan-Menurut dia, untuk be-

    saran Silpa taahun 2015kemungkinah masih bisameningkat. Karena saat iniMPBD tahun 2016 masihdibahas. Namun iika adapenambahan tidak akansampai kisaran Rp 50 mi-liar. > ke hd 10

    t(

    =-

    R,\GI.\\ IJI i\l^S Sl;lD;\ K-\Bl;P.\TLN PIiRBALINCICA

  • I(ebut Pembahasanr $l1P[ tanah untuk pengemba-ngan iaringan daerah i-

    rigasi Slinga. Proyek se-nilai Rp 2Q.350.000.000ini tidak terlelang karenakegiatan penyusunaan se-jumlah dokumen adayangbelum selesai dilaksana-kan.

    Proyek lainnya yaitu pe-ngadaan tanah bagi pe-laksanaan pembangunanuntuk kepentingan umumsenilai Rp 1,79 milyar. Pe-ngadaan lahan itu sedi-anya untuk membuat ialanumum yang menghubung-kan Desa Pekiringan-Grantung, Kecamatan Ka-rangmoncol.

    Selainitu adapulaproyekpembangunan trotoar ru-as Jalan Jenderal Soedir-man sisi timur alun-alunsenilai Rp 1.783.873.000.'Proyek ini merupakanAPBD murni 2015 dangagal lelang, kemudiananggaran ditambahkanp ada APBD perubahan,namun karena waktu me-pet, Ielang ulang tidakjadidilakukan. (amr)

    Sambungan dari hal 7

    "Kami melalui Pansusyang ada juga sedang ma-raton mengebut Pemba-hasan agar RAPBD tahun20I6 bisa segera ditetap-kaan menjadi APBD pada30 Nopember menda-tang," tegasnya.

    Seperti diberitakan, Se-dikitnya ada delapan pro-yekyang gagal tereaalisasitahun 2015 ini, baik me=lalui APBD murni mau-pun APBD Perubahan ta-hun 2015.Rinciannya, dua dian-

    taranya masukAPBD mur-ni, sisanya masuk APBDPerubahan. Mbpetnyawaktu penger.iaan menjadialasan dan akhirnya pararekanan tidak bersediaikutlelang.

    Kepala Dinas.PekeriaanUmum (DPU) Purb a-tingga, Ir Sigit Subroto MTmenjelaskan, salah satumegaproyek yang tak ter-garap adalah pengadaan

    B,\GIA\ Hl I\{AS SETD.\ L{BLTPA-f DN Pl ItBAl.l\GG.\

  • KTIPINGNMDIABAflAN III]IIA$ $[MA PUIBAIT'IOGA

    Radaf BanyffmaS . Jumat Ktiwon 27 November 2015

    Hujan dan Angin

    PUBBALINGGA - Hujan di-sertai angin kencang melandawilavah Purbalingga, Kamis(zoli rl tot" mengakibatkantumbangnYa sejurnlah Pohon diberapa titik ialan Yang ada diPurbilingga. Tidak ada korbaniiwa dalam kejadian ini, namunakibat pohon tumbang arusialu-lintas sempat terganggucukuplama.. Pengendara motor asal-DesaGemuruh, SuPriyati (41) me-nqatakan, saat itu dia sedangm"elintas Ialan Wallik dan tiba-tiba beraPa Pohon di sisi ialarttumbang tumbang. Beruntung,saat itu dia berhasil mengeremkendaraanya. "Kaget langsungmotor sava rem. Posisi sayasekitar lima meter dari P('hontumban&'ujamYa.

    Yati juga mengatakan, saat ke-iadian amslalu-lintas cukup sepl'irlamun akibat Pohon tumban8,dia terpaksa harus memutar jdlanuntuk samPai ke rumah Pa-sahrva, $rnbangnya Pohon ter-sebut membuat ialan tidak bisadilaluipengendara. > ke hal10

    Perlu Ada Pemangkasanr Huian Iintas bisa kembali normaldan jalan ditatui para pe-

    ngendara.Priyo menambahkan, per-

    lu ada perampiagan dengancara memangkas pohon dijalan-jalan yang ada di pur-balingga. Pemangkasan di-lakukan unnrkmeminimalisirpohon tumbang saat hu.iandisertai angin. "Penguranganranting perlu dilatrukan ter-hadap pohon yang ada dipurbalingga," ungkapnya.

    Dia juga meminta kepadamasyarakat untuk berhati-hati saat hujan lebat disertaiangin terjadi. Ia memintamasyararakat agar berlin-dung terlebih dahulu ditempat yang aman saatangin disertai huian te{adi.fok/tya)

    Sambungan dari hal 7

    Kepala Pelaksana BadanPenanggulangan BencanaDaerah (BPBD) Purba-lingga, Pdyo Satmoko me-ngatakan, hujan disertaiangin rnengakibatkan be-rapa pohon tumbang diwilayah Purbalingga, yaknidi jalan Walik dan wilayahKembagan Kulon.

    "Tidak ada kerugian ka-rena tidak ada bangunanyant terkena pohon yangtumbang," jelasnya. BPBD,TNI, Polri dan masyarakatdengan alat seadanya lang-sung bergotong-royong un-tuk melakukan peangkasanpohon. Sehingga, arus lalu-

    R,\GI{N Hl,N'I,{S SF]TDA KABI ]P A.TEN PIiITB,\LING'i.A.

  • e!

  • KLIPINGMEDIABAOIN IIIIII{A$ SXMA PIJRBAI},IOOA

    Radaf BanyUma[i . Jumat Ktiwon 27 November 2ols

    -

    PURBIIIITGGA TI(SPBES _-Warga dan TNI GroPYok Tikus

    KEMANGKON - Puluhan masyarakat Desa Pe-s;ndekan. Kecanmatan Kernangkon dibantu TNI, bahu-il"*iJu

    -"rur.,lt r" gopyokit tikus, Kamis (26ll l)'Cropvokan dilakukan unnrk mendukung rercapainyas"r'alimbada panganlmg dicanangkan oleh pemerintah'

    Menunrt Daruamil Kemaqkoq Kapten tuh UntungBudiono disampingi Babinsa Desa Pegandekan SermaMargiono, gerakan gropyokan Likus ini merupalQnbaeiin dad u;haTNI-AD unnrkikur merxukseskanpro-gralm ketuhanan pangan. Dengan pembasmian hamar-it.us sebetum musiri ranam, diharapkan produksipertanian alan menir8kaL'

    "Densan demikian nriuan srasembada pangan Fngdiprodamkan pemerintah dapal tercapai," ujamya'oilam propyokan inl bukan hany" alat seperti caIlgl(ta* ton"*t riift'tq a- masyarakat menggunakan tabunggas ya;g dimodifikasi sena serbuk belerang untukmensusir hama tikus.

    Cai tersebut dilalq*an karena tebih efekifuntuk dalammengusir hama tikus. "Hama tikus sudah lemas saat asapbelerine masuk ke lubang sarang atau bau elipiji dan sem'burann"aoi. Tikus meniadi mudah ditangfup," jelasnln'

    Diame;iehskarL gopwtu"tt us ulut'alakukan secarat"ru,

    -"i"rr" tu.irpai hama ilkus berlquang dratis,sehingBa saat para petani melakukan musim tanamnuntiiiu, n"-i tit"is tidak menyerang dan merusaktanalTlan milik Petani.

    Dia berharap parla musim tana.m ini para petani bisamenghasillan hasi.lyang makimal. "T'l'il siap membanrupara"petani, baik d al'am proses pembibitan sampai panenLerlangsu-ng,' imbuhnya. (iok/adv)

    GROPYOK : PEtANigropyokan tikus.

    dibantu anggota TNI melakukan

    BACI,\\ IiLII,I.{S SETDA IiABTIP..\T[,N PL Rts.,\LINC,(iA

  • KTIPINGI!ffiDIABAOIN III]MAS $IMA PURBAIT'IOOA

    Radar Banyumas . Jumat Kliwon 27 November 2015

    L.S?TSuratSuaraRusakDim'-usnahkan

    PURBALINGGA - KomisiPemilihan r.rmum (KPU) Ka-bupaten Pubalingga memus-nahkan seluruh surat suaraPemilihan Kepala Daerah(Pilkada) Pu$alintga 2015 didepan Kantor KPU Purba-Iingga Kamis (26111).

    Sedikimya 1.327 suat suaraPilkada, dimusnahkan de-ngan cala dibakar Ketua KPUPurbalingga, Sri WahyuniAKS mengatakan, Pemus-nahan surat suam itumengacupada PKPU Nomor 6 Tahun

    2015, tentang Norma StandarProsedur Kebutuhan PenS-adaan dan PendistribusianPerlengkapan Penyeleng-garaan Pemilihan Gubemur/Wakil Gubemu, BupatiAVakilBupati, dan atau Walikota/Wakil Walikota.

    Dia menjelaskan, I.327 su-rat suara yang rusak teBebut,didapat dari penyortiran danpelipatan surat suara yangdilakukan KPU pekan lalu."Surat suara tersebut, di- 'musnahkan dengan cara di-

    bakar agar tidak disalahgu-nakan," l'elasn1a.

    Acara pemusnahan suratsuara tenebut, juga dihadirioleh anggota Panitia Pe-ngawas (Panwas) PilkadaPurbalingga Arto Wibowo .dan Kapolres PurbalingBaAKBP Anom SetFdii.

    Sri Wahl,uni menambah-kan, saat ini Ioliistik pilkadalang kr:rang tinggal formulirC1 dan tinta. Diharapkansebelum Desember semuatogistik sudah terkumpul

    Kemarin, KPU juga keda-tangan beberapa logistik}?nBakan digunakan dalam co-blosanP kada, yahri bantalancoblosan sebanyak 3.520,gembok sebanyak t.200 danpaku sebanyak6.516.

    Komisioner KPU Purba-lingga Divisi Logistik Su-darmadi menambahkan, ti-daksemua logistikmerupakanpengadaan baru, beberapadiantaranya masih meng-gunakan logistik Pileg danPilpres 1.ang masih bisa di-

    BAKAR : Ribuan surat suaracara dibakar.

    gu-nakan,Salah satunya adalah ko-

    tak suara dan bilik suara.Terkait surat suara yangrusak, KPU mengaku sudahmeminta penggantinyadari percetakan PT PuraBarutama Kudus. Surat su-ara yang diminta peng-

    . gantinya adalah sejumlahsurat suara rusak, yakni1.327 surat suara dan suratsuara yang kurang dalampengiriman sebanyak 60surat suara. (tya)

    rusak dimusnahkan dengan

    BAGIAN Hl iNI,\S SETDr\ KABL:PATEN PI E B.{INGC,\

  • KTIPINGMEDIABAOIN IIIIIAS $[1}A PIIIBAIil,{OOA

    Radar Banyum25 r Jumat Kliwon 27 November2o15

    DulungPilkada DamaiPERHELATAN Pemilihan

    KeDala Daerah (Pitkada)Bupati dan Wakil- BuPatiPurbalingga tinggal meng-hitr:ng hari. Suhu Politiklangmemanas harus bisa dlan-tisiDasi aqar tidak terjadioerielisihai.r d an konflik antar'oendukung dan Pasanganialon- > keMlo

    Masyarakat Harus MilildI(esadaran Tinggi

    r llulung oleh Ketua Pagu)'uban Pe-dagang Kaki-Lima (PKL)Kabupaten Purbalingga,Suharno. Elemen manaPundi masyarakat harus me-miliki kesadaran tinggi agaraiang pilkada tidak terco-reng hanya karena soalsepele.

    "Tidak semata tugas Pe-nyelenggara pemilu saja.Namun semua laPisan ma-svarakat termasuk kami diPkL Purbalinggai' ungkaPmantan Komisioner KPUPurbalingga ini.

    Untukmendukung Pilkadayang damai dan bermar-

    Sambungan dari halT

    Dukungan dari sem.ua Pi-hak untuk mewuiudkan Pil-kada yang damai dan ber-martabat sangat diPerlukan.

    Kondisi itu disadad betul

    tabat, maka langkah yangbisa ditempuh yaitu salingmenjaga diri selama taha-pan pilkada. Kemudian sa-ing menghormati baik pradan pasca Pilkada Purba-

    "Kalau pilkada bisa ber-langsung damai dan ber-

    -"nubui, toh akan berim-bas baik ke dunia usahatermasuk PKL. Bermartabatjuga bisa diwujudkan de-ngan menggunakan hakpilih masing- masing ketikahari pelaksanaan penco-blosan," tambah pria ber-kumis ini. (amr)

    BA.GI.LN IItiNl,\S SETDA KABI?.'\TEN PLRB.\LINCiGA

  • KTIPINGMEDIABAOIAN IIIII}{A$ $[IDA PUIBAIil{OGA

    tegasnya. > ke hal l0

    r lhsus tiawan ke Polres Purba-Iingga, Jumat (6/11) lalu.Mreka melaporkan dugaantindak pidana pelanggaranUU Informasi dan TransaksiElektronik (iTE).Mereka datang ke Ma-

    pohes Purbalingga setelahmendapat kuasa dari Suk-man Wahyono warga Ke-Iurahan Bojanegara, Ke-camatan Padamara. Selainitu juga dar uswono rr.argaDesa Jambu Desa, Keca-matar Karanganyar. '

    Keduanya merasa menda-pat ancaman dari pemilikakun fu cebookAgus Setiawan"Pada 26 Oktober 2015 se-kitar pulel 23:04 pemilik akun

    Agus Setiawan membuat sta-tus yang intinya ada kata-kata: khusus untuk saudaraSulorlan Wahyono dan I(rs-monoVino Baud saya tungguktarifi kasinya. Maaf uatuk ke-dua kalinya saya peringa&an,jangan sampai saya salahbunuh orang," ujar HappySunaryanto, ketua tim Ad-vokasi Sugeng-Sutjipto.

    Dua orang tersebut di atasmempakan pendukung dariPaslon Sugeng-Sutiipto,sedangkan Agus Setiawan,lanjut Happy, merupakankader salah satu partai yangmendukung Palson Tasdi-Dyah Hayuning Pratiwi.(tyu)

    Kasus fuicaman Via FBMasih Menggantung

    Polres Baru ProsesSetelah Pilkada

    PURBALINGGA - Kasusancaman oembunuhan me-lalui j ejariirg sosial facebook(FB), hingga kemarin masihmenggantun8. Polres Pur-balingga masih belum akanmenuntaskan kasus Per-nyataan ancaman pembu-nuhan yang disampaikanlewat media sosial FB, daritim Advokasi Hukum Pa-sangan Calon Bupati danWakil Bupati (Cabup-Ca-wabup) Sugeng-Sutiipto.

    Kasus tersebut, bakal di-tuntaskan setelah coblosan

    Pilkada Purbalingga 9 De-sember mendatang. "Kamitidak mau memperkeruhsuasana. Kami akan me-nyelesaikan kasus ini, se-telah Pilkada digelar. Yangielas akan kami tuntaskan,"Lata Kasat Reskrim PolresPurbalingga, AKP Diunae-di, Kamis (26111) kema-rin.

    Dia menjelaskan, Pihalalyajuga masih akan menungguhasil kajian dari altli bahasaterkait postingan yang di-duga ancaman di media so-sial Facebook "Setelah turunkaiiannya, pasti akan kamituntaskan kasus tersebut,"

    Perlu Dileji dengan SelaamaSambungan dari hal 7

    Untuk mendapatkan hasilkaiian, menurutnya mem-butuhkan waktu yang tidaksedikit. Sebab perlu dikajidengan seksama, apakahpostingan tersebut masuk keranah ancaman atau tidak."Kami tidak msu terburu-buru,' tandasnya.

    Seperti diberitakan se-belumnya, tim AdvokasiHukum Pasangan CalonBupati dan Wakil Bupati(Cabup-Cawabup) Sugeng-Sutiipto melaporkan pemilikakun facebook Agus Se-

    BAGI,\\ llli\l.A.S SE"IDA K,\Bf,PA IL,N PIiRBAIINGG,\

  • KLIPINGMEDIABAOIN IIUII{AS $I[TA PIJRBAIJNOOA

    Radar Banyumali . Jumat Kliwon 27 November 2015

    Belum satu Bulan, samsat PATEN Dibuka 2 November LaluHimpunPaiakRp 2l4Iuta u Belum

    PURBA.LINGGA - Belum satu bulan, Si$em Admi-nistrasi Manunggal Sam Atap Pelayanan AdministrasiTemadu Kecamiian (Samsal PATEN) Bukateja dibuka'

    N'amun Unit Pelayanan Pendapatan dan Pem-berda\aan Aset Daemh (uP3ADy Samsat Purbalinggaberhasil menghimpun dana pajak kendaraan bermotordari waiib paja& Rp 214.711.473. > kehdlo

    Sambungan dari hal 7

    Kepala UP3AD/SamsatPurbatingga Dwi RaharioCahvo B mengatakan, Sam-sat iATEN Bukateka dibukamulai 2 November lalu.

    "Ini luar biasa. Ternyatakeberadaan Samsat PAIENdi Kecamatan Bukateia,mendapatkan aPresiasi le-bih dari wajib Pajak," ujar-nva di sela-sela acara so-sialisasi Samsat PATEN diAula Kecamatan Bukateia,kamis (26111).

    Dia menjeladkan, kebe-ladaan Samsat PATEN diKecamatan Bukateja untukmempermudah waiib Pajakdi wilayah Kecamatan Bu-kateja dan sekitarnya, untukmembayar pajak kenda-raannya.

    "Jadi mereka tak Perlujauh-jauh ke Samsat Pusatdi Purbalingga Kotal' ujar-nya. Selain, mendekatkandid ke waiib pajak, adanyaSamsat PATEN di Keca-matan Bukateja, adaiah un-tuk mempermudah waiibpaiak membayar paiak ken-

    ANTUSIAS : Masyarakat antusias menyambut kehadiransamsat PATEN.

    daraan."Membayar pajak kenda-

    raan bermotor di SamsatPAIEN Bukateia lebih mu-dan dan cePat' Tak samPaidua menit Pelayanan sudahselesaii jelasnYa.

    Tak hanya melaYani wajibpaiak di wilayah KecamatanBukateja, wajib Paiak darikabupaten Baniarnegaradan Banyumas, iuga bisamemanfaatkan Samsat PA-TEN di Bukateia.

    "Warga Kecamatan Rakitdan Kkmpok di KabupatenBaniarnegara, serta wargadari Kecamatan SomagedeKabupaten Banyumas jugabisa memanfaatkan SamsatPATEN di Buuateia. Sebabiarak tempuh ke Samsat'PaTEN Bu-kateja, jauh tebihdekat dari pada ke KantorSamsat di Kabupaten ma-sing-masing/' jelasnYa.

    Dalam sosialisasi tersebut,iuga digelar sosialisasi ba-gaimana membayar Premlasuransi kecelakaan olehKantor Perwakilan Jasa Ra-harja Pur:wokerto dan TertibLatu Lintas oleh SatlantasPolres Purbalingga. (adv/tYa)

    B,\Gl,!\ HLr\lAS S[,TD-A KABIIP,\TEN Pf;RlJ.\LlN(iG,\

  • KLIPINGMEDIABAflAN IIIIII{A$ $flDA IIIIBAIil,IGGA

    PUNBAUIIGGIIIGPRTS-PemimPin dan Politik Tak

    SelamanYa KotorPURBALINGGA - Pandangan masyarakat umum

    rerkait ooljrik dan pemimpin di lingkat nasronariu-puii" daerah, masih cenderung menilat Koror'i,lillri iia"r. selamanya potitik iru kotor dan,"nn""*irunu^tsegeraililuruskan Tuiuannyaagarpi?i.6iiiii".,t ti aaiam pemilu dan sejcnisnva t'isa

    > ke hal 10optimal.

    GAYENG : Seminar Menuju Pilkada Purbalingga yangDamai dan Bermartabat berlangsung gayeng'

    BAG1.{Ni Htrl!'IAS SE-l DA KABIDATEN PITRSALINC(;A

  • 1-;=-

    Masyarakat Dinilai Ienuhr Pemimnin maharini, Ridwan Kamilatau Iokowi yang mampu

    menggugah kepercayaanmasyarakat kepada pemim-pin dan politik" uiamya.

    Selain tanggungjawab pe-nyelenggara Pemilu danmasyarakat, untuk mening-katkan partisipasi pemilihjuga membutuhkan perandari para calon pemimpinyang diusung. Masyarakatdinilai telah jenuh dengankarakter pemimpin yangnormatif atau biasa-biasasaja, oleh karena itu di-butuhkan calon pemippinyang tampil beda dan me-nawarkan visi misi yangberbeda.

    "Biasanya visi misi yangditawarkan dalamkampanyepaslon bersifat normatif.Seperti tidak ada pembedaantan visi misi pemimpinterdahulu denlan calon yangsekarang, ini yang iugamembuat masyankat apatispanisipasi dalam pesta de-mokasi;' katanya.

    Dia juga menyoroti kasuspolitik uang yang semakinparah, padahal tidak adahubunganya dengan kemis-kinan. Said mencontohkan,

    pada 1955 tentu lebih banyakorang miskin dari pada se-karang, namun tanpa politikuang, padisipasi pemilih jugasangat tinggi.Komisioner KPU Purba-

    lingga Divisi Hukum danPencalonan, Sukhedi me-nyampaikan, sejumlah tugasKPU Purbalingga telah dila-ksanakan sesuai dengan anr-ran- Ia menilai, pairdanganmasyarakat terhadap pemiludi Purbalingga betum sampaipadatahap apatis.

    "Betapa pentingnya me-milih, meskipun di Indone-sia tidak ada aturan ke-wajiban memilih atau me-milih hanya sebatas hak.Yang diharapkan dalam Pil-kada kali ini adatah meng-hasilkaa pemimpin yangberkualitas, yaitu menangterhormat dan yang kalahbermartabat" jelasnya.

    Pemerhati budaya Pur-balingga, Djoko Tri Winarsomengatakan seorang pe-mimpin nantinya janganseperti akeh gludug kurangudan. Artinya banyak yangdiomongkan atau diian-jikan, namun realisasinyatidak ada. (amr/adv)

    Sambungan dari hal 7

    "Masih ada anggapan se-bagian besar orang jikapolitik itu kotor. Ini me-nyebabkan ketika pemiluada yang acuh dan pemilihmeniadi kurang tertarik,apalagi pemilih pemula,"kata dosen Ilmu Politik FISIPUnsoed Purwokerto, AndiA.li Said Aktrar.

    Hal itu dia ungkapkan diSeminar Menuiu PilkadaPurbalingga yang Damai danBermartabat di OperationRoom Graha Adiguta, Kom-plek Pendapa DipokusumoPurbalingga yang digelar olehForum Wartawan Purba-lingga (rwP), Kamis izelr r).

    Dia m;n ai, adanya kon-tuk dan kegaduhan politiktak selamanya mencermin-kan pemimpin atau wakilrakyat selalu sama kotomya.Pemimpin yang baik jugabanyak dan bisa membuk-tikan tidak kotor meski diu-sung partai politik

    "Peran partai politik ada-lah memunculkan kembalitokoh-tokoh seperti Tri Ris-

    BAGId\ HI]\{.\S SETDA KABTTP{f F]\ PI]RI}!\I-INGGA

  • KTIPINGMEDIABAOIN IIII{AS $IMA flIIBAIT{OOA

    Radar Banyrmas r Jumat Kliwon 27 November 2015

    LongsorAncamRumahWarga

    BOBOTSARI - Huianyang turun selama semingguterakhit mulai menimbul-kan longsoran dan mengan-cam pemukiman warga. Ru-mah Maryati (65), WargaRT 03/05 Duluh Karanglo,Desa Banjarsad yang be-rada di tepi tebing, terkenalongsoran tanah.

    Beruntung Iongsoran ti-dak mengakibatkan keru-sakan parah. Namun diakhawatir pergerakan tanahbisa kembali terjadi bila

    LONGSOR:longsoa yang

    Warga dibanlu TNI menyingkirkan materialmengenai rumah warga Dukuh Karanglo,

    huran lebat kembali turun.Maryati mengatakan, lo-

    ngsoran kecil saat hujanturun memang sering ter-jadi. Namun hujan Rabusore membuat tebing disamping rumahnya longsorcukup besar. "KhawatL bila

    huian turun besar danlong-sor kembali teriadi dan le-bih besar," ujarnya.

    Danramil Bobotsad L?pten^CAJ Purwanto mengatakan,longsoran dan pergerakantanah sudah te{adi dalambeupa hari ini. > kehallo

    Persis di Bawah Tebingr longso] tersebut meruPakan kom-nitmen TNI untuk mem-

    bantu masyarakat.Dandimiugamemberikan

    bantuan kePada korban."Pemberian bantuan inimerupalan kewajiban anakke orangrua. Sebagai bentukbakti dari anakke orangtua.Suami, Maryati meruPakanpensiunan tentara Yangpernah mengabdi ke ne-gara," ujarya,

    Kepala Petaksana BadanPenanggulangan Bencana(BPBD) Purbalingga, PriyoSatmoko menielaskan, se-cara kerugian materil long-sor tersebut tidak ada karenalongsor tidak mengenai ba-ngunan. "Namun memangmengancam karena lokasirumah yang dekat dengantebing," imbuhnYa. (iok)

    Sambungan dari hal 7

    Letakrumah Yang Pe$is dibawah tebing setinggi 4meter mengancam rumahteISebut.

    Menurut Purwanto, untukmengantisipasi longsorantetadi, TNI, Polri, dan ma-syarakat diterjunkan gunamengantisipasi Iongsoranug"t tiduk kembali reriadi."Semoga longsoran ataupergerakan tanah tidak lagiterjadi setelah dilakukankerja baldi ini," ungkapnlz.

    Dandim 0702 Purbaling-ga, Letkol Kav Dedi Saftudinsaat menijau lokasi longsormengatakan, TNI sePenuh-nya siap memtJantu danturunke lokasi bencana. Hal

    BAGI.\N IIt:N{:\S SETDA K.{BLrP:\TEN PIIRBALIN(}GA

  • KLIPINGIIMDIABA0IN IIt]Ir{A$ $flDA IURBAII{C,0A

    RadarBanYrmas . Jumat Kliwon 27 November2015

    Club CV PurbayasaTurunlcan Tim Terhaik

    BOIONGSARI - Pelatih clubsepak bola CV Purbayasa,Sutasnan, menurunkan timterbailrrya guna bertanding diIGpolsek cup Bojongsari, me-lawan PS Rencana, Desa Ta-lagenin8, Kecamatan Bobot-sari, Kamis (26i r1). "Kitaturunkan yang terbaik dansiap menjunjung iiwa spor-tivitas dalampertandiryankaliini;' ujamF.

    Selain menurunkan tim lo-kal, dia jugamendatangkanPe-main nasional, yakni Valen-

    _

    tino Telaubun dari Pe6iba Ba-lilgapan, IrL&a Gunawan dadPersipon Pontianak dan Mu-hamed Zoubairu asal Nigeriadari club Persinga Nganjuk

    Penurunan pemain tersebutguna menunjukan keseriusandari tim CV Purbayasa unrukberkompetisi di babak Pe-rempat final KaPolsek Bo-iongsari cup.

    Kehadiran para Pemainnasional ini, ,uga bertuiuanuntuk meningkatlal sema-ngat mas,'arakat unurk datangdan menyaksikan Pertan-d.ingan sepak bola. Den8anbegitu, minat maslarakat dan

    generasimudaterhadaP sePakbola akan beftambah dannantinya bisa melahirkanpemain sepak bola yang Pm-fesional.

    Sutarman menielaskan, Pa.r-tisipasi iniiuga selGligus untukmemeriahkan pergelaran se-pakbola. Sehingga, bisa me-micu generasi muda untuklebih menyukai olahraga se- .pakbola "liwa sportivitas, dankeseriusan tim ingin kitanrniukanke masyarakati' tam-bahnya.

    KapoLes Puba.Iingga, AKBPAnom Srtyadii SIK, melaluiIGpolsek BoionSsari, AKP TriAryo mengatakan, dalam Per-tandingan Kapolsek cuP iniada 16 tim yang ikut me-ramaikan pertandingan' Saatini kompetisi sudah mema-suki babak perempat final.

    "Saat ini baru peremPat fi-nal. Final rencanYa digelar 1Desember mendatan&" uiar-nF. Dia berharap kompetisiini bisa menga-jarkan iiwasportfitas masya-rakat. Diaberharap agar bibit-bibitpemain profesional bisa mun-iul di Pubalinssa. (iok/opl)

    --\\---=--.-=---./

    R \GI,\N HI]\IAS SE'f DA I.I,\BT]P.\']'F-N PLIRB'\LINCGA

  • --u=-'n-r)-

    NASIoNAL : Seiumlah pemain nasional didat.ngkan untuk menunjukkan keseriusan tim cv

    il;;H"ril-if ;ilffi"'i'"i ai u"u"i pt*tp"t fi'nal Kapolsek Bolonssari cup'

    ffiI,,,;1"td'$,i##"ffif,,ftsangatminim 0857263E4495 J

    ,)NN

    RAGIA\ HLI\{AS SIl.l1)A L,\BLiPA'l El\ PLrT{BALIN(i(;.\

  • KLIPINGMEDIABAflAN IIUil{A$ SIIDA PINBAIJI'IOOA

    HARIAN BJumat, 27 November 2015

    1,327 Surat Suara Rusak

    PURBALINGGA. KomisiPemilihan Umum (KPU)

    Purbalingga, Kamis (26/11)memusnahkan surat suaraPilbup yang rusak. Hingga

    akhir tahap penyortiran danpelipatan surat suara kemarin,didapati ada 1.327 yang tidak

    layak atau rusak.

    tuhan. Di samping jtu dalam ayat 2 jugadisebutkan bahwa pemusnahan suratsuara dilakukan dengan disaksikan Polrisetempat, dan Panwaslu kabupaten.

    Pemusnahan kemarin disaksikan jugaKapolres AKBP Anom Setyadji SIK, dananggota Panwaslu Divisi Pencegahan danHubungan Antarlembaga, Arto Wibowo.,"Jumlah surat suara yang rusak di sinitergolong sedikit dibandingkan jumlahDPT. Dengan demikian pemusnahan ber-jalan singkat dan tidak membutuhkAnwaktu lama untuk meminta pengganti-nya," imbuhnyi.

    Semenhra, anggota KPU Purbalingga.Divisi Logistilq Sudarmadi SIP mengatakan,hingga kemarin masih ada sejumlah logis-tik yg belum datang, di antannya formulirdan tinta.'Alas coblos hari ini datang,sebenamya sudah ada sejak lama, cumasaya tahan karena ruangan KPU sudahtidak muat, dan menunggu logistik yanglain dikirim ke PPK,"jelas Sudarmadi.

    lumlah surat suara yang disiapkanpada Pilkada 2015 ini ada sebanyak756.823 lembar Angka tersebut berasaldarijumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT)ditambah 2,50/o dari jumlah DPT per TPS."Kamijuga menyiapkan 2.000 surat suaracadangan untuk antisipasi PemungutanSuara Ulang (PSU), namun tidak ikutdilipat saat ini. Mudah-mudahan tidakterDakai," ungkapnya. (msos)

    etua KPU, Sri Wahyuni AKSmenjelaskan, sebanyak 1.327surat suam yang rusak itu lang-sung dimusnahkan dengan cara

    dibakar. "Kamijuga sudah berkirim suratpenggantian ke percetakaan dan men-erima penggantinya dari PT Pura Kudus,"kata Yuni kemarin. l

    lvlenurut dia, pemusnahan ini sengajadilakukan agar tidak disalahgunakanorang Iain, baik untuk menjiplak ataupundigunakan menambah suara. Hal inises-uai dengan amanah Peraturan KPU Nomor6 Tahun 2015 Pasal 40 tentang NormaStandar, Prosedur, Kebutuhan, Pengadaandan Pendistribusian Perlengkapan Pe-nyelenggaran Pilkada. Disebutkan dalamPasal 40 ayat l bahwa KPU lakukan pe-musnahan surat suara yanq rusak dansurat suara yang melebihijumlah kebu-

    t!--

    BAGI.LN IIUN'IAS SETDA KAI}UPAI'EN PIIRB,A.I,INCGA

  • -,-{-------

    DIBAKAR: Ketua KPU bersama Kapolresmembakar surat suara Pilbup Purbalingga yangrusak setelah dilakukan penyortiran.

    RA(;1.\N tu'\{,\S SETD.\ I\.\BI iP.\TrN Pt ItB.\l,lN(;(i\

  • t, _,,: r. !1,,,.:., ,

    PURBALI GGA - DPC PDIP PuTba|ing-ga menyiirgakan 3.284 personel SatgasAntipolitik Uang yang ditugaskan untukmengantisipasi pelanqgaran dilakukanlawan politik menjelang pemungutansuara Pilbup, 9 Desember. "Satgasantipolitik uang kami tempatkan di se-luruh ranting PDIP di 239 desa. Di mas-ing-masing desa terdapat 16 personel,"kata Sekretaris DPC PDIP, HR BambaagIrawan SH, Rabu (25111),

    Disebutkan, latar belakang pemben-tukan satgas ini sebagai upaya untuk

    KTIPINGMEDIABAOIAN IIUll{A$ $flDA PURBIIil{OOA

    HARIAN BA}.TYIJMASJumat, 27 November 2075

    PDIP Rekrut 4.284 PersonelSatgas Antipolitik Uang

    berasal dari kade[ fungsinoaris partaidan juga masyarakat yang mendukungkami,'ujarnya.

    Bambang berkeinginan agar PilkadaPurbalingga bisa berjalan dengan kuali-tas yang baik. Adanya politik uang dikha-watirkan akan menodai proses demokrasiyang sedang dilaksanakan saat ini.Menurutnya, konsekuensi hukum yangberat bisa terjadi apabila ada pmktik

    ii-,,,, oolitik uang dalam Pilkada "PemberidanHR Bambang penerima politik uang bisa dijent huku-lrawan man," kata Ketua Tim Kampanye Tasdi

    pemenangan pasangan calon H Tasdi SH Ml4 - Dyah - l-lwi tersebut. Sudah saatnya masyarakat memilihHayuning Prati,,yi SE Econ (Tasdi - liwi) yang di- figur bupati dan wakil bupati yang berkualitas, bu-usung parpol tecebut bersama sejumlah parpol kan memilih hanya karena iming-iming. Satgas anti'koalisi. Pihaknya mengantisipasi lawan politik mulai politik uang diinstruksikan untuk sigap dan mengan'melakukan berbagai upaya untuk meraih keme- tisipasi berbagai kemungkinan di lapangan."Kaminangan. satdas akan bertugas pada masa tenang akan memberi hadiah kepada masyarakat ataumenielang pencoblosan. Rencananya Satgas Anti- personel satgas yang berhasil menangkap tanganpolitik Uang juga menggelar apel akbar saat kam- - pelaku praktik kotor itu agar Pilkada berjalan jujurpanye Tasdi - Iwi, Sabtu (5/11). "Personelsatgas dan adil tanpa politik uang. (p0

    Pemimpin Ha rus BeraniTamPil BedaPURBALI GGA - Selain tanggung jawab penye-ienooara pemilu dan peran masyarakat, untukme-ninokatkan oartisipasi pemilih juga membu-tuhka; kreativitas darl pard calon pemimpin yangrliusuno. Masvarakat dinilai telah jenuh dengantaraktjr oemimpin yang normatif atau biasa-biasasaia, sehingga dibutuhkan calon pemimpin yang

    tampil Uedi dan menawarkan visi - misi yangbaru.

    Hal tersebut disampaikan dosen FISIP tJnsoed,Andi Ali said dalam papamnya di Seminar ManujuPurbalinqga yang Damai dan Bermartabat di OReraha Adiquna, Kompleks Pendopo Dipokusumo,Kamis (26711). "Biasanya visi - misi yang ditawar-kan dalam kampanye bersifat normative, sepertitidak ada Dembeda antara visi - misl pemimpinterdahulu dengan calon yang sekarang' Ini yangiuoa membuai masyarakat apatis partisipasiia-lam oesta dernokrasi," kata Andi dalam acarayang diselenggarakan oleh Forum wartawan Pur-balingga ini,

    Iiirengamati, trend partisipasi pemilih darioemilu ke oemilu hampir selalu menurun Pan-danoan bahwa politik adalah hal yang kotor harusdilui:skan. Perlu adanya wacana bahwa setiapt

  • KTIPINGI!ffiDIABAOIN IIUII{A$ $X[DA IIIRBAIil'IOOA

    HARIAN BlurnaL 27 November 2015

    R.\(lI,\\ II T\{ AS SI]'f I )A KABI]PATFN PI RBALINGG.\

  • HARIAN BANYTJMASJumat, 27 Novehber 2015

    KEPALA Samsat Dwi Rahardjo dan Kepala Jasa RahardjaMuhario mengamati pelayanan petugas di Samsat PatenBukateja, Kamis (26/1 1).

    Samsat Paten Mulai Operasional

    ]]ARMASISMNE TWOFJ(AR EF XOEGROHO

    B\(il \N ut'UAS S[]'tr)\ K \r3l [.\TE\ I'I RlJ.\].l\(i(i \

  • HARIAN B.rumat, 27 November 2075

    Pengurus Korpri Harus Lebih lnovatifr Tingkatkan LayananPURBALINGGA- lvlantan pengurus Korp PegawaiRepublik Indonesia (Korpri), Sudino mengaku,kinerja pengurus Korpri saat ini sudah semakinbagus. l,4eski demikian, jajaran pengUrus haruslebih inovatif agar keberadaan organisasi bagipegawai negeri sipil (PNS) ini semakin dirasakanmanfaatnya oleh anggota.

    Inisiator dibangunnya Gedung KorpriPurbalingga ini, juga berharap jiwakorsa antaranggota Korpri perlu terusditingkatkan. Dengan solidaritas dankebersamaan yang semakin tinggi, Sudino yakin,ke depan organisasi Korpri dapat tumbuh menjadiorganisasi yang lebih besar.

    "Kebersamaan dan solidaritas sesama anggotaperlu lebih ditingkatkan. Bisa dengan kegiatan-kegiatan pembinaan antar kelompok atau unitkerja. Atau memperbanyak kegiatan sosial yangmelibatkan anqqota dan penqurus," ujar sudinosaat menerima kunjungan anjangsana pengurusKorpri dan Dharma Wanita Persatuan (DWP)Kabupaten Purbalingga di kediamannya, Kamis(26/tt).

    Sementara Tenaga Kesejahteraan Sosial (TKS)oada Panti Rehabilitasi Narkoba Nurul lkhsan Alislami Karangsari, fecamdtan xaliiilattah, ohiyaWisnu Sejati berharap, anggota Korpri mampumenjadi anutan masyarakat dalam berbagai hal.Termasuk dalam upaya mencegah penyalahgunaannarkoba di lingkungannya.

    "Anggota Korpri minimal ikut menjagakeluarganya dari bahaya penyalahgunaah narkobaiKarena selain faktor lingkungan, pasien yangterkena narkoba juga akibat kurangnya perhatiandan kasih sayang dari keluarga," katanya.

    Peringati HUTSekretaris Korpri Imam Pujianto menuturkan,

    kegiatan anjangsana merupakan rangkaiankegiatan dalam rangka memperingati HUT Ke-44Korpri tingkat Kabupaten Purbalingga, Kegiatantersebut dimaksudkan untuk bersilaturahmidengan sejumlah mantan ketua dan pengurusKorpri. "Sekaligus memberikan tali asih sebagaiungkapan rasa terima kasih atas jasa-jasa yangtelah dilakukan dalam membesarkan DPC Korpri,"jelasnya.

    Anjangsana.dilakukan kepada keluarga Subenodan Sudino, Selain itu juga ke Pondok PesantrenPutri Raudlatul Qur?n Kelurbhan Penambongandan Panti Rehabilitasi Narkoba Nurul lkhsan AlIslami Desa Karangsari, Kalimanah.

    Selain anjangsana, lanjut Imam Pujianto,pada hari yang sama juga dilaksanakan lombapengucapan Panca Prasetya Korpri tingkatKabupaten Purballngga di Gedung Graha Srikandi.Lomba yang diikuti perwakilan PNS dijajaranpemkab berhasll memilih tiga juara, yakni Juara IRumiyatundari SMP Negeri 1 l'lrebet, Juara II EviYulianti Dinas Pendapatan Pengeloia Keuangan danAset daerah (DPPKAD), dan Juara III Nur Azizahdari Bagian Tata Pemerintahan Setda Purbaliigga.

    Rencananya, Jumat (27/11) pagi ini akandilaksanakan kegiatan senam sehat bersamadi halaman Pendapa Dipokusumo. Pada acaraitu, disediakan sejumlah doorprbe dan ratusan.mangkok sroto yang akan dihidangkan usai senambersama.

    Puncak acara peringatan HUT Ke-44 Korpriakan dilaksanakan upacara pada Senin (30/11) dihalaman Pendapa Dipokusumo. (pt.06)

    NARMA9PFAY]'INO

    SALAH satu peserta Lomba Pengucap Panca Prasetya Korpri di Gedung Graha Srikandi, Kamis (26/11).

    BAGIAN HLT\{,lS SETD.A. KABT]P.{TEN P{ IRI]AI,I\(;GA

  • KLIPINGMEDIABAOIN IIUll{A$ SXIDA PURBAIT{OGA

    HARIAN BANYUMASturnat, 27 November 2075 '' "r " 't1""-'" "

    Dinbud parpora I nventarisasiMakam Bersejarah

    MAKAM Mbah Nurtasim di Desa Kalimanah Kulon, KecamatanKalimanah merupakan makam salah satu tokoh Babad Kalimanah.

    PURBAUNGGA- Setiap desabiasanya memiliki makamtokoh yang bersejarah, baikmerupakan punden atau tokohcikal bakal desa ataupun makamtokoh yang dipercayai memilikisifat kewalian.

    Dinas KebudayaanPariwisata, Pemuda dan0lah Raga (Dinbudparpora)tahun ini menginventarisasiseluruh makam tersebut untukdijadikan himpunan catatansejarah Kabupaten Purbalingga,termasuk toponimi dan sejarahpetilasan.

    Kepala Seksi Sejarahdan Benda PurbakalaDinbudparpora Rien Anggraenimenjelaskan, saat ini pihaknyatengah merancang agar setiapmakam, petilasan, atau asal-usul suatu wilayah dirancangmenjadi tulisan dan nantinyaakan dibuat menjadi buku.

    "Untuk membuat buku ini kamimelibatkan beberaPa tokohdari organisasi MasyarakatSejarawan Indonesia (MSl)Komisariat Purbalingga, HumasSetda, serta memberdayakansejumlah u/artawan setemPat,"kata Rien kePada Harmas,Kamis (25lI1).

    100 Titik SitusPihaknya telah menyiaPkan

    sejumlah 100 titik situs Yangakan dimuat dalam bukuini. Untuk makam, misalnyaMakam Dipokusumo (DesaKedungbenda), lYakam MahdumCahyana (Grantung), MakamAdipati onje (Onje), 14akamAdipati Wilah (Karangiambe),Makam Mbah lempo (Jompo),dan lainlain.

    LJlasan setiap situs Yang adabukan sepenuhnya merupakansejarah, namun demikian setiaP

    uiasantersebut meruPakankhasanah cerita rakyat setemPat'

    "setelah dibuat menjadibuku, nantinya buku ini bisa.limanfaatkan oleh siapa Pun, baik

    masyarakat, akademisi, atauPUn

    ouru-quru sejarah,' katanya'DilamPing itu, sejumlah

    catatan situs Yang ada, kedepannya bisa dijadikan acuanuntuk ditetaPkan sebagarbenda cagar budaya "Ini akanmenvadarkan masyarakat bahwatem;at tersebut Perlu dilindungikarena memiliki seiarah Sebabserinqkali ditemukan bendaseiar;h vang berubah kondisi,atau diaiihfunssikan," k.tfil|".)

    BA(iIAN HLA{AS SEI'DA KABTIP,{T[,N PURBAI,INGGA

  • TNI untuk membantumasyarakat.

    Dalam kesempatatersebut, Dandim jugamemberikan bantuan

    . kepada korban. "Pemberianbantuan ini merupakankewaiiban anak ke orangtua. 6ebagai bentuk baktidari anak ke orang tua'Suami Maryati merupakanoensiunan tentara yangpernah mengabdi Padanegara," katanya'

    KePala Pelaksana BadanPenanggulangan BencanaDaerah (BPBD) PriyoSatmokd menjelaskan,secara kerugian materil,tidak ada, karena longsortidak mengenai bangunan'"Namun memangmengancam, karena lokasirumah Yanq dekat denqantebing," katanya. (mso5{6}

    ly.Ifl lysyg'JHllf; ::i1',3.tli1 "i"-n"t ijit tong"or, terjadi, baru-baru rnl

    B{GIA]\J IILI,\'IAS SETDA KABUP,A.TEN PTTRBAIINC,{iA

  • KTIPINGMEDIABAflAl{ IIIIII{A$ $MDA PI]RBAIilOOA

    HARIAN B,unat, 27 November 2015

    Longsor Nyaris

    BOBOTSARI.Longsor akibat

    hujan Yangterjadi selama

    sepekan terakhir, 'mengancam dan

    nyaris menimbunPermukiman

    warga, Pergerakantanah bisa kembali

    terjadi bila hujanlebat kembali

    mengaku cemas. Rumahmiliknya Yang beradadi tepi tebing terkenaIonqsoran tanah,Ber-untung longsoran tidakmengakibatkan kerusakanoarah. Namun, dia'khawatir, pergerakan tanahblsa kembali teriadi bilahujan lebat kembali turun'

    .Maryati mengatakan,longsoran kecil saathujan turun memangsering terjadi. Namun,huian kemarin Rabu soremembuat tebinq di samPingrumahnya longsor cukuPbesar, "Khawatir bila huiantuiun besar dan longsorkembali terjadi dan leblhbesar," katanya'

    Danramil BobotsariKapten CAJ Purwantomenoatakan, Iongsorandan [ergerakan tanah

    sudah terjadi dalamberapa hari ini. Letakrumah Yang Persis dibawah tebing seiinggi 4meter mengancam rumahtersebut.

    TNl, Polri, danmasyarakat diterjunkanguna mengantisiPasllongsoran agar tidakkembali terjadi. "Semogalonosoran atau Pergerakantan;h tidak lagi terjadisetelah dilakukan kerjabakti ini," katanya.

    siaP BantuDandim 0702

    Purbalingga Letkol Kav DediSafrudin saat meniniaulokasi longsor mengatakan,TNI sepenuhnya siapmembantu dan turun kelokasi bencana Hal tersebutmerupakan komitmen

    turun.

    lnvlrl 1eS1,salah satuwarga RT

    .03/05 DukuhKaranglo, Desa Banjarsari

    -\\_

    .*-.----.-..-..---,-'-

    RA(iIAN HI]M,A.S SETD.A. KABI]PATEN PL]RBALIN(X;A

  • KLIPINGMEDIABAOIN III]II{AS $[IDA PI]RBAIJI'IOOA

    HARIAN Blumat, 27 November 2075

    SMKN 1 Kejobong KembangkanMobil Listrik

    puiElr-iucel - Kreativitas"i.,^,, t'rrusan Teknologi Kendaraan"o"oi"irxtl

    sMK Negeri 1 Kejobong'

    l'i:: I ru:,U;",:l; ;.1TT,1'llil;: Ii-efotah prnggiran, mereka mamp!--66r:n'ano sebuah mobil Yang oruEr'

    i:r)::r*,:;y;;it;:,'#-: r l:[:.i"1."^""lltiir. vans oitimpan di dalami=jilii

    "i,'iil" "ottt'ai dicharse penuh'

    ,"*,fl?:iUi:;:'i:ll,i#il'iT;,'.sanoat sederhana BEC ini digarap

    ^toi nara siswa dari lurusan IKK

    iirtaiawat bulan luli lalu Dan.untuK

    ffi :ffiT# :rffi lLii: #'lJiL T'*-x"lobonq

    ketlka ditemui di sela-selair..nirisi slln/lln/suK dan Kearlaniiiul *"s diselenggarakan oleh Dinas

    tT:lli: I jtsti' ffi : i8'J*'j'#:ll"'Dariono, Rabu (25/11)

    xeoiatan ekshibisi Yang drouKa .oten e-enlatat auPatie*' Y]i:Hltisendiri diikuti 56 sekolah' balK.>r'rA/MA/sMK neqeri maupun swasE."'PurOalinqa Di sini' dipamefl(an,

    ii:rill:l ll'*1,'l:: 3i,',1:li: "i"'lill,iil, ii jr."" oitrtup lumat (27l11)lo""j"i o,ft"r 14 OO WIB oleh.Kadinas;;n.l-i.likan Tri Gunawan Setyadr'

    iaiiabat Buoati Budi wibowo dan

    l:1,::''*'.'.',lil3ll:l,Il :iiiiil';iiulit.uiiu'tut tu*u sMKN.1. Kelobons'

    ;:fl ;#,*:.i"1ll"iLlE'-l;,0',.0.,iL't'iu

    ""1i" u*tt Kami berharap Dinas

    ii".lloll.i.iti memfasilitasi.untukpi.vi-rp,t"*" mobil listrik ini"' ujarBudi Wibowo'

    l;l#fitH*.{,"[J*,i:* ,E::i;;:i$;;; i*bans D-esa Timbansselama ini dkenal sebagal

    scrrt'o

    nrodusen singkong .,].":[':?.[ili #i !llii'i[ ou'"'u''unn

    menimoan enerqi listrik' Setiap baterai

    -"riii[it"r*t-t" u'us 12 volt' "Ada"'i"li irii"w*g aisunakan' iadi

    total

    Ilhi"" "irt +e

    itlt Untuk shocbreaker)lli" ."rorn belakang kami gunakaninT.-runa"n," ti'Put Faiz Mukoro' guru,,,rrt* ifi

    '7ang membimbing sisrranya

    'belaiar membuat mobil listrk lnr'6iava membuat mobil listrlk lnl'

    r."iri"i'",' ttnni' np 12 juta' Dan setelah

    diuiicoba, setelah empat baterai dichargeoenuh, bisa dijalankan untuk waktu!rpuiiur, d;ngan kecepatan 40-60 km/iam.

    "Yano ielas, mobil listrik yang kamit

  • oa^tF

    *e-i(!o _19

    J()(IYr!c@FQo

    d.1O-ot6(!]E}'Et!q

    ohi.o9=SUiiu-6.od",!uJrc0!+o=

    *85E 6F 9J.;U} H.9

    l! xvO tr>=9a

    a5

    -l---

  • KTIPING MEDIABAffN IIU[{A$ $I[DA PIIIBAIT,IOOA

    "KEDAUL.ATAN RAI(YAT"

    JUMAT KLWON,27 NOVEMBER 2Ot5

    Surat Suara Rrcak DibakarPITRBALINGGA (I(R) - Seilikitnva 1.527 lembar kartu

    suara Pemilihaa Bupati (Pilbup) Purbalingga dibakar cli kom-pleks Gedung lGmisi Pemiliharr Umum Purbalingga, Kamisiz6ltl). K..t,

    "r.rru itu dimusnablal karena rusak

    "Setelah disortir, kami menemul

  • KTIPINGMEDIABAOIN IIUIIA$ $[IDA PIflBAIT{OGA

    l^aoou'-tmN RarYlr"

    JUMAT KLIWON, 27 NOVEMBER 2015( 14 SAPAR 1949 )

    Cabup Deklarasikan Taat PaiakPIEBAf.INGGA (m) - Ihra pasangan ca-

    lon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Purba-lingga mendeklarasikan Purbalingga taat pa-iak. Deklarasi tersebut ditaldai dengar penan-datanganan oleh kedua paslon pada papa:l d+klarasi taat pajak, cli kantor Pajak Pratama(KPP) Purbalingga, Rabu (25111).

    Penanilatanganan paslon nomor satu cliwa-kili oleh calon bupati Tbsdi SH MM, sedanekanpaslon nomor dua oleh calon wakiL bupati Su-ipto SH. Deklarasi disaksikan Ketua l(ornisiPemiliuan Umr.rm Daerah (KPIID) Sri Wahyu-ni, I&tua Panitia Pengawas (Panwas) Dewi Pa-lupi dan Bupati Purbalingga yang fiwakiliAsisten Administrasi, Gunarto.

    Kepala Kantor Pajak Pratama (KPP) Pur-bahnlsa, Yehezkiil M Tiranda menuturkan,cleklardsi uatuk ineagrtrgatkan para paslonagar menpunyai tana$mgjalvab atas pengelo'laan pajak- Juga meningkatkan kepah:haa pa-iak eerta sebagai upaya merintis keda sama-antara

    Di$en Pajak dengan Pemlab Purba-lingga.

    'semakin besar pajak yang ilikr:mpuJkanalan berdampal pada makin besamya sisi pe-nerimaan APBD,'ttutur Yehezkiel.

    Data Di{en Perimbangal IGuangan Daerah(DJKPD), Kementerian Keuaagan menyebut-kan, APBD Purbalingga T[hun 2015 mencapaiRp 1,467 triliun. Dana itu ilari ilana transfer

    Demerintah pusat Rp 895,39 miliar atau 6[oersen dari total APBD. Pendapatan asli da-erah (PAD) sebesar Rp 180.2 mfiar atau 12,3persen ilan pendapatan lain-lain sebesar Rp392,27 mfiar atau 26,? Persen.

    Asisten Adminiitrasi, Gunarto menyebut-kan, hingga saat ini kontribusi PAD Purbaling-ea trrbadlap pembiayaan pembangunan dan["r,yel"ngguraao pe-erintahan di KabupatenitiUafingga masih tecil. Pembiayaar sebagianbesar masih bersumber dari pernerintah pusatmelalui dana perimbangan dan dana alokasikhusus (DAK).

    "Dengan ailarya deklarasi Purbalingga taatuaiah oieh kedua paslon akan berpengaruh po-

    "Utif t".hud"p p"o"rimaan pajak. Setidaknya

    pada program pasangan calon alan iliselipkanupaya peningkatan sektor pendapatan APBDpaild masa ke4anya, terutama peningkatanoaiak daerah," ujamYa.' binas Pengelolaan Pendapatan Keuangandar Aset Daerah (DPPKAD) Purbalngga me-matok target penerimaan Pajak buEri dan ba-neunan oerdesaan/perkotaan (PBB-P2) tahun2615 sebesar Rp 14,103 miliar. Sektor perdesa-an sebesar Rp 6,012miliar dan sektor perko-taan sebesar Rp 8,090 miliar. Seilangkan datadari I(PP Pratama untuk target penerimaanpajak sebesar Rp 548,425 miliar, PPh OP sebe-sarBp 4,8 mfiar. (Bus)-c

    RAGIAN Hl ;]\'IAS SETDA L\BLiP.A.TEN PI]RB-'U,IN(;{;A

  • KTIPING MEDIABAOIN III]II{AS $flDA PURBAIT{OOA

    SATELITPOST

    JUMAI KLIWON,27 NOVEMBER 20I5

    Budaya DemokrasiBelum Mengakar

    PURBALINCGA, SATELITPOST-Bu-daya demokrasi yant belum- mengakarkuat bisa meniadi penyebab keruduPanL".a"otot usit"t teiaian dengan nilai-nilai demokrasi itu sendiri Dalamkonteks oemilu, lemahnYa budaYademokrasi berPotmsi menodai pr.osesberdemokrasi, sehingga meniad'kanoilkada meniadi tidak bermartabat' HrI ir,i disamPaikan Dosen Ilmuf'otitli. fut ltut Uinu Sosial dan PolitikUnsoed, Andi AIi Said Akbar pacla se.minar bertaiuk Menuiu Pilkada Damaia* S"t-u;uUut di Ciala edigum OP-

    eration Room, Kami s(26/ 11) " Adangaio"luti a"-ottuti, yang Pertama nilaidemotrasi, kedua iistem demokr-asi'dan ketig,a budaya demokrasr' uarlt"tle*yul Uuauyi demokra-si menjadiyan! rirembututuhkan waktu Parmgiama." kata dia.

    Komisioner KPU bidang HukumSrtt

    "ai rn"ttg"trLan, Pilkada Purba-

    Iineea seiauh ini berialan dengan oamata #'u".ti,uttuuu t. Menurutnya,- setiaptahaDan mulai dari persiaPan hmggaoenielmgqaraan berialan sesuai regu-i"rf ';Suvl"^"ngruirit pilkada berjalan

    &i-ean bermartabat Kalau damai' iriil";iiiu-** a""gan aParat -Penegak;;'k;:l;"d,

    '"1#a beiada di bawah

    ;;;;; i.;;-. *, Pilkada saya Yakinaman," uiar dra'.- pi^".iiuti ura"va Pu$alingga' Djo-ko Tri Wlnarso yang iuga meniadr Perftri.r.u me.sata'kan seorang Penu'nPm"""f,niri-ir""g"" seper ti Akeh cl u d ug'il,iii-riioi ut^"'banYak Yang di-omonikan atau dijaniikan' namun rea-iri*l""ri tiJ"ii ial "i'emimpin sebaik-nuu

    -i,*ifU "U.up "

    epi ing Pqfinh' tameiig gawe," $amYa'lga

    B,\Gl.d\ HUir,lAS SETDA X-{BLIP.\f EN PIIRBAI-I.,'GCA

  • KTIPING MEDIABAflAN IIU[{A$ $[MA PI]XBAIT,IOOA

    SATETJTPOSTJUIIIAT KLIWON,

    27 NOVEMBER 2OI5

    Segera, Survei Pengadaan TaksipunselhlcbA,sntglrrPosr-Di-nas Perhubungan Komunikasi danInformatika (Dhlubkominfo) Pur-balingga siap memulai studi kelayalanpmgadaan taksi di wilayah setempat.DinI ubkominJo akan menggelar sur-vei kepada masyarakat pengtuna

    angkutan."lsi dari kuesioner ini bukan lagi

    masalah mendukung tidak mendu-kung adanya taksi di Purbalingga, danjumlah armada yang dibutuhkan.kuisioner lebih menekankan padafrekuensi warga Purbalingga dalammenggunalan jasa taksi," kata Aii p,Konsultan Pelalcsana dari PT TrikarsaBuwana Persada Gemilang saat mem-berikan Papa-ran Pendahulua-n StudiKetayakan Pengadaan Ta}.si di pur-balingga, di Aula Dinhubkominfo,

    I Bersambung ke hal 1'lII eri hEI 4Segera, Survei minal Bobotsari, dar Temi- sudah bellangsung lama,

    nal Bukateja. Bahkansejumlahrapat sudah"Respcnden lairurya diambil dilakukan bersama unsur

    di Perumahan Karangsentul, terkait termasuk dengan or-Wirasana Penambongary ftE- ganisasi pengusaha ang-balngga Weanserta Koupleks kutan (organda).pertoloan dan alun-alm Pur- "Banyak masyaratat Pur-balingga,"katanya. balinggayangkesulitanmen-

    Kepala Dinhubkominfo dapatkan angkutan ketikaKabupaten Purbalingga, Yo- sudah petang atau malam,nathan Eko Nugroho, me- "katanya. Kondisi tersebutngakui desakan masyarakat dinilainya karena angkutanpengguna jasa argkutan agar kota hanya beroperasi sam-Purbalingga memiliki taksi pai pukul 17.00. (rar)

    PengadaanKamls (26/11).

    Survei penyebarar kuisi-oner untuk mendapatkanresponden akan dimulai pe-kan depan. Suruei ini nan-tinya akan dilakukan di se-jumlah titik yang dianggaptepat seperti RSUD GoethengTarunadibrata, RSU Nirmal4Terminal Purbalingga, Ter-

    BAGIA}i I]UT,l.\S SETDA XABUPATI'N PURBALIN(iGA

  • KTIPINGMEDIABAOIN IIUI}{A$ $[IDA PUIBAIil{OOA

    SATELITP'SSTJUMAr KLlwoN,27 NOVEMBER 2015

    s0s0l(Pelajar Bisa Lawan Narkoba

    seiat< tahun 2012 sampai de- kader yang terbenhrk men-nsan mirqzu kedua Novem- iadi role mode atau Per-u8iiriri fia", *ti-narkoba contohan bagi pelajar yangiinJii'petaiu, SMP-SMA lain TJanthya, kata dia' me-van"s didenhik oleh BNNK rcka bisa meniadi kelomPoki'urbalingga sudalr mencapai rekan sebaya. dalam meme-490 oranE. rangi Narkoba KelomPok

    "tasail06 dan 108 Ln- rekan sebaya ini meruPal(andane-Undane Nomor 35 Ta- kata kunci dari kader dthun"2009 ten"tang Narkotika tinSkat pelaiar'-?'ilil a".*-"3^u"rt *- 'xAnaklanai< SMP dan SMAJm-'r"n*"t"i kader anti- itu cenderung lebih percayanarkdba ii kalangan pelajar. kepada rekan sebayanya'"Mereka berpartGipfsi rire- uja-r Awani;k;il ;;;'y" Peicegahan Alumli. FlStl Unsoed jnidan Pem6er'antasan P'enya- mempersi lakan siapa pun. pe-Iahsuraan dal Peredaran laiar yang bermrnat men aolGeIap Narkoba (P4CN)," kader anti-narkoba "5rlakan,,r,. i*r". bisa menghubungi call center-'r.,o.Jnato. faa"r BNNK kami di 085643366422 ataup,iii-"ri"i?i-ni ir"'harap, 081225043611, " ujar dia (gus)

    Dandim Bantu Korban Longsordampak longsor yang te4adi seharisebelumnya.

    Rumah Maryati yang berada diDuluh Karanglo, RT 3 RW 5 DesaBanjarsari pada Rabu (25 / 11) kema-

    r Bersambung ke hai 11

    AWAN PRATAMAKonsetor Rehabilitasi BNNKPubalingga

    a Y#ftfl'iffi*T;fa. a- N-lotika Na-sional Kabupaten (BNNK)Purbalingga, mengatakan,

    BOBOTSARI, SATELITPOST-Ko-dim 0702,/ Purbalingga menggelarkarya bakti di Desa BanjarsariKecamatan Bobotsari, Kamis (26,/11). Karya bakti dilaksanalan di'rumah Maryati (65), warga ter-

    I Darl hal 4DandimBantu

    Korbanrin sore terdamPak longsoryang berasal dari tebing disamping rumahnya- Meskitidak menimbulkan kerusa-kan yang berartirumunmem-buat keluarga Maryati ke-

    takutan. Maryati khawatirlongsor yang lebih besar ba-kal terjadi karena intensitashujah masih tinggi.

    Dandim 0702 Purbalingga,Letkol Kav Dedi SalrudinmengatakanJNl siap mem-bantu dan turun ke lokasibencana. "Komitmen kami

    TNI akan selalu melayanimasyarakal yang membu-tuhkan,"katanya, saat me-ninjau lokasi longsor.

    Selain membantu mamber-sihkan bekas longsoran, padakesernpatan itu Dandim ,ugamenrberikan banhun sernbakokepada keluarga Maryati. (rad

    R.\GIAN HT JMAS SF,TDA i'-.\BLiPATEN PIIRB,.\LINGGA

  • SartrllrP,i;sr JUA,IAI KLIWON,27 NOVEMBER 2OI5

    SATETIPOSI/EUDAL AFGHANIKETUA KPU Purbalingga dan Kapolres Purbalingga memusnahkan surat suara yang rusakdi halaman Kantor KPU Purbalingga, Kamis (26/11).

    KPU Bakar 7.327 SuratSuara Rusak

    PURBALINGGA, SAIELITPOST-KomisiPernilihan Umum (KPU) Kabupaten Pur-balir-rgga memusnaikan 1.327 surat suarayang rusak di halaman kantor, Kamis (26l11). Pemusnahan dilakulan dengan caradibakar yang disalsikan Kapolres Purba-lhgga dan angtota Panwaslu KabupatenPurbalingga.

    Pemusnahan surat suara yang rusaksesuai dengan ketentuan Peraturan KPUnomor 6 Tahun 2015 pasal40 ayat (1). Pada

    .peraturan ini, KPU diwaiibkan memus-flahkan surat suara ydng dinyatakan rusakdan kelebihan surat suara dari jumlah yangdibutuhkan dengan disaksikan kepolisiansetempat dan juga Parwaslu. "Dalam halini, kami membakarnya menggunakantong," kata Ketua KPU Purbalingga, SriWahyrrni.

    Yuni mengatakan, kerusakkan keba-

    KPU Bakar1.327 Surat

    nyakan karena gambar Padasurat suara buram. Sebagaigantirya, KPU meminta gan-tinya ke percetakan yang di-

    I Bersambung ke hal 1'lhmiuk sebagai pencetak suratsuara. "I(PU zudah mengirimberita acaranya dan sudah me.ngarnbil surat suara luri Rabu .kemarin (25lii)," ujar dia.

    Selain meminta garti un-tuk surat suara yang rusak,KPU iuga memhta surat su-

    ara untuk menutup keku- dan penyortiran, surat sudraranean dari iumlih yang selanjutnya akan dikemasdibrituhkan. fikurangan su: untuk setiaP TPS Di Pur-.it ruuru vans dim"aksud balingga ada 1629 TPS dan\rrLni sebanva[ 60 lembar. masing-masing memi]iki ium-lTadi sekaratte iumlahnya tah DPT yang berbeda "Pe'.irduh n"nup," -ri* d iu. ngesetansuratsuara dilaklkan

    Setei;h setesai peliPatan petugas PPK," kata dia (gan)

    BAGIA\ HTT\{.\S SETD.,\KABT'P1'IEN PTlRB.'\I,]NCCA

  • SATELITPSST l.lumnr KuvtroN,I zz Novevrarn zots

    PI,JRBALINGGA" SATELTT-POST-Pangkalan Udara (La-nud) Wirasaba di Desa Wira-saba, Kecamatan Kemangkonakan menggelar \4rirasaba AirShow dan Ekspo 2015, Jumathingga Minggu (27-29 /11).Acara yang rutin digelar setiaptahun ini akan dimerial cartatraksi Jupiter Aerobatic Team.

    Komandan Lanud Wira-saba, Letkol Nav Toni STmengatakan, event ini digelaruntuk mengenalkan kebe-radaan Lanud Wirasaba ke-pada masyarakat. Selain itu,acara irf iuga sebagai upayamenumbuhkan rasa cintakedilgantaraan. "Pembinaankedirgantaraan penting agarmasyarakat khususnya ge-nerasi muda mengenal danmencintai be$agai hal tentangkedirgantaraan " kata dia.

    Rangkaian acara yang ba-kal dihelat antara lain Dy-

    Untuk anak-anak, Lanudjuga menggelar lomba me-wamai bagi anak PAUD danTK. Lomba diarahlan padatema keditgantaraan. Hara-pannya, anak-anak bisa me-ngenal lebih dini tentangkedirgantaraan.

    Untuk para pelaku usaha

    mikro kecil dan menengah,Lanud Wirasaba juga menye-lenggarakan ekspo usahakreatif. Panitia telah menyi-apkan stand-stand untukpara pengusaha. "Untukyang memiliki hobi fotografi,karni iuga mengadakan lom-ba fotografi," kata dia.

    Kegiatan ini akan diawalidengan upacara di ApronLanud Wirasaba had Jumat(27,/11). Komandan Lanud

    U/irasaba Aji Showdan Elcspo 2015:Juplter Aerobatic Team Bakal

    Mengudara di PurbalingEa!tPembin-aan

    kedirgantaraan pentingagar masyarakat

    khususnya generasimuda mengenal dan

    mencintai berbagai haltentang

    kedirgantaraan.qq

    narric Showyang terdiri dariaksi akrobat udara dad Jupi-ter Aerobatic Team, DFamicPegasus Team, joy flight, danterjun payung free fall- Selainitu iuga ada static show be-rupa pameran pesawat TNIAU, trike, aeromodeling, danparamotor.

    LETKOL NAVTONI STKomandan Lanud Wirasaba

    Wirasiba akan b-ertugas se-Dagal rnspektur upacata.Upacara rencananva akandihadiri pimpinan dierah se-Barlingmascakeb dan Ko-mandan Pangkalan UdaraAdi Sucipto Yogyakarta. "U-pacara pembukaar kami jugamengundang Danlanal Cila-cap dan kepala daerah se-Barlingrnascakeb dan sekitar-iya," ljat dia. ([email protected])

    B-\aiI lr\- III'\'1.{S SIl f i),\ KABITP:\TE\ Pf IRDALIN(i(i.\