kliping berita tanggal 29 juli 2015

58
!r? ffiYa rai ! trr!?\., I v 6 qa.r!ra_ir rr1!H, i-, i! rrj-/ll ll t \J Lt ,-Ltv Ll L BAGIAI{ IIII[{A$ $III)A IIIIXAI,NCilA SUARA MERDEI$ RABU,29JULI2O15 Thsdi- Tiwi Daftar Pertama PURBALINGGA - Pa- sangan Calon Bupati (Cabup) - Calon Wakil Bupati (Carvabup) Purbalingga Tasdi - Dyah llayu- ning ?ratiwi (Tiwi), menjadi pendaftar pertama ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga, pada hari terakhir peodaftaran, Selasa (28f). Pasangan ini mengklaim diusung sembilan parpol yang tergabung Koalisi Bersama Membangun Purbalingga (KBMP). Keduanya tiba di KPUpukul. 14.00, diantar kader Partai Demokrasi Indonesia Pe{uang- an (PDIP) dan kader partai pen- gusung lainnya yang teryabung dalam koalisi. Mereka berang- kat menggunakan inobil dari GOR Mahesajenar, usai Rapat Ke{a Cabang Khusus (Rakerc- absus) PDIP Purbalingga. Di Kantor KPU rcmbongan disarn- but oleh musik kenthongan. Ketua Pemenangan Pilkada KBMP, Bambang Irawan me- ngatakan pihaknya akan berge- rak untuk menyosialisasikan pasangan telsebut ke masyarakat dan memenangkannya. Dia menargetkan pasangan itu me- nang dan mampu meraup suara 80persen. "Dengan keria keras semua pihak dan mesin partai, baik PDIPmaupun partai pendukung, tidak mustahil target itu terca- pai," kata Seketaris Drc PDIP Purbalingga itu. Mendapat Rekomendasi Tasdi-Tiwi mendapat reko- mendasi dari DPP PDIP untuk maju dalam pilkada Purbalingga M EN DAFTAR : P asan gan Cabup-Ctrwabup Tasdi-Tiwi, disambttt kenthongan ketika tiba di KPU Purbalingga untak mendaftar ikut Pilkada Purbalingga, kemarin. (fi) SM/Ryan Bachman kali ini. Pasangan ini juga didukung oleh Paitai Gerindra, PKS, PAN, Partai Nasdem, Partai Hanura, dan Partai Demo- krat. Dua partai bermasalah, yaitu Partai Golkar versi Agung Laksono dan PPP versi Gus Romy juga nampak hadir saat pendaftaran pasangan ini. "Kami memproses sembilan partai. Yang sudah selesai lim4 PDIP, Gerindra, PKS, PAN dan Nasdem yang sudah ditandatan- gani oleh masing-masing ketua umum. Empat partai ada surat pemyataan yang isinya masih dalam proses, yaitu Hanura, PPP, Golkar, dan Demokrat. Pemya- taan itu diserahkan ke KPU," katanya. Tasdi memulai karir poli- tiknya sejak 1999 sebagai ang- gota DPRD Purbalingga dari PDIP, kemudian menjadi ketua DPRD dua periode dan menjadi wakil bupati Purbalingga sejak Juni 2014, menggantikan Su- kento yang naik jabatan iadi bupati. Adapun Tiwi, saat ini ter- catat sebagai pegawai salah satu BUMN. Dia merupakan anak pertama dari mantan bupati Purbalingga dua periode TriyG no Budi Sasongko. Sementara itu, hingga pen- daftaran ditutup pukul 16.00 belum ada pasangan lain yang mendaftar. Tetapi beredar kabar, bahwa petahana Sukento Rido Mafiaen&ianto akan maju kem- bali bersama Aman U@liyudin. Saat berita ini dituts, keduanya tengah menggelar rapat tertutup di kantor DPD Partai Gotkar bersama pengurus Partai Golkar versi Aburizat Bakie, pengurus PPP versi Djan Faridz, dan pengurus PKB. (H82-63)

Upload: humas

Post on 22-Jul-2016

251 views

Category:

Documents


12 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Page 1: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

!r? ffiYa rai ! trr!?\., Iv 6 qa.r!ra_ir rr1!H, i-, i!rrj-/ll ll t \J Lt ,-Ltv Ll L

BAGIAI{ IIII[{A$ $III)A IIIIXAI,NCilA

SUARA MERDEI$RABU,29JULI2O15

Thsdi- Tiwi Daftar PertamaPURBALINGGA - Pa-

sangan Calon Bupati (Cabup) -Calon Wakil Bupati (Carvabup)Purbalingga Tasdi - Dyah llayu-ning ?ratiwi (Tiwi), menjadipendaftar pertama ke KantorKomisi Pemilihan Umum(KPU) Purbalingga, pada hariterakhir peodaftaran, Selasa(28f). Pasangan ini mengklaimdiusung sembilan parpol yangtergabung Koalisi BersamaMembangun Purbalingga(KBMP).

Keduanya tiba di KPUpukul.14.00, diantar kader PartaiDemokrasi Indonesia Pe{uang-an (PDIP) dan kader partai pen-gusung lainnya yang teryabungdalam koalisi. Mereka berang-kat menggunakan inobil dariGOR Mahesajenar, usai RapatKe{a Cabang Khusus (Rakerc-absus) PDIP Purbalingga. DiKantor KPU rcmbongan disarn-but oleh musik kenthongan.

Ketua Pemenangan PilkadaKBMP, Bambang Irawan me-ngatakan pihaknya akan berge-rak untuk menyosialisasikanpasangan telsebut ke masyarakatdan memenangkannya. Diamenargetkan pasangan itu me-nang dan mampu meraup suara80persen.

"Dengan keria keras semuapihak dan mesin partai, baikPDIPmaupun partai pendukung,tidak mustahil target itu terca-pai," kata Seketaris Drc PDIPPurbalingga itu.Mendapat Rekomendasi

Tasdi-Tiwi mendapat reko-mendasi dari DPP PDIP untukmaju dalam pilkada Purbalingga

M EN DAFTAR : P asan gan Cabup-Ctrwabup Tasdi-Tiwi,disambttt kenthongan ketika tiba di KPU Purbalinggauntak mendaftar ikut Pilkada Purbalingga, kemarin. (fi)

SM/Ryan Bachman

kali ini. Pasangan ini jugadidukung oleh Paitai Gerindra,PKS, PAN, Partai Nasdem,Partai Hanura, dan Partai Demo-krat. Dua partai bermasalah,yaitu Partai Golkar versi AgungLaksono dan PPP versi GusRomy juga nampak hadir saatpendaftaran pasangan ini.

"Kami memproses sembilanpartai. Yang sudah selesai lim4PDIP, Gerindra, PKS, PAN danNasdem yang sudah ditandatan-gani oleh masing-masing ketuaumum. Empat partai ada suratpemyataan yang isinya masihdalam proses, yaitu Hanura, PPP,Golkar, dan Demokrat. Pemya-taan itu diserahkan ke KPU,"katanya.

Tasdi memulai karir poli-tiknya sejak 1999 sebagai ang-gota DPRD Purbalingga dariPDIP, kemudian menjadi ketua

DPRD dua periode dan menjadiwakil bupati Purbalingga sejakJuni 2014, menggantikan Su-kento yang naik jabatan iadibupati. Adapun Tiwi, saat ini ter-catat sebagai pegawai salah satuBUMN. Dia merupakan anakpertama dari mantan bupatiPurbalingga dua periode TriyGno Budi Sasongko.

Sementara itu, hingga pen-daftaran ditutup pukul 16.00belum ada pasangan lain yangmendaftar. Tetapi beredar kabar,bahwa petahana Sukento RidoMafiaen&ianto akan maju kem-bali bersama Aman [email protected] berita ini dituts, keduanyatengah menggelar rapat tertutupdi kantor DPD Partai Gotkarbersama pengurus Partai Golkarversi Aburizat Bakie, pengurusPPP versi Djan Faridz, danpengurus PKB. (H82-63)

Page 2: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

?t? !1t!Il?r.l t FFrrT;1rrr. ri ir !\i La,.L,tu Y L

BAffIN I{IIIIAX $[TDA PI]RBATI}'IOOA

SUARARABU,29JULI2O15

il

,PemudaPe1

lopor Dinilai Juri Provinsil,l

fl:l

I

PURBALINGGA - Tigapemuda pelopor dari Purba-lingga, dinilai oleh tim juridari Provinsi Jawa Tengah.Mereka adalah Ega Firgia-wan Anggita (bidang pen-didikan), Siti Rofiah (bidangsosial, budaya, pariwisatadan bela negara); dan Mare-tha Ramadani (bidang pang-an).

Kepala Seksi PemudaDinbudparpora Purbalingga,Bangun Idanto mengung-kapkan, untuk nominator EgaFirgiawan, bergerak dalamkegiatan Gubug Pintar.

"Ega memberikan moti-vasi terhadap siswa-siswa didesa, untuk meraih cita-cita,seperti menjadi doker, polisiatau TNI. Ega mengajak

teman-temannya yang yangtelah sukses menekuni pro-fesinya, dalam memberikanmotivasi tersebut," katanya.

Adaprn Siti Rofiah yangberprofesi sebagai guru pe-ngabdian, memiliki sanggartari Sapu Jagad.

Siti juga pemah menciptakan kreasi tari BatikLimbasari, tarian tentangbatik dari Desa LimbasariKecamatan Bobosari.Guhrg Plntar

"Dia juga menciptakanTari Indel Gula atau tariantentang penyadap gula kela-pa. Adapun Maretha Rama-dani, sebagai pelaku UMKMyang memproduksi coklatrempah Radenta," kataBangun.

Sementara itu, penilaianGubug Pintar di Desa Soka-negara, Kecamatan Kejo-bong berjalan lancar.

"Gubug pintar adalahkegiatan bertema pendidik-an, bertujuan mengaktivasipemuda desa, agar mauberperan positif pada lingk-Lrngannya, khususnya diDesa Sokanegara, " kata Ega-

Tujuan lain dari Gubugpintar, lanjut Egam adalahuntuk membuat anak-anakdesa mampu bermimpi danbercita-cita tinggi, tidakkalah dengan orang di perko-taan.

Hasil dari Gubug Pintarterlihat dari keaktifan pemu-da desa Sokanegara, untukmau bergerak membangun

desa, di antaranya dalamkegiatan Ramadan dan pem-bangunan Taman Baca Ma-syarakat serta Rurnah Pemu-da sebagai besecamp bagigerakan pemuda.

Penjurian dilakukan duadosen dari Universitas Ne-geri Semarang. (Unnes) danPGRI. Mereka didampingiperwakilan Dinas Kebu-

-aayaan, Pariwisata, Pemuda,dan Olah Raga dan perwaki-lan Dinas Pendidikan Kabu-paten Purbalingga.

"Luar biasa potensi didesa ini. Ke depan, semogaGubug Pintar tidak hanyaberkiprah dahsyat di DesaSokanegara, tetapi juga didesa-desa lainnya," tuturEga. (Fl0{3)

Page 3: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

TtT Ytl?a ].a{ ! ,.I-rnr Ig ! ! +!! !.--l ! i iij! +. -' :: glll-Lrl-t t-t t\J Llll-llJll L

BA(IIA}{ IIUI}{A$ $ITI)A PIIBAII}{OOA

SUANA MERDEKA

RABU,29JULI2O15

PNS DiingattanNetraldalam Pillcada

_ PUnaaUfCCn - pelaksana Tugas(Plt) Bupati Purbatingga, Budi Wbdwomengingat€n jE.aran pegawai negeri sdl dl

Penegasan tersebut disampaikan BudiWibowo, ketika apel pagi jajaran PNSPurbalingga di halaman PendapaDipokusurno, Selasa (2M).

"Telah ada komitmen bahwa PNSnetral. l\rlari terus jaga netralitas dalampelaksanaan pilkada nanti. PNS tetap profe-sionai dalam pelalGanaan tugas, " katanya.

Pelal€anaan apel pagi t!.Eebut seba-gai perkenalan didnya msniadi Ph BupaliPurbalingga, sekaiigus menandai secararesmi kesiapannya dalam melaksanakantugasErsebut

Budi mengungkapkan penugasandirinya juga untuk mdngawal pelal€anaanpilkada serentak 2015, 9 Desember men-daEng.Waiib tl,lenfGilita€{

Dia berharap pilkada di Purbalinggatidak ada peEoajan diantaraPNs. Da men-gajakjdaran PNS, unttk membangun kon-disi kondusif, agar pilkada dapat berjalanbaik dan lancar:

PNS sebagai aparatur sipil negara,wajib ikut memfasilitasi pilkada, ,nelaluisosialisasi dan edukasi kepada masya-

jaiaran Pemkab Purbalingga,-unluk netaldalam pelaksanaan pilkada serentak IDesernber rnendahrE.

rakat. Harapannya, masyarakat mampumemilih kbpala daerah dengan pemikiranyang benar-benar rasional. "Siapa punbupati dan wakil bupati terpilih, itu adalahkehendak yang l\r{aha Kuasa,"tandasnya.

Budi menambahkan, di Jawa Tengahterdapat 21 kabupaten dan kota yang akanmelalGanakan pilkada serentak hhap per-

iam4 I Desember mendatang, termasukPurbalirEga

"Diharapkan dapal melaksanakanpill€da serefltsk 9 Desember 201 5, sehing-ga tugas sebagai Ph Bupati Purbalingga

akan selesai, setelah pelantikan bupati-wakjl bupati terpilih," katanya.

Penugasan Budi Wbowo sebagai PltBupati Purbalingga, tertuang dalamKeputusan Gubemur Jawa Tengah NomoI'131/15 tahun 2015, 23 Juli 2015, tentangpenugasan Pelaksana Tugas BupatiPulbalirEga.

Selama menjadi Plt, Budi akanmeneruskan pelaksanaan program dankegiatrn yang sudah ada dan tengah ber-jalan, baik melalui APBD mumi maupunAPBD Perubahan mendaiang.(Fl0€3)

Slir/Aie,f No€sroho

TINJAIJ RUANGAN : Plt Bupati Budi Wibowo meniniay ruaryan.d!.

Setda, termasuk ruangan Balian Humas, *tdah-seleai a@ pagi dihataman Pendapa Dititkt:ritttr., *lasa (2il4. @3)

Page 4: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

rrY YF,Y! tn t tE!!\? Ary ! ! 1*!:"=:.' = !1.,1 1':: 1! AiLiJrr rr!\J Ll Lt-tu tl L

BAfftAx IIU[{A$ $MDA PIIMAII|{OOA

SUARA MERDEKARABU, 29JULI2O15

Diperpaniang

PURBALINGGAHingga habis waktu pendaf-taran, Selasa(28,4) pukul 16.00,baru sanr pasangan yaitu Titsdi.Tiwi yang mendaftar di KPUPubalingga" D€ngan demikian,kata Ketua KPU Purbalingga SriWahyuni. peirdaftaranakandiperpanjang.

"setelah ini kami akanmembuat laporan, bahwapendaftar hanya satu pasangan.Lalu kimi akan menyosialisas-ikan ke parpol, bahwa pendaf-taran diperpaniang. Sosialisasi

flll,itilH# 'ie" *sUB&o- '*1ffi,1o,,,*

".,T'i,lll.J:' .+* , , '{'*- '",'"H'*"iHlakan dibuka lagi- 5 X .-", S,

-+rins p*--

ffi'flHl.iiill;E h bfil",,-iXi;it2-418). Jika q bupati Tasdi-memang selama x Tiwi yang ter-waktu itu tidak ada gabung dalam Koa-yang mendaftar lagi, lisi Bersama Mem-maka dapat dipastikan pilkada bangun Purbalingga (KBMP),hrbalingga akan dirmdur 2O17, untuk sementara baru lima par-benarna pilkada setentak talrap pol yang memeFuhi syaratkedua; untukmengusung pasangan ihr.

Ada empat partai yangbelum menyerahkan rekomen-dasi, atas nama pasangan ituyang ditandatangani olehmasing-masing ketua DPP par-tai. Masing-rnasing Hanura,PPR Golkar, dan Demokrar

"Keempatnya menyer-ahkan surat pemyataan, bahwarekomendasi masih dalam pros-es. Kami akan menunggunya.Khusus Golkar ilan PPI reko-mendasi harus dari dua kepen-gurusan yang saat ini masihbeniteru,'l kata dia. (H82-63)

Page 5: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

,.\

ll

Page 6: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

?rr Ylln?a !/l r.?Er!_a! iE! !$::11! - t'.j:F! !l .Zil-L/.lr rr t\J Lt Lt-/tt tt \

BAGII}{ IIIJ[{A$ $[IDA IIIRBALTI'IIilA

SUARA MERDEKA

RABU,29 JULI 2i"-

Pembebasan

lahan Mulai 201 6ffi Pengembangan lrigasi Bendung SlingaPURBALINGGA - Pembebasan lahan milik

masyarakat dan desa terkait pengembangan

jaringan irigasi Bendung Slinga, Kaligondang

terancam molor.

Kepala DPU Purbalingga,Sigit Subroto memperkirakan,pembebasan lahan baru mulaidilakukan 2016. Proses ini akanberlangsung selama tiga tahun,dengan total lahan yang dibebas-kan sekitar 76 hektare.

Balai Besar Wilayah Sungai(BBWS) Yosakaart4 alftir Jmilalu sudah memberikan sosialisasikepada desadesa dan pemerintahdaemh.

Adapun instansi yang akandilibatkan dalam tim pembebasan

lahan, anhnlain Badan Peftanah-an, DPU, Bapped4 dan BagianTata Pemerintahan. Selain barutahap sosialisasi pembebasanlahan, tahun ini konsultan juga

masih menuntaskan penlusunananalisis mengenai dampak ling-kungan (amdat).

"Setelah rampung, jaringanirigasi ini akan mampu mengalirilahan pertanian seluas 6.969 hek-tare di sejumlah kecamatan. Diantaranya Kecamatan Kaligon-dang, Bukateja Kernangkon, danKecamatan Kalimanah, " kataSigit Subroto, kemarin.AlokasiDana

Sementam itu, untuk tahunini, pembangunan atau realisasifisik, baru untuk bangunan pen-yadng pasn dan lurrpur di ,r?ra,te

sebelah barat bendung. Adapunalokasi dana sebesar Rp 2 milyar,dengan sumber dana APBN

melalui Balai Besar Wilayah' Sungai (BBWS) Serayu Opak.Penyaring pasir itu digunakanagar air, yang masuk ke saluran id-gasi sudah lebihjemih dan bersih.

"Panjang bangunan kuranglebih 200 meter, seperti yangsebelumnya sudah terbangun dill1/4&4 bagian timur. Ha"aparmy4setelah p€ngembangan oncor.mirigasi terealisasi, sudah bisa ter-d:kung oleh bangunan penyaringitu, " rincinya-

Bangunan itu diperlukan,karena saat masuk ke saluran iri-gasi, air sungai masih membawasejurnlah ratedal sungai. Sepertisampah dar pasir, lumpu sertalairmya-

Sehingga dibunrhkan bangu-nan yang menyaring lebih dulpunnrk mengendapkan pasir

Data yang dihimpun -S&a/a

Merdc ka,t1f,,d?fja*an].rptakesepahaman (Ivtrot), anggaran utr.rkpembebasan lahan akan ditang-gung pusar Rp 42 miliar, provinsiRp 21 miliar dan kabupaten Rp 2lmiliar GI82{3)

Page 7: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

YtY YraY'!. ir'i r irr-,Y IY ! ::.'i,1ji i ::.,:L? ::.:ir-iJ-u u t v Lt t],/v LJ L

BAOIAil I]IJIITI$ ffiI[A PIIRBAIII{Ii{}A

SUARA MERDEKA

Galon TunggalRABU,29JULI2O15

SEMAFANG - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)2015

di Purlcalinggaterancam mundur hingga2017 -

Sebab sampai hari terakhir pendaftaran pasangan

calon (paslon) kepala daerah, baru satu pasangan calon

yang mendaft ar yakni Tasdi-Dyah Hayun ing Pratiwi

yang diusung PDIB Gerindra, PAN, PKS, dan Nasdem.

I

Id rbalinggaPu

Ketua Komisi Pemilihal Umum(KPU) Jateng, Joko Pumomo rriengata-

kan, di Purbalingga yang hanya ada satu

pasangan calon. Pihak KPU Purbalinggaakan mengirim surat dan menyosialisas-ikan perpanjangan penda-ftaran selama tiga

hari yakni mutai 29-31 Juli. Pendaftaran

akan dibuka kembati pada 1:3 Agustus.

Setelah perpanjangatr penclaftaran sele-

sai, KPU kabupaten/kota akan melakukan

verifikasi berkasvane diaiukanluro"n r.iu- "*%ma tuJuh n,

hari. "Jika hasil verifikasi menunjukkanada kekurangbenaran data, maka calondiberi kesempakn perbaikan selama tigahari," ujamya

Ketua KPU Purbalingga Sri WahYuni

menyatakan, pihalnya akan memperpan-jang penda.ftaran. "Jika selama tiga hari(2-418) tidak ada yang mendaflar, dapatdipastikan pilkada di Purbalhgga akan

diundur sampai 2017," ucapnl'aJoko menegaskan, dari seluruh pa-

sangan calon yang sudai mendaftar diKPU kabupaten/kota, hanya ada dua pa-

sangan calon yang sampai saat iniberkas persyaratan pendaftaran masih

dalam proses administrasi dantanda terima.Veifikasi

Mereka addlah Eko Pumomo-Agus Subagiyo verifikasi KabuPa-

ten Wonosobo, dan Suhardj anto-Sunardi calon di Klaten.

"Para pasangan calon yangmendaftar baru memenuhi syarat

kelengkapan pendaftaran.

'. Benar atau tidaknya Persya-ratan vans mereka aiukan. lturflumaiu.tiruLi

-2-hlm11kol2 )

Page 8: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

Calon....

(Sambungan hlm 1)

secara administrasi dan falcual pada 29 Juli," jelasnya.

Proses verifikasi dokumen persyaratan akan meli-batkan kelompok kerja (pokja) yang melibatkanDispendukcapil, dan Kanwil Diden Pajak. "Pada 24

Agustus KPU kabupateo^ota akan menggelar rapatpleno untuk mengumumkan siapa saja pasangan calon

yang lolos verrifikasi," hrtumya.

Untuk pe$yamtan pendaftaran. ada dua dokumenyang tangsung diteliti keabsahan dan kelengkapam yakni

surat pencalonan dan rekomendasi yang sudah sesuai

atau belum. Untuk surat rckomendasi, bagi partai yang

irtemalnya sedang terjadi rnasalah dualisme kepenguru-

san seperti Golkar dall PPP, maka diwajibkan mendapat -dua rekomendasi dari masing-masing DPPSegera Sosialisasi

Sementara, Anggota KPU pusat Hadar Nafis Gumay

menjelaskan, bila ada daerah pernilihan yang hanya

memunyai satu pendaftar, maka KPU daerah berhak

menambah waktu pendaftaran selama tiga hari.Namun sebelum itu KPLrD diwajibkan melakukan

sosialisasi kepada masyarakat dan partai-partai politiktentang perpanjangan waktu te$ebul Hadar berkata,sosialisasi harus dilakukan selama tiga hari.

Terkait perpanjangan wakhr, tahap pilkada serentak

yang telah diatur pada PKPU No 2/2015 secara otomatis

akan bergeser. "Tentu harus digeser Kalau sepeni itu,jadwal-jadwal seperti memeriksa dokumen dan per-baikan dokumen enggak bisa lagi tanggat seginr karena

sudah ada perpanjangan walcu pendaftaran. ' ujar Hadar

di JakartaNamun apabila pasangan calon tetap tidak bertambah,

maka pilkada serentak di daemh ienebut harus diundur

hingga pilkada serentak tahun 2017. Menilik Peraturan

KPU No 2015, selain proses pendaftaran, KPU juga

memulai proses pemeriksaan kesehatan para pasangan

calon kepala daerah. Tahap fui akan fud2ng5ung hingga 1

Agustus mendatang.Setelah itu secara berturut-turut KPU akan melak-

sanakan proses penyampaian basil pemeriksaan kese-

hatan, penelitian dan pengumuman hasil pemeriksaan

I!i

fl

!i

il

!!

il

l

Ii!

tl

!I

tlsyarat pencalonan/calon, sefia Pertaikan syarat pencalo-

nan/calon dari partai politilq gabungan partai politik atau

peEeonmgao.Seluruh ploses itu akan bermuara pada penetapan

pasangan caloh yang akan dilakukan pada 24.Agustus2015. Seb€Ium penetapan calon, KPU juga mengantisi-pasi munculnya calon tunggal usai verifikasi calon peser-

tapilkada.Hadar be*ata jika hal itu te{adi maka KPIID akan

membuka pendaftaran kembali, selarna 10 hari.Perpanjangan waktu itu dilakukan karena pilkada tidakmungkin hanya diil':uti sahr peserta saja. KPU juga tidakberhak menetapkan satu-satunya pesefia itu sebagai

@menang secara aklamasi.Menurut Hadar, DPR dan pemerintah harus meng-

ubah Undang-Undang t€ntang Hlkada terlebih dulu jikasistem aklarnasi seperti itu ingin diterapkan. "Kalau maukita t€rapkan, surat suara nanti hanya sahr pasangan, yang

satu lagi kosong, misalnya begitu. Lantas orang maunyoblos yang calon atau yang kosong, itu perubahan sis-

tem semua dan bukan tugasnya KPU," katanya.(J8,H81dlc-90)

Page 9: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

TZ; YRla tr.l I rrr?\t I{ ! ? r-!'l i'i_i: - l1J! -L i :: :irlrr u I \t \t ,.Ltu tt L

BAOIN IITII{AS $[]DA PUIBATI|{O{}A

SUARA MERDEKARABU, 2gJULI2015

Persibangga

Mulai Berlatih' i-tat-taPi Piala KemerdekaanPURBALINGGA - Skuad Persibangga

Purbalinggga mulai berlatih, untuk menghadapi

Piala Kemerdekaan, kemarin. Latihan digelar

diStadion Goentoer Darjono, dipimpin oteh

Kepala Pelatih Siswanto.

Manajer Tim Persibangga pai saat tumamen diputrr. semu-Rokhman Supriyadi menge- la mulai 2 Agustrx, tetapi mung-mukakan,Siswantomemiliki kinditundalisensi A, sehingga memenuhi Materi pemain yang sudahsyarat membawa tim tersebut. memberi konfirmasi siap mem-Latihan akan dilaksanakan sam- bela kskar Soedirrnan rnayori-

Roklman, kemarin sore-Tentang Hclr af tumamen

itu, Rokhman menyebutkan,mungkin dinrnda Pasalny4 Ba-dan Olahraga Profesional Indo-nesia (BOPI) memita kick offPiala Kemerdekaan tersebut di-tunda. 'Bagi kami tak rnasalah,persiapan lebih lama,'t ucapnya.

Persibangga merupakansatu-satunya tim Divisi Utamildari eks Karesidenan Banlummyang berpartisipasi di Piala Kemerdekaan. Suporter LaskaiBrating siap mendukung per-.;uangan pemain, meski harusngel,fag ke Solq tempat tuma-men itu digelar. (M-57)

tas eks pemain musim lalu. Diposisi kiper ada Suhacimin danMuazis Syaf i.

Unflrk pemain depan Suwar-no,MFaisolArif, Inggitf; Farikin,Asep R" Firdaus, Kosim. AnssiPrabowo, Anugrah Setiaji, d-iGunaryo. Selain itu ada tambahanYuda Saputra dari Bogor danstriker eks T:rmas U- l9 FrenandoClaugorrEs dariAtambua-Ditunda

Dalam latihan ini, persi-banggajuga akan menjajal keku-atan mantan tim SAD Uruguay,Agus Faisal. Pemain-pemaiulain akan menyusul. '?elatih su-dah datarig ke purbalingg4,, ujar

Page 10: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

!r? ?l\Tl Tll : fFRY Ig ! !$r!!U! ? E,4F'i| !! 5lr-l-.rll lt t \, LtrJ-lu Lt L

BAOIN IIWIq $[IDA PLIIB}JI}{OGA

SUARA MERIIEKA

RABU, 29 JULI 2015

Persibangga RekrutSffikerTimnab U-19

PURBALINGGA ' Managemen Per-

sibangga mulai me lakukan pcrekltrtan

,*"-"fittut *.ngnadapi umamen Piala

'fi"r*tO.t*n. Sufrfl <atu pemain ) itng' aL&n

;;;;tkrr, rim berjuluk Laskar Soedir-

;;'i*J;, adalah sniker Timnas U-19'

Bemandus Femando.-':ieJo tigo Pemain luar Yaug kami

artonntun."se'iain Felnando juga ada

oemaii sayap lmam Agus Faizal yang per-

i"f, U.Au*ft Oi Uruguay dal Yu'uf SrpuLrr

vang nonbene adalal PemaiD muda poten-

'"i"i]: f.um manaier PersibangPa Roirman

Supriyadi. Selasa (28Ii)'' Diunekaokao, selain pemain-pemarn

"n.uui-iili.vu juga sudah memanggii

o"a"i" vrrg Pemah memPerkuat Perti-

[r."". irt"-- t"*petisi sebelumnya' Di

, ii*'ri-rni"* gu*ang ada nuna Suhain'in

la-Mo-irSYuflitJnnrk barisan penahanall pihaknya me-

--nuil Wumo. l"gg't Prayibo' RiTL]' dtdl

iJr;'iern o, r^p--g* te'ngah diamem*pgtl

i.*fr* Nr"o, e,,g"*t' Setiadji' dan Asep'

Urt rtp*ltittlterrn*it'diandalkanGumyo

dan Angpl Pratrowo. 'Mereka mulai berlatih

s€cara sPa,7on," ungkQnya-

KeriaSamai rihan dilalsanakan di Stadion Cioen-

,"rr-O-iono aiplmpin langsung oleh pelatih

iiswarto dan gtatih kiPer lndt a Jaya.cetu

oelatih fisik Kurniawan Sukau tlaya''Nleneingat perrirpan y'ang tsrmasu}. stflg-

kar- iz,tilcn-ditoLuskan prda pemantapan

keria sana tim.''-'F.rutii, Slswanto mengrtukan Jalam

waktu vang .ingkat pihrlinya tidak nrung-

ui'ri"ngg'",,ioi rurit'ur f ik' 'Mereka ini

.,JJ,,rr oi"*J" v-g suduh lama jadi satu

dm. Jadi dnggal melrtih kerja sama agff

lebih komP&" trLndasnya'-- p...lit -es" ukun berada di Grup C rur-

-"-",, piala--Kemerdekaan Persibangga

t,L *, j."g* Penis Persinga' PPSM'

;,itR: dr,,r Peirha. Manrrjemcn Persibang-

", -""uo",1"" bisa lolos dari penyisihan'..uo.'feiurton ntasinglrnasing kontestan

ile, aLa. fami yanin bisa lolos dan lase grup

i,"r,i- uitu ,*nrng dan bcrtanding di par-

ui puncak'' ujar dia fi82-94)

1J.(jIA]\ Ht i\'l:\S S!-t l,i |.'\BL'PAi !r_\ t'\ i{itqi-t\(jur\

Page 11: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

IaLl

BAOIN IIUIIA$ $[IDA P[II8,{IJI'[OOA

SUARA MERDEKARABU,29JUL| 2015

P u rbal i n gg a Su/<ses C apaiTarget Ku nj u ngan Wisatawan

PUBBALINGGA - Seium-lah objek wisata di Purbalinggasukses mencapai target kun-jungan wisatawan selama liburLebaran. Dari 200.000 pengun-jung yang ditargetkan, perole-han terlcanyak dikuasai ObjekWisata Air Bojongsari (O\rra-bong) yang mencapai 84.225orang.

Kepala Dinbudparpora Purbalingga Subeno mengungkap-kan, dibandingkan kunjungan

wisatawan 201 4 lalu, kunjunganwisatawan pada libur Lebaranini meningkat. Pada 2014 jum-lah wisatawanl SE.l 28 orang.Jumlah itu terhitung, selama 14hari mulai dari hari H Lebaran.Sementara itu pada tahun ini,data mulai hari H hingga H+9atau 26 Juli, jumlah wisatawansudah melampaui 200.000orang,

'Tahun kemarin struktur harilibur letih panjang. Dan,lahun ini

yang kami hitung selama sembi-lan hari setelah Lebaran saiasudah melampaui target kun-jungan,' ujar Subeno, kemain.Oflabong Pertama

Subeno mengungkapkan,O/vaborE masih rnenempdi uru-tan pertama objek dengan pe-nguniung terbanyak. DisusulTaman Wisata Pendidikan(tWP) Purbasari Pandranmassebanyak 28.000 wisatawan,Gua lawa (21 .690 orang), Sang-galuri Paft (17.7m), Kolam R+nang Tirto Asri walik 06.101),'l.rsrnan Jandin city Paft (7.600),

Desa wisata Serang Karangreja(13.015), Monumen Tempat La-hir Jenderal Soedirman (2.068).

Objek wisata lain sepertiPancuan Ciblon Bobobari ser-ta sejumlah desa wisata yangdikelola langsung oleh Kelom-pok Sadar Wsata juga torlihatramai dikunjungi.

'Tahun ini Desa Wisata Se-rang, Karangreja perlu dicermatikarena ada lonjakan kunjunganwisatawan yang sangat sig-nmkan. Begitu pula dengan de-sa wisata lain, seperti Tanalumdan Panusupan di KecamatianRembang, sertawisata bahari diDesa Kedungbenda, Keca-matan Kernangkon," paparSubeno. (K3+54

BEBMAN PEROSoi[Ai I : Anak-anak bermain perwtan diuea Sanggaluri Patu Purbalingga @da lihr L&aan, turu-tuulni.(s4

lJr\UIl!\ HL ll:\S Sl, i lJA -r\iji f r\l Ll v! KtJsi l\(nrA

Page 12: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

r7Y YlaTl Ttl ! !'Flhi' Ig : : =! t'=i: = :1,': il ! !i =r.\t./[t ll t\J Lt tt-lL, Ll \

BAOIA}{ IIU[{A$ $E[DA PIIIBAIII{C,0A

Radar Banyumas . Rabu wage 29 Juli 2015

ji n"tri"asi KoJisi xnup uukung Paslon Tasdi-Tiwir ii

ll rr1 [/f --- J f. r rzfrr,il Terus Mendaftar ke KPUll -r,r ..lU rvlvrru(llf(ll l\E I\r [,

il

" Dtt ri..t *i .r.rt *rl f .-l ,a-ii asangan Calon ii

ii Tasdi-TiwiPendaftar PertamaPASANGAN caion (Paslon)

Bupati-WakilBbupati Puba-lingga, H Tasdi SH MM-DFhHayuning Pratiwi SE Econ(TasdiTiwi), merupakanPaslon yang mendaftar per-tama di Komisi PemilihanUmum (KPU) Purbalingga,Selasa (2817) kemarin.

Rombongar Paslon Tasdi-Tiwi yang dipimpin Sekre-tads DPC PDIP Pubalingga,

Partai Nasional Demokat(NasDem), Partai Hati Nu-Iani Rakyat (Hanu-Ia), PartaiDemokat (PD), dan PartaiPersatuan Pembangunan(PPP). Juga ada beberapapolitisi dari Golkar.

Calon bupati H Tasdi SHMM adalah mantan WabupPurbalingga, mantan KetuaDPRD Purbalingga dua pe-riode, yang iuga Ketua DPC

.

nota kesepahaman koalisi dihadapanmasing- masing Pe-ngr-rus parpol.

saar inl Tasdi menvatakansangat optimis memenang-kan Pilkada 2015. "Kami sa-ngat terbuka dan siaP rne-n eri m a p arpol Iain untuk ber-sama membangun Purba-lingga menjadi lebih baik.B ersama koalisi Yang ada, kitasiap memenangkan Pilkada I

HR Bambang lrawan SHyangjuga Ketua Tim KampanveTasdi-Tiwi, diterima KenraPKU Purbalingga, Sri Wah-)'uni AKS dan empat ko-misioner I(PU lainnya.

Pendaft aran Tasdi-Tiwi dihari terakhir masa pendaf-taran calon Bupati-WabupPurbalingga Pedode 20Is-2020 itu, diawali DeklarasiKoalisi Bersama Membangun

PDIP Pwbalingga. Sedangkancawabup, Dyah HayuningPratiwi SE Econ, merupakananak sulung Drs TriyonoBudi Sasongko MSi, mantanBupati Purbalingga dua Pe-riode.

Ketika di GORMahesa Iena4semua ketua palpol pendu-kung juga menggelar orasi dipanggung. SebelumnF, me-reka juga menandatangani

oesemuei menaatang," ularTasdi didampingi Tiwi. Da-Iam deklarasi koalisi men-dukung Tasdi-Tiwi, juga ha-dir Relawan Setiadi (Setia

kepada Thsdi dan Tiwi) Yangdipimpin Tri DaYa Kirnika.Saat Ketua Relawan Sctiadimenyatakan dukunga lr, Pas-

Ion 'iasdi-Tiwi namPak se-

ngat gembira dan ceria. (nis/amr/din)

Purbalingga (KBMP) di cORMahesa Jenar. Deklarasiditandai penandatanganannota kesepahaman koalisioleh para pimpinan partaipotitik (Parpol) pendukung.

Tertera ada delapanlogo par-pol pendukung Paslon Tasdi-Tiivi, yakni PDI Pe4uangan,Panai Gerindra, Partai Ke-adiian Sel'ahtera (PKS), Par-tai A&anat Nasional (pAN),

-lr===--7

Page 13: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

..-:

{. {ir' i3w, '*.*,. r "-st#l.5; v t-'ffiix.

.,j.*

.d+ dS{4 rr:EdPr , *1..#-.li: -*__\ rBj_v kJ-k#' &r'l

ry*. .;

H&r1xftl . '4

'G,

'-E

!

.EF..r

Fo6

_ll_

Page 14: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

---i\--it

!

:s

E

=t

-g

'tF.l!

F

-1>

Page 15: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

llI--t

I

ll=9

Paslon TasdlTiwi sesampai di aula KPU Purbalingga.

lI

,. .,.: ":1

Ketua KPu Sri Wahyuni dan anggota menerima Tasdi'Tiwi

Bambang lrawan menerima berkas berita acara pendaftaran Tasdi_Tiwi

Page 16: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

.li

Usai pendaf taran, pas Ion Tasd i-Tiwi b"r"."h-t";:"f ;:"#:X?H#;KPU.

Ketua tim karhpanye, Bambang lrawan menekAn berita acara

Paslon Tasdi-Tiwi dan keluarga sampai di KPLJ disambut kenthongan.

Page 17: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

LawanTasdi-TiiliKPU Purbalingga

Perpanjang Masa

Pendaftaran Calon

PURBALINGGA- Koalisi ge_muk }?ng mengusung pasangancalon H Tasdi SH MM dan Dvah

TUTUP.PTNTU: Anggota KpU purbatingga r"nrtrp pinti'HffilliJsebagai simbol ditutupnya masa pendaftaran piffia'i. --

BAOIN IIUI}{A$ $[TDA PIIIBIiTI'IGOA

Radar Banyrmas . RABU WAGE 29 JULI 201s

Dicari,

Ha)'uning Pratiwi SE Econ [Tas_di-Tiwi) rupanya membuat gen-Iar pesatng.

, P._aling ridak, hingga KpU pur-balrngga menutuD masa nen -daftara,r pasangaa calon bupati danrt.akilnya, Selasa (28/7i rrukul16.00, baru Tasdi-Tiu,i vans resmimendaJrar. , xZ nrt tt

KPU memutuskan

_ memperpaniang pendafiaran.+ar€nabaru hanva ada sattr

pasangan yang me.datar

.=_ll.-------/

Page 18: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

<A

pendaft amn hanya terdapatsatu pasangan calon Yangmendafta!" katanya.

Setelall masa sosialisasi ter-sebut selesai, SIi Wah]'unimenjelaskan, KPU akanmembuka kembali pendaft a-ran selama tiga hari. Yaknimu lai tanggal I Agustus hing-ga 3 Agustus mendatalg.

"KPU akan mengambil ke-putusan menunda Pilkada,hingga gelombang keduaPilkada serentdt pada tahun2017 rnendatang. Ini iikahingga perpanjangan masapendaftaran tetap tidak adapasangan calon Iagi yangmendaftar," lanjutnya.

Sernentara saat DeklarasiKoalisi Bersarna Memba-ngun Purbalingga (KBMP)di GOR \lahesa )enar, Tasdimengatakal, dia siap meme-nangkan Pjlkada Purba-Iingga yang akan digelarpada 9 Desember menda-tang. Tentang belum adaIawan bagin],a uffirk berlagadi Pilkada nanti, Tasdi me-nyebut, dia menghormatisemua proses yang masihbe{alan ini.Di bagian lain, Pilkada

Purbalingga diharapkantidak diundur atau ditundatahun 2017. Dosen IlmuPolitik FISIP Unsoed Pur-wokerto, Ahnad Sabiq SIPMA menandaskan, ini

karena sebenarnya masihada harapan muncul pa-sangan calon lain dari

pafiai politik yang belumberkoalisi dengan PDI Per-l'uangan.

Menurutnya, masih adawaku dalam masa perpan-jangan dan dimulai lagipendaftaran pada 1-3 A-gustus.

"Saya prediksi masih mun-cul calonlain, Toh masih adaPIG dan Partai Golkar danparpol lain yang masih me-nunggu rekomendasi DPPmasing- masing. Artinyakesempatan ada paslon Iainmasih memungkinkanmuncul," paparWakil DekanIII FISIP Unsoed ini.

Dia menambahkan, bia-sanya dalam masa- masaperpaniangan itu bakalmuncul keiutan- kejutanpolitikyang takterduga. Diaberharap, parpol- parpolyang belum menjalin koalisitidak semuanya bersikappragrnatis. Namun memilikimarwah untuk mengusungpaslon yang berkualitas.

"Sebaliknya, jika parpol itusudahpatah mental sebe!.lmbertanding, maka ini akandipersepsi buruk oleh pu-blik" tambahnya.

Sabiq berharap tidak ter-,adi p enundaan Pilkada."Berkompetisi sehat bagjpaslon yang baru sebagailavv?n Tasdi- Tiwi iustru bisamenjadi aitematif. Dan bu-kan tidak mungkin mcr6kajustru diharapkan pubiil!"ungkapnyq (amr/tya/dis)

I!!

IItl

l!

I!!

ll!!

I!!

I!l

il

!!

ll

ll

ll!!

ll

l!

il!i

ll

Diyakini Muncul Paslon Lainr llicati,

Sambungan dari hal 1

Pasangan itu diusung P-DIg Paffai Gerindra, PKS,Partai Nasdem dan PAN.Mereka mendaftarkan dirike KPU Purbalingga sekirapukul 14.15.. Kini, bak pertandingansepak bola, Pilkada Pur-baiingga 2015 memasukimasa perpanjangan waktuatau ellra time. KPU Pur-balingga pun memastikanmemperpanjangmasa pen-daftaran pasangan calonbupati dan u'akiinya.

Ketua KPU Purbalingga SriWahluni AXS mengatakan,perpanjangaritu didasarkanatas surat KPU RI bemomor403/KPU/\.lIl20 15, tertang-gal25 Juli. "Jika hanya hanyaada satu pasangan caloilyang mendaftar, KPU akanmemperpanjang pendaf-taran pasanga-n calon, selamatiga hari, " katanya kepada Ra-darmas.Dia menambahkan, se-

belum perpanjangan masapendaftaran, akan diawalidengan kegiatan sosialisasiselama tiga hari, setelahberakhirnya masa pendaf-taran. Yakni, mulai 29 Julihingga 31 ]uli mendatang.

"Kami akan mensosia-lisasikan kepada publik danparpol, bahwa sampai dengan berakhirnya masa

\>

Page 19: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

tr.LCE

et

GI=T!=a!

EE

-t=-:<F

ll

.i-

io

.L

-o

-9!!

'e

E

E

oE)

!

ILlt!Y

E

1'

iF.I

!F

ttz3)o

E)Jqt@

il.il,1!.!!,il'

lt.l!ll

il11

Page 20: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

_-_---\..--lt

PKB Oprimis DukungI(ento- Aman

Golkaf Agung Laksono sasah ietas menjadipedoman

Merapar ke pDrp ,ilil';j,ffi'#.*}:l ","

^PARTAI Kebahgkitan 'Kami tetap;plimis bisa

3T::, gour .;;8""k"';'l ffi1fl 'HfillT8il [:H;rap opumrs mengusung ca_ GollIon bupari dan w"aktiur"r*, Llfl^4ng furnla-h kursinvasukenio Rido Ma;h;;ffi : i$ i'?lTlt :;l,"LT:J"Tianlo dan Aman Waliludin U"ir.o*ai"nri aungun. ii#oa^lam pilkada g Desember rerkar rencana mencalonl<anmendatans

''*m"+ruru;,ffi '3:r.,"ffi:;":T: l;oan_g Hermanto mengarakan, purbaiingga, ol, ,qtl]""i

f11T,ry T"igCryhasil dad Khotjb MFE;"-,.;ffi ;:1;

#"-e* r,:1!L:rtY "tl'fll T":Ty#tmm l".",'"trreputusan t"tap ada pada ke- rusan pre ;;i NJtipil_pen8urusan PKB. Namun, Tim balingga. > ke hat 11

r PlG0ntimisSambungan dari hal 1

''Saya masih mengumpul-kan informasi valid darikawan- kawan di partaimaupun di organisasi. Na-mun kami tetap optimismenang dan optimis men,dukung Kento- Tasdi," te-gasnya, kemarin (28lz).Di sisi lain, khusus DpD

Partai Golkar Purbalinggadari kubu Agung Laksono,

Sudono : I(ami Belum Bersikappada saat deklarasi Tasdi-Tirvi iustru telah meraoatdan mengakui mendukingTasdi- Tiwi. Sejumlah pe-ngurus nampak melrghadiriundangan itu dan ikur me-nandatangani koaljsi.

\trhkil Seketaris DpD par-tai Golkar Purbalingga, MWachyono dan pengurusIainnya, Maskur SH jugamembenarkan pihaknyameminta pengurus iainnyamendatangi dan ikut men-dukung pasangan Tasdi-

Tiwi. "Kalau hanya untukmendukung tetap bisa danbukan mengusung. Iadi mc-nurut kami tidak masalah,"ungkapkeduanya.

Sementara itu, Ketua DPD Parrai Golkar Pur,balingga, Sudono ST eng-8an berkomentar banyak.Hal itu disampaikan me-Ialui pesan singkat teleponselulernya. " Maaf ka mibelum berkomentar danbers j kap," ujarnya singkar.(amr/bdg)

Page 21: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

Yt? ftt!.a ?- a rrlrag ! ! !r! !1.r ! r. E,,! ts ! !lrl-r.La ut\, Illl-/.l/

B,{fr{}'[ III][{J$ $[II)A PUXB,{IJ}{OOA

Radar Banyumas . Rabu wage 29 Juli 2015

DindikMulaiDataSerapanLulusan

PURBALINGGA - DinasPendidikan Purbalingga saat

ini sedangmetryelesaikan dataangka partisipasi kasar Peu-didikan di Pubalingga. Hal irudilalorkan untuk mengetahuijunlah siswa l,?ng lulus danmelaniutkan di setiaP jenjang

oendidikan. HaraParLnla, halitu bisa dijadika n d asar dalammenentukan kebijakan Pen-didikan.

Kepala Dindik Purbalingga,T Gunawari Setiadi menga-takan, pihalqola segera me-ngumpukandaumelalui rapat

dengan sekolah secara ber-samaan di tiap jenjang. Na-mun, pendataan ini mem-butuhkan r,t'aknr dal analisa.

"Kalau anBka Perkiraan be-lum bisa sa\B sampa (an Ka-

rena datanva belum masuksemua. ,.*amun Yarrg jelas, disetjap jenjang angkanYa di atas

5o nersen. Terutama untuKyang melanjutkan sekolah kejenjang yang Lebth tlnggl,ungkaprya, Sclasa (2817)_.

la mengatakan, setiaP tahLul

data itu nantinya akan dikom-oarasikan dan banl,nk fakorjrang mempengaruhinYa. Ter-

masuk sebaran sjswa Yangmelanjutkan. MisalnYa siswa

Iulusan Purbalingga men-daftar dan masuk sekolah kekabupaten lain mauPun kenondok nesanuen.' "HarapaluYa data akan ka-

mi daoa*an dan segt:ra dihi-tung untuk mengharsilkanangka paitisiPasis kasa.r Pen-didikan itu. Peran omng tuayang peduli Pendidikar atau

sekolah iuga mempengaflrutingkat APK," tambahnYa.

KeDala Dinsosnakertral-IsPurbalingga, Ngudiarto STI

menielaskan, jumlah siswa

vang sudah lulus dan belumLisaiekolah lagi, belumbekerjadan minimnya lowongankeria akan memicu naiknlalurnlah pen gan gguran. Meskllecara riiL, pihaknYa belummemiliki data jumlah Pe-nganggluan di Purbalinggasecara umurn.

"Kami hanya bisa melihatlt

tlir.unlah calon tenaga kedaYang

mengajukan karru Pcncartkeria. Iika mereka ddak me-

laporkan diri kembali usaiditerima kerja, maka tetaPkami masukkan belum bekeria.

Kalau data keseluruhan jr'Ilrrlah

total pengangguran, terusterang kami kesulitan;' Pa-namya, kemarin."

ICrusus musim kelulusan,maka ielas tidak semua sisnayang lulus lar.rgsung bisa me-

laniu*an ke Perguruan unggt '

Begitupun langsung diterimakeria maxpun mendapatkanpelieriaan Yang sesuai. Se-

hingga mereka ada wakturun[gu dan itu sudah bisadikate gorikan Pengangguan'

"Harapan kami, PenganS-euran dari berbagai kategon6jsa dirinci jumlahnYa. Se-

hin8ga akan ielas dan riil data

vang ada dj KabuPaten Pur-

Latingga. TentunYa, data ituakan berpengaruh Pada Peng-ambitan kebijakan Peme-rintahl' tambalmya.

Meski begitu, dari rata- rata

kisaran t0 ribu- t5 dbu or-angpencari kedalangtercatatda]am kanu Pencai keria Pertahun. Jurnlah itu, akan terus

betambah sebanyakminimal10 persen Per tahunnya-Artinla jurnlalt Pengangguranbenambah secara umum 10

Dersen daridara Pencari keda

itu. (amr/bdg)

!ii(i1 \\ Hi \1\S-.:!,iiiAt1qlJ!Pr\lL\ yl RU.\LI\(iU.\

Page 22: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

'Io

,E

!

g

;

=o"q)

'a-

!.9.

;

o,

at

o.

6E

!E

o-

o

F

oo

Page 23: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

?rr v!i- Tft a ,'F-Y i= !

!!':r1lr: a4-:a e! I!irr-rri [rt\J LtJ.-Ll,./Lt L

BA(jIAN IIIIII{A$ $ffiDA plJlBAlll{0ffA

Radar BanVumas . Rabu wage 29 Juli 2015

HTI Kutuk Tragedi Tolikara Papuanyerangan di Tolikara, Pa-pua. HTI mengutuk tin-dakan brutal dan keji ter-sebut. > ke hal S

MENGUTUK KEFAS: HTI Purbalingga mengutuk keras tragediTolikara.

PURBALIT(GGA - Ber- donesia (HTI) DPD II Pur.tempat di gedung IPHI Pur- balingga, mengadakanbalingga, Minggu (26l7) Mudzakaroh Ulama dankemarini Hizbut Tahrir In- tokoh HTI atas tragedi pe-

Cegah Disintegrasi

Sambungan darihal5

Ketua DPD II HTI pur_balingga, Amia RII menga-rakan, kegiatan itu dilalorkinuntuk mengingatkan padasemua pihak akan potensiancaman intoleransi dandisinregrasi yang rerjadi dibeberapa wilayah lndonesia,terutama Papua. Sekaligusmengingatkan kepada semuapihak akan tugas masingmasng, guna mencegah di-sintegrasi jangan sampaiterjadi. Menurutnya, HTImerasa heran atas peme-

ntah yang membiarkanGereja Injil Di Indonesia(GIDI) mcnialin kerjasamadengan Israel. "Lihatlah diPapua, banyak berkibar ben-dera negara asing, terutamaIsrael. Kenapa yang mema-sang simbol negara penjajahlidak diinterogasi dan ditan g-kap? Bagaimana iika simbolIslam?" katanya.

Maka, HTI mengajak ber-sama par4 ulama dan tokohmasyarakat untukmelakukanakivitas amar makruf nahimungkar dan muhasabah lilhukam (mengontrol danmengingat pentuasa agartidak menjauh dari hukumAl-lah). Masyarakat iuga mem-pelhalikan urusan-urusankaum Muslim, serta men-cegah kemarahan urnar agartidak teriadi anarkisme dimasyarakat sebagai ba.lasanperistiwa di Tolikara.

"Tuiuan kami mengajakpara ulama karena merekapewaris nabi. [J1ama dan parakyai adalah manusia yangpal-ingtakutpadaAllah, baikdanburuknya Inao-neiia sangatteryantung beliau-beliau. Jadima umat dipimpin untukmenyikapi secara tegas keja-dian di Tolikara, sekaligusmenyadarkan umat untukbeluang demi tegaknya hu-kum-hukum Allah. Ingat,menurut mantan ketua MKJimly Asshidiqie, peristiwaTolikara adalah kasus tero-rismedan p elanggaran [IA.\4berat" terang Arnin.

Dalam kesempatan mud-zakaroh terscbut,para ulamadan rokoh men}, tal(an sikapdan rekomendasi, sepertimengutuk tindakan bruraldan keji rersebut, aoalaeidilakukan saat umat'Islairmelakukan ibadah SholatIduJ Fitri. Ada puJa pemyata anoanwa penyerangan tersebutmenunjukkan siapa sebe_narnya yang tidak toleran.Mereka pun mengirimbau,pemerintah lebih serius me-ngurusi kepentingan umatIslam, sena paditNt danPoki agar.menangani secaracepat, tepat dantuntas.Di tempat terpisah, dalam

pertemuan dengan segenapkomponen masvarakat diMapolres pubalingga, AKBPAnom Sedadij m enzucaDkantedma kasih pada-HTiuta"pandangan yang luas tentanekoniikPapua ini. Sementariitu, Dandim 0702 Letkol KavDedi Safrudin juga menya_takan rerima kasih atas ko_mitmen HTI untuk bersamasama menjaga kerukunanumat beragama di purba-lingga. Kami dukung untukrnenyerahkan penanBanankasus Tolikara kepada aoararhu\um'j' tandajnya. (aav/elv)

r llll

Page 24: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

?r? "="?!

t/.rl ! Fr-!t I!{ ! ::r:ia=I.'-- 1/: !i: .it +ll-Lflt lr \ v Lt t-L/t! lr L

BIfiIN III]ITA$ SIITIA ?ruAilil{l0A

Radar Banyum?s o RABU wAGE 29 JULI2015

DitolakKPU

Tanpa SuratRekomendasiPURBALINGGA - Emoat

dari sembian paftai Dolirik(parpo.l) pengusung pa_sangan calon bupati danwakjl bupati H Tasdi SHMM dan Dyah HavuninePratiwi SE Econ iTasdilTiwi), ditotak berlias dr,_kungannya oleh KomisiPemilihan Umum [KpU)Purbalingga. Empat panaitersebur, adalah parrai Ha_nura, PPg Paltai Demokatdan Panai Golkar.

SebaLr, hingga batas akhirpendaftaran, kemarin (Zgl

Dukungan EmpatParpol

7) pukul i6.00 WlB. Emoatpartai tersebut tidak bisa- melengkapi syara( surat re_komendasi dari pimpinanpusat parpol, terkait duku-ngan mereka kepada oa-sangan Tasdi-Tiwi. sehins_ga, Tasdi-Tiwi secara r"*#ihanya diusung oleh limaparpol, yakini pDIp. pA\.PKS, Partai Gerindra danPartai Nasdem.

Anggota KPU purbalineoaDivisi Kampanye dan pEi_calonan SUI(hedi SAg me-ngatakan, sl,arat dukunganparpol sesuai pl@U \,?ns adaditerima, jika dilengkaoi iurarrekomendasi dari pimpinanpusatparpol. > tr-hd 8

y"1[]iiXL'J-I",1ff f :l'ii-"1Ti:kli[lik#'J';"f :lf :l;

<>

Page 25: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

Tak Penuhi SyaratAdministrasi

r EuftunganSambungan darihal 5

"Setelah kami teliti, suratdad empat parpol yang kamitolakduluagannya, bulansu-rat rckomendasi dari pimpi-nan pusatparpol. Tetapi, ha-nya surat dukungan biasa. Se-hingg4 tidak memenuhi sya-rat/' jelasnya, kemaria (2817).Terkait secara internal

bahwa keempat parpol ter-sebut tetap mengusung Tas-di-Tiwi, KPU tidak akanmempermasalahkan. Na-mun, secara adninistartifdansesuai atuan ),ang ada,

dukungan keempat parpoltersebut ditolak, karena tidakmemenuhi syarat.

Kamj memang membe-rikan surat tanda terimadukungan keempat parpoitersebut. Namun, itu se-batas tanda terima biasa,karena dokumen tersebuttelah masuk ke KPU. Bukanpengesahan dukungan me-reka," bebernya.

Terpisah, (etua DPC Par-tai Hanura Haryanto me-ngaku, tidak memperma-salahkan penolakan du-kungan mereka kepada Tas-di-Tiwi oleh KPU karenatidak memiliki surat reko-

mendasi resmi dari pim-pinan pusat Partai Hanura.

"\4au bagaimana lagi, rvak-tun)'a sangat mepet. Kamisudah mengusulkan kepadapimpinan pusat, akan tetapihiugga saat ini (kemarin,red) surat rekomendasibelum turun, tapi kami tetapsolid mendukung Tasdi-Tilvi sebagai p asangan calonbupati dan wakil bupati,"jelasnya.

Meski tidak tercalat se-bagai partai pengusung olehKPU, Partai Hanura akantetap mendukung penca-lonan Tasdi-Tiwi, sebagaipartai pendukung, "Jaiaran

partai hingga ke barvah solidmendukung Tasdi-Ti$'i,"tegasnya.

Hal serupa diungkapkanoleh Ketua DPC PPP Pur-balingga versi Djan Faddz;H Muntoriq Iblu Hasan."Kami tetap mendukungpasangan Tasdi-Tiwi, meskipun kami tidak memilikisulatrekomendasi dari pim-pinan pusat," ujarnya.

Sementara itu, SeketarisTim Pemenangan Tasdi-Tiwi, Mochamad Ichwanmengklaim, berkas empatparpol yang ikut mendu-kung Tasdi- Tiwi bukanditolak oleh KPU. Namun

karena keempat parpol itumasih meDunggu keputusanDPP masing- masing, makamereka hanya menuniuk-kan suratpernyataan duku-ngan terhadap Tasdi- Tiwi.

"Surat pernyataan itu di-tandatangani masing- ma-sing oleh Ketua DPC/DPD.Karena masih dalam proses,maka KPUmasih menungguagar keempat parpol itumelengkapi. Prirrsipnya da-lam surat penyataan duku-ngan itu, keemPat ParPoltidakakan mengalihkan du-L:ungan kepada calon lain,"paparnya, Seiasa (2817).(tya/bdg)

tl

Page 26: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

BAOTN IILII}{A$ $[IDA IIJRBAIJI{OOA

Radar Barylumas r naBU wAGE 2e JULl2ols

- PURBAII]IGGA TI(SPRIS

TANAMKAN DISIPLIN:diturunkan dalam MOS.

Personel Koramil Bobotsari

Enam Personel TNIBantu MOS

BOBOTSARI - Sebanyak enampersonel TNI dariKoramil Bobotsad ikut diterjunkan dalam kegiatanMasa Orientasi Siswa (MOS) di SMK SoedirmanSelasa (28l?). Hadirnya TNI yang ikut melatihsiswa diharapkan bisa meningkatkan kedisplinanpara siswa dalam belajar.Danramil Bobotsari Kapten CAJ purwanto

mengatakan, penurunan personil Koramil Bo-botsari untuk melatih para siswa merupakanpermintaan dari pihak panitia.,,Kali ini kitaturunkan enam personel untuk melatih pBB 150siswa," katanya.Selain memberikan pelatihan pBB, dalam

peJatihan MOS para siswa iuga dimotivasi unlukraiin belaiar serta cinta terhadap tanah air danbangsa. "Generasi muda merupakan penerusbangsa, jadi semangar belaiar dan disiplin harusdjtingkatkan unruk mengejar cita-cita," 1am-bahnya.Purwanto juga berpesan agar, para siswa bisa

menjauhi kenakalan remaja seperti tawuran ataubahaya Narkoba. (jok/bdS/opt)

Page 27: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

!!.? !fr!r- Yat l 't'rE1.E lI !r:a..:: : l!.i-'! ts 5 3! +rrr:rl1 .r-r. ! \J Lt Lt-tutit \

BAGTN IIIJilIA$ $EiU PUIBAIJI'IOOA

Radar Barynrmas . Rabu Wage 2s Juli 2015

I(oleksi Berbagai

IenisBatuAkikDEMAM baru akik di

Kabupaten Purbalingga,benar-benar melandahingga kesemua kalangan.Mulai dari bupati, peiabathingga masyarakat umum.Hal itu iuga dialami man-tan Ketua PD PemudaMuhammadiyah, ImamYulianro, > kehdS

Dukung Perajin Batu

Sambunoan dari halS

Dia mengaku, mengo-leksi banyak batu akik,Mulai dari batu akik Su-ngai Klawing hingga 'batuakik dari luar Pulau Jarva.

Koleksinya pun takhanyalerbatas cincin batu akik.melainkan juga liontinbatu akik. Bahkan, dia takcanggung mengenakancincin dan liontin batuakik, secara bersama-sama.

r ltulelGi "Ikut memeriahkan saia.mengo ieksi dan menge-nakan batu akik ternyatamemiliki keunikan ter-sendlri," ujarnya kepadaRadarmas sembari mema-merkan cincin dan liontinbatu akikyang dipakainya,beberapa lvaktu lalu.Dia iuga menjelaskan,

dengan mengoleksi batuakik, maka dirinya bisaikut mengangkat pereko-nomian perajin dan pen-jual batu akik di KabupatenPurbalingga. (tya/bdg)

PUBB[tIlIliGA24 r[]il

' Anda memiliki unek-unek tentang berbagai hal demiperbaikan dan kemajuan Purbalingga yang penting tidak

menyinggung sara dan fitnah.caranya ketik PBG: unek-unek

kemudian KIRIM SMS

KE: 081-327-333-778

Pintar dan Jeli dalam MemilihPilkada sbntr lagi parpol dan calon terkotak2 seiringturunnya rekomendasi, berbagai strategi diatur gunarnelancarkan calon, mudah2an masyarakat purbalinggapinter dan jelidlm memilih calon pemimpin daerah terutamarekam jejak perilaku kepaladaerah yg amarah dan mampumembawa P!rbalingga lebih rnaju bukan sekedarjanjidanarogansi kepentingan politik saja, trimakasih.

NN 08979581999

Page 28: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

Y77 TEta Tal ! rrtFr., Ir\!/!1 .t-t ! \J t trl-/rl.1-r r

BAOIN III][{AJ $[IT]A PIIIBAIJI{OOA

Radar Banlnrmas . F(abu wage 29 Juli 2015

Persibangga RehrutStrike-r timnas [I-19

KemerdekaanPURBALINGGA-Mana-

iemen Persibangga mulaimetakukan Perekutan Pe-main untuk menghadaPiTurnamen Piala Kemer-dekaan. Salah satu Pemainvanq akan memperkuat timLerifu uk Laskar Soedirmanter;ebut adalah striker Tim-nas U-19 Bernandus Fer-

Arif. Di lapangan tengah diamemanggilFarikhin, Nan-to, Anugerah Seriadji danAsep. Untuk striker masihmengandalkan Cunaryodan Anggi Prabowo." Me-reka mulai berlatih secaraSpartan," ulgkapnya.Latihan dilaksanakan di

Stadion Goenteor Dar-jono dipimpin lang-

sung oleh Pelatih

"Uerelia ini adatah Pe-main yang sudah lama jadisatu tim. Jaditinggal melatihkerjasama agat lebih kom-pak," tandasnya.

Persibangga akan beradadi Grup C Turnamen PialaKemerdekaan. Persibanggasaru grup dengan Persis,Persinga, PPSM, PSIB danPersiba. Manaiemen Per-sibangga mentargetkan bisa

nando."Ada tiga Pemain luar

vang kami datangkan. Se-

iain" Fernando juga adaoemain savap lmam Agusiaizat yangiPirnah ber!atihdi Urusuav dan Yusut Sa-

putraying notabene adalahDemain muda PotenslallLara Manager Persibangga,H Rohman Supriyadi, Se-

lasa (2817).DiungkaPkan, selain Pe-

ain+ernain tersebut, Pi-haknya.iuga sudah meman g-

gil pemain Yang PernahmemPerkuat Persibanggadalam komPetisi sebelum-nya. Di penjaga gawang ada

nima Suhaimin dan MuazizSyafi.i. Untuk barisan Perta-hanan pihaknYa memang-eil Warno, InggitFrayitno, Riz-ky dan Faizol

Hadapi Piatra

Siswanto dan pelatih-kipirIndra Jaya dan pelatih fisikKurniawan Sukawijaya.Mengingat persiapan yangtermasuk mepet, maka Ia-tihan difokuskan pada pe-mantapan team work. Pe-larih Siswanto mengatakandalam waktu yang singkattidak mungkin bisa meng

geIljot latihanfisik.

lolos dari penf isihan gruP."Kekuatan masing-masing

kontestan merata. Kamiyakin bisa lolos dari fasegrup bahkan bjsa menangdan bertanding di Partaipuncak " ujar Rohman Su-priyadi.(rus/bdg)

I

Page 29: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

--,---\'-Ii.-l-:\

Page 30: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

?r? r-rr r/.1 ! r-n! :ir i i iaa rii! _ r.? tr r !! r!i\iJn iiiU Lr ir-trr r.t' L

BAfrN III]lt{Aq $[il)A IIIIBIINI'{JA

Radar Banyum&s e Rabu wage 29 Juli 2015

Awali Tugas,

Plt Bupati Pimpin Apel Pagi

yag akan dilaksanakan pada9 Desem ber mendaiane.Terkait pelaksanaan oesiademokasi itu, telah ada ko-mitmen bahwa pNS netraldalamPilkada.

"Mari terus kita jaga ne-traliras dalam peiaksanaanpilkada nanfi dan kira retaDprofesional dalam pelakl-sanaan tugas,'' katanya, ke-marin (28/?).

KENALAN: Plt Bupati purbatinssa o"*. jfl'[.:'il'#ll;lTjajaran pejabat Pemkab Purbatingga.

Soroti NetralitasPNSPURBALUfGGA - petak_

sana I ugas (plt) BuDatirurbalingga Drs Budi -Wi_

oowo MSi mengingatkanla]3-T.n Pegawai neseri sioil(n\s, arau Aparatur Si;ilNegara (ASN) di iaiar.an

i#Jiinit[T,:":,Jjirapkan, penugasan diriniamenradi plt Bupati iuiauntuk mengawal Delais;-naan pilkada sereniak 20is

Budi Wibowo berliariopelaksanaan p ilka da d'iPurbalingga tidak ada Der,soalan diantara pNS dalampelaksanaan pilkada nanti.Selain itu Budi Wibowojuga menBajak jajaran p\Sunruk membanpun kon_disi kond usif dilam o"_laksanaan pilkada aear ia-pat ber.ialan baik din Ian-car. > ke hal g

Page 31: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

Siap Sr.rliseskan Pilkada2OtSr Awali

Sambungan darihal 5

PNS sebagai ASN, me-nurutnya, wajib ikut men-fasilitasi pelaksanaan Pil-kada, baikmelalui sosialisasidan edukasi kepada ma-syarakat. Harapannya, ma-syarakat mampu memilihkepala daerah dengan pe-mikiran yang benar-benarrcsional. "Siapapun Buparidan Wakil Bupari rerpilih,itu adalah kehendak yangmaha kuasa," tandasnya.Ditambahkan Budi Wi-

bowo, di lawa Tengah ter-dapat 21 kabupaten/kotayang akan melaksanakanpilkada serentak tahap per-tama pada g Desembermen-datang. Termasuk Purba-Iingga, diharapkan dapatmelaksanakan pilkada se-rentak pada I Desember2015 sehingga tugas sebagaiPlt Bupati Purbalingga akanselesai seteiah pelantikanBupati-\Arakil Bupati terpilih.

Drs Budi Wibowo MSi res-mi meniabat sebagai Pelak-sana Tugas (Plt) Bupati Pur-balingga, mulai kemarin (29l7) pagi. Asisten Keseiah-teraan Ralgat Sekda ProvinsiJawa Tengah irli, mengarvalitugas dengan memipin apelpagi jajaran Aparatur SipilNegara (ASN) di halamanPendapa Dipokusumo.Budi Wibowo diruniuk

sebagai Plt Bupati Purba-lingga, menyrsul selesainyamasa jabatan Bupati Drs HSukento Rido Marhaen-drianto MM, Selasa (271?)lalu. Budi Wibowo akanmemipimpin Purbalingga,hingga teryilihnya bupati

<{_=-

baru hasil Pilkada Purba-

Penugasan Budi l\ribowosebagai Plt Bupati Purba-lingga, tertuang daiam Ke-putusan Gubelnur Jawa Te-ngah Ganjar Pranowo No-mor 131/ 15 tahun 2015ranggal23 Juli 2015 tentangpenugasan Pelaksana TtrgasBupati Purbalingga.''I'Iari ini-(28l7) saya res-

mi melaksanakan tugas Gu-bernur Ganjar Pranowountuk mengisi kekosongan '

jabatan kepala daerah diPurba lingga, meniadi P1tBupati Purbalingga," u.iarBudi Wibowo saat meniadipimpinan apel pagi iaiaran.

Selama rnenjadi pelaksanatugas, dirinya akan me-neruskan pelaksanaan pro-gram dan l<egiatan yangsudah ada dz\n tengah ber-.jalan di tahun 2015. Baikmelalui APBD murni mau-pun APBD perubahanmendatang. Selain itu jugameneruskan yang sudahditetapkan dalam peren-canaan pembangu.nan ta-hun 2016.

"Kehadiran saya hanyamemene.i saja apa yanig su-dah ditetapkan bersamadalam pelaksanaan progrermyang sudah ada," ielasnya.Budi Wibowo juga me-

minta seluruh pimpinanSKPD dan jajaran pelaksanakegiatan, agar berkomitmenmelaniutkan dan menye-Iesaikan program lartg sudahmeniadi kesepakatan ber-sama DPRD Purbalingga."Kita semua tidak boleh

Iepas da komitmen bersa-ma. Kita harus tetap men-iadi satu tim dalam me-wujudkan komitmen yang

sudah disepakati baik dalamprogram 2015 maupun pe-rencanaan program 2016,"tandasnya.

Pada kesempatan tersebut,PltBupati Budi Wiborvo iugamengingatkan iaiaran AS^-di Purbalingga bahwa tugasaparatur dewasa ini semakinberat. Seluruh aparatur di-tuntut keria-keda-ke{a se-bagaimana selalu ditandas-kan oleh Presiden RI JokoWidodo dan Gubemur JawaTengah Ganiar Pranowo.

Memr.rutnlE, semangat ker-j4 kerj4 kerja, mengharuskarpemerintah selalu hadir. padasetiap kebutr:han masyarakatdalam bentuk regulasi, pe-layanan public dan pem-berdalaan maslarakat. "Ba-pak gubernur Ganjar Pra-nowo secara khusus berpesanagar masyarakat nyengku-wngprograrnpembangunandi ]al,\,a Tengah meialui pe-laksanaan program pem-bangunan di daerah masing-masing;' katanva.

Apel pagi jaiaran ASN ka-bupaten Purbalingga, di-hadiri Sekda Imam Su-bijakto, para staffahli bupati,asisten Sekda, pimpinanSKPD dan ijaran AS\ dilingkungan Pemkab Pur-balingga.Usai melaksanakan apel

pagi, Budi Wibowo yang jugaasli kelahiran Baniarnegaramelalcukan peninjauan selu-ruh ruang kerja bagian dilingkurgan kantor SelaetadatDaerah Kabupaten Purba-lingga- Termasuk menyam-bangi ruangkerja Sekd4 WahlBupati clan ruang kerja Bupativang akan ditempatinya se-lama menjadi Plt Bupati Pur-balingga. (tyalbdg)

Page 32: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

!!? E?.:-- Y,-l ! tEt:a ? a. .: .L,: |.:! = !!41. :! str.lJlt ur\, Ltt-Ltttll L

BA.OAI HIIII,A! $ITI)A IIlRNil}'I(]{jA

Radar Banyrmas o Rabu wage 29 Juli 2015

I(ejar Maling,Malah I(ecelakaan

Lima OrangLuka-LukaKARANGANYAR - Aksi

kejar kejarar antara pencuridengan polisi tidak hanvatcradi di dalam film. Senin

llalam t27 /7), tim gabu-ngan Polres Pu rbalinggabersama warga memburupencuri kay'u dari arah pe-rnalang. Namun, saatdalampengeiaran, mobil rvargamengalami kecelakaan danmenyebabkan lima orang

luka.Dari informasi yang di-

himpun warga, kejad iantersebur berlangsung cepatdUalan yang sepi a DtaraDesa Brakas-Ponjen. Saatmasyarakat tiba di lokasi,sudah ada dua mobil pik

up. Satu dalam masuk sa-Iuran irigasi s ed angkansatunya b e j.hen ti tanpaaoa soprr.

Saat warga tiba di lokasi,warga melihat ada lima or_ang yang rerluka. Sehingga,berapa warga Iangsung me-

minta tolong rvarga Jainnyauntuk m envelar)l atkan pe-numpang mobil pikap yangterluka. Sementara iru. da riinformasi lajn menyebut-kan, mobil pjkap B 96-97 IIUm erupakan lrobjl pelrcurikayu pjnus. > ke hat a

bisa cepat terungkap," je-lasnya singkat.Sementara itu, Kasat

l,antas AKP Sudarsono SHMIJ melalui I(anit LakaIptu Aan HerYa\r,an SHMIJ menj elaska n, pihak-nva hanya menangani laka vang mobil penumpangpikap G 1775 ZD. Sedang-kan kasus pencurian Iang-sung ditangani oleh sersePolres Purbalingga.

"Ada Iima orang yangluka ringan dalam I akalerseb ut. Se mua sudahdib awa lce rumah sakitu nruk pengobatan," ka-tanya.

Aan m enjelaskan, mobiJpikap yang mengalamikecelakaan merupakanmobil yang digunakan un-tuk mengejar pcncuri. Sa-at tiba di lokasi, mobiltersebut mengalami ke-celakaan."Mobil kita angkat de-

ngan derek dan tim lakalantas ju ga sudah mela-l<ukan olah f Kg" katanva.(ioki bd s)

Ditemukan Tumpukan Pinusr l(eial

Sambungan darihal5

Sedangkan mobi.l pikapG 1775 ZD mcrupakanmobil vang sedang di-gunakan warga untuk mcIakukan pengejar an ka-wanan maling. Ilalam aksipengejaran tcrsebul, u,ar-ga juga melakukan koor-dinasi dengan Pores Pur-balingga guna menangkapmaling ka1'u dari arahPemalang,lVarga pcnasaran de-

ngan muatan mobil pikapyang ditinggalkan Iang-sung. Mereka langsungmelihat mobil B 9767 \4Uyangtenutup rapat ter pa1."Ada gclondongan kavupinus yang ditutup rerpal,"kata warga yang berkum-pul, Sangroji.Kapolres Pu rb alingga

AKBP Anom Setyadji SIKmelalui Kasat Reskrim AKPDjunedi mengatakan, saatini polisi terus meJakukanpenyelidikan. "Semoga

___._tl --

Page 33: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

-;H

Ed

EE

'.4

oo,

=E'

=

tl

!l

!!

!!

!!

!!

!!

lt

i!ll

!!

i

'6'

E

ln

lt

g

,E

so

E

;oi

=Ee

=ioo,

Y:o:.ol! o)t!o

Page 34: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

vr! Tt!T? Tal I qE',! tr Ig : I ry! i"-j ! : !!.4 !? : !! 4rtl-l./l-t lL t\J Lltt-lvrt L

BI"flA},[ I{IIMT$ $IMA PIJIBTII'IIilA

Radar Banyumas . Rabu wase 29 Juli 2015

-PUNBilHGGATI($PRTS -Dampak KekeringanMeluas

KARA.I{GANYAR -Dampak musim kemarau mulaidirasakan oleh masFrakat petani. Tanaman budidayapetani terancam mati akibat kekurangan air. Merekaberharap bantuan pompa air untuk membantumengairi sawah mereka. Sehingga, tanamaa merekabisa masukmasa panen.

Kepala Desa Kaliiaran, Supiiyanto mengatakan,fasilitas pansimas dan hidran untuk memenuhi airbersih bagi warga memangkurang, "Semalam (Seninmalam_red) Kalijaran dapat bantuan bersih dadBPBD untuk kebutuhan warga," katarrya.

Meskipun demikian laniuf Supri, kebuiuhan air parapetani iustru lebih mengkhawatirkan. > ket:E,lE

parapetani di desanya tidakbisa berharap banyak. Pa-siilnya, kemarau tahun inimembuat lahan petani ke-dng dan tanaman pertaniansulit tumbuh. "Terancamgagal panen, karena kurangair," jelasnya.

Saat mu6im kemaraudanpetani sulit menanam, se-bagian masyarakat akanberalih profesi bahkan se-bagiaD masyarakat me-milih merantau ke luarseperti.lakarta atau Ban-dung untuk bekerja. Pa-salnya, saat musim ke-marau petani tidak bisaberharap banyak dari ta-naman meteka.

Kepala pelaksana BPBDPurbalindga, Priyo Satmokomengatakan, wilayah yangkekurangan air dan sudahmengaiukan bantuan airsudah dibantu. "Kita siapmembantu menyiapkan airbersih untuk warga yangmembutuhk4n," katanya.(ok/bdg)

Saluran Irigasi Rusakr llamm[

Sambungan darihal5

Pasalrrya, rusaknya saluranirigasi membuat petani ter-paksa menyedot air dariSungai Kuning untukmeng-airi sawah mereka.

I-ebih lanjut Supri men-cerilakan, sebenarnya DesaKali.iaran memiliki mesin1)cn1,edot air yang bisa di-gunakan oleh para petani.Namun, kondisi mesin pe:nyedot air rusak, sehinggapara petani terpaksa harusmenyewa ke tempat lainuntuk mengairi sawah me-reka.

"Biasanya petani memin-jam mesin pompa milik .

desa, petani hanya meng-ganti biaya solar. Namunkarena rusak, warga harusmenyewa dad tempat lain,dua atau tiga hari sekali,"katanya.

Kepala Desa TuniungmuliIoko Pranoto mengatakan,

Page 35: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

lrY F-llla Ifi a rE'ltaY !.4" i E i-r! s:=r = =r1e qj

",! !: =l.\Lrtt l-t t \J Ll t .,rta ,.4 \

IAfiN IIIJI\{AN $!TDA II"IXXAI,IIOOA

ffiPanYHmeI

RupiahIUliliaranDana HibahGagal Gair

PURBALINGGA- Puluhan miliardana dalam APBD Kabupatentahun 2015 yang dipersiapkan .

sebagai anggaran hibah, !;agaldicairkan. Hal ini terjadi menyusuladanya larangan pemberian hibahdari anggaran pemerintah kepada

lembaga dan masyarakat yang. tidak berbadan hukum,

ada di dalam APBD 2015, tidaksemua bisa dicairkan. Karena prosespencairan hanya bisa dilakukan untuklembaga dan organisasi masyarakatyang sudah berbadan hukum RI,"kata Kepala Dinds PendapatanPengelolaan Keuangan dan AsetDaerah (DPKAD) Yanuar Abidin.

Tidak Beranilleski mengundang kekecewaan

masyarakat yang bakal menerimadana hibah tersebut, pemkab tetaptidak beranj mencairkan anggaran

tersebut, daripada tersangkutpersoalan hukum.

"Sejakiiiundangkannya regulasiitu, kaml tak bisa apa-apa selainmematuhi ketentuan," imbuhnya,tanpa menjelaskan berapa total danahibah yang belum bisa cair.

Namun, beberapa dana hibahsudah bisa dicairkan karena adaperaturan yang memperbolehkan halitu. Di antaranya adalah dana hibahuntuk pembinaan olahraga yangdicairkan melalui KoNI KabupatenPurbalingga. (SMNerworUhs2-06)

ARANGAT{ tersebutmengacu pada Pasal 298ayat (5) tJndang-UndangNomor 23 Tahun 2014

tentang Pemerintahan Daerah, yang

menggantikan regulasi yang sama,yakni UU 321199.

Untuk bisa mencairkan anggaranini, lembaga dan organisasikemasyarakatan harus menguruslegalitas di Kementerian Hukum danHak Asasi Manusia (Kemenkumham).

"Bantuan hibah untuk lembagadan organisasi masyarakat yang

Page 36: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

?tt ?titt:r^i a ,-FlhE Ig . g .-r! i.!. - t'== !t : !! +rr'IJ-Lr -rr t \J Ll!.t-lu,.l L

BAfiN IIIIII{A$ $I[t)A HIXBAII|,IffiA

ffiBanygmasRabu, 29 Juli 2015

rvr obil Pikap Ditinggaldi Pinggir Hutan

Pinus

PuRBAUNGGA- Polres Purbalingga sempat dilapori

.aunva tusut p"ncurian kayu pinus di Kecamatan

*"r"i"unruirino dibawa denqan menggunakan mobil

,,n-irilri iutrlra lo potisi e-gzoz-Mu' senin (2717)

;ffi ilo. Polisi dan warga sempat mengejar mobil

ij-r."tui. nurrn utnirnya mobil tersebut ditinggal

kabur sanq sopir.(aoolre: Purbalinqqa AKBP Anom Setyadji

."niiiircn, pihaknya dilapori warga terkait adanya

"""Jr'rr* -tirl

r..o'berlangsung di sebuah industri

minvak nilam di Kecamatan Karanganyar' Warga yang

merioetahui lanqsung mengeiarnya menggunakan

moOii pif<ap Suz,rti Futura No Polisi G-177s-zD'

"SemDat dikejar oleh warga, namun sayangnya

."uir u"'no menqeiar terseuut tiaak menquasai medan'

at<trirnva t<ecetaklin Sementara mobil pikap yang

."i""'nofri kuvu "r.sebut

ditinggal kabur di Dukuh

;;;k;;,'D.;, Bunskanel, Kecamatan Karansanvar"'

kata Anomr selasa (28/7).

Baranq Bukti--;;.0 ;r'kti yang ditemukan mobit yang ditinggal

terGut ieraapai uarang bukti berupa batang kayu

rI

oinus ukurdri 70 cm fuii satu bak pikap yang ditutuo

'.""i",r*ru" tatpa sementara tim dari sat Reskrim

iun iii srlr,utu, y."g dipimpin langsung oleh

x""o'iies m"nOutansi iKP p"nemuan barang bukti

,JU,i pL.p v.rg diiinggart<an pelaku yang melarikan

diri ke arah hutan.- lunit r+ dengan anjing peracak beserta anggota

r...t'rirn Jan iuoiu" melikukan pengeiaran terhadap

""i"ii" f,. u"n hutan Kami ikut masuk ke ladang-

il;;;, ;;;. menghilans di jara'r ra1,a Kemungkinan

,"i"t"l a".skr, k..daraan ra'n' Namun sejumlah

;;;y;;;".;. dalam rnoDrr van9. r'rereka tinggalkan

aaa oitunjuk untut< Oisa drLnE(ao"'katalya'- s;;;i;t, lima warga \e'g ne'akukan pengejaran

."noornur.n mobil piiap serupa, mengalami

i"."i"r,.uun di ruas Jalan Raya Karangreja' sehinqga

dimwat di RSUD Goeteng skibat luka-luka-t'i,,iioiuaoi meniaoi dua dalam penanganan kasus

ini.'unit Lak-a Sat Lantas mengevakuasi korban

ke."ruf .in ru"s melakukan pengejaran tersangka

.ui"t aun ,.tur]turnya ke RsuD selain itu juga

,"nauGnqkun trur O;rek untirk mengevakuasi

kendaraan. (mgo5-06)

r OiOuga Milik Pencuri KaYu

Page 37: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

<.\g

6agcs-a

(!

'c(,

-g

to)o,

=Eo,o

lt-a.-O)(!

ILr

a(!,=

.oo

oE)

q

o-cD5

uqE:!oqo- x'<iYr*

Page 38: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

SITI)A PI,JIXAlI,l00A

ffiBanyH,mFF"

Rp 968 futa untuk Pengembangan

Gula KelaPa Organik

?t? !:!F- 7r.1 ! EF:\! Ix ! !L_r!!!!!: n,i+!.r!4IrJJU J-[ t\J LI,..LIY'I L

NilIIIN TIilI(I tr rrrrr ll I tlultll!r-!

PURBALINGGA- Untuk pengembangan kualitas gula kelapa

n"-.";n'a;;;; khrtrtnvu sulu kelapa organik' pemkab .

L""Jr]"f**J, u"ssarin Rp 968 600 000' Anggaran sebesar

it, airr.i iu" oua pa-tet t<epada 13 kelompok usaha bersama

fKUB) dan 125 Penderes''':'-s.niuai ,d"ritan sebanyak dua paket, untuk paket I

l"rr* o"iurutin produksi gula kelapa dengan anggaran Rp

iis.[iiooo, put.t u berupa kendaraan roda tiga senilai R0

ii.68o-000;.t bantuan dapur bersih atau tulgku hemat

;;;;;ir;;t.' Rp 3s3.769.000," kata Kepala Dinas Perdasansan

;;;ri;,,i.;, ierdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop)

o",,. wi..r.J *.t rendamp'ngi Bupati pada oenyerahan - ,.

gintrun penge.oangan Kualitas Gula (elapa 0rganlk 2u15 0l

o"ia ianoinita, Kecimatan Kutasari, baru-baru ini'"- ao* ,"nurl"nfr"n, paket bant'Jan peralatan produksi gula

l"r#. .ii!rrl.. *irt ii rug, unt'tt x"turnatan (utasari paket

i""i*. iiu"it." O.si s KuB, Bojongsar 2 KIJB' I\4rebet 2 KUB'

Penqadeqan 1 KUB dan Ka'anganyar 2 (UB (pt-06)

iJ{iiri\ l1i i\liS St t lir\ i!'\jil v,l i !\ f i t<ti,\1 i\Glr.\

Page 39: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

?r! TltYa Ya! r ral?!;:gS t i--! i &lj = i:+ 4 ! !i --ir,r-lri rr ! \J Lt LLtv Lt \

BAflAI{ Il["llt{l,l $I[t)l PlllXll}lfifiA

@Sanyurrr.lsRabu, 29 )uli 2015

Kader Partai Antar Tasdi-TiwiPURBALU{GGA - PasanganCalon Bupati (Cabup) - CalonWakil Bupati (Cawabup)Purbalingga, Tasdi - DyahHayuning Pratiwi (Tiwi)menjadi pendaftar pertamake Kantor Komisi PemilihanUmum (KP|J), pada hariterakhir pendaftaran,Selasa (2817). Pasangan inimengklaim diusung sembilanparpol yang tergabungKoalisl Bersama l\..lembangunPurbalingga (KBNIP).

Diantar kader PartaiDemokrasi IndonesiaPeduangan (PDIP) dan kaderpartai pengusung lainnyayang tergabung dalam koalisi,keduanya tiba di KPU pukul14.00. lYereka berangkatmenggunakan mobil dari G0RMahesajenat usai Rapat KerjaCabang Khusus (Rakercabsus)PDIP Purbdlingga. Di Kantor

MENDAFTAR : Pasangan Cabup-Cawabup. Tasdi - Tiwidisambut kenthongan ketika tiba di KPU Purbaljngga untukmendaflar ikut Pilkada, kemarin.

KPU rombongan disambutmusik kenthongan.

Ketua Pemenangan Pilkada

KBIYP, Bambang Irawan men-gatakan, pihaknya segerabergemk untuk menyosial-isasikan pasangan tersebutke masyarakat dan meme-nangkannya. Dia menargetkan

pasangan itu menang dan

mampu meraup suala 80 .

persen. "Dengan kerja keras

semua pihak dan mesin Partai,baik PDIP maupun Pariai Pen-dukung, tidak mustahil targetitu tercapai," kata Sekretaris

DPC PDIP Purbalingga itu.Dapat Rekomendasi

Tasdi-Tiwi mendaPat

rekomendasi dari DPP PDIP

untuk maju dalam PilkadaPurbalingga kali ini Pasangan

rnijuga didukung oleh Partai

Gerindra, PKS, PAN, Partai

Nasdem, Partai Hanura, dan

Partai Demokrat. Dua Partaibermasalah, Yaitu Partai

Golkar versi Agung Laksono

dan PPP versi Gus RomY

juga namPak hadir saat

pendaftaran Pasangan ini.

"Kami memProses sembilan

partai, Yang sudah selesai

lima, PDIP, Gerindrd, PKS,

PAN dan Nasdem Yang sudah

ditandatangani oleh masing-

masing ketua umum. Empat

partai ada surat Pemyataanyang isinya masih dalam Pros-es, yaitu Hanum, PPP, Golkar,

dan DemokGt. Pernyataan itu

diserahkan ke KPU," katanya.(HB2/SMt'letwork/mg05)

Page 40: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

Y7? ]NtIt TTI . TFRY :g ! :+r!+.!E E j!.+=! !! =

BAffIA}{ II[]I{A$ $[IDA PtI[BAtI}{fiOA

mBanyumas

Budi Wibowo PimPin APetdan Cek RuanganI Sehari Jabat Plt BuPati

PURBALINGGA- AsistenKesejahteraan Rakyat Sekda

Provinsi Jawa Tengah BudiWibowo resmi melaksanakantuga6 sebagai Pelaksana Tugas(Plt) Bupati hingga dilantiknyabupati-wakil bupati defi nitlf hasil

Pilkada serentak, 9 Desembermendatang. Kehadiran Budi

Wibowo sebagai Plt Bupatimenyusul selesainya masajabatan Bupati Sukento RidoMarhaendrianto dan Watil BupatiTasdi, Senin (2717),

Penugasan Budi Wibowosebagai Plt Bupati Purbalingga,tartuang dalam KeputusanGubernur Jawa Tengah GaniarPranowo Nomor 131/15 tahun2015 tanggal 23 Juli 2015

tentang Penugasan PelaksanaTugas Bupati Purbalingga.

"Hari ini (2817) saya resmimelaksanakan tugas GubernurGanjar Pranowo untuk mengisikekosongan jabatan kepaladaerah di Purbalingga, menjadiPlt Bupati Purbalingga," ujar BudiWibowo saat menjadi pimpinanapel pagi jajaran aparatursipil negara (ASN) di halamanPendapa Dipokusumo, Selasa(2817).

Selama menjadi pelaksana

tugas, lanjut Budi Wibowo,dirinya akan meneruskan

pelaksanaan program dankegiatan yang su-Eah ada

dan tengah berjalan di tahun2015, baik melalui APBD murnimaupun APBD perubahan

mendatang. Selain itu jugameneruskan yang sudah

ditetapkan dalam perencanaanpembangunan 2016.

"Kehadiran saya hanya

memenej saja apa yang sudah

ditetapkan bersama dalampelaksanaan program yang

sudah ada," jelasnya.

Budi Wibowo juga

meminta seluruh pimpinan

SKPD dan jajaran pelaksana

kegiatan agar berkomitmenmelanjutkan dan menyelesaikanproqram yang sudah meniadikesepakatan bersama DPRD,

"Kita semua tidak boleh lepas

dari komitmen bersama, Kita

harus tetap menjadi satu timdalam mewujudkan komitmenyang sudah disepakati, baikdalam program 2015 maupunperencanaan program 2016,"tandasnya,

Kerja-Xerja-KeriaPada kesempatan tersebut,

Plt Bupati Budi Wibowo juga

mengingatkan jajaran ASN

di Purbalingga bahwa tugasaparatur dewasa in; semakin

berat, Seluruh aparatur dituntutkerja-kerja-kerja seba gaimana

selalu ditandaskan oleh Presiden

RI Joko Widodo dan GubernurGanjar Pranowo,

Menurutnya, semangatkerja-kerja-kerja mengharuskanpemerintah selalu hadir pada

setiap kebutuhan masyarakatdalam bentuk regulasi,pelayanan publik, danpemberdayaan masyarakat,"Bapak Gubernur GanjarPranowo secara khusus berpesanagar masy arakat nye ng kuyu n gprogram pembangunan di JawaTengah melalui pelaksanaanprogram pembangunan di '

daerah masinq-masing,"katanya.

Apel pagijajaran AsN dihadiriSekda Imam Subijakto, para

staf ahli bupati, asisten sekda,pimpinan SKPD, dan jajaran ASN

di lingkungan pemkab.

usai melaksanakan apelpagi, Budi Wibowo yang jugaasli kelahiran Banjarnegaramelakukan peninjauan seluruhruang kerja bagian di lingkungankantor Sekretariat Daerah.

Termasuk menyambangi ruangkerja sekda, wakil bupati, danruang keda bupati yang akanditempatinya selama menjadi Plt

Bupati. (pr-05)

Page 41: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

It!

ltnit!!

I!!

fl

i!

il!l

ill1

!!

tlll

il!!

ll!!

III

ilit

ii

tlll

Iti

flII

tl

I

l!!t

il

PELAKSANA Tugas (Plt) Bupaii Budi Wibowo meninjau ruangan diSetda' termasuk ruangan

ir"-s-i;Hll;'"'s ,i";iiii.r i"gioi n"ta."n Pendapa Dipokusumo' selasa (28/7)'

Page 42: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

r7r t-hTt Y/t l T!?\T r!(! !fr!!l!! i t!/!H! !t !!rir.4ri rir\J LttiiJ Lfl

BAflAl{ II[][{A$ $[XDA PIIIBAIII{GOA

ll ,pqm|a'R[! rrpd'l|4rr:-:E'*

lllt .,

Page 43: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

.l'r? Y!!r't Tai tr !-rtR? Ig ? :1-,3 i'-j ! : 14 -u ! .r! ell.Lrt-t !t t \, Lt!.-Lt.u Lt L

BAfiA}'l I{U[{Iq $[IDA IIJMAIJ}{OOA

Sarnt-rtPssrRABU WAGE,29 JULr20r5

9 PARPOL I(AWAL TASDI-TIWIME1\DAFTAR

partai politil mendampingipasangan calon bupati danwakil bupati Tasdi-Tiwi men-daftar ke KPU Purbalingga,Selasa (28 /7') pukul 14.-00IMB. Sembilan paitai ini ada-lah PDIB Gerindra, PKS,PAN, Nasdem, Golkar, PPP,Ha]:lura, dan Demokrat.

9 Parpol KawalTasili-Tiwi

Sebelum mendaftar, DPCPDIP Purbalingga menggelarrapat kerja cabarg khusus(Rlkercabsus) di KompleksGOR Mahesa Jenar. Seluruhlajarar pengurus mulai darianak ranting hingga DPCdiundang. "Rakercabsus tu-juarrrya menyosialisasikanrekomendasi partai dan me-nyampaikan instmksi partaiuirtuli menvukseskan calon

bupati dan wakil bupatiPDIP," kata Tasdi.

Setelah Rakercabsus sele-sai, koalisi partai pendukungdan pengusulg mendeklara-sikan mendulung Tasdi-Tiwisebagai calon Bupati danWakil Bupati Pu16alingga.Ikrar dekla rasi dipimpin-Ke-tua Tim Kampanye PDIP, HRBambang Irawal SH.

Bambang menga talan, da-ri sembilan partai, lima diantamnva telah menvertakansurat re'komend asi 6PP ma-sing-masing partai. Semen-

tara empat partai lain masihdalam proses. Karena tidakada SK dukungan dari Dpp,pengurus kabupaten empatpartai ini menyerahlan sur-atpemyataan mendukung pa-sangan Tasdi-Tiwi.,,Suiatpemyataar berisi komitmenmendukung Tasdi-Tiwi dantidak akar mendukung pa-sangan calon Jairy" kata dia.

D KPU, berkas pendaftarandiserahkan ke ketua KpUuntuk diverifikasi. Ketua KpUPurbalingga, Sri WahyuniAKS, mengatakan, beikas

II

tlI

lt

ri I Dukungan Golkar dan PPP Tunggu

l(esepakatan

)mtG

lIPTJRBALINGGA, SAIETJT-POST-Sebanyak sembilan I Bersambung ke hal 1l

A. IDENTITAS DIRI

1. Nama Lengkap :H. TASDI, SH., MM.2. Tempat, tanggal lahir: Purbalingga, 11 Aprit 19683. Agama :lslam4. S'tatus :Menikah5. Jenis Kelamin : Laki-laki6. Pekerjaan :Wakil Bupati purbalinggaT.Alamat Rumah :Purwosari RT 2 RW 2 Desa Karangreja

Kec. Karangreja Kab. Purballngga8. Alamat Rumah Dinas :Jl. Jend. Soedirman No. 131

PurbalinggaTetp. (0281) 891023

9. Nomor HP :081328745777

Pilkada TerancamDiundur 2017I l[asa Pendaftaran lliperpaniang

HlNGGA.batas akhir pendaf-taran calon bupati dan wakilbupati Selasa (28r) pukul16.00 WB, baru satu pasa-

ngan calon yang mendattarke KPU Purbalingga. Sesuai

r Bersambung ke hal -1 1

Page 44: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

rl __--\-..-..\, _-__-____ __-___l

lr Ill

.'n:r:

#F:I-

ed

N

c{

-qoa-o

Ioo(!

<E

9-=r!

E

E

E

o

=E.q'6

(!

o-f,o-Yo

oo-o

EF.:p

d

r!

o-@

=C15

od)

-9

zozod

-ri.f{ .:

lr

tl

lt

ltrl

ir

<,-_7

Page 45: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

l= Et:(,Its (!

Er!gE

E

oIIo

'E

i:.I!,(EF'(l,

.o)(!

(L

o-ott=Rc,dE2

o.(/)m(!-Ot

ii o-

Er!(!Co, o)

9i;oio)GE>6ct,9o-oEE.! _!8

aofYG.'f;i(5hIIJ d)o.o

Page 46: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

akan langsung divedfikasi.Khusus untul dukungan par-tai Golkar dan PPP yang ma-sih be$engket4 Sri Wahyunimemberikan catatan.

Sesuai Peratwan KPU no-mor 12 tahun 2015, duktmganpartai Golkar dan PPP sahjika disepakati dua kubu ma-sint-masing kepengurusan."Kami menjunjung tinggiPKPU pada penyelenggaraanPilkada, karena itu untukGolkar darr PPP harus adakesepakatan dulu," kata SdWahyrni. (gan)

Pilkada TerancamDiunilur 2017

ketehtuan, KPU Purbalinggaakan memperpanjang masapendaftaran seiama tiga hari.

"Setelah ini kami akanmembuat laporan bahwa yangmendattat hanya satu pasa-ngan. Lalu kami akan menyo-sialisasikan ke parpol jikapendaftaran diperpanjang.Sosialisasi dilaksanakan tigahari,' kata Ketua KPU Pur-balingga Sri Wahyuni, pen-daftaran akan diperpanjang.

Setelah tiga hari sosialisasi,pendaftaran akan dibuka lagiselama tiga hari mulai Ming-gu-Selasa (2-418). Jika sete-lah diperpanjang selama tiga

haii, calon yang mendaftaatetap kurang daridua, makandapat dipaslikan pilkada Purbalingga akan diundur pilkadaserentak tahun 20'17.

Setelah dih itung, PDIPmengantongi 60 persen kursidari syarat minimal20 persen.Sisanya ada pada PKB dandua partai bersengketa, Gol-kar dan PPP Dominasi duku-ngan oleh kubu PDIP mem-persempit ruang gerak kandi-dat lain karean sulit mendapatdukungan partai sebagaisyarat pencalonan.

Sekretaris tim sukses PDleMochamad lchwan, mengata-kan, partainya tidak bisa me-nolak dukungan partai lain.Dari 10 partaiyang mendapatkursi di DPRD, sembilan

menyatakan mendukung pa-sangan calon PDIP Namun,lcwan mengaku optimistisakan ada calon lain yangmendaftar selama masa per-panjangan.

la mengatakan, empat par-tai pendukung yang belummenyertakan rekomendasibisa saja mengubah kebija-kan pengurus kabupaten. JikaDPP empat partaiini mereko-mendasikan calon lain, makabisa digunakan calon lainuntuk maju. "Kita akan me-nunggu sampai masa per-'panjangan usail' kata dia.

Di internal PPP, rekomen-dasi dua kubu jatuh pada duacalon yang berbeda. KubuGus Flomi mengusung pasa-ngan Tasdi-Tiwi. Sementara

kubu Djan Fariz mendukungKento-Aman. Ketua DPC PPPDjan Fariz, Muntoriq lbnuHasan, mengatakan, meski-pun kubunya mendukungKento-Aman, namun di levelpengurus kabupaten tetapmendukung Tasdi-Tiwi.

'Tidak masalah saya dipe-cat. Pusat merekomendasiKento-Aman karena tidaktahu peta politik di Purbaling-gal'ujar dia.

Sementara di internal Go!kar, kubu Agung Laksonomendukung calon PDIP Na.mun kubu ARB belum me-nyatakan sikap yang jelas.Meskipun demikian, Selasasore (2817), kubu ARB meng-gelar pertemuan tim Kento-Aman di DPD Golkar (Gan)

Page 47: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

rrr TEt?1 lai a rrl'\r I!{ ! !Br!{a-l! ? l!-4!! !! AruJ-r-l t-t I \l LlLr-/uLl L

BAOIN III]II{AI $X[DA PUIBITO{OOA

SATELITPOSTRABU WAGE,

2? JUL: 2015

SUASANA pembentukan Tim Assesment Terpadu (TAT) penyalah guna'

korban penyalahgunaan dan atau pecandu narkotika di Kantor BNNK

Purbalingga, Selasa (287).

PURBALINGGA,SAIEIXTOST-SeIa- theng Taroenadibntha.sa (28/7), Badan Narkotika Nasional "Pelibatan BAPAS Purwokerto diKabupaten (BNNK) Purbalingga me- samping jangkauan wilayal kerjanyangunaang se,umlah instansi untuk hingga Purworejo,.juga untuk me-membentuk Tim Assesment Terpadu nangani kasus yang melibatkan anak,"(TAT) penyalah guna, korban penya- uiar Edy.Iahgunaan, dan atau pecandl nar- Menurut Edy, TAT inilah yung !a!-kot*.a. -

tinya berwenang menenhrkan aPakal"Pembentukan TAT adatai amanat seseorang tergolong sebagai penyalah

Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 guna, korban penyalahgunaan, pe-yang diatur lebih laniut dalam Pera---candu atau bagian dari sindikat Pere-iuran Bersama Ketua ViahkamahAgung, daran gelap narkotika. Edy mene-Men-kumham, Menkes, Mensos, Jaksa gaskan, TAT tersebut tidak akan menS-Agung, Kapolri dan Kepala BNN tahun guguikan proses hu,t<urrr yang sedang2014 ientang Penanganan Pecandu berlangsung dan dihadapi seseorurngNarkotika dan Korban Penyalahgu- dalam kasus narkoba.naan Narkotika ke Dalam Lembaga Edy berharap dentan adanya TATRehabilitasi", ujhr AKBP Edy Sartosa, penan8anan permasalahan narkotikaMSi, Kepala BNNK Purbalingga, di menjadi lebih iepq! sasaran. Malcsudkantor BNNK setempat. tepat sasaran di siit, tambah dia. ialah

Edy menyebu&arr sejumlah instansi sesuai dengar semangat ruh Undang-yang diundang BNNK. Antara lain Undang Nomor 35 Tahun 2009, yalnii'olrEs Purbalin"gga, Keiaksaan Negeri humanite udappecandunarkotiGdanPurbalingga, Badan Pemasyarakatan keras terhadap bandar serta sindikat(BAPAS) ?urwokerto, dan RSUD Goe- peredaran gelap narkotika. (gut)

B{(iiA\ llL \'L$ SL I D.{ h\.{ut t'.{ I l,\ l'i l{lJ{1-lNii(jr\

Page 48: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

BAfiN IIU[[4S $[IDA PI]IB,IJJI{OOA

SATELITPSST'l-1 RABU WAGE,I zs rutt zotsl_-

RA(itAN Hi lll \S Slr I D^ -r\lJt PAI L\ yl KuAl,l\(j(j '\

Page 49: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

1n7? ?lir'! Y.ri ! rEt!\T IY | 1!-;1n!! : 14,a:! !! l!irr-/ri rrtU Ltr-Ltu Lt L

BAGIN IIU[{A$ S-IIIDA ?IIIIALNO{jA

SATELITP.SST

RABU WAGE,29 JULr2015

BudlwihowoMulaiBertugas

PURBAUNGGAV SATELTT'PO6T-Drs Budi Wibowo MSi,Asisten Keseiahteraan RakyatSekda Provinsi Jawa Tengahsudah resmi menladi Pelak-sana Tugas (PIt) Bupati Pur-balingga. Dia akan

-memim-

pin daerah tersebut hinssadilarrriknya bupati-wakiJ 5-u-pati definitif hasil pilkadamendatang.

Penugasan Budi Mbowosebagai Plt Bupati Purba-lingga tertuang dalam Ke-putusan Gubemur Jawa Te-ngah Ganjar Pranowo Nomor13 1 / 15 tahun 2015 tanggal 23Juli 2015 tentang PenufasanPelaksana Tugas Bupati Pur-balingga.

"Hari ini (kemarin, red)saya resmi melaksanakantugas Gubemur Ganiar Pra-nowo untuk mengisi keko-

I

)) Hari ini (kemarin, red) saya resmimelaksan-akan tugas G ubern u rGanjar Pranowo untuk mengisi

kekosongan jabatan kepala daerah diPurbalingga, menjadi plt Bupati

Purbalingga.ggDrs BUDI WIBOWO

Plt Bupati Purbalingga

son^gaajabatan kepa.ta daerah Selama menladi petaksanadi Purb:Iiagga, menjadi Plt tutas, Ianjut 6Lrdi'Wibowo,Bupati Purbalhgga," ujar Plt diiinya a'kan meneruskanBupati Purbalingga Buili ll,i- petiksanaan program danbowo saat menja?i pimpinan Legiatan yaig,Irduh aduapel paBr laiaran Aparatur dan tengah berialan di ta_Sipil Negara (ASN) il] hata- hun2015. Baik melaluiAp-]13" Pg.-t!?pu Dipokusumo, BD murni maupun APBDSelasa (28/71. perubahan.

"Kehadiran saya hanyamemenejsaja apa yang sudahditetapkan bersama dalampelaksanaan program yangsudah ada," ujamya.

Apel pagi i;iarah ASN ka-bupaten Purbalingga dihadiriSekda Imam Subiiakto, parastaff alrli bupati, asisten'Sek-d4 pimpinan SKPD, dan jaja-ran ASN dilingkungan Pem-kab Purbalingga.

Usai mElaFsanakAn apetpagi, Budi Wibowo mela-kukan peninjauan seluruhruang kerja bagian di ling-kungan Sekretariat DaerahKabupaten Purbalhgga. Ter-masuk menyambangi ruangkeria sekda, wakil bupati danruang kerjabupati yang akanditempatinya selama meniadiPIt Bripati'Purbalingga. ([email protected])

Page 50: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

It!

tl!!

I!!

tlii

Il!

Ill

!!

It!

tlI

tlI

tltl

II

II

il!t

lt!!

tl!i

il!!

Page 51: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

TrY ?!'t?l f/l I tr!t\, IX ! !!r!N! ? !r-1! !! 4rrllrr lt I \.J LtlLlytl L

BAGIA}{ IIU[{,{$ $[t'DA PIJRBAIII{C{A

SATELITP*STRABU WAGE,29 )U:t2015

Pilkada, PNS Harus Tetap Netr

pelaksanaan pilkada dan kita tetaDprofesional dalam pelaks4naantugas,,, ujar plt Bupati Budi Wibowosaat pelalksanaan apel pagi jajaranASN purbalingga di f,afamin perr_

dapa Dipokusumo , Selasa {28 /7).Dia berharap di pilkada nanti tidak

ada PNS yang nakal. Budi Wibowomengaiak iajaran PNS atau .\SNselalu menjaga kondusif itas daerahsupaya pilkada dapat berjalanlancar.

PNS sebagai aparatur siPil Negara,laniut Budi Wibowo, wajib ikut

a1

PELAKSANA Tugas (Plt) BupatiPurbalingga Drs Budi Wibowo MSimenginga tkan jaiaran pegawai negerisipil atau Aparatur Sipil Negara(ASN) di iajaran Pemkab Purbalingga

tetap neiral dalam pilknda. Pltmengaku siap mengawal pelaksanaanpilkada yang akan digelar 9Desember mendatan&.

"Mari kita iaga netralitas dalam

nienfasilitasi pelaksainaan pilkada.Caranya bisa.melalui sosialisasimaupun pendidikan kepadamasyarakat. Itu dilakukan agar -

masyarakat mau menggunakan hakpilihnya dalam pilkada.

"Siapapun bupati dan wakil bupatiterpilih, itu adalah kehendak yangmaha kuasa." uiarnya. (rudal afgani)

tsA(iI-q.N UL N!$ li!,1D:\ t'ABr'v.{ I l,n lt (lJAl-l\G(i,\

Page 52: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

rr? !F,:n, Tfl ? ,1?-!aY :y * : t.::!:! : ti.,1 :- , !! nir,fJrJ' -u t \J LltLly lt I

BA{ilAN II[]IIA$ SITI)A PIiRBAIII'IO(}I

]ATELITPOSTRABU WAGE,

29 JU| 201s

rl

!!

ll

Page 53: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

ll-aJtt tl, t \.l Ll Lt-lt-, Ll L

Dua Koalisi Parpo[ Bubar,

Hanya Tasdi-Tiwi

yang MendaftarPURBALINGGA- Jelang pen-daftaran pasangan Cabup danCawabup cii Pilkada Pur-balingga, dua koalisi yang di-galang gabungan parpol, rnasing masing Koalisi Bersatuyang digalang Partai Golkar,Paftai Arnar.rat Nasional (PAN),lartai Keadilan Sejah tera(PKS), Partai lers.lLuln Pcmbangunan (PPP) serta PartaiBulan Bintang (PBB) dan Koa-lisi untuk Perubahan (Kubah)yang digalang Partai Cerindra,

,?

Partai Kebangkitan Bangsa(PKB) .lan Partai Hanur.r "di-

pastikan bubar.Dua parpol anggota Koalisi

Bers.rtu masinB-masing I'ANdan PKS suclah mcmiiih ber-gabung dengan PDIP untuktnengusung pasangan TasdiTiwi. Hal tersebut dibenarkanKetua DPD PKS Purbalingga,Ustad Wiharnanto, SelasaQ8/7). "Kaml berkoalisi de-ngan PDIP trergusung Tasdi-Tiwi," ujarnya.

-

,liIJJ

!

h1:'I

tI

BACAKAN IKR4R : Pintl,i'nn 9 ynrltcl l.onli-i ntitt ,nr, nl ikrnrd-ukttu\ntt lirhllnp po-nuSnu H l,,.,lt SH MM Dvnlt Hcrtttttitt:Prntiwi SE Econ (Tasdi-Tizoi), Setnsn (2817 ), sekaligus miiutaftiiknnpasaxgan tcrsehul kc KPU P urltnlinggn. lii. Foto : joko Santoso-Tj

RA(IIA}'[ I{II[{A$ $HNA PI]RIAI,I!{Ii{IA

Rabu Wage, 29 JuIi 2015 1&',&&3r;&$ax?

&${€E,rX&*.!i }\{1... ., r:,-iq!,!*i.1t fa:rr:!i ;:n..ri, irt:.:Jir {i

esEsB ,*;k

Page 54: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

Sedangkan Kubah jugabubar, karena Partai Gerindrajuga memilill keluar dan ber-gabung dengan PDIP. "PartaiCerindra rnemilih berkoalisidengan PDIP, karelra sesuairekomendasi DPP yang men-calonkan pasangan Tasdi-Ti-wi," kata Ketua DPC PartaiGerindra Purbalingga, lmamPoerseto.

DPC PDIP Kabupaten Pur-balingga Selasa (28/7) jugamensosialisasikan pencalonanpasangan Cabup-Cawabup HTasdi SH MM-Dyah HayuningPratiwi (Tasdi-Tiwi). Kegiatantersebut dikemas dalanr RapatKerja Cabang Khusus (Raker-cabsus) yang dihadiri jajaranstruktural di semua tingkatan.Acara digelar di GOR MahesaJenar. "Selain dihadi olehstruktural PDIP di semua ting-katan, Rakercabsus juga cliha-diri jajaran parpol koalisi," kataWakil Ketua DPC PDIP Pur-balingga, Tongat SH.

X Satu PaslonTahapan Pilkada Purbaling-

ga terancam ditunda. Pasalnyahingga batas waktu pendaf-taran ditutup pada Selasa(28/7\ baru satu PasangalrCalon (Paslon) yang mendaf-tarkan ke Komisi PemilihanUmum (KPU) setempat.

Ketua KPU Purbalingga SriWahyuni, petang kenarinmembenarkan hal tersebut.Diungkapkan pihaknva mem-buka pendaftaran Paslon sejakMingglr (2iil8). Namun baruada pasangan H Tasdi SH MM-Dyah Hayuning Pratiwi (Tas-di-Tiwi) yang mendaftarkandi . Pasangan tersebut diusungoleh PDIP bersama 8 parpolpendukung. "Hingga pendaf-taran ditutup tidak ada PaslonIain yang mendaftar,' ung-kapnya.

Dijelaskan karena baru adasatu Paslon yang mendaftar,maka sesuai aturan pihaknyaakan'melaku-kan sosialisasikembali tentang tahapan pen-calonan di Pilkada Pulba-lingga. Selaniutnya mulai Sabtu(1/8) hingga Senin (3/E) pi-haknya akan kembali mem-buka pendaftaran. "Jika sampaipendaftararl kembali dibukatak ada lagi yang mendaftar,maka mengacu aturan pelak-sanaan Pilkada yang akan di-gelar 9 Desember 2015 akanditunda pelaksanaannya padatahun 2017 mendatang,' tegas-lYa.

Sekreta s Tim PemenanEianTasdi-Tiwi, HM Ichwan SFImengatakan mayoritas parpolmemang memberikan duku-ngan terhadap pasangan yang

direkomendasikan oleh DPPPDIP tersebut. Menger.rai ke-mungkinan tidak adanya Pas-lon lain yang mendaftarkandiri, pihaknya enggan ber-spekulasi. "Kita lihat saja per-kembangannya setelah KPUmernbuka kembali pendaliaranPaslon. Politik kl.nn dinamis,'ujarnya.

Sebelumnya pasangan Tas-di-Tir,r,'i, Selasa (28l7) men-daftarkan diri ke Komisi Pe-milihan Umum (KPU) Pur-balingga. Pasangan tersebutdidukung oleh 9 parpol.Masing-masing adaiah PDIP,Partai Keadilan Sejahtera(PKS), Partai Amanat Nasional(PAN), Partai Gerindra, PartaiNasdem, Partaj Demokrat,Partai Hanura, Partai PersatuallPembangunan (PPP) dan PartaiGolkar. "Hanya satu partaiyaitu Partai Kebairgkitan Bang-sa (PKB) yang tidak men-dukung pasangan Tasdi-Ti$'i,"kata Ketua Tim PemenanganTasdi-Tiwi HR Bambanga Ira-wan.

Sebelum mendaftarkan dilike KPU, pasangan Tasdi-Tiu'idideklarasikan. Acara dihadirioleh ratusan massa parpolpendukung sefta relaI{.an.Bambang mengatakan pi-haknya memberikan respekterhadap dukungan mayoritas

parpol terhadap Pasanganyang mendapatkan rekomen-dasi dari DPP PDIP tersebut."Koalisi 9 Parpol yang men-dukung Tasdi-Tiwi kami na-makan Koalisi Bersama Mem-bangun Purbalingga, "ungkaP-

' Diungkapkan, dari 9 ParPolmendukung, terdaPat emPatparpol yang rekomendasi daripimpinan pusat ParPolnya be-lum hrrun. Masing-masingHan ra, Partai Demokrat, Par-tai Golkar dan PPP. Namunpengurus parPol dj tingkatkabupaten memberikan du-kungan kepada Pasangan ter-sebut. "Kami selaku Pengu-

sung Tasdi-Tiwi membirikanrespek terhadap dukungantersebut da n menerimanya -de-

ngan tangan terbrlka," ung-kapnya.

Deklarasi diisj denganpembacaln ikrar dukunganrmtuk nremena ngkan pasan[anT.rsdi-Tiwi vang dipimpin olehBambang Irawan. Diungkap-kan p taknya mentargetkanmampu memenangkan Pilkadalurbalingga dengau keung-guian nrencapai 80q.. "Kamjdidlkung rnayontas parpol.makaDva k,rmi optimistis me-nang," imbuhnya. ii*

sT-'ri

Page 55: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

rr? Yt\Ya Yal I [r'!hr IlLt-r[1 L[ I U Lt Lt-,ltJ Ll L

Persibangga Rekrut Striker Timnas U-19PURBALINGGA - Manajementim Persibangga (Purbalingga)mulai melakukan perekrutanpemain untuk menghadapi Tur-lamen Piala Kemerdekaan.Salah satu pemain yang akanmemperkuat tim berjuluk Las-kar Soedirman tersebut adalahShiter Timnas U-i9, BemandusFemando.

"Ada tiga pemain luar yangkami datangkan. Selain Fer-nando juga ada pemain sayapImam Agus Faizal yang pemahberlatih di Uruguay dan YusufSaputra yang notabene adalahpemain muda potensial," kataManajer Persibangga, H Roh-man Supriyadi, Selasa Qa/D.

Diungkapkai selain pemaid-pemain tersebut, pihaknya iugasudah memanggil pemain yangpernah memperkuaL Persibang-ga dalam kompetisi sebelum-

Mengingql persiapan yang ing di partai purcak " ujartermasuk mepet, maka latihan Roirman Supriyadi. ffi

impin langsung oleh Siswantodan Pelatih Kiper Indra Jaya,serta. Pelatih fisik KurniawanSulawijaya.

ffi Persiapari Mepet

di{okuskan .pada Pemantapan

Manajemen Persibangga mm-targetkafl bisa lolos dari penflsi-harl gmp. "Kekuatan masing-masing kontestan merata. Kamiyakh bisa lolos dari fase gmpba}kan bisa mmang danbertand-

pENCAItAIId-\r: S ekrelaris Persibangga hnam SR didampingi Asistcn Manajer Bangun lrianlolnemberiknn

petgarahan kepada pemain saat latihah- perdana menghadapi Turnameu Pialn [<emctdekaan, selasa t Zbl/ )-W

BAffIA}{ IIUI{A$ $I[DA IUIXAIJI,IOOA

lttlwasan II

Rabu Wage, 29 Juti 2015

nya. Di penjaga gawang ada na- tmmznork.PelatihSiswarto men-ma Sulaimin dan Muaziz Syafii. gatakan, dalam waktu yang

Untuk barisan pertahanan pi- singkat tidak mungkin bisahaknya memanggil Wamo, Ing- menggenjot latihan fisik.git Prayitno, Rizky dan Faizol 'Mereka ini adalah pemain yangArif. Di lapaagan tengah dia me- sudah lama jadl satu tim. Jadimanggil Farikhiry NarLto, tinggal melatih kerja sama agarAnugerah Setiadji dan Asep. lebih kompak," tandasnya.Untuk stiker masih mengan- Persibangga akan berada didalkan Gunaryo dart Anggi Grup C Turnamen Piala Ke-Prabowo. "Mereka mulai merdekaan. Persibangga satuberlatih secara Spartan di bawah grup dengan Persis (Solo),Pelatih Siswanton" ungkapnya. . Persinga (Ngawi), PPSM (Mage-

Latihan dilaksanakan di Sta- lang), PSIR (Rembang); dandion Goenteor'" Darjono dip- Persiba (Bantul).

Foto : foko Santoso

Page 56: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

,rT tTtra Yll ! rrrnX! !9! !r-l!: ItJ!H! !ll.l.ltl ttt\J ltLlrt/

BAOIII{ IIUil{A$ $[IDA IruAIIilOGA

Rabu Wage, 29 Juti 2015 wallasan

kadaP-uFba linggaTerancamTertunda

P it

SEMARANG - TahapanPilkada Purbaiinggaterancam tertunda. Dari21 daerah, hingga bataswaktu pendaftaranditutup Selasa (2817)

pukul 16.00 WIB barusatu pasangan caldn(Paslon) yangmendaftarkan ke KomisiPemilihan Umum (KPU).

Ketua KPU Purbalingga Sri

Wahl'uni mengakui ha1 terse-

but. i'ihaknya membuka Pen-

Bermmbung kt hal 7 kol 3

1. Kota Semarang (tiga paslon):) Soemarmo - Zuber Safawi. Pengusung PKB, PKS, Sigit lbnugroho - R Agus, Sulyoso. Pengusung Gerindra, PAN, Golkar), Hendrar Prihadi - Hevearita Gunaryanti. Pengusung PDlq Demokrat, Nasdem-

2. Rembang (tiga paslon):,rAbdul Hafidz - Bayu Andriyanto (Calon Perseorangan),Hamzah Fathona - Ridwan. Pengusung PKB, PDIP, Gerindra,Sunarto - Kuntum Khairu Basa. Pengusung PKS dan Demokrat

3. Purbalingga (satu paslonl:)Tasdi - Dyah Hayuning Pratiwi. Pengusung PDlq Gerindra,

4, Kebumen (tiga paslon):) Khayub M Lutti -Akhmad Bakhrun- Pengusung Golkar,,) M Yahya Fuad - Yazid Mahfudz. Pengusung Gerindra,>Bambang Widodo - SunaTif,. Pengusung PDle dan Hanura

Bersambung ke hal 7 kol 1

BA(il.'\j\ HL.i\i-1s 5tj i Dr\ liijl i'Al L\ yL Rur\l-i\(^,r

Page 57: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

Pilkada ..... (Sambungan hlm 1)

daftaran Paslon sejak Minggu(2617). Namun baru pasanganH Tasdi SH MM -Dyah Hayun-ing Pratiwi (Tasdi-Tiwi) yangmendaftarkan diri. Pasangantersebut diusung PDIP bersamadelapan parpol pendukung."Hingga pendaftaran ditutuptidak ada paslon lain yzngmendaftar," ungkap Sri Wah-)'uhi

Terkait pendaftaran pesertapilkada di Purbalingga, KetuaKPU Jateng Joko Purnomo me-ngatakan, KPU Purbalinggaakan mengirim surat kepadaseluruh partai politik (Parpol)setenpat. Sosialisasi dilakukanmulai 29-31 Juli, disusul per-panjangan pendaftaran pada 1-3 Agustus. "Kemudian KPUKabupaten/Kota akan melaku-kan verifikasi selama tujuh ha-ri. Jika hasil verifikasi adakekurangbenaran data, makaakan kami bed kesempatanperbaikan selama tiga hari,".ungkap ]oko saat ditemui, ke-marin.

Joko mengatakan, jika adapenolakan di KPU' kabupa-ten/kota terhadap parpol yangmengusung, maka ha1 tersebutlartaran ada syarat yang belumdipenuhi. Syarat tersebut yaknirekomendasi dari Dewan Pim-pinan Pusat (DPP). Bagi partaiyang memiliki dua kepemim-pinan, maka harus mendapat-kan rekomendasi dari kedua-nya

"Dua partai PPP dan Golkaryang ada dua kepemimpinanini yang harus dapat rekomen-dasi dua-duanya. Khususpenda{tar di KPU Purbalingga,saya harap ada yang mendaf-tar. Karena iika tidak maka Pil-kada bisa -diundlr hingga201,7," tegasloko.

lw MundurSetidaknya ada tiga anggota

DPRD di Jateng yang mengun-durkan diri dad jabatannya-Mereka mundur lantaran men-calonkan diri sebagai kepaladaerah da-Jam Pilkada. Pengun-duran diri tersebut dilakukanatas Peraturan KPU (PKPU)yang sudah disahkan Mahka-mah Konstitusi (MK), bahwaanggota DPR/PNS/TNI/Polriharus mundur saat ditetapkansebagai calon kepala daeraholeh KPU.

Tiga Dewan yang munduryakni Asip Kholbihi, Sarif Ab-dillah, dan Arif Rohman. Me-reka berasal dari Fraksi PKBDPRD Jateng. Sa$f mengung-kapkan kemunduramtya seba-

Eai anggota dewaqfqrdah dila-kukan sejak rekomendasi tumnrrnhrkDva qeaara otomatis. ke-anggotaan ketiganya akan di-pengganti anta$'aktu (PAW)."Masalah PAW, DPW (DewanPimpinan Wilayah) yang me-ngurus," tegas Arif yang jugamenjadi anggota Komisi BDPRD fateng.

Sementara di Partai Kea-dilan Sejahtera (PKS) terdapatdua kadernya yang mundurdari anggota dewan- Satu ang-gota dewan Dedi Indriyantoyang menjabat sebagai wakilketua DPRD Sragen. Lainnya,Hamid Nur Yasin merupakananggota Komisi IX DPR RI,dan sudah resmi mundur. HaIitu dikemukakan Ketua DeskPilkada PKS Jateng Hadi San-toso.

"Karena ini bagian dari pe-nugasan partai, maka ada kesa-daran untuk mundur. Jadianggota DPR atau tidal<, semuakader harus mendukung pe-nuh kesuksesan calon dariPKS," tandas Hadi . * Mq|ST-sn

Page 58: Kliping berita tanggal 29 juli 2015

Yrr trttL ?ai a ,'nhY Ag! !!r!!E!!?lr4H!!!SirLrri utU LltLlrJ Lt \

BAOIAI{ III][{A$ $[TDA IIJRBAiNOOA

wawasan Rabu Wage, 29 Juli Z0'15

Jadi Ptt Bupati Pur:halinggaPURBALINGGA- AsistenKesejahteraan Rakyat SekdaProvinsi Jawa Tengah Drs BudiWibowo MSi resmimelaksanakan tugas sebagaiPelaksana Tugas (Plt) BupatiPurbalingga hingga dilantiknyaBupati-Wakil Bupati definitifhasil Pilkada serentak 9Desember mendatang.Kehadiran Budi Wibowosebagai P1t Bupati Purbalingga,menyusul selesainya masajabatan Bupati Sukento Rido .

Marhaendrianto dan WakilBupati Tasdi pada Serun(27 /7).

Penugasan Budi Wibowosebagai Plt Bupati Purbalingga,tertuang dalam KeputusanGubernur ]awa Tengah GanjarrPranowo Nomor 131/15 tahun2015 tanggal 23 Juli 2015tentang penugasan PelaksanaTugas Bupati Purbalirgga.

"Saya resmi melaksanakantugas Gubernu|Ganjai

Pranowo ultuk mengisikekosongan jabatan kepaladaerah di Purbalingga, meniadiPlt Bupati Purbalingga," ujar

Irlt Bupati Budi Wibowo saatmenjadi pimpinan apel pagijajaran Aparatur Sipil Negara(ASN) di halaman PendapaDipokusumo, Selasa (28 /7).

Selama menjadi pelaksanatugas, laniut Budi Wiborvo,dirinya akan meneruikanpelaksanaan program dankegiatan yang sudah ada dantengah berjalan di tahun 2015,baik melalui APBD murnimaupun APBD perubahanmendatang. Selain itu iugameneruskan yan sudahditetapkan dalam perencanaanpembangunan tahun 2016.

"Kehadiran saya hanyamemandge saja apa yang sudahditetapkan bersama dalampelaksanaan program yangsudah ada," jelasnya.

& KomitmenBudi Wibowo juga meminta

seluruh pimphan SKPD dan

jajaran peiaksana kegiatan agarberkomitmen melanjutkan danmenyelesaikan program yangsudah menjadi kesepakatairbersama DPRD Purbalingga."Kita semua tidak boleh lepasdari komitmen bersama- Kitaharus tetap meniadi satu tinldalam mewujudkan komitmenyang sudah disepakati baikdalam program 2015 maupun'perencanaan program 2076,"tandasnya.

Usai melaksanakan apelpagi, Budi Wibowo yang jugaasli kelahiran Banjarnegaramelakukan peninjauan seluruhruang kerja bagian dilingkungan kantor SekretariatDaerah Kabupaten Purbaling-ga. Termasuk menyambangiruang kerja Sekda, WakilBupati dan ruang kerja Bupatiyang akar ditempatinya selamameniadi Plt Bupati Purba-'lingga.W SI-?l

Foao: ST

Budi Wibowo

ti,.\Gir!\ Hl \1-'$ SL t DA l\iti\ vr\ I Ll i'l 1{u:\l -l\Gtir\