kliping berita tanggal 22 november 2014

42
KLIPINGMEDIA BAflN IITIII{A$ $[IDA PIJIBAIil{OOA $UARA MERDEKA (a B.rr-t = ;-2 - ti i+,t4 Separah CPI{ S Honorer IQ DapatNIP PURBALINGGA - Seba- nyak 110 tenaga honorer CPNS Kategori Dua (K2) akhirnya mendapatkan Nomor Induk Pegawai (NIP), awal bulan ini. Adapun sisanya dari total 202 orang K2 saat ini, masih dalam proses mendapatkan NIP terse- but. Kepala Bidang Pengemba- ngan dan DiHat Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Purbalingga, Wahyu Prasetiyo' no, kemarin, mengatakan kemu- ngkinan mereka yang belum mendapatkan NIP akan mendap- atkannya pada pekan ketiga hingga akhir November ini. "Meski penyerahan ke pem- kab belum ada kepastian, namun proses atau tahapan penetapan NIP honorer T(2 tetap berjalan. Kami optimistis segera tuntas. Para tenaga honorer juga sudah kami meminta memantau sendi- i melahn o nline," j elasnya. Sepeti diketahui, sebanyak 202 orang tenaga honorer K2 yang sudah lolos tes CPNS dan kelak resmi ditetapkan NIP-nya. Mereka akan ditempatkan di Kabupaten Purbalingga di se- jumlah instansi sesuai dengan asal mereka maupun sebalikny{ tergantllng kebutuhan pegawai,' "Para honorer K2 yang membutuhkan hformasi resmi bisa membuka website BKN (Badan Kepegawaian Negara). Jika tidak memungkinkan, bisa mendatangi B KD Purbalingga. Setidaknya kami bisa mem- berikan gambaran lebih lanjut mengenai informasi dari atab atau BKN dan Kanreg BKN." katanya.(t182-63) RAGI,A}.] HI ]\{AS SF,TI}A K,ARI]P.dTE}i ?I]RRAI.INGGA

Upload: humas

Post on 06-Apr-2016

258 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

Himpunan Kliping Berita Lokal dan Regional Tanggal (22/11/14) oleh Bagian Humas Setda Purbalingga

TRANSCRIPT

Page 1: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KLIPINGMEDIA

BAflN IITIII{A$ $[IDA PIJIBAIil{OOA

$UARA MERDEKA(a B.rr-t = ;-2 - ti i+,t4

Separah CPI{ S Honorer IQDapatNIP

PURBALINGGA - Seba-nyak 110 tenaga honorer CPNSKategori Dua (K2) akhirnyamendapatkan Nomor IndukPegawai (NIP), awal bulan ini.Adapun sisanya dari total 202orang K2 saat ini, masih dalam

proses mendapatkan NIP terse-but.

Kepala Bidang Pengemba-ngan dan DiHat Pegawai BadanKepegawaian Daerah (BKD)Purbalingga, Wahyu Prasetiyo'no, kemarin, mengatakan kemu-ngkinan mereka yang belummendapatkan NIP akan mendap-atkannya pada pekan ketigahingga akhir November ini.

"Meski penyerahan ke pem-kab belum ada kepastian, namun

proses atau tahapan penetapanNIP honorer T(2 tetap berjalan.Kami optimistis segera tuntas.Para tenaga honorer juga sudahkami meminta memantau sendi-i melahn o nline," j elasnya.

Sepeti diketahui, sebanyak202 orang tenaga honorer K2yang sudah lolos tes CPNS dankelak resmi ditetapkan NIP-nya.Mereka akan ditempatkan diKabupaten Purbalingga di se-jumlah instansi sesuai dengan

asal mereka maupun sebalikny{tergantllng kebutuhan pegawai,'

"Para honorer K2 yangmembutuhkan hformasi resmibisa membuka website BKN(Badan Kepegawaian Negara).Jika tidak memungkinkan, bisamendatangi B KD Purbalingga.Setidaknya kami bisa mem-berikan gambaran lebih lanjutmengenai informasi dari atab

atau BKN dan Kanreg BKN."katanya.(t182-63)

RAGI,A}.] HI ]\{AS SF,TI}A K,ARI]P.dTE}i ?I]RRAI.INGGA

Page 2: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

{r

BAGIAN HLMAS SEMA PURBALIN*GGA

Page 3: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KLIPNGIIMDIABAOIN IIUII{A$ $[IDA NMBflT{OOA

SUANArENDEXIsneru,22 NoVEMBER 2014

Sembilan SiswaSMK 3 MundurPURBALINGGA - Selama 2 tahun ini, ada

9 siswa asrama kelas 1 dan 2yangmengundurkan diri dari SMK 3 Purbalingga,

yang semula dikenal dengan sebutan SMK

Duafa.

'Ada sembilan siswa asramayang keluar. Ini paling meng-ganggu pikiran saya. Saya berta-rap tidakadalagi siswadi asramayang ke1uar,".kata Kepala SMI(Juwani.

Menurut pengamatannya,anak-anak dari keluarga miskinyang keluar itu, karena tidak betahtinggal di asrama dengan perafli-ran yang mefeka nilai terlaluketat. 'Mereka selama ini biasahidup bebas di rumah. Tidak adaaturan ketat. Sehingga ketika ma-suk di asram4 mereka kaget de-ngan aturan yang sudah ada,"tutumya.

Aturan itu antara lain harusbangun pada malam hari untukshalat, shalat 5 waku berjamaah

di masjid kompleks sekolah,makan dan minum dengan jadw-al teratur, jam tidur juga diatur.

Juwani mengaku tidak habispikir, dengan keputusan anak-anak itu. Sebab semua kebutuhanmerek4 baik kebutuhan sekolahmaupun pribadi harian, dipenuhiolehpemerintah.

'Mereka diberi lima pasang

pakaian dan tiga pasang sepatuper tahun. Mereka juga diberi alattulis, tas, buku, pakaian dalam,dan sabun. Setiap hari, merekaju-ga makan tiga kali dan memper-oleh makanan kecil 2 kali," jelas-

nya.

AnggaranUntuk memenuhi kebutuhan

harian setiap anak di asrama,

dalam sebulan dibutuhkan ang-garan Rp 800 ribu per anak.Adapun untuk saat ini, di asramaituterdapat 130anak.

Menurut Juwani, pihaknyasudah melakukan seleksi sangat

ketal untuk menerima siswamiskin.

Ada tes kesehatan untukmemastikan calon siswa tidakmemiJiki penyakit menahun.

'Tangan sampai wmg pemer-intah habis untuk membiayai pen-gobatannya. Setelah itu teswawancara orang tua dan calonsiswa tentang komitmen danintegdtas," katanya.

Dalam seleksi siswa padatahun ke-2 lalu, pihaknya belum

seleksi nilai. Seleksisemata-mata berdasarkan tingkatkemiskinan.

"Tahun depan kami akanmenerapkan seleksi nilai. Kamiprioritaskan warga miskin tetapipintar, agar sekolah ini bisaberprestasi. Agar bisa diperhi-tungkan sekolah lain," tegasnya.(F1G63)

l{z

R.AGi AN l{I I\'{ AS SE.'i'i) A I\ ARI rP \TE\i PI IP.B a.LIN(IG.A

Page 4: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

PURBALINGGA - Ada-nya sejumlah siswa SMK 3 Ru-balingga yang mengundurkandiri, membuat Bupati SukentoRido Marhaendrianto meny-atakan keprihatinannya.

"Mereka tinggal masuksekolah, semua dicukupi, kokmrotlwli," kata dia ketika dite-mui Suara Merdel<a di opera-tion room Graha Adiguna,belumlamaini

Dia mengatakan, SMK 3dibagi 2kelornpok siswa. Yak-ni siswa yang masuk asramayang dari keluarga miskin, dansiswa reguler dari keluargamampu.

"Ke depan saya akan minta

12 SMK negeri di Purbalingguntuk menerima masing-ma-sing 2 anak dari keluarga mis-kin. Sehingga ada 24 anak yangsekolah di SMK negeri," kata-nya.

Bupati menarnbahkan, parasiswa miskin ini gratis, namuntidak perlu masuk asrama. Jadimereka tetap sekolah di SMKnegeri yang dekat dengan ru-mahnya.

' Mereka dalam pemantauankepala SMK masing-masing.Soalnya kalau semua siswa mis-kin masuk SMK 3, berat biaya.Apalagi BBM naik sehinggabiaya operasional ikut naik,"katanya.(F1G63)

. Semula dikenal dengan sebutan SMK Duafa

Sum06/n SMK 3 Purbafingga.(F1h6g)

I.:

$

,i

I

ts..\GI:\r\ H[.llvI.{S SIr'I'D.,\ Pt.iRB,,\LINGGA

Page 5: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

4>

g

S

\)

-Y\)4\.v"54

5J

a'.

-\a0o

\)

!h^o;

sa..oN.\A)

S

bq

ti

Uc/)

qJErl

FET\

:.

ts..\GI,iL\i HLii,{AS SETDA PURI]..U-ii\--GGA

Page 6: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KLIPINGMEDIA

BA$IAI{ IIU[{A$ $MA It]NBflft{OOAIt

22 NOVEMBER 2014

Guru:Wffi hlloratorium pNS tliil S-2ffipff

PURBALINGGARencana moratorirrm PNS 20 1 5-2020 yang digagas oleh pusatmembuat para guru wiyata baktigusar. Mereka khawatir tidakdapat diangkat menjadi CPNS.

Salah satu guru honorer, AgusTiiono, mengatakan meskipunrencana moratorium tidakberlaku untuk tenaga kepen-didikan dan kesehatan, namuninformasi tersebut harus ada keje-lasan. Sehingga guru honorertidak khawatir tidak bisa diangkatjadiCPNS.

"Guru honorer harus menda-pat kejelasan dari pemerintah.Bila ada larangan pengadaan

CPNS, guru honorer nasibnyaakan seperti initerus," katanya.

Sementara itu, Ketua Persa-tuan Guru Republik Indonesia(PCRI) Purbalingga. Sarjono,mengatakan tanpa moratoriumpim, Rtbalingga masih kekuran-gan guu. I-€bih dari seribu gurumasih dibutuhkan untuk menga-jar di seluruh sekolah di Purba-lingga.l00Orang

Jika dipenuhi secara bertahapmelalui perelautan CPNS umunlminirnal setiap tahun seharusnyabisa mencapai 100 orang. Jikatidak mencapai 100, maka dihara-pkan lebih banyak dari tahun-

tahun sebelumnya.

"Kami mencatat setiap bulanada belasan guru yang purna.Tentu kami berharap ada kepasrian terulis jika moratorium itutidak berlaku untuk guru,"katanya.

Ia mengatakan, pemerintahpusat harus menyadari jika keku-rangan guru di daerah harusdilengkapi dari non-CPNS. yangdibiayai dana BOS dengan batas-an maksimal 20 penen. Padahalbesaran itu masih sangat kurang.

"Saat ini kami hanya men-gandalkan guru wiyata bakti.Karena itu, guru honorer yangkemarin menunggu SK CPNSdari guru, harus segera adakepas-tian," Arnbahny a. (t182-63)

B.{GiAN HI-I]\{AS SETDA K.ASI IP.qIEN PI]R.RAI -TNGGA

Page 7: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KLIPING NIEDIA

BAOIN IIffiA$ SITDA ruIBAIil{OOA

$UANA MERDEKASABTU,22 NOVEMBER 2A14

TNI-Rakyat Tidak Ada JarakPURBALINGGA-Jajaran

Kodim 0702 Purbalingga, mela-

kukan pendekatan dengan aPa-

rahr wilayah melalui olah raga.

Mereka menggelar pertanding-an sepak bola dengan aparatur

di Kecamatan Kali-manah, Jumat (2llll).

Kepala Staf Kodim (Kas-dim) 0702 Mayor Kav HariYo-no, mengatakan pertandingan dilapangan Kalimanah Kulon iru.

bukan mencari kemenanganmelainkan memupuk keber-samaan.

"sebelumnya, kami sudah

menggelar pertandingan seruPa

di wilayah Koramil Karangrejadan Kutasari. Kali ini gilirannyaKoramil Kalinianah," kata dia.

Dia menuturkan, nanti se-

mua koramil di jajaran Kodim0702 akan disambangi."Dengan kegiatan olah ragasemacam ini, tidak ada jarakantara TNI dengan rakyat,"katanya.

Menurut Kasdim, pertan-dingan itu tidak hanya dilakukan

sekali. Pihaknya berencanamelawan Kalimanah iagi bulandepan, di lapangan bola GORGoentoerDa{ono.ThrunkanKades

Camat Kalimanah Bam-bang Sukendro, menyambutpositif pertandingan persaha-batan tersebut. Pihaknya me-nurunkan sejumlah kades danperangkat desa untuk melawankesebelasan Kodim.

"Ini salah satubennrk silatu-

rahmi. Di kecamatan ada kora-mil sehingga kami perlu kerjasama," kata Camat yang ikutbermain dalam laga Yangberakhirdengan skor seri 1-1 itu.

Menurut Camat, denganolah raga itu maka badan menja-

di sehat. Jika sehatmakabisabe-kerja, misalnya menarik Pajakbumi bangunan (PBB) di desa-

desa. "Karena kalau di wilaYahitu patokannya adalah PBBlunas. Karena itu saya menu-runkan pemain dari unsur kepala

desa dan perangkat desa,"tunrmya. (F10-63)

PerekrutanCPNSGuruBisaDigelar

PURBALINGGA - BadanKepegawaian Daerah (BKD),memastikan moratorium CPNSyang diwacanakanpemerintahpu-sat dari 2015-2020, tidak berlakuuntuk tenaga kependidikandankesehatan. Dua ppfesi tersebuttetap bisa mendaftar dalamperekrutan CPNS yang digelaroleh pemerintah daerah (pemda).

Kepala Bidang Pengembang-an dan Dklat Pegawai BI(D Pur-balingga, Wahyu Prasetiyonomenjelaskan, posisi tenaga kepen-didikan dan kesehatan tetap diper-bolehkan untuk diisi melaluirehutnren pegawai yang sudah di-atur sebehuxnya secara tertuka

"Informasi ini saya dapat daripemerintah provinsi; BadanKepegawaian Nasional, dankementerian terkait di pusat." ?

Dengan demikian. pemen4-tah kabupaten masih dapatmenggelarperehutan CPNS for-masi umum untuk kedua formasitersebut saat dibutuhkan.

Untuk diketahui, tahun ini,Pemkab Purbalingga nten-gusulkan 3.000 formasi CPNS,tetapi hanya mendapat jatah 40formasi. Adapun untuk tenagakependidikan/guru, mendapatjatah tujuh formasi dan tenagpkesehatan mendapat tiga for-masi. (FIS2-63.y

BAG{ AN HI f\{AS SETI}A K. ARI T! ATE\i PI rRR A.i,IN(Ki.r.

Page 8: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KTIPINGMEDIA

BAOIA}{ II[IIIA$ $I[DA }I]RBAIII{OOA

Radar Banyrfmas o Sabtu Ktiwon 22 November zo14

Penarikan Penarikan Tak ladi SoalSekdes PI{SBelum Jelas

Terkait Penerapan W Tenung Desa

PURBALINGGA- Realisasi penarikansekdes PNS di sejumlah desa yang saat inimasih aktif, belum jelas. Padahal, pe-nerapan IIJ Nomor 6 Tahun 2014 tentangDesa rnengandung konsekuensi ditariknyasekdes itu ke satuan kerja terdekat. DalamUU itu sekdes tidak diisi oleh PNS.

Kabid Pengembangan dan Diklat.Pe-gawai BKD Purbalingga, Wahyu Pra-setiyono menjelaskan, pihaknya belummelakukan langkah apapun karena masihbelum ada peraturan pemerinlah sebagaipayung rujukan menangani sekdes PNS.

"Selama belum ada PR kami belum bisamelakukan langkah- Iangkah, Kita tunggusaja kepastiannya, namun entah kapan dankamisiap menindaklanjuti jika sudah adainstruksii' jelasnya, )umat (21l1 1).Ia juga mengatakan, untuk mengisi

kekosongan sekdes yang sesuai atuian lamabisa diisi PNS, juga belum bisa dilakrikankembali. Saat ini dari224 desa, sebanyak102 sekdes sudah berstatus PNS."Gambarannya sesuai pengarahan se-

belumnya dari pemerintah provinsi, sekdesPNS akan ditarik ke SIPD terdekat, misalnyaditarik ke kecamatan tempat desa iru ber-do misili," tarnb ahnya.

Menurutnya, penarikan itu kemungkinanbesar mempertimbangkan masih banyaloyakekurangan pegawai di tingkat SKPD yangada di wilalah. Ia meminta sekdes PNS pngada tetap menunggu informasi resmi yangal<an diberikan oleh pemkab. > l<e H 10

r ?lrrillrtSambungan dari hal 7

Saat ini, sekdes PNS di-minta tetap bekerja sesuaitupoksi masing- masing.

Ia juga mengatakan, antaraUU tentang Desa denganUU ASN diakui ditetapkanpada tahun yang sama. Se-hingga membutuhkan pe-mahaman dan penerapan-nya di lapangan. Pihaknyaakan segera melakukan lang-kah- langkah sesuai pe-rintah dan amanat UU jikasudah ada mekanisme res-mi.

Camat Rembang, Suwarto

mengatakan, pihaknya su-dah pernah mensosialisa-sikan adanya rencana pe-narikan itu dihadapan parasekdes PNS. Tanggapansekdes tidak masalah dantidak menjadi peisoalan.Namun karena belum adaperintah dari pimpinan,maka ia tidak berani me-ngambil langkah- langkahpenarikan itu.

"Sekdes PNS sudah tahudan kita berusaha agar me-reka tetap di desa sesuai pe-nempatannya. Untuk lang-kah selanjutnyd menungguinstruksi dari pernerintahi'jelasnya, kemarin. (amr/bds)

IURB[tIlIGGR24 lfiil,' . ::;, '::t.,:i.1::::.' '. .:

Anda memiliki unek-unek tentangberb4ai hal demi Perbaikan dan

kemajuan Purbalingga yang penting tidakrrenyinggung sara dan fitnah.

Caranya.ketik PBG: unek-unek

kemudian KIRIM SMS

KE: 081 -327-333-778

Drainase dan J ala nBergelombang

.Temyata masih banyak drainase yang mampetdan jalan bergelombang sehingga air hujantergenang. NN. 082225571655

RAGIAN HLIN,{AS SE,TDA }IABUPATEN PLIABALIN(KiA

Page 9: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIAI{ IIUhIA$ ffiTDA P1INBIMffOA

SUARA MERDEKASABTU, 22 NOVEMBER 201 4

"Gepet" Diganf atTiger Award

PURBALINGGA- Film bertaj uk Cepetgarapan

pelajar SMP 4 Satu Atap Karangmoncol

diganjar film pendek terbaik Kompetisi

Film Pendek yang digelar lkatan Apoteker

!ndonesia dan Komunitas Penulis Skenario

dan Sutradara lndonesia (KPSSI).

Penerimaan penghargaan "Ti- apoteker dan pegiat film antara laingerAward" 2014 ilnl,diumumkan DediAlfiandriAllison, Toto Soe-

di Jakalta Rabu (19i 11) malam. gnwo, Anis J Boesra, Wahlu Nu-Dewan Juri Kompetisi Film groho, dan Santosa Amin memu-

Pendek yang terdiri dari kalangan tuskan, film besutan duet sutradara

Eko Junianto dan Trismo Santosoini mengalahkan puluhan karyafilm dari seluruh Indonesia.

Sutradara Cepet, Eko Juni-anto mengaku senang film gara-pannya berhasil memenangkanjuara lagi. Padahal. ia hanya inginsekolahnya mendapatkan perhat-ian pemerintah.

"Saya sangat senang. Prestasiini saya persembahkan untuk seko-lah dan teman-teman saya.''ujamy4kemarin.

Adapun film Cepet (Cepat)bertutur tentang seorang anak ber-nama Sakhirin yang ingin kakak-nya sembuh dari sakit telinga dan

Uatrt. Iu be{umpa dengan mkang

sayur yang biasa menjual obat serta

tetangganya yang memiliki siruP

obat batuk yang tersimpan sejakduabulan laluDitambah

Tukang sayur itu memberinyaresep obat oplosan dengan sedikitcatatan.

Jika ingin cepat sembuh makadosisnya harus ditambah. Tetapi,

akibat overdosis, kakak Sakhirinjustru meninggal lebih cepat.

"Kisah ini banyak dijumPaidi desa sekitar tempat tinggal Pa-ra siswa. Banyak masyarakatyang membeli obat oplosan kare-

na ketidaktahuan mengenai efeksamping dari obat," kata gurupendamping ekstrakurikulersinematografi SMP 4 Satu AtaP,Aris Prasetyo.

Adapun Kompetisi FilmPendek "Tiger Award" tahun inibertema "Dapatkan, Gunakan,Simpan dan Buang Obat Secara

Benar".Juara kedua dan ketiga ajang ini

diraih oleh film pendek berjudultlmmi' Harus Sembuh karYasutradara Ferry Permana (Cine-marna, Bekasi) dan Obat Tukang

Obat karya Anto(Chee Film,Cilegon Banten). (K35- 1 4)

RAGJAN I-II.I\1{S SE,TDA (,ABITPATF,\] PI TP.RA'I,IN(}G q

Page 10: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KLIPINGMEDIA

BAGIN IIII[{A$ $I[DA PI]RBAINOOA

SABTU, 22 NOVEMBER 2014

CuriAspal,AyahdanAnakDibui

PURBALINGGA - MA-jelis hakim Pengadilan Negeri(PN) Purbalingga, Kamis(2011 1) menjatuhkan hukumanpenjara kepada seorang ayahdan kedua anaknya, karena ter-

bukti mencuri aspal. Merekaadalah Siwan (59), Ijan Toro(35) danAgus Prianto (31), keti-ganya warga Kelurahan Tlitih,Kecamatan Cilacap Utara,Kabupaten Cilacap.

Sidang ketiga terdakwa di-lakrrkan teqpisah, tetapi dengan

majelis hakim yang sam4 yaitudiketuai oleh Neden Rika P SH,dengan anggota Guntur Pambu-di SH, danAgustinusYudi S SH.

' Dalam persidangan terung-kap, pencurian itu berawal keti-ka 14 Agustus lalu, sebuah ruktangki membawa aspal curah kePT Sambas Wijaya di Desa Pe-

naruban, Kecamatan Kaligon-dang. Ketika akan masuk kegudang, trukharus antre. Saatitusupir pulang dan truk tangkiditunggu oleh Ijan Toro, kemetkendaraan tersebut. .

Saat itulah muncul niat Ijanuntuk mencuri aspal tersebut.Pada malam itu, sekitar pukul21.00, dia diam-diam mengam-bil aspal itu. Caranya denganmernbakar bagian selang pem-buangan yang mengakibatkanaspal mencair dan mengalir.Aspal itu dialirkan menggu-nakan seng panjang berbentuk Udan dimasukkan ke dalam 23knndi. Dia kemudian menyem-bunyikan dalam umkan pasir.

Setelah itu dia menghubungiadiknya, Agus Prianto untukmenj emputnya meng gunakanmobil bak terbuka. Sejam kemu-dianAgus datang ditemani olehayahny4 Siwan. Ijan dan Aguslalu menaikkan aspal hasil curi-annya ke mobil bak tersebut.Adapun Siwan mengawasi daridalammobil.DicurigaiWarga

Tetapi temyata aksi mereka

tidak berjalan mulus. Baru men-gangkut empat kantong asPal,

aksi mereka diketahui oleh war-ga yang curiga. Akhirnya mere-

kamengakui dan ditangkap olehwarga kemudian diserahkan kepetugas Polsek Kaligondang.

Dalam sidang tuntutan sebe-

lumnya, Jaksa Penuntut Umum(JPU)Adenellah Harto SH, me:nuntut Ijan dan Agus hukumanpenjara delapan bulan. Demi-kian juga dengan j aksa HaryantaSH yang menrmtut penjara dela-pan bulan pada Siwan. Sebabketiganya terbukti melanggarPasal 363 ayat I ke 2tentangpencurian dengan pemberatan.

Tetapi dalam persidangan,ketiga terdakwa memintakeringanan dengan alasan mere-

ka adalah nrlangpunggung kelu-arga. Mereka juga menyatakanrnenyesali perbuatan dan tidakakan melakukannya lagi, sertabelum pemah dihukum. Denganpertimbangan itu, majelis hakimakhirnya menjatuhkan vonisempat bulan lebih ringan dariruntutan.jaksa. (H82-63)

B,{CIAN HI]\{.{S SF,T]]'A KARI ]PA'T'F,N PI IRR4J ]NG(}A,

Page 11: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KTIPINGMEDIA

BAOIN IItilNAS $[MA PUIBAIII{GGA

Radar Banyumas o sabtu Ktiwon 22 November 2014

PK[ GalorNekot

Iualan Kembali- punbelrrvcce - pEa-

gang Kaki Lima (PKL) diLapangan Purbalingga Lo4,

Kecarnatan Purbalingga ne-kat kembali berjualan diIokasi semula. Padahal, Pe-merintah KabuPaten (Pem-

. kab) Purbalingga melarangmereka berjualan di lokasitersebut.

Berdasarkan pantauan Ra-darmas di lapangan, ke-marin (21 / Ll), beberaPapedagang,mulai kembalimembuka Iapak daganganmereka di sisi utara laPa-ngan. Total ada tiga PKLyang berjualan, dua PKL diIokasi yang sebelumnYatelah dibongkar rsendiri o-leh para PKL, sedangkansatu lainnya berjuralan disamping tbmbok kelilingSDN Purbalingga l-rt r 2.

Bahk4n, salah satu, PKLnekat kembali membuatbangunan semi permatten,untuk berjualan kemb.ali.PKL itu membangun ba-ngunan semi perrnanen disisi sebelah timur tembokkeliling SDN PurbalinggaLor. Meski, bangunan itubelum ditempati untuk berj-

i ualan. BerbedadenganduaI PKL yang kembali mem-

buka lapak di sisi sebelahutara lapangan, mereka su-dah mulai berjualan selamadga hari terakhir.

Kanit Dalops Satpol PPKabupaten Purbalingga Te-guh Surr gkono mengatakan,pihaknva belum menge-tahui kembalinya PIC- ber.jualan di Lapangan Pur-balingga Lor. "Selama satupekan terakhir, kami fokusdalam penialaian AdiPura.Iadi kami beluin melakukankembali pengecekan ke la-pangan. Namun, kami ber'janji akan mengecek ke-beradaan PKL di LaPangan

-Purb ali n gga Lo r," kat'anYa

dihubungi via telepon se-

Iularnya,-kemarin (21 I ll)sore.Dia menegaskan, sesudi

dengan aturan Yang adaPKl-tetap tidak boleh ber-jualan di sekitar IaPangan'Purbalingga Lor, termasukmembangun bangunan se-

mi permanen di sisi sebelahtimur teinbok keliling SDNPurbalingga Lor 2. "Lokasitersebut terlarang: untukaktivitas PKL. APalagi me-reka tidak berijini' ujamva.

Dia menambahkan, ren-cahanya dalam waktu dekatini pihalarya, akan kembalimendatangi para PI(L, Yangnekat berjualan kembalitersebut. "Kami akan kem-bali melakukan Pendekatankepada para PKLi tegasnla-

Rencananya, SatPol PPjuga akan berkodrdinasidengan pihak terkait, untukbisa merelokasi PKL-'dariLapangan Purbalingga Lor."Kalau disetujui buPati danpihak terkait, PKL akankami tempatkan di dePanUPT Logam. Karena PKLmeminta ditem-patkan. diIokasi yang tidak terlalu jauhdari Iokarsi berdagang se-belumnya,," tambahnYa.

Tak hanl;a akan mEner-tibkan PKL di LaPanganPurbalingga Lor, PihaknYajuga akan menertibkan PKLdi depan Kantor Dinas Pen-didikan (Dinr{ik) Purba-lingga. Sebab, Para PKLsudah nekat membuat tendasemi permanen di dekatlokasi tersebut. "K,ami barumendapatkan lapo'rannYa.Iadi belum kami t'indak,akan tetapi dalam waktudekat ini akan kami laXcukanpendekatan untuk kemu-dian ditertibakn," jelas:nYa.(tyaZtaS)

!r!rSelama satu Pekan

terakhil kami fokusdalam Penialaian

Adipura' Kami berjanjiakan mengecek

keberadaan PKL diLapangan Purbalingga

LOr,

Tequh SungkonoKaiitDaloPs SatPolPP

B,qGIAN HLTN,{AS SETDA KABUPATEN PLTRBAI-INGGA

Page 12: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KTIPINGMEDIA

BAGIAI{ III]lllA$ $[MA PI]IBAIffOOA

Radar BaryUmas o Sabtu Ktiwon 22 Novembe r 2014

PUBBA1IIIGGA EI(SPAES

Bup ati Minta Pariwisata

Terus BerinovasiPURBALINrcA - Meski kembali me-

raih penghargaan di bidang pariwisata,nupati eurbalingga Drs H SukentO Rido

-\larhaendrianto \'l\1 mengaku belumpuas. Dia meminta kepada pengelolaobiek rl'isata Yang ada di KabupatenPurbalingga, unnrk terus berinovasi, agar

bisa terus bersaing di sekor \f isata'Hal itu diungkaPkan buPad usai me-

nerima plakaidan penghargaan TravelCIub Totuims Award (TCIA) di Hall Sasana

Krila Taman Mini Indonesia Indah (Tlv[I)lakarta, Kamis (20/1I) malam. Bupati juga

mengatakan semakin memantapkan ko-miuriennla unruk mengembangkan pa-

Rekam Catatan

Penting di Buku

AgendaAKTIFTTAS sehari- ha-

ri sebagai anggota dervandlrasa cukup mengurasrvaktu, pikiran dan te-naga. Karena itu. dirinlamembuluhkan duku-ngan maksimal dari Per-lengkapan kerja, catatandan lainnla. )ketd 1a

riwisata Prubalingga. > ,eH10

PENGHARGAAN TCTA: BuPati berfotobersama usai menerima penghargaanTCTA, kemarin.

r mfiilSambungan dari hal 7

Ya, itulah vang dirasakananggota DPRD Purbalinggadari Partai Hanura Yoni Koe-

swoyo Sf Meski jaman sudahsemakin canggifu keberadaanbuku pegangan agenda sangatdiperlukan unmk rnencatatpoin- poin penting yang hantsdisikapi maupun diPelajarl

Catatan penting rapat maupun pertemua[ kunjungan dilapangan dan lairurya selaludicatat dengan baik. Bukuagenda itu akan sangat mem-banflr memahami persoalandan melalukan pembahasanatau sekedar untukPengingauKebiasaan mencatat dalambuku agurda itu dilakukannfasejaklama.

"Saat kita membutuhkankembali hasil kunjungan darilapangan, hasil rapag tinggalbuka saja tanggal dan Poinyang penting, sudah mem-bannr. Memang ada Ponsel,dan lainnl"a yang lebih cang-gih, namun buku agenda jelasmasih dibutuhkan," ungkaPpria berposttu tings ini

Kegunaan lainnla, catatanakan lebih lehrasa dan mudahdisampaikan kembali. Ter-masuksaatadaperunlaandarirekan wanawan, dia bisa lang-sung membuka uraian Yangdibutulkan. "PrinsipnYa, j a-ngan sepelekan catatan Yangpenting di agenda. APalagimanusia kadang pelupa saat

sudah dihadapkan Pada Per-soalan lain yang membutuh-kan pemikiran mendalami'tambahnya. (amr/Udg)

Bupati menjelaskao tahunini Purbalingga semakin me-nrantapkan dirinla sebagaisalah sattr destinasi wisata ]anglav,ak dikunjuhgi. " Selain Ob-yek Wsata Bojongsari (Owa-bong), Purbalingga memilikiobyek wisata lainnYa Yangterus berkembang. SePertiPurbasari Pancuranmas,Sanggaluri Parh Goa Lawa,Waterpauk Walik MonumenTempat l-ahir Jenderal Soe-dirman, prendakian Gunung

Slamet hingga beberaPa desawisata"" jelasnya-

Bupati menerima Penghar-gaan tersebuq didamPingi P1t

Kepala DinbudParPora Susilo

Utomo, IGbid Pariwisata Pra-

vimo, Direktur PD Owabongf,tnsnu Haryo Danardono danpemilik Obyek Wisata Pen- .didikan Purbasari PancuranMas, H Sarimun. Acara itu,dihadiri Menteri PariwisataKabinet Kerja Iokowi-IK AriefYahra- (tfa/bdg)

Penghargaan ladi TantanganI lulrti.

"sambungan darihalT

'Dengan penghargaan ini,membuicikan bahwa pariwi-sau Ptubalingga mampu ber-saing dengan kabupaten dankota lain di Indonesia. Bal*antahun ini kita mempe rolehGold unurkkategori The Mosttmproved. Irri tantangan agarhtaterus melaktrlcan inolasi disekor pariwisat4' kataryra.

BAGIAN HL]MAS SETDA KABUPATEN PLIRBALISIGCA

Page 13: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KLIPINGilMDIABAOIAI{ IIt]i[A$ $[MA PUIBAIil{OOA

Radar BartWmas o sabtu Kliwon 22 November 2014

PurbalinggaKe@r@anSerihu

namun hal ini tetaP mem-buat masYarakat khawatir.Apalagi tanPa moratorium,;"mtut guru di PPilalinggaselalu kurang. PasalnYa,kekosongan guru di Pur-batingga saat ini mencaPailebih dari 1000 orang guru'

"Kami mencatat setiaPbulan ada belasan SuruYangpuma. Tentu kami berharaP

uau fcepastian'temrlis jikamoratorium itu tidak ber-

GuruTanpaMoratorium ffiIumlahGuruTeuPKumng

PURBALIITGGA- Mora-torium PNS tahun 20I5-2020 sedang digagas olehpemrintah Pusat. Meskiiudah ada kabar jika mora-torium tidak berlaku untukguru dan tenaga kesehatan,

Kami mencatat setiaP bulan

ada belasan guru Yang Puma'-Etto kami berharaP ada

kenastian tertulis jika morato-'.i'"r"i* tidak beilaku unnrk

gurui,

SarionoKetua tlinum PGPd

Purbalingga

taku untuk guru," j elas Kenra

PGRI KabuPaten Purba-lingga, Sarjono,kemarin.Ii mengatakan, Pemerin-

tah pusai harus menYadariiika icekurangan guru di dae-iah harus dilengkaPi darisuru non CPNS Yang di-6ia]'ai dana Bojilg*!.tasan ma}simal 20 Persen'' "Saat ini kami hanYa me-

neandalkan guru wiyata bakti'K-"renanYa, honorer Yangtemarin mentrnggu SK CPNS

iiu*t ..g"* adikePastiani'tambahnYa.

Berdasirkan catatan, ke-

huangan guru di Purbalinggasaat ini mencaPai 1'000 orang

tebih. Iika diPenuhi secara

beEafrap metilui relsr'twrenCPNS umum, minimal setiaP

uhun sehamsnYa bisa men-capai I00'orang. ]ika tidakmencapai 100, diharaPkanalokasinya lebih banYak daritahun- tahun sebelumnYa.

Sementara itu, waktu Yangdibutuhkan untuk Peme-nuhan kekurangan g:ulr sa-

ngatpanjang. > kedl0

Seleksi Guru PI\S Masi-hAdlmasih bisa menggelar re-krutmen CPNS formasi u-mum saat dibutuhkan. Yak-

ni untuk formasi tenagakependidikan (guru) dankesehatan. Informasi inisaya dapatkan dari Pihakpemerintah ProPinsi mau-pun BIC\ dan Kementerianterkait di pusati' jelasnYa.(amribdg)

I Pur[alinggaSambungan dari hal 7

Namun pihaknYa Yakindengan upaYa oPtimal me-macu kinerja guru Yang ada,pendidikan tidak akan ter-tinggal.

Terpisah, Kabid Pengem-bangan dan Dik-lat Pegawai

BKD Purbalingga, WahYrrPrasetiyono menjelaskan,moratorium FNS hingga2020 tidak berlaku untuktenaga kependidikan dankesehatan. Dua bidang itutetap diperbolehkan diisimelalui rekrutm en Pegawaiyang sudah diatur sebe-Iumnya secaraterbuka.

"Jadi kami di kabuPaten

B.qGIAN HL]N(AS SE:|DA KABIIPATEN PURBAI-TNIGGA

Page 14: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KTIPINGMEDIA

BAOIN IItiIllA$ $[MA PUIBAIil{GOA

Radar Bartyumas o Sabtu Ktiwon 22 November2Ol4

MAN Purbalingga Raih PURBIIII{GGA TIGPRTSMadrasah Award Nasional Masyarakat Desa I(ramat Impikan Irigasi

PURBALINGGA- Madrasah AliYahNegeri (MAN) Purbalingga kembalimenorehkan prestasi. Sekolah dibawah naungan Kementerian Agamaitu berhasil meraih predikat terbaikkedua tingkat nasional kategori Ma-dra.sah Riset dalam Lomba MadrasahAward tahun 2014 yang diadakanKementerian Agama RI.

Prestasi itu mengantar MAN Pur-balingga menerima penghargaan be-rupa tropi, sertifikat, serta uang pem-binaan dari Kemenag RI. "Ini prestasiyang sangat membanggakan, dan se-makin menyemangati para guru dankaryawan MAN Purbalingga. Ha-rapannya mampu menjadikan lulusanMAN semakin berkualitas," ungkaPKepala MAN Purbalingga, Drs SuratnoMPdI, Iumat tzr/lr).

Ia menjelaskan, sebelumnya pihaknyamenjalani uji kelayakan atau final yangdilaksanakan di Hotel Asana Kawanuajalan Cempaka Putih Raya |akarta Pusat,Kamis (20/ll). Dalam final itu MANPurbalingga akhirnya lolos sebagaiperingkat kedua nasional kategori Ma-drasah Riset.

"Sehingga secara Resmi MA\ Pur-baiingga dilulehkan sebagai MadrasahRiset oleh Dirjen Pendidikan Madrasah,'tambahnya- > keHl0

KARANGMONCOL-Warga Desa Kramat KecamatanKarangmoncol mendambakan saluran irigasi guna mengairisawahrnereka. Sehingg4 para saat musim kemarau parapetani bisa tetap menanam padi. Masyarakat Desa IGamatA-tnaji (45) menuturkarq selama ini para petani Desa Kramathanya bisa menanam padi saat musim hujart. pasalnya,sawah yang ada di Desa Kramat adalah sawah tadah hujan.

Maji menambahkan, Ietak sawah yang dekat dengan aliranSungai Tlambra bisa memberikan keuntungan bagi parapetani. "Tapi belum adanya aliranirigasi ke sawah, membuataliran sungai belum malcsimal termanfaatkanj' tutumya.

Kepala Desa Krarnat Imam Suwarso mengatakan, saluranirigasi sudah diimpikan masyarakat sejak lama. Karena,adanya aliran irigasi bisa meningkatkan produkifitas parapetani. "Petanihanyabisa menanam satukali tanaml€rena

adalah sawah tadah hujan Tapi kalau ada aliranirigasi, mereka bisa menanam tiga sampai empat kali pertahunnyal' jelasnya-

Masyarakat berharap, pemerintah bisa membantumasyarakat Desa Kramatuntukmewujudkan impianmereka.A.danya saluran irigasi bisa meningkatkan ekonomimasyarakat dan kesejahteraannya [ok/bdg)

Siswa Dilatih Pertanian Organikr ilil Puftallrgga

Sambungatn dari hal 7

tcbih lanjut dikatakan, se-

belumnya sekolah Yang diPim-pinnva telah meraih Prestasiperingkat pertama nasionaldalamlomba lawatan Sej&ahNasional (Lasenas) Yangdiadakan oleh Dirien Kebu-dalaan, Pemuda dan OI,ah Ra-

ga'(Budpora) KementerianPendidikan Nasional di iRiau,

dan jugaperaih emas sena Pe-rak dalam lomba KomPetisiSairn Madrasah (KSM) Itr tittg-kat nasional yang berlangzurgdi Makasar, Provinsi Sulawesi

Selatan, akhir Agustus lalu.langkah madrasah ini mam

pu meraih predikat itu se-

Lenamya sudah diriintis sejak

tahun 2007 dengan menerap-kan prograrn Ialur Ktrusus (]K).

Dari siswa-siswa IK inilahdibentuk Program KelomPokIlmiah Remaj a/KIR Cendekiayang fokus Pada Pengem-bangan Nanrral Farming ataupertanian berbasis alam.

"Prinslp kami, selain mem-bekali siswa dengan Penge-tahuan agama dan IPtek siswa

juga diajari cara betemak saPiayarn, dan memnam berbagal

lenis saprran dengan basisalamj'rincinya.

Suratno berharaP, Prestasivans telah diraih mamPuieu#a tititu*a unnrkmelajupada prestasi selanjutnYa'Sehingga beberaPa Progampenelitlan harus segera di-wuj udkan baik Penelitianltn gdilakukan oleh siswa mauPunDaraguru.

"'UEninaatanjuti Predikatitu, saat ini kami sudah mem-benrukkelomPokkerja (Pokia)

Pengembangan MadrasahRisei tvt N Purbalingga Yaitu

membidangi 3 Penelitian,masing- masing PenelitianSislva, Penelitian Guru,sertaPenelitian Kelembagaani'ujamya. (amr/bdg)

RAGIAN HLIMAS SETDA KASIJP.{IEN PL1RBALINICGA

Page 15: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

RaCiaf Banlrumas r Sabtu Ktiwon 22 November 2014

Nran Sungai Kuninfuicam30KK

KARe\CANyCR-Grah hujan yang tinggi membuat 30Kepala Keluarga (ICq di Dusun3, Desa Kalijaran m€rasr wils_was. Pasa-tnya, aliran SungaiKUTnC terus mendekati pe-mukimanpenduduk

Masyarakat Dusun 3 Ka_lijaran, Sunarto (eO) me_

nuturkan, selain mendekatipemukimarq reukan-retakandi sekitar tebing yang dekatclengan pemukiman wargamulai terlihat. "Kalau hujingede, kami was-was, taicuttebinglongsor dan air sungaimasuk ke pemukiman,,,tLrtumya. i kehd tu

ANCAM RUMAH: Aliran sungai-sungai di bagian hulumengancam keberadaan rumah yang berada di tepi sungai.

Makin Dekati Pemukiman

r fliran rumahnya dekat denganaliran sungai. "Masyarakatyang ada di dekat aliransudah merasa khawatir ka-rena hujan berapa hari inicukup besarl' tuturnya.Aliran Sungai Kuning bu-

kan hanya merubah sarvahmenjadi aliran sungai. Na-mun, akibat bergesernyaaliran sungai membuat ali-ran irigasi yang mengairiratusan sawah di Desa Kali-jaran dan Desa Kaliorirusak dan petani saat inihairya mengandalkan airhujan untuk menggarapsariah.

Mawarakat berharap, pe-merintah bisa membantuuntuk menahan aliran su-ngai dengan membuat ma-tras-matras dan bronjong dialiran yang dekat denganpemukiman. Sehingga, ali-ran sungai tidak terus men-dekat ke pemukiman warga.(lotltagl

Sambungan dari hal 7

Narto menambahkan, ke-takutan warga bukan tanpaalasan. Pasalnla, dalam jangka waktu lima tahun saja,aliran Sungai Kuning yangawalnl'a berjarak 700 Meterdari pemukiman masya-rakat, saat ini hanya ber-jarakzS Meter saja.'AIiran sungai sekarang

bekas sawah, tiap tahunnvageser ke arah barat,l je-Iasnya.

Kepala Desa Kalijaran Su-priyanto mengatakan, bronjong-bronjong atau matraspenahan aliran yang per-nah dibuat sudah tidakmampu menahan aliransungai. Sehingga air sungaiterus bergeser ke arah barat.

Supri menambahkan, se-dikitnys ada 30 KK yang

B.{GL$\I HLit"L{S SETDA P LIRBALII\-GGA

Page 16: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

BAGIAI{ T(JMAS SETDAKABUPATEN PIJRBAIJNffiA

Page 17: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

l.!

1Eoo<l[,

:Yir-o

(E:q.IEJu,(o

tl,.ctEo

E*atttro)E

+!o(E

.YGCL

EG

l!oo).EG.cl

tLo,o

oIE

=.g5l!

tsYF

,N.1'

of.o-.Yt!IE

-*'- tt,

2Yo-

Yoz.F

BAGIANI HUMAS SETDA PURBALINGGA

Page 18: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

Ifi1.8l5lo-l-Itrl=l-t5l.srIE1r.I._Irnl6l6I'rlot>lrul*l6lclt!l-cllEl!t__l!l(UItrloIEl.

ED:ie

oCDotrtu(.)

GELIUEv,o0

IoE"g

5lt'6ddlE

8Eh€;; o-.YEOGOaE-YEE$pg€g9E

=E.of,

EfiFOd,Eg'EurU

IE=3IE-s cD

r16

#$FtrEE9E{ott o-

'' l?,

iltu.ssl;I:, :tr;i '

B"S.GIAN H u-tl{AS S ETDA PITRBALINC,GA

Page 19: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIN III]IilA$ $[MA ru[BAtNGGA

RadarBanyumas o Sabtu Kliwon 22 November2a6

Warga BungkanelKembangkan Cabai

KARANGANYAR-BanYak-nya lahan yang tidak ter-manfaa&an secara maksimal,dan terbengkalai, Membuatwarga Desa Bungkanel ber-inisiatif membudidaYakancabai di lahan itu' Sehingga'lahanyang tertidur bisa meng-hasilkan dan meningkatkankesejahteraan

Penggerak Penanam cabaiUstad Ichwanudin menga-takan, banyalrrya lahan Yangkurang produktif harus di-manfaatkan secara maksimal-

'Kalau lhhan yang tidur bisa

dimanfaatllan, pemuda juga

bisa bekerja dan angka ur-banisasi bisa ditekan," tu-

turnya.Ia menambahlcan, Peman-

faatan lahan dengEln tanamancabai awalnva hanva dilalukanseorang diri. Selai keterbausanmodal, kontru tanah lemPungdi Bungkanel sulit untukditanam dengan cabal

"Menanam intinYa bagai-mana mengolah tanah agartanaman tumbuh dan me-rawatnya agar hasilela mak-simal," jelasnya.

Ia menjelaskan, Penggunaanobat-obatan organik akanmempermudah menYesuai-kan tanah dengan tanaman.Sehingga tanaman cabai bisatumbuh danberbuah.

Kepala Desa Bungkanei, HMukti Fatoni mengatakan,pemanfaatan iahan oleh Pen'dudukbisa mengurangi angkapenganggu-ran dan menekanangka urbanisasi. "Tenagakeria di desa juga tidak Peqgidan pembangunan desa akanberjalani' tutumya.

Ia menambahkan, saat inikeineinan mawarakat untukmeninam cabai semakin ber-tambah. Sehingga, lahan-lahan yang awalnYa tertidurbisa termanfaatkan dan me-nambah pernghasilan ma-sllarakat.'Toni menjelaskan, hargacabai yang naik turun se-

iingkali membuat Petani kha-watir. "Saat ini harga sedang

tinggi, petani sudah mulai

panen petani semangat, se-

moga harga bertahan," ha-rapnya.(Jok/bdg)

MENANAM CABAI : Wargamenanam cabai.

Bungkanel kini beramai-ramai

BAGIAN HLI\{AS SETDA }LABTIPATEN PLIRBAL,TNGGA

Page 20: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KLIPINGMEDIA

BAGIN III]II{A$ $[I'DA PIIABAIil{OOA

ffiBanyHmFF.Sabtu, 22 November 2074

Sektor PariwisataI{aius Terus Berinovasir Raih The Most lmproved Gold TCTA ZAM

PURBALINGGA- UntuK KaIi

kesekian, Kabupaten Purbalinggakembali menerima panganugerahanpenghargaan Travel Club Tourims Award(TCTA). Bahkan pada tahun keempatpenyelenggaraan TCTA ini, Purbalinggalebih unggul dibanding kabupaten/kotalainnya dengan meraih kategori The MostImproved Gold. Pada kategori ini, TheMost Improved Sl/ver diraih KabupatenBanyuwangi dan Branze untuk KabupatenSawahlunto.

Usai menerima' plakat danpenghargaan di Hall Sasana Kriya Taman

Mini Indonesia indah (TMII) Jakarta,Kamis (20/11) malam, Bupati SukentoRido Marhaendrianto mengatakan,semakin memantapkan komitmennyauntuk mengembangkan pariwisataPu rbalingga.

"Dengan penghargaan ini,membuktikan bahwa pariwisataPurbalingga mampu bersaing dengankabupaten dan kota lain di lndonesia,Bahkan tahun ini kita memperoleh Golduntuk kategori The Most Improved. Initantangan agar kita terus melakukaninovasi di sektor pariwisata," katanyadidampingi Plt Kepala DinbudparporaSusilo Utomo, Kabid Pariwisata Prayitno,Direktur PD Owabong Wisnu HaryoDanardono, dan pemilik Obyek WisataPendidikan Purbasari Pancuran MasH Sarimun. Acara dihadiri MenteriPariwisata Arief Yahya.

Menurut Bupati, tahun ini Purbalinggasemakin memantapkan dirinya sebagai .

salah satu destinasi wisata yang

Iayak dikunjungi. Selain Objek WisataBojongsari (Owabong), Purbalinggamemiliki objek wisata lainnya yang

terus berkembang. Seperti PurbasariPancuranmas, Sanggaluri Park, Goa

Lawa, Waterpark Walik, [v]onumen TempatLahir lenderal Soedirman, pendakian

Gunung SIamet hingga beberapa desa

wisata.Berkembangnya industri tanpa asap

ini (pariwisata -red), juga diimbangidengan semakin bergeliatnya sectorpendukung pariwisata seperti produkUMKM, handycraf , dan kerajinan BatuKlawing, Terakhir ini, Bupati Sukentobahkan berencana melakukan revitalisasiObjek Wisata Goa Lawa menjadi objekwisata berkelas dunia.

Prestasi KepariwisataanKepala Bidang Pariwisata

Dinbudparpora Prayitno menjelaskan,penyelenggaraan TCTA 20 14 merupakanajang pemilihan bagi provinsi, kabupatendan kota yang berprestasi dalampembangunan, pengembangan danpembinaan sektor kepariwisataan.Penghargaan yang diberikan meliputikategori The Eest Performance, The

Best Achievement, The Most Improvedmasing-masing untuk tingkat provinsidan kabupaten/kota.

Selain itu terdapat special awardsberupa Besf of The Best uniuk KebupatenGianyar dan Most Favorite untuk ProvinsiDKI Jakarta. Tahun ini, TCTA untuk

B.qGIAN HLTMAS SIiTDA KABLTPAIEN PI-]RB.qI IN(K}A

Page 21: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

-- -^l-::=-=-=-:a-*-** \l ''

HARMAS/IST [,4EWA

BUPATI sukento Ridho Marhaendrianto (kiri) b_ersama Menteri Pariwisata Arief

V;;y; it;;s;hi d". x"pu; a,J"ns Firiwisaia Disbudparpora Pravitno (kanan)'

kabupaten/kota ada penambahan dua

kategori, yaitu Ihe Most Promising dan

The Most Favorite, Untuk kategori IheMost Promising, khusus untuk pemkab

dan pemkot yang berusia di bawah

sepuluh tahun. Adapun kategori Ihe

Most Favorite diberikan atas hasil poling

masyarakat melalui website atau situs.

"Purbalingga mendaPat The Most

Improvement, karena unggul dalam

aspek tata pamong/ ekonomi kreatif,

dan perkembangan ekonomi terutamapertumbuhan antar tahun Yang

signifikan," jelasnYa.

Ditambahkan PraYitno, dalam tiga

tahun berturut-turut sejak 2012 hingga

2C14, Purbalingga berhasil meraih

penghargaan TCTA ini. Tahun 2013 dan

20i4 ini menyabet gelar untuk kategori

The Most ImProved. Pada tahun 2013

Purbalingga merupakan satu-satunya

kabupaten di Jateng Yang meraih

penghargaan kategori tersebut. "Pada

tahun 2012, Purbalingga hanya mampu

meraih Ihe 2nd Runner UP The Most

Improved. @t-oa)

lJ,'\Ci. \N lit.'i\{,{S SL i IJA l'}Lr iilJAJ-t\ tXiA

Page 22: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KLIPINGIUEDIA

BAOIN IITIII|A$ $MA PIIIBAIilOOA

m-EgnvHma$Separuh EPNS Hunurer K2 Dapat NIP

LPARA tqnaga honorer mengikuti ujian t6s CPNS, beberapa waktu lalu'

PURBATINGGA- SebanYak 110 tenagahonorer CPNS Kategori Dua (K2) akhirnyamendapatkan'Nomor Induk Pegawai (NIP)pada awal bulan ini. Adapun sisanya dari total202,orang K2 saat ini masih dalam proses

mendapatkan NIP tersebut.Kepala Bidang Pbngembangan dan Diklat

. Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD)

Wahyu Prasetiyono, kemarin mengatakan,kemuhgkinan mereka yang belum mendapatkanNIP akan mendapatkannya pada pekan ketiga

hingga akhir November ini."Meski penyerahan ke pemkab belum ada

kepastian, -namun proses atau tahapan penetapan

NIP honorer K2'tetap beqala'n. Kami optimissegera tuntas. Para tenaga honorerjuga sudah

kami meminta memantau sendiri melalui online,"jelasnya.

Seperti diketahui, sebanyak 202 orang honorer

K2 yang sudah lolos tes CPNS dan nantinya resmi

ditetapkan NIP-nya. Mereka akan ditempatkandi-Kabupaten Purba li n gga di Sej urnlah instansi

sesual dengan asal merdka maupun sebaliknya,

tergantung kebutuhan Pegawai."Para honorer K2 yang merlbutuhkan

inforrnmi iesmi bisa membrika website

BKN (Badan Kepegawaian Negara), Jika

tidak memungkinkan, bisa mendatangi BKD

Purbalingga. Setidaknya kami bisa memberikangambaran lebih lanj'ut mengenai informasi dari

atas atau BKN dan Kanreg BKN," katanya.

Sementara itu salah satu CPNS Honorer

K2 yang tak bersedia dikorankan namanya

mengaku'sudah mengetahui mendapatkan NIP

setelah mengecek kebenarannya di website BKN'

Meskipun demikian ia belum mengetahui secara

pasti kapan SK penetapari NIP tersebut akari

turun. (sMNetwor/h82-06)

BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PLTRBAI-INGGA

Page 23: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KTIPINGNIEDIA

BAGIAI{ HIMA$ ffiMA ruABm{ffffA

ffiP".qlv+ilm*t

Guru WiyataBakti GusarI Moratorium PNS 2015-2024

PURBALINGGA- Rencanamoratorium PNS tahun

2015-2020 yang digagaioleh pusat membuat para

guru wiyata bakti gusar.Mereka khawatir tidak

dapat diangkat menjadiCPNS.

ALAH satu guru honorer,Agus Triono.mengatakan,meskipun rencana moratoriumtidak berlaku untuk tenaga

kependidikan dan kesehatan, namun

informasi tersebut harus ada kejelasan,

Sehingga guru honorer tidak khawatirtidak bisa diangkat jadi CPNS.

"Guru honorer harus men,dapatkejelasan dari pemerintah. Bila ada

larangan pengadaan CPNS, guru honorer

nasibnya akan seperti ini terus," katanya.Sementara itu, Ketua Persatuan

Guru Republik trndonesia (PGRI) Sarjonomengatakan, tanpa moratorium Pun,Purballngga masih akan kekuranganguru. Lebih dari seribu guru masih

dibutuhkan untuk mengajar di seluruh.sekolah di Purbalingga.

Jika dipenuhi seiira bertafrap melalui

rekrutmen CPNS umum, minimalsetiap tahun seharusnya bisa mencapai

100 orang. lika tidak mencaPai 100,

diharapkan lebih banyak dari tahun-tahunsebelumnya.

"Kami mencatat setiap bulan ada

belasan guru yang purna, Tentu kami

berharap ada kepastian tedulis jika

moratorium itu tidak berlaku untuk guru,"

ungkapnya,Dia mengungkapkan, pemerintah

pusat harus menyadari jika kekuranganguru di daerah harus dilengkapi dari non-CPNS yang dibiayai dana B0S dengan

BAGIAN HLTMAS SE.TDA T'ABLTPATE,N PLTR.BALINGGA

Page 24: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

BAGIAN HT,I\.fAS SETDA PURBA'"BT€SA

Page 25: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIA}{ IItj[{A$ $ETilA I1jRBA1il{OGA

flffii#ffiitHBanyumasSabtu, 22 !,lovember 2014

.-l;;flffi

'i.*:",ffi

KEPALA MAN- Purbalingga Suratno (tengah) bersaitra duaguru yang aktif melakukan,riset, Mukhotiq nOi Susatyo (kiri) danHartawan Bayu prasetyo (kanan).

MAN Raih Madrasah AwardBidang Riset Nasiona!PURBALINGGA- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) purbalingga berhasilmeraih predikat terbaik kedua tingkat nasional kategori lvladrasahRiset dalam Lomba Madrasah Award 2Al4 yang digelar KementerianAgama Republik Indonesia. Untuk terbaik pertama-riset dirajh lvlANBinamu Sulawesi Seiatan dan ketiga FIAN 3 palembang.

Atas prestasi itu, MAN purbalingga yang akrab disebut ,,Mangga,,

berhak mendapat penghargaan berupa trofi, sertifikat, serta uangpembinaan Rp 10 juta dari Kemenag Ri.

"lni prestasi yang sangat menrbanggakan dan semakinmenyemangati kami para guru dan karyawan IVAN purbalingga untukmenjadikan lulusan Mangga semakin berkualitas,,,kata Kepila UAruPurbalingga Suratno ketika ditemui di kantor"nya, Jumat (21li1).

Menurut Suratno, prestasi yang diraih ini, setelah pihaknyamelalui uji keiayakan atau final yang dilaksanakan cji Hotel AsanaKawanua, Jalan Cempaka putih Raya, Jakarta pusat, Kamis (20111).Dalam final inilah, MAN purbalinEga akhirnya lolos sebagai perinqkatkedua nasional kategori Madrasah Riset.

. Atas prestasi tersebut, secara resmi, lvl,AN purbalingga dikLrkuhkan

sebagai Madrasah Riset oleh Dirjen pendidikan Madrasah, Denoanpengukuhan ini MAN purbaiingga semakin melejit ke tingkatnasional yang sebelumnya telah nreraih prestasi peringkat pertamanasioanal dalam Lomba Lawatan Sejarah Nasional (Lasenas) yangdiadakan oleh Dirjen Kebudayaan, pemucla dan OIai Raga (Budpora)Kementerian Pendidikan Nasional di Riau, dan juga peraih emas sertaperak dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSIq)ifitingkat nasional diIvlakassar, Provinsi Sulawesi Selatan, akhir Agustus lalu. (pt_06)

RAGI \li I{11\{.\S SETI}A K,\l}I.:PI\TF.N PI rB.B:\l,lNGC-iA

Page 26: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KTIPINGMEDIA

BAGIN HWA$ $[I'DA IIIIBAINOOA

rl+rffi{BanyumaFSabtu, 22 November 2074

$#,,il

i

#.gftg1ii$"ffi;,ffi;69

KATIMANAH- Desa Grecol, Kecamatan Kalimangh kini

memiliki wii e-csmmerce sendlri dengan nama Grestore'

Toko onlrne ini bisa diklik di silus http;/lstore'desagffiLto?",

,n, o,ouat dari hasil kerja sama antara Kelompok

Informasi Masvarakat Desa "Grecol, Kecamatan lGlimanah,

KIM Pallawa U6ke.ja sama dengan Sekolah TjnggiTeknologi

tetematita ielkom (Sl'3 Telkom) Purwokerto' "Dengan web

ini desa bisa merqbartgkitkan perekonomian warga dan bisa

memasarkan produk-produk yang dihasilkannya dengan

3angtayinvanS Iebitr luai tagi," ujar anggota KIM Pallawa

t'}i#::i:f '1, or,,,.o

" roi **ru*terah dlaksanakan

di Desa Crecot oten per"wakitan Stl telkom Purwokerto,

tenli Wahyuningrum kepqda (etua rIM Pallawa Nur

Arif Hidayatmo, netum lama ini, Web e-commerce ini

selanlutnyi akan dilielola oteh xltvt Pillawa dan di-update

ie.iti n.ttrlu seiual t<ebutunan.

l'Kami sangat berterima kasih kepada Dinasperhubu nqan

*Komunikasi dan Informatika yang telah

;Hil; ;il;*;; kil;;'c. n srl iei ro*'p,'-*t"'to,"

Kasi Sarana Komunikasi dan Desiminasi lnformasi

Dinhubkominfo'Purbalingga, Baryati mengatakan, pihaknya

sudah dua tahun terakhir bekerja sama dengan ST3 Telkom

p-r*.t.,it rJatui ptog;m pengabdian masya rat<at'

r',li.rri i.ri.tr.qi intormatira dan komunikasi (TIK)'i;s.[in rtu patiiwa, t erjasama ini juga telah memfasilitasi

r,.[rt.n.t n[ irr'l Muoini mitit< tleiuiahan Bancar' Hanya

r.f+ fffrf Pallawa memang sudah banyak kegiatannyb,"

BAGIA.N HUMAS SE,TDA IIABLIPATEN PLIRBALTNIGGA

Page 27: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KTIPINGIUEDIA

BAGIAI{ IIIIIIA$ $[MA IIIBAINOOA

.,Sabtu, 22 November 2074

BAGIAN HUI(AS SETDA KABUPATEN PLTRBALTI.iICCA

Page 28: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

PurhatlnggaBaihhewtostlftpro\red

KLIPINGMEDIA

BAOIAil IIIIINA$ $[MA PI]RBAIII{GOA

SarrlrrP*srSABTU KIIWON, 22 NOVEMBER 20I4

Kabinet Kerja Jokou,o-JK,Yahva.

r ffiu"cp F{ , ffiffi,:'gk"rs*+%#-+H*"sr1s+t; $IFs,.n&4*+*r?ia;++idrqF"*"."t-*di**sst }"+G F EF++1 ..::rF ye d**K t: :I5 id'1EJ f.FeB':;SIl H_?i F,g:I*{f tll $"q.E * IHi:+*$fi $ &ff$ft*$fitlf*{ b * f; q;:H ft&*i +;;;,i r t$,-ijffi€t xH*S6]S* Xs "sd:l q,#

# '.:. "... *, ., .,. ., g. --.

H f'd, a * B+ (1" .-. . -!e! /.+'t'1 r r+'*f , i+',ii X f;) lT li: li lr ' tr: 4 .S t" lt

PURBALINGGA, SATELIT.POST-Kabupaten Purbalinggakembali menerima pallganllge-rahan penghargaarr lravel CltrbTourims Ar,r,ard (TCTA). Bah-kan pada tahlin keempat penye-lenggaraan TCTA ini, Purba-lingga lebiJr unggul dibarrtiingkabtrpaten,/kota lainrrya de-ngan merailr kategori The MostImproved Gold . Pada kategoriini, The Most Impror.ed Siiverdiraih Kabupaten Bany.uwangidan Bronze untuk KabupatenSawalrlunto.

Usai menerima plakat danpenghargaan di Hall SasanaKriya Taman Mini IndonesiaIndah (TMII) ]akarta, Kamismalam QA/U), Bupati Purba-lingga Sukento Rido Marhaen-drianto mengatakan semakinmemantapkan komitmennyarrntuk mengembangkan pari-n'isaia Purbalingga.

"Dengarr pengharglan irri.rnenrL.uktikan bahwa lrarirr isa-ta Pulbalilrgga nldnlpu bersai-rrgJengan kabrrpaten dal koia. lairrcli Indonesia. Bahkan tahun inikita memperoleh Coid untukkategori The l\4ost Impror.rcl. ir..itrntlngarr ag.rr l..ita tt.rir.. i,relr,kukan inor.asi disektor p.r.ii. i

sata ' k,rt.rn1 ,r di'iar:rpingi l-itKepala Dintrridparpora Sr,rsiloUtomo, Kabicl Parir^,risaia Pra-yitno, Direktr-rr,PD Orvabong!\'isnu Harlo Darrrrrlorro d.lnpemilik Obyek lVisata Per..cli-dikal Pur-trasari Pancuran Mas,H Sarimtrn. Acara itu sendiri,dihadiri Ntenttri Pari-,r,isata

Arief

Menurut br.rpati, tahun iniPurbalingga sernakin meman-tapkan dirinya sebagai satutujuan'rvisata yang layak dikr:r-r-jungi. Selain Obyek Wisata Bo-jongsari (Or,r'abong), Purba-Iingga memiliki obyek wisatalairrrya yang tems berkembang.Sepelti Purbasari Parcuraninas,,Sanggaluri Park, Goa Lawa,Waterpark Walik, MonumenTempat Lahir |enderal Soe-dirman, pendakian Gunung SIa-rnet hingga beberapa desa wisa-ta.

Berkembangnya industri tal-pa asap ini (Parirvisata-red),juga diimbangi dengan semakinbergel iatr..ya sektor pendukungparir,r,isata seperti prodr"rk UI\4-KI\4. Hand; craft, dan kerajinarrbatu Klawirrg. Terakhil ini,Bupati Sukento bahkan beren-cana melakukan rerritalisasiobvtk wisata Goa Lat'',a nlenjactiobyek r,r'isata berkelas druria.

Kepala Bidang Parir,r,isataDinbudparpora, Prayitno men-jelaskal, per"ryelengg:iraan TC-TA 2014, mempakan ajang pe-milihan bagi prcviilsi, kabupa-ten, dan kota yalg berplestasida la nr pt'mkra'n3ri nfi !1, [cn gerti .

1ra rrgan, d.rn penrLri n.r.rn sektorke1: gri11.l561ran. Pen5;hargaauyang diberikan melipr"rti kate-gori The Best Performance, TheBest Achievemer,t, The h4ostImproved masing-masing Lln-tuk tingkat piovinsi de.n ka-br-r1'a 1",',7 L,,,r.

RAGIAN HLMAS SETDA KABUPI{IEN PI-]RBALINGGA

Page 29: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

BUPATI Purbalingga berfoto bersima Menteri pariwisara nriet'illiHusai acara penghargaan The Most lmproved Gold TCTA 2014.

Selain itu terdapat spesialawards berupa Best of The Bestun-tuk Kabr-rpaten Cianyai danMost Favorite untrrk ProviusiDKI jakarta. Tahlrn ini, TCTAuntr,rk kabupateir/kota ada pe-nambahan dua kaiegori, r aituI lre Most Promisinf r]lri Ih.,Most Favorite. Llnt*k kategcriI !rc \lo.l !-. rtni-irte - LhLr-r,:'trntuk pemkab dan pemkoL'yar.rg benrsia di ban,alr 10 tahun.

bangan ekonon-Li terutama perrturnbuhan antartahun yangsignifikan," ujalrrl a menielaslkan.

Ditarnl"..ih(r' Pray'ihro, tla-lam tiga tahr n berturut-turutseiak ?012 hi igga 201,1, Pur-balingga berhasil meraih peng-hargaan TCTA ir"ii. 'lahiui 2013dan 2014 ini men1,3fst gelalturtuk kategori 'Tiie h,4ost lm-provecl'. Pada tahun 2013 Pur-

Adaptur kategori The A4ost F;r- balingga inerupakan sirtu-sa-vorite ciibedkan atas hasil ptr[- tnnyakabupaten di Jateng yalging masyarakat melahii i,r,el.site meiaih penghargain ka'iJgoiiatau situs. tersebut. "FadJtahun 2d12,

"Pr"rrbalingga rnendapat The Purbalingg;r hanya mamprl rrrLr-Most-Improrrement,karenarurg- r:ail-r The 2nd Riurner- Lip Th.rgul dalam aspek tata pamong, Most.hnpror.ed. (pransiiyan-ekonomi kreatif, dan perkem- [email protected],id)

BAGIAN HLMAS SETDA PURBATIN-C,GA

Page 30: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KLIPINGMEDIA

BAOIAI{ IIUh{A$ $[IDA PU[BflffOOA

SarnlIrF*srSABTU KLIWON, 22 NOVEMBER 2014

* ffiffid$mh Kre$ m&*x.* #mr* &lfrerrerer€

m #m#& ffiwrrure#ffiffiffiffi.-- H

ffigxmWax@ ffiffi # remrgm'E m ffi mffi ryffi

effi

qq Athamdutitlah, saya sangat bersyukur'

Saya senang sekali. Dari dulu ingin punya

mobil, sekarang baru kesamPaian,jadi kenYataan. ??

Pemenanst*1fflP3 uarsa t ndonesia

tonsan dan banner bertuliskan"Pefirenang SenYum Keluarga [ndo-nesia". Di tengah banner itu, gam-bar mobil din tulisu., HYundaiGrand Avega tergambar di sana'

" Wah raianYa camPur aduk, su-dah enggak karuan. Istri saYa ma-rah-marah, kenaPa saya enggaKcerita," ujar Kars6 saat dihubungiSatelitPost.

Usai dikeiutkan dengan rombo-nsan kentongan di dePan Alfamart,Kirso kemu-dian diarak bersamakarvawan Alfamart dan kentonganmeiruiu rumahnYa Yang berjaraksekitar dua kilom'etei dari AUamartBoiongsari, Purbalingga. Para te-

tur,sgi pun berdatangan untukmetiircipkun selamat' "SaYa se-

nang"sekali, lalan kaki dua kilome-ter 6las ora krasa," kata Karso'

Ia kemudian menielaskan, jikaacara ini meruPakan keiutan ba.gi

istrinya. ta sudih mengetahui iikamendapatkan hadiah mobil, namun

KeluargaKarsoBoyong

PURBALINGGA, SATELITPOST.Marah, kaget, taPi senang danterkejut saa"t itu iuga. Barangkaliperasaan itu Yang mewarnai Henii'urwanti (:il) saat mendatangiAlfamart Boionssari, Kamis (22l1 1)'

SebetumnYa, Fleni datang ke mini-market untuk meniemPut kedua Pu-trinva. Selrri (18) danNila (9)' la men-dad'ak ditelepon pihak Alfamart ka-

rena satu diantira PutrinYa keda-patan mengambil barang tanPa mem-bavar. Bers"ama suaminya, Karso (44),

Hdni kemudian mendaian gi Alfamartdengan geram. Ia tak PercaYa keduanutrinvidituding mencuri.' Sesimr:ainva ?i Affamart, Henikemudian d iii, k ke tr-g belakangAlfamart untuk menYaksikan taYa-

ngan CCTV sebagai bukti' Tangar-nVa eemetar. Saat kemarahannYanlmiir memuncak, Heni digiringkeluir dari Alfamart. Betapa terke-jutnya ia, Puluhan orang sudahberdiri di d'ePan toko dengan ken-

R.AG{AN Hi T\{AS SETDA K.{RIIP,qTFN PLTP.B.SLINGGA

Page 31: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

zr>

belumterraluvakin.Setelahmense- saya hanya mbatin' coba aja diisi'

;"-k k" ;;';r:"iii#'#tr;T'H- siapa tahL-bisa dapat,mobil"Eeeh

dapatlan ko;6;;;1;-'i;3'"' ;;; .mfl^ah iadi kenvataan"' uiarnva'

u"i"4, ai e",_r,ui"; hX;XJ&Xg ",reil:[r:5[fl,"#j'

L:XS";baru percaya, keluarganyamenda- ffiiJ"jffifn ilil"jr rJ"rrt,i.,rtpatkan hadiah mobilCrano aveea.BersamapromotionBr;*;;"'6,:' biasa, terlebih iika sedang ada

nator Arram,,t, -ou.v#ilh:?:?:

Hl.ii?##i';.t"ffi l,],ill;'Ulkemudian merancang skenario :.' _:::a;;;1i;;;;"".?.k'otmyakejutan untuk istri Karslo. i:11

;itffifffg:*-Juuni'J:ri #x,x+,xfllt#,#x#f#x #*fl.i:,xti,T.t'ikTlege ;4ffi#ffirfg,"ntli+*lkata dia.

"rmnrum::lr*'m;5# bg;tmri-(susestisateritpost-kan hadiah. Sebelumnya, ia ha?ryamemasukkan tiga kuion undiinsaat belanja di Alfamart. "Waktu itu

HENI purwanti, warga Bojongsari, Purbalingga menerima duplikat kunci mobil Hyundai Grand Avega dari Prombtion

Branch Coordinator Rttamirt,baryoto, Kam'Is (20t11). Heni menjadi Pemenang Senyum Keluarga lndonesia'

B,{GIAN HLIiIA8 SETDA PLIRB.ALfNCTGA

Page 32: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KTIPINGIIMDIA

BAOIAil IIIIII{A$ $XMA IIIBAINOOA

SAINIITFfiI,S"TSABTU KIIWON, 22 NOVEMBER 20I4

Penyuluh Kelu arga Berencana, Di-upgradeTslr-t"lU::'*r"lt:"".'Ft*t+',iil,i!

.renyuluh K"elru rgo ii3;";;; il yil'Xlrya masing-masi n g,"

,r:i,U:,ttve**ll*tu:ff ':.H:l?!Ixllv-:,1';lt?flpengeiahuun tenunf pembi- Purbaltngga'iraari Lei rarga. Para Fe'"y"t ,t, Ia mengatakan', pernbangu-

;uri merupafiL" ";"r{ -to'*uu[ nan kehrarga' melaltri Pgq1bi-

;:embanjrrnurr f..it^n!"u" ai" naan,ketaha.ran dan kesejahte-

;al*:*;;x*iql,**it6ffi1";i5,il*ki;;:HRKB).' uniut mendukung program nat tersebr.rt den-gan inerllmus-

Icrsebst, maka dil&i;:f;; kan.program Bina Keluargal:,,,qiatan peiatil1an remir nre seja,nfeS. yotg .di antaranya

il;;::*:$ Jrcr ;tr#ll tff t1i lin f,!i,i!!{!iiit;;irlel"l/h"ffi :,"fy,;iii:{gi.i,":,'}il:f, xfi}i{fi :x{"i

;*;*"*k*m;gt"--5;\"i'"rrii:tr3r:l!tt1ff{it p,rr-rgor', Keluarga s;t*.;"i gai wadal'r pemtrinaanora.gtua'

ii ir'.si Ji,, r,;dl,h di;;[r,11,* !:Toinaan tumbuh kem-

i,lelrciur;r se-ptrrba'nggL- - -'- bang anak, perlu ditingkatka.n.

''l'.egiatan in-tl be.trifru.t *"- ?,t 1-1ti:1]lya rnelalui penye-

;,li.rgka'tkan p""gutal;'u", riilp, dii"-1 ! llTga., b aik .Peme-

oll i,i i." t"rJ*p?f "" r*.i" -*E:

nrdtan sarana prasarana kelom-

SUASANA pelatihan petugas lapangan dan penyuluh ketuargaberencana di SuryaYuda Park Hotel Banjarnegara, Jumal (21111;.

pok, pembinaan dari petugasiapangan dan penyuluh, sertapelatihan nntuk meningkatkalSDM bagi para pengelola ke-lompok BKB-

BKKBN memberi perhatiankhusrrs kepada kelompok BKB

percontohan di tingkat keca-matan dengan Program BKI}Ne'lt Inisiatif. "Yangmana prela-yarran kelornpok BKB New Lri-siatif dilaksanakan secara holis-tik integratif depgan Posyandticlan PAUD," katanlra. (g31)

BAGIAN HLMAS SETDA KABLTPATEN PLTRBALTbIGCA

Page 33: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KLIPINGMEDIA

BAflAI{ IIII[{A$ $[MA PIfiBAIil{OOA

SarrlITPr*srSABTU KtlWON. 22 NOVEMBER 2014

N/IAN Purbalingga JaditVladrasah Riset

I $4muie F*,r:i$l g,ii-r; *."iffi 'flrr &,-r|,";ji+ ri,;i,;,!r'r i"i 'q

PUI{.BALINGGA, SATFLIT-POST-Mad r"asah Aliva h Negeri{MAN) Ptrrbalingfa rneiaihliedikat madrasali tcrhaik ke-rlua tingkat nasional katcgorii\.4adrasah Riset daiam LombaMarlras4i"r Arvar"f, tahtrn 2014dari Kementerizur .Agama llr-publik lndonesia. Siswa lr4Alr,Tmerailr posisi kedua seteJahfokus pad,a riset bitlang per-tartian berbasis .rlirtt t aig la-rnah lingkLrngon.

Atas prestasi itr"r, MAN Ilurbalingga yang akrab disebuiM Angga rnendapa t penglr"u ga-air berupa trofi, sertifikat, seitauang pembir.raAn dar,i Kemenag

"lni prestasi yang s.lr'lgil[ rnL,jr-banggakan, dan senrakirr me-motifasi kami pala gtrru r-lrukaryawan MAN Purbalinggauntuk merrjadikarr lrtltrsarrMAngga senrakin berkualitas,"

KEPALA MAN Purbatinsga, Drs suraino Hlrpor ftenillitTiJ;n'J;.u:guru yang aktif melakukan riset, Mukholiq Ad'i Susatyo MSc (kiri) danHartawan Bayu Prasetyo SPd (kanan).

.i1ui f"paa h4AN Ptrrba[ngea, nya rnelaltii uii kr:lat-akar'r atauDrSSrrratno MPdl keriLa diielrui fiiral v.rrrg dilaksarr.ikarr t{i ho-cli.kantornl'.r.Junrat (l t/ t1). t"i AJu""'ri*";;;';:il" C;;

Menurut Suratno, presl.r>i p,'rka Pirtih Raya Jakaria ptrsat,yang diraih ilri, setelalr pih.rk- Karnis (20/ ll)-. (gan)

BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN PLTRBAL1NGGA

Page 34: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KTIPINGMEDIA

BA0IN []W $ffDA IUTBAIil{0GA

SnrslrrF*sySABTU KLIWON, 22 NOVEMBER 20 I 4

Waspada PenSrakit"Tq4rnis Elbornr,'

Bagi Pegiat 0lahraga

PURBAIINGGA-Tennis el-bow atau epikondilitis lateralmerupakan kasus nyeri sikubagian lateral (luar/tepi).Awalnya kelainan ini dikenalsebagai cedera yang seringdialami oleh para.pemaintenis sehingga disebut pe-nyaht tennis elbow. Namundewasa ini sering juga dialamioleh olahragawan lain sepertigolf, baseball, renang, danolahraga raket lainnya. Dok-ter umum dari RSU HarapanIbu Purbaiingga, dr Ega DwiPutranto mengatakan, pe-nyakit ini juga dapat dialamioleh non olahragawan sepertipengguna komputer, me-ngangkat barang berat, ge-rakan memuntir yang kurangtepat dan yang berhubungandengan getaran atau vibrasiberulang. Gejala khas epi-

kondilitis adalah nyeri danmungkin bengkak di daerahsiku. "Kelainan ini umumnyaterjadi akibat posisi kerj a yangtidak tepat atau aktivitasolahraga. Pada pasien usia tuadapat terjadi karena kele-mahan jaringan-jaringanpenghubung. Kelainan lainyang dapat ditimbulkan ada-lah tendinitis atau radangpada tendonyaitu tempat per-lekatan otot ke nrlang. Lokasitendinitis umumnya terjadipada bahu, siku, dan per-gelangan tangan," tutur drEga.

Menurutnya, kondisi-kon-disi di atas diakiba&an olehkarena olahraga yang mem-butuhkan gerakan repetitif,pemakaian berlebihan ataugerakan yang tidak tepat padatendon, dan teknik meng-gunakan raket yang salah,seperti backhand yang salah

dr Ega

atau ukuran genggaman yangtidak tepat. Nyeri yang jelasdapat ditemukan pada per-lekatan tendon luar lenganbaw-ah dan bertambah beratapabila ditekan. Posisi per-gelangan tangan agak me-nekuk ke dalam dan sikumenekuk ke luar sering me-nimbulkan nyeri. Nyeri da-

Dat mentalar sampai te Uanu @ m-emperberat'

ilaupunf."sisiyaiglainpada --"Setelah

itu.pasien hen-f."li" U"*un. ritgeritan daknya.mengikuti proses fi.-

seniisiku, menggenfam, dan sioteiapi sec-a'a teratur untukmengangkat bend; ringan melatihkembalikektatanototsepertcangkirkopijugadapat dan tendon pasca proses

mengakibitkan irye.i. neltu peradangan' Streching atau

dilrkik rr pemeriicsaan flsik per"€angan otot sebelumkhusus yarig menunlang di- berolahraga atau bekerja se-

agnosis dan"dapat diialorkan dikit banyak dapat memi-fo"torontgenpadabagiansiku. nimalisir angtca keiadian t91;

Drrgairenambah[an,apa- nis elbow," pungkasnya'(*/bila mlngalami keadaan ter- bdg)sebut sebaiknYa Pasien'tidakmelakukan aktivitas Yangmemperberat keluhan danmengistirahatkan bagianYangnyeri tersebut. Segera Pe-riksakan ke dokter terdekatatau ke ahli tulang (ortho-paedi). Selain Pemberianobat-obatan untuk mengu-rangi nyeri dan proses radangimmobilisasi dengan Pem-bidaian juga diperlukan agar

tidak timbul gerakan-gerakan

RAGIAN HLTMAS SETDA KABL]PATEN PI,IRBAI,I\IGGA

Page 35: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

Sarplrrpq:;ss SABTU fllWOf.f, 22 NOVEMBER 2014

t{APoLRES Purbalingga, AKBp Anom setiadjisesaat seberum terbang ,"nnnrn#l',1;::ffjii:,HfJumat (21l1 1) di Lanud Wirasaba.

Kupolres Diajak loy FlightPURBALINGGA, SATELITPOST-KapoIresPurl:alingga AKBP Arom Setiadli Slk ber-kunjLrng ke Pangkalan Udara TNI AU Wi-rasaba, Jumat (27 /Tl). Kunjungan ini sebagaiupaya menjaga soliditas TNI-Polri al pur-balingga.

. Seperti dit,eritakan-baru-baru ini, di Ke-pulauan Riau, hubungan TNI-Polri tengahmemanas. Markas Br:imob Polda KepulauarrRiau di Batam ditembaki okhum fNI dariBatalyon brfantri 134lTlrah Sakti. Karena itu,r.rntnk mempererat hubunganbaik yang telalrterjalin, Kapolres Anom Setiadji rhenlgelarroa tlsh o w ke markas TNI. "sebelumnvi [.amitelah bersilaturahim ke Kodim 0/02 pll-balingga dan Batalyon 406. Tu juan utamanya:nreniaga soliditas TNI Polri," kata dia.. Dalam kunjungan ke Lanud Wirasaba,Komandan Lanud Wirasaba Letkol PnbAndreas A Dhewo MSc MSI menvambr.rtsecara langsung kedatangan Anom. tik tlurtyuitu, Anom juga ikut apel pagi di LanudWirasaba.''Pertama klmi^saigai rneng-apresiasi sambutan Komandan Lanud Wira-saba dalam apel bersama. Kedua, dalam

situasi negara pascakenaikan BBNI sepertisekarang, TNI Polri sepakat ikut meriiagasituasi kondLrsiIdi rnasiarakat," kaia dia.-

Sebelumnya, tNi I''olri di Purbalinggabekerjasama- d alam pelal a n a n rnasyara' ii..r tsaat aksi mogok angkrrtan Lrmum. Sejr.rmlahkendaraan milik TN I polri d ikerahkal untukmengangkut penllmpang yang ter.lantar.Berkat kerjasama ini, imbas mogoknl,a 2lIa,ng,kutan krrta di Purbalingga 1ak bcgitudirasakan masyarakat.

Usai apel, Komandan Lanr.rd Letkol An-dreas mengajak kapolres keliling parrgkalandan bertemu mitra TNI AU, yaL:ni fr.-derasipesawat frike. Bahkan, Arom-sernpat dialakjoy f light menggulraka n pesa \v.r t I riAc C i

wilayah udara Pr-rrbalin$ga. KehcL,olrarrs^empal terpantau di Mapohes Purbalinp;ga^Sejumlah anggota nLengabadikan penEr.-bangan perdana pimpinin nrereka

'"Yang

sedang terbang pak kapolres.. Beliati tadi p.-rgiberkrrnjung ke Lanud Wirasaha dan dihiakterbang oleh komandan la;rud," Rata L.tsirb.rgHumas Polres Purbalingga, AKP Sitor,r-ati-(gan)

B,A,GI,CN HLiil.I,{S SETD,,{ PURB,{LINGGA

Page 36: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KLIPINGMEDIA

BAGTAT{ II[]I}|$$[DA PtITBdUffA

SarrclrrFSsTJUMAT WAGE, 2I NOVEMBER 2OI4

Pagi dan Sore AiiPDAil,I ilIarnpetI #mwffiffiffiffiffi ffixw$pm &kmm ffi#€mmruffimtu

PURBALINGGA, SATELIT-POST-Perusahaan Daerah AirMinum (PDAM) Purbalinggameniawab keluh kesah -Pe-lanssan dengan menambahiarifi Ean pipalsebel umnYa, di'beberapa -wi laYah, sePe-rtiPerumahan di Boianegara danSelabaya, mengeluhkan aliranair PDAM menl'usut, bahkantak mengalir. Warga Yangterlampau kesal semPatmenggelar uniuk rasa me-nuntut perbaikan PelaYananPDAM.

Direktur'Teknik PDAM,Sugeng mengatakan, Penu-runan debit air di antaranYakarena alih fungsi lahan didaerah hulu. Hutan Yang se-

mula sebagai resaPan air kiniberubah fturgsi meniadi lahanpertanian. Akibatnya, debit3umber mata air PDAM jugamenurun. "Dari informasiyang kami peroleh, luasnYainenlapai empat hektare,"kata dia.

Selain itu, PDAM juga di-hadapkan pada musim ke-marau paliang. Ini memPer-buruk badokin air setelahdebitnyi menurun karena ali.h

fungsi'lahan. "Ditambah Iagi,

oioa kami di Desa Meri, Ke-t'amatan Kutasari Pecah ter-sambar petir. PiPa ini Yangmengaliikan air ke Bojane-zara," katanYa." Mengatasi Permasalahan diBoianegara, PDAM akan me-nambah sumber mata air.Sumber baru ini akan digu-nakan di antaranYa untukmemenuhi kebutuhan di Bo-janegra. Di Perumahan ini,PDAM membagi PiPa men-iadi dua blok, blok barat clan

irlok ti-ot. Dengan tambahan

iaringan pipa ini, diharaPkanbisa irenlatasi Permasalahandi wilayah setemPat. "Yangpalingfarah di JI AbimanYu 5i'errirhhan Abdinegara ka-rena posisinYa Palung tinggi.DiA6imanyu 5 irir sama sekalitak mengalir, terutama di jamsibuk," kata dia.

Di Perumahan Abdinegara,PDAM telah menemPatkanempat tandon air sebagai so-lusi sementara. SetiaP hari,PDAM mengisi tandon ter-sebut. Namr-ur solusi ini dinilaitak efektif. "setelah dibagimeniadi dua zona, dan me-nambah iaringan PiPa indukdi masing-masing zona, kami

BAGIAN HL\{AS SETDA KABLEATEN PLRBALINGGA

1r

Page 37: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

?? wartu itu sayla pikir karenamusimmenurunhya debit air di

'kemarau, tapi hingga hujan turun masihsaja seperti itu. Warga di tempat sayasudah berkali-kali melaporkan,kePDAM, namun tak kunjung ada

..perbaikan.)SYUDIA PATRIANA',Warga Perumahan Abdinegara BojanegaraPadamara

yakin rlasalah bisa teratasi,"ujar dia.

Menurut Yudia Patriana,Warga Perumahan Abdine-gara, Bojanegdrra Fadamara;fiap pagi dadpukul5 sampaipukul 1"0.00 dem sore pukul17.00 sampai pukul 19.30 ma-cet total. Ia mengatakan, kon-disi seperti ini berlangsungsejak sebelum bulan Ramadanlalu. "Waktu itu saya pikirkarena menururuLya debit airdi musim kemarau, tapi hing-ga hujan turun masih sajaseperti itu. Warga di tempat

saJa sudah ber&ali-kali me-laporkan ke PDAM, namuntak kunjrrng ada perbaikin,"kata dia.

Sebelumnya, warga peru-mahar,r sempat berkur4pulkhusus membahas masalahini. Mereka,hendak meng-gelar aksi.jika kondisi initidak'segeta diatasi. Namun,niat warga diurungkan se-telah diredam pejabat PD-AM. Empat,tandon air di-berikan untuk fasilitas u-mum warga perumahan.(afgan85@yahoo,eom)

PETuGASPDAMsedangmemasangpipabaruuntukmenambahjarinEanpipa'Meskimusimhujanaliran PDAM di wilayah P-urbalingga masih banyak dikeluhkan warga Purbalingga'

B"A.GIAN HLMAS SETDA PLIRBALINGGA

Page 38: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KLIPINGIIMDIABAGIA}{ IIIII,IA$ $EI'DA PUIBAIII{GOA

SarnlITF,"#s?'JUIIf,AT WAGE, 2I NOVEMBER 20I4

Tiga Hari BahasBa[Grila ililalmnaYmma"e$ ffimmwm#mgr$"Ada vane harus dicermati lebih dalam

pada raierd, itu. Setelah kami tanyakan,Lami m6ndapatkan referensi-referensi itu,"katanva.

Senlentara Pansus II bertugas membahastisa raoerda vaitu Raperda Penetapan Desa,RXo".il, P"n'cabutan Perda Nomoi i 7 tahun20i0 tentang Retrjbusi Penggantian BiayaCetak Kartu" Tanda lendu<iuk (KTP) danAkta Catatan Sipil, serta Raperda tentaxgoencabutan Perda Nomor l2 lahun 2011

lentans Alokasi Dana Desa (ADD)."Indiyu kamimencari referensi yalg lebih

lengkapagar pembahasan dan penyusunantigi raperda ini berialan sestrai peratr-lratrdi'n mi:niadi perda yang lebih baik," kataanggota Pansus Il, Soberi Arafah.

Sd-mentara itu, Kepala Sttb Bagian Humasdan Protokol Sekretariat DPRD Purbalingga,Udii Winanto SH mengatakan, hanya pim-pinan DPRD yang tak berangkat ke Jakarta.ia menielaskan keberangkatan 40 anggotadewan iri rurtuk berkonstrltasi ke Kemdagriterkait pembahasan emPat raperda yangdiaiukair Bupati Purbalingga, Sukento RidoMarhaendrianto. (gan)

I @ffi &mgffiffiqffi ffimqermm

PURBALINGGA, SAIELITPOST-Seb anyak40 anggota DPRD Purbalingga berangkat ke

Jakarti guna mengkonsultasikan emPatraperda,-Selasa hingga Kamis (1 8-20111).Mereka dijadwalkan berkLrnjung ke kantorKementefian Dalam Negeri (Kemdagri)untuk membahas empat aturan yang di-aiukan Bupati, Kamis (13l11) lalu.-Sebelumnya,

telah dibentuk dtra pansusyang bertugas mengkaji empat rap_erda ini'Panius I 6ertugai membahas Raperdatentans Penrbahin Kedua Atas Perda No l3tahun"2010 tentang Organisasi dan TataKeria Dinas Daerah. Raperda ini diusulkanuntuk menladi perda sebagai landasanpemekaran Dinai Pekerjaan UmLrm (DPU)heniadi dua Satuan Kerja PemerintahDaerah (SKPD). DPU dinilai memilikibebankerja terlalu berat yang berimplikasi padaefektifitas kineria dinas.

Ketua Pansus I, HR Bambang lrawanmengatakan, pansusnya berkunjung ke BiroOrgahisasi Kemendagri untuk mengonsul-tasfuan berbagai hal yang harus dilakukandan iuga reguiasi yang menjadi dasarpembahasan raperda tersebut.

R.A.GI-AN HI \,{A.q SF-TDA KARI-IPATEN PUB.BALINCGA

Page 39: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KLIPINGMEDIA

BAGIN IIIIII{A$ $[MA PUIBAIil{OOA

SarnlrrFffis?JUII/IAT WAGE, 2l NOVEMBER,20I4

Penyeleng garaan

naii Berjalan Lancar

SUASANA silaturuhim jemaah hali 2014 di Pendopo Dipokusumo Purbalingga, Kamis(20111). .

PURBALINGGA, SAJfELITPGT-KantorKementrian Agama (Kemenag) Kabu-paten Purbalingga menggelar silaturahimjemaah haji 20L4 di Pendapa Dipoku-sumo, Kamis (20/11).

"Kami mengucapkan terima kasihkepada semua pihak yang terkait. Pelak-sanaan haji yang dimulai daribimbinganmanasik, pemberangkatan, sampai de-ngan pemolangan dapat berj alanlancar,"kata Kepala Kantor Kemenag Purba-l^ggu, HRochiman.

Rochiman yang juga merupakan TimPembimbing Haji Daerah (TPHD), me-mohon maaf kepada jemaah atas segalakekurangan dalam penyelenggaraanibadah haji kemarin. Untuk itu, kata dia,kegiatan ini merupakan bentuk sila-turahim jemaah haji dan Ikatan Persau-daraan Haji Indonesia (IPHI) KabupatenPurbalingga.

Dalam laporannya Rochiman menje-laskan, jumlah jemaah haji asal Pur-balingga yang melunasi BPIH sebanyak381 orang, yang batal berangkat empatorang, mutasi ke luar ke Kabupaten

Banyumas dua orang. Sectangkan jamaahmutasi masuk ke Kabupaten Purbalinggadari Kabupaten Cilacap satu orang.

"Pemberangkatan jamaah haji dalamdua kelompok terbang (kloter), yaitukloter 45 sebanyak249 orang, serta kloter46 sebanyak L26 orang," ujarnya.

Rochiman menambahkan, dari 376 o-rang yang diberangkatkan debanyak 371orang pulang dalam keadaal sehat kePurbalingga.

Bupati Purbalingga Sukento RidoMarhaendrianto, dihadapan para pim-pinan Forum Komunikasi PimpinanDaerah (FKPD) Kabupaten Pr.rrbalinggadan jemaahhaji kelompok terbang45 dan46 mengajak hadirin mendoakan jemaahhaji yang wafat di tanah suci.

"Mudah-mudahan jemaah haji yangmeninggal dunia di tanah suci maupundi tanah air, diterima amal ibadahnya,"ujarnya.

Seliin itu, Kento juga me4gharapkan,dengan predikat haji dan hajjah yangsudah disandang, jemaah bisa menjaga,,tep gele"_{tle\gJglg

sudah menjadi panutan masyarakat.Brrpati mengatakan, dalapn.rangka

menjalin serta mempetrerat .tali sila-turahmi dan ukhuwah irlgprlilph (per-saudaraan umat lslam), para iamah di-harapkan untuk bergabung se6agai ang-

BAGIAN HLIIVTAS SETDA KABLTPATE}I PLIRBALII.IGGA

Page 40: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

BAGIAN HIIMAS SETDA PT'RBALINGGA

Page 41: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KLIPINGIIMDIABAOIAI{ IIIIiNA$ $flI'DA P1]IBAIffOOA

sarrclrrFs#5"rJUTUIAT WAGE, 2I NOVEMBER 2OI4

Alrhir ltelam tteluarga PGIIsUelils ffismmlruk Tian untuk mencuri asPaltersebut. Kurang leLrih Ptrktrlpukul21.00 WIB, ia Pun diar}-diam mengambil aiPal itu. Ta

membakarbagian selang pem-diam mengambil asPal itu. Iamembakarbagian selang pem-buangan yan g men gakibatkanbuangan yang mengakibatkanaspaf mencair dan mengalir.

PUITB,S.LINGGA, SATELM"FOST-Bagi kebanyakan ke-Iuarga, kcbersamaa rr menjadirnorien berharga. Mendekat-kan yang jauh, menghangat-kan kebekuan dan menjadisemangat di tengah himpitanhidup. Namun, ini berbedadeng'an keluarga Siwan (59),warga Kelrrrahan Tritih, Ke-camatan Cilacap Utara, Ka- 'bupaten Cilacap. Bersama-sama, Siwan dan kedua Pu-tranya, Ijan Toro (35) dan AgusPrianto (31), justru terlibatpersekongkolan menggelaP-kan aspal milik sang maiikan.

Keiadia-n ini teriadi pada 14

Aguitus lalu. Ijan merupakankemet sebuah truk pengangkutaspal. Ia dibutakan oleh kemi-lau emas hitam bemama asPal.

Malam itu, sebuah truktangki yang dikerneti Iianmembawa aspal curah ke PTSambas Wijaya di Desa Pe-naruban, Kecamatan Kaligon-dang. Sampai di gudang, truk-nya dihadapkan pada antreantruk-truk yang lain. Karenaharus antre, akhirnya soPirtruk pulang dan Ijan didaulatmenjaga truk tangki ini.

Keiahatan memang terjadibukan karena niat pelakusemata, namun juga karenaada kesempatan. Malam itu, iasendiri. Terbersitlah niat bu-

Aspal itu dialirkan menggu-nakan seng paniang berbentukU dan dimasukkan ke kan-tong. Aspal berhasil dima-sukkan ke dalam 23 kantong.Kemudian ia menyembunYi-kannya da larn ti mbunan Pasi r.

Setelah itu ia menghubungiadiknya, Agus Prianto untukmeniempu krya mengguna kanmobil bak terbtrka. Seiam ke-rnudian Agus datang d i temanioleh ayahnya, Siwan. [ian danAgus'lalu

-menai kkan asPa I

haiil curiannva ke mobil baktersebut, seiangkan Siwanmengawasi dari dalam mobil.

Namun aksi keluarga ini takberjalan sesttai rencana. Baruselesai meng,angkut emPatkantong aspal, mereka ke-pergok warga yang curiga.Merekapun tak bisa berkutik'Mereka-ditangkap warga ke-mudian diserahkan ke Pe-tugas Polsek Kali gondan g.

Proses hukumm telah me-reka ialani hingga ke meiahiiau. Maielis hakim Penga-dilan Negeri (PN) Purbaling-ga, Kamis (20/11) menja-

tulrkan hukuman penjara ke-pada seorar-,g avah dan ke,ltiranaknr,'a karena terbukti me-lakukin tinclak pidana Pen-curian aspal.

Sictang^keti ga terdakwa d i-lakukan secara terpisah, na-mun dipimpin maielis hakimyang sama. Yaitu Neden RikaP SH sebagai ketua dan drraanggota, Guntur Pambudi SHdan Agustinus Yudi S SH.

Dalam sidang tuntutan se-belumnya, Jaksa Penr"rnttrtUmum dPU) Adenellah HartoSH menuntut Ijan dan Agtrshukuman penjara delaPanbulan. Demikian juga denganiaksa Haryanta SH yang me-nLrntut penjara delaPan bulanpada Siwan. KctiganYa ter-bukti melanggar Pasai 363ayat I ke 2 tentang pencuriandengan pemberatan.

Namun dalam Persida-ngan ketiga terdakwa me-mlnta keringanan. BeberaPahal yang meringankan ter-dakwa di antaranya merekatulang punggung keluarga,menyeiali perbuatan dantidak akan melakukannYalagi serta belum pernah di-hukum. Dengan pertimba-ngan itu, majelis hakim ak-hirnya menjatuhkan vonisempat bulan lebih ringandari tuntutan jaksa. (gan)

RAGIAN I{LMAS *CETD.{ K,A.BUPATEN P1-RBAI-INC,(}A

Page 42: Kliping Berita Tanggal 22 November 2014

KLIPINGMEDIA

BAffIAil IIIIMA$ $MA P1]NBAIil{OOA

,,KEDAULATAN RAI(YAT"

SABTU KLIWON 22 NOVEMBER2014(29 SURA{948)

' PUBBALINGGA (KR) - Naiknya hargabahan bakar minyak (BBM) mernbuat nasibguru honorer di Purbalingga semakin tidakmenentu. Dengan pendapatan antara Rp100.000 sampai denganRp 150.000 perbulan,kebutuhan pokok semakin tidak terbeli.

"Harga BBM naik pasti diikuti harga kebu-tuhan pokok. Kami tenaga honorer semakinteql'epit," tutur Ketua Fomm Honorer TenagaPendidik dan Tenaga Kepenfidikan Kabupa-ten Purbalingga, Abas Rosyadi kepadawartawan, Kamis (20 I 1l).

Pendapatan guru honorer kecil karenadibebankan pada dana Bantuan OperasionalSekolah (BOS). Untuk membayar gurl hono-rer" hanya dialokasikan tidak lebih 20 persendari dana tsOS yang diterima masing-ma-sing sekolah.

"Dana BOS yang diterima masing-masingsekolah itu dikaitkan dengan jumiah muridpada sekolah yang bersangkutan. Kalaumuridnya sedikit, maka uang BOS yang dite-rima sekolah juga sedikit, padahal di sekolah

itu ada tiga sampai empat guru honorer,"ujamya.

Abas menambahkan, dengan honor yangsangat rendah itu, gum honorer dapat digo-iongkan masyarakat miskin yang layak me-nerima bantuan iangsung sementara tunai(BLST) dari pemerintah. Seperti masyara-kat miskin lainnya yang layak mendapatankompensasi kenaikan BBM.

Anggota Komisi Iii DPRD KabuPatenPurbaiingga Siti Mutmainah mengatakan,Rancangan Angg'aran Pendapatan danBelaqja Daerah (RAPBD) Purbalingga tahun2015 baru diterirna dan akan segera dibahasditingkat komisi. Siti berjanji akan memper-juangkan aspirasi guru honorer.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKBt

itu menambahkan, masih banyak tenagapendidik honorer yang belum tersentuh ang-garan dari Pemerintah Kabupaten. "Misal-nya, para guru RAyang hanya mendapatkanuang sabun dari SPP yang dibayarkan paraorangtua murid," ujarnya. (Rus)-c

RAGIAN Ht B,IAS SETDA K.\BUPATEN PLIRBAIINGGA