kisi -kisi soal stela

Download Kisi -Kisi Soal Stela

Post on 20-Dec-2015

113 views

Category:

Documents

19 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

terbaik

TRANSCRIPT

1

1. Apa tujuan dari klasifikasi tanah di lapangan? Jelaskan.!2. Jelaskan langkah-langkah deskripsi Profil tanah?3. Jelaskan pengertian dan unsur-unsur dari peta?

4. Sebutkan beberapa jenis peta dan beri contohnya?

5. Jelaskan fungsi goolge earth dalam mendukung kegiatan survei tanah? 6. Sebutkan unsur-unsur interpretasi penggunaan lahan menggunakan google earth? Jelaskan!7. Apa tujuan anda menentukan warna dalam tahap awal deskripsi?8. Sebutkan Ciri-ciri dari tanah yang memiliki drainase buruk? Jelaskan!

9. Apa perbedaan kelas kemampuan lahan dengan kesesuaian lahan? Jelaskan!10. Bagaimana cara menentukan kelas kemampuan lahan? Jelaskan!

1. Apa penciri molik dan molisols?

2. Apa yang menyebabkan adanya perbedaan pada warna permukaan tanah ?

3. Dalam skala 1:12.500 berapa jarak sebenarnya jika di peta ada jarak 12,5 cm?

4. Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh simbol pada peta?

5. Bagaimana memberi tanda pada suatu tempat yang kita pilih pada google earth ?

6. Dapatkah anda mengenali rona dan warna pada suatu area? Jika dapat coba sebutkan ? jika tidak mengapa alsan anda

7. Apa fungsi mencongkel penampang saat awal akan dilakukan deskripsi?8. Lebih didahulukan mana antara membatasi horizon dengan menentukan kosistensi? Jelaskan!9. Kenapa pada kelas kemampuan VIII, kelas kesesuaian lahannya hanya sangat sesuai untuk hutan lindung? Jelaskan!

10. Sebutkan parameter-parameter faktor pembatas untuk menentukan kemampuan lahan!

1. Apa makna nama horison (Bw dan Bt)?

2. Bagaimana cara penentuan tekstur?

3. Pengertian dari skala dan beri macam-macam contoh dari skala? 4. Hitung Luasan area sesungguhnya jika pada peta mempunyai luas 4cm2 dengan skala 1:50.0005. Mengapa setelah melakukan interpretasi penggunaan lahan kita juga perlu melakukan Ground check di lapangan? Jelaskan!

6. Bagaimana cara membatasi sebuah penggunaan lahan? Jelaskan.7. Bagaimana cara pengambilan sampel tanah yang benar? Jelaskan.8. Bagaimana cara menentukan penampang yang akan kita deskripsikan? Jelaskan9. Pada penentuan kemampuan lahan, simbol o menandakan faktor pembatas apa?

10. Lereng : 14%

Tekstur : lempung berdebu

Ancaman Banjir : Tidak Pernah

Tentukan kelas kemampuan lahannya!

1. Apa penciri horison argilik?

2. 10 YR 3/1. Sebutkan mana Value, Hue, Chroma!

3. Apa yang dimaksud dengan sistem proyeksi?

4. Apa kepanjangan dari UTM?

5. Apa fungsi google earth dalam stela?

6. Mengapa tampilan google earth berbeda dengan kondisi aktual?

7. Bagaimana cara anda menentukan lokasi pengamatan jika ternyata titik pada gps tidak memenuhi syarat penentuan titik pengamatan di aktual?8. Mengapa penampang deskripsi harus searah dengan lereng? Jelaskan.9. Jelaskan salah 1 hasil kemampuan dan kesesuaian yang telah anda tentukan untuk titik pengamatan anda sendiri!

10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan fakyor pembatas pada kelas kemampuan lahan?1. Jelaskan cara menentukan endopedon?

2. Apa saja yang dilakukan ketika kita akan melakukan uji konsistensi?

3. Bagaimana cara kita menentukan koordinat UTM memakai peta RBI?

4. Bagaimana cara kita menentukan koordinat geografik (lat/long) memakai peta RBI?

5. Bagaimana cara mendeliniasi dalam google earth? 6. Bagaimana cara menghitung jarak di dalam google earth?7. Berapa kedalaman minimal pembuatan profil tanah?8. Bagaimana cara menentukan tingkat kosistensi (lembab, dan basah)?9. Menurut anda, faktor pembatas apakah yang paling berpengaruh untuk menentukan kelas kemampuan lahan? Jelaskan.10. Sebut dan jelaskan input apa saja yang anda gunakan untuk membuat peta kelas kemampuan dan kesesuaian!

1. Apa perbedaan antara horison genetic dan penciri?

2. Apa hubungan jumlah perakaran dengan jumlah pori?

3. Bagaimana cara menentukan ketinggian memakai peta RBI?

4. Apa yang dimaksud dengan peta? Jelaskan!5. Bagaimana memberikan tanda letak di google earth? Toolbar apa saja yang digunakan.6. Bagaimana cara kita mengukur jarak antara tempat satu ke tempat lainya? Jelaskan.7. Bagaimana cara menentukan tekstur tanah yang benar?8. Bagaimana cara menentukan struktur tanah yang benar?9. Apa yang dimaksud dengan kesesuaian lahan?10. Sebutkan faktor faktor yang di gunakan dalam menentukan kelas kesesuaian lahan!

1. Mengapa tanah dinamakan Typic Hapludalfs? Jelaskan.2. Apa yang dimaksud tanah udic? Jelaskan.3. Sebutkan beberapa macam peta yang anda ketahui!

4. Apa yang dimaksud dengan peta tematik? Jelaskan!5. Jelaskan salah satu tempat hasil ground check yang anda lakukan dengan google earth?

6. Sebutkan dan Jelaskan Unsur-unsur intrepetasi dalam google earth?7. Bagaimana cara anda untuk menentukan jenis struktur tanah pada saat deskripsi profil tanah di lapangan?8. Bagaimana cara membatasi horizon?9. Apa perbedaan kesesuaian lahan aktual dan potensial?

10. Sebagai orang sosial ekonomi bagaimana cara anda menyampaikan kepada petani tentang kesesuaian lahan potensial yang ada pada lahan hasil pengamatan anda? Jelaskan.1. Bagaimana cara menentukan Kejenuhan Basa di lapangan?

2. Apa fungsi klinometer? Jelaskan dan Praktekkan!3. Sebutkan 3 contoh peta tematik!

4. Sebutkan beberapa komponen yang perlu diperhatikan dalam membaca peta!

5. Dari contoh gambar google earth dibawah ini. termasuk jenis intrepertasi apa? Jelaskan!

6. Intrepetasi apa saja yang kita gunakan untuk menentukan jenis penggunaan lahan Hutan Alami dalam google earth?. Jelaskan7. Mengapa kita harus melakukan diskripsi profil tanah di lapangan? Jelaskan8. Sebutkan langkah langkah deskripsi lapang? Jelaskan.9. Apa tujuan di lakukannya klasifikasi kemampuan lahan? Jelaskan.10. Ada berapa kategori dalam klasifikasi kemampuan lahan? Jelaskan.1. Apa makna asosiasi, konsosiasi, dan kompleks?

2. Apa fungsi pisau saat dokumentasi profil?

3. Mana peta dengan skala besar?1 : 10.000

1 : 250.0004. Misalkan anda hendak pergi dari tempat A ke tempat B, dan anda hanya berbekal peta dengan skala 1 : 250.000. sedangkan jarak sesungguhnya A ke B adalah 50 Km kearah barat. Berapa cm kah jarak A ke B pada peta?

5. Apa yang di maksud dengan asosiasi dalam interpretasi citra Google earth?6. Apa fungsi dari mengetahui unsur unsur interpretasi citra dalam analisis foto udara dalam google earth

7. Kemanakah arah penampang profil dan jelaskan

8. Bagaimana cara pengambilan sample tanah yang baik dan benar

9. Apa saja faktor yang di gunakan dalam menetukan kelas kemampuan lahan?

10. Termasuk dalam kelas kemampuan berapa lokasi yang kalian survey dan jelaskan alasanya!

1.Jika ada hal seperti ini bagaimana menulisnya di SPT??

Ada tanah A dan B:

A. Typic Dystrudepts

B. Ultic Dystrudepts

2. Jelaskan tanah udic!3.Bagaimana cara anda membuat peta SPT (Satuan Peta Tanah) kelompok anda? Jelaskan4.Informasi apa saja yang ada didalam peta?5.Apa fungsi unsur interpretasi rona dalam analisis Citra goole earth?6.Jelaskan tujuan praktikum materi google earth?7. Bagaimana cara menetukan konsistensi basah dan lembab8. Bagaimana cara menentukan batas horizon dan menentukan kosistensi pada diskripsi profil tanah di lapangan? Jelaskan!9. Apabila di dapatkan kelas kemampuan kelas VII, apa rekomendasi yang akan lakukan? Jelaskan!10. Sebutkan kelas kemampuan lahan yang dapat di gunakan sebagai lahan pertanian dengan pengolahan intensif!1.SPT: Konsosiasi Typic Calciusterts

Ap, 0-21 cm: 10 YR 3/1; lembab; liat; konsistensi lekat, plastis; granuler, kecil, sedang; batas

baur; terdapat karatan dan konkresi Fe jumlah sedang;

Bssk1, 19-36: 10 YR 3/1; lembab; liat; konsistensi lekat, plastis; struktur baji, sedang; terdapat

kalsik >15%; batas horizon baur; terdapat karatan dan konkresi Fe jumlah sedang;

Bssk2, 36- cm : 10 YR 3/1; lembab; liat; konsistensi sangat lekat, sangat plastis; baji, sedang, kuat; terdapat kalsik >15%; terdapat karatan dan konkresi Fe jumlah sedikit;

Tentukan Ordo :

2.Berapa kedalaman dan lebar minipit?3.Mengapa dalam google earth kecerahan gambar/foto di dalamnya berbeda?

4.Bagaimana cara mengganti koordinat pada google earth menjadi UTM?5.Bagaimana cara menghitung luasan pada peta?6. Jika garis kontur semakin rapat maka kelerengannya semakin?

7. Apa perbedaan minipit dengan profil? Jelaskan!8. Mengapa rata-rata klasifikasi warna yang kalian lakukan di daerah Pengamatna kalian (Jabung) mempunyai Value 10 YR? Jelaskan.9. Faktor apa yang biasanya paling sering di gunakan sebagai faktor pembatas dalam menentukan sub kelas kemampuan lahan? Jelaskan.10. Apakah yang di maksud dengan kedalaman efektif? Dan mengapa faktor ini di gunakan pula dalam menetukan kelas kesesuaian lahan?

1.Subgroup : Ruptic Alfic DystrudeptsAp 00-25 : 10YR 4/3; coklat gelap; kering; lempung berdebu; gumpal membulat, sedang, kuat; keras, tidak lekat, tidak plastis, pori halus banyak, pori sedang banyak, pori kasar biasa; akar halus sedikit, akar sedang sedikit; angsur, rata;

AB 25-69 : 10YR 3/4; coklat gelap kekuningan; kering; lempung berdebu; gumpal membulat, sedang, kuat; keras, tidak lekat, tidak plastis, pori halus biasa, pori sedang banyak, pori kasar sedikit; akar halus sedikit, akar sedang sedikit; nyata, berombak;

Bw1 69-116 : 7,5YR 3/2; coklat gelap; lembab; lempung liat berpasir; gumpal bersudut dan gumpal membulat sedang, sedang, sedang; agak teguh, agak lekat, agak plastis; terdapat lapukan bahan induk dan tuff/kerikil andesit 1%; pori halus banyak, pori sedang sedikit, pori kasar sedikit; angsur, rata;

Bw2 116-149 : 7,5YR 2,5/3; coklat gelap; lembab; lempung liat berpas