jendela magazine

Download Jendela magazine

Post on 25-Jul-2016

220 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Jendela Magazine adalah majalah yang dapat berfungsi sebagai “Jendela” untuk menambah informasi,wawasan dan pengetahuan bagi yang membacanya. Majalah ini dibuat untuk kepentingan UAS perkuliahan.

TRANSCRIPT

  • MAGAZINE

  • Preceptor : Benny MuhdalihaLeader : Bagus NurullailConcept : Bagus Nurullail Adnan Riyadhuddin Naufaldi RahmawanGrapich Designer : Bagus Nurullail Adnan Riyadhuddin Naufaldi RahmawanLayouter : Bagus NurullailWritter : Adnan Riyadhuddin Naufaldi Rahmawan Bagus Nurullail

    Jendela Magazine memilih ilustrasi sosok seorang yang sedang berfikir, bertanya-tanya tentang apa itu DKV? Akan jadi apakah kedepannya bila terjun di dunia dkv? . Background warna biru melambangkan pemikiran yang luas seperti halnya langit biru di angkasa. Sehingga makna dari cover ini adalah untuk membuka pikiran para pembaca,menambah pengetahuan serta informasi dan tidak memandang sebelah mata, serta untuk saling menghargai satu sama lain.

    Tema Cover :

    CONTENT

    APA ITU DKV...???

    Prospek Pekerjaan dkv

    BERBABGI CERITART

    Gradasi

    KOVI SOREART EXHIBITION

    NEWS

    INFO

    CERPEN

    COMMUNITY

    EVENT

    3

    4

    CONTENT6

    8

    12

    13

    JENDELA MAGAZINE

  • pesan pesan untuk tujuan sosial atau komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada individu atau kelompok lainnya.

    esain komunikasi visual adalah ilmu yang mengembangkan bentuk bahasa komunikasi visual berupa pengolahanD

    APA ITU

    DKV...???

    NEWS

    4 JENDELA MAGAZINE

  • Desain Komunikasi Visual masih sangat asing terdengar di kalangan masyarakat awam yang biasanya di identikan dengan tukang print atau tukang buat reklame dan baliho. Sehingga banyak orang memandang sebelah mata tentang dunia desain, atau Desain Komunikasi Visual identik dengan iklan memang tidak salah tentang pernyataan ini namun hal ini juga tidak benar sepenuhnya karena iklan hanya salah satu sarana (media) yang dihasilkan oleh Desain Komuikasi Visual. Mulai dari definisi tentang DKV itu sendiri, ditinjau dari asal kata (etimolog1i) istilah ini terdiri dari tiga kata,Desain diambil dari kata Designo (Italy) yang artinya gambar. Sedang dalam bahasa Inggris desain diambil dari bahasa Latin (Designare) yang artinya merencanakan atau merancang. Dalam dunia seni rupa istilah desain dipadukan dengan reka bentuk, reka rupa, rancangan atau sketsa ide. Selanjutnya Komunikasi berarti menyampaikan suatu pesan dari komunikator (Penyampai pesan ) kepada komunikan (Penerima pesan) melalui suatu media dengan maksud tertentu. Komunikasi sendiri berasal dari bahasa Inggris Communication yang diambil dari bahasa Latin Communis yang berarti sama (Dalam Bahasa Inggris : common). Kemudian komunikasi kemudian dianggap sebagai proses menciptakan suatau kesamaan ( commonness ) atau suatau kesatuan pemikiran antara pengirim (Komunikator) dan penerima (Komunikan). Sementara kata Visual bermakna segala sesuatu yang dapat dilihat dan direspon oleh indera penglihatan kita yaitu mata. Berasal dari kata Latin videre yang artinya melihat yang kemudian dimasukkan ke dalam bahasa Inggris visual. Jadi Desain Komunikasi Visual bisa dikatakan sebagai seni menyampaikan pesan (arts of commmunication) dengan menggunakan bahasa rupa (visual language) yang disampaikan melalui media berupa desain yang bertujuan menginformasikan, mempengaruhi hingga merubah perilaku target audience sesuai dengan tujuan yang ingin diwujudkan. Sedang Bahasa rupa yang dipakai berbentuk grafis, tanda, simbol, ilustrasi gambar/foto, tipografi/huruf dan sebagainya yang disusun berdasarkan kaidah bahasa visual yang khas berdasar ilmu tata rupa. Isi pesan diungkapkan secara kreatif dan komunikatif serta mengandung solusi untuk permasalahan yang hendak disampaikan (baik sosial maupun komersial ataupun berupa informasi, identifikasi maupun persuasi).

    NEWS

    JENDELA MAGAZINE 5

  • 6COMMU

    NITY

    GRADASISEJARAH SINGKAT

    BERDIRINYA GRADASI

    Sebelum adanya gradasi, ada sebuah komunitas mahasiswa dkv budiluhur yang bernama Bulu Kaki. Komunitas tersebut

    ada pada tahun 2010, namun komunitas tersebut tidak bertahan lama di karenakan kurangnya kekompakan para

    anggotanya.

    Pada tahun 2011 Gradasi di Bentuk oleh mahasiswa DKV budiluhur yang mempunyai hobi, inisiatif dan tujuan

    yang sama. Gradasi yang merupakan singkatan dari Grafis, Drawing, Imajinasi diresmikan oleh

    Universitas Budi Luhur pada tanggal 21 juni 2012, sebagai salah satu wadahnya mahasiswa

    Budi Luhur Khususnya mahasiswa jurusan DKV.

    Gradasi merupakan sebuah komunitas mahasiswa DKV yang dimiliki Universitas Budi Luhur Jakarta. Sedikit ulasan mengenai Gradasi Budi Luhur.

    KOMUNITAS DKVBUDI

    LUHUR

    JENDELA MAGAZINE

  • 7COMMU

    NITY

    Pada awal terbentuknya, gradasi di Pelopori dan di ketuai oleh Dhika Purnama Putra, wakilnya Ridho, yang beranggotakan awal, Attikha, Median, Okky, Denny , Liandry Adit, Simo, visnu fajar, dan Nadya.

    Adanya regenerasi selanjutnya yang di ketuai oleh Rasis, wakilnya Trisna, dan masuknya anggota baru, yang menjadikan gradasi semakin berkembang. Dan hingga sekarang gradasi sudah ketiga kalinya mengalami regenerasi yang di ketuai oleh Mulky taufan dan wakilnya Dimas, yang anggotanya setiap tahunnya bertambah.

    D

    KV

    JENDELA MAGAZINE

  • 9EVENT

    KOVI

    SORE

    Kovi Sore adalah acara mingguan gradasi yang biasanya diadakan di taman kupu-kupu lebih tepatnya di samping Jakarta Broadcasting School (JBS) yaitu kovi sore dan sketch jam. Setiap hari kamis, kovi sore berdampingan dengan sketch jam untuk memenuhi kegiatan mingguan tersebut. Kovi sore di pelopori oleh Visnu dan Trisna. Sketch jam tiap minggunya berganti tema. Kegiatan tersebut di mulai pukul 16:00 WIB. Jika para pembaca ingin bergabung dalam kegiatan tersebut, bisa datang langsung ke taman kupu-kupu, dan membawa alat gambar jika sketch jam berlangsung.

    EVENT MINGGUAN GRADASI

    KOVI SORE

    JENDELA MAGAZINE

  • Selain ada acara wajib mingguan, Gradasi juga memiliki acara yang diadakan setiap satu tahun yakni acara Art Exhibition atau Pameran Seni. Ini merupakan acara wajib bagi para setiap generasi berikutnya dengan tema yang berbeda dan untuk mengapresiasi para mahasiswa DKV Budi Luhur. Acara ini diselenggarakan untuk merealisasikan kebutuhan teman-teman mahasiswa akan perlunya wadah untuk menampilkan dan menunjukan karya, ide serta kreatifitas teman-teman mahasiswa. Pameran bertujuan untuk memperkenal kan bahwa adanya sebuah komunitas untuk menyalurkan hobi, tempat berkumpul, dan bersilahturahmi antar mahasiswa dan akan adanya timbal balik atau kesadaran kepada pengunjung yang datang pada pameran tersebut. Biasanya acara ini berlangsung selama 2-3 hari setiap tahunnya.

    EVENT TAHUNAN GRADASI

    ART EXHIBITION

    10

    EVENT

    JENDELA MAGAZINE

  • Pada generasi pertama, mereka mempunyai suatu keinginan dimana bisa memamerkan karya dengan sebuah tema yang bisa membuat gradasi bisa lebih di kenal. Maka di selenggarakanlah sebuah pameran pertama mereka yang berjudul MUSIC ILLUSTRATION yang terinspirasi dari Iustrasi cover album, diamana para pengkarya di ajak untuk mengilustrasikan lagu yang mereka sukai atau yang mereka pilih untuk di jadikan sebuah karya, bisa berupa fotografi, digital, manual drawing, lukisan, dan kolase. Dimana music merupaka bahasa yang universal, semua orang menyukai music.

    Pada pameran kedua di tahun 2014, yang di pegang oleh generasi ke dua, sama halnya dengan pameran sebelumnya, yaitu menyelenggarakan untuk merealisasikan kebutuhan teman-teman mahasiswa akan perlunya wadah untuk menampilkan karya dan ide teman-teman mahasiswa dengan tema Nostalgia. Pameran ini bertujuan untuk mengingatkan kembali para mahasiswa apa yang pernah terjadi, dialami, atau memiliki ingatan masa lalu yang begitu berkesan.

    MUSIC ILUSTRATION

    NOSTALGIA

    11

    EVENT

    Art Exhibition Part 2

    Art Exhibition Part 1

    JENDELA MAGAZINE

  • 12

    IN FO

    erbicara mengenai prospek, masih banyak kesempatan / peluang kerja bagi DKV. Hal ini disebabkan karena keilmuan DKV sendiri merupakan keilmuan yang bersifat terapan.

    Keilmuan terapan DKV tersebut yang membuat DKV memiliki potensi untuk menjadi bagian yang penting dalam setiap perusahaan yang bergerak dalam bidang apapun.Perlu dipertimbangkan pula bahwa sekarang sudah banyak perusahaan yang sadar akan pentingnya sentuhan / peranan DKV dalam meningkatkan penjualan, citra positif, dan juga sebagai kemasan penting dalam menyampaikan pesan mereka. Sekarang banyak perusahaan yang mulai mencari pekerja DKV baik sebagai karyawan maupun sebagai freelancer.Mulai dari hanya seorang karyawan sampai yang pada akhirnya dapat menjadi seorang entrepreneur.Berbicara mengenai faktor penentu kualitas lulusan DKV yang berkualitas, maka kita harus berbicara mengenai tiga hal: skill, knowledge, and network.Seorang lulusan dkv akan dibekali hardskill dan softskill. Hardskill meliputi: kemampuan tools seperti: 1. Mahir dalam menggambar/komputer/kamera, 2. Memahami nilai estetika DKV seperti: warna/bentuk/konten/layout, serta 3. Mampu menerapkan karyanya dalam strategi komunikasi visual. Dengan menguasai skill, maka kita tidak akan mengalami kesulitan dalam membuat karya. Ingat karya DKV yang baik adalah karya dituntut tidak hanya indah namun juga harus fungsional yakni komunikatif.

    Softskill meliputi: lebih kepada kemampuan kita dalam membawa diri kita sendiri. Dengan softskill yang baik, kita dapat dengan mudah menyampaikan gagasan, menerima masukan dan kritik, bahkan sampai dapat mengedukasi klien sehingga mengisi sisi komunikasi (audio) visual klien dalam melengkapi strategi marketing mereka. Hal ini memang tidak kita dapatkan secara langsung di universitas, namun bagaimana kita menerima masukkan asistensi dan bagaimana kita bisa berdiskusi aktif dengan dosen, sebenarnya sangat melatih

    softskill kita. Ingat, pa