ikatan antar molekul

Download Ikatan Antar Molekul

Post on 12-Dec-2014

107 views

Category:

Documents

6 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

IKATAN ANTAR MOLEKULOleh: KELOMPOK 7

IKATAN VAN DER WALLSGas mempunyai sifat bentuk dan volumenya dapat berubah sesuai tempatnya. Jarak antara molekulmolekul gas relatif jauh dan gaya tarik menariknya sangat lemah. Pada penurunan suhu, fasa gas dapat berubah menjadi fasa cair atau padat. Pada keadaan ini jarak antara molekul-molekulnya menjadi lebih dekat dan gaya tarik menariknya relatif lebih kuat. Gaya tarik menarik antara molekul-molekul yang berdekatan ini disebut gaya Van der walls.

IKATAN HIDROGENDalam kimia, ikatan hidrogen adalah sejenis gaya tarik antarmolekul yang terjadi antara dua muatan listrik parsial dengan polaritas yang berlawanan. Walaupun lebih kuat dari kebanyakan gaya antar molekul, ikatan hidrogen jauh lebih lemah dari ikatan kovalen dan ikatan ion. Dalam makromolekul seperti protein dan asam nukleat, ikatan ini dapat terjadi antara dua bagian dari molekul yang sama. Dan berperan sebagai penentu bentuk molekul keseluruhan yang penting.

Ikatan ion terbentuk antara atom logam dengan atom non logam. Atom Logam cenderung untuk melepas elektron, sementara atom non logam cenderung untuk menerima elektron. Atom yang melepas elektron berubah menjadi ion positif, sedangkan atom yang menerima elektron menjadi ion negatif. Antara ion-ion yang berlawanan muatan ini, terjadi tarik-menarik (gaya elektrostatik) yang disebut ikatan ion.

Ikatan ion (elektrovalen) adalah ikatan yang terjadi karena adanya gaya tarikmenarik elektrostatik antara ion positif dan ion negatif.

Ion positif terbentuk ketika suatu atom melepaskan elektron.

Atom-atom yang cenderung mudah melepaskan elektron valensi terletak pada golongan IA (kecuali H), golongan IIA, dan golongan IIIA. Masing-masing melepaskan 1 dan 2, dan 3 elektronnya.

Unsur-unsur golongan alkali (IA) melepaskan 1 elektron

Na

Na+

+

e

Ion negatif terbentuk ketika suatu atom menerima elektron. Atom-atom yang mudah menerima elektron terletak pada golongan VA, VIA dan VIIA. Karena mempunyai afinitas elektron yang besar. Untuk memperoleh kestabilan, sesuai dengan aturan oktet, unsur dengan valensi 5, 6 dan 7 akan dengan mudah menerima elektron.

Unsur-unsur golongan halogen (VIIA) menerima 1 elektron

F

+

e

F-

Ikatan kovalen sering disebut juga dengan ikatan homo polar. Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi karena penggunaan bersama elektron oleh dua atom yang berikatan Ikatan kovalen biasanya terjadi antara atom nonlogam dengan atom nonlogam.Penggunaan bersama pasangan elektron biasanya menggunakan notasi titik elektron atau dikenal dengan struktur lewis.

Ikatan kovalen tunggal terjadi pada senyawa seperti Hidrogen (H2), Asamklorida (HCl), Metana (CH4), Air (H2O) dll. Pembentukan kovalen tunggal dapat dilihat dari contoh berikut : 1.Pembentukan molekul H2 2.Pembentukan Molekul H2O

Ikatan kovalen rangkap adalah ikatan kovalen yang mempunyai ikatan tak jenuh karena ikatan antar atomnya lebih dari satu. Pembentukan ikatan rangkap dua dapat dilihat dari contoh berikut: 1.Pembentukan molekul O2 2.Pembentukan molekul C2H4

Ikatan kovalen rangkap tiga adalah ikatan kovalen yang mempunyai tiga pasangan elektron yang dipakai secara bersamasama Pembentukan ikatan rangkap tiga dapat dilihat dari contoh berikut: 1.Pembentukan molekul C2H2

Berdasarkan asal elektron yang digunakan untuk berikatan, dikenal adanya ikatan kovalen dan ikatan kovalen koordinasi. Ikatan kovalen terjadi apabila elektron yang digunakan untuk berikatan masing-masing berasal dari dua atom yang berikatan sedangkan ikatan kovalen koordinasi adalah ikatan yang terjadi apabila elektron ikatan hanya berasal dari salah satu atom yang berikatan. Contoh: klik

ditulis

ditulis

ditulis

ditulis

ditulis

Ikatan LogamJika sejumlah besar atom bergabung dengan berbagi elektron masing-masing, ini disebut ikatan logam. Logam seperti besi, tembaga, seng, aluminium, dan lain-lain, yang membentuk materi mentah banyak perkakas dan instrumen yang kita lihat atau gunakan sehari-hari, mendapatkan badan yang padat dan rapat karena ikatan-ikatan logam yang terbentuk oleh atom-atomnya.

Recommended

View more >